Van Persie Siap Habis-Habisan Lawan Falcao
MANCHESTER - Bomber Manchester United Robin Van Persie mengaku, kedatangan Radamel Falcao bakal membuat persaingan posisi striker dalam starting eleven menjadi panas. Falcao didatangkan MU dari AS Monaco di saat Deadline Day, berstatus pemain pinjaman. Mendaratnya Falcao, membuat opsi pemain depan di skuat arahan Louis Van Gaal itu semakin bertambah. Saya harus berjuang mendapatkan tempat utama di tim, ungkap Van Persie, seperti dilansir dari Goal, Rabu (3/9). Meskipun persaingan meningkat, Van Persie mengatakan kedatangan Falcao harus dilihat dari sisi positifnya. Saya senang dengan kedatangan Falcao. Pelatih (Van Gaal) bilang, dia (Falcao) akan membuat kami menjadi tim yang lebih baik. Anda harus selalu bertujuan untuk yang terbaik di klub besar. Itu filosofi saya juga, tandas Persie. Falcao harus berjuang untuk tempatnya, sama dengan saya. Kami berdua, Wayne Rooney dan James Wilson harushabis-habisan, pungkas pemain berkebangsaan Belanda itu. (adk/jpnn)
Kantor Bupati Nyaris Dibakar Orang Stres
MEUREUDU - Kantor Bupati Pidie Jaya di kawasan Cot Trieng, Meureudu, Pidie Jaya, nyaris musnah dibakar Jafar Abdullah (40) warga Gampong Reuleut, Ulim, Pidie Jaya, diduga mengalami kelainan jiwa, Senin (1/9) malam sekira pukul 23.00 WIB. Berdasarkan keterangan diperoleh Rakyat Aceh (Grup JPNN), sebelum kejadian, pada siang harinya Jafar sempat mendatangi kantor bupati dengan tujuan menjumpai bupati guna meminta sumbangan untuk berobat. Namun karena gagal menjumpai bupati, Jafar membuat kegaduhan dan berteriak di kantor pemerintahan tersebut. Tentu saja perbuatannya ini membuat berang petugas keamanan hingga sempat terjadi percek-cokan. Karena kesalnya seorang petugas sempat menendang kaki Jafar. Amarah dan amukan dari M. Jafar pun muncul dan mengancam akan membakar kantor bupati. Dia kemudian berusaha membuktikan ancamannya dengan mengumpulkan sejumlah sampah untuk membakar kantor bupati. Namun Jafar berhasil diamankan pihak satpol PP dan dibawa ke RSU setempat guna mendapat pengobatan karena diduga mengalami kelainan jiwa. Berdasarkan keterangan dari Ismail, salah seorang petugas RSU biasa menangani pasien jiwa, di TKP menyebutkan M. Jafar akan dibawa ke RSJ Banda Aceh pada pukul 03.00 WIB. Namun sayangnya sekira pukul 22.30 WIB, Jafar kabur bergerak kembali menuju kantor bupati guna menyelesaikan ancamannya membakar kantor bupati. Rencana jam tiga mau kita bawa pasien jiwa itu ke Banda Aceh. Tapi kabur dan pergi membakar kantor bupati, sebut ismail. Keterangan Agus, salah seorang petugas penjaga malam kantor bupati, menyebutkan, saat kejadian dia lagi tidur di depan pintu masuk. Dia terkejut ketika mendengar suara kaca dinding kantor bupati pecah dan suara kegaduhan di luar. Sewaktu dilihatnya ada api di luar mulai membakar dinding bangunan kantor. Saat itu saya langsung keluar berusaha memadamkan api. Tapi ketika itu datang pelaku dan memarahi saya. Dia mengancam memukul. Karena takut saya minta bantuan menelpon Bang Ihsan, pegawai umum kantor bupati, agar dihubungi pihak pemadam kebakaran, sebut Agus. Pantauan Rakyat Aceh beberapa menit setelah kejadian, 3 unit mobil pemadam tiba di lokasi dan dengan waktu beberapa menit api berhasil dipadamkan. Akibat kejadian tersebut,kaca dinding bagian depan bangunan kantor bupati pecah dan jendela gosong akibat dibakar. Terlihat sejumlah papan nama dari masing-masing dinas yang menjadi bahan untuk membakar kantor bupati oleh pelaku. Sementara beberapa menit setelah kejadian, Kapolsek Meureudu AKP Edwin Aldro, beserta sejumlah anggotanya, berhasil mengamankan pelaku dan memboyongnya ke polsek setempat. Selanjutnya dia kita serahkan ke RSU supaya langsung dibawa ke RSJ Banda Aceh dengan pengawaalan anggota. Ada juga Saiful, adik pelaku menemaninya, ujar Edwin Aldro. (amz)
Ronaldo Sambut Chicharito dengan Penuh Harapan
MADRID - Cristiano Ronaldo berharap bahwa Javier Chicharito Hernandez bisa membuat dampak di Real Madrid. Chicharito telah bergabung dengan Ronaldo di ibukota Spanyol dengan status pinjaman dari Manchester United di Deadline Day, Senin (2/9) kemarin. Hadirnya Chicharito sebenarnya merupakan sebuah kejutan. Pasalnya, Madrid selama ini terus dikait-kaitkan dengan Falcao. Bomber asal Kolombia itu bahkan sempat ngetwit bakal bergabung dengan Madrid. Namun kini justru Chicharito yang datang, sedangkan Falcao merapat ke MU. Pemain berkebangsaan Meksiko itu sudah diperkenalkan klub, dan dipastikan akan menjadi pesaing buat Karim Benzema di pos striker. Hernandez adalah pemain yang datang untuk membantu tim. Saya ingin dia sukses, dan tentunya ikut membuat tim sukses, ujar Ronaldo seperti dilansir Marca, Selasa (2/9). Chicharito sudah bergabung dengan tim dan sudah menyelesaikan sesi latihan pertamanya Selasa pagi. Madrid memiliki opsi sebagai pembeli pertama dalam kesepakatan peminjaman pemain yang identik dengan super sub ini. (adk/jpnn)
PAN Bantah Bakal Hengkang ke Jokowi-JK
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan tetap berada di luar pemerintahan selama lima tahun ke depan. Rumor yang menyebutkan partai matahari terbit meminta jatah jabatan kepada capres terpilih Joko Widodo (Jokowi), dibantah petinggi partai. PAN tetap di luar pemerintahan dan bersama Koalisi Merah Putih, ujar Wakil Sekjen DPP PAN, Muhammad Rodli Kaelani, saat dihubungi wartawan, Selasa (2/9). Menurutnya, bersama Koalisi Merah Putih, PAN akan menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintahan Jokowi sepanjang periode 2014-2019. Meski begitu, Rodli tidak menampik ada spekulasi bahwa partai-partai yang selama ini bergabung di dalam Koalisi Merah Putih terendus bakal menyeberang masuk koalisi pemerintahan Jokowi-JK. Ini soal prinsip berpolitik, PAN konsisten dan ingin membangun demokrasi yang sehat dan berimbang, tegasnya. (rmo/jpnn)
Polisi Buru Pembunuh PSK Terlaris yang Tewas Terjerat Bra
BATAM - Kepolisian belum bisa mengungkap pembunuhan terhadap seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) di lokalisasi Pokok Jengkol, Tanjunguncang RT 1 RW 11, Sagulung, Batam, Selasa (2/9). Seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), PSK malang itu bernama Kristin Handayani. PSK yang tewas di atas tempat tidur, Selasa (2/9) sudah berumur 36 tahun. Meski demikian, Kapolsek Sagulung, AKP T. Manihuruk sudah membenarkan kejadian ini. Manihuruk menyatakan, saat ini pihaknya melakukan penyelidikan adanya dugaan pembunuhan terhadap korban. Masih kita selidiki, terkait tanda-tanda kekerasan ditubuh korban kita masih menunggu hasil visum, tegasnya seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), Rabu (3/9). Menurut Ketua RT 1 RW 11 Pokok Jengkol, Andi, KH adalah janda satu anak dan sudah 10 tahun tinggal di ruli tersebut. Kepada wartawan, Andi mengatakan bahwa KH adalah PSK yang paling laris di lokalisasi tersebut. Dia paling laris di sini (lokalisasi,red), ujar Andi. (cr5/abu/jpnn)
Puluhan Warga Diserang Monyet
TANGERANG - Sekawanan monyet liar yang mengamuk dan menyerang puluhan warga Desa Ancol, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Senin (1/9) kemarin. Hal itu menimbulkan trauma terhadap warga desa tersebut. Sampai saat ini, warga masih terus memburu monyet-monyet yang belum diketahui asal-usulnya tersebut. Korban yang salah satunya adalah balita, saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Tangerang. Hendra (38), warga Desa Ancol mengaku kaget ketika tiba-tiba ada kawanan monyet yang muncul dari rimbunan semak belukar datang dan langsung menyerangnya. Dia juga mengatakan, keberadaan monyet-monyet tersebut sebenarnya sudah ada sejak beberapa minggu yang lalu. Namun mulai menyerang warga, serta merusak genting-genting rumah terjadi sejak, Senin (1/9). Saya enggak tahu, tiba-tiba monyet-monyet itu muncul dan langsung menyerang, ujar Hendra saat diwawancarai Banten Raya (Grup JPNN), Selasa (2/9). Hendra juga mengaku, usai digigit dan dicakar oleh monyet-monyet tersebut ia langsung lemes dan mual-mual, seperti mau muntah. Saat ini, kata Hendra, warga desa tersebut masih terus melakukan perburuan terhadap kawanan monyet tersebut. Habis digigit, badan lemes, rasanya mau muntah. Sekarang juga masih terasa, malah seperti panas dalam. Badan panas semua, ujar Hendra. Dimintai keterangan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaeni mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim medis dari kecamatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap para korban gigitan dan cakaran monyet. Kami sudah melakukan tindakan, dan menerjunkan tim medis, untuk memeriksa mereka, serta memberikan pencegahan dari bahaya gigitan monyet-monyet tersebut, katanya. Sementara, Camat Solear, Dadang Nugraha mengungkapkan, kawanan monyet luar tersebut diduga berasal dari hutan di sekitar wilayah Solear yang habitatnya terusik. Sehingga kebingungan, dan menyerang siapa saja yang ditemuinya. Kemungkinan, monyet-monyet itu terusik habitatnya, sehingga mengamuk terhadap siapa saja yang ditemuinya, pungkasnya. (widi)
Syarief Hasan Tinggalkan PR RUU Koperasi
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mengklaim bahwa ia telah menyelesaikan tugasnya sebagai menteri, sebelum nantinya dilantik menjadi anggota DPR RI. Ketua Harian Partai Demokrat itu menyatakan sudah siap meninggalkan jabatannya sebagai menteri pada 15 September mendatang. Sudah 100 persen selesai. Harus ditingkatkan aja. Semua program saya diteruskan saja, ujar Syarief di Jakarta, Selasa, (2/9). Meski demikian, Syarief menyatakan masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan menteri penggantinya. Yaitu penyelesaian Rancangan Undang-Undang tentang Koperasi. Sebenarnya sudah selesai tapi dibatalkan MK. Jadi perbaikan kita selesaikan, pembahasan oleh menteri yang baru, sambungnya. Syarief mengaku terkait pengunduran dirinya pun masih menunggu mekanisme dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setelah KPU serahkan surat ke Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tanda ia jadi anggota dewan, barulah bisa meninggalkan kursi menteri. Lalu presiden keluarkan kepres bahwa saya sudah ditetapkan sebagai anggota dewan. Begitu diterima, saya akan mundur, tandas Syarief. (flo/jpnn)
Ganjar Pranowo Mulai Ditinggal PDIP Jateng?
SEMARANG - Satu tahun pemerintahan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko di Jawa Tengah tidak hanya dinilai sekadar wacana. Tetapi juga gagal menjalin hubungan kerja yang harmonis dengan DPRD Jateng. Malah satu tahun terakhir ini hubungan Ganjar dengan kalangan dewan kelihatan memburuk. Fraksi PDIP, partai yang mendukung Ganjar maju Pilgub juga diduga sudah mulai meninggalkan Ganjar. Rumor hubungan Ganjar-Dewan sudah tidak harmonis, dan PDIP mulai meninggalkan Ganjar mulai terdengar sebulan terakhir. Kejadian yang memperkuat dugaan itu terlihat pada acara Ramah Tamah dan Perpisahan gubernur dengan anggota DPRD Jateng di Wisma Perdamaian Jalna Imam Bonjol Semarang, Senin (1/9) malam. Acara yang digagas oleh Ganjar itu hanya dihadiri 20 orang dari 98 anggota DPRD Jateng. Anehnya, dari 22 anggota Fraksi PDIP, yang datang hanya 2 orang. Yaitu Slamet Efendi dan Rustanto. Kedua orang itu tidak terpilih lagi sebagai anggota DPRD Jateng periode 2014-2019. Pertanyaanya yang 20 anggota FPDIP pada kemana? Ada apa sampai tidak hadir? Dari Fraksi PDIP, hanya saya dan Mas Adi yang berangkat. Kalau Pak Wagub Heru, juga datang, kata Slamet Efendi kepada Jateng Pos (Grup JPNN) saat meninggalkan Wisma Perdamaian Senin (1/9) malam. Anggota Komisi A DPRD Jateng ini mengatakan, dari 20 orang yang datang selain dirinya dan Adi Rustanto, yaitu dari PKB KH Syamsil Maarif. Dari Partai Demokrat Bambang Eko Purnomo dan Bambang Priyoko. Dari PKS Madi Mulyana, Mahmud Mahfudz, Bambang, Hadi Santosa. Kemudian dari Partai Gerindra Bambang Wahyono dan Sri Wulan. Dari Partai Hanura yang datang G. Sary Chotijah dan Titik. Dari Partai Golkar Bambang Sadono, Samsul Bahri dan RA Kusdilah. Dari PPP yang datang Kayatul Maki dan Endah Mustika. Dari PAN Jayus dan PKNU adalah Ali Mahfudz. Saya tidak tahu pasti mengapa teman-teman pada tidak datang. Tadi sore (Senin sore), saya memang sempat dikasih tahu dari teman dari fraksi lain, kalau anggota Fraksi PDIP pada tidak datang pada acara ini, kata politisi dari Pemalang tersebut. Acara di Wisma Perdamaian Senin malam itu adalah acara yang digagas Ganjar. Yaitu dalam rangka perpisahan dengan anggota DPRD Jateng periode 2009-2014. Acara rencanya dimulai pukul 19.30 WIB. Namun baru dimulai pukul 20.30 WIB. Acara itu juga dihadiri jajaran Forkopimda Jateng dan jajaran SKPD Jateng. Sebenarnya kabar kalau anggota Fraksi PDIP Jateng bakal tidak datang pada acara Ganjar itu sudah terdengar di lingkungan Gedung Berlian sejak Senin siang. Tapi apa alasanya tidak mau datang belum jelas betul. Informasinya PDIP punya acara sendiri di tempat lain. Temen-temen Fraksi PDIP mengatakan kalau tidak akan datang pada acara itu. Bahkan ada juga (anggota fraksi PDIP) yang sempat mengajak agar tidak datang. Tapi alasan teman-teman Fraksi PDIP tidak datang karena pada saat bersamaan sedang ada rapat di Panti Marhaen. Katanya begitu, kata anggota DPRD Jateng yang enggan disebutkan namanya. Benarkah anggota Fraksi PDIP tidak datang di Wisma Perdamaian karena ingin meninggalkan Ganjar Pranowo? Sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng bersama Ketua Fraksi PDIP Jateng Nuniek Sri Yuningsih saat ditemui Jateng Pos di Panti Marhaen Senin malam menyatakan, anggota fraksi PDIP Jateng tidak bisa datang di Wisma Perdamaian karena saat bersamaan ada rapat di Panti Marhaen. Rapat untuk persiapan acara pelatihan bagi anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng dan DPRD Kota/Kab se Jateng di Hotel Gumaya Jumat (5/9) sampai Minggu (7/9) mendatang. Sekaligus acara mukernas PDIP di Semarang, 21 September mendatang. Ini kami sedang rapat. Ini juga belum selesai. Kebetulan, anggota Fraksi PDIP Jateng yang terpilih lagi semuanya menjadi panitia inti. Rapat malam ini sangat penting dan sudah diagendakan sejak lama, kata Agustina Wilujeng. Apalagi, tambah Agustina, Ketua DPD PDIP Jateng Heru Sudjatmoko juga hadir di Wisma Perdaimaian setelah sempat ikut rapat di Panti Marhean. Tadi Pak Heru juga sempat ikut rapat di sini, kemudian pergi ke Wisma Perdamaian. Karena pentingnya acara rapat ini, mengingat waktu sudah mepet maka Pak Heru mengijinkan (anggota fraksi PDIP) untuk tidak hadir di Wisma Perdamaian, kata Agustin. (saf)
Premier League Terboros Sepanjang Masa
LONDON - Jendela transfer musim panas sudah resmi ditutup. Premier League akhirnya resmi menjadi liga dengan pengeluaran terbesar di dunia. Kalau ditotal, sebanyak 20 tim di kasta tertinggi Liga Inggris menghamburkan dana mencapai GBP 910,2 juta (Rp 17,6 triliun). Itulah rekor pengeluaraan terbanyak sebuah liga sepak bola sepanjang masa. Bahkan jika dibandingkan dengan musim panas lalu, jumlah tahun ini melesat sangat jauh, meningkat lebih dari Rp 2 triliun. Pengeluaraan itu jomplang dengan pemasukan. Kalau ditotal, pendapatan tim Premier League dengan menjual pemain adalah GBP 391,7 juta (Rp 7,6 triliun). Artinya, neraca anggaran klub-klub Inggris minus sampai Rp 10 triliun. Manchester United menjadi tim terboros Premier League dengan pengeluaraan GBP 153,1 juta (Rp 2,97 triliun). Menurut firma keuangan papan atas yang berbasis di London, Deloitte, United sangat royal di bursa transfer karena mendapatkan kontrak dengan stasiun TV domestik yang sangat besar. Musim panas ini, sekali lagi klub-klub Premier League mencuri perhatian dengan memecahkan rekor pengeluaraan terbesar di dunia. Bahkan jika dibandingkan musim lalu, musim ini jauh lebih tinggi, ucap Dan Jones, penanggung jawab bidang bisnis olahraga grup Deloitte kepada The Guardian. Musim panas ini, rekor pembelian seorang pemain juga pecah di Premier League. Itu ketika Manchester United membeli Angel Di Maria dari Real Madrid, imbuh Jones. Jumlah pengeluaran total 20 klub Premier League memang bikin geleng-geleng kepala. Sebab jika dibandingkan dengan liga-liga top Eropa lainnya, Premier League melesat jauh di depan. Paling dekat dengan Premier League adalah Primera Division, Spanyol. Di sana, total pengeluaran klubnya hanya mencapai GBP 424 juta (Rp 8,2 Triliun). Artinya, itu kurang dari separuh dari jumlah uang yang diangsurkan tim-tim Inggris. Paling mendominasi dalam jendela transfer La Liga mudah ditebak yakni dua raksasa Real Madrid dan Barcelona. Real menghabiskan dana GBP 107,8 juta (Rp 2,09 triliun). Sedangkan Barca lebih banyak lagi, menembus GBP 138 (Rp 2,6 triliun). Atletico Madrid yang menjadi juara musim lalu ada di posisi ketiga dengan pengeluaraan sebesar GBP 96,8 (Rp 1,8 triliun). Barca dan Real menempatkan dua pemainnya sebagai yang termahal musim ini. Mereka adalah Luis Suarez yang dibeli Barca dari Liverpool seharga Rp 1,4 triliun. Kedua adalah James Rodriguez yang ditebus Real dari AS Monaco sebesar Rp 1,231 triliun. (nur)
Polisi Ditantang Tes Urine Setiap Minggu dan Senin Pagi
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Sutarman sudah saatnya menjadikan momentum tertangkapnya dua oknum anggota kepolisian Indonesia oleh Polis Diraja Malaysia, menjadi acuan untuk lebih intensif melakukan pembinaan bagi aparat kepolisian yang ada. Pasalnya, penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oknum-oknum aparat kepolisian terus meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, sedikitnya setiap tahun terdapat 200 anggota Polri yang ditindak karena terlibat penyalahgunaan narkoba. Beberapa tahun lalu, Polda Aceh pernah merehabilitasi sekitar 1.000 anggotanya yang diduga terlibat penyalahgunaan narkoba. Di Sumatera Utara, pamen (perwira menangah) yang juga pejabat Poldanya pernah dicopot karena terlibat penyalahgunaan narkoba, katanya kepada JPNN di Jakarta, Selasa (2/9) malam. Sebagai langkah maju, kepolisian kata Neta, sudah saatnya melakukan tes urine secara berkala terhadap anggotanya. Terutama yang bekerja di unit narkoba. Langkah pengujian sangat dimungkinkan karena Polri memiliki alat tes urine yang sederhana dan bisa dikontrol atasan langsung. Sebaiknya tes urine dilakukan pada Minggu dan Senin pagi. Sebab pada hari Sabtu dan Minggu malam itulah kerap terjadi penyalahgunaan narkoba di tempat-tempat hiburan malam, katanya. Meski memiliki alat, namun untuk tes urine kata Neta, kepolisian tetap memerlukan keterlibatan lembaga independen. Agar tidak menimbulkan keraguan masyarakat. Tujuannya agar anggota polri dan institusi Polri terlindungi dari aksi-aksi penyalahgunaan narkoba. Karena makin banyak anggota polri terlibat narkoba, sudah patut diduga jaringan mafia narkoba telah masuk begitu dalam ke kalangan tertentu di kepolisian, katanya. Neta menilai, tanpa disadari oleh polri, jaringan mafia narkoba sudah merongrong dan memecundangi institusi kepolisian yang seharusnya bersih dari praktik-praktik penyalahgunaan narkotika. Kasus tertangkapnya 2 oknum anggota Polri di Malaysia makin menguatkan indikasi ini. Dengan iming-iming uang dan fasilitas, para mafia narkoba sudah memerdaya anggota Polri. Situasi ini harus dicermati Kapolri, katanya. Karena itu Neta menilai penelitian dan penelusuran perlu dilakukan Polri untuk mengetahui sejauh mana anggotanya menjadi budak narkoba. Selain itu, tindakan tegas, berupa pemecatan juga harus dilakukan kapolri terhadap anggota yang terlibat narkoba. Menurutnya, tindakan tegas diperlukan agar ada efek jera. Karena selama ini masih ada sikap toleransi yang tinggi di kalangan elit polri untuk memaafkan polisi-polisi yang bermasalah. Akibatnya, anggota polri tersebut terus menerus mempermalukan dirinya dan institusinya. Kasus AKBP Idha yang tertangkap di Malaysia contohnya, dia sudah bermasalah. Tapi tidak dipecat dan akhirnya membuat masalah besar di Malaysia hingga memalukan Polri dan bangsa Indonesia, katanya. (gir/jpnn)
Welbeck Cedera di Sesi Latihan Timnas Inggris
LONDON - Fans Arsenal harap-harap cemas. Pemain anyar dari tim berjuluk Gudang Peluru itu, Danny Welbeck, mendapat cedera saat melakoni sesi latihan bersama Timnas Inggris, Rabu (3/9). Belum diketahui jelas rincian cedera dan waktu pemulihan yang dibutuhkan Welbeck. Welbeck yang sudah mencetak delapan gol selama 28 caps-nya bersama Inggris, dipanggil Manajer Inggris, Roy Hodgson untuk persiapan laga internasional melawan Norwegia, Kamis (4/9) dan untuk melakoni kualifikasi Euro 2016, pertengahan pekan depan. Dilansir dari Sports Mole, Rabu (3/9), Hodgson mengungkap bahwa pemain berusia 23 tahun itu didera cedera. Sayangnya dalam pelatihan hari ini ia (Welbeck) menerima ketukan di sesi latihan. Saya akan sangat kecewa jika dia tidak bisa bermain karena apa yang terjadi, ujar Hodgson. Welbeck direkrut Arsenal dari MU diproyeksikan bermain secepatnya karena cedera yang dialami striker utama tim Olivier Giroud. Belum didapat konfirmasi rinci dari tim medis timnas Inggris dan juga dari pihak Arsenal. (adk/jpnn)
Shevchenko: Balotelli Akan Juara Liga Champions Bersama Liverpool
LIVERPOOL - Mantan striker AC Milan Andriy Shevchenko yakin bahwa kedatangan Mario Balotelli ke Liverpool dapat membantu The Reds meraih gelar juara Liga Champions musim ini. Shevchenko percaya, Juru Taktik Liverpool, Brendan Rodgers mampu mengeluarkan semua kemampuan Balotelli yang diangap sejumlah pihak gagal bersinar di AC Milan. Jika dia tidak bahagia di Milan, itu bukan berarti Milan yang tidak baik. Dan kini, memisahkan Balotelli dan Milan adalah langkah yang tepat, kata Shevchenko di talkSPORT, Selasa (2/9). Saya melihat Mario di Piala Eropa dua tahun lalu di Ukraina dan Polandia. Dia sangat fantastis, imbuh Shevchenko. Balotelli pantas mendapat kesempatan di Liverpool, dan saya yakin Liverpool akan memberikannya. Mereka adalah tim yang hebat, dia pantas bercita-cita untuk juara Liga Champions bersama Liverpool, kata Shevchenko. (adk/jpnn)
Penertiban Jangan Sampai Langgar HAM
JAKARTA - Asas keseimbangan dalam penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM, Harkistuti Harkisnowo mengatakan memang negara memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan HAM kepada setiap warganya. Termasuk pemerintah pusat maupun daerah, karena seluruh kegiatannya pasti berkaitan dengan HAM. Namun, guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, itu menyatakan bahwa warga negara juga punya kewajiban untuk menghormati hak orang lain yang tak boleh dilanggar. Asas keseimbangan HAM ini sangat penting, katanya dalam Workshop Bahan Ajar Pelatihan HAM bagi Satuan Polisi Pamong Praja, Selasa (2/9), di Jakarta. Dia mengatakan masih banyak tantangan yang dihadapi penegakan HAM dalam konteks pelaksanaan tugas Satpol PP. Antara lain, kata Harkistuti, adalah masih ditemukan bahwa belum semua aparat memahami HAM. Menurutnya, ada beberapa kelompok yang memahami namun ada juga yang belum memahaminya. Karenanya, diperlukan pandangan yang komprehensif dalam konteks ini. Selain itu, ia mengatakan, penegakan aturan juga harus berstandarkan norma dan HAM. Menurutnya, masih ada pandangan yang belum komprehensif tentang penegakan hukum harus sejalan dengan perwujudan HAM, berlandaskan norma dan standar HAM. Kemudian, kata dia, kondisi masyarakat yang tahu haknya namun belum memahami seluruhnya makna HAM dan demokrasi. Dia menyatakan, Pemda berkewajiban memastikan seluruh aparat memahami dan berorientasi pada HAM dalam pengambilan keputusan serta melakukan tindakan. Memastikan agar Peraturan Daerah selaras dengan hukum dan HAM, ujarnya. Selain itu, ia melanjutkan, perlunya sosialisasi kepada aparat dan masyarakat mengenai HAM. Memastikan pemerintah daerah yang berorientasi pada HAM. Kemudian perlu mendorong kelompok masyarakat dan bisnis, supaya berorientasi pada HAM. Bukan membisniskan HAM, katanya. Selain itu, kata dia, memastikan penindakan jika terjadi pelanggaran HAM. Ini kewajiban pemda, tentunya kerjasama dengan pemerintah pusat, paparnya. Lebih jauh dia mengingatkan, dalam melakukan penertiban misalnya pemukiman kumuh maupun pedagang kaki lima, Sat Pol PP harus tetap memikirkan alternatifnya. Menertibkan berdasarkan norma dan standar HAM, katanya. Direktur Penguatan HAM Ditjen HAM Kemenkumham Agus Purwanto mengatakan, Sat Pol PP dalam penegakan Perda harus benar-benar terukur dengan baik dan tidak melanggar HAM. Misalnya, ia mencontohkan, menertibkan PKL dan pemukiman kumuh harus bisa dengan bijak dan tidak melakukan kekerasan yang pada akhirnya masyarakat menganggap sebagai sebuah pelanggaran HAM. Selain itu, lanjut dia, penertiban juga harus memberikan solusi yang konkrit. Tahapan-tahapan harus dilalui. Pendekatan kepada masyarakat harus terus dilakukan. Masyarakat perlu diberikan terus pemahaman dan difasilitasi. Dia mengatakan, jika memang pemerintah sudah melakukan segala tahapan, mulai dari peringatan, pendekatan lainnya tapi masih ada yang membandel bahkan berbuat anarkis, itu sudah bisa dikategorikan sebagai perbuatan kriminal. Sehingga penegak hukum dalam hal ini polisi sudah bisa mengambil tindakan. Tapi, yang terpenting adalah dalam menghadapi masyarakat itu harus sabar dan terus menerus memberikan pengertian, ungkapnya. (boy/jpnn)
PSK Terlaris yang Tewas Terjerat Bra Itu Bernama Kristin Handayani
BATAM - Identitas Pekerja Seks Komersial (PSK) yang tewas di sekitar lokalisasi Pokok Jengkol, Sagulung RT 1 RW 11, Sagulung, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mulai terkuak. Seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), PSK malang itu bernama Kristin Handayani. PSK yang tewas di atas tempat tidur, Selasa (2/9) sudah berumur 36 tahun. Janda beranak satu itu diduga menjadi korban pembunuhan. Saat ditemukan, korban hanya mengenakan pakaian dalam serta di leher korban terlilit jaket hijau yang diduga digunakan pelaku untuk membunuh. Selain itu, perhiasan yang biasa digunakan korban seperti kalung, gelang dan cincin ikut raib. Jasad korban pertama ditemukan Purwadi, 22, yang juga sebagai kekasih Kristin. Saat itu, Purwadi yang bekerja di kawasan Mukakuning bertandang ke kamar korban dan melihat tubuh korban telah terbujur kaku. Di leher korban juga terlihat memar yang diduga akibat cekikan pelaku. Saya SMS karena mau ngajak makan, tapi tak di balas-balas. Makanya saya datang ke kamarnya. Saya pikir dia tidur, dan saya bangunkan, tapi dia (Kristin) tak bergerak, ujar Purwadi di lokasi. Andi, ketua RT setempat mengatakan korban sudah menetap seorang diri di lokalisasi tersebut selama 10 tahun. Bahkan, korban dikenal sebagai pekerja yang paling laris di lokalisasi itu. Saya dapat kabar dari warga, lalu kami laporkan ke Polisi. Selama ini memang korban tinggal sendirian karena pisah dengan suaminya, ujarnya. (cr5/abu/jpnn)
Palangkaraya Serius Atasi Kasus HIV
PALANGKARAYA - Meningkatnya jumlah penderita reaktif HIV/AIDS di Palangkaraya, disinyalir bukan berasal dari tempat lokalisasi saja. Melainkan terindikasi di tempat-tempat terselubung seperti salon pijat, kecantikan, dan warung remang-remang. Kendati penderita reaktif HIV/AIDS belum bisa memastikan yang bersangkutan benar-benar positif terserang virus HIV, namun berdasarkan ilmu kedokteran reaktif diyakini menjurus hingga 90 ke arah positif. Sudah barang tentu melalui tes di laboratorium. Menyikapi kondisi seperti itu, Wakil Wali Kota Palangkaraya Mofit Saptono Subagio mengungkapkan, kondisi ini menjadi perhatian serius pihaknya. Apalagi berdasarkan data survei sementara dari pihak KPA dan Dinkes, tercatat ada sekitar 22 orang masuk dalam kategori reaktif HIV. Ini masalah serius, jangan sampai lambat untuk tindaklanjutnya. Apalagi kita tahu, dari 22 orang itu diantaranya bukan berasal dari tempat lokalisasi, ungkapnya, seperti dilansir dari Kalteng Pos, Selasa (2/9). Dari 22 orang reaktif HIV, 9 di antaranya merupakan waria dan Pekerja Seks Komersial (PSK). Sedangkan 11 orang serta 2 orang lainnya merupakan pelanggan.Melihat besar kemungkinan bahwa PSK yang terkena reaktif HIV bukan dari tempat lokalisasi, Mofit menekankan kepada instasi terkait agar bisa menindaklanjuti warung-warung terselubung. (pri/abe)
Dorong Jokowi-JK Perluas Penjaminan Kredit bagi UMKM
JAKARTA - Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR, Nusron Wahid mengharapkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla nanti memiliki komitmen tinggi bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Menurutnya, duet yang dikenal dengan sebutan Jokowi-JK harus mampu menyediakan akses pinjaman yang mudah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dengan cara mempermudah penjaminan kredit. Hal itu disampaikan Nusron saat berbicara pada acara Rakernas 2014 Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) di Jakarta, Selasa (2/9) malam. Di acara bertema Urgensi Peranan Lembaga Penjamin Kredit Bagi UMKM dan Koperasi itu Nusron mengatakan, selama ini meski kredit usaha rakyat (KUR) sangat banyak manfaatnya tapi tidak menjangkau seluruh pelaku UMKM. Karena yang mendapat fasilitas premi penjaminan kredit hanya penerima KUR di bank-bank pemerintah. Padahal pelaku UKM yang belum tersentuh KUR masih sekitar 70 juta orang, katanya. Nusron menjelaskan, penjaminan kredit telah terbukti telah berhasil memberikan kontribusi dalam peningkatan aset, omzet, dan keuntungan berlipat bagi para penerimanya. Menurutnya, andai saja para pelaku UMKM bisa mendapat akses kredit dari bank BUMN maupun BUMD seperti halnya fasilitas KUR, maka hal itu akan sangat membantu. Lebih lanjut Nusron mengatakan, kalau konsep penjaminan kredit terus dikembangkan di berbagai provinsi maka bisnis di daerah pun akan semakin bergairah. Terlebih, ulas politisi muda yang juga dikenal sebagai Ketua Umum GP Ansor itu, kini mulai banyak perusahaan penjaminan daerah. Ditegaskannya, majunya UMKM juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif. Dan tentunya penambahan tingkat penyerapan tenaga kerja juga akan berlipat, beber pria yang pernah menyusun tesis tentang KUR itu. Politisi Partai Golkar yang menjadi anggota tim sukses Jokowi-JK di pemilu presiden itu menambahkan, program KUR yang digulirkan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata cukup sukses untuk pengentasan kemiskinan. Karenanya, lanjut Nusron, sudah semestinya Jokowi-JK juga meneruskan program yang positif di era kepemimpinan SBY meski bisa saja dalam bentuk lain. Apapun namanya nanti, program KUR ini solusi terbaik yang pernah dilakukan oleh pemerintah SBY yang wajib dilanjutkan, tegasnya. Sedangkan Dirut Jamkrindo, Diding S Anwar menganggap ide tentang pemberian KUR bagi seluruh pelaku UMKM merupakan hal bagus. Karenanya, Jamkrindo juga siap memfasilitasinua. Kami siap melayani kalau sampai semua bank diijinkan untuk mendapatkan fasilitas penjaminan kredit, tegasnya.(ara/jpnn)
Siswa SMK Bawa Ganja ke Sekolah
MAKASSAR - Siswa SMKN 3 Makassar berinisial GDP kedapatan membawa narkoba di dalam tas sekolahnya. Jenis obat terlarang yang dibawa siswa berusia 16 tahun ini adalah ganja. Tas GDP dirazia gurunya di sekolah sekira pukul 08.30 Wita, Selasa (2/9). Pihak sekolah kemudian melaporkan hal tersebut ke Polrestabes Makassar. Dari keterangan GDP, anggota Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar berhasil mengamankan juga seorang pemuda bernama Andi Bin Jamaluddin, 27. Pria yang diduga pengedar ganja tersebut merupakan warga Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso. Untuk sementara, Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar telah menahan kedua tersangka dan barang bukti berupa satu paket sedang ganja, dan satu paket kecil ganja. Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Makassar, Syamsul Arib, mengatakan ganja tersebut rencananya akan dinikmati bersama Andi Bin Jamaluddin. Kita masih lakukan pengembangan. Kemungkinan masih ada jaringan lain, kata Syamsul seperti dilansir dari Fajar (Grup JPNN). (ver/ian)
Falcao Paling Populer di Twitter Selama Deadline Day
LONDON - Radamel Falcao menjadi pemain yang paling populer di twitter selama hari terakhir jendela transfer pemain awal musim ini. Seperti diketahui, striker berkebangsaan itu kini sah dipinjam Manchester United dari AS Monaco. Dilansir dari Daily Star, Selasa (2/9), dunia twitter mengungkap, Falcao menjadi sosok yang paling banyak dibicarakan sebelum jendela transfer ditutup menyusul kejutan transfernya ke MU. Tak kurang dari 1,5 juta pesan yang diposting membicarakan pemain 28 tahun itu. Di bawah Falcao, twitter yang ramai juga membicarakan transfer Danny Welbeck dari MU ke Arsenal. Banyak postingan yang heran kenapa MU mau melepas pemain ke klub yang notabenenya menjadi pesaing untuk memperebutkan gelar. Sosok Javier Hernandez, Daley Blind dan Tom Cleverley juga termasuk populer di twitter jelang transfer window ditutup. Secara keseluruhan, 4,2 juta postingan terpantau di twitter terkait transfer pemain selama deadline day, Senin kemarin. (adk/jpnn)
Aniaya Anggota Polda, Sule Ditangkap Polisi
PADANG - Setelah sempat kabur ke kampung halamannya di Pariaman dan menghilang selama tiga hari, seorang lagi pelaku penusukan terhadap anggota Sabhara Polda Sumbar beberapa waktu lalu berhasil diciduk jajaran reskrim Polresta Padang, Selasa (2/9) dinihari di kawasan Lubuklintah, Kecamatan Kuranji. Suleman alias Sule (23) kembali ke Padang karena merasa dirinya sudah tidak diburu polisi lagi, tapi ternyata prediksinya meleset jauh dan harus meringkuk di sel tahanan. Informasi yang dihimpun Posmetro Padang (Grup JPNN), setelah penusukan tersebut, Sule bersama Angga langsung kabur meninggalkan kota Padang setelah mengetahui korbannya adalah anggota polisi. Angga memilih kabur ke Sangir, Kabupaten Solok Selatan, sementara Sule kabur ke Padang Pariaman bersembunyi dari kejaran polisi. Setelah tiga hari bersembunyi di sana, Sule pun kembali ke Padang karena merasa aman. Sule memilih bersembunyi dulu di rumah kerabatnya yang ada di Lubuklintah. Namun sayang, kedatangan Sule diketahui petugas yang telah lama memburu dan mengintai gerak-gerik Sule dan kemudian diciduk tanpa perlawanan. Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Iwan Ariyandhi mengatakan, setelah kejadian tersebut pihaknya langsung membagi tim untuk memburu kedua pelaku. Angga yang merupakan pelaku penusukan berhasil ditangkap di kawasan Sangir, Solok Selatan pada Minggu (31/8) lalu. Sementara, tim lain yang mengetahui Sule juga kabur meninggalkan Padang langsung memburunya. Tim pun mengejar pelaku hingga Padang Pariaman. Namun pencarian petugas buntu, karena Sule tidak ditemukan di sana. Kami langsung mengeluarkan DPO terhadap Sule untuk bisa cepat ditangkap, kata Iwan. Setelah itu, kata Iwan, petugas masih tetap menyelidiki dan mengintai di rumah keluarga Sule. Alhasil, Sule berhasil ditangkap di salah satu rumah di Lubuk Lintah, yang tidak lain rumah keluarganya. Saat petugas mengetahui Sule berada di sana, petugas langsung ke lokasi dan setibanya di sana, petugas langsung mengepung rumah dan melakukan pengintaian, papar Iwan. Setelah menunggu beberapa menit, target pun terlihat berada di rumah tersebut dan tidak mengetahui keberadaan polisi. Tanpa pikir panjang, petugas langsung menciduknya tanpa perlawanan. Kemudian, pelaku digiring ke Mapolresta Padang untuk pengusutan lebih lanjut. Dari keterangan Sule, dia mengakui melakukan pemukulan dan penganiayaan bersama tersangka Angga saat di lokasi kejadian. Selain itu, Sule pun mengakui kepada petugas yang melakukan penusukan terhadap korban adalah Angga, dimana pada saat itu dirinya tengah berduel dengan korban. Yang menusuk korban adalah Angga pak, saya cuma berkelahi saja dengannya, ujar Iwan menirukan penuturan Sule saat diperiksa. Iwan juga mengatakan, saat ini kedua pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolresta Padang untuk pengusutan lebih lanjut. Berkat kerjasama warga dengan kepolisian, kedua pelaku penusukan ini berhasil kami ciduk. Kami memberikan apresiasi terhadap warga yang membantu kinerja kepolisian, pungkas Iwan.(ag)
Setiap Daerah Tunjangan Guru Bocor Rp 1,3 M Per Triwulan
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyorot kasus pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang kerap ngadat di banyak daerah di Indonesia. Lembaga antirasuah itu menemukan adanya praktik gratifikasi yang melibatkan sejumlah pihak dalam proses pencairan TPG. Nilainya lumayan besar, yakni Rp 1,3 miliar per triwulan. KPK juga menemukan praktik gratifikasi terkait TPG yang melibatkan para guru dan oknum dinas pendidikan. KPK menghitung, nilai gratifikasi pada suatu kabupaten lebih dari 1,3 miliar per triwulan. Diduga peristiwa ini juga terjadi di seluruh kabupaten/kota dan skema dana pendidikan lainnya, ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi, dalam keterangan persnya, Selasa (2/9). Dijelaskan, hasil audit BPKP, Inspektorat Jenderal Kemdikbud, dan Kemenag atas tunggakan TPG tahun anggaran 2010-2013 juga menunjukkan masih terjadi penyimpangan. Diterangkan Johan, KPK punya perhatian serius terhadap pengelolaan dana pendidikan. Pasalnya, negara telah menganggarkan sebesar 20 persen bagi dana pendidikan, atau setara dengan Rp 368 triliun pada 2014 ini, yang terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp 130 triliun dan transfer ke daerah sebesar Rp 238 triliun. Namun, lanjut Johan dalam keterangan tertulisnya, fakta ironi menunjukkan 30 juta anak tidak bisa sekolah, masih banyak dijumpai infrastruktur yang rusak, serta 296 kasus korupsi dana pendidikan yang terungkap pada 2003-2013 yang menyeret 479 tersangka, sehingga merugikan negara senilai Rp 619 miliar. Karena itu, KPK bersama Kemendikbud, Kemenag, Kemenkeu, Kemendagri, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan kegiatan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi pada dana pendidikan. Harapannya, perbaikan dan penyempurnaan dalam pengelolaan dan pengawasan dana pendidikan dapat tercapai. Tim yang dibentuk ini telah memetakan lima masalah, antara lain lemahnya pengendalian internal, lemahnya sistem administrasi, lemahnya kontrol publik, adanya kekosongan dalam implementasi pengawasan, serta minimnya sumber daya untuk mengawasi dana pendidikan, khususnya pada dukungan anggaran pengawasannya. Pada tahun 2013, anggaran pengawasan pada seluruh provinsi tidak ada yang mencapai angka 1 persen sesuai dengan instruksi pada SE Mendagri Nomor 900/2900/SJ tanggal 23 September 2008. Pada 25-26 Juni 2014, KPK telah mengadakan sosialisasi dan workshop rencana aksi kegiatan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi dana pendidikan kepada seluruh Inspektorat Provinsi, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi dalam rangka memberikan pemahaman tentang peran dan wewenang Inspektorat Daerah dan Kanwil Kemenag dalam melakukan pengawasan dana pendidikan. (sam/jpnn)
Kaltara Segera Miliki 35 Anggota DPRD
JAKARTA - Meski merupakan provinsi baru dan belum memiliki daerah pemilihan (dapil) sendiri pada pemilu legislatif April kemarin, Kalimantan Utara dipastikan tetap akan segera memiliki 35 anggota DPRD. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, jumlah anggota DPRD tersebut antara lain berasal dari caleg terpilih yang ikut pemilihan di Provinsi Kalimantan Timur, sebagai provinsi induk Kaltara sebelum dimekarkan. Di Kaltim ada 55 kursi dari enam dapil. Nah dari jumlah tersebut, 1 dapil masuk wilayah Kaltara, itu 8 kursi. Ini yang didistribusikan bagi perimbangan jumlah penduduk di dapil yang ada di Kaltim, yang saat ini masuk wilayah Provinsi Kaltara, katanya di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (2/9). Namun jumlah kursi dari 1 dapil tersebut, hanya mampu mengisi 8 kursi dari kebutuhan 35 kursi untuk DPRD Provinsi Kaltara. Guna mengisi kekurangan, KPU kata Husni akan mengambil dari daftar calon tetap (DCT) pada dapil Kaltim yang masuk wilayah Kaltara tersebut. Nama-nama diambil berdasarkan suara terbanyak yang diajukan 12 partai politik para pemilu legislatif kemarin. Yang mengisi kursi Kaltara adalah DCT yang ada di surat suara yang diajukan 12 parpol itu. Kalau jumlah calegnya kurang, maka kekurangannya akan diambil dari dapil terdekat. Normalnya begitu. Sementara ini yang 35 kursi itu masih diperuntukkan bagi satu dapil. Nanti baru pada 2019 dibentuk dapil di Kaltara, katanya.(gir/jpnn)
Rapat DPR-Kejaksaan-Polri Dinilai Mirip Jumpa Fans
JAKARTA - Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia (UI), Ganjar Laksamana menilai rapat-rapat antara Komisi III DPR dengan Polri dan Kejaksaan lebih mirip acara jumpa fans. Berbeda dengan rapat Komisi III dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menurut Ganjar, bukan main ributnya. Tidak pernah ada kan, Komisi III DPR rapat dengan Kejaksaan Agung atau Kapolri tegang? Tidak pernah kan? Kesannya hanya jumpa fans club, kata Ganjar Laksamana, di press room DPR, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa, Selasa (2/9). Tapi, kalau Komisi III DPR rapat dengan pimpinan KPK lanjutnya, ramai terus isunya. Bahkan kata Ganjar, satu minggu sebelum rapat dilaksanakan, sudah terjadi tarik-ulur minimal soal agenda rapat. Ganjar juga mengatakan, sebuah sistem di institusi akan berpengaruh terhadap perilaku orang yang ada dalamnya. Anggota Polri dan Kejaksaan saat bertugas di KPK terlihat betul profesionalitasnya. Begitu balik ke kepolisian atau kejaksaan, kembali lagi tu, ke alamnya, pungkas Ganjar Laksamana. (fas/jpnn)
PSK yang Tewas Terjerat Bra Juga Kehilangan Perhiasan
BATAM - Warga Batam Kepulauan Riau (Kepri) hingga kini masih penasaran dengan penyebab kematian seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) di lokalisasi Pokok Jengkol, Tanjunguncang RT 1 RW 11, Batam, Selasa (2/9). Seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), PSK berinisial KH itu pertama kali ditemukan tak bernyawa oleh pacarnya sendiri yang bernama Purwadi, sekitar 10.00 WIB. Purwadi kaget karena PSK berinsial KH itu ditemukan tak bernyawa dengan kutang alias bra menjerat di leher. Meski penyebab pastinya belum diketahui, namun KH kemungkinan meninggal usai dirampok. Pasalnya, PSK tersebut juga kehilangan perhiasan. Menurut Ketua RT 1 RW 11 Pokok Jengkol, Andi, KH adalah janda satu anak dan sudah 10 tahun tinggal di ruli tersebut. Kepada wartawan, Andi mengatakan bahwa KH adalah PSK yang paling laris di lokalisasi tersebut. Dia paling laris di sini (lokalisasi,red), ujar Andi. (cr5/abu/jpnn)
Fraksi Gerindra Dukung Anggotanya jadi Calon Anggota BPK
JAKARTA - Calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus memahami seluk-beluk pengelolaan anggaran negara dan cara mengaudit pertanggungjawabannya. Karena itu, rekam jejak dan kompetensi calon harus menjadi paramater penilaian sehingga tidak tiba-tiba orang yang tidak paham keuangan negara lolos jadi anggota BPK. Hal ini sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi lembaga auditor negara ini sangat berat. Hal tersebut dikatakan Pimpinan Fraksi Partai Gerindra, Farry Djemy Francis terkait majunya anggota Komisi XI DPR yang juga politisi Partai Gerindra, Sadar Subagyo sebagai calon anggota BPK di Jakarta, Selasa (2/9). Sikap Fraksi Partai Gerindra, memberi dukungan penuh kepada Sadar Subagyo dalam bursa pencalonan anggota BPK. Dia salah seorang kader terbaik kami dan kami solid mendukungnya, kata Farry Djemy Francis. Ditegaskannya, Fraksi Partai Gerindra menilai Sadar Subagyo memenuhi persyaratan menjadi anggota BPK, baik dari segi integritas maupun kapabilitas di bidang audit. Hal ini sejalan dengan tuntutan reformasi yang mengharuskan jajaran anggota BPK benar-benar mengelola tata pemerintahan yang baik dengan membangun prinsip akuntabilitas, transparansi, integritas, profesionalisme dan partisipasi khususnya dalam melindungi keuangan negara, ujarnya. Dijelaskan Farry, rekam jejak Sadar selama menjadi anggota DPR sudah teruji. Dia menjadi anggota Komisi XI, anggota Banggar DPR, pernah di Panja Keuangan Pusat dan Daerah, sehingga semua alur pembahasan keuangan sangat dipahaminya. Karena itulah, saya kira, dia menjadi salah satu calon yang pantas menduduki posisi sebagai anggota BPK, urainya. Farry mengaku pihaknya terus melakukan komunikasi dengan fraksi lain agar mendukung Sadar Subagyo. Itu sudah kami lakukan. Pak Sadar sendiri juga sudah berkomunikasi dengan rekannya di Komisi XI karena yang melakukan seleksi itu kan Komisi XI DPR nanti. Saya percaya, teman-teman di Komisi XI sangat paham soal integritas dan kompetensinya, punkasnya.(fas/jpnn)
Penyalur Tenaga Kerja Cabuli Calon Pembantu Camat
PENYALUR tenaga kerja berinisial TH ditangkap polisi pada Senin (1/9). Warga Dusun Babakan Sindangjaya, Manunjaya, Pangandaran itu dibekuk lantaran tersangkut kasus pencabulan. Korbannya adalah calon pembantu rumah tangga. Modusnya, pelaku mengiming-imingi korban akan disalurkan jadi pembantu rumah tangga. Cerita tersebut berawal saat korban berinisial DS, 19 mendapat izin dari orang tuanya untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga melalui jasa penyaluran TH. Nah, setelah mendapat izin, pelaku mengajak DS ke rumahnya. Kapolsek Padaherang AKP Jumaeli seperti dilansir Lampu Hijau (JPNN Group) mengatakan pelaku datang ke rumah korban untuk menawarinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah Camat Padaherang Irwansyah. Karena sedang menganggur, tawaran itu langsung diterima korban, kata Juemaeli. Hari itu, pelaku lantas mengajak korban ke daerah Bantarloa dengan alasan ada pekerjaan yang harus diselesaikan di sana. Nah setelah sampai di sana, pelaku menelpon bu camat. Ternyata bu camat meminta calon pembantunya diantar pagi keesokan harinya. Sebab, saat itu sudah larut malam. Rupanya kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk mengajak korban tidur di rumahnya. Karena sudah terlanjur malam, DS pun menurut. DS pun memejamkan mata saat jam menunjukkan pukul 01.00. Namun tak lama kemudian, dia kaget dan terbangun lantaran merasa ada sesuatu yang menggerayangi tubuhnya. Ternyata yang menggerayangi itu adalah tangan TH. Tentu saja DS berontak. Dan pelaku urung mencabuli calon pembantu camat tersebut. Keesokan harinya korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Padaherang, kata Jumaeli. Pelaku pun akhirnya dibekuk pada Senin (1/9). Kepada polisi, pelaku ngaku menggerayangi DS lantaran udara saat itu sangat dingin. Saya memang meraba-raba dan dia membalasnya. Tapi saat diajak berhubungan intim dia menolak, kata TH kepada polisi. (mas/jpnn)
Dorong Daerah Tuntaskan Verval Honorer K2 Akhir September
JAKARTA - Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I) menyatakan siap mengawal verifikasi validasi (verval) honorer K2 yang tidak lulus tes. Mereka pun menargetkan, seluruh vervalnya diselesaikan akhir September ini. Kalau pemerintah meminta agar hasil verval plus surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) ditunggu sampai akhir tahun ini, kami akan mendorong daerah segera menuntaskannya sampai akhir September, tutur Ketua Umum FHK2I Titi Purwaningsih saat audience dengan pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (2/9). Untuk mempercepat proses verval, lanjutnya, FHK2I akan mengawal dan mendorong pemda. Lantaran sejumlah pemda menolak untuk melakukan verval. Saya dapat laporan dari teman-teman di daerah, kepala daerahnya tidak mau melakukan verval. Nah ini akan kita dorong agar dipercepat. Untuk mendorong ini, saya rasa teman-teman honorer sudah tahu caranya bagaimana, bebernya. Kengototan FHK2I untuk mempercepat proses verval hingga akhir September karena per Oktober nanti sudah terjadi pergantian pemerintahan. Jika itu diundur terus, dikhawatirkan masalah ini mentah lagi. Apa yang dilakukan Pak Menteri Azwar Abubakar sudah langkah maju. Kalau ini tidak kita lanjutkan, perjuangan honorer sia-sia dan status abu-abu lagi. Karena itu kami akan mengawal dan mendorong pemda segera melaksanakan surat MenPAN-RB, terangnya.(esy/jpnn)
Persela Bekuk Persipura, Persebaya Jawara Wilayah Timur
LAMONGAN - Persela Lamongan berpeluang besar untuk melaju ke babak 8 besar Indonesia Super League (ISL) 2014 setelah berhasil membekuk Persipura Jayapura dengan skor 2-0 di Stadion Surayaja, Selasa (2/9) malam. Dua gol untuk Persela dicetak di babak pertama. Gol pertama Persela tercipta melalui gol bunuh diri Gerarald Pangkali di menit 6 dan tandukan Zainal Arifin di menit 26. Kemenangan ini membuat Persela mengantongi nilai 28 atau unggul 3 poin dari Persiba dan PSM Makassar di posisi 5 dan 6. Untuk memastikan tiket 8 besar, Persela hanya butuh hasil seri saat menghadapi Perseru Serui, Jumat (5/9). Bagi Persipura, ini adalah kekalahan pertama mereka di ISL musim ini. Hal tersebut juga membuat Persebaya tak tertahankan menjadi jawara ISL Wilayah Timur. Menyisakan satu laga, Persebaya kini sudah mengoleksi 42 poin. Tim berjuluk Bajul Ijo itu unggul enam poin dari Persipura yang baru mengemas 36 poin. (abu/jpnn)
Penyebar Foto tak Senonoh Seleb Hollywood Minta Bitcoin
Hacker penyebar foto tidak senonoh ini tidak menjual foto-foto itu dengan uang tunai, melainkan ingin ditukar dengan Bitcoin. Dilansir The Guardian, setidaknya ada 100 foto termasuk video mereka tanpa busana. Foto-foto itu termasuk milik Jennifer lawrence, Avril Lavigne, Kim Kardashian, Rihanna, Kirsten Dunst, Aubrey Plaza dan Winona Ryder. Bitcoin merupakan mata uang digital yang sempat menuai kontroversi dan pelarangan di beberapa negara di dunia. Ini (foto ditukar dengan bitcoin) merupakan kasus yang pertama terjadi di ranah online. Foto-foto itu sudah menyebar di internet, termasuk menjadi trending di Reddit dan Twitter. Setelah 4Chan mengetahui bahwa foto ini melanggar privacy dan hak cipta, situs itu langsung menurunkan semua file yang ada. Namun begitu, beberapa pengguna terlanjur mengcopy file tersebut. Laman gosip PerezHilton pun sempat mempublikasikan sebagian foto artis-artis yang menjadi korban hacker itu. Namun, sesaat kemudian foto-foto itu langsung diturunkan. PerezHilton mengaku khilaf dan meminta maaf, karena telah mempublikasikan foto-foto itu, meski dengan mengaburkan bagian tertentu. (rmo/jpnn)
Beli Sepeda Via Online, Menpora Roy Suryo Dikadali ABG
INDRAMAYU - AB alias Gemblo, 15, harus berurusan dengan Satreskrim Polres Indramayu lantaran terjerat kasus penipuan. Tapi yang menarik adalah, korban penipuan bocah ingusan ini bukanlah orang sembarangan. Ya, korbannya adalah seorang menteri yang duduk di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Menteri yang sukses dikadali Gemblo adalah Menpora Roy Suryo. Bagaimana seorang ABG bisa berususan dan menipu seorang menteri? Berdasarkan berita yang dilansir Lampu Hijau (JPNN Group), penipuan itu berawal saat Gemblo menjual sebuah sepeda fixie di situs jual beli online olx.com. Selain mencantumkan foto-foto sepeda yang dijualnya, Gemblo juga memasang nomor telepon lengkap dengan pin Blackberry miliknya agar mudah dihubungi sang pembeli. Ternyata, Menpora Roy Suryo tertarik dengan sepeda yang dijual Gemblo dengan harga Rp 1 juta itu. Roy pun lantas menginvite pin BB Gemblo. Keduanya lantas berkomunikasi dua arah tentang sepeda yang dijual Gemblo. Singkat cerita, Roy dan Gemblo pun sepakat bertransaksi. Sang menteri lantas mentransfer Rp 1 juta ke rekening Gemblo. Ternyata Gemblo adalah penjual abal-abal dan sang menteri masuk ke perangkapnya. Sepeda yang dinanti-nantikan Roy pun tak kunjung datang. Roy yang merasa tertipu segera melaporkan kejadian tersebut ke Polres Indramayu. Tak menunggu lama, korps baju cokelat langsung menindaklanjuti laporan menpora. Kami langsung berkoordinasi dengan polres lain dan sukses menangkap pelaku, kata Kapolres Indramayu AKBP Wahyu Bintono. (mas/jpnn)
Calo PNS Mulai Beraksi
JAKARTA--Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyesalkan masih saja ada warga masyarakat yang percaya calo PNS. Padahal, pemerintah sudah menyosialisasikan dengan sistem computer assisted test (CAT), tidak ada peluang bagi calo PNS untuk menjerat mangsanya. Bagaimana bisa dipermainkan hasil tesnya, sedangkan pelamar bisa langsung melihat hasil pekerjaannya usai dites, kata Kepala Sub Bagian Publikasi dan Pengolahan Informasi Humas BKN Tomy Donardi, Selasa (2/9). Dia mengungkapkan, banyak laporan pengaduan masyarakat yang masuk ke BKN terkait permainan calo PNS dengan meminta upeti untuk bisa masuk. Laporan tersebut disampaikan masyarakat secara langsung maupun via media Humas BKN. Tidak jarang para penipu menggunakan nama pejabat BKN sebagai umpan. Sayang sekali kalau masih ada masyarakat yang mempercayai modus operandi para penipu tersebut. Terlebih pemerintah menggalakkan proses rekrutmen akuntabel, transparan dan bebas KKN., terang Tomy. (esy/jpnn)
Ini Pria yang Menemukan PSK Terlaris Mati Terjerat Bra
BATAM - Warga di sekitar lokalisasi Pokok Jengkol, Tanjunguncang RT 1 RW 11, Batam Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (2/9) sekitar pukul 10.00 WIB geger. Pasalnya salah satu pekerja seks (PSK) di lokalisasi tersebut ditemukan tak bernyawa di atas tempat tidur. Seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), PSK berinisial KH itu pertama kali ditemukan tak bernyawa oleh pacarnya sendiri yang bernama Purwadi. Menurut Purwadi, sekitar pukul 09.00 WIB, dirinya berkali-kali menelpon korban tapi tidak dijawab. Penasaran, ia lalu mendatangi kamar korban. Purwadi kaget setelah melihat KH hanya mengenakan kutang alias bra untuk menutup payudaranya yang telah kaku. Bahkan sebuah kutang menjerat lehernya. Menurut Ketua RT 1 RW 11 Pokok Jengkol, Andi, KH adalah janda satu anak dan sudah 10 tahun tinggal di ruli tersebut. Kepada wartawan, Andi mengatakan bahwa KH adalah PSK yang paling laris di lokalisasi tersebut. Dia paling laris di sini (lokalisasi,red), ujar Andi. (cr5)
Pelamar CPNS Sudah Capai 86.502
JAKARTA--Pelamar CPNS yang sudah berhasil mendaftar atau login ke Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), www.sscn.bkn.go.id, mencapai 86.502 orang. Sedangkan yang sudah tercetak kartu registernya sebanyak 23.946 pelamar. Itu posisi tanggal 29 Agustus ya. Kalau hari ini, posisinya lebih banyak lagi namun angka pastinya saya masih menunggu hasil rekapan tim IT BKN, kata Kepala Sub Bagian Publikasi dan Pengolah Informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tomy Donardi yang dihubungi, Selasa (2/9). Dia meyebutkan, sejak penerimaan CPNS online dibuka 24 Agustus, banyak keluhan masyarakat. Di antaranta situs yang susah diakses, kendala login pada situs SSCN, perubahan data usai login, NIK sudah terdaftar, dan beberapa kendala teknis lainnya. Namun, setelah melakukan identifikasi dan penelusuran kepada Tim IT Support di pengelola portal www.sscn.bkn.go.id, dismpulkan bahwa banyak kendala terjadi karena faktor pelamar itu sendiri. Jadi sebenarnya tidak ada masalah dengan sistem pendaftaran CPNS online. Kendalanya ada di pelamar itu sendiri. Banyak yang tidak sabaran, tidak benar kirim data, tidak teliti, dan tidak membaca alur dan aturan main pendaftaran online, bebernya. Dia mencontohkan aturan mainnya bahwa setelah login ke Portal Nasional, pelamar baru dapat login ke portal instansi minimal 124 jam. Faktanya, pelamar biasanya baru daftar maunya langsung login. Dengan banyaknya pelamar yang sukses mendaftar melalui sscn.bkn.go.id, itu artinya tidak ada masalah dengan sistem, tegasnya. (esy/jpnn)
Beckham Sedih Welbeck Tinggalkan MU
KEPINDAHAN penyerang Manchester United Danny Welbeck ke klub rival Arsenal ternyata membuat legenda setan merah, David Beckham bersedih. Manchester United selalu membawa pemain hebat, Sir Alex Ferguson juga memiliki sistem pencarian bakat yang besar. Kami menciptakan bakat muda. Itu kami lakukan itu selama bertahun-tahun, kata Beckham kepada BBC sport. Dia lantas menyoroti tentang kehebatan Welbeck. Menurutnya, Welbeck sudah bersama Manchester United sejak umur 8 tahun. Hatinya ada di Manchester United. Saya yakin dia sedih meninggalkan Manchester United. Tapi untuk Arsenal, mereka punya pemain muda Inggris berbakat, ujarnya. Sebagai penggemar Manchester United saya sedih. Tapi saya bukan seorang manajer, imbuhnya. (mas/jpnn)
Kemenpera Diminta Bikin Terobosan
JAKARTA--Komisi V DPR RI meminta Kementerian Perumahan (Kemenpera) untuk meningkatkan penyerapan Fasilitas KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Meskipun ada keterbasan anggaran FLPP, namun Kemenpera harus dapat menyerapnya dengan baik, ujar Yoseph Umar Hadi, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, di Senayan, Selasa (2/9). Dikatakannya, Komisi V DPR RI prihatin dengan situasi backlog yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, harus ada terobosan yang dilakukan Kemenpera. Semoga backlog yang terjadi sekarang ini dikarenakan oleh adanya keterbatasan anggaran bukan karena tidak adanya niat baik dari pemerintah, ujar politisi PDIP ini. Sementara itu, Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat, Rildo Ananda Anwar menyatakan, Kemenpera bersungguh-sungguh mengatasi backlog. Meskipun Kemenpera telah membuat keputusan untuk menghentikan penyaluran KPR FLPP per Maret 2015 akan tetapi itu bukanlah keputusan akhir. Terkait dengan FLPP, Pak Menteri telah meminta REI mengkaji dan melaporkan kepada Kemenpera, daerah mana saja yang tepat untuk pembangunan rusun dan rumah tapak. Ini agar penyaluran KPR FLPP dapat terus berjalan baik, terang Rildo. (esy/jpnn)
Tim Transisi Pelajari Situasi Sebelum Harga BBM Naik
JAKARTA - Tim transisi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla turut memperhatikan wacana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jelang pergantian pemerintahan. Menurut Ketua Tim Transisi Rini Soemarno, pihaknya tengah melakukan analisa terkait wacana itu. Kata dia, jika harga BBM naik justru akan menggeser program yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat di kalangan bawah. Kita harus miliki data keluarga miskin dan pra sejahtera. Artinya bisakah kita menyediakan bantalan program bagi rakyat miskin sebelum mengurangi subsidi BBM. Jadi bukan persoalan kenaikannya, tapi kesiapan kita menyediakan dukungan program kesejahteraan bagi masyarakat. Pastikan dulu masyarakatnya aman, baru naikkan BBM, papar Rini di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (2/9). Rini menambahkan, pemerintahan Jokowi-JK tidak mau sampai ada kenaikan BBM jika memberikan dampak begitu besar bagi masyarakat di kalangan bawah. Jika bisa, sambungnya, dengan kenaikan harga BBM kesejahteraan masyarakat tetap meningkat. Karena itu, kita akan intensif menganalisis keadaan sekarang. Apakah sebetulnya memang ada perubahan di masyarakat atau tidak. Diharapkan bisa selesai akhir September ini. Kita maunya naikkan BBM kemarin, tapi kan presiden sudah menolak, tandas Rini. (flo/jpnn)
Bintang Arsenal Ramai-ramai Berkicau Sambut Welbeck
ARSENAL sukses mendatangkan penyerang Manchester United Danny Welbeck ke Emitares Stadium. Tak pelak kedatangan itu pun disambut antusias oleh para penggawa Arsenal lainnya. Mereka ramai-ramai berkicau di twitter mengucapkan selamat datang pada pemain 23 tahun itu. Saya senang menyambutmu Danny. Semoga kamu bisa mencetak gol sebanyak mungkin!#WelcomeWelbeck#NewStriker#No23#COYG, tulis Mesut Oezil dalam akun twitternya @MesutOzil1088. Tak kalah ketinggalan gelandang bertahan Mikel Arteta yang sedang dibekap cedera juga mengungkapkan kegembiraannya. Sangat gembira dengan kedatanganmu #DannyWelbeck to @Arsenal! Dia akan sangat cocok dengan style kami, kicau Arteta dalam akunnya @m8arteta. Theo Walcott dan Kieran Gibbs yang merupakan kawan Welbeck di timnas Inggris juga berkicau. Selamat datang di Arsenal Danny! #welcomewelbeck #COYG, kata Walcott di akunnya @theowalcott. Gibbs pun berkicau: #WelcomeWelbeck #GoonerFamily. Selain para penggawa Arsenal, mantan teman setim Welbeck di Old Trafford, Rio Ferdinand juga memuji keputusan Welbeck bergabung dengan Arsenal. Ferdinand yang kini bermain bersama Queen Park Rangers (QPR) meyakini Welbeck akan bermain luar biasa di Arsenal. Welbeck adalah kesepakatan yang hebat untuk Arsenal. Bisnis yang baik dilakukan untuk keduanya.Jika dia mendapat kesempatan untuk menjadi striker nomor satu di AFC (Arsenal FC), dia akan berkembang dan meledak, kata Ferdinand dalam akun resmi twitternya. (mas/jpnn)
Cegah KPK Diperalat Pihak Tertentu
JAKARTA - Anggota DPR Terpilih, Muhammad Misbakhun mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus menjadi milik bangsa karena KPK lahir dari proses demokrasi. Oleh karena itu menurut Misbakhun, KPK harus mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabel. Kita harus jadikan KPK sebagai komponen milik bangsa. Itu karena KPK ahir dari proses demokrasi. Makanya KPK harus akuntabel dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, kata Misbakhun, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (2/9). Menurut mantan politisi PKS itu, KPK jangan dibiarkan hanya jadi milik kelompok tertentu. Karena itu, lanjut Misbakhun, kalau DPR berbicara soal KPK, jangan diartikan melemahkan KPK. DPR mengawasi agar KPK tidak melanggar hak-hak warga negara karena kewenangan yang dimilikinya atau disalahgunakan pihak-pihak tertentu, ujar dia. (fas/jpnn)
...
PSK Terlaris Tewas Terjerat Bra
JAKARTA - Kepolisian Batam Kepulauan Riau (Kepri) saat ini sedang berusaha mengungkap pelaku pembunuhan terhadap KH, PSK yang tewas dengan leher terjerat alias bra di lokalisasi Pokok Jengkol, Tanjunguncang, Selasa (2/9). Menurut Ketua RT 1 RW 11 Pokok Jengkol, Andi, KH adalah janda satu anak dan sudah 10 tahun tinggal di ruli tersebut. Kepada wartawan, Andi mengatakan bahwa KH adalah PSK yang paling laris di lokalisasi tersebut. Dia paling laris di sini (lokalisasi,red), ujar Andi seperti dilansir Batam Pos (JPNN Grup), Selasa (2/9). Sementara Fera, salah satu rekan korban mengatakan, sebelum kejadian, ia masih kumpul-kumpul dengan PSK lainnya. Tapi sekitar pukul 05.00 subuh, korban masuk ke kamar dengan pria yang datang ke lokalisasi dalam kondisi mabuk. Ada tiga pria sebenarnya tai tidak diketahui apakah tiga-tiganya sekali membooking korban atau seperti apa. Malam itu kami sama-sama. Tapi setelah pria itu datang, dia (KH,red) masuk kamar, saya tidak tahu kemana pria itu. Saya juga lewat dekat kamarnya tapi tak ada suara yang mencurigakan, ujar Fera. Kapolsek Sagulung, AKP T. Manihuruk mengatakan pihaknya masih menyelidiki kasus ini. Masih kita selidiki, terkait tanda-tanda kekerasan ditubuh korban kita masih menunggu hasil visum, ujar Manihuruk di lokasi. (cr5)
Hacker Sebar Foto Bugil Ratusan Seleb Hollywood
Awal September yang kelabu untuk Hollywood. Seorang hacker sukses menyebarkan foto bugil para seleb Hollywood ke internet, mulai Minggu (31/8). Dilansir The Guardian, setidaknya ada 100 foto termasuk video mereka tanpa busana. Foto-foto itu termasuk milik Jennifer lawrence, Avril Lavigne, Kim Kardashian, Rihanna, Kirsten Dunst, Aubrey Plaza dan Winona Ryder. Ini adalah pelanggaran privacy yang parah. Pihak berwenang akan menuntut siapa pun yang menyebar foto-foto itu, kata juru bicara Jennifer Lawrence, kemarin. Lewat Twitter-nya, artis Victoria Justice menyatakan bila foto-foto telanjang tersebut adalah palsu. Sementara, artis Mary E. Winstead justru mengaku bila foto tersebut asli dan diambil beberapa tahun lalu bersama sang suami. Foto-foto nude itu disebar melalui situs berbagi file 4Chan. Si pemosting tidak memberikan nama dan identitas jelas. Namun, dia mengklaim jika foto-foto itu didapat, setelah meretas account iCloud milik selebriti yang ada. Icloud adalah media penyimpanan milik Apple. (rmo/jpnn)
Tim Transisi Kaji Usulan Jual Pesawat Kepresidenan
JAKARTA - Tim Transisi Joko Widodo dan Jusuf Kalla menyikapi serius usulan Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait untuk menjual pesawat Kepresidenan dijual. Maruarar mendorong hal itu agar ada penghematan anggaran operasional. Hal tersebut dikemukakan oleh Deputi Rumah Transisi Hasto Kristanto di Istana Wapres, Selasa (2/9). Ya namanya usulan harus dikaji. Apalagi kepemimpinan Jokowi yang mau membuka gagasan-gagasan baik tadi, kata Hasto. Hasto Kristanto memahami, usulan menjual pesawat kepresidenan dikarenakan kesulitan fiskal yang dihadapi negara. Ditambah, sambung Hasto, pemerintahan Jokowi-JK mementingkan program pro rakyat. Sekali lagi itu hal yang wajar, mengingat besarnya harapan publik terhadap kepimpinan Pak Jokowi, sambungnya. Pernyataan Maruarar itu terkait wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang belakangan ramai diperbincangkan, sekaligus menjawab isu perbedaan pendapat di internal PDI Perjuangan terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. Ara, sapaan akrab Maruarar, menilai kenaikan harga BBM bersubsidi harus menjadi opsi terakhir. (flo/jpnn)
Janda Diringkus Bersama Seperangkat Alat Hisap
SAMARINDA - Perceraian membuat seorang janda berinisial SY (31), warga Jalan Perintis, Kelurahan Sungai Pinang Dalam (SPD), Sungai Pinang terjerumus ke dunia narkoba. SY beraksi bersama berinisial Bg (39), warga Jalan Perintis, Kelurahan Sungai Pinang Dalam (SPD), Sungai Pinang. Mereka dibantu dua kaki tangannya yakni Rd (27), warga Jalan Ir H Juanda IV, Kelurahan Air Hitam, Samarinda Ulu, dan Ay (26), warga Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Air Putih, Samarinda Ulu. Sy akhirnya diringkus jajaran Satuan Reserse Narkoba (Reskoba) Polresta Samarinda, Minggu (31/8) lalu. Sebanyak 16,29 gram narkoba jenis sabu, 4 unit ponsel dan seperangkat alat hisap disita polisi sebagai barang bukti keterlibatan keempatnya dalam jaringan narkoba. Penangkapan yang dilakukan polisi bermula dari penyelidikan mendalam di lapangan juga berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga. Polisi pertama kali melakukan penangkapan terhadap Rd dan Ay di sebuah rumah kos di Jalan Merbabu, Kelurahan Jawa, Samarinda Ulu. Dari tangan keduanya polisi menyita 2 poket sabu seberat 4,26 gram dan 2 unit ponsel. Pengembangan penyidikan langsung dilakukan polisi, sehingga Bg bandar narkoba yang merupakan bos Rd dan Ay berhasil ditangkap di rumahnya. Barang bukti yang kami dapatkan yaitu sabu seberat 9,75 gram, 1 unit ponsel, uang tumai Rp 10 juta hasil penjualan dan seperangkat alat hisap, beber Kapolresta Samarinda Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta, melalui Kasat Reskoba Kompol Bambang Budiarto kepada Samarinda Pos (JPNN Grup), Selasa (2/9). (abu/jpnn)
KPK Temukan Masalah dalam Pengelolaan Dana Pendidikan
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnaen mengatakan ada permasalahan dalam pengelolaan dana pendidikan. Salah satu permasalahannya terkait dengan sistem administrasi. Sistem administrasinya datanya tidak handal berarti bisa tidak tepat sasaran, kata Zulkarnaen dalam konferensi pers di KPK, Jakarta, Selasa (2/9). Dikatakan Zulkarnaen, permasalahan berikutnya adala lemahnya pengendalian internal dan pengawasan. Kelemahan terakhir, kata dia, menyangkut kontrol sosial. Masyarakat yang tidak seberapa tahu dibuat samar-samar. Bagaimana masyarakat mau bisa tahu? ucap Zulkarnaen. Zulkarnaen menjelaskan, dari hasil pengkajian dari tim koordinasi supervisi pencegahan, KPK mencatat anggaran untuk pendidikan sekitar Rp 368 triliun. Dana ini terdiri dari belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. Sekitar Rp 368 triliun terdiri dari belanja pemerintah pusat 130 triliun itu Kementerian/Lembaga terkait diknas, dan Kementerian Agama. Transfer ke daerah lebih besar lagi Rp 238 triliun, ucap Zulkarnaen. Menurut Zulkarnaen, anggaran Rp 130 triliun digunakan untuk bantuan siswa miskin, beasiswa mahasiswa berprestasi, operasional PTN, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), tunjangan profesi guru, rehabilitasi sarana prasana, penyelenggaraan ujian nasional, dan penyusunan Kurikulum 2013. Sedangkan yang termasuk transfer ke daerah adalah BOS, tunjangan penghasilan guru dan tambahan penghasilan PNSD. Dari yang ada saat ini kelihatannya dalam pengelolaan, perencanaan dana pendidikan ada permasalahan, tandas Zulkarnaen. (gil/jpnn)
Anggota DPR Yakin, Busyro Muqoddas Lolos dari Pansel
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat yakin Panitia Seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KK) bakal meloloskan kembali Busyro Muqoddas sebagai calon pimpinan KPK untuk masa jabatan empat tahun ke depan. Saya yakin, Busyro lolos dari Pansel dan diajukan oleh Presiden RI ke DPR bersama satu calon lainnya, kata Martin Hutabarat, di press room DPR, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (2/9). Keyakinan politisi Partai Gerindra itu bahwa Busyro lolos karena Busyro sudah berpengalaman selama 15 tahun di bidang hukum dan tidak kader partai politik. Tinggal nantinya anggota Komisi III DPR yang baru menilainya karena proses uji kepatutan dan kelayakan di DPR akan dilakukan oleh anggota DPR periode 2014-2019, terang Martin. Dia yakin, DPR mendatang tentu akan lebih hebat karena mereka sudah digodok selama tiga minggu di Lemhanas. Sementara DPR sebelumnya, hanya empat hari digodok di Lemhanas, imbuh Martin Hutabarat. (fas/jpnn)
Polisi Periksa Mantan Suami Wanita Berbaju PNS
BANDUNG - Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Jawa Barat mengintesifkan penyelidikan kasus asusila. Mereka yang terlibat kini dimintai keterangan atas menyebarnya aksi hubungan intim dengan wanita yang berseragam PNS Bandung. Yang kini diperiksa secara intensif saat ini adalah Y. Lelaki yang bersama perempuan, Rinada. Y diduga pria yang bersama Rinada yang juga bekas suaminya. Nanti setelah pemeriksaan kami sampaikan hasilnya, kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Nugroho Arianto, Selasa (2/9) di Bandung. Dalam kasus ini, Y juga merupakan terlapor. Rinada melaporkan Y karena dianggap paling bertanggung jawab atas beredarnya foto mesum itu. Itu lelaki itu yang dilaporkan. Laporan resmi sudah dan dalam tahap penyelidikan, kata Kuasa Hukum Rinada, Yadi Kurnia saat mendampingi kliennya seperti yang dilansir Radar Bandung (Grup JPNN.com), Selasa (2/9). Rinada sendiri sudah melakukan klarifikasi atas kasus ini. Ia mengaku sebagai korban dan tak tahu menahu atas beredarnya foto tersebut. Sementara pria berinisial S (24), sebagai pengunggah 18 foto syur berisi adegan seorang wanita berseragam dinas PNS Pemkot Bandung yang diposting dalam situs www.melisaonline.com juga berhasil dibekuk. Belakangan diketahui, S juga ternyata merupakan pemilik situs tersebut. (bal/awa/jpnn)
Di Ujung Kekuasaan, SBY Temui Pimpinan Negeri Jiran
JAKARTA - Setelah serangkaian kegiatannya seharian ini, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), didampingi Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono serta delegasi, bertolak menuju Singapura untuk melaksanakan kegiatan kunjungan kerja. Agenda utama kunjungan ke Singapura ini adalah melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Tony Tan Keng Yam. Pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Presiden Singapura ini adalah pertemuan terakhir Presiden jelang mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala negara. Selanjutnya, pertemuan bilateral tahunan ini akan dilakukan oleh presiden terpilih Joko Widodo, kata Presiden SBY dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sesaat sebelum bertolak ke Singapura, Selasa (2/9). Dalam pertemuan dengan para pemimpin Singapura tersebut, Presiden SBY akan menyampaikan harapan Indonesia dalam hubungan dengan negeri jiran tersebut. Presiden SBY juga akan memastikan bahwa pemerintah Singapura dan Indonesia bisa melakukan evaluasi mengenai pencapaian selama 10 tahun terakhir. Dengan harapan, tentu semangatnya Indonesia dan Singapura bisa menjaganya untuk waktu yang akan datang. Telah saya sampaikan secara terbatas pada Pak Joko Widodo. Pada saatnya dilanjutkan juga kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara sahabat, termasuk negara-negara terdekat kita, ujar Presiden. Sementara itu, menurut Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, dalam pembicaraan Presiden SBY dengan Lee Hsien Loong maupun Tony Tan, akan dibahas perkembangan terkini hubungan kedua negara (take stock). Sejauh ini, tuturnya, kerja sama bilateral dengan Singapura telah semakin terkonsolidasi melalui pembentukan tujuh kelompok kerja. Ketujuh kelompok tersebut meliputi bidang investasi, agribisnis, turisme, ketenagakerjaan, dan pengembangan Batam-Bintan-Karimun, dan zone ekonomi lainnya. Dalam kesempatan kunjungan kenegaraan ini, Presiden SBY juga akan menyaksikan penandatanganan perjanjian Delimitation of the Territorial Seas in the Eastern Part of the Strait of Singapore. Presiden SBY juga akan menerima gelar Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura, kata Faizasyah. (flo/jpnn)
Ganjar Nilai KPK Sengaja Belum Tahan SDA
JAKARTA - Pakar hukum pidana, Ganjar Laksamana, menilai, sebenarnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah bisa menahan Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji. Ganjar yakin KPK sudah mengantongi sedikitnya dua alat bukti hukum. Menurut dia, KPK memang sengaja belum menahan mantan menteri agama itu. Tapi dalam pandangan saya pribadi, mungkin KPK sengaja membiarkan SDA agar dia bisa tetap berkomunikasi dengan pihak-pihak lainnya antara lain dengan orang-orang yang berhubungan dengan dugaan tindak pidana korupsi tersebut, kata Ganjar, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (2/9). Kalau hanya sekedar tangkap menurut dia, tidak ada hambatan hukum lagi bagi KPK untuk melakukannnya. SDA sudah bisa ditangkap. Tapi KPK pasti punya pertimbangan lain lagi dan pasti KPK selalu mengawasi SDA, ujarnya. Selain itu, Ganjar juga menilai positif KPK yang menggunakan cara penyadapan untuk memastikan pihak-pihak tertentu terkait atau tidak dengan sebuah tindak pidana korupsi. Tidak ada yang salah dengan hasil sadapan KPK itu, sebab hasil sadapan itu oleh KPK dijadikan sebagai alat bukti hukum dan dibuka sebagai bukti hukum di pengadilan, tegasnya. (fas/jpn)
Pak Haji Otak Pembobolan Rumah
SAMARINDA - Menyandang status haji tak membuat Ri (30), warga Samarinda Seberang, lebih berhati-hati dalam bersikap. Ri malah menjadi maling. Tak tanggung-tanggung, Ri sudah berulang kali beraksi dan terpaksa berurusan dengan polisi. Ri diringkus anggota Jahtanras Polda Kaltim, Jumat (29/8) lalu. Ri ditangkap bersama seorang remaja berinsial Ap (15), warga Samarinda Seberang. Selama ini Ri dan Ap sudah beberapa kali duet membobol rumah warga Samarinda Seberang. Sementara dari hasil pemeriksaan polisi mencatat Ap dan Ri sedikitnya empat kali beraksi dengan modus mencongkel pintu. Keduanya beraksi saat subuh dan biasanya lebih memilih saat hujan deras. Biasanya kedua pelaku (Ap dan Ri, Red) beraksi saat hujan ketika subuh atau dini hari. Karena biasanya pemilik rumah tidur pulas saat itu, ujar Dir Reskrim Umum Polda Kaltim Kombes Pol Eka Yuda Satriawan, melalui Kanit 1 Subdit 3 Jahtanras Polda Kaltim Kompol Iksanudin kepada Samarinda Pos (JPNN Grup) Selasa (2/9). Penangkapan Ri dan Ap berawal dari hasil penyelidikan polisi. Dari beberapa kasus pencurian, polisi mendapat kabar kalau Ri diduga maling yang selama ini kerap menghantui warga Samarinda Seberang. Polisi lalu melacak keberadaan Ri dan mengawasi pergerakannya. Diduga saat hendak beraksi dan tengah mencari sasaran, Ri pun ditangkap. Saat kami tangkap pelaku tak melakukan perlawanan. Saat kami interogasi dia mengakui ulahnya, tutur Iksanudin. (rin/agi)
Lukman Hakim Mundur Dari Posisi Anggota DPR Terpilih
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui telah menerima surat pengunduran diri Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dari anggota DPR terpilih 2014. Namun penyelenggara pemilu belum dapat menyatakan sikap, karena Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai parpol asal Lukman, belum mengirimkan surat resmi. Kita sekarang lagi memroses pergantian anggota dewan terpilih. Termasuk pengunduran Lukman Hakim Syaifuddin. KPU belum memroses karena DPP PPP belum mengirimkan (surat resmi). Mekanismenya itu harus surat dari DPP partai. Karena urusan pencalonan ini antara DPP partai dengan KPU, ujar Lukman di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (2/9). Menurut Husni, pihaknya baru menerima surat yang dikirimkan Lukman ke DPP PPP, yang ditembuskan ke KPU. Dalam surat dinyatakan alasan pengunduran diri karena menjadi pelaksana haji tahun 2014. Surat tembusannya baru kita terima tadi (Selasa, red). Pengunduran diri disebutkan sebagai wujud pertanggungjawaban beliau sebagai pelaksana haji tahun ini, katanya. Selain mengkaji pengunduran diri Lukman, KPU juga tengah mendalami permintaan pergantian anggota DPR terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) Lorens Bahang Dama. Permintaan diketahui dilakukan karena anggota DPR periode 2009-2014 tersebut telah meninggal dunia. Untuk permintaan pergantian anggota DPR terpilih dari Golkar, sampai sekarang masih dikaji dan belum kita putuskan. Jadi masih Nusron Wahid dan Agus Gumiwang (yang akan dilantik 1 Oktober mendatang), katanya. (gir/jpnn)
Kemlu Buka Lowongan 150 CPNS Calon Diplomat
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) ikut membuka lowongan CPNS pada tahun ini. Sebanyak 150 formasi jabatan calon diplomat dan 25 Bendahara dan Penata Kerumahtanggaan (BPKRT) menunggu untuk diisi oleh para pelamar yang memenuhi syarat. Pendaftaran secara online telah dibuka mulai tanggal 1 September sampai 15 September 2014. Pendaftaran dilakukan di situs Panitia Seleksi Nasional di http:/panselnas.menpan.go.id dan https://e-cpns.kemlu.go.id. Untuk persyaratan lengkap sendiri dapat dilihat di situs https://e-cpns.kemlu.go.id. Sebagaimana pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seleksi tahun 2014 juga akan dilaksanakan secara ketat dan transparan serta bebas dari KKN, kata Ketua Panitia Seleksi CPNS TA 2014, Kristiarto S. Legowo. Menurut Kristiarto, pihaknya akan memastikan predikat sebagai salah satu instansi pemerintah jalannya proses seleksi yang dapat dipercaya tetap dipertahankan. Sejak tahun 2009, proses seleksi CPNS Kemlu telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 sebagai bukti pelaksanaan yang transparan dan kredibel. Kami akan berupaya agar setiap tahapan seleksi akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa setiap CPNS yang direkrut sesuai dengan kebutuhan Kemlu dan misi Perwakilan RI di luar negeri, imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemlu itu. (dil/jpnn)
Demokrat Pastikan Pansus Pilpres tak Menyimpang
BOGOR -- Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan jajaran DPP partainya tidak ikut campur dalam urusan pansus pemilu di DPR. Oleh karena itu, pihaknya mempersilakan Fraksi Demokrat turut bergabung dalam pansus tersebut. Secara implisit kita sadari bahwa pelaksanaan pilpres sukses tapi ada juga kelemahan-kelemahannya. Itu hak DPR. Semua pansus itu semua hak DPR, ujar Syarief di Cikeas, Bogor, Selasa, (2/9). Syarief mengungkapkan melalui pansus kesalahan-kesalahan yang terjadi Pilpres akan diperbaiki. Ini dianggapnya sebagai bentuk penyempurnaan untuk Pilpres 2019. Syarief pun dalam hal ini memastikan Pansus pilpres ini tidak akan menyimpang. Saya pikir ini tidak disalahgunakan. Inikan bagian dari pengawasan oleh anggota DPR terhadap program yang dilakukan pemerintah atau pun lembaga independen jadi ini bagian dari pengawasan, tegas Syarief. (flo/jpnn)
Presiden SBY Sindir Industri Penyiaran
JAKARTA - Usai penyelenggaraan Pilpres 2014, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melontarkan sindiran terhadap industri penyiaran di tanah air. Presiden menilai lembaga penyiaran terlalu mencolok dalam memihak kandidat presiden tertentu. Namun sebaliknya lembaga penyiaran yang tidak memiliki semangat dalam menyiarkan kandidat presiden pun dinilainya tak baik. Hal ini disampaikan Presiden saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2014, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/9). Ngono yo ngono ning ojo ngono. Ingat ada batasnya. Kasihan kandidat yang tidak punya media. Namanya tidak pernah muncul sehingga tidak diketahui, kata Presiden dalam sambutannya. Presiden mengingatkan pemilik media massa penyiaran bahwa frekuensi siaran yang mereka pakai adalah milik publik, bukan milik pribadi atau perusahaan. Oleh karena itu, tak boleh sampai disalahgunakan untuk kepentingan tertentu. Saya harus terus-terang mengatakan hal ini, biar dicatat oleh sejarah. Kekuatan pemilik modal ini yang bisa mempengaruhi. Ini rakyat yang bilang bukan SBY. Saya harus mengatakan terus-terang di mimbar ini, demi kebaikan kita di masa depan, imbuh Presiden. Presiden berharap, KPI di masa mendatang lebih netral dan lebih independen. Sedang kepada insan penyiaran umumnya, Presiden berharap lembaga penyiaran televisi Indonesia bisa tampil di Asia ataupun dunia. Menurut Presiden SBY, di Asia sendiri Indonesia harus bisa bersaing dengan Channel News Asia yang ada di Singapura maupun negara-negara ASEAN lainnya. Kita kurang bangga punya lembaga penyiaran publik yang tidak muncul menjadi kelas dunia. Rasanya kita bisa. Kita memiliki sumberdaya yang talented kreatif. Teknologi bisa kita terapkan, ujarnya. Presiden SBY dalam kesempatan itu juga menyampaikan penghargaan kepada KPI yang telah menjaga dan mengawal, mengawasi, dan mendorong penyelenggaraan penyiaran publik. Presiden SBY berharap agar KPI mampu menjaga dan mengawal agar lembaga penyiaran publik dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan publik, dan turut mematangkan demokrasi di Indonesia. (flo/jpnn)
KPK Yakinkan Rekaman Pembicaraan Atut-Wawan tak Direkayasa
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa tidak ada rekayasa dalam bukti rekaman suara terkait kasus perkara suap penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi yang menjerat Gubernur Banten nonaktif Ratu Atut Chosiyah. Enggak ada rekayasa. Menurut saya tidak ada masalah, kata Ketua KPK Abraham Samad di Gedung BPKP, Jakarta, Selasa (2/9). Soal rekayasa rekaman itu disampaikan oleh hakim Alexander Mawarta. Ia menganggap salah satu alat bukti rekaman pembicaraan antara Atut dan adiknya Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan tidak bisa dipakai sebagai bukti persidangan. Sebab, rekaman itu sudah direkayasa dengan tujuan menghilangkan gangguan suara atau noise agar suara menjadi jernih. Abraham menyatakan pendapat itu adalah sesuatu yang wajar. Pihaknya, tambah dia, tidak bisa mengintervensi keyakinan hakim. Wajar saja menurut saya. Kita tidak bisa mengintervensi keyakinan hakim, karena itu adalah keyakinannya, ujar Abraham. Lebih lanjut Abraham menjelaskan KPK akan melakukan banding terkait putusan yang diberikan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta kepada Atut dalam kasus suap penanganan sengketa Pilkada Lebak. Hakim menjatuhkan vonis kepada Atut empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider lima bulan kurungan. KPK tetap berpendirian sesuai dengan dakwan, tuntutan, yang kami ajukan. Makanya kami merasa tidak sebagaimana mestinya, makanya kami melakukan upaya banding, tandas Abraham. (gil/jpnn)
Persebaya Permalukan Mitra Kukar 4-2
TENGGARONG - Persebaya Surabaya kian dekat dengan titel juara Indonesia Super League (ISL) Wilayah Timur. Itu setelah Persebaya berhasil mempermalukan Mitra Kukar dengan skor 4-2 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Kutai Kertanegara, Selasa (2/9). Mitra Kukar yang tampil di kandang sendiri gagal menemukan ritme permainan di awal laga. Akibatnya, Persebaya berhasil membuka keunggulan di menit ketiga melalui Isaac Pupo, memanfaatkan umpan Emmanuel Pacho Kenmogne. Namun Mitra Kukar merespon dengan cepat. Menit ke-20, Mitra Kukar berhasil menyamakan kedudukan melalui Herman Dzumafo. Sayang, Persebaya kembali unggul dengan cepat, setelah dua menit kemudian Greg Nwokolo mencatatkan namanya di papan skor. Persebaya kembali berhasil mencuri gol di awal babak kedua. Pupo untuk kedua kalinya mencetak gol di menit 49 memanfaatkan umpan Kenmogne. Menit ke-53, giliran Kenmogne yang berhasil memperlebar keunggulan Persebaya menjadi 4-1. Mitra Kukar akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 60 melalui Herman Dzumafo. Hingga akhir pertandingan skor 4-2 untuk Persebaya tidak berubah. Hasil ini membuat Persebaya mengumpulkan 42 angka atau unggul enam poin dari Persipura di urutan kedua. Persebaya masih menyisakan satu laga di kandang Persisam, sedangkan Persipura masih memainkan dua pertandingan. (abu/jpnn)
Peserta Tes CPNS KemenPAN-RB Dapat Pilih Tempat Ujian
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuat terobosan baru dalam pelaksanaan tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Agar putra-putri terbaik bangsa dari seluruh wilayah tanah air mendapat kesempatan yang sama, peserta tes dapat memilih tempat pelaksanaan tes pada 104 tempat ujian yang sebagian besar perguruan tinggi di 65 wilayah. Kepala Biro SDM dan Umum KemenPAN-RB Otok Kuswandaru mengatakan, setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi dapat mengikuti tes di perguruan tinggi yang ditunjuk, yang berdekatan dengan tempat tinggalnya. Mereka bisa memilih tempat tesnya di 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air, ujar Otok Kurwandaru kepada wartawan di kantornya, Selasa (2/9). Otok yang didampingi Kabag SDM dan Organisasi KemenPAN-RB Ugi Cahyo Setiono mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan merekrut 20 CPNS. Diharapkan peserta tes merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh tanah air, sehingga aparatur sipil negara dapat benar-benar menjadi perekat NKRI. Meskipun KemenPAN-RB merupakan instansi yang hanya ada di Jakarta, namun dengan penerapan teknologi informasi, dimungkinkan untuk melakukan tes di luar Jakarta. Menurut Otok, dalam pelaksanaan TKD CPNS KemenPAN-RB tahun 2014, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peserta dapat memilih lokasi tes yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, dan tidak perlu buang-buang duit untuk biaya transportasi ke Jakarta, imbuhnya. Sebagai contoh, peserta di Jawa Timur bisa memilih lokasi tes di Universitas Airlanga, Istitut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, dan Universitas Negeri Jember. Untuk pelamar dari Papua, bisa memilih lokasi tes di Universitas Cenderawasih. Dia berharap terobosan ini ke depan bisa dilakukan juga oleh kementerian/lembaga yang tidak memiliki instansi vertikal di daerah. (esy/jpnn)
KPU: Biaya Pelantikan Presiden-Wapres Rp Tak Lebih 16 Miliar
JAKARTA - Anggota DPR dan DPD RI terpilih periode 2014-2019 sudah akan memeroleh fasilitas negara sebelum dilantik. Paling tidak mulai ongkos hingga penginapan saat akan menghadiri pelantikan 1 Oktober mendatang. Yang harus dibiayai itu ongkos mereka kemari. Kemudian penginapan, mereka juga dapat pembekalan. Kalau dia jalan darat, diganti minyaknya. Misal dari Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, kalau mau mengajukan klaim bensin-nya akan diganti, ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (2/9). Menurut Husni, anggaran untuk biaya transportasi, penginapan dan pembekalan anggota DPR terpilih sebelum dilantik, sepenuhnya masih tanggungjawab KPU selaku penyelenggara pemilu. Anggarannya dari DIPA 2014. Jadi pelantikan itu masih masuk tahapan pileg (pemilihan legislatif) terakhir, katanya. Saat ditanya bagaimana dengan pelantikan presiden-wakil presiden terpilih, mantan Komisioner KPU Sumatera Barat ini juga menyatakan diselenggarakan terpisah dengan pos anggaran yang tentunya juga terpisah. Kalau presiden-wapres mengambil sumpah sendiri. Nanti dialokasikan dari APBN. Kayaknya enggak nyampe Rp 16 miliar. Karena yang jelas presiden-wapres gak ada pembekalan, katanya. (gir/jpnn)
KPU Siapkan Aturan Penetapan Anggota DPRD Hasil Pemekaran
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini menyiapkan peraturan terkait penetapan anggota DPRD bagi daerah hasil pemekaran yang pada pemilu legislatif kemarin belum memiliki daerah pemilihan (dapil) sendiri. Ketua KPU, Husni Kamil Manik, mengungkapkan, saat ini terdapat 1 provinsi dan 14 kabupaten/kota hasil pemekaran, yang dapilnya masih bergabung dengan daerah induk. Itu karena pengaturan dapil telah terlebih dahulu dilakukan, sementara pemekaran baru terselenggara beberapa waktu kemudian. Sampai sekarang kita punya 1 provinsi dan 14 kabupaten/kota (hasil pemekaran) yang akan kita akan tuntaskan. Selasa (2/9) direncanakan akan ada konsultasi publik untuk program, ujarnya. Peraturan KPU tentang Pengisian DPRD Daerah Pemekaran akan mengatur berbagai hal. Termasuk kebijakan bagi DPRD Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk di bawah 100 ribu jiwa, minimal memiliki 20 kursi DPRD. (gir/jpnn) 15 Daerah Pemekaran yang Segera Memiliki Anggota DPRD: 1. Provinsi Kalimantan Utara 2. Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) 3. Kabupaten Pesisir Barat (Lampung) 4. Manokwari Selatan (Papua Barat) 5. Pegunungan Arfak (Papua Barat) 6. Mahakam Ulu (Kalimantan Timur) 7. Malaka (Nusa Tenggara Timur) 8. Banggai Laut (Sulawesi Tengah) 9. Mamuju Tengah (Sulawesi Barat) 10. Taliabu (Maluku Utara) 11. Penukal Abab (Sumatera Selatan) 12. Kolaka Timur (Sulawesi Tenggara) 13. Buton Selatan (Sulawesi Tenggara) 14. Buton Tengah (Sulawesi Tenggara) 15. Muna Barat (Sulawesi Tenggara) =========== Sumber: Komisi Pemilihan Umum
Polri Siapkan Bantuan Hukum untuk 2 Anggota Polda Kalbar
JAKARTA - Markas Besar Polri akan menyiapkan pendampingan dan bantuan hukum terhadap dua Anggota Polda Kalbar yang ditangkap Polis Narkotik Polisi Diraja Malaysia, di Kuching. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Franky Sompie mengatakan, Kepala Divisi Hukum Polri sudah ditugaskan bersiap-siap memberikan pendampingan bantuan hukum kepada dua anggota tersebut. Karena itu merupakan kewajiban dari Kadivkum Polri nanti atas permintaan Kapolda untuk pendampingan, kata Ronny kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (2/9). Selain itu, ia menambahkan, pendampingan hukum juga merupakan hak dari Anggota Polda Kalbar. Hak mereka untuk mendapatkan pendampingan, tegas Ronny. Dia menyatakan, dalam pendampingan itu Polri akan bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Malaysia. Lantas apakah bisa diambil alih supaya ditangani di Indonesia? Ronny menjelaskan, pertama harus dilihat locus delicti-nya. Kemudian, disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Apa itu bisa diekstradisi ke Indonesia atau seperti apa. Lebih baik, bagaimana bapak Kapolri kemarin menjelaskan, kita serahkan sepenuhnya kepada PDRM untuk penanganan kasus ini yang memang diungkap oleh PDRM, ungkapnya. Selain itu, Ronny menjelaskan terkait persoalan untuk pengambilalihan tersebut orang bisa menginterprestasikan dua macam. Memang, kata Ronny, sebagai Anggota Polri tentu pihaknya ingin kasus itu ditangani di Indonesia. Alasannya, pertama Polri bisa mengungkap kasus itu kalau memang ada jaringan di Indonesia. Tapi kan orang juga bisa mencibir Polri, dengan konotasi negatif yang selama ini dilekatkan, katanya. Oleh karenanya, kata dia, Kapolri Jenderal Sutarman tegas menyatakan bahwa kalau ada anggotanya yang terlibat akan ditindak. Tegas kita untuk menindak mereka, katanya. Namun, sementara ini penanganan dilakukan PDRM yang memang dari awal melakukan penindakan. Agar tidak ada kesan negatif, ya kita serahkan dulu ke PDRM, katanya. Apalagi, lanjut dia, locus delicti-nya itu belum bisa didapatkan ada kaitan di Indonesia. Barang bukti di Malaysia semua. Kalau misal kita ambil alih, dasar kita untuk mengambil alihnya apa? Aturan itulah yang akan kita lihat, berkaitan dengan ekstradisi dan sebagainya kita pelajari dan koordinasikan, paparnya. Namun, kata Ronny, karena keduanya merupakan Warga Negara Indonesia maka Kementerian Luar Negeri punya kepentingan untuk memberikan perlindungan, dan pendampingan terhadap hak WNI di luar negeri. Itu akan didiskusikan bersama, katanya. (boy/jpnn)
Ini Cara Banyuwangi Jadikan Puskesmas Ujung Tombak Kesehatan
BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi terus memacu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Selain terus melengkapi fasilitas alat kesehatan, pemerintah daerah Banyuwangi selalu memastikan tercukupinya jumlah tenaga dokter dan kualitas pelayanan yang diberikan. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebagai ujung pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas harus bisa memberikan layanan maksimal. Selain sambutan yang ramah, pasien juga harus mendapatkan pelayanan terbaik dari seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas. Kita harus menjadikan Puskesmas tempat yang nyaman, sehingga pelayanan yang diberikan bisa menjadi bagian dari proses penyembuhan pasien, kata Bupati Anas saat acara penyerahan mobil ambulance bagi sejumlah Puskesmas di Banyuwangi, Selasa (3/9/2014). Pemkab Banyuwangi juga terus mendorong kelengkapan fasilitas di 45 Puskesmas yang ada di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java tersebut. Saat ini seluruh Puskesmas telah memiliki alat-alat pelayanan kesehatan primer yang lengkap, layanan dental unit, laboratoriun yang cukup canggih, bahkan ada yang dilengkapi pelayanan radiologi dan USG. Semua Puskesmas tersebut ditunjang oleh 60 tenaga dokter umum. Pasien yang datang ke Puskesmas tidak perlu ragu lagi karena fasilitas di Puskesmas lengkap dan dilayani oleh dokter yang handal, kata Bupati Anas. Semua Puskesmas juga dilengkapi dengan layanan mobil ambulance. Dan 17 puskesmas di antaranya memiliki fasilitas rawat inap. Kami akan terus memperluas jangkauan puskesmas rawat inap. Agar pasien yang jauh dari kota dan rumah sakit cukup dirawat di puskesmas terdekat, ujar Bupati Anas. Komitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat juga dilakukan Pemkab melalui upaya lainnya. Salah satunya menjadikan dua rumah sakit milik Pemkab Banyuwangi, yaitu RSUD Blambangan dan RSUD Genteng, sebagai rumah sakit jaringan Universitas Airlangga. Dua RSUD tersebut akan dijadikan tempat praktik peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Unair. Kita tahu bahwa Fakultas Kedokteran Unair adalah salah satu yang tertua dan terbaik di Indonesia. Tentu dengan kerja sama ini Unair bisa membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Banyuwangi, calon-calon dokter dari Unair juga bisa melakukan penelitian dan membantu pelayanan di Banyuwangi, jelas Bupati Anas. Dengan berjejaring dengan FK Unair juga sebagai upaya memenuhi kebutuhan akan dokter spesialis di Banyuwangi. (eri/mas)
KPK Makin 'Bertaring', Mantan Presiden Bisa saja Ditahan
JAKARTA - Politisi Partai Gerindra Martin Hutabarat mengakui tiga tahun belakangan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat. Harus kita akui, tiga tahun terakhir kinerja KPK bagus, dan sudah memperlihatkan taringnya. Menteri, anggota DPR, gubernur, bupati, walikota bahkan ketua MK yang masih bertugas bisa mereka tahan dan proses secara hukum, kata Martin Hutabarat, di press room DPR, Senayan Jakarta, Selasa (2/9). Melihat kecenderungan positif kinerja KPK tersebut, lanjutnya, bisa saja seorang mantan presiden dan wakil presiden juga disidik. Sebentar lagi, mungkin saja mantan presiden dan wakilnya bisa juga KPK tahan, tegas Martin. Untuk menjatuhkan presiden dalam masa jabatannya lanjut Martin, itu kewenangan DPR. Tapi untuk kasus dugaan korupsi, itu wilayahnya KPK. Mantan presiden dan wakil presiden, kalau mau ditahan, itu kewenangan KPK, tegasnya. DPR ujarnya, akan dorong dan dukung agar KPK tetap unjuk taring di masa-masa mendatang agar korupsi bisa diredam di negeri ini. Kekuatan yang saat ini dimiliki KPK, harus kita kawal dan dorong terus, kata Martin. (fas/jpnn)

Hasil penelusuran 9/3 4:07am. Terakhir update terdeteksi pada 9/3 4:07am.  skor: 1272