Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Aceh Telat Susun RAPBD 2015, Mendagri Beri Toleransi | JPNN.com

JAKARTA -  Kementerian Dalam Negeri (Kemndagri) masih terus mengkaji kemungkinan pemberian sanksi atas keterlambatan pengusulan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Aceh 2015.

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, pengkajian perlu dilakukan karena sebelumnya pemerintahan di Aceh menyebut keterlambatan bukan karena ketidakmampuan atau keterlambatan pembahasan di DPRD. Namun lebih disebabkan internal DPRD yang belum terbentuk Alat Kelengkapan Dewannya (AKD), termasuk alasan-alasan pengajuan nama pimpinan DPRD kabupaten/kota masih terhambat karena adanya dua koalisi yang saling berseberangan.

“Nah apa iya, karena alasan-alasan tersebut. Makanya kami di Direktorat Jenderal (Ditjen) Keuangan Daerah (Keuda) dan Ditjen Otonomi Daerah (Otda) melakukan pengecekan, apa benar,” katanya.

Jika nantinya ditemukan keterlambatan karena permasalahan-permasalahan seperti yang disampaikan, maka kata Tjahjo, kemendagri kemungkinan akan memberi batas waktu toleransi.  Paling tidak dari waktu, sehingga Aceh dapat segera menyusun dan mengajukan perbaikan RAPBD-nya.

“Saya kira harus ada toleransi. Ini kan baru pertama kali. Paling tidak dua minggu selesai,” katanya.

Selain Aceh, provinsi lain yang juga telat menyerahkan RAPBD, kata Tjahjo, adalah DKI Jakarta. Sementara untuk tingkat Kabupaten/Kota, jumlahnya tidak sampai 10 persen dari total 542 kabupaten/kota di Indonesia.

“Otda jemput bola, dilihat ketidakmampuannya karena apa. Kalau ketidakmampuannya karena konflik dengan DPRD, kita bisa memberikan toleransi,” katanya.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
PKB dan PDIP Dukung Amandemen Terbatas UUD 45 | JPNN.com

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) MPR RI Lukman Edy dan Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah mengatakan fraksinya mendukung amandemen terbatas terhadap UUD 1945.

Hal itu dikatakan Lukman Edy dan Ahmad Basarah dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI, dipimpin Ketua BPKK DPD RI, Bambang Sadono, di komplek Parlemen, Senayan , Senin (26/1).

Perlunya ketegasan pembatasan amandemen UUD 45 lanjutnya, guna mengantisipasi egenda liar dari dalam maupun luar yang bisa merusak tatanan berbangsa dan bernegara. "Apalagi bisa mengganggu NKRI, Pancasila, dan Bhinneka Tinggal Ika," tegas Lukman Edy.

Amendeman konstitusi dasar menurut Lukman, harus berdasarkan aspirasi masyarakat luas dan dengan pemikiran yang jernih, obyektif. "Ditujukan sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara guna percepatan mewujudkan kesejahteraan rakyat," ujar Lukman.

Ditegaskan Lukman, jangan sampai ada survei ‘masihkah masyarakat butuh NKRI?’. "Ini kita tolak mentah-mentah, karena kita akan berdosa pada founding fathers yang mempertahankan NKRI ini,” tegas mantan Menteri PDT itu.

Karena itu, FPKB MPR RI hanya mengusulkan tiga agenda amandemen. Pertama penguatan DPD RI agar lebih maksimal sebagai bagian dari otonomi daerah. "Maka Otda jangan sampai gagal, sebab kalau gagal kita akan mencari pilihan lain," ujar politikus asal Riau itu.

Kedua lanjutnya, agenda GBHN, karena 15 tahun pasca reformasi ini MPR RI kehilangan orientasi dan sekarang baru akan masuk UUD untuk merumuskan tujuan bernegara semacam GBHN. “Hanya saja itu harus hati-hati, jangan jadi instrumen sentralisasi," katanya.

Ketiga, penguatan kelembagaan bikameral antara MPR, DPR dan DPD RI. "Jangan terjebak pada bikameral saja, sebab trikameral juga tak masalah. Karena alasan itu FPKB MPR tandatangani rekomendasi MPR RI periode 2009-2014 untuk melakukan amandemen tapi perlu kesepakatan dasar sebelum amandeman untuk menghindari agenda liar dan gelap yang bisa merugikan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sikap yang sama juga dinyatakan Ketua Fraksi PDIP MPR, Ahmad Basarah. Menurutnya, FPDIP MPR RI mendukung rekomendasi MPR 2009-2014 untuk memperkuat sistem ketatanegaraan.

“Karena itu FPDIP MPR mengirimkan kader terbaiknya dalam pembahasan agar kepentingan bangsa dan negara yang lebih diutamakan dalam amandemen,” ujarnya.

Sementara anggota MPR dari kelompok DPD, John Pieris mengusulkan dalam amandemen nantinya MPR perlu merumuskan sistem presidensil, karena Susilo Bambang Yudoyono (SBY) saat jadi presiden pernah mengatakan dengan konstitusi sekarang kaki dan tangannya diikat DPR RI.

“Dalam paradigma NKRI Presiden harus kuat, DPR juga harus kuat (strong president and strong goverment). Kalau penguatan DPD RI hanya berdasarkan Pasal 20 (1) UU MD3, dimana DPR memegang kekuatan membentuk UU, ditambah bersama DPD RI sesuai putusan MK No.92/2013, sehingga Presiden tidak lagi terlibat dalam pembuatan UU, hanya setuju atau menolak UU. Jadi, Presiden hanya mempunyai hak veto,” usul anggota DPD asal Maluku itu.(fas/jpnn)

 


[Link to media]
Tiga Pimpinan KPK Kompak Tolak Pengunduran Diri BW | JPNN.com

JAKARTA - Pimpinan KPK memutuskan menolak surat pengunduran diri sementara (nonaktif) yang diajukan salah satu komisionernya, Bambang Widjojanto (BW). Keputusan itu dibuat oleh Ketua KPK Abraham Samad dan dua wakilnya, yakni Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain.

"Baru saja saya tadi dikasih tahu pimpinan bahwa pengunduran diri Pak Bambang ditolak, semua pimpinan menolak," kata Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/1) malam.

Diberitakan sebelumnya, Bambang siang tadi resmi mengajukan pengunduran diri sementara dari posisinya sebagai wakil ketua KPK. Langkah itu diambil lantaran BW -sapaan Bambang- telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan pelanggaran pidana oleh Bareskrim Polri. Seperti diatur undang-undang, seorang pimpinan KPK yang telah berstatus tersangka wajib diberhentikan.

Lantas apa alasan pimpinan KPK menolak pengunduran diri sementara yang diajukan BW? Menurut Johan, alasan penolakan karena para pimpinan mempercayai penjelasan Bambang bahwa kasus pidana yang menjeratnya merupakan rekayasa. Faktor kelancaran kinerja KPK juga menjadi salah satu pertimbangan mereka.

"Pak Bambang masih dibutuhkan KPK. Pimpinan KPK tinggal empat, jika Pak Bambang nonaktif tinggal tiga. Karena itu pimpinan menolak permintan pengunduran diri dari pak Bambang," jelas mantan juru bicara KPK ini.

Dengan ditolaknya pengunduran diri Bambang, maka KPK kini menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, kepala negaralah yang memiliki wewenang untuk memberhentikan sementara pimpinan KPK melalui surat keputusan presiden (Keppres).

"Sekarang tinggal tunggu dari Presiden Jokowi apakah mengeluarkan Keppres pemberhentian sementara atau tidak," pungkasnya.(dil/jpnn)


[Link to media]
Firasat Buruk Kakek dari Honorer Cantik Disdik jadi Kenyataan | JPNN.com

TARAKAN - Sebelum kecelakaan maut menimpa cucunya yang sehari-hari bekerja sebagai honorer di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan bernama Andi Dayang Zamlai, Raja Muda H Datu Maulana Djalaudin mengaku sudah mendapat firasat akan ada sesuatu hal yang buruk terjadi. Firasat buruk itu ia alami sewaktu berada di Jakarta. Namun, Haji Datu tidak menjelaskan secara detail firasat buruk yang dialami.

"Rupanya ini masalahnya. Minggu saya pulang dari Jakarta, sampai di sini (Tarakan) jam setengah sembilan malam. Hari ini kami mendapatkan berita duka ini setelah salat zuhur," kata Haji Datu kepada Radar Tarakan (Grup JPNN.com) di rumah duka Jalan Yos Sudarso RT 08 Kelurahan Selumit, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (26/1).

Dia mengaku mendapat kabar duka itu melalui telepon dari nomor baru yang tidak diketahui orangnya. Haji Datu dikabari kalau cucunya yang memiliki nama sapaan Ella mengalami kecelakaan dan saat itu sedang berada di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.

“Setelah selesai salat zuhur dan kami mau makan siang, ada panggilan masuk di hape saya. Saya tidak tahu yang telepon saya itu siapa, yang jelas dari RSUD. Orang yang telepon itu tanya keberadaan saya dan hanya mengabari kalau cucu saya Ella mengalami musibah kecelakaan dan saat ini sedang berada di UGD. Hanya itu dia katakan, tidak menjelaskan secara jelas,” jelasnya.

“Dengar kabar buruk itu, langsung saya tinggal nasi saya. Saya pergi ambil mobil saya dan langsung pergi ke rumah sakit. Sampai saya di UGD, penuh sudah orang-orang di sana,” lanjutnya.

Rencananya besok, Selasa (27/1), jenazah Ella akan dikebumikan di pemakaman umum Selumit, bersebelahan dengan makam neneknya. (baca juga: Tragis, Honorer Cantik Disdik Tewas Dilindas Truk Tangki TNI AL)

“Ini namanya musibah. Tapi, kami bisa terima dengan lapang dada,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Andi Dayang Zamlai, 25 tahun, tewas bersimbah darah setelah dilindas truk tangki air milik TNI Angkatan Laut. Kecelakaan maut itu bermula ketika Ella yang mengendarai sepeda motor Honda Scoopy berplat polisi KT 4326 JN hendak mendahului truk tangki TNI AL saat melintas di jalan tersebut. Tanpa sengaja korban menabrak sepeda motor Honda Beat yang berada di depannya.

Akibat tabrakan itu, motor yang ditunggangi Ella oleng dan terjatuh ke kiri. Dalam waktu yang bersamaan, truk tangki yang didahului melintas tepat di posisi Ella terjatuh. Brukkkk.... kepala korban terlindas ban truk tangki yang menyebabkan Ella tewas seketika di lokasi kejadian.

Menurut Haji Datu, setelah pemakaman cucunya, pihak keluarga akan mengadakan pertemuan dengan pihak TNI AL.

“Kami mau ini selesai dengan baik-baik, setelah ini kedua pihak akan melakukan pertemuan. Kami semua ingin baik, selama ada yang baik kita ambil yang terbaik,” tandasnya.(*/win/jpnn)

 


[Link to media]
Mendagri Sudah Teken SK Penjabat Bupati Muratara | JPNN.com

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengatakan dirinya telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan Penjabat Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan.

“Untuk SK Pejabat Bupati Musi Rawas Utara sudah (ditandatangani, red). Tinggal kirim saja,” ujarnya menjawab JPNN, Senin (26/1) malam.

Sayangnya siapa nama penjabat yang ditetapkan tersebut, Mendagri belum menyebutkannya. Ia hanya menyatakan sesuai dengan nama yang sebelumnya diusulkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin beberapa waktu lalu.

“Dasar (pengangkatan, red) sesuai dengan  usulan resmi gubernur,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, juga mengatakan SK pengangkatan figur penjabat yang akan menjadi Bupati Muratara, akan segera ditetapkan. Setelah masa jabatan Penjabat sebelumnya, Akisropi Ayub, berakhir Oktober 2014.

"Berdasarkan informasi surat keputusan itu sudah diproses dan saat ini tinggal menunggu suratnya saja. Memang ada beberapa nama yang diusulkan dan mengenai siapa yang akan menjadi pejabat tunggu surat keputusan (Kemdagri, red)," katanya Alex.

Muratara merupakan daerah otonomi baru (DOB), yang pembentukannya disetujui DPR pada 27 Mei 2013 lalu.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
Tepis Wacana Pemakzulan, PDIP Tegaskan Komitmen Dukung Jokowi | JPNN.com

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) meminta agar kader-kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa menahan diri dalam mengeluarkan penrnyataan ke publik. Sebab, munculnya kegaduhan seiring memanasnya hubungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri harus sudah diredam.

Hal itu disampaikan pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyusul pernyataan salah satu koleganya di partai, Effendi Simbolon yang mulai bicara tentang peluang memakzulkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Menurut Hasto, dirinya sudah bicara dengan Effendi untuk menegaskan sikap PDIP sebagai partai pendukung pemerintahan saat ini. 

"PDI Perjuangan menyadari bahwa sebagai presiden pilihan rakyat, PDI Perjuangan konsisten memastikan pemerintahan berjalan sesuai dengan kehendak rakyat, yakni lima tahun. Itulah sistem politik yang kita anut," kata Hasto dalam keterangannya ke media, Senin (26/1) malam.

Menurutnya, PDIP justru akan terus berupaya mengedepankan dialog dalam rangka mencari solusi terhadap persoalan yang dihadapi bangsa dan negara. Selain itu, kata Hasto, pemerintah juga perlu didukung agar bisa bekerja dengan baik.

“PDI Perjuangan akan terus melakukan dialog, mencari solusi terbaik bersama seluruh komponen bangsa. Bagaimanapun Joko Widodo adalah presiden yang diusung PDI Perjuangan yang mendapat dukungan rakyat Indonesia,” tandasnya.

Karenanya, bekas juru bicara Jokowi-JK di pemilu presiden itu berharap seluruh pihak termasuk internal IDPI harus bisa menahan diri. Sebab, jangan sampai bergulir isu yang kontraproduktif.

"Kami mengajak semua pihak untuk cooling down. Himbauan ini juga ditujukan kepada internal PDIP. Jangan biarkan isu yang kontradiktif dan dapat mengganggu keutuhan negeri. Semua pihak harus bisa menahan diri,” ucapnya.(ara/jpnn)


[Link to media]
Kick Off Persib kontra Persipura | JPNN.com

PT Liga Indonesia (PT LI) sudah mengirimkan draft dua opsi jadwal Indonesia Super League (ISL) 2015 kepada peserta ISL. Dari jadwal itu, dipastikan jika kick off mulai pada 20 Februari mendatang.

Dua opsi jadwal itu diberikan, jika Persib Bandung lolos dari playoff Asia Champions League (ACL) dan jika mereka gagal lolos dari ACL dan harus tampil di AFC Cup.

Dari daftar jadwal tersebut, laga kick off akan menjadi reuni dua tim yang bertemu di partai puncak ISL 2014. Persib Bandung akan bertindak sebagai tuan rumah menjamu Persipura Jayapura di Bandung. Hanya ada satu laga di hari Kick Off ISL.

Jika Persib Lolos dari playoff ACL, maka mereka akan bertanding kembali pada 4 Maret. Jika tidak, maka Persib akan langsung tampil di AFC Cup pada 24 Februari maret. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Wow...Mendagri Pangkas APBD Sumbar Hingga Rp 1,2 Triliun | JPNN.com

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui terpaksa melakukan pemotongan sejumlah anggaran yang diusulkan daerah pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 .

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, pemotongan terpaksa dilakukan untuk efisiensi, sehingga APBD dapat sepenuhnya diarahkan bagi kepentingan rakyat dan pembangunan daerah. Tjahjo mengakui pemotongan yang dilakukan banyak diprotes sejumlah daerah, mengingat nilainya yang sangat besar.

“Ini banyak daerah yang tanda petik protes, DPRD-nya juga protes. Banyak yang dikurangi. Misalnya ada daerah yang dalam RAPBD memasukkan usulan persiapan bangun gedung, lalu tidak boleh bangun gedung. Jadi banyak yang dikurangi. Misalnya Sumatera Barat, itu efisiensinya kita pangkas sampai Rp 1,2 triliun. Ya menjerit dia, tapi kita harus clear semuanya untuk infrastruktur,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (26/1).

Tjahjo mengatakan, Kemdagri tidak akan menolerir pengajuan anggaran yang dinilai tidak tepat. Karena jika satu daerah saja diberi kelonggaran, maka yang lain akan ikut-ikutan.

“Anggaran pembangunan tidak sampai 20 persen, ini kan harus di balik. Jaman Orde Baru saja itu 40-60. Sekarang malah 80 persen untuk belanja pegawai,” katanya.

Saat ditanya daerah mana saja yang protes karena anggarannya dipangkas, politikus senior PDIP itu belum menjelaskan secara rinci. Ia hanya menyatakan kebanyakan daerah melayangkan protes langsung kepada Dirjen Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek.

“Tapi kalau yang tanda petik kepala daerahnya kebetulan satu partai (PDIP Perjuangan, red) berani telpon. Mereka tanya, bagaimana mas. Saya katakan tidak ada toleransi satu partai. Yang penting anggaran itu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” katanya.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
Anak Buah Megawati Sudah Mulai Bicara soal Pemakzulan Jokowi | JPNN.com

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Effendi Simbolon berkomentar keras terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang baru saja melewati 100 hari kekuasaan. Menurut Effendi, kinerja duet yang dikenal dengan sebutan Jokowi-JK itu justru banyak meninggalkan celah untuk menjadi sasaran tembak, termasuk pemakzulan.

Penilaian itu disampaikan Effendi saat hadir sebagai pembicara pada diskusi tentang evaluasi 100 hari pemerintahan Jokowi-Kalla di Jakarta, Senin (26/1). Ketua DPP PDIP Bidang Sumber Daya dan Dana itu menilai Jokowi telah salah memilih para pembantu di kabinet.

Effendi mengatakan, Jokowi seolah tidak terkoneksi dengan para menterinya. “Antara nakhoda dengan navigator, kru, enggak saling kenal. Bayangkan, ada yang umurnya segitu harusnya sudah istirahat, ada yang anak muda, ini kenyataan yang harus diterima,” ujar Effendi.

Akibatnya, kata anak buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu, kinerja pemerintahan saat ini justru memunculkan peluang untuk dijatuhkan. “Karena begitu banyak celahnya dan mudah-mudahan dua-duanya yang jatuh," kata Effendi.

Lebih lanjut bekas calon gubernur di Pilkada Sumatera Utara itu mencontohkan langkah Jokowi dalam mengatasi persoalan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri. Sebab, persoalan yang sangat serius hanya ditanggapi Jokowi dengan pidato yang kurang dari 5 menit.

“Presiden bicara dua tiga menit, tapi tidak tahu ngomong apa. ‘Kamu baik-baik ya, jangan gesekan, wes bareng kerja’. Loh kok gitu? Sementara di bawah ini tinggal tawur aja kita,” tandas mantan Wakil Ketua Komisi Energi DPR itu.(nat/jpnn)


[Link to media]
Jokowi Janjikan PP ASN Terbit Akhir Februari | JPNN.com

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya akan menerbitkan Peraturan Pemerintah sebagai penjabaran atas Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) akhir Februari mendatang.

"PP-nya mungkin akhir Februari, Insya Allah selesai," kata Jokowi usai pemeriksaan ggi di Balaikota, Jakarta, Senin (26/1).

‎Jokowi mengatakan perlu ada penelitian terlebih dahulu terkait PP ASN. Karena PP tersebut akan berpengaruh terhadap aparatur negara di Indonesia.

"Harus teliti satu per satu karena ini menyangkut semua aparatur yang ada di negara kita," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI itu enggan menanggapi mengenai ‎program perombakan pejabat yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia mengaku menyerahkannya kepada Ahok.

"Ya tanya ke gubernur, masa tanya ke saya," ucap Jokowi.

Sementara itu, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan perombakan pejabat hanya meneruskan rencana Jokowi. "‎Ya meneruskan rencana beliau," tandasnya. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Terlibat Judi Sabung Ayam, Petinggi PDIP Dibui | JPNN.com

TARAKAN - Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman SIK dan jajarannya bersikap tegas memberangus praktik perjudian di wilayahnya. Termasuk, perjudian yang dikemas dalam arena sabung ayam.

Terbaru, petinggi PDI Perjuangan Kota Tarakan yang juga mantan Wakil Wali Kota Tarakan Suhardjo dijebloskan ke bui setelah terjaring dalam penggerebekan sabung ayum pada Sabtu (25/1) sekitar pukul 17.30 Wita. Selain Suhardjo, polisi juga menangkap mantan pegawai inspektorat Senno Subroto dan enam orang lainnya dalam kasus yang sama.

”Saya tidak pandang bulu. Barang siapa yang melakukan kesalahan berbentuk perjudian ataupun sejenisnya, maka akan saya tindak tegas,” tegas Sarif Rahman, Senin (26/1).

Dari ke-8 tersangka kasus judi sabung ayam, Suhardjo dan Senno dijebloskan ke tahanan Polsek Tarakan Utara, Kelurahan Juata Laut. Sedangkan enam tersangka lainnya ditahan di sel Mapolres Tarakan.

Kasubbag Humas Polres Tarakan Iptu Kamsong Sitanggang menambahkan, Kepolisian Resor Tarakan di tahun 2015 akan gencar-gencarnya melakukan pemberantasan segala macam perjudian, termasuk juga sabung ayam. Saat ini, pihaknya mendeteksi ada lima lokasi yang terdapat arena sabung ayam seperti Sebengkok, Gunung Selatan, Amal, dan Jalan Aki Balak.

"Di lokasi-lokasi tersebut telah menjadi target operasi kami. Kami juga selalu melakukan patroli," ujarnya.

Tahun lalu, upaya yang sama juga telah dilakukan. Dua kasus telah disidangkan di pengadilan. Kenyataannya, mereka yang sudah tertangkap dan diadili, masih melakukan hal yang sama setelah menghirup udara bebas.

"Kami tidak akan pandang siapa dan apa jabatannya. Begitu tertangkap, kami lakukan proses hukum," tegas Kamsong.

Dihubungi terpisah, Plh Ketua PDI Perjuangan Kalimantan Utara, Jhonny Laing Impang masih menunggu perkembangan kasus yang menimpa kadernya tersebut. Dia berharap, semua pihak lebih mengedapankan azas praduga tidak bermasalah. Dia juga meminta kasus yang menimpa Suhardjo yang notabene masih menjabat ketua DPC PDI Perjuangan Tarakan, tidak dikaitkan dengan partainya.

"Saya pikir ini (kasus yang menimpa Suhardjo) pribadinya. Saya juga belum dapat informasi ini. Yang jelas kalau diproses hukum, kita lihat perkembangannya. Kita akan lihat apakah kejadian ini benar tertangkap tangan sabung ayam, jadi kita tunggu proses pemeriksaan dari kepolisian," Jhonny yang sekarang menjabat anggota DPRD Provinsi Kaltara.(radartarakan/jpnn)


[Link to media]
Sejumlah KPUD Nego Ulang Anggaran Pilkada | JPNN.com

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, beberapa KPU Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada langsung di 2015 mengusulkan perbaikan anggaran yang sebelumnya telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015.

Pengajuan perbaikan anggaran, kata Tjahjo, kemungkinan dilakukan setelah KPU setempat menilai perlu adanya tambahan anggaran untuk beberapa hal. Antara lain pengamanan dan menjaga kemungkinan pilkada akan berlangsung dua putaran.

“Menurut catatan kami, semua (daerah yang akan melaksanakan pilkada di 2015, red) sudah (menetapkan anggaran pilkada). Tapi memang ada beberapa daerah yang KPUD-nya sedang negosiasi ulang dengan Pemda dan DPRD,” ujarnya Senin (26/1).

Sayangnya, Tjahjo belum menyebut daerah-daerah mana saja yang melakukan negosiasi ulang tersebut. Ia hanya menyebut secara prinsip Pilkada 2015 masih akan menggunakan anggaran dari APBD.

“Untuk tehnis pelaksanaan, KPU sudah siap. Tapi masih menunggu rapat kerja dengan Komisi II DPR. Karena setelah (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014) ditetapkan menjadi undang-undang,  kami pahami beberapa koreksi dan catatan dan pandangan fraksi yang ingin ada beberapa perubahan,” katanya.

Menurut Tjahjo, rapat dengar pendapat guna merampungkan penyusunan UU Pilkada, akan dilakukan awal Februari mendatang.

“Yang penting undang-undangnya harus lebih demokratis. Kami juga akan mendengar masukan dari KPU, sebagai penyelenggara (sebelum mengajukan usulan perbaikan Perppu yang ditetapkan jadi undang-undang,red),” katanya.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
Terima Isi Kontrak, Nilmaizar Resmi Latih Semen Padang | JPNN.com

JAKARTA - Nilmaizar akhirnya menerima klausul kontrak yang disodorkan manajemen klub Semen Padang. Senin siang (26/1) tadi, mantan pelatih Tim Nasional Indonesia itu langsung memimpin sesi latihan tim Kabau Sirah di lapangan komplek Semen Padang, Senin (26/1) sore.

"Kami sudah bicara dan sepakat, setidaknya sudah oke. Tinggal bagaimana nanti tambahan-tambahannya," terang Asdian, Direktur Teknik Semen Padang.

Dalam pembicaraan dengan Nil, lanjut Asdian, sudah ada beberapa rencana termasuk bagaimana tim ke depan. Meski demikian, Asdian tak mau menyebutkan berapa lama Nil akan membesut eks tim Galatama itu.

"Nil sudah resmi, kontraknya sudah oke. Itu saja," tegasnya.

Sementara Nil yang memimpin sesi latihan mengaku akan menyeleksi pemain asing di posisi bek dan striker. Dia ingin mencari bek yang tangguh dan mampu menjadi pemimpin di timnya.

Dalam latihan perdana bersama anak didiknya, Nil langsung menunjukkan ketegasannya. Dia sangat termotivasi melihat keseriusan pemain-pemainnya dalam berlatih.

"Saya, manajemen, dan pemain, Kami akan bekerja keras membuat tim ini disegani di ISL nanti," terang dia.(dkk/jpnn)


[Link to media]
Polisi Minta Mitsubishi Periksa Chip Outlander Maut | JPNN.com

JAKARTA - Penyidikan kasus kecelakaan maut di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, dengan tersangka Christoper Daniel Sjarief (22), pengendara Mitsubishi Outlander terus berlanjut. Polda Metro Jaya dan jajaran akan menggandeng agen tunggal memegang merk (ATPM) Mitsubishi untuk memeriksa chip pada mobil yang dikendarai Christoper pada malam naas itu.

"Kendaraan tersebut memiliki satu chip. Chip tersebut mereka (Mitsubishi) yang paham, mereka ahlinya," kata  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Martinus Sitompul di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/1).

Martinus menjelaskan, pemeriksaan chip itu dilakukan untuk mengetahui gambaran peristiwa yang menewaskan 4 orang itu. "Nah ini tentu penting untuk kita ketahui berapa kecepatannnya," katanya.

Selain itu, pemeriksaan chip juga untuk mengetahui kondisi Mitsubishi Outlander yang dikendarai tersangka pada saat itu. "Apakah ada fungsi-fungsi yang berkurang. Nah ini tentu mendukung kami nanti ya," katanya.

Pada bagian lain, Martinus mengatakan bahwa polisi sudah memeriksa 10 saksi. Menurutnya, saksi ini dianggap mengetahui persis pertengkaran yang terjadi antara seorang sopir bernama Sandi dengan Christopher pada saat pengambilalihan kemudi. "Kesaksian ini penting bagi kami juga," tegasnya.(boy/jpnn)

 


[Link to media]
BW Ditangkap, Kapolri Digugat | JPNN.com

JAKARTA - Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) mengajukan gugatan praperadilan atas langkah Polri menjerat Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto sebagai tersangka dugaan memerintahkan memberikan kesaksian palsu di persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah di Mahkamah Konstitusi. Gugatan itu didaftarkan di Pengadilan Jakarta Selatan, Senin (26/1).

"LP3HI telah mendaftarkan gugatan praperadilan melawan Kepala Kepolisian RI sebagai termohon atas tidak sahnya penangkapan dan penetapan tersangka Bambang Widjojanto, wakil ketua KPK," kata Bendahara LP3HI, Dwi Nurdiansyah Santoso, Senin (26/1).

Gugatan praperadilan itu sudah terdaftar dengan nomor register 05/Pid.Prap/2015/PN. JKT.SEL yang diterima Hadi Sukma selaku panitera muda di PN Jaksel. Dwi menjelaskan, penangkapan terhadap BW secara nyata telah merugikan kepentingan masyarakat pada umumnya maupun pemohon pada khususnya.

Menurut dia, rasa keadilan masyarakat telah dilanggar dengan adanya peristiwa hukum penangkapan secara sewenang-wenang yang dilakukan oleh Polri terhadap Bambang. "Dan menyalahi prosedur penangkapan yang telah diatur dalam Undang-undang nomor 8 tahun 1981," jelas Dwi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sugianto Sabran pada 19 Januari lalu melaporkan BW -sapaan Bambang Widjojanto-  ke Bareskrim Polri terkait dugaan pelanggaran pasal 242 KUHP tentang kesaksian palsu.  Kejanggalan muncul karena laporan itu ditindaklanjuti secara cepat.

Hanya selang waktu empat hari sejak adanya laporan, Polri melakukan  penangkapan terhadap BW di Depok, Jawa Barat. Penangkapan itu tanpa didahului adanya surat panggilan, surat pemeriksaan sebagai saksi dan tanpa didahului adanya pengiriman surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) atas nama Bambang Widjojanto ke kejaksaan.

"Bahwa penetapan Bambang Widjojanto sebagai tersangka oleh Termohon dan proses penangkapan yang dilakukan oleh Termohon terhadap Bambang Widjojanto adalah cacat formil sehingga tidak sah," kata Dwi.(boy/jpnn)

 


[Link to media]
Koh Ahok Mumet Urus Persiapan Asian Games | JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjamu panitia peserta rapat koordinasi Olympic Council of Asia (OCA) untuk Asian Games 2018 di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (26/1). ‎

Ahok mengaku stres mengurusi persiapan Asian Games yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang.

"Memang persiapan ini kalau dipikir makin stres juga," kata Ahok. Meski begitu, ia menyatakan akan terus berupaya untuk menghasilkan yang terbaik. Apalagi masih ada waktu tiga tahun untuk melakukan persiapan.

Ahok mengungkapkan salah satu yang membuatnya cukup stres adalah mewujudkan transportasi massal dan kampung atlet pada tahun 2017. ‎Ia berharap, light rail transit (LRT) dengan rute Bandara ke Kelapa Gading dan Kemayoran dapat rampung.

"Jadi para atlet tamu bisa langsung dari Bandara naik kereta cepat menuju tempat penginapan masing-masing," ujar Ahok.

Ahok bersyukur ada komitmen dari beberapa perusahaan yang bersedia membangun LRT dengan menggunakan biaya mereka. "Pengusaha sudah komitmen, total biaya bangun LRT akan mereka tanggung," ucapnya.

Soal pembangunan kampung atlet, Ahok menyatakan ada beberapa perusahaan yang mau membangun apartemen. Setelah dibangun, apartemen tersebut dipinjamkan untuk menjadi penginapan atlet.

“Mereka komitmen, kalau apartemennya sudah terbangun, tidak akan dijual dulu, tapi boleh kita pinjam untuk atlet. Baru setelah Asian Games selesai, apartemen mereka jual,” kata Ahok.

Ahok memiliki target seluruh persiapan Asian Games selesai tahun 2017. Memang pekerjaannya tidak mudah, namun Ahok mengaku akan bekerja keras untuk mewujudkannya.

"Beberapa venue seperti olahraga ‎pantai dan layar dilakukan di Jakarta. Palembang kebagian enam cabang. Jakarta kebagian lebih banyak cabang. Kita yakin semuanya akan rampung," tandas Ahok. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Peti Milik Kapten James Cook Dipamerkan di Museum Maritim Australia Selatan | JPNN.com

Sebuah peti pelaut milik Captain James Cook dan tampaknya ikut dibawa berlayar bersamanya ke Australia dengan kapal Endeavour pada tahun 1770 sedang dipamerkan di Museum Maritim Australia Selatan.

 

Setelah melalui penelusuran asal usul kepemilikan yang rumit,peti ini dikonfrimasikan memang milik dari Kapten James Cook.

 

Tidak banyak yang diketahui tentang peti ini selama bertahun-tahun dimiliki Kapten James Cook, hingga kemudian ditinggalkan kepada isterinya, Elizabeth yang meninggal pada 1779. Peti itu kemudian diwariskan kepada sepupunya dan kemudian dirawat oleh keluarga tersebut secara turun temurun, dan kini peti itu sedang dipamerkan di Museum Maritim Australia Selatan. Kolektor asal Adelaide dan penjual barang antik, Jim Elder membawa peti itu ke acara lelang pada tahun 1974, namun kepastian asal dari peti itu baru belakangan ini dikonfirmasikan oleh rumah lelang Christie di London. Elder mengatakan kemungkinan besar Cook membawa peti ini dalam pelayaran pertamanya dengan kapal Endeavour yang terkenal, yang akhirnya membawa dia menjadi orang pertama yang berhasil mencapai pesisir Timur Australia pada 1770. "Sangat logis jika kita mengira Kapten James Cook membeli peti ini sebelum keberangkatannya dengan Endeavour," kata Elder. Direktur Museum Maritim SA, Kevin Jones mengatakan peti ini merupakan tambahan koleksi yang sangat indah dan akan menjadi koleksi publik yang disambut baik warga. "Tidak ada museum sejarah di Australia yang tidak suka dengan peti kemas ini, dan saya tidak membayangkan akan ada barang milik Kapten Cook lain yang memiliki keterkaitan sangat kuat selain peti ini yang akan muncul semasa hidup saya," katanya. Museum mengatakan peti kemas ini sempat terombang ambil tak dikenal sela 40 tahun terakhir. Proses verifikasi kepemilikan asli peti pelaut ini sangat kompleks karena hanya terdapat beberapa petunjuk saja. Pada tahun 1967 - tujuh tahun sebelum Elder membeli benda ini diacara lelang di Malvern Town Hall, Melbourne - peti ini dijual oleh L. Rickman-Adams, keturunan dari sepupu Elizabeth Cook. Museum dalam pernyataannya mengatakan : "Pertanyaan awal dari Christie adalah apakah mereka memiliki catatan penjualan peti yang kemudian menimbulkan pertanyaan lagi. Mereka tidak bisa menemukan entri katalog untuk itu." Tapi kemudian Kurator Sejarah SA berhasil menemukan dokumen yang berkaitan dengan lelang tersebut, "Christie kemudian bisa mengkonfirmasi bahwa peti itu adalah benar peti bepergian milik Kapten Cook dan deskripsinya cocok dengan artefak kami. "Peti itu dilelang bersamaan dengan barang-barang lain milik Cook, termasuk sampel kain tapa yang dikumpulkan oleh Cook di Tahiti dan Hawaii, beberapa ukiran Polinesia ditambah dengan catatan bertanda tangan Cook." Jones mengatakan setelah melewati proses verifikasi yang lama akhirnya mereka sekarang yakin dengan asal usul peti tersebut.
"Baru sekarang kita benar-benar yakin dan menyatakan ini adalah benar peti bepergian Kapten Cook," katanya.  
[Link to media]
Tunjangan Anak-Istri PNS Dihapus | JPNN.com

JAKARTA--Adanya UU Aparatur Sipil Negara (ASN) berimbas pada sistem penggajian PNS. Selama ini PNS mendapatkan honorarium dari kegiatan-kegiatan di luar tugas pokoknya, kini semuanya dipangkas.

"PNS tidak bisa lagi menerima honor untuk kegiatan-kegiatan luar kantor. Ini sesuai amanat UU ASN," tegas Subowo Joko Widodo, asisten deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) saat menerima kunjungan DPRD Kabupaten Malang, di Kemenpan-RB, Jakarta, Senin (26/1).

Pemerintah, lanjutnya, tengah menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Sistem Penggajian. Di dalam RPP tersebut, struktur gaji pegawai hanya terdiri dari tiga komponen. Yakni gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan.

"Tunjangan anak dan istri, tunjangan jabatan, tidak ada lagi. Semuanya disatukan di tunjangan kinerja," terangnya.

Dijelaskannya, untuk tunjangan kemahalan, akan disesuaikan dengan biaya hidup di daerah masing-masing. Misalnya di Papua, tunjangan kemahalannya lebih tinggi dibanding wilayah Jawa.

Sedangkan untuk tunjangan kinerja, dihitung berdasarkan grade sehingga meski sama-sama golongan kepangkatan, belum tentu tunjangan kinerjanya sama. "Ada 21 grade jabatan PNS. Tunjangannya akan disesuaikan dengan gradenya," tandasnya. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Menhan Harapkan KPK dan Polri Tak Terlibat Bentrok Fisik | JPNN.com

JAKARTA - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tidak mempersoalkan pengamanan yang dilakukan oleh TNI terhadap kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, hal itu dimaksudkan semata-mata untuk mencegah terjadinya perkelahian fisik antara KPK dengan Polri.

"Saya juga baru tahu itu (TNI jaga KPK, red). Alasannya ya supaya jangan terjadi kelahian. Cuma bantu mengamankan," kata Ryamizard di gedung DPR, Jakarta, Senin (26/1).

Mantan Kepala Staf TNI AD (KSAD) itu menambahkan, jika pengamanan oleh tentara demi kebaikan, maka pihaknya tak akan mempersoalkannya. Namun, ia wanti-wanti jangan sampai ada kontak fisik.

"Kalau lebih bagus gak apa-apa. KPK-Polisi itu dengan kita bagus-bagus semua, gak ada masalah. Jadi kita berharap mereka jangan sampai ada perkelahian fisik," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, pengamanan yang dilakukan TNI di KPK pasca-penangkapan atas bambang Widjojanto sempat disesalkan sejumlah pihak. Apalagi, pengamanan itu disebut-sebut atas permintaan Ketua KPK Abraham Samad.(fat/jpnn)


[Link to media]
Jadi Pejabat, Ayah Sherina Belum Punya Kantor | JPNN.com

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik musisi dan praktisi periklanan, Triawan Munaf sebagai kepala Badan Ekonomi Kreatif. Namun, ayah penyanyi Sherina Munaf ini belum memiliki pegawai maupun kantor karena Badan Ekonomi Kreatif memang merupakan intitusi baru yang dibentuk Presiden Jokowi.

"Lembaga ini kan baru dibentuk, mulai dari nol ini, karena kantor pun belum punya tapi tugas-tugas sudah menanti," ujar Triawan di Istana Negara, Jakarta, Senin, (26/1).

Mantan tim sukses Jokowi-JK di pemilu presiden itu menambahkan, lembaga yang dipimpinnya akan membawahi 16 sektor ekonomi kreatif. Beberapa di antaranya adalah film, kuliner, fashion, kerajinan tangan, fotografi hingga game.

Triawan mengungkapkan, pembentukan badan baru itu sudah diikuti dengan pencarian kantor dan perekrutan pegawai. Anggarannya, kata dia, sekitar Rp 1,5 triliun.

Nantinya, kata Triawan, ia akan dibantu oleh sejumlah deputi yang membawahi beberapa sektor tersebut. "Pekerjaan cukup banyak diharapkan kita bisa akselarasi pertumbuhan ekonomi kreatif dan menyumbang lebih banyak lagi devisa penghasilan untuk negara," tandas Triawan.(flo/jpnn)


[Link to media]
BW: Siapa Pelakunya Pasti Akan Dikejar | JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto geram terhadap orang-orang yang berusaha mengkriminalisasi dirinya. Pasalnya, apa yang mereka lakukan turut mengancam upaya pemberantasan korupsi.

"Ini bukan pelemahan tapi penghancuran KPK, sistematik sekali. Siapa pelakunya pasti akan dikejar," kata Bambang kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/1).

Seperti diberitakan, hari ini Bambang resmi mengajukan pengunduran diri sebagai pimpinan KPK. Langkah ini diambil lantaran dirinya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan memerintahkan saksi memberikan keterangan palsu dalam persidangan.

Jika pengunduran dirinya disetujui, maka KPK terpaksa berjalan dengan hanya dipimpin tiga orang saja. Sejumlah pihak memprediksi, kondisi ini dapat berujung pada kelumpuhan bahkan pembubaran KPK.

Bambang menyebut pidana yang dituduhkan kepadanya sebagai sebuah rekayasa. Ia merasa dikriminalisasi karena menjalankan tugasnya sebagai pimpinan lembaga penegak hukum.

"Kasus ini diada-adakan karena saya melakukan kewajiban penegak hukum, karena menyatakan seseorang sebagai tersangka," ujarnya.

Namun Bambang tetap yakin, di akhir polemik ini pemberantasan korupsi akan keluar sebagai pemenang. Ia pun mengaku ikhlas dikriminalisasi demi keberlangsungan pemberantasan korupsi.

"Kalau saya harus jadi korban agar proses pemberantasan korupsi kuat, saya ikhlas. Saya yakin pemberantasan korupsi tidak lemah tapi terus berjalan," pungkasnya. (dil/jpnn)

 


[Link to media]
Advokat Merasa Dilecehkan, Mengadu ke Peradi | JPNN.com

JAKARTA -- Tim Kuasa Hukum Bambang Widjojanto meminta perlindungan kepada Perhimpunan Advokat seluruh Indonesia yang dikomandani Otto Hasibuan.

Mereka secara resmi mengirimkan surat permintaan perlindungan hukum dan pemeriksaan etika profesi. Mereka menggelar pertemuan dengan Peradi, Senin (26/1).

Surat itu ditandatangani Kuasa Hukum BW, Iskandar Sonhadji dan Hermawanto. Keduanya dan BW juga merupakan Anggota Peradi. Mereka bersama-sama menangani perkara sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi 2010 lalu.

Hermawanto menjelaskan bahwa apa yang terjadi pada BW itu berpotensi juga menimpa mereka yang satu tim saat menangani perkara di MK waktu itu. Karenanya, sebagai advokat yang dilindungi hukum dan etik profesi mereka meminta perlindungan hukum kepada Peradi.

"Ini penting supaya advokat tidak dilecehkan profesinya," kata Hermawanto dalam jumpa pers di Kantor Peradi di Jakarta, Senin (26/1). Hadir pula Kuasa Hukum BW, Abdul Fickar Hadjar dan Alvon Kurnia serta para pimpinan Peradi.

Ia menegaskan apa yang terjadi pada BW saat ini merupakan pelecehan terhadap profesi advokat. Menurutnya, apa yang dilakukan BW itu juga dikerjakan oleh hampir seluruh advokat sesuai dengan koridor. Yakni, memberikan arahan kepada saksi untuk menyampaikan keterangan dengan benar dan efektif.

Kemudian, mengarahkan untuk menghemat waktu dan datang dengan penuh hormat, berbaju rapi dan sebagainya di persidangan. Karenanya, kata dia, kalau apa yang dilakukan oleh BW itu kemudian dikriminalisasi sama saja dengan melecehkan profesi advokat.

"Tindakan pidana yang dikenakan polisi kepada BW adalah pelecehan kepada advokat. Kami mohon Peradi memberikan perlindungan hukum," ujarnya lagi. Pihaknya siap dan tidak takut jika Peradi membawa persoalan itu ke Dewan Etik.

Dia memohon Peradi membentuk tim untuk memberikan perlindungan dan membawa persoalan ini ke ranah etik. "Kami tidak ingin polisi melecehkan advokat karena peristiwa ini bisa terulang kepada seluruh advokat di seluruh Indonesia," ujarnya.

Otto Hasibuan menyatakan Peradi sudah berkewajiban menerima pengaduan masyarakat apalagi anggotat Peradi. Pihaknya juga akan memberikan perlindungan kepada rekan sejawat yang tertimpa masalah hukum.

Namum, Otto menegaskan, Peradi akan mempelajari dengan segera pengaduan itu. "Kami akan segera melakukan langkah-langkah," kata Otto dalam jumpa pers tersebut.

Apalagi, Otto melanjutkan, ini merupakan masalah besar sampai menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Namun, ia menegaskan, dewan kehormatan etik akan bersidang kalau ada pengadunya.

Sedangkan dewan pengawas itu kapan saja bisa bekerja. Nah, untuk memutuskan semuanya, Otto akan mempelajari terlebih dahulu. "Kami tidak berpihak kepada siapapun, tapi kami berpihak kepada kebenaran dan hukum. Polri dan KPK merupakan dua institusi hukum yang harus dihormati. Kami Peradi juga organ negara penegak hukum," kata Otto.

Dia mengatakan, dengan adanya aduan ini tidak serta merta membuat dewan etik. "Tergantung alasan dan urgensinya. Nanti kami akan putuskan apakah lapor ke dewan etik atau turunkan pengawas untuk kasus ini," katanya.

Selain itu, nanti juga akan diputuskan apakah Peradi akan meminta klarifikasi kepada pihak kepolisian. "Semua pihak harus didengar supaya bisa ambil sikap," tegasnya. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
Anak Buah SBY Anggap Aktivis Antikorupsi Panaskan Situasi | JPNN.com

JAKARTA - DPP Partai Demokrat mengeluarkan sikap dan pandangan resmi untuk merespon konflik antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri. Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai Presiden Joko Widodo belum sungguh-sungguh menyelesaikan konflik di antara kedua lembaga penegak hukum tersebut.

Sikap DPP PD itu disampaikan ketua hariannya, Syarief Hasan dan  jajaran pimpinan FPD DPR, Senin (26/1). "Partai Demokrat menyimak bahwa penjelasan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor tanggal 23 Januari 2015 yang lalu oleh publik dinilai belum sungguh-sungguh menyelesaikan masalah yang ada," kata Syarief.

Lebih lanjut Syarief menuturkan, partainya terus mengikuti perkembangan terkini. Mantan menteri koperasi, usaha kecil dan menengah (UKM) itu menilai kemelut yang kini terjadi antara jajaran Polri dan KPK tidak menguntungkan bagi terjaganya iklim penegakan hukum, khususnya pemberantasan korupsi.

“Karena justru dua institusi penting yang berperan untuk pemberantasan korupsi tersebut terlibat dalam perselisihan, meskipun tidak secara resmi mengatas-namakan institusi masing-masing,” ujar Syarief yang didampingi Sekjen PD, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Syarief menegaskan, sulit menampik anggapan publik bahwa konflik KPK kontra kepolisian karena adanya keterkaitan antara penetapan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi dengan langkah Bareskrim Polri menjerat Bambang Widjojanto sebagai tersangka rekayasa saksi pada persidangan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.

Hanya saja, kata Syarief, situasi jadi makin panas ketika para aktivis pemberantasan korupsi melakukan aksi dukungan ke KPK. “Situasi menjadi semakin panas karena para aktivis pemberantasan korupsi dan unsur masyarakat juga melakukan aksi dukungan terhadap KPK pada khususnya dan mendesak perlunya dijamin keberlanjutan pemberantasan korupsi pada umumnya,” urai Syarief.

Karenanya, PD menghimbau dan mengajak semua pihak untuk bisa menahan diri dan tidak melakukan sesuatu yang terlalu jauh atau melebihi kepatutannya, sehingga justru akan mengganggu stabilitas politik serta keamanan dan ketertiban publik yang amat penting kita jaga dan tegakkan. “Dalam keadaan seperti ini pula, kearifan dari para penguasa dan pejabat pemerintahan sungguh diharapkan, termasuk dalam memberikan pernyataan, sehingga justru tidak semakin menambah keruhnya keadaan,” sambungnya.

Meski demikian PD mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memberi kesempatan dan dukungan kepada Presiden Joko Widodo agar segera menyelesaikan masalah itu secara tepat dan bijak. “Sesuai dengan konstitusi dan aturan perundangan dan semangat pemberantasan korupsi, serta sungguh mendengar aspirasi dan kehendak rakyat Indonesia,” ucapnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Jaya Raya Nyaris Tumbang di Laga Perdana | JPNN.com

BALI- Juara bertahan Jaya Raya Jakarta harus bekerja ekstrakeras pada laga perdana Djarum Superliga 2015. Bellaetrix Manuputty dkk hanya bisa menekuk USM Blibli dengan agregat 3-2.

Jaya Raya mendapat modal buruk setelah Adriyanti Firdasari dipaksa mengakui ketangguhan Fitriani dengan skor 13-21, 12-21 dalam laga yang dilangsungkan di GOR Lila Bhuana, Senin (26/1).

Jaya Raya makin terpuruk setelah Greysia Polii/Rizki Amelia Pradipta dipaksa mengakui ketangguhan Debby Susanto/Ririn Amelia dengan skor 19-21, 19-21.

Jaya Raya mendapat angin segar setelah Busanan Ongbumrungpan mampu menumbangkan Devi Yunita Indah Sari lewat permainan straight set dengan skor 21-4, 21-7.

Jaya Raya mendapatkan keuntungan setelah Annisa Saufika yang menjadi pasangan Gloria Emanuelle Widjaja harus mundur karena cedera lutut. Padahal, saat itu Gloria/Annisa mampu menekuk Della Destiara Haris/Anggia Shitta Awanda di set pertama dengan skor 21-16. Bellaetrix Manuputty memastikan keunggulan Jaya Raya setelah menekuk Rina Andriani dengan skor 21-5, 21-19. (jos/jpnn)


[Link to media]
Tedjo Tidak Cukup Klarifikasi, Harus Minta Maaf | JPNN.com

JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri karena ucapannya yang menyebut pendukung Komisi Pemberantasan Korupsi "masyarakat tak jelas".

Pelapor, Ketua Ketua Forum Warga Kota Jakarta, Azaz Tigor Nainggolan mengatakan, meski sudah memberikan klarifikasi namun sang menteri juga tak mau minta maaf.

Karenanya, langkah hukum pun ditempuh dengan mempolisikan Tedjo yang juga kader Nasdem, partai besutan Surya Paloh itu.

"Klarifikasi tapi belum minta maaf. Sampai sekarang tidak minta maaf, tindak pidana juga berjalan," kata Tigor di Bareskrim Mabes Polri, Senin (26/1).

Menurut Tigor, seharusnya sebagai seorang menteri dan juga Warga Negara Indonesia, Menkopolhukkam minta maaf serta patuh kepada hukum yang berlaku di negeri ini.

"Seharusnya jadi menteri dia minta maaf dan sebagai warganegara dia harus tunduk kepada hukum," kata Tigor.

Dia berharap kepolisian sigap untuk memeroses laporannya itu. "Kita tunggu polisi bijak enggak dengan itu," kata Tigor yang mengaku pada Jumat (21/1) malam itu turut memberikan dukungan kepada KPK.

"Saya di KPK Jumat (21/1) malam sebagai lawyer, aktivis pemberantasan korupsi merasa terhina." (boy/jpnn)

 


[Link to media]
Larangan Merokok di Penjara Tasmania Ditakutkan Picu Kerusuhan | JPNN.com

Ketakutan akan reaksi keras yang ditunjukkan narapidana di Penjara Risdon, Hobart, kian santer terdengar ketika larangan merokok di penjara mulai berlaku akhir Januari 2015.

Pemerintah negara bagian Tasmania memberlakukan larangan merokok untuk meningkatkan kesehatan para narapidana dan sipir penjara, namun mantan petugas penjara, Tony Burley, mengatakan, ada beberapa ketakutan yang melingkupi ketika pengenalan aturan baru ini dilakukan pada hari Jumat (30/1).

"Beberapa petugas khawatir kalau penjara akan rusuh," sebut Tony.

Serangan terhadap para penjaga penjara di Queensland naik dua kali lipat setelah larangan merokok diperkenalkan di negara bagian ini, tahun lalu.

Penjara Risdon di Tasmania akan bebas rokok mulai akhir Januari 2015.

Menteri Hukum dan HAM, Vanessa Goodwin, mengatakan, Kementeriannya telah mengendalikan situasi.

Tapi Tony mengungkapkan, langkah tersebut malah menyudutkan para penjaga dan tahanan.

"Tahanan telah melakukan kekerasan karena tidak bisa mendapatkan rokok. Ini akan menghasilkan kekerasan di tahanan karena tembakau akan menjadi barang selundupan," kemukanya.

Tapi Tom Lynch dari CPSU, serikat yang mewakili staf penjara, mengatakan, Tasmania telah belajar dari kesalahan Queensland.

"Kurangnya persiapan yang memadai, langkah-langkah yang dilakukan untuk membantu program berhenti merokok," sebutnya.

Hampir 90% tahanan di Tasmania merokok, dan para aktivis kesehatan-pun memuji langkah untuk memberlakukan larangan tersebut.

Jann Smith dari Dewan Alkohol, Tembakau dan Narkoba memuji upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

"Ketika kita menimbang dan mempertimbangkan dampak kesehatan yang positif, isu yang ada di tempat kerja, ini adalah langkah yang sangat positif," katanya.

Namun Ray Metcalf dari ‘Prison Fellowship of Australia’ mengatakan, memaksa tahanan untuk berhenti merokok itu tidak adil.

"Secara pribadi saya percaya ini adalah pelanggaran hak asasi manusia," tuturnya.

Ia mengungkapkan, organisasinya akan melakukan yang terbaik untuk membantu narapidana mengatasi problema berhenti merokok.

"Kami siap untuk membantu para napi mengatasi perubahan yang dialami terlepas apakah kami setuju atau tidak setuju dengan larangan tersebut," sebutnya.


[Link to media]
Apa BG Juga Harus Mundur? Tantowi: Itu yang Ngomong Lu | JPNN.com

JAKARTA - Mundurnya Bambang Widjojanto (BW) dari pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diapresiasi oleh politikus Partai Golkar Tantowi Yahya. Dia menilai sikap mantan pengacara itu memberikan contoh yang baik.

"Di balik penunduran diri BW, banyak pesan disampaikan oleh BW, pertama, kalau saya berani kenapa yang lain tidak. Kedua, pesan bahwa "saya berani pertanggungjawabkan tuduhan ini" dan ketiga bisa saja dorongan keluarga," kata Tantowi di gedung DPR, Jakarta, Senin (26/1).

Bambang mundur dari KPK karena berstatus tersangka karena dituduh menyuruh saksi memberikan keterangan palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar) 2010 lalu.

Nah, lantas apa yang harus dilakukan oleh Budi Gunawan, calon kapolri yang lebih dulu jadi tersangka di KPK.

"Mestinya Pak BG sebagai perwira tinggi sudah tahu keputusan yang akan diambil dan siap semisal keputusan itu tidak meggembirakan bagi dia," ujar Tantowi.

Apakah BG juga harus mundur? "Itu yang ngomong lu...he he he," timpal Tantowi sambil meninggalkan wartawan.(fat/jpnn)

 


[Link to media]
Djarum Kudus Bekap Suryanaga | JPNN.com

BALI- Tim Djarum Kudus menuai hasil bagus pada lanjutan Djarum Superliga 2015. Djarum Kudus sukses menekuk Suryanaga Surabaya dengan skor 4-1 di GOR Lila Bhuana, Senin (26/1).

Dionysius Hayom Rumbaka membuka kemenangan Djarum setelah sukses menekuk Alamsyah Yunus lewat laga straight set dengan skor 21-9, 21-17. Djarum makin di atas angin setelah Mohammad Ahsan/Berry Angriawan menjinakkan Rian Agung Saputro/Tri Kusumawardhana dengan skor 16-21, 21-15, 21-14.

Kemenangan Djarum ditegaskan lewat Ihsan Maulana Mustofa yang berhasil menumbangkan Kenta Matsumura melalui pertandingan straight set dengan skor 21-13, 21-15.

Djarum makin perkasa setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Fran Kurniawan menekuk Christopher Rusdianto/Ronald Alexander dengan skor 21-13, 21-17. Namun, Djarum gagal menuai hasil sempurna setelah Riyanto Subagja ditekuk Fauzi Adnan dengan skor 21-14, 16-21, 16-21.

“Hasil ini sudah kami prediksi sebelumnya. Namun tadi ada sedikit masalah dengan kondisi Ahsan. Cedera lamanya sempat kambuh dan membuat dia di set pertama kurang nyaman dan juga karena pengaruh lapangan,” terang Fung Permadi, Manajer Tim Djarum di laman resmi PP PBSI. (jos/jpnn)

 

 

 


[Link to media]
Koh Ahok: Udah Turun 500 Perak | JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan tarif baru angkutan umum sudah berlaku hari ini (26/1).‎

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengatakan tarif angkutan umum turun sebesar Rp 500.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rapat dengan Dinas Perhubungan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) telah memutuskan tarif baru angkutan umum di Jakarta turun Rp 500.

Organda menunggu Ahok meneken surat keputusan tentang penurunan tarif angkutan umum tersebut.

"SK Organda hari ini mulai berlaku turun. Iya, udah turun 500 perak," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (26/1).

‎Ahok mengaku tidak mau menunggu lama untuk menurunkan tarif angkutan umum. Soal tarif baru itu, sambung dia, sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungan DKI.

"Tandatangan (SK Organda) sambil jalan, hari ini mulai berlaku," tandas Ahok. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Kuasa Hukum BW: Polisi Abaikan Hak Imunitas Advokat | JPNN.com

JAKARTA - Kuasa Hukum Bambang Widjojanto (BW), Alvons Kurnia menegaskan bahwa tindakan kepolisian menangkap dan menangani kasus kliennya mengabaikan hak imunitas advokat.

Sebab, kasus ini terjadi ketika Bambang bertindak sebagai advokat pada persidangan perkara sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

"Advokat itu ada hak imunitas," tegas Alvons dalam jumpa pers bersama anggota Tim Kuasa Hukum BW, Hermawanto, Iskandar Sonhadji, Abdul Fickar Hadjar serta Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan dan jajaran di Jakarta, Senin (26/1).

Alvons pun menyayangkan polisi mengabaikan hak imunitas itu. Sehingga, kata dia, penangkapan Bambang dan berjalannya kasus ini terkesan sangat tergesa-gesa. "Bisa dikualifikasikan sebagai tindakan yang tidak sesuai hukum," tegasnya.

Karenanya, Alvons meminta perlindungan kepada Peradi. Alvons Cs pun menyerahkan surat kepada Otto terkait permohonan perlindungan hukum dan pemeriksaan etika profesi.

Alvons menyatakan bahwa berdasarkan pasal 26 ayat 2 Undang-undang nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat, terhadap dugaan pelanggaran pidana yang berkaitan pelaksanaan tugas sebagai profesi advokat seharusnya dilakukan pemeriksaan etik terlebih dahulu sebelum pemeriksaan perkara pidana. 

Karenanya, pihaknya memohon kepada Peradi meminta Mabes Polri segera menghentikan proses pemeriksaaan penyelidikan dugaan pelanggaran pidana terhadap BW. "Kepada Peradi segera memproses peristiwa pidana tersebut dalam ranah etik profesi advokat," ungkap Alvons.

Otto menegaskan, pihaknya akan mempelajari aduan yang disampaikan tim Kuasa Hukum BW, maupun pengacara yang bersama BW menangani Pilkada Kobar, Kalteng, di MK tersebut.

Peradi terbuka dengan pengaduan masyarakat, apalagi anggotanya sendiri. Dalam kode etik advokat pun itu diatur wajib memberikan bantuan hukum kepada teman sejawat yang tertimpa masalah hukum.

Sebenarnya, kata dia, Peradi ingin bertemu langsung dengan BW karena Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu orang yang kini tengah tertimpa masalah hukum. "Lazimnya seperti itu," katanya.

Namun, karena suatu dan lain hal pertemuan itu tidak terlaksana dan akan ditindaklanjuti di kemudian hari. Lebih lanjut, Otto menegaskan bahwa BW juga merupakan advokat yang tergabung di Peradi, dan teregister pada kartu tahun 2009 hingga 2012.

Cuma, kata dia, sejak 2012 BW tak melakukan registrasi ulang karena menjadi komisioner KPK.

"Karena dia menjadi pejabat di KPK dia tidak memperpanjang kartu sampai sekarang. Tapi, statusnya tetap Peradi cuma tidak registrasi ulang," kata Otto yang pernah menjadi pengacara Akil Mochtar ini. (boy/jpnn)


[Link to media]
BW Mundur, BG Berani nggak Ikut Mundur? | JPNN.com

JAKARTA - Seperti dijanjikan sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengajukan surat pengunduran diri pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri, Senin siang (26/1).

Pengunduran tersebut sekaligus memberikan contoh terhadap Kapolri terpilih Komjen Budi Gunawan yang juga berstatus tersangka korupsi di KPK.

Bambang mengatakan dia dan banyak pihak meyakini penetapan tersangka di Bareskrim itu direkayasa, namun dirinya berupaya patuh pada undang-undang.

UU No 30 / 2002 tentang KPK diatur mengenai pemberhentian pimpinan KPK. Dalam pasal 32 ayat 2 disebutkan pimpinan KPK ketika menjadi tersangka tindak pidana kejahatan diberhentikan sementara dari jabatannya.

'”Saya tetap harus patuh pada konstitusi, undang-undang dan kemaslahatan kepentingan publik. Oleh karena itu, saya mengajukan surat pengunduran diri ke pimpinan,” ujar Bambang.

Surat pengunduran diri itu nanti akan dibahas dan diputuskan pimpinan KPK yang lainnya. “KPK ini kan harus bertindak secara kolegial. Mudah-mudahan nanti segara ada kejelasan putusan dari para pimpinan,” katanya.

Saat ditanya apakah pengunduran dirinya sebagai contoh untuk Budi Gunawan yang lebih dulu terjerat sebagai tersangka kasus korupsi ? BW menjawab, seorang pimpinan harus menunjukkan leadership.

“Saya khawatir bangsa ini akan kehilangan kepemimpinannya. Saya belajar menjadi pemimpin yang baik. Yang bisa menunjukkan kepemimpinan dan bertanggungjawab atas keputusan yang saya ambil,” ucapnya.

Bambang saat ini memang menyandang status tersangka setelah pada Jumat (23/1) diambil paksa oleh sejumlah polisi. Dia disangka bersalah menyuruh memberikan keterangan palsu pada saksi kasus sengketa pilkada Kotawaringin Barat yang terjadi di Mahkamah Konstitusi, 2010 silam. Penetapan dan penangkapan BW itu dikecam banyak pihak karena polisi tak menggunakan aturan yang ada.

Banyak pihak mengaitkan penetapan BW sebagai tersangka kasus yang sudah lama itu sebagai bentuk balas dendam sejumlah oknum di Polri. Sebab, sebelumnya Kapolri terpilih Komjen Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemberian hadiah atau janji.(gun/dio)

 


[Link to media]
Awas, Apel Asal Amerika Ini Bisa Bikin Keguguran | JPNN.com

JAKARTA- Pemerintah resmi melarang dua jenis apel asal California, Amerika Serikat diedarkan di Indonesia. Keduanya ialah apel Granny Smith dan Gala yang dijual dengan merek Granny's Best dan Big B  produksi Bidart Bros.

Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan, Widodo mengatakan, kedua jenis apel itu sebelumnya sudah ditarik dari pasaran di Malaysia karena mengandung bakteri. Karena itu, dia meminta masyarakat Indonesia tak mengonsumsinya.

"BPOM dan Kementerian Pertanian telah menerima informasi bahwa apel Granny Smith dan Gala yang dijual dengan merek Granny's Best dan Big B yang diproduksi oleh Bidart Bros dengan kode CA 93312 diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes," kata Widodo.

Bakteri Listeria monocytogenes tersebut dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi serta anak-anak. Jika sudah infeksi, ibu yang sedang hamil pun bisa mengalami keguguran.

"Orang sehat pun dapat terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare," tegas Widodo. (fat/jpnn)


[Link to media]
Sering Umrah, Yuni Shara Masih Belum Siap Berhijab | JPNN.com

PENGALAMAN umrah Yuni Shara di setiap tahunnya mendapat komentar dari para penggemar. Bukan karena berumrah setiap pergantian tahun, tapi terlebih karena sikap Yuni yang masih enggan berhijab.

"Banyak juga yang komentar di Instagram saya. Jadi waktu itu ada yang bilang 'habis dari umrah kok nggak berhijab'," kisah Yuni saat ditemui di kawasan Cinere, Depok, Minggu (25/1).

Menurut kakak dari Krisdayanti ini, keputusan untuk berhijab tak bisa dilakukannya dalam waktu dekat. Sebab, Yuni masih merasa belum siap memakai hijab.

"Di sana memang harus pakai hijab tapi bukan berarti saya harus langsung memakai itu," tutur Yuni.

Mantan kekasih Raffi Ahmad ini juga mengaku akan membenahi dirinya sebelum mengambil keputusan untuk berhijab. "Buat saya begini, mendingan saya menjaga lisan saya dulu, menjaga sikap. Daripada saya berhijab, tapi lisan dan sikap saya tidak terjaga. Biarlah itu diri saya sendiri yang menentukan," tegas Yuni.

Yuni juga bersyukur masih diperhatikan oleh penggemarnya meski lewat sindiran berhijab. 

"Menurut saya hal-hal yang bersifat spiritual itu sangat pribadi. Tapi saya terima kasih sudah perhatian kepada saya dan mudah-mudahan kalau sudah saatnya, anak-anak juga menginginkan itu, mudah-mudahan berhijab," tutupnya. (mg1/jpnn)


[Link to media]
Wawrinka Butuh 3 Jam ke Perempat Final | JPNN.com

MELBOURNE- Stanislas Wawrinka dipaksa kerja keras untuk merebut tiket perempat final Grand Slam seri Australia Open 2015. Sang juara bertahan itu hanya bisa menekuk Guillermo Garcia Lopez dengan skor 7-6, 6-4, 4-6, 7-6 di Melbourne Park, Senin (26/1).

Tanda-tanda kesulitan Wawrinka sudah terlihat sejak set pertama. Saat itu, petenis asal Swiss tersebut dipaksa meladeni permainan solid yang ditunjukkan Garcia Lopez.

Puncaknya terjadi ketika Wawrinka kalah pada set ketiga. Situasi tak berubah pada set keempat. Wawrinka masih saja menghadapi kesulitan meladeni Garcia Lopez. Untungnya, ketenangan Wawrinka bisa membawanya memetik kemenangan.

Tak heran, Wawrinka sampai harus menjalani pertandingan selama lebih dari tiga jam untuk membungkus laga dengan kemenangan. Ini adalah kali ketiga Wawrinka melaju ke babak perempat final.

Jalan Wawrinka di babak perempat final dipastikan tak akan mudah. Pasalnya, dia harus menghadapi pemenang laga antara Kei Nishikori atau David Ferrer yang merupakan penghuni sepuluh besar. (jos/jpnn)


[Link to media]
Mulai 1 Februari, Garuda Indonesia Satukan Pajak Bandara ke dalam Tiket | JPNN.com

JAKARTA - Mulai 1 Februari nanti, Garuda Indonesia kembali akan menyatukan biaya passenger service charge (PSC) atau pajak bandara ke dalam tiket.

Pengutipan biaya PSC tersebut dimulai pada 1 Februari 2015 dan berlaku bagi tiket penumpang yang akan melaksanakan penerbangan mulai 1 Maret 2015.

Pengutipan biaya PSC pada tiket tersebut sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI No. KP/447/2014 tanggal 9 September 2014, mengenai ketentuan pembayaran PSC pada tiket.

"Bagi penumpang yang terbang sebelum tanggal 1 Maret 2015, tidak dikutip biaya PSC ketika melakukan pembelian tiket, namun tetap membayar PSC di bandara ketika check-in. Bagi penumpang yang terbang di atas 1 Maret 2015 dan membeli tiket sebelum 1 Februari 2015, tetap melakukan pembayaran PSC di bandara," ujar VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto, Senin (26/1).

Dengan ketentuan tersebut, lanjut Pujo, maka penumpang nantinya tidak perlu lagi melakukan pembayaran PSC pada saat melakukan check-in di bandara. Sehingga hal tersebut, ujarnya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi penumpang dalam melaksanakan penerbangan.

"Dalam kaitan dengan penerapan PSC dalam tiket mulai 1 Maret 2015 tersebut, maka memudahkan pelayanan dan pelaksanakan proses check-in. Para penumpang diharapkan dapat hadir ke bandara lebih awal dan membawa print tiket," tutur Pujo.

Adapun pelaksanaan ketentuan PSC tersebut bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I ada AP II, maskapai penerbangan, dan International Air Transport Association (IATA). Di mana implementasikan PSC pada tiket tersebut telah sesuai dengan standar IATA, dan ketentuan ini berlaku untuk semua maskapai domestik dan internasional yang terbang dari dan ke Indonesia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia pernah melaksanakan kontrak kerjasama penggabungan PSC pada tiket dengan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II pada Oktober 2012 hingga September 2014 lalu. (chi/jpnn)


[Link to media]
Ahok Serahkan Surat Pemutusan Kerja Sama dengan Jakarta Monorail | JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku belum mengetahui hasil pembahasan surat untuk pemutusan kerja sama dengan PT Jakarta Monorail. Ahok mengaku menyerahkan pembahasan surat itu kepada Sekretaris Daerah DKI, Saefullah.

Pekan lalu sudah dilakukan rapat dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dengan pembuatan surat pemutusan kerja sama. ‎ "Kami serahkan lagi sama Sekda. Mereka (PT JM) harus menyediakan crossing financial," kata Ahok kepada wartawan, Senin (26/1).

‎Ahok menjelaskan soal crossing financial memang ada dalam salah satu aturan BPKP. Adapun tujuannya untuk mencocokan dan mengeksekusi dua perintah yang dibuat perusahaan yang sama.

PT JM harus bisa membuktikan anggaran yang dipakai untuk membuat monorail. Anggaran ini harus sesuai dengan jumlah uang yang mereka terima.

Ahok menyebut apabila PT JM tidak bisa membuktikan mengenai anggaran yang dipakai maka kerja sama akan batal. "Kalau dia enggak bisa buktikan, maka ini batal," ucapnya.

Ahok menambahkan pihaknya tidak perlu melakukan pertemuan dengan PT JM guna mendiskusikan soal surat. PT JM, sambung dia, akan dipanggil apabila surat pemutusan kerja sama sudah selesai dibuat untuk memberikan penjelasan.‎ "Kami panggil dia (PT JM) supaya puas," tandasnya. (gil/jpnn)


[Link to media]
Hawks Tajamkan Rekor Terbaik Sepanjang Masa | JPNN.com

ATLANTA- Atlanta Hawks terus saja memetik kemenangan di NBA 2014/2015. Terbaru, Hawks sukses menekuk Minnesota Timberwolves dengan skor 112-100 di Philips Arena, Senin (26/1) WIB.

Kemenangan itu membuat Hawks berhasil menajamkan rekornya di NBA. Hawks kini sudah membukukan 16 kemenangan beruntun. Itulah catatan terbaik Hawks selama berjibaku di NBA.

Paul Millsap menjadi bintang kemenangan Hawks setelah membukukan 20 poin, lima rebound dan enam assist. Al Horford juga tampil apik setelah mencetak 19 angka dan enam rebound.

“Kami selalu meminta para pemain untuk terus bermain dengan keras. Itulah mengapa saya merasa tim ini sedikit berbeda,” terang Al Horford sebagaimana dilansir laman ESPN.

Di sisi lain, Thaddeus Young menjadi top performer di kubu Timberwolves setelah mampu mencetak 26 poin, enam rebound dan tujuh assist. Mo Williams menambah 20 angka untuk Timberwolves. (jos/jpnn)


[Link to media]
Gencarkan Serangan Balik, BW Laporkan Politikus PDIP ke Bareskrim | JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) berencana melaporkan balik politikus PDI Perjuangan Sugianto Sabran ke Bareskrim Mabes Polri. 

Langkah ini diambil lantaran Bambang merasa tengah dikriminalisasi oleh Sugianto.

"Kita akan lakukan pelaporan balik terkait sangkaan yang dituduhkan kepada Pak BW," kata anggota tim kuasa hukum Bambang Widjojanto, Usman Hamid di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/1).

Seperti diberitakan, Bareskrim telah menetapkan Bambang sebagai tersangka dugaan memberikan keterangan palsu dalam persidangan. Penetapan ini merupakan tindaklanjut atas laporan yang dibuat oleh Sugianto.

Namun Usman mengisyaratkan bahwa Sugianto bukan satu-satunya orang yang akan dilaporkan. "Semua yang pernah melaporkan BW akan dilaporkan kembali," ungkapnya tanpa menyebutkan siapa saja pelapor yang dimaksud.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pihaknya sudah mengantongi sejumlah saksi untuk mendukung laporan pihaknya. Usman juga mengungkapkan, Ketua YLBHI Alvons Kurnia Palma ditugaskan sebagai koordinator upaya serangan balik ini. (dil/jpnn)


[Link to media]
Abla Ahmad, Imigran Lebanon yang Sukses Bisnis Restoran di Australia 35 Tahun | JPNN.com

Ketika imigran Lebanon, Abla Amad, membuka restorannya sendiri di Melbourne pada tahun 1979, ia ingin memperkenalkan makanan tradisional kampung halamannya, yang ia masak sehari-hari, kepada masyarakat setempat.

Dan 35 tahun kemudian, sang pemilik restoran dan penulis buku ini tetap melakukan hal itu.

Sebagai bagian dari penerima penghargaan kehormatan Australia Day (26/1), Abla telah diangkat sebagai Anggota ‘Order of Australia’ atas pengabdiannya yang signifikan pada bidang pariwisata, perhotelan, dan pada masyarakat Lebanon di Australia.

Abla Ahmad datang ke Australia, dari Lebanon, saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Terlihat mencolok di jalanan, restoran Lebanon milik Abla telah menjadi ikon tersendiri bagi Melbourne.

Bagian luar restorannya mungkin tampak sedikit mencolok bagi orang-orang yang lewat, tetapi tempat makan ini telah memperoleh sejumlah penghargaan dan pengakuan selama puluhan tahun.

Hari ini (26/1), Abla mengatakan, penghormatan yang diterimanya adalah sesuatu yang istimewa.

"Saya sangat bangga dan sangat senang ... saya hampir menangis. Saya tak tahu apakah saya pantas menerimanya atau tidak, tapi saya sangat bangga. Saya datang ke sini ketika masih 17 tahun dan ini adalah negara yang indah, orang-orangnya baik, saya menyukainya," tutur perempuan ini.

'Makanan yang enak lahir dari hati'

Abla lahir di Lebanon pada tahun 1935, dan melakukan perjalanan ke Australia untuk mengunjungi kakaknya, George, dan pamannya, Joe, yang telah bermigrasi beberapa tahun sebelumnya.

Di Australia, ia bertemu dengan suaminya yang juga berdarah Lebanon, yaitu John, yang bersamanya Abla memiliki lima anak.

Karena keluarganya-lah ia belajar untuk memasak - pamannya Joe dan sekelompok perempuan Lebanon yang tinggal di Australia yang memanggilnya "bibi".

Ia mengatakan, suaminya sering membawa pulang teman-temannya dari berbagai latar belakang, termasuk Italia, Yahudi dan anglo-Australia, ke rumahnya di pinggiran Melbourne.

Abla akhirnya terdorong untuk membuka restoran atas desakan keluarga dan teman-temannya, dan mengaku bahwa hal itu ia lakukan sebagai bentuk kewajiban kepada orang lain.

"Sebelum saya buka restoran, saya terbiasa menjamu banyak orang di rumah dan memasak untuk mereka. Ketika saya membuka restoran, saya masih merasa seperti memasak untuk rumah, untuk keluarga,” kenangnya.

Ia menyambung, "Ini adalah tugas saya, saya melakukannya dari hati. Saya selalu melakukan yang terbaik."

Ia mengungkapkan, resep yang ia pelajari dan ciptakan memainkan peran penting dalam hidupnya.

"Mereka mengingatkan saya ketika saya masih muda dan[orang datang ke rumah dan memasak," kenangnya.


[Link to media]
Mari, Meneruskan dan Mengoreksi Sukarno | JPNN.com

IBU Megawati yang saya hormati dan kagumi, saya menghormati dan mengagumi Anda sebagaimana saya mengagumi Bung Karno, ayah biologis dan ideologis Anda. 

Saya selalu membayangkan saat-saat Anda mendampingi Bung Karno menyusun pidato, mengambilkan buku-buku referensi yang diperlukan oleh beliau, mengambilkan buku lain, lalu mengembalikannya lagi.  

Saya selalu mencoba merasakan betapa beratnya tugas Anda ketika harus selalu tersenyum ketika menari di depan tamu-tamu resmi negara, sementara Ibu Fatmawati memutuskan untuk meninggalkan Istana.

Sekali waktu saya berada di rumah Anda, di Kebagusan. Rumah yang luas dengan pot-pot gantung tanaman pakis, taman yang asri, dan sebuah lukisan sangat besar di teras itu. Lukisan halaman Istana Bogor, dengan ratusan rusa berkeliaran bebas. Mungkin di hadapan lukisan itu Anda bisa melepaskan kangen pada momen-momen melepaskan rindu kepada Bung Karno, saat Anda bersama beliau di Istana Bogor.

Itu adalah hari pemilihan umum. Bersama banyak jurnalis lain, saya mengikuti detik per detik perhitungan hasil perolehan suara yang disorotkan ke layar dari perangkat presentasi. Itu juga hari yang berat. Ketika hasil hitung cepat ditutup malam itu, PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang, tetapi angka yang tercapai tak sebesar yang  diramalkan. 

Saat jumpa pers, malam itu, di teras rumah Anda itu saya lihat Anda memeluk Puan Maharani - yang berlinang air mata - , dan Anda menepuk-nepuk pundaknya. Saya tak tahu apa yang Anda bisikkan pada putri Anda dan Ketua Tim Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan.  

Sekali lagi, partai yang Anda pimpin memenangkan hati rakyat. Lalu lewat pemilihan yang keras kompetisinya,  "petugas partai" yang Anda utus memenangkan pemilihan Presiden.

Saya ingin melihat kemenangan ini sebagai kesempatan untuk meneruskan cita-cita Bung Karno yang tak sempat ia capai, tapi juga untuk mengoreksi kesalahan-kesalahannya. 

Bung Karno dengan romantis merumuskan ideologinya lewat sosok petani kecil di pinggiran Bandung. Petani dengan rumah sendiri, sebidang tanah sendiri, alat kerja sendiri, sepeda, dan hasil panen yang ia gunakan sendiri untuk dirinya dan keluarganya. Marhaen nama petani itu lalu diikonkan oleh Bung Karno untuk menamai rumusan ideologinya: Marhaenisme.

Wong Cilik yang kini menjadi barisan penyokong fanatik PDI Perjuangan adalah Marhaen-Marhaen yang akan terus tumbuh dan ada, terus menjadi alasan bahwa di negeri ini apa yang dirumuskan oleh Bung Karno di dalam penjara Banceuy tak pernah kehilangan relevansinya.

“Seorang pemimpin tidak berubah karena hukuman. Saya masuk penjara untuk memperjuangkan kemerdekaan, dan saya meninggalkan penjara dengan pikiran yang sama,” ujar Bung Karno. Ini kutipan yang saya sukai dari bukunya "Bung Karno, Sang Penyambung Lidah Rakyat". 

Penjara bagi kaum Marhaen sekarang adalah keterbatasan. Kemerdekaan bagi mereka adalah terbebas dari kemiskinan. Anda, partai Anda PDI Perjuangan, petugas partai Anda Presiden Joko Widodo, saat ini punya kesempatan sangat besar untuk membebaskan mereka dari penjara dan mewujudkan kemerdekaan kaum Marhaen. 

Dan karena itu, Bu Mega, kisruh yang bermula dari sosok Budi Gunawan, dia yang telah berjasa menjadi ajudan setia Anda, rasanya adalah soal dan kepentingan yang terlalu kecil jika dibandingkan kerja besar untuk kaum Marhaen itu.

Saya mengagumi Bung Karno, seperti saya mengagumi Anda, anak biologis dan ideologis beliau. Jika surat ini dibaca sebagai sebuah pengingat, maka saya mengingatkan atas dasar kekaguman itu. 

Salam. 

Jakarta, 26 Januari 2015


[Link to media]
Cavaliers Petik 6 Kemenangan Beruntun | JPNN.com

CLEVELAND- Laju kemenangan Cleveland Cavaliers belum terhenti. Terbaru, Cavaliers berhasil menumbangkan Oklahoma City Thunder dengan skor telak 108-98 di Quicken Loans Arena, Senin (26/1) WIB.

Itu adalah kemenangan keenam secara beruntun yang berhasil dibukukan LeBron James dkk. Berkat kemenangan itu, Cavaliers kini memperbaiki rekornya menjadi 25-20.

Cavaliers harus berterima kasih pada LeBron James yang tampil impresif sepanjang pertandingan. Total, megabintang berjuluk King James itu berhasil membukukan 34 poin dan tujuh rebound.

Hasil itu juga semakin membuktikan ketergantungan Cavaliers terhadap LeBron. Sejak LeBron kembali, Cavaliers berhasil memetik enam kemenangan dari tujuh laga. Sebelumnya, Cavaliers sempat menelan enam kekalahan beruntun ketika LeBron absen.

“Kami memiliki kepercayaan diri tinggi. Namun, untuk kami, kami harus tetap rendah hati. Ini adalah laga di mana kami menghadapi tim yang sangat berpengalaman,” tegas LeBron di laman ESPN. (jos/jpnn)


[Link to media]
Pidato Jokowi Peringatan untuk Polri | JPNN.com

JAKARTA - Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menilai pidato kedua Presiden Joko Widodo soal jangan ada kriminalisasi merupakan pernyataan yang sudah sangat terang. Namun, kata Ray, Jokowi memang menyampaikannya dengan bahasa samar, agar terhindar dari  tuduhan Presiden bersikap 'tidak jelas' pada rakyat yang 'tidak jelas'.

"Terang yang samar itu dapat dibaca pada tokoh yang diundang mengatasi kisruh KPK-Polri, merupakan orang-orang yang memiliki kredibilitas dan dikenal sebagai pribadi-pribadi yang giat mendukung gerakan anti korupsi. Pada tingkat tertentu mereka menjadi bagian tak terpisahkan dengan KPK," ujar Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, Senin (26/1).

Kemudian pernyataan Presiden yang menekanan jangan ada kriminalisasi, menurut Ray juga seperti merujuk pada kasus yang menimpa Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto. Pasalnya, Istilah kriminalisasi jamak dipergunakan oleh aktivis yang memang menolak dengan tegas kriminalisasi terhadap seluruh jajaran pimpinan KPK.

"Pernyataan ini seperti peringatan samar bagi kepolisian agar tidak bermain-main dengan penegakan hukum. Lebih-lebih sekarang ini dua komisioner KPK lain juga dilaporkan ke kepolisian," katanya.

Dalam pidatonya di Istana Negara, Minggu (25/1) kemarin, Presiden juga menyebut akan mengawasi penanganan kasus yang terjadi. Menurut Ray, pernyataan tersebut seperti merujuk terhadap kriminalisasi atas BW. Sebab secara struktural, kewenangan presiden terbatas hanya dapat mengawasi intitusi kepolisian. Sementara KPK, hanya bertanggungjawab terhadap rakyat Indonesia.

"Bagaimanapun tindakan mereka (kepolisian,red) dalam seminggu belakangan ini, sangat mencemaskan masyarakat,” ujarnya. (gir/jpnn)


[Link to media]
Seorang Perenang Hilang di Pantai Gold Coast Saat Australia Day | JPNN.com

Polisi Air dan helikopter penyelamat melakukan pencarian atas seorang perenang yang hilang di wilayah pantai Gold Coast, pada 26 Januari atau bertepatan dengan Australia Day.

Seorang pria Kenya kelahiran Australia berusia 19 tahun, tengah berada di dalam air, di area ‘Surfers Paradise’, dengan seorang temannya pada (26/1) sekitar pukul 12.30 dini hari, ketika ia tiba-tiba menghilang.

Sang teman kemudian memberitahu polisi yang segera melakukan pencarian.

Pria Kenya itu hilang ketika berenang dengan seorang temannya di wilayah pantai Surfers Paradise.

Sersan Senior John Hamrey mengatakan, pencarian udara, laut dan darat dilakukan secara ekstensif dengan bantuan lembaga ‘Surf Life Saving’ di Queensland.

"Kami telah melakukan pencarian bersama dengan mereka, polisi air Gold Coast telah diaktifkan, polisi udara kami terus-menerus melakukan kontak dengan petugas jaga dari Surf Life Saving Queensland," jelasnya.

Ia menambahkan, "Mereka mencari di tepi perairan dengan polisi air, ada juga petugas ber-jetski di dalam air, kemudian perahu penyelamat dari Surfers Paradise."

Sersan Senior John mengutarakan,ia mendapat laporan bahwa pria yang hilang itu tak memiliki kemampuan berenang yang baik.

"Ia dari negara bagian lain, tak tahu kondisi pantai Surfers Paradise. Seperti yang saya pernah katakan, sebelum pukul 1 dini hari, itu adalah sumber malapetaka ... sebagai penduduk lokal, kami tahu bahwa kondisinya bisa berbahaya," ungkapnya.


[Link to media]
Hadapi Arema, Sriwijaya Lakukan Rotasi | JPNN.com

PALEMBANG- Sriwijaya FC memang memiliki keuntungan lebih besar dibandingkan Arema Malang jelang final SCM Cup 2015. Pasalnya, Sriwijaya hanya bermain dalam waktu normal.

Sementara, Arema harus menekuk Persebaya Surabaya lewat extra time. Meski begitu, jajaran pelatih Sriwijaya tetap menaruh perhatian pada kondisi fisik para pemain. Mereka pun siap melakukan rotasi jelang laga final nanti.

“Mungkin rotasi akan dilakukan di sisi kiri," terang asisten pelatih Sriwijaya, Hendri Susilo saat dihubungi Senin (26/1).

Hendri mengakui, anak asuhnya harus mengeluarkan banyak tenaga saat menghadapi Persela Lamongan pada babak semifinal lalu. Pasalnya, Persela juga menunjukkan performa yang meyakinkan sepanjang laga.

"Pasti pemain kelelahan. Tidak mungkin di final kondisinya maksimal. Karena itu pasti akan ada rotasi pemain,” tegas mantan pelatih Persija Jakarta tersebut. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Hampir 125 Ribu Honorer K2 Sudah Kantongi NIP CPNS | JPNN.com

JAKARTA - Proses penetapan nomor induk pegawai (NIP) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi honorer kategori dua (K2) yang sudah dinyatakan lulus hingga hari ini masih berjalan. Menurut Kepala BKN Eko Sutrisno, hingga 16 Januari 2015, sudah 124.461 honorer K2 yang kantongi NIP.

"Dari kuota yang ada sekitar 218 ribu, yang sudah kantongi NIP sudah lebih separuhnya. Terbanyak dari daerah karena memang penyebaran honorer terbesar di daerah," kata Eko kepada JPNN, Senin (26/1).

Data BKN menyebutkan, honorer pusat yang sudah resmi mengantongi NIP adalah 5.465 orang. Sedangkan honorer dari daerah sebanyak 119.296 orang.

Menurut Eko, sisa honorer lainnya masih dilakukan verifikasi dan validasi terhadap tenaga honorer K2 yang sudah dinyatakan lulus. Selanjutnya, merujuk PP 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, maka bagi honorer yang tidak lulus tes sudah tidak ada lagi mekanisme tes ulang.

"Dalam PP 56 kan sudah tegas dinyatakan seleksi terhadap tenaga honorer hanya satu kali. Jadi tidak ada lagi mekanisme tes ulang untuk pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS," tegasnya. (esy/jpnn)


[Link to media]
Ini Dia Makanan yang Memerangi Peradangan | JPNN.com

Peradangan selama ini menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi manusia. Pasalnya, peradangan bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Di antaranya ialah jantung, diabetes, osteoporosis, nyeri sendi dan kanker.

Peradangan adalah ketidakmampuan sel memperbaiki diri karena rusak. Hal ini lebih disebabkan oleh banyak hal seperti pola makan yang tidak sehat.

“Peradangan ini diyakini berkontribusi terhadap kondisi seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker," kata juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, RD.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, dengan mengosumsi berbagai makanan ini, Anda bisa mencegah peradangan. Berikut berbagai makanan itu seperti dilansir laman Yahoo Health. (fny/jpnn)

 

1.Sayuran berwarna hijau

Bayam, kale dan brokoli mengandung kadar tinggi vitamin E yang telah terbukti untuk melindungi terhadap peradangan.

2. Buah dan sayuran berwarna

Secara umum, buah-buahan dan sayuran sangat berwarna mengandung phytochemical, apakah mereka berwarna merah, biru, ungu, kuning, hijau tua atau oranye

3. Bawang putih

Bawang putih bekerja mirip dengan obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai OAINS.

4. Tahu

Sumber protein nabati seperti kedelai, kacang-kacangan yang mengandung anti-inflamasi omega-3 asam lemak.

5. Salmon

Lemak ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 asam lemak. Pilihan ikan sehat lainnya termasuk tuna, mackerel dan sarden.

6. Chia, Flax dan benih Hemp

Berkat konsentrasi tinggi asam lemak omega-3, benih ini mampu melawan peradangan. Taburkan mereka dalam stirfries, sereal dan sup.

7. Kunyit

Rempah-rempah mengandung senyawa antiinflamasi yang sangat banyak

 


[Link to media]
Disebut Perawan Tua, Ini Kata Regina Idol | JPNN.com

PENYANYI cantik Regina Ivanova atau yang dikenal dengan Regina Idol sedang menyibukkan diri dengan karir bermusiknya. Menurut Regina, hal ini akan membuatnya lupa dengan kisah asmaranya yang baru saja kandas. Peraih juara pertama Indonesian Idol musim ketujuh ini akan lebih mendahulukan karirnya ketimbang asmara. Padahal, di usia yang menginjak 28 tahun ini ia harusnya mantap untuk berumah tangga.

Hal itu pun diakuinya, bahkan ia pernah mendapat sindiran perawan tua dari beberapa kerabat dekat. "Pernah ada yang ngatain gitu tapi nggak lah. Paling sabarlah, begitu-begitu saja," kata Regina saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (26/1).

Mengenai jodoh, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Sang Pencipta. Beruntung, keluarga Regina tak menuntut banyak mengenai urusan pribadinya.

"Terserah Tuhan saja. Lagian nikmati kerjaan dulu saja. Keluarga juga biasa saja, mereka menyerahkan sepenuhnya ke aku," papar Regina.

Menurutnya, di tahun 2015 ini fokusnya penuh terhadap bermusik. "Aku pengen fokus sama musik dulu sama nyanyi, ngejuri, fokus itu saja dulu," tandasnya. (mg1/jpnn)


[Link to media]
Jomblo Lagi, Regina: Nggak Mau Nyari, Maunya Dicari | JPNN.com

Kisah asmara Regina Ivanova ternyata tak semulus yang diinginkan. Baru-baru ini, jebolan Indonesian Idol itu memutuskan sang kekasih Crush yang berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Padahal, hubungan keduanya baru seumur jagung. Sebelumnya, Regina membeberkan hubungannya dengan Crush pada April 2014 lalu. Kini, Regina pun menyandang status jomblo.

“Udah putus. Awal-awal Januari lah putusnya. Aku yang waktu itu mutusin. Memang ada beberapa hal yang beda prinsip," kata Regina saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (26/1).

Nah, hal itu ternyata membuat Regina mulai kapok mencari pacar. Ketika usianya saat ini sudah menginjak 28 tahun, Regina tak lagi ingin mencari pacar kembali.

“Nggak mau nyari, maunya dicari. Kalau ada, maunya yang takut sama Tuhan, seagama sama aku, sayang keluarga, yang lain nyusul,” tegas wanita kelahiran 4 Desember 1986 ini. (mg1/jpnn)


[Link to media]
Anak Buah Prabowo Minta Masyarakat Tak Desak SP3 BW | JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) dalam kasus yang dituduhkan Bareskrim Polri kepada pimpinan KPK, Bambang Widjojanto (BW) harus ada dasar hukumnya, bukan karena desakan.

"Saya kira harus ada dasarnya untuk mengeluarkan keputusan apa pun. Tidak bisa karena ada desakan kemudian ada SP3," kata Fadli Zon di gedung DPR, Jakarta, Senin (26/1), menyikapi derasnya desakan agar kasus BW dihentikan.

Proses hukum terhadap pimpinan KPK itu menurut Fadli harus dilihat secara objektif. Kalau yang dituduhkan oleh Bareskrim itu benar, maka BW harus dihukum. Kalau tidak, BW harus dibebaskan dan direhabilitasi nama baiknya.  

"Hukum kita itu kalau ada kesalahan ya dihukum, kalau dia tidak bersalah ya harus dibebaskan, harus direhabilitasi, saya kira gitu aja, tidak perlu ada tekanan dari masyarakat yang menyangkut masalah hukum," jelas anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu. 

Waketum DPP Gerindra ini menilai masyarakat diberi kebebasan berekspresi dan menyampaikan aspirasi, tapi kalau berkaitan dengan SP3 harus didasarkan pada aturan hukum. Ini lah menurutnya yang harus dikawal supaya tidak dipolitisasi dan ada upaya kriminalisasi.(fat/jpnn)


[Link to media]
Persebaya Makin Jauh Dari Surabaya | JPNN.com

JAKARTA- Persebaya Surabaya yang berlaga di ISL 2015 makin jauh dari warga Kota Pahlawan. Setelah tak mendapat dukungan dari Bonekmania, Persebaya juga tidak bisa berlaga di Surabaya.

Hal itulah yang membuat manajemen akhirnya memindahkan markas Persebaya ke Madura untuk musim 2015 mendatang. Hingga kini, Persebaya memang tak mendapatkan izin keramaian.

"Kami belum dapat ijin keramaian karena bonek belum bersatu," kata CEO Persebaya Gede Widiade, Senin (26/1) pagi.

Persebaya sebenarnya memiliki dua opsi stadion, yakni Gelora 10 Nopember dan Gelora Bung Tomo (GBT). Namun, pemakaian Gelora 10 Nopember masih terkendala izin keamanan.

Di sisi lain, Persebaya harus merogoh kocek dalam-dalam jika ingin berlaga di Gelora Bung Tomo. Padahal, di musim lalu dan tahun ini, Persebaya masih dalam kondisi lemah secara finansial.

“Demi efisiensi anggaran, Kami sudah ajukan ke PT LI, sebanyak13 partai kandang Persebaya akan dimainkan di stadion (Gelora) Bangkalan dan 4 partai besar tetap di Stadion GBT," tegas Gede. (dkk/jpnn)

 

.


[Link to media]
Menghina Rakyat Indonesia, Tedjo Dipolisikan | JPNN.com

JAKARTA - Pernyataan Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno yang menyebut masyarakat pendukung KPK adalah masyarakat tak jelas, ternyata berbuntut panjang. Sejumlah advokat publik berencana melaporkan menteri yang berasal dari Partai NasDem tersebut ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (26/1) siang.

"Saya dan beberapa teman Advokat Publik akan ke Bareskrim Mabes Polri, hari ini (Senin,red)  jam 13.00 WIB untuk melaporkan Menkopolhukam," ujar Ketua Forum Warga Kota Jakarta, Azas Tigor Nainggolan.

Menurut pria yang juga berprofesi sebagai advokat ini, mereka melaporkan Tedjo karena diduga telah melakukan penghinaan terhadap rakyat Indonesia, berkaitan dengan pernyataannya yang mengatakan bahwa rakyat yang mendukung KPK, tidak jelas.

"Dasar pelaporan kitan Tedjo melakukan penghinaan terhadap rakyat Indonesia yang berjuang melawan korupsi," ujarnya.

Sebelumnya, Menkopolhukam mengatakan pernyataan Ketua KPK Abraham Samad dalam jumpa pers Jumat malam, terkesan untuk menggalang aksi-aksi massa.

"Tidak boleh seperti itu. Harus menenangkan. Jangan membakar-bakar massa. Itu suatu pernyataan sikap yang kekanak-kanakan. Dia (KPK) didukung konstitusi, bukan didukung rakyat yang enggak jelas itu. Konstitusi yang mendukung," tegas Tedjo di kompleks Istana Negara, Jakarta, Sabtu, (24/1).(gir/jpnn)


[Link to media]
Pelaku Kriminal Rawan Demensia | JPNN.com

Orang dewasa yang melakukan tindak kriminal terancam demensia ketika sudah tua. Peneliti Georges Naasan dan rekan-rekannya melakukan pengujian terhadap 2.397 pasien yang didiagnosa menderita Alzheimer pada rentang 1999-2012.

Mereka melakukan scan tentang perilaku kriminal menggunakan kata kunci seperti penangkapan, mencuri dan kekerasan. Hasilnya, sebanyak 204 pasian atau 8,5 persen memenuhi syarat.

Perilaku mereka lebih merupakan tanda awal terjadinya demensia frontotemporal (bvFTD) atau afasia progresif primer (PPA). Itu adalah jenis demensia berbahaya dibandingkan penyakit Alzheimer.

Dari kelompok kriminal, sebanyak 64 orang memiliki bvFTD. Sementara, sebanyak 24 orang mempunyai PPA. Sedangkan sebanyak 42 memiliki Alzheimer. Sisanya mempunyai berbagai bentuk lain dari demensia.

Pasien dengan bvFTD atau PPA cenderung lebih muda, rata-rata berusia 59 hinggga 63 tahun. Sementara, pasien Alzheimer rata-rata berusia 71 tahun.

Tanda-tanda awal bvFTD dapat mencakup perubahan kepribadian termasuk rasa malu, kurangnya empati, kehilangan motivasi atau apatis.

“Ada subkelompok orang, terutama orang dewasa yang lebih tua yang melakukan pelanggaran pertama kali yang mungkin memiliki penyakit otak degeneratif yang mendasari perilaku kriminal mereka,” kata peneliti Dr. Georges Naasan, seperti dilansir laman Fox News. (fny/jpnn)


[Link to media]
KPK Panggil Petinggi Bareskrim | JPNN.com

JAKARTA - Hubungan yang semakin memanas dengan Polri tidak menghentikan KPK terus mengusut kasus dugaan korupsi Komjen Budi Gunawan. Hari ini, Senin (26/1), lembaga pimpinan Abraham Samad itu menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi kasus sang Kapolri terpilih.

Ketiga saksi yang dipanggil hari ini merupakan anggota Polri aktif. Mereka adalah, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Herry Prastowo, Wakapolres Jombang Kompol Sumardji dan dosen utama Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan Polisi Kombes Ibnu Isticha.

"Diperiksa sebagai saksi BG (Budi Gunawan)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha, Senin (26/1).

Ini merupakan pemanggilan kedua bagi ketiganya. Ketika pertama kali dipanggil pekan lalu, mereka memilih untuk tidak hadir.

Sejauh ini, KPK sudah memanggil enam orang saksi terkait kasus Budi Gunawan. Selain yang dipanggil hari ini, saksi yang telah dipanggil antara lain Kapolda Kalimantan Timur Irjen Andayono, bekas Karorenmin Itwasum Polri Brigjen (purn) Heru Purwanto dan mantan Widyaiswara Utama Sespim Polri Irjen Pol (Purn) Syahtria Sitepu. Namun, baru Syahtria Sitepu yang memenuhi panggilan KPK.

KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. KPK menjerat Budi dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2, serta Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Budi terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup jika terbukti melanggar pasal-pasal itu. (dil/jpnn)


[Link to media]
16 Ribu Orang Resmi Jadi WN Australia di Australia Day 2015 | JPNN.com

Australia Day atau Hari Australia, 26 Januari, dirayakan di seluruh Australia dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari lomba renang, lomba makan kue ‘Lamington’ (kue tradisional Australia) hingga peristiwa seremonial seperti upacara kewarganegaraan.

Sekitar 16 ribu orang resmi menjadi warga negara Australia pada 26 Januari.

Di Canberra, Perdana Menteri Tony Abbott melangsungkan upacara kewarganegaraan di wilayah Danau ‘Burley Griffin’, yang diramaikan dengan atraksi pesawat jet.

Massa berkumpul untuk merayakan Australia Day di halaman Gedung Parlemen, Canberra.

Dalam Upacara Pengibaran Bendera dan Kewarganegaraan Hari Nasional Australia, 25 orang dari 15 negara disambut sebagai warga negara Australia yang baru.

Taryn O'Connor, mantan warga Selandia Baru namun telah lama tinggal di Australia, adalah orang pertama yang menerima sertifikat warga negara dari Perdana Menteri Abbott.

"Saya memutuskan untuk membuatnya resmi," ujar Taryn.

Anil Dayva Prosana, yang lahir di India, dan keluarganya, juga resmi menjadi warga negara pada 26 Januari.

"Ini adalah kehormatan yang luar biasa dan senang berada di sini," tuturnya.

Ketua Dewan Hari Nasional Australia, Kopral Ben Roberts-Smith, mengatakan, peristiwa ini memberi kesempatan bagi seluruh warga Australia untuk merenungkan apa artinya menjadi seorang warga negara Australia.

“Selama hampir 20 tahun, saya memakai bendera Australia di lengan baju seragam saya. Ini adalah simbol negara yang paling penting dan kita bisa melihatnya hari ini, memaknainya masing-masing,” ungkap sang Kopral.

Di Queensland, penduduk setempat turut ambil bagian dalam kontes makan pie besar di Sunshine Coast, dan berusaha untuk memecahkan rekor dunia dengan membuat sandal karet raksasa terpanjang di Pantai Mooloolaba.

Lebih dari 4.000 orang dari 118 negara resmi menjadi warga negara Australia dalam 42 upacara, hanya di Queensland saja.

Meskipun hujan turun dan suhu dingin berhembus di Sydney, hampir 1.000 orang berkumpul di Sydney Harbour, sebelum mulai lomba renang 2,2 kilometer.

Sebelumnya, pagi hari diawali dengan upacara tradisional dengan bendera Australia dan Aborijin dikibarkan bersama-sama di puncak Jembatan ‘Sydney Harbour’.

Total 824 orang mendapat penghargaan Australia Day. Mereka meliputi ilmuwan ternama, pendiri lembaga amal, aktor dan pahlawan komunitas.

Rosie Batty mendapat penghargaan ‘Australian of the Year’ atau Warga Australia Tahun Ini atas kampanye-nya terhadap kekerasan dalam keluarga. Tahun ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Australia, 4 perempuan mendapat penghargaan tertinggi di Australia Day.


[Link to media]
Ide Denny Indrayana Dinilai Inkonstitusional | JPNN.com

JAKARTA - Ide yang dilontarkan mantan Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana agar para pimpinan KPK diberikan kekebalan hukum atau imunitas, dikritik Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Dia tegas menyebut wacana profesor ilmu hukum dari UGM itu bertentangan dengan konstitusi.

"Tidak ada yang imun (kebal hukum) di Republik ini. Konstitusi kita mengatakan bahwa kita setiap warga negara sama kedudukannya di mata hukum dan pemerintahan. Tidak ada perbedaan antara presiden, DPR, KPK, Polri. Semua sama, tidak ada yang bisa imun," tegasnya di gedung DPR, Senin (26/1).

Saat ditanya apakah ide itu tidak diperlukan, Fadli menyatakan bukan tidak perlu, tapi bertentangan dengan konstitusi. Menurutnya, setiap masalah hukum harus diselesaikan dan dibuktikan di pengadilan. 

"Bukan tidak perlu, bertentangan dengan konstitusi. Jadi kalau ada masalah hukum, ini masalah hukum dari manapun harus diselesaikan, harus dibuktikan. Yang paling penting harus dicatat, tidak boleh ada politisasi, kriminalisasi," jelasnya.

Nah, karena Presiden sudah membentuk yang terdiri dari para tokoh dan akademisi untuk menyelesaikan kasus ini, Fadli berharap tim ini bisa bekerja cepat karena konflik KPK-Polri tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebab kedua institusi itu harus diselamatkan. 

"Paling penting kan menyelamatkan institusi baik Polri maupun KPK. Sekarang ini pasti terganggu baik kinerja KPK, Polri. Sehingga perlu langkah cepat, tim ini dibentuk dan saya kira proses hukum harus selesai ada kejelasan apapun hasilnya. Apakah memang ada kesalahan, tindak pidana atau yang lain," tandasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Siswi SD itu Ternyata Hamil Duluan | JPNN.com

TUBAN - Masyarakat Tuban digegerkan dengan pengajuan dispensasi kawin (diska) usia dini yang diajukan bocah 12 tahun. Dengan terpaksa Pengadilan Tuban memproses permintaan itu. 

Saat disinggung apakah pengajuan diska itu lantaran si bocah udah hamil duluan, Wakil Panitera Pengadilan Agama (PA) Tuban Sholihin Jamik membenarkannya. “Dengan terpaksa pengajuan itu bakal tetap diproses, “ kata Sholihin. 

Menurutnya, itu dilakukan karena mengedepankan kemaslahatan bagi sang jabang bayi. Sebab, jika tidak dinikahkan, saat lahir bayi itu tidak memiliki status legal. 

''Kalau saja belum hamil, pasti akan langsung ditolak karena usianya masih sangat kecil,'' jelasnya.

Dia menjelaskan, kenapa ditolak? Sebab, melakukan pernikahan di usia yang sangat dini berbahaya. Banyak faktor yang akan ditimbulkan, mulai kesehatan dan ketidaksiapan mental dalam membangun rumah tangga. 

Dengan demikian, sebagian besar status rumah tangga yang melangsungkan pernikahan dini akibat hamil duluan tidak akan bertahan lama. ''Sebagian besar berakhir dengan cerai,'' katanya. (tok/JPNN/c22/bh)


[Link to media]
Fakta-fakta Menarik Tentang Batik Air yang Patut Anda Tahu | JPNN.com

ANAK perusahaan Lion Air ini telah melakukan penerbangan komersial perdananya pada 3 Mei 2013 lalu. Banyak kesan dan harapan yang muncul dari maskapai yang berbasis di Manado, Sulawesi Selatan ini. Kehadiran maskapai ini juga disebut-sebut sebagai pesaing terberat dari Garuda Indonesia dalam segmen maskapai dengan layanan penuh alias full service.

Pesawat baru, sistem hiburan di setiap kursi, kursi yang nyaman, penawaran makanan dan minuman gratis, dan bagasi gratis, menjadi layanan yang wajib didapatkan oleh penumpang Batik Air ini.

Pemesanan Batik Air dapet dapat dilakukan melalui website resmi atau agen partner resmi yang bekerja sama.  Lalu apa yang ditawarkan Batik Air untuk bisa bersaing dengan Garuda dan menjadi primadona di segmen full service? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik yang layak Anda ketahui tentang maskapai milik Rusdi Kirana ini.

1.    Meskipun sama-sama bergerilya di kelas premium atau layanan penuh (full service) untuk masalah harga, Batik Air menawarkan harga yang lebih bersahabat dibandingkan Garuda.

2.    Tingkat keterisian (load factor) Batik Air mengalahkan alias lebih tinggi dibanding Badan Usaha Milik Negara, yakni Garuda Indonesia pada awal-awal kemunculannya. Tingkat keterisian kursi maskapai tersebut hanya 74,5 persen di tiga bulan pertama tahun 2013. Angka tersebut naik 1,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Selama 2012, load factor Garuda mencapai 75,9 persen.

3.    Perusahaan induknya, Lion Air, pernah mencuri perhatian dunia penerbangan di Indonesia khususnya, dengan memborong 234 jenis Airbus. Sedangkan pesawat yang digunakan Batik Air pada beroperasi adalah pesawat baru jenis Boeing.

4.    Pada tahun 2013, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memberikan gelar kepada Batik Air sebagai maskapai yang paling tepat waktu. Indikatornya persentase ketepatan waktunya berada di angka 88,59 persen dari 5.344 penerbangan. Sedangkan Garuda Indonesia berada di posisi kedua dengan persentase angka 84,05 persen dari 168.374 penerbangan. Disusul oleh Sriwijaya Air yang berada di peringkat ketiga, dengan angka prosentase 80,94 dari 71.903 penerbangan. Ketepatan waktu terbang ini memiliki pengaruh dan berdampak signifikan terhadap kelancaran pelayanan. Tidak hanya baik untuk perusahaan penerbangan, namun juga menjadi nilai tambah untuk operator bandar udara.
 
5.    Armada pesawat bermotif batik ini relatif baru (Boeing 737-900ER), dan dilengkapi dengan pramugari maupun pramugara yang nampak lebih senior dibanding kru pesawat di Lion Air. Hal ini tentunya menjadi poin plus bagi penumpangnya dan memberikan suasana lebih nyaman.

6.    Untuk segi hiburan di dalam pesawat atau In-Flight-Entertainment (IFE), memang pilihannya cukup lengkap. Mulai dari film, lagu, sampai dengan games, namun di sini Anda tidak akan menemukan earphone untuk menikmati layar sentuh tersebut. Ya, Anda harus membelinya dari kru yang bertugas di dalam pesawat ini.
 
7.    Selama penerbangan berlangsung, pada kelas ekonomi penumpang Batik Air akan mendapatkan berbagai pilihan minuman, makanan ringan dan atau sajian hot meal secara gratis.


Untuk penerbangan yang memakan waktu kurang dari dua jam, penumpang nantinya hanya akan mendapatkan minuman dan makanan ringan saja. Lain halnya dengan penumpang kelas bisnis, jika Anda berada di kelas ini maka akan disajikan dengan makanan utama yang hangat untuk semua perjalanan, ditambah lagi dengan jamuan welcome drink dan makanan pencuci mulut.

Di sisi lain, jika maskapai ini serius menggarap pasar full service dan memberikan nilai lebih kepada penumpang melebihi Garuda, bukan tidak mungkin pelanggan loyal dan pelanggan korporat dari Garuda Indonesia akan beralih ke Batik Air.(traveloka/fuz/jpnn.com)


[Link to media]
Astaga, Siswi SD Ajukan Dispensasi Kawin Usia Dini | JPNN.com

MASYARAKAT Tuban dibuat miris dengan kasus pengajuan dispensasi kawin (diska) usia dini. Betapa tidak! Kasus teranyar, Pengadilan Agama (PA) Tuban menerima pengajuan diska dengan usia yang masih sangat belia, yakni 12 tahun.

Wakil Panitera Pengadilan Agama (PA) Tuban Sholihin Jamik membenarkan pengajuan diska tersebut. Dia menyatakan, pengajuan diska dari salah satu desa di Kecamatan Soko itu diketahui masuk pada Jumat (23/1). 

Untuk yang perempuan, usianya baru 12 tahun, sedangkan yang laki-laki sudah 23 tahun.  Namun dia enggan membeberkan identitas anak dan pasangannya itu.

''Baru masuk, jadi belum diproses,'' katanya kemarin (25/1).

Dia mengakui, pengajuan diksa dengan usia rata-rata masih kelas VI SD tersebut cukup mengejutkan dan membuatnya miris. Sebab, sejak menjabat sebagai wakil panitera pada awal 2011, pihaknya baru kali ini menerima pengajuan diska dengan usia 12 tahun. 

''Awalnya mendapat laporan dari staf saya. Jujur, saya sangat kaget dan prihatin karena ini sangat langka,'' tutur mantan tim seleksi (timsel) calon komisioner KPUK Bojonegoro tersebut. (tok/JPNN/c22/bh)


[Link to media]
Anak Buah Prabowo Puji Cara Jokowi Sikapi Kasus "KPK vs Polri" | JPNN.com

JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo meminta pendapat dari para tokoh nasional sekaligus membentuk tim untuk menyelesaikan konflik antara KPK-Polri, mendapat pujian dari Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Menurutnya, langkah yang ditempuh Jokowi sebagai upaya bijak sebelum dirinya mengambil keputusan terbaik bagi KPK-Polri.

"Saya kira yang dilakukan Presiden Jokowi, langkah bijak. Presiden mengundang pakar dan tokoh. Untuk mendapat masukan. Sehingga permasalahan cepat selesai," kata Ahmad Muzani di gedung DPR, Senin (26/1).

Karena itu dia berharap Presiden mendapatkan masukan yang proporsional guna menyelesaikan persoalan yang terjadi antara KPK-Polri.

"Kami berharap tim independen memberikan masukan proposional. Sehingga presiden bisa mengambil langkah terbaik," jelas anak buah Ketum Gerindra Prabowo Subianto itu.

Muzani meminta berbagai pihak bersabar menunggu lanlah presiden pasca dibentuknya tim penyelesaian konflik KPK-Polri tersebut, sehingga keputusan yang diambil tidak grasa-grusu.

"Semua pihak harus sabar, jangan grasa-grusu," tandasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Pilih Spa Atas, Tengah atau Bawah | JPNN.com

Oleh Dahlan Iskan

 


Dia sudah menyandang bintang mahaputra tapi senyumnya tetap ramah. Senyum khas seorang dokter. Dia juga bukan lagi dokter yang kolonel tapi dokter yang brigadir jendral. Di mata saya --yang pernah jadi pasiennya-- masih ada satu lagi: dia sosok yang pantang menyerah. Tahun lalu dia mendapat penghargaan dari MarkPlus sebagai markerter of the year di bidang kesehatan.

Dia dr. Terawan.

Semula begitu banyak sesama dokter yang menentangnya. Tapi dia tidak mundur. Dia tetap saja menjalankan praktek "brain spa" yang dua tahun lalu saya sebut dengan istilah "cuci otak" (brain wash). Banyaknya reaksi itu bisa diikuti di on line yang mengomentari tulisan saya 13 Februari 2013. Betapa serunya serangan untuk dokter Terawan.

Hebatnya dia tidak pernah menjawab. Apalagi balas menyerang. Di tengah-tengah serangan pun dia tetap tersenyum. Tersenyum dalam diam. Begitu tabah. Tapi juga begitu teguh. Dia tidak surut. Diam-diam dia terus merayap. Sikap diamnya itu ternyata lebih menghasilkan emas. Dua tahun kemudian, awal tahun 2015 ini, justru banyak kemajuan yang lahir dari senyumnya.

Pertama, dia sudah berhasil mendidik empat dokter untuk  mengikuti jejaknya. Ternyata banyak juga dokter muda yang tidak takut jadi pengikut Terawan. Penambahan dokter spa otak ini penting karena Terawan tidak akan mampu lagi sendirian melayani pasien barunya yang mirip banjir kiriman itu. Kini antre untuk spa otak di RSPAD Jakarta sudah mencapai 6 bulan.

Kedua, obyek spanya meluas. Kini bukan hanya otak yang bisa dispa. Melainkan juga jantung. Bahkan bisa juga untuk --ini dia-- senjata vital laki-laki.

Ketiga, meluas ke luar negeri. Ilmu dokter Terawan ini sudah berhasil diekspor. Untuk dikembangkan di luar negeri. Bukan sembarang luar negeri pula: Jerman. Kini di sana, di rumah sakit Augusta, di kota Dusseldorf, sudah dibuka spa otak ala Terawan.

Itu bermula tahun lalu. Ketika seorang profesor dari Jerman datang  ke RSPAD Jakarta. "Beliau datang khusus untuk diskusi dengan saya," tutur Terawan. Sang profesor langsung paham apa yang dilakukan Terawan. Bahkan langsung minta ijin untuk mempraktekkannya di Jerman. "Di sana tidak heboh. Tidak ada yang menentang," ujar Terawan sambil sedikit tersenyum.

Tentu saya bangga di zaman ketika semua orang khawatir Indonesia kalah di persaingan global ada seorang dokter yang ekspor ilmu ke Jerman.

Waktu itu, dua tahun lalu, saya sendiri sebetulnya tidak sengaja ikut menjalani proses cuci otak di RSPAD. Hari itu saya hanya mengantarkan istri yang sering mengeluh bagian belakang kepalanya berat dan sakit. "Tahu dr Terawan dari mana?," tanya istri saya. "Banyak menteri yang sudah melakukannya," jawab saya. Tentu saya tahu siapa saja menteri yang sudah cuci otak di Terawan. Para menteri itu sendiri yang bercerita. Maklum Terawan adalah dokter kepresidenan.

Istri saya pun menjalani proses awal. Kepalanya difoto. Dari sini diketahui jalan darah ke otak yang mana yang buntu. Lalu sistem syaraf otaknya ditest. Ini untuk mengetahui seberapa fungsi syaraf otaknya masih bekerja.

Melihat banyaknya saluran darah ke otak istri saya yang terganggu saya tertegun. Jangan-jangan banyak juga saluran darah ke otak saya yang terancam buntu. Memang saya  tidak punya keluhan apa-apa. Tapi siapa tahu. Maka saya putuskan ikut istri saya.  Dan lagi saya jafi ingin menulis masalah yang banyak ditentang dokter ini. Lebih baik kalau saya menjalaninya sendiri.

Berdasarkan pemeriksaan itu Terawan memasukkan kateter dari arah selangkangan menuju otak. Tanpa bius. Saya bisa melihat di layar monitor jalannya kateter di dalam tubuh saya. Mulai dari selangkangan menuju batang leher lalu ke otak. Terasa ada sensasi-sensasi kecil di otak saat kateter jalan-jalan ke berbagai arah. Sesekali sensasi itu lebih terasa. Yakni saat Terawan menyemprotkan cairan di bagian-bagian tertentu yang  tersumbat di dalam otak.

Proses itu kini sudah agak berbeda. Mulai tahun ini pasien akan ditanya dulu "spa atas saja, atau atas dan tengah, atau atas tengah dan  bawah."

"Untuk tiga obyek spa itu waktunya hanya tambah lima menit," ujar Terawan. Hanya membelokkan kateter dari otak ke arah jantung. Setelah selesai jantung kateter dibekikjan ke kemaluan.

Saya jadi ingin ke dokter Terawan lagi. Kapan-kapan.

 


[Link to media]

Hasil penelusuran 1/26 4:22pm. Terakhir update terdeteksi pada 1/26 4:22pm.  skor: 1254