...
6 Hal yang Perlu Dipersiapkan agar Bercinta Jadi Sempurna
Seks yang sempurna haruslah dilakukan dengan perasaan saling mencintai dan ketulusan hati untuk melakukannya. Jika tidak disertai itu, seks akan terasa sebagai pemuas nafsu saja. Berikut enam persiapan yang bisa menghantarkan Anda pada kesempurnaan seks. 1. Jalin Komunikasi Klise memang, tapi percalah, komunikasi merupakan salah satu kunci kehangatan sebuah hubungan. Dengan mengetahui keinginan masing-masing akan menciptakan rasa saling pengertian. Jadi sebelum menginjak pada urusan ranjang yang sesungguhnya, mulailah dengan saling mengutarakan keinginan-keinginan masing-masing. 2. Sanjungan Banyak wanita yang suka akan sanjungan, terutama keadaan fisiknya. Meskipun terkadang merasa tak sempurna, tapi sebenarnya, ada beberapa bagian tubuhnya yang sangat dia sukai. Ucapkan kata-kata manis disertai perlakuan manis, maka seorang wanita akan lunglai tak berdaya. Tapi ingat! Lakukan dengan ketulusan hati. Sebab, wanita tahu, pujian itu tulus atau hanya gombal. Yang utama adalah membuatnya bangga akan penampilan dan tubuhnya. 3. Suasana Romantis Untuk membuat kenyamanan tentu saja dengan menciptakan suasana romantis. Manjakan dirinya dan layani dia. Hidupkan musik untuk mengisi suasana. Siapkan beberapa kuntum bunga segar. Beri pewangi atau nyalakan aromaterapi. Semuanya akan mampu membangkitkan gairah malam kalian. 4. Stamina Satu hal yang harus juga Anda perhatikan yakni stamina. Jangan sampai loyo atau kurang bergairah. Untuk itu Anda seharusnya berolahraga secara teratur. Jaga tubuh agar tetap fit. Tentu saja ini untuk bisa memuaskan pasangan dengan sempurna. 5. Tanggalkan Permasalahan Jangan sekali-kali membawa masalah pekerjaan atau urusan lain ke atas ranjang. Karena hal itu akan menganggu suasana. Yang diperlukannya hanyalah perhatian yang penuh serta kasih sayang. Untuk ini, berikan waktu seutuhnya untuk memperhatikannya Anda dan memberikan yang terbaik. 6. Hindari Kritikan Tajam Meskipun kritikan bisa memberikan perubahan yang besar, sebuah kritikan tajam bukanlah cara yang bagus bila dilakukan di atas ranjang. Jika keadaan tak berjalan sebagaimana mestinya, Anda jangan langsung mengkritik dan menyudutkannya. Selidiki apa yang menjadi masalah dan temukan solusinya. Setelah menemukannya, coba bicarakan baik-baik. Beri penjelasan kenapa tak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini lebih baik ketimbang harus mencari-cari kesalahan. So, sebuah kerjasama yang baik di atas ranjang akan memberikan kesenangan dan kepuasan yang mengasyikkan tentunya. (ari/bbs/nyata/jpnn)
Lawan Anderlecht, Arsenal Turunkan Kiper Debutan
ANDERLECHT - Arsenal bakal menurunkan kiper muda Emiliano Martinez ketika bertandang ke markas Anderlecht pada laga ketiga Liga Champions 2014/2015 di Constant Vanden Stock, Kamis (23/10) dini hari WIB. Keputusan itu tak lepas dari minimnya stok kiper di Arsenal. Tim berjuluk The Gunners itu tak bisa menurunkan Wojciech Szczesny karena akumulasi kartu. Sementara, David Ospina juga harus absen karena mengalami cedera paha. Saya sangat yakin karena Martinez memiliki pengalaman dari Sheffield tahun lalu. Ketika dia bermain, dia menjawabnya dengan baik, terang pelatih Arsenal, Arsene Wenger di laman Sky Sports. Martinez selama ini merupakan penghangat abadi bangku cadangan Arsenal. Total, kiper berusia 22 tahun itu hanya tampil dalam dua pertandingan bersama Meriam London, julukan lain Arsenal. Artinya, Martinez akan menjalani debut bersama Arsenal di Liga Champions. Saya tak punya kekhawatiran tentang hal itu. Dia dua tahun lebih tua dibandingkan pertandingan terakhirnya bersama Arsenal. Dia memiliki pengalaman yang bagus, tegas Wenger. (jos/jpnn)
JK Pastikan Kabinet Tidak Diumumkan Hari Ini
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan, pengumuman susunan kabinet tidak akan dilakukan pada hari ini, Rabu (22/10). Pasalnya, sampai sekarang proses seleksi menteri belum juga rampung. Belum, ya pokoknya satu dua hari ini (diumumkan), kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Meski begitu, diakuinya, saat ini sudah ada beberapa pos kementerian yang sudah terisi. Tapi JK enggan mengungkapkan pos-pos mana saja yang dimaksud. Namanya kabinet itu harus satu, kita kan umumkan kabinet bukan umumkan menteri, kilahnya. Lebih lanjut pria asal Bone ini menilai, wajar jika proses seleksi menteri memakan waktu lama. Pasalnya, harus dipastikan kandidat yang terpilih nanti benar-benar bersih, kredibel dan siap bekerja untuk rakyat. Sabar lah, untuk membentuk tim yang bekerja selama lima tahun kan perlu hati-hati, perlu orang yang benar-benar bagus, bebas dari masalah, pungkas mantan Ketua Umum Partai Golkar ini. (dil/jpnn)
Van Basten Pesimistis Inzaghi Sukses di Milan
MILAN - Marco Van Basten menyampaikan penilaiannya tentang pelatih AC Milan, Filippo Inzaghi. Legenda hidup Belanda itu pesimistis Inzaghi bisa mengembalikan kejayaan Milan. Van Basten berkaca pada minimnya pengalaman Inzaghi sebagai pelatih. Ini adalah kali pertama Inzaghi menukangi tim senior. Sebelumnya, pria yang karib disapa Pippo itu hanya melatih tim Primavera. Milan adalah tim besar. Anda harus memiliki pengalaman. Anda tak akan bisa berasumsi bahwa pemain besar juga akan menjadi pelatih hebat, terang Van Basten di laman Sky Italia. Van Basten berkaca pada kegagalan Clarence Seedorf saat menukangi Milan musim lalu. Berstatus legenda klub, pria asal Belanda itu ternyata gagal menunjukkan tangan dinginnya bersama Milan. Ketika Seedorf memulai tugasnya di Milan, saya merasa itu akan menjadi hal yang sulit dilakukan. Ini adalah bidang berbeda. Hal yang sama juga akan terjadi pada Inzaghi, tegas Van Basten. (jos/jpnn)
Dapat Ancaman Boikot, Paripurna DPR Batal
JAKARTA - Tak lama berselang setelah Fraksi NasDem menyatakan akan memboikot Sidang Paripurna DPR sore ini, Rabu (22/10), Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, langsung memberikan klarifikasi jika sidang dengan agenda penetapan alat kelengkapan dewan (AKD) dan jadwal pemilihan pimpinan fraksi, dibatalkan. Namun, Agus menyatakan alasan penundaan murni karena belum semua fraksi memasukkan daftar nama anggota mereka yang akan duduk di komisi dan AKD. Dari 10 fraksi di DPR, baru Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS yang menyerahkan nama. Sedangkan PDIP, PKB, Nasdem, Hanura dan PPP belum. Rapat dibatalkan karena sebenarnya tadi ada beberapa pandangan, rapat diketuk sedangkan beberapa fraksi belum menyerahkan susunan anggota komisi ditunggu, sehingga ini jadi bagian tidak terpisahkan, kata Agus di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (22/10). Nah, saat ini pimpinan DPR masih menuggu fraksi-fraksi yang belum menyerahkan daftar anggota mereka. Begitu semua lengkap, maka agenda berikutnya dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan komisi dan AKD. Bila susunan anggota komisi masing-masing fraksi sudah masuk, kami bisa mulai pemilihan pimpinan AKD dan komisi. Sehingga tidak perlu tunggu sampai (kabinet pemerintah) terbentuk, jelasnya. Sebelumnya, Partai NasDem melakukan konferensi pers menyatakan tidak akan hadir dalam rapat paripurna DPR sore ini. Mereka menilai rapat tidak sesuai tata tertib dewan. Selain itu, NasDem dan empat fraksi lain belum menyerahkan susunan anggota mereka untuk komisi dan AKD karena menunggu terbentuknya kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Persiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.(fat/jpnn)
NasDem Boikot Sidang Paripurna DPR Sore Ini
JAKARTA - Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) memboikot Sidang Paripurna DPR RI, Rabu (22/10), Pukul 16.00 WIB, sore ini. Mereka menyatakan tidak akan hadir karena menilai sidang tersebut tidak sesuai dengan tata tertib (Tatib) dewan. Partai NasDem menegaskan, kami tidak akan menghadiri sebuah pertemuan ataupun paripurna yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam parlemen ini, kata Juru Bicara Fraksi NasDem, Zulfan Lindan, di ruang fraksinya di DPR. Sulfan mengakui jika fraksinya sudah mendapat undangan Sidang Paripurna dengan agenda penetapan alat kelengkapan dewan (AKD) dan jadwal pemilihan pimpinan komisi dan AKD. Tapi NasDem tidak ingin DPR sebagai lembaga independen menjadi permainan kepentingan kelompok koalisi tertentu. Fraksi NasDem tidak ingin melihat DPR ini sebuah lembaga menjadi sebuah permainan kelompok-kelompok kepentingan perseorangan ataupun kepentingan koalisi-koalisi, tegasnya. Menurut Zulfan, yang namanya Sidang Paripurna pengganti Badan Musyawarah karena belum terbentuknya AKD harus dijalankan sesuai Tatib. Sementara dalam hal ini pimpinan DPR belum mengadakan rapat konsultasi untuk menentukan agenda rapat. Jadi kalau misalnya pertemuan-pertemuan atau rapat-rapat seperti paripurna berjalan sendiri tanpa arah, tanpa alasan yang kuat tentu kami tidak bisa hadir. Dengan demikian rapat paripuran ke 6 ini Partai NasDem menegaskan rapat ini tidak sesuai dengan tatib DPR RI, ujarnya. Persoalan lainnya, Fraksi NasDem termasuk daftar fraksi yang belum menyerahkan nama-nama anggota mereka untuk duduk di komisi dan AKD. Alasannya NasDem masih menunggu nomenklatur kabinet pemerintahan ke depan. Pimpinan DPR dan fraksi untuk sabarlah menunggu satu dua hari ini apa yang diputuskan oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo), bentuk kabinetnya seperti apa, kemudian kita akan bersama-sama mengajukan nama, melengkapi seluruh yang dibutuhkan oleh institusi yang ada di DPR ini, tandasnya.(fat/jpnn)
Jokowi Akui Kendala Susun Kabinet karena 8 Nama
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo, akhirnya mengakui bahwa ia menghadapi kendala dalam penyusunan kabinet. Pasalnya, setelah memberikan daftar kabinet ke PPATK dan KPK, ada sejumlah nama yang mendapat rapor merah dari dua lembaga itu. Kendalanya, kemarin kan kita menyampaikan itu kepada PPATK dan KPK, dan ada 8 nama yang tidak diperbolehkan, kata Presiden dalam jumpa pers di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, (22/10). Meski demikian, Presiden enggan menyebutkan nama-nama yang mendapat rapor merah itu. Ia pun tak ingin menjelaskan asal nama-nama tersebut apakah dari partai atau dari kalangan profesional. Jokowi juga mengingatkan media, tidak berspekulasi menulis nama-nama yang berapor merah tersebut. Ini lagi dicari penggantinya. Masa enggak dicari penggantinya, siapa yang gantiin, tegas Presiden. Presiden lagi-lagi belum memberitahu jadwal pengumuman kabinetnya. Ia hanya mengaku akan segera disampaikan pada publik setelah selesai mencari pengganti 8 nama yang bermasalah. Di sesi jumpa pers ini, Jokowi terkesan lebih tegas dibanding biasanya. Sejumlah pertanyaan awak media yang dia nilai tidak konkret, langsung dia potong. (Pertanyaan) Jika, kalau, seandainya. Saya nggak mau jawab yang seperti itu, ketus Jokowi. (flo/jpnn)
Hadapi Galatasaray, Dortmund Buru Pembangkit Mental
ISTANBUL - Borussia Dortmund memiliki ambisi penting ketika bersua Galatasaray pada laga ketiga Liga Champions 2014/2015. Dortmund bertekad menekuk Galatasaray untuk membangkitkan mental. Sebagaimana diketahui, Dortmund memang tampil amburadul di Bundesliga. Hingga kini, Dortmund sudah menelan lima kekalahan dalam delapan laga yang sudah dijalani. Tapi, performa Dortmund di Liga Champions sangat hebat setelah selalu memetik kemenangan dari dua laga. Kami sangat berharap bisa mendapat momen membangkitkan mental. Kami bisa mendongkrak kepercayaan diri dengan kemenangan, terang bek Dortmund, Neven Subotic di laman Bild. Bek asal Serbia itu mengaku tak tahu alasan di balik timpangnya performa Dortmund di Liga Champions dan kompetisi domestik. Padahal, Dortmund selalu menunjukkan sikap yang sama di setiap laga. Itu adalah hal yang susah dijelaskan. Kami bermain baik di Liga Champions, namun buruk di Bundesliga. Dalam level sepakbola profesional, ada hal detail yang bisa mengubah pertandingan, tegas Subotic. (jos/jpnn)
JK: Saya dan Pak Jokowi Tidak Bisa Didesak-desak
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akui keterlibatan pimpinan partai politik dalam proses penyusunan kabinet. Termasuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dengan semua ketua partai kita berkonsultasi. Apalagi Ibu Mega, pasti lah, kata Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Rabu (22/10). Menurutnya, para pimpinan partai politik memang memberikan rekomendasi nama-nama yang layak untuk dijadikan pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, tidak ada paksaan dari mereka agar usulan tersebut diterima. Kalau pun ada partai yang memaksakan kadernya masuk kabinet, JK jamin tidak akan dipenuhi. Politikus senior Partai Golkar ini menegaskan, dalam hal kabinet keputusan akhir sepenuhnya berada di tangan presiden. Tidak ada lah yang desak-desak. Saya dan Pak Jokowi tidak bisa didesak-desak, tegas pria asal Bone, Sulawesi Selatan ini.(dil/jpnn)
Jamu Madrid, Liverpool Ingin Ulangi Memori 2009
LIVERPOOL- Liverpool mengusung memori musim 2009 ketika menjamu Real Madrid pada laga ketiga Liga Champions 2014/2015. Steven Gerrard dkk bertekad mempermalukan Madrid di Stadion Anfield, Kamis (23/10) dini hari WIB. Liverpool memang pernah menuai kemenangan sensasional ketika menumbangkan Madrid dengan skor 4-0 lima tahun silam. Saat itu, Gerrard berhasil menciptakan brace alias dua gol. Itu adalah malam yang indah bagi saya dan tim. Itu merupakan performa tim yang luar biasa. Kami ingin menunjukkan level yang sama di laga nanti, terang Gerrard di laman Sky Sports. Bagi Liverpool, kemenangan atas Madrid merupakan harga mati jika ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Liverpool yang saat ini berada di posisi kedua dengan koleksi tiga angka memiliki nilai yang sama dengan FC Basel. Semua orang tahu bagaimana sejarah klub ini. Sangat penting bagi kami untuk terus melangkah sejauh mungkin. Kami akan mengulangi musim 2009 jika ingin mendapat hasil positif, tegas Gerrard. (jos/jpnn)
Tim Jokowi Geram Nama Calon Menteri Beredar di Dunia Maya
JAKARTA - Sejumlah daftar nama calon menteri bentukan Presiden RI Joko Widodo yang diduga diserahkan Presiden ke PPATK dan KPK beredar luas di dunia maya. Menanggapi itu, mantan Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto menyatakan bahwa seharusnya sejumlah nama tersebut tidak beredar luas, karena menyangkut rahasia negara. Nama itu rahasia negara, yang nyebut nama itu melanggar rahasia negara, ujar Andi di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, (22/10). Menurut Andi pihaknya memang sudah melarang keras adanya penyebutan daftar nama, baik yang diblacklist maupun tidak. Kami keras tidak menyebut nama, Pak Jokowi akan klarifikasi terus menerus. Dokumen yang diserahkan KPK dan PPATK itu sangat rahasia, tegas Andi. (flo/jpnn)
Roma Evaluasi Ulang Level Internasional
ROMA- AS Roma menuai hasil memalukan pada laga ketiga Liga Champions 2014/2015. Tim berjuluk Giallorossi itu ditekuk Bayern Muenchen dengan skor 1-7 (0-5) di Stadion Olimpico, Rabu (22/10) dini hari WIB. Kekalahan itu seolah langsung membuat Roma kembali ke bumi. Padahal, sebelumnya Roma terbang tinggi usai mendapat tiga angka dari dua laga lIga Champions. Kami harus mengevaluasi ulang level internasional kami. Kami akan menginterogasi diri kami sendiri tentang apa yang terjadi, terang Direktur Olahraga Roma, Walter Sabatini di laman Sky Italia. Namun, Sabatini membantah armadanya mengusung sikap arogan sebelum pertandingan digelar. Menurut Sabatini, Daniele De Rossi dkk tetap memiliki sikap yang sama seperti pertandingan biasanya. Arogan bukanlah karakter di dalam tim ini. Arogan tidak pernah ada di Roma. Kami memiliki kepercayaan diri bisa memainkan sepakbola bagus. Kami akan berusaha menghapus hasil buruk ini, tegas Sabatini. (jos/jpnn)
Berkas JIS Bolak-Balik, Ini Alasan Kajati DKI
JAKARTA - Berkas perkara kasus dugaan pelecehan seksual murid Taman Kanak-Kanak Jakarta International School (JIS) untuk dua tersangka guru, Ferdinand Tjiong dan Neil Bentleman, tak kunjung rampung. Berkas perkara kedua tersangka ini sudah berkali-kali bolak-balik dari Polda Metro Jaya ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Kepala Kejati DKI Jakarta M. Adi Toegarisman mengakui jika berkas perkara itu memang bolak balik. Namun, saat ini berkas itu sudah berada di tangan Kejati DKI Jakarta lagi untuk dilakukan penelitian. Itu dua kali balik. Sekarang sudah ada di kita. Kita akan teliti ulang, ungkap Adi, kepada wartawan di Kejaksaan Agung di Jakarta, Rabu (22/10). Adi beralasan, pihaknya tidak ingin gegabah dalam melakukan penelitian terhadap berkas perkara dua tersangka ini. Sebab, kata Adi, penelitian itu dilakukan dalam rangka untuk persiapan pembuktian, supaya nanti bisa lancar saat masuk ke persidangan di pengadilan. Ya kita kan meneliti dalam rangka persiapan pembuktian. Jangan sampai ada kelemahan-kelemahan formil dan materil, ujar Adi. Bekas Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, itu menegaskan tidak ada kendala yang dihadapi Kejati DKI Jakarta dalam memeroses berkas tersebut. Saya kira itu bukan kendala. Itu adalah proses, tegas Adi. (boy/jpnn)
Jadwal Liga Champions Kamis Dini Hari
JAKARTA - Delapan laga match day ketiga fase grup Liga Champions, tuntas digelar Rabu (22/10) dini hari. Apa yang terjadi dalam 8 pertandingan tersebut cukup fantastis, ada 40 gol yang tercipta. Bagaimana dengan delapan pertandingan lain, yang akan bergulir di Grup A hingga D, Kamis (23/10) dini hari nanti? Ada big match Liverpool versus Real Madrid di Anfield. Meski lebih dijagokan, Real Madrid dipastikan tak bisa tenang melakoni partai yang satu ini. Anfield dikenal sebagai sebuah stadion yang angker buat tamu. Pasukan arahan Brendan Rodgers pun tentu ingin membuktikan diri bahwa mereka pantas bermain di Liga Champions. Selain duel panas di Anfield tersebut, laga sengit juga diprediksi akan berlangsung di Istanbul, saat tuan rumah Galatasaray menjamu jagoan Jerman, Borussia Dortmund. Berikut jadwal Liga Champions Kamis (23/10) dini hari. (adk/jpnn) Grup A Atletico Madrid vs Malmo FF Olympiakos vs Juventus Grup B Liverpool vs Real Madrid (Live SCTV, 01.30 WIB) Ludogorets vs Basel Grup C Bayer Leverkusen vs Zenit St. Petersburg Monaco vs Benfica Grup D Anderlecht vs Arsenal Galatasaray vs Borussia Dortmund (Delay SCTV, 04.00 WIB)
Beritanya Jadi Heboh, Risna Merasa Risih
JAKARTA - Pertentangan kehadiran Risna di pesta perkawinan Rais, mantan pacarnya masih terus bergulir di media sosial. Netizens pun turut melakukan komentar. Ada yang menganggap lebay, ikut simpati dan memuji kecantikan wanita berusia 22 tahun itu. Sabar yaa kaa pasti dapet yg lebih baik ... percaya kalo rencana Allah itu indah, kata pemilik akun facebook Novy Nandar. Risna sendiri mengaku tak mengehendaki peristiwa itu terjadi. Pengambilan gambar yang merekam pilu cintanya tak sampai di pelaminan Rais di Herlang, Kecamatan Bulukumba, Jumat (17/10) lalu di luar kendalinya. [Baca: Risna Kaget Fotonya Sudah Tersebar di Media Sosial] Ini adalah urusan privasi saya, kata Risna kepada JPNN.com. Wanita berprofesi sebagai bidan ini juga mengaku risih karena beritanya mendadak heboh. Apalagi itu sudah diketahui oleh rekan-rekannya. Saya tahu dari teman, ucapnya. Risna ingin menjalani hidupnya dan tak ingin lagi mengingat peristiwa yang memilukan itu. Apalagi kata dia, dia juga sudah punya pilihan hidup. [Baca: Risna, Kamu Harus Kuat] (awa/jpnn)
Ganti Neymar-Messi, Enrique Bantah Fokus El Clasico
BARCELONA- Luis Enrique tak mau memforsir tenaga Lionel Messi dan Neymar ketika Barcelona menekuk Ajax Amsterdam dengan skor 3-1 (2-0) pada laga ketiga Liga Champions di Nou Camp, Rabu (22/10) dini hari WIB. Dalam laga itu, Enrique menarik Neymar dan Messi saat pertandingan berlangsung satu jam. Namun, Enrique membantah hal itu dilakukan sebagai bagian menghadapi El Clasico kontra Real Madrid akhir pekan nanti. Sepakbola adalah tentang resiko berkelanjutan. Saya percaya dengan skuat ini. Saya tak memikirkan El Clasico, terang Enrique setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman AS. Meski menang, Enrique ternyata belum terlalu puas. Menurut mantan pelatih AS Roma dan Celta Vigo itu, Barcelona seharusnya bisa memastikan kemenangan di babak pertama. Kami tak bisa mengakhiri laga di babak pertama ketika kami bermain jauh lebih baik. Tugas saya bukan hanya bekerja sama dengan Messi dan Neymar, tegas Enrique. (jos/jpnn)
PKB Mengaku Gagal Perjuangkan Muhaimin Rangkap Jabatan Menteri
JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy mengaku jika partainya gagal memperjuangkan Ketumnya Muhaimin Iskandar, rangkap jabatan menjadi menteri kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hal ini disampaikan Lukman Edy saat menanggapi keinginan Muhaimin Iskandar yang mau fokus mengurus partainya. Kita sendiri di internal partai belum membahas secara resmi keinginan ketum untuk serius memimpin PKB. Ini mendorong Pak Muhaimin rangkap menteri mentok, kata Lukman Edy di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (22/10). Ya, Jokowi kemarin menegaskan jika dirinya tidak akan mengakomodasi ketum partai politik menjadi menteri, karena Presiden ingin para pembantu di kabinetnya nanti bisa fokus bekerja tanpa diganggu urusan partai. Politikus asal Provinsi Riau itu mengatakan, keinginan Muhaimin fokus mengurus partai sebagai kicauannya di twitter sebagai keinginan pribadi. Kicauan itu juga belum dibahas di internal PKB. Yang jelas, Lukman melihat sambutan kader atas kicauan Muhaimin itu direspon dengan baik. Bahkan kader mendorong pimpinan partai yang akrab disapa Cak Imin itu tetap menjadi negawaran. Respon di twitternya memberikan dukungan kepada keinginan ketum, bagaimana respon kader PKB di twitter memberikan semangat, kita mendorong Muhaimin negarawanan, tandasnya.(fat/jpnn)
Tak Mau Berhari Tua di rumah, Azwar Ingin Jadi Penceramah
JAKARTA - Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar tak mau jadi pengangguran selepas tak lagi duduk di kabinet. Tokohasal Nangroe Aceh Darussalam (NAD) itu pun sudah punya rencana agar tetap bermanfaat bagi banyak orang. Azwar menegaskan, dirinya tak punya keinginan muluk-muluk. Polititi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga tak mau jadi pengusaha. Kalau jadi pengusaha, saya tidak kuat lagi di usia 62 tahun lebih, ujarnya di. Karena tidak ingin menikmati masa pensiun di rumah saja, Azwar sudah punya angan-angan. Lebih nyaman memberikan ceramah. Tapi kalau ada yang ingin minta pendapat tentang program reformasi birokrasi, saya bersedia memberikan bantuan, tandasnya. Azwar mengaku bahagia bisa memimpin KemenPAN-RB selama tiga tahun. Diapun mengklaim seluruh program kerjanya sudah tercapai 100 persen. Saya sebenarnya tidak memikirkan apa-apa kalau sudah tidak jadi menteri PAN-RB lagi. Karena saat menjadi MenPAN-RB juga saya tidak pikir apa-apa, katanya.(esy/jpnn)
Di Australia, Sushi Lebih Popular Dibandingkan Makanan Asia Lainnya
Roy Morgan Research, lembaga penelitian di Australia baru-baru ini melakukan survei soal makanan khas Asia, khususnya dari Jepang dan Cina. Hasilnya, sushi lebih popular dibandingkan jenis makan finger food, seperti spring roll, lumpia asal negeri Cina.Sushi menjadi popular karena dianggap lebih sehat, terutama bagi warga Australia yang peduli dengan kandungan dalam sushi.Dari survei yang dilakukan antara bulan Juli 2009 dan Juni 2014 ditemukan bahwa warga Australia yang menyukai sushi telah meningkat dari 36 persen menjadi 40 persen.Di saat yang bersamaan, mereka yang menyukai spring roll telah menurun dari 37 persen menjadi 35 persen.Penurunan juga terjadi pada makanan sejenis yang digoreng kering, seperti Dim Sims, Chiko Rolls, dan kentang goreng.Tidak ragu lagi, Australia adalah negara yang penggemar sushinya telah meningkat pesat, juga dengan kios-kios makanan yang semakin banyak menjual sushi. Jika kepopuleran ini terus meningkat, tak heran kalau jumlahnya akan terus bertambah di masa depan, ujar Angela Smith dari Roy Morgan Research.Sushi digemari terutama bagi warga yang sangat memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Sementara spring roll lebih digemari oleh mereka yang lebih mengutamakan rasa dibandingkan kalori. Kedua makanan ini sangat popular bagi warga Australia yang berusia dibawah 50 tahun, jelas Angela.Di Australia, sushi lebih digemari oleh perempuan (43%) dibandingkan pria (37%), sebaliknya spring roll lebih digemari pria (37%) dibandingkan perempuan (34%).Sushi juga lebih popular di kalangan anak muda berusia 18 hingga 24 tahun, sementara spring roll banyak disukai oleh para remaja berusia dibawah 18 tahun.Bagi Anda sendiri, mana yang lebih disukai, sushi atau spring roll?Dapatkan informasi seputar gaya hidup, perjalanan, sains, dan edukasi dari Australia di http://www.australiaplus.com/indonesian
Dahlan Iskan Antar Pria Buta Operasi di RS
JAKARTA - Mantan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memulai aktivitasnya Rabu (22/10) dengan kegiatan sosial. Pagi tadi pukul 08.00 WIB, ia bergegas menuju ke RS Klinik Nusantara Kemayoran, Jakarta untuk mengantarkan Mawi, yang tak lain adalah ayah kandung supir pribadinya, Sahidin. Mawi sudah delapan tahun tidak bisa melihat lantaran penyakit katarak yang dideritanya. Karenanya Dahlan langsung memboyong Mawi berserta istrinya, Mamar, ke Jakarta untuk berobat. Betul ini bapakku lagi dibawa ke RS di Kemayoran oleh Pak Dahlan. Bapakku sejak 2006 tidak bisa melihat. Jadi dari Cianjur kemarin langsung diajak ke Jakarta sama bapak (Dahlan, red), ungkap Sahidin pada JPNN, Rabu (22/10). Saat mengetahui penyakit Mawi, pria asal Magetan, Jawa Timur itu yakin bahwa ayahnya Sahidin itu bisa disembuhkan bila dioperasi. Karenanya, saat ini Dahlan membawa Mawi berobat untuk mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan. Untuk biaya, mantan Dirut PLN itu bakal menanggung seluruhnya. Kata Pak Dahlan, ini mah sakit bisa diobatin ayo ikut saya ke Jakarta dan tadi pagi langsung dibawa ke Rumah Sakit, terang Sahidin menirukan Dahlan. (chi/jpnn)
PPP Status Quo di KMP
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, mengatakan posisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Koalisi Merah Putih (KMP), masih status quo pasca. Itu menyusul merapatnya PPP ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sejak pemilihan pimpinan MPR RI lalu. Hal tersebut dikatakan Fadli menanggapi status PPP di KMP dalam pemilihan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR. Apakah PPP masih masuk paket pimpinan KMP atau tidak? Ya masih status quo, tapi kita lihat nanti, kata Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (21/10). Fadli menyebutkan, mekanisme pemilihan pimpinan komisi sejauh ini disepakati melalui musyawarah mufakat. Nah, jika itu tidak tercapai baru ditempuh mekanisme voting. Kalau begitu harus ada paket yang diusulkan. Nah, di sini lah Fadli belum bisa memastikan apakah PPP masih akan diakomodasi KMP dalam paketnya nanti atau didepak. Kita lihat nanti. Kan aturannya kita musyawarah mufakat, kalau musyawarah mufakat dilakukan belum bisa ya harus melalui paket, tandasnya.(fat/jpnn)
Ingatkan Jokowi Konsisten Pilih Menteri Berdasar Catatan KPK
JAKARTA - Sejumlah nama yang masuk dalam daftar calon menteri di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla masuk dalam kategori merah berdasar catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Karenanya, Presiden Joko Widodo sebaiknya tidak memilih pembantu di kabinet yang berpotensi bermasalah secara hukum di kemudian hari. Menurut pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), AA Ari Dwipayana, Presiden Joko Widodo -panggilan tenar Joko Widodo- harus memastikan kabinet yang dibentuk nanti tak terbebani dengan masalah hukum karena ada menteri yang dijerat KPK. Ini juga penting untuk menghindari pemerintahan baru dari beban-beban yang tidak perlu, sehingga pemerintahan bisa langsung bekerja, ujar Ari daam keterangan kepada wartawan, Rabu (22/10). Ari pun mengingatkan Jokowi agar konsisten mengacu temuan KPK dan PPATK dalam menyaring calon menteri. Artinya, lanjut Ari, demi mewujudkan kabinet yang handal dan kredibel maka tidak ada pilihan lain bagi Jokowi selain mencoret nama calon menteri yang masuk kategori merah berdasarakan catatan KPK dan PPATK. Political will (itikad politik, red) presiden untuk melibatkan KPK dan PPATK dalam proses seleksi menteri harusnya bukan bagian dari aksesori, melainkan sebagai komitmen untuk membangun kabinet yang kredibel, tanda Ari. Menurut Ari, keinginan Jokowi membentuk kabinet yang handal, kredibel dan bekerja juga menjadi harapan publik. Karenanya, jangan sampai kabinet justru jadi sarana berlindung diri bagi figur yang bermasalah karena kasus korupsi. Isu utamanya adalah bagiama presiden bisa menangkap harapan publik untuk membentuk kabinet yang handal, bekerja dan kredibel. Inilah dasar mengapa pelibatan KPK dan PPATK bagian dari harapan itu, pungkasnya.(ara/jpnn)
KPK Geledah Rumah Eks Gubernur Papua terkait Kasus PLTA
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu, Rabu (22/10). Penggeledahan dilakukan terkait kasus dugaan korupsi pengadaan detailing engineering design Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Mamberamo 2009-2010. Penyidik hari ini (22/10) menggeledah satu lokasi rumah milik Barnabas Suebu di Jl.Pinguin Sektor 3 Bintaro, Tangerang Selatan, kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP dalam pesan singkat, Rabu (22/10). KPK menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan detailing engineering design PLTA di Sungai Mamberamo tahun anggaran 2009-2010. Selain Barnabas, tersangka lainnya adalah Direktur Utama PT Konsultasi Pembangunan Irian Jaya (KPIJ) La Musi Didi dan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua 2008-2011 Jannes Johan Karubaba. PT KPIJ merupakan perusahaan swasta yang mengerjakan proyek senilai sekitar Rp 56 miliar itu. Diduga PT KPIJ melakukan penggelembungan harga proyek dan mempunyai hubungan dengan Barnabas. KPK menjerat ketiga tersangka dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Pasal itu mengatur tentang perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada pada jabatan atau kedudukan sehingga dapat merugikan keuangan dan perekonomian negara. Pelaku yang terbukti melanggar pasal tersebut terancam pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Atas perbuatan ketiganya negara dirugikan Rp 35 miliar.(gil/jpnn)
Andhi Nirwanto Jadi Operasional Harian Jaksa Agung
JAKARTA - Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto menjadi pelaksana operasional harian Jaksa Agung, mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Basrief Arief. Andhi akan menjadi pelaksana sampai Presiden Joko Widodo mengangkat Jaksa Agung definitif. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony Tribagus Spontana, jabatan Jaksa Agung berakhir seiring dengan selesainya masa jabatan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI. Menurutnya, itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi pada 2010 yang menyebutkan bahwa jabatan jaksa agung sama dengan kabinet. Dengan berakhirnya masa jabatan Presiden SBY, maka (jabatan) Jaksa Agung juga berakhir, kata Tony, Rabu (22/10). Dijelaskan Tony, disebut jabatan pelaksana operasional harian itu karena tidak adanya jabatan Pelaksana Tugas atau Pelaksana Harian dalam aturan berlaku. Soal sosok Jaksa Agung Baru, Tony mengaku belum tahu. Sebab, siapa yang akan dipilih menjadi Jaksa Agung merupakan hak prerogatif Presiden RI. (boy/jpnn)
Wings Air Buka Rute Palu – Tolitoli
JAKARTA - Lion Group melalui anak perusahaannya, yakni Wings Air membuka jalur penerbangan baru Palu- Tolitoli. Nantinya, Wings Air akan terbang dua kali dalam seminggu, setiap Rabu dan Jumat dengan menggunakan pesawat ATR 72-500/600 yang mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 72 kursi. Dengan diresmikannya penerbangan perdana rute Palu-Toli Toli ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal dan membantu pertumbuhan sektor pariwisata, baik di Palu maupun di Toli-Toli, harap Direktur Operasional Wings Air, Redi Irawan di Jakarta, Rabu (22/10). Dalam rute Palu-Toli Toli ini salah satu kemudahan yang ditawarkan Wings Air yakni para penumpang bisa melanjutkan penerbangan dari Palu ke berbagai kota di Indonesia, seperti Ujung Pandang, Surabaya dan Jakarta. Mereka bisa terbang dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Group lainnya yaitu Lion Air dan Batik Air, seru Redi. Wings Air saat ini kata Redi, mempunyai total 29 pesawat ATR 72-500 dan ATR 72-600. Di mana pihaknya akan terus membuka jalur-jalur penerbangan baru dengan tujuan bandara-bandara kabupaten, khususnya di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur yang hanya bisa di mendarati oleh pesawat berbadan kecil. Adapun jadwal keberangkatan Wings Air rute Palu-Toli Toli ini akan berangkat dari Bandar Udara Mutiara, Palu menuju Toli - Toil pada pukul 09.45 WITA dan tiba 10.25 WITA dan keberangkatan dari Bandar Udara Sultan Bantilan, Toli Toli pada pukul 10.50 WITA dan tiba di Palu pada pukul 11.30 WITA. (chi/jpnn)
Pertama Kali, Ilmuwan Selami Dasar Laut Kutub Selatan
Para ilmuwan akan segera menyelami perairan Antartika atau Kutub Selatan untuk menguji kondisi laut di masa mendatang dan mempelajari dampak dari pengasaman.Lebih dari 80 orang yang meliputi ilmuwan, insinyur, dan para penyelam akan berada di kapal Aurora Australis ketika meninggalkan Pos Davis pada 22 Oktober malam waktu setempat.Untuk pertama kalinya, para ilmuwan akan mencoba untuk menguji kondisi laut Antartika dalam sebuah eksperimen besar yang dilakukan di dasar laut.Ketika karbon dioksida larut dari atmosfer menuju ke laut, air laut menjadi lebih asam.Para ilmuwan memprediksi, pada tahun 2100, laut akan menjadi 2,5 kali lebih asam dibanding saat ini.Teori itu akan diuji oleh sebuah tim yang berbasis di Pos Casey, Antartika, yang akan membangun ruang bawah air khusus.Karbon dioksida akan dimunculkan untuk mengukur dampaknya pada makhluk di dasar laut.Ekologis laut dari instansi pemerintah Australia Antarctic Division, Dr. Jonny Stark, mengatakan, proyek ini akan memberi para ilmuwan sebuah jendela untuk melihat masa depan.Kami akan mampu mendeteksi perubahan apapun di komunitas dasar laut selama penelitian 4 bulan ini, lihat apa yang terjadi pada binatang dan tumbuhan dan bagaimana hubungan antara air dan endapan dasar laut berubah tiap waktu, jelasnya.Kamar eksperimen yang dibangun akan dilengkapi dengan alat pengukur aliran air, sensor suhu, dan kamera, yang akan merekam semua perubahan di lingkungan itu.Sistme pipa dan pompa yang kompleks akan bekerja 24 jam sehari untuk menarik air laut ke permukaan, di mana ia akan diperkaya dengan karbon dioksida, sebelum dipompa kembali ke bawah es laut dan diarahkan kembali ke kamar eksperimen.Eksperimen ini akan dilakukan selama bulan November 2014 hingga Maret 2015.Beberapa anggota tim penelitian sudah terbang ke Kutub Selatan minggu lalu.Gangguan es lautRobb Clifton dari Antarctic Division Australia mengatakan, kondisi es laut di Antartika timur, saat ini, sungguh menantang.Ia mengungkapkan, es laut yang menebal membuat proyek penyelaman ini semakin sulit untuk dilakukan.Tapi kami sudah tahu tentang itu. Maksud saya, teori yang kami punya menginformasikan bahwa ini yang kami hadapi sehingga kami menyiapkan sejumlah rencana agar jika kami terhambat karena kondisi es yang sulit, kami masih bisa melakukan sebanyak mungkin yang kami bisa, ujarnya.Ia menambahkan, Kami sedang memantau situasinya dengan seksama seiring citra satelit terbaru menunjukkan adanya es laut yang luas di sekitar Pos Davis, tapi kami tidak tahu di mana itu hingga kita tiba di sana.
Panggil Siti Nurbaya, Presiden Tanya Biodata
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo bisa jadi tengah melakukan fit and proper test pada sejumlah calon menteri dalam kabinetnya. Pasalnya, untuk beberapa orang yang dipanggilnya ke Istana, Presiden menanyakan beberapa hal yang tidak biasanya. Ini terjadi pada Politikus Partai Nasdem Siti Nurbaya Bakar. Dia mengaku ditanya Presiden soal asal pendidikannya terdahulu. Saya ditanya soal sumber daya alam, terus tanya sekolah di mana, ujar lulusan IPB itu usai bertemu Presiden di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/10). Siti mengaku tak tahu apakah pertanyaan itu adalah bagian dari fit and proper test. Ia pun membantah membawa CV khusus untuk bertemu Presiden. Enggak tahu juga saya, sambungnya. Ditanya kesiapannya jika ditawari jadi menteri, Siti hanya tertawa. Kalau kader diperintah ya harus siap, tegasnya. Mantan Sekjen di Kementerian Dalam Negeri itu mengatakan Presiden juga menanyakan padanya terkait kultur birokrasi dan bagaimana membenahi organisasi pusat dan daerah. Itu, kata dia, wajar karena ia termasuk dalam pokja transisi yang telah dibubarkan. Tapi lebih banyak kita ngomongin perizinan dan kaitannya dengan sumber daya alam, tandas Siti, yang jabatannya terakhir di birokrasi sebagai sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu. (flo/jpnn)
Siap Amankan Presiden Jokowi saat Blusukan
JAKARTA - Presiden Joko Widodo sudah menegaskan bahwa dirinya akan tetap blusukan dan dekat dengan rakyat. Karena itu, pengawalan terhadap RI 1 tersebut juga harus fleksibel. Hal itu diakui Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) yang baru, Mayjen TNI Andika Perkasa. Namun, dia menegaskan, fleksibilitas tidak serta merta mengendurkan aspek keamanan. Fleksibilitas itu perlu karena itu keinginan beliau. Saya lah yang harus menterjemahkan petunjuk beliau agar bisa terwujud tapi juga tetap aman, ujarnya usai upacara serah terima jabatan di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta (Rabu, 22/10). Namun begitu, Mayjen Andika tidak mau membeberkan detail mengenai prosedur pengamanan yang akan dilakukannya. Dia juga menegaskan akan segera mulai pekerjaannya itu hari ini. Setelah ini saya menghadap beliau (presiden) karena mulai bekerja hari ini. Kalau soal operasi, saya mohon maaf tidak bisa bicara, elak menantu Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, yang juga penasihat Jokowi pada masa Pilpres kemarin. (zul/RMOL)
Pimpinan DPR Berharap Kerja Dewan tak Dihambat Kabinet Jokowi-JK
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berharap kerja DPR RI tidak dihambat oleh pembentukan kabinet Presiden dan Wakil Presiden JokoWidodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal ini dikatakan menanggapi rencana PDIP yang akan menyerahkan daftar nama anggota komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) dari partai itu setelah kabinet Jokowi-JK diumumkan. Ya kita lihatlah, jangan sampai kemudian ini justru menjadi bergaining politik. Kerja dewan jangan dihambat oleh apa yang terjadi di eksekutif (pembentukan kabinet), kata Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (22/10). Fadli menyebutkan pimpinan DPR sudah sepakat akan segera mengagendakan pemilihan pimpinan komisi dan AKD. Jika tidak bisa hari ini maka akan dilakukan besok. Politikus Gerindra ini hanya meminta tata tertib dewan soal komisi dan AKD dihargai semua fraksi. Apalagi sudah ada lima fraksi yang menyerahkan daftar nama anggotanya. Ini yang seharusnya kita sama-sama hargai, karena ada sejumlah fraksi yang telah menyerahkan nama-nama di komisi, dan seharusnya kita sudah bekerja membentuk itu, jelasnya. Ditambahkan, sesuai dengan pasal 271 ayat c Tatib DPR, maka FPDIP, FPKB, F-Nasdem, F-Hanura dan FPPP, masih diberi toleransi menyempurnakan daftar anggota fraksinya untuk komisi dan AKD. Namun batas waktunya hanya 1x24 jam setelah nomenklatur komisi dan AKD disahkan, Selasa (21/10), pukul 16.00 WIB.(fat/jpnn)
Disebut Calon Menteri Bermasalah, Teras Narang: Saya No Comment
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang yang disebut-sebut merupakan salah satu kandidat calon menteri dalam kabinet Jokowi-JK. Bahkan informasi santer disebutkan Teras merupakan salah satu dari 43 nama yang disetorkan Jokowi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk di screening. Peluang gubernur yang akan menghabiskan masa jabatannya Agustus 2015 mendatang itu untuk menuju kursi menteri pun diprediksi banyak kalangan cukup besar. Namun kemarin, kabar kurang sedap berhembus menyusul hasil penelusuran rekam jejak calon menteri oleh KPK dan PPATK yang diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Dalam daftar tersebut, nama Agustin Teras Narang diisukan masuk yang diwarnai merah oleh KPK. Meski demikian, KPK sendiri menyatakan tidak akan merilis ke publik nama-nama calon menteri yang dilaporkan presiden terpilih Joko Widodo untuk dilakukan background check. Sementara itu, Teras Narang ketika dikonfirmasi via telepon genggamnya, Selasa (21/10) sore enggan menanggapi hal tersebut. Ia mengaku soal penunjukan menteri adalah kewenangan dan hak prerogatif presiden. Saya no comment, ujarnya seperti dilansir Kalteng Post (Grup JPNN.com), Rabu (22/10). Teras juga memberikan jawaban yang sama saat diminta tanggapannya tentang hasil screening yang dilakukan KPK dan PPATK. Soal itu, saya juga no comment, tegas pria kelahiran 12 Oktober 1955 itu. Sejauh ini beberapa nama calon menteri yang beredar di tengah masyarkat seperti Sri Mulyani, Eva Sundari, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Komjen Pol Budi Gunawan, Hamid Awaluddin, Irjen Pol Syafrudin, Tjahjo Kumolo, Pramono Anung, Puan Maharani, Agustin Teras Narang, Yunus Husein, Hasto Krisyanto, Mas Achmad Santosa, Darmin Nasution. RJ Lino, Dr. Anwar. Ignasius Jonan, Luhut Panjaitan, Yuddy Chrisnandi, Marwan Jafar, Rusdi Kirana, Jimly Asshiddiqie, Pratikno, Ferry Mursyidan Baldan, Jhonny Darmawan, Sudhamek, Siti Nurbaya, Wiranto, dan M Yusuf. Munculnya nama Teras Narang sebagai salah satu kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK, memang mengundang pro-kontra. Banyak dukungan masyarakat Kalteng khususnya. Meski tak sedikit pula yang bersikap kontra. Sebagai gubernur yang telah menjabat dua kali berturut-turut, Teras Narang diakui cukup berhasil membawa pembangunan Kalteng lebih maju. Namun di sisi lain, tak sedikit pula persoalan atau masalah di Bumi Tambun Bungai yang belum mampu diselesaikan hingga menjelang akhir masa jabatannya. Seperti permasalahan RTRWP Kalteng yang tak kunjung tuntas, maraknya penerbitan izin perkebunan dan pertambangan bermasalah, kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap.(*/nto/tur)
Mayjen Andika Segera Lapor ke Presiden Jokowi
JAKARTA - Mayjen TNI Andika Perkasa mengaku siap melaksanakan tugas sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Mantan Kadispenad ini mengutarakan kesiapan tersebut usai upacara serah terima jabatan di Mako Paspamres, Tanah Abang, Jakarta (Rabu, 22/10). Saya siap melaksanakan tugas. Terima kasih banyak atas dukungan bapak Panglima TNI dan kepala staf angkatan darat serta seluruh perwira senior, dan juga yang penting dukungan rekan-rekan media, katanya. Setelah resmi menerima jabatan Danpaspampres, Mayjen Andika berencana segera melapor ke presiden untuk meminta masukan tambahan mengenai pengawalan yang diinginkan. Saya siap melaksanakan tugas. Setelah ini saya akan melapor ke Presiden kalau saya siap melakukan (pengawalan). Saya kira beliau akan memberi masukan untuk saya, tambahnya. Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kepala BIN Marciano Norman, mantan kepala BIN Hendropriyono dan beberapa pejabat tinggi TNI lainnya.(wid/RMOL)
Polri Setor 4 Nama Calon Ajudan ke Jokowi
JAKARTA - Kapolri Jenderal Sutarman mengungkapkan, pihaknya telah menyetor empat nama untuk menjadi ajudan bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Empat nama itu adalah Teddy Minahasa, Baharudin, Agus Widjayanto dan Listio Sigit. Menurut Sutarman, Polri hanya sebatas menyetor nama-nama ke Presiden Jokowi. Namun, soal siapa nama yang akan ditunjuk sebagai ajudan, Sutarman menyerahkan sepenuhnya ke Presiden Jokowi. Ajudan presiden hak perogratif bapak presiden. Kita memilih putra terbaik (untuk diusulkan), kata Sutarman di sela-sela memimpin Apel Konsolidasi Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres 2014 dan Operasi Mantap Brata 2014, di Markas Polda Metro Jaya, Rabu (22/10). Selain itu, kata Sutarman, ada beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam mengajukan calon ajudan presiden itu. Misalnya, faktor angkatan dan lainnya. Namun, semua kembali kepada presiden selaku user. Karena sehari-hari harus bertemu dengan presiden, dan ajudan adalah di samping menjadi perisai hidup, tempat pertama kali diajak berbicara atau curhat, kemudian mampu memberikan masukan-masukan berdiskusi, kata Kapolri. Karenanya Sutarman menegaskan, ajudan harus memiliki kemampuan yang baik dalam aspek intelektual, integritas dan komunikasi. Namun, Sutarman lagi-lagi menegaskan bahwa pilihan akhir ada di presiden. Itu yang tahu persis adalah presiden. Jadi kami siapkan, beliau yang menilai, pungkasnya.(boy/jpnn)
Berkas Tersangka Penghina Jogja Dinyatakan P21
SLEMAN - Setelah sempat surut dari pemberitaan, kasus Florence Sihombing kembali mengemuka. Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan berkas perkara mahasiswi pascasarjana Fakultas Hukum UGM yang kicauannya di jejaring sosial Path dianggap menghina masyarakat Jogjakarta itu telah lengkap (P21) kemarin (20/10). Selanjutnya, Polda DIY melimpahkan berkas berita acara pemeriksaan (BAP) Flo -panggilan Florence- ke Kejaksaan Tinggi DIY. Setelah BAP diterima jaksa, penyidik segera menyerahkan tersangka dan barang bukti pendukung, jelas Kabid Humas Polda DIJ AKBP Anny Pudjiastuti seperti dikutip Radar Jogja. Barang bukti yang dimaksud adalah print out status Flo dalam akun Path dan telepon seluler milik perempuan 26 tahun itu. Anny mengatakan, penyidik secara intensif berkoordinasi dengan jaksa terkait penuntasan kasus tersebut. Flo dijerat pasal 27 dan 28 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Nomor 11 Tahun 2008. Akibat kicauannya di Path, Florence diduga telah menyebabkan timbulnya kebencian dan permusuhan kelompok masyarakat, papar Anny. Flo terjerat perkara hukum berawal dari kekesalannya saat membeli bensin di SPBU Lempuyangan, 28 September lalu. Dia bermaksud membeli Pertamax, namun tak mau mengantre dari belakang, hingga mendapat teguran dari konsumen lain. Flo ternyata kecewa dengan tguran itu dan menumpahkan kekecewaannya di akun Path. Di akun pribadinya, Flo menulis status yang isinya mengumpat dan menyebut masyarakat Jogjakarta dengan kata-kata yang dianggap kurang sopan. Status itu pun menyebar ke banyak media sosial lain, sehingga menjadi konsumsi publik. Akibat tindakannya itu, sejumlah elemen masyarakat melaporkan Florence ke Polda DIY. Hingga pada 30 Agustus lalu, Flo ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan Flo sempat ditahan, meski akhirnya ditangguhkan hingga kemarin. Sementara itu Kejati DIJ menyatakan berkas Florence sudah lengkap atau P21. Insya Allah Rabu besok (22/10) akan dilanjutkan tahap dua, yakni penyerahan tersangka berikut barang bukti dari penyidik Polda kepada jaksa, kata Kasi Penkum Kejati DIJ Purwanta Sudarmaji SH kemarin. Setelah tahap kedua, jaksa akan menyusun rencana dakwaan (rendak). Penyusunan rendak diperkirakan selama satu minggu. Selanjutnya, jaksa akan mendaftarkan perkara Florence yang dijerat dengan UU ITE itu ke pengadilan. Perkara ini ditangani pidana umum, bukan pidana khusus, jelas Purwanta. (yog/mar/laz/ong/jpnn)
Fairuz A Rafiq Bakal Ajukan Cerai Hari Ini
RUMAH tangga pasangan artis Fairuz A Rafiq dengan Galih Ginanjar yang sempat bermasalah tahun lalu kembali terjadi. Bahkan, keduanya sepakat untuk bercerai. Meski tidak mau banyak berkomentar terkait hal itu, dirinya sudah menunjuk pengacara untuk mengajukan gugatan cerai. Aku enggak mau comment untuk masalah itu. Saya sudah tunjuk pengacara, tegasnya, saat dihubungi melalui telepon, kemarin. Fairuz juga sudah menunjuk Sandy Arifin sebagai pengacaranya. Iya, besok (hari ini) kita layangkan ke PA Depok, ungkap Sandy yang tergabung dalam Sandy Sukrisno Law Firm itu. Terkait apa yang menjadi persoalan dalam rumah tangga mereka, Sandy belum mau berkomentar. Fairuz pun belum mau merinci persoalan yang terjadi diantara keduanya. Namun, tahun lalu, saat keduanya mengaku sempat akan bercerai, Fairuz mengakui pemicu utamanya adalah karena keduanya sama-sama sibuk. Sebagai pengantin muda, keduanya juga mengaku belum bisa meredam emosi satu sama lain. Karena jarang bertemu dan masih muda, pasangan yang menikah 5 Maret 2011 tersebut jadi sering bertengkar hebat.(ash/indopos)
Hari Ini Pengumuman Kabinet, Jokowi: Bisa Sore, Bisa Siang
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum mau terbuka soal susunan kabinetnya. Ia meminta publik untuk sabar sampai susunan kabinet diumumkan. Rumornya, ada kemungkinan Jokowi akan mengumumkan kabinet hari ini, Rabu (22/10). Nanti diumumkan, kata Jokowi singkat saat ditanya wartawan di halaman rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/10). Terkait waktu pengumuman, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga enggan memberi jawaban yang jelas. Menurutnya, pengumuman bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Nanti diberitahu, (lokasi) bisa di Pluit, Tanah Abang atau Tanjung Priok atau tempat lain, bisa sore, bisa siang. Ini serius, papar kader PDI Perjuangan ini. Sekedar diketahui, sejak resmi dilantik Senin (20/10) silam, Jokowi terus menggodok susunan kabinetnya. Kemarin, Presiden RI ketujuh itu memanggil beberapa orang yang disebut-sebut sebagai calon menteri ke Istana. (dil/jpnn)
KPK Ditantang Segera jadikan Camen yang Merah Tersangka
JAKARTA - Hasil penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap 43 calon menteri (camen) yang sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo, terus menuai polemik. Pasalnya, laporan lembaga anti korupsi yang diberi tanda, merah, kuning, dan hijau terhadap para calon menteri itu dinilai politis. Kerja KPK terlalu politis, aroma politiknya terlalu nampak, ujar dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta, Mamun Murod Al Barbasy, Rabu (22/10). Menurutnya, kalau KPK punya bukti, mestinya calon menteri yang mendapat rapor merah itu harus ditetapkan sebagai tersangka, bukan malah teriak-teriak di media. Dalam catatan Mamun, ketika mau menetapkan Suryadharma Ali sebagai tersangka, seminggu sebelumnya KPK juga sudah cuap-cuap di media. Cuap-cuap di media itu kerja politisi bukan penegak hukum. Ketika Setya Novanto terpilih sebagai Ketua DPR, (KPK) ngamuk-ngamuk alasannya karena SN pernah diperiksa. Lho, klo memang SN ada bukti kenapa tidak punya nyali jadikan SN sebagai tersangka? Sekarang KPK juga cuap-cuap soal calon menteri, imbuhnya. Dia menegaskan, kalau cara kerja KPK politis seperti itu, ada baiknya KPK dibubarkan saja. Wujuduhu ka adamihi, adanya sama dengan tiadanya. Sudah 10 tahun lebih tapi korupsi tetap saja tinggi, ungkapnya. Tampaknya kerja-kerja KPK lebih suka bikin sensasi. Seakan bangga kalau harus menahan orang. Itu bukti gagalnya kerja pencegahan yang dilakukan KPK. Masih seringnya KPK menahan koruptor justru pencerminan kegagalan kerja KPK. Patut diingat KPK itu ad hoc, bukan lembaga permanen, tandasnya. (rmo/jpnn)
Ini Penyebab Susah BAB yang Perlu Diketahui
SUSAH buang air besar atau sembelit seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Banyak dari kita yang pernah mengalami sembelit namun tanpa tahu penyebab sebenarnya. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan Anda susah buang air besar. Secara umum, penyebab sembelit adalah kurangnya konsumsi air dan serat. Jadi, jika Anda termasuk orang yang gemar makan daging-dagingan namun jarang makan buah dan sayur, maka Anda rentan menghadapi masalah sembelit. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya mengapa Anda susah buang air besar, seperti yang akan diulas berikut ini: 1. Traveling Saat Anda hendak melakukan perjalanan ke suatu tempat, hal terakhir yang Anda pikirkan adalah tentang berapa banyak perubahan diet dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda. Banyak orang memiliki pola makan mereka dengan jumlah serat yang sudah biasa mereka konsumsi, kata ahli gizi, Jordan Karlitz, MD, seperti dilansir laman Womens health, Selasa (21/10). Ketika mereka pergi berlibur maka mereka akan makan makanan yang dapat menyebabkan perubahan kebiasaan buang air mereka, kata Karlitz lebih lanjut. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mendapatkan cukup serat seperti yang terdapat pada sereal dan buah. 2. Stres Faktor psikologis dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Contohnya pada orang yang sedang dilanda stres saraf-saraf pencernaannya dapat terganggu dan menyebabkan gerak peristaltik usus tidak bekerja dengan normal. Hal ini akan mengakibatkan susah buang air besar. Sembelit akibat stres tidak perlu ditangani dengan bantuan obat cukup dengan menghindari stres. 3. Kehamilan Kehamilan bisa menyebabkan tekanan pada usus, selain itu perubahan hormon dan diet ditambah stres juga merupakan bisa menyebabkan BAB. 4. Kurang minum air dan konsumsi serat Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab susah buang air besar umumnya adalah kurang minum air dan jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sinyal untuk buang air besar biasanya ditandai rasa mulas saat perut terasa penuh. Perasaan penuh di perut ini bisa diperoleh dari makanan berserat seperti buah dan sayuran.(fny/jpnn)
Neymar-Messi Bawa Barca Tekuk Ajax
BARCELONA - Kolaborasi Neymar dan Lionel Messi kembali memakan korban. Kali ini, keduanya menjadi aktor kemenangan Barcelona atas Ajax Amsterdam dengan skor 3-1 (2-0) pada laga ketiga Grup F Liga Champions 2014/2015 di Nou Camp, Rabu (22/10) dini hari WIB. Neymar membuka keunggulan Barcelona lewat gol cantik ketika pertandingan baru berlangsung tujuh menit. Neymar harus berterima kasih pada Messi yang mengirimkan assist matang. Seolah tak mau kalah, Messi juga berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan dari Andres Iniesta, bomber asal Argentina itu sukses mencetak gol pada menit ke-24. Namun, setelah itu Barcelona kesulitan mencetak gol. Alih-alih menambah keunggulan, Barcelona justru kebobolan setelah Anwar El Ghazi mencetak gol pada menit ke-88. Tapi, tim berjuluk Blaugrana itu langsung bangkit. Hasilnya, Barcelona berhasil mencetak gol ketiga melalui donasi Sandro Ramirez yang memanfaatkan umpan Rafinha sesaat sebelum laga usai. (jos/jpnn)
Organisasi Islam Australia Kecam Video ISIS yang Ancam PM Tony Abbott
Sedikitnya delapan organisasi Islam di Australia mengeluarkan pernyataan bersama mengecam video seorang remaja 17 tahun yang melontarkan ancaman kepada Perdana Menteri Tony Abbott. Video itu dirilis oleh kelompok teroris ISIS.Dalam video yang beredar Selasa (21/10/2014), remaja asal Sydney bernama Abdullah Emir, tampil berapi-api menyampaikan berbagai pernyataan termasuk yang ditujukan langsung kepada PM Abbott. (Tonton videonya di sini).Oleh orangtuanya, Emir dilaporkan hilang dari rumahnya di kawasan Sydney Barat, bulan Juni lalu. Kini diketahui Emir telah bergabung dengan ISIS.Juru bicara organisasi Islam Lydia Shelley meminta semua pihak untuk menahan diri. Ia mengemukakan perlunya mencari penyebab mengapa hal ini bisa terjadi.Kami berharap warga muslim biasa tidak diperlakukan sama (dengan remaja dalam video ISIS itu), katanya.Kalangan politisi Australia menanggapi munculnya video tersebut sebagai mengerikan.Anggota parlemen Josh Frydenberg yang juga merangkap sekretaris PM Abbott, menyatakan video ini menunjukkan mengapa pemerintah perlu mengambil tindakan.Video ini mengingatkan adanya ancaman dari anak-anak muda yang mengalami radikalisasi, katanya kepada ABC.Tony Burke dari Partai Buruh yang beroposisi menyatakan akan mempertimbangkan usulan pemerintah memberlakukan UU mengenai warga Australia yang menjadi pejuang di negara lain.Burke juga menyampaikan rasa simpatinya kepada keluarga remaja tersebut.Saya bisa merasakan apa yang dirasakan keluarga remaja ini, yang mengetahui anak yang dibesarkan di Australia dan bingung mengapa ini bisa terjadi, kata Tony Burke.Namun Senator David Leyonhjelm menyatakan video ini tidak bisa dijadikan alasan untuk memberlakukan UU yang lebih keras di Australia.Orang-orang itu bukan penjahat yang hebat. Mereka mudah untuk ditangkap, jadi kita tidak memerlukan aturan UU yang baru, katanya.Sementara itu Pemimpin Partai Hijau Christine Milne menyatakan, video ini merupakan bukti bahwa hal semacam ini akan terjadi jika Australia selalu mengikuti Amerika Serikat dalam melancarkan perang baru di Timur Tengah.Keterlibatan Australia dalam perang bukan saja meningkatkan ancaman teror di Australia tapi juga menjadi bahan bagi mereka untuk merekrut anak-anak muda Australia, tegasnya.
Sarapan Tongkol, Belasan Santri Keracunan
SUKABUMI - Kasus keracunan di kalangan pelajar terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Korbannya berjumlah 17 santri Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII dan Madrasah Aliyah (MA) Amal Islami. Korban mengalami mual dengan wajah memerah, pusing, gatal, dan kejang-kejang. Seluruh korban diduga menyantap ikan tongkol saat sarapan sekitar pukul 06.30 WIB. Sarapan itu disediakan pihak dapur umum milik pondok pesantren di Kampung Lemburpasir, RT 01, RW 05, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, tersebut. Korban lantas dilarikan ke Puskesmas Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Selasa (21/10). Berdasar pantauan Radar Sukabumi (JPNN Group), 17 santri yang terkulai lemah di IGD Puskesmas Lembursitu diberi slang infus di lengan. Sebanyak 6 santri telah dipulangkan lantaran kondisinya membaik. Sisanya, 11 santri, masih dirawat pihak puskesmas. Pimpinan Ponpes Amal Islami Sukabumi Ustadz Deden Dahlan, 57, mengungkapkan bahwa kondisi yang dialami anak-anak saat ini baru kali pertama terjadi. Sebab, ikan yang ditengarai penyebab keracunan tersebut bukan kali pertama diperoleh pihak ponpes dari salah satu orang tua siswa asal Pelabuhan Ratu. Hanya, ikan itu dimasak pihak ponpes pada Senin (20/10). Sementara itu, salah seorang korban, Muhammad Fahmi, 13, menyatakan pusing setelah memakan ikan tersebut. Selain itu, wajahnya tampak memerah dengan bintik-bintik kecil. Tidak lama kemudian, dia muntah dan terpaksa dilarikan ke Puskesmas Lembursitu. Sejam setelah saya makan ikan itu, rasanya pusing dan mual-mual. Bahkan, ada teman saya yang kejang-kejang, ucapnya. Di pihak lain, Kepala Puskesmas Lembursitu dr Wahyu Handriana menuturkan bahwa para pasiennya diduga itu mengalami keracunan makanan. Untuk memastikannya, tim medis Puskesmas Lembursitu tidak memperoleh sampel makanan untuk diuji di laboratorium Bandung. Melihat dari gejalanya sih, kami menganalisis mereka itu keracunan makanan. Namun, kami belum bisa memastikan karena sudah tidak ada sampel makanannya. Sisa makanannya pun sudah dibuang dan dicuci, terang dr Wahyu. Saat ini, lanjut dia, seluruh korban telah mendapat pelayanan medis. (ren/JPNN)
Pesta Kesenian Tari Indonesia Terbesar Bakal Dihadiri Seniman Dunia
JAKARTA - Dunia seni tari Indonesia kini terus merangkak maju. Untuk kembali unjukgigi, pesta perayaan kesenian tari Indonesia berskala internasional pun kembali digelar, yaitu The 12th Indonesian Dance Festival 2014 dengan tema Expand. Pentas besar-besaran ini akan digelar pada tanggal 4-8 November. Menurut perintis kegiatan ini, Seniman IKJ Maria Darmaningsih tahun 2014 ini adalah tahun ke 22 IDF berlangsung dengan 12 kali penyelenggaraan. Festival tari ini diselenggarakan dari tahun 1992 yang bertujuan untuk mengisi kekosongan festival tari Tanah Air, kata Maria yang juga Direktur IDF itu melalui pers rilis yang diterima JPNN, Rabu, (22/10). Festival yang juga menjadi agenda tetap Pemprov DKI ini diharapkan menjadi tempat terbukanya kesempatan bagi para koreografer muda tanah air untuk menunjukkan kepiawaiannya. Maria mengatakan bintang-bintang tari Indonesia yang sudah mendunia akan hadir dalam kegiatan tersebut. Seperti Retno Maruti, seniman dan maestro tari Jawa klasik dari Surakarta dan Eko Supriyanto, penari yang sudah berpentas tari keliling dunia. Selain itu hadir juga seniman tari asal Belgia, Arco Renz, Jerome Bel dari Perancis dan kelompok Tao Dance asal Tiongkok. Maria berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi generasi muda agar mencintai seni tari Indonesia. Kami berharap gairah tarian Indonesia akan makin tumbuh dengan diselenggarakannya kegiatan ini, tandas Maria.(flo/jpnn)
DPRD DKI Habiskan Rp 28 Miliar untuk WC Mewah
KEBON SIRIH - Rencana penghematan anggaran dalam kondisi fiskal sulit tampaknya omong kosong belaka. Setidaknya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Buktinya, rencana renovasi WC dan aula DPRD DKI Jakarta menghabiskan anggaran sebanyak Rp 28 miliar atau setara dengan membangun gedung dua lantai yang sangat mewah di Jakarta. Selain itu, pelaksanaan tender renovasi ini tampaknya dilakukan dengan diam-diam. Buktinya, tanpa banyak yang tahu, proyek milik Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta tersebut sudah dikerjakan sejak seminggu terakhir. Sejumlah pekerja sudah mulai melakukan pembenahan di toilet lantai tiga. Informasi yang dihimpun Jawa Pos menyebutkan bahwa HPS (harga perkiraan sendiri) atau pagu-nya sendiri mencapai Rp 30 miliar. Jelas ini pemborosan, ucap sebuah sumber di internal Pemprov DKI Jakarta. Dari dokumen yang diperoleh Jawa Pos, pemenang tender renovasi ini adalah PT Hana Huberta dengan penawaran Rp 28 miliar. Ini juga menimbulkan aroma konspirasi. Karena ada penawar dengan harga lebih murah (meski tetap mahal juga), Rp 24 miliar. Sebagai perbandingan nilai proyek WC dewan adalah dengan iklan rumah. Di sejumlah situs jual beli rumah, harga rata-rata rumah di Pondok Indah (salah satu kawasan perumahan paling elit di Jakarta) adalah Rp 20 miliar. Sebagai contoh, ada satu rumah bertingkat mewah dengan luas tanah 424 meter persegi dan luas bangunan 525 meter persegi ditawarkan hanya Rp 23 miliar saja. Dugaan main proyek di DPRD DKI Jakarta pun merebak. Karena renovasi yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama, gedung DPRD DKI baru saja mengalami renovasi total pada pertengahan 2013 lalu.Yang direnovasi kali ini adalah ruang rapat alat kelengkapan dewan (komisi, badan-badan), juga perbaikan marmer bagian depan serta belakang. Renovasi itu total menghabiskan anggaran Rp 47 miliar. Namun, belum setahun renovasi, plafon di lantai tiga sudah jebol. Ketika itu, pihak Dinas Perumahan dan Gedung DPRD DKI Jakarta saling lempar tanggung jawab dengan pihak Sekretariat Dewan. Pihak Setwan menilai kontraktor yang tidak beres, sementara pihak Dinas Perumahan menuding balik bahwa Setwan yang tidak cakap dalam melakukan maintenance gedung dewan. Indikasi kedua bahwa proyek tersebut tidak sesuai kebutuhan adalah sederhana saja. Karena kondisi toilet di gedung dewan masih sangat baik. Pantauan Jawa Pos sendiri menyebutkan tidak pernah ada masalah dengan gedung dewan. Airnya masih mengalir lancar. Semua urinoir (tempat pipis) masih baik dipergunakan, juga WC-nya tidak ada masalah. Pertanyaannya, kalau semuanya masih baik-baik saja, kenapa harus direnovasi? Sekretaris Dewan DKI Jakarta Mangara Pardede mengatakan bahwa pihaknya tidak tahu menahu terkait renovasi tersebut. Tahunya hanya mau direnovasi. Soal nilainya, tendernya, dan teknisnya, saya tidak tahu. Tanya saja ke Dinas Perumahan, terangnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta Jonathan Pasodung sendiri berkelit ketika dikonfirmasi. Memang ada proyek renovasi gedung. Saya lupa berapa nilainya secara persis, jawabnya, ketika ditanya soal renovasi tersebut. Ketika dikejar terus soal renovasi, Jonathan hanya menyebutkan bahwa yang direnovasi adalah toilet dan lobi. Sudah, sudah wawancaranya, katanya, langsung bergegas menaiki mobilnya dan meninggalkan balaikota. Menanggapi hal itu, kordinator advokasi dan inevestigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafy menyesalkan proyek tersebut. Jelas Pemprov DKI Jakarta tidak mengerti kondisi rakyatnya. Ini sudah di luar akal sehat, katanya. Mungkin jambannya dari emas, imbuhnya, menyindir. Uchok bahkan tegas-tegas menuding bahwa proyek tersebut sangat berbau korupsi. Seperti jamban, baunya tidak sedap, paparnya. Uchok yakin bahwa proyek renovasi ini memang didesain untuk mark up APBD. Menurutnya, sulit dinalar uang sebanyak Rp 28 miliar dihabiskan untuk merenovasi sesuatu yang sebenarnya masih bagus kondisinya. Padahal, anggaran sebesar itu bisa digunakan untuk kepentingan yang lebih besar. Misalnya, untuk memberi modal UKM. Kalau tiap UKM sebesar Rp 100 juta, bisa digunakan untuk memberdayakan 280 UKM. Bayangkan, sergahnya. Untuk itu, dia meminta agar Pemprov DKI Jakarta harus benar-benar menghentikan renovasinya tersebut. Pilihannya ada dua, yakni hentikan dan hentikan, tandasnya. (riz/ano)
Relawan Minta Jokowi Tak Pilih Musuh Rakyat Jadi Menteri
JAKARTA - Koordinator Forum Relawan Pemenangan Jokowi-JK pada pemilihan presiden Juli lalu, Sukmadji Indro Tjahyono, menilai para relawan bisa berbalik tidak lagi mendukung pemerintahan jika susunan kabinet tak sesuai dengan harapan. Kekecewaan pasti muncul kalau susunan kabinet memasukkan orang-orang yang selama ini dibenci dan menjadi musuh rakyat. Termasuk para selebritas, atau orang-orang yang tidak ikut serta berjuang tiba-tiba ingin nangkring di jajaran kabinet, katanya dalam pesan elektronik yang diterima, Rabu (22/10). Karena itu, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, menurut Indro, harus benar-benar memerhatikan aspirasi masyarakat dalam penyusunan kabinet. Kita berharap Presiden Jokowi dapat belajar dari kekecewaan masyarakat pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelumnya. SBY yang pragmatis dengan membentuk Sekretariat Gabungan (Setgab) partai politik pendukungnya dan membiarkan terjadinya bancakan anggaran negara, membuktikan hanya mengejar kekuasaan semata, katanya. Indro mengingatkan hal tersebut, agar pemerintahan ke depan dapat benar-benar bekerja untuk masyarakat. Bukan justru mengajak semua partai politik ikut dalam kabinet. Karena hal tersebut merupakan bentuk dari transaksi virtual lainnya. Barangkali para relawan tidak akan memberi reaksi yang bersifat frontal begitu kabinet diumumkan. Tetapi setelah 100 hari kerja, keadaan bisa saja berbalik 180 derajat. Perlu diketahui, kekuasaan bisa menjadi amanat, tetapi juga bisa mendatangkan laknat kalau dijalankan dengan sewenang-wenang, ujarnya.(gir/jpnn)
Anak Jokowi Ikut Tes CPNS
JAKARTA - Setiap warga negara berhak memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Termasuk Kahiyang Ayu, anak kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Kahiyang akan mengikuti ujian CPNS 2014 di Bakorwil Jawa Tengah besok (23/10). Kahiyang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi. Perempuan kelahiran 1991 itu melamar untuk posisi pemeriksa pertama di jajaran Pemkot Solo. Total alokasi formasi CPNS 2014 di Pemkot Solo 56 kursi. Khusus untuk jabatan pemeriksa pertama yang bisa dilamar sarjana semua jurusan, tersedia tiga lowongan. Kahiyang memilih jalur pelamar semua jurusan karena merupakan alumnus Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta. Apakah Kahiyang akan tetap mengikuti rangkaian tes CPNS? Tentu jawabannya bisa dibuktikan langsung di lokasi ujian besok. Kemudian, apakah putri presiden ketujuh Indonesia itu pasti lulus ujian? Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, untuk penyelenggaraan tes CPNS itu sudah ada norma-norma. Baik itu norma untuk panitia penyelenggara maupun norma peserta ujian. Kedua pihak harus menjalankan norma-norma itu, tutur dia, Selasa (21/10). Herman menjelaskan, seluruh warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Termasuk ketika ada anak presiden yang ingin mengikuti tes CPNS, tetap harus dilayani sebagaimana pelamar pada umumnya. Dari sisi substansi ujian CPNS, panitia penyelenggara tidak boleh memberikan perlakuan khusus kepada siapa pun peserta tes. Kalau putri Pak Jokowi itu kompeten dan lulus tes, maka bisa jadi CPNS. Tetapi jika tidak, ya tidak lolos ujian, papar Herman. Dia menegaskan, dalam sistem administrasi pemerintahan, tidak ada kebijakan bahwa anak presiden dilarang menjadi CPNS. Herman menuturkan, bukan kali ini saja ada keluarga petinggi pemerintahan yang mengikuti tes CPNS. Pada pelaksanaan tes CPNS edisi sebelumnya, dikabarkan ada keluarga menteri PAN-RB yang menjadi peserta. Tetapi, setelah tahap penilaian, yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus ujian. Padahal, jika dikaitkan, posisi menteri PAN-RB sangat dekat dengan urusan pengadaan CPNS. Kelulusan seleksi administrasi Kahiyang sebelumnya diumumkan oleh Kepala BKD Kota Solo Hari Prihatno. Dia menyatakan, jajaran Pemkot Solo tidak memberlakukan pelayanan khusus kepada pelamar CPNS. Dia juga belum bisa memastikan apakah Kahiyang akan mengikuti ujian atau tidak. (wan/c11/kim)
Porto Menang Tipis Atas Bilbao
PORTO - Porto meneruskan tren positifnya di Liga Champions 2014/2015. Raksasa Portugal itu sukses menumbangkan Athletic Bilbao dengan skor 2-1 (1-0) di Estadio do Dragao, Rabu (22/10) dini hari WIB. Porto unggul terlebih dahulu lewat donasi Hector Herrera sesaat sebelum babak pertama usai. Saat itu, Herrera berhasil memaksimalkan assist yang diberikan Juan Quintero. Namun, Bilbao berhasil menyamakan kedudukan lewat donasi Guillermo Fernandez Hierro pada menit ke-58. Tapi, Porto akhirnya memastikan kemenangan lewat Ricardo Quaresma pada menit ke-75. Kemenangan itu membuat Porto masih memegang status unbeaten team alias tim tak terkalahkan di Liga Champions musim ini. Porto berhasil membukukan dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga. Berkat kemenangan itu, Porto kokoh di pucuk klasemen dengan koleksi tujuh angka. Sebaliknya, kekalahan itu membuat Bilbao terperosok di dasar klasemen dengan torehan satu angka. (jos/jpnn)
Panglima TNI Langsung Minta Uji di Tank
SEPULUH peraih penghargaan HUT Ke-69 TNI berdiri di panggung kehormatan Mabes TNI Cilangkap, 12 Oktober lalu. Mereka merupakan bagian dari upaya TNI mencari anak bangsa yang mampu menciptakan teknologi canggih untuk kepentingan militer. Sebagai penghargaan atas jerih payah penciptaan karya itu, TNI berjanji mengembangkan dan menggunakan teknologi karya anak bangsa tersebut. Salah seorang peraih penghargaan itu adalah Bambang Riyanto. Dia mewakili tim IPB yang memenangi kategori inovasi partisipasi publik. Saat naik ke panggung, dia tampak gugup berada di antara ribuan personel TNI yang hari itu mengikuti upacara tersebut. Apalagi penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Selain kalangan akademis, penghargaan diberikan kepada para inovator dari masyarakat umum, kepala daerah, serta kalangan militer. Sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan militer pasti akan kami kembangkan. Apalagi (karya) itu tidak mahal dan bisa mengurangi ketergantungan kita pada pihak luar, ujar Moeldoko dalam sambutannya. Selain IPB, sembilan inovator lain peraih penghargaan adalah Litbang TNI-AD yang merancang bangun senjata Dopper, Litbang TNI-AL yang membuat prototipe swamp boat, serta Litbang TNI-AU yang membikin bom tajam BT-500 untuk pesawat standar NATO. Di bidang non-alutsista, TNI-AD menyumbangkan pendekatan indeks vegetasi citra satelit pengindraan jarak jauh. Inovasi itu berguna untuk mendeteksi samaran pasukan musuh di medan tertutup. Lalu, TNI-AL merancang pos AL mandiri energi untuk kawasan terpencil. Sementara itu, TNI-AU membuat jaring komunikasi terintegrasi untuk mewadahi jaringan C4ISR (command, control, communications, computers, intelligence, surveillance, and reconnaissance). Tiga sisanya diberikan kepada pemerintah daerah dan organisasi publik terkait dengan kebijakan. Di antaranya, RRI yang mengembangkan siaran di kawasan perbatasan; Pemkab Belu, NTT, yang mendukung TNI di perbatasan dengan Timor Leste; serta Pemprov Kaltim yang membuat kawasan ketahanan pangan. Tim IPB beranggota Bambang bersama dua rekannya. Yakni, Akhiruddin Maddu dan Esa Ghanim Fadhallah. Bambang merupakan dosen di Departemen Teknologi Hasil Perairan, Akhiruddin adalah kepala Departemen Fisika, dan Esa Ghanim merupakan mahasiswa S-2 Teknologi Pascapanen IPB. Mereka berhasil menciptakan teknologi tinggi antiradar dari bahan-bahan organik sederhana. Yaitu, tulang ikan dan cangkang udang. Bagi kebanyakan orang, dua bahan tersebut justru disisihkan dan dibuang ke tempat sampah. Tapi, di tangan Bambang, Akhir, dan Esa, tulang ikan dan cangkang udang justru sangat berguna untuk menciptakan karya inovasi yang murah serta canggih. Menurut Bambang, dua jenis bahan tersebut mengandung komposit chitosan dan hidroksiapatit yang mampu menyerap gelombang radar. Karena gelombang radar tidak memantul, kendaraan tempur yang menggunakan teknologi tersebut akan sulit dideteksi radar musuh. Ditemui di kampus IPB, Selasa (14/10), Bambang mengakui bahwa temuan timnya bukanlah teknologi antiradar pertama yang berbahan organik. Sebelumnya, pada 2011, Tiongkok merilis penggunaan teknologi antiradar berbahan dasar gelatin. Tapi, ketika kami teliti lebih lanjut, kemampuan gelatin yang berbahan dasar protein itu terbatas. Kami lalu mengganti bahannya dengan karbohidrat, tuturnya. Teknologi yang dikembangkan Bambang cs kini bakal memperkuat kemampuan persenjataan TNI. Bersama tim peneliti dari internal TNI, mereka akan mengembangkan teknologi tersebut agar kemampuannya makin tinggi dan penggunaannya semakin praktis. Tim ITB tersebut awalnya tidak menyangka panglima TNI akan memberikan perhatian serius terhadap hasil penelitian mereka. Mereka memang sengaja mengembangkan teknologi militer, namun sebatas untuk kepentingan penelitian. Tidak disangka, penelitian tersebut diketahui pihak militer dan mereka ditantang untuk mengaplikasikannya dalam sistem persenjataan TNI. Inovasi tersebut semula merupakan bahan skripsi Esa saat masih menempuh S-1 di Jurusan Teknologi Hasil Perairan IPB pada 2011. Kala itu, Bambang dan Akhir menantang Esa untuk membuat penelitian skripsi yang terkait dengan militer, khususnya antiradar. Di bawah bimbingan dua dosen tersebut, Esa mulai merancang penelitian yang sayangnya hasilnya kurang baik. Dia lalu mencoba lagi pada 2012 dengan bahan yang berbeda. Kali ini hasilnya dinilai cukup sukses, meski ada kekurangan di sana-sini. Belum puas, mahasiswa 23 tahun itu pun mengajak Bambang dan Akhir berdiskusi untuk menyempurnakan karya tersebut. Ketiganya lalu memutuskan untuk mengembangkan lagi penelitian itu dengan bahan yang mengandung chitosan dan hidroksiapatit yang terdapat dalam tulang ikan serta cangkang udang. Di luar dugaan, hasilnya cukup memuaskan. Dua bahan tersebut dianggap paling baik jika dibandingkan dengan bahan-bahan penelitian sebelumnya. Di tengah rasa syukur itu, kendala muncul lagi. Esa tidak menemukan laboratorium yang cocok untuk menguji penelitian tersebut. Lagi-lagi, kendala infrastruktur menjadi problem. Hal itu diakui Akhiruddin. Dosen 48 tahun tersebut menuturkan, infrastruktur penelitian di Indonesia masih sangat terbatas. Akibatnya, penelitian sering mandek di tengah jalan karena ketiadaan sarana-prasarana tersebut. Kami selaku dosen hanya bisa membantu lewat networking, tuturnya. Tiga bulan lamanya mereka menjelajahi laboratorium sejumlah universitas di Indonesia. Termasuk di ITS dan ITB. Mereka tidak mendapatkan alat uji yang cocok untuk penelitian itu. Bila akhirnya tidak menemukannya juga, mereka berencana membawanya ke laboratorium di luar negeri. Namun, akhirnya mereka menemukan yang dicari di laboratorium Universitas Indonesia (UI). Awalnya kami tidak sampai kepikiran bahwa UI punya alat uji itu, timpal Esa. Dia amat girang penelitiannya bisa diuji di lab UI. Hasilnya pun langsung keluar dalam waktu sehari. Penelitian tersebut menghasilkan prototipe teknologi antiradar. Berkat karya itu, Bambang cs lalu diminta mendaftar untuk melakukan presentasi di TNI. Rupanya, selain tim IPB, sudah ada 266 peneliti lain yang ikut kompetisi yang digagas TNI tersebut. Tim Bambang mendapat jadwal terakhir untuk presentasi. Karya-karya yang dipresentasikan luar biasa. Kami sempat minder melihatnya, tutur Bambang. Beberapa hari kemudian, telepon yang mengagetkan itu datang juga. Tim IPB diminta mempresentasikan teknologi antiradar tersebut di hadapan panglima TNI secepatnya. Antara kaget dan tidak percaya, Bambang tidak langsung mengiyakan permintaan itu. Sebab, timnya butuh persiapan. Akhirnya, setelah mengebut selama seminggu untuk mempersiapkan diri, mereka tampil dengan peralatan plus bahan presentasi karya. Kerja keras mereka tidak sia-sia. Panglima TNI mengapresiasi penelitian tersebut. Beliau minta langsung uji coba di tank. Kami kaget lagi, kenangnya. Mereka kembali harus bekerja keras untuk merampungkan peralatan antiradar tersebut. Hasilnya cukup memuaskan. Kini setelah karya mereka dinyatakan berhak meraih penghargaan, Bambang dkk tidak bisa berleha-leha. Pasalnya, mereka harus segera bekerja sama dengan tim Litbang TNI untuk mengembangkan teknologi tersebut agar lebih simpel dan praktis. Salah satu faktor TNI mau menggunakan teknologi karya Bambang cs adalah biayanya yang terjangkau serta bahannya yang mudah didapatkan. Sebagai negara maritim, Indonesia tidak akan kekurangan bahan organik chitosan dan hidroksiapatit. TNI berencana memproduksi teknologi tinggi itu di PT Pindad (Perindustrian Angkatan Darat). Kami tentu saja bangga penelitian kami dihargai setinggi itu, tandas Bambang. (Bayu Putra/*/c5/ari)
Schalke Menang Dramatis Atas Sporting
SCHALKE - Laga perdana Roberto Di Matteo bersama Schalke di Liga Champions 2014/2015 berakhir dengan kemenangan. Di Matteo sukses mengantarkan Schalke menekuk Sporting CP dengan skor tipis 4-3 (1-1) di Veltins Arena, Rabu (22/10) dini hari WIB. Namun, Sporting justru yang unggul terlebih dahulu lewat donasi Nani ketika laga baru berjalan 16 menit. Tapi, Sporting harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Mauricio diganjar kartu merah pada menit ke-33. Unggul jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan Schalke untuk menggempur pertahanan sang tamu. Hasilnya, Schalke berhasil menyamakan kedudukan melalui Chinedu Obasi semenit berselang. Schalke berbalik unggul setelah Klaas Jan Huntelaar mencetak gol pada menit ke-51. Schalke kian di atas angin setelah Benedikt Howedes berhasil menjaringkan bola sembilan menit berselang. Namun, Sporting ternyata tak menyerah begitu saja. Sporting mampu menipiskan ketinggalan lewat eksekusi penalti Adrien Silva pada menit ke-64. Silva bahkan mampu menyamakan kedudukan lewat gol keduanya pada menit ke-78. Kemenangan Schalke ditentukan lewat penalti Eric Maxim Choupo-Moting sesaat sebelum laga usai. (jos/jpnn)
Jokowi Sarapan Terakhir di Rumah Dinas Gubernur DKI Bareng Ahok
JAKARTA - Para petinggi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pagi ini, Rabu (22/10), terlihat memenuhi gubernur, Jalan Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat. Mereka hendak mengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pindahan dari rumah tersebut ke Istana Negara. Pantauan JPNN.com, mulai dari Plt Gubernur Basuki T Purnama alias Ahok dan istrinya Veronica sampai para kepala SKPD terlihat di lokasi. Beberapa di antara mereka sudah tiba sejak pukul 07.00 WIB. Seperti diketahui, selama dua tahun menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi selalu tinggal di rumah tersebut. Kini, setelah resmi jadi presiden, mantan Wali Kota Surakarta itu memilih untuk berkediaman di Istana Negara. Sekitar pukul 07.35, Jokowi bersama istri dan dua anaknya tiba di rumah dinas. Rencanannya, Presiden akan sarapan bersama para bekas anak buahnya sebelum melakukan pindahan. Kehadiran Presiden RI ketujuh itu membuat area sekitar rumah dinas dijaga ketat. Semua petinggi Pemprov DKI yang ingin masuk harus melalui pemeriksaan Paspampres terlebih dahulu, termasuk Ahok. Setelah sarapan, Jokowi dan rombongan Pemprov DKI akan bersama-sama menuju ke Istana. (dil/jpnn)
Khawatir Jenderal Tua tak Mampu Ikuti Dinamika
JAKARTA - Mencuatnya nama-nama sejumlah purnawirawan TNI dalam daftar calon penghuni kabinet Jokowi-JK mulai dipertanyakan. Pasalnya, pos yang diisukan bakal diberikan kepada mereka adalah urusan keamanan nasional. Dampak yang paling dikhawatirkan adalah intervensi terhadap TNI. Beberapa nama yang sempat disebut-sebut bakal diberi jabatan di Kaboinet Jokowi adalah Luhut Binsar Pandjaitan, Ryamizard Ryacudu, AM Hendropriyono, Wiranto, maupun TB Hasanuddin. Kemunculan para mantan jenderal itu mendapat sorotan karena beberapa hal. Pertama, persoalan usia. Mantan-mantan jenderal itu rata-rata sudah lanjut usia. Luhut yang kelahiran 28 September 1947 kini berusia 67 tahun, sama seperti Wiranto. Kemudian ada Ryamizard yang berusia 64 tahun. Mantan jenderal termuda adalah Tb Hasanuddin yang saat ini berusia 62 tahun. Sedangkan, Hendro menjadi yang tertua karena usianya sama dengan Republik ini, 69 tahun. Jika nama-nama tersebut masuk ke dalam kabinet, maka pos National Security akan diisi orang-orang sepuh. Perlu dicatat, pos national security adalah pos strategis yang perkembangannya sangat dinamis. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka mampu mengikuti perkembangan tersebut. Persoalan kedua adalah dampaknya bagi penggawa keamanan nasional, khususnya TNI. ada kekhawatiran TNI akan banyak diintervensi oleh para mantan jenderal itu. Pengamat militer Rizal Darma Putra menilai, kondisi tersebut sudah mulai terlihat di awal pemerintahan Jokowi. Yakni, dengan penunjukan Andika Perkasa yang notabene menantu Hendropriyono sebagai Danpaspampres. Ini (penunjukan Andika) sudah menyalahi fatsoen (etika), meskipun Andika pintar juga. Dia lulusan Harvard, tutur Rizal. Menurut dia, saat ini mantan jenderal yang paling berpeluang masuk kabinet adalah Luhut. Jika dia masuk dan menjadi Menkopolhukam, dikhawatirkan akan terjadi kekisruhan tatanan di TNI. Luhut diprediksi akan banyak meng-endorse promosi jabatan di TNI. Jika sudah begitu, maka sikap Panglima TNI akan benar-benar diuji. Apakah panglima akan menuruti saja apa kata menteri yang notabene orang luar, atau menggunakan intuisinya menilai layak tidaknya seorang prajurit dipromosikan. Panglima tentu orang yang paling tahu siapa saja prajurit yang layak mengendalikan institusi TNI dibandingkan orang lain. (byu/aph)
Pangkalan Militer Tanjung Datu Beroperasi 2015
JAKARTA - TNI segera merealisasikan pangkalan militer baru di kawasan Tanjung Datu, Kalimantan Barat (Kalbar). Pangkalan tersebut ditargetkan bisa beroperasi pada 2015. Keberadaan pangkalan itu dinilai strategis karena berkaitan dengan posisi Indonesia di Laut China Selatan. Saat ini perencanaan pangkalan tersebut sudah siap dan pengerjaannya mulai dilakukan. Pangkalan itu sebenarnya adalah pengembangan dari pangkalan udara sederhana yang dimiliki TNI di kawasan tersebut. TNI hanya perlu memperluas dan penambahan lahan sudah disetujui Pemprov Kalbar. Kapuspen TNI Mayjen Mochamad Fuad Basya menjelaskan, landasan udara di pangkalan itu saat ini hanya sepanjang 1.600 meter. Nantinya akan kami tambah jadi 2.500 meter. Sehingga pesawat-pesawat besar bisa mendarat, ujarnya kemarin (21/10). Kemudian, barak tentara yang disiapkan untuk pasukan infanteri TNI-AD akan ditambah. Rencana awalnya, setidaknya satu divisi akan ditempatkan di Tanjung Datu. Pangkalan tersebut merupakan pangkalan terintegrasi antara TNI-AD, AL, dan AU. Karena itu, di sana juga disiapkan sekaligus pangkalan AL, bukan lagi pos AL seperti yang ada saat ini. Kami harap awal 2015 anggaran untuk itu sudah bisa turun sehingga bisa segera beroperasi, ucapnya. Sebab, pemindahan pasukan membutuhkan perencanaan dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, Mabes TNI akan menambah jumlah kapal perang dan pesawat di landasan tersebut. Untuk kapal maupun pesawat, jumlahnya masih dibahas karena kebutuhan di kawasan lainnya juga cukup besar. Pembangunan pangkalan militer itu awalnya merupakan respons atas tindakan Malaysia yang memasang tiang pancang mercusuar di grey area Tanjung Datu. Hal tersebut memantik reaksi pemerintah Indonesia maupun TNI. Akhirnya, dalam sebuah kesepakatan, Malaysia bersedia tidak melanjutkan pembangunan mercusuar itu. Belakangan, rupanya Malaysia sudah membongkar tiang-tiang pancang tersebut. Pembongkaran dilakukan pada Jumat sore (17/10). Fuad menjelaskan, Malaysia meminta syarat tidak ada kapal TNI yang lewat saat pembongkaran berlangsung. Permintaan itu dipenuhi TNI-AL. Dengan pembongkaran itu, artinya Malaysia kembali menghormati kawasan tersebut sebagai grey area alias kawasan sengketa, tambah Fuad. Meski begitu, pembangunan pangkalan militer tetap dilanjutkan. Tujuannya pun menjadi lebih luas, yakni memastikan kekuatan Indonesia di kawasan Laut China Selatan, terutama perairan Natuna yang menjadi teritorial NKRI. (byu/c9/end)
Kebaya Kutu Baru Iriana Tuai Pujian
JAKARTA - Dalam pelantikan Jokowi sebagai presiden di Gedung MPR, Senin (20/10), sosok Iriana Joko Widodo turut menjadi pusat perhatian. Perempuan 51 tahun itu tampak cerah mengenakan kebaya kutu baru berwarna oranye dengan motif bunga. Penampilan perdana Iriana sebagai ibu negara menuai pujian dari kalangan desainer dan pengamat mode. Pemilihan kebaya kutu baru yang merupakan kebaya klasik warisan budaya Indonesia dinilai sangat pas untuk momen istimewa tersebut. Bu Iriana menampilkan identitas bangsa. Kebaya dengan model kerah kutu baru sudah dikenal sejak era Presiden Soekarno. Kini kebaya kutu baru makin dihargai lagi, dikenakan di acara resmi kenegaraan. Desain dan motifnya juga sangat cocok dengan karakter Iriana yang bersahaja, ujar pengamat mode kenamaan Sonny Muchlison. Warna oranye juga memiliki makna yang kuat. Saat diwawancarai pewarta berita Senin pagi sebelum bersiap menghadiri pelantikan, ibu tiga anak tersebut mengatakan bahwa oranye merupakan warna yang dipilihkan Jokowi. Oranye atau jingga seperti warna matahari. Di dalamnya terkandung semangat. Ibu negara ibaratnya baru terbit, cerah dan penuh optimisme, lanjut Sonny, yang ketika dihubungi sedang berada di Filipina untuk menyiapkan fashion show batik Indonesia di sana. Iriana memadukan kebayanya dengan selendang berwarna senada, kain batik cokelat sebagai bawahan, selop warna keemasan serta tas putih gading. Pemilihan model dan warna aksesori tidak merebut perhatian utama pada kebaya. Rambut yang ditata dengan sanggul klasik dan riasan wajah yang tidak berlebihan makin menonjolkan aura first lady Indonesia dalam diri Iriana. Secara keseluruhan, penampilan saat menghadiri pelantikan Senin lalu merupakan penampilan terbaik beliau. Dari busana, tatanan rambut, hingga riasan, semuanya proporsional, selaras, dan sangat cantik, puji Sonny, yang concern mengembangkan kain tradisional Indonesia. Pujian serupa dilontarkan desainer Lenny Agustin. Di mata Lenny, Iriana tampil sangat anggun dan menarik perhatian. Gaya busananya tidak glamor namun tetap memikat. Model busana klasik dengan pilihan warna jingga merupakan pilihan yang tepat sehingga tidak tampak terlalu klasik, tuturnya. Lebih lanjut, perempuan asal Jawa Timur itu menambahkan, seorang ibu negara sebaiknya memang tidak tampil terlalu modern. Ibu negara mencerminkan identitas bangsa, jangan terlalu modern. Kita memiliki identitas yang harus dibanggakan, ujar desainer berambut pendek ini. Untuk penampilan dalam acara-acara kenegaraan berikutnya, Iriana disarankan tetap mempertahankan karakternya yang sederhana dan bersahaja. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan tiap daerah memiliki kain tradisional yang bisa diolah menjadi busana memikat dengan tetap membawa identitas bangsa. Dari Sabang sampai Merauke punya kain khas masing-masing. Selain kebaya, nantinya bisa pula mengenakan baju kurung, kain tenun, atau songket, urai Sonny. Perancang muda Barli Asmara menambahkan masukan mengenai keterpaduan antara busana Iriana dengan Jokowi. Sebaiknya ada unsur warna yang sama di dalam busana presiden dan ibu negara. Misalnya, warna selendang senada dengan warna dasi Jokowi. Namun, harus diakui penampilan ketika pelantikan kemarin merupakan penampilan terbaik ibu Iriana, tutur dia. (nor)
Pencairan TPG Jadi Objek Penelitian KPK
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan kajian dan penelitian tentang pengadaan barang dan jasa. Salah satu sasaran mereka adalah program pencairan tunjangan profesi guru (TPG) di Kemendikbud. Kebetulan sampai saat ini pengaduan masalah pencairan TPG belum juga surut. Irjen Kemendikbud Haryono Umar menuturkan, memang benar pencairan TPG masih sarat masalah. Laporan yang masuk ke kamis masih banyak, tandasnya kemarin. Tetapi Haryono mengelak jika dijadikannya Kemendikbud sebagai sasaran penelitian KPK itu terkait dengan masalah pencairan TPG. Semua kementerian atau lembaga tentu menjadi objek penelitian kajian kebijakan pengadaan barang dan jasa oleh KPK. Dari hasil kajian itu, nantinya KPK akan membuat rekomendasi perbaikan. Tahun lalu Kemendikbud juga menjadi objek penelitian. Khususnya pelayanan dasar di Ditjen Pendidikan Tinggi, kata Haryono. Mantan pimpinan KPK itu justru berharap kajian KPK atas pelayanan TPG di Kemendikbud nanti membuahkan banyak saran perbaikan. Sebab dia juga sedang terus mencari solusi mengatasi laporan masalah pencairan TPG oleh masyarakat. Laporan paling banyak adalah pungutan oleh dinas pendidikan kepada guru penerima TPG, katanya. Haryono menuturkan pengutan itu bisa dijatuhi sanksi pidana karena masuk kategori gratifikasi. Dia menjelaskan polisi atau KPK harus ekstra tegas kepada jajaran dinas pendidikan yang masih menerima pemberian uang dari guru-guru penerima TPG. Haryono menuturkan tidak mungkin pemberian dari para guru itu bersifat sukarela. Pemberian itu diduga kuat diawali dari ancaman dari dinas pendidikan. Haryono lantas berusaha membuktikan laporan itu. Dari salah satu inspeksi di sekitar Jakarta beberapa waktu lalu, Haryono menemukan ada sejumlah guru yang menyerahkan uang Rp 30 juta ke jajaran dinas pendidikan setempat. Guru bilangnya sukarela, tutur Haryono. Tetapi temuan di lapangan ini sudah masuk kajian KPK. Haryono berharap kasus ini berujung pada praktek penyuapan atau pemberian gratifikasi. Sebab yang menerima uang Rp 30 juta itu adalah oknum pegawai dinas pendidikan setempat. Menurut Haryono uang TPG itu adalah hak pribadi guru. Dia menghimbau supaya guru penerima TPG tidak meladeni permintaan upeti dari dinas pendidikan setempat. Keputusan guru layak mendapatkan TPG atau tidak, merupakan kewenangan Kemendikbud bukan dinas pendidikan daerah. Haryono menjelaskan pencairan TPG secara langsung ke rekening guru niatnya untuk menghindari pemangkasan. Tetapi meskipun sudah dicairkan langsung ke guru, masih saja ada praktek pemangkasan dengan modus lain. Yakni guru yang sudah menerima pencairan TPG, wajib setor sejumlah uang ke oknum di dinas pendidikan. (wan)
Mahasiswa Indonesia Tersangka Pemerkosa Mulai Diadili di Canberra
Mahasiswa Indonesia Billy B. Tamawiwy mulai diadili di Canberra, Australia, Selasa (21/10/2014), dengan tuduhan melakukan pemerkosaan terhadap seorang remaja pria yang ia kenal melalui Facebook.Seperti dilaporkan ABC sebelumnya, Tamawiwy sedang belajar di jurusan politik dan hubungan internasional, dengan beasiswa dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara.Pria berusia 22 tahun ini dikenai tuduhan membuat sebuah akun Facebook palsu atas nama Taylor Edward dan dari sana kemudian berteman dengan seorang remaja pria berusia 18 tahun.Setelah mereka bertemu, Tamawiwi dituduh memperkosa pria tersebut dan kemudian mengancamnya melalui telepon.Kasus ini mulai ditangani pihak berwajib di Canberra sejak awal September 2014.Namun dalam persidangan Selasa kemarin, Billy menyatakan diri tidak bersalah atas tuduhan pemerkosaan dan tuduhan perbuatan tidak senonoh.Pihak jaksa menuntut Billy dengan 13 tuduhan pelanggaran hukum.Dalam persidangan itu terungkap bahwa Billy dengan sengaja membuat akun Facebook palsu memakai nama dan foto perempuan guna menjebak remaja pria untuk melakukan seks.Pihak penuntut menyatakan Billy memperkosa korbannya sebanyak dua kali, mengancamnya, serta mengirimi korbannya materi pornografi anak.Dalam persidangan, Billy menyatakan diri bersalah telah melakukan pelecehan melalui internet.Persidangan ini juga mengungkap bahwa Billy adalah seorang pemeluk agama Kristiani yang taat, yang sedang menuntut ilmu di bidang politik dan hubbungan internasional di salah satu universitas di Canberra.Sidang lanjutan akan diadakan pada bulan November mendatang.
Haji 2015 Terancam Langka Pemondokan
JAKARTA - Pelaksanaan ibadah haji untuk jamaah haji sudah selesai dilakukan. Setelah melaksanakan salat Arbain, di Masjid Nabawi, jamaah haji gelombang dua hari ini mulai dipulangkan melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Muhammad Abdul Aziz Madinah. Jumlah jamaah haji gelombang dua yang dipulangkan via Jeddah berjumlah 33.458 jamaah dari 85 kloter. Rencananya mulai pukul 13.00 waktu Saudi hari ini, jamaah haji gelombang dua mulai tiba di Jeddah. Panitia di daker (daerah kerja, red) Jeddah sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji gelombang dua untuk transit sebelum terbang pulang ke tanah air, tutur Kasi Pelayanan Kepulangan Jamaah Daker Jeddah Edayanti kepada tim Media Center Haji (MCH) Kemenag kemarin. Menurut Irjen Kemenag Mochammad Jasin pelaksanaan haji tahun ini yang perlu mendapat perhatian adalah soal pemondokan jamaah. Masalah pemondokan untuk musim haji tahun depan 2015 akan semakin sulit. Karena itu, kata dia, Irjen akan memberikan masukan dan evaluasi ke Kemenag terkait sulitnya pemondokan tersebut. Menurut dia, Kemenag harus segera mengontrak pemondokan baru untuk menghadapi untuk jamaah haji tahun di depan (2015). Kenapa harus secepatnya dilakukan, karena kemenag terancam akan kelangkaan pemondokan. Saat dihubungi kemarin Jasin mengatakan awalnya kelangkaan pemondokan terjadi di Makkah. Yakni dikarenakan proyek perluasan Masjidilharam, paparnya. Akibat proyek perluasan itu, sejumlah pemondokan tua di sekitar Masjidilharam dibongkar. Kelangkaan pemondokan di Makkah itu membuat pemerintah Indonesia tidak lagi memprioritaskan memilih pemondokan berdasar jarak atau radius dari Masjidilharam. Tetapi kemenag, akhirnya memilih pemondokan berdasar kriteria kelayakan, yakni minimal setara hotel bintang lima. Bagi yang berada di radius 2 km lebih dari Masjidilharam, disiapkan bus penjemput. Tetapi, pada perkembangan terkini, program perluasan Masjid Nabawi juga menimbulkan konsekuensi pembongkaran pemondokan. Pemondokan-pemondokan yang dekat dengan Masjid Nabawi rencananya juga akan dibongkar, tutur mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Jasin memperkirakan bakal ada 50 unit pemondokan di sekitar Masjid Nabawi atau wilayah Markaziyah yang bakal dibongkar. Rekomendasi tim Itjen supaya jajaran Ditjen PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah, red) Kemenag untuk segera mendata pemondokan yang potensial untuk disewa pada musim haji 2015, papar Jasin. Setelah ketemu rincian pemondokan yang layak disewa, tim harus segera meneken kontrak dengan membayar uang muka sewa pemondokan. Dengan cara cepat ini, Jasin mengatakan bisa mencegah pemerintah Indonesia dari ancaman kelangkaan pemondokan di wilayah Madinah. Jasin menjelaskan pemondokan di Madinah tentu tidak akan sampai langka 100 persen. Pemondokan di wilayah makam Nabi Muhammad itu tetap ada, tetapi risikonya jaraknya semakin jauh atau tarif sewa pemondokannya mahal sekali. Jasin mengatakan, rencananya dia bakal tiba di Jakarta Kamis besok. Evaluasi pelayanan kepulangan jamaah haji juga dilakukan, katanya. (wan/end)
Anak Presiden Jokowi Besok Tes CPNS
JAKARTA - Setiap warga negara berhak memilih pekerjaan sesuai dengan keinginannya. Termasuk bagi Kahiyang Ayu, anak kedua Presiden Joko Widodo. Menurut jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Kahiyang akan mengikuti ujian CPNS 2014 di Bakorwil Jawa Tengah besok (23/10). Kahiyang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi. Perempuan kelahiran 1991 itu melamar itu melamar formasi Pemeriksa Pertama di jajaran Pemkot Solo. Total alokasi formasi CPNS 2014 di Pemkot Solo berjumlah 56 kursi. Khusus untuk jabatan pemeriksa pertama yang bisa dilamar sarjana semua jurusan tersedia tiga lowongan. Kahiyang memilih jalur pelamar semua jurusan karena dia alumni Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Apakah Kahiyang akan tetap mengikuti rangkaian tes CPNS Tentu jawabannya bisa dibuktikan langsung di lokasi ujian besok. Kemudian apakah putri Presiden ketujuh Indonesia akan lulus ujian? Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, penyelenggaraan tes CPNS itu sudah ada norma-normanya. Baik itu norma untuk panitia penyelenggara maupun norma peserta ujian. Kedua pihak harus menjalankan norma-norma itu, kata dia kemarin. Herman menjelaskan semua warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Termasuk ketika ada anak Presiden ingin mengikuti tes CPNS, tetap harus dilayani sebagaimana pelamar pada umumnya. Dari sisi substansi ujian CPNS, panitia penyelenggara tidak boleh memberikan perlakuan khusus kepada siapapun peserta tes. Kalau putri Pak Jokowi itu kompeten dan lulus tes, maka bisa jadi CPNS. Tetapi jika tidak, ya tidak lolos ujian, papar Herman. Dia menegaskan dalam sistem administrasi pemerintahan, tidak ada kebijakan yang mengatur anak Presiden dilarang menjadi CPNS. Herman menuturkan bukan kali ini saja ada keluarga petinggi pemerintahan mengikuti tes CPNS. Pada pelaksanaan tes CPNS edisi sebelumnya, dikabarkan ada keluarga Menteri PAN-RB yang mengikuti tes CPNS. Tetapi setelah tahap penilaian, yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus ujian. Padahal jika dikaitkan dengan posisi Menteri PAN-RB, sangat dekat dengan urusan pengadaan CPNS. Kelulusan seleksi administrasi Kahiyang sebelumnya diumumkan oleh Kepala BKD Kota Solo Hari Prihatno. Dia mengatakan jajaran Pemkot Solo tidak memberlakukan pelayanan khusus kepada pelamar CPNS. Dia juga belum bisa memastikan apakah Kahiyang akan datang mengikuti ujian atau tidak. (wan)
Populasi Dunia Bisa Tembus 12 Milyar pada 2050
Perkiraan jumlah populasi global di tahun 2050 terus menjadi pertanyaan, menyusul hasil penelitian baru yang menyebut bahwa tantangan untuk memproduksi pangan yang cukup, menjadi lebih serius, dibanding apa yang selama ini dibayangkan.Sebuah tim penelitian internasional meyakini bahwa populasi dunia bisa meningkat sebanyak 3 milyar jiwa pada akhir abad ini, jumlah yang lebih besar dibanding perkiraan para ahli.Selama 20 tahun, konsensus ilmiah global memperkirakan bahwa populasi dunia akan mencapai 9 milyar jiwa pada 2050.Asumsi ini diadopsi oleh PBB dan telah digunakan oleh sejumlah organisasi seperti Panel Antar-Pemerintah dalam Perubahan Iklim.Profesor Adrian Raftery dari Universitas Washington memimpin tim penelitian internasional, yang menemukan kesimpulan berbeda.Hasil penelitian kami menyebut, populasi akan terus tumbuh sepanjang abad, dan mencapai antara 9,5 hingga 12 milyar jiwa pada akhir abad ini, jelasnya.Profesor Adrian mengungkapkan, populasi yang terus meningkat akan menimbulkan sejumlah konsekuensi negatif.Ini bisa memperparah beragam tantangan yang mungkin meningkat kapan saja. Tantangan lingkungan seperti polusi dan perubahan iklim, tantangan kesehatan seperti penyakit menular, juga tantangan sosial seperti kemiskinan, tuturnya.Dan jika prediksinya benar, lantas bagaimana dunia akan mampu menyediakan pangan bagi 12 milyar jiwa?.Profesor Shashi Sharma dari Universitas Murdoch adalah pakar ketahanan pangan. Ia mengatakan, memberi makan pada belasan milyar jiwa akan sangat sulit.Saat ini kita punya 7 milyar dan kita hanya mampu menyediakan pangan bagi 5 milyar di antaranya. Dua milyar orang menderita kelaparan atau malnutrisi, kemukanya.Ia mengutarakan, populasi global telah berlipat ganda sejak era 1950an, namun kemajuan teknologi telah meningkatkan produksi pangans secara dramatis hingga bisa mengimbangi populasi.Namun ia menyebut, kemajuan lain dalam produksi pangan juga harus mempertimbangkan dampak jangka panjang yang bisa muncul.Kita tak boleh lupa akan bagaimana kita meningkatkan produksi pangan selama abad ke-20, ini berdampak besar pada lingkungan. Jadi jika kita kini memproduksi pangan 4 milyar lebih banyak dalam ratusan tahun ke depan, atau kurang dari seratus tahun, kita butuh pertanian yang ramah lingkungan, jadi itu harus disiapkan dengan baik, jelasnya.Ia memberi contoh India sebagai negara yang meningkatkan produksi pangan melalui irigasi dan penggunaan pupuk, herbisida, dan pestisida.Tapi pada saat yang bersamaan, jika anda punya seratus tahun, perspektif atau mungkin 200 tahun, perspektif, maka banyak dari mereka mulai menunjukkan beberapa dampak yang degradatif, yang menunjukkan beberapa fakta tak kondusif bagi produksi tanaman, ujarnya.Sang Profesor juga mengatakan, para perancang kebijakan harus melindungi lingkungan dari kemajuan pertanian yang memiliki potensi merusak.Jika kita tak melakukan itu, apa yang akan terjadi adalah kita bisa memproduksi pangan bagi generasi kita, tapi pada saat bersamaan, hal itu akan merugikan generaso berikutnya. Itu tak bisa diterima, jadi kita harus mencari cara lain dan hal pertama dan yang terpenting adalah pertanian ramah lingkungan, tegasnya.Dan jika populasi global menyentuh angka 12 milyar jiwa, kita harus bisa lebih efisien dalam soal pangan, tambah sang Profesor.Ada beberapa laporan yang menyebut bahwa sepertiga pangan yang kita produksi itu hilang atau terbuang percuma. Jadi apakah kita memproduksi makanan untuk tempat pembuangan sampah, atau kita benar-benar memproduksi pangan yang kita butuhkan untuk memberi makan populasi?, tanyanya.Ia menyambung, Jadi saya pikir ada banyak hal lain yang bisa dipikirkan ketimbang hanya memproduksi lebih banyak makanan.Ia mengatakan, kita juga perlu memperluas apa yang kita tanam dan menyesuaikan tanaman dengan kondisi lingkungan yang unik.Apakah ada sumber karbohidrat lain, apakah ada sumber protein lain? Kita harus memikirkan itu juga dalam rencana kita, dan tak seharusnya terpisah dari rencana untuk meningkatkan produksi gandum, atau meningkatkan hasil panen jagung, utaranya.Jadi saya berbicara tentang pendekatan yang jauh lebih luas soal produksi pangan, untuk populasi yang berjumlah lebih dari 7 milyar, lanjutnya.Pemikiran lain yang timbul dari jumlah populasi global yang besar adalah kemungkinan adanya peluang bagi para petani Australia untuk memasarkan hasil produksi mereka.Sementara Menteri Pertanian Barnaby Joyce, baru-baru ini, mengatakan bahwa Australia harus melupakan ide untuk menjadi mangkuk makanan bagi Asia, Profesor Shashi justru menuturkan masih ada potensi bagi para petani Australia untuk meningkatkan ekspor mereka.Saya ingin bilang, para petani Australia adalah salah satu yang terenergik dan paling berbakat, petani pekerja keras di dunia, jadi saya percaya ini adalah kesempatan yang bagus bagi para produsen, petani Australia dan Australia sebagai sebuah negara, jelasnya.
Gubernur Aceh Harus Bijak Respon Provinsi ALA-ABAS
JAKARTA - Pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyarankan Gubernur Aceh Zaini Abdullah memberikan respon yang baik terhadap menggaungnya lagi aspiras pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) dan Aceh Barat Selatan (ABAS). Juru Bicara Kemendagri, Dodi Riyadmadji, mengaku telah mendapat masukan dari masyarakat di wilayah Aceh bagian tengah. Disebutkan, ketidakpuasan masyarakat di sana lebih disebabkan tidak adanya keterwakilan kawasan Tengah di kursi-kursi jabatan di Pemerintah Aceh. Saya sering bicara dengan warga di sana, mereka ngomong, jarang ada orang dari Aceh bagian Tengah yang menjadi pejabat di Aceh. Nah, suara seperti ini yang mestinya disikapi dengan bijak, ujar Dodi kepada JPNN, kemarin (21/10). Seperti diketahui, tuntutan pembentukan provinsi baru yang ingin pisah dari induknya, Provinsi Aceh, itu kembali mengemuka, setelah sekian lama tidak muncul. Pekan lalu, Nawi Sekedang, Ketua Harian KP3 ALA Aceh Tenggara, mengatakan, pemekaran akan menguntungkan bagi Pemerintahan Aceh. Karena pada prinsipnya mekar bukan berarti berpisah dari Aceh. Kami hanya ingin memikirkan untuk kesejateraan rakyat Aceh. Serta keberlangsungan hidup anak cucu kita, agar pemerataan ekonomi rakyat lebih terjamin, sebut Nawi Sekedang, saat konferensi pers di salah satu warung kopi di Banda Aceh, 17 Oktober 2014. Dodi mengatakan, secara resmi, pemerintah pusat belum bisa memberikan tanggapan atas munculnya kembali aspirasi tersebut. Pasalnya, menurutnya, ranahnya masih menjadi kewenangan provinsi. Karena tetap harus mendapat persetujuan dari induk terlebih dahulu, dalam hal ini Provinsi Aceh, kata birokrat bergelar doktor itu. Sekali lagi diingatkan, gubernur harus tanggap terhadap aspirasi itu, dengan mengakomodir keterwakilan di kursi-kursi jabatan di tingkat pemerintahan provinsi. Dodi mengatakan, suara keinginan pembentukan Provinsi ALA-ABAS ini mirip dengan proses pembentukan Provinsi Banten, yang pisah dari Provinsi Jawa Barat. Dulu Banten ingin pisah ya karena merasa tidak ada orang Banten yang menjadi pejabat di pemerintahan Provinsi Jawa Barat, pungkas Dodi. (sam/jpnn)
Belum Berani Susun PP Pilkada Langsung
JAKARTA - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang pilkada langsung dipastikan belum bisa menjadi acuan bagi penyelenggaraan pilkada. Pasalnya, masih banyak poin di Perppu itu yang harus dijabarkan lebih lanjut di dalam aturan pelaksanaan, yang berbentuk Peraturan Pemerintah (PP). Sementara, pemerintah, dalam hal ini kementerian dalam negeri (kemendagri), belum berani menyusun PP. Alasannya, nasib Perppu belum jelas, apakah nantinya disetujui DPR menjadi UU, atau malah ditolak. Ya, sebuah Perppu memang perlu ada aturan tindak lanjutnya. Tapi penyusunan aturan pelaksanaannya setelah nasibnya Perppu jelas dulu, ujar Juru Bicara Kemendagri, Dodi Riyadmadji, kepada JPNN kemarin (21/10). Karenanya, lanjut Dodi, hingga saat ini kemendagri belum merumuskan draf PP sebagai jabaran Perppu. Dengan demikian, diakui Dodi, Perppu belum bisa sepenuhnya dijadikan acuan bagi KPU daerah melakukan tahapan pilkada. Dalam beberapa hal, KPU Daerah sudah bisa bergerak. Tapi untuk beberapa hal lain, aturan di Perppu masih perlu diatur di PP, lanjutnya. Hal-hal yang masih perlu diatur, misalnya terkait 10 poin tambahan yang dulunya disodorkan Partai Demokrat. Misal soal larangan kampanye berbau fitnah, atau calon harus bertanggung jawab calon atas kelakuan pendukungnya yang berbuat rusuh. Hal-hal seperti itu kan perlu dijabarkan lebih detil, lanjutnya. Dia memastikan, jika nantinya Perppu dibahas awal 2015 dan DPR menyetujuinya, maka langsung disusun PP. Birokrat bergelar doktor itu yakin, masih cukup waktu bagi pemerintah untuk menyusun PP. Karena kan disepakati pilkada serentak September 2015. Jadi masih cukup waktu lah, pungkasnya. (sam/jpnn)
UMK Mataram Ditetapkan Rp 1,4 Juta
MATARAM - Upah Minimum Kota (UMK) Mataram tahun 2015 ditetapkan naik 11,51 persen dibanding tahun sebelumnya. Setelah kenaikan itu UMK Mataram mulai 2015 nanti sebesar Rp 1.405.000. Ini sudah mendekati kebutuhan hidup layak di kota, kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh usai penetapan UMK di aula Pendopo Wali Kota, kemarin. Penetapan UMK itu dihadiri jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Penetapan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dimana salah satu indikator penentuannya adalah kebutuhan hidup layak (KHL). Namun UMK 2015 yang ditetapkan masih di bawah KHL. KHL di Kota Mataram sebesar Rp 1.564.178. Lebih dari 90 persen UMK di kota mendekati KHL, terang Ahyar. Wali kota berharap dengan penetapan upah minimum itu bisa meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya. Sedangkan bagi perusahaan bisa berkembang dengan lebih baik. Penetapan ini akan segera dilaporkan ke gubernur, imbuhnya. Ahyar mengklaim, hubungan perusahaan dan pekerja di Kota Mataram selama ini sudah harmonis. Aspek pengupahan sudah mempertimbangkan pengusaha maupun pekerja. Hasil kajian dewan pengupahan dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, imbuhnya. Sementara itu, anggota tim pakar dari Fakultas Ekonomi Universitas Mataram Yusuf Hasbullah menjelaskan. perhitungan lain penentuan UMK di Kota Mataram adalah tingkat inflasi. Dimana inflasi bulan Oktober 2014 sebesar 4,61 persen dan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,38 persen. Termasuk juga pemantauan terhadap usaha marginal (usaha paling tidak mampu), katanya. Ditambahkan, dari tahun ke tahun UMK Kota Mataram memang terus mengalami peningkatan. Pada 2013 UMK sebesar Rp 1.120.000 naik 7,38 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada 2014 UMK naik 12,5 persen menjadi Rp 1.260.000. Sedangkan tahun 2015 sesuai usulan, naik 11,51 persen menjadi 1.405.000. Ini hasil tripartit antara SPSI, Apindo, dan tim penyeleraras, tambahnya. Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram H Ahsanul Khalik mengatakan, penetapan UMK 2015 sudah memerhatikan UMK 2014. Salah satu acuannya adalah KHL Kota Mataram. Sudah 93 persen mendekati KHL, katanya. Penetapan UMK ini, kata Khalik, sesuai pasal 89 ayat 3 UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juncto pasal 38 huruf a angka 1 Keputusan Presiden Nomor 107 Tahun 2004 tentang Dewan Pengupahan juncto pasal 5 huruf a angka 1 Peraturan Wali Kota Mataram Nomor 31 Tahun 2009 tentang pembentukan dewan pengupahan kota. Setelah melalui pembahasan dilanjutkan sidang, akhirnya ditemukan angka Rp 1.405.000 UMK 2015, tambahnya. Sementara itu, dalam kesepakatan penentuan UMK Kota Mataram, pengusaha berkesempatan audiensi dengan Wali Kota H Ahyar Abduh. Pada kesempatan itu, Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) I Gusti Lanang Patra mengungkapkan, tahun depan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dimulai. Sehingga seluruh pekerja yang ada di Asia Tenggara bisa masuk pasar kerja di mana saja. Jangan sampai tenaga kerja lokal hanya jadi penonton saja, katanya. Terkait itu, ia mendorong adanya uji kompetensi untuk menjaring tenaga kerja lokal. Salah satu sektor yang potensial adalah pariwisata. Kalau tidak siap MEA ini bisa menjadi ancaman, tandasnya. Menanggapi itu, Wali Kota H Ahyar Abduh mengatakan, pemkot segera berkomunikasi dengan provinsi untuk membahas peningkatan sumber daya manusia (SDM) menyongsong MEA 2015. Indonesia menjadi negara yang penting dan utama di Asia Pasifik, potensi itu harus bisa dioptimalkan. Memang soal SDM ini yang menjadi kekhawatiran, katanya. Ahyar juga mendorong pelaku usaha ikut memberi kontribusi untuk peningkatan SDM lokal. MEA 2015 siap atau tidak siap memang harus dihadapi. Sekarang yang perlu diupayakan bisa meningkatkan daya saing, sambungnya.(feb)

Hasil penelusuran 10/22 4:31pm. Terakhir update terdeteksi pada 10/22 4:31pm.  skor: 1272