Akuisisi Nokia Bikin Biaya Lisensi Mahal
CALIFORNIA--Microsoft bakal segera merampungkan proses akuisisi terhadap produsen ponsel asal Finlandia, Nokia. Proses bisnis yang direncanakan bakal rampung pada 25 April 2014 dengan nilai USD 7 miliar itu, dikritik Google dan Samsung karena bakal membuat biaya lisensi Nokia lebih mahal. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Microsoft yang dilansir cbronline, perusahaan itu mengatakan "Akuisisi ini akan membantu  mempercepat inovasi dan adopsi pasar untuk Windows Phones. Juga memperkenalkan miliaran pelanggan berikutnya ke layanan Microsoft melalui ponsel Nokia." Sebagai bagian dari kesepakatan, Nokia akan fokus pada pembuatan peralatan telekomunikasi dan berjalan di perusahaan terpisah. Sementara divisi rekayasa akan dikelola Microsoft untuk membuat smartphone dan tablet sendiri. Microsoft juga akan mengelola website nokia.com dan situs sosial media merek untuk setidaknya satu tahun. Selain itu sekitar 32 ribu karyawannya akan ditransfer ke Microsoft. Proses akuisisi ini butuh waktu berbulan-bulan. Namun, awal bulan ini akuisisi itu sudah disetujui pihak berwenang di China, yang merupakan basis produksi Nokia. Microsoft sendiri tidak tertarik membeli fasilitas manufaktur Nokia di Korea Selatan, seperti yang diatur dalam perjanjian awal. Akhir pekan lalu, sejumlah laman mengabarkan Microsoft berencana untuk mengganti nama aset Nokia yang mereka beli dengan Microsoft Mobile. Namun Microsoft sendiri belum membenarkan kabar penggantian nama itu. Google dan Samsung sebelumnya menyuarakan keprihatinan kepada regulator China karena akuisisi Microsoft atas divisi bisnis ponsel Nokia dapat meningkatkan biaya lisensi paten Nokia. (esy/jpnn)
Lempar Jam Tangan, Moeldoko: Kayak Gini Kok Asli
JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku jam tangannya RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph bukanlah barang asli dengan harga selangit. Ia bahkan membuktikannya dengan melempar jam tangan tersebut di hadapan awak media massa. "Barang murah ini. Kayak gini kok dibilang asli," ujar Moeldoko sambil tertawa dan melempar jamnya itu. Saat jatuh, jam itu terdengar berat. Ia lalu mengambil jam itu kembali. Moeldoko mengaku tidak bermaksud memamerkan jam tangan itu. Ia memandang itu hanya inovasi semata. Saat ditanya apakah ia tidak khawatir pelanggaran hak cipta karena memakai barang palsu, Moeldoko hanya tertawa. "Bukan urusan gua," jawabnya. Moeldoko enggan menjawab saat ditanya koleksi jam mewahnya yang dilansir media massa Singapura. "Di mana-mana banyak ini, harganya 4,7 juta," tandasnya. (flo/jpnn)
Meteor Kembali Terekam di Rusia
MOSKOW--Sebuah meteor kembali meledak di Kota Murmansk, Rusia. Ledakan benda langit itu terekam salah seorang warga lokal akhir pekan lalu. Bola api yang meninggalkan jejak biru terang terlihat seperti melesat di langit malam sekitar pukul 02:14 waktu setempat, sebelum akhirnya meledak. Tidak ada laporan kerusakan sejauh ini, namun benda langit itu sempat membuat miris masyarakat karena teringat peristiwa meteor Chelyabinsk Februari 2013 silam, menghancurkan ribuan jendela dan meninggalkan lebih dari 1.200 orang dengan cedera. Menurut laman redorbit, sebuah laporan dari Rusia TV Isentr menyatakan bola api itu merupakan bagian dari hujan meteor Lyrid. Namun para ahli belum mengkonfirmasi atau menyangkal klaim tersebut. Selain juga belum ada lokasi yang pasti di mana sisa-sia meteor jatuh. "Dalam salah satu video, penumpang mobil bisa melihat meteor itu seperti  kilat, " lapor Alan Boyle dari NBC News. Kepala peneliti Pulkovo Astronomical Observatory Sergei Smirnov mengatakan, belum dapat menyimpulkan lintasan meteor tersebut. Namun diduga berada puluhan kilometer dari Bumi. "Bola api tersebut meteor, bukan meteorit karena tidak sampai jatuh ke Bumi," ujarnya. (esy/jpnn)
Ungkap Kasus e-KTP, KPK Geledah Ruangan Mendagri
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah dokumen dan alat elektronik hasil penggeledahan terkait penyidikan kasus dugaan ‎korupsi penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara elektronik tahun anggaran 2011-2012 di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, sejumlah tempat yang digeledah  di antaranya kantor Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan Kemendagri, PT Quadra Solution dan kantor Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Gamawan Fauzi. Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi, penggeledahan itu dilakukan kemarin, Selasa (22/4). "Penggeledahan di Kemendagri termasuk juga ada kita geledah ruang menteri dalam negeri kemarin," katanya di KPK, Jakarta, Rabu (23/4). Johan menjelaskan, dalam penggeledahan di sejumlah tempat itu, penyidik menyita dokumen baik dalam bentuk kertas maupun data elektronik. Hanya saja Johan tidak menjelaskan secara rinci apakah ada yang disita dari ruangan kerja mendagri. "Jadi yang disita hanya dokumen dari beberapa tempat yang digeledah. Tidak disampaikan dokumen itu disita dari mana saja, yang pasti sudah dilakukan penyitaan dokumen dan data elektronik," ujarnya. Sementara dari PT Quadra Solution, KPK menyita data dalam bentuk kertas dan elektronik. PT Quadra merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pemenang tender proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kemendagri. "Mungkin di antaranya itu, semacam hard disk," ucapnya. Johan mengaku belum mengetahui apakah akan ada penggeledahan lanjutan terkait dugaan korupsi e-KTP hari ini. "Saya belum tahu apakah ada kelanjutan penggeledahan, saya belum dapat informasi," tandasnya. Seperti diketahui, KPK menetapkan pejabat pembuat komitmen proyek e-KTP, Sugiharto sebagai tersangka kasus pengadaan paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara elektronik tahun anggaran 2011-2012 di Kemendagri. Sugiharto disangka melanggar pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.‎ Ia diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan. Pagu anggaran pengadaan paket e-KTP tahun anggaran 2011-2012 nilainya sebesar Rp 6 triliun. ‎(gil/jpnn)‎  
Selena Gomez Lindungi Diri dengan Pagar Tinggi
SELENA Gomez tak mau lagi rumahnya di kawasan elit Calabasas, California, terus-terusan disatroni fans tak diundang. Agar tak terulang, kekasih Justin Bieber itu membangun pagar tinggi mengelilingi rumah mewah yang dibelinya bulan lalu seharga USD 3 juta atau sekitar Rp 34 miliar. Harapannya, dengan pagar setinggi lebih dari 3 meter, orang lain tak bisa sembarangan masuk rumah pelantun lagu hit "Come & Get It" ini. Sejak dibeli seperti dikutip dari TMZ, Rabu (23/4), rumah mewah Selena setidaknya sudah dua kali didatangi fans gila. Dan keduanya dilakukan pria bernama Che Cruz. Awal April ini, Cruz berhasil melompati pagar rumah artis sekaligus penyanyi berumur 21 tahun itu. Untungnya polisi segera datang dan langsung menangkap pria berumur 30 tahun tersebut. Perbuatan Cruz berselang dua hari setelah dia ditahan juga karena tuduhan yang sama. Nyatanya meski telah dilarang mendekati rumah Selena selama 3 tahun oleh pengadilan, Cruz tetap nekat mengulangi lagi kelakuannya. Karenanya bekas bintang cilik "Barney & Friends" itu hendak menghentikan tingkah fans gila seperti Cruz dengan membangun pagar tinggi. (pra/jpnn)
Simeone Nilai Chelsea Kini Diuntungkan
MADRID - Hasil imbang tanpa gol yang dipetik Atletico Madrid ketika menjamu Chelsea memang belum membuat langkah tim asuhan Diego Simeone  kandas untuk melaju ke final Liga Champions musim ini. Tim berjuluk Los Rojiblancos itu masih punya kesempatan melaju ke final. Syaratnya, Gabi dkk mesti menang di leg kedua yang akan digeber di Stamford Bridge pekan mendatang. Selain itu, Atletico juga bisa memaksakan hasil imbang 1-1 dan seterusnya untuk melaju ke partai pemungkas. Tapi, bukan perkara mudah mendapatkan angka di kandang Chelsea. “Chelsea kini memiliki keuntungan dengan hasil imbang ini. Namun, siapapun yang memetik kemenangan akan melaju ke final,” terang pelatih Atletic, Diego Simeone di laman Sky Sport. Pelatih asal Argentina itu menambahkan, anak asuhnya sudah bermain baik dalam laga tersebut. Namun, Chelsea ternyata juga bisa menunjukkan pertahanan nan solid. “Itu merupakan pertandingan yang sangat sengit karena kedua tim sama-sama berjuang melaju ke final. Kami tak bisa mencetak gol yang seharusnya bisa untuk memenangkan pertandingan,” tegas Simeone. (jos/jpnn)
Flu Bisa Dicegah dengan Olahraga Singkat
SAAT musim pancaroba, flu gemar menyerang tubuh yang tidak sempurna terlindungi imun. Berupaya lindungi tubuh dari flu, aneka suplemen dan multivitamin pun laris diborong massa. Padahal, flu tidak harus dicegah dengan obat-obatan. Menurut sebuah studi flu online yang melibatkan 4,800 partisipan, flu dapat dicegah dengan berolahraga. Para peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine mengklaim, hanya dengan berolahraga selama 20 menit per hari, serangan flu dapat dihindari. Menurut estimasi mereka, olahraga berat selama 2,5 jam per minggu dapat memangkas kasus flu hingga 10 persen. Sebanyak 100 kasus flu per 1.000 orang dapat dicegah hanya dengan melakukan olahraga. Akan tetapi, ujar para ilmuwan, olahraga bertaraf sedang hanya sedikit berefek pada flu. Oleh karena itu yang terpenting adalah intensitas olahraga yang dilakukan. Disarankan untuk melakukan olahraga sedang selama 150 menit per minggu seperti berkebun, menari, atau jalan cepat. Pilihan lain yakni dengan melakukan olahraga berat seperti melakukan olahraga permainan, berlari, atau aerobik selama 75 menit per minggu. Sayangnya masih banyak orang yang gagal mencapai target tersebut. "Kami sangat tertarik terhadap temuan awal mengenai aktivitas olahraga dan penyakit flu ini, pasalnya olahraga adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap orang untuk mengurangi risiko terserang flu," kata duta dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, Dr. Alma Adler, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (22/4). Hasil temuan itu perlu dipublikasikan dengan hati-hati karena merupakan temuan tahap awal. Meski demikian, temuan tersebut konsisten dengan beberapa penelitian sebelumnya yang membukitkan bahwa olahraga memiliki manfaat kesehatan. (fny/jpnn)
Reformasi Birokrasi, Taruhannya Nasib Bangsa
Setiap insan yang tergabung dalam Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) pemerintah dituntut memiliki persepsi yang sama terhadap reformasi birokrasi. Hal itu diperlukan untuk membangkitkan motivasi bahwa tidak ada pilihan lain kecuali melakukan reformasi birokrasi, karena semua itu menyangkut nasib bangsa ke depan. Demikian dikatakan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tasdik Kinanto dalam sambutannya pada penutupan Seminar Bakohumas Gerakan Percepatan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (11/03). Dikatakan, gerakan reformasi birokrasi harus dipercepat lagi agar tidak tertinggal jauh oleh negaranegara lain. Untuk ke sana, diperlukan komitmen yang sangat besar dari seluruh elemen bangsa, termasuk jajaran humas pemerintah yang semestinya berada di garda terdepan. “Kalau reformasi sampai gagal, taruhannya adalah nasib bangsa!” tegasnya. Demikian dikatakan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tasdik Kinanto dalam sambutannya pada penutupan Seminar Bakohumas Gerakan Percepatan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (11/03). Demikian dikatakan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tasdik Kinanto dalam sambutannya pada penutupan Seminar Bakohumas Gerakan Percepatan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa (11/03). Forum Bakohumas yang digelar Kementerian PANRB ini cukup istimewa, karena dibuka oleh Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo, dan dihadiri oleh delapan pejabat eselon I. Antara lain Sekretaris Kementerian PANRB, Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Rini Widyantini, Deputi Pelayanan Publik Mira Suydjono, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja, tiga Staf Ahli Kementerian PANRB, Rusdiyanto, Rini Panganti, dan Wiharto, serta Staf Ahli Kementerian Kominfo Sukri Batubara. (bby/HUMAS MENPANRB)
Mantan Guru JIS Jadi Buron FBI Akibat Kasus Pedofilia
JAKARTA -- Sorotan terhadap Jakarta International School (JIS) tak hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika Serikat, JIS juga disebut-sebut karena salah satu mantan gurunya kini menjadi buronan Federal Bureau of Investigation atau FBI. Mantan guru JIS itu bernama William James Vahey. Berdasarkan informasi yang dirilis FBI melalui situs www.FBI.gov James Vahey merupakan penjahat untuk kasus pedofilia. FBI juga mencatat, James Vahey bernah mengajar di JIS selama 10 tahun, yakni dalam kurun waktu 1992-2002. Selain di Indonesia, James juga pernah mengajar di 9 sekolah international lainnya. Di antaranya adalah American Nicaraguan School, Southbank International School, Passarged School di Iran dan Saudi Aramco School di Saudi Arabia. Pria berumur 64 tahun itu pernah dipenjara di California pada tahun 1969 karena penganiayaan terhadap anak. Ia juga sempat dikabarkan bunuh diri karena majikannya menemukan gambar-gambar porno dari anak laki-laki di komputer miliknya. (abu/jpnn)
Mourinho Puas Chelsea Imbangi Atletico
LONDON - Chelsea sebenarnya berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan ketika bertandang ke markas Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions di Vicente Calderon, Rabu (23/4) WIB. Pasalnya, tim berjuluk The Bues itu tak bisa menurunkan beberapa pemain andalannya. Di antaranya ialah Eden Hazard dan Samuel Eto’o yang masih dihantam cedera serius. Tapi, Chelsea ternyata mampu tampil bagus. John Terry dkk sukses menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0. Tak heran, hasil itu membuat jajaran pelatih dilanda kebahagiaan. “Saya puas dengan hasil ini. Schwarzer mampu menunjukkan bahwa kami bisa mempercayainya. Pemain yang jarang bermain menunjukkan performa menakjubkan,” terang pelatih Chelsea, Jose Mourinho di laman Sky Sport. Namun, Mourinho enggan dianggap menerapkan permainan defensif. Menurut pelatih berjuluk The Special One itu, anak asuhnya tetap memiliki keinginan untuk memenangi pertandingan. “Kami tak memikirkan akan 0-0. Pertandingan berjalan dengan arah tertentu di mana Anda harus merasa aman, tidak boleh kebobolan dan mencoba mencetak gol dalam sedikit kesempatan yang Anda miliki,” tegas Mourinho. (jos/jpnn)    
Cabuli Bocah, Brigadir M Resmi Tersangka
JAKARTA - Polresta Banda Aceh menetapkan Brigadir M sebagai tersangka dugaan pencabulan terhadap dua bocah di Aceh. Penetapan tersangka itu setelah polisi melakukan pemeriksaan terhadap Brigadir M, atas laporan dua orang tua yang mengaku anaknya korban pencabulan. "Brigadir M resmi tersangka," kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto, Rabu (23/4) di Mabes Polri. Menurut Agus, Brigadir M yang bertugas di Polda Banda Aceh, itu dijerat Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. "Ancaman hukumannya minimal tiga tahun dan maksimal 15 tahun penjara," kata Agus. Menurut Agus, sejauh ini berdasarkan laporan yang diterima baru dua orang. Ia mengatakan kalau ada informasi lain, silahkan laporkan ke Penyidik Polresta Banda Aceh. Yang jelas, kata dia, Polri berkomitmen akan melaksanakan semua ketentuan yang berlaku termasuk memberikan sanksi terhadap semua anggota yang melakukan pelanggaran. "Apabila ada Anggota Polri yang terbukti melanggar, kita akan proses," tegasnya. (boy/jpnn)
Saksi Sebut Dua Pejabat Kemenlu Sering Minta Kuintasi Kosong
JAKARTA - Terdakwa kasus kasus dugaan korupsi penyelenggaraan seminar internasional di Kementerian Luar Negeri tahun 2004-2005, Sudjanan Parnohadiningrat menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (23/4). Persidangan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri itu beragendakan pemeriksaan saksi-saksi. Salah satu saksi yang dihadirkan adalah Manajer PT Pactoconvex Niagatama Iffa Kusuma Putri. Di depan majelis hakim, Iffa mengungkapkan dua pejabat Kemenlu selalu meminta kuitansi kosong kepada perusahaan jasa penyelenggara. Dengan alasan untuk melengkapi administrasi. Iffa yang saat ini sudah pensiun menyatakan, dua pejabat Kemenlu yang sering meminta bon kosong kepadanya adalah I Gusti Putu Adnyana dan Warsita Eka. Keduanya, lanjut Iffa, meminta surat tagihan kosong sebagai administrasi. "Mereka sering minta kuitansi kosong setelah acara," kata Iffa saat bersaksi dalam persidangan Sudjanan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (23/4). Iffa mengungkapkan sudah pernah meminta kepada pihak Kemenlu agar kuitansi itu dikembalikan kepadanya. Ia mengaku merasa kesal karena Putu dan Warsita kerap meminta invoice kosong. "Saya sempat kesal karena terlalu sering minta invoice kosong. Kalau saya tanya mana invoicenya, mereka selalu bilang iya nanti. Kuitansi yang saya berikan sudah distempel, ditandatangan saya, dan bermaterai. Ada sepuluh lembar," ujar Iffa. Iffa sempat mengadukan kepada atasannya yakni Direktur Utama PT Pactoconvex Niagatama Susilowani Daud dan Wakil Direktur PT Pactoconvex Niagatama I Ketut Salam soal itu. Tetapi, kedua atasannya memintanya mengabulkan permintaan Kemenlu. Susi yang juga dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan Sudjanan menjelaskan, alasan pemberian invoice kosong kepada dua pejabat Kemenlu itu. "Karena kalau kami yang mengisi invoice katanya salah terus. Jadi kami pikir ya sudah kami berikan invoice kosong saja. Soalnya waktunya juga mepet sekali," ujarnya. Sementara Ketut yang juga bersaksi dalam persidangan Sudjanan mengaku tidak pernah berpikir bahwa tindakan pejabat Kemenlu bakal membahayakan perusahaannya. "Saya tidak pernah terpikir kalau itu akan membahayakan saya dan perusahaan," tandasnya. (gil/jpnn)  
Everton Tanpa Mirallas Hingga Akhir Musim
LIVERPOOL- Cobaan berat menimpa Everton. Tim berjuluk The Toffees itu tak akan bisa menurunkan bomber Kevin Mirallas hingga selesainya Premier League musim ini. Itu terjadi setelah Mirallas mengalami cedera pangkal paha yang cukup serius. Cedera itu menimpa ketika Mirallas membantu Everton menjungkalkan Manchester United dengan skor 2-0 akhir pekan lalu. Dengan cedera itu, jajaran pelatih Everton harus mencari jalan untuk menggantikan Mirallas pada tiga laga sisa kontra Southampton, Manchester City serta Hull City. “Hasil scan menunjukkan adanya robek kecil di pangkal paha Mirallas. Dia akan absen hingga akhir musim. Ini adalah kekecewaan besar,” terang pelatih Everton, Roberto Martinez di laman Sky Sport, Rabu (23/4). Martinez pantas kecewa dengan cedera yang menimpa Mirallas. Pasalnya, Mirallas selama ini memang tampil hebat. Total, Mirallas sukses menyumbangkan masing-masing sepuluh gol dan assist dalam 34 pertandingan. “Kenangan tentang performanya melawan MU adalah hal yang luar biasa. Cara dia mencetak gol dan bagaimana pergerakannya sepanjang laga adalah performa yang sangat hebat,” tegas Martinez. (jos/jpnn)
Palsukan Orgasme Demi Bercinta Lebih 'Hot'
DALAM hubungan suami istri, orgasme bisa jadi salah satu indikator puas atau tidaknya seseorang. Hanya saja, terkadang ada wanita yang memalsukan orgasmenya dan menyenangkan pasangannya dianggap sebagai alasan utama. Padahal alasan itu tidak sepenuhnya benar. Studi dalam Journal of Sexual Archives berjudul "The Faking Orgasm Scale for Women: Psychometric Properties" menemukan bahwa salah satu alasan terbesar wanita memalsukan orgasmenya karena ingin membuat pengalaman bercinta mereka lebih menyenangkan. Penulis berhipotesa bahwa mencapai klimaks, baik itu berpura-pura bisa mempromosikan kesenangan dalam hubungan seksual selain untuk menyenangkan hati pria. Untuk studinya, peneliti dari Temple University dan Kenyon College mensurvei 481 perempuan heteroseksual usia 20 tahun ke atas. "Bahkan kami memiliki bukti kuantitatif yang menunjukkan wanita juga bisa memalsukan orgasme karena alasan yang lebih egois yakni demi meningkatkan gairah mereka sendiri," kata peneliti Erin Cooper, seperti dilansir laman Huffington Post, Selasa (22/4). Terkadang wanita bisa membuat orgasme palsu untuk menambah pengalaman mereka saat bercinta. Meskipun, para wanita juga kadang beralasan bahwa memikirkan perasaan pasangan, ketakutan, dan ingin cepat mengakhiri sesi bercinta bisa memotivasi mereka melakukan orgasme palsu. Cooper dan rekan-rekannya mengakui tindakan seks yang berbeda bisa menghasilkan reaksi psikologis berupa ketidaknyamanan dan kecemasan bagi masing-masing wanita. Khususnya untuk seks oral, wanita melakukan orgasme palsu demi meringankan perasaan cemasnya akan kelainan fisiologis ketika pasangannya fokus pada alat kelaminnya. "Alasan pertama peserta survei memalsukan orgasme saat seks oral karena ingin menyenangkan pasangannya kemudian menghidari rasa tidak aman dan meningkatkan gairah mereka sendiri," pungkas Cooper. Hal ini berhubungan dengan rasa tidak percaya diri yang dialami wanita terhadap tubuhnya. Sehingga, saat pasangan mengeksplor tubuhnya ketika bercinta atau memberi seks oral, akan lebih baik bagi wanita untuk memalsukan orgasme agar si pria merasa senang dan hubungan seks pun cepat berakhir.(fny/jpnn)
KPK Periksa Kepala Cabang V Semarang PT PP Untuk Anas
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Cabang V Semarang PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, Iswanto Amperawan. Ia diperiksa sebagai saksi untuk mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam kasus dugaan penerimaan hadiah dalam proses perencanaan Hambalang atau proyek-proyek lainnya. "Yang bersangkutan (Iswanto Amperawan) diperiksa sebagai saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha ketika dikonfirmasi, Rabu (23/4). ‎Belum diketahui apa keterkaitan antara Iswanto dengan kasus yang menjerat Anas. Namun yang pasti keterangan Iswanto diperlukan oleh penyidik KPK. Seperti diketahui, Anas merupakan tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah penerimaan hadiah dalam proses perencanaan Hambalang atau proyek-proyek lainnya. Sejak 10 Januari lalu, Anas ditahan di Rumah Tahanan KPK. Setelah itu, KPK menetapkan Anas sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Anas dijerat dengan Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan atau Pasal 3 ayat (1) dan atau Pasal 6 ayat (1) UU Nomor 15 tahun 2002 tentang TPPU jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (gil/jpnn)
Ancelotti Siap Turunkan Ronaldo dan Bale
MADRID- Daya serang Real Madrid ketika menjamu Bayern Muenchen pada leg pertama semifinal Liga Champions diyakini bakal tetap hebat. Pasalnya, Madrid tetap akan menurunkan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale dalam laga yang digeber di Santiago Bernabeu, Kamis (24/4) dini hari WIB nanti. Sebelumnya, peluang kedua pemain termahal di dunia itu sempat menjadi teka-teki besar. Madrid dikabarkan tak bisa memainkan Ronaldo yang masih dibekap cedera hamstring. Selain itu, kans Bale juga menjadi pertanyaan karena sempat absen latihan akibat flu. Namun, pelatih Madrid, Carlo Ancelotti mengaku siap menurunkan dua megabintangnya itu. “Ronaldo berlatih dengan normal. Namun sudah jelas dia akan bermain jika semuanya bisa memastikan dia bisa berlaga tanpa masalah,” terang Ancelotti sebagaimana dilansir laman Football Espana, Rabu (23/4). Ancelotti juga optimistis mengenai peluang bermain Bale. Pelatih berjuluk Don Carlo itu bahkan yakin Bale akan tampil menggila seperti yang ditunjukkannya saat bersua Barcelona lalu. “Kami yakin dia akan bermain. Bale sangat bahagia. Dia memiliki kepercayaan diri seperti semua pemain. Setelah hal hebat yang dilakukannya melawan Barcelona, sangat normal ketika dia lebih percaya diri,” tegas Ancelotti. (jos/jpnn)  
Moeldoko Ngaku Jam Tangannya Cuma 5 Juta
JAKARTA-- Panglima TNI Jenderal Moeldoko akhirnya menjawab ramainya sorotan publik terkait jam tangan mewah yang dipakainya. Moeldoko mengaku jam tangannya RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph adalah merk mewah dan terkenal dengan harga mahal. Namun, jam itu, kata dia, tidak berharga USD 100 ribu seperti yang diungkap media massa Singapura. "Sebuah jam yang dijual di pasaran harganya yang asli 1 miliar lebih tetapi saya bisa membeli 5 juta," ujar Moeldoko di sela-sela pertemuan dengan jajaran militer Filipina di Jakarta, Rabu, (23/4). Moeldoko mengungkapkan alasannya memakai jam tangan mewah dengan harga murah itu karena ingin menunjukkan inovasi. Tidak dijelaskan secara rinci maksud dari inovasi tersebut. "Kenapa saya membeli jam ini? Dengerin dulu. Ini pelajaran bagi kita. Karena jam ini adalah jam yang sangat mahal tetapi dijual sangat murah. Kenapa saya beli, karena ketika saya melihat jam ini yang ada dalam pikiran saya adalah inovasi dan inovasi," papar Moeldoko. Moeldoko menyatakan tidak ada maksud tertentu dengan memakai jam tangan itu. Apalagi, ia mengklaim, jam itu tidak semahal yang diberitakan. "Jadi ini bukan pamer. Apanya pamer begini? Apakah ini membedakan prajurit saya? Enggak. Kalau orang lain beli jam mahal justru saya beli jam murah. Jadi kalau teman-teman mau ambil silahkan," kata Moeldoko sambil bercanda pada awak media massa. (flo/jpnn)
Jenderal Moeldoko Pamerkan Jam Tangan
JAKARTA-- Panglima TNI Jenderal Moeldoko tampaknya sudah mengetahui ramainya pemberitaan media massa Singapura dan Indonesia yang menyoroti jam tangan mewahnya bermerk RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph. Di sela-sela menghadiri jumpa pers kerjasama militer Filipina di Hotel Borobudur, Rabu (23/4)sang Jenderal pun tak malu-malu menunjukkan jam tangan yang menimbulkan kontroversi karena harganya berkisar USD 100 ribu atau Rp 1,1 miliar setara nilai kurs USD. "Mau gua lelang ni? Yang mau ambil 5 juta silahkan, harganya segitu aja," kata Moeldoko, sambil tertawa dan melepaskan jam tangannya untuk ditunjukkan pada awak media massa. Moeldoko pun mengakui memang jam tersebut sama dengan merk di pemberitaan. Namun tidak sama dengan harga yang diberitakan. Ia pun tidak menyebut tempat pembeliannya. "Richard Mile," sambungnya. Sebelumnya, Moeldoko memang menjadi pemberitaan di The Millenary, sebuah laman gaya hidup. Petinggi TNI kelahiran Kediri, 8 Juli 1957 itu menjadi pemberitaan karena mengenakan jam tangan RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph. The Millenary mencatat jam itu merupakan edisi spesial yang hanya dibuat 30 buah khusus untuk Amerika. Artikel itu pula yang jadi bahan pemberitaan di situs berita Singapura, mothership.sg. Karena jam edisi spesial itu dibuat terbatas untuk pasaran Amerika, maka Millenary menduga arloji yang dikenakan Moeldoko adalah RM 011-S atau varian dari RM 011 yang hanya dibuat 45 buah khusus untuk kawasan Asia. Harga jam tangan mewah itu terbilang wah. Menurut  mothership.sg, harganya bisa di atas USD 100 ribu. Dengan kurs USD = Rp 11.000 maka harga jam tangan Moeldoko adalah Rp 1,1 miliar. (flo/jpnn)
Sutradara: Saya Sepakat Dengan Pak Dahlan
JAKARTA - Sutradara film 'Sepatu Dahlan' Benni Setiawan sepakat dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, tak mau berfikir negatif, terkait dugaan diboikotnya film berdurasi 98 menit itu. "Saya no comment saja, sama seperti Pak Dahlan yang tidak berfikir macam-macam kalau memang filmnya sudah enggak tayang," seru Benni saat dihubungi JPNN, Rabu (23/4). Mengenai kabar yang menyebutkan film ini sengaja diboikot karena penayangannya di masa Pemilu 2014, Benni enggan mengkait-kaitkannya. "Kalau ada yang mengkaitkan ini dengan politik, saya enggak mau terlalu ikut campur," serunya. Lalu mengapa film 'Sepatu Dahlan' cepat menghilang di sebagian besar bioskop di Indonesia? "Kalau alasannya secara detailnya saya kurang tahu, karena itu kan bukan ranah saya, tapi pihak XXI. Kalau masa tayang di bioskop itu sepenuhnya kewenangan mereka (pihak XXI) bukan di saya," jawab pria yang kerap menggunakan topi itu. Padahal, jika dibanding dengan tiga film yang dirilis bersamaan pada 10 Maret 2014 yakni Crush dan Jalanan, film 'Sepatu Dahlan' berada di posisi teratas. Menurut situs filmindonesia.or.id, selama seminggu tayang, film Sepatu Dahlan mampu meraup 51.619 jumlah penonton, sementara film Crush yang diperankan oleh Cherrybelle meraup 29.292 penonton. Sedangkan film Jalanan meraih 2.411 penonton. Film 'Sepatu Dahlan' mulai menghilang di beberapa bioskop Indonesia sejak Kamis, 17 April 2014. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa film 'Sepatu Dahlan' itu menghilang di bioskop. (chi/jpnn)
Tom Hanks dan Spielberg Siapkan Film Keempat
HOLLYWOOD- Pemain film kawakan, Tom Hanks dan sutradara Steven Spielberg akan membuat film keempat mereka tentang Perang Dingin atau Cold War. Film yang bakal diproduksi oleh DreamWorks, dan belum diberi judul tersebut bakal disutradarai Spielberg. Kerja sama kedua selebritis itu bukan kali ini saja, sebelumnya mereka juga bekerja sama membuat Saving Private Ryan, Catch Me If You Can, dan The Terminal. Menurut latiems, film terbaru itu berdasarkan kisah nyata bercerita tentang pengacara Amerika Serikat James Donovan yang direkrut CIA saat Perang Dingin. Hanks bakal memerankan Donovan yang berusaha merundingkan pembebasan seorang pilot yang ditangkap saat pesawat mata-mata U2 ditembak jatuh di Rusia. DreamWorks sendiri menolak berkomentar, tetapi film ini diperkirakan adalah satu dari sejumlah proyek penyutradaraan yang dipertimbangkan Spielberg. Kemungkinan lain adalah Robopocalypse dan drama sejarah Montezuma. Spielberg sebelumnya pernah memenangkan Oscar 1998 sebagai sutradara cerita Perang Dunia Kedua terbaik dalam film Saving Private Ryan yang juga dibintangi Tom Hanks. (esy/jpnn)
Parpol Diminta Urus Caleg Gagal
JAKARTA - Partai politik peserta pemilihan umum legislatif diimbau agar ikut bertanggung jawab terhadap para caleg yang saat ini tengah mengalami depresi akibat tidak lolos jadi wakil rakyat. Imbauan tersebut disampaikan Mustadin Tanggala, dosen Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (23/4/). "Jangan hanya sibuk mengurus yang lolos jadi wakil rakyat, kader yang depresi mestinya juga harus diurus agak tidak mengganggu ketertiban umum," kata Mustadin. Menurut Mustadin, caleg gagal telah berkontribusi membesarkan dan mempopulerkan partai selama masa kampanye yang terbilang cukup lama. "Parpol harus meyakinkan caleg gagal  bahwa menjadi anggota legislatif bukanlah tujuan akhir setiap aktivis parpol, jadi jika gagal nantinya caleg tetap menyiapkan diri untuk mengawal aspirasi masyarakat," terang doktor psikologi tersebut. Selain parpol lanjut Mustadin, keluarga dan lingkungan sosial juga bertanggungjawab terhadap caleg gagal. Caleg yang gagal akan seringkali merasakan kesedihan yang mendalam dan merasa dipermalukan oleh lingkungannya. Penerimaan yang layak dari keluarga dan lingkungan sosial dapat memulihkan kondisi kejiwaan mereka. "Mereka yang depresi ini seringkali kehilangan rasa humor, apapun yang dihadapinya dirasakan sebagai tekanan, dan tidak dapat merasakan nikmat dari apapun yang dihadapinya. Ada juga caleg yang depresi malah menjadi gampang marah, merasa cemas yang berlebihan, dan kondisi kejiwaan yang bergejolak yang bisa dipicu oleh stimulus apa saja yang dihadapinya," ungkapnya.(fas/jpnn)
Irsyad & Ifan Melaju ke Kontes KDI 2014
JAKARTA – Sajian ‘Gerbang Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2014’ episode 2, Selasa (22/4) berlangsung seru dan menarik. Para kontestan beradu kualitas bernyanyi untuk merebut dukungan dari pemirsa melalui polling SMS. Keenam kontestan itu adalah Niken (audisi Surabaya), Irsyad (audisi Makassar), Putri PS (audisi Jakarta), Kania (audisi Bandung), Hana (audisi Yogyakarta), dan Ifan (audisi Medan). Dari enam kontestan itu, Irsyan dan Ifan akhirnya mendapatkan dukungan terbanyak dari pemirsa. Irsyad kontestan asal Majene wakil kota audisi Makassar berhasil mendapat dukungan SMS tertinggi. Irsyad yang tampil membawakan lagu Gejolak Asmara berhasil meraih dukungan 33 persen. Di posisi kedua disusul Ifan dengan perolehan SMS 30 persen. Ifan yang merupakan kontestan asal Padang Sidempuan wakil kota audisi Medan ini tampil memukau dengan menyanyikan lagu ‘Tak Bosan’. Sedangkan wakil kota audisi Surabaya, Niken, dipilih Penasihat untuk mendapatkan Wild Card. Sehingga, Niken  berkesempatan kembali tampil di “Gerbang Wild Card” pada Minggu 27 April 2014 nanti. Lagu-lagu dangdut yang telah populer di masyarakat seperti “Biarlah Merana”, Gejolak Asmara”, “Perpisahan”, “Sinden Jaipongan”, “Liku-liku”, dan “Tak Bosan” dibawakan oleh kontestan secara maksimal dengan gaya khas setiap kontestan untuk meyakinkan Pemirsa bahwa mereka layak untuk bergabung dalam KDI 2014. Namun tak selamanya penampilan kontestan dinilai mulus oleh para Penasihat. Berbagai kritik dan masukan positif diberikan penasihat atas penampilan dan teknik bernyanyi para kontestan, dengan gaya khas setiap penasihat.  Gerbang KDI episode 2 kali ini semakin meriah dengan tampilnya salah satu penasihat sebagai pembuka acara yaitu Umi Elvy Sukaesih membawakan lagu “Kereta Malam”. Besok malam, enam kontestan akan kembali berjuang. Mereka adalah Yovita (Yogyakarta), Denias (Jakarta), Indah (Surabaya), Mega (Makassar), Yati (Medan), dan Dewi (Bandung) Keenam kontestan ini akan tampil di ‘Gerbang KDI 2014’ episode 3 Rabu (23/4) pukul 18.00  yang disiarkan langsung dari Studio 3 MNCTV.(boy/jpnn)
Usai Fatwa Mbah Mun, SDA versus Romi Dinilai 0:0
JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP PPP, Hasrul Azwar membantah penilaian bahwa kubu Suryadharma Ali (SDA) kalah, karena Ketua Majelis Syariah Maimun Zubair membatalkan semua keputusan Ketua Umum PPP, termasuk pemecatan Sekjen dan sejumlah Ketua DPW PPP, serta koalisi dengan Gerindra. Menurut Hasrul, tidak ada yang kalah apalagi yang menang, Mbah Mun begitu Kyai Maimun Zubair disapa, kata Hasrul, hanya mengembalikan posisi DPP PPP dan elitnya ke tempat semula. "Suryadharma Ali (SDA) tetap ketua umum dan Romahurmuziy atau Romi tetap sekjen. Jadi posisinya 0-0, tidak ada yang dikalahkan dan dimenangkan," kata Ketua Fraksi PPP DPR itu, di Jakarta, Rabu, (23/4). Menjawab pertanyaan tentang keabsahan koalisi PPP dengan Gerindra dan mendukung Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres, Hasrul menegaskan semua akan dikembalikan pada posisinya semula. "Ya, kita kembali ke amanat mukernas II PPP di Bandung yang memang belum memutuskan kita berkoalisi dengan partai apa dan capres manapun. Nanti hal itu diputuskan kembali," imbuhnya.(fas/jpnn)
Guardiola Tepis Rekor Hebat di Santiago Bernabeu
MADRID- Bayern Muenchen dilanda kepercayaan diri tinggi ketika bertandang ke markas Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (24/4) dini hari WIB. Pasalnya, tim berjuluk The Bavaria itu memiliki modal kuat pada diri sang pelatih Pep Guardiola. Hingga kini, Pep memang memiliki catatan superhebat ketika membawa anak asuhnya berlaga di Santiago Bernabeu. Pria berusia 43 tahun itu belum pernah merasakan kekalahan di kandang Madrid. Namun, Guardiola meminta Muenchen tak banyak bergantung pada catatan superhebatnya itu. “Saya datang dengan klub yang berbeda, suasana yang lain dan momen yang berbeda. Itu semua tidak akan banyak berguna untuk Muenchen,” terang Guardiola di laman Football Espana, Rabu (23/4). Mantan nahkoda Barcelona itu meminta semua penggawa Muenchen tetap bekerja keras di Santiago Bernabeu. Bagi Guardiola, itu merupakan satu-satunya cara untuk menekuk Madrid. “Kami harus berada dalam performa terbaik untuk menang. Itulah yang dibutuhkan untuk melawan Madrid. Saya senang bermain di semifinal Liga Champions,” tegas Guardiola. (jos/jpnn)
Orang Dalam Bantu Percaloan SIM
JAKARTA -- Masih maraknya praktek percaloan pembuatan SIM di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya yang berlokasi di Jalan Daan Mogot, Km 11, Jakarta Barat membuat anggota DPR RI bersuara. Para wakil rakyat di Komisi III juga mengkritisi kinerja Polda Metro Jaya yang dinilai lemah melakukan tindakan tegas kepada para calo SIM yang meraup keuntungan dari masyarakat tersebut.       ”Saya menilai, Polda Metro Jaya memang masih lemah dalam memberikan tindakan kepada para calo yang berkeliaran di Satpas SIM Daan Mogot,” ucap anggota DPR RI Komisi III, Didi Irawadi saat dihubungi INDOPOS (Grup JPNN), kemarin (22/4). Dia juga menjelaskan, kepolisian harus memberikan perhatian secara khusus kepada calo yang telah mencederai pelayanan publik. ”Jelas masyarakat yang akan membuat SIM merasa terganggu dengan apa yang dilakukan para calo itu,” tegasnya. Dia juga meminta Polda Metro Jaya segera membersihkan para calo yang berkeliaran di sekitar Satpas SIM Daan Mogot tersebut. ”Kenyamanan warga harus diperhatikan. Apalagi pelayanan pembuatan SIM  itu merupakan pelayanan publik,” cetusnya.       Di tempat terpisah, Ahmad Yani, anggota Komisi III lainnya meminta kepada Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dwi Priyatno segera memecat anak buahnya jika memang ditemukan indikasi adanya pejabat Satpas SIM Daan Mogot yang terlibat dalam praktek percaloan. Dia juga meminta agar calo diberantas di Satpas SIM Daan Mogot. Karena bukan rahasia umum lagi kalau calo banyak bermain dalam proses pembuatan SIM. ”Calo ini kan tidak mungkin bekerja sendiri! Pasti dia dibantu ’orang dalam’ yang mempunyai jabatan di sana. Maka itu Kapolda Metro Jaya harus tegas memecat oknum polisi yang bermain itu,” cetusnya. Dirinya pun mengharapkan jika Satpas SIM Daan Mogot diisi oleh pejabat-pejabat kepolisian yang berintegritas dan berani mengambil tindakan tegas terhadap bawahannya yang berani bermain-main dengan calo.      ”Sebenarnya membuat SIM itu kan tidak susah. Tapi memang masyarakat masih ingin yang lebih mudah dan cepat. Yakni dengan menggunakan calo itu,” tukasnya juga. Tapi dia sekali lagi menegaskan, calo tidak aka ada kalau tidak kerjasama dengan ”orang dalam”. Senada, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Al Muzamil Yusuf menilai praktek percaloan merupakan persoalan kultur aparat yang cenderung tidak tegas.   ”Karena aparat yang tidak tegas, maka masyarakat cenderung memilih proses yang lebih mudah,” ucapnya kepada koran ini. Meski itu harus membayar dengan mahal biaya pembuatan SIM. Sebelumnya, investigasi INDOPOS, masih menemukan maraknya proses percaloan di Satpas SIM Daan Mogot. Bahkan, kini para calo itu makin berani dengan menawarkan jasanya kepada warga yang tidak lolos uji teori dan praktek SIM. Para calo itu menawarkan jasanya di dalam area Satpas SIM dengan cara berbisik-bisik kepada pemohon SIM. Para calo berputar-putar dari kantin belakang sebelah utara Satpas SIM Daan Mogot hingga pintu barat menuju ruang tes SIM. Harga yang dipatok para calo untuk pengurusan SIM beberapa tipe cukup fantastis. Untuk SIM A dipatok antara Rp 350.000-Rp 450.000. Bahkan ada calo yang mematok Rp 700 ribu/orang. Untuk SIM B 1 harganya antara Rp 800 ribu-Rp 1 juta. Bahkan ada calo yang mematok harga Rp 1,5 juta. Sedangkan untuk SIM C dipatok antara Rp 350.000-Rp 450 ribu/orang hingga Rp 500 ribu. Sementara, perpindahan SIM A ke B 1 dipatok para Rp 1,2 juta. Biaya berlipat yang dikeluarkan pemohon, membuat SIM ”jalur cepat” itu hanya butuh waktu 15 menit saja.   Bayangkan dengan proses resmi yang lamanya 105 menit atau hampir 2 jam dan belum tentu langsung lulus. Untuk diketahui, tarif normal pembuatan SIM sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 50 Tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP pembuatan SIM terjangkau. Yakni, penerbitan SIM A Rp 120 ribu, perpanjangan Rp 80 ribu. Untuk SIM C Rp 100 ribu, perpanjangan Rp 75 ribu. Pembuatan SIM B 1 Rp 120 ribu, perpanjang Rp 80 ribu. Untuk SIM B II Rp 120 ribu, perpanjang Rp 80 ribu. Aan Yuliansyah, 33, warga Jati Asih, Kota Bekasi yang hendak membuat SIM A mengaku harus mengeluarkan uang Rp 800 ribu menggunakan jasa calo. Pasalnya, tiga kali dirinya mengurus SIM di Satpas Daan Mogot tapi tidak pernah lulus. Saat tes keempat kalinya, dia pun menerima tawaran dari calo. ”Habis bagaimana lagi, sulit mengurus SIM A. Banyak persyaratan dan tes. Selalu gagal dan disuruh pulang. Mending pakai calo, sekali buat dapat dan tidak nunggu lama,” cetusnya. Sementara itu, salah satu calo SIM yang mengaku telah 9 tahun menjadi rekanan Satpas Daan Mogot mengatakan bekerjasama dengan salah satu polisi yang bertugas di sana. Pria yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan dirinya bisa menjamin pembuatan SIM super cepat kepada warga yang datang asalkan tarif yang dia tetapkan disetujui. Karena pelayanannya yang super instan, calo itu mematok harga cukup tinggi. Untuk pembuatan baru Sim C dipatok Rp 500 ribu, SIM A dihargai Rp 950 ribu. Kepada INDOPOS, dia juga menawarkan perpanjangan dan pengurusan kehilangan SIM. Dengan tarif untuk SIM C Rp 450 ribu dan SIM A sebesar Rp 758 ribu. ”Nunggu di kantin samping. Hanya 15 menit SIM pasti jadi. Tapi harganya mesti sesuai,” cetusnya.        Sementara itu, Perwira Administrasi Satpas SIM Daan Mogot, Iptu Efri menampik jika masih banyak calo yang beredar di tempatnya bertugas. Dia memastikan, saat ini tak ada lagi calo. ”Tak ada itu (calon, Red). Saat ini sudah tidak ada lagi calo,” tegasnya ketika dihubungi INDOPOS, kemarin (22/4). Dia juga berkilah, pihaknya telah menutup celah yang berpotensi munculnya praktek suap menyuap. ”Seperti yang saya tegaskan, dengan one gate system (pelayanan satu pintu) tak ada ruang gerak bagi calo maupun anggota kami yang bermain,” cetusnya. Sistem pelayanan satu pintu itu, kata dia, sebagai bentuk antisipasi dua arah, pihaknya tak hanya membersihkan pelaku calo, tapi juga tidak memberi peluang bagi petugas pelayanan untuk menerima suap dari para pemohon SIM.       Namun dia tak bisa berkomentar ketika ditanyakan berapa banyak calo yang sudah ditindak. "Pastinya ada, tapi saya tidak bisa memastikan berapa jumlah, datanya ada kok di komputer,” ungkap perwira pertama Polri tesebut. Efri pun tak memungkiri, terbukanya praktek calo juga berpeluang melalui oknum petugas yang tidak bertanggung jawab. ”Sejauh ini tak ada anggota kami yang bermain, mereka sudah tahu aturannya sangat tegas,” katanya. Adapun sanksinya sudah ditetapkan dan ada aturan di kode etik kepolisian. ”Pasti ditindak, biasanya itu tergantung atasan atau pimpinan,” cetusnya. (tim INDOPOS)
Don Carlo Siap Turunkan Ronaldo dan Bale
MADRID- Daya gebrak Real Madrid ketika menjamu Bayern Muenchen di leg pertama semifinal Liga Champions, diyakini bakal tetap hebat. Pasalnya, Madrid disebut bisa menurunkan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale dalam duel yang digeber di Santiago Bernabeu, Kamis (24/4) dini hari WIB nanti. Sebelumnya, peluang kedua pemain termahal di dunia itu sempat menjadi teka-teki besar. Madrid dikabarkan tak bisa memainkan Ronaldo yang masih dibekap cedera hamstring. Selain itu, kans Bale juga menjadi pertanyaan karena sempat absen latihan akibat flu. Namun, pelatih Madrid, Carlo Ancelotti mengaku siap menurunkan dua mega bintangnya itu. “Ronaldo berlatih dengan normal. Namun sudah jelas dia akan bermain jika semuanya bisa memastikan dia bisa berlaga tanpa masalah,” terang Ancelotti sebagaimana dilansir laman Football Espana, Rabu (23/4). Ancelotti juga optimistis mengenai peluang bermain Bale. Pelatih berjuluk Don Carlo itu bahkan yakin Bale akan tampil menggila, seperti yang ditunjukkannya saat bersua Barcelona di final Copa del Rey lalu. “Kami yakin dia akan bermain. Bale sangat bahagia. Dia memiliki kepercayaan diri seperti semua pemain. Setelah hal hebat yang dilakukannya melawan Barcelona, sangat normal ketika dia lebih percaya diri,” tegas Ancelotti. (jos/jpnn)
Gembong Gagal Tiga Kali Nyaleg, Kali Ini Lolos ke Dewan
USAI sudah penantian panjang Gembong Warsono. Akhirnya, politisi PDIP itu terpilih jadi anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta setelah menunggu 15 tahun lamanya. Sebelumnya, dia sudah nyaleg di pemilu 1999, 2004, dan 2009. Baru pada pileg 2014, dia baru bisa duduk di kursi empuk di gedung DPRD Jakarta, di Kebon Sirih. ---------------- DANANG-Jakarta ---------------- Senyum mengembang terlihat menghiasi wajah Gembong Warsono saat ditemui INDOPOS (Grup JPNN) menghadiri rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 KPU Jakarta Selatan, kemarin (22/4). Orang nomor satu di PDIP Jakarta Selatan ini pantas sumringah. Pasalnya, dia dipastikan jadi salah satu politisi PDIP yang akan melenggang ke Kebon Sirih (sebutan DPRD DKI).       Politisi yang akrab disapa Gembong itu memang layak menjadi anggota dewan. Bagaimana tidak, dia harus menunggu 15 tahun lamanya agar bisa duduk menjadi anggota dewan. Dalam penghitungan yang dilakukan KPU Jakarta Selatan, Gembong berhasil meraih 10 ribu lebih suara. Jumlah itu cukup membawa dirinya menjadi anggota legislatif. Adapun suara partai moncong putih itu di Jakarta Selatan mencapai 200 ribu lebih. Dengan perolehan suara itu, pria asal Wonogiri ini mengatakan sempat melakukan sujud syukur. Yang jelas, sujud syukur saya lakukan saat mengetahui nama saya menjadi salah satu yang lolos ke DPRD DKI Jakarta,” terangnya dalam perbincangan santai dengan INDOPOS.       Dengan perolehan 10 ribu suara tersebut, Gembong menjadi peraih suara terbanyak nomor satu di Dapilnya. Disusul Indrawati dan Rikardo yang berada di urutan ketiga. Gembong juga menuturkan jika apa yang diraihnya amanah yang diberikan masyarakat kepadanya untuk menjadi anggota legislatif. Dia pun meminta dukungan dan doa restu kepada warga Jakarta Selatan dalam melakukan tugasnya nanti. ”Dukungan dan pengawasan perlu dilakukan masyarakat kepada saya. Sehingga nantinya saya bisa menjadi anggota legislatif yang amanah,” ucapnya. Gembong menceritakan, jika suksesnya kali ini adalah buah dari penantian panjangnya selama 20 tahun di PDIP. Awalnya, pada Pemilu 1999 silam, dia mencoba menjadi anggota legislator. Saat itu dirinya mendapatkan nomor urut 33. Seperti yang sudah diduga sebelumnya dia tidak berhasil lolos. Meski sudah melakukan kampanye dengan menghabiskan tenaga, waktu dan dana.    Peruntungan menjadi calon legislatif (caleg) kembali dia lakukan 5 tahun kemudian. Yakni pada Pemilu 2004 lalu. Saat itu, dia menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Jakarta Selatan. Saat itu, dirinya mendapat nomor urut tiga untuk wilayah Jakarta Selatan. Sayangnya saat itu, untuk wilayah Jakarta Selatan PDIP hanya mendapatkan jatah dua kursi. Sehingga Gembong kembali gagal.       Tak kenal menyerah, Pemilu 2009 kembali Gembong maju menjadi caleg untuk DPRD DKI Jakarta. Namun kali ini Gembong diperintahkan oleh Ketua DPD PDIP DKI Jakarta untuk mengisi nomor urut satu di wilayah Jakarta Barat. Namun, lantaran bukan wilayahnya membuat ada penolakan dari kader PDIP Jakarta Barat. Akibatnya, Gembong turun menjadi nomor urut 3. ”Saat itu karena ada penolakan kader, saya turun menjadi nomor tiga,” paparnya juga. Melihat situasi partai yang sangat mendukung di Jakarta Barat, dia sempat merasa yakin dirinya akan lolos jika saat itu masih menggunakan nomor urut. Namun takdir bicara lain, sebab Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan caleg yang lolos harus berdasar suara terbanyak.       ”Karena basis suara saya bukan di Jakarta Barat, akhirnya perolehan suara saya tidak maksimal. Padahal kalau berdasar nomor urut saya pasti lolos. Sebab saat itu ada jatah tiga kursi,” kenangnya. Tiga kali tak lolos menjadi anggota DPRD tak membuat Gembong patah arang. Dia lantas mencoba kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2014. Berbekal pengalaman tiga kali menjadi caleg, Gembong terus membangun komunikasi dan terus membangun jaringan di masyarakat. ”Bisa dibilang selama empat tahun saya terus turun kebawah untuk mencari dukungan kepada masyarakat agar bisa menjadi anggota legislatif,” jelasnya juga.       Dia juga menuturkan jika metode kampanye yang dilakukan bukan dengan banyak dana dan memasang poster serta baliho dimana-mana. ”Modal saya hanya berani bicara saja di depan warga,” tuturnya. Dia juga menjelaskan jika dalam melakukan kampanyenya tidak pernah memberikan uang atau bingkisan apapun. Dirinya justru meminta bantuan masyarakat yang ada di wilayah Jakarta Selatan khususnya Dapil 7 mencoblos dirinya. ”Kalau saya memberikan bingkisan saat melakukan kampanye, maka saat saya terpilih akan berpikir bagaiaman mengembalikan uang yang telah saya keluarkan. Saya sangat menjauhi itu. Lagi pula saya juga bukan caleg mampu,” tegasnya.       Dirinya pun berjanji, saat menjadi anggota legislatif nanti dirinya tidak akan melupakan warga Jakarta Selatan yang memilih dirinya. Bahkan dia sudah memiliki program untuk terus turun ke masyarakat. ”Pasti melakukan komunikasi terus dengan masyarakat. Sebab itu salah satu cara menjaga suara,” tukasnya. (*)
Revisi Target Asian Games
JAKARTA - Berbagai kendala menyelimuti persiapan kontingen Indonesia menuju Asian Games XVII Korsel. Mulai uang saku yang tersendat, pengadaan peralatan latihan seret, hingga kebutuhan suplemen yang mandeg. Dengan kompleksitas masalah tersebut Ketua Dewan Satlak Prima yang juga ketua umum KONI Pusat Tono Suratman merevisi target medali emas di Incheon September mendatang. dari semula sembilan emas menjadi empat saja.      Dalam acara rapat kordinasi teknis Satlak Prima kemarin (22/4) di KONI Pusat, Tono berusaha realistis jika menengok kondisi sekarang. Sehingga incaran pemerintah melalui Kemenpora masuk sepuluh besar di klasemen pengumpul medali Asian Games cukuplah sulit.      "Kita lihat saja, dukungan pemerintah kepada kita juga kurang. Kalau sudah begini kok prestasi dituntut tinggi juga gak masuk akal. Jadi, rasanya empat medali emas seperti Asian Games 2010 di Guangzhou lalu adalah paling logis," tutur Tono.      Memang disediakan dana Rp 250 Miliar dari Kemenpora untuk peningkatan olahraga Indonesia tahun ini. Namun alokasi dana tersebut, tak hanya diperuntukkan Asian Games. Akan tetapi ada lima multieven lainnya. Misalnya Asian Beach Games, Youth Olympic Games, serta Asian Paragames.      Jika Tono menurunkan targetnya, tidak demikian dengan ketua Satlak Prima Suwarno. Warno, sapaan Suwarno, tetap mengobarkan optimisme tinggi soal pencapaian medali di Asian Games mendatang.      "Makanya hari ini (kemarin,red.) kita lakukan rakornis ini. Ini adalah hearing sisi teknis para pembina olahraga kita. Jadi, mumpung belum makin mepet kita akan cari solusi kendala teknis menuju Asian Games," sebut Warno.      Warno sendiri melihat kemungkinan medali lebih dari empat medali, seperti yang dikatan Tono tetaplah terbuka. Cabang olahraga (cabor) unggulan sepeti bulu tangkis, equestrian, karate, boling, serta rowing punya kans menaiki podium pertama.      Sementara itu, koordinator cabor terukur Hadi Wihardja menyatakan kalau memang target dikurangi haruslah realistis dan ada pemetaan yang jelas. Artinnya mulai sekarang harus adanya kejujuran dari para pengurus cabor soal kemampuan atletnya.      "Kalau memang hanya mampu perak atau perunggu, kenapa bilang bisa emas? Nah, itu yang nantinya membahayakan pemetaan target medali kita. Mulai sekarang sebaiknya jujur," sebut Hadi. (dra)
Inilah 13 Kesalahan Moyes
BANYAK yang menilai bahwa pemecetan David Moyes dari Manchester United adalah menurunnya performa tim. Padahal, selain itu, ada 13 kesalahan yang dilakukan oleh Moyes yang menyebabkan dia harus ditendang keluar dari Old Trafford. (dik)   1. Aksi Main Pecat Saat di zaman Sir Alex Ferguson, Manchester United memiliki beberapa staf yang bertanggung jawab langsung dalam pelatihan pemain. Mereka adalah Mike Phelan dan Rene Meulensteen. Tapi, mereka lantas dipecat oleh Moyes yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam program latihan.   2. Gagal di Bursa Musim Panas Moyes gagal memperkuat tim di bursa transfer musim panas. Klub-klub seharusnya membeli pemain saat mereka berada di puncak. Roberto Mancini melakukan kesalahan dengan tak melakukan ini setelah sukses membawa Manchester City menjuarai Liga Primer pada 2012, dan Moyes mengulangi kesalahan Mancini musim panas lalu. Ini memungkinkan rival-rival MU mencuri start di awal musim. 3. Strategi Keliru Soal Fellaini Moyes membuang uang sebesar Rp 518,63 Miliar untuk membeli Fellaini. Kesalahannya, bukannya langsung memboyong Fellaini sebelum klausul pelepasannya berakhir, Moyes malah menunggu sampai batas terakhir di bursa transfer untuk memboyongnya ke Old Trafford. Ini memberi kesan bila Moyes dalam kepanikan untuk mendatangkan gelandang asal Belgia yang bersinar bersama Everton itu. Parahnya lagi, Moyes terkesan tidak tahu harus memainkan Feillani, ini menjadi lelucon dan mewakili semua keterpurukan MU di era Moyes. 4. Menunda Regenerasi Seharusnya banyak pemain veteran di MU yang sudah harus dilego di awal musim. Namun, Moyes gagal melakukannya. Terlepas dari sukses MU menjuarai Liga Primer Inggris musim lalu, para pemain seperti Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Ryan Giggs, dan Michael Carrick harus digantikan. Proses ini seharusnya dimulai musim panas lalu untuk memudahkan proses transisi. 5. Terjebak Mimpi Yang Tak Mungkin Moyes memiliki ambisi kuat untuk mendatangkan bintang sepak bola dunia seperti Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Padahal, itu adalah sesuatu yang tidak mungkin dia dapatkan lantaran Real juga sangat membutuhkan tenaga dua bintang tersebut. Tapi, Moyes tetap ngotot dan membiarkan MU menjadi bahan gunjingan setelah tawaran mereka ditolak mentah-mentah oleh Bale dan Ronaldo. Tentu, ini membuat reputasi klub terjun bebas. 6. Terlalu Banyak Intervensi Moyes tidak terbiasa mendelegasikan tugas di tempat latihan. Berbeda dengan Ferguson, yang menjauhi kegiatan melatih sehari-hari, dan baru tampil saat pertandingan. Moyes malah sebaliknya dengan melibatkan diri dalam semua aktivitas tim. Konsekuensinya, Moyes tak bisa memberi pengaruh apa pun saat pertandingan karena para pemain telah terbiasa mendapatkan arahan dari dia saat latihan. 7. Kehilangan Legitimasi Tak ada pelatih yang sukses tanpa dukungan masif dari semua pemain. Dan Moyes adalah salah satunya, lantaran tak pernah bisa merebut hati para pemain senior MU. Salah satu penyebab terbesarnya adalah mereka semua mengeluhkan konsep latihan dari Moyes. Ryan Giggs bahkan telah berulang kali melontarkan kritik di ruang ganti meski pihak MU selalu membantah isu ini. 8. Terlalu Cepat Melakukan Evolusi Moyes ingin memberikan sesuatu yang baru saat pertama kali mendarat di Old Trafford. Dia pun melakukan serangkaian perubahan, salah satunya dengan mengubah gaya menyerang dan mentalitas MU. Filosofi Setan Merah -julukan MU-di bawah asuhan Ferguson adalah menyerang lawan. Ferguson tak terlalu mengkhawatirkan cara mengatasi kekuatan lawan karena dia yakin pasukannya lebih baik. Moyes tak melanjutkan ini dan MU minim kepercayaan diri serta keyakinan di bawah asuhannya. MU di bawah asuhan Moyes terkesan puas dengan hanya berusaha menahan gempuran lawan. Pendekatannya pun terlalu tradisional. Salah satu buktinya adalah permainan negatif MU di kandang saat melawan Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions musim ini. 9. Serangkaian Hasil Buruk di Kandang Selama berada di bawah Ferguson, Old Trafford adalah salah satu stadion  yang sangat angker di Premier League. Banyak tim yang keder lebih dulu sebelum bertandang ke sana. Namun, kesan angker itu mulai terkikis saat MU dikendalikan oleh Moyes. Begitu tim-tim lawan melihat betapa mudahnya tim sekelas West Bromwich Albion mengalahkan MU di Old Trafford, mereka tak lagi takut terhadap Setan Merah. Semua tim mulai yakin bahwa mereka juga memiliki peluang untuk melakukan hal yang sama jika mereka menyerang MU. Sialnya, MU tak tahu cara merespons situasi ini dan bukan kebetulan jika mereka punya catatan tandang yang lebih baik musim ini karena di kandang lawan mereka tak mendapat tekanan untuk menyerang. 10. Membuang Banyak Uang Untuk Datangkan Mata Moyes terlalu royal untuk membelanjakan uang MU untuk pemain-pemain yang sejatinya kualitas merka di bawah rata-rata. Salah satunya dia lakukan dengan menggelontorkan dana besar hanya untuk mendapat tanda tangan seorang Juan Mata. Moyes harus mengeluarkan dana sebesar Rp 710,72 Miliar dan menjadi rekor transfer termahal hanya untuk seorang pemain yang menjadi cadangan di Chelsea itu. Padahal, saat ini mereka sudah memiliki salah satu pemain nomor 10 terbaik di Liga Primer dalam sosok Wayne Rooney. 11.  Minim Visi Dalam Sepakbola Moyes minim visi dan filosofi sepakbola. Lihatlah pelatih Everton, Roberto Martinez, dan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, saat mereka beraksi. Akan terlihat betapa mereka memiliki visi yang jelas mengenai bagaimana mereka ingin tim asuhan mereka bermain. Kini, hingga memasuki akhir April, tak seorang pun yang bisa melihat apa yang direncanakan Moyes untuk MU. Moyes hanya mencampuradukkan segalanya dengan harapan bisa membuahkan suatu hasil. 12. Gagal Menjadi Teladan Melihat setiap kali penampilan MU, sangat jelas terlihat bahwa Moyes tak bisa menginspirasi para pemainnya. Kemenangan mereka atas Arsenal di Old Trafford merupakan satu-satunya catatan sukses melawan tim-tim Enam Besar. Bukan hanya itu. permainan MU terlihat tidak sistematis dalam sebagian dari pertandingan melawan tim-tim papan atas ini, terutama melawan Manchester City di kandang dan tandang, melawan Liverpool di kandang, dan menghadapi Everton saat tandang. 13. Tidak Mampu Mengambil Sisi Positif Moyes juga gagal menginspirasi para penggemar MU. Roberto Martinez mampu memunculkan sisi positif, bahkan dalam situasi terburuk sekalipun, dan itu mengangkat keyakinan publik. Sebaliknya, Moyes terlihat mengecewakan, seperti yang diakuinya seusai kekalahan MU oleh City.*
Komdis Sanksi Tujuh Pemain
JAKARTA - Tindakan kurang sportif pemain dari klub Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama masih menonjol. Dalam kurun waktu dua bulan sejak akhir Februari lalu, setidaknya ada tujuh pemain yang diganjar sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Komdis PSSI merilis setidaknya 22 sanksi, kemarin (22/4).   Dari 22 pelanggaran tersebut, delapan di antaranya sanksi untuk pemain. Dari delapan pemain, ada hampir separo di antaranya merupakan penggawa Persipura Jayapura. Antara lain, Andri Ibo, Bio Paulin Pierre, dan Dominggus Fakdawer. Ketiganya melakukan tindakan kurang sportif pada laga melawan Putra Samarinda (14/2) dan Persiba Balikpapan (20/4). Ibo mendapatkan dua kali sanksi di laga melawan Putra Samarinda dan Persiba Balikpapan. Dari empat pelanggaran yang dibuat pemainnya itu, manajemen Persipura harus merogoh koceknya sebesar Rp 100 juta yang harus dibayarkan paling lambat pada 21 Mei mendatang. Denda paling besar yang didapatkan satu klub di ISL tahun ini. Bukan hanya denda materiil, sanksi larangan bertanding pun juga diberlakukan kepada pemain yang masuk dalam list hitam Komdis PSSI itu. Untuk Ibo dan Bio harus absen dalam dua kali laga Persipura di ISL. Sementara, untuk Fakdawer hanya mendapatkan larangan bertanding di dalam satu laga saja. Ini menjadi kali kedua Persipura mendapatkan sanksi borongan.Sebelumnya, klub yang berjuluk Mutiara Hitam tersebut pernah mendapatkannya atas nama Ruben Sanadi, Ian Louis Kabes, dan Gerald Pangkali. Kasusnya pun hampir sama, yaitu melakukan tindakan yang mencederai asas sportivitas. "Ini akan menjadi bahan pembelajaran, bukan hanya untuk para pemain Persipura, demikian juga pemain lainnya. Intinya, dengan sanksi ini kami ingin pemain di ISL ataupun Divisi Utama atau di kompetisi nasional di bawah PSSI lainnya bisa memegang tinggi nilai sportivitas," ujar Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan. Selain tiga pemain Persipura, ada empat pemain lainnya yang dijatuhi sanksi. Dua di antaranya dari Persiram Raja Ampat, Ortisan Salossa dan Mbida Messi. Uniknya, sama seperti para pemain Persipura, kedua pemain Persiram ini juga melakukan pelanggaran ketika pertandingan melawan Putra Samarinda. Sedangkan dua sanksi lainnya diterima bek tengah Sriwijaya FC Abdoulaye Maiga dan pemain Persis Solo M Wahyu. "Bukan tidak mungkin untuk ke depannya akan banyak pemain lagi yang terkena sanksi seperti ini. Ini harus menjadi tugas bagi klub untuk menata sikap para pemain," bebernya. Di sisi lain, manajemen Persipura sudah tidak kaget dengan banyaknya sanksi yang diberikan oleh Komdis PSSI kali ini. Manajer Persipura, Rudi Maswi pun tidak begitu mempersoalkannya. "Sejak awal kami sudah menerima jika sampai ada sanksi dari Komdis yang turun. Ini pelajaran bagi pemain kami," tandasnya. (ren)  
Garuda Jaya Tantang Liverpool
JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 baru sekali menelan kekalahan selama 18 kali laga uji coba di Tur Nusantara dan Timur Tengah. Garuda Jaya jelas membutuhkan tantangan dari tim yang punya kekuatan lebih besar untuk mematangkan persiapannya untuk AFC Cup U-19 di Myanmar pada oktober mendatang. Sudah banyak rumor yang beredar bahwa skuad asuhan Indra Sjafri tersebut bakal ditantang oleh dua klub asal Inggris, Liverpool dan Manchester City pada bulan depan. Selain satu pertandingan lainnya yang sudah bisa dipastikan adalah menghadapi Myanmar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 5 Mei mendatang. Namun, setelah melakukan rapat kemarin (22/4), pihak BTN akhirnya sudah bisa memastikan satu tim yang akan menjadi lawan uji coba selain Myanmar. "Satu klub yang sudah confirm ke kami itu adalah Liverpool. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Jakarta pada 25 Mei," ujar Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin di kantornya. Menurut Sefdin, untuk skuad The Reds nantinya yang didatangkan ke Indonesia merupakan tim gado-gado. Artinya, skuad yang datang tidak murni berasal dari satu kelompok usia. Nantinya, tim Liverpool datang dengan kombinasi antara skuad U-18 dan ditambah tiga pemain dari U-21-nya. Kepastian menghadapi Liverpool tersebut tidak lantas membuat negosiasi dengan Manchester City gugur. Klub tetangga Manchester United tersebut masih diharapkan kedatangannya untuk menjadi lawan tanding bagi Evan Dimas Darmono dkk. "Sampai sekarang kami masih menanti confirm dari Manchester City," cetusnya. Sejatinya, proyek mendatangkan lawan-lawan tangguh bagi timnas U-19 bukan hanya tiga tim saja. Lebih dari itu, PSSI bersama BTN sudah membidik setidaknya lima lawan tanding dengan kualitas yang diharapkan bisa mengasah timnas U-19. Dengan rincian dua tim level klub Eropa dan tiga level timnas. Hanya, untuk timnas, baru Myanmar yang bisa dipastikan. Sementara untuk dua timnas lainnya masih belum bisa dipastikan. "Kalau untuk timnas, itu sudah menjadi kewenangan dari federasi dalam hal ini PSSI untuk melakukan negosiasi dengan federasi negara yang akan kami jadikan sebagai lawan tanding. Yang jelas untuk tanggalnya tidak keluar dari bulan Mei," imbuhnya. Nama Jepang sempat disebut sebagai calon lawan. Secara terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono belum bisa berkomentar banyak untuk terkait dengan negara-negara yang menjadi calon lawan timnas U-19. "Beberapa negara sedang dalam penjajakan. Ditunggu saja, kami pasti inginnya negara dengan kualitas terbaik. Kami juga perlu berdiskusi dengan coach Indra," tandasnya. (ren)
Ferguson Mengaku Salah Besar Telah Memilih Moyes
SIR Alex Ferguson adalah orang yang memilih David Moyes menjadi suksesornya. Sebelum meninggalkan Manchester United, Ferguson berpesan kepada semua pemain dan suporter untuk mendukung dan mensupport orang pilihannya itu. Namun, diam-diam pelatih yang sudah menukangi MU sejak 1986 sampai 2013 tersebut juga memiliki peran penting dalam pemecatan Moyes. Ya, Ferguson ternyata turut hadir dalam rapat direksi MU yang digelar di salah satu hotel di Manchester Minggu (20/4) malam. Pertemuan rahasia itu memang untuk memutuskan apakah Moyes tetap melatih atau dipecat. Pertemuan itu dihadiri Wakil Ketua Eksekutif MU Ed Woodward, mantan Ketua Eksekutif David Gill, dan Sir Bobby Charlton. "Dalam pertemuan itu, Fergosun setuju agar Moyes dipecat," kata seorang sumber seperti dikutip Daily Mail. Mantan pelatih tersukses di daratan Inggris itu juga setuju apabila penggantinya itu dipecat sebelum akhir musim.  "Dia (Ferguson) menyadari sudah membuat kesalahan besar dengan memilih Moyes," tambah sumber itu.  Keputusan bulat akhirnya diambil. Selasa (22/4) pagi di Carrington, tempat latihan pemain MU, Woodward menemui Moyes dan berbicara empat mata untuk menyampaikan pemecatan itu. (dailymail/mas)   
Bayi Baru Lahir Dibuang di Belakang Sekolah
SUBANG - Warga Kampung Sukajaya Desa Langgensari Kecamatan Blanakan, Senin (21/4) dikejutkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki yang baru lahir. Bayi yang diperkirakan memiliki berat tubuh sekitar 2,8 kg ini pertama kali ditemukan seorang petugas keamanan SD Sukamukti di belakang sekolah dirinya bekerja, sekitar pukul 05.30 WIB. Kanit Reskrim Polres Subang, Aiptu Narto mengatakan, bayi yang dibuang diduga baru lahir. Ini diperkuat dengan adanya tali pusar yang masih menempel dibutuh bayi. "Bayi yang ditemukan masih dalam keadaan hidup," ujar Aiptu Narto. Dijelaskan Narto, penemuan bayi berawal saat penjaga sekolah hendak mengontrol lingkungan sekitarnya. Namun saat menjalankan tugasnya itu, ia dikagetkan dengan suara tangisan bayi. Penjaga sekolah pun langsung mendekati sumber suara. Betapa kaget, ternyata yang ia temukan sesosok bayi yang dibungkus kain putih. Ditambahkan Narto, usai menerima laporan, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan olah TKP. "Bayi langsung dibawa ke Bidan Desa terdekat untuk diberikan penanganan medis," jelasnya. Beruntung bayi tersebut masih bisa diselamatkan. Kondisi bayi, kata Narto, saat ini sehat dan normal. Untuk mengungkap pelaku pembuangan bayi, pihaknya telah memintai sejumlah keterangan kepada sejumlah saksi. Kasus ini dalam penanganan Polres Subang. (ygo/din)
Puluhan Pelajar Bekasi Dipastikan Tidak Lulus UN
BEKASI - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Bekasi memastikan sebanyak 20 pelajar tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014. Mereka tidak lulus lantaran tak mengikuti ujian susulan yang sebelumnya berhalangan sakit.    Kepala Bidang (Kabid) Bina Program Disdik Kota Bekasi Agus Enap mengatakan, bahwa ada 37 pelajar yang tidak mengikuti ujian nasional karena berhalangan sakit. Namun, pada ujian susulan dilakukan ada 22 pelajar yang tidak hadir. "Para pelajar yang tidak hadir ujian susulan itu dipastikan tidak lulus. Karena salah satu persyaratan lulus sekolah itu adalah  mengikuti ujian," kata Agus kepada wartawan, kemarin (22/4).  Agus mengakui, pelaksanaan ujian susulan ditempuh selama lima hari ke depan. Untuk mata pelajaran yang diikutsertakan capai enam mata pelajaran. "Sama saja dengan ujian nasional sebelumnya, yakni enam naskah soal," ucapnya. Sementara itu, pengamat pendidikan dari Unisma Bekasi, Harun Alrasyid mengatakan, pemerintah tidak bisa memvonis mereka tidak lulus lantaran tidak ikuti Unas. Seharusnya, pihak Disdik mencari tahu penyebab mereka tidak ikutserta Unas. "Cari tahu dulu apa penyebabnya. Apabila memang keinginan siswa itu tidak masalah," ucapnya. Sejauh ini, banyak pengalaman siswa yang menyebabkan trauma atas mengikuti pendidikan di sekolah. Dikhawatirkan, siswa-siswa tersebut mengalami trauma, sehingga nekad tidak ikut Unas. "Yang dikhawatirkan siswa sempat mengalami masalah saat sekolah, jadi enggan sekolah lagi," jelasnya. Lalu, soal kesiapan Kota Bekasi menampung lulusan tahun ajaran 2014, kata Harun, banyak siswa yang masih berminat memilih perguruan tinggi di Jakarta. Padahal, Bekasi memiliki potensi untuk membangun perguruan tinggi negeri. "Harus mencari alternatif setelah banyak siswa yang eksodus ke Jakarta untuk mencari perguruan tinggi," tandasnya. (dny)
Investasi ke Tangsel Capai Rp 29 Triliun
TANGSEL - Lima tahun terakhir, investasi yang masuk ke Kota Tangsel mencapai Rp 29 triliun.  Jumlah itu, menjadikan Kota Tangsel menjadi penyumbang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Kota Tangsel Oting Ruhiyat mengatakan, untuk Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp1,4 triliun. Sedangkan PMDN Fasilitas mencapai Rp1,5 triliun, di tahun yang sama. "Ada peningkatan yang positif dalam hal inevstasi," katanya.  Dijelaskan Oting atas investasi tersebut Kota Tangsel saat ini menjadi kawasan Masterplan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Tangsel untuk wilayah Banten menjadi daerah penyumbang tersebar. Bahkan melampaui target MP3EI untuk Banten yang ditarget Rp 40 triliun.  Salah satu investasi yang terus  tumbuh di Kota Tangsel diterangkan Oting seputar  properti. Ditopang dengan keberadaan tiga pengembang besar yang menanamkan investasi di Kota Tangsel. "Pembangunan mal, kawasan bisnis, perumahan jadi salah satu investasi yang cukup berkembang," jelasnya. Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kota Tangsel mencapai 8,6 persen. Dengan nilai investasi yang besar dengan sendirinya mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kota seluas 147,9 Kilometer ini. "Pertumbuhan ekomoni mencapai 8,6 persen dan akan terus ditingkatkan," kata Benyamin. (fin)
Emosi, Kakek Cangkul Punggung Nenek
PURBALINGGA - Kesal gara-gara ditegur tetangganya, seorang kakek bernama Suhardi, 74 warga Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja, Purbalingga tega memukul Parsini, 62 tetangganya itu dengan cangkul. Dia juga sempat mencekik korban sebelum meninggalkan korban. Tindakan sang kakek itu dilaporkan oleh korban ke polisi.     "Suhardi terlibat tindak penganiayaan. Dia mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga. Jaksa penuntut Atika Santoso SH menjerat terdakwa dengan pasal 351 ayat (1) KUHP," kata Humas PN Purbalingga M Nur Azizi SH, kemarin (21/4).      Majelis hakim yang menyidangkan terdakwa Suhardi, diketuai M Nur Azizi SH, dengan hakim anggota Guntur Pambudi Wijaya SH MH, dan Agustinus YudiSetiawan SH MH, didampingi Panitera Pengganti Supriyanto SH.      Terdakwa Suhardi menganiaya Parsini, di samping rumah Parsini, di Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja, Kamis 9 Januari 2014 pukul 15.00. Kejadiannya bermula ketika terdakwa sedang mengalirkan air menggunakan cangkul ke dalam kolam milik Parsini yang tidak ada isinya. Menurut terdakwa, dengan mengalirkan air ke dalam kolam Parsini, aliran air itu langsung masuk kolam, tidak masuk ke sumur terdakwa. Ketika terdakwa sedang mancangkul, Parsini datang menghampiri terdakwa sambil menanyakan apa yang dilakukan terdakwa. Kemudian terdakwa menjawab, sedang mencangkul agar agar airnya tidak mengalir ke sumur. Aliran air itu menyebabkan air sumur milik terdakwa menjadi keruh.  Parsini kemudian memarahi terdakwa. Hal itu membuat terdakwa emosi. Terdakwa lalu memukul Parsini dengan cangkul. Pukulan terdakwa menggunakan cangkul sekali, mengenai punggung bagian atas sebelah kiri Parsini. Sambil menjerit Parsini mengatakan, tidak terima dengana perlakukan terdakwa. Mendengar ucapan Parsini, terdakwa langsung mencekik leher Parsini. Selanjutnya terdakwa memegangi mulut Parsini dengan tangan kiri. Setelah itu terdakwa pergi meninggalkan Parsini. Terdakwa lalu pulang ke rumah. Kemudian Parsini melaporkan perbuatan terdakwa ke polisi. (nis/bdg)
Ikhlas Dipenjara, Roby Geisha Ingin Balik ke Musik Indonesia
JAKARTA -- Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat akhirnya memberi vonis satu tahun penjara ke Roby Satria yang merupakan gitaris Geisha, Selasa (22/4). Vonis diberikan hakim, setelah Roby dinyatakan terbukti bersalah dalam penyalahgunaan narkotika. Pencipta lagu "Lumpuhkan Ingatanku" itu dinyatakan melanggar pasal 127 ayat 3, huruf A nomor 35 tahun 2009. Usai sidang, Roby terlihat santai. Tak banyak kata yang terlontar dari bibirnya. Namun ia menyatakan siap kembali berkarya untuk meramaikan belantika musik Indonesia. "Saya ikhlas saja. Tapi tidak akan lama lagi saya akan kembali ke belantika musik Indonesia," ujar Roby. (abu/jpnn)
Atletico Minta Courtois tak Terpancing Mind Games Mourinho
MADRID - Tak ada yang meragukan kapasitas Jose Mourinho ketika melakukan mind games. Nahkoda Chelsea itu bahkan disebut sebagai pelatih paling jago dalam urusan merusak konsentrasi lawan. Hal itu kembali dilakukan Mourinho jelang laga Chelsea kontra Atletico Madrid pada leg pertama babak semifinal Liga Champions di Vicente Calderon, Rabu (22/4) dini hari WIB. Mourinho menjadikan kiper Atletico, Thibaut Courtois sebagai sasaran tembak. Maklum, Courtois memang masih menjadi milik Chelsea. Nah, hal itulah yang membuat kubu Atletico waspada. Mereka sampai meminta Courtois tak terpancing mind games Mourinho. “Kami semua tahu Mourinho. Kami juga tahu hal itu dilakukan untuk memberikan tekanan sebelum pertandingan demi mendapatkan kemenangan,” terang gelandang Atletico, Tiago di laman Football Espana, Selasa (22/4). Tiago perlu mewati-wati Courtois agar tak terlena dengan semua ucapan yang dilontarkan Mourinho. Apalagi, Courtois masih muda. Dengan kejeniusan Mourinho melakukan mind games, Courtois dikhawatirkan bakal terguncang. “Mourinho hanya ingin menang. Dia tahu Courtois adalah pemain yang sangat penting untuk kami. Dia ingin melemahkan kami seperti yang dilakukan pelatih lain,” tegas Tiago. (jos/jpnn)
Rumah Dibobol Maling, Korban Rusak TKP
BALIKPAPAN - Mungkin tidak banyak masyarakat yang tahu, jika tempat kejadian perkara (TKP) tidak boleh diubah, atau disentuh sekalipun. Pasalnya, dari TKP tersebut aparat kepolisian bisa mengumpulkan banyak informasi mengenai pelaku kajahatan. Seperti yang dilakukan oleh Willem A Tangka, 56, warga komplek perumahan Balikpapan Baru RT 22, Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara. Tanpa disadari, pihaknya telah merubah TKP secara menyeluruh. Sehingga, pihak kepolisian mengalami kesulitan saat melakukan olah TKP. "Barang-barang yang tadi berhamburan, sudah rapikan kembali. Tentunya, kami tidak bisa melakukan olah TKP, terlebih lagi untuk mengambil sidik jari pelaku. Pasalnya TKP tersebut sudah terkontaminasi," ujar salah satu tim Identifikasi Polsek Balikpapan Utara. Hal ini juga merupakan hal yang lumrah bagi aparat kepolisian, pasalnya masyarakat tentu tidak mengetahui jalur penyelidikan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. Hal ini dikatakan oleh Panit Reskrim Polsek Balikpapan Utara Ipda Hadi Purwanto. Dirinya mengimbau kepada warga, selain segera melaporkan peristiwa kriminal yang terjadi, diharapkan pula untuk tidak menggaggu TKP yang ditinggalkan oleh pelaku. "Ini juga merupakan salah satu faktor apakah kami bisa cepat atau lambat dalam mengungkao suatu kasus yang dilaporkan oleh masyarakat. Yaitu saat melakukan olah TKP," tandasnya. Terkait peristiwa pencurian yang dialami oleh Willem sendiri, dirinya menjadi korban pencurian saat meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong. Yaitu pada Minggu (20/4) sekira pukul 13.00 Wita. Rumah yang ditinggal tersebut, dijadikan target operasi pelaku. Dengan melewati pintu belakang rumah, pelaku membawa kabur barang berharga milik Willem. Korban pun mengalami kerugian material mencapai Rp 150 juta. "Waktu itu saya ada urusan di luar rumah, nggak lama. Sekira pukul 15.30 Wita saya balik pulang, rumah sudah dalam keadaan berhamburan. Tas tempat menyimpan barang berharga, sudah hilang dari tempat persimpanannya," ujar Willem. Isi tas yang dimaksud oleh Willem, ialah berisikan Smartphone, tiket pesawat, uang tunai Rp 10 juta, 7 kalung emas, 15 gelang, 15 cincin, perhiasan berlian dan anting-anting. Diakui oleh Willem, jika dirinya memang secara sengaja menyimpan barang berharga tersebut di tas yang kini sudah raib dibawa kabur pencuri. Pihak kepolisian sendiri, masih melakukan penyelidikan terhadap kasus pembobolan rumah tersebut. Dari olah TKP yang dilakukan, sudah bisa dipastikan jika pelaku masuk melalui pintu belakang rumah dengan cara mencungkilnya. "Sementara ini, kami masih melakukan penyelidikan. Kami juga telah mengumpulkan beberapa informasi terkait kasus ini. kami berharap agar pelakunya bisa segera ditangkap," pungkas Ipda Hadi. (dep)
Media Singapura Soroti Arloji Panglima TNI
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Moeldoko lagi-lagi jadi sorotan media Singapura. Kali ini bukan persoalan nama kapal perang milik TNI AL yang membuat berang Singapura, tetapi justru karena usuran jam tangan alias arloji. Awalnya Moeldoko menjadi pemberitaan di The Millenary, sebuah laman gaya hidup. Petinggi TNI kelahiran Kediri, 8 Juli 1957 itu menjadi pemberitaan karena mengenakan jam tangan RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph. The Millenary mencatat jam itu merupakan edisi spesial yang hanya dibuat 30 buah khusus untuk Amerika. Artikel itu pula yang jadi bahan pemberitaan di situs berita Singapura, mothership.sg. Karena jam edisi spesial itu dibuat terbatas untuk pasaran Amerika, maka Millenary menduga arloji yang dikenakan Moeldoko adalah RM 011-S atau varian dari RM 011 yang hanya dibuat 45 buah khusus untuk kawasan Asia. Lantas berapa harga jam tangan yang dikenakan Moeldoko? Ternyata harganya bisa dibilang wah. Menurut  mothership.sg, harganya bisa di atas USD 100 ribu. Dengan kurs USD = Rp 11.000 maka harga jam tangan Moeldoko adalah Rp 1,1 miliar.(ara/jpnn)
Konflik PPP, Emron Pangkapi: Saya Hanya Patuhi Konstitusi Partai
JAKARTA -  Konflik internal Partai Persatuan Pembangunan terus menggelinding. Konflik yang berawal dari kehadiran Ketua Umum PPP Suryadharma Ali di kampanye rapat terbuka Partai Gerindra, di Senayan beberapa waktu lalu, itu belum menemukan titik terang. Adu argumen pun terjadi. Bahkan, PPP "terpecah" menjadi dua kubu. Dalam setiap konflik, biasanya selalu memunculkan tokoh-tokoh sentral. Salah satu tokoh PPP yang tak luput dari sorotan media adalah Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi. Politisi yang aktif di PPP sejak muda itu pun seketika menjadi "tenar". Ketenaran itu tak lepas dari keberanian Emron menyampaikan kritik keras terhadap langkah Suryadharma menghadiri kampanye partai besutan Prabowo Subianto. Salah satu pendiri Provinsi Bangka Belitung ini menyebut langkah SDA itu merupakan bentuk pelanggaran terhadap Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan prinsip perjuangan partai berlambang Kabah itu. Menurut Emron, kehadiran SDA juga mendegradasi moral kader PPP se-Indonesia yang kala itu tengah berjuang untuk meraup suara sebanyak-banyak di pemilihan legislatif 2009. Menurut bekas wartawan senior Media Indonesia itu, SDA bisa disanksi lantaran sudah melanggar AD/ART. Saksi itu bisa berupa peringatan hingga pemberhentian sementara dari posisinya sebagai Ketum. Tak hanya sesumbar, pria kelahiran 26 Juni 1957 ini membuktikan ucapannya dengan mengaku mendapat dukungan dari 27 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah PPP se-Indonesia. Akhirnya, bekas Anggota MPR periode 1992-1997 ini berhasil memberhentikan sementara SDA sebagai Ketum PPP. Emron lalu terpilih sebagai Pelaksana Tugas Ketum dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I PPP, Sabtu (19/4) lalu. Besok, (23/4) Tokoh Melayu Internasional dan pendiri Kongres Dunia Melayu Dunia Islam itu akan memimpin Musyawarah Kerja Nasional  III PPP di Hotel Seruni, Bogor, Jawa Barat. Mukernas akan membahas percepatan pelaksanaan Muktamar PPP. Pengusaha di bidang pelayaran, pertambangan timah, dan perkebunan sawit di Babel ini memang terkenal sebagai politisi yang vocal, kritis, dan teguh dalam memperjuangkan pendiriaannya. Emron dikenal juga sebagai seorang pelopor bertipe pendobrak. Baik di medan perjuangannya di organisasi politik, maupun kemasyarakatan, dia selalu tampil sebagai pelopor perubahan. Dalam  sejarah tumbangnya Orde Baru, Ketua Dewan Penasihat Lembaga Adat Melayu Babel ini juga tampil sebagai salah satu aktivis reformasi. Dia menjadi salah satu tokoh yang berhari-hari berada dalam arena perjuangan demonstrasi pro reformasi. Di internal PPP, Emron dikenal sebagai sosok pemberani. Penulis buku bidang hukum itu kerap mewarnai setiap konflik PPP, dan berlawanan arus dengan ketua umum yang tengah menjabat sejak ere kepemimpinan Jaelani Naro.Pada 2007 lalu, Emron bersama SDA berhasil merebut kepemimpinan PPP dari tangan Hamzah Haz. “Saya hanya patuh pada konstitusi partai, dan loyal kepada partai. Kalau seorang Imam kentut, maka makmum boleh menggantikannya. Kalau pemimpin berpaling dari Konstitusi, maka wajib kita menggantinya,” ujar Emron. (boy/jpnn)
Romi: Fatwa KH Maimun Zubair Oase di Padang Pasir
JAKARTA -  Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Maimun Zubair berhasil meluluhkan hati Sekretaris Jenderal DPP PPP, Romahurmuziy. Kubu Romahurmuziy, yang sebelumnya memberhentikan sementara SDA sebagai Ketum PPP, melunak. Romi -sapaan akrabnya, menyatakan siap menjalankan fatwa islah yang dikeluarkan KH Maimun. "Fatwa islah KH Maimun Zubair ibarat oase di tengah padang pasir. Sebagai fatwa dari ulama tertinggi partai, kami menghormati dan menerimanya," kata Romy, Rabu (24/4) dini hari. Selasa (22/4) malam, Kiai Zubair berhasil mempertemukan kedua elit partai PPP itu untuk melakukan islah. Dalam pertemuan yang lokasinya dirahasiakan itu, juga dihadiri para waketum, majelis pertimbangan dan majelis pakar PPP. Yang jelas, menurut Romi, fatwa itu langsung ditindaklanjuti dengan pertemuan Majelis Musyawarah PPP. Hal itu sesuai dengan pasal 56 aturan rumah tangga (ART) partai, terdiri atas Ketum, para Waketum, Sekjen, Ketua Majelis Syariah, Ketua Majelis Pertimbangan, dan Ketua Mahkamah Partai. "Selanjutnya seruan ini harus ditindaklanjuti secara organisasi dalam forum konstitusional partai yang akan diadakan besok, yaitu Mukernas III PPP di Bogor. Karenanya di arena tersebut diagendakan forum tabayyun SDA kepada peserta Mukernas," jelasnya. (Fat/jpnn)
Ryan Giggs Didukung Mantan Pemain MU
MANCHESTER -- Mantan pemain Manchester United (MU) Bryan Robson memberikan dukungannya kepada Ryan Giggs yang ditunjuk sebagai caretaker pelatih MU, pasca dipecatnya David Moyes, Selasa (22/4). "Saya tahun Ryan sudah mendapatkan pekerjaan (caretaker) hingga akhir musim. Tentu saja dia akan menjadi manajer. Apakah dia akan menjadi manajer secara penuh, tentunya masih menjadi pertanyaan besar," kata Bryan Robson, seperti dilansir situs resmi Manchester United, Selasa (22/4). Ryan Giggs akan memulai peruntungannya sebagai carataker pelatih MU pada pertandingan melewan Norwich City, Sabtu (26/4). Mantan bintang MU lainnya, Clayton Blackmore percaya, Giggs bisa menjalankan tugasnya dengan baik. "Ryan memiliki segalanya untuk menjadi manajer. Dia termasuk melebihi saya yang telah melatih selama 15 tahun," ujar Clayton. Dua mantan pemain MU lainnya, David May dan Danny Higginbotham, juga memberikan reaksi terhadap penunjukan Ryan Giggs sebagai pelatih MU. "Ini adalah keputusan yang sangat bijak. Ryan tahu bagaimana klub bekerja, dia tahu keinginan fans," ujar May. (abu/jpnn)
Dua TKI Hilang di Taiwan Sejak 2010
BREBES - Dua warga Kabupaten Brebes yang bekerja menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di Taiwan dinyatakan hilang. Sejak 2010, kabar kedua ABK tersebut tidak diketahui lagi oleh keluarga. Dua ABK itu adalah Junaedi, 29, warga Desa Cimunding, Kecamatan Banjarharjo, dan Muktar Saefuri, 28,  warga Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Keduanya merupakan ABK yang bekerja di kapal berbeda. Pihak keluarga sendiri tengah meminta Federasi ForMigran untuk mengadvokasi kasus tersebut.    Edi Susanto, kakak Junaedi menuturkan, adiknya berangkat ke Taiwan sejak Agustus 2008. Junaedi menjadi ABK di kapal cumi. Dua bulan kemudian, Junaedi menelepon dalam keadaan baik-baik saja. Namun, sejak 2010, tiba-tiba perusahaan pengerahnya memberikan cashbon sebesar Rp 5 juta kepada keluarga. Sejak saat itu, Junaedi tidak ada rimbanya lagi.  Selama di Taiwan, lanjut dia, Junaedi tidak pernah sekalipun kirim uang gaji kepada keluarga. "Kami sudah mencoba mencari keberadaan PJTKI-nya, tapi tidak ada lagi, PT-nya ternyata sudah ganti nama dua kali. Lah, sejak 2011, PT itu sudah tidak ada lagi entah kemana," kata Edi. Sementara, kejadian serupa juga menimpa Muktar Saefuri yang berangkat pada 2008. Saefuri hingga kini tidak diketahui kabar pastinya. Mustofa, kakak Saefuri mengakui, adiknya sudah dinyatakan meninggal dan hilang saat berlayar bersama kapal bendera Taiwan di perairan Amerika Selatan. Hanya saja, kabar tersebut, bukan didapat dari lembaga yang memiliki otoritas, melainkan testimoni dari ABK lain asal Indonesia. Melalui surat yang berkop kapal tulisan Taiwan tersebut, teman-teman Saefuri menuturkan bahwa Saefuri hilang dilaut setelah jatuh dari dek. Sempat dipegang, tapi Saefuri akhirnya tidak bisa diselamatkan. "Salah satu teman dia itu kebetulan satu desa dan sudah pulang. Yang membuat keluarga curiga, dia tidak pernah sekalipun main ke rumah, apalagi cerita. Barang milik Saefuri juga diantarkan orang lain," terangnya. Pihak keluarga kini berharap agar ada kabar pasti terkait dengan hilang dua ABK tersebut. Mereka merindukan mereka bisa kembali ke rumah dengan selamat. Untuk Saefuri, kabar meninggalnya itu diketahui menjelang empat hari pulang ke Indonesia karena habis kontrak. Sementaar Koordinator ForMigran Jamaludin mengaku sudah mengupayakan pihak terkait untuk melacak keberadaan mereka. Kasus Junaedi kini sudah disampaikan kepada Konsulat Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) untuk berurusan dengan pihak agensinya.  "Untuk keberadaan PT penyalur, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kemenlu dan BP2TKI untuk mengusut masalah ini. Sepertinya ada aturan yang dilanggar," ujar Jamal. Sementara, penanganan Muktar Saefuri, pihaknya menengarai ada upaya untuk menyembunyikan informasi yang sebenarnya tentang penyebab kecelakaan kerja korban. "Ada kejanggalan dalam laporan peryataan hilang tersebut, karena bukan dikeluarkan pihak berwenang. Hak keduanya untuk mendapatkan upah kerja juga belum terealisasi secara penuh. Kami mencoba semaksimal mungkin," katanya. (ism)
Siswi SMA Diperkosa Kakak Ipar Lalu Dibunuh
SUDAH tiga hari terakhir ini, jajaran Polsek Kulisusu, Buton Utara mengobok-obok hutan di Desa Wacula Eya, Kecamatan Kulisusu. Korps baju cokelat itu mencari seorang bernama Arif, 32. Lelaki yang berprofesi sebagai tukang pemotong kayu diduga dengan sadis menggorok leher adik iparnya sendiri bernama KS Sabtu (19/4).  Siswi SMA 1 Kulisusu itu tewas di pinggir sungai yang tak jauh dari rumahnya sendiri. Diduga, sebelum dibunuh, ia diperkosa.      Bukan saja KS yang menjadi korban, ibu siswi kelas 3 itu bernama Marwia, turut menjadi korban ketika hendak melerai kebiadaban menantunya tersebut. Ibu korban dapat meloloskan diri, setelah sempat berkelahi dengan pelaku. Ibu korban mendapatkan luka pada dagu dan bahu, akibat sabetan pisau milik pelaku. Usai menghabisi nyawa KS, pelaku langsung melarikan diri. Kapolsek Kulisusu, AKP Syarifuddin Tika melalui Kanitreskrim Ipda Hamka menuturkan, peristiwa tersebut terjadi di sungai yang berjarak 200 meter dari rumah korban. Ceritanya, hari itu sekitar pukul 07.00 Wita, KS bersama ibunya mengambil air di sungai untuk keperluan rumah tangga. Usai mengambil air, korban kembali lagi ke kali untuk mencuci. Sementara ibunya ke rumah kerabatnya, yang hari itu mengadakan hajatan. Sepulang dari hajatan, Marwia tidak menemukan anaknya di rumah. Ia menyusul ke sungai kali. Ia terkejut, dari seberang sungai ia melihat putrinya telah bersimbah darah pada bagian leher. "Saat itu, ibu korban melihat putrinya terlentang ditanah, menggunakan sarung. Sementara pelaku berdiri diatasnya dengan menghunus pisau,"kata IPDA Hamka. Marwia spontan mendatangi pelaku. Tapi Arif sigap. Ia menyerang mertuanya tersebut dengan melayangkan pisau ke wajah, melukai dagu dan bahu. Kalah duel, wanita itu juga meloloskan diri dan menyampaikan peristiwa itu kepada suaminya. Ketika ayah korban menyusul ke sungai, pelaku sudah tidak terlihat lagi. Ia hanya menemukan jasad anaknya sudah tak bernyawa di pinggir sungai. Menurut Ipda Hamka, pelaku masuk ke hutan sekitar wilayah Kulisusu dan Kulisusu Barat. Polisi sudah tiga hari melakukan pengejaran. Aparat bahkan melakukan razia kendaraan yang keluar dari wilayah Buton Utara, mengantisipasi pelaku melarikan diri keluar daerah. Terkait kronologis dan motif, polisi belum bisa menyimpulkan dan masih didalami. Ibu korban juga tidak tahu detail, karena selama inihubungan mereka sangat baik. Terkait adanya dugaan pemerkosaan, Hamka belum bisa memberikan kepastian. Pasalnya, hasil visum belum mereka dapatkan.(awn)
Kapolda Yakin Anak-anak Papua Punya Potensi Jadi Polisi
JAYAPURA - Kapolda Papua Irjend Pol Tito Karnavian mengungkapkan bahwa dalam penerimaan Brigadir Polisi tahun 2014 ini pihaknya ingin mendapatkan siswa yang benar-benar berkualitas. Ia juga meyakini anak-anak Papua memiliki potensi dan kualitas untuk menjadi seorang polisi, tinggal bagaimana dari niat tersebut diseriusi dan didukung oleh orang tua.          Tahun ini menurutnya Polda Papua membutuhkan 488 orang Polisi Laki-laki (Polki) dan 121 orang Polwan. Jumlah ini dikatakan bisa bertambah jika dalam proses penjaringan ternyata banyak yang berkualitas. Kapolda Tito Karnavian dalam arahannya menyebut bahwa dirinya menginginkan mendapatkan brigadir yang terbaik dari yang terbaik. Sebab menurutnya bila anggota Polisi tersebut benar berkualitas maka akan memberi banyak manfaat bagi institusi.          Begitu sebaliknya, jika tak berkualitas maka 70 persen akan menjadi benalu dan menyusahkan institusi. Tahun ini Polri membuka peluang untuk 20 ribu pendaftar yang terdiri dari Brigadir dan Tantama. sedangkan untuk Polwan diakui memiliki peluang yang sangat besar sebab Polri membutuhkan 7 ribu Polwan.           "Saya sendiri menginginkan lebih banyak dari putra daerah atau dari daerah pegunungan sehingga saya sampaikan ke Polres Polres untuk mencari anak-anak yang berbakat. Saya menginginkan anak daerah yang menjadi Polisi di daerahnya atau local boy for local job," jelas Tito di sela-sela Penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka penerimaan Brigadir Polisi tahun 2014 di ruang Rastra Samara, Mapolda Papua, Selasa (22/4).            Dari penutupan pendaftaran pada 19 April lalu ternyata jumlah peserta diluar ekspetasi. Sebanyak 6.238 terdaftar sebagai  calon brigadir. Namun dalam kegiatan ini Kapolda kembali menekankan bahwa pihaknya menginginkan mendapatkan anggota polisi yang berkualitas karena polisi menganut prinsip mencari the best a month the best. (ade/nat)
Karim Raslan
SUASANA semarak masih membekas ketika pemilu legislatif digelar minggu lalu. Para pakar masih merenungkan "mengapa" dan "bagaimana" hasil perolehan suaranya. Kita semua menyepakati bahwa meski –tidak ada partai yang menang mutlak- demokrasi Indonesia masih rentan. Sementara kita menunggu hasil resmi pada tanggal 7 Mei (meskipun cukup jelas bahwa oposisi PDI-P memenangkan suara mayoritas) dan partai-partai politik sedang membangun koalisi, saya ingin berbagi pengamatan saya selama terjun ke masyarakat dalam musim kampanye terbuka. Satu hal yang sangat mengejutkan saya adalah nostalgia era Suharto yang menjalar di masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Saya sungguh terkesima dengan banyak orang mengenakan kaos bergambar Jenderal mesem sembari melambaikan tangan, bertuliskan: "Penak Jamanku To? Orang asing mungkin menganggap hal ini ganjil: bukankah "Orde Baru" Suharto telah meninggalkan warisan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia? Bukankah Indonesia justru bangkit setelah melengserkannya di tahun 1998? Bagaimana mungkin mereka merindukannya? Nah, untuk satu hal ini seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, pasca-Reformasi belum menjadi masa yang baik bagi setengah masyarakat Indonesia. Korupsi belum mereda. Birokrasi semakin memburuk. Kompetisi pencarian pekerjaan dan sumber daya manusia semakin meningkat. Tentu saja, kebebasan warga negara dan kebebasan politik terbuka lebar. Ini adalah prestasi yang nyata tetapi kurangnya keadilan sosial ekonomi yang merata membuka jurang kehancuran. Lebih lagi, Indonesia juga merindukan apa yang mereka anggap sebagai era "kepemimpinan yang tegas". Beberapa kebijakan "flip-flop" yang dikeluarkan pemerintah sekarang jelas berdampak pada keluarga di pedesaan, karena yang dilihat setiap hari adalah harga, dari harga bawang hingga beras dan daging yang tak terkendali. Semua orang sudah tahu, perputaran yang demikian bukan lagi pertanda Era Suharto adalah yang terbaik. Banyak kegagalan masa lalu Suharto (dan itu sangat banyak), namun Orde Baru membuat Indonesia mengecap kestabilan dan kemajuan yang berarti. Setelah menjadi presiden pada tahun 1967, Soeharto berhasil menurunkan angka kemiskinan di Indonesia dari hampir 60% menjadi hanya 13% sebelum krisis ekonomi melanda pada tahun 1997. Pada saat yang sama, akses kesehatan dan pendidikan meningkat secara signifikan. Hiperinflasi – 660% di tahun 1966 berkurang menjadi 19% pada tahun 1969. Suharto--yang mengontrol ekonomi--melindungi rakyat Indonesia dari ekses terburuk kapitalisme. Hal ini tidak terjadi dalam demokrasi dan mungkin karena itulah mengapa rakyat Indonesia merindukannya, meski bagian dari kontrolnya mempersulit ekonomi Indonesia di kemudian hari. Ini mengherankan karena Golkar, di bawah kendali raja bisnis Aburizal Bakrie telah berusaha keras untuk memanfaatkan "Sindrom Amat Rindu Soeharto" (SARS). Partai ini menggunakan gambar Suharto dimana-mana dan bahkan mengajak serta putri Suharto, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut) dan Siti Hediati Hariyadi (Titik) untuk berkampanye bersama. Dan ternyata ini berhasil. Golkar diproyeksikan menang 14% dari suara rakyat, yang lebih kurang merupakan status quo bagi mereka. Perolehan suara  ini menempatkan mereka di posisi kedua sekaligus pembuktian bahwa sejarah bisnis kontroversial Bakrie tidak memengaruhi kejayaan Golkar. Ini bisa menjadi tanda bahwa rakyat Indonesia tidak melihat peristiwa yang telah berlalu. Atau lebih tepatnya, bahwa penduduk perkotaan tidak mudah memaafkan atau melupakan penyalahgunaan kekuasaan dan demokrasi yang terbatasi pada saat Suharto berkuasa. Namun satu hal yang tak bisa dipungkiri adalah prestasi Suharto. Baik dan buruknya, Indonesia saat ini adalah hasil dari tangannya. Entah Anda membencinya atau mencintainya, Anda tidak bisa mengabaikan warisannya. Meski demikian, hasil suara pemilihan legislatif lalu juga memunculkan fakta bahwa sementara rakyat Indonesia merindukan stabilitas dan keamanan 'Orde Baru' (Prabowo memiliki kesamaan yang mendekati), mereka juga tidak akan memberi kesempatan bagi penguasa yang akan mengembalikan mereka di era tersebut. Tapi akankah pemimpin masa depan dan pengikut mereka akan ingat pepatah Jawa yang sering dikutip Soeharto: "Ojo gumunan, ojo kagetan, ojo dumeh". Yang artinya "jangan mudah terkesan, jangan mudah terkejut dan jangan sombong"?[***]
Nadya Hutagalung Pilu Lihat Anak Gajah Kehilangan Induknya
JAKARTA - Nadya Hutagalung tak hanya aktif di dunia hiburan. VJ untuk USA MTV itu kini ikut bergabung dengan dalam melahirkan kampanye Let Elephants be Elephants (LEBE). Gerakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pertumbuhan permintaan  gading gajah yang membuat populasi gajah berkurang. Apa yang melatarbelakangi wanita berdarah Batak ini ikut dalam kampanye tersebu?. Nadya menyatakan, bahwa dirinya pernah menyaksikan anak gajah Adrika kehilangan induknya. "Melihat anak-anak gajah Afrika mengetahui induknya mati untuk diambil gadingnya adalah pemandangan yang sangat memilukan," kata Nadya di Hotel Shangri-la Jakarta (22/4). Nadya kemudian terlibat diskusi panjang dengan Dr Tammie Matson yang merupakan ahli gajah dan penulis buku. Kini, Nadya tak ingin menutup mata lagi dengan terancamnya populasi gajah. (abu/jpnn)
Pernikahan Dini di Bandung Mencapai 10 Persen
SOREANG - Sekitar 10 persen warga Kabupaten Bandung yang telah menikah pada usia dini atau dibawah usia 18 tahun. Padahal, ideal perkawinan seharusnya berada pada usia diatas 20 tahun. Demikian diungkapkan oleh Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung Yanti Marlina kepada wartawan, Selasa (22/4). Menurutnya, jumlah 10 persen pernikahan usia dini tersebut dari total 600 ribu pasangan usia subur di Kabupaten Bandung. Ekonomi keluarga menjadi faktor lain yang menyebabkan banyaknya pasangan menikah di usia dini. "Iya, selain faktor ekonomi keluarga. Salah satu faktor di antaranya yakni budaya. Ada budaya yang menyebutkan bahwa perempuan harus segera menikah dan menjadi ibu rumah tangga," ujar Yanti. Yanti pun menambahkan, jumlah penduduk di Kabupaten Bandung yang padat membuat tuntutan ekonomi semakin tinggi. Ia pun mencotohkan, ketika ada anak pada usia 16 tahun sudah bekerja pasti dia dituntut untuk mencari pasangan untuk menikah. "Untuk menekan perkawinan di usia dini ini, kami berupaya untuk terus menjalankan program kesehatan reproduki remaja. Jadi, para remaja dan orang tuanya pun harus memahami tentang menikahkan anak diusia muda," terangnya. Disamping terus berjalannya program kesehatan reproduksi remaja, lanjut Yanti, pihaknya pun pada tahun ini akan menyelesaikan program Keluarga Berencana (KB) kepada 64 ribu masyarakat di Kabupaten Bandung. "Masyarakat yang tidak melakukan KB sekitar 20 persen di tahun 2014. Selain itu, kami pun akan berusaha untuk menekan persalinan di usia dini. Karena, upaya menekan pernikahan di usia dini merupakan bagian dari upaya pencapaian target MDGS 2015 menekan angka kematian ibu dan anak," pungkasnya. (try)
BNN Periksa Urine Personel Polisi Militer
PALU - Polisi Militer Kodam (Pomdam) VII Wirabuana bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu melakukan tes urine terhadap puluhan anggota Detasemen Pom (Denpom) Palu. Pemeriksaan tim Pomdam yang dipimpin Wadanpomdam Letkol CPM Isman Riyanto bersama tim dari BNN Kota Palu, dilakukan Selasa (22/4), di kantor Denpom Palu. Satu persatu personel Denpom Palu, diminta untuk mengisi botol yang disiapkan dengan urinenya masing-masing. Pihak BNN Kota Palu, pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap urine-urine para penegak disiplin anggota TNI AD tersebut. Pemeriksaan urine tersebut, turut disaksikan Letkol Isman Riyanto, serta Kepala BNN Kota Palu AKBP Sumantri Sudirman serta Wadanpom Palu, Mayor CPM Lexi Ririmase. Total sekitar 56 personel Denpom Palu yang menjalani tes urine. Kepada wartawan, Isman Riyanto menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini memang rutin digelar Pomdam Wirabuana di seluruh Detasemen Polisi Militer yang ada di wilayah Kodam VII Wirabuana. Hal ini dilakukan, dalam rangka mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan narkotika yang dilakukan aparat Polisi Militer. "Jadi sebelum kami melakukan bersih-bersih di kesatuan lain, diri kami sendiri (Pom) juga harus bersih," kata Isman. Lanjut dia, penyalahgunaan Narkoba sendiri sudah merupakan larangan berat yang diperintahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sanksinya pun yang diberikan jika ada anggota yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkotika sudah jelas pemecatan. Ditanya terkait adanya indikasi penyalahgunaan narkoba di tubuh TNI AD, Isman mengatakan, hal itu tidak menutup kemungkinan. "Kita tidak menutup kemungkinan, bahwa tentara juga kerap bergaul dengan masyarakat, dan bisa saja hanyut dengan pergaulan negatif. Jika memang terbukti bersalah pasti ditindak bahkan sanksinya lebih berat," jelasnya. Hal ini, kata dia, telah dibuktikan dari beberapa oknum anggota di jajaran Kodam VII Wirabuana yang telah ditindak bahkan hingga dipecat dari kesatuannya karena terlibat narkoba. Yang terakhir, sebut Isman, yakni oknum anggota Kodim Manado, yang dipecat dan harus dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan setempat. "Sekarang yang bersangkutan telah dipenjara di LP umum," ungkapnya. Sementara itu, Kepala BNN Kota Palu Sumantri menjelaskan, bahwa tes urine yang dilakukan BNN Kota Palu kali ini, murni atas permintaan Pomdam Wirabuana. Pihak BNN sendiri, kata dia sangat merespons dan menganggap hal ini merupakan suatu kerjasama yang baik antar dua lembaga ini. "Ini sudah yang ketiga kalinya kami gelar. Ke depan kita akan laksanakan lagi sesuai permintaan pihak Pom," sebut Sumantri. Disinggung tentang hasil tes urine, Sumantri mengungkapkan, bahwa hasil tes baru bisa diketahui sehari kemudian atau Selasa hari ini. Pihaknya pun tidak akan menutup-nutupi jika memang benar ada anggota Polisi Militer yang positif menggunakan narkoba. (agg)
Jangan Biasakan Membentak Anak
ORANG tua biasanya jengkel dan marah saat anak-anaknya sulit untuk dikendalikan. Banyak orang tua dengan temperamen yang lebih terkontrol dan bisa menyelesaikan perselisihan dengan anak tanpa harus menaikkan suaranya. Namun, banyak pula orang tua lainnya justru merasa hal tersebut mustahil, sehingga membentak anak. Meski demikian, orang tua sebaiknya menahan diri untuk tidak berteriak pada anak jika tidak ingin membuat mereka sakit hati. Sebab, meneriaki anak rupanya juga bisa membuatnya kecewa, bahkan apa yang mereka rasakan sama seperti seakan-akan mendapat pukulan. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Dubai, India, serta di University of Pittsburg dan University of Michigan, Amerika Serikat, berteriak jauh lebih berbahaya daripada yang selama ini mungkin dipikirkan oleh para orang tua. Kebiasaan ini memberi pengaruh pada psikologis anak dan juga mempengaruhi hubungan antara orang tua dan anak. "Meskipun mungkin tidak meninggalkan bekas luka fisik, penelitian jelas menunjukkan bahwa pelecehan emosional dan verbal, dalam hal ini berteriak, turut merusak psikologis anak sama seperti kekerasan fisik. Anak-anak yang mengalami pelecehan emosional semacam ini cenderung menarik diri karena takut," kata psikolog klinis di kidsFIRST Medical Center, Dubai, Dr. Amy Bailey, seperti dikutip laman Empowher, Senin (21/4). Dr. Deema Sihweil, psikolog klinis di Human Relations Institute & Clinics, Dubai, mengatakan bahwa anak-anak mempersepsikan teriakan orang tua sebagai ancaman terhadap keamanan, keselamatan dan keyakinan dirinya. Faktanya, adrenalin mengalir dalam tubuh anak saat merasa takut, sehingga membatasi kemampuan berpikir pada anak. Karenanya ketika menaikkan suara di depan anak, pastikan tidak merendahkan harga diri atau menghina si buah hati. Baru saat tenang berilah penjelasan ke anak mengapa orang tua marah. Yang pasti, anak perlu tahu mengapa orang tua menaikkan nada bicaranya. Orang tua juga perlu membuat mereka menebus kesalahannya, dengan begitu mereka akan belajar mengakui kesalahan.(fny/jpnn)
KPU Ingatkan Tenggat Penyerahan Laporan Dana Kampanye
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan seluruh peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tentang kewajiban melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye paling lambat 24 April. Jika tidak, peserta pemilu terancam didiskualifikasi sesuai tingkatan. “Laporan penerimaan pengeluaran dana kampanye disampaikan ke akuntan publik paling lama 15 hari setelah pemilu. Kalau tidak tepat waktu, sanksinya caleg (calon anggota legislatif) terpilih tak akan ditetapkan sebagai caleg terpilih,” ujar anggota KPU, Ida Budhiati, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (22/4) petang. Menurutnya, KPU telah mengingatkan kembali partai politik maupun calon anggota anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tentang batas waktu penyerahan laporan penerimaan dan penyeluaran dana kampanye. Langkah itu dilakukan untuk mengingatkan agar peristiwa pencoretan sejumlah peserta pemilu yang dilakukan KPU beberapa waktu lalu tidak terulang lagi. Hanya saja Ida mengaku belum mendapat catatan terakhir dari sekretariat KPU tentang parpol maupun caleg yang melaporkan dana kampanye. Ia hanya menegaskan bahwa laporan dana kampanye nantinya akan diaudit oleh kantor akuntan publik independen yang ditunjuk penyelenggara pemilu, selama 30 hari sejak laporan diterima. “Hasil audit nantinya akan berisi kesimpulan patuh atau tidak patuh. Ada metode untuk mencatat fakta yang dilakukan dalam audit. Manfaatnya supaya ke depan jadi pengalaman berharga untuk menyusun laporan yang berkualitas,” katanya.(gir/jpnn)
Pemprov DKI Targetkan 2,5 Juta Wistawan Tahun Ini
JAKARTA -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menghelat 48 kegiatan festival seni dan budaya untuk menggenjot jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Pemprov menargetkan, jumlah kunjungan wisman menembus angka 2,5 juta orang sepanjang tahun ini. "Acara yang kita adakan itu bisa mencapi 48 acara. Tapi kalau dijumlahkan semuanya, termasuk dengan pihak lain sebagai bentuk CSR, totalnya dalam tahun ini bisa mencapai 200-an acara," ujar Kepala Disparbud, Arie Budhiman usai bertemu Wagub DKI Jakarta Basuki T. Purnama di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (25/4). Kegiatan festival seni dan budaya akan mulai ramai diselenggarakan pada April hingga Desember mendatang. Anggaran yang digelontorkan DKI pun tergolong cukup tinggi, yakni mencapai angka Rp 48 miliar rupiah. "Tetapi HUT Jakarta menjadi prioritas. Karena di bulan Juni juga musim libur sekolah dan lainnnya. Acara festival wisata 2014 tidak jauh beda dengan acara yang digelar pada tahun 2013 lalu. Kan memang sama polanya, eventnya juga reguler diadakan tiap tahun," ungkapnya. Target 2,5 juta wisman menurut Arie masuk akal. Pasalnya tahun 2013 lalu jumlah pengunjung dari luar negeri mencapai 2,3 juta orang. Sementara target untuk wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 38 juta orang. (rmo/jpnn)
Bawaslu Aceh Adukan Anak Buah ke DKPP
JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dengan teradu anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Bireuen, Provinsi Aceh, Deddy Satria. Deddy selama ini dinilai oleh  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Aceh, telah lalai menjalankan tugas dan kewajiban.   “Teradu  masih tercatat aktif mengajar di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe sekaligus juga sebagai ketua program studi Ilmu Komunikasi. Saya menemukan di jadwal kuliah, teradu masih aktif mengajar,” kata anggota Bawaslu Provinsi Aceh, Muklir di hadapan Ketua Majelis Sidang Jimly Asshidiqqie dalam sidang di ruang sidang DKPP, Jakarta, Selasa (22/4) dengan sarana teleconference atau jarak jauh. Atas perbuatan tersebut, pengadu menduga  Deddy telah melenggar Pasal 85 huruf k, Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011, tentang Penyelenggara Pemilu. "Selama jadi komisioner (anggota panwaslu), teradu kurang aktif dan lalai menunaikan tugas,” katanya. Menanggapi tudingan tersebut, Deddy Satria dengan tegas membantah. Menurutnya, selama ini ia tetap aktif melakukan tugas pengawasan dan selalu ke kantor. “Memang saya masih tercatat sebagai pengajar sekaligus juga sebagai ketua program studi, tapi itu hanya sekadar formalitas dalam rangka akreditasi universitas. Saya sudah mendapatkan ijin dan dukungan dari pihak dekanat atas ketidakaktifan saya di kampus. Ada pun untuk kegiatan terkait jurusan, saya sudah serahkan ke sekretaris jurusan. Jadi saya bisa fokus sebagai anggota Panwas,” ujarnya.   Atas tudingan dan jawaban kedua belah pihak, Ketua majelis sidang, Jimly Asshiddiqie, mengatakan, sebaiknya seorang komisioner penyelenggara Pemilu dinilai lalai dalam menjalankan tugas, atau sering absen dalam menjalankan tugas disertai dengan fakta-fakta. “Komisioner tidak pernah aktif atau tidak mengikuti pleno selama tiga kali berturut-turut itu memang pelanggaran kode etik serius. Itu bisa dipecat. Tapi harus ada buktinya, melalui absensi kehadiran misalnya,” katanya.   Untuk itu Jimly meminta setelah sidang pertama digelar, tim Pemeriksa Daerah Provinsi Aceh melanjutkan sidang selanjutnya. Nantinya ketika dirasa sudah. cukup, maka sidang berikutnya DKPP akan menggelar agenda pembacaan putusan.   “Biar komisior yang dipermasalahkan ini segera jelas statusnya dan bisa fokus melanjutkan pekerjaannya, bila tidak melanggar,” ucap Jimly Sidang kode etik video conference merupakan yang pertama kali kali digelar bertempat di Gedung DKPP. Selama ini sidang bila harus digelar secara video conference, DKPP terpaksa harus meminjam ruangan dan fasilitas yang dimiliki Mabes Polri atau Kejaksaan Agung (Kejagung). Kualitas gambar melalui layar kaca terlihat sangat jelas dengan suara yang sangat baik. Pada ruang Sidang DKPP,  terlihat  dilengkapi dua unit televisi berwarna pabrikan Korea ukuran 42 inchi yang menghadap ke majelis, berikut kamera avaya dengan resolusi full HD. Sementara layar untuk pengunjung sidang dipasang infokus. Jaringan terkoneksi dengan server Bawaslu RI. Sidang ini juga merupakan sidang perdana Tim Pemeriksa Daerah bekerja. Selain itu sidang juga disaksikan oleh seluruh Tim Pemeriksa Daerah yang berada di seluruh Indonesia melalui layar kaca. “Tim Pemeriksa Daerah di tempat lain di seluruh Indonesia bisa menyaksikan bagaimana persidangan ini. Tapi tidak boleh bicara. Cukup menyaksikan saja. Ini sekaligus contoh bagaimana Tim Pemeriksa Daerah bekerja nanti,” kata Prof Jimly.(gir/jpnn)  
Dahlan Yakin Menang Konvensi
JAKARTA - Peserta Calon Presiden (Capres) Konvensi Partai Demokrat Dahlan Iskan optimistis dirinya bakal menjadi pemenang capres konvensi. Hal itu didasari dari perolehan hasil lembaga survei yang menempatkan dirinya di peringkat teratas. "Ya rasanya peluang saya sangat besar, karena kalau dilihat dari hasil survei, nama saya teratas," ucap Dahlan di Jakarta, Selasa (22/4). Meski di dunia politik apa saja bisa terjadi, Dahlan tak mau berkecil hati dan berfikir akan kalah di pertarungan konvensi Partai Demokrat melawan 10 calon lainnya. Menurut Dahlan, orang yang optimistis peluangnya besar. Karenanya sejak awal memutuskan ikut konvensi, ia sudah optimistis. "Sejak dulu saya optimis. Kalau saya enggak optimis, saya mungkin enggak akan ikut konvensi. Karena hanya orang optimislah yang akhirnya banyak yang maju," sebutnya. (chi/jpnn)
Mourinho Jadi Pelatih Paling Sering Tembus Semifinal Champions
LONDON - Jose Mourinho memang baru dua kali mengantarkan tim racikannya melaju ke tangga juara Liga Champions. Torehan gemilang itu diraih  ketika Mourinho membawa Porto juara pada musim 2003 dan Inter Milan tujuh tahun berselang. Namun, Mourinho merupakan sosok yang paling sukses jika acuannya semifinal Liga Champions. Laga Chelsea kontra Atletico Madrid di Vicente Calderon nanti akan menjadi catatan kedelapan bagi Mourinho. Catatan Mourinho sudah mengungguli Sir Alex Ferguson. Total, pelatih asal Skotlandia tersebut sukses membawa Manchester United merasakan babak semifinal sebanyak tujuh kali. Namun, Mourinho hanya memberikan dua gelar juara. Mourinho dan Sir Alex adalah dua pelatih tersukses di semifinal Liga Champions. Keduanya dikuntit empat pelatih yang sukses mengantarkan tim racikannya merasakan semifinal sebanyak lima kali. Mereka ialah Marcelo Lippi yang menukangi Juventus, Miguel Munoz (Real Madrid), Louis Van Gaal (Ajax Amsterdam, Barcelona dan Bayern Muenchen) serta Pep Guardiola (Barcelona dan Muenchen). (jos/jpnn)
Vincent Kompany Masih Yakin Juara Premier League
MANCHESTER -- Kapten Manchester City, Vincent Company, menegaskan bahwa timnya masih percaya bisa memenangkan gelar English Premir League (EPL) musim ini, mengusul kemenangan 3-1 atas West Bromwich Albion di Etihadi Stadium, Selasa (22/4) dini hari WIB. Tiga gol kemenangan Manchester City dilesakkan oleh Pablo Zabaleta  Sergio Aguero dan Martin Demichelis. Hal itu membuat City terus memberi tekanan kepada Liverpool di puncak klasemen. Anak asuhan Manuel Pellegrini itu terpaut enam poin dari Liverpool. Namun Manchester City punya sedikit keuntungan karena punya tabungan satu pertandingan. Rasa percaya diri Kompany itu tumbuh jika melihat usaha Manchester City jadi juara Premier League dua tahun lalu. Ketika itu, Kun Aguero mempersembahkan gol dramatis di menit akhir pertandingan. "Kami masih bisa mengingat apa yang terjadi dua tahun lalu. Motivasi itu tetap kami pegang. Tetapi hal yang paling penting adalah bahwa kita kembali ke bentuk yang kami punya di awal musim," ujar Kompany seperti dilansir Sky Sports. (abu/jpnn)
Anggap Kasus Hadi Karena Beda Penafsiran
JAKARTA - Presiden Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan bahwa pihaknya mempunyai perbedaan pendapat dengan Dirjen Pajak terkait pengajuan keberatan koreksi pajak tahun 2003 sebesar Rp 5,77 triliun. Menurutnya, sumber masalah berasal dari koreksi laba fiskal tahun 1999 sebesar Rp 174 miliar. "Ada koreksi dari direktur jenderal pajak sebesar Rp 6,78 triliun pada 1999. Kalau dilihat kasus yang terjadi pada tahun 1999, intinya ada perbedaan pendapat antara dirjen pajak dengan BCA," ujar Jahja di kantornya, Jakarta, Selasa (22/4). Jahja menambahkan bahwa BCA telah melakukan langkah sesuai dengan instruksi yang dikeluarkan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia  tanggal 26 Maret 1999. Isinya, BCA harus mengalihkan aset berupa kredit bermasalah ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). "Saat itu kepemilikan BCA sekitar 92,8 persen merupakan milik pemerintah," imbuhnya. Koreksi tersebut terkait dengan transaksi pengalihan aset dan jaminan sebesar Rp 5,77 triliun yang dilakukan dengan proses jual beli dengan BPPN. "Itu sesuai dengan surat keputusan bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Indonesia pada 1999," katanya. Karenanya Jahja menegaskan bahwa BCA tak melanggar aturan. "Bahwa BCA, sebagai wajib pajak telah memenuhi kewajiban melalui prosedur dan tata cara perpajakan yang benar sesuai aturan yang berlaku. Dalam hal pemberitaan tersebut, BCA enggak melanggar UU," Dari keterangan KPK, mantan Dirjen Pajak Hadi Purnomo dinilai telah menyalahgunakan wewenang dengan mengubah hasil telaah terkait penolakan keberatan pajak non-perfomance loan (NPL) senilai Rp 5,7 triliun oleh PT Bank Central Asia (BCA). Direktur PPh menolak permohonan keberatan BCA, tetapi Hadi justru meminta agar permohonan itu diubah dengan menerimanya. KPK menilai negara menelan kerugian keuangan yang ditaksir mencapai Rp 375 miliar. Meski demikian Jahja menegaskan bahwa pihaknya tak mau mencampuri proses penyidikan yang dilakukan KPK. “Tentang KPK dan Pak Hadi Poernomo itu di luar kemampuan kami. Kami hormati proses hukum dan KPK punya wewenang penyitaan serta mengumpulkan data. Kami tidak layak memberikan opini," ujarnya.(chi/jpnn)
Pelestarian Bumi adalah Kerja Kolektif Manusia
JAKARTA - Anggota Pembina Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo berharap bangsa Indonesia menjadi pelopor upaya pelestarian lingkungan dunia. Pernyataan yang dilontarkan Edhie itu terkait dengan peringatan Hari Bumi, yang jatuh pada hari ini (22/4). Menurutnya, manusia memang terus berinovasi untuk bisa bertahan hidup sekaligus melestarikan keturunannya. "Sayangnya, dengan segala keterbatasan, bentuk inovasi manusia yang ditujukan manfaatnya demi keberlangsungan hidup manusia ini, kerap juga berdampak negatif terhadap manusia itu sendiri dan lingkungan Bumi," kata Edhie. ‎Dia melanjutkan, Dalam Konferensi Perubahan Iklim Dunia yang diselenggarakan oleh PBB di Bali 2007 silam, dunia saat ini tengah menghadapi permasalahan dalam menjaga eksistensinya akibat perubahan iklim.  Salah satu penyebabnya adalah tingginya tingkat emisi.  Adapun masalah-masalah lain yang dihadapi dunia saat ini termasuk masalah wabah penyakit, perusakan lingkungan, ketersediaan air bersih, pengelolaan sampah, dan penciptaan sumber energi terbaharukan. "Manusia adalah satu-satunya ciptaan Yang Maha Kuasa, ‎yang dengan akal dan tenaganya mampu melakukan pelestarian Bumi," kata Edhie. "Saya mengapresiasi seluruh pihak yang sesuai dengan kompetensinya telah melakukan usaha-usaha pelestarian Bumi," tambahnya Edhie.  Menurutnya, usaha pelestarian bumi adalah kerja kolektif manusia. "Partai Demokrat akan terus mengusahakan kegiatan-kegiatan pelestarian bumi dan lingkunganya bersama rekan sepemikiran dan setujuan," tegas Edhie. (mas/jpnn)
Terima Dubes Baru, SBY Dapat Ucapan Selamat Setelah Gelar Pemilu
JAKARTA -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siang tadi menerima penyerahan surat-surat kepercayaan dari tujuh duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) baru untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Para dubes ini menggantikan duta besar lama. Ketujuh dubes baru negara sahabat yang menyerahkan surat-surat kepercayaannya adalah Michal Slivovic dari Republik Slowakia, Muhammad Lawal Sulaiman (Republik Federal Nigeria), Attiya Mahmood (Republik Islam Pakistan), Sergey Michev (Republik Bulgaria), Rodrigo Guillermo Riofrio Machucha (Republik Ekuador), Francisco Jose Viqueira Niel (Kerajaan Spanyol) dan Alpha Diallo (Republik Guinea). Dalam sambutan singkatnya pada acara ramah tamah, Presiden SBY berharap para dubes dapat memperluas hubungan bilateral negara mereka dengan Indonesia. "Menurut saya, banyak kesempatan yang dapat diciptakan, ditemukan, untuk memperkuat kerja sama dan kemitraan kita," ujarnya. SBY juga menyampaikan bahwa dunia saat ini tengah menghadapi banyak tantangan global, baik itu ekonomi, keamanan, pertahanan, ataupun perubahan iklim. Oleh karena itu, Indonesia bersama Negara-negara tetangga harus dapat memperkuat dan meningkatkan kerja sama untuk menghadapi berbagai tantangan itu. Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, Presiden SBY juga menerima ucapan selamat dari para dubes baru ini karena Indonesia telah berhasil melewati pemilu legislatif 9 April lalu. “Presiden dalam pertemuan juga menggarisbawahi realitas di kawasan, dan mengingatkan bahwa ASEAN adalah suatu kawasan yang penting bagi mereka membangun kerjasama bilateral, bagaimana mereka memanfaatkan peluang yang terbuka,”  kata Faiz. Ia mengungkapkan tidak ada pembahasan terkait pemerintahan baru Indonesia jelang pemilu presiden (pilpres) nanti. SBY, lanjut Faizasyah, hanya membahas perkembangan ekonomi dan demokrasi di Indonesia saat ini.(flo/jpnn)

Hasil penelusuran 4/23 2:03pm. Terakhir update terdeteksi pada 4/23 2:03pm.  skor: 1240