Anggap Kasus Guru JIS Mirip McMartin di AS
JAKARTA -Kehebohan kasus dugaan sodomi oleh pengajar di Jakarta International School (JIS) terhadap murid taman kanak-kanak di sekolah berlabel internasional itu dinilai mirip dengan histeria McMartin yang melanda masyarakat Amerika Serikat pada pertengahan dekade 1980-an. Kasus McMartin sangat terkenal di Amerika selama belasan tahun dimulai yang dimulai pada 1984, ketika para pengajarnya didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap anak didik di tempat pendidikan pra-sekolah itu. Penasihat hukum Jakarta International School (JIS), Harry Ponto mengatakan, kasus McMartin di California mencuat karena para pengajar di taman kanak-kanak itu didakwa melakukan pelecehan seksual atas dasar keterangan palsu dari anak-anak didik dan cara penyidikan yang keliru. Namun, dua pengajar McMartin yang sempat diadili akhirnya dibebaskan. Dalam kasus McMartin, kata Harry, polisi menyebarkan informasi kepada para orangtua murid minta agar mereka menanyai anak masing-masing apakah anak tersebut mengalami pencabulan. Menurutnya, ada kemiripan pola itu dalam kasus JIS. Dalam kasus JIS ada orang tua murid yang berkirim email kepada para orang tua lainnya memberitahu seolah-olah anak masing-masing mengalami pelecehan, kata Harry dalam jumpa pers di JIS, Kamis (24/7). Harry menjelaskan, belakangan ternyata ada penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak bisa memberi keterangan yang keliru jika orang dewasa yang menanyainya menggunakan cara bertanya tertentu. Cara bertanya yang keliru bisa mengundang kekeliruan ingatan atau false memory sehingga jawaban yang diberikan oleh anak yang ditanyai juga tidak benar, ungkap Harry. Seperti diketahui, dua pengajar di TK JIS telah dijerat polisi dalam kasus dugaan sodomi. Keduanya adalah warga negara asing, yakni Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong.(boy/jpnn)
Pertamina Perluas Mudik Gratis ke Sumatera
JAKARTA - PT Pertamina setiap menjelang Lebaran selalu memfasilitasi para pemudik ke kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Namun, kali ini Pertamina memperluas kota tujuan pemudik hingga ke Sumatera. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen sosial perusahaan dan apresiasi terhadap para mitra kerja di lini terdepan. Melalui program Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik, Pertamina memberangkatkan 4.200 pemudik yang terdiri dari pekerja mitra bengkel, SPBU, stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji, Unit Produksi Pelumas Jakarta, serta mitra kerja korporat beserta keluarganya. Para mitra kerja Pertamina telah mendukung bisnis perusahaan di lini terdepan, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itu, kami juga memperluas tujuan mudik dari hanya Pulau Jawa, sekarang ditambah dengan Sumatera untuk mengakomodasi mitra kerja yang berasal dari Pulau Sumatera, ujar VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir di Jakarta, Kamis (24/7). Dari total 4.200 peserta mudik, sekitar 4.000 peserta akan diberangkatkan dengan 75 armada bus ke 24 kota tujuan mudik yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selebihnya akan diberangkatkan menuju dua titik destinasi utama di Sumatera, yaitu Lampung dan Palembang. Kami sangat mendukung kegiatan mudik yang aman dan nyaman serta meminimalisir jumlah pemudik sepeda motor, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi angka kecelakaan pemudik, tandas Ali. Selain program Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik, Pertamina juga memberikan kenyamanan mudik bagi konsumen setia produk Pertamina. Seperti melalui program Paket Ketupat Enduro, yang berupa parsel Pelumas Enduro plus produk lainnya dengan harga ekonomis.(chi/jpnn)
Punya Visi Sama, Peradi Beri Selamat ke Jokowi-JK
JAKARTA - Ucapan selamat terus mengalir kepada pasangan Jokowi-JK yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebangan presiden dan wakil presiden terpilih. Kali ini ucapan datang dari Perhimpunan Advocat Indonesia (Peradi). Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan JKW-JK (Jokowi-JK) dalam pilpres 2014, kata Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan, di Jakarta Kamis (24/7). Otto yang mewakili para advokat yang tergabung di Peradi itu berharap kemenangan Jokowi-JK adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Ini merupakan proses demokrasi yang damai dan terbaik di dunia, lanjut Otto di Jakarta. Lebih lanjut Otto mengatakan, ada persamaan antara Peradi dan Jokowi-JK, yakni persamaan visi. Kata dia, visi yang akan dijalankan pasangan Jokowi-JK untuk memajukan sistem hukum di Indonesia sejalan dengan visi Peradi. Momentum kemenangan Jokowi-JK ini jangan sampai hilang untuk bisa memajukan dunia hukum di Indonesia, ujarnya. Nah, menurut Otto, tugas berat sudah menanti pasangan tersebut. Jokowi-JK, kata Otto, harus bisa membuat perubahan yang menyeluruh agar hukum Indonesia berjalan berjalan lebih baik. (mas/jpnn)
KPK Siapkan Ekspos untuk Petakan Kasus BLBI
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan ekspos atau gelar perkara terkait penyelidikan penerbitan surat keterangan lunas untuk para penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Dari ekspos itu diharapkan segera ada kepastian apakah kasus itu bisa ditingkatkan ke penyidikan atau tidak. Dari ekspos nanti baru bisa dipetakan kasus ini bisa ditingkatkan ke penyidikan atau belum, kata Ketua KPK, Abraham Samad di KPK, Jakarta, Kamis (24/7). Selain menentukan soal penyidikan, tambah Abraham, ekspos digunakan untuk menentukan pihak-pihak yang diperlukan keterangannya dalam penyelidikan kasus BLBI. Jadi sehabis lebaran kita putuskan ya, kita ekspose siapa-siapa saja yang dimintai keterangan, ujar Abraham. Pria asal Makassar itu menegaskan, KPK tidak gentar untuk melakukan pemeriksaan terhadap Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri sebagai pihak yang menerbitkan instruksi presiden (Inpres) tentang release and discharge dalam penanganan BLBI. Sebab, kata Abraham, KPK pernah memeriksa Boediono yang masih aktif sebagai wakil presiden dalam perkara Century. Tidak ada kendala psikologis KPK periksa siapa saja. Ini sudah dibuktikan pemeriksaan Boediono, JK (Jusuf Kalla), tandas Abraham. Dalam perkara ini, KPK menduga ada masalah dalam proses pemberian SKL untuk beberapa oblior BLBI. SKL itu dikeluarkan pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri berdasarkan Inpres Nomor 8/2002 dan Tap MPR Nomor 6 dan 10. SKL itu yang menjadi dasar bagi Kejaksaan Agung untuk menghentikan penyidikan (Surat Perintah Penghentian Penyidikan-SP3) terhadap sejumlah pengutang. Salah satu pengutang adalah pengusaha Sjamsul Nursalim, pemilik Bank Dagang Nasional Indonesia, yang dihentikan penyidikannya pada Juli 2004. Tercatat juga beberapa nama konglomerat papan atas lainnya, seperti The Nin King dan Bob Hasan, yang telah mendapatkan SKL dan sekaligus release and discharge dari pemerintah. Dalam hasil audit BPK, dari dana BLBI sebesar Rp 144,5 triliun yang dikucurkan kepada 48 bank umum nasional yang menimbulkan kerugian negara hingga Rp 138,4 triliun.(gil/jpnn)
Liverpool Ikut Bersaing Dapatkan Arturo Vidal
LIVERPOOL - Liverpool berencana membajak langkah Manchester United mendapatkan Arturo Vidal dari Juventus. Belakangan ini, gelandang berkebangsaan Chile itu dikaitkan erat dengan perpindahan ke Manchester United. Kabarnya, tawaran MU sempat ditolak Juve, namun kemudian berhembus lagi kabar Setan Merah belum mau menyerah. Kamis (24/7), dilansir dari AS, Liverpool menyiapkan segepok dana sekitar 42,5 juta poundsterling (sekitar Rp 837 miliar) untuk menyalip langkah MU. Di Chile, koran El Mercurio bahkan berani melansir peluang Liverpool akan lebih besar mendapatkan Vidal, sebab Liverpool masih ikut kompetisi Liga Champions, tidak demikian dengan Manchester United. (adk/jpnn)
Nasib Jero Wacik di KPK Ditentukan Setelah Lebaran
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan status hukum Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akan segera dipastikan. Kejelasan status Politikus Partai Demokrat itu bakal sampaikan usai Lebaran mendatang. Habis Lebaran ya, kata Abraham di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/7). Jero Wacik sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam penyelidikan sebuah kasus di KPK. Dia dipanggil terkait penggadaan dan penggunaan dana di Kementerian Energi. Namun, KPK belum membeberkan secara rinci perihal kasus itu. Abraham mengaku dugaan keterlibatan Jero Wacik tengah didalami. Masih dalam pendalaman. Mudah-mudahan berkembang signifikan, ujarnya. (flo/jpnn)
Kimberly Ryder Kagumi dan Sebut Al Ganteng
AKTRIS Kimberly Ryder merasa beruntung bisa beradu akting dengan Ahmad Al Ghazali di film Runaway. Lewat film besutan sutradara Guntur Surhardjanto itu, perempuan berdarah Minang Makasar dan Inggris dipertemukan langsung dengan putra pasangan Maia Estiaty dan Ahmad Dhani. Seperti layaknya perempuan pada umumnya, Kimberly pun mengakui ketampanan Al. Kepribadiannya mungkin terlalu cool dan cuek. Dan memang sih, dia kan ganteng, kata Kimberly seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Kamis (24/7). Pemilik nama lengkap Kimberly Alvionnella Ryder itu mengaku baru kali ini bertemu Al. Meski baru sekali bertemu, wanita kelahiran Jakarta 6 Agustus 1993 tidak merasa kesulitan beradaptasi dengan Al. Aku senang bisa kerjasama dengan Al. Tahulah yang namanya Al, celetuknya, sambil tersenyum. Meski begitu, Kimberly buruburu menampik kalau dirinya tertarik dengan Al secara pribadi. Menurutnya, meski saat ini dirinya mengaku jomblo, tapi dalam proses syuting semua berjalan secara profesional. Putri dari Nygel dan Irvana Ryder itu mengaku tidak akan mudah jatuh cinta dengan Al, lantaran terpaut usia yang cukup jauh. Aku lebih suka cowok yang sepantaran atau lebih tua, bebernya. Kimberly juga mengakui Al memiliki kepribadian yang baik. Meski anak musisi Ahmad Dhani, diakuinya Al bisa menempatkan diri. Untungnya dia merasa masih belajar, dan mau belajar. Jadi nggak merasa Gue anaknya Ahmad Dhani loh, katanya. Selama proses syuting di Hong Kong, Kimberly mengaku tidak ada kesulitan membangun chemistry dengan Al dan pemain lainnya. Kerjasama berjalan lancar karena dia mau dengerin kita-kita yang lebih banyak pengalaman dari dia. Anaknya masih mau belajar gimana caranya untuk lebih bagus, pujinya. Tak heran, di lokasi syuting, dirinya banyak berdiskusi agar mampu menampilkan akting terbaik mereka. (ash)
Pemerintah Prancis Terus Pantau Hilangnya Pesawat Air Algerie
SALAH satu pesawat milik Air Algerie, Aljazair dinyatakan hilang setelah sejam lepas landas dari Ouagadougou, Burkina Faso Kamis (24/7) dini hari waktu setempat. Pesawat dengan nomor penerbangan AH5017 yang hendak menuju ke Bandara Houari Boumediene diAlgier, Aljazair itu mengangkut 116 orang. Rinciannya, 110 adalah penumpang, pilot dua orang dan kru pesawat empat orang. Nah, ternyata kebanyakan penumpang pesawat tersebut adalah warga negara Prancis. Karena itu pemerintah Prancis juga terus memantau perkembangan hilangnya pesawat Air Algerie. Sayangnya, untuk saat ini kami memiliki informasi tidak lebih dari yang anda tahu. Kami akan memberikan berita terbaru, tulis pernyataan resmi maskapai Air Algerie dalam akun twitternya. Semantara itu Kementerian Luar Negeri Prancis melalui keterangan resminya mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan Air Algerie. Pasalnya, mayoritas penumpang pesawat tersebut adalah warga Prancis. Kami sepenuhnya memantau peristiwa ini dari Paris, Aljazair dan Burkina Faso, dimana kedutaan kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan maskapai, kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan resminya seperti dilansir CNN. (mas/jpnn)
...
Abraham Pastikan KPK Akan Periksa Melani Suharli
JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memastikan penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli. Politikus dari Partai Demokrat itu akan diminta klarifikasi terkait dugaan korupsi dalam pelaksanaan ibadah haji. Kita akan klarifikasi keterlibatan dia dalam pendalaman, kata Abraham di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (24/7). Tak hanya Melani, PT Al-Amin Universal yang merupakan biro perjalanan haji juga akan dipanggil. Disinggung soal dugaan pemanfaatan kuota haji yang diterima anggota DPR lainnya, Abraham mengaku, hal itu perlu didalami. Masih perlu pendalaman, tegasnya. PT Al-Amin Universal adalah milik Melani Leimena Suharli. Nama resmi KBIH ini adalah PT Al-Amin Universal (Al Amin Tours) yang beralamat di Jalan Pakubuwono VI No. 109 Jakarta Selatan. KBIH ini biasa membawa rombongan haji pejabat dan anggota DPR. Perusahaan itu diduga mendapat jatah untuk mengelola kuota haji bagi penyelenggara negara dan tokoh. Namun, kuota tersebut diduga diperdagangkan kepada pihak yang berduit termasuk kepada anggota DPR dan orang dekat Menteri Agama, yang saat itu dijabat Suryadharma Ali. (flo/jpnn)
Kasus Suap Lahan Kuburan, Eks Kepala Bappebti Didakwa Korupsi dan Cuci Uang
JAKARTA - Mantan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Syahrul Raja Sempurnajaya yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap lahan kuburan bukan umum di di Desa Antajaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akhirnya duduk di kursi terdakwa. Tak tanggung-tanggung, jaksa penuntut umum (JPU) KPK menjerat Syahrul dengan enam dakwaan sekaligus. Dalam dakwaan pertama, Syahrul disebut memeras I Gede Raka Tantra selaku Ketua Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia dan Fredericus Wisnubroto selaku Ketua Ikatan Perusahaan Pedagang Berjangka Indonesia (IP2BI). Keduanya diminta menyisihkan fee transaksi dari keseluruhan transaksi di PT Bursa Berjangka Jakarta (PT BBJ) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) untuk kepentingan operasional Syahrul sebesar Rp 1,675 miliar. Terdakwa selaku Kepala Bappebti memaksa I Gede Raka dan Fredericus untuk menyisihkan fee transaksi dari keseluruhan transaksi di PT BBJ dan PT KBI untuk kepentingan operasional terdakwa berjumlah Rp 1,675 miliar adalah bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri, papar Jaksa Elly Kusumastuti saat membacakan surat dakwaan Syahrul di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (24/7). Dalam dakwaan pertama ini, Syahrul dijerat Pasal 12 e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Sementara itu pada dakwaan kedua, Syahrul disebut menerima suap Rp 1,5 miliar dari Maruli T Simanjuntak yang berinvestasi emas di CV Gold Asset. Syahrul disebut berperan membantu Maruli yang bermasalah dalam investasi di CV Gold Asset sebesar Rp 14 miliar. Atas bantuan Syahrul, Fanny Sudarmono dari CV Gold Asset bersedia mengembalikan dana investasi ke Maruli sebesar Rp 14 miliar. Atas perbuatannya ini Syahrul dijerat Pasal 12 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001, atau Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pada dakwaan ketiga, Syahrul disebut Jaksa telah menerima suap Rp 7 miliar karena membantu proses pemberian izin usaha lembaga kliring berjangka PT Indokliring Internasional. Uang itu diterima Syahrul dari Hasan Wijaya selaku Komisaris Utama PT BBJ dan Bihar Sakti Wibowo selaku Direktur Utama PT BBJ. Pada kasus ini Syahrul dijerat Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001, atau Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selanjutnya pada dakwaan keempat, Syahrul didakwa memeras Runy Syamora selaku Direktur PT Millenium Penata Futures (PT MPF) melalui Alfons Samosir dalam bentuk dolar Australia (AUD) 5.000. Terdakwa selaku Kepala Bappebti yang memerintahkan Alfons untuk meminta kepada Runy uang sejumlah AUD 5.000 untuk kepentingan terdakwa adalah bertujuan untuk menguntungkan diri terdakwa, imbuh Jaksa Elly. Syahrul dijerat Pasal 12 e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, atau Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan pada dakwaan kelima, Syahrul disebut bersama-sama Direktur Utama PT Garindo Perkasa dan Nana Supriyatna selaku Direktur Operasional PT Garindo Perkasa menyuap Doni Ramdhani selaku Kepala Sub Bagian Penataan Wilayah Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bogor, Rosadi Saparodin selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor, Saptari selaku Kepala Urusan Humas dan Agraria KPH Bogor, Burhanudin selaku Kepala Seksi Pengaturan dan Penataan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Iyus Djuher (almarhum) selaku Ketua DPRD Kabupaten Bogor, dan Listo Welly Sabu. Menurut jaksa, Syahrul telah memberikan Rp 3 miliar kepada sejumlah pegawai negeri tersebut agar merekomendasikan penerbitan izin lokasi tempat pemakaman bukan umum (TPBU) di Desa Antajaya, Tanjungsari, Bogor, atas nama PT Garindo Perkasa. Dalam dakwaan penyuapan ini, Syahrul dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Terakhir dalam dakwaan keenam, Syahrul didakwa dengan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Menurut jaksa, Syahrul telah menempatkan uang sebesar Rp 880,614 juta dan USD 92,189. Kemudian, Syahrul juga menukarkan USD 120 ribu dan dolar Singapura (SGD) 120 ribu ke mata uang rupiah. Selain itu, membelanjakan atau membayarkan uang sejumlah Rp 3,352 miliar. Uang itu di antaranya untuk pembelian mobil Toyota Vellfire, pembayaran cicilan unit Apartemen Senopati Office 8, pembayaran cicilan Toyota Hilux Double Cabin, Kijang Innova V AT Diesel, dan pembayaran asuransi. Menurut jaksa, hal itu diduga berasal dari hasil tindak pidana korupsi yang bertujuan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaan. Jaksa menjelaskan, selama menjabat Kepala Bappebti pada April 2011-2013, penghasilan Syahrul Rp 257.286.000. Uang tersebut terdiri dari gaji pokok, tunjangan struktural, tunjangan istri, tunjangan besar, dan tunjangan pajak. Terdakwa melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP, tandas JPU.(flo/jpnn)
Suporter Pro Palestina Serang Pemain Klub Israel
BISCHOFSHOFEN- Serangan kejam yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina memberi dampak negatif terhadap klub sepakbola Maccabi Haifa. Para pemain tim raksasa Israel itu menjadi bulan-bulanan suporter yang diduga pro Palestina. Itu terjadi ketika Maccabi Haifa melakukan uji coba kontra Lille di Bischofshofen, Austria Kamis (24/7) dini hari WIB. Awalnya, pertandingan berlangsung normal. Tak ada tanda-tanda bakal terjadi invasi dari para suporter pro Palestina. Namun, situasi berubah jelang pertandingan berakhir. Para suporter yang mengenakan atribut untuk mendukung Palestina langsung berduyun-duyun memasuki lapangan. Mereka mengejar dan menjadikan para pemain Maccabi Haifa bulan-bulanan. Bentrokan pun tak terhindarkan. Para pemain Maccabi Haifa juga melayangkan balasan atas serangan mendadak itu. Para pemain Maccabi akhirnya dievakuasi ke ruang ganti. Mereka juga terus berada dalam pengawasan pihak berwajib selama sejam. Pasalnya, para suporter Pro Palestina masih mengepung di luar stadion. Kami mengalami atmosfer yang tak menyenangkan di dalam lapangan dan tribun. Para suporter yang menyerang kami itu mayoritas merupakan warga Turki, demikian pernyataan resmi Maccabi di laman Telegraph. (jos/jpnn)
Menghindari Badai, Pesawat Aljazair Dinyatakan Hilang
DUNIA penerbangan kembali heboh. Setelah pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 ditembak jatuh di Ukraina dan pesawat TransAsia Airways jatuh di Taiwan, kini kabar terbaru menyebutkan bahwa salah satu pesawat milik maskapai penerbangan Aljazair, Air Algerie dinyatakan hilang. Pesawat dengan nomor penerbangan AH5017 itu hilang kontak sejak Kamis (24/7) dini hari. Pesawat yang mengangkut 110 orang orang itu terbang dari Ouagadougou, Burkina Faso menuju bandara Houari Boumediene diAlgier, Aljazair. Pilot pesawat sempat meminta untuk merubah rute pada dinihari karena menemui badai di rute yang akan dilaluinya, kata Menteri Transportasi Burkona Faso Jean Bertin Ouedrago seperti dilansir kantor berita Aljazair APS. Tak hanya, informasi lainnya menyebutkan bahwa pesawat hilang kontak setelah 1 jam lepas landas dari Burkina Faso. Sementara seorang sumber di Niger mengatakan, saat mencari rute baru untuk menghindari badai, AH5017 telah melewati perbatasan Niger-Mali. (mas/jpnn)
Abraham Samad Lebih Pilih KPK Dibanding Kabinet Jokowi
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menepis rumor yang mengatakan dirinya akan masuk dalam kabinet pemerintahan baru Joko Widodo-Jusuf Kalla. Abraham mengaku saat ini ingin lebih baik fokus menyelesaikan tugasnya di KPK. Kita selesaikan tugas di KPK saja, ujar Abraham di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/7). Nama Abraham digadang-gadang menjadi Menteri Dalam Negeri di kabinet usulan rakyat yang dikeluarkan oleh Jokowi Center. Sejumlah kabinet usulan lainnya juga menyebut Abraham layak menjadi Jaksa Agung. Namun Abraham mengatakan, tugasnya di KPK adalah amanah rakyat. Hingga ia perlu menyelesaikannya terlebih dahulu. Saya berterima kasih kalau dimasukkan, itu kan datang dari rakyat, tapi rakyat mengapresiasi KPK, bukan Abraham Samad-nya. Saya berterima kasih ke masyarakat yang percaya 100 persen, tapi untuk sementara saya tidak bisa berkomentar karena masih konsentrasi untuk kasus-kasus yang lebih besar, sambungnya. Jika rumor itu benar terjadi, Abraham menyatakan hal tersebut perlu dibicarakan dengan para pimpinan KPK lainnya. Segala sesuatunya harus dibicarakan bersama pimpinan (KPK) lain, kata Abraham. (flo/jpnn)
Pesawat Algeria Air Angkut 50 Warga Prancis dan 20 Warga Lebanon
PESAWAT Nahas Algeria Air yang hilang kontak Kamis (24/7) mengangkut 116 penumpang termasuk kru membawa penumpang internasional. Representatif dari Algeria Air menyatakan, terdapat 50 penumpang dari Prancis di pesawat berjenis MD-83 tersebut. Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Frederic Cuviller menyatakan, kemungkinan ada warga Prancis berada dalam pesawat. Sementara itu, The Daily Star melaporkan ada 20 warga Lebanon berada dalam pesawat. Tiga di antaranya sudah berhasil diidentifikasi, yakni Fadi Rustom dan Joseph Hajj dari Aintoura serta Omar Ballan dari Kesrouan town. (abu/jpnn)
Tiket Bus Naik 200 Persen
JAKARTA--Harga tiket bus Jakarta ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat mengalami kenaikan hingga 200 persen. Seperti yang terpantau di terminal Bus Trans Jawa, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Penumpang dengan rute dari Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah dikenakan biaya tambahan 200 persen. Meski sudah mengantongi tiket, penumpang tetap diminta tambahan dana. Hanya saja tidak ada penumpang yang protes karena sebelum membeli tiket jauh-jauh hari, pihak agen sudah menginformasikan akan ada tambahan dana saat akan berangkat. Terutama keberangkatan mulai 21 Juli. Ini baru mau naik diminta tambah Rp 100 ribu lagi. Saya sudah bayar tiket kelas ekonomi Rp 50 ribu sejak dua pekan lalu, kata Dairoh, pemudik asal Brebes yang menumpangi Bus Dewi Sri, Kamis (24/7). Salah satu asisten sopir bus mengatakan, tambahan biaya tersebut berkaitan dengan musim mudik Lebaran. Kebijakan mengenakan biaya tambahan, sudah berlangsung setiap tahunnya. Ini sudah biasa, namanya musim mudik, semuanya naik lah. Apalagi yang berangkat sangat banyak. Belum lagi macet, jadi itu masuk dalam pertimbangkan kita juga, terangnya. (esy/jpnn)
Selepas Lebaran, KPK Garap Petinggi BCA
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pemeriksaan secara intensif dalam kasus dugaan suap yang menjerat mantan Direktur Jenderal Pajak Hadi Poernomo, terkait permohonan keberatan pajak yang diajukan Bank Central Asia (BCA). Rencananya, usai Idul Fitri nanti KPK akan menggenjot proses penyidikan kasus suap itu. Sekarang kan Kamis, besok Jumat, habis hari raya lah ya, habis lebaran kita lakukan intensitifitas, habis lebaran lah ya, kata Ketua KPK, Abraham Samad di KPK, Jakarta, Kamis (24/7). Abraham menambahkan, pihaknya akan melakukan pemanggilan petinggi BCA terkait kasus itu. Rencananya, pemanggilan ini dilakukan setelah lebaran. Habis lebaran, ujarnya. Seperti diketahui, KPK menetapkan Hadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait permohonan keberatan pajak yang diajukan BCA. Ia disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Hadi disebut menyalahgunakan wewenang dalam menerima seluruh keberatan wajib pajak atas surat ketetapan pajak nihil PT Bank BCA tahun 1999. (gil/jpnn)
Ini yang Perlu Dipersiapkan saat Mudik Lebaran
JAKARTA - Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi kuat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mudik yang notabenenya identik dengan perjalanan jauh dan macet ada baiknya dipersiapkan dengan matang. Selain mempersiapkan kesehatan fisik, ada baiknya juga memikirkan persiapan dan semua perlengkapan mudik dari sekarang. Persiapan yang baik akan membuat perjalanan ke kampung halaman menjadi menyenangkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemudik agar aman dan nyaman selama menempuh perjalanan ke tempat tujuan: Pertama, periksakan kendaraan Anda di bengkel resmi atau bengkel kepercayaan untuk mengecek kondisi mobil atau motor secara keseluruhan. Disarankan untuk memanfaatkan program Lebaran yang digelar oleh bengkel-bengkel resmi ATPM atau bengkel terpercaya dan profesional, karena akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Pastikan Anda sudah melakukan booking service sebelumnya, untuk menghindari antrian. Kedua, setelah kondisi mobil prima, berikutnya adalah menjaga stamina dan kondisi tubuh para penumpangnya. Tidak hanya pengemudi saja, tetapi anggota lain yang ikut dalam perjalanan perlu cukup istirahat, paling tidak sehari sebelum berangkat. Jika Anda sedang berpuasa, konsumsilah makanan yang sehat saat sahur dan minum suplemen atau vitamin, karena sangat berperan untuk menjaga kondisi tubuh selama dalam perjalanan. Siapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, jika diperkirakan ketika waktu berbuka puasa tiba, Anda sedang berada di lokasi yang jauh dari rumah makan. Lalu, jangan lupa bawalah barang sesuai kebutuhan. Kalau tidak perlu, sebaiknya jangan dibawa, karena selain mengurangi ruang gerak, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih boros. Lengkapi mobil Anda dengan perlengkapan audio, mainan anak, atau segala hal yang bisa menyenangkan, sehingga dalam kemacetan yang melelahkan, semua penumpang bisa tetap ceria. Tak lupa cek perlengkapan P3K berupa obat-obatan yang bisa dipakai seluruh keluarga. Contohnya obat anti mabuk darat, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, obat diare, dan vitamin C berdosis tinggi. Bawa juga obat-obat pribadi yang khusus, seperti obat asma, alergi, dan sebagainya. Untuk menghindari mual dalam perjalanan, kurangi merokok, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan artifisial dan MSG, dan melakukan kegiatan yang membutuhkan kemampuan konsentrasi indera penglihatan, misalnya membaca, main game, atau menonton TV. Pastikan semua nomor penting telah Anda catat seperti: nomor telepon akses cepat ke posko-posko siaga, polisi, dan rumah sakit. Jangan lupa pula bawa peta atau aktifkan GPS Anda untuk membantu Anda dalam mencari jalur alternatif. Terakhir, jangan lupa berdoa bersama keluarga sebelum berangkat agar tenang dalam perjalanan. Jika semua hal sudah dipersiapkan dengan baik, maka Anda yang mudik akan mempunyai kepercayaan diri untuk berangkat ke kampung halaman. Semoga perjalanan Anda lancar dan selamat sampai tujuan. (rmo/jpnn)
Tiket Jakarta ke Jateng Naik 200 Persen
JAKARTA - Harga tiket Jakarta ke Jawa mengalami kenaikan hingga 200 persen. Kenaikan ini dipicu oleh musim Lebaran. Seperti yang terpantau di terminal Bus Trans Jawa. Penumpang dengan rute dari Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah dikenakan biaya tambahan 200 persen. Meski sudah mengantongi tiket, penumpang tetap diminta tambahan dana. Hanya saja tidak ada penumpang yang protes karena sebelum membeli tiket jauh-jauh hari, pihak agen sudah menginformasikan akan ada tambahan dana saat akan berangkat. Terutama keberangkatan mulai 21 Juli. Ini baru mau naik diminta tambah Rp 100 ribu lagi. Saya sudah bayar tiket kelas ekonomi Rp 50 ribu sejak dua pekan lalu, kata Dairoh, pemudik asal Brebes yang menumpangi Bus Dewi Sri, Kamis (24/7). Salah satu asisten sopir bus mengatakan, tambahan biaya tersebut berkaitan dengan musim mudik Lebaran. Kebijakan mengenakan biaya tambahan, sudah berlangsung setiap tahunnya. Ini sudah biasa, namanya musim mudik, semuanya naik lah. Apalagi yang berangkat sangat banyak. Belum lagi macet, jadi itu masuk dalam pertimbangkan kita juga, terangnya. (esy/jpnn)
Keputusan KPU Langsung Final dan Mengikat Jika Prabowo-Hatta Tak Menggugat
JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie menyatakan bahwa keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang ditetapkan pada Selasa (22/7) lalu bersifat final dan mengikat jika tidak ada gugatan dari peserta pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK). Undang-undang memberi waktu 3 x 24 jam bagi peserta pilpres yang keberatan dengan keputusan KPU untuk menggugat ke MK. Kalau 3x24 jam tidak ada gugatan ke MK berarti tidak ada perkara. Ini artinya keputusan KPU bersifat final dan mengikat. Kalau (keputusan, red) kemarin baru mengikat, tapi belum final. Tapi sesudah tidak ada perkara berarti sudah final juga, kata Jimly di Gedung DKPP di Jakarta, Kamis (24/7). Namun jika ada yang mengajukan gugatan ke MK, lanjut Jimly, maka masyarakat harus menunggu putusan lembaga tinggi negara yang menangani sengketa pemilu itu. Jika memang ada gugatan atas hasil pilpres, maka kemungkinan MK baru mengeluarkan putusan di atas tangga 20 Agustus yang akan datang. Seperti diketahui, Selasa (22/7) lalu KPU berdasarkan rekapitulasi suara hasil pilpres telah menetapkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang pilpres. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rakasa mengungkapkan ketidakpuasannya atas pelaksanaan pilpres maupun rekapitulasi suara di KPU. Karenanya, Prabowo-Hatta juga tengah menyiapkan gugatan ke MK selambat-lambatnya besok (25/7). Lebih lanjut Jimly menjelaskan, selain gugatan ke MK, pasangan capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memang juga dimungkinkan mengadu ke DKPP. Hanya saja bedanya bila MK bisa mengoreksi keputusan KPU, pemenang bisa kalah, yang kalah bisa menang asal bisa dibuktikan. Sedangkan di DKPP tidak bisa ikut campur dalam urusan hasil pemilunya. Kami hanya mengevaluasi perilaku penyelenggara pemilu saja, kata Jimliy. Mantan Ketua MK itu pun mengimbau masyarakat agar tidak menganggap negatif jika Prabowo-Hatta akhirnya mengajukan gugatan ke MK. Sebab, gugatan ke MK merupakan penyelesaian yang diatur oleh konstitusi. Kita harus membangun jalan konsitusi bagi sengketa-sengketa dalam penyelenggaraan demokrasi kita. Jangan hanya melihat proses persidangan atau peradilan. MK itu sebagai hasil menang kalahnya, tetapi proses peradilannya sama pentingnya dengan keadilan itu sendiri, tutup Jimly.(gir/jpnn)
4,3 Juta Pemudik Gunakan Motor
JAKARTAJumlah pemudik dengan moda transportasi sepeda motor terus naik. Padahal, resiko kecelakaan dengan menggunakan kendaraan roda dua itu sangat tinggi. Karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencoba meminimalisasi kecelakaan dengan mudik gratis. Tadi pagi (24/7), Kemenhub memberangkatkan 4.973 pemudik dari Monas menuju ke kampung halamanya masing-masing. Ada 92 bus yang disediakan dalam mudik gratis itu. Bus tersebut melayani 9 kota tujuan. Yakni, Tasikmalaya, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, Solo. Selain itu tujuan Wonogiri, Wonosobo, dan Magelang. Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan mudik gratis ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan di jalan. Khususnya bagi pengendara sepeda motor. Setiap tahunya pemudik yang menggunakan sepeda motor selalu naik, jelasnya. Menurut data dari Kemenhub, tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor berkisar, 4,3 juta pemudik. Mangindaan mengatakan kenaikan angka pemudik motor itu menjadi ancaman. Sebab, angka kecelakaan pemudik yang mengendarai motor cenderung naik. Dia mengatakan data dari kepolisian mencatat 71 persen angka kecelakaan motor per hari. Setara dengan 163 kasus per hari, katanya. Dalam mudik gratis itu, pemilik sepeda motor diangkut menggunakan bus. Sedangkan motor dikirim dengan menggunakan truk, kapal laut serta kereta api. (aph/dio)
Ratu Atut Tuding Namanya Dicatut di Kasus Suap Pilkada Lebak
JAKARTA - Gubernur Banten nonaktif Ratu Atut Chosiyah berulangkali mengaku tidak terlibat dalam kasus dugaan suap pengurusan Pilkada Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK). Ini diungkapkannya saat menjalani sidangnya dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, (24/7). Saya enggak tahu kenapa nama saya disebut-sebut terus. Padahal saya enggak tahu apa-apa. Saya baru ketemu Susi Tur Andayani sekali tapi kenapa nama saya disebut-sebut terus, ujar Atut di hadapan majelis hakim. Atut juga mengklaim bahwa dirinya justru mengimbau pada pasangan Amir Hamzah dan Kasmin untuk tidak mengajukan gugatan ke MK. Saya bilang enggak usah ke MK. Tapi kenapa nama saya juga disebut-sebut, sambung Atut. Atut mengaku memang mengenal pengacara Susi Tut Andayani, yang sudah divonis dalam kasus ini. Susi sendiri adalah pengacara calon Bupati dan calon Wakil Bupati Amir Hamzah-Kasmin saat mengajukan sengketa Pilkada Lebak ke MK. Susi juga yang menjadi perantara suap kepada Akil. Menurutnya, Susi pernah datang ke ruangan Gubernur Banten pada 26 September 2013. Saat itu Susi datang bersama Amir dan Kasmin. Saya kenal Susi. Satu kali bertemu Susi saat Amir dan Kasmin meminta waktu bertemu di kantor Gubernur, kata Atut. Namun, kata dia, pertemuan itu lebih banyak Amir dan Kasmin yang menyampaikan perkembangan gugatan Pilkada Lebak. Kata Atut, mereka menyampaikan telah memiliki bukti-bukti soal terjadinya kecurangan dalam Pilkada Lebak. Susi lebih banyak mendengarkan, Amir dan Kasmin yang lebih banyak (bicara). Disampaikan Amir dan Kasmin ada peluang untuk disetujui dengan adanya bukti dan saksi, tandasnya. (flo/jpnn)
Rakyat Bisa Usulkan Nama Menteri di Kabinet Jokowi-JK Lewat Facebook
Relawan Joko Widodo-Jusuf Kalla merasa amat berjasa dalam mengantarkan pasangan itu jadi juara Pilpres 2014. Para relawan bukan hanya ambil bagian dalam kampanye dan pendanaan. Namun, mereka juga terlibat aktif mengawasi proses penghitungan suara. Kehadiran Jokowi tidak akan berarti banyak jika tidak muncul partisipasi relawan yang luar biasa. Kini, para relawan mengawal perjalanan politik pasangan pilihan mereka ini dengan berbagai cara. Seperi dikutip dari akun facebook Jokowi Center, relawan Jokowi Center dan Radio Jokowi memutuskan untuk ikut mengawal proses penjaringan nama-nama calon menteri yang dianggap layak oleh rakyat. Pemilihan menteri memang hak prerogatif Presiden. Namun bukan berarti rakyat tidak bisa berpartisipasi, tulis komunitas relawan itu dalam akun facebook-nya, Kamis (24/7). Dalam akun itu disertakan link yang akan menghubungkan ke daftar nama calon-calon menteri ini. Nama-nama ini kami hadirkan, dan Anda kami persilakan untuk memilihnya sebagai bagian dari laku politik, tulis admin akun. Sebuah halaman bertajuk Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR) terbuka. Di sana ada 34 posisi jabatan menteri yang masing-masing diisi tiga nama calon. Namun, masyarakat juga bisa memasukkan nama calon sendiri ke dalam kolom kosong. (ald/rmo/jpnn)
Kaum Muda NU Minta Prabowo-Hatta Tak Berakrobat Politik
JAKARTA - Kaum muda Nahdatul Ulama yang tergabung dalam Gerakan Daulat Nusantara (GDN) meminta pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tidak melakukan akrobat politik pasca penetapan capres-cawapres terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum GDN Al Amin Nasution dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Kamis (24/7), mengatakan GDN mengucapkan selamat dan siap mengawal serta mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai capres-cawapres terpilih. Kami mendoakan semoga (Jokowi-JK) diberikan kesehatan dan keselamatan dalam memimpin bangsa Indonesia, kata Al Amin Nasution. Karena itu GDN menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat dan menginstruksikan kepada segenap pengurus dan anggota GDN se-Indonesia untuk berpartisipasi aktif menjaga kedamaian dan ketenteraman, sehingga tercipta suasana yang kondusif. Sebagai organisasi yang sebelum Pilpres lalu mendukung Prabowo-Hatta, GDN juga meminta pasangan Prabowo-Hatta legowo dan tidak melakukan akrobat politik menyikapi keputusan KPU yang telah menetapkan Jokowi-JK sebagai capres-cawapres terpilih. Kalaupun ada pihak yang tidak puas atas keputusan KPU, GDN menyarankan untuk menempuh jalur yang sudah diatur undang-undang, yakni ke Mahkamah Konstitusi (MK). Itu (MK) mekanisme yang diketahui bersama. Ketika menemui titik buntu itu larinya harus ke MK, lembaga yang bersifat final dan menginkat. Harusnya itu yang ditempuh, tidak lagi berakrobat politik, tandasnya. (fat/jpnn)
Posisi Petr Cech Terancam, Mourinho Tetap Happy
JOSE Mourinho merasa sangat happy menyongsong musim baru. Itu karena pelatih yang kini dikenal dengan sebutan Happy One itu memiliki dua penjaga gawang tangguh, yakni Petr Cech Thibout Courtois. Situasi saya musim ini sangat fantastik. Memiliki Cech dan Courtoui berarti kami punya penjaga gawang muda terbaik dan salah satu dari tiga kiper paling berpengalaman. Bagi saya dan Chelsea ini adalah sempurna, ujar Petr Cech seperti dilansir Sky Sports, Kamis (24/7). Kedatangan Courtois bisa saja membuat Cech tidak senang. Penjaga gawang yang sudah tiga tahun menjadi kiper utama Chelsea itu bisa tersingkir oleh Cortouis. Performa Cortouis saat dalam masa peminjaman bersama Atletico terbilang fantastis. Dia berhasil membawa Atletico juara La Liga dan masuk ke final Liga Champions musim lalu. Mungkin salah satu dari mereka tidak akan senang. Tapi suporter Chelsea akan senang, ujarnya. (abu/jpnn)
Angkutan Barang Stop H-4 Sampai H Lebaran
SURABAYA - Selama masa libur Lebaran, kendaraan angkutan barang dilarang melintas di kawasan Surabaya. Larangan tersebut berlaku mulai H-4 sampai hari H Lebaran. Artinya, larangan itu efektif sejak dini hari tadi (pukul 00.00) hingga pukul 24.00 pada 28 Juli. Larangan tersebut sudah disosialisasikan polisi kepada para pemilik kendaraan yang memiliki lebih dari dua sumbu seperti truk, truk gandeng, dan truk kontainer. Bukank hanya kepada pemilik, polisi sudah memberitahukan larangan tersebut kepada para pengusaha yang memiliki pabrik dan gudang. Larangan itu kami berlakukan untuk memperlancar arus mudik. Selain itu, agar masyarakat nyaman beraktivitas di luar rumah saat hari Lebaran nanti, kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Raydian Kokrosono. Pengaturan jam pengoperasian kendaraan angkutan barang tersebut sebenarnya berlaku nasional. Pengaturan itu dituangkan dalam peraturan Kementerian Perhubungan. Agar lebih efektif, polisi pun terjun untuk melakukan sosialisasi. Sebab, sering, meski itu sudah menjadi keputusan nasional, ada pemilik kendaraan yang tidak mengetahuinya. Pengaturan tersebut dinilai penting lantaran keberadaan kendaraan angkutan barang kerap menghabiskan ruang di jalan sehingga memicu kepadataan, bahkan kemacetan. Jika tidak ada pengaturan, arus mudik bakal semakin macet. Untuk itu, kendaraan angkutan barang menepi terlebih dulu saat arus mudik dan ketika hari Lebaran. Karena sudah kami sosialisasikan, kami pun berharap tidak ada kendaraan angkutan barang di luar ketentuan yang beroperasi. Sebab, jika mereka melanggar, kami akan menindaknya, ujar Raydian. Meski ada larangan, tidak berarti semua angkutan barang harus menepi. Polisi memberikan dispensasi kepada beberapa jenis kendaraan. Di antaranya, kendaraan bermuatan BBM, kendaraan angkutan pos, kendaraan pengangkut sembako, dan pengangkut pupuk serta ternak. Di luar itu tidak kami izinkan, tegas Raydian. Adanya pengaturan tersebut membuat para pemilik kendaraan, perusahaan, dan gudang mengoptimalkan hari terakhir kemarin (23/7) untuk melakukan distribusi barang. Sepanjang hari kemarin volume kendaraan angkutan barang memang jauh lebih padat daripada biasanya. Beberapa ruas jalan seperti Jalan Margorejo, Kalianak, Romokalisari, dan Perak pun padat kendaraan besar. Semua seakan kejar waktu untuk mengirim barang sebelum diberlakukannya pengaturan tersebut. (fim/c10/ib)
Ruhut dan Saan Gagal jadi Saksi Anas Urbaningrum
JAKARTA - Tiga politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, Saan Mustopa dan Mirwan Amir batal bersaksi untuk Anas Urbaningrum. Pasalnya, sidang Anas pun batal digelar hari ini, Kamis, (24/7). Sidangnya ditunda dan direncanakan digelar kembali tanggal 7 Agustus 2014 ujar anggota DPR asal Fraksi Partai Demokrat (FPD), Ruhut Sitompul di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Ruhut mengaku sidang terpaksa ditunda lantaran majelis hakim belum sepenuhnya lengkap. Pasalnya hingga pukul 15.00 WIB, dua anggota hakim persidangan Anas masih menyidangkan kasus lainnya. Perihal penundaan sidang juga diakui Saan Mustopa. Saan sempat mengeluh karena dirinya kerap batal bersaksi di persidangan Anas Urbaningrum meski sudah beberapa kali dipanggil JPU KPK. Sudah tiga kali, setiap saya datang tidak pernah jadi sidangnya, keluh Saan. (flo/jpnn)
PSG Gaet Bintang Muda Pantai Gading
PARIS- Paris Saint Germain berhasil mendapat amunisi tambahan menyambut kompetisi musim 2014/2015. Tim berjuluk Le Parisien itu sukses meminjam bek kanan muda milik Toulouse, Serge Aurier. Nantinya, bek muda asal Pantai Gading berusia 21 tahun itu bakal membela PSG sepanjang musim 2014/2015. Namun, PSG bisa mematenkan status Aurier karena memiliki opsi pembelian. Dia adalah salah satu pemain muda paling bersinar di dunia. Aurier akhirnya dipilih PSG untuk melanjutkan kegemilangan di panggung Eropa, terang Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi di laman resmi klub, Kamis (24/7). Aurier memang menjadi salah satu pemain muda yang paling menarik perhatian di Ligue 1 dalam beberapa musim terakhir. Musim lalu, dia sukses membukukan masing-masing enam gol dan assist. Bermain di PSG bersama pemain luar biasa adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya akan memberikan kemampuan terbaik untuk mencapai tujuan klub, tegas Aurier. (jos/jpnn)
Awas, Kriminalitas Incar Pemudik di Terminal Kalijaya
BEKASI - UPTD Terminal Kalijaya mulai mengantisipasi tindak kejahatan saat lebaran yang dialami oleh para pemudik. Ada tiga modus yang sering ditemukan, yaitu gendam, pembiusan dan jambret. Tiga modus kejahatan tersebut kerap terjadi ditempat keramaian dihari lebaran. Baik di terminal, di pasar ataupun di mall-mall. Kepala UPTD Terminal Kalijaya, Mulnadiantro, menghimbau kepada pemudik agar hati-hati membawa barang bawaan, terutama untuk kaum perempuan dianjurkan tidak memakai perhiasan, ataupun memamerkan barang barang mewah ditempat keramaian, karena hal tersebut bisa mengundang para pelaku criminal, sebagai target empuk operasi kejahatan dimomen lebaran tahun ini. Dirinya mengatakan, jika menemukan orang yang baru dikenal untuk menawarkan minuman atau makanan, dihimbau sebaiknya jangan menerima tawaran tersebut. Dikhawatirkan, trik tersebut masih dipakai oleh para pelaku kejahatan sebagai modus pembiusan, dimana setiap tahunnya kerap terjadi. Mendingan langsung ditolak saja jika ada orang baru dikenal menawarkan makanan dan minuman, ujar Mulnadiantro seperti dilansir Go Bekasi (JPNN Grup) Kamis (24/7). Di Terminal Kalijaya sendiri, lanjut dia, kasus gendam atau hipnotis juga pernah dijumpai. Korban tiba-tiba melapor ke pospam kehilangan barang dalam keadaan bingung dan panik. Para pemudik terkena hipnotis dikarenakan pemudik sering melamun, dan target sasarannya yaitu pemudik yang terlihat kosong dan sedang kebingungan. Untuk kasus satu itu saya harap pemudik jangan melamun, fokus terus, ujarnya. Sarannya terakhir untuk mudik aman, para pemudik di Kabupaten Bekasi sebaiknya berangkat tidak sendiri, tetapi berangkat mudik bersama teman, saudara atau keluarga yang bertujuan daerah yang sama, agar bisa saling menjaga satu sama lain, dan saling mengingatkan satu sama lain, sehingga bisa selamat sampai tujuan. Mudik bareng-bareng lebih baik, sehingga bisa saling menjaga, dikarenakan pelaku jambret terbilang nekat karena berani beraksi walau ada posko di terminal yang dijaga personel polisi, katanya. Masih ditempat yang sama, pemudik arah Bandung, Maman mengaku memilih untuk mudik bersama teman kerja di Bekasi. Maman memilih untuk mudik bersama karena selain agar suasana tidak membosankan, juga agar bisa saling menjaga satu sama lain. Dalam hal ini Maman juga memberikan tips untuk para pemudik agar selalu membawa bekal dan minum sendiri, mencegah tawaran makanan dan minuman, dan jangan mengkonsumsi obat tidur, agar mengantisipasi tertidur pulas. Kalau tips dari saya untuk pemudik yaitu selalu membawa bekal, makanan atau minuman, kita juga harus berani menolak tawaran makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal, pungkasnya. (ian)
Ray Allen Dikabarkan Ikuti Jejak LeBron James
MIAMI- Cleveland Cavaliers seolah menjadi magnet dengan daya tarik hebat di NBA musim ini. Setelah sukses mendapatkan megabintang LeBron James, Cavaliers juga terus memburu pemain anyar. Terbaru, Cavaliers dikabarkan bakal mendapatkan guard veteran milik Miami Heat, Ray Allen. Laman Boston Globe, Kamis (24/7) menulis, Allen ingin kembali bergabung dengan LeBron. Mantan forward Heat yang kini juga bergabung ke Cavaliers, Mike Miller mengatakan, Allen akan menjadi rekrutan hebat menyambut kompetisi musim 2014/2015 mendatang. Dia adalah pemain yang bisa membantu Cleveland melaju ke babak playoff, terang Miller sebagaimana dilansir laman Boston Globe. Usia yang sudah menginjak 39 tahun juga bukan menjadi halangan bagi Cavaliers untuk mengikat Allen. Pasalnya, Allen tetap tampil trengginas meski sudah berusia senja. Tahun lalu, Allen mampu bermain dalam 73 laga musim reguler dan 20 pertandingan babak playoff. Ketika itu, Allen mampu menyumbangkan rata-rata 9,3 poin di fase playoff. (jos/jpnn)
Ratu Atut Akui Bertemu Akil di Singapura
JAKARTA - Gubernur Banten non aktif, Ratu Atut Chosiyah mengaku pernah bertemu dengan mantan Ketua Makhamah Konstitusi, Akil Mochtar, di Singapura pada bulan September 2013 lalu. Namun, kata dia, itu bukan pertemuan yang direncanakan. Tapi pertemuan itu memang pertemuan yang tidak sengaja, kata Atut pada hakim dalam sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis, (24/7). Atut mengatakan, pada saat itu dia berdiskusi mengenai aturan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa pilkada. Disampaikan beliau apabila terjadi sengketa, MK memberikan waktu 3 bulan paling lama. Saya akhirnya mengetahui apabila di Banten terjadi sengketa daerah bisa laksanakan walaupun setelah bulan Oktober, sambungnya. Menurut Atut, pada saat itu ada sekitar 3 wilayah yang sedang melakukan pilkada di Banten. Sedangkan ada peraturan pemerintah pada bulan Oktober 2013 yang mengatakan bahwa tidak boleh dilakukan pemilu. Saya selaku gubernur punya tanggung jawab untuk menyelesaikan perkara pilkada tersebut. Saya punya kewajiban jika ada perselisihan di akhir Oktober itu tetap dilakukan atau tidak, sambungnya. Saat ditanya apakah pada saat itu keduanya membahas pilkada Lebak, Atut mengaku hal tersebut tidak dibahas secara spesifik. Namun dia membantah pada saat itu dia meminta tolong secara khusus pada Akil untuk dibantu terkait sengketa itu. Lebih lanjut, Atut mengakui pada saat di bandara, dia kemudian mendapat nomor telepon Akil, dan kemudian setelahnya, Atut mengubungi Akil untuk meminta bertemu kembali keesokan harinya. Namun, Atut mengatakan bahwa tujuan utama pertemuan itu bertujuan untuk silaturahmi saja. Saat itu saya nanya di mana bermalam, beliau (Akil) jawab di JW Marriot. Saya lebih kepada ingin silaturahmi, itu kaitannya dengan adat ketimuran, tandas Atut. (flo/jpnn)
Kabinet Jokowi dari Profesional, Muhaimin Yakin Kader Parpol Tetap Dilirik
JAKARTA - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tidak keberatan dengan komitmen presiden terpilih Joko Widodo membentuk kabinet berbasis profesional. Ia meyakini hal itu tidak mengurangi peluang partainya menempatkan kader di dalam pemerintahan. Ya profesional itu kan bisa politisi, bisa bukan politisi. Artinya jangan didikotomikan, kata Muhaimin kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/7). Bahkan, lanjutnya, terkadang profesional yang berasal dari partai politik memiliki kualitas yang lebih baik. Pasalnya, kader partai politik sudah mendapat pendidikan kepemimpinan dan biasa memimpin. Selain kalangan profesional, partai-partai pendukung Jokowi-JK juga harus menghadapi persaingan dari partai politik di luar koalisi. Pasalnya, sejumlah partai pengusung Prabowo-Hatta diprediksi segera merapat. Terkait hal ini, Muhaimin menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi. Ia tidak keberatan jika ada anggota baru koalisi mendapatkan jatah menteri. Ya welcome.‬ Nggak masalah, negara ini negara kita semua, jadi yang terbaiklah, tandas Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini. (dil/jpnn)
Kerahkan 125 Bus, BRI Mudikkan 6 Ribu Nasabah
JAKARTA - Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mendekatkan diri kepada nasabahnya setiap tahun terus dipacu. Salah satunya yakni dengan menyelenggarakan mudik gratis bagi nasabah. Mudik gratis ini sudah digelar BRI sejak tahun 2004. Untuk tahun ini, mudik gratis ini bertajuk Ngebuzz Bareng BRI yang di berangkatkan dari Plaza Utara, GBK, Jakarta, Kamis (24/7). Hari ini BRI melepas sebanyak 6 ribu nasabah dan keluarganya untuk bermudik ke kampung halaman masing-masing dengan menggunakan 125 bus ekseklusif ke Surabaya, Blitar, Pati, Jogjakarta, dan Wonogiri, ujar Sekretaris Perusahaan BRI, Budi Satria. Adapun nasabah BRI yang ikut mudik gratis ini, yakni nasabah simpanan maupun pinjaman, termasuk di antaranya, debitur KUR (Kredit Usaha Rakyat), debitur KUR TKI, dan pekerja dasar dari rekanan kerja BRI. Dan sebagian besar debitur BRI yang dipulangkan secara gratis berasal dari debitur KUR BRI, papar Budi. Untuk gelaran mudik tahun ini, acara Ngebuzz Bareng BRI ini juga memfasilitasi sebanyak 40 TKI nasabah BRIfast Remittance yang berasal dari enam negara, yaitu Malaysia sebanyak 20 orang, Hongkong sebanyak 10 orang, seorang dari Arab Saudi, 6 orang dari UAE. Sementara sisanya dari Korea serta Taiwan. (chi/jpnn)
Lotus Bakal Pertahankan Grosjean Musim 2015
LONDON- Komposisi pembalap yang menghuni Lotus pada balapan Formula 1 musim 2015 tampaknya tidak akan berubah. Pasalnya, para petinggi Lotus bakal mempertahankan dua pembalapnya Pastor Maldonado dan Romain Grosjean. Setelah Maldonado mendapat kepastian, masa depan Grosjean bersama Lotus juga menemui titik terang. Wakil Team Principal Federico Gastaldi mengatakan, Grosjean masih dianggap pembalap yang tepat untuk Lotus. Grosjean sudah menjadi bagian dari keluarga Lotus dalam beberapa tahun. Jujur saja. Grosjean sebagai pembalap top tak bahagia dengan musim 2014 ini. Ini menjadi cermin bagi semua yang ada di tim, terang Gastaldi di laman GP Update, Kamis (24/7). Performa Grosjean memang amburadul di balapan musim ini. Hingga kini, pembalap asal Swiss itu masih terdampar di urutan ke-14 dengan koleksi delapan angka. Apa yang bisa saya katakan adalah niat untuk Grosjean bertahan di tim ini dan melanjutkan kerjasama yang luar biasa. Kami juga harus mengambil pelajaran dari musim yang sulit ini, tegas Gastaldi. (jos/jpnn)
Van Gaal Langsung Ubah Formasi MU
CALIFORNIA - Louis van Gaal menjalani debutnya menjadi manajer Manchester United (MU) dengan menghadapi LA Galaxy pada laga pra musim di Rose Bowl, Pasadena, California, Kamis (24/7). Pada pertandingan tersebut, Van Gaal yang baru saja sukses menangani Timnas Belanda langsung mengubah formasi 4-3-3 yang kerap digunakan MU selama beberapa musim. Van Gaal ingin menularkan kesuksesan formasi 5-3-2 Belanda yang digunakan selama Piala Dunia 2014. Namun di MU, Van Gaal sedikit melakukan perubahan dengan menggunakan formasi 3-5-2. MU mengawali pertandingan dengan menurunkan duet Wayne Rooney dan Danny Wellback. Di tengah, Van Gaal memasang Darren Fletcher, Ander Herrera dan Juan Mata. Tiga back yang digunakan Van Gaal adalah Chris Smalling, Jonny Evans dan Phil Jones. Sementara Luke Shaw dan Antonio Valencia memainkan perannya sebagai sayap kiri dan kanan. Saya bisa memainkan tiga striker karena saya punya tiga penyerang. Tapi saya memilih untuk memainkan dua penyerang, ujar Van Gaal seperti dilansir Press Association. Ia juga mengemukakan alasan mengapa berani memainkan formasi 3-5-2 yang baru dua kali dipakai dalam latihan. Jika Anda ingin mengubah sisten Anda harus langsung menerapkan. Saya juga bisa menerapkan pola 4-3-3, formasi yang mereka pakai selama bertahun-tahun, ujarnya. Tim berjuluk Setan Merah tersebut hanya butuh 13 menit untuk unggul. Adalah Danny Wellbeck yang berhasil menjebol gawang LA Galaxy melalui tendangan luar kotak penalti. Meski unggul cepat, MU Baru bisa menggandakan keunggulan di menit 42 melalui tendangan penalti Wayne Rooney. Di masa injury time babak pertama, Rooney berhasil membawa MU unggul 3-0. Pemain muda MU, Reece James, juga unjuk gigi di pertandingan ini. Reece berhasil mencetak gol di menit 62 dan 84. Dua gol pamungkas MU dicetak oleh gelandang sayap mereka, Ashley Young. Dia berhasil mencetak gol masing-masing di menit 88 dan 90. (abu/jpnn)
Satu WNI Terluka Akibat Kecelakaan TransAsia Airways
JAKARTA - Belum habis duka akibat jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 di Ukraina yang ikut menewaskan belasan WNI, kini perempuan berkewarganegaraan Indonesia bernama Rupiatin hampir menjadi korban kecelakaan TransAsia Airways di Taiwan, Rabu (23/7) kemarin. Beruntung Rupiatin hanya mengalami luka dalam kejadian ini. Saat ini Rupiatin telah mendapatkan perawatan medis di sebuah rumah sakit di Penghu, Taiwan. Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Rupiatin bukanlah penumpang dari pesawat dengan nomor penerbangan GE 222 itu. Namun, belum ada informasi lebih lanjut bagaimana Rupiatin bisa menjadi korban luka akibat kecelakaan pesawat itu. Rupiatin diketahui sebagai tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Penghu. Yang bersangkutan bukan penumpang pesawat, kata Faizasyah kepada wartawan di Jakarta, Kamis (24/7). Sementara untuk penumpang pesawat yang menjadi korban tewas, dipastikan tidak ada yang berasal dari Indonesia. Menurut Faizasyah, korban tewas ada 48 orang terdiri dari 2 warga negara Perancis dan 46 orang warga Taiwan. Penumpang pesawat yang meninggal 48 orang termasuk crew, ujar Faizasyah. Seperti diberitakan, pesawat GE22 mengalami kecelakaan saat berusaha melakukan pendaratan darurat di Kepulauan Penghu, dekat lepas pantai Taiwan. Pesawat jatuh akibat hujan dan angin kencang yang dibawa oleh topan Matmo yang melanda wilayah Taiwan. (dil/jpnn)
ARB Sebut Airlangga Bakal Maju ke Pemilihan Ketum Golkar
JAKARTA - Walau secara resmi Musyawarah Nasional Pemilihan Ketua Umum Partai Golkar masih tahun depan, tetapi nama-nama calon sudah bermunculan. Ada beberapa tokoh yang sudah mulai kasak-kusuk untuk melengserkan ketua umum sekarang, Aburizal Bakrie alias ARB. Tapi ada juga tokoh Golkar yang berani menyatakan bakal maju ke dalam kompetisi tersebut. Salah satunya adalah Airlangga Hartarto. Niat Ketua Komisi VI DPR RI itu maju ke pemilihan Ketua Umum Golkar terungkap dari akun twitter ARB (@aburizalbakrie). Lewat twitternya, ARB mempublikasikan pertemuannya dengan Sekjen Kosgoro itu di kantornya. Selain silaturahmi, kedatangan Airlangga Hartarto di kantor saya juga untuk mohon restu maju dalam pemilihan Ketua Umum Golkar tahun 2015, tulis ARB, Kamis (24/7). Airlangga pernah menjabat Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004-2009. Kini, ia masih tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar. Pria lulusan SMA Kolese Kanisius Jakarta dan pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM itu juga dikenal sebagai pengusaha. (rmo/jpnn)
30 Persen Perusahaan Belum Bayarkan THR
PASURUAN- Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) No 04 Tahun 1994 tentang pembayaran tunjangan hari raya (THR) tidak sepenuhnya dijalankan pengusaha. Buktinya, dari sekitar 1.742 perusahaan di Kabupaten Pasuruan, baru sebagian yang merealisasikan peraturan itu. Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Yoyok Heri Sucipto mengungkapkan, di antara ribuan perusahaan tersebut, 70 persen THR telah dibayarkan kepada karyawan. Sisanya, sekitar 30 persen masih belum direalisasikan. Karena Lebaran sudah dekat, Yoyok pun mendesak perusahaan yang belum membayarkan THR segera mencairkannya. Di lapangan ada 30 persen perusahaan yang hingga kini belum membayarkan THR kepada karyawan. Artinya, ada lebih dari 500 perusahaan yang belum membayarkan THR, ungkapnya Rabu (23/7). Yoyok menjelaskan, status ratusan perusahaan yang belum membayarkan THR tersebut cukup beragam. Mulai PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) hingga PMA (Penanaman Modal Asing). Lokasi perusahaan itu tersebar di Kecamatan Pandaan, Purwosari, Gempol, Beji, Bangil, dan beberapa kecamatan lain. Untuk mengetahui lebih detail perusahaan yang belum mencairkan kewajibannya itu, pihaknya membentuk tim monitoring dengan melibatkan pihak terkait. Misalnya, serikat pekerja dan pengawas internal disnakersostrans. Salah satu tugas tim tersebut adalah mendatangi perusahaan yang bersangkutan guna meminta segera membayarkan THR kepada karyawan. Bagaimana jika perusahaan itu tetap ogah membayarkan THR? Pihaknya siap memberikan teguran keras. Bahkan, jika teguran tersebut diabaikan, pihaknya pun akan memberikan sanksi. Hal itu diatur dalam Permenakertrans Nomor 4 Tahun 1994 tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja di perusahaan. Dalam regulasi tersebut, kata dia, THR wajib dibayarkan minimal sepekan sebelum Lebaran. Karena Idul Fitri kini tinggal beberapa hari lagi, seyogianya tunjangan tersebut sudah dicairkan. Ini wajib. Kalau tidak, ya perusahaan tersebut akan kami beri sanksi, tegasnya. Yoyok menuturkan, terkait dengan pembayaran THR, para karyawan dengan masa kerja minimal tiga bulan harus dan berhak untuk mendapatkannya. Itu meliputi karyawan tetap maupun kontrak. Besar THR minimal sekali gaji. Mantan kepala dinas peternakan itu menyatakan, sejatinya THR harus dibayarkan minimal sepekan sebelum Lebaran. Tetapi, kondisi keuangan perusahaan acap kali menjadi alasan untuk mengulur waktu pembayaran. Kami mendesak perusahaan yang belum melakukan kewajiban membayar THR untuk menuntaskannya paling lambat Jumat ini (25/7). Bila tidak, kami tidak segan memberikan sanksi, tegasnya.(zal/aad/JPNN/c21/dwi)
Hanung Polisikan "Si Penipu" yang Berhasil Disergap Istrinya ke Polda
JAKARTA - Sutradara Hanung Bramantyo akhirnya melaporkan seseorang yang berinisial DNB ke Polda Metro Jaya, Kamis (24/7). Hanung melaporkan Didik untuk kasus dugaan pencemaran nama baik. Laporan tersebut terdata dengan nomor LP/2731/VII/2014/Dit Reskrimsus. Suami artis Zaskia Adya Mecca itu mengatakan, pencemaran nama baik dilakukan pelaku melalui Facebook. Katanya sih sakit hati dengan murid saya (inisial YK). Katanya sewaktu (YK) menjadi astrada (asisten sutradara), dia (DNB) enggak dianggap, terang Hanung, Kamis (24/7). Dia juga menyampaikan, DNB juga sudah melakukan penipuan. Penipuan berkedok untuk melakukan casting film akhirnya digagalkan lewat aksi dramatik yang dilakukan istrinya Zaskia. Ini setelah Zaskia ditelepon calon korban dan kemudian keduanya janjian untuk bertemu di sebuah tempat karaoke di daerah Senayan City. Aksi dramatik yang dilakukan Zaskia pada Rabu malam (23/7). Hanung menceritakan, malam itu, zaskia menangkap penipu yang selama 5 tahun menggunakan namanya di Facebook untuk menipu wanita muda yang berminat mengikuti casting film. Modus penipu, gunakan FB atasnama saya untuk kenalan. Setelah itu tukar menukar pin BB lalu janjian ketemu, tulis Hanung melalui akun Twitter-nya. Untuk memuluskan aksinya, kata Hanung, sang penipu mengaku sebagai asistennya yang ditugaskan untuk cari pemain cewek di film barunya. Setelah bertemu dengan calon korban, penipu meminta uang dengan iming-iming mau diorbitkan jadi artis. Aksi sang penipu kata Hanung, tak cukup sampai di sini. Setelah serahkan uang, penipu minta korban mau difoto seksi. Kalau calon korban menolak maka batal main film, uang tak kembali, bebernya. Penipu juga kadang meminta korban melakukan adegan ranjang. Dalihnya bagian dari script film, lanjut Hanung. Penipuan ini terungkap ketika Rabu sore (23/7), istri Hanung, Zaskia Mecca ditelepon oleh calon korban. Si penelepon menanyakan kepada pemain film Ayat-Ayat Cinta itu dengan maksud konfirmasi apakah suaminya Hanung Bramantyo akan casting dia di sebuah hotel. Calon korban menjelaskan ke Zaskia bahwa dirinya sudah dimintai uang Rp 10 juta dan disuruh foto seksi. Katanya atas perintah saya, ceritanya. Zaskia kemudian menegaskan kepada korban bahwa yang dialaminya itu adalah kasus penipuan. Bersama korban, istri korban bermaksud menjebak penipu tersebut di sebuah tempat karaoke. Calon korban pura-pura bersedia dicast oleh penipu di tempat karaoke tersebut. Di tempat itu Zaskia siapkan polisi, beber Hanung lagi. Ketika korban diminta melepas baju, ia mengirim pesan singkat (SMS) ke Zaskia. Zaskia memberi kode ke polisi untuk menggerebek ruang karaoke tempat penipu tersebut beraksi. Dalam interograsinya, penipu mengaku sudah menipu lebih dari 20 gadis sejak tahun 2009, ujarnya. Hanung berharap, jika ada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban penipuan serupa untuk melaporkan ke pihak Kepolisian. Sebab, langkah ini dinilai Hanung akan menguatkan laporannya ke Polda. Jika laporan saya tidak disertai laporan korban berikut bukti-bukti, maka penipu bisa dilepas, kata Hanung khawatir. Sebagai filmaker, Hanung meminta teman-temannya berhati-hati ketika mendapat tawaran casting. Khususnya film saya dan @DapurFilm, ucapnya. Siapa yang pernah jadi korban Facebook palsu Hanung Bramantyo Anugroho, please email saya zaskiabramantyo@gmail.com now! lanjutnya. Secara khusus Hanung mendoakan agar Allah selalu melindungi istrinya Zaskia Mecca. Melindungi keluarga saya selamanya. Amin, tandas Hanung.(ris/jpnn)
RFID Pertamina-INTI Mandek, Dahlan Iskan Tak Mau Ikut Campur
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tak mau ikut campur mengenai mandeknya program Radio Frequency Identification (RFID) antara PT Pertamina (Persero) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). Mengenai hal itu, pria asal Magetan ini menyerahkan kepada keduanya. Dahlan tak mau terkesan membela salah satu di antara keduanya. Ia berharap, dua perusahaan pelat merah itu bisa mencari jalan keluar yang terbaik dan tetap menyukseskan program RFID. Saya engga mau campur tangan di sini, memang mandek. Kalau saya membela Pertamina nanti menyusahkan PT INTI dan begitupun sebaliknya. Pokoknya harus ada jalan keluar, ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (24/7). Dahlan menilai mandeknya program RFID antara PT Pertamina dan PT INTI lantaran terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah. Pertamina kata Dahlan, telah menandatangani kontrak RFID dengan nilai tukar yang sudah disepakati, hanya saja nilai tukar terus melemah dan menjauhi kontrak. Tapi kan kontrak harus dihormati. Kalau mau menyalahkan adalah kenapa dolar jadi begini. Semua ini gara-gara dolar melemah di luar dugaan, terang dia. Nah, bila pada akhirnya tidak ada jalan keluar, Dahlan menyarankan agar Pertamina dan PT INTI menyelesaikan masalah ini di hukum atau melalui arbitrasi. Saya kalau membela salah satu engga baik. Saya sudah pernah ketemukan dengan keduanya, tapi belum ada jalan keluar, tandas mantan Dirut PLN. (chi/jpnn)
Prabowo Urus Kuda Piaraan, Hatta Tunggu Kelahiran Cucu
JAKARTA - Kubu capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berencana melayangkan gugatan sengketa pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan penetapan KPU atas hasil Pilpres 2014, Jumat (25/7). Pernyataan gugatan itu disampaikan oleh kuasa Juru Bicara Koalisi Merah-Putih Tantowi Yahya bersama Mahendradatta, kuasa hukum pasangan capres tersebut kepada wartawan Rabu (23/7). Mereka menggelar konferensi pers di Hotel Intercontinental tanpa kehadiran Prabowo dan Hatta. Lantas dimana keduanya? Prabowo disebutkan tengah beristirahat di rumahnya dan kembali menekuni rutinitasnya memelihara kuda. Ya, Keputusan menggugat ke MK itu juga membantah kabar bahwa tim pendukung Prabowo, Koalisi Merah-Putih, menghentikan partisipasi dalam tahap pilpres karena pernyataan menarik diri yang disampaikan Prabowo di Rumah Polonia, Selasa (22/7). Tantowi memastikan Prabowo-Hatta akan tetap mengajukan gugatan ke MK. Padahal, sejumlah pengurus tim kampanye nasional Prabowo-Hatta sebelumnya menyatakan tidak akan mengajukan gugatan ke MK. Karena KPU sudah ketok palu, sudah diambil keputusan. Mekanisme yang ditempuh kan harus berdasar MK, ujar Tantowi beralasan. Dia menyatakan, pelanggaran Pilpres 2014 terjadi secara sistematis, terstruktur, dan masif. Dia menyebutkan, ada kejanggalan pencoblosan suara di 52 ribu tempat pemungutan suara (TPS). Ada sekitar 21 juta suara yang dipertanyakan. Di Jakarta sudah ada permintaan dari Bawaslu untuk melakukan pemungutan suara ulang di sekitar 5 ribu TPS, tetapi tidak ditindaklanjuti KPU, ungkap Tantowi. Wakil Sekretaris Jenderal PAN Teguh Juwarno menuturkan bahwa Hatta saat ini masih sibuk dengan urusan pribadi. Terlebih, cucu kedua Hatta lahir menjelang penetapan hasil rekapitulasi suara pilpres. Alhamdulillah, sampai tadi malam (Selasa, 22/7) kami kumpul beliau sehat walafiat. Tidak tampak down atau stres, katanya. (bay/kim/mas)
Gol Telat Borriello Bawa Roma Kalahkan Liverpool
BOSTON- AS Roma menjalani pramusim 2014/2015 dengan meyakinkan. Kemenangan demi kemenangan terus dibukukan tim berjuluk Serigala Roma itu. Terbaru, Roma sukses menekuk Liverpool dengan skor 1-0 (0-0) dalam laga yang dilangsungkan di Fenway Park, Boston, Kamis (24/7) WIB. Laga sepertinya akan berakhir imbang setelah kedua tim bermain tanpa gol hingga menit akhir. Namun, Marco Borriello akhirnya menjadi pembeda setelah sukses mencetak gol kemenangan Roma sesaat sebelum laga berakhir. Bagi Roma, kemenangan itu melanjutkan tren bagus yang mereka raih dalam laga pramusim. Sebelumnya, anak asuh Rudi Garcia itu juga mampu menekuk timnas U-23 dengan skor 3-1. Di sisi lain, Liverpool menelan kekecewaan ganda. Bukan hanya dipaksa menelan kekalahan, tim berjuluk The Reds itu juga mesti kehilangan striker Fabio Borini yang mengalami dislokasi bahu. Dalam laga itu, Borini harus digantikan Emre Can ketika pertandingan baru berlangsung 12 menit. Belum ada kepastian berapa lama striker asal Italia itu harus absen dari lapangan. (jos/jpnn)
Diperiksa KPK, Irgan Dicecar Soal Keikutsertaannya Dalam Ibadah Haji
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR, Irgan Chairul Mahfiz dicecar mengenai penyelenggaran ibadah haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama oleh penyidik. Hal itu diungkapkannya usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepada wartawan, Irgan mengaku berangkat haji tidak secara gratisan. Namun, ia membayar ke PT Al-Amin Universal. Ditanya saja mengenai keikutsertaan saya mengenai haji 2012-2013, saya jelaskan apa adanya, saya sertakan setoran Bank Mandiri ke PT Al-Amin Universal ada dua aplikasi, untuk biaya hajinya, kata Irgan di KPK, Jakarta, Kamis (24/7). Politikus PPP itu mengaku sudah menyerahkan bukti pembayaran tiket untuk kepergiannya melakukan ibadah haji. Namun demikian Irgan menolak menyebut jumlah setoran untuk biaya haji. Saya sudah menyerahkan bukti peneriman uang untuk pembayaran tiket pergi penerbangan saya, ujar Irgan. Selain itu, Irgan mengaku ditanya mengenai status seorang petugas haji. Saya katakan saya bukan petugas haji, saya jamaah, kalau petugas melayani bukan tugas saya, dan saya tidak mau melayani, ucap Irgan. Irgan mengaku sudah mendaftar untuk pergi haji pada 2012. Pada saat itu, ia pergi bersama dengan rombongan Suryadharma Ali yang menjadi Menteri Agama saat itu. Irgan yang pergi haji bersama istrinya mengaku ada anggota DPR yang ikut dalam rombongan di luar kader PPP. Ada beberapa, ada Pak Erick dari Hanura, tandasnya. Seperti diketahui, Suryadharma merupakan tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di Kemenag. Ia diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 KUHP. Penerapan pasal ini berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan yang bisa merugikan keuangan negara. Anggaran yang dipakai terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di atas Rp 1 triliun. (gil/jpnn)
Udar Dicecar Soal Bus Gandeng
JAKARTA - Bekas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Udar Pristono digarap Kejaksaan Agung, Kamis (24/7).Mantan anak buah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, ini dicecar sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan Bus Gandeng di Dishub Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2012. Udar yang kini menyandang status tersangka pengadaan Bus Transjakarta di Dishub Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2013, ini menjalani pemeriksaan kurang lebih empat jam sejak pukul 9.00 pagi. Didampingi Kuasa Hukumnya, Budi Nugroho, Udar mengaku dicecar soal tugas dan fungsi jabatan Kadishub Provinsi DKI Jakarta ketika proyek itu berlangsung. Ya, tugas pokok dan fungsi saya sebagai kepala dinas. ini pure masalah hukum, kata Udar kepada wartawan di Kejagung, Kamis (24/7). Sedangkan Budi menambahkan bahwa dalam pemeriksan kali ini Udar disodorkan sekitar delapan pertanyaan oleh anak buah Jaksa Agung Basrief Arief. Kata Budi, pemeriksaannya memang seputar tugas pokok dan fungsi Udar saat menjabat Kadishub Provinsi DKI Jakarta. Sama tugas fungsi selaku pengguna anggara, sama jumlah anggaranya. Ini yang 2012, sekitar 11 paket (anggaran) sekitar Rp 130 miliar, ungkap Budi di Kejagung kepada wartawan, Kamis (24/7). Ia mengatakan, saat proyek bergulir Gubernur DKI Jakarta masih dijabat Fauzi Bowo alias Foke. Konteks saksi ini gubernurnya bukan Jokowi (Joko Widodo), tapi Foke. Ini saya belum bisa membuka karena masih ada kode etik sedikit, kata Budi. Hanya saja ia mengaku tidak tahu apakah Foke juga harus diperiksa atau tidak dalam kasus ini. Seperti diketahui, dalam kasus ini Kejagung sudah menetapkan dua pensiunan pegawai negeri sipil Dishub Provinsi DKI Jakarta, Gusti Ngurah Wirawan serta Hasbi Hasbuan sebagai tersangka. (boy/jpnn)
Jokowi Diperiksa Usai Lebaran
JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengaku belum menerima surat panggilan dari Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI, terkait pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan pencemaran nama baik dan fitnah melalui Tabloid Obor Rakyat. Kuasa Hukum Jokowi, Teguh Samudera, membenarkan kliennya belum menerima surat panggilan dan hanya menerima informasi secara lisan saja. Karenanya, Teguh mengatakan bahwa kliennya yang kini aktif kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta pascapemilihan presiden, itu minta pemeriksaan dijadwal ulang. Teguh yang mendatangi Bareskrim Polri, Kamis (24/7), itu mengaku akan mengkoordinasikan waktu dan tempat pemeriksaan kliennya tersebut nantinya. Bagaimana kalau (pemeriksaan) setelah lebaran, bisa tanggal enam atau tujuh (Agustus 2014), kata Teguh kepada wartawan di Bareskrim Polri, Kamis (24/7). Teguh memastikan Jokowi akan datang sekalipun telah menjadi presiden terpilih. Dia memastikan bahwa bekas Wali Kota Solo, itu sangat taat asas dan tunduk pada konstitusi. Pak Jokowi tunduk pada konstitusi, kata Teguh. Sebelumnya diberitakan, Pemimpin Redaksi Tabloid Obor Rakyat Setyardi Budiono dan penulisnya, Darmawan Sepriyosa dengan pidana umum terkait kasus dugaan pencemaran nama baik dan fitnah terhadap Joko Widodo, calon presiden saat itu. Hal ini setelah polisi melakukan pendalaman penyidikan dan mendapat keterangan ahli. Ya, terhadap kedua tersangka Obor Rakyat telah dijerat dengan persangkaan bahwa mereka telah melakukan pidana umum, kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie menjawab JPNN, Kamis (24/7). Tak tanggung-tanggung, polisi menjerat mereka dengan pasal berlapis. Yakni, pasal 156 dan atau 157 dan atau 310 dan atau 311 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Menurut Ronny, keduanya juga dijerat pasal 18 ayat 3 juncto pasal 9 ayat 2 dan pasal 12 UU Pers. Seperti diketahui pasal 310 KUHP adalah tentang pencemaran nama baik dan pasal 311 KUHP terkait fitnah. Sedangkan pasal 156-157 KUHP tentang penyebaran kebencian. (boy/jpnn)
Jika MK Putuskan Prabowo-Hatta Pemenang, Rakyat Harus Terima
JAKARTA - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli lalu telah menetapkan pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sebagai pasangan pemenang pilpres 9 Juli 2014, namun Jokowi-JK baru bisa dinilai sah, apabila Mahkamah Konsitusi (MK) telah memutuskan sidang perselisihan hasil pilpres dan menyatakan pasangan Jokowi-JK yang menang pilpres. Tapi, jika keputusan MK lain, memenangkan Prabowo-Hatta karena ditemukan bukti yang menguatkan misalnya, maka apapun yang diputuskan MK menjadi sah. Jadi, menurut saya, apa yang ditetapkan KPU itu sah, tapi belum final, sebab pasangan Prabowo-Hatta mengajukan gugatan ke MK dengan membawa sejumlah bukti-bukti tentang kecurangan pelaksanana pilpres. Kita tunggu saja putusan akhir MK, kata pakar hukum tatanegara Margarito Kamis, di Jakarta, Kamis (24/7). Seperti dikemukakan Anggota tim hukum Koalisi Merah Putih, Mahendradata bahwa pasangan Prabowo-Hatta akan mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke MK pada Jumat (25/7). Langkah ini dimungkinkan karena ketentuan bahwa setelah adanya penetapan rekapitulasi, memberi kesempatan selama 3x24 jam untuk mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilu ke MK. Kubu Prabowo-Hatta akan membawa bukti-bukti kecurangan pilpres. Dengan pengajuan gugatan yang akan diajukan pasangan Prabowo Hatta ke MK lanjut Margarito, bisa dikatakan bahwa pasangan Jokowi-JK adalah presiden dan capres terpilih sementara. Karena bisa saja hal itu berubah, jika bukti-bukti kecurangan yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta sangat kuat dan MK dalam putusannnya memenangkan Prabowo-Hatta. Dalam situasi seperti ini, segalanya bisa mungkin, imbuhnya. Margarito mengingatkan pada seluruh masyarakat bahwa putusan MK itu final dan mengikat. Jika MK sudah memutuskan soal perselisihan hasil pilpres ini, maka semua pihak harus menerima dengan lapang dada, karena itulah mekanisme dan prosedur yang diatur dalam UU. Sementara itu Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik mengatakan, gugatan ke MK sangat penting mengingat pihak pasangan Prabowo-Hatta banyak dirugikan karena kecurangan-kecurangan yang dibiarkan oleh KPU. KPU sesungguhnya mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencegah kecurangan, tapi hal itu tidak dilakukan. KPU sepertinya sengaja melanjutkan tahapan pilpres dan mengabaikan imbauan kami. Karena itu, putusan dan penetapan KPU atas pasangan terpilih, adalah cacat hukum, pungkas M Taufik. (fas/jpnn)
Pendaftaran CPNS Online, Yakin Server tak Akan Jebol
JAKARTA--Badan Kepegawaian Negara (BKN) optmistis bisa menangani seluruh pendaftaran CPNS yang diperkirakan akan melebihi dua juta orang. Lembaga ini juga yakin servernya tidak akan jebol meski dikunjungi calon pelamar maupun masyarakat umum. Insya Allah kami siap. Kalau sekarang masih susah dibuka untuk simulasi CAT-BKN, karena sekarang masih dalam persiapan seluruh perangkat IT-nya, kata Kepala BKN Eko Sutrisno yang dihubungi, Kamis (24/7). Dia menambahkan, untuk mengatasi jebolnya server BKN, pemerintah telah menggandeng Telkom. Selain itu tim teknis masih terus membahas kesiapan teknologinya dengan MenPAN-RB Azwar Abubakar. Sebagai gerbang tunggal pendaftaran aparatur sipil negara, BKN tentunya sudah menyiapkan berbagai perangkat IT untuk menghadapi kunjungan pelamar. Sampai saat ini saya tetap optimis BKN bisa menjalankan tugas negara ini, tutur Eko. Pada 2014, Sistim Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (SSCN)-BKN menjadi gerbang tunggal pendaftaran seleksi formasi ASN. Menurut Eko, pemerintah telah menetapkan sistim integrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi ASN, khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014. Penetapan tersebut sesuai Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014 Tanggal 3 Juli 2014, perihal Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014. Dalam edaran tersebut, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki BKN, yaitu sscn.bkn.go.id. Eko menjelaskan bahwa dengan menggunakan single entry system pendaftaran CPNS yang dimiliki oleh BKN itu, para calon pelamar CPNS akan mudah memperoleh informasi lowongan formasi CPNS. Dalam website SSCN-BKN berisikan berbagai macam informasi seputar seleksi CPNS yang sangat berguna, antara lain pendaftaran, pengumuman pendaftaran per intansi Pemerintah, kumpulan regulasi, jadwal, prosedur, petunjuk, pendaftaran, dan hasil pengolahan TKD seleksi CPNS 2014. (esy/jpnn)
“The Amazing Spiderman 3” Rilis 2018, “Sinister Six” November 2016
FANS Spiderman mungkin akan kecewa membaca berita ini. Hal itu menyusul pengumuman terbaru Sony terkait dua film baru mereka yakni The Amazing Spiderman 3 dan Sinister Six. Seperti dirilis E Online, pecinta film yang sudah menunggu kehadiran Spiderman 3 harus bersabar lebih lama. Pasalnya, Columbia Pictures memutuskan baru akan merilis Spiderman 3 pada 2018. Namun bagi yang penasaran dengan penampilan film Sinister Six yang merupakan spin off dari Spiderman mungkin bisa bergembira karena Sony Pictures akan merilis film tersebut lebih cepat, yakni November 2011. Sinister Six akan disutradarai oleh Drew Goddard. Film ini menyuguhkan kisah enam musuh utama Spiderman. Selain menjadi sutradara, Drew Goddard juga akan bertindak selaku penulis naskah. Dengan Drew Goddard sebagai penulis-sutradara , kami merasa sangat percaya diri menempatkan Sinister Six rilis perdana pada tahun 2016, ujar Doug Belgrad, presiden Sony Pictures Entertainment Motion Picture Group. (abu/jpnn)
Zaskia Sergap Aksi Penipu saat Korban Disuruh Buka Baju
JAKARTA - Sutradara berbakat Hanung Bramantyo tidak henti-hentinya mengucap syukur dan berterima kasih atas pengorbanan yang telah dilakukan sang istri Zaskia Adya Mecca. Ya, pemain film Ayat-Ayat Cinta itu baru saja melakukan aksi heroik dan dramatik saat menyergap aksi penipu di sebuah tempat karaoke. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas pengorbanan isteri saya @zaskiadyamecca kepada saya, ucap Hanung, Kamis (24/7) melalui akun Twitter-nya @Hanungbramantyo. Menurut Hanung, melakukan penyergapan butuh pengorbanan. Salah-salah bisa terluka jika tersangka melawan. Tapi Zaskia melakukan itu untuk saya, ujarnya. Aksi dramatik yang dilakukan Zaskia pada Rabu malam (23/7). Hanung menceritakan, malam itu, zaskia menangkap penipu yang selama 5 tahun menggunakan namanya di Facebook untuk menipu wanita muda yang berminat mengikuti casting film. Modus penipu, gunakan FB atasnama saya untuk kenalan. Setelah itu tukar menukar pin BB lalu janjian ketemu, tulis Hanung. Untuk memuluskan aksinya, kata Hanung, sang penipu mengaku sebagai asistennya yang ditugaskan untuk cari pemain cewek di film barunya. Setelah bertemu dengan calon korban, penipu meminta uang dengan iming-iming mau diorbitkan jadi artis. Aksi sang penipu kata Hanung, tak cukup sampai di sini. Setelah serahkan uang, penipu minta korban mau difoto seksi. Kalau calon korban menolak maka batal main film, uang tak kembali, bebernya. Penipu juga kadang meminta korban melakukan adegan ranjang. Dalihnya bagian dari script film, lanjut Hanung. Penipuan ini terungkap ketika Rabu sore (23/7), istri Hanung, Zaskia Mecca ditelepon oleh calon korban. Si penelepon menanyakan kepada pemain film Ayat-Ayat Cinta itu dengan maksud konfirmasi apakah suaminya Hanung Bramantyo akan casting dia di sebuah hotel. Calon korban menjelaskan ke Zaskia bahwa dirinya sudah dimintai uang Rp 10 juta dan disuruh foto seksi. Katanya atas perintah saya, ceritanya. Zaskia kemudian menegaskan kepada korban bahwa yang dialaminya itu adalah kasus penipuan. Bersama korban, istri korban bermaksud menjebak penipu tersebut di sebuah tempat karaoke. Calon korban pura-pura bersedia dicast oleh penipu di tempat karaoke tersebut. Di tempat itu Zaskia siapkan polisi, beber Hanung lagi. Ketika korban diminta melepas baju, ia mengirim pesan singkat (SMS) ke Zaskia. Zaskia memberi kode ke polisi untuk menggerebek ruang karaoke tempat penipu tersebut beraksi. Dalam interograsinya, penipu mengaku sudah menipu lebih dari 20 gadis sejak tahun 2009, ujarnya. Hanung berharap, jika ada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban penipuan serupa untuk melaporkan ke pihak Kepolisian. Sebab, langkah ini dinilai Hanung akan menguatkan laporannya ke Polda. Jika laporan saya tidak disertai laporan korban berikut bukti-bukti, maka penipu bisa dilepas, kata Hanung khawatir. Sebagai filmaker, Hanung meminta teman-temannya berhati-hati ketika mendapat tawaran casting. Khususnya film saya dan @DapurFilm, ucapnya. Siapa yang pernah jadi korban Facebook palsu Hanung Bramantyo Anugroho, please email saya zaskiabramantyo@gmail.com now! lanjutnya. Secara khusus Hanung mendoakan agar Allah selalu melindungi istrinya Zaskia Mecca. Melindungi keluarga saya selamanya. Amin, tandas Hanung.(ris/jpnn)
Saan Mustopa Imbau tak Perlu Ada Pansus Pilpres
JAKARTA - Politikus Partai Demokrat Saan Mustopa menyarankan partai pendukung Koalisi Merah Putih tidak mengajukan Pansus Pilpres di DPR RI. Hal ini disampaikan Saan di sela menunggu pemeriksaan dirinya sebagai saksi untuk Anas Urbaningrum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis, (24/7). Menurut saya tidak ada urgensinya membuat pansus pilpres, ujar Saan. Partai politik pengusung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, berencana membuat panitia khusus (Pansus) karena kubu tersebut menolak hasil pemilihan umum presiden yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2014-2019. Menurut Saan, dibanding membentuk Pansus, anggota DPR lebih baik mengajukan gugatan di Mahkamah Konstitusi. Toh di undang-undang sudah jelas kalau ada keberatan mengenai hasil pilpres kan ada mekanismenya melalui mahkamah konstitusi. Jadi tempuh saja ruang yang diberikan undang-undang tersebut, tandas Saan. (flo/jpnn)
Gagalkan Aksi Penipu, Hanung Puji Aksi Dramatik Sang Istri
JAKARTA - Artis Zaskia Adya Mecca baru saja melakukan aksi yang dramatik. Bahkan, sutradara berbakat Hanung Bramantyo memuji aksi heroik istrinya tersebut. Hal itu diceritakan Hanung melalui akun Twitter-nya. Saya mau share pengalaman Rabu malam tentag isteri saya @zaskiadyamecca yang dramatik, katanya di akun @Hanungbramantyo, Kamis (24/7). Dia menceritakan, malam itu, zaskia menangkap penipu yang selama 5 tahun menggunakan namanya di Facebook untuk menipu wanita muda yang berminat mengikuti casting film. Modus penipu, gunakan FB atasnama saya untuk kenalan. Setelah itu tukar menukar pin BB lalu janjian ketemu, tulis Hanung. Untuk memuluskan aksinya, kata Hanung, sang penipu mengaku sebagai asistennya yang ditugaskan untuk cari pemain cewek di film barunya. Setelah bertemu dengan calon korban, penipu meminta uang dengan iming-iming mau diorbitkan jadi artis. Aksi sang penipu kata Hanung, tak cukup sampai di sini. Setelah serahkan uang, penipu minta korban mau difoto seksi. Kalau calon korban menolak maka batal main film, uang tak kembali, bebernya. Penipu juga kadang meminta korban melakukan adegan ranjang. Dalihnya bagian dari script film, lanjut Hanung. Penipuan ini terungkap ketika Rabu sore (23/7), istri Hanung, Zaskia Mecca ditelepon oleh calon korban. Si penelepon menanyakan kepada pemain film Ayat-Ayat Cinta itu dengan maksud konfirmasi apakah suaminya Hanung Bramantyo akan casting dia di sebuah hotel. Calon korban menjelaskan ke Zaskia bahwa dirinya sudah dimintai uang Rp 10 juta dan disuruh foto seksi. Katanya atas perintah saya, ceritanya. Zaskia kemudian menegaskan kepada korban bahwa yang dialaminya itu adalah kasus penipuan. Bersama korban, istri korban bermaksud menjebak penipu tersebut di sebuah tempat karaoke. Calon korban pura-pura bersedia dicast oleh penipu di tempat karaoke tersebut. Di tempat itu Zaskia siapkan polisi, beber Hanung lagi. Ketika korban diminta melepas baju, ia mengirim pesan singkat (SMS) ke Zaskia. Zaskia memberi kode ke polisi untuk menggerebek ruang karaoke tempat penipu tersebut beraksi. Dalam interograsinya, penipu mengaku sudah menipu lebih dari 20 gadis sejak tahun 2009, ujarnya. Hanung berharap, jika ada masyarakat yang merasa pernah menjadi korban penipuan serupa untuk melaporkan ke pihak Kepolisian. Sebab, langkah ini dinilai Hanung akan menguatkan laporannya ke Polda. Jika laporan saya tidak disertai laporan korban berikut bukti-bukti, maka penipu bisa dilepas, kata Hanung khawatir.(ris/jpnn)
ASDP Indonesia Ferry Prediksi Kepadatan Terjadi Besok
MERAK - Memasuki H-4 Lebaran, pemudik menuju Sumatera mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten. Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat menuturkan, Kamis (24/7) sudah terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak. Hingga pukul 08.00 pagi ini, penumpang yang menyeberang sebanyak 73.339 orang atau meningkat 49 persen dari hari sebelumnya yang menyeberangkan 49.984 orang, ujar Christine dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/7). Meski mengalami peningkatan dan areal parkir sempat dipadati oleh sekitar 600 unit kendaraan, namun untuk kondisi pelabuhan dikatakan Christine sejauh ini masih lancar. Karena penumpang dan kendaraan langsung terangkut oleh 27 kapal operasi, serunya. Peningkatan pemudik akan terjadi mulai sore ini dan diprediksi Jumat besok akan terjadi puncak pemudik di pelabuhan. Kalau kemarin masih ramai logistik dan truk, kalau untuk pemudik saat ini masih relatif rendah, dan akan meningkat mulai sore ini dengan puncaknya diperkirakan mulai besok siang, kata Christine. (chi/jpnn)
Ashley Young: MU Akan Bangkit di Premier League
LOS ANGELES - Winger Manchester United Ashley Young menegaskan Manchester United kini punya semangat luar biasa ingin bangkit, setelah melalui musim buruk musim lalu. Pemain berusia 29 tahun ini baru saja berkontribusi untuk MU saat melakoni uji coba kontra LA Galaxy. Di laga itu MU menang telak 7-0 dan Young menyumbang dua gol. Musim lalu sangat mengecewakan bagi kami sebagai pemain, ujar Young kepada MUTV, Kamis (24/7). Kami tertarik untuk membangun tim dan menjalani semua pertandingan pra-musim ini dengan baik. Dan kami harus segera siap untuk melakoni pertandingan musim baru nantinya dan kami akan bangkit di Premier League, katanya. Usai melawan LA Galaxy, ada sejumlah partai persahabatan lain yang akan dilakukan MU, termasuk salah satunya melawan Real Madrid pekan depan. (adk/jpnn)
Gulirkan Pansus Pilpres, Fraksi Demokrat Dinilai Kesal
JAKARTA - Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung Wibowo menilai sikap Fraksi Partai Demokrat (FPD) yang mendukung dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) pelanggaran Pemilu Presiden hanya main-main. Hal ini dikatakan Wakil Ketua DPR RI itu menanggapi pernyataan Wakil Ketua Komisi II dari FPD, Khatibul Umam Wiranu yang mendukung dibentuknya Pansus Pilpres atas dasar sejumlah indikasi kecurangan dalam Pilpres 9 Juli lalu. Saya melihat (sikap Demokrat) ini gak serius-serius amat, begitu konfigurasi grouping pemerintahan yang baru terbentuk pasti usulan itu juga akan berubah. Jadi ini semacam kekesalan jagonya kalah saja, kata Pramono di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (24/7). Lebih jauh, Pramono menilai jika memang partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono bersikap mendukung pembentukan Pansus Pilpres, maka itu hanya akan mencoreng pemerintahan SBY sendiri bersama Partai Demokrat. Sebenarnya kalau itu (Pansus) dilakukan akan mencoreng pemerintahannya sendiri, di mana pemerintahan sekarang rulling party adalah Partai Demokrat. Nah kalau ada kecurangan pilpres maka ini akan merefleksikan dari pemerintahan itu sendiri, jelasnya. Hal itu menurut Pramono sangat disayangkan karena dia yakin Presiden SBY sama sekali tidak ikut-ikutan dalam persoalan kecurangan yang terjadi karena pelaksanaan pemilu dalam rezim demokrasi itu adalah KPU, Bawaslu dan DKPP. Nah, secara umum penanggungjawabnya adalah presiden. Karena sebagai pelaksana penanggung jawab pelaksanaan pilpres secara keseluruhan adalah presiden sebagai kepala negara. Saya yakin presiden sudah melakukan yang terbaik yang bisa beliau lakukan untuk menjaga proses demokrasi di Republik ini. Dan ini mendapat pengakuan dunia, tandasnya. (fat/jpnn)
Jika ke MK, 99 Persen Ditolak
SIKAP capres Prabowo Subianto yang menarik diri dari tahapan pilres 2014 tidak membawa implikasi terhadap keabsahan penetapan pasangan Jokowi-JK sebagai capres-cawapres terpilih. Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun, menilai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diambil pada 22 Juli 2014 itu sudah sesuai konstitusi. Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, M Fathra Nazrul Islam dengan Refly Harun, yang juga pernah menjadi Staf Ahli di Mahkamah Konstitusi (MK) itu, Kamis (24/7). Bagaimana Anda melihat hasil pilpres yang diwarnai manuver Prabowo itu? Ya kalau kita lihat penarikan diri Prabowo dari proses yang paling penting apakah punya dampak pada proses pemilu atau tidak. Saya melihat tidak ada dampaknya pada proses pemilu. Saya melihat itu hanya sebagai pernyataan kekesalan saja, kemudian menarik tim suskes dari rekapitulasi. Tapi kan secara teknis rekapitulasi bisa dilanjutkan tanpa kehadiran saksi dari salah satu calon, sehingga yang dihasilkan tetap sah. Keputusan KPU tidak cacat? Dari sisi hukum keputusan KPU itu selama tidak dikomplain di MK, Jokowi-JK akan jadi presiden 20 Oktober nanti. Kalau digugat di MK kita lihat putusannya seperti apa. Kalau ditolak berarti kembali pada semula (Jokowi-JK pemenangnya). Nah, kalau dikabulkan seperti apa putusannya. Tapi kalau diajukan ke MK saya yakin 99 persen akan ditolak. Jadi manuver Prabowo tak berdampak sama sekali? Iya, kan KPU sudah tetapkan pemenangnya, sudah menetapan calon terpilih. Kecuali kalau kemarin tidak ditetapkan. Dengan pernyataan menarik diri itu, apakah Prabowo bisa dipidana dan didenda sesuai UU Piplres? Gak ada yang mundur sebagai capres, mereka sendiri kan sudah mengklarifikasi mereka tidak mundur. Mereka hanya menarik diri dari proses, ya proses rekapitulasi itu. Tapi tidak ada pernyataan mundur sebaga capres-cawapres. Artinya soal ancaman pidana dan denda sebagaimana diatur UU Pilpres tidak bisa diterapkan untuk kasus ini? Karena itu menurut saya, situasi mengenai tidak pidana tidak perlu dikembangkan. Itu bisa dilakukan kalau tindakan Prabowo kemarin mengganggu rekapitulasi KPU dan proses berjalan, kalau tidak ya gak masalah. Termasuk berita acara penetapan hasil rekapitulasi yang tidak diteken saksi Prabowo-Hatta, juga tidak ada pengaruhnya? Gak ada masalah, karena undang-undang sudah menentukan. Bahkan jangankan saksi pasangan calon, kalau pun ada anggota KPU yang tidak mau mendatangani, atau hanya satu komisioner KPU yang meneken, sah juga. UU sudah menyediakan mekanismenya. Kasus seperti yang dilakukan Prabowo ini baru pertama kali dalam sejarah pilpres RI ya? Baru pertama terjadi. Kemarin-kemarin kan tidak ada yang menarik diri dari proses dan sebagianya. Perlu saya sampaikan bahwa sah atau tidaknya hasil pilpres tidak ditentukan penerimaan atau penolakan pasangan calon. Yang menentukan adalah KPU itu sendiri. Kalau KPU sudah mengumumkan itulah hasilnya. Selama tidak ada komplain ke MK maka kemudian itu bisa dipakai sebagai dasar melakukan pelantikan presiden-wapres terpilih.***
Lima Pegawai dan Warga Berjudi di Posko Pemadam Kebakaran
BALIKPAPAN - Posko pemadam kebakaran yang seharusnya digunakan sebagai tempat siaga jika sewaktu-waktu terjadinya musibah, eh malah dipakai untuk bermain judi. Perjudian di posko pemadam Kebun Sayur itu terungkap setelah aparat Polsek Barat melakukan penggerebekan. Gilanya lagi, selain awarga, oknum pegawai di Pemkot Balikpapan termasuk petugas pemadamnya sendiri juga terlibat bermain judi. Kami menangkap para tersangka yang sedang asyik berjudi pada pukul 23.30 Wita Senin (21/7), di lantai 2 gedung pemadam kebakaran Kebun Sayur, ungkap Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Kifli S Supu seperti dilansir Balikpapan Pos (JPNN Grup), Rabu (23/7). Di posko pemadam itu, polisi menemukan tiga pegawai Pemkot bersama lima warga sedang bermain judi kartu joker. Para penjudi bermain di dua meja yang terpisah. Sehingga jajaran Polsek Barat membagi personel ke dalam dua kelompok. Kelompok II, dipimpin langsung oleh Kapolsek Barat, Kifli S Supu. Pada kelompok I, anggota opsnal Barat berhasil meringkus empat orang tersangka yakni Rudi Saputra, Suriyadi, Ujang Hamdani, Acoy Efendi. Sementara kelompok II berhasil mengamankan Masdar, Nanda Rizky, Hendrik Marente, serta Andi Fauzi. Keberhasilan penggerebekan judi di posko pemadam itu berkat informasi dari warga yang mengeluhkan kantor pemadam Kebun Sayur sering kali digunakan sebagai tempat berjudi, terang Kifli. Laporan warga tersebut, sambung kapolsek Barat, langsung ditindaklanjuti oleh anggota. Selain mengamankan para tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua set kartu remi beserta uang tunai dengan total Rp422.000. Para tersangka saat ini telah diamankan di Mapolsek Balikpapan Barat untuk proses penyidikan lebih lanjut. Kami akan menjerat para tersangka dengan pasal 303 KHUP tentang perjudian, tegas Kifli. (fer)
Jokowi-JK Butuh Orang Yang Bekerja Cepat di Kabinet
JAKARTA - Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung Wibowo memberikan gambaran tentang kabinet yang akan disusun pasangan presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, termasuk calon menteri yang sesuai dengan tipikal keduanya. Dikatakan Pramono, kabinet yang akan disusun pasangan yang dikenal dengan Jokowi-JK bersama para ketua umum partai pendukung adalah kabinet yang benar-benar bisa menjawab apa yang disampaikan dan dijanjikan masa kampanye lalu. Tentunya, kata Pramono, kabinet tersebut membutuhkan orang-orang yang profesional baik dari kalangan cendikiawan, partai politik maupun dari kalangan dunia usaha. Namun dia menggarisbawahi kabinet yang akan dibentuk adalah kabinet yang betul-betul bekerja. Nah sekarang ini kabinet ke depan adalah kabinet yang kerja ya, karena memang Pak Jokowi adalah tipikal mengeksekusi apa terhadap permasalahan yang ada, kata Pramono di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (24/7). Dia merefleksikan kepemimpinan Jokowi selama 2 tahun di DKI Jakarta. Di mana mantan Walikota Surakarta itu bekerja pada tatanan implementasi dalam menyelesaikan hal-hal yang selama ini macet dan tersumbat. Karena itu pula, Wakil Ketua DPR RI itu menyebutkan kalau Jokowi-JK juga membutuhkan orang-orang yang seirama dengan mereka untuk menduduki kursi menteri pembantu presiden. Perlu orang-orang yang irama geraknya seperti Pak Jokowi maupun Pak JK. Karena kalau saya melihat 2 figur ini adalah cepat untuk mengambil keputusan, dan mempertanggungjawabkan hal itu, jelasnya. Jadi bukan yang figur terlalu lama untuk mendiskusikan, mendebatkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan persoalan yang ada. Nah mengenai siapa orang-orangnya adalah kewenangan Pak Jokowi, Pak JK dan ketua umum partai, tandasnya. (fat/jpnn)
Pulang Kangen Anak-istri, Ditangkap
CIREBON - Setelah buron selama lebih dari satu tahun, Ketua Geng Motor GBR wilayah Cirebon Timur, Muhammad Rijal alias Kemal (24) ditangkap kepolisian. Dia diringkus karena diduga terlibat pembunuhan Danil Firmansyah (15) warga Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon di Desa Cipejeh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, pada 13 Januari 2013 lalu. Kasat Reskrim Polres Cirebon AKP Mikranudin Syahputra yang disampaikan KBO IPTU Dudu Wawan mengatakan, penangkapan Muhammad Rijal atas informasi warga. Tanpa basa-basi, pihaknya langsung meringkus korban yang sudah dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut. Kejadian tersebut sudah satu tahun lalu. Pelaku dan rekan-rekannya sudah divonis pengadilan Negeri Sumber atas tuntutan telah melakukan penganiayaan terhadap korban Danil hingga tewas, dan juga melukai sedikitnya 8 orang yang juga teman korban. Akibat perbuatan para berandalan motor itu, kami jerat dengan Pasal 170 KUHPidana dengan ancaman maksimal hukuman 12 tahun dalam kurungan penjara, jelasnya. Sementara itu pelaku, Muhammad Rijal alias Kemal (24) yang juga warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon itu, mengakui kalau dirinya ikut serta menghabisi nyawa korban, dengan alasan dirinya beserta teman-temannya akan diserang gerombolan bermotor lainnya. Mendapat informasi seperti itu, dirinya dan puluhan anggota GBR tersebut langsung bersiaga melawan serangan tersebut. Saya pun langsung mengambil bambu untuk berjaga-jaga sebelum konvoi mencari anak XTC. Dan pas di jalan, kita ketemu korban. Kami kira itu anggota XTC, makanya kita langsung grebeg mereka, jelasnya di depan penyidik saat gelar perkara di Ruang Mapolres Cirebon Kabupaten, Rabu (23/7). Dia juga membeberkan, setelah menghabisi korban, dirinya melarikan diri ke wilayah Bandung selama satu tahun. Selama di sana, dia bekerja sebagai tukang roti. Ketika dirinya merasa kangen berasama anak dan istrinya, iapun kembali Ke Cirebon. Begitu berada di Cirebon, langsung ditangkap kepolisian. Setelah kejadian saya langsung pergi ke Bandung untuk jualan roti di sana. Karena kangen dengan anak dan istri saya pulang ke Cirebon, dan saya pun langsung ditangkap sama polisi, ujarnya. (arn)
Lebaran di Rumah, Pemain Persib Dibekali Makalah
BANDUNG - Saat Hari Raya Idul Fitri, santapan seperti opor dan gulai umumnya menjadi menu andalan di setiap keluarga. Nah, dari berbagai sajian Lebaran itu dipastikan banyak mengandung minyak dan lemak. Dokter tim Persib Bandung Rafi Ghani mengimbau pemain dapat tetap disiplin dalam menjaga asupan makanan selama liburan Lebaran nanti. Terlebih saat Lebaran identik dengan ajang balas dendam masalah makanan, setelah satu bulan menjalani Puasa. Pada saat Hari Raya nanti makanan jangan terlalu berlebih supaya tetap bugar. Yang harus dihindari ya sama seperti hari biasanya, asupan minyak dan bersantan dikurangi, saran Ghani saat ditemui di Mess Persib, kemarin. Agar penggawanya tetap dalam kondisi terbaik, Rafi mengaku membekali pasukan Maung Bandung dengan sebuah makalah yang berisi daftar makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Pemain dibekali makalah untuk penunjang pengetahuan tentang asupan makanan yang baik, ucapnya. Menu makanan berbahan dasar daging pun kerap dijumpai saat hari Raya Idul Fitri. Kendati demikian, kata Rafi, selama masih dalam tahap wajar dia tak mempermasalahkan konsumi makanan tersebut. Daging tidak masalah, asalkan tidak berlebihan dan tidak berlemak. Kalau jumlah tidak bisa dijadikan patokan, ucapnya.(yan)
Persib Batal Kirim Ferdinand
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman takkan melepas pemainnya yang terpanggil ke dalam skuad ISL All Star 2014 menghadapi Juventus Agustus mendatang, demi mematangkan persiapan menghadapi laga lanjutan ISL 2014 kontra Persija Jakarta (10/8). Sebelumnya, ada empat pemain yang dipanggil PT LI ke ISL All Star, yakni Makan Konate, Ahmad Jufriyanto, Ferdinand Sinaga dan Firman Utina. Dari keempatnya, Djanur-sapaan Djadjang Nurdjaman- hanya akan melepas Ferdinand Sinaga karena alasan Ferdinand dipastikan takkan bisa merumput dalam laga kontra Persija lantaran terkena akumulasi kartu kuning. Namun keputusan tersebut berubah. Kemarin, Djanur menegaskan, takkan melepas the Dragon- julukan Ferdinand Sinaga - ke dalam skuad bentukan Technical Study Group (TSG) PT LI asuhan Stefan Hansson itu, lantaran terlalu mepetnya jarak pelaksanaan laga melawan Persija dan laga berikutnya, melawan Semen Padang. Seperti diketahui, pasca bertandang ke markas Persija Jakarta (10/8), Makan Konate dkk harus langsung melakoni laga away kontra Semen Padang (15/8). Saya sudah konfirmasi tentang pemanggilan pemain melawan Juventus, jadinya tidak akan ada satu pun pemain kita yang mewakili melawan Juventus, ungkap Djanur saat dijumpai di Pusdikpom Cimahi, kemarin. Djanur mengatakan, setiap dari pemainnya memiliki tanggungjawab besar untuk terus membawa Persib eksis bercokol di peringkat empat besar klasemen sementara ISL wilayah Barat, supaya dapat melenggang ke babak delapan besar. Pertimbangan fokus ke laga yang akan dihadapi, dan jarak dari pertandingan Persija ke Semen Padang juga tidak jauh, bebernya. Menanggapi ini, salah satu pemain yang dipanggil, gelandang Maung Bandung Firman Utina mengaku tak merasa keberatan dengan kebijakan klub. Pemain yang kerap menjabat ban kapten ini mengaku akan mendahulukan laga Persib di kompetisi. Persib lebih penting. Pertandingan lanjutan ISL bersama tim nanti pun sangat penting. Tentunya harus saya dahulukan, beber Firman. (yan)

Hasil penelusuran 7/24 11:37pm. Terakhir update terdeteksi pada 7/24 11:37pm.  skor: 1260