Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Thibodeau Dipecat, Obama Kecewa Berat-JPNN.com

CHICAGO - Keputusan Chicago Bulls memecat pelatih kepala Tom Thibodeau, menjadi bahasan utama publik Amerika Serikat saat ini. Bahkan, Presiden Barack Obama tidak ketinggalan angkat bicara dan menyesalkan keputusan itu.      

Obama memang dikenal sebagai fans berat Bulls. Dia punya ikatan yang kuat dengan klub itu ketika tujuh tahun dia menghabiskan karier sebagai senator di Illinois (1997-2004), negara bagian tempat Bulls bermarkas. 
      
Sejak awal musim 2010-1011 Bulls resmi merekrut Thibodeau dari Boston Celtics, Obama langsung memuji langkah tersebut. Apalagi, saat itu di tangan Thibodeau Bulls langsung menjadi juara musim reguler wilayah timur setelah 12 musim puasa gelar musim reguler.
      
Presiden ke-44 AS tersebut juga sempat mendapat hadiah spesial pada ulang tahunnya ke-50. Itu datang dari para legenda Bulls yang diserahkan langsung oleh legenda basket Michael Jordan saat itu. 
      
Maka, pantas Obama menjadi salah fans Bulls yang kecewa atas dipecatnya Thibodeau. "Sangat mencintai Thibs (panggilan Tom Thibodeau) dan aku rasa dia sudah melakukan pekerjaannya dengan baik," tulis Obama dalam akun Twitter miliknya sebagaimana dilansir USA Today. "Menyesal melihatnya pergi, tapi aku harap dia akan segera berbuat luar biasa kembali dengan tim yang lain," tambahnya. 
      
Selama menangani Bulls lima musim (2010-2015), pelatih 57 tahun itu selalu bisa membawa Bulls tampil ke playoff. Bahkan, di musim pertama (2010-2011) dan keduanya (2011-2012) dia berturut-turut membawa Bulls jadi jawara musim reguler wilayah timur.
      
Dia mencatat rekor menang-kalah 255-139 selama menangani klub berlambang banteng itu. Angka tersebut membuatnya mencatatkan persentase kemenangan 0,647. Itu menempatkan dirinya sebagai pelatih peringkat ketujuh terbaik dalam sejarah NBA di antara pelatih-pelatih lain yang telah mencatatakan sedikitnya 200 laga di NBA.    
      
"Saat kami merekrutnya 2010 lalu, itu adalah keputusan yang sangat tepat. Setelah lima tahun berjalan dengannya, kami juga telah mengalami masa-masa sukses. Tetapi, setelah melakukan evaluasi secara keseluruhan baik secara tim maupun organisasi, kami yakin klub ini membutuhkan perubahan agar tetap tumbuh dan berkembang," tutur general manajer Bulls, Gar Forman seperti dikutip Associated Press.  (irr/ray/ham)


[Link to media]
Gagal Tembus Partai Puncak, Bulls Pecat Thibodeau-JPNN.com

CHICAGO - Gagal menembus partai puncak NBA untuk kali kesekian membuat manajemen Chicago Bulls tidak puas dengan kinerja tim pelatih mereka. Kemarin Bulls resmi  mengumumkan memecat pelatih pelatih kepala, Tom Thibodeau. Mengejutkan karena berbagai kalangan menilai kinerja Thibodeau jauh dari kata buruk selama lima musim menangani Bulls (2010-2015).       

Selama menangani Bulls, pelatih 57 tahun itu selalu bisa membawa Bulls tampil di playoff. Dia mencatat rekor menang-kalah 255-139 selama menangani klub berlambang banteng itu. 
       
Angka tersebut membuatnya mencatatkan presentase kemenangan 0,647. Itu menempatkan dirinya sebagai pelatih peringkat ketujuh terbaik dalam sejarah NBA di antara pelatih-pelatih lain yang telah mencatatakan sedikitnya 200 laga.    
       
"Saat kami merekrutnya 2010 lalu, itu adalah keputusan yang sangat tepat. Setelah lima tahun berjalan dengannya, kami juga telah mengalami masa-masa sukses. Tetapi, setelah melakukan evaluasi secara keseluruhan baik secara tim maupun organisasi, kami yakin klub ini membutuhkan perubahan agar tetap tumbuh dan berkembang," tutur general manajer Bulls, Gar Forman seperti dikutip Associated Press.    
    
Chairman Bulls Jerry Reinsdorf sendiri tampak tidak bisa berbuat apa-apa dengan keputusan itu. "Ketika setiap orang di klub ini berada dalam pikiran yang sama. Dan percaya klub ini akan lebih berkembang dan makin sukses ke depan, sayang tiba-tiba seluruh kebiasaan baik itu akan pergi dari sini," tuturnya kepada ESPN, Jumat (29/5).
    
Sebelum keputusan itu diumumkan, Thibodeau diberitakan memang sudah sempat beberapa kali berbeda pendapat dengan pilhak manajemen. Terakhir, adalah ketika manajemen menginginkan bintang mereka Derrick Rose diistirahatkan lebih dahulu setelah dia menjalani operasi lutut sebelum playoff . 
       
Namun, saat itu keinginan manajemen tersebut berbenturan dengan keyakinan Thibodeau. Pelatih yang meraih gelar NBA Coach of the Year 2011 itu berpikiran Rose harus langsung turun untuk mengembalikan feeling bermain sebelum playoff dimulai.
       
Banyak kalangan yang menyayangkan keputusan manajemen Bulls memecat Thibodeau. Salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang dari dulu memang dikenal sebagai fans Bulls.
       
"Sangat mencintai Thibs, dan aku rasa dia sudah melakukan pekerjaannya dengan baik," tweet Obama seperti dilansir USA Today. "Menyesal melihatnya pergi tapi aku harap dia akan kembali berbuat luar biasa dengan tim yang lain," tambahnya. (irr/ray)


[Link to media]
Demi Hal ini, Menteri ESDM dan Tri Risma Sepakat Jalin Komunikasi-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambut baik kehadiran Walikota Surabaya Tri Rismaharini ke kantornya, Jakarta, Jumat (29/5). Mantan dirut PT Pindad ini sepakat menjadikan Surabaya menjadi proyek percontohan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT).

Di mana rencana tersebut sejalan dengan semangat pemerintah untuk mengembangkan EBT. "Kami sepakat untuk menjadikan Kota Surabaya sebagai percontohan energi baru terbarukan," ucap Sudirman.

Sudirman menjelaskan, beberapa jenis energi yang akan dikembangkan di Surabaya yakni energi listrik dari sampah atau biomass, energi matahari atau solar cell dan penggunaan bahan bakar gas (BBG) sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM)

"Sampah ini jadi masalah yang tidak beres, tapi nanti sampah jadi andalan untuk biomass. Intinya dalam waktu dekat berbagai hal ini bisa jalan. Sehingga dalam dua hingga tiga tahun ke depan Surabaya bisa menjadi green city dengan energi yang bersih," katanya.

Sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut, pemerintah bakal menggelar lagi pertemuan terkait pengembangan EBT dengan mengundang para ahli di bidangnya.

"Kami sepakat untuk menjalin komunikasi satu sama lain dan dengan para pemimpin akan kumpul di Surabaya dan teman-teman leader untuk mendapat tugas menata sektor ini," tandas pria berkacamata ini. (chi/jpnn)


[Link to media]
Dari 300 Orang Gila yang Dipasung Itu, Sudah 127 Orang Dibebaskan-JPNN.com

MEDAN - Kasus pemasungan orang gila alias pasien gangguan jiwa skizofrenia di Sumut pada tahun 2014 cukup tinggi. Dari yang terdata, ada sekitar 300 kasus, dan hanya 127 kasus yang mampu dibebaskan.  

Ketua Perhimpuanan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang Sumatera Utara (PDSKJI Sumut), dr Mustafa Sp. K.J.(K) mengatakan, pemasungan dilakukan dengan alasan agar pasien gangguan jiwa tidak melukai orang lain. 

Skizofrenia dipahami masyarakat sebagai kelainan mental yang harus dijauhi. Maka tak heran jika pasien gangguan jiwa malah dipasung, bukan malah diobati. 
 
Padahal, lanjutnya, bila ditangani dengan cepat, pasien bisa sembuh total dalam waktu 1 tahun 2 bulan. 

"Kasusnya ada sekitar 300 kasus, dan hanya 127 yang sudah dibebaskan namun beberapa ada yang balik lagi memasung karena tidak rutin dan serius dalam pengobatan. Ini yang disayangkan. Kasus ini ada di Dolok Sanggul, Siantar, Samosir dan lainnya," katanya kepada wartawan usai membuka kegiatan  Simposium Hari Skizofrenia Sedunia di Medan, Jumat (29/5).
 
Padahal, lanjut Mustafa, pasien skizofrenia bisa disembuhkan bila ditangani dengan penanganan yang tepat. "Pasien ini dapat disembuhkan, sekarang juga sudah gampang karena sudah tersedia obat-obat bagus ditanggung BPJS. Sayangnya, setelah dapat obat, pasiennya gak kembali lagi, akhirnya kambuh lagi dan saat kita cek ke sana ternyata kembali dipasung,” ujarnya.
 
Menurutnya, bila cepat ditangani atau masih dalam tingkat pertama masih bisa disembuhkan dalam waktu 1 tahun 2 bulan atau 1 tahun 4 bulan. Namun, bila sudah pernah mengalami kekambuhan, waktunya penyembuhannya bisa 2 sampai 5 tahun. "Kalau sudah sering kambuh, pengobatannya bisa seumur hidup. Artinya pasiennya konsumsi obat seumur hidup," katanya.
 
Pasien skizofrenia, diakuinya memang cenderung suka melukai diri bahkan bisa melukai orang lain bila gelisah. Ia berharap keluarga pasien dapat menjaganya dengan terus memberikan obat. "Ada obat yang bisa mengatasi itu, sekarang obat sudah tersedia. Pasien ini diakibatkan adanya gangguan pada fungsi syaraf," katanya.
 
Ketua Panitia Simposium, dr Vita Camellia Sp. K.J mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh dokter umum, dokter spesialis, mahasiswa jurusan psychiatric di Medan. "Kami berharap mereka yang menjadi peserta dapat menyebarkan infomasi ini, tidak perlu memasung tapi diobati. Ini juga diadakan untuk meningkatkan kesadaran bagi praktisi kesehatan tentang penyakit ini dan pengobatannya yang tersedia di Indonesia," katanya. (put/ila)


[Link to media]
Memalukan! Mahasiswa kok Curi Motor-JPNN.com

TERNATE – MNN alias Naum (20), mahasiswa di salah kampus ternama di Ternate, Jumat (29/5), pagi pukul 09.00 dipolisikan ke Polsek Ternate Selatan. Ia dilaporkan oleh dosennya, Irfan Ahmad karena diduga membawa kabur motor jenis Revo milik Irfan. Naum sudah dikurung di ruang tahanan Mapolsek dan selanjutnya diproses hukum.

Anggota Polsek Aiptu S. Sangaji menegaskan, pelaku dijerat pasal 362 KUHP, tentang tindak pencurian dengan ancaman penjara  minimal 5 tahun. Di depan polisi Irfan menceritakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (22/5) pekan lalu. Saat itu ia memakirkan motornya di halaman kampus. Saat ia keluar dari ruangan kampus, motornya sudah dibawa kabur.

Motor tersebut ditemukan di salah satu tempat kos di Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan. Sementara itu, Naum membantah bahwa ia tidak membawa kabur motor dosennya. Ketika itu, kata Naum, ia tidak bisa bedakan motor Irfan dan rekannya. “Saat saya kontak dengan kunci, ternyata motor bisa dihidupkan, jadi saya langsung bawa,” kilahnya pada Malut Pos.

Menurut polisi, keterangan Naum itu tidak masuk akal. “Mahasiswa itu kan kelompok intelektual, kenapa kelakuannya seperti ini. Makanya kami harus proses,”tegas Sangaji. (tr-03/lex)


[Link to media]
Pencurian Sapi dengan Cara Memotong di Tempat Hebohkan Daerah Ini-JPNN.com

SORONG - Kasus pembantaian sapi kembali terjadi di Km 10 Masuk. Kemarin malam terjadi pembantaian sapi di ladang di belakang Kantor Lurah Matalamagi. Seekor sapi betina beranak 2 milik Gani dibantai orang tak dikenal. Di tempat kejadian perkara (TKP) ditemukan kaki depan kanan sapi serta tulang belulang sapi. 

"Mungkin sapi ini dipotong sudah dekat subuh, karena tadi busanya masih ada. Juga masih ketinggalan kaki depan kanan sapi, mungkin karena sudah keburu pagi. Pelakunya sudah pengalaman sekali, ini tinggal tulang-tulang betul ini. Pelakunya sangat professional, kalau  tidak pengalaman pasti berjam-jam baru selesai," ujar pemilik sapi, Gani kepada Radar Sorong (Grup JPNN), Jumat (29/5).   

Gani Jumat (29/5) jam 06.30 WIT diberi tahu oleh Ketua RT Sanusi yang datang ke rumah memberitahukan bahwa sapinya dipotong orang. Terus tetangganya, Ujang juga menelpon Gani  memberitahukan bahwa sapinya dipotong orang. 

"Saya biasanya ke sini jam 8 pagi dan jam 5 sore," terangnya. Sapi induk yang dibantai pencuri itu kalau dijual bisa laku Rp 7,5 jutaan. Gani mulai punya sapi itu sekitar tiga tahunan lalu, saat itu sapinya masih ‘nona’, sekitar 6 bulan kemudian baru kawin. Sapi induk itu memiliki 2 anak, yang satu umur 1,5 tahun, dan satunya umur sekitar 6 bulan.
  
"Saya berharap polisi bisa mengungkap kasus ini, karena kejadian seperti ini sering terjadi. Bulan lalu sapinya Pak Sudiyo, minggu lalu sapinya Pak Parjo. Tadi (kemarin malam, red) sapi saya. Tadi (kemarin malam, red) juga sapinya Pak Trisman kakinya dibacok, lalu sapinya lari, sehingga tidak sempat dipotong," terangnya. 
  
Kadistrik Sorong Utara yang juga Kadis Pertanian Kota Sorong, Parjo bersama anggota Polsek Sorong Timur mendatangi TKP di belakang Kantor Lurah Matalamagi. 
  
Sementara itu, Kapolsek Sorong Timur, AKP Chandra Ismawanto, S.IK mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima laporan kasus pencurian sapi tersebut, dan sudah memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan. 

"Kami juga menghimbau warga untuk mengaktifkan kembali Siskamling, untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan masing-masing," ujarnya. 

Dikatakan Kapolsek bahwa tindak kejahatan tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu, sehingga pihaknya mengajak masyarakat untuk menggiatkan Simskamling.(akh/jpnn)


[Link to media]
Mantan Kiper Persebaya Jualan Narkoba-JPNN.com

SAMARINDA - Piawai menjaga gawang dari serbuan lawan saat masih aktif bermain sepak bola, tapi Hengky Kurniawan (43) tak berkutik di depan polisi. Mantan kiper Persebaya Surabaya di era 90-an itu terpaksa tengkurap di aspal saat penggerebekan yang dilakukan polisi, Selasa (26/5) sekitar pukul 23.00 Wita lalu.

Hengky ditangkap bersama seorang koleganya bernama Justan (24), warga Tarakan. Hengky dan Justan ditangkap anggota Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Samarinda saat hendak bertransaksi sabu di Jalan Pangeran Diponegoro, Samarinda Kota.

Hengky dan Justan tak berkutik saat polisi yang menggeledahnya menemukan lima bungkus sabu seberat 250 gram atau senilai Rp 500 juta (per gram sabu di pasaran diperkirakan dijual seharga Rp 2 juta).

Penangkapan Hengky dan Justan menarik perhatian warga. Warga juga sempat menjadikan tontonan karena saat itu lalu lintas di sana masih ramai. Apalagi saat menangkap Hengky dan Justan, polisi terpaksa memiting keduanya di aspal. Soalnya keduanya sempat berusaha membuang barang bukti sabu yang mereka bawa.

Sebenarnya malam itu Justan dan Hengki hendak bertransaksi sabu, tapi keduanya tak sadar bahwa ternyata pemuda yang berada di depannya adalah polisi yang menyamar. Di depan polisi, Hengky sempat berkilah tak tahu jika Justan membawa sabu dalam jumlah besar saat menumpang di mobil Nissan X Trail miliknya.

Disebut-sebut Hengky selama berada di Samarinda menjadi pengusaha minyak.

“Informasi yang kami peroleh, salah seorang pelaku (Hengky, Red) adalah pengusaha minyak,” ujar Kaur Bin Ops (KBO) Ipda Syahrial Harahap kepada Sapos.

Namun polisi menyangsikan pengakuan Hengky karena tas yang disita polisi sebagai tempat menyembunyikan lima bungkus sabu jumlah besar tersebut diakui miliknya. “Saya tak tahu sabu dimasukkan ke tas saya,” Hengky berdalih.

Keterangan Hengky lain yang janggal, sebelum dibekuk persis di depan salah satu warung makan ternama di Jalan Pangeran Diponegoro itu, mobil KT 1689 LG yang ditumpanginya bersama Justan sempat berkeliling. Keduanya diduga mengatur lokasi transaksi narkoba yang aman.

Mobil keduanya dibuntuti polisi mulai Jalan Cendana, kemudian berhenti di Jalan Gadjah Mada hingga akhirnya disepakati lokasi penyerahan uang dan sabu di Jalan Pangeran Diponegoro tersebut. “Saat hendak kami amankan, pelaku sempat coba membuang barang bukti sabu,” tegas Harahap.

Rupanya ketika itu Justan dan Hengky sudah menyadari di sekelilingnya banyak polisi. “Sekarang masih kami cari tahu dari mana kedua pelaku dapat sabu dalam jumlah besar tersebut,” jelas Harahap. (rin/agi)


[Link to media]
Mabuk Miras, Tewas Ditikam Teman Sendiri-JPNN.com

BALIKPAPAN - Mesli, 24, pemuda Jalan Soekarno-Hatta Km 21 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara tewas ditikam, lantaran mengancam teman sendiri saat mabuk di Km 17, Kamis (28/5) sekira pukul 23.00 Wita. Rais, 30, karibnya sekaligus tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut kini mendekam di sel Polsek Balikpapan Utara.

Awal kejadian ini, Rais dan dua temannya lebih dulu mendatangi sebuah lokasi di Km 17 Karang Joang, Balikpapan Utara. 

Niatnya menikmati malam dengan minum miras bersama. Padahal eks lokalisasi itu sebetulnya sudah ditutup oleh pemerintah kota, tapi masih saja dihiasi dengan aktivitas dunia malam seperti penjualan minuman keras (Miras).

Mereka kemudian memesan 15 botol bir dan diminum bersama sembari ditemani beberapa cewek penghibur. Tak berselang lama, korban Mesli juga datang bersama temannya bergabung bersama Rais.

"Saya kenal sama korban, dia yang bawa mobil buat ngambil nanas saat kebun nanas saya panen, saat itu baru minum 10 botol bir tapi ramai-ramai," kisah Rais.

Entah ada angin apa, Melsi mengancam tersangka. Mengetahui ini dari temannya yang lain, Rais pun gelisah. Ketika korban berjalan keluar dari tempat tersebut belum beberapa langkah, tersangka memanggil korban dan akhirnya kembali. 

Cekcok mulut tak terhindarkan, korban sempat mencekik tersangka dan dihempaskan ke dinding. Pertarungan itu tidak berpihak ke korban, dengan posisi tersudut, tersangka mencabut sebuah badik yang diselipkan di pinggang sebelah kiri.

"Saya itu tidak ada masalah sama dia, tiba-tiba saya dicekik sampai saya tidak bisa bernapas," ungkap pria yang baru satu tahun di Kutai Kartanegara (Kukar) ini.

Badik dalam pegangan tangan kanan dihunuskan ke arah badan korban, tepat di bawah ketiak sebelah kiri. Diduga senjata tajam itu menembus paru-paru, Melsi pun tersungkur.

"Setelah itu saya lari karena takut dan dibonceng pergi sama teman saya. Sampai di Km 25 saya lari ke arah pondok ambil baju untuk ganti karena baju yang saya pakai robek, saya lari ke tengah hutan sampai di Km 28. Badik yang saya pakai, saya buang di tengah hutan,” terang pria beranak satu ini.

Rais yang tinggal di Km 25 Desa Sungai Merdeka, Samboja ini betul-betul tidak menyangka ia terlibat cekcok dan menyebabkan Melsi tewas. "Saya takut saja kalau dikeroyok sama keluarga korban, makanya saya lari," pungkasnya. (pri/dep/war)


[Link to media]
Kurir Sabu-sabu Lolos dari Hukuman Mati karena Hamil-JPNN.com

SLEMAN - Kehamilan Tuti Herawati, 34, cukup menyentuh perasaan hakim yang menyidangkan kasus penyelundupan narkoba di Pengadilan Negeri Sleman kemarin (29/5). Karena itulah, majelis hakim yang diketuai Wiryatmi memvonis kurir sabu-sabu senilai Rp 8,021 miliar itu dengan hukuman seumur hidup (potong masa tahanan) dan denda Rp 1 miliar subsider dua bulan kurungan.

Vonis hakim itu lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) berupa hukuman mati. Majelis hakim berpendapat, hukuman mati terlalu berat bagi warga yang tinggal di Jalan H Kurdi Nomor 34, RT 1, RW 1, Karasak, Astanaanyar, Bandung, tersebut.

"Hal yang meringankan adalah terdakwa sedang hamil. Yang bersangkutan juga seorang single parent yang menanggung dua anak masih kecil," ujar Wiryatmi saat membacakan amar putusan.

Hukuman seumur hidup dijatuhkan sebagai sarana pembinaan. Dengan begitu, setelah kembali ke tengah masyarakat dan keluarga, terdakwa bisa memperbaiki diri, khususnya mendidik anak-anak.

Selain itu, terdakwa berlaku sopan dan menyesali perbuatannya serta berjanji tak akan mengulangi tindakannya. Faktor psikologis, sosiologis, dan keadilan turut menjadi pertimbangan hakim dalam penetapan putusan.

Sebaliknya, hukuman berat dijatuhkan kepada perempuan asal Bandung itu karena beberapa pertimbangan. Perbuatan Tuti meresahkan masyarakat dan tak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

Dalam sidang yang sama, hakim memvonis Jumidah dengan hukuman 20 tahun penjara potong masa tahanan serta denda Rp 1 miliar subsider dua bulan kurungan. Vonis tersebut juga lebih ringan daripada tuntutan mati dari JPU.

Jumidah adalah rekan Tuti yang tertangkap petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Jogja di Bandara Adisutjipto Minggu malam, 28 Desember 2014. Keduanya adalah rekan sejawat yang bekerja di salah satu toko di Bandung.

Vonis Jumidah lebih ringan daripada Tuti lantaran perempuan 40 tahun itu dinilai bukan aktor utama dalam penyelundupan 4,01 kilogram sabu-sabu jenis metamfetamin tersebut. Berdasar hasil pemeriksaan, Tuti-lah yang aktif berkomunikasi dengan bandar narkoba.

Lebih lanjut, Wiryatmi mengatakan, para terdakwa harus dihukum karena terbukti bersalah melakukan tindakan melawan hukum. Yakni, menjadi perantara jual beli narkotik golongan I. Keduanya dijerat dengan pasal 114 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Setelah berkoordinasi dengan penasihat hukum, kedua terdakwa menyatakan pikir-pikir atas vonis hakim. "Kami akan pelajari dulu amar putusannya," ujar Adnan Pambudi, penasihat hukum terdakwa dari PHBI Jogjakarta, setelah sidang. Adnan meyakini dalam kasus tersebut, kliennya adalah korban sindikat mafia narkoba internasional.

JPU Slamet Supriyadi juga memilih pikir-pikir. Menurut dia, vonis bagi seorang kurir narkoba perlu dikonsultasikan ke Kejaksaan Agung. "Tanya saja ke Kapuspenkum," katanya.

Sesuai dengan berita acara pemeriksaan (BAP), kurir narkoba itu ditangkap petugas Pabean setelah turun dari pesawat SilkAir bernomor penerbangan MI-152 rute Guangzhou"Singapura"Jogjak arta. Keduanya bertolak dari Indonesia pada 16 Desember 2014 melalui Bandara Adisutjipto menuju Guangzhou, Tiongkok. Di Negeri Ginseng, dua perempuan itu tinggal selama 11 hari dengan alasan berlibur.

Tuti dan Jumidah tergiur iming-iming upah Rp 5 juta dari seorang warga negara asing kulit hitam yang tinggal di Jakarta. WNA itu diakui sebagai pacar Tuti. Pelaku diminta mengambil barang haram tersebut untuk dibawa ke Jakarta melalui Jogjakarta.

Namun, saat melewati pintu X-ray bandara, aparat mencurigai isi koper besar milik kedua pelaku. Setelah diperiksa, petugas mendapati lima tas kecil berisi 10 bungkus sabu-sabu berbentuk kristal di dalam koper Jumidah. Sedangkan koper Tuti berisi enam tas dengan 12 bungkusan serupa. (yog/laz/c7/end)


[Link to media]
Zaskia Gotik, Jidat Jenong Dinyamanin Aja-JPNN.com

JAKARTA- Biasa berambut panjang, Zaskia Gotik mengaku dirinya salah potong rambut. Sampai akhirnya, ia mengubah gaya dengan memangkas pendek rambutnya.

Tapi, saat melihat tampilan barunya, Zaskia mengaku percaya diri dengan penampilannya itu. Menurutnya, kali ini juga untuk pertama kali dirinya memotong rambut hingga pendek.

Meski dia mengaku awalnya takut penampilannya terlihat aneh, ternyata memuaskan. Bahkan, dengan potongan barunya, dia berharap rambutnya bisa lebih sehat.

"Tipis banget rambutnya kayak kucing kecebur. Pendek banget, kelihatan tebal. Jadi sekarang agak pede lah," ungkapnya saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (28/5) malam.

Pelantun Satu Jam Saja itu menuturkan, dirinya memang memiliki kening yang cukup menonjol. Hal itu pun tak ditutupinya, malah, ia merasa nyaman dengan penampilan apa adanya.

"Nyaman, jidat jenong nyaman nggak nyaman, dinyamanin aja," candanya, lantas tertawa. (ash)


[Link to media]
Gunung Shindake di Jepang Meletus, Seluruh Penduduk Dievakuasi-JPNN.com

TOKYO - Pemerintah Jepang mengevakuasi seluruh penduduk Pulau Kuchinoerabu. Itu dilakukan sesaat sebelum Gunung Shindake di pulau tersebut meletus Jumat (29/5). Pulau kecil itu hanya dihuni 137 orang.

Mereka dievakuasi ke pulau terdekat dengan menggunakan feri dan kapal milik penjaga pantai. Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Hanya, salah seorang penduduk mengalami luka bakar ringan di wajahnya.  

"Awan hitam membubung tinggi. Saya tidak bisa mengatakan tingginya. Tapi, di luar menjadi gelap," ujar Nobuaki Hayashi, pemimpin komunitas penduduk di Kuchinoerabu.
  
Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan bahwa Gunung Shindake meletus sekitar pukul 09.59 waktu setempat. Saat itu suara letusan terdengar seperti ledakan dinamit. Rumah-rumah penduduk terguncang dan suasana seketika gelap. Semburan awan hitam mencapai ketinggian 9 ribu meter, kemudian disusul dengan gempa vulkanik selama lima menit.
  
Aliran lava pasca letusan menuju satu-satunya pelabuhan di pulau tersebut sebelum akhirnya mengalir ke laut. Gunung berapi itu terus mengeluarkan uap panas sepanjang hari. Sekilas, tampilan kabut putih karena uap panas itu menyerupai salju di atas puncak gunung.
  
Gunung Shindake pernah tidak aktif selama 34 tahun. Baru tahun lalu, gunung tersebut kembali aktif dan sempat terjadi letusan kecil. Saat itu zona 2 kilometer dari puncak gunung diamankan. Sejak letusan tersebut, gunung itu selalu diobservasi para vulkanologis. 

Kemarin pagi mereka meningkatkan level letusan menjadi lima. Itu adalah skala tertinggi letusan gunung berapi. Evakuasi seluruh penduduk langsung dilakukan, lalu disusul dengan letusan. 
  
"Letusan dengan skala yang sama bisa terjadi lagi di masa depan," kata Direktur Divisi Vulkanologi Badan Meteorologi Jepang Sadayuki Kitagawa.
  
Terpisah, Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe menegaskan, dirinya telah meminta seluruh badan terkait untuk memastikan bahwa seluruh penduduk selamat. Termasuk mengirimkan helikopter militer dan para penjaga pantai. Pasukan militer juga dikirimkan ke lokasi pengungsian untuk membantu penduduk.
  
"Saya telah memerintah pihak-pihak yang berwenang untuk mengumpulkan informasi kerusakan, memastikan penduduk lokal selamat dalam evakuasi, dan meningkatkan observasi pada gunung berapi tersebut," ujar Abe. (AFP/Reuters/sha/c19/ami)


[Link to media]
Tyas Mirasih Punya Pacar Baru Lagi-JPNN.com

JAKARTA- Artis cantik Tyas Mirasih termasuk salah satu selebriti yang cukup mudah mendapatkan kekasih. Banyak nama tenar di dunia selebriti pernah menjadi gandengan Tyas.

Sebut saja presenter Raffi Ahmad, Lembu Club Eighties, Bams yang kala itu masih merupakan vokalis Samsons, hingga Tria ketika masih tenar bersama Changcuters. Selain dari kalangan selebriti Tyas juga pernah berpacaran cukup serius dengan pria yang berasal dari lingkungan atlet.

Terakhir, Tyas berpacaran cukup serius dengan bintang sepakbola muda Indonesia Syamsir Alam. Disebutkan bahwa orang tua Syamsir bahkan pernah meminta Tyas untuk menjadi pasangan hidup anak mereka meski tidak terjadi lamaran secara resmi.

Sayang setelah sembilan bulan berpacaran dengan Syamsir, sekitar bulan Oktober 2014 hubungan tersebut dikabarkan kandas. Namun rupanya tidak butuh waktu lama bagi Tyas untuk menggandeng pria baru.

Tyas kembali menggandeng laki-laki yang berasal dari dunia musik. Kali ini kekasihnya adalah drummer band metal Bunga, bernama Raiden Soedjono. Kemesraan Tyas dan Raiden pun kerap diunggah ke sosial media.

Dengan perawakan seram dan bertato, siapa sangka kekasih Tyas Mirasih ini bisa juga bersikap romantis. Pria yang memilih mencukur gundul rambutnya ini sempat menulis hal sweet untuk kekasihnya, Tyas Mirasih.

"My superb girlfriend and I. ♥  #sokromantis #powerjugabisasweetkok," tulis Raiden melalui twitternya, 12 April 2015 dengan disertai foto bersama Tyas. (ash)


[Link to media]
ISIS Bom 2 Hotel Bintang Lima, 15 Tewas-JPNN.com

BAGHDAD - Tak ada lagi tempat aman di Irak. Kalimat itu dilontarkan Raad, saksi mata ledakan di Hotel Cristal Grand Ishtar dan Hotel Babylon Warwick di Baghdad. Dua hotel berbintang lima itu menjadi target serangan bom mobil. Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Tidak tertutup kemungkinan korban jiwa bertambah.

Pemerintah Irak merilis, bom meledak pada Kamis (28/5), hanya beberapa menit sebelum tengah malam. Ledakan pertama terjadi di area parkir Hotel Babylon Warwick. Hotel tersebut tengah digunakan oleh pejabat pemerintah untuk menggelar rapat dan konferensi pers.

Beberapa menit setelah itu, ledakan kedua terjadi di Hotel Cristal Grand Ishtar yang dulu merupakan Hotel Sheraton. Hotel yang baru direnovasi itu rusak cukup parah. Bom ketiga ditemukan di dekat Hotel Babylon Warwick pada Jumat pagi (29/5) dan berhasil dijinakkan.

Dua hotel itu sebelumnya dianggap sebagai tempat teraman di Iraq. Pengamanan di dua hotel tersebut sangat ketat. Karena itulah, warga asing yang memiliki kepentingan di Iraq selalu berada di dua hotel tersebut.

Di Iraq, libur akhir pekan dimulai Jumat. Karena itulah, Kamis biasanya menjadi hari yang sangat sibuk untuk makan malam, rapat, dan sosialisasi. Dua hotel yang dibom itu selalu dipenuhi orang pada Kamis. Kondisi itulah yang dimanfaatkan oleh pelaku.

Militan Islamic State (IS) atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bahwa pihaknya berada di balik serangan itu. (AFP/The Independent/sha/c11/ami)


[Link to media]
Menolak Disodomi, Waria Ini Dibacok Pacarnya hingga Tewas-JPNN.com

PURWOKERTO - Misteri pembunuhan Narsidi alias Betty, 30, waria warga Desa Mandirancan RT 03 RW 02 Kecamatan Kebasen, akhirnya terungkap. Satreskrim Polres Banyumas membekuk Sug, 19, warga Desa Karangdadap, Kecamatan Kalibagor.

    
Dia diduga menjadi pelaku pembunuhan terhadap Betty, Kamis (28/5). Berdasarkan penyidikan sementara, Sug ternyata pacar korban. Motifnya sementara tersangka nekat melakukan pembunuhan lantaran korban menolak disodomi. 

Kasatreskrim  AKP Hermanto mengatakan, tersangka ditangkap di Lapangan Sriwojaya Sokaraja sekitar pukul 19.00. Saat itu tersangka sedang nongkrong. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti sebuah sepeda motor Honda Supra milik korban. 

"Sementara barang bukti berupa golok yang digunakan tersangka membunuh juga sudah diamankan," kata Hermanto, Jumat (29/5).

Sebelum kejadian itu, korban dan tersangka yang sudah menjalin hubungan selama dua bulan ini janjian ketemu di Bendung Gerak Serayu (BGS). Malam itu, tersangka mengajak sodomi tapi selalu ditolak korban.
    
"Karena sering ditolak, tersangka merasa tak dihargai. Malam itu mereka sempat bertengkar lalu tersangka yang sudah membawa golok dari rumahnya membacok korban membabibuta," ujarnya. 

Setelah itu tersangka membuang jasad dan golok ke saluran irigasi dengan maksud menghilangkan jejak. Setelah itu, tersangka kabur membawa sepeda motor korban dan dompet. 

"Sejauh ini belum ada tersangka lain," jelasnya. Hingga Jumat, tersangka dibawa ke Polda Jateng untuk diperiksa lebih lanjut. 

Atas perbuatannya, tersangka diancam Pasal 340 tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati. (ali/ray/din)


[Link to media]
Sepuluh Tahun Mencari Uang Haram dengan Modus Ini, Hasilnya....-JPNN.com

BANYUASIN - Syahrudin, 43, bisa dikatakan pelaku hipnotis kawakan. Sebab, hampir sepuluh tahun terakhir dia mencari uang haram dengan cara menghipnotis orang-orang yang baru dikenalnya di jalan. 

Sasarannya selama ini uang, tapi belakangan ini dia mencari target sepeda motor korbannya. Keserakahan Syahrudin, akhirnya membuat petualangannya berakhir.

Kamis (28/5) petang, dia ditangkap aparat Unit Reskrim Polsek Mariana, Palembang. Tersangka Syahrudin dicegat, saat membawa kabur motor Honda Supra X  bernopol BG 3175 JAB di kawasan Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumsel. 

"Kami masih kembangkan kasusnya, berkoordinasi dengan polsek terkait," ujar Kapolres Banyuasin AKBP Julihan Muntaha SIK, melalui Kapolsek Mariana, AKP Helmi Ardiansyah SH. 

Diketahui, motor Supra X yang dilarikannya itu, milik Paing (55), warga Jl Gotong Royong, RT 6, Kelurahan Merah Mata, Kecamatan Banyuasin I, Kecamatan Banyuasin. Menurut pengakuan tersangka, dia sedang pusing lantaran tidak ada uang. . 

"Jadi aku bejalan aja, nyusuri jalan di Desa Merah Mata," aku Syahrudin, warga Jl KH Wahid Hasyim, Lr AA, Kecamatan SU I, Palembang. 

Jadilah dia melihat anak korban, sendirian di rumah. Tersangka masuk ke rumah, mengaku disuruh ganti oli sepeda motor tersebut. Anak korban saat itu menurut saja. 

Tapi rupanya, setelah tersangka membawa sepeda motor itu, anak itu langsung memanggil ibunya di kebun. Sontak warga berkumpul, melakukan pengejaran dan menghubungi polisi.
 
Diakui tersangka Syahrudin, sebelumnya dia juga berhasil membawa kabur sepeda motor Yamaha Mio Soul warna hitam, dari kawasan Km 12 Palembang, persis di belakang SPBU. 

"Motor itu sudah kujual Rp 1,9 juta, sama penadah di Jl Dwikora. Uangnya sudah habis untuk kebutuhan keluarga, dan biaya sekolah tiga anak aku," katanya.

Bukan hanya mencuri sepeda motor, sebelumnya tersangka kerap mengelabui korbannya untuk mengambil keuntungan berupa uang. Modusnya, menagih bayaran koperasi dengan berbekal kertas tagihan koperasi tempatnya bekerja dulu. 

"Mereka kasih aku duit karena percaya dan aku bacakan mantra pengasih, Pak. Mantra itu, aku dapat dari Ombai aku. Motor juga seperti itu, tapi baru dua kali aku maling motor pakai ilmu itu," tukasnya. (aja/air/ray/ce1)


[Link to media]
Mimpi Mau Ditangkap Polisi, Mantan Anggota DPRD Ini Hidup Berpindah-pindah-JPNN.com

BATAM - Sebelum ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri, ternyata mantan anggota DPRD Kepri, Abdul Aziz mendapat isyarat dalam mimpinya. 

"Pengakuan tersangka beberapa hari belakangan ini ia sering mimpi didatangi polisi," ujar Direktur Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Syahar Diantono, Jumat (29/5).

Sebab itu, lanjut Syahar, tersangka selalu hidup berpindah-pindah dalam pelariannya. Karena tersangka menganggap mimpi merupakan isyarat dia bakal ditangkap. Tapi sayang Abdul Aziz tidak dapat mengelak dari mimpinya tersebut. 

Polisi berhasil mengendus persembunyiannya terakhir di salah satu hotel wilayah Batuaji, Jumat (29/5) sore. Ia pun diringkus saat bersama rekannya dua orang di hotel tersebut.

Ketika digiring ke Polda Kepri, Abdul Aziz enggan berkomentar ketika diberondong sejumlah pertanyaan oleh wartawan. Politisi Demokrat ini hanya diam dan tertunduk. 

Hari itu Aziz menjalani pemeriksaan di ruangan Subdit III tindak pidana korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus. 

Syahar menjelaskan selain menahan mantan anggota DPRD Kepri Abdul Azis, pihaknya juga telah lebih dulu menahan seorang pejabat yang terlibat aktif dalam kasus tersebut.

Pejabat ini berinsisial OB dan merupakan Direktur Penyaluran Dana ke UKM. "OB ini sudah diberkas dan dikirim ke kejaksaan," tegasnya.

Syahar Diantono menduga masih ada keterlibatan pejabat dari intansi pemerintahan dalam aliran dana korupsi ini. "Indikasi pasti ada (pejabat pemerintahan, red). Tapi masih kami selidiki," ujarnya.

Syahar menambahkan tersangka dikenakan UU Korupsi ayat 2 dan 3 mengenai pejabat negara yang menyalah gunakan wewenangnya sehingga melawan hukum dan merugikan negara.

"Tersangka langsung kami tahan," tegasnya. (opi/ray/jpnn)


[Link to media]
Korupsi Dana Bansos dan Hibah, Mantan Anggota Dewan Ini Akhirnya Ditangkap-JPNN.com

NONGSA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri menangkap mantan anggota DPRD Kepri, Abdul Aziz di tempat persembunyiannya di salah satu hotel wilayah Batuaji, Jumat (29/5) sore. 

Kader Partai Demokrat ini menjadi tersangka korupsi bantuan sosial (bansos) dan dana hibah APBN tahun 2012-2013 senilai Rp 1,5 miliar.

Aziz ditangkap saat bersama dua orang rekannya. Tersangka diketahui sudah menempati hotel itu selama sebulan lalu untuk mengelabui aparat kepolisian.

"Sudah sebulan kami incar, karena dia sudah mengetahui makanya berpindah terus. Dan kami dapati di kamar hotel bersama dua rekannya," ujar Direktur Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Syahar Diantono usai menggiring tersangka.
 
Aziz yang menjabat anggota dewan periode 2009-2014 ini berperan sebagai penggagas dana hibah tersebut. Dana itu rencananya akan disalurkan untuk pembangunan mesjid dan sekolah senilai Rp 700 Juta serta penyaluran dana untuk usaha kecil menengah (UKM) Rp 800 Juta.

"Tapi dana ini semuanya total lost (tidak dipergunakan sesuai perencanaan), hanya dimanfaatkan untuk keperluan pribadi dan ada aliran dana ke rekening tersangka," jelasnya. (opi/ray/jpnn)


[Link to media]
Blatter Diramal Cuma 2 Tahun Bertahan jadi Presiden FIFA-JPNN.com

ZURICH - Sepp Blatter akhirnya resmi kembali menjadi Presiden FIFA, Jumat (29/5). Pria 79 tahun kelahiran Swiss itu akan memimpin induk organisasi sepak bola dunia ini selama periode 2015-2019.

Namun, belum mulai memimpin periode kelimanya menjadi Bos FIFA, Blatter sudah diramal tak akan lama bertahan menjadi di kursi presiden.

Chairman FA (PSSI-nya Inggris), Greg Dyke mengatakan dia akan sangat terkejut jika Blatter masih bertahan sebagai presiden FIFA dalam dua tahun.

Sebelum pemilihan, Dyke adalah sosok sentral yang mendukung ide agar negara Eropa (UEFA) memboikot Piala Dunia 2018 apabila Blatter kembali menjadi presiden. Kini, setelah pemilihan di Hallenstadion di Zurich itu, Dyke juga tampak belum menyerah. "Ini belum berakhir, dengan cara apapun," tandas Dyke seperti dilansir dri ESPN.

Dyke kemudian menyinggung proses hukum yang sedang berjalan dalam kasus penipuan, suap dan pencucian uang yang melibatkan belasan petinggi FIFA.

"Mengutip Jaksa Agung (di Amerika Serikat) ini adalah awal dari proses, bukan akhir. Saya akan sangat terkejut jika dia masih dalam pekerjaan ini (presiden) dalam waktu dua tahun," kata Dyke. (adk/jpnn)


[Link to media]
Kepepet Bayar Kredit Motor, Perampok Sial Ketangkap Massa yang Pulang Jumatan-JPNN.com

KOTA - Hanafi, 42, warga Jalan Arbes Badak Kecamatan Kerinci Timur Kabupaten Pelalawan meringgis kesakitan. Sekujur tubuhnya luka lebam. Dibagian wajahnya mengeluarkan darah segar. 

Ia menderita kesakitan karena ulah konyolnya merampok pemilik warung dengan sebilah pisau dapur di Jalan Sekuntum Kecamatan Tenayayan Raya, Riau, Jumat (29/5).
    
Akibatnya bapak dua anak ini bukannya dapat uang, ia malah dipelasah warga, bahkan warga yang baru selesai ibadah salat Jumat nyaris membakar pelaku. Beruntung pihak kepolisian cepat datang dan mengamankan tersangka.
      
Diruang penyidik Polsek Tenayan Raya pria yang mengaku Sarjana Ekonomi ini mengaku melakukan aksi tersebut dilakukannya karena kepepet butuh uang untuk membayar kredit kendaraan sepeda motornya yang akan ditarik dealer. 
     
"Saya sehari-hari saya sebagai penjual ikan asin tidak mencukupi. Ini baru pertama saya merampok, karena sudah buntu cara mencari uang," ujarnya seperti dikutip dari Riau Pos (Grup JPNN).
    
Sambil sekali-kali memegang dan mengelap darah diwajahnya, Hanafi mengaku ingin menagih hasil penjualan ikan asin di daerah Tenayan Raya. Namun tidak dapat, makanya nekat merampok.

      
"Saya lihat wanita paruh baya sendirian di warung, langsung saya todong pisau meminta uang. Ternyata korban berteriak, makanya saya melukai tangan korban," tuturnya.
    
Warga yang masih berada di masjid baru selesai melaksanakan salat Jumat, langsung berdatangan memukul tersangka. 
       
Kapolsek Tenayan Raya Kompol Meilkhi Bharata SH, SIK saat dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim Ipda Sulaiman Daulai mengatakan bahwa saat pihaknya mendapatkan laporan dari warga, anggota langsung menuju TKP. Saat itu pelaku hampir dibakar massa. 

"Kami langsung mengamankan tersangka dan sebilah pisau sebagai barang bukti, sementara korban karena luka dibawa ke RS Awal Bros," terangnya. (hsb/jpnn)


[Link to media]
Miris... Guru di Pulau Terpencil Ini Masih Banyak yang Belum Sarjana-JPNN.com

BATAM - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengungkap mayoritas guru yang mengajar di pulau-pulau penyangga Kota Batam belum menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1). 

Meskipun, itu menjadi syarat mengajar sesuai dengan UU Guru dan Dosen tahun 2005. Pemerintah Kota (Pemko) Batam terpaksa mempekerjakan tenaga pendidik yang belum S1 karena kesulitan mendapatkan guru yang rela mengajar di pulau-pulau terpencil.

"Karena sulit menemukan guru dengan pendidikan tinggi yang mau mengajar di pulau, akhirnya dipekerjakan yang belum S1," kata Muslim.

Dilema itu, tutur Muslim, lantaran pendidikan di pulau tetap harus terus berjalan demi pemerataan pendidikan. Ia mengatakan Dinas Pendidikan terus berupaya mendorong guru di pulau untuk menyelesaikan pendidikan strata 1 sesuai ketentuan. Namun, akses pendidikan yang sulit di pulau menjadi kendala.

Padahal, sesuai dengan UU, maka guru yang belum memperoleh gelar sarjana tidak boleh mengajar mulai Desember 2015. Semuanya akan dialihkan sebagai tenaga administrasi di sekolah atau dinas. 

Sementara untuk seluruh kota Batam, Dinas Pendidikan mendata sekitar 250 orang guru belum memperoleh gelar sarjana.

"Yang sudah S1 sebanyak 90 persen. Hanya 10 persen saja yang tidak. Total guru di Batam 2.535 orang," kata dia.

Dari 10 persen guru yang belum menyelesaikan S1, sebanyak 80 persen di antaranya berada di pulau penyangga.
    
"Kebanyakan guru yang belum s1 itu masih berstatus honor. Jadi belum tetap," kata dia.

Sementara itu, untuk sertifikasi guru, Muslim mengatakan baru sekitar 1.000 orang guru tersertifikat. Masih terdapat sekitar 1.500 orang guru lagi yang belum mengantongi sertifikat kompetensi mengajar. Pemerintah juga akan terus mendorong sertifikasi guru agar seluruh pendidik di Batam memiliki kompetensi baik demi kemajuan pendidikan.(rna/jpnn)


[Link to media]
Pangeran Ali Mundur, Blatter Kembali jadi Presiden FIFA-JPNN.com

ZURICH - Joseph 'Sepp' Blatter terpilih kembali menjadi Presiden FIFA untuk kelima kalinya. Pada pemilihan yang digelar dalam Kongres ke-65 FIFA di Hallenstadion di Zurich, Swiss, Jumat (29/5), Blatter sah menjadi presiden usai pesaing tunggalnya Pangeran Ali bin Al Hussein mengundurkan diri.

Pangeran Ali yang digadang-gadang menerima banyak dukungan, mendadak menarik diri sebelum putaran kedua pemilihan digeber.

Dilansir dari Sky Sports, sebelumnya telah dilakukan proses pemilihan putaran pertama. Hasilnya Blatter mendapatkan 133 suara sedangkan Pangeran Ali mendapatkan 73 suara dari 206 suara yang dianggap sah dari total 209 pemilik suara.

Hal itu membuat pemilihan harus memasuki babak selanjutnya, karena belum ada yang meraih 2/3 suara anggota yang hadir. 

Nah, disinilah forum dikejutkan dengan sikap Pangeran Ali. 

Putra ketiga Raja Hussein dari Yordania itu mengumumkan pengunduran dirinya. Hal itu otomatis membuat Blatter kembali terpilih jadi presiden FIFA.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada kalian semua. Ini merupakan perjalanan yang indah. Saya ingin mengucapkan terima kasih, terutama untuk semua yang cukup berani memilih saya," kata Sang Pangeran. (adk/jpnn)


[Link to media]
Korupsi Mobil Dinas Bupati, Mantan Kabag Umum Ini Divonis Empat Tahun-JPNN.com

PADANG - Mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Hendri Tanjung divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Padang, Jumat (29/5). 

Vonis dijatuhkan karena Hendri terbukti bersalah dalam dugaan kasus korupsi pengadaan mobil dinas Bupati tahun 2010. Hendri sempat menitikkan air mata saat pembacaan vonis tersebut dilakukan. 

"Menjatuhkan hukuman pidana penjara terhadap terdakwa Hendri 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 1 bulan kurungan," ujar Hakim Asmar didampingi hakim Fahmiron dan Zalekha dalam amar putusannya.

Majelis hakim menilai, terdakwa Hendri terbukti melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan primer JPU, yakni Pasal 2 ayat (1) UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. 

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan JPU, Nazif Firdaus yang sebelumnya menuntut Hendri 5 tahun penjara dan denda 200 juta subsidair 4 bulan kurungan. 

Atas putusan tersebut, Hendri didampingi penasehat hukumnya Risman Siranggih menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari untuk menentukan sikap. 

Diberitakan sebelumnya, perkara korupsi pengadaan mobil dinas bupati dan wakil bupati tahun 2010 senilai Rp 1,4 miliar, sewaktu Hendri menjabat sebagai Kabag Umum Setkab Pasbar.

Proyek pengadaan mobil dinas tidak dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Spesifikasinya juga tidak sesuai.(v/jpnn)


[Link to media]
Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan Tujuh Trenggiling ke Jambi-JPNN.com

PALEMBANG - Jajaran Polres Banyuasin berhasil menggagalkan penyelundupan tujuh ekor hewan trenggiling (manis javanica) beserta 1 kg sisik hewan bersisik keras itu. Kendaraan pengangkut hewan dengan nomor polisi BH 1405 HO itu terjaring razia di Desa Tanjung Merbau Kecamatan Rambutan, Banyuasin.

Polisi juga mengamankan Misno, 45, sopir travel, warga Sungai Gelam Lampung yang mobilnya digunakan membawa trenggiling. Kepada polisi Misno mengatakan, trenggiling dan sisiknya rencananya mau dibawa dari Lampung menuju Jambi.

Menurut pengakuan Misno, dia hanya dititipi oleh seseorang untuk membawa hewan di lindungi ke Jambi. Nantinya ada orang yang akan menjemputnya di Kota Jambi tersebut.

"Saya hanya mengantar, barang ini punya siapa dan siapa yang akan mengambilnya saya tidak tahu," jelasnya.

Sementara itu Kapolres Banyuasin AKBP Julihan Muntaha melalui Wakapolres Imam Tarmudi didampingi Kasat Reskrim AKP Afus Sunandar mengatakan, penangkapan ini merupakan salah satu giat operasi 100 hari program Kapolri. "Trenggiling ini akan dibawa ke Jambi, selanjutnya siapa penampung dan penyuplainya masih akan diselidiki," jelasnya.

Dia melanjutkan barang bukti tujuh ekor hewan dilindungi itu tersebut akan diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk diselamatkan. Sementara tersangka diamankan di tahanan Mapolres Banyuasin untuk proses lebih lanjut.

"Tersangka dijerat undang-undang nomor 5 tahun 90 tentang konservasi sumber daya alam, pasal 21 ayat 2, karena diduga menyimpan, mengangkut menmanfaatkan satwa langka. Dengan ancaman 5 tahun kurungan," tegasnya.

Dia melanjutkan, selain barang dilindungi Trenggiling juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan membuat narkotika jenis sabu dari kulitnya.  

Sejumlah hewan masih dalam perlindungan tidak boleh dibiarkan musnah ataupun diperdagangkan tanpa melalui prosedur resmi dan sesuai aturan karena akan berdampak kepada musnahnya generasi hewan itu.

"Keberhasilan tim ini perlu diapresiasi dan sebagai bentuk pembelajaran bagi sejumlah warga untuk tetap melindungi hewan langka di daerah,"pungkasnya. (far/jpnn)


[Link to media]
Pak JK, Mahasiswa Tak Ingin Anda Resmikan Lokasi Wisata di Bintan Itu-JPNN.com

TANJUNGPINANG - Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di kota Tanjungpinang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kepri (Gempar) menggelar aksi untuk rasa di Bundaran Pamedan, kota Tanjungpinang, Jumat (29/5) Sore.

Aksi ini dilakukan sebagai bentukan atas penolakan terkait rencana kedatangan wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ke Kabupaten Bintan untuk meresmikan lokasi wisata baru di Kabupaten Bintan yang bernama Lagoi Bay di Kawasan Wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

"Kami menolak kedatangannya jika hanya untuk meresmikan tempat hiburan itu. Saat ini masyarakat bukan butuh acara-acara seremoni itu, tetapi kerja nyata mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan mutu masyarakat di Kepri, khususnya bidang pendidikan, makanya kami menolak," ujar Koordinator Aksi, Jasman.

Jasman juga mengatakan seharusnya, Jusuf Kalla sebagai Wakil presiden bisa melakukan kerja-kerja lebih penting dalam kesempatannya mengujungi Kepulauan Riau itu, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan besar yang terjadi disini.

"Mungkin lebih penting dalam kesempatan itu dia melakukan sidak ke lokasi-lokasi pasca tambang disini yang tidak dilakukan reklamasi karena dananya dikorupsi oleh para pejabat, yang menjadikan tanah disini gersang dan lahan terbuka kuning dimana-mana," kata dia.

Ditambahkannya, aksi yang digelar ini tidak hanya akan dilakukan pada saat ini. Namun pihaknya akan terus melancarkan aksi unjuk rasa dengan tuntutan penolakana atas kunjungan Wapres Jusuf Kalla hingga pada hari H nanti yang dijadwalkan tiba di Kepulauan Riau pada Minggu, 31 Mei 2015.

"Kami akan terus menggelar aksi, sampai di hari kedatangannya," ucapnya.

Pantauan di lapangan, para mahasiswa tampak membawa beberapa poster berisikan tuntutan mereka. Selain melakukan orasi, para mahasiswa juga sempat melakukan pembakaran ban di tengah jalan hingga sempat mengganggu para pengguna jalan raya yang melintas. 

Aksi yang dimulai dari pukul 14:00 WIB itu pun akhirnya membubarkan diri pada pukul 17:00 WIB yang ditutup dengan membacakan pernyataan sikap dan tuntutan mereka dalam aksi itu.(cr10/ray/jpnn)


[Link to media]
Istri dan Anak Tewas Dilindas Truk ketika Suami Berusaha Menyalip-JPNN.com

BATAM - Kecelakaan maut terjadi di depan kawasan industri Tunas, tepatnya di depan gudang PT Kokua, Batamcenter, Jumat (29/5) yang melibatkan truk trailer dengan sepeda motor Yamaha MX BP 5142 JI yang dikendarai Suwirman dan ditumpangi oleh istrinya Resti Fauziah dan anaknya bernama Revan.

Resti Fauziah, 27, yang sedang dalam keadaan hamil meninggal di tempat setelah terlindas truk trailer tersebut."Kurang lebih lima menit setelah kejadian, saya kesana karena ada ribut-ribut di jalan, korban sudah tak bernyawa lagi tergeletak di aspal," kata satpam kawasan industri Tunas, Bolia, yang kebetulan berada di tempat kejadian.

Bolia kemudian menjelaskan kecelakaan bermula ketika Suwirman bersama kedua orang anggota keluarganya sedang melaju dari arah perumahan PLN menuju kawasan industri Tunas."Dia ingin mengantarkan istrinya untuk kerja di PT Ghim Li Indonesia," ungkap Bolia.

Di tengah perjalanan, Suwirman mencoba mendahului truk trailer yang berjalan di depannya. Namun, di saat yang sama, ada mobil yang tengah melaju dari arah berlawanan.

Melihat ada mobil yang datang membuat Suwirman menurunkan gas, namun sayangnya tiba-tiba harus kehilangan keseimbangan karena stangnya membentur truk trailer. Akibatnya, Resti jatuh dari motor dan langsung dilindas oleh ban truk trailer sehingga tewas di tempat. 

Sedangkan Revan jatuh dan mengalami luka-luka, sedangkan Suwirman, walaupun sempat terjatuh juga dan mengalami shock, tidak mengalami cedera serius. Saat ini, keduanya sudah dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK).

Jenazah Resti kemudian dibawa oleh Satlantas Polresta Barelang menuju RSOB dan supir truk trailer diamankan polisi untuk dimintai keterangan.

Kecelakaan ini sempat menyebabkan kemacetan panjang sehingga polisi harus mengalihkan jalan menuju jalan depan kawasan industri untuk melancarkan lalu lintas.(leo/jpnn)


[Link to media]
Ratusan Buruh di Batam Terancam PHK, Ini Penyebabnya-JPNN.com

BATAM - Ratusan buruh terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terkait dugaan akan ditutupnya empat perusahaan di Batam. Salah satu alasan ditutupnya keempat perusahaan tersebut ialah sepi orderan, sehingga tidak mampu bertahan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadis Naker) Kota Batam, Zarefriadi mengatakan empat perusahaan ini ialah PT Aker Solusian, PT DSAW, PT Wilis Isolasi Pratama, dan PT Nan Indah. Empat perusahaan ini merupakan perusahaan yang baik. 

"Karena sebelum menutup perusahaan, mereka ada melapor kepada kita." kata Zarefriadi, Jumat (29/5).

Jumlah buruh yang terancam PHK mencapai ratusan orang, seperti dari PT Aker Solusian adalah 90 orang, PT DSAW sebanyak 59 orang, PT Wilis 160 orang, dan yang paling banyak buruh dari PT Nan Indah, dengan karyawan sebanyak 700 orang.

Menurut Zaref, perusahaan Nan Indah yang berada di Tanjunguncang dikabarkan akan mem-PHK satu pertiga karyawannya. Sedangkan sisa karyawannya akan dipindahkan ke perusahaan lain yang bersedia menampung. 

"Namun hingga saat ini perusahan itu belum mendapat perusahaan yang mahu menampung," sebutnya.

Ia melanjutkan, untuk memutuskan hubungan kerja itu tidak mudah. Sebelum memutuskan untuk menutup perusahaan, harus ada upaya-upaya awal dari perusahaan. Langkah awal yang harus ditempuh ialah, mengurangi jam lembur (over time).

"Jika masih tidak bisa, maka perusahaan harus mengambil jalan untuk mengurangi jam kerja, dan hal ini sah-sah saja," katanya.

Zaref menegaskan, hingga saat ini, Disnaker masih mengupayakan agar tidak ada PHK terhadap buruh. Jika empat perusahaan ini benar-benar akan memutuskan hubungan dengan buruh, itu artinya angka pengangguran di Kota Batam akan melunjak drastis.

"Kalau memang terjadi PHK, pengangguran di Batam akan bertambah lagi tentunya," pungkas Zaref. (rng/jpnn)


[Link to media]
Tolak KLB KNPI, Solid Dukung Kepemimpinan Rifai-JPNN.com

JAKARTA - Konflik internal melanda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pasca-kongres di Papua pada Februari lalu. Organisasi kemasyarakayan pemuda (OKP) yang tak puas dengan terpilihnya Muhammad Rifai Darus sebagai ketua umum KNPI berupaya menggelar kongres luar biasa (KLB) pada 1 Juni besok.

Namun, kubu pendukung Rifai menilai OKP yang akan menggelar KLB tak punya legitimasi. Salah satu OKP yang menolak penyelenggaraan KLB KNPI adalah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Ketua umum IMM, Beni Pramula menyatakan, hal yang harus diikuti adalah aturan main yang tertuang dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) KNPI. Berdsasar AD/ART, katanya, syarat untuk KLB adalah didukung oleh 50 persen plus 1 dari total seluruh OKP di bawah KNPI.

Saat ini ada 153 OKP di bawah KNPI. Namun, katanya, hanya 30 OKP atau sekitar 20 persen saja yang mendukung KLB.

Artinya, kata Beni, ada lebih dari 120 OKP yang tetap mendukung kepemimpinan Rifai di KNPI saat ini. “KLB bukan hal haram dalam KNPI. Tapi jika tidak sesuai AD/ART, itu menyalahi kaidah,” ujar Beni dalam rilisnya ke media, Jumat (29/5) malam.

Sikap serupa juga datang dari Ketua Umum PP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Ayub Manuel. Menurutnya, dibutuhkan sikap tegas Rifai selaku ketua umum untuk menjaga keutuhan KNPI.

Ayub juga meminta pihak-pihak yang tak puas dengan terpilihnya Rifai untuk menahan diri. “Jangan memperalat pemuda,” pintanya.

Sedangkan Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kekaryaan (Fokusmaker) Irham Kaharuddin meminta Rifai tetap konsisten memimpin dan menjalankan roda organisasi KNPI. “Agar KNPI tidak dipecah-belah oleh oknum-oknum yang tidak menginginkan pemuda Indonesia bersatu," ujarnya.(jpnn)


[Link to media]
Billy Ngaku Jomblo, Tapi Ini Syarat Kalau Mau Jadi Pacarnya-JPNN.com

BILLY Syahputra, adik kandung mendiang Olga Syahputra datang sendirian saat menghadiri Panasonic Gobel Awards 2015, Kamis (28/5) malam. Dia pun mengakui bahwa dirinya saat ini masih belum memiliki pasangan alias jomblo.

"Iya, masih sendiri Bang Billy, belum ada pacar, jomblo. Makanya minta temenin Mak Vera," kata Billy saat ditemui JPNN.com.

Sejumlah nama wanita sempat dikabarkan dekat dengan dia. Salah satunya adalah Syahnaz Sadiqa, yang merupakan adik Raffi Ahmad. Beberapa waktu lalu keduanya sempat dikabarkan menjalin hubungan spesial. Apalagi Billy dan Syahnaz merupakan host Dahsyat. 

Tapi kedekatan mereka tak lama. "Belum ada kepikiran pacaran lagi. Yang penting orangnya baik, enggak mesti artis. Orang biasa juga enggak apa-apa, yang penting juga bisa dekat sama keluarga," kata dia.

Kesibukan mengais rejeki menggantikan peran sang kakak yang sudah meninggal dunia, itulah fokus Billy saat ini. Sementara jodoh, dia terlihat santai dengan foikusnya tersebut. (mg3/jpnn)


[Link to media]
Gaji ke-13 dan Rapelan segera Dibayar-JPNN.com

JAKARTA--Pemerintah bakal mempercepat pembayaran gaji ke-13 dan rapelan kenaikan gaji PNS, TNI, Polri serta pensiunan. Ditargetkan, realisasi pembayaran sebelum puasa.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui usulan KemenPAN-RB tentang kenaikan gaji sebesar empat persen serta gaji ke-13. Saat ini tinggal menunggu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) diteken presiden.

"Sudah disetujui Presiden kenaikan gaji empat persen dan gaji 13 dibayarkan dalam waktu dekat. Apalagi Presiden melihat bulan puasa banyak kebutuhan, makanya dipercepat realisasinya," terang Yuddy di kantornya, Jumat (29/5).

Dengan dipercepatnya pembayaran rapelan kenaikan gaji dan gaji 13 ini, lanjut Yuddy, diharapkan bisa membantu seluruh aparatur PNS, TNI/Polri serta pensiunan menghadapi puasa, tahun ajaran baru, dan lebaran nanti.   

Meski besaran kenaikan gaji aparatur aktif hanya empat persen, namun pemerintah menjanjikan bila keuangan negara mencukupi ada kemungkinan ditambah lagi di tahun depan.

"Kebijakan pemerintah yang berlangsung setiap tahun ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur. Tidak hanya yang aktif saja, yang pensiun juga dapat meski persentasenya lebih kecil sekitar tiga persen," tandasnya. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Masuk Skuat Timnas Lagi, Ini Kata Andik-JPNN.com

NAMA Andik Vermansah masuk dalam skuat Pra Piala Dunia 2018 dan Pra Piala Asia 2019. Baginya, masuk dalam skuat tim nasional untuk ajang bergengsi itu jelang anugerah tersendiri.

Andik mengaku kaget bercampur senang karena akhirnya punya peluang masuk tim inti. "Saya menunggu lama, saya pikir nggak akan dipanggil lagi. Alhamdulillah dipanggil," katanya saat dihubungi, Jumat (29/5) malam.

Andik terakhir dipanggil masuk skuat Timnas Merah Putih pada 2013 silam. Ia pun akan bekerja keras untuk menembus skuat utama.

Namun, pesepak bola yang kini merumput di Selangor FA itu menegaskan bahwa sejatinya tak ada persaingan antar-pemain di Timnas Indonesia untuk menjadi yang utama. Sebab, semua pemain saling dukung.

"Tidak ada persaingan. Semua saling mendukung, agar tim mendapatkan yang terbaik. Nggak ada persaingan karena pelatih pasti tahu kebutuhan pemain, ya pemain harus nurut dengan keputusan pelatih," terangnya.

Lantas, apakah Andik akan diizinkan oleh Selangor FA untuk ikut training center (TC) Timnas Indonesia? Pesepak bola kelahiran Jember, Jawa Timur itu mengaku optimistis bakal mendapat izin dari Selangor FA untuk ikut TC timnas. Sebab, di Selangor juga ada lima pemain yang masuk di Tim senior Malaysia.

Andik berharap, kali ini performanya yang apik di Liga Malaysia bisa muncul saat di Timnas. Dengan pelatih yang baru, dia ingin Timnas Merah Putih bisa lebih disiplin.(dkk/jpnn)


[Link to media]
UNESCO Tetapkan Situs Warisan Dunia Great Barrier Reef tidak dalam Bahaya-JPNN.com

Badan Konservasi PBB UNESCO menetapkan situs hamparan terumbu karang terluas di dunia yang ada di perairan Australia Great Barrier Reef (GBR) tidak masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia yang dalam bahaya kelestariannya.

Ini merupakan keputusan yang signifikan bagi  Pemerintah Queensland dan Pemerintah Federal Australia, namun keputusan UNESCO ini masih menyisakan potensi bencana bagi industri pariwisata.

Rancangan keputusan dari UNESCO ini telah memicu kekhawatiran dari sejumlah kalangan tentang buruknya kondisi situs hamparan terumbu karang itu dan menekankan Komite Situs Warisan Dunia untuk  meninjau ulang kemajuan kondisi di situs itu pada tahun 2017. Komite Warisan Dunia UNESCO yang terdiri dari 21 negara akan memutuskan apakah akan menerima keputusan UNESCO ini atau tidak pada pertemuan di Jerman yang akan digelar beberapa minggu mendatang. Dalam keputusannya UNESCO menyatakan Komite Warisan Dunia direkomendasikan untuk memerintahkan Pemerintah Australia menyampaikan perkembangan dari kemajuan Rencana Kelestarian Jangka Panjang situs Great Barrier Reef untuk dievaluasi oleh Pusat Warisan Dunia dan IUCN. Jika kemajuan upaya pencegahan itu tidak dilakukan maka keputusan ini akan kembali dievaluasi dalam sidang Komisi Warisan Dunia tahun 2017 mendatang. "Sangat penting kiranya Rencana Aksi Jangka Panjang Kelestarian itu benar-benar dapat memberikan hasil upaya pencegahan yang dapat memberikan kepastian bahwa nilai-nilai luar biasa universal dari ekosistem di kawasan GBR itu memang tidak menghadapi atau berpotensi dalam kondisi terancam bahaya kelestariannya," UNESCO juga merekomendasikan agar Komite Warisan Dunia mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Australia yang dianggap telah menghasilkan kemajuan signifikan di kawasan GBR. 

Upaya yang dimaksud antara lain Australia membatalkan keputusan awalnya membolehkan pembuangan limbah tanah kerukan dari sejumlah proyek pemerintah di kawasan perairan itu yaitu perluasan pelabuhan batubara Abbott Point dan melarang permanen pembuangan material tanah kerukan dari semua proyek pengerukan di ibukota Queensland di perairan yang terdapat situs tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup Federal, Greg  Hunt  menyambut baik keputusan UNESCO ini, dan mengatakan keputusan ini mengaku kerja keras yang belum pernah dilakukan oleh pemerintah federal dan Queensland sebelumnya untuk mengatasi masalah dan melindungi terumbu karang di GBR.

Hunt mengatakan pemerintah telah menggelontorkan anggaran sebagai bentuk investasi dalam perlindungan terumbu tambah hingga  $2 miliar selama 20 tahun ke depan.

"Jadi dalam hal respon internasional, ini merupakan dukungan yang luar biasa, tapi kami ingin memastikan bahwa kami menjaga tekanan pada diri kita sendiri dan akan mengundang pengawasan internasional dalam jangka panjang, saya pikir ini adalah keputusan yang  sangat berharga, " kata Hunt. "Dunia juga telah mengakui bahwa Australia telah membuat langkah besar selama 12 bulan terakhir. upaya yang lebih banyak masih perlu terus dilakukan, tapi ini adalah hasil yang baik untuk situs terumbu karang GBR dan hasil yang baik bagi Australia," katanya. Menteri Lingkungan Queensland Steven Miles juga mengapresiasi keputusan UNESCO ini. Miles mengaku gembira rencana yang dilakukan pemerintah membuahkan hasil meski ada ancaman dari perubahan iklim. "Ini merupakan kabar yang benar-benar baik, karena artinya para ilmuwan di Komite Warisan Dunia dan IUCN (International Union for Conservation of Nature) menilai dan mengakui rencana kita  mampu melindungi dan meningkatkan kondisi Great Barrier Reef," katanya. Sejumlah organisasi lingkungan di Australia seperti  WWF menyambut gembira hasil keputusan UNESCO terhadap situs GBR, tapi sebagian lainnya mengaku kecewa.  Greenpeace merupakan pihak yang kecewa dengan keputusan ini, menurut Greenpeace,  UNESCO perlu memantau ketat pelaksanaan rencana masa depan pemerintah di kawasan itu termasuk ekspansi pelabuhan batubara Abbot Point. laporan Terumbu Karang 2050 memperingatkan perubahan iklim menjadi sumber ancaman terbesar yang dihadapi situs GBR karena suhu air laut yang terus menghangat akan menyebabkan terumbu karang laut memutih. Pemerintah Federal Australia telah berkomitmen menggelontorkan dana senilai $140 juta untuk pendanaan terumbu karang yang akan diinvestasikan pada sejumlah proyek yang bertujuan memperbaiki kualitas air dan habitat di perairan itu sekaligus mengatasi bintang laut  berduri yang dapat merusak terumbu karang. Pemerintah Federal juga memperkirakan  anggaran senilai $2 miliar akan digunakan pemerintah negara bagian dan commonwealth untuk upaya perlindungan, pengelolaan dan riset terumbu karang GBR dalam beberapa dekade mendatang. 

 


[Link to media]
Pak Jokowi, Tolong Keluarkan Perpres Pengendalian Harga Sembako-JPNN.com

JAKARTA - Kenaikan signifikan terhadap sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat yang diprediksi akan terus terjadi jelang Ramadan dan Idul Fitri harus segera disikapi Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR, Heri Gunawan, sudah semestinya Jokowi segera menerbitkan  peraturan presiden tentang penetapan dan penyimpanan barang kebutuhan pokok.

Heri mengungkapkan, harga barang kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional selama Mei 2015 ini menunjukkan tren kenaikan. Jika tak diantisipasi, kondisi itu dikhawatirkan akan memperburuk inflasi.

"Pemerintah harus segera mengantisipasinya sejak dini. Jika tidak, kenaikan harga barang kebutuhan pokok tersebut akan berdampak pada kenaikan inflasi. Karenanya, saya mendorong agar pemerintah segera mengeluarkan perpres tentang penetapan dan penyimpanan parang kebutuhan pokok," kata Heri, Jumat (29/5).

Lebih lanjut Heri menjelaskan, dengan perpres itu maka kewenangan menteri perdagangan bisa lebih diperkuat. Sebab, katanya, saat ini, kewenangan menteri perdagangan masih terbatas pada kondisi-kondisi normal.

"Namun jika dihadapkan pada kondisi-kondisi tertentu seperti terganggunya perdagangan nasional, gangguan pasokan, dan kondisi harga di atas harga acuan, maka menteri perdagangan akan kelimpungan dan kacau," jelasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Ngaku Jomblo, Ini Wanita Idaman Bang Billy-JPNN.com

JAKARTA - Billy Syahputra, adik kandung dari Olga Syahput datang sendirian saat menghadiri Panasonic Gobel Awards 2015, Kamis (28/5) malam. Dia pun mengakui bahwa dirinya saat ini masih belum memiliki pasangan alias jomblo.

"Iya, masih sendiri Bang Billy, belum ada pacar, jomblo. Makanya minta temenin Mak Vera," kata Billy saat ditemui JPNN.com.

Sejumlah nama wanita sempat dikabarkan dekat dengan dia. Salah satunya adalah Syahnaz Sadiqa, yang merupakan adik Raffi Ahmad. Beberapa waktu lalu keduanya sempat dikabarkan menjalin hubungan spesial. Apalagi Billy dan Syahnaz merupakan host Dahsyat. 

Tapi kedekatan mereka tak lama. "Belum ada kepikiran pacaran lagi. Yang penting orangnya baik, enggak mesti artis. Orang biasa juga enggak apa-apa, yang penting juga bisa dekat sama keluarga," kata dia.

Kesibukan mengais rejeki menggantikan peran sang kakak yang sudah meninggal dunia, itulah fokus Billy saat ini. Sementara jodoh, dia terlihat santai dengan foikusnya tersebut. (mg3/jpnn)


[Link to media]
Ternyata Koh Ahok Jaim soal Warga Pinangsia-JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah memberikan instruksi agar menyediakan kendaraan untuk warga Pinangsia, Jakarta Barat yang menjadi korban penggusuran. Kendaraan itu nantinya bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang warga ke rumah susun.

Perintah dari Ahok itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso di depan perwakilan warga Pinangsia yang mendatangi gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (29/5). Pertemuan itu tidak hanya dihadiri oleh warga, tetapi juga diikuti sekretaris Pemerintah Kota Jakarta Barat, camat Tamansari, lurah Pinangsia dan pejabat dinas penataan kota.

"Kalau mau pindah ke rumah susun, buat angkut barang-barangnya, kami sediakan mobil," kata Kukuh.

Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarief juga hadir dalam pertemuan itu. Politikis Gerindra itu mengaku mengapresiasi Ahok.

Kata Syarif, mantan bupati Belitung Timur itu ternyata memperhatikan kelangsungan hidup warga Pinangsia. "Pak Gubernur ternyata diam-diam nyuruh Pak Kukuh. Jadi gubernur selama ini marah-marah itu dia jaim (jaga image) aja. Dia udah ngusir tapi diam-diam kasihan juga sama warga," ucap Syarif.

Dalam pertemuan itu, DPRD memberikan rekomendasi kepada Pemprov DKI agar memberi kesempatan kepada warga supaya tetap bertahan di lokasi untuk sementara waktu. ‎DPRD memberikan tenggat waktu selama 10 hari.

Selama 10 hari itu, Pemprov DKI harus menyediakan tenda-tenda yang laik untuk tempat tinggal sementara warga. ‎Selain itu, warga yang diberi tenggat 10 hari untuk mengemasi segala barangnya juga harus disediakan layanan jasa kesehatan.

Syarif mengatakan, tenda yang sekarang digunakan warga tidak memenuhi persyaratan. Karenanya, dia menuturkan, warga Pinangsia jangan dipaksa pindah‎.

"Beri waktu paling enggak satu minggu ini sudah beres. Paling lama 10 hari sebelum puasa sudah harus kosong," tandas Syarif.‎(gil/jpnn)

 


[Link to media]
Ini Saran Penting untuk Pansel KPK, Mohon Disimak-JPNN.com

JAKARTA - Akademisi yang juga sosiolog, Imam B Prasodjo mengaku telah memberikan banyak masukan ke panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK tentang kriteria kandidat komisioner di lembaga antirasuah itu. Imam yang juga pernah dipercaya duduk di pansel capim KPK periode 2011-2015, menggingatkan bahwa salah satu kriteria yang harus diutamakan adalah  leadership.

"Anda bayangkan jika pimpinan KPK tidak punya leadership. Leadership sangat penting karena akan menghadapi presiden dan anggota DPR. Ibaratnya ini masuk level nasional sehingga tidak boleh grogi. Punya sikap, punya integritas. Itu yang sangat penting," ujar Imam usai bertemu pansel capim KPK di kantor Setneg, Jakarta, Jumat (29/5).

Imam mengakui, tidak mudah mencari calon pimpinan KPK yang memiliki integritas, jujur, bertanggung jawab dan adil. Menurutnya, perlu penelusuran khusus untuk mengetahuinya.

"Itu juga butuh masukan publik. Orang tukang ngemplang misalnya, pansel tidak bisa tahu tanpa dikasih tahu oleh masyarakat," imbuhnya.

Imam juga menyinggung masalah independensi. Menurutnya, kriteria itu menjadi salah satu yang harus diperhatikan pansel terhadap calon yang mendaftar. Sebab, jangan sampai pimpinan KPK menjadi bagian dari kepentingan politik praktis.

"Politik untuk membawa keadilan itu politik sebenarnya. Tapi kalau politik praktis dijadikan tunggangan partai, itu jadiin tersangka nih yang ini. Tidak bisa begitu," tegas guru besar sosiologi di Universitas Indonesia itu.

Imam juga mengingatkan ketika nama calon pimpinan KPK sudah mengerucut menjadi delapan orang dan diserahkan ke presiden, pansel dan para calon harus menandatangani pakta integritas. Pakta integritas itu berisi perjanjian bahwa pimpinan KPK yang terpilih tidak akan mundur di tengah masa kepemimpinannya. Apalagi karena akan berpindah ke jabatan politis lainnya.

Pimpinan KPK juga harus menyelesaikan masa jabatannya penuh selama empat tahun. "Itu yang kami lakukan dulu sebelum diserahkan (ke presiden, red), harus tanda tangan dulu perjanjiannya," sambung Imam.

Terakhir, kata Imam, pansel juga harus memperhatikan kapasitas setiap calon sebagai penegak hukum. Bukan hanya kapasitas sebagai penindakan tapi juga kemampuan melakukan pencegahan, manajerial, dan ‎memperkuat sistem informasi teknologi.

"Jangan semuanya penyerang. Tapi harus ada kiper, bek kanan dan bek kiri. Tapi ya itu lagi, pansel harus membujuk anggota DPR.  Jangan semuanya penyerang. Letak masalahnya DPR kan kadang logikanya beda. Pemain bola semuanya kiper lagi yang dipasang, kan susah," tandas Imam.(flo/jpnn)


[Link to media]
IHSG Hat-trick di Zona Merah-JPNN.com

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) akhir pekan berakhir di zona merah. Untuk kali ketiga, secara beruntun indeks turun setelah sore ini IHSG ditutup minus 21,02 poin (0,40 persen) menjadi 5.216,37 dan indeks LQ45 terkoreksi 6,08 poin (0,67 persen) ke level 904,13.

IHSG turun setelah hanya ada sebanyak 119 saham naik. Sebaliknya, 168 saham turun, 83 saham tidak bergerak, dan 182 saham tidak ditransaksikan.

"Hari ini investor membukukan transaksi sebesar Rp 10,44 triliun, terdiri atas transaksi reguler Rp 8,48 triliun dan transaksi negosiasi Rp 1,96 triliun. Di pasar reguler, investor asing membukukan transaksi jual bersih (net sell) sebesar Rp 129 miliar," ungkap tim riset PT Mandiri Sekuritas, sore tadi (29/5).

Sebanyak sembilan sektor saham melemah yang dipimpin sektor pertambangan dengan penurunan -2,32 persen dan sektor konsumsi -1,06 persen. Saham di sektor pertambangan yang paling terkoreksi adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) yang turun -5,92 persen dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang turun -2,96 persen. Di sektor konsumsi, saham yang paling melemah adalah PT Prasidha Aneka Niaga Tbk (PSDN) sebesar -14,41 persen dan PT Kedaung Indah Can Tbk (KICI) sebesar -7,78 persen.

Dari Asia, indeks saham utama bergerak mixed. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Nikkei225 di Jepang yang naik sebesar +0,06 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang menguat sebesar +0,19 persen. Sebaliknya, indeks Hang Seng di Hongkong terkoreksi sebesar -0,11 persen dan indeks Straits Times di Singapura terkoreksi -0,99 persen.

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa melemah sejak dibuka siang tadi. Indeks DAX di Jerman turun -1,01 persen, indeks CAC di Perancis terkoreksi -0,86 persen, serta indeks FTSE100 di Inggris melemah -0,19 persen.

Di pasar valas, nilai tukar rupiah terkoreksi sebesar -1,5 poin (-0,01 persen) ke Rp13.224 per dolar AS (USD) setelah bergerak di kisaran Rp13.197-Rp13.232 per USD.(jawapos)


[Link to media]
Hadirkan 15 Saksi, KPK Gelar Rekonstruksi Kasus Korupsi Ratu Atut-JPNN.com

JAKARTA - Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menjalani rekonstruksi kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di gedung KPK, Jumat (29/5). Rekonstruksi ini diikuti juga oleh 15 orang saksi, termasuk Siti Halimah alias Iim yang merupakan mantan sekretaris pribadi Atut.

"Penyidik kasus tindak pidana pemerasan alat kesehatan kesehatan Banten dengan tersangka RAC (Ratu Atut Chosiyah) hari ini melakukan rekonstruksi. Kegiatan dilakukan di Gedung KPK," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha kepada wartawan di kantornya.

Priharsa menjelaskan, rekonstruksi dilakukan di KPK dengan pertimbangan efektifitas dan keamanan. Pasalnya, selain diikuti dua orang berstatus tahanan, jumlah saksi yang relatif banyak juga menjadi pertimbangan.

"Sehingga tanpa mengurangi substansi, maka rekonstruksi dilakukan di Gedung KPK," katanya.

Selain Iim, dalam rekonstruksi ini penyidik KPK menghadirkan sekretaris pribadi Ratu Atut lainnya, yakni Alinda Agustine Quintansari dan Riza Martina. Tak hanya itu, penyidik juga memanggil Yayah Rodiah dari swasta, pegawai Dinas Kesehatan Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Banten, Dian Hermawati, Santi Rahayu dari swasta.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Prov. Banten, Ajat Drajat Ahmad Putra, Yusuf Supriyadi dari pihak swasta juga dihadirkan. Selanjutnya, ada mantan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Banten, Djaja Budi Suharja, Rafei selaku supir pribadi Atut, Esih selaku Pekerja Rumah Tangga (PRT), Pemilik PT Java Medica, Yuni Astuti, Eneng Sumiyati selaku PRT Atut, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Banten, Jana Sunawati, dan Ade Soefian Kurnia selaku swasta.

Diberitakan, KPK menetapkan Ratu Atut dan Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan, di Dinas Kesehatan Provinsi Banten tahun anggaran 2011-2013. Keduanya resmi berstatus tersangka sejak 6 Januari 2014.

Atut dan Wawan disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (dil/jpnn)


[Link to media]
Kongres FIFA Sempat Diancam Bom-JPNN.com

ZURICH - Tensi Kongres ke-65 FIFA di Zurich semakin panas usai kongres diancam bom Jumat (29/5) waktu setempat.

Dilansir dari Sky Sports, ancaman tersebut menyusul konfirmasi pihak kepolisian Zurich yang membenarkan telah menerima ancaman bom lewat telepon. 

Seperti yang diungkapkan juru bicara Kepolisian Zurich, Brigitte Vogt, pihaknya langsung mendatangi tempat Kongres FIFA digelar.

Beruntung, saat itu anggota delegasi tengah menjalani istirahat makan siang. Proses pemeriksaan ruangan pun cepat dilakukan. Hasilnya, pihak kepolisian menilai gedung aman dan kongres bisa kembali dilanjutkan.

"Kami menerima ancaman bom. Setelah berkonsultasi dengan pihak keamanan, kami sepakat untuk melakukan pemeriksaan. Kini, kondisi gedung dan sekitarnya telah aman. Kongres dapat kembali berjalan,” tegas Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke. 

Kini di kongres, sedang berlangsung pemaparan visi misi kandidat Sepp Blatter. Sebelumnya Pangeran Ali bin Al Hussein, telah memaparkan programnya. (adk/jpnn)


[Link to media]
Pasrah Jadi Pesakitan, Atut Emoh Ajukan Gugatan Praperadilan-JPNN.com

JAKARTA - Tiga putusan praperadilan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) telah membuat tiga tersangka korupsi yang dijerat KPK melenggang dari jerat hukum. Ketiga tersangka itu adalah Komjen (Pol) Budi Gunawan, mantan wali kota Makassar Ilham Arief Siradjuddin, serta mantan direktur jenderal pajak Hadi Pernomo.

Putusan itu bahkan dikhawatirkan menginspirasi munculnya gugatan serupa. Pasalnya, dalam perkara itu hakim menyatakan bahwa penyidikan KPK yang dilakukan oleh personel non-Polri tidak sah.

Namun, mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang menjadi tersangka kasus korupsi alat kesehatan dan pemerasan, mengaku tak tertarik untuk mengajukan gugatan praperadilan. "Soal mengajukan praperadilan, saya tidak akan mengajukan itu," kata Atut usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (29/5) malam.

Seperti diketahui, Atut setidaknya menjadi tersangka dalam dua kasus yang tengah ditangani KPK. Sebelumnya, Atut juga  sudah menjadi pesakitan setelah dinyatakan terbukti bersalah oleh Pengadilan Tipikor Jakarta karena menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Meski punya catatan kasus yang panjang, Atut ternyata sudah pasrah menghadapi semua proses yang ditetapkan KPK. Alasan itu lah yang membuatnya urung mengajukan gugatan praperadilan.

"Saya mengikuti proses hukum yang sedang berjalan. Jadi tidak ada rencana praperadilan. Itu saja," pungkasnya.(dil/jpnn)


[Link to media]
Terancam Karena Ungkap Kasus Ijazah Palsu? Segera Lapor LPSK-JPNN.com

JAKARTA – Kasus penggunaan ijazah palsu kembali marak diperbincangkan. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir pun mengungkap adanya perguruan tinggi yang disinyalir tidak melaksanakan proses perkuliahan, namun mengeluarkan ijazah. Kabar ini sontak mengejutkan. Sejumlah menteri hingga kepala daerah langsung bereaksi dan memperingatkan para pegawainya yang terbukti menggunakan ijazah palsu, dapat disanksi hingga pecat.

Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai mengimbau masyarakat atau pihak-pihak yang mengetahui adanya praktik jual-beli ijazah palsu ataupun mereka yang menggunakan gelar akademik bodong itu demi kepentingan pribadi, agar segera melaporkannya kepada pihak terkait. 

“Para pelapor tidak perlu takut, karena kerahasiaan identitas dan keamanan dijamin undang-undang,” kata Semendawai di Jakarta, Jumat (29/5).

Sejalan dengan Menteri Ristek dan Dikti, Semendawai menilai kasus ijazah palsu sangat merugikan. Bahkan, dampaknya bisa mengganggu kepentingan nasional yang lebih besar. “Bagaimana Indonesia bisa menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing di kancah internasional demi kemajuan bangsa, jika menggunakan ijazah palsu?” ujar dia.

Menurut Semendawai, praktik ijazah palsu ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Karenanya, pasti ada pihak yang terlibat atau menggunakan ijazah palsu, saat ini tengah “duduk” nyaman. Karena itulah, bagi yang mengetahui, tidak perlu ragu untuk melapor. 

Jika memang ada ancaman terhadap mereka yang berniat melapor atau mengungkap kasus ini, LPSK siap memberikan perlindungan karena itu merupakan tugas dan fungsi LPSK sesuai amanat UU.

Masih kata Semendawai, sesuai Pasal 5 huruf a Undang-undang (UU) 31 Tahun 2014  tentang Perubahan Atas UU No 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, disebutkan, setiap saksi berhak memperoleh perlindungan atas keamanan pribadi, keluarga, dan harta bendanya, serta bebas dari ancaman yang berkenaan dengan kesaksian yang akan, sedang, atau telah diberikannya. 

“Pada pasal yang sama huruf i, juga ditegaskan hak saksi untuk dirahasiakan identitasnya,” ujar dia. (mas/jpnn) 


[Link to media]
Ini Pemain Timnas Senior Pra Piala Dunia dan Pra Piala Asia-JPNN.com

PELATIH sementara timnas senior Indonesia, Pieter Huistra, akhirnya mengumumkan 25 pemain yang masuk dalam tim Pra Piala Dunia (PPD) 2018 dan Pra Piala Asia (PPA) 2019.

Dari nama-nama yang telah diumumkan di situs PSSI, ada kejutan muncul. Andik Vermansah yang sebelumnya tak disukai dan tak dilirik sedikitpun di era Alfred Riedl, ternyata kini dipanggil kembali.

Huistra menyebut pemain-pemain yang dipilihnya adalah pilihan terbaik. Selain itu, pelatih asal Belanda tersebut merasa cocok dengan gaya bermain pemain-pemain itu.

"Itu merupakan pasukan terkuat sepakbola Indonesia. Mereka juga saya pilih murni karena memang saya mengetahui cara mereka bermain dan sesuai dengan apa yang saya inginkan," katanya di situs PSSI.

Terkait lokasi dan waktu TC, Huistra enggan membeberkan dengan rinci. Dia masih menunggu bagaimana keputusan FIFA, apakah akan memberi sanksi, atau kembali menunda. (dkk/jpnn)

Ini 25 pemain:

Kiper: I Made Wirawan (Persib Bandung), Choirul Huda (Persela Lamongan), Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta).

Bek: Yustinus Pae (Persipura Jayapura), Hasim Kipuw (Arema Indonesia), Victor Igbonefo (Arema Indonesia), Bio Paulin Pierre (Persipura Jayapura), Dominggus Fakdawer (Persipura Jayapura), Achmad Jufrianto (Persib Bandung), Ruben Karel Sanadi (Persipura Jayapura), Dias Angga Putra (Persib Bandung).

Tengah: Hariono (Persib Bandung), I Gede Sukadana (Arema Indonesia), Raphael Maitimo (Sriwijaya FC), Imanuel Wanggai (Persipura Jayapura), Dedi Kusnandar (Persib Bandung), Nelson Alom (Persipura Jayapura), Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura), Rachmat Hidayat (PBR), Andik Vermansyah (Selangor FC), Atep (Persib Bandung), Zulham Malik Zamrun (Persipura Jayapura).

Depan: Ferdinand Sinaga (Sriwijaya FC), Serginho Van Dijk (Suphanbury FC), Boaz Salossa (Persipura Jayapura).


[Link to media]
Inilah Janji Erick Thohir untuk Inter Musim Mendatang-JPNN.com

MILAN – Erick Thohir berjanji bakal membangun skuat Inter Milan yang sangat tangguh. Janji itu dilontarkan setelah ada rumor Inter bakal bersikap pasif pada bursa transfer musim panas nanti.

“Kami akan terus bekerja untuk memperkuat tim dan memastikan Roberto Mancini bisa memiliki kualitas tertinggi serta tim yang paling kompetitif di lapangan,” terang Erick di laman Football Italia.

Raksasa Italia berjuluk I Nerazzurri itu saat ini terus berusaha mendatangkan gelandang Manchester City Yaya Toure. Selain itu, Inter juga ingin membajak Stevan Jovetic.

Cukup? Belum. Inter juga berniat membajak Mehdi Benatia dari Bayern Muenchen. Namun, belum ada satupun dari tiga pemain itu yang berhasil didatangkan.

“Hal paling penting, keinginan saya sebagai pemilik ialah untuk berinvestasi di Inter. Kami akan memberikan performa terbaik untuk fans Inter di seluruh dunia,” tegas Erick. (jos/jpnn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


[Link to media]
Jessica Iskandar Tampil Hot dengan Gaun Menantang, Ini Penampakannya-JPNN.com

PRESENTER Jessica Iskandar tampil ngejreng saat menghadiri pengumuman pemenang Panasonic Gobel Awards, Kamis (28/5) malam. Penyandang status janda itu tampil hot dengan gaun merah menantang yang memerlihatkan belahan dadanya.

Soal pilihan gaun untuk hadir di ajang bergengsi itu Jessica mengaku tak punya pilihan lain. Berat badan Jessica  memaksa bekas istri Ludwig Franz Willibald itu memilih gaun merah koleksinya yang pas di tubuh.

“Cuma ini yang bisa dirombak ukurannya. Aku kan belum turun delapan kilogram sejak melahirkan sampai sekarang," ungkap Jessica.

Gaun merah itu membuat beberapa bagian tubuh Jessica menjadi sorotan kaum Adam yang hadir di PGA 2015. Apalagi, Jessica mengkombinasikan gaun dengan belahan hingga paha itu dengan high heels.

Apakah tidak merasa risih jadi sorotan? Jessica sepertinya cuek.

"Ah, enggak apa-apa, belum turun delapan kilo lagi. Normalnya aku 51 kilogram, sekarang 59. Aku nyaman-nyaman saja kok, apalagi ada anak sekarang," katanya.(mg3/jpnn)


[Link to media]
Peluncuran Pertalite Masih Terganjal Izin-JPNN.com

JAKARTA - PT Pertamina berharap bisa segera memperkenalkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru bernama Pertalite kepada masyarakat. Awalnya, Pertalite bakal diluncurkan awal Mei ini.

Namun, hingga kini perusahaan pelat merah itu tak kunjung memperkenalkannya pada masyarakat. VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, perseroan saat ini masih berkutat dengan perizinan.

"Kami sedang urus izin niaganya, mestinya nggak terlalu lama. Kami berharap jangan terlalu lama, karena udah ngomong kemana-mana tapi belum launching. Kami berharapnya gitu (pertalite segera diluncurkan-red)," kata Wianda saat ditemui di SPBE Cakung, Jakarta, Jumat (29/5).

Sementara itu, terkait restu DPR yang disebut-sebut tidak setuju dengan hadirnya Pertalite, Wianda langsung membantahnya. Wianda mengklaim, DPR hanya butuh penjelasan kalau hadirnya pertalite bukan sebagai pengganti premium.

"Nggak, DPR cuma komunikasi aja, update progresnya saja seperti apa (ke DPR). Bahwa ini bukan sebagai pengganti premium. Kami harapkan ini jadi suatu produk yang dapat diteriama baik oleh semua," harap Wianda. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
Orang Tua Disarankan Pindahkan Anak dari Sekolah Islam Bermasalah di SA-JPNN.com

Serikat Sekolah Independen di Australia Selatan menyarankan orang tua murid di Sekolah Islamic College mempertimbangkan keputusan untuk memindahkan anak mereka ke sekolah lain sebagai dampak dari kontroversi yang terus berlanjut mengenai pengelolaan dan kurikulum di sekolah tersebut.

Sebuah kajian mengenai situasi dan kondisi di sekolah yang berada di Croydon itu dilakukan atas perintah Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan menyusul keluhan yang disampaikan sejumlah orang tua murid di sekolah itu beberapa waktu lalu.

Sejumlah aksi unjuk rasa berlangsung di sekolah itu, orang tua murid menuding dewan sekolah melakukan penyelewengan yang menyebabkan sejumlah staf di sekolah itu dipecat dan prestasi akademis sekolah itu terus menurun. Serikat Pendidikan Independen yang mewakili 200 sekolah di Australia Selatan termasuk Islamic College. Sekretaris lembaga ini, Glen Seidel, mengatakan Croydon college terlibat dalam serangkaian kasus hukum lain sementara kasus yang lainnya akan dikumpulkan. Seidel meyakini kalangan orang tua perlu mengambil tindakan mendasar yang drastis untuk mengakhiri situasi ini. "Pada akhirnya, yang harus mereka lakukan adalah menarik anak-anak mereka dari sekolah itu dan membiarkan sekolah itu tanpa murid. Itu daya tawar utama mereka," katanya. "Solusinya adalah perubahan budaya di sekolah itu dan untuk melakukan perubahan budaya yang benar, Anda benar-benar perlu dilakukan dari dalam," "Saya benar-benar menyarankan orang tua murid di sekolah Islamic College menyuarakan keprihatinan mereka dengan keras," Menurut Seidel beberapa dari orang tua murid itu sudah memindahkan anaknya dari sekolah itu. "Tapi meninggalkan sekolah itu merupakan upaya terakhir karena ada banyak siswa yang memiliki banyak kenangan di sekolah itu dan mereka ingin tetap bersekolah disana karenanya jika mereka pergi maka sekolah itu akan dihancurkan," Salah satu orang tua murid, Souraya Serhan mengatakan menarik siswa dari sekolah itu merupakan pilihan yang mudah. "Itu akan menjadi jalan keluar yang mudah untuk dilakukan, tapi kami tidak menghendaki jalan keluar yang mudah," katanya. "Karena sekolah ini sudah berdiri lama sebagai sekolah yang sukses, meninggalkan sekolah ini  itu tidak akan menyelesaikan apa-apa. "Kita perlu melanjutkan pertarungan ini dan kita perlu melanjutkannya dengan bersatu sebagai komunitas dan juga kelompok," Sekolah-sekolah Islam yang tengah menjadi sorotan ini dikelola oleh Dewan Sekolah Islam Australia yang mengoperasikan sejumlah sekolah serupa di negara bagian lain. Beberapa orang tua mengatakan kepada ABC kalau kurikulum islam yang sangat konservatif  diajarkan di sekolah yang memiliki murid lebih dari 600 orang. Mereka mengklaim staf yang berbeda pendapat dan menentang kurikulum konservatif ini telah diskors atau dipecat dari sekolah itu. Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan kini sedang menyelidiki tuduhan adanya penyelewengan penggunaan keuangan di sekolah itu yang menerima 10 persen dari dana anggaran pendidikan Pemerintah Negara bagian yang 70 persennya berasal dari anggaran Pemerintah Federal. Sebuah perusahaan PR telah ditunjuk untuk menangani permintaan wawancara media dengan ketua Dewan Sekolah Islam Australia, Farouk Khan. Mereka mengatakan Khan tidak tersedia untuk diwawancarai. 
[Link to media]
Tatap Matanya..Tubuhnya..Ooh Jessica Iskandar Tampak Hot dengan Gaun Merah-JPNN.com

TIDAK ada pilihan lain, itulah yang alasan yang diungkap Jessica Iskandar mengenai pakaian yang dia kenakan saat ditemui JPNN.com, saat malam penghargaan Panasonic Gobel Awards, tadi malam (28/5).

"Iya, cuma ini yang bisa dirombak ukurannya. Aku kan, belum turun delapan kilogram sejak melahirkan sampai sekarang," ungkap Jessica.

Gaun merah mentereng itu membuat beberapa bagian tubuh janda Ludwig Franz ini menjadi sorotan kaum Adam malam tadi. Apalagi, Jessica menambahkan high heels dalam penampilan anggunnya.

Padahal, usia dia masih terbilang muda (27), namun dia sukses tampil dewasa. Selain itu dia merasa nyaman dengan bobot tubuhnya yang belum kunjung turun.

"Ah, enggak apa-apa belum turun delapan kilo lagi. Normalnya aku 51 kilogram, sekarang 59. Aku nyaman-nyaman saja kok, apalagi ada anak sekarang," kata dia. (mg3/jpnn)


[Link to media]
Menteri Jonan Tantang Duel Pemilik Sekolah Pilot-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan geram dengan ulah para pengusaha yang ingin membangun sekolah pilot namun meminta pemerintah menyediakan infrastrukturnya.

"Coba suruh semua pemilik sekolah pilot itu menghadap saya, debat di TV, saya tungguin. Coba saya kepengin tahu kalau (mereka-red) berani," tantang Jonan di kantornya, Jakarta, Jumat (29/5) petang.

Mantan dirut PT KAI itu mengaku menghormati setiap perjanjian dengan pengusaha, termasuk pemilik sekolah penerbangan. Di Kemenhub, sambung Jonan, aturan menyebutkan, kontrak dengan pihak swasta mengenai sekolah penerbangan hanya selama 18 bulan.

Setelah tenggat waktu habis, kontrak bisa diperpanjang atau dibatalkan. Itu tergantung pemilik tempat sekolah penerbangan tersebut. "Kalau memang kontraknya belum habis ya enggak mungkin kami suruh pergi. Tapi ini kan sudah kami kasih tahu 18 bulan sebelumnya. Kalau ini habis ya silahkan pergi," jelas Jonan.

Karena itu, Kemenhub mempersilakan pengusaha tersebut mencari tempat atau bandara lain untuk sekolah penerbangan. Namun, Jonan keberatan jika para pengusaha tersebut meminta pemerintah untuk menyediakan fasilitas sekolah penerbangan.

"Masa dia mau bikin sekolah, kami yang sediakan tempatnya. Loh gimana kan? Kewarasannya enggak ada. Wong kalau dia untung, pemerintah juga enggak minta," sindir menteri asal Surabaya ini. (chi/jpnn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


[Link to media]
Perkirakan Proses Pilkada Serentak Bakal Banyak Masalah-JPNN.com

JAKARTA – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 269 daerah pada 9 Desember nanti memunculkan pertanyaan tentang kualitas figur kada yang bakal dihasilkan. Pasalnya, kualitas penyelenggaraan pilkada justru semakin menurun dalam sepuluh tahun terakhir.

Menurut Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI), Jeirry Sumampow, format penyelenggaraan pilkada memang terus diubah demi menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu menjawab kebutuhan daerah. Namun, belum tentu perbaikan format pilkada otomatis membawa perbaikan pada kualitas figur kada terpilih.

“Perubahan format pilkada tidak berkolerasi dengan hasil. Bahwa ada kepala daerah yang baik, iya,” ujar Jeirry, Jumat (29/5).

Menurutnya, salah satu penyebab turunnya kualitas hasil pilkada adalah maraknya praktik politik uang. Sayangnya, berbagai aturan maupun format penyelenggaraan pilkada tak mampu menjawab persoalan itu. Karenanya tak heran banyak kepala daerah yang terpilih bukan figur  yang sebenarnya memiliki kemampuan, namun karena memiliki kemampuan finansial.

“Rakyat bisa dengan mudah dibayar. Jadi yang paling memprihatinkan ialah politik uang,” ujar Jeirry.

Lebih lanjut Jeirry mengatakan, pertimbangan efektifitas dan efisiensi sehingga pilkada digelar serentak juga bukan solusi. Sebab, faktanya justru semakin menambah persoalan karena anggaran penyelenggaraan justru membengkak. Padahal, tujuan utama penyelenggaraan pilkada serentak untuk menghemat angggaran negara.

“Jadi asumsi-asumsi dirancanganya pilkada serentak, sekarang ini mulai gugur. Misalnya soal hemat, saya kira enggak juga. Sejauh yang saya tahu pilkada serentak tahun ini alokasinya mencapai Rp 7 triliun. Jauh lebih besar dari sebelumnya. Penganggaran di daerah juga jauh lebih mahal ketimbang sebelumnya,” kata Jeirry.

Selain itu Jeirry juga mengingatkan bahwa ketidakpastian membayangi penyelenggaraan pilkada. Pasalnya, persoalan anggaran juga tak kunjung tuntas.  Padahal, penyelenggara pilkada baik baik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sudah sangat membutuhkannya karena  tahapan pilkada sudah berlangsung.

“Semestinya sudah rekrutmen, tapi anggaran belum jelas. Proses awal ini menunjukkan akan ada problem di hasil. Kalau proses tidak mulus, hasilnya akan banyak masalah, makin tidak pasti proses itu yang rugi adalah masyarakat. Kami sejak awal sudah usulkan pilkada serentak sebaiknya digelar di 2016. Karena di 2015 tidak rasional, tidak ideal,” ujar Jeirry.(gir/jpnn)


[Link to media]
Naikkan Harga Pertamax, Pertamina Yakin Didukung DPR-JPNN.com

JAKARTA - Keputusan PT Pertamina membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada Jumat (15/5) lalu membuat Komisi VII DPR RI merasa heran.

Pasalnya, kebijakan menaikkan harga BBM nonsubsidi merupakan wewenang sepenuhnya perusahaan pelat merah tersebut. Pemerintah tidak perlu ikut campur tangan terkait kenaikan harga BBM nonsubsidi.

"Kalau (kenaikan BBM) nonsubsidi enggak perlu (konsultasi ke DPR-red), bahkan mereka malah sempat bertanya kenapa waktu itu sempat harus ditunda penyesuaian? (DPR) sudah sangat paham bahwa (keputusan kenaikan harga BBM-red) nonsubsidi adalah domainnya Pertamina," ujar VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro di SPBE Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/5).

Wianda yakin, rencana kenaikan harga Pertamax yang sudah dikonsultasikan kepada pemerintah kali ini juga bakal mendapat dukungan dari DPR.

"Jadi nggak perlu konsultasi kepada mereka (DPR) lagi. Kami berharap dalam waktu dekat bisa disesuaikan (harga pertamax naik-red)," tegas Wianda. (chi/jpnn)


[Link to media]
Ingatkan Pansel KPK Dalami Rekam Jejak Pendaftar-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin mengingatkan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar menelisik rekam jejak para pendaftar yang ingin menjadi komisioner di lembaga antirasuah itu. Alasannya, agar jangan sampai capim KPK yang nanti terpilih ternyata bermasalah.

"Jangan sampai ada kasus-kasus sebelum dia menjabat muncul. Atau pas penetapan jadi pimpinan KPK malah ditetapkan jadi tersangka," kata Aziz di pressroom DPR Jakarta, Jumat (29/5) petang.

Karena itu Aziz meminta sebelum pansel KPK menyeleksi  rekam jejak para pencaftar dan benar-benar mendalaminya. Termasuk jika ada dugaan pelanggaran etika maupun pidana.

"Kalau bisa sebelum pansel, masalah rekam jejaknya bisa dinetralisir oleh aparat penegak hukum. Sebelum itu masuk (ke DPR) untuk bisa diklarifikasi terlebih dulu rekam jejaknya kepada aparat penegak hukum, polisi, jaksa dan KPK," pintanya.

Aziz menambahkan, pansel capim KPK cukup memilih delapan orang calon untuk diajukan ke Presiden Joko Widodo. Sebab, sudah ada dua calon pimpinan KPK yang jauh-jauh sebelumnya diserahkan presiden ke DPR, yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata.

Merujuk pada Undang-Undang KPK, maka presiden menyerahkan 10 nama calon ke DPR untuk dipilih lima orang saja sebagai komisioner.  "Jadinya sepuluh calon. Dari sepuluh nama itu dipilih lima orang oleh DPR. Khusus Busyro dan Robby, dia harus bersaing lagi dengan calon yang lain dalam fit and proper tes di DPR," tambahnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Christine Hakim Bilang Film Indonesia Kebanyakan Dialog-JPNN.com

AKTRIS kawakan Christine Hakim menyayangkan perkembangan industri film layar lebar Indonesia saat ini. Banyak film, menurut Christine diproduksi tanpa mengedepankan kualitas.

"Sayangnya, film di Indonesia itu terlalu banyak dialog. Cerita sudah oke, tapi tidak membuat cerita film itu sendiri," kata Christine saat ditemui JPNN.com di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/5) malam.

Bintang film Daun Di Atas Bantal ini mengatakan tak semestinya para pembuat film selalu membuat menarik pembicaraan yang dilakukan oleh para aktor.

"Dari tahun 80an, saya sudah melihat film-film buatan Iran itu luar biasa dalam menampilkan cerita. Ada satu film contohnya yang saya nonton tahun 2000-an, saya lupa judulnya. Itu film, tanpa dialog banyak tapi sudah bercerita," kata dia.

"Ada scene dimana ada anak kecil tidak dijemput orang tua saat pulang sekolah. Setelah dia menunggu lama, dia melihat ada telepon umum di seberang jalan. Cerita itu ada, tanpa dialog. Akhirnya, ada seseorang memakai jubah, dia ingin menyeberang, anak kecil itu tanpa bicara langsung memakai orang berjubah itu untuk ikut menyeberang, menuju telepon umum untuk menghubungi keluarga," katanya.

Dari sosok anak kecil yang menggemaskan, ditambah ide cerita bahwa anak kecil itu punya akal agar bisa dijemput, Christine menunjukkan bahwa film seharusnya seperti itu.

"Orang budek saja bisa langsung tahu kalau film itu ceritanya seperti apa. Kesan sedih dengan wajah anak kecil yang sudah punya pesan itu sudah bisa menjadi cerita. Jadi, tidak usah banyak dialog," ujarnya.

Selain soal cerita dalam sebuah film, ternyata jumlah bioskop dan jumlah produksi film di Indonesia sekarang turut diperhatikan oleh peraih penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia tahun 1977 (Sesuatu yang Indah), 1979 (Pengemis dan Tukang Becak), 1983 (Di Balik Kelambu), 1985 (Kerikil-Kerikil Tajam) dan 1988 (Tjoet Nja' Dien) ini.

"Bagaima maju, jumlah produksi film saja hanya sekitar 160 film per tahun. Sedangkan jumlah penduduknya sudah mau mencapai angka 300 juta. Ya kuranglah. Apalagi, jumalah bioskop sekarang hanya 800. Padahal, tahun 1987 jumlah bioskop di Indonesia ada empat ribu bioskop," kata artis berusia 58 yang suka memakai pakaian tradisional ini menjelaskan permasalahan film tanah air.

Bahkan, dia berani membandingkan produksi film Negeri Gingseng, Korea. Dia mengatakan bahwa jumlah film box office Korea bisa mengimbangi jumlah penduduk.

"Korea itu, bisa memproduksi film hingga sepuluh ribu per tahun dengan jumlah penduduk sekitar lima puluh juta," tandasnya. (mg3/jpnn)


[Link to media]
Ini Laporan Hasil Reses Pertama DPRD DKI-JPNN.com

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menyampaikan laporan pelaksanaan reses ‎pertama Tahun Anggaran 2015 dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (29/5). Rapat tersebut juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Yani mengatakan, ‎reses dilaksanakan pada 11-19 Mei 2015. Dalam masa reses, anggota DPRD DKI secara perseorangan atau kelompok mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat.

Yani menyatakan, laporan pelaksanaan reses yang disampaikan dalam rapat paripurna merupakan kompilasi dari kegiatan reses pertama anggota DPRD di tahun 2015 yang akan disampaikan kepada pimpinan DPRD.

"Laporan reses ini disampaikan sebagai masukan dalam penyusunan RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) DKI Jakarta. Adapun inventarisasi terhadap hasil laporan reses pertama DPRD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2015 ini disusun menurut wilayah serta pembidangannya," kata Yani saat membacakan laporan dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (29/5).

Dalam bidang pemerintahan, sambung Yani, salah satu hal yang diperhatikan adalah pelaksanaan‎ musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). Dia mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan di wilayah sudah cukup bagus untuk menampung aspirasi masyarakat.

Namun, Yani menuturkan, cukup banyak aspirasi yang tidak terakomodir dalam program kegiatan yang tercantum pada APBD. "Untuk itu ke depan agar lebih diperhatikan serta bila dimungkinkan adanya penjelasan terkait hal ini," ucap Yani.

Yani menambahkan, pelayanan untuk mengurus ‎surat-surat kependudukan, seperti e-KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, baik yang baru membuat maupun memperpanjang agar dipermudah dan tidak ada pungutan biaya. "Untuk menjangkau pelayanan di tengah-tengah masyarakat agar kendaraan keliling dapat difungsikan secara maksimal," ujar Yani.

Dalam bidang perekonomian, Yani ‎menjelaskan, banyak usaha kecil menengah ke bawah yang perlu mendapatkan pembinaan dan pengarahan sekaligus dibantu untuk memperoleh modal usaha melalui Bank DKI. Selain itu, di beberapa wilayah masih terdapat pedagang kaki lima yang berjualan menempati trotoar.

"Hal ini sangat mengganggu pejalan kaki serta berdampak pada kemacetan lalu lintas. Untuk itu agar Pemprov DKI segera mencari solusi dengan cara merelokasi ke tempat yang lebih sesuai," ucap Yani.

Untuk bidang pembangunan, Yani mengatakan, penataan kampung kumuh sudah cukup bagus dan bisa langsung dirasakan manfaatnya masyarakat. Dia meminta hal itu dilanjutkan untuk setiap wilayah serta diperhatikan perawatannya.

Sementara untuk bidang kesejahteraan sosial, kesehatan serta pendidikan, Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Sehat merupakan program unggulan Pemprov DKI Jakarta. Namun, untuk mendapatkan kartu itu warga masih sering mengalami kesulitan.

Yani menambahkan, penggunaan kartu BPJS masih berbelit dan sering juga ditolak dengan alasan kamar penuh. Padahal, warga setiap bulan sudah membayar iurannya. Hal ini disebabkan kurangnya koordinasi.

"Untuk BPJS disarankan sering dilaksanakan sosialisasi di tengah masyarakat dikarenakan banyak penolakan dengan RS rujukan yang sudah ditentukan," ujar Yani.

Yani menjelaskan, hasil reses disampaikan kepada Ahok untuk dijadikan bahan masukan dan evaluasi serta kajian lebih lanjut dalam tahapan perencanaan program Musrenbang dan penyusunan RAPBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi soal hasil reses, Pemprov DKI Jakarta berniat untuk memenuhi semua yang disampaikan anggota DPRD. "Sehingga, masyarakat akan merasa reses DPRD bermanfaat," ungkap Ahok. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Ini Alasan Pertamina Naikkan Harga Pertamax-JPNN.com

JAKARTA – Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro membeberkan alasan pihaknya kembali menaikkan harga jual pertamax. Sebelumnya, rencana itu batal pada 15 Mei lalu.

Perseroan pelat merah itu tak mau ketinggalan dengan operator perusahaan lain yang lebih dulu menaikkan harga jual BBM RON 92. Salah satunya ialah Shell yang sudah menaikkan harganya.

"Kompetitor sudah naikkan harga lebih dulu. Harga minyak saat ini memang sedang naik, tapi merambat jadi tidak signifikan. Ini kan produk, ada harga indeks pasar yang diacu," ujar Wianda saat ditemui di SPBE Cakung, Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (29/5).

Karena itu, perseroan akhirnya memutuskan menaikkan harga pertamax. Terlebih, minyak dunia kini kembali bergejolak. Dia berharap, kenaikan harga pertamax yang sempat tertunda bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Wianda memastikan, harga baru nanti bakal di bawah harga yang ditetapkan kompetitor lain seperti Shell dan Total. "Dengan harga yang merambat naik ini ya wajar kami melakukan penyesuaian sesuai dengan posisinya. Kami memang butuh penyesuaian karena harganya internasional sudah bergerak," beber Wianda. (chi/jpnn)

 

 

 


[Link to media]
KPK Ancang-Ancang Buka Lagi Kasus Hadi-JPNN.com

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak akan berdiam diri karena keputusan menetapkan status tersangka kepada mantan direktur jenderal pajak, Hadi Poernomo dibatalkan dalam putusan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). KPK pun ancang-ancang untuk tetap menjerat Hadi.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK, Indriyanto Seno Adji, pihaknya bisa membuka lagi kasus Hadi. Acuannya adalah putusan Mahkamah Konstitusi (MK)  tentang perluasan objek praperadilan.

“Artinya KPK dapat membuka kembali kasusnya, dan bukan suatu wacana tanpa batas,” katanya, Jumat (29/5).

Indriyanto menegaskan, KPK juga akan melawan putusan praperadilan yang membatalkan status tersangka untuk mantan ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu. “Bisa dalam bentuk perlawanan (verzet) atau banding atau bahkan kasasi,” katanya.

Hadi Poernomo. Foto: dokumentasi JPNN

Sebelumnya hakim tunggal PN Jaksel, Haswandi menyatakan penyidikan KPK terhadap Hadi Poernomo tidak sah. Alasannya, penyidikan itu diawali oleh proses penyelidikan yang tidak memenuhi ketentuan di pasal 44 Undang-Undang KPK tentang bukti permulaan yang cukup yang harus dilaporkan ke penyidik.

Selain itu, hakim juga menganggap penyelidik dan penyidik KPK yang menangani kasus Hadi secara administrasi tidak memiliki keabsahan. Karenanya, proses penyidikan dan penetapan tersangka atas hadi pun harus dibatalkan.(jpnn)

 


[Link to media]
KPK Merekomendasi Pimpinan Impian ke Pansel-JPNN.com

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memberikan rekomendasi terkait kriteria calon pimpinan lembaga antirasuah itu, kepada panitia seleksi (pansel) KPK di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (29/5). Dalam kesempatan itu, KPK diwakili oleh Sekjen Himawan Adinegoro. 

Usai pertemuan Himawan mengaku telah memberikan 17 poin untuk pansel. Namun, ia enggan merincinya. "Ada 17, di antaranya soal integritas calon. Sisanya silakan tanya pansel," singkat Himawan.

Sementara juru bicara Pansel KPK Betty Alisyahbana mengungkapkan, dalam pertemuannya dengan Himawan sudah didapatkan studi kajian mengenai profil kompetensi yang dibutuhkan lembaga antikorupsi tersebut. Namun, senada dengan Himawan, Betty juga enggan menjabarkan lebih detail mengenai rekomendasi dari KPK tersebut.

"Itu nanti bisa tanya aja sama KPK.‎ Materi-materi yang diberikan itu kami gunakan untuk mempertajam materi seleksi pimpinan KPK. Kami ingin tahu situasi seperti apa, tantangannya apa, profil dari organisasi KPK, pegawainya seperti apa, dan sebagainya. Dan itu memengaruhi tipe kepemimpinan seperti apa yang akan dibutuhkan‎," kata Betty. (flo/jpnn)


[Link to media]
Pertamina Bakal Cabut Izin Usaha SPBE Bandel-JPNN.com

JAKARTA - Manager Area Domestik Gas Marketing Operasional Region III, Arie Anggoro memastikan, setiap Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) mempunyai timbangan untuk mengisi tabung gas yang kosong.

Hal itu berguna agar isinya sesuai takaran dan tidak ada kecurangan. Arie memastikan, pihaknya tidak segan melayangkan sanksi bila ada depo SPBE yang bandel atau mencoba bermain curang.

"Kami mewajibkan SPBE untuk menyediakan alat timbang. Kalau nggak ada, kami akan beri sanksi. Sanksinya dari kena SP sampai yang paling parah cabut izin usahanya, kalau ketahuan melakukan kecurangan," ujar Arie di SPBE Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/5).

Di samping itu, pihaknya juga mewajibkan SPBE selalu melakukan pengecekan ulang dan menghitung stok yang masuk dan keluar dengan benar. Termasuk, bila ada tabung yang bocor maupun yang fisiknya sudah tidak layak pakai.

"Kami juga mewajibkan mereka lakukan perhitungan dan selalu dicatat, yang nanti akan kami cocokkan kembali," tandas Arie. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
Wow... Yoghurt Ternyata Bisa untuk Atasi Depresi-JPNN.com

SUDAH jamak diketahui bahwa mengonsumsi yoghurt bisa meningkatkan asupan kalsium bagi tubuh. Namun, penelitian terbaru justru menemukan bahwa yoghurt punya manfaat lain.

Berdasarkan penelitian di Netherlands Leiden Institute for Brain and Cognition, mengonsumsi ternyata bisa membantu meningkatkan suasana hati. Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu menemukan bahwa probiotik -mikroorganisme hidup yang biasa ditemukan dalam yoghurt- bisa mengurangi perasaan depresi.

Dalam penelitian itu, para peneliti meminta 40 partisipan sehat untuk mencampur bubuk yang mengandung 2 gram probiotik atau plasebo dengan air hangat atau susu setiap hari selama empat minggu. Peserta juga diminta menjawab kuesioner untuk mengukur kemungkinan mereka mengalami depresi sebelum percobaan dimulai dan setelah empat minggu percobaan berakhir.

Foto/Ilustrasi: stockphoto

Ternyata, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi bubuk probiotik menunjukkan penurunan yang signifikan dalam pikiran negatif, terutama yang agresif atau ruminative. "Saya terkejut dengan temuan ini karena dengan adanya penemuan ini maka kemungkinan para ilmuwan bisa mencegah depresi dimasa dengan menggunakan probiotik," kata Laura Steenbergen, salah satu peneliti seperti dilansir laman Yahoo Health.

Probiotik telah lama terbukti meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus dan menjaga saluran pencernaan tetap seimbang. Sementara penelitian tentang probiotik memainkan peran pada suasana hati memang relatif masih baru.

Pada penelitian lain, terungkap adanya  komunikasi yang stabil antara usus dan otak. Satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan bahwa usus bisa mengurangi fungsi otak yang lebih tinggi seperti intuitif pengambilan keputusan. Sebuah penelitian di Australia yang diterbitkan awal tahun ini juga menemukan bahwa tekanan psikologis bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

"Penelitian yang lebih baru bahkan telah menemukan bahwa komunikasi melibatkan interaksi dengan otak dan mikroorganisme di usus Anda," kata ahli gizi Heather Mangieri, RD.(fny/jpnn)

 


[Link to media]
Kini Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Australia Bisa Dipantau Lewat Ponsel-JPNN.com

Lembaga riset utama Australia CSIRO berhasil mengembangkan teknologi yang memungkinkan rumah tangga menghemat penggunaan listrik dan uang mereka hanya dengan satu sentuhan kecil di ponsel pintar mereka atau tablet.

Teknologi baru yang dikenal dengan sebutan Eddy ini mampu melacak penggunaan listrik dan memberikan saran atau rekomendasi untuk membantu menghemat penggunaan energi di rumah. Teknologi ini sekarang sedang diujicobakan di sejumlah rumah yang dipilih di Perth. "Teknologi ini dirancang agar dapat digunakan diseluruh rumah tangga di Australia, pada dasarnya kita hanya mengubah alat pemutus aliran listrik otomatis atau circuit breaker di rumah dan menggantikannya dengan alat lain ditempatnya yang dapat memberikan informasi berapa banyak aliran listri yang mengaliri sirkuit itu dan juga  memungkinkan penggunaan alat pengendali jarak jauh," kata peneliti utama proyek ini, Glenn Platt. "Alat ini dapat menyediakan rekomendasi yang bisa diubah sesuai kebutuhan, misalnya pada pagi hari penggunaan listrik di suatu rumah sangat tinggi, alat ini bisa memberitahu atau menyarankan hal ini terjadi karena kemungkinan ada masalah dengan peralatan elektronik di rumah tersebut," katanya.  "Sistem ini juga memungkinkan orang mengoperasikan alat elektronik di rumah mereka dengan menggunakan alat pengendali jarak jauh, mereka bisa menyalakan pendingin ruangan atau mematikan oven jika mereka lupa melakukannya." Pengoperasian alat Eddy ini hanya membutuhkan sambungan internet yang kemudian ditambahkan alat pengukur aliran listrik pintar berukuran kecil dan teknologi komputasi awan yang bisa mengendalikan peralatan elektronik dari jarak jauh, seperti AC, sistem pemanas air, pompa kolam renang dan perabotan elektronik di rumah lainnya. Alat ini juga dilengkapii fitur yang memungkinkan penggunanya ambil bagian dalam skema pengelolaan kebutuhan listrik dari pemerintah, dan juga fitur pemberian reward atau hadiah bagi rumah tangga yang berhasil menekan penggunaan listrik mereka pada jam-jam beban puncak penggunaan listrik, "kata Platt. "Sangat penting untuk menyadari bahwa sistem Eddy ini tidak hanya menguntungkan pemilik rumah tapi juga dapat memberikan manfaat bagi sistem kelistrikan." Platt mengatakan perusahaan listrik sedang mencari cara agar sistem Eddy ini dapat dikomersilkan dengan harga bersubsidi kepada rumah tangga di Australia agar bisa memberikan keuntungan pada jaringan yang lebih luas.

 


[Link to media]
Tuntaskan Dendam, Owi/Butet ke Semifinal-JPNN.com

SYDNEY- Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjaga asa Indonesia membawa pulang trofi juara di Australia Open Superseries 2015. Pasangan yang karib disapa Owi/Butet itu kini sudah melesat ke semifinal.

Tiket itu diraih setelah Owi/Butet berhasil menyingkirkan wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock dua set langsung dengan skor 21-9, 21-12 di Sydney Olympic Park, Jumat (29/5).

“Kami lebih siap hari ini. Dari awal sudah tau kami mau bermain seperti apa. Kami bisa menguasai permainan, mau adu depan atau belakang kami sudah siap,” terang Butet di laman resmi PBSI.

Dalam laga itu, Owi/Butet hanya membutuhkan waktu 29 menit untuk memetik kemenangan. Hasil itu juga menjadi balas dendam setelah Owi/Butet ditekuk Chris/Gabrielle pada Piala Sudirman lalu.

“Untuk pertandingan besok, sama seperti kemarin ya. Intinya selama kami bisa main maksimal, kami pasti bisa mengatasi mereka,” tegas Owi. (jos/jpnn)

 

 

 

 

 


[Link to media]
Tim Transisi Minta Masukan Federasi Sepak Bola Australia-JPNN.com

TIM Transisi Sepak Bola Nasional bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan berupaya mencari format yang terbaik  sebelum mengulirkan kompetisi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan  komunikasi dengan federasi luar negeri.

Menurut Tommy Kurniawan dari kelompok kerja (pokja) kompetisi di tim transisi, pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan Australia. Harapannya, akan ada banyak masukan bagi Indonesia yang kemungkinan disanksi oleh Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

"Kami ingin tahu bagaimana pengelolaan mereka bisa baik, klub bisa sehat. Mereka layak dijadikan contoh, karena timnas mereka juga berprestasi," katanya, Jumat (29/5).

Salah satu yang akan menjadi ajang uji coba bagi tim pimpinan Bibit Samad Rianto itu adalah kompetisi Piala Presiden. Tim transisi  sudah menyebarkan undangan kepada klub-klub pada akhir pekan ini. Pendaftaran akan dibuka mulai 1 sampai 22 Juni mendatang.

"Kami berharap respon klub bagus. Undangan pendaftaran sudah kami sebarkan, pekan depan mungkin sudah sampai ke klub-klub," terang lelaki yang juga aktor itu.(dkk/jpnn)

 


[Link to media]

Hasil penelusuran 5/29 10:03pm. Terakhir update terdeteksi pada 5/29 10:03pm.  skor: 1163