Garuda Indonesia Batalkan 64 Penerbangan
JAKARTA - PT Garuda Indonesia akan mengoperasikan pesawat berbadan besar Airbus A330-200 saat rangkaian kegiatan HUT TNI ke-69, di Bandara Juanda, Surabaya 1-4 Oktober dan 7 Oktober 2014. VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto menjelaskan, pengoperasian pesawat A330-200 tersebut sebagai upaya back up atas adanya dua pengurangan penerbangan di pagi hari, yakni pukul 08.50 WIB (GA-308) dan perbangan pukul 11.10 WIB (GA-312). Melalui pengoperasian pesawat besar A330-200 tersebut, maka kapasitas seat Garuda pada rute Jakarta-Surabaya PP tidak berkurang pada periode HUT TNI ini, ujar Pujo melalui siaran persnya, Selasa (30/9). Selain itu, lanjut Pujo, Garuda juga bakal menyesuaikan jadwal penerbangan dari dan ke Surabaya dari 2-4 Oktober dan 7 Oktober 2014. Serta menyesuaikan waktu keberangkatan sebanyak 74 penerbangan dari dan menuju Surabaya ke kota-kota Jakarta, Bandung, Denpasar, Banyuwangi, Jember, Ambon, Semarang dan Makassar. Karena itu, sesuai pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Otoritas Bandara Juanda, sehubungan dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT TNI ke-69, maka akan dilaksanakan penutupan bandara Juanda pada tanggal tersebut, pada pukul 10.00 WIB- 11.45 WIB, dan pukul 12.30 WIB dan 13.30 WIB. Selama periode waktu penutupan bandara untuk kegiatan operasi penerbangan sipil Bandara Juanda, Garuda Indonesia tidak mengoperasikan sebanyak 64 penerbangan dari Surabaya menuju Denpasar, Balikpapan dan Jakarta dan sebaliknya. Namun kapasitas seat yang tersedia masih mengakomodir jumlah permintaan penumpang, jelas pria berkacamata itu. Untuk melakukan konfirmasi dan pengecekan jadwal keberangkatan penerbangan Garuda Indonesia, Pujo mengimbau para penumpang dapat langsung menghubungi call center Garuda Indonesia atau melalui website www.garuda-indonesia.com. (chi/jpnn)
Belum Terima Pemberitahuan Demo
JAKARTA - Pelantikan Anggota DPR dan DPD yang digelar di Komplek Parlemen, di Senayan, Jakarta, Rabu (1/10), seperti tak diwarnai dengan aksi demonstrasi. Hingga Selasa (30/9) malam Polda Metro Jaya belum menerima surat pemberitahuan akan ada aksi demonstrasi dari elemen atau kelompok massa. Belum ada (pemberitahuan), kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada JPNN, Selasa (30/9). Pelantikan 560 Anggota DPR dan 132 Anggota DPD besok akan diamankan 4.284 personel jajaran Polda Metro Jaya. Jumlah itu termasuk personel yang berpakaian dinas dan sipil. Ya, benar, kata Rikwanto. Pola pengamanan menggunakan sistem ring. Dari ring satu hingga ring empat, ujar bekas Kapolres Klaten, Jawa Tengah, ini. (boy/jpnn)
Nadal Comeback secara Sempurna
BEIJING - Rafael Nadal menandai comeback-nya di turnamen tenis ATP dengan sempurna. Petenis peringkat kedua dunia itu sukses menekuk Richard Gasquet dua set langsung dengan skor 6-4, 6-0 pada babak pertama di Tiongkok Tennis Centre, Selasa (30/9) malam WIB. Kemenangan itu sekaligus menegaskan dominasi Nadal atas Gasquets. Nadal kini membukukan rekor head to head atas petenis asal Prancis tersebut dengan agregat 13-0. Secara umum, saya senang dengan cara saya bermain. Setelah tiga bulan tak bermain, menang melawan pemain bagus seperti Gasquet adalah comeback positif bagi saya, terang Nadal sebagaimana dilansir laman resmi ATP. Ya, Nadal memang sudah 13 pekan tak berlaga di kompetisi ATP. Kali terakhir petenis asal Spanyol itu turun gelanggang ialah di Grand Slam seri Wimbledon 2014 lalu. Setelah itu, Nadal berkutat dengan cedera pergelangan tangan. Saya pikir, saya sudah bermain solid. Saya tak membuat kesalahan. Saya senang dengan cara saya bermain. Berlaga di pertandingan pertama setelah 13 pekan, tegas Nadal.(jos/jpnn)
Anak Buah Denny Indrayana Diperiksa Kejagung
JAKARTA - Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa Zamrony, staf di Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana, Selasa (30/9). Zamrony diperiksa sebagai saksi kasus dugaan gratifikasi di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham yang menjerat tersangka mantan Direktur Perdata LSH dan Kasubdit Notariat berisinial NA itu. Sekitar pukul 10.00 Wib, saksi Zamrony hadir memenuhi panggilan penyidik, kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony T Spontana, Selasa (30/9). Dijelaskan Tony, pemeriksaan Zamrony pada dasarnya mengenai keberadaan saksi sebagai salah satu anggota tim internal dari Kemenkumham. Zamrony, kata Tony, juga memeriksa para staf termasuk kedua tersangka terhadap adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pengurusan pengangkatan notaris di lingkungan Kemenkumham. Selain itu, Tony melanjutkan, pemeriksaan terhadap Zamrony juga untuk mengetahui kronologis peristiwa awal ditemukannya penyalahgunaan wewenang dalam pengurusan pengangkatan notaris tersebut. Selain Zamrony, Kejagung juga mengagendakan pemeriksaan seorang saksi lainnya, Caecilia Dewi Purwitasari, notaris di Kabupaten Sleman. Saksi Caecilia Dewi Purwitasari, tidak hadir memenuhi panggilan penyidik tanpa keterangan, pungkas Tony. (boy/jpnn)
Nelli Selundupkan Sekilo Sabu di Pakaian Dalam
BATAM - Petugas bea cukai di Pelabuhan Internasional Batam Center mengamankan seorang perempuan bernama Nelli Rexkiana karena membawa 1 kilogram sabu-sabu. Nelli yang menumpang kapal ferry dari Johoh Bahru, Malaysia, ditangkap pukul 15.30 tadi setelah ketahuan menyimpan sabu-sabu didalam pakaian dalamnya. Diberitakan batampos.co.id, Nelli diketahui membawa barang haram itu saat melewati mesin sinar X di Pelabuhan Internasional Batam Center. Dari pemindaian itu diketahui bahwa Nelli menyimpan sabu-sabu di dalam bra dan selangkangannya. Informasi yang diterima wanita dengan nomor passport A 5259883 keluaran Binjai tahun 2003 itu menyimpan barang haram tersebut dalam kemasan lima bungkusan kantong plastik bening. Dua kantong disembunyikan dalam bra kanan dan kiri, satu kantong lagi dilakban di bagian perut, sedangkan dua kantong lainnya dibalut di kedua selakangan kaki kanan dan kirinya dengan kaos kaki. Kapolsek KKP Batam Center, AKP Wahyu mengatakan kasus itu sudah ditangani Polda Kepri. Tersangkanya wanita, cuman sudah ditangani Polda, ujar Wahyu.(eja/jpnn)
Sharapova Butuh 1,5 Jam Gulung Svitolina
BEIJING - Maria Sharapova meneruskan tren positifnya di turnamen tenis Tiongkok Open 2014. Petenis jelita asal Rusia itu berhasil menekuk Elina Svitolina dua set langsung dengan skor 6-2, 6-2 pada babak kedua di Tiongkok Tennis Centre, Selasa (30/9) malam WIB. Jika dilihat dari skor, Sharapova menang cukup mudah. Namun sebenarnya Sharapova harus bekerja keras menghentikan perlawanan Svitolina. Petenis peringkat pertama dunia itu membutuhkan waktu satu jam 25 menit untuk memetik kemenangan. Sangat luar biasa bisa menjalani start yang bagus di pertandingan. Dia adalah lawan yang bagus. Saya sangat senang bisa lolos, terang Sharapova sebagaimana dilansir laman resmi WTA. Bagi Sharapova, turnamen Tiongkok Open bisa menjadi ajang pemanasan sebelum terjun di WTA World Tour Finals di Singapura, Oktober mendatang. Hingga kini, baru empat petenis yang memastikan diri lolos ke Singapura. Selain Sharapova, Serena Williams, Simona Halep dan Petra Kvitova juga sudah lolos. Svitolina adalah petenis yang memiliki pergerakan sangat bagus. Dia terus membuat saya bekerja keras, tegas Sharapova. (jos/jpnn)
Jamwas Kirim Tim Periksa Pejabat Kejati Sulsel
JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menerjunkan tim untuk memeriksa dugaan gratifikasi oknum pejabat Kejati Sulawesi Selatan. Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung Mahfud Manan mengatakan tim yang dikirim, Selasa (30/9) untuk memeriksa Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kad, dan Asisten Pidana Umum Kejati Sulsel FH. Tim itu akan memeriksa keduanya, terkait dugaan menerima mobil dari pemilik PT Bumi Anugerah Sakti, JT, tersangka kasus penimbunan laut atau reklamasi pantai. Kami sudah kirim tim hari ini, tegas Mahfud di Kejagung, Selasa (30/9). Dijelaskan Mahfud, tim akan mulai melakukan pemeriksaan pada Rabu (1/10). Tak hanya internal kejaksaan, tim juga akan menggarap pihak eksternal yang dianggap mengetahui kasus ini. Besok akan diperiksa baik internal Kejati Sulselbar maupun pihak eksternal, kata Mahfud. Ia tak mempersoalkan keduanya yang membantah menerima mobil dari JT. Sebab, Mahfud mengklaim pihaknya sudah memiliki bukti awal, berupa foto mobil yang diduga diterima keduanya. Karenanya Mahfud mengatakan silahkan saja membantah karena itu merupakan hak mereka. Yang pasti kami jalan terus ini, tegasnya. Bahkan, Mahfud melanjutkan, pihak pengawas yang dipimpim Inspektorat IV sudah meningkatkan status dugaan ini dari hanya klarifikasi menjadi inspeksi kasus. Pasti ada tanda-tanda kami pegang. Dan sebelum dimuat di media kami sudah jalan. Sudah ada juga nama kami pegang yang merupakan saksi kuncinya. Makanya itu juga mau diperiksa, katanya. Seperti ramai diberitakan Kad diduga menerima mobil Toyota Vellfire seharga Rp 1,8 miliar. Sedangkan FH diduga menerima mobil Honda Freed senilai Rp 269 juta dari tersangka JT. Pemberian ini diduga terkait penanganan kasus tersangka JT. (boy/jpnn)
SBY Disarankan Ikhlas Pilkada oleh DPRD
JAKARTA - Ahli Hukum Tata Negara dari Universitas Indonesia, Margarito Kamis, menyarankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera menandatangani UU Pilkada yang sudah disahkan DPR. SBY juga disarankan menerima dengan ikhlas pemilihan gubernur, bupati, dan walikota dilakukan oleh DPRD. Menurut saya Pak SBY tanda tangani UU yang beliau ikut menyetujuinya itu. Toh Pilkada melalui DPRD pun konstitusional, kata Margarito Kamis saat dihubungi, Selasa (30/9), menanggapi rencana SBY menebitkan Perppu untuk menjegal UU Pilkada lewat DPRD. Mantan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara itu mengakui jika konstiusi memberi kewenangan kepada Presiden menerbitkan Perppu. Namun, kewenangan ini hanya bisa digunakan oleh Presiden bila ada keadaan hukum yang memiliki sifat genting dan memaksa. Perihal keadaan yang genting dan memaksa ini pun, lanjutnya, sepenuhnya menjadi hak Presiden untuk menilai hingga merasa perlu menerbitkan Perppu. Tapi konstitusi mengatur penilaian Presiden ini harus mendapat penilaian dari DPR. Dalam hal DPR berpendapat penilaian Presiden itu keliru, maka DPR berhak menolak Perppu itu. Bila DPR menolak Perppu itu maka Perppu dicabut, dan yang berlaku adalah undang-undang semula yang dicabut melalui Perppu itu, tegasnya. Nah, soal keyakinan SBY jika menerbitkan Perppu maka Pilkada langsung dapat dipertahanankan, Margarito tidak melihat ada jaminan. Sebab, semua bergantung pada situasi politik di DPR.(fat/jpnn)
ASHTN Protes Rencana SBY Terbitkan Perppu Pilkada
JAKARTA - Asosiasi Sarjana Hukum Tata Negara (ASHTN) memprotes rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Penerbitan Perppu justru akan menimbulkan komplikasi ketatanegaraan yang tidak sederhana. Kegentingan yang memaksa seperti apa yang terjadi sehingga Presiden terbitkan Perpu? kata Peneliti ASHTN Indonesia Afifi Sunardi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/9). Afifi mengatakan Pasal 22 ayat (1) UUD 1945 memang memberi ruang presiden untuk menerbitkan Perppu. Namun kata dia, ada syarat yang harus dipenuhi. Syarat yang dimaksud adalah ihwal yang menjadikan kegentingan yang memaksa. Justru Perpu Pilkada dapat dimaknai sebagai cara Presiden mencari jalan keluar atas persoalan yang menimpa dirinya. Kesan sesuka hati dalam penerbitan Perpu sulit ditampik, tegas Afifi. Disebutkan Afifi, dengan penerbitan Perppu justru bisa dianggap sebagai sikap pelecehan terhadap konstitusi karena tak memenuhi syarat. Sebab, norma yang terkandung di konstitusi, sambung dia, tidak bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, kelompok dan golongan. Konstitusi harus dimaknai sebagai upaya negara untuk memberi perlindungan kepada seluruh tumpah darah, bukan untuk kepentingan pribadi sesuka hati, tegas Afifi. Afifi juga menyoroti rencana SBY yang akan meneken UU Pilkada namun juga akan menerbitkan Perpu Pilkada. Harap diingat, pengesahan UU Pilkada beberapa waktu lalu merupakan perwujudan persetujuan antara DPR dan Presiden. Bagaimana bisa, presiden telah menyetujui namun di saat bersamaan tidak setuju. Ini sama saja melecehkan DPR, tandasnya. (awa/jpnn)
Djokovic Belum Temui Kesulitan di Tiongkok Open
BEIJING - Novak Djokovic tak menemui kesulitan berarti pada laga perdana Tiongkok Open 2014. Petenis asal Serbia itu sukses menekuk wakil Spanyol, Guillermo Garcia Lopez dua set langsung dengan skor 6-2, 6-1 di Tiongkok Tennis Center, Selasa (30/9) malam WIB. Hasil itu membuat Djokovic masih memegang rekor sempurna di Tiongkok Open sejak musim 2012. Petenis berjuluk Nole itu saat ini sudah membukukan rekor 20-0 selama berlaga di Tiongkok. Saya bertarung untuk nomor satu dunia. Tentu saja setiap turnamen selalu penting. Itu adalah hal yang memberikan motivasi besar, terang Djokovic sebagaimana dilansir laman resmi ATP. Petenis berusia 27 tahun itu kini tengah mengincar gelar kelima di Tiongkok. Sebelumnya, Djokovic sukses merebut gelar Tiongkok Open edisi 2009, 2010, 2012 dan 2013 silam. Saya sangat senang berkompetisi. Saya senang berada di dalam lapangan dan menjadi bagian dari turnamen besar seperti di Beijing ini. Publik di sini membuat saya merasa seperti di rumah, tegas Djokovic. (jos/jpnn)
Terbitkan Perppu, SBY Hanya Bikin Publik Makin Bingung
JAKARTA - Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk mempertahankan pilkada langsung, dinilai langkah paling realistis untuk menyelamatkan suara rakyat. Hanya saja, Dosen Hukum Tata Negara UIN Syarif Hidayatullah, Ismail Hasani, menilai Perppu sebaiknya dikeluarkan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), bukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meskipun SBY masih punya kewenangan menerbitkannya. Saya lebih menganjurkan Jokowi di hari atau minggu pertama memerintah, mengeluarkan Perppu. Kenapa? Secara moral jauh legitimate, Jokowi tidak ikut membahas dan tidak ikut bertakrobat politik dalam pembahasan kemarin, kata Ismail Hasani saat dihubungi, Selasa (30/9). Sementara Presiden SBY, dengan menerbitkan Perppu, hanya akan membuat publik semakin bingung dengan sikap politik SBY maupun partai Demokrat yang dia pimpin. Sebab, Demokrat lah yang walk out saat Sidang Paripurna RUU Pilkada, lalu SBY kecewa dan berencana menggugat ke MK tapi dibatalkan. Sekarang Perppu? Ini membingungkan, jelasnya. Kalaupun SBY tetap meberbitkan Perppu, Ismail cenderung menilai langkah tersebut hanya untuk perbaikan citra Presiden di ujung masa jabatannya. Bahwa SBY ingin dikenang sebagai penyelamat suara rakyat. Jelas kalau menerbitkan Perppu, akan memberikan legitimasi politik bagi SBY dan Demokrat, bahwa SBY akan jadi penyelamat suara rakyat, tukasnya. Selain itu, jika SBY tetap menerbitkan Perppu, maka Ketua Umum Partai Demokrat itu harus mencari tambahan dukungan di parlemen. Sebab, pendukung Pilkada lewat DPRD masih di atas angin dan tetap akan memenangkan kontestasi di DPR. Kendati demikian, karena Perppu ini akan dibahas oleh DPR yang baru, Ismail berkeyakinan masih ada peluang mempertahankan Pilkada langsung. Di samping pendukung Pilkada langsung bisa menggalang kekuatan, nurani wakil rakyat yang baru diharapkan bisa mendengar aspirasi rakyat. Tetap ada kemungkinan itu (Perppu ditolak DPR). Tapi saya berkeyakinan peluang (Pilkada langsung) tetap ada. Anggota DPR baru mungkin lebih punya hati nurani, meskpun peta politik KMP tetap unggul, tandasnya. (fat/jpnn)
Jika DPR Tolak Perppu, UU Pilkada Tetap Berlaku
JAKARTA - Pengamat hukum tata negara, Margarito Kamis menyatakan presiden diberi kewenangan oleh konstitusi ntuk membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu). Demikian juga halnya dengan Perppu tentang Pilkada yang saat ini tengah disusun oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tidak masalah presiden tebitkan Perppu tentang Pilkada. Itu hak konstitusi presiden, kata Margarito Kamis, saat dihubungi JPNN, Selasa (30/1). Yang penting lanjutnya, harus ada penilaian urgensinya Perppu Pilkada itu dibuat. Siapa yang menilainya? Tentu presiden sendiri. Presiden harus bisa mengeluarkan penilaian suatu keadaan genting dan memaksa dan meyakinkan DPR tentang adanya suatu keadaan genting dan memaksa itu, ujarnya. Andai penilaian presiden tentang suatu keadaan genting dan memaksa tersebut muncul dalam konsideran Perppu, lanjut Margarito, bukan berarti sebuah Perppu itu final dan bisa mengganti Undang-Undang tentang Pilkada. Presiden oleh konstitusi diperintahkan membawa Perppu terkait ke DPR. Kalau DPR menolak, Perppu dengan sendirinya batal dan Undang-Undang Pilkada yang sudah disahkan lewat Sidang Paripurna DPR yang dipakai sebagai payung hukum Pilkada di seluruh Indonesia, pungkasnya.(fas/jpnn)
Ngamen Intelek, Menularkan Semangat Bung Hatta Lewat Musik
JAKARTA - Sosok mantan Wakil Presiden, Mohammad Hatta alias Bung Hatta masih terus dikenang saat ini dengan berbagai cara. Setelah muncul rencana pembuatan film terkait biografi Bung Hatta, kini seni musik pun dihadirkan untuk mengenangkan tokoh bangsa tersebut. Komunitas Musik Reaktif Balikpapan, termasuk yang antusias mengenang pemilik nama asli Muhammad Athar tersebut. Dengan mengedepankan tema Ngamen Intelek setiap minggu kelompok ini akan menggelar acara musik di Kota Balikpapan. Salah satu tema yang akan diusung adalah Bung Hatta Teladanku. Kami terinspirasi dengan tema itu karena mengingat kalimat Bung Hatta. Hanya ada satu negara yang pantas jadi negaraku, ia tumbuh dengan perbuatan dan perbuatan itu adalah perbuatanku. Kata-kata beliau ini yang menyadarkan dan menggerakkan kami sebagai komunitas untuk mengajak orang lain turut berkarya, ujar Asditia, salah satu pemusik di kelompok tersebut, Selasa, (30/9). Kelompok in menganggap kalimat-kalimat bijak Bung Hatta seolah menantang generasi muda untuk berbuat sesuatu untuk bangsanya. Berkarya dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Kami ingin menjadi bagian dari itu, kami ingin menjawab tantangan tersebut, sambungnya. Berkarya di Balikpapan, kelompok ini pun mengajak muda-mudi kota itu agar dapat membangun kota itu lebih baik dibanding hanya memberi kritik pada pemerintah. Kami berharap anak muda di sini bisa tertular semangat Bung Hatta untuk memajukan Kota Balikpapan. Makanya kami menamakan acara musik kami, Ngamen Intelek, tandas Asditia. (flo/jpnn)
Krisna Mukti Segera Berkantor di DPR
JAKARTA - Krisna Mukti, pelaku seni yang kerap muncul di layar kaca dalam berbagai sinetron akan segera berkantor di Gedung DPR RI. Ditemui di sela-sela gladi resik pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR RI, Selasa (30/9), Krisna mengaku sudah melakukan banyak persiapan jadi wakil rakyat. Selama sebulan ikut pembekalan, Lemhamanas, di DPP (PKB), dan KPU. Dibekali dengan wawasan nusantara, ketahanan nasional, bidang-bidang komisi, kata Krisna Mukti. Alumnus Sastra Belanda Universitas Indonesia itu ter pilih sebagai Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebagai pelaku seni yang masuk ke panggung politik, Krisna pun berharap bisa duduk di komisi X yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan profesinya selama ini. Saya minta di komisi X. Tapi terserah partai mau nempatin saya di mana. Komisi X sesuai dengan pekerjaan saya, seni, olahraga, pariwisata, tandas pria yang pernah tampil bareng Cornelia Agatha di sinetron Aku Ingin Pulang itu. (fat/jpnn)
Keluarkan Perppu, SBY Tegaskan Bukan Bagian KMP
JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menagtakan keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah langsung memberi sinyal bahwa SBY berseberangan atau bukan bagian dari Koalisi Merah Putih. Menurutnya, dengan mengambil keputusan mengeluarkan Perppu, maka secara politik SBY akan berhadapan dengan KMP. Keputusan ini akan membuat SBY berhadapan secara politik dengan KMP. Artinya dia (SBY) dalam tanda kutip berseberangan dengan KMP, kata Emrus saat dihubungi JPNN.com, Selasa (30/9) malam. Dia pun kembali mempertegas bahwa keputusan SBY ini menandakan sang presiden yang juga ketua umum Partai Demokrat itu tidak melakukan sandiwara politik sebagaimana dicurigai rakyat pascapengesahan Rancangan Undang-undang Pilkada di Rapat Paripurna DPR. Lebih jauh dia mengatakan, Perppu itu nantinya dalam tiga bulan harus mendapatkan persetujuan DPR untuk bisa menjadi Undang-undang. Mau tidak mau, kata Emrus, Perppu ini nantinya harus didukung oleh DPR. Karenanya, Emrus melanjutkan, SBY tentu akan membangun kekuatan di DPR supaya Perppu itu disetujui. Sebab, kalau tidak maka ini akan memalukan. Kalau nanti misalnya divoting di DPR setelah tiga bulan ternyata kalah, itu melakukan. Saya yakin SBY sudah melakukan kalkulasi politik dan tidak akan mau kalah (nanti), ungkap Emrus. Dia pun yakin bahwa Perppu itu akan disetujui. Menurutnya, bisa saja di DPR nanti selain Koalisi Indonesia Hebat, juga didukung oleh Fraksi PAN yang notabene Ketua Umum-nya Hatta Rajasa merupakan besan SBY. Besar peluangnya disetujui. Ditambah lagi suara sempalan dari beberapa orang di Partai Golkar yang kemarin setuju Pilkada langsung, sempalan-sempalan suara dari PPP yang saat ini juga tengah bergejolak, karanya. Karenanya, ia menegaskan, kalau Partai Demokrat sungguh-sungguh mendukung di legislatif nanti maka hampir dipastikan Perpuu menjadi Undang-undang. Maka Undang-undang kemarin batal, karena pemerintah keluarkan Perppu, pungkasnya. (boy/jpnn)
Demokrat Bantah Penerbitan Perppu demi Pulihkan Citra SBY
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf menampik bahwa rencana penerbitan Perppu Pilkada langsung adalah cara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memulihkan citranya. Pasalnya, setelah Fraksi Demokrat melakukan walk out dan gagal mengupayakan opsi pilkada langsung dengan 10 syarat di voting parlemen, publik pun langsung mengecam SBY. Kepala negara dianggap berbohong pada masyarakat dengan mengaku sejak awal mendukung pilkada langsung. Siapa yang memutar balikkan fakta. Kan Pak SBY menginginkan Pilkada langsung dan bentuk Perppu ini adalah konsistensi beliau dalam memperjuangkan Pilkada langsung, tegas Nurhayati di Jakarta, Selasa, (30/9). Nurhayati menegaskan bahwa SBY masih konsisten dengan demokrasi yang sesungguhnya. Oleh karena itu, ia meminta media massa tidak membesarkan masalah terkait tudingan pada SBY. Beliau konsisten dengan demokrasi. Beliau konsisten dengan pilkada langsung dengan 10 perbaikan. Nah kalau Pilkada langsung tanpa perbaikan, itu menistakan masyarakat juga, tandas Nurhayati. (flo/jpnn)
Nama Oso Mulai Panaskan Pemilihan Ketua DPD
JAKARTA - Senator terpilih asal Kalimantan Barat Oesman Sapta Odang alias Oso diprediksi menjadi Ketua DPD RI periode 2014-2019. Dukungan terbuka dari sesama senator untuk Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu sudah mulai bermunculan. Salah satunya datang dari senator terpilih asal Bali Kadek Arimbawa. Menurut Kadek, Oso layak memimpin DPD RI karena merupakan figur yang bersih dari ketergantungan, tegas, berani, dan berpengalaman. Saya percaya Oso mampu membawa DPD lebih kreatif dan inovatif. Sehingga peran kami lebih terasa di masyarakat, kata Kadek kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/10). Dia berharap, pimpinan DPD RI periode 2014-2019 mampu bersikap agresif dalam menciptakan perubahan. Terutama, dalam hal penguatan lembaga secara internal. Anggota DPD RI terpilih asal Aceh, Ghazali Abas Adan juga menyampaikan dukungan kepada Oso. Ia percaya Oso mampu membawa DPD menjadi lembaga yang benar-benar menjalankan amanat yang diberikan oleh rakyat yaitu, memajukan daerah. Saya yakin Oso punya kepentingan dan semangat yang kuat untuk memajukan daerah. Jangan lupa juga, Oso tak punya ketergantungan terhadap pihak manapun. Kedepan harus seperti itu, tambah Ghazali seraya menambahkan, Oso. Sementara senator terpilih asal Nusa Tenggara Timur, Abraham Liyanto menilai Oso sebagai sosok yang berani dan berpengalaman. Orang semacam itu, menurutnya, sangat dibutuhkan DPD agar dapat lepas dari bayang-bayang hegemoni DPR. Didukung sejumlah kolega, Oso memilih bersikap merendah. Ia mengaku, tak mau berandai-andai menjadi ketua lembaga perwakilan daerah itu. Insya Allah kalau sehat dan orang percaya, dan itu adalah amanah bagi saya, ucapnya. (dil/jpnn)
Nama Setya Novanto Muncul, Golkar Panen Kecaman
JAKARTA - Rumor pencalonan politikus Golkar, Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019 kembali dikritisi. Partai Golkar dinilai terlalu gegabah lantaran memajukan kader dengan rekam jejak buruk untuk posisi yang strategis. Sejak kabar itu berhembus, panen kecaman menerpa partai berlambang pohon beringin, termasuk dari para pengamat dan pakar politik. Golkar gegabah. Apalagi Setya Novanto pernah disebut terlibat dalam sejumlah praktik rasuah (korupsi), ujar Pakar Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana, Heri Budianto, saat dihubungi, Selasa (30/9). Menurut Heri, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap anggota dewan tengah berada di titik yang sangat rendah. Karena itu, seorang ketua dengan rekam jejak buruk, walau masih sekedar dugaan sekalipun, dapat berdampak fatal. Lebih lanjut Heri mengatakan, pemilihan Setya oleh Golkar menunjukan bahwa sikap partai politik semakin jauh dari rakyat. Ia yakin seseorang seperti ketua Fraksi Golkar DPR RI itu tidak mungkin terpilih jika partai melibatkan masyarakat dalam proses seleksi. Partai politik saat ini seperti meninggalkan keterwakilan masyarakat dalam memutuskan sesuatu. Saat ini kondisi yang terlihat hanya seperti mengedepankan syahwat politik ketimbang keterwakilan, pungkas Heri. (dil/jpnn)
Ajukan Perppu, SBY Tetap Tandatangani UU Pilkada
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk Undang-undang Pilkada. Perppu ini akan mengatur tentang pelaksanaan pilkada langsung dengan sejumlah perbaikan. Meski dibuat kepala negara, Perppu tersebut tetap harus diajukan ke DPR RI. Presiden pun mengaku menyerahkan keputusan seutuhnya Perppu itu pada parlemen dengan harapan akan dilihat secara objektif sesuai aspirasi publik. Objektivitas apakah perppu ini diterima oleh DPR atau tidak sepenuhnya ada pada DPR kita. Kalau sesungguhnya DPR juga mendengarkan aspirasi dan kehendak rakyat mestinya sistem Pilkada langsung dengan perbaikan inilah yang kita anut lima tahun mendatang, tegas Presiden di Jakarta, Selasa, (30/9). Perppu ini menjadi tantangan tersendiri. Sebab Koalisi Merah Putih sudah memenangkannya dan sepakat diadakan pilkada langsung melalui DPRD. Demokrat sendiri dianggap gagal perjuangkan opsi pilkada langsung dengan 10 syarat. Undang-undang Pilkada yang sudah ada, kata dia, akan tetap ditandatanganinya, tetapi akan diatur lebih rinci untuk pilkada langsung dalam Perppu. Saya tandatangani yang ada, karena itu pintu masuk, dan pada saat yang sama saya ajukan perppunya. Itulah yang saya sampaikan tadi dalam acara yang penting hari ini dengan demikian, posisi Partai Demokrat sekarang ini sama persis dengan posisi pemerintah, tandas Presiden. (flo/jpnn)
Anggota DPR Dilantik Besok, 4284 Personel Polisi Diterjunkan
JAKARTA -- Polda Metro Jaya siap mengamankan pelantikan sebanyak 560 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia terpilih dan 132 Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI terpilih periode 2014-2019, Rabu (1/10) di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Ribuan personel dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat, akan diterjunkan untuk mengawal pelantikan para wakil rakyat hasil pemilihan legislatif 9 April 2014 lalu itu. Jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 4284 anggota, ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada JPNN, Selasa (30/9). Dijelaskan Rikwanto, jumlah itu terdiri dari Satuan Tugas Polda 3963 personel dan Satgas Polres Jakpus 321 personel. Pola pengamanan yang dilakukan menggunakan sistem ring. Dari ring satu hingga ring empat, ujar bekas Kapolres Klaten, Jawa Tengah, ini. Pantauan di lapangan sejumlah personel Polri sudah mulai melakukan penjagaan di Gedung DPR sejak beberapa hari ini. Sebab, sejumlah agenda termasuk tadi siang yakni gladi bersih pelantikan Anggota DPR/DPD sudah dilakukan. (boy/jpnn)
Perppu Jadi Bukti SBY tak Berakrobat Politik
JAKARTA -- Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang soal Pemilihan Kepala Daerah Langsung menuai pujian. Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, rencana SBY mengeluarkan Perppu itu menepis spekulasi atau penilaian beberapa hari belakang jika sang presiden memainkan sandiwara politik. Sebab, beberapa hari belakangan sikap SBY bertolak belakang dengan Partai Demokrat yang memilih walkout dari Rapat Paripurna DPR terkait pengesahan RUU Pilkada menjadi UU. Ini menunjukkan bahwa SBY tidak bermain sandiwara politik, seperti yang kemarin-kemarin masyarakat curiga SBY bersandiwara, kata Emrus saat dihubungi JPNN, Selasa (30/9) malam. Emrus juga menilai langkah ini menunjukkan bahwa SBY merupakan tokoh demokrasi yang pro kedaulatan rakyat. Menurut Emrus, masukan publik tentang sebaiknya SBY mengeluarkan Perppu diterima oleh presiden. Ini keputusan yang bagus untuk demokrasi, dan kedaulatan rakyat. Ini keberanian yang luar biasa, papar Emrus yang juga pengajar di Universitas Mercu Buana. (boy/jpnn)
Bos PT Bukit Jonggol Asri Dimasukkan ke Bui
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Komisaris Utama PT Bukit Jonggol Asri Kwee Cahyadi Kumala alias Swee Teng, Selasa (30/9). Ia ditahan usai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dalam pemberian rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor. Cahyadi diboyong ke mobil tahanan sekitar pukul 18.38 WIB. Namun tidak ada sepatah katapun keluar dari mulutnya. Sementara itu Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan Cahyadi ditahan untuk 20 hari pertama. Penahanan itu, ujar dia, dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Ditahan di Rumah Tahanan KPK, kata Johan ketika dikonfirmasi, Selasa (30/9). Seperti diketahui Cahyadi disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, dia disangka melanggar Pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Menurut Johan, Cahyadi diduga bersama-sama dengan perwakilan PT BJA Yohan Yap memberi atau menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara terkait pemberian rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor. Johan mengungkapkan penyidik juga memperoleh informasi bahwa Cahyadi berupaya untuk menghilangkan barang bukti dan mempengaruhi saksi-saksi dalam kaitan penanganan perkara tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor. Atas informasi itu, Johan menyatakan KPK Selasa siang (30/9) melakukan jemput paksa terhadap Cahyadi di restoran Taman Budaya Sentul City. Dalam proses jemput paksa itu ada enam orang yang dibawa ke KPK. Selain Cahyadi, pihak lain yang turut dibawa adalah dua orang driver, dua orang teman Cahyadi, dan Robin Zulkarnaen yang merupakan orang kepercayaan Cahyadi. Johan menjelaskan pada saat proses jemput paksa, empat orang berada di dalam restoran. Sedangkan dua orang driver menunggu di luar. (gil/jpnn)
PKB Sebut Perppu UU Pilkada Tak Mendesak
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang akan dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak mendesak. Perppu dikeluarkan karena ada kevakuman hukum. Sekarang Undang-undang Pilkada ada jadi gak ada kevakuman. SBY harus tandatangani undang-undang itu 30 hari setelah disahkan walaupun diteken atau tidak gak ngaruh, tetap berlaku, kata Ketua Fraksi PKB DPR, Malik Haramain saat dihubungi, Selasa (30/9). Malik sendiri mengaku bingung dengan sikap SBY yang berencana menggugat ke Mahkamah Konstitusi. Namun, hanya dalma hitungan hari rencana itu dibatalkan sendiri oleh SBY. Makanya, kita juga bingung. Satu-satunya cara menggagalkan Undang-undang Pilkada itu adalah MK. Kalau MK membatalkan baru ada kevakuman hukum, dan bisa keluarkan Perppu. Kalau sekarang dikeluarkan belum ada putusan MK, jelasnya. Lantas apa solusinya? Menanggapi pertanyaan ini, Ketua DPP PKB itu berharap Partai Demokrat yang dipimpin SBY bisa ikut mendukung judicial review UU Pilkada ke MK. Menurut saya SBY dan Demokrat ikut mendukung teman-teman untuk menggugat ke MK. Satu-satunya cara itu yang bisa dilakukan. Kalau SBY mengeluarkan Perppu bisa bertentangan dengan hukum, sepanjang MK belum memutuskan, tandasnya. (fat/jpnn)
Gede Pasek Sebut Syarief Hasan tak Jantan
JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) Gede Pasek Suardika menilai Ketua Harian Partai Demokrat tidak sportif dalam menyikapi aksi walk out FPD saat voting RUU Pilkada. Seharusnya menurut Pasek, Syarief yang hadir di DPR untuk memantau jalannya voting tersebut bertanggung jawab atas aksi walk out FPD itu. Saya rasa, dia sebagai komandan di lapangan saat pengambilan keputusan itu bertanggung jawab atas langkah walk out hampir seluruh anggota FPD sehingga dianggap melanggar keputusan SBY untuk mendukung pilkada langsung dengan menambah 10 perbaikan. Saya kira ini sikap yang tidak jantan dari seorang yang pemimpin, kata Gede Pasek Suardika, kepada wartawan di gedung DPR, Senayan Jakarta (30/9). Pasek, yang mulai tanggal 1 Oktober resmi jadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), itu menyatakan menghargai sikap Ketua FPD Nurhayati Ali Assegaf yang meski perempuan tapi menampilkan sikap jantan dengan menanggung semua konsekuensi atas aksi walk out FPD tersebut. Saya kagum dengan sikap Ibu Nurhayati yang mengambil tanggung jawab atas langkah dan sikap FPD untuk melakukan walk out. Padahal saat votting itu ada Syarief yang memiliki jabatan lebih tinggi. Ibaratnya, ada jenderal di lapangan tapi komandan pleton yang mengakui kesahalannya, ujar Gede Pasek. Menurut Pasek, Nurhayati menanggung semua konsekuensi aksi FPD meninggalkan ruang sidang paripurna, sementara Syarief hanya bisa menjawab. Nurhayati jadinya yang harus menanggung konsekuensi langkah FPD, sementara Syarief hanya bisa menjawab saja. Harusnya seluruh aksi FPD itu, Syarief yang harus mempertanggungjawabkannya, karena dia ada di lokasi, tegasnya. Lebih lanjut, loyalis mantan Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum ini menyindir bahwa sebenarnya perintah dari SBY kepada para kadernya adalah untuk all out mendukung pilkada langsung, tapi ternyata yang terjadi walk out dan hasilnya menjadi seperti try out atau coba-coba untuk kemudian check out. Perintahnya all out, terus terjadi walk out, kemudian menjadi try out atau coba-coba dan terakhir check out, pungkasnya.(fas/jpnn)
Anggota DPD Bergaya Hidup Mewah, Gelar Acara di Hotel Bintang Lima
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Laode Ida berpesan agar anggota dan pimpinan DPD periode 2014-2019 menghindari gaya hidup bermewah-mewahan. Hal tersebut dikatakan Laode Ida, dalam acara lepas tugas anggota DPD periode 2009-2014 dengan anggota DPD terpilih periode, di gedung DPD, Senayan Jakarta, Selasa (30/9). Di akhir masa jabatan ini, saya kembali minta seluruh anggota dan pimpinan DPD menghindari gaya hidup glamour, seperti kecenderungan yang akhir-akhir ini terjadi, kata Laode Ida. Terlebih disaat daerah dan rakyat masih banyak yang tertinggal dan berkutat dengan kemiskinan absolut. Kalau secara kelembagaan DPD belum optimal dalam menolong mereka, menghidari pola hidup mewah merupakan salah satu usaha penting untuk menyikapi mereka, ujar dia. Selain itu, Laode Ida juga mengkritisi berbagai acara internal DPD yang digelar di hotel-hotel bintang lima. Menurut saya, itu tidak etis untuk dilanjutkan karena sama saja dengan mengkianati konstituen, tegasnya. Menurut dia, menjadi pimpinan DPD tidak mudah, karena memimpin DPD sama dengan mengelola keragaman Indonesia. Karena itu sarannya, memimpin DPD harus bekerja keras untuk memperkuat institusi DPD sebagai lembaga negara baru. Selain itu kualitas pimpinan dan anggota DPD sangat menentukan perjuangan aspirasi daerah sesuai kewenangan yang dimanahkan oleh konstitusi, ujarnya. Anggota dan pimpinan DPD harus tampil ke publik sama halnya politisi. Jadi, tak boleh diam melainkan harus aktif merespon dan menjawab berbagai permasalahan rakyat di daerah. Baik saat rapat di DPD maupun ketika turun ke daerah-daerah, imbuhnya. Dalam kesempatan yang sama, Laode juga menyerahkan kendaraan dan rumah dinas kepada kesekjenan DPD. Mobil dinas itu harganya Rp1,3 miliar dan belum pernah saya pakai. Silakan pimpinan DPD baru menggunakannya, saran dia.(fas/jpnn)
SBY Siapkan Perppu Lawan Pilkada Lewat DPRD
JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, menyatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) sebagai payung hukum pelaksanaan pilkada secara langsung. Perppu tersebut dipersiapkan presiden menyusul paripurna DPRD Jumat (26/9) dinihari yang mengesahkan RUU pilkada opsi pilkada oleh DPRD, menjadi UU. Perppu ini adalah plan B yang direncanakannya dalam rapat terbatas di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa dini hari tadi. Saya sedang mempersiapkan Perppu. Yang intinya sambungan utama dari Perppu ini juga sistem pilkada langsung dengan perbaikan, kata Presiden dalam jumpa pers usai menghadiri kegiatan pembekalan dan konsolidasi partainya di Jakarta, Selasa (30/9). SBY mengaku perppu itu akan diajukannya ke DPR RI dalam waktu dekat setelah ia menerima UU pilkada yang sudah disahkan di DPR. Undang-undang Pilkada tersebut, kata dia, akan tetap ditandatangani sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, akan dibarengi dengan perppu yang mengatur lebih detail terkait pilkada langsung. Presiden juga memastikan bahwa partainya masih sejalan dengan pemerintah untuk memperjuangkan pelaksanaan pilkada secara langsung dengan perbaikan-perbaikan. Ini politik. Saya mengambil resiko dan saya sudah mengambil keputusan untuk mengajukan Perppu, tandas Presiden. (flo/jpnn)
Perppu Pilkada Harus Mendapat Persetujuan DPR
JAKARTA - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) sebagai payung hukum pilkada langsung, yang rencananya akan diterbitkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tetap harus mendapat persetujuan DPR. Konstitusi sudah mengatur mekanisme berlakunya Perppu yang diterbitkan Presiden. Substansinya, sebuah Perppu berlaku efektif jika mendapat persetujuan dari DPR dan dibahas dalam massa sidang berikutnya di forum paripurna DPR, kata Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Pilkada, Abdul Hakam Naja, di gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/9). Satu-satunya cara yang konstitusional untuk mengubah UU Pilkada lanjutnya, hanya lewat uji materil di Mahkamah Konstitusi (MK). Dan menurut Hakam, MK pun tidak akan mengabulkan permohonan judicial review itu. Alasannya, perdebatan pilkada sudah terjadi saat amandemen UUD 45, dimana ada dua pendapat yakni pilkada langsung dan lewat DPRD. Setelah melalui perdebatan yang cukup lama, disetujui formula Pasal 18 Ayat 4 dalam UUD 45, bahwa pemilihan bupati, walikota, gubernur dipilih secara demokratis. Rumusan itu merupakan win-win solution, sehingga hampir pasti gugatan di MK akan ditolak lagi karena catatan di dalam proses pembuatan konstitusi seperti itu, ungkapnya. Dia tegaskan, rumusan amandemen UUD 45 tersebut, sudah sangat jelas. Demokratis itu kompromi dari perdebatan yang bertahun-tahun antara yang pro pilkada langsung dengan pilkada lewat DPRD. Menurut politisi dari PAN itu, komposisi sikap politik yang terjadi saat ini terhadap UU Pilkada sesungguhnya sangat terbalik dari yang dulu terjadi. Pihak yang kini menentang Pilkada oleh DPRD dahulunya bersikap mendukung Pilkada lewat DPRD. Sementara koalisi yang kini mendukung Pilkada lewat DPRD dulunya mendukung Pilkada langsung. Ini fakta yang juga harus diungkap, ujarnya.(fas/jpnn)
2015, Penumpang Kereta Jarak Jauh Beli Tiket Lebih Mahal
JAKARTA - Tepat 1 Januari 2015, pemerintah bakal mengeluarkan kebijakan pengalihan Public Service Obligation (PSO) atau subsidi untuk kereta ekonomi jarak jauh dan jarak sedang. Pengalihan subsidi tersebut bakal diberikan pada KA lokal dan komuter. VP Head of Corporate Communication PT KAI, Makmur Syaheran menjelaskan kebijakan ini berdasarkan hasil evaluasi Dirjen Perkeretaapian. Bentuk pengalihan subsidi ke kereta lokal nantinya belum tentu dalam bentuk penurunan tarif. Bisa saja subsidinya dalam bentuk penambahan frekuensi perjalanan KA, jumlah tempat duduk dan penambahan fasilitas. Proses persetujuan itu sudah dibicarakan oleh pemerintah dan DPR, ujar Makmur di Gedung Jakarta Railway Center, Selasa (30/9). Dengan kata lain, harga tiket kereta jarak jauh dan menengah bakal lebih mahal setelah subsidi dialihkan oleh pemerintah. Misalnya, Kereta Kertajaya I jurusan Surabayapasarturi-Tanjungpriok dari sebelumnya Rp 50 ribu, nantinya pada 1 Januari 2015 penumpang akan dikenakan tarif Rp 135 ribu. Kemudian Kereta Progo I, jurusan Lempuyangan-Pasar Senen dari sebelumnya Rp 50 ribu, nantinya pada 1 Januari 2015 penumpang harus membayar Rp 105 ribu. Dengan begitu, lanjut Makmur, mulai 1 Januari 2015, KA ekonomi jarak jauh dan menengah diberlakukan tarif keekonomian, namun berlaku juga tarif parsial. Di mana penumpang yang berpergian untuk tujuan tertentu hanya membayar tarif sesuai jarak yang ditempuhnya. Tarif KA non PSO ini mulai diberlakukan pada pemesanan tiket KA tanggal 2 Oktober 2014, untuk pemberangkatan KA tanggal 1 Januari 2015. Makanya saat ini kita sosialisasikan, tandasnya. (chi/jpnn)
Payung Hukum Pilkada Langsung, Presiden SBY Siapkan Perppu
JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, menyatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) sebagai payung hukum pelaksanaan pilkada secara langsung. Perppu tersebut dipersiapkan presiden menyusul paripurna DPRD Jumat (26/9) dinihari yang mengesahkan RUU pilkada opsi pilkada oleh DPRD, menjadi UU. Perppu ini adalah plan B yang direncanakannya dalam rapat terbatas di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa dini hari tadi. Saya sedang mempersiapkan Perppu. Yang intinya sambungan utama dari Perppu ini juga sistem pilkada langsung dengan perbaikan, kata Presiden dalam jumpa pers usai menghadiri kegiatan pembekalan dan konsolidasi partainya di Jakarta, Selasa (30/9). SBY mengaku perppu itu akan diajukannya ke DPR RI dalam waktu dekat setelah ia menerima UU pilkada yang sudah disahkan di DPR. Undang-undang Pilkada tersebut, kata dia, akan tetap ditandatangani sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, akan dibarengi dengan perppu yang mengatur lebih detail terkait pilkada langsung. Presiden juga memastikan bahwa partainya masih sejalan dengan pemerintah untuk memperjuangkan pelaksanaan pilkada secara langsung dengan perbaikan-perbaikan. Ini politik. Saya mengambil resiko dan saya sudah mengambil keputusan untuk mengajukan Perppu, tandas Presiden. (flo/jpnn)
Tarif KA Ekonomi Naik Lagi, Ini Daftarnya
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Januari 2015 akan memberlakukan tarif KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang pada harga keekonomiannya. Hal itu diterapkan seiring dengan pencabutan subsidi atau Public Service Obligation (PSO) oleh pemerintah Kebijakan itu merupakan imbas dari pengalihan subsidi dari KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang ke KA lokal dan commuter. Direktur Komersial KAI, Bambang Eko Martono mengatakan, tiket KA non PSO dapat mulai dipesan mulai 2 Oktober 2014 pukul 00.00 WIB untuk jadwal keberangkatan pada 1 Januari 2015. Sudah bisa dipesan mulai 2 Oktober nanti, tutur Bambang di Gedung Jakarta Railway Center Juanda, Selasa (30/9). Misalnya rute dari Kertajaya I, Surabaya Pasar Turi-Tanjung Priok, dulu harganya masih di PSO Rp 50 ribu per orang menjadi Rp 135 ribu, jelas Bambang. Sementara, KA jarak jauh dengan tujuan dari Tanjung Priok-Purwosari menjadi Rp 105 ribu, dari harga Rp 50 ribu per orang. Sedangkan tiket dari Malang-Pasar Senen bakal naik dari Rp 65 ribu menjadi Rp 150 ribu per orang. Untuk harga tiket KA jarak sedang Tawangjaya I, Bambang mencontohkan, dari harga Rp 45 ribu per orang menjadi Rp 80 ribu per orang. Namun Bambang menolak bahwa pihaknya dikatakan menaikkan tarif kereta setelah PSO dialihkan. Bukan KAI naikkan tarif, tapi karena pemerintah mengalihkan subsidinya ke KA lokal dan commuter, tandasnya. (chi/jpnn) Daftar KA yang Mengalami Kenaikan Mulai 1 Januari 2015: KA Jarak Jauh - Logawa I Rute Purwokerto-Sgu-Jember - Logawa II Rute Jember-Sgu-Purwokerto - Kertajaya I Rute Surabaya Pasar Turi-Tanjung Priok - Kertajaya II Rute Tanjung Priok-Surabaya Pasar Turi - Brantas I Rute Kediri-Tanjung Priok - Brantas II Rute Tanjung Priok-Kediri - Kahuripan I Rute Kediri-Kiaracondong - Kahuripan II Rute Kiaracondong-Kediri - Kutojaya Utara I Rute Kutoarjo-Pasar Senen - Kutojaya Utara II Rute Pasar Senen-Kutoarjo - Bengawan I Rute Purwosari-Tanjung Priok - Bengawan II Rute Tanjung Priok-Purwosari - Progo I Rute Lempunyangan-Pasar Senen - Progo II Rute Pasar Senen-Lempuyangan - Pasundan I Rute Surabaya Gubeng-Kiaracondong - Pasundan II Rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng - Sri Tanjung I Rute Lempunyangan-Banyuwangi - Sri Tanjung II Rute Banyuwangi-Lempuyangan - GBM Selatan I Rute Surabaya Gubeng-Jakarta Kota/Pasar Senen - GBM Selatan II Rute Jakarta Kota/Pasar Senen-Surabaya Gubeng - Matarmaja I Rute Malang-Pasar Senen - Matarmaja II Rute Pasar Senen-Malang KA Jarak Sedang 1. KA Tawangjaya I Jurusan Semarang Poncol-Pasar Senen 2. KA Tawangjaya II Jurusan Pasar Senen-Semarang Poncol 3. KA Serayu I Rute Purwokerto-Kroya-Jakarta Kota 4. KA Serayu II Rute Jakarta Kota-Kroya Purwokerto 5. KA Serayu III Rute Purwokerto-Kroya-Jakarta Kota 6. KA Serayu IV Rute Jakarta Kota-Kroya-Purwokerto 7. KA Kutojaya Selatan I Rute Kutoarjo-Kiaracondong 8. Ka Kutojaya Selatan II Rute Kiaracondong-Kutoarjo 9. KA Tegal Arum I Rute Tegal-Jakarta Kota 10. KA Tegal Arum II Rute Jakarta Kota-Tegal 11. KA Tawang Alun I Rute Banyuwangi-Malang 12. KA Tawang Alun II Rute Malang-Banyuwangi 13. KA Rajabasa I Rute Kertapati-Tanjung Karang 14. KA Rajabasa II Rute Tanjung Karang-Kertapati 15. KA Buser/Serelo I Kertapati-Lubuk Linggau 16. KA Buser/Serelo II Lubuk Linggau-Kertapati 17. KA Putri Deli Rute Tanjung Balai-Medan 18. KA Putri Deli Medan-Tanjung Balai 19. KA Putri Deli Rute Tanjung Balai-Medan 20. KA Putri Deli Rute Medan-Tanjung Balai 21. KA Putri Deli Rute Tanjung Balai-Medan 22. KA Putri Deli Rute Medan-Tanjung Balai 23. KA Siantar Ekspress Rute Siantar-Medan 24. KA Siantar Ekspress Rute Medan-Siantar
LA Lakers Enjoy Dijadikan Underdog
LOS ANGELES - Los Angeles Lakers diprediksi tak akan bicara banyak di NBA musim 2014/2015. Pergerakan yang lambat selama musim panas lalu membuat Lakers diyakini tak akan menjadi juara. Namun, hal itu ternyata tak membuat Lakers keder. Alih-alih cemas, juara NBA musim 2010 itu justru senang ketika hanya dianggap sebagai underdog. Pasalnya, penilaian itu justru membuat para pemain bakal tampil kesetanan. Saya sangat menyukai fakta bahwa banyak pihak mencoret kami dalam daftar kandidat juara. Hal itu akan memberi tenaga besar bagi kami, terang pelatih Lakers, Byron Scott sebagaimana dilansir laman ESPN, Selasa (30/9). Salah satu yang menjadi alasan kepercayaan diri Scott ialah kembalinya sang megabintang Kobe Bryant. Musim lalu, megabintang berjuluk Black Mamba itu hanya bermain dalam enam pertandingan karena dihantam cedera ACL parah. Saya akan menjadikan sikap pesimistis itu sebagai ajang untuk berbicara dengan pemain tentang pandangan publik mengenai kami. Saya sangat senang karena banyak pihak meragukan kami, tegas Scott. (jos/jpnn)
Tes CAT CPNS Bertahap Hingga Januari 2015
JAKARTA--Jadwal tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) bakal berlangsung hingga 2015. Pasalnya, masih banyak daerah yang bermasalah dengan pendaftaran CPNS-nya. Masih banyak daerah yang bermasalah dengan pendaftaran CPNS-nya. Selain itu ada puluhan instansi belum buka pendaftarann, kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat di kantornya, Jakarta, Selasa (30/9). Saat ini BKN tengah menunggu rincian formasi instansi pemda untuk dientry ke dalam SSCN. Jika daerah belum mengentry datanya, BKN tidak bisa memasukkannya dalam SSCN. Adanya masalah-masalah tersebut, lanjutnya, membuat jadwal pelaksanaan CAT-BKN yang tadinya hanya sampai 20 Desember 2014 molor sampai Januari 2015. Mau bagaimana lagi, BKN harus tetap melayani permintaan pemda. Tadinya yang kita ingin layani hanya instansi pusat dan provinsi saja. Namun ternyata kabupaten/kota ingin menggunakan CAT BKN juga. Nah ini membuat prosesnya makin panjang, apalagi instansi daerah masih banyak belum mengentry rincian formasinya, tuturnya. (esy/jpnn)
Mourinho Buka Kans Latih Rival Chelsea
LONDON - Para pendukung Chelsea harus bersiap melihat Jose Mourinho menjadi musuh tim kesayangannya di masa mendatang. Pasalnya, Mourinho tak menampik peluang melatih tim rival Chelsea suatu saat nanti. Mourinho saat ini memang masih mendapat perlakuan menyenangkan di tim berjuluk The Blues itu. Namun, pelatih berjuluk The Special One itu sadar, masa depannya tak melulu di Chelsea. Apakah saya akan melatih tim Premier League lainnya? Jika itu memungkinkan, bisa saja terjadi, terang Mourinho sebagaimana dilansir laman Sports Mole, Selasa (30/9). Namun, situasi itu hanya akan terjadi jika Mourinho dipecat Chelsea. Hingga kini, mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu memang belum memiliki keinginan meninggalkan The Blues. Prioritas saya tetap Chelsea. Saya tak memikirkan ketertarikan pihak lain. Namun, saya tahu sepakbola. Saya tak akan ada di sini dalam lima, delapan atau sepuluh tahun jika tidak bisa memberikan gelar, tegas Mourinho. (jos/jpnn)
Gundogan Bisa Perkuat Dortmund 2 Pekan Lagi
DORTMUND - Borussia Dortmund bakal mendapat suntikan berharga pertengahan Oktober nanti. Tim racikan Jurgen Klopp itu bisa menggunakan tenaga gelandang Ilkay Gundogan yang hampir sembuh dari cedera. Sebagaimana diketahui, pemain berusia 23 tahun itu memang sudah absen karena cedera punggung sejak 2013 lalu. Kali terakhir Gundogan bermain ialah ketika membantu Dortmund menekuk Augsburg dengan skor 4-0, Agustus 2013 silam. Saya merasa sudah semakin dekat dengan performa saya seperti yang sebelumnya. Saya bisa kembali dalam dua pekan ke depan, terang Gundogan sebagaimana dilansir laman Kicker, Selasa (30/9). Dengan klaim itu, Gundogan punya peluang membela Dortmund ketika bentrok kontra Koln pada 18 Oktober mendatang. Sebelum laga itu digeber, Bundesliga memang libur karena jeda laga internasional. Comeback saya tidak lama lagi. Saya merasa bisa comeback setelah break laga internasional. Cedera ini memang menjadi pengalaman paling buruk sepanjang karir saya, tegas gelandang timnas Jerman itu. (jos/jpnn)
Derrick Rose Bicara Peluang Bulls Jadi Juara
CHICAGO - Derrick Rose menunjukkan sikap optimismenya mengenai peluang Chicago Bulls meraih gelar juara NBA. Menurut Rose, Bulls tetap punya peluang besar menjadi kampiun di kompetisi basket paling megah di seluruh dunia itu. Konfidensi itu tak lepas dari susunan pemain dengan kualitas jempolan yang saat ini menghuni Bulls. Selian Rose, tim berjuluk Kepala Banteng itu juga memiliki Joakim Noah dan Pau Gasol. Kami tahu, kami punya peluang di depan. Mungkin tidak tahun ini atau tahun depan. Tapi, saya tahu kami bisa merebut juara, terang Rose sebagaimana dilansir laman ESPN, Selasa (30/9). Bulls memang sudah lama paceklik gelar juara di NBA. Kali terakhir Bulls mampu merajai NBA ialah pada musim 1998 silam. Saat itu, Bulls masih diperkuat legenda hidup NBA , Michael Jordan. Saya tahu, saya akan memenangi kompetisi ini. Saya tak ragu. Untuk para fans Bulls, saya akan tetap berada di sini. Cara terbaik menjawa kritik adalah terus bermain dan menunjukkannya di lapangan, tegas Rose.(jos/jpnn)
Bapeten Buka Lowongan Pejabat Eselon Satu
JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan kesempatan kepada pegawainya untuk mengikuti seleksi terbuka (open bidding) di Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Bapeten melakukan seleksi terbuka untuk tiga calon pejabat pimpinan tinggi madya (eselon I), Sekretaris Utama, Deputi Perijinan dan Inspeksi Dini, serta Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir. Bagi yang berminat, dapat mendaftarkan mulai 5 September sampai 5 Oktober 2014. Bagi pegawai KemenPAN-RB yang berminat dan mampu memenuhi persyaratan yang diminta silakan mendaftar. Pegawai KemenPAN-RB dapat menghubungi bagian SDM dan organisasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, jelas Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kinanto, (30/9). Persyaratan khusus yang wajib dipenuhi calon pelamar jabatan pimpinan tinggi madya antara lain berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada saat seleksi dilakukan, pendidikan diutamakan S3 (Doktor) atau minimal S2 (Master), atau S1 bersertifikat profesi sesuai jabatan yang dilamar, dan memiliki pengetahuan dasar tentang ketenaganukliran. Seleksi dan pelaksanaan tes terdiri atas lima tahap yaitu, seleksi administrasi, tes kompetensi bidang, assessment center, penulisan makalah, dan melakukan presentasi serta wawancara. Informasi lengkap seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal seleksi dan pelaksanaan tes, juga jadwal kegiatan dapat dilihat di www.bapeten.go.id. (esy/jpnn)
Rencana Anas Banding Terhambat Salinan Putusan
JAKARTA - Tim penasihat hukum bagi Anas Urbaningrum masih merasa kesulitan untuk memperjuangkan keadilan bagi mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang dinyatakan terbukti korupsi itu. Bahkan, untuk mengajukan banding atas putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pun merasa dipersulit. Menurut salah satu anggota tim penasihat hukum Anas, Firman Wijaya, hingga saat ini pihaknya belum menerima salinan putusan dari Pengadilan Tipikor Jakarta yang menghukum terdakwa korupsi terkait proyek Hambalang dan tindak pidana pencucian uang itu dengan penjara selama delapan tahun. Ringkasan putusan maupun salinan belum diterima, Mas Anas belum menerima. Jadi apa yang akan menjadi pegangan kita? kata Firman kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/9). Meski begitu, lanjut Firman, tim penasihat hukum sudah bekerja menyusun permohonan banding. Pasalnya, sudah tidak ada waktu lagi untuk menunggu diserahkannya salinan putusan. Firman memastikan permohonan banding akan diajukan dalam waktu dekat. Walaupun dengan situasi terpaksa karena belum ada salinan putusan kami tetap ajukan, lanjutnya. Lebih lanjut Firman mengatakan, banding menjadi harga mati bagi Anas. Pasalnya, mantan anggota KPU RI itu merasa vonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi tidak mencerminkan keadilan. Ada problem keadilan yang dirasakan mas Anas dalam putusan hakim. Banyak fakta yang tidak terjawab sampai putusan dijatuhkan, pungkas Firman. (dil/jpnn)
KPK Cegah Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan permintaan cegah terhadap beberapa pihak ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait kasus dugaan korupsi proyek Pembangunan Diklat Pelayaran Tahap III di Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2011 di Sorong, Papua. Salah satu yang diminta dicegah adalah Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R. Mamahit. Terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi dalam kaitan pembangunan Diklat Pelayaran Sorong, KPK melayangkan surat permintaan cegah kepada Ditjen Imigrasi, kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantornya, Jakarta, Selasa (30/9). Selain Bobby, pihak yang diminta dicegah adalah karyawan PT Hutama Karya Budi Rachmat Kurniawan, swasta Etty Kusmartini, staf pada Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Irawan, PNS di Perhubungan Laut Sugiarto, pensiunan di Kementerian Perhubungan Djoko Pramono, dan Kepala PPSDM Perhubungan Laut Indra Priatna. Johan menjelaskan pencegahan dilakukan sejak 30 September 2014. Pencegahan ini berlaku untuk enam bulan ke depan. Adapun tujuan pencegahan agar sewaktu-waktu diperlukan keterangannya, mereka sedang tidak berada di luar negeri, tandas Johan. Dalam kasus itu, KPK menetapkan mantan General Manager PT Hutama Karya Budi Rachmat Kurniawan. Dia disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Penyelidikan kasus itu dimulai sejak akhir April 2014. Kasus itu terungkap karena ada pengaduan dari masyarakat. Negara diduga mengalami kerugian Rp 24,2 miliar. (gil/jpnn)
IHSG Tertekan Situasi Global
JAKARTA - Setelah bergerak fluktuatif, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ke zona merah. Pada penutupan perdagangan sore ini (30/9), IHSG berkurang 4,432 poin (0,09 persen) ke level 5.137,579 dan indeks LQ45 turun 1,775 poin (0,20 persen) menjadi 873,078. Frekuensi transaksi perdagangan reguler (belum termasuk post trading) hari ini mencapai 265.185 kali dengan volume 3,869 miliar saham atau setara Rp 5,024 triliun. Sebanyak 161 saham naik, 161 saham turun, dan selebihnya stagnan. Saham-saham yang masuk daftar top gainers antara lain, Elang Mahkota (EMTK) naik 300 (5,00 persen) ke level 6.300. Lippo Group Insurance (LPGI) terkerek 250 (5,26 persen) menjadi 5.000. Astra Autoparts (AUTO) naik 200 (4,88 persen) ke 4.300. Chandra Asri (TPIA) terapresiasi 200 (6,67 persen) ke 3.200. Sementara, saham-saham berada di zona top losers, di antaranya Matahari Department Store (LPPF) turun 800 (4,70 persen) menjadi 16.225. Siloam Hospital (SILO) turun 650 (4,15 persen) menjadi 15.025. Indocement Tunggal (INTP) turun 300 (1,37 persen) menjadi 21.550. Trikomsel (TRIO) turun 250 (16,67 persen) menjadi 1.250. Tim Riset PT Valbury Asia Securities menilai pergerakan IHSG hari ini tidak lepas dari tekanan yang dialami bursa Asia. Salah satunya sentimen dari demonstrasi yang terjadi di Hong Kong. Ratusan demonstran masih berkumpul di distrik utama kota Hong Kong, termasuk di pusat perbelanjaan Causeway Bay dan Mongkok. Aksi demontran ini membuat alat transportasi massal seperti bis umum tidak beroperasi dan ada yang dialihkan jalurnya. Sentimen negatif lain adalah rencana Rusia yang ingin mengkaji ulang hubungan dengan AS (Amerika Serikat). Ini setelah situasi di Ukraina yang memicu pemberian sanksi terhadap Rusia. Konflik tersebut telah membuat hubungan Rusia-AS berada di level terendah sejak akhir perang dingin. IHSG sebenarnya sempat terimbas positif ungkapan presiden terpilih Jokowi yang menyetujui rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada sekitar November 2014. IHSG sempat ke zona hijau meskipun kemudian, bergerak fluktuatif dan berakhir di zona merah.(gen/dio)
Ferrari Pasang Target Gusur Williams
MILAN - Ferrari sadar betul dengan peluang mereka merebut gelar juara dunia sektor konstruktor di balapan Formula 1 musim ini. Terpaut banyak poin dengan Mercedes yang kokoh di pucuk klasemen membuat Ferrari mengalihkan bidikan. Pabrikan raksasa asal Italia itu kini bertekad menggusur Williams yang berada di urutan ketiga. Ferrari yang kini terpaku di posisi keempat klasemen sementara hanya terpaut sembilan poin dari Williams. Kami adalah Ferrari. Kami jauh lebih kuat dibandingkan tim biasa. Kami akan berjuang hingga akhir karena masih ada banyak poin, terang pembalap Ferrari, Fernando Alonso di laman Grand Prix 247, Selasa (30/9). Tim berjuluk Kuda Jingkrak itu memang sudah lama tak merasakan gelar juara dunia sektor konstruktor. Kali terakhir Ferrari menjadi juara dunia sektor konstruktor ialah pada musim 2008 silam. Kami harus tetap bekerja keras. Tak peduli dengan performa mobil, keuntungan ataupun kerugian kami atas Williams. Kami hanya perlu berjuang hingga lap terakhir di balapan, tegas pembalap asal Spanyol itu.(jos/jpnn)
Karangan Bunga Karyawan Pertamina Untuk Karen
JAKARTA - Karyawan PT Pertamina Persero menggelar acara pelepasan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan di kantor Pusat Pertamina, Jalan Merdeka Timur, Jakarta siang ini usai jam kerja perkantoran usai, Selasa (30/9). Habis pulang kantor ada acara pelepasan Ibu Karen. Saat ini masih berlangsung acaranya, ujar salah satu karyawan PT Pertamina. Hari ini merupakan hari terakhir bagi Karen di Pertamina. Per tanggal 1 Oktober 2014, besok ia resmi tidak menjabat lagi menjadi Dirut Pertamina lantaran telah mengundurkan diri dari jabatannya. Berbagai ucapan selamat dan terima kasih pun membanjiri kantor pusat Pertamina, dari luar lobi maupun di dalam lobi Pertamina. Ada pula beberapa testimoni untuk Karen dari karyawan yang dipajang di sepanjang lobi Pertamina. Puluhan karangan bunga juga turut menghiasi kantor pusat PT Pertamina, seperti dari direksi dan karyawan PT Pertamina dana Ventura, direksi PT Tugu Pratama Indonesia, direksi PT Pelita Air Service, direksi Pertamina Bina Medika, direksi Pertamina EP Cepu dan lain sebagainya. Terima kasih atas pengabdian Bu Karen yang tidak pernah kenal lelah selama ini. Sukses selalu, begitu salah satu ucapan karangan bunga yang dipajang di depan lobi kantor Pusat Pertamina untuk Karen. Sebelum meninggalkan Pertamina, ibu tiga anak ini sempat memberikan pesan-pesan pada seluruh karyawan agar semakin giat lagi bekerja. Pertamina harus semakin maju, seru Karen di hadapan ratusan karyawan di Kantor Pusat Pertamina. Dari pantauan reporter JPNN.com di lapangan, selain menyalami para karyawan dan menebar senyum, Karen juga meladeni permintaan foto bersama para karyawannya. Sesekali bahkan Karen ikut selfie saat para karyawan menyodorkan ponsel ke mukanya. (chi/jpnn)
Cedera Hamstring Paksa Ramsey Absen Sebulan
LONDON - Arsenal bakal tampil dengan kekuatan compang-camping dalam beberapa pekan ke depan. Pasalnya, badan cedera terus saja menghantam tim berjuluk The Gunners tersebut. Terbaru, Arsenal dipastikan tak bisa menggunakan tenaga gelandang andalan Aaron Ramsey yang dihantam cedera hamstring. Petaka itu terjadi ketika Ramsey membela Arsenal bentrok kontra Tottenham Hotspur akhir pekan lalu. Arsenal tidak akan bisa diperkuat sang gelandang Aaron Ramsey minimal sebulan setelah hasil scan menunjukkan cedera hamstring, demikian tulis laman Guardian, Selasa (30/9). Cedera itu menambah panjang daftar pemain Arsenal yang saat ini terkapar. Sebelumnya, Arsenal juga sudah kehilangan bek Mathieu Debucy serta bomber Olivier Giroud. Gelandang Mikel Arteta juga dikabarkan absen tiga pekan. Untungnya, Arsenal masih bisa menggunakan tenaga gelandang muda Jack Wilshere. Sebelumnya, gelandang timnas Inggris itu juga dikabarkan bakal absen dalam laga kontra Chelsea akhir pekan mendatang. (jos/jpnn)
Pimpinan MPR Sementara, Ade: Ini Kepercayaan Luar Biasa
JAKARTA - Anggota DPR RI terpilih dari daerah pemilihan Sumatera Barat II, Ade Rezki Pratama, dipercaya memimpin Sidang Paripurna MPR RI pelantikan Anggota DPR dan DPD di komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (1/10) besok. Sebagai anggota DPR RI termuda, politikus Partai Gerindra itu akan memimpin sidang tersebut bersama anggota DPR tertua dari Partai Golkar, Popong Otje Djundjungan, asal Jawa Barat I. Ditemui usai gadli resik pelantikan Anggota DPR/ DPD dan MPR RI di DPR, Ade mengaku siap menjalankan amanah memimpin sidang tersebut. Saya dipercaya untuk memimpin sidang besok. Alhamdulillah, ini kepercayaan yang luar biasa diberikan kepada saya, kata Ade, Selasa (30/9). Bagi Ade, kepercayaan memimpin sidang paripurna untuk pertama kalinya merupakan sebuah kehormatan dan punya arti tersendiri. Karena itu dia berharap kehadirannya sebagai kader termuda di DPR bisa menjadi motivasi bagi generasi muda. Mudah-mudahan kehadiran saya bisa membangkitkan semangat anak-anak muda untuk berkiprah dan memberikan kontrinbusi kepada bangsa dan negara ini. Apalagi kehadiran saya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, tandas Ade sembari berharap bisa memberikan yang terbaik dalam sidang besok. (fat/jpnn)
Penghasilan Anggota DPR RI 2014-2019 Capai Rp 60 Juta Sebulan
JAKARTA - Anggota DPR Periode 2014-2019 setiap bulannya akan membawa pulang penghasilan sekitar Rp 58 sampai Rp 60 juta. Sekretaris Jendral DPR, Winantuningtyastiti menjelaskan bahwa penghasilan tersebut berasal dari gaji pokok sebesar Rp 4,2 juta ditambah berbagai macam tunjangan. Menurut wanita yang bisa disapa Nin itu, jumlah tersebut sama dengan apa yang didapat anggota dewan periode sebelumnya. Jadi mohon maaf untuk anggota baru tidak ada penambahan. Semua sama seperti sebelumnya, tidak ada yang berubah, kata Win kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (30/9). Begitupun untuk fasilitas seperti rumah dan kendaraan dinas, juga tidak ada perubahan. Dikatakannya, para anggota dewan tetap mendapat jatah mobil dinas satu buah Toyota Innova. Itu pun hanya uang muka alias DP saja yang ditanggung oleh negara. Untuk rumah dinas, Sekretariat sudah menyiapkan di dua lokasi. Sebanyak 51 unit rumah disiapkan di kawasan Ulu Jami, Jakarta Selatan. Sementara sisanya berada di Kalibata, Jakarta Selatan. Tapi sementara belum semua rumah kosong. Kami beri waktu satu minggu bagi anggota yang tidak terpilih lagi untuk mengosongkan, jelasnya. Seperti diketahui, besok, Rabu (1/10), 560 anggota DPR RI periode 2014-2019 akan diambil sumpahnya. Mereka terdiri dari sejumlah wajah-wajah baru dan anggota dewan yang sukses terpilih kembali. (dil/jpnn)
Dikabarkan Gegar Otak, Rossi Baik-Baik Saja
MADRID - Velantino Rossi lolos dari maut ketika berjibaku di balapan MotoGP seri Aragon. Sempat terjungkal dan dilarikan ke rumah sakit, pembalap andalan Movistar Yamaha itu ternyata dalm kondisi baik-baik saja. Padahal, Rossi sempat dikabarkan mengalami gegar otak setelah terjungkal pada lap keempat di Sirkuit Aragon. Pembalap berjuluk The Doctor itu juga sempat dikabarkan kehilangan kesadaran. Saya baik-baik saja. semuanya berjalan oke. Itu adalah hal yang paling penting. Saya tak mengalami cedera terlalu berat, terang Rossi sebagaimana dilansir laman Crash, Selasa (30/9). Gara-gara terjungkal, ambisi Rossi menyalip Dani Pedrosa gagal total. Rossi saat ini masih duduk di urutan ketiga dengan koleksi 214 angka. Sementara, Pedrosa tetap nangkring di posisi runner up dengan keunggulan tiga poin. Semalam saya memang mengalami sakit kepala. Namun, saat ini saya baik-baik saja. Saya berada dalam kondisi 100 persen. Trek memang tidak bagus untuk kami, tegas pembalap dengan tujuh gelar juara kelas premier itu. (jos/jpnn)
Anggota Polri Tewas Dikeroyok
JAKARTA - Polri kembali berduka. Kanit Reskrim Polsek Nusaniwe, Ambon, Aiptu Paulus Lekatompessy tewas diduga dikeroyok, Senin (29/9) sekira pukul 22.30 WITA di Ambon. Korban tewas setelah mengalami luka memar di kepala. Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto mengatakan saat ini pihaknya sudah memeriksa lima orang terkait peristiwa tersebut. Kita ingin tahu motifnya, tegas Agus di Mabes Polri, Selasa (30/9). Menyoal adanya oknum TNI yang diduga terlibat, Agus menjawab diplomatis. Menurut Agus, jika ada dugaan keterlibatan oknum TNI pasti akan ditelusuri. Kata dia, itu harus ditindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di TNI. Menurutnya pula, Polri sudah berkoordinasi dengan Pomdam TNI terkait kasus ini. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Pomdam untuk bisa menelusuri tentang info yang ada tersebut, katanya. Ia mengajak mengedepankan asas praduga tak bersalah. Karenanya, kata Agus, apabila ada keterlibatan dari oknum TNI maka harus dilakukan koordinasi dengan POM TNI untuk tindaklanjutnya. Peristiwa tadi malam masih dalam proses penyelidikan, apakah ada keterlibatan oknum TNI masih ditelusuri. Kalau hal tersebut terbukti tentunya ada proses yang harus dijalani, katanya. (boy/jpnn)
Di Nias, Pemda Hanya Layani Pelamar Putra Daerah
JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyesalkan sikap Pemkab Nias yang tidak melayani pelamar CPNS dari luar daerah saat pemberkasan. Pengaduan ini menurut Karo Humas BKN Tumpak Hutabarat sudah disampaikan beberapa pelamar ke pihaknya. Ada beberapa yang melaporkan tidak dilayani saat verifikasi berkas. Alasan pegawai BKD Nias karena mereka bukan putra daerah. Ini sangat disayangkan karena mereka (para pelamar) datang jauh-jauh ke Nias tapi sampai di sana malah ditolak, beber Tumpak di kantornya, Selasa (30/9). Meski begitu, BKN masih berpikir positif bisa saja kasus tersebut terjadi karena ketidaktahuan pegawainya. Kalau ternyata memang sengaja menolak, hal ini tidak bisa ditolerir. Kasus ini akan dipantau pusat dan akan dikaji. Apakah benar atau tidak. Kalau benar, ujian tes TKD-nya bisa ditunda sampai masalah ini dituntaskan. Yang jelas tidak boleh satupun pemda menolak pelamar dari luar daerah, tegasnya. (esy/jpnn)
SBY Batal Uji Materi UU Pilkada di MK
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono batal mengajukan gugatan uji materi UU Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Selasa, (30/9). Itu akan dikomunikasikan ke MK. Tapi tadi sudah menjadi titik terang bahwa memang hal itu tidak memungkinkan untuk dilanjutkan atau diteruskan, ujar Julian. Menurut Julian, Presiden menuruti nasehat setelah berkonsultasi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva. Sehingga, Presiden akan menempuh cara lain untuk memperjuangkan penolakan UU Pilkada yang menuai kontroversi tersebut. Tentu Bapak Presiden akan menempuh cara lain yang juga dalam kerangka konstitusional untuk bisa mencari solusi terbaik atas krisis yang terjadi dalam pengambilan keputusan, tegas Julian. Julian mengaku, Presiden belum sampai memikirkan mengeluarkan Perppu terkait aturan tentang pilkada tersebut. Ia pun enggan membeberkan plan B yang dimaksud Presiden. Belum sampai ke sana (Perppu). Nanti kita akan lihat. Pemerintah secara serius akan mencari solusi terbaik atas apa yang telah diputuskan sistem dari pilkada tidak langsung, tandas Julian. (flo/jpnn)
Gerindra: Sekwan DPRD DKI Hambat Pengunduran Diri Jokowi
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD dari Partai Gerindra, Muhamad Taufik menuding Sekretaris Dewan (Sekwan) DKI Mangara Pardede sengaja mempersulit proses pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Sekwan yang menghambat pengunduran diri Jokowi, ujar Taufik di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, seperti dilansir Rakyat Merdeka Online (JPNN Grup), Selasa (30/9). Ditegaskan Taufik, ia sama sekali belum menerima surat pengunduran diri Jokowi. Kami mempertanyakan surat itu, ungkapnya. Ia justru curiga surat pengunduran diri Jokowi sengaja ditahan oleh Sekwan. Dengan begitu, masyarakat menilai DPRD yang menghambat proses mundurnya Jokowi. Nggak ada kewenangannya (Sekwan) menahan surat (pengunduran diri Jokowi). Saya minta Sekwan diganti. Ini seolah-olah kita yang perlambat, imbuhnya. Kami meminta Sekwan dicopot, tambahnya. Diinformasikan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi bahwa pimpinan DPRD akan menggelar rapat membahas surat pengunduran diri Jokowi pada hari ini pukul 14.00 WIB. (rmo/jpnn)
Politikus Gerindra Anggap SBY Kebakaran Jenggot
JAKARTA - Sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait hasil paripurna RUU Pilkada dikritisi politikus senior Partai Gerindra Martin Hutabarat. Menurutnya, sikap SBY yang terkesan menolak RUU Pilkada tidak menunjukan sikap seorang negarawan. Kalau saya lihat dia (SBY) ini kayak kebakaran jenggot, padahal harusnya tenang-tenang saja, tidak perlu berlebihan bikin rame, ujar Martin saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (30/9). Rencana SBY menggugat UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai martin tidak masuk akal. Pasalnya, baik sebagai presiden maupun Ketua Umum Partai Demokrat, SBY tidak memiliki legal standing untuk melakukan hal itu. Dijelaskannya, sebagai presiden, SBY jelas menjadi bagian dari pembuat UU Pilkada. Demikian juga dalam kapasitasnya sebagai pimpinan Partai Demokrat yang merupakan fraksi terbesar di DPR RI. Apalagi, saat proses pengambilan keputusan di paripurna, Partai Demokrat menjadi penentu dengan aksi walk out mereka. Siapa sih penasehat hukum Pak SBY yang ngajari gugat ke MK? Kok gak mengajari yang benar, ujar anggota Komisi III itu. Begitupun dengan rencana mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang undang (perppu). Menurut Martin langkah tersebut tidak mungkin diambil. Pasalnya, tidak ada unsur kegentingan yang dapat menjadi dasar untuk mengeluarkan perppu. Lebih lanjut anggota Dewan Pembina Partai Gerindra itu malah menyarankan SBY mendukung penuh mekanisme pemiliihan kepala daerah oleh DPRD yang diatur RUU Pilkada. Caranya, dengan mengarahkan kader-kader Demokrat di DPRD untuk memilih pemimpin dengan jujur dan bersih. Jadi beliau misalnya, saya sarankan umumkan partai yang dipimpinnya tidak akan melakukan money politik dalam pemilihan kepala daerah, pungkas Martin. (dil/jpnn)
Presiden Pulang Cepat dari Jepang Gara-gara UU Pilkada
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berusaha menunjukkan keseriusannya menolak UU Pilkada yang mengatur pelaksanaan pilkada lewat DPRD. Selain memanggil Yusril Ihza Mahendra ke Jepang dan menghubungi Ketua MK Hamdan Zoelva, Presiden juga menghentikan sebagian agendanya di Jepang. SBY pulang ke tanah air lebih cepat dari jadwal, yakni Selasa (30/9) sekitar pukul 00.30 WIB. Karena situasi seperti ini, rencananya kami baru kembali besok atau hari ini. Tapi kita percepat, semuanya digunting acaranya, kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Selasa. Julian pun menampik adanya isu bahwa Presiden pulang lebih awal karena adanya penolakan dari mahasiswa Indonesia di Jepang. Saya kira penolakan itu terlalu dibesar-besarkan, sambung Julian. Setibanya di Jakarta, Presiden pun langsung menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri terkait untuk membahas RUU Pilkada. Dari rapat itu ia telah menyusun rencana B yang masih dirahasiakan. Yang pasti, rencana itu diklaim untuk memperjuangkan pelaksanaan pilkada secara langsung. (flo/jpnn)
Kepala BKN: Tak Lulus Tes, Honorer K2 tak Bisa Diproses
JAKARTA -- Meski di kalangan honorer kategori dua (K2) sudah mengklaim penyelesaian tenaga yang tidak lulus tes akan dimulai sebelum masa pemerintahan SBY berakhir, namun prosesnya tidak semudah itu. Pasalnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pelaksana teknis masih tetap berpegang pada koridor hukum yang ada. Proses penyelesaian honorer tertinggal masih berjalan terus. Pegangan kami tetap di PP 48 Tahun 2005 dan PP 56 Tahun 2012, kata Kepala BKN Eko Sutrisno yang ditemui di kantornya, Senin (30/9). Menurutnya, aturan kedua PP tersebut menjadi pengikat bagi pemerintah dalam menyelesaikan honorer tertinggal khususnya kategori dua (K2). Di mana disebutkan dalam PP 56, yang diangkat CPNS adalah honorer K2 yang lulus tes. Kalau honorer K2 yang tidak lulus tes diangkat sama saja tabrak aturan dan itu termasuk tindakan pidana, tegasnya. Lanjut Eko, posisi itu akan berubah bila ada PP baru sebagai pengganti PP 56/2012. Selama belum ada PP baru, BKN tidak berani memproses honorer K2 yang tidak lulus tes, sekalipun benar-benar mengabdi di bawah tahun 2005. (esy/jpnn)
KMP Kuasai Pimpinan DPR Sementara
JAKARTA - Koalisi Merah Putih berhak mendudukan kadernya sebagai pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sementara. Hal ini didasarkan pada pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 01/Peng/KPU/Tahun 2014. KMP berhak mengisi pimpinan DPR sementara karena memiliki dua kader tertua dan termuda. Keduanya adalah Dra. Popong Otje Djundjunan dan Ade Rezki Pratama, SE Diketahui, keduanya berasal dari partai Koalisi Merah Putih (KMP). Otje yang lahir di Bandung 30 Desember 1938 atau usia 76 tahun adalah anggota DPR dari Partai Golkar Dapil Jawa Barat I. Sedangkan Ade Rezki Pratama, yang lahir di Bukittinggi, 8 November 1988 (26 tahun), menjadi anggota DPR termuda. Ade merupakan anggota DPR dari Partai Gerindra Dapil Sumatera Barat II. Sekretaris Jenderal KPU, Arif Rahman Hakim menyebutkan, untuk pimpinan DPD sementara, yang tertua Drs. H. Mudaffar Sjah, M.Si, lahir di Ternate 13 April 1935 (79th), Dapil Maluku Utara. Sementara termuda, Riri Damayanti, lahir di Bengkulu 4 Februari 1990 (24 tahun), Dapil Prov. Bengkulu, kata Arif. Mudaffar Sjah juga menjadi pimpinan sementara MPR. Sementara yang termuda Ade Rezki Pratama. (Fat/jpnn)
Pemda Diduga Sengaja Tahan Pendaftaran CPNS Demi Putra Daerah
JAKARTA - Hingga Selasa (30/9) hari ini, masih sekitar 60 instansi daerah yang belum membuka pendaftaran CPNS. Diduga pemda sengaja menahannya agar para pelamarnya semakin sedikit sehingga peluang putra daerah makin besar. Memang instansi daerah yang belum buka pendaftaran masih di atas 50-an. Ada dugaan daerah sengaja menahannya agar pelamar dari luar daerah sedikit yang mendaftar karena sudah terdaftar di instansi lain, kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabaran yang ditemui di kantornya, Senin (30/9). Dijelaskannya, sifat kedaerahan masih sangat kental dalam penerimaan CPNS secara terbuka. Padahal dengan sistem ini, seluruh WNI berhak mendaftar di mana saja asalkan ada formasinya dan sesuai kualifikasinya. Mau tidak mau Pemda harus menerima pelamar dari luar daerah. Kalau alasan yang bukan putra daerah akan pindah, pemda bisa membuat aturan mengikat agar tetap mengabdi di daerah, terangnya. Selain itu, ada juga instansi yang belum membuka pendaftaran CPNS karena masih membahas lokasi tes CAT-nya di mana. Dia mencontohkan empat kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo yaitu Bone Bolango, Pohowato, Gorontalo, dan Gorontalo Utara yang saat ini tengah intens berkoordinasi dengan BKN. Empat kab/kota ini sedang koordinasi apakah tesnya nanti dipusatkan di provinsi, Kanreg BKN Manado atau di masing-masing kab/kota, ujarnya. Untuk pelaksanaan tes di kab/kota, menurut Tumpak, pemda tidak perlu mengeluarkan dana besar. Cukup menyediakan perangkat komputer standar. Nantinya tim CAT-BKN yang akan mengentry seluruh soal tes kompetensi dasarnya. CAT-BKN itu gratis, daerah bisa saja menyediakan perangkat komputernya sendiri. Kalau tidak, bisa menggunakan fasilitas CAT-BKN di 12 Kanreg dan fasilitas CAT Unit Kompetensi Guru (UKG), tandasnya. (esy/jpnn)
Nadal Comeback di Tiongkok Open
BEIJING - Rafael Nadal bakal kembali mengayunkan raketnya setelah sempat absen panjang karena cedera pergelangan tangan. Petenis peringkat kedua dunia itu akan turun gelanggang di ATP Tiongkok Open 2014. Pada babak pertama, petenis asal Spanyol itu bakal berjibaku kontra Richard Gasquet di Tiongkok Tennis Centre, Selasa (30/9) malam WIB. Bagi Nadal, ini merupakan turnamen pertamanya sejak Grand Slam seri Wimbledon 2014 lalu. Saya berada dalam kondisi yang jauh lebih baik. Perkembangan dari cedera ini memang membutuhkan waktu. Itulah yang saat ini saya hadapi, terang Nadal sebagaimana dilansir laman resmi ATP, Selasa (30/9). Bagi Nadal, turnamen di Tiongkok tentu merupakan ajang yang tepat sebagai pemanasan jelang tampil di ATP World Tour Finals. Pasalnya, sederet petenis top juga ambil bagian di Tiongkok. Salah satunya ialah Novak Djokovic. Saya berada dalam kondisi yang bagus untuk kembali berkompetisi. Saya terus berusaha agar berada dalam kondisi siap. Saya hanya berharap terus berlatih dan bermain sesering mungkin untuk menemukan ritme permainan, tegas Nadal. (jos/jpnn)
Dicaci Interisti, Mazzarri Tetap Santai
MILAN - Inter Milan mendapat cacian dari para suporter setelah ditekuk Cagliari dengan skor telak 1-4 pada pekan kelima Serie A 2014/2015 di Stadion San Siro, Minggu (28/9). Saat itu, Interisti alias fans Inter terus menyoraki tim pujaannya yang dianggap bermain sangat buruk. Namun, jajaran pelatih Inter menganggap tindakan Interisti adalah hal yang biasa terjadi di kompetisi. Itu adalah hal yang sudah normal ketika Anda kalah dengan cara seperti kami. Tapi kami harus terus berkembang, terang pelatih Inter, Walter Mazzarri sebagaimana dilansir laman La Gazzetta Dello Sport, Selasa (30/9). Bagi Inter, itu merupakan kekalahan perdana musim ini. Sebelumnya, Inter sukses memetik masing-masing dua kemenangan dan hasil imbang. Sebelum laga itu, Inter juga hanya kebobolan satu gol. Saya sudah bicara dengan para pemain. Mereka tahu apa yang saya pikirkan. Saya yakin mereka semua yakin dengan perkembangan yang akan dialami tim ini, tegas mantan pelatih Napoli dan Sampdoria itu. (jos/jpnn)
Inilah Anggota DPR 2014-2019 Tertua dan Termuda
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Popong Otje Djundjunan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2014-2019 tertua. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, perempuan kelahiran Bandung, 30 Desember 1938 (76 tahun) tersebut diketahui sebagai anggota tertua, setelah KPU memelajari satu per satu biografi anggota DPR terpilih. Pengumuman KPU Nomor 01/Peng/KPU/Tahun 2014 Tentang Anggota DPR DPD Tertua dan Termuda usianya dalam Pemilu 2014 sebagai Pimpinan Sementara DPR, DPD, MPR. Anggota DPR tertua Popong Otje Djundjunan, dari Partai Golkar, daerah pemilihan Jawa Barat I, katanya dalam pesan elektronik yang diterima, Selasa (30/9). Untuk anggota DPR termuda, KPU menetapkan Ade Rezki Pratama. Pria kelahiran Bukittinggi, 8 November 1988 (26th), berasal dari Partai Gerindra, dapil Sumatera Barat II. Sementara anggota DPD termuda adalah Riri Damayanti. Wanita ini lahir di Bengkulu 4 Februari 1990, alias baru berusia 24 tahun. Sementara untuk anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tertua adalah Mudaffar Sjah. Lahir di Ternate, 13 April 1935 (79th), Laki-laki, dapil Provinsi Maluku Utara, sebut Husni. (gir/jpnn)
...
City Vs AS Roma, Cole Tak Sabar Jumpa Lampard
MANCHESTER - Ashley Cole tak menduga bakal kembali begitu cepat ke tanah Inggris. Setelah malang melintang bersama Arsenal dan Chelsea, kini Cole berseragam AS Roma mulai awal musim ini. Dan pada Rabu (1/10) dini hari, Cole akan berjibaku bersama tim barunya itu melawan Manchester City. Mantan bek kiri timnas Inggris ini mengaku antusias menyambut laga melawan City di lanjutan fase grup Liga Champions. Apalagi di City, ada beberapa teman dekat yang harus dia hadapi. (Frank) Lampard? Saya tidak pernah berharap untuk bermain melawan dia, dan saya tak sabar untuk itu. Ini akan sangat menarik jika kami berdua sama-sama dipercaya masing-masing pelatih, kata pemain berusia 33 tahun ini seperti dilansir dari situs UEFA, Selasa (30/9). Saya pikir semua orang tahu siapa dan bagaimana Lampard. Dia akan selalu membawa dampak baik buat tim yang dia bela. Saya juga dengar dia mencetak satu gol penting melawan Chelsea. Itu sunguh luar biasa. Itu bukti dia sangat profesional, meski saya jamin hatinya kecewa karena sudah melakukan itu (gol) ke gawang Chelsea, imbuh Cole. Di AS Roma, Cole juga sudah masuk dalam kerangka tim Rudi Garcia. Pengalaman serta kualitas Cole membuat dia cepat beradaptasi. Rekan-rekan setim juga sudah secara khusus menyambut Cole masuk ke pergaulan tim. Sejauh ini semua berjalan baik, katanya. Soal peluang timnya melawan City, Cole optimis AS Roma akan memberikan terbaik buat fans. Saya pikir semua orang tahu seberapa baik City yang sekarang. Selain ada mental Lampard, mereka memiliki Toure, Dzeko, Aguero, Hart. Pertandingan nanti akan sulit, namun kami yakin datang ke City sebagai tim yang juga pantas diwaspadai, pungkas Cole. (adk/jpnn)
Cindy Belajar Sabar dari Anaknya yang Autis
SEBAGAI seorang ibu yang memiliki putra yang memiliki kelainan perkembangan sistem saraf atau yang akrab dikenal autis, Cindy Fatika Sari patut diacungi jempol. Dengan kesabaran yang dimiliki, istri Tengku Firmansyah ini mampu membesarkan buah hatinya seperti halnya anak-anak pada umumnya. Anakku namanya Omar. Dia salah satu si kembar yang memang autis. Makanya kita sampai saat ini selalu ikhtiar dengan melakukan terapi, ujar Cindy seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Selasa (30/9). Omar adalah nama panggilan putra keduanya yang memiliki nama lengkap Tengku Omar Atalla. Dia adalah putra kedua pasangan yang menikah pada 11 Maret 1999 itu. Omar diketahui menderita autis sejak usia tiga tahun. Tapi sih dia tetap sekolah umum. Dia (Omar, Red) hanya memiliki keterbatasan untuk bersosialisasi. Cuman dia bukan anak hyperaktif. Dia sekolah di kelas down syindrom. Tapi dia sudah lebih bagus dari pada pertama kali, terang ibu tiga anak itu. Dalam membesarkan ketiga anaknya, Tengku Syaira Anataya, Tengku Omar Atalla, dan Tengku Kianu Zimraan, Cindy tidak pernah membedakan. Mereka mendapat porsi yang sama dalam bentuk kasih sayang. Melalui putranya tersebut, Cindy belajar banyak akan kesabaran. Komunikasi memang ekstra, terkadang harus diulang beberapa kali. Bahasanya tidak boleh complicated, empat lima kata sudah bisa (ngerti, Red). Komunikasi dua arah bisa. Tapi kalau ngomong perasaan belum mungkin suatu hari bisa, terangnya. Oleh karenanya, kedua anaknya yang tidak memiliki kelainan perkembangan sistem saraf menerapkan hal yang sama pada Omar. Kakaknya alhamdulillah nggak seperti di film- film. Mereka sangat sayang banget sama Omar. Dan ketika aku tidak ada di rumah, mereka care, dan ketika ada teman-temannya datang dikenalin, dan temannya juga ngemong, ungkapnya. Bagi Cindy, kelahiran Omar dalam rumah tangganya merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada keluarganya. Dirinya pun tidak menganggap itu sebagai musibah. Kalau aku lebih dari sisi agama, Allah menciptakan semua ada tujuannya. Omar diberikan kita ada yang baik, dan itu tidak perlu dikhawatirkan dan membuat bete, paparnya. Terbukti dari sisi kemampuan eksak, Omar lebih jago ketimbang saudaranya. Dia satu-satunya anakku yang jago matematika. Karena yang dua lagi susah matematika. Meraka suka dengan dunia seni. Hanya Omar yang nilainya bagus di matematika. Dia mendingan matematika ketimbang bahasa,ceritanya. (ash)

Hasil penelusuran 9/30 10:49pm. Terakhir update terdeteksi pada 9/30 10:49pm.  skor: 1277