Produksi Sigaret Kretek Tangan Anjlok 50 Persen-JPNN.com

SURABAYA – Industri rokok sudah lama tertekan dengan kampanye dan regulasi antirokok. Karena itu, para pelaku industri rokok meminta pemerintah berhati-hati menentukan tarif cukai 2017 nanti.

Ketua Paguyuban Mitra Pelinting Sigaret Indonesia (MPSI) Djoko Wahyudi menyatakan, produksi rokok sigaret kretek tangan (SKT) di Indonesia menurun 20 persen pada Januari–Agustus 2016.

”Jika dihitung sejak Januari 2015 sampai sekarang, produksi SKT menurun 50 persen. Pada 2015 saja, produksi SKT turun 30 persen,” katanya kemarin (12/9).

Dengan figur data tersebut, pihaknya meminta pemerintah untuk tidak menaikkan cukai SKT.

”Kenaikan SKT dialihkan saja ke SKM (sigaret keretek mesin) atau SPM (sigaret putih mesin). Sebab, penggunaan tembakau pada dua jenis rokok itu tidak sebanyak SKT,” imbuh Djoko.

Dia menambahkan, kenaikan SKM maupun SPM tidak terlalu berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja. Sebagai perbandingan, penyerapan tenaga kerja 100 orang di SKM sama dengan enam ribu orang di SKT.

Dia juga mencontohkan, di tempat produksi miliknya, KUD Tani Mulyo, Lamongan, jumlah tenaga kerja telah berkurang dari 2.500 pelinting pada 2000 menjadi 1.200 pelinting pada Agustus 2016.

”Dukungan pemerintah pusat terhadap industri tersebut masih minim. Tetapi, dukungan pemprov Jatim untuk industri itu masih positif,” urainya.

Dia menambahkan, di Jawa Timur, sektor tembakau cukup memberikan kontribusi positif. Dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) Rp 2,79 triliun pada 2015, Jawa Timur mendapatkan dana tertinggi Rp 1,43 triliun atau 51,25 persen dari DBHCT.

Jawa Timur juga menyumbang 60 persen dari total produksi rokok nasional di angka 348 miliar batang pada 2015.

Selain itu, dari total kebutuhan tembakau IHT 363 ribu ton, Jawa Timur merupakan pemasok tembakau terbesar dengan total produksi mencapai 74.241 ton per tahun.

”Target cukai rokok bisa terpenuhi kalau provokasi dihentikan. Tahun depan, dengan kenaikan cukai di angka 6–10 persen, target masih bisa terpenuhi meskipun berat,” imbuh Djoko.

Realisasi penerimaan cukai sampai akhir Agustus 2016 mencapai Rp 63,863 triliun. Angka itu menurun 43,61 persen dari target penerimaan cukai tahun ini yang mencapai Rp 146,439 triliun. (vir/c5/sof/jos/jpnn)


[Link to media]
Guardiola Merendah, Sebut City Sulit Bersaing di Liga Champions-JPNN.com

MANCHESTER - Josep 'Pep' Guardiola bakal melakoni debut pertamanya di Liga Champions sebagai arsitek tim Manchester City, Rabu (14/9) dini hari nanti. Klub Jerman, Borussia Moenchengladbach menjadi tim pertama yang akan merasakan racikan Pep di Eropa.

Jelang laga yang akan digelar di Etihad Stadium itu, Guardiola justru melempar pujian buat Gladbach. 

"Gladbach adalah tim yang berani, salah satu tim terbaik di Eropa saat ini. Mereka memiliki banyak kualitas. Dengan bola mereka begitu cerdas," ujarnya di situs UEFA.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu juga merendah, menyebut timnya masih akan sulit bersaing dengan tim-tim terbaik di Eropa.

"(Roberto) Mancini telah membantu tim ini dengan baik. Manuel (Pellegrini) juga telah melakukan pekerjaan besar, membawa tim ini ke semifinal. Namun kami merasa masih jauh untuk bersaing dengan tim terbaik di Eropa. Masih banyak yang harus ditingkatkan," tandas Guardiola. (adk/jpnn)


[Link to media]
Anak Buah Megawati Dipanggil KPK-JPNN.com

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Yoseph Umarhadi, Rabu (13/9). 

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu bakal digarap sebagai saksi suap anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak mengatakan, Yoseph akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka anggota Komisi V DPR Andi Taufan Tiro.  "Yoseph diperiksa untuk tersangka ATT," ujar Yuyuk, Rabu (13/9). 

Ini merupakan pemeriksaan yang kesekian kalinya terhadap Yoseph. Sebelumnya, ia juga pernah digarap komisi antirasuah dalam kasus suap anggaran proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara ini. 

Hanya saja, belum jelas materi pemeriksaan yang akan dilakukan KPK terhadap Yoseph kali ini. 

Seperti diketahui, anggota Komisi V DPR Andi Taufan, Budi Supriyanto, Damayanti Wisnu Putranti serta dua koleganya, Dessy Ariyanti Edwin dan Julia Prasetyarini, Kepala BPJN IX Maluku dan Malut Amran Mustari disangka menerima suap dari Direktur Utama PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir. Suap diberikan terkait pengurusan proyek jalan di Maluku dan Maluku Utara. (boy/jpnn)


[Link to media]
Ckck..Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Ternyata Minim-JPNN.com

SURABAYA - Kemahiran berbahasa Indonesia guru bahasa Indonesia se-Jawa Timur masih minim. Hal tersebut terlihat dari hasil Uji Kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI)  Agustus lalu. Rata-rata bernilai 500 poin dari seharusnya nilai maksimal 900 poin.

Kepala Balai Bahasa Jatim Amir Mahmud menyebutkan, UKBI yang diikuti dua ribu guru dan kepala sekolah se-Jatim itu menunjukkan hasil yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Meski begitu, standar tersebut masih terbilang minim.

 ''Tahun 2015 rata-rata hasil UKBI guru sekitar 450-500 poin, sedangkan tahun ini berada pada 500 poin,'' tuturnya.

Sayangnya, nilai tersebut tetap lebih rendah daripada rata-rata nilai yang diperoleh warga negara asing peserta uji kompetensi bahasa Indonesia bagi penutur asing (UKBIPA). ''WNA yang mengikuti UKBIPA di balai bahasa memiliki skor rata-rata 600,'' paparnya.

Tes dibagi menjadi tiga bagian, yakni membaca, mendengarkan, dan struktur kalimat. Mayoritas guru lemah pada sesi mendengarkan. Selain alasan dibatasi waktu, guru kurang cermat mengerjakan soal.

''Kondisi tersebut otomatis menurunkan nilai UKBI guru,'' ungkapnya. Untuk membaca dan struktur kalimat, lanjut dia, mayoritas guru memiliki pemahaman yang cukup. (elo/c15/nda/flo/jpnn)
 


[Link to media]
Boeing 737 Tergelincir di Wamena, Suplai BBM Terganggu-JPNN.com

WAMENA - Insiden terjadi di Bandara Wamena, Papua, Selasa (13/9) sekitar pukul 07.40 WIT tadi. Sebuah pesawat Boeing 737 milik Trigana Air tergelincir.

Pesawat tersebut dilaporkan mengangkut bahan bakar minyak (BBM) lintas Jayapura-Wamena. Dari informasi yang dihimpun JawaPos.com, pesawat ini terbang dari Jayapura membawa sejumlah BBM yang biasa digunakan masyarakat di Wamena.

"Mohon maaf ada gangguan suplai BBM Jayapura-Wamena karena pswt Boeing 737 Trigana yg kami sewa tergelincir di Wamena," tulis akun Twitter &abe_tpm yang merupakan Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, Selasa (13/9).

Dengan insiden ini, bisa dipastikan distribusi BBM di Wamena akan mengalami gangguan. Dari foto yang didapat terlihat pesawat keluar dari lintasan bandara.

Sejumlah mobil pemadam tampak menyirami pesawat karena khawatir ada gesekan yang berujung ledakan karena pesawat membawa BBM. Informasi dihimpun pesawat berawakan tiga orang terdiri dari pilot, ko-pilot dan seorang kru.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Patrige Renwarin saat dikonfirmasi masih belum bisa memberi detail insiden. "Wah saya belum monitor ini," ucap dia melalui sambungan telepon, Selasa (13/9). (elf/jpg/jpnn)


[Link to media]
PS Portabel Samping Cobek Bikin Masuk Penjara-JPNN.com

SURABAYA—Tadinya hanya lapar, sekarang malah masuk penjara.  Itu yang dialami Samsul Arifin, 25, Senin dini hari (12/9). Niat awalnya membeli dua nasi bungkus di warung bebek langganan di daerah Kejawan Putih, Sukolilo. Tapi, PlayStation Portable (PSP) merek Sony warna biru yang tergeletak di samping cobek sambal telah menggodanya.

Arif, sapaannya, memang sudah lama menginginkan PSP. Namun, apa daya, kantongnya cekak. "Tidak punya uang untuk beli, Mas. Maklum, pekerja serabutan," ujarnya.

Nah, di warung milik Zusdi Efendi itulah, rencana jahat muncul. Sambil menunggu dada bebek digoreng kering, dia duduk manis di dekat si penjual. Dia menanti saat yang pas untuk beraksi. Pikirannya membayangkan bisa bermain game-game favorit tanpa harus sewa Rp 2.500 per jam.

Arif berbagi tugas dengan L yang saat itu menemaninya membeli nasi bungkus. L menunggu di sepeda motor agar bisa segera kabur setelah ngembat PSP tersebut.

Pesanan pun akhirnya jadi. Dua nasi bebek sambal pencit yang dibungkus kertas dengan karet merah. Arif merogoh saku. Dia sengaja membayar dengan uang pecahan Rp 50 ribu. Tujuannya, penjual sibuk mengambil kembalian. Dengan begitu, perhatian Zusdi teralihkan.

Benar saja, Zusdi harus membungkuk untuk mengambil kotak uang. Dengan cepat, tangannya meraih PSP. Selanjutnya, dia segera berlari tanpa memedulikan uang kembalian.

Zusdi curiga. Dia akhirnya menyadari bahwa PSP miliknya telah dicuri. Sambil mengacungkan sutil ke arah Arif dan temannya, dia berteriak. Hal itu menarik perhatian warga.

Mereka mencegat kedua pelaku. Nahas bagi Arif. Bajunya bisa ditarik salah seorang warga. Dia terjatuh. Temannya berhasil kabur. (rid/c7/fal/flo/jpnn)


[Link to media]
Sekolah-Sekolah Didesak Bentuk Tim Perlindungan Anak-JPNN.com

SURABAYA - Upaya pencegahan kekerasan anak di lingkungan sekolah harus segera dilakukan Setelah konselor sebaya, pembentukan tim perlindungan anak di setiap sekolah digagas.

Urgensi pembentukan tim itu berkaitan dengan meningkatnya kekerasan pada anak usia sekolah. Meski demikian, belum ada solusi untuk menanganinya. Bahkan, korban cenderung menutup diri. Mereka tidak tahu harus melapor ke mana.

''Kekurangan wadah untuk penanggulangan dan pencegahan mendorong kami mengusulkan kepada dispendik (Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Red) untuk membentuk tim perlindungan anak,'' ungkap Direktur Yayasan Genta Surabaya Didik Yudhi Ranu Prasetyo.

Menurut dia, pengajuan draf tim perlindungan anak sudah disetujui Kepala Dispendik Ikhsan. Rancangan tersebut sedang berada pada tahap penyusunan teknis pelaksanaan agar bisa diterapkan di sekolah. Didik menambahkan, tim itu terdiri atas siswa, guru, dan wali murid.

''Ini membedakannya dengan konselor sebaya yang hanya diisi murid. Pada tim perlindungan anak, guru dan wali murid juga dilibatkan,'' tuturnya.

Dasar pembentukan tim mengacu pada Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Secara jelas, aturan yang dikeluarkan pada Agustus 2015 itu menyebutkan bahwa sekolah harus berperan aktif melindungi siswa dari tindakan yang mengarah pada kekerasan. (elo/c5/nda/flo/jpnn)

 


[Link to media]
Pakai Rompi KPK, Pak Bupati Bungkam, Sekali-sekali Tersenyum...-JPNN.com

JAKARTA - Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian dan kawan-kawannya yang berstatus tersangka suap akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (13/9). 

Mereka masing-masing diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka suap ijon proyek Dinas Pendidikan Banyuasin dan dinas-dinas lainnya. "Mereka diperiksa sebagai tersangka," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak, Selasa (13/9).

Para tersangka itu ialah Direktur CV Putra Pratama Zulfikar Muharam, Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin Umar Usman, Kepala Bagian Rumah Tangga Pemerintah Kabupaten Banyuasin Darus Rustami, Kepala Seksi Pembangunan Mutu Pendidikan Dasar Disdik Banyuasin Sutaryo dan orang kepercayaan bupati, Kirman. 

Yan Anton sudah terpantau hadir memenuhi panggilan penyidik komisi antirasuah pukul 09.30 WIB. Hanya saja, Yan yang mengenakan rompi tahanan KPK itu memilih bungkam. Ia hanya sesekali tersenyum ke awak media. Yan langsung memilih masuk ke dalam gedung komisi antirasuah. (boy/jpnn)


[Link to media]
Minat Agen Travel Garap Turis Mancanegara Masih Rendah-JPNN.com

SURABAYA – Minat biro perjalanan menggarap pasar inbound tour alias turis mencanegara ke Jatim berbanding terbalik dengan paket outbound atau tour ke luar negeri.

Ketika minat menggarap pasar inbound tour rendah, biro perjalanan justru lebih suka membidik outbound tour. Sebab, penjualannya lebih mudah dan didukung pasar yang sensitif harga.

’’Konsumen domestik cenderung mengejar harga murah, berbeda dengan turis asing,’’ kata Ketua Dewan Komisi Tata Krama (Kopeta) Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jatim Nanik Sutaningtyas.

Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia memang memiliki tuntutan yang lebih besar. Bahkan, mereka bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memastikan perjalanan wisata yang diikuti terjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatannya.

Jika satu di antara tiga syarat itu tidak terpenuhi, mereka tak segan membatalkan perjalanan. Kendala pertama yang dihadapi travel agent adalah akses promosi. Tidak semua biro perjalanan berkesempatan melakukan promosi ke luar negeri.

Sebab, biayanya relatif mahal. Misalnya, biaya akomodasi, biaya penyelenggaraan pameran seperti menyewa gedung, dan lainnya. ’’Biaya yang dikeluarkan bisa mencapai miliaran rupiah,’’ jelas Nanik.

Kendala kedua adalah bahasa, terutama untuk turis Thailand dan Rusia yang menuntut pemandu wisata bisa berbahasa negara mereka. Tak jarang biro harus mendatangkan tour guide dari Bali untuk memandu turis asal Rusia.

Biro membutuhkan banyak tour guide yang piawai berbahasa asing non-Inggris. ’’Tour guide berbahasa Tiongkok sudah banyak, apalagi kunjungan wisatawan asal Tiongkok juga tinggi,’’ papar Nanik.

Wisatawan yang paling potensial untuk digaet adalah Jepang. Alasannya, turis asal Jepang mapan secara finansial dan gemar melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, turis Jepang sangat memerhatikan detail, termasuk selektif soal makanan.

’’Meski di negaranya memiliki banyak pegunungan, tapi mereka suka kalau diajak ke Bromo. Kemudian, melihat alam di Batu maupun wisata heritage mereka juga suka. Asal tidak diajak ke gunung yang pemandangan alamnya biasa-biasa saja,’’ ungkapnya.

Tingginya minat agen menggarap pasar outbound tidak terlepas dari promosi yang digelar pemerintah negara tujuan dengan melibatkan asosiasi dan agen perjalanan swasta. Kantor-kantor perwakilan agen perjalanan dari negara tujuan pun banyak ditemui di Indonesia.

’’Agen perjalanan asing lebih banyak menjual tempat wisata di negaranya daripada menjual potensi wisata Indonesia ke wisatawan di negaranya,’’ ungkap Nanik. (res/c5/noe/jos/jpnn)


[Link to media]
Jadi Pengemis, Bule Jerman Minta Dilayani di Liponsos-JPNN.com

SURABAYA--Benjamin Holst, warga negara Jerman yang menjadi pengemis di Surabaya, mulai menjalani hari-harinya seperti penyandang masalah kesejahteraan sosial pada umumnya di Kota Pahlawan.

Sejak Minggu malam, bule 27 tahun itu dititipkan ke lingkungan pondok sosial (liponsos) milik pemkot di Keputih. Di liponsos, Holst ditempatkan di barak anak jalanan (anjal) yang terjaring razia.

"Saya tempatkan di barak itu, kebetulan lagi kosong," kata Kepala UPTD Liponsos Keputih Erni Lutfiyah kemarin (12/9).

Di tempat itu, Erni memberikan kasur dan bantal. Untuk makanan, UPTD liponsos menyediakan roti dan air mineral. "Tadi minta buah, juga saya berikan. Bagaimanapun, dia warga asing. Takutnya, kalau tidak terlayani dengan baik, kita dicap macem-macem," ujar Erni.

Erni belum tahu sampai kapan bule yang juga sempat diamankan satpol PP di Denpasar, Bali, itu dititipkan ke kantornya. Komunikasi terakhir dengan pihak imigrasi menyebutkan bahwa bule tersebut dititipkan karena kondisi rumah detensi imigrasi (rudenim) di Bangil tidak bisa menerima.

"Mungkin besok, hari kerja, teman-teman imigrasi akan koordinasi lagi dengan kami," ujarnya.

Holst sempat menanyakan alasan dirinya ditempatkan di liponsos. Erni pun menjawab bahwa perlakuan tersebut sama dengan yang diberikan kepada warga negara Indonesia.

 "Sebab, kamu itu meminta-minta di jalan. Aturan di negara kami seperti itu. Kamu termasuk PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial, Red)," jelas Erni kepada Holst.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jatim Lucky Agung Binarto mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi Kedutaan Besar Jerman di Jakarta mengenai permasalahan Holst.

Menurut laporan sementara yang dia terima, secara aturan Holst tidak melakukan pelanggaran di bidang keimigrasian. Paspornya masih berlaku. Izin tinggalnya pun tidak bermasalah.

Kondisi itu membuat pihak imigrasi perlu mendalami informasi yang terkait dengan Holst. Jika dalam proses tersebut ditemukan indikasi pelanggaran keimigrasian, Holst bisa dideportasi. (gun/may/c11/fal/flo/jpnn)


[Link to media]
Egi John: Hati-hati dengan Srigala Berbulu Domba-JPNN.com

SETELAH melampiaskan rasa kecewa dan kesalnya kepada Marshanda. Egi John menjelaskan maksud sikapnya tersebut.

Mantan artis cilik ini mengingatkan agar berhati-hati dengan orang yang memiliki kedok.

Sindiran ini masih ditujukan untuk Marshanda, yang menurutnya sudah selingkuh dan matre.

"Mohon maaf jika semua perilaku saya tidak bijaksana dan memalukan. Saya hanya ingin memberitahukan hati-hati dengan serigala berbulu domba," ucap Egi dalam pesan dalam Instagram-nya, Senin (12/9).

Pria 28 tahun ini sekarang mengerti, mengapa banyak haters yang menyerang mantan istri Ben Kasyafani itu.

"Pantesan kok banyak haters yang suka komentar," kata Egi.(chi/jpnn)

 


[Link to media]
Jokowi Dicap Kurang Akurat soal Mary Jane-JPNN.com

MANILA - Kementerian Luar Negeri Filipina membantah pernyataan Presiden Joko Widodo terkait percakapan kepala negara yang akrab disapa Jokowi itu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. 

Sekretaris Jenderal Kemenlu Filipina Perfecto R. Yasay menilai Jokowi kurang akurat memberikan informasi soal eksekusi mati terpidana mati Mary Jane.

Ya, setelah salat Iduladha di Masjid Ats-Tsaurah, Serang, Banten, Senin (12/9), kepada wartawan Jokowi menyampaikan hasil pertemuannya dengan Presiden Duterte. "Saya bercerita Mary Jane membawa 2,6 kilogram heroin kepada Presiden Duterte,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Kata Jokowi, saat itu Duterte menegaskan tidak ingin mengintervensi hukum di Indonesia. "Presiden Duterte saat itu menyampaikan, silakan kalau mau dieksekusi," Jokowi.

Nah, menurut Yasay, kabar tentang Duterte memberikan lampu hijau eksekusi Mary Jane yang disampaikan Jokowi kurang akurat. 

Kata Yasay, Duterte hanya menyatakan menghormati proses hukum di Indonesia dan akan menerima putusan akhir tentang kasus Mary Jane Veloso. Yasay menilai Jokowi salah memahami pernyataan Duterte.

"Saat ini Veloso sudah dicabut sementara dari daftar hukuman mati karena pimpinannya ditangkap di Filipina. Pencabutan sementara itu akan berlangsung sampai proses hukum yang berkaitan ini selesai." Demikian pernyataan Yasay dalam rilis Senin (12/9) kemarin.

Sementara itu, sejak awal Kejaksaan Agung (Kejagung) memang menginginkan adanya percepatan dalam proses hukum di Filipina. "Proses hukum itu harus ada kepastian, tidak bisa terus terkatung-katung," papar Jaksa Agung M. Prasetyo.

Vonis mati terhadap Mary Jane sudah berkekuatan hukum tetap. Sudah ada putusan Mahkamah Agung yang memperkuat putusan tersebut. Lalu, hak hukum dari Mary Jane juga telah diberikan. "Tapi, saat beberapa waktu lalu masuk daftar eksekusi mati, kami tunda karena menghormati proses hukum di Filipina karena dianggap korban perdagangan manusia." 

Di bagian lain, Sekretaris Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak menjelaskan bahwa pernyataan Rodrigo Duterte bisa menjadi masukan untuk Kejagung. Namun, Kejagung harus melanjutkan eksekusi mati terhadap Mary Jane berdasar alasan hukum. "Pernyataan presiden Filipina itu bukan keputusan hukum, tapi politis," ujarnya. (byu/bil/idr/c10/ang/jpnn)


[Link to media]
APBDP 2016 Terancam Bisa Molor-JPNN.com

SURABAYA-- DPRD Surabaya sampai saat ini belum membahas kebijakan umum anggaran/prioritas plafon anggaran sementara (KUA/PPAS). Alasannya, pemkot lamban mengirimkannya.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha menyatakan, sebenarnya dewan ingin mempercepat pembahasan perubahan anggaran. Namun, hingga Jumat (9/9) pemkot belum menyerahkan KUA/PPAS Perubahan 2016.

''Yang sudah dikirim itu KUA/PPAS 2017. Tapi, itu pembahasannya kami tunda karena menunggu perubahan organisasi,'' ujar politikus PKB itu.

Struktur organisasi di pemkot memang akan berubah seiring diajukannya raperda organisasi pemerintah daerah atau OPD. Masduki mengatakan, raperda OPD harus dirampungkan dulu. Setelah itu baru membahas KUA/PPAS 2017.

 ''Kalau dinas-dinasnya berubah kan percuma juga kita bahas anggaran tahun depan,'' tuturnya.

Ketua DPRD Surabaya Armudji juga menyatakan bahwa dewan ingin pembahasan anggaran perubahan tidak terlalu mepet. Dengan begitu, pembahasan bisa optimal. ''Sampai sekarang belum diserahkan,'' katanya.

KUA/PPAS diperlukan untuk percepatan pembahasan PAK (perubahan anggaran keuangan). Sebagaimana diketahui, pemkot perlu mengubah anggaran seiring ditundanya pencairan dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat.

Sesuai dengan Putusan Menteri Keuangan No 125 Tahun 2016, Surabaya termasuk satu di antara 169 daerah yang mengalami penundaan DAU. Anggaran DAU Surabaya yang tertunda sebesar Rp 223 miliar. Anggaran itu untuk pencairan September, Oktober, November, dan Desember. DAU sangat penting bagi Pemkot Surabaya karena dialokasikan untuk penggajian seluruh PNS.

Secara terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Agus Sonhaji menjelaskan, pemkot sudah mengirim KUA/PPAS 2017. ''Yang 2017 sudah lama kami kirim. Yang 2016 memang baru saja kami kirim,'' katanya. Menurut dia, pemkot akan mengikuti dewan, KUA/PPAS mana yang akan dibahas lebih dulu.

Penyusunan KUA/PPAS terlambat karena pemkot berupaya maksimal melakukan penghematan. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan, pemkot perlu menghitung kekurangan gaji pegawai yang sebelumnya dibayarkan dari DAU.

Sebelumnya, Risma memaparkan sejumlah penghematan yang berhasil dilakukan. Salah satunya terkait lelang. Risma juga memotong dana program yang biasanya diambilkan dari sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).

 ''Mungkin nanti kami juga bisa ajukan MPAK (mendahului perubahan anggaran keuangan),'' jelas Risma kemarin. (gun/c15/fal/flo/jpnn)


[Link to media]
Mistis! Abang Tenggelam, Biji Mata Adik Berubah Putih Semua-JPNN.com

SIMALUNGUN – Hery Sihombing adik dari Ricky Sihombing, 17, korban tenggelam di tempat wisata air terjun Pansur di Pansur Bayu Bagasan, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Sumatera Utara, tiba-tiba pingsan saat kejadian, Senin (12/9).

Warga setempat yang melihat Hery Sihombing pingsan sempat khawatir. Apalagi saat memeriksa bagian mata Hery, warga hanya bisa melihat bagian mata yang putih saja.

“Biji matanya yang hitam tak nampak, hanya putihnya saja. Makanya masyarakat curiga ada hal-hal gaib dan mistis yang menimpa Hery,” ujar seorang pria warga sekitar seperti diberitakan Metro Siantar (Jawa Pos Group) hari ini (13/9).

Selanjutnya warga memanggil orang pintar (dukun) memeriksa Hery. Saat itu seorang wanita paruh baya yang disebut-sebut sebagai orang pintar datang.

Entah kebetulan atau tidak, tak lama setelah dipegang dan diobati, Hery kemudian sadar.

Seiring dengan sadarnya Hery, salah seorang wanita di sekitar lokasi kemudian kesurupan dan menjerit histeris. Ia adalah Purnama Sari. 

Dalam jeritnya, Purnama mengaku pinggangnya ditimpa sesuatu yang sangat berat. Cukup lama Purnama kesurupan sebelum akhirnya tersadar.

Orangtua Korban Datang

Kabar hilangnya Ricky ternyata langsung disampaikan ke orangtuanya. Tadi malam sekira pukul 19.15 WIB, ayahnya Syafrijal  Sihombing bersama rombongan tiba di sekitar lokasi kejadian. 

Mereka menumpang mobil Kijang BK 1058. Begitu sampai, rombongan langsung menuju rumah Opung Buana Sinaga. Sebab memang, sebagian rekan korban ditempatkan oleh warga di rumah tersebut.

Begitu melihat anaknya Hery, Syafrijal langsung menangis dan memeluknya.

Kepada koran ini, Syafrijal mengaku sangat terpukul atas musibah yang menimpa anaknya. “Padahal sebelumnya tidak ada firasat buruk apapun. Bahkan mimpi buruk juga tidak ada. Ricky ini anak kedua saya dari empat bersaudara. Ia juga tak ada meninggalkan pesan apapun sebelumnya,” ungkapnya sedih.

Syafrijal juga mengucapkan terimakasihnya kepada warga Pansur Bayu Bagasan yang  sudah mau menjadi relawan di air terjun dan menunggu munculnya Ricky, bahkan hingga terbitnya matahari. “Saya berharap anak saya cepat ditemukan,” katanya dengan mata berkaca-kaca.

Sementara itu Kapolsekta Tanah Jawa Kompol Anderson Siringoringo didampingi Kanit Reskrim AKP Suandi Sinaga, membenarkan adanya pengunjung air terjun yang tenggelam tersebut. Menurutnya, operasi pencarian yang dilakukan warga setempat masih terus berlanjut.

Sementara warga sekitar yang sempat berbincang-bincang dengan koran ini mengungkapkan, sejauh ini sudah ada lima korban tewas di lokasi, sejak objek wisata lokal itu dibuka.

“Sebelumnya empat pelajar SMP dan SMK, serta seorang pemancing yang terjebak banjir sudah meninggal di lokasi. Padahal, pemancing yang meninggal itu sempat memanjat batu yang menjulang tinggi di sekitar air terjun,” kata seorang warga.

Warga lainnya, Torang Nainggolan (46) warga Salosok Damak Rambe, Tanah Jawa, mengatakan bahwa pengunjung wisata air terjun itu tidak boleh mengucapkan kata-kata jorok saat berada di lokasi air terjun Pansur. Menurutnya, tempat itu dihuni berbagai makhluk halus. “Jin sangat anti dengan kata-kata jorok atau yang bersifat porno. Jika ada yang ngomong jorok, pasti ada korban,” jelasnya.

Ketika hal itu dikonfirmasikan ke Dewi, salah seorang anggota rombongan, ia mengakui bahwa ada salah seorang anggota rombongan yang mengucapkan kata-kata jorok saat tiba di sana. Sejak itu pula Dewi mengaku tidak mau turun ke air yang berpasir. Dewi hanya menginjakkan kakinya ke air yang daerahnya berbatuan. (iwa)


[Link to media]
Pak Menteri…Guru SD Minta Naik Pangkat nih-JPNN.com

SURABAYA - PGRI Jawa Timur mendesak pemerintah saat ini untuk memudahkan syarat kenaikan pangkat guru SD. Terutama dalam ijazah. Sebab, dalam UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa guru memiliki kualifikasi akademik sarjana. Tanpa harus memiliki kualifikasi akademik S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Ketua PGRI Jawa Timur Ichwan Sumadi mengatakan, berdasar undang-undang tersebut, seorang guru harus memiliki ijazah S-1.

 Syarat linier ilmu tidak disebutkan dalam undang-undang itu. Dengan kata lain, guru bisa memiliki kualifikasi akademik S-1 tanpa harus linier dengan yang diajarkan.

"Bagi guru SD yang diangkat sebelum 2005 tidak masalah, tapi setelah 2005 harus S-1 PGSD," katanya.

Menurut dia, pemerintah tidak bisa menyamaratakan semua guru sebelum 2005 dan sesudah 2005.

Sebab, syarat S-1 PGSD tentu akan memberatkan para guru. Guru harus melakukan kuliah ulang. Kesulitan biaya pun mungkin dialami.

Namun di sisi lain, jika tidak lulus S-1 PGSD, guru terancam tidak bisa naik pangkat atau mengikuti sertifikasi dan mendapatkan tunjangan profesi pendidik (TPP).

Ichwan menilai, jika guru tidak bisa naik pangkat atau tidak mengikuti sertifikasi, kesalahan bukan dari guru. Melainkan dari pemerintah. Menurut dia, pemerintah kurang bagus dalam memetakan kebutuhan guru. Terutama sebelum 2005.

Di Jawa Timur, jelas dia, ada 550 ribu guru. Sebanyak 52 persen di antaranya sudah memiliki sertifikat pendidik. Sisanya, 48 persen, belum bersertifikasi pendidik.

 Alasannya beragam. Salah satunya terganjal kelinieran ijazah. Karena itu, untuk bisa sertifikasi, pemerintah memang menyarankan guru yang diangkat sebelum 2005 untuk berkuliah S-1 PGSD.

Padahal, imbuh dia, guru-guru yang diangkat PNS sebelum 2005 lama-lama akan berkurang lantaran pensiun. Semestinya pemerintah bisa lebih berfokus pada hal lain seperti memetakan kebutuhan guru. Juga bisa lebih mengawasi lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) yang menghasilkan para guru.

"Mereka boleh buka program studi, tapi dibiarkan begitu saja. Seharusnya, bisa dipetakan lima tahun ke depan butuh guru berapa, guru bidang studi apa yang kurang," katanya.
(puj/c6/dos/flo/jpnn)


[Link to media]
Cerita Tragis 5 Anak Panti Asuhan Mencuci Daging Kurban di Sungai-JPNN.com

BREBES - Musibah menimpa lima anak Panti Asuhan Putra Muslimat Kauman yang terletak di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Mereka tenggelam setelah mencuci jeroan hewan kurban yang baru disembelih di Sungai Pemali, Senin (12/9) kemarin.

Menurut informasi yang diperoleh Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, peristiwa berawal setelah mencuci jeroan, kelimanya bermain-main di tepi sungai.

‎Nahas, seorang anak terpeleset dan hanyut ke tengah sungai. Empat lainnya bermaksud menolong. Tapi karena panik dan kemungkinan tidak dapat berenang, akhirnya anak-anak tersebut tenggelam di sungai yang berkedalaman 1-2 meter.

"Tim SAR dari SAR Brebes, Basarnas Jawa Tengah, BPBD Brebes, TNI, Polri dan masyarakat telah berhasil mengevakuasi lima korban," ujar Sutopo, Selasa (13/9).

Kelima korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, tidak jauh dari lokasi awal mereka terpeleset. Masing-masing ‎ Komaludin (13 th) ditemukan pukul 13.00 WIB, Muh. Ubaidillah (16 th) ditemukan pukul 13.00 WIB.

Kemudian Mutakim (18) ditemukan pukul 14.55 WIB, Andre Bimantoro (14) ditemukan pukul 15.41 WIB dan Sandi Kasmana Wirayuda (14) ditemukan pukul 16.10 WIB.

"Atas peristiwa tersebut, duka mendalam dirasakan seluruh anggota keluarga Panti Asuhan Putra Muslimat Brebes," ujar Sutopo. (gir/jpnn)‎


[Link to media]
Foto Ciuman Beredar, Ayu Ting Ting: Kenapa Emangnya?-JPNN.com

PEDANGDUT Ayu Ting Ting kembali diterpa kabar miring. Terbaru adalah soal foto Ayu mencium bibir ayahnya, Abdul Rozak, ‎yang menjadi perbincangan di dunia maya.

Menurut Ayu, tidak ada yang salah dengan mencium bibir ayahnya. Tindakan tersebut baru dipertanyakan jika ia melakukannya dengan laki-laki lain.

"Ya kenapa emangnya? Itu lagi sama ayah. Bapak saya yang ngerawat, ngurusin saya. Bapak yang tahu saya," kata Ayu di rumahnya, Depok, Senin (12/9).

Lagi pula, tindakan tersebut bukan kali pertama ia lakukan. "Perasaan dari dulu deh, dari lebaran tahun kemarin-kemarin saya begitu sama ayah. Enggak cuma sama ayah, sama ibu juga," tutur pelantun lagu Alamat Palsu ini.

Karena itu, Ayu mengimbau bagi orang-orang yang tidak suka kepadanya lebih baik langsung menemuinya. ‎Bukan malah menyebarkan berita aneh-aneh. "Karena buat saya masuk kuping kanan, keluar kuping kiri," ‎ucap Ayu. (gil/jpnn)


[Link to media]
Bank Jatim Alami Penurunan Permintaan KPR-JPNN.com

SURABAYA – Penyaluran kredit belum menunjukkan pertumbuhan menggembirakan. Akibatnya, loan to funding ratio (LFR) dan pertumbuhan kredit masih belum tinggi.

Salah satunya ialah PT Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) yang mencatat loan to deposit ratio (LDR) pada akhir semester pertama sebesar 72 persen.

”Permintaan KPR dari industri properti menurun. Karena itu, banyak pinjaman untuk KPR yang dikembalikan,” kata Dirut Bank Jatim R Soeroso kemarin (12/9).

Utilitas kredit yang menurun disebabkan masyarakat masih menunda rencana untuk membeli rumah. Baik untuk tujuan hunian maupun investasi. Padahal, ketergantungan bank di daerah terhadap KPR cukup tinggi.

Pada Agustus lalu, Bank Jatim menunjukkan rasio LDR yang lebih baik, yakni 79 persen. Rasio LFR meningkat dari 68 persen pada Juli 2016 menjadi 73 persen pada Agustus.

Relaksasi uang muka kredit melalui loan to value (LTV) diharapkan meningkatkan permintaan KPR. Namun, efeknya diyakini baru terasa pada awal tahun depan. ”Kami mengandalkan loan agreement yang bekerja sama dengan pemerintah agar LFR terus meningkat,” imbuh Corporate Secretary Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha.

Untuk menggenjot LFR, Bank Jatim segera membuka kantor layanan di Batam. Emiten berkode saham BJTM itu membidik pembiayaan pada sektor perdagangan antara provinsi Jatim dan Batam.

Harapannya, penyaluran kredit produktif bisa ditingkatkan. Saat ini pembukaan kantor masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Eksekutif Asosiasi BPD (Asbanda) Wimran Ismaun menyatakan, mayoritas BPD masih bergantung pada kredit konsumtif. Porsi kredit produktif BPD pada Juni 2016 relatif kecil, yakni 30,12 persen saja dari total penyaluran kredit.

Tren kredit produktif cenderung statis karena saat ini pengusaha cenderung mengurangi ekspansi. Belum lagi, kredit macet atau non-performing loan (NPL) meningkat di sejumlah sektor.

Meski demikian, Wimran menilai, tidak semua kredit yang bersifat konsumtif digunakan untuk tujuan konsumtif. Dia mencontohkan, banyak KPR yang diambil untuk usaha kos-kosan dan kontrakan rumah.

Demikian pula kredit multi guna yang tujuannya untuk renovasi usaha rumah kontrakan dan kos-kosan tersebut.

Pada Juni 2016, posisi kredit BPD mencapai Rp 331,47 triliun atau tumbuh 5,05 persen dari posisi Desember 2015. Ketergantungan dana pemda pada funding BPD cukup besar, yakni 27,1 persen pada posisi Desember 2015. (rin/c5/noe/jos/jpnn)


[Link to media]
Coming Soon! Festival Musik 100% Musisi Lokal-JPNN.com

SATU lagi festival musik lokal bakal kembali hadir menggoyang Tanah Air. Pesta musik bernama Synchronize Fest akan digelar di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 28, 29 dan 30 Oktober 2016. 

Nama-nama musisi dari beragam genre musik akan tampil selama tiga hari dalam pesta musik ini. Promotor juga sudah mengumumkan beberapa nama band yang sudah siap tampil di festival yang pernah digelar tahun 2009 ini.

Beberapa nama yang akan tampil di Synchronize Fest antara lain, Barasuara, Begundal Lowokwaru, Besok Bubar, Blackteeth, Danilla , Dead Vertical, Deadsquad, Down For Life, Kelompok Penerbang Roket, Monkey Boots – Navicula, Payung Teduh, Pure Saturday, Ras Muhamad, Scaller, Sentimental Moods, Seringai, Sova, Superglad, Sweet As Revenge, Teenage Death Star, The Authentics, The Flowers, dan Tulus.

Beragam genre yang dibawakan oleh musisi yang tampil memang disengaja, agar penonton bisa merasakan atmosfer Bhineka Tunggal Ika dari festival yang memadukan musik metal, R&B, jazz, dance, rock, reggae, hip hop, punk, blues, pop, sampai folk ini. Rencana bakal ada 100 nama band dan musisi Indonesia di acara ini.

Synchronize Fest adalah hasil kolaborasi antara Dyandra dan Demajors. Dalam acara ini juga akan menyajikan atraksi lain seperti outdoor cinema, F & B Festival, Merch & Art Market, serta Records Fair yang akan memanjakan penyuka musik.

Harga tiket untuk festival ini rencana Limited Early Bird: IDR.365.000,- (3 Days) dan Regular Ticket: IDR.200.000,- / Day. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Satu Peraih Medali Emas Diganjar Bonus Fantastis-JPNN.com

JAMBI - Pemkot dan KONI Kota Jambi menyiapkan bonus cukup fantastis untuk atlet-atlet Kota Jambi yang berhasil memboyong medali emas dalam ajang PON XIX Jabar pada 17-29 September.

Tak tanggung-tanggung, satu medali emas pada even tertinggi di tanah air tersebut diganjar Rp 10 juta, medali perak senilai Rp 5 juta, dan medali perunggu Rp 3 juta.

“Bonus ini merupakan bukti bahwa Pak Walikota dan KONI sangat memperhatikan olahraga di Kota Jambi,” ujar ketua KONI Kota Jambi A Rahman seperti diberitakan Jmabi Independent (Jawa Pos Group) hari ini (13/9). 

Dia juga meminta atlet Kota Jambi yang bertanding untuk tidak menyalahkan wasit. “Jangan salahkan wasit, karena yang menentukan itu adalah kemampuan kita sendiri. Keluarkanlah seluruh kemampuan. Sehingga berhasil menjadi yang terbaik dan mendapatkan bonus dari kami,” katanya.

Pemkot dan KONI, diakuinya, selalu mensupport para atlet yang bertanding untuk mengharumkan nama daerah. Baik yang bertanding pada level regional, nasional, maupun internasional. 

“Siapa lagi yang mensupport mereka (atlet), kitalah, yang terdepan,” tuturnya.  

Rahman juga mengingatkan para atlet untuk tetap menjaga kebugaran selama di Jawa Barat. Dengan begitu mereka nantinya bisa bertanding dengan kondisi fresh dan meraih hasil yang memuaskan.

Atlet Kota Jambi yang memperkuat kontingen PON Jambi berjumlah 56 orang. Mereka tersebar di berbagai cabang olahraga (cabor), baik perorangan maupun beregu.

Rahman berharap dari puluhan atlet tersebut diantaranya bisa meraih medali. Apalagi peluang mereka untuk menyumbangkan medali itu ada. Seperti disebutkannya wushu, dayung, senam, gulat, judo, polo air, taekwondo, dan lainnya.

“Tidak tertutup kemungkinan atlet yang lainnya juga meraih medali. Sekarang tinggal bagaimana mereka bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya di iven itu nanti,” katanya.

Dia juga berjanji bersama Walikota Sy Fasha akan  memberi dukungan dan melihat langsung pertandingan yang dilakoni atlet-atlet Kota Jambi di PON mendatang. “Kebanggaan atlet, kebanggaan kami juga. Kita pasti bisa berjaya,” tandasnya.(dar)


[Link to media]
229 Calon Haji Indonesia Ditangkap di Arab Saudi, DPR Bilang Begini..-JPNN.com

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq meminta pemerintah mengupayakan agar 229 jemaah haji yang ditangkap otoritas Arab Saudi, bisa dideportasi dibanding harus menjalani hukuman penjara karena melanggar keimigrasian.

Menurut Maman, ratusan jemaah itu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai TKI, namun izin tinggalnya telah habis. Kemudian melakukan ibadah haji dengan membeli kuota atau visa melalui oknum.

"Tentu kita sangat hormati dan hargai aturan di Arab Saudi, bahwa mereka melakukan pelanggaran imigrasi, pelanggaran overstay, juga soal UU Haji di sana," kata Maman saat dikonfirmasi, Selasa (13/9).

Politikus PKB ini mengaku telah meminta Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi, untuk melobi pemerintah setempat supaya mendeportasi ratusan jemaah tersebut.

"Kalau bisa dideportasi ke Indonesia daripada menerima hukuman. Diplomasi pemerintah Indonesia harus kuat karena pada dasarnya negara harus hadir terhadap warganya yang dapat masalah," tambahnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Kasus Penyerangan Polsek Tabir Bakal Ada Tersangka Baru-JPNN.com

JAMBI – Polda Jambi telah menetapkan sebanyak 14 orang sebagai tersangka penyerangan dan pembakaran Mapolsek Tabir beberapa waktu lalu. Saat ini kepolisian masih terus menyelidi dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru. 

“Kemunkinan belasan orang akan ditetapkan sebagai tersangka lagi. Sekarang kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani seperti diberitakan Jambi Independent (Jawa Pos Group) hari ini (13/9).

Dari 14 tersangka, 5 diantaranya ditahan di Polda Jambi. Kelimanya adalah SN (21), RN (20), FN(32), AN (20) dan FI (33). Semuanya merupakan warga Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin. “Mereka dipisahkan dengan tersangka lain karena merupakan pelaku utama dalam insiden penyerangan dan pembakaran Mapolsek Tabir,” tegasnya.

Sementara delapan orang ditahanan di Polres Merangin, sedangkan satu orang tidak ditahan karena masih di bawah umur. Para tersangka memiliki peran masing-masing. Ada yang membakar dan ada yang merusak mapolsek. 

Sementara itu, dua pelaku PETI yang ditangkap polisi, yakni D dan E, masih menjalani proses penyidikan di Polda Jambi. Dalam waktu dekat, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus akan memanggil saksi ahli dari Dinas ESDM Provinsi Jambi. 

Diketahui, penyerangan dan pembakaran Mapolsek Tabir ini merupakan buntut dari penangkapan dua pelaku PETI oleh anggota Polres Merangin, yakni D dan E. Namun, karena diduga ada provokator, masyarakat Tabir langsung anarkis dan membakar Mapolsek Tabir.(uri/ira/ray/jpnn)


[Link to media]
Buruan Klik! Ini Dia Calon Penerima Anugerah Pesona Indonesia 2016-JPNN.com

JAKARTA - Prival Sector yang menggelorakan atmosfer pariwisata semakin kuat menciptakan suasana kondusif di industri ini. Seperti yang dilakukan Ayojalanjalan.com yang akan menggelar Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) pada tanggal 16 September 2016 mendatang. 

Tujuannya membangun kompetisi yang sehat menjadi destinasi yang terbaik dan level dunia. 

"Terima kasih kepada penyelenggara dan semua yang mendukung acara ini, tentu semua ini dilakukan demi meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan API juga untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing,” ujar Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.

Seperti diketahui, peluncuran resmi kegiatan Anugerah Pesona Indonesia itu sendiri sudah dilakukan 25 Mei 2016 dan periode pemilihan (voting) dilakukan antara 23 Mei 2016 s/d 23 Agustus 2016. Kegiatan penutup rencananya dilakukan 16 September mendatang.

Dalam gala dinner nanti akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau obyek wisata yang paling banyak terpilih. Penghargaan itu sendiri diharapkan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau obyek wisata tersebut berada.

Salah satu wilayah yang banyak mendapatkan award adalah Lampung (lebih lengkap lihat grafis). Wisata Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran mendapat nominasi di kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise). Pesona bawah laut Pahawang dinilai memukau dan mampu menarik perhatian wisatawan, untuk menyelam dan menengok keindahan terumbu karang beserta ikan-ikan indah di dalamnya.

Nominasi berikutnya, Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat yang masuk dalam kategori Tempat Berselancar Populer (Most Popular Surfing Spot). Untuk yang satu ini sudah jadi rahasia umum, kalau ombak Tanjung Setia jadi primadona surfer internasional karena ombaknya yang memanjakan. Terakhir adalah Teluk Kiluan di Tanggamus yang dinominasikan dalam kategori Tujuan Wisata baru Terpopuler (Most Popular New Destination).

"Surat dari panitia API sudah masuk sepekan lalu. Dan ini kejutan dan di luar prediksi," ujar Rahmad Hariadi Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Provinsi Lampung. Hariadi pun berharap nominasi ini dapat didukung masyarakat Lampung. Sehingga wisata Lampung tadi bisa meraih juara sekaligus kian dikenal masyarakat secara nasional.

Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. Dari hasil pemilihan masyarakat tersebutlah akan didapatkan destinasi atau obyek wisata terpopuler pada 10 kategori yang diberikan.

Setelah pelaksanaan pemilihan ditutup, maka penyelenggaraan API diakhiri dengan malam Penghargaan API yang dikemas dalam bentuk Gala Dinner. Pada saat itu, akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau obyek wisata yang paling banyak terpilih.

Penghargaan itu sendiri rencananya akan diberikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau obyek wisata tersebut berada. Jika tidak ada halangan penyerahan penghargaan akan di berikan pada 16 September 2016 mendatang. (adv/jpnn)

Berikut ini kategori nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016).

Kategori I Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise)

1.      Pulau Anambas – Anambas, Kep Riau

2.      Pulau Berhala – Serdang Badagai, Sumut

3.      Pulau Karampuang – Mamuju, Sulbar

4.      Pulau Maratua – Berau, Kaltim 

5.      Pulau Pahawang – Pasawaran, Lampung

6.      Pulau Sangiang – Serang, Banten

7.      Pulau Sebuku – Kotabaru, Kalbar

8.      Kepulauan Kei – Maluku Tenggara, Maluku

9.      Kep Mandeh – Pesisir Selatan, Sumbar

10.     Kep Togean – Tojo Unauna, Sultengah. 

 

Kategori II Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness)

1.      Pantai Harlem – Jayapura, Papua

2.      Pantai Iboih – Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam

3.      Pantai Nihi Watu – Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

4.      Pantai Nirwana – Bau bau, Sulawesi Tenggara

5.      Pantai Ora – Maluku Tengah, Maluku

6.      Pantai Papuma – Jember, Jawa Timur

7.      Pantai Sawarna – Lebak, Banten

8.      Pantai Tanjung Tinggi – Belitung, Bangka Belitung

9.      Pantai Tanjung Bira – Bulukumba, Sulawesi Selatan

10.  Pulau Saronde – Gorontalo Utara, Gorontalo

11.  Teluk Triton – Kaimana, Papua Barat

Kategori III Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site)

1.      Benteng Keraton Buton – Bau Bau, Sulawesi Tenggara

2.      Benteng Kuto Besak – Palembang, Sumatera Selatan

3.      Benteng Marlborough – Bengkulu

4.      Benteng Tolukko – Ternate, Maluku Utara

5.      Gedung Linggarjati – Kuningan, Jawa Barat

6.      Goa Jepang – Biak, Papua

7.      Kawasan Kota Tua – DKI Jakarta

8.      Lawang Sewu – Semarang, Jawa Tengah

9.      Museum KA – Sawahlunto, Sumatera Barat

10.  Rumah Pembuangan Soekarno – Ende, Nusa Tenggara Timur

Kategori IV Hidangan Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Dishes)

1.      Ayam Betutu Bali – Bali

2.      Ayam Taliwang Lombok – Nusa Tenggara Barat

3.      Batagor Bandung – Jawa Barat

4.      Bubur Tinutuan Menado – Sulawesi Utara

5.      Gudeg Jogja – DI Yogyakarta

6.      Kerak Telor Betawi – DKI Jakarta

7.      Mie Titi Makasar – Sulawesi Selatan

8.      Pempek Palembang – Sumatera Selatan

9.      Rujak Cingur – Jawa Timur

10.  Soto Banjar – Kalimantan Selatan

11.  Tengkleng Solo – Jawa Tengah

Kategori V Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot)

1.      Halmahera Utara – Maluku Utara

2.      Kepulauan Raja Ampat – Raja Ampat, Papua Barat

3.      Kepulauan Wakatobi – Wakatobi, Sulawesi Tenggara

4.      Nusa Penida – Klungkung, Bali

5.      Pulau Alor – Alor, Nusa Tenggara Timur

6.      Pulau Bintan – Kep. Riau

7.      Pulau Karimun Jawa – Jepara, Jawa Tengah

8.      Pulau Weh – Sabang, Aceh

9.      Taman Laut Bunaken – Menado, Sulawesi Utara

10.  Taman Laut Derawan – Berau, Kalimantan Timur

KATEGORI VI TEMPAT BERSELANCAR TERPOPULER (Most Popular Surfing Spot)

1.      Nusa Lembongan – Klungkung, Bali

2.      Ombak Bono Sungai Kampar – Pelalawan, Riau

3.      Pulau Nias – Nias, Sumatera Utara

4.      Pulau Panaitan – Pandeglang, Banten

5.      Pulau Sipora – Mentawai, Sumatera Barat

6.      Pantai Lakey – Dompu, Nusa Tenggara Barat

7.      Pantai Nemberala – Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur

8.      Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi, Jawa Barat

9.      Pantai Plengkung – Banyuwangi, Jawa Timur

10.  Pantai Tanjung Setia – Lampung Barat, Lampung

KATEGORI VII ATRAKSI BUDAYA TERPOPULER (Most Popular Cultural Atraction)

1.      Bambu Gila – Ambon, Maluku

2.      Debus – Banten

3.      Hombo Batu – Nias, Sumatera Utara

4.      Iraw Tengkayu – Tarakan, Kalimantan Utara

5.      Karapan Sapi – Madura, Jawa Timur

6.      Mapasilaga Tedong – Toraja, Sulawesi Selatan

7.      Pasola – Sumba, Nusa Tenggara Timur

8.      Perahu Naga – Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

9.      Saptonan – Jawa Barat

10.  Tabuik – Padang Pariaman, Sumatera Barat

KATEGORI VIII FESTIVAL BUDAYA TERPOPULER (Most Popular Cultural Festival)

1.      Festival Bahari Raja Ampat – Papua Barat

2.      Festival Bakar Tongkang – Riau

3.      Festival Bunga Tomohon – Sulawesi Utara

4.      Festival Danau Sentani – Papua

5.      Festival Danau Toba – Sumatera Utara

6.      Festival Erau Kertanegara – Kalimantan Timur

7.      Festival Palang Pintu Kemang – DKI Jakarta

8.      Festival Sekaten – DI Yogyakarta

9.      Festival Teluk Jailolo – Maluku Utara

10.  Jember Fashion Carnival – Jawa Timur

KATEGORI IX DATARAN TINGGI TERPOPULER (Most Popular Highland)

1.      Bromo Tengger – Jawa Timur

2.      Bukit Penjamur Bengkayang – Kalimantan Barat

3.      Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah

4.      Gunung Jayawijaya – Papua

5.      Gunung Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

6.      Gunung Kerinci – Jambi

7.      Gunung Matantimali – Sigi, Sulawesi Tengah

8.      Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat

9.      Gunung Sibayak – Sumatera Utara

10.  Ngarai Sianok – Sumatera Barat

11.  Patan Terong Dataran Tinggi Gayo – Nanggroe Aceh Darussalam

KATEGORI X TUJUAN WISATA BARU TERPOPULER (Most Popular New Destination)

1.      Brown Canyon – Semarang, Jawa Tengah

2.      Goa Jomblang – DI Yogyakarta

3.      Green Canyon Celebes – Barru, Sulawesi Selatan

4.      Green Canyon – Pangandaran, Jawa Barat

5.      Nyaru Menteng – Palangkaraya, Kalimantan Tengah

6.      Pulau Morotai – Maluku Utara

7.      Pulau Tunda – Serang, Banten

8.      Pantai Tanjung Kelayang – Belitung, Bangka Belitung

9.      Taman Laut Olele – Gorontalo

10.  Teluk Kilauan – Lampung


[Link to media]
Inilah Angka-angka Pencapaian Program Tax Amnesty, Masih Jauh-JPNN.com

JAKARTA – Pencapaian program tax amnesty masih jauh dari target.

Uang tebusan program pengampunan pajak itu baru menyentuh angka Rp 8,5 triliun. 

Itu artinya, koleksi dana tebusan baru 5,2 persen dari proyeksi awal sebesar Rp 165 triliun. 

Sedang dana repatriasi dari luar negeri baru terkumpul sejumlah Rp 18,8 triliun.

Merujuk statistik Direktorat Jenderal Pajak (DJP), koleksi dana repatriasi itu masih jauh dari ekspektasi dengan target Rp 1.000 triliun. 

Tingkat partisipasi program amnesti pajak paling banyak diperoleh dari wajib pajak orang pribadi non UMKM sebesar Rp 7,17 triliun, badan non UMKM Rp 911 miliar, orang pribadi UMKM Rp 430 miliar, dan wajib pajak badan UMKM Rp 15,8 miliar.

Untuk total surat pernyataan harta (SPH) telah terdaftar dalam program pengampunan pajak mencapai 47.860 SPH dengan total harta senilai Rp 374,3 triliun. 

Deklarasi harta di luar negeri tiga kali lipat dari capaian Agustus sejumlah Rp 60,4 triliun berbanding Rp 20,6 triliun. Repatriasi dan deklarasi harta luar negeri hampir sama pada Agustus.

Disebut-sebut, puncak partisipasi wajib pajak program amnesti terjadi September, sebagai batas akhir uang tebusan 2 persen. 

Bank Indonesia (BI) memproyeksi penerimaan uang tebusan program amnesti pajak secara keseluruhan akan terakumulasi Rp 21 triliun. Dana repatriasi akan terkumpul Rp 180 triliun atau jauh dari target Rp 1.000 triliun.

Di sisi lain, di lantai bursa efek Indonesia (BEI) investor asing mencatat aksi jual bersih sebesar Rp 814 miliar. 

Dalam sepekan kapitalisasi pasar defisit 1,39 persen menjadi Rp 6.683 triliun dari sebelumnya Rp 5.763,71 triliun. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 1,34 persen menjadi 5.281.

”Rata-rata nilai transaksi harian melonjak 7,58 persen ke level Rp 7 triliun dari sebelumnya Rp 6,5 triliun. Rata-rata volume transaksi saham juga naik 4,41 persen,” tukas Kepala Komunikasi Perusahaan BEI Dwi Shara Soekarno, seperti diberitakan Indopos (Jawa Pos Group).(far/sam/jpnn)


[Link to media]
Di Deadline, Klub ISC Langsung Urus Dokumen Pemain Asingnya-JPNN.com

MALANG - Klub-klub peserta kompetisi di Indonesia harus diberi penegasan dan ancaman. Jika tidak, mereka tak akan kunjung menjalankan aturan dengan profesional.

Kondisi ini seperti yang dilakukan pemerintah terkait kartu izin tinggal sementara (Kitas) dan juga syarat dari Kementerian tenaga kerja. Setelah diberi tenggat waktu dan ancaman sanksi bagi kompetisi, klub pun bergerak.

Dengan tenggat waktu sampai pekan ketiga September ini, klub seperti Arema menyambut positif. Mereka sudah melakukan apply untuk mengurus berkas para pemain asingnya.

"Kami berterima kasih kepada pihak Kemenpora yang bersikap sangat bijaksana. InsyaAllah kami bisa segera menyelesaikan masalah ini sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan," kata general manager Arema Cronus, Ruddy Widodo.

Sementara itu, Persela Lamongan juga sudah melakukan kerja keras menyelesaikan soal dokumen pemain asingnya. Mereka bahkan sudah mengurus Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) ke Kemenaker.

"Ya kalau memang persyaratannya demikian mau bagaimana. Klub-klub sudah dipanggil. Oleh Dirjen Kemenaker, jadi harus dijalankan persyaratan agar pemain asing bisa bermain. Kami sudah Bereskan persyaratannya, klub lain juga, tinggal menunggu izinnya keluar,," papar Mudji Santoso, Sekretaris Persela. (dkk/jpnn)

 


[Link to media]
Kongres PSSI: Pak Tonny Oke di Yogya, Bang Hinca Tetap di Makassar-JPNN.com

JAKARTA - Suara executive committee (Exco) PSSI tak sepenuhnya bulat terkait perubahan venue Kongres PSSI. 

Anggota Exco senior, Tonny Aprilani menegaskan, tidak ada masalah andai kongres pada 17 Oktober digelar di Yogyakarta, sesuai instruksi pemerintah. Di sisi lain, Plt. Ketum Hinca Panjaitan menyatakan kongres tetap di Makassar.

‎Saat dihubungi, Senin (12/9), Tonny menjelaskan, bahwa pihaknya sangat terbuka dan siap bersinergi dengan pemerintah. Apalagi, pemerintah juga akan membantu pendanaan Kongres PSSI 17 Oktober nanti.

"Kami akan melakukan pertimbangan terlebih dulu. Untuk itu kami tentu ingin bersinergi dengan pemerintah. Sebenarnya di Yogya juga tidak jauh kok," katanya.

Namun, permasalahan utama untuk memindahkan bukan sekadar berdasarkan kepada putusan exco PSSI ‎semata. 

"Ada pertimbangan-pertimbangan lain juga, misalnya pemerintah sudah keluarkan uang muka, persiapan-persiapan ke sana, jumlahnya tak sedikit. Jadi harus ada pertimbangan itu juga," tuturnya.

‎Di sisi lain, Plt Ketum Hinca Panjaitan menegaskan, PSSI tidak akan memindahkan lokasi kongres dari Makassar. Alasannya, itu sudah menjadi kesepakatan Exco.

"‎Kita tetap di Makassar karena sudah diputuskan exco," ujarnya singkat. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Lihat, Politikus PDIP Temui Prabowo Subianto-JPNN.com

JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Drs. Cornelis, MH menggalang lobi politik jelang pilkada Kabupaten Landak 2017 mendatang.

Usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, giliran Ketum yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang didatangi Cornelis. 

Tujuannya, mendapatkan dukungan Parpol terhadap calon yang diusung PDI Perjuangan.

Cornelis mendatangi Prabowo di kediamannya, Hambalang, Sabtu (10/9). Pertemuan ini membicarakan dukungan Partai Gerindra kepada dr. Karolin Margret Natasa pada Pilkada Landak.

“Pertemuan ini, selain bertukar cerita tentang perkembangan politik di tanah air, juga membicarakan mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada 2017, salah satunya di Kabupaten Landak,” ungkap Cornelis seperti diberitakan Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group) hari ini.

Cornelis mengklaim, Partai Gerindra memberikan sinyal mendukung pasangan dr. Karolin-Heriadi, menyusul Partai Nasdem, Demokrat dan Golkar serta beberapa partai lainnya untuk bertarung di Pilkada Landak, 15 Februari 2017 mendatang. 

Semua Parpol itu akan tergabung dalam koalisi Binua Landak.

Sebelumnya Cornelis melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh di Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (9/9). 

Pertemuan di ruang kerja Surya Paloh itu juga bertujuan untuk memperkuat koalisi pengusung Karolin. 

Surya Paloh menilai Karolin pantas memimpin Kabupaten Landak. Bahkan dia tidak ragu untuk memberikan dukungan kepada anggota DPR RI Dapil Kalbar peraih suara terbanyak se-Indonesia itu. 

“Dari kriteria tersebut Nasdem melihat Karolin paling pantas untuk mengemban mandat,” ujar Surya Paloh. (isf/ham/RK/sam/jpnn)


[Link to media]
Wonderful Indonesia, Alangkah Indahnya Menyelam di Labuhan Bajo-JPNN.com

LABUAN BAJO – Suasana Diving Fam Trip-Thailand Operator And Media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) betul-betul menakjubkan. Para jurnalis, media blogger dan diving tour operator benar-benar terkesima oleh semua lini.

Alam bawah lautnya, pantai berpasir pink, hingga pemandangan dari puncak bukit di Gili Lawa yang menyuguhkan landscape pulau-pulau di kelilingi lautan jernih biru dan langit yang jernih menawan. Mengeksplorasi semua destinasi wisatanya benar-benar tidak membosankan. Kesannya masih sangat alami, nature, asli, tidak banyak polesan, indah dan memesona wisatawan.

Satu tempat yang direkomendasi oleh para traveler adalah Gili Lawa. Lokasi itu pula yang kemarin (12/9) dikunjungi peserta program Diving Fam Trip-Thailand Operator And Media. Dari Gili Lawa, wisatawan bisa melihat pulau-pulau kecil di sekitarnya. Seperti Pulau Komodo, Sebayur, dan lainnya.

Itu tentu setelah trekking ke bukit-bukit berbatu minim hujan, sehingga vegetasinya juga jenis-jenis tanaman yang tahan dengan pasokan air minim.

Wisata baharinya juga luar biasa. Arusnya kencang dengan ikan-ikan besar. Foto bawah lautnya mengagumkan di hampir semua spotnya.

Pagi-pagi sekitar pukul 08.00 WITA rombongan berangkat dari dermaga Labuan Bajo menuju Gili Lawa. Posisinya berada di sebelah utara Pulau Komodo. Setelah perjalanan kurang lebih satu jam menggunakan speed boad rombongan tiba di Gili Lawa.

Tidak menunggu lama, setelah melakukan persiapan, 7 peserta Diving Fam Trip yang dipandu Oktafiano dari Indonesia Diving Industry Association satu per satu turun langsung melakukan penyelaman di Castle Rock. Aktris Hollywood Gwyneth Paltrow juga pernah berfoto bersama anak-anaknya di lokasi itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, lokasi penyelaman di Labuan Bajo memang sudah level dunia. “CNN Internasional juga menempatkan Labuan Bajo sebagai runner up snorkeling site terbaik di dunia, setelah Raja Ampat, dan satu level di atas Kepulauan Galapagos, Amerika Selatan sana,” kata Arief.

Program fam trip di bawah Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, Rizki Handayani yang memilih Komodo Labuan Bajo itu memang sudah tepat. Penerbangan ke Bandara Komodo itu sudah 20 kali per minggu. Dan akan semakin banyak yang menuju ke sana. Infrastruktur juga terus diperbaiki.

“Mudah-mudahan dengan berbagai perbincangan di PATA Travel Mart maupun di Fam Trip Media dan Dive Operator Thailand akan semakin kuat memberi influence wisman,” kata Rizki.

Peserta Fam Trip Media dan Dive Operator Thailand itu adalah sPiyada Monmaneerat, Brian Patrick Abrook (keduanya dari Thailand Manta Project), Nat Sumanatemaya (Digitalay), Saruta Luangjame (Dive Me Crazy Diving Center). Suprapakorn Singjarean dan Piwat Nophiru (Dive Indeed) dan Somkid Yamalerd (The Public Broadcasting).

Selama kurang lebih 60 menit mereka menikmati surga bawah laut Castle Rock. Rombongan diving sangat beruntung sekali, karena pada saat melakukan penyelaman airnya sedang kencang. "Luar biasa sekali dan sangat indah. Airnya kencang sehingga banyak ikan besar yang datang saat kita menyelam," ungkap Oktafiano dengan senyum bahagianya.

Menurutnya, ikan-ikan yang berhasil ditemui antara lain hiu, napoleon, gt, ikan schooling. "Atraksinya ya kalau arusnya besar seperti ini. Teman-teman dari Thailan sangat terkesan sekali. Apalagi airnya juga sangat jernih," imbuhnya.

Apa yang disampaikan Oktafiano dibenarkan oleh Piyada Monmaeerrat dan Brian Patrick Abrook. "Airnya jernih dan kencang. Saat aku datang langsung dikerubuti banyak ikan," ungkap Piyada dengan nada bangga.

Piyada yang didampingi kekasihnya, Brian mengaku sudah melakukan diving di beberapa tempat di Indonesia. Menurutnya, Castle Rock memang berbeda. Terutama jenis ikannya yang sangat banyak sekali.

Peserta Diving Fam Trip dari Thailand benar terpesona dengan surga bawah laut di Labuan Bajo sehingga setelah melakukan diving di Castle Rock, mereka hanya beristirahat sekitar satu jam. Setelah itu mereka lembali melakukan diving di Crystal Rock dan Shotgun. Diving akhirnya selesai sekitar pukul 17.00 WITA.

Berwisata ke Gili Lawa berarti tidak hanya bisa menikmati wisata air saja. Jika mau mendaki bukit di Gili Lawa, dipastikan akan bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Beberapa pulau yang ada dikawasan Taman Nasional Komodo (TNK) seperti Pulau Komodo dan lainnya akan terlihat dengan jelas.

Jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh. Tapi karena medan terjal, paling tidak dibutuhkan 35 menit untuk sampai puncak bukit. Kalau kita mau datang lebih pagi, maka akan bisa menikmati momen matahari terbit. Kalau sore juga akan bisa menikmati indahnya momen matahari tenggelam.(adv/jpnn)


[Link to media]
Setelah Umbar Bobrok Marshanda, Egi John Minta Maaf-JPNN.com

CURHATAN hati Egi John tentang keburukan Marshanda di Instagram, rupanya tak banyak mendatangkan simpati netizen.

Alih-alih mengungkapkan fakta, bapak beranak satu ini justru di-bully karena dinilai lebay. Sebab, ada beberapa status Egi yang dihapus.

Menanggapi hal tersebut, pada postingan terbarunya Egi menyampaikan permintaan maaf.

Egi meminta maaf karena sudah terbawa emosi karena merasa sedih dan kecewa dengan perlakuan Marshanda.

“Mohon maaf jika semua perilaku saya tidak bijaksana dan memalukan karena saya memilih untuk emosi dan menjadi hitam (tidak menjadi putih suci atau berpura pura abu-abu). #peace #IdulAdha1437H," ucap Egi, Senin (12/9).(chi/jpnn/ps)

 


[Link to media]
Mekarnya Tren Busana Muslim di Australia-JPNN.com
Pameran ?Faith Fashion Fushion? di Canberra, akhir Mei 2016. (Foto: KOMPAS.com/Caroline Damanik)

Foto Mecca Laalaa Hadid terpampang di tengah ruangan National Archives of Australia di Canberra, ACT, Australia, tempat pameran bertajuk ?Faith Fashion Fushion? digelar sejak akhir Mei 2016.

Dalam foto itu, dia berdiri di atas pasir dengan busana renang tertutup atau biasa disebut burkini berwarna merah dan kuning, sementara sejumlah laki-laki dan perempuan berdiri berjejer di belakangnya dengan kostum sewarna.

Saat itu, bersama para remaja keturunan kulit putih, dan Timur Tengah, yang sebagian besar berprofesi sebagai penjaga pantai, Mecca sedang terlibat dalam kampanye ?On The Same Wave? yang dilakukan sebagai respons atas kerusuhan di Cronulla pada tahun 2005.

Mecca dipilih sebagai profil perempuan Muslim yang diangkat dalam pameran yang digelar dari akhir Mei hingga awal September lalu itu karena sosoknya yang inspiratif, baik sebagai pejuang kemanusiaan maupun sebagai perempuan Muslim.

Dari keterangan yang terpampang di pameran itu, Mecca dikenal sebagai Health Promotion Officer di Live Life Well @ Schools dan proyek Munch and Move, bagian dari program NSW Healthy Children Initiative.

?Dikenal karena jiwa petualangannya, Mecca menjadi perempuan muslim pertama yang terlatih sebagai petugas penjaga pantai pada tahun 2006 dan dalam prosesnya terlibat membangun pemahaman antara komunitas setelah kerusuhan Cronulla pada tahun 2005,? demikian tertulis.

busana dua.jpg Foto dan profil Mecca Laalaa Hadid dalam pameran bertajuk ?Faith Fashion Fushion?. (Foto: KOMPAS.com/Caroline Damanik)

Selama bertugas dan berkampanye, fotonya saat mengenakan burkini dimuat di berbagai media dan mencuri perhatian dunia. Di tengah profesinya yang biasanya didominasi para petugas dengan pakaian pantai ala bikini, dia menghidupi imannya dengan menggunakan pakaian renang yang santun.

Kurator Glynis Jones yang menggelar pameran ini mengatakan, burkini menjadi salah satu contoh kemajuan dalam tren busana Muslim, atau biasa disebut busana santun, yang sedang berkembang di Australia. Dari orang-orang seperti Mecca, Glynis lalu tertarik karena melihat bahwa ajaran agama berpengaruh pada aspek kehidupan perempuan Muslim, termasuk soal berbusana.

Dia lalu melihat dan mengenal banyak desainer yang mulai mendesain untuk para perempuan Muslim meski karya-karyanya belum mudah ditemukan di pusat perbelanjaan.

?Salah satu tren fesyen yang sedang berkembang pesat di Australia adalah tren busana santun. Saya mengenal banyak wanita Muslim di Australia tapi tidak banyak menemukan pakaian untuk mereka (perempuan Muslim) di toko. Jadi ini tempatnya bagi mereka,? ungkap Glynis.

Dia mengatakan, ketika mengumpulkan hasil karya para desainer itu, dirinya takjub karena cakupannya luas, mulai dari pakaian yang kasual, funky, gaun malam, hingga busana kerja.

busana tiga.jpg Glynis Jones, kurator pameran ?Faith Fashion Fushion?. (Foto: KOMPAS.com/Caroline Damanik)

Glynis pun tersadar bahwa para desainer ini adalah potensi yang besar dan karya-karyanya bakal diterima oleh pasar dunia. Lagipula, menurut dia, dalam perkembangannya, tren busana santun tidak hanya menyasar perempuan Muslim, tetapi juga perempuan dari kepercayaan lain yang ingin leluasa bergerak di pantai atau kolam renang.

Meski cakupannya masih belum luas, lanjut Glynis, tetapi sudah ada kelompok desainer di Sydney dan Melbourne yang sukses menjalankan bisnis busana santun, terutama melalui online. Menurut dia, penjualan pada desainer ini meningkat dengan sukses pada beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Glynis menilai, gayung pun bersambut. Pemerintah Australia menunjukkan dukungan kepada para desainer dan bisnis fesyen ini karena tidak hanya terkait dengan hitungan angka penjualan tetapi juga semangat toleransi di Australia.

"Saya pikir pemerintah Australia telah melihat pentingnya industri fesyen (busana santun) ini di Australia. Saya bisa melihatnya sebagai potensi karena ini menyasar pasar global. Pemerintah Australia telah mendukung sejumlah perancang busana Muslim untuk memamerkan karya mereka di luar negeri, seperti di Indonesia,? ungkapnya.

Selain Mecca, ada pula profil perempuan lain yang diangkat dalam pameran ini, seperti Susan Carland, dosen di Monash University, serta Amna Karra-Hassan dan Lael Kassem, pemain perempuan di klub profesional football di Australia.

Dalam pameran ini juga ditampilkan profil Delina Darusman-Gala. Delina dikenal sebagai fashion blogger Muslim pertama di Australia yang juga sukses menjalankan bisnis fesyen secara online.

busana satu.jpg Pameran bertajuk ?Faith Fashion Fushion? yang mengusung tren busana santun untuk perempuan Muslim di National Archives of Australia di Canberra, ACT, Australia, pada akhir Mei 2016. (Foto: KOMPAS.com/Caroline Damanik)

Dalam postingannya di media sosial, dia kerap memberikan inspirasi dan tips untuk memadumadankan busana dan aksesori tetapi tetap terlihat santun sebagai perempuan Muslim. Dari aktivitasnya itu, Delina berhasil membangun komunitas fesyen online untuk kalangan perempuan Muslim.

Berbagai profil perempuan Muslim di Australia dan busana santun karya para desainer yang dipajang di pameran ini meraih perhatian para pengunjung, termasuk para wisatawan asal Indonesia.

"Ini satu hal yang menurut saya luar biasa ya apalagi buat generasi-generasi di bawah saya lah ya yang mereka masih kelihatan takut ada rasialis mengenai jilbab (di Australia). Anak saya sempat takut. Tapi begitu dijelaskan di sini keberagaman agama di sini bagus, jadi enggak usah khawatir menggunakan jilbab dan ini harus terus digalakkan,? kata Nita Gilik, warga BSD.

Menurut Nita, seseorang yang berbusana santun bukan berarti tidak bisa modis. Dengan tetap berpegang pada aturan agama, padu padan bisa membuat perempuan muslim juga tampak modis.

?Jangan sampai membentuk terlalu ketat untuk remaja. Berpakaian Muslim masih bisa modis, bisa menampilkan yang beda, tetapi tetap sesuai dengan kaidah yang diajarkan,? tutupnya.

Sementara itu, Laura Anderson, Chairman of the Melbourne Fashion Festival, menambahkan bahwa budaya multikulural sangat memengaruhi tren fesyen di Australia belakangan ini, termasuk dari negara-negara Asia Tenggara dan Timur Tengah. Ini disebabkan makin tingginya permintaan konsumen yang memang membutuhkan busana-busana santun.

?Perpaduan fussion of culture, gaya hidup dan sejarah dituangkan dalam tekstil modern,? ungkapnya saat ditemui di Melbourne, awal Juni 2016.

Lihat Artikelnya di Australia Plus


[Link to media]
Jaring Calon Emiten, BEI Rela Door to Door-JPNN.com

SURABAYA – Bursa Efek Indonesia menjadikan pusat informasi go public (PIGP) untuk mengedukasi perusahaan-perusahaan tertutup agar memperdagangkan efek di lantai bursa.

PIGP mempertemukan calon emiten dengan BEI. Yakni, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Perusahaan dapat berkonsultasi dengan penjamin emisi (underwriter), notaris, dan lain-lain tentang penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Calon emiten bisa berkomunikasi via video conference dengan pihak-pihak tersebut. PIGP diresmikan di berbagai kota, yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Medan.

PIGP diharapkan mempermudah proses IPO perusahaan di daerah karena komunikasi dengan regulator bisa dilakukan tanpa perlu bolak-balik ke Jakarta.

”Sejak diresmikan, PIGP menerima banyak konsultasi dari perusahaan-perusahaan tertutup. Ada yang hanya bertanya-tanya. Ada juga yang proses menjadi perusahaan terbuka,” kata Head of Information and Education PT BEI Area 2 Nur Harjantie kemarin (12/9).

Tidak semua yang ke PIGP merupakan perusahaan yang menjadi emiten dalam waktu dekat. Sebaliknya, banyak perusahaan tertutup yang belum memenuhi syarat untuk menjadi emiten, tapi sangat berminat listing di bursa.

Menurut Nunung, sapaan akrab Nur Harjantie, banyak faktor yang mengakibatkan perusahaan itu ingin menjadi perusahaan terbuka.

”Salah satunya butuh sumber pendanaan jangka panjang. Kalau masuk bursa, kan mereka memang bertujuan mencari alternatif pendanaan daripada terus bergantung pada pendanaan bersifat utang yang cenderung untuk jangka pendek,” tuturnya.

BEI aktif mendatangi perusahaan tertutup untuk edukasi dan konsultasi tentang menjadi perusahaan terbuka. Sebagian besar perusahaan yang didatangi merupakan perusahaan besar yang mampu untuk IPO.

”Kami door-to-door. Kalau tidak begitu, pikiran mereka (perusahaan tertutup, Red) tidak kunjung terbuka untuk listing,” ucapnya.

Saat ini emiten di wilayah timur dan tengah Indonesia mencapai 37 perusahaan. Sementara itu, secara nasional, emiten baru berjumlah 531 perusahaan.

BEI mencatat, sepanjang tahun berjalan, jumlah emiten baru secara nasional mencapai sepuluh perusahaan. Sementara itu, target emiten baru tahun ini direvisi dari 35 menjadi 25 perusahaan. (rin/c5/noe/jos/jpnn)


[Link to media]
Kronologis Ambruknya Jembatan Gantung, Ratusan Warga Tercebur ke Sungai-JPNN.com

AIR NIPIS – Air Nipis di Desa Lubuk Langkap Bengkulu Selatan (BS) merupakan obyek wisata yang belakangan selalu ramai dikunjungi warga.

Begitu pun kemarin sekitar pukul 12.00 WIB. Usai  menunaikan ibadah salat Idul Adha, warga ramai mengunjungi obyek wisata tersebut. 

Namun, tidak semua pengunjng mandi ke bendungan itu. 

Sebagian ada yang berdiri dan duduk-duduk di jembatan gantung yang melintas di atas sungai Air Nipis. 

Akibatnya jembatan gantung yang lebarnya 1 meter panjangnya sekitar 80  meter itu tidak mampu menahan beban pengunjung.

Sekitar pukul 14.00 WIB jembatan tersebut roboh. Ratusan orang di atas jembatan itu ikut terjun ke sungai dan menyebabkan mereka mengalami luka lecet. 

"Jembatan gantung itu roboh karena pengunjung terlalu ramai naik ke atasnya, mungkin ada seratus lebih orang berada di atas jembatan. Akibatnya tiang penyangga bagian sisi kiri jembatan roboh dan seluruh warga tercebur ke sungai," ujar Wadimin (41), Warga Desa Babatan, Seginim salah satu pengunjung bendungan lubuk langkap kepada Bengkulu Ekspres (Jawa Pos Group).

Saat kejadian, pengunjung bendungan Lubuk Langkap sedang ramai, bahkan diperkirakannya ribuan orang. Lalu sebagian naik ke atas jembatan sambil melihat warga sedang mandi. Bahkan sebagian ada yang selfie sebagai kenang-kenangan. 

Bersamaan dengan jembatan roboh, seluruh warga yang ada di atas jembatan itu ikut terjun ke sungai.  

"Beruntung ketinggian jembatan dari sungai hanya 6 meter. Mereka hanya mengalami luka lecet yang disebabkan tergores oleh tali jembatan dan juga kena batu di bawah jembatan," ujarnya.

Yayan (19) salah satu warga Kota Manna yang menjadi korban jembatan roboh di Lubuk Langkap menceritakan, saat itu dirinya bersama teman-temannya jalan-jalan ke bendungan lubuk langkap.  

Saat itu banyak warga yang sedang mandi di bendungan, dirinya naik ke atas jembatan, sehingga bisa dengan leluasa melihat di sekitar lokasi. 

Hanya saja, ketika asyik di atas jembatan, tiba-tiba tanpa diketahui, jembatan bergerak turun dan akhirnya dirinya ikut tercebur ke sungai.

“Kami semua ikut tercebur ke sungai, saya hanya mengalami luka lecet pada kaki, handphone saya rusak akibat ikut tercebur ke sungai," ujarnya. 

Kapolsek Seginim, AKP Thabroni SH menjelaskan, ambruknya jembatan gantung tersebut, lantaran tidak mampu menahan beratnya beban di atasnya. 

Sebab jembatan itu hanya mampu menahan beban seberat 3 ton, Sedangkan saat itu warga yang berdiri diatas jembatan lebih dari 300 orang. 

Dijelaskannya, saat itu turun hujan, kemudian warga khawatir sungai air Nipis akan banjir, sehingga sebagian warga naik ke atas jembatan.  

Akibat dari jembatan ambruk tersebut, menyebabkan 10 orang sempat dirawat di puskesmas Seginim. 

Sedangkan ratusan lainnya tidak dirawat sebab hanya mengalami luka memar akibat terbentur dengan warga lainnya. (369/sam/jpnn) 

 

 


[Link to media]
Syukurlah, Tidak Ada Wabah Kaki Gajah-JPNN.com

BANJARBARU – Kota Banjarbaru masih aman dari wabah kaki gajah. Setidaknya penyakit menular tersebut tidak pernah ditemukan lagi dalam tiga tahun terakhir.

“Untuk Banjarbaru masih aman, tidak ada kaki gajah,” terang Kepala Seksi Pengendalian Pemberantasan Penyakit pada Dinkes Banjarbaru Maulidah di laman Banjarmasin Post, Senin (12/9)/

Ia mengakui, memang saat ini penyakit yang ditularkan melalui nyamuk itu sedang menghebohkan dunia kesehatan di Kalimantan Selatan. Pasalnya, sejumlah daerah sedang dalam pengobatan masal bagi masyarakat.

Di antaranya di Batola, Kotabaru, Tapin dan Balangan. “Daerah-daerah itu yang saat ini sedang melakukan pengobatan,” terangnya.

Dia menjelaskan, pola pengobatan sebagai kewaspadaan penularan kaki gajah tersebut dilakukan dengan sistem perbandingan antara penderita dengan jumlah warga sekitarnya.

Informasi yang didapatkan, pemberian obat kepada warga sekitar tersebut untuk menghindari adanya infeksi yang disebabkan cacing filaria. Hewan itu bertahan hidup dalam tubuh manusia setelah dibawa nyamuk dengan menyebarkan larvanya saat menggigit.

Penyakit kaki gajah bersifat menahun jika kronis. Bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin.

Baik perempuan maupun laki-laki. Meski tidak tergolong mematikan, namun bagi penderita akan merasa memalukan, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. (ibn/jos/jpn)


[Link to media]
Diam-diam Jenderal Tito Karnavian Pulang Kampung-JPNN.com

PALEMBANG – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian merayakan Iduladha di kampung halamannya, Palembang, Sumsel. 

Di tiba di kota pempek ini, pada Minggu (11/9) sekitar pukul 19.30 WIB, Tito  ditemani istri tercinta Tri Suswanti dan anak bungsunya Oktofan Tito.

Kepulangan Jenderal kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 itu terkesan diam-diam. Tidak ada pengawalan khusus bagi anak kedua pasangan H Achmad Saleh dan Hj Kordiah tersebut. Minimnya pengawalan atas permintaan Tito sendiri. 

Bahkan, tidak banyak pejabat Polda Sumsel yang tahu saat Tito dan istri datang ke Masjid Assa'adah Mapolda Sumsel untuk salat Ied pukul 06.45 WIB. 

"Saya baru tahu selang 3 menit sebelum kedatangan Kapolri dan istri untuk shalat Ied," kata salah satu aparat polisi di Mapolda Sumsel. 

Saat itu, Tito duduk di barisan depan. Dia didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo. Tampak juga sahabat karib Tito, pengusah Kemas Umar Halim ikut menemaninya. 

Sementara istrinya, Tri Suswanti didampingi istri Kapolda Sumsel, Rika Djoko Prastowo. 

Mereka sama-sama membaur bersama para jemaah. Mereka shalat Ied sekaligus mendengarkan khutbah Idul Adha yang disampaikan khotib Hidayatullah, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. 

“Kedatangan Kapolri ke Palembang untuk silaturahmi, sekaligus memantau situasi Mapolda Sumsel. Beliau juga berikan motivasi kepada para anggota saat menjalankan tugas,” kata Djoko. 

Di Palembang, Tito menyumbang dua sapi kurban jenis Madura warna hitam. Masing-masing satu di masjid Mapolda Sumsel dan satu lagi di masjid Al Washliah, sekitar 50 meter dari rumah kediaman ayah-nya di Jalan Sambu Nomor 36 Palembang. 

Dari Mapolda sekitar pukul 08.15 WIB, Tito dan istri bergerak ke RS Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. 

Di RSMH, Tito kembali menjenguk ayahnya yang terbaring sakit sejak sepekan terakhir. (vis/win/wly/yun/sam/jpnn)


[Link to media]
Mahasiswa Hendak Bertemu Pacar, ngapain Bawa Senpi?-JPNN.com

PALEMBANG – Riki (22), mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Lampung, ditangkap anggota Polsek Ilir Barat (IB) I, Palembang. 

Niat hatinya ke Palembang untuk liburan dan bertemu pacar. Namun karena kedapatan membawa senjata api (senpi), dia berurusan dengan polisi.

Penangkapan warga Kecamatan Muara Dua OKU itu pada Minggu (11/9). 

Menurut Riki, dia datang ke Palembang dan menginap di indekos di wilayah Kecamatan IB I bersama tiga temannya. 

“Aku datang liburan, sambil mau ketemu pacar,” ucapnya.

Tak disangka, dia disambangi polisi. Pengakuannya, senpi itu dibelinya dari sang kakak ipar seharga Rp2 juta. “Tidak pernah aku pakai untuk berbuat jahat,” cetusnya.

Kapolsek IB I, AKP Handoko Sanjaya mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat kalau ada penghuni indekos yang memiliki senpi. 

“Saat digerebek dan diperiksa, kami memang temukan sepucuk senpi rakitan di balik pinggangnya dengan empat amunisi,” jelas Kapolsek. 

Bersama ketiga temannya, dia pun dibawa ke Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan. (wly/ce1/sam/jpnn)


[Link to media]
Dibedaki, Disisir, Direbahkan...Darah Segar Mengalir-JPNN.com

DI Masjid Nurul Huda, kawasan Purusbaru, Kecamatan Padang Barat. Kota Padang, Sumba, hewan kurban dibedaki dan rambutnya disisir sebelum disembelih. Seperti apa? 

Syawal—Purusbaru

Pagi itu halaman Masjid Nurul Huda yang terletak di Jalan Durian No 5 RT 2 RW 7, Purusbaru, Kecamatan Padang Barat,  terlihat ramai. 

Rintik hujan tidak menyurutkan niat warga untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Halaman masjid dipenuhi sapi kurban.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak serta balita juga turut menyaksikan pemotongan hewan kurban. 

Seorang balita menangis saat seekor hewan kurban mengeluarkan suara lenguhan yang keras saat panitia menarik talinya. 

Sebelum sapi kurban disembelih, seorang wanita tua terlihat menyiram sapi tersebut dengan air bunga dan membedakinya. 

Kemudian menyisir bulu-bulu (rambutnya) yang berada di kepala hingga ke leher sapi kurban tersebut.  

Setelah selesai prosesi itu, wanita tua itu menjauh dari hewan tersebut dan panitia kurban mulai mendekati dan mengikat keempat kaki hewan kurban sembari direbahkan di halaman masjid tersebut.

Diiringi takbir oleh imam masjid, tukang potong mulai menggosokkan golok tajamnya ke leher sapi.

Tidak lama berselang, darah segar mulai keluar dari leher sapi hingga membasahi halaman masjid. Sapi tidak bergerak lagi. 

Imam Masjid Nurul Huda, Bainullah Tuanku Elok, 51, menuturkan, prosesi penyembelihan seperti itu merupakan tradisi jamaah Syatariah. 

Penyembelihan hewan kurban merupakan tradisi dari Nabi Ibrahim. Sebelum penyembelihan, sapi disiram dulu dengan air limau dicampur ramuan lainnya, lalu dibedaki dan disisir, itu meniru sejarah Nabi Ismail. 

Sebab sebelum Nabi Ibrahim akan menyembelih Nabi Ismail, Nabi Ismail dimandikan dulu kemudian dibedaki.

“Hakekatnya sebelum sapi disembelih dibersihkan dulu, sebab sapi itu juga makhluk yang mempunyai nafsu dan amarah, sehingga hewan tersebut rela untuk dikurbankan,” katanya.

Limau untuk memandikan sapi tersebut terdiri dari limau purut dan daun sitawa-sidingin (ramuan obat tradisional, red). 

“Sapi lalu disisir bulu-bulunya atau rambutnya hingga leher dan badannya juga syariat saat Nabi Ismail akan disembelih oleh ayahnya Ibrahim,” katanya.

Pemotongan hewan kurban dengan cara itu sudah tradisi setiap tahunnya. “Tahun ini kurban di Masjid Nurul Huda ada 7 ekor sapi. Alhamdulillah meningkat dari tahun lalu sebanyak 5 ekor, sedangkan kupon yang disebar sebanyak 120 kupon untuk warga setempat dan juga jamaah Syatariah sendiri,” sebutnya.

Dia menuturkan, jamaah Syatariah di Kota Padang berjumlah lebih kurang 500 orang yang tersebar di beberapa titik di Kota Padang seperti di Kuranji, Purusbaru dan lainnya.

Adi, 25, warga setempat mengaku, tradisi menyembelih hewan kurban dibedaki dan disisir rambutnya ini sudah lama di lakukan di kawasan itu. 

“Sudah lama menjadi tradisi, sejak saya belum lahir tradisi tersebut sudah ada. Sapi yang akan dikurbankan dibedaki dan disisir serta disiram dengan air bunga,“ katanya.   

Veronica, 22, mahasiswa di Padang menuturkan, tradisi penyembelihan hewan kurban dengan cara dibedaki dan disiram dengan air bunga bisa diangkat menjadi wisata religi. 

Karena itu merupakan tradisi dari jamaah Syatariah yang telah dilakukan sejak lama. (***/sam/jpnn)


[Link to media]
Tamunya Kiai Hambali Mayoritas ABG Berpakaian Seksi-JPNN.com

DUKUHTURI – Polisi telah menangkap Sisyanto alias Kiai Hambali beberapa hari lalu. Sejumlah warga di sekitar kediaman Sis menyampaikan kesaksiannya.

Salah satunya Tasripin, 52, warga di Desa Grogol, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. 

Dia cerita, pasien yang datang ke rumah Sisyanto mayoritas anak baru gede (ABG) putri dengan mengenakan pakaian seksi. 

"Tamu yang datang ke rumah Sisyanto kebanyakan ABG yang usianya masih belasan tahun," tutur Tasripin, 52, warga RT 6 RW 2 Desa Grogol, kemarin.

Menurut Tasripin, para tamu itu sepertinya tidak mengaji. Mereka hanya sekadar berbincang-bincang dengan Sisyanto dan tamu lainnya. 

Sejauh ini, Tasripin mengaku belum pernah melihat perkumpulan yang dipimpin oleh Panglima Cirebon itu menggelar pengajian. 

Tasripin menduga, Sisyanto justru membuka praktik perdukunan.

"Sejak awal warga memang sudah menolak adanya praktik perdukunan itu. Tapi warga tidak ada aksi apapun," ungkapnya.

Setelah warga merasa resah, lanjut Tasripin, akhirnya warga melaporkan perkumpulan itu kepada ketua RT dan RW. 

Kala itu, Sisyanto mendapat teguran tegas dari ketua RT, RW, dan pemerintah desa. 

"Walaupun sudah ditegur, tapi Sisyanto tetap menerima tamu. Bahkan, tamunya semakin banyak. Warga juga semakin resah dengan ulah Sisyanto," tuturnya.

Warga lainnya, Sopan, mengaku terganggu dengan kebisingan tamu Sisyanto yang jumlahnya cukup banyak. 

Setiap bertamu, mereka tidak mencirikan sebagai jamaah pengajian. Mereka justru mengenakan pakaian seksi dan ber-makeup tebal. 

"Kalau tamunya pada datang, saya langsung menutup pintu rumah saya. Supaya tidak bising. Bahkan, saya menutup ventilasi rumah saya," tuturnya.

Sopan menuturkan, Sisyanto cenderung tertutup. Selain tidak pernah bergaul dengan tetangga, Sisyanto yang dikenal sebagai Kiai Hambali itu juga jarang mengikuti kegiatan kerja bakti yang diselenggarakan RT setempat. 

"Kalau ada orang meninggal dunia, dan walimahan, dia (Sisyanto) tidak pernah hadir," tukasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Sisyanto alias Kyai Hambali alias Panglima Cirebon akhirnya diamankan jajaran Polres Tegal lantaran diduga memberikan ajaran sesat kepada anggotanya, Selasa (6/9) petang. 

Saat diamankan polisi, Sisyanto yang bertempat tinggal di RT 5 RW 2 Desa Grogol, Kecamatan Dukuhturi, tidak memberikan perlawanan. (yer/sam/jpnn)


[Link to media]
Koalisi PDIP-PKB Sudah Tetapkan Pasangan Calon-JPNN.com

MUAROJAMBI – PDIP berkoalisi dengan PKB, mengusung pasangan Agustian Mahir – Suswiyanto sebagao bakal calon bupati-wakil bupati Muarojambi pada pilkada 2017 mendatang.

Zulkifli, anggota tim sukses sekaligus ajudan Agustian Mahir saat dihubungi membenarkan hal itu. ”Iya positif tu, Pak Agus pasangan dengan Suswiyanto,” ujar Zul.

Masih dikatakan Zul, untuk saat ini Agustian Mahir masih beristirahat di Jakarta setelah selesai mengikuti pendidikan partai PDIP. 

Terpisah, salah satu tim sukses Agustian Mahir Muslim saat dikonfirmasi pun membenarkan hal tersebut. 

”Benar, itu sudah positif deal Agustian dengan Suswiyanto,” tegas Muslim.

Muslim mengatakan, dalam waktu dekat pasangan ini akan melakukan deklarasi pencalonan. ”Kita agendakan deklarasi sekitar tanggal 20 September,” ujarnya singkat.

Ditanya mengenai nama-nama partai pengusung, Muslim belum dapat berbicara banyak. 

Dirinya hanya mengatakan akan mengumumkan partai pengusung Agustian Mahir-Suswiyanto dalam waktu dekat ini. ”Kalau partai tunggu tanggal mainya saja,” ujarnya lagi. 

Dengan komposisi ini, maka pilkada Muarojambi diprediksi berlangsung sengit. 

Selain Agustian-Suswiyanto, pasangan yang sudah resmi yakni Ivan Wirata dan Dodi Sularso. 

Kemudian duet Masnah Busro–Bambang Bayu Suseno (BBS) akan diusung koalisi Demokrat dan PAN. (ano/mui/sam/jpnn)


[Link to media]
Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Selasa Dini Hari-JPNN.com

JAKARTA - Korps Lalu Lintas Polri terus memantau perkembangan arus balik ke Jakarta pada musim liburan Iduladha. Berdasarkan pantauan terakhir, Senin (12/9) malam, jumlah kendaraan yang melewati gerbang Tol Cikarang Utama sebagai pintu masuk ke Jakarta belum mencapai 50.000 unit.

"Di Cikarang Utama memang mengantre, tapi tidak sampai satu kilometer saya kira hanya 300 meter saja," kata Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat.

Ia memprediksi gelombang besar kendaraan yang menuju Jakarta masih dalam perjalanan. Karenanya Agung terus memantau Gerbang Tol Cikarang Utama.

Agung juga mengatakan, bila kepadatan di gerbang tol mengular hingga lima kilometer maka tol langsung digratiskan untuk melancarkan arus. "Tapi saya prediksi tidak sampai lima kilometer karena gate tol buka semua,” katanya.

Dalam perkiraan Korlantas, puncak arus balik akan terjadi pada Selasa (13/9) dini hari sekitar pukul 00.00 hingga 01.00. “Kita tunggu 2-3 jam ke depan. Puncak arus balik bisa sampai tengah 12 hingga jam satu dini hari," sambung dia.

Agung menambahkan, larangan truk masuk sudah tidak diberlakukan. Tapi hal itu tergantung dari dinas perhubungan daerah masing-masing.

"Kalau ada muatan lebih dari dua sumbu bila dirasa mengganggu akan dilarang. Tapi saya sudah koordinasi dengan dinas perhubungan setempat sementara diberhentikan saja, itu bukan kewenangan kami, tapi kalau enggak mengganggu ya silahkan saja," ucapnya.(elf/JPG)


[Link to media]
Ssttt.... Apple Juga Siapkan Mobil Listrik Self-Driving-JPNN.com

APPLE Inc tidak hanya disibukkan dengan membuat gadget unggulan seperti iPhone, iPad, MasBook atau yang Apple Watch. Kini, perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu juga sedang merintis proyek otomotif.

Laman Ubergizmo yang mengutip New York Times mengabarkan, Apple sedang merancang mobil self-driving melalui sebuah proyek bernama Titan. Namun, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu sudah memiliki purwarupanya.

Hanya saja, Apple masih merahasikan kecanggihan teknologi pada mobil listrik buatannya. Petinggi Apple, Tim Cook pada awal tahun ini bahkan sudah mengisyaratkan bahwa mobil itu akan mengundang rasa penarasan.

“Anda ingat saat kecil, dan malam Natal begitu menarik, kamu tak yakin apa yang akan muncul (hadiah Natal, red)? Baik, ini akan menjadi malam Natal untuk sementara waktu,” katanya.

Tapi Apple bukanlah raksasa teknologi pertama yang mengembangkan mobil listrik self-driving. Namun, fokus Google adalah pada pembuatan piranti lunak agar mobil listrik self-driving berfungsi baik.

Sebelumnya ada pula Tesla Motors yang dikenal sebagai produsen mobil-mobil listrik. Namun, produk Tesla yang memiliki fitur self-driving sedang mendapat pengawasan ketat seiring kecelakaan fatal dalam beberapa bulan terakhir ini.(nytimes/mg5/ara/jpnn)

 


[Link to media]
Terjaring Satpol PP, Bule Pengemis Tunjukkan Tiket Online untuk Pulang-JPNN.com

SURABAYA —Aparat Pemerintah Kota Surabaya merasa tak perlu mengistimewakan Benjamin Holst, warga negara Jerman yang terjaring satuan polisi pamong praja (Satpol PP) karena mengemis di Jalan Kayoon, Minggu (11/9). Kini, pria 27 tahun itu ditempatkan di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputuh.

Kepala UPTD Liponsos Keputih Erni Lutfiyah mengatakan, mulanya Benjamin sempat bertanya mengapa tidak dioper ke imigrasi. Namun, Erni mengatakan ke Benjamin bahwa bule yang sempat ketahuan mengemis di Bali itu diperlakukan sama dengan warga Indonesia lainnya yang terjaring Satpol PP Surabaya.

''Sebab kamu itu meminta-minta di jalan. Aturan di negara kami seperti itu, kamu termasuk PMKS (penyadang masalah kesejahteraan sosial, red),’’ kata Erni sebagaimana diberitakan JawaPos.Com.

Benjamin, kata Erni, sempat berkilah bahwa ia terpaksa meminta-minta karena butuh uang untuk ke Jakarta. Benjamin bahkan sempat menunjukkan tiket online dalam telepon genggamnya sebagai bukti untuk kepulangannya ke Jerman.

Dalam tiket itu tertulis bahwa Benjamin akan balik ke Jerman pada 19 September mendatang. Hanya saja, ia balik menggunakan pesawat dari Jakarta.(gun/jpg/ara/jpnn)


[Link to media]
Walah..Elektabilitas Bupati Bombana Kalah dari Wakilnya-JPNN.com

JAKARTA --  Lembaga Kajian Pemilu Indonesia merilis hasil survei terkait peta politik jelang Pilkada di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara 2017. Hasil survei menunjukan elektabilitas Wakil Bupati Bombana, Masyhura Ilah Ladamay mengalahkan Bupati Bombana Tafdil. 

"Masyura Ilah meraih elektabilitas 36,2 persen. Sedangkan Tafdil hanya 29,3 persen," kata Direktur Eksekutif LKPI Khairul Affan dalam siaran persnya, Senin (12/9). 

Ia menjelaskan, posisi berikutnya ada mantan Bupati Bombana Atiekurahman 5,2 persen. Kemudian tokoh lainnya yakni Karsa Jaru Munada 7,2 persen, Ahmad Mujahid 3,2 persen, Sahrun Gaus 2,3 persen, Andi Firman 2,2 persen, Burhanuddin 2,2 persen,  Syafruddin 1,9 persen dan Abdul Jalil 1,8 persen. Sedangkan 8,5 persen masyarakat Bombana belum menentukan pilihan. 

Khairul menjelaskan, kalahnya elektabilitas Tafdil dari wakilnya,  besar kemungkinan terkait rencana pemanggilan sang bupatin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu juga karena Tafdil yang berstatus terperiksa Polda Sultra terkait kasus dugaan  gratifikasi Rp 12 miliar dalam penerimaan CPNS K1 dan K2. 

Menurut Khairul,  meningkatnya elektabilitas Masyhura Ilah Ladamay karena sudah sangat dikenal oleh masyarakat Bombana sebagai wabup. Menurud dia pula, Masyhura Ilah Ladamay juga dianggap sebagai wabup yang mewakili kaum perempuan yang dianggap bersih dari KKN.  
Masyhura Ilah juga unggul di tingkat akseptabilitas yakni 40,2 persen. Sedangkan Tafdil hanya 32,8 persen.

Karsa 11,6 persen, Atiekurahmah 7,2 persen, Ahmad Mujahid 2,1 persen, Sahrun 2,0 persen, Andi Firman 1,4 persen, Burhanuddin 1,0 persen, Abdul Jalil 0,8 persen serta Syafeuddin 0,5 persen. 

Masyhura juga unggul di tingkat kapabilitas yakni 45,1 persen, Tafdil hanya 30,2 persen. Menurut Khairul, tingginya kapabilitas Masyhura  karena masyarakat menganggapnya lebih bisa mendekati rakyat Bombana untuk berusaha memecahkan berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. 

Sedangkan tingkat kapabilitas tokoh lain yakni Atiekurahman 10,5 persen, Karsa 5,4 persen, Ahmad Mujahid 3,1 persen, Andi Firman 1,6 persen, Sahrun Gaus 1,4 persen, Burhanuddin 1,1 persen, Syafruddin 0,8 persen, Abdul Jalil 0,8 persen.

Sementara, untuk tingkat popularitas Tafdil meraih 89,7 persen, disusul Masyhura 89,5 persen, Atiekurahman 69,2 persen. 
Karsa Jaru 48,7 persen, Ahmad Mujahid 43,6 persen, Andi Firman 41,7 persen, Sahrun Gaus 41,4 persen, Burhanudin 39,1 persen, Syafruddin 30,8 persen serta Abdul Jalil 20,1 persen.

Survei digelar 18-27 Agustus 2016 di 323 titik lokasi tempat pemungutan suara di 22 kecamatan, Bombana yang  sebelumnya digunakan untuk pemilihan presiden  2014. 

Pemotretan dilakukan melalui jajak pendapat kepada calon pemilih di lokasi tersebut. Jumlah responden sebanyak 1.212 penduduk Bombana yang memiliki hak pilih dari jumlah DPT sebesar 107.444 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap saat Pilpres 2014 lalu. 

Adapun metode yang digunakan yakni multi stage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen serta tingkat margin of error kurang lebih 2,8 persen. (boy/jpnn)


[Link to media]
Rieke: Pernyataan Jokowi Soal Eksekusi Mary Jane Tak Perlu Diributkan-JPNN.com

JAKARTA - Pernyataan Presiden Joko Widodo soal restu Presiden Filipina Rodrigo Duterte terhadap eksekusi mati terpidana narkotika Mary Jane kini menimbulkan polemik. Pasalnya, juru bicara pemerintah Filipina Ernesto Abella mengatakan ke media nasional dan internasional di negaranya bahwa Duterte tidak pernah menyampaikan seperti yang dikatakan Jokowi kepada wartawan di Banten, Senin (12/9).

Menanggapi hal ini, Anggota Timwas TKI DPR Rieke Diah Pitaloka meminta polemik tersebut tidak perlu dilanjutkan. Apalagi sekarang momentum Iduladha.

"Sebaiknya kita hentikan sejenak pernyataan siapa yang benar, Jokowi atau Duterte terkait vonis mati Mary Jane. Iduladha mengajarkan kita sesekali berperspektif kurban," kata Rieke melalui pesan singkat, Senin malam.

Politikus PDI Perjuangan itu justru mengajak semua pihak untuk berjuang bersama mengungkap seutuhnya dan setransparan mungkin siapa korban dan siapa pelaku dalam kasus Mary Jane. Juga kasus-kasus serupa yang menimpa buruh migran dari negara mana dan di negara mana pun.

"Ini bukan lagi soal pemimpin dua negara, tapi soal perlawanan dunia terhadap kejahatan narkotika, sekaligus perjuangan dunia untuk menyelamatkan siapa pun yang menjadi korban sindikat kejahatan narkotika," tegasnya.

Ia juga berharap pengadilan di negara mana pun tidak terburu-buru menjatuhkan vonis mati terhadap mereka yang terindikasi kuat hanya sebagai korban sindikat peredaran naskotika.

"Saya percaya Iduladha tahun ini mengingatkan kita semua untuk tetap berkhidmat dan mau berkorban memperjuangkan kebenaran, keadilan dan kemanusiaan," pungkas Rieke.(fat/jpnn)


[Link to media]
Tak Sampai 5 Km, Puncak Arus Balik Diprediksi Sampai Tengah Malam-JPNN.com

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto meninjau langsung arus balik Iduladha, Senin (12/9) malam.

Agung memprediksi bahwa puncak arus balik terjadi pukul 22.00-02.00 WIB.

"Puncak arus balik bisa sampai tengah malam," ujar Agung saat dikonfirmasi.

Namun, pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas, jika terjadi kepadatan.

Seperti membuka seluruh pintu tol, mengratiskan pintu tol, dan menyetop kendaraan besar untuk disimpan dalam kantong-kantong parkir yang tersedia.

‎‎"Saya prediksi nanti tidak sampai lima kilometer karena gate tol terbuka semua. Kita tunggu dua sampai tiga jam ke depan," pungkas Agung.(Mg4/chi/jpnn)


[Link to media]
Tinjau Arus Balik, Kakorlantas: Semua Lali‎n Masih Kondusif-JPNN.com

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto meninjau langsung arus balik Iduladha.

Di beberapa ruas tol masuk DKI Jakarta, berdasarkan pantauannya, situasi lalu lintas terpantau kondusif.

"Saya informasikan secara umum, untuk wilayah selatan, saya kontrol ke sana, saya cek antrean padat tetapi tetap berjalan. Mulai dari Tasikmalaya arah Bandung sekarang satu arah," kata Agung saat dikonfirmasi, Senin (12/9).

Sementara itu, untuk lalin di Brebes Timur, yang sempat dikhawatirkan terjadi kepadatan, malah terpantau ramai lancar. Dia mengatakan, sepanjang jalur Brebes Timur ke Pejagan tidak ada antrean yang berarti.

"Malah lebih panjang ini di GT Cikarang Utama 3 panjang 200 meter," tambahnya.

Kepadatan juga terpantau di Tol Cipali Km 66. Sebab, kata Agung, tol tersebut menjadi pertemuan dua jalur, yakni Tol Cipali dengan Cipularang. Agung menyebutkan, imigrasi kendaraan yang paling banyak terpantau dari daerah‎ Bandung.

‎"Jadi sekarang agak padat di Km 66 sampai di Km 69. Di rest area km 62 juga padat tapi tetap berjalan," jelas dia.(mg4/jpnn)

 


[Link to media]
Makna IdulAdha Bagi Alyssa Soebandono-JPNN.com

PERAYAAN IdulAdha memberikan makna tersendiri bagi setiap muslim, termasuk artis cantik Alyssa Soebandono.

Menurut Alyssa, berkurban mengajarkan dua hal. Pertama, mengajarkan untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberikan selama ini.

"Berkurban bukan hanya mengajarkan kita bersyukur atas segala nikmat yang sudah Allah Ta'ala berikan selama ini. Namun, juga mengajarkan kita menjadi pribadi yang ikhlas untuk berbagi dengan sesama," tulis Alyssa dalam caption foto yang diunggahnya.

Kedua, mengajarkan dirinya menjadi pribadi yang ikhlas kepada sesama, termasuk kepada anak, Rendra, makna berbagi dan menolong.

"Termasuk kepada anak. Mengajarkan untuk berbagi dan menolong, walaupun ia masih kecil," tandas Alyssa.(chi/jpnn)


[Link to media]
Duh, Lihat nih, Masih Pelajar sudah Jadi PSK, Pasang Tarif Mahal-JPNN.com

SUMBAR - Jajaran Polda Sumbar berhasil mengungkap jaringan prostitusi anak di bawah umur di Kota Padang. Tiga tersangka muncikari dan tujuh wanita ABG diciduk di Hotel Aliga, Jalan Tamrin, Kamis (25/2) dinihari.

Bahkan, dari ke tujuh wanita yang diamankan, ada tiga yang berstatus pelajar, dan satu diantaranya duduk dibangku SMP. Selain pelajar, satu wanita merupakan mahasiswi PTN di kota Padang.

Tersangka ditangkap melalui proses penyamaran. Awalnya anggota polisi memboking dua cewek di kamar Hotel Aliga. Namun, muncikari malah menawarkan empat cewek lagi.

Empat orang cewek tersebut juga telah menunggu di kamar hotel yang sama. Kepada petugas sang muncikari menyebutkan keempat cewek tersebut tinggal pilih sesuai selera.

Selanjutnya, petugas yang menyamar melakukan pembayaran kepada muncikari. Uang sudah pindah tangan, muncikari langsung ditangkap.

Muncikari berinisial RYJ mengatakan bahwa untuk tarif tergantung permintaan konsumen. Semakin muda usia ceweknya semakin mahal tarifnya.

Kemudian, dia mengaku cara mendapatkan cewek tersebut dengan melalui jaringan teman dan berkenalan. "Kita berkenalan terlebih dahulu, lalu tukar nomor ponsel. Kemudian melakukan pendekatan aktif. Selanjutnya berunjung pada penawaran terhadap cewek tersebut," akunya.

Dia menyebutkan, setiap transaksi keuntungan didapat dari anak galehnya (PSK), beragam. "Kadang Rp 100 ribu, dan kadang cewek tersebut memberikan Rp 150 ribu untuk setiap transaksi dengan pria hidung belang," sebut RYJ.

RYJ mematok tarif cewek Rp 1,3 - 2,3 juta untuk long time. Tarif terebut sudah termasuk biaya sewa kamar. Salah seorang anak galeh mengaku terpisah karena orangtua kabur dari rumah. Saat ini ia ngekos. 

"Saya tidak tahu berapa pelanggan membayar kepada muncikari. Saya hanya menerima uang melalui muncikari sebesar Rp 1 juta," akunya seperti diberitakan Rakyat Sumbar (Jawa Pos Group) hari ini (12/9).

Kasubdid IV Ditreskrimum Polda Sumbar, AKBP Cepi Noval, mengatakan sudah melakukan penangkapan terhadap tiga muncikari, berinisial RYJ, AM, dan H di Hotel Aliga Padang. Ketiga orang ini sudah mengeksploitasi seks perempuan-perempuan di bawah umur. Perempuan dewasa ada tiga orang, yakni mahasiswi.    

Anak galeh itu antara lain; VN(15/pelajar SMP), RLD(18/SMA) tinggal di Aru Lubeng, LPD(17/SMA) tinggal di jalan di Belimbing- Kuranji, FZ (22) tinggal di Steba, dan W (22) mahasiswi PTN.

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengatakan dirinya belum bersedia memberikan keterangan secara resmi. "Untuk sekarang kita belum bisa memberikan datanya," pungkasnya.(rpg/ray/jpnn)


[Link to media]
Djarot Sangat Yakin Koalisi Kekeluargaan Bakal Rontok-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot S Hidayat memperkirakan Koalisi Kekeluargaan yang beranggotakan partai-partai penentang Basuki T Purnama bakal rontok. Pasalnya, masing-masing anggota Koalisi Kekeluargaan punya jago sendiri untuk diusung pada pilkada DKI.

"Sekarang pun dia (Koalisi Kekeluargaan, red) tidak akan kompak kan? Tidak bisa jalan kan? Mau calonin sendiri-sendiri kan? Itu bukan koalisi namanya," ujar Djarot di kantor DPD PDIP DKI di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (12/9).

Selain itu, kata dia, dalam sistem perundang-undangan juga tidak dikenal istilah koalisi. "Yang ada (istilah) gabungan beberapa partai kalau mau maju pilkada," kata ketua DPP PDIP yang membidangi organisasi dan keanggotaan itu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, koalisi kekeluargaan ini terdiri dari tujuh partai politik (parpol). Di antaranya yakni, PDIP, Gerindra, PPP, PKS, Demokrat, PKB dan PAN.

Ketujuh parpol itu berencana untuk mencari calon gubernur dengan tujuh kriteria yang telah mereka sepakati untuk diusung. Namun, hingga kini, perbincangan di antara tujuh partai itu mulai meredup. Pasalnya, PDIP yang awalnya merupakan inisiator pembentukan koalisi, mulai menarik diri. (uya/JPG)


[Link to media]
Informasi Penting bagi Pelanggan PLN Kaya tapi Nikmati Setrum Bersubsidi-JPNN.com

MALANG  – Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pelayanan Malang Suhandopo, mengatakan, di wilayah kerjanya ditemukan ada 763.094 pelanggan siluman yang ’nyerobot’ listrik bersubsidi.

Padahal, mereka seharusnya tidak berhak menerima listrik bersubsidi dengan daya 450–900 VA (volt ampere). Daya 450–900 VA itu hanya khusus untuk warga miskin saja. 

Yakni warga yang sudah memiliki kartu Indonesia sehat (KIS), kartu perlindungan sosial, dan surat keterangan tidak mampu. 

Disebutkan, yang memenuhi syarat penerima listrik bersubsidi hanya 36.875 pelanggan atau 4,6 persennya saja.

”Banyak pelanggan yang seharusnya tidak layak mendapat listrik bersubsidi, tapi tetap menggunakannya,” sesal Suhandopo, seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Data adanya pelanggan siluman itu diperoleh dari hasil pengecekan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 

Berdasarkan  penelusuran TNP2K, jumlah pelanggan yang seharusnya menerima daya listrik bersubsidi hanya sebanyak 36.875 pelanggan saja. Sedangkan sisanya, 763.094 pelanggan tidak berhak. 

Dia lantas menjelaskan, pelanggan listrik bersubsidi adalah pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. 

Tarif untuk kedua daya tersebut terbilang lebih murah. Tarif untuk daya 450 VA sebesar Rp 400 per kWh (kilowatt hours), sedangkan daya 900 VA tarif Rp 600–Rp 650 per kWh. 

Dia melanjutkan, pelanggan yang tidak terdaftar di TNP2K itu seharusnya menikmati listrik dengan daya 1.300 VA bertarif Rp 1.400 per kWh. Sebab, mereka tergolong ke dalam masyarakat yang mampu. 

Karena itu, untuk mengurangi kecurangan tersebut, pihaknya memberlakukan sistem pengalihan daya. Tujuannya supaya aliran listrik bersubsidi dapat disalurkan tepat sasaran. 

”Pelanggan dengan daya 900 VA yang tidak berhak, kami arahkan ke daya 1.300 VA,” ujarnya. 

Untuk mendorong hal tersebut, PLN menghadirkan promo biaya peralihan dari daya 900 VA ke 1.300 VA secara gratis. 

Program itu diberlakukan hingga akhir Desember 2016. ”Kami sudah mulai berlakukan mulai 1 Juli lalu,” terang dia.

Sayang, hingga saat ini hanya ada 2 ribu pelanggan yang memanfaatkan program tersebut.

Suhandopo menerangkan, beberapa pelanggan nonsubsidi tersebut belum mau beralih karena mereka ingin menikmati tarif yang lebih murah. 

”Selisihnya cukup banyak. Makanya belum banyak yang tertarik untuk beralih daya,” kata dia.

Suhandopo mengungkapkan, jika hingga akhir Desember 2016, pelanggan yang tidak berhak menerima subsidi itu belum juga beralih daya, maka pihaknya akan memberlakukan tarif adjustment atau penyesuaian. 

”Meskipun mereka memiliki daya 900 VA, tarif yang dibayarkan akan kami sesuaikan dengan daya 1.300 VA,” terangnya. (fis/c2/yak/sam/jpnn)  

 


[Link to media]
Hati-Hati..Bule Jerman kini Pindah Ngemis di Surabaya-JPNN.com

SURABAYA – Benjamin Holst benar-benar membuat pusing banyak pihak. Salah satunya Satpol PP. Kemarin Satpol PP mengamankannya dari Jalan Kayoon. Warga negara Jerman itu kedapatan mengemis di Surabaya lantaran kehabisan perbekalan.

 Pemkot menyerahkan yang bersangkutan ke Kantor Imigrasi Surabaya.  Sebenarnya, bukan kali ini saja Holst ketahuan menggelandang.

 Sebelumnya, dia juga diamankan petugas satpol PP di Denpasar, Bali, karena mengemis di pinggir jalan protokol. Entah bagaimana, setelah peristiwa itu, dia malah sampai ke Surabaya.

Kasatpol PP Irvan Widyanto mengungkapkan bahwa saat ditemukan, kondisi Benjamin cukup melas. Bajunya lusuh. Kakinya juga sedang bermasalah karena terserang penyakit kaki gajah.

"Dia kami temukan sedang tidur-tiduran di depan kantor Indosat. Saya kaget juga ternyata dia warga negara asing," jelasnya.

Sejumlah petugas satpol PP yang kebetulan berpatroli lantas mengajak yang bersangkutan ke kantor satpol PP di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Tidak kesulitan. Pria 27 tahun itu cukup kooperatif.

 "Kebetulan banyak anak buah kami yang lancar berbahasa Inggris," terangnya.

Bule tersebut, lanjut Irvan, juga mendapatkan pengobatan di RSUD dr M. Soewandhie. Sayang, rumah sakit milik pemkot tersebut sama sekali tidak mau berkomentar mengenai masalah itu.

Setelah menjalani pemberkasan, kata Irvan, bule tersebut lantas diserahkan ke kantor imigrasi. "Biar selanjutnya imigrasi yang menangani," katanya.

Bukan kali ini Holst begini. Sebelumnya, dia jug berulah dengan mengemis di Thailand dan Filipina. Dia bahkan pernah mendapat bantuan dari sebuah organisasi di Thailand yang menaruh iba padanya. Namun, uang itu dihabiskanya di klub malam. (tau/c6/git/flo/jpnn)


[Link to media]
Calo Masuk Fakultas Kedokteran Sudah Terima Rp 600 Juta, tapi...-JPNN.com

MALANG – Hingga akhir pekan lalu, Satreskrim Polres Malang Kota sudah memeriksa tiga saksi kasus percaloan masuk Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) yang melibatkan Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Subur Triono. 

Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Tatang Prajitno enggan menyebut siapa saja tiga saksi yang sudah diperiksa. 

Namun, sumber Radar Malang (Jawa Pos Group) mengatakan, satu dari tiga saksi yang diperiksa tersebut adalah ES, korban yang melaporkan Subur karena sudah merasa tertipu.

Kendati tidak menyebut tiga saksi, namun Tatang memastikan tidak akan memanggil dua calon mahasiswa yang dititipkan ES kepada Subur. 

”Orang tuanya memohon agar anaknya tidak dipanggil karena kasihan dengan masalah kejiwaan mereka. Dua anak tersebut sebelum ada kejadian ini juga tidak diberi tahu kalau diupayakan masuk UB melalui calo,” kata Tatang kepada Jawa Pos Radar Malang, Sabtu (10/9) malam.

Meski tidak memintai keterangan dua calon mahasiswa itu, menurut Tatang, hal tersebut tidak akan menghambat proses penyidikan. 

”Karena dua calon mahasiswa tersebut tidak tahu apa-apa, justru kalau diperiksa malah kasihan,” imbuh pria yang sebelumnya bertugas sebagai Kasat Reskrim Polres Madiun Kota ini.

Tatang melanjutkan, diperiksanya saksi-saksi selama ini tujuannya untuk dimintai keterangan tentang duduk perkara secara runtut dan gamblang. 

Mulai dari adanya pertemuan, pemberian uang, hingga gagalnya dua orang calon mahasiswa masuk ke FKUB tersebut.

Menurut dia, pemeriksaan saksi-saksi ini penting untuk memperkuat kebenaran perkara itu. Terkait saksi dari UB, hingga sekarang masih belum dimintai keterangan. 

”Kami masih akan meruntutkan dulu perkaranya seperti apa dan masih belum memanggil rektor UB sebagai saksi. Saya rasa saksi dari pihak UB akan dipanggil terakhir nanti,” jelasnya.

Subur Triono sendiri akan diperiksa setelah semua saksi dimintai keterangan. Termasuk setelah memintai keterangan Rektor UB Prof Dr Ir M. Bisri MS. 

”Kalau terlapor, nanti setelah semuanya sudah kita mintai keterangan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Subur dilaporkan oleh ES, warga Janti, Kecamatan Sukun, ke Polres Malang Kota dengan tuduhan penipuan pada 20 Agustus lalu. 

Dalam laporan bernomor SBTL/LP/1139/VIII/2016/Jatim/Res Mlg Kota itu, Subur disebut telah melakukan tindak pidana penipuan uang senilai Rp 600 juta.

ES menceritakan, penipuan ini berawal ketika dirinya bermaksud memasukkan dua anggota keluarganya ke FK UB. 

Sekitar pertengahan Juni 2016 lalu, ES mengutarakan unek-unek kepada kedua temannya, yakni Yuyun dan Yayak, jika ingin memasukkan dua anggota ke FK UB. 

Lalu oleh dua temannya itu, ES dikenalkan pada Subur Triono, anggota Komisi C DPRD Kota Malang. 

Subur kemudian meminta ES menyerahkan uang Rp 600 juta. Namun, meski uang sudah diserahkan, dua saudaranya tidak ada yang lolos.

Sementara itu, Subur Triono kemarin tidak bisa dikonfirmasi. Ketika ditelepon, oleh Subur sempat diangkat. 

Ketika wartawan media ini memperkenalkan dari Jawa Pos Radar Malang, dia hanya diam lalu menutup teleponnya. Ketika di WhatsApp, dia hanya membaca pesan yang dikirimkan. 

Rektor UB Prof Dr Ir M. Bisri MS sebelumnya mengatakan kalau dia akan siap menjadi saksi. 

”Jika diminta jadi saksi, saya harus siap supaya ini semua klir. Karena menyangkut nama Brawijaya juga,” kata Bisri.

Dia juga mengatakan, tidak akan melakukan tindakan hukum apapun terkait kasus ini, semisal ikut serta melaporkan Subur. 

”Sudahlah. UB tidak akan meneruskan ke langkah hukum. Biar jadi pembelajaran masyarakat saja. Bahwa di UB sudah tidak ada lagi titip-menitip mahasiswa baru,” ucapnya. (viq/c1/riq/sam/jpnn) 


[Link to media]
Pohon Berbunga, Jumlah Kelelawar Jadi Bertambah-JPNN.com
Subsidi untuk menanggulangi masalah kelelawar adalah hal yang baik, meski masih kurang.

Musim dingin yang lebih hangat tidak seperti biasanya, telah membuat lebih dari 50 ribu kelelawar terlihat nampak di pinggiran kota di Brisbane Utara.

Dalam enam minggu terakhir, koloni dari sekitar 1.000 kelelawar di kawasan Wilston terus membludak jumlahnya, dan membuat khawatir penduduk setempat.

Kelelawar dengan kepada berawarna keabuan ini adalah jenis hewan asli, yang bermigrasi dari Sunshine Coast ke arah selatan untuk mencari makanan.

David McLachlan, ketua Komite Lingkungan, Taman, Dan Kesinambungan setempat mengatakan mengatakan cuaca yang lebih hangat menyebabkan pohon di daerah tersebut terus berbunga. Sehingga menyediakan makanan bagi kelelawar.

Kelelawar dengan rambut-rambut di kepala berwarna keabuan Kelelawar dengan rambut-rambut di kepala berwarna keabuan.

Foto, Flickr, Rob Sundew.

"Mereka pergi ke mana sumber makanan berasal," kata David kepada Rebecca Levingston dari Radio 612 ABC.

"Musim ini ada sumber makanan yang baik bagi mereka di Brisbane," tambahnya.

Penduduk setempat telah menyatakan keprihatinan mereka karena kelelawar, yang bising dan bau, bergelantungan di tempat-tempat umum pada siang hari.

"Kelelawar di Wilston adalah jenis kelelawar dengan kepala keabu-abu-an, sebagai hewan lokal yang dilindungi," kata David.

"Pemerintah setempat memiliki tanggung jawab untuk menjaga ruang publik di mana mereka bertengger dengan bersih, dan kami juga memiliki tim yang memastikan jalur di bawah koloni tetap bersih."

"Kami memiliki kemampuan terbatas untuk mengusir koloni, tetapi kami sedang memantau mereka untuk melihat apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampaknya."

David juga mengatakan Departemen Lingkungan dan Sejarah dan Departemen Kesehatan Queensland telah mmberikan masukan soal kemungkinan kelelawar tersebut membawa virus.

"Mereka menyarankan kita agar tidak melakukan kontak dengan kelelawar dan mencoba seta menghindari lokasi-lokasi di mana Anda bisa digigit atau dicakar," katanya.

"Solusi dari kami hanya tebang pohon dimana mereka bersarang, tapi ini tidak didukung secara universal."

"Itu bisa menjadi sanksi terberat yang diterapkan pada koloni kelelawar."

"Baunya benar-benar Mengerikan"

Simon, salah satu penelepon ke radio 612 ABC Brisbane, tinggal di dekat taman di kawasan dimana banyak kelelawar dan mengatakan populasi kelelawar telah tumbuh 50 kali lebih banyak.

"Ini merupakan masalah yang signifikan dalam enam sampai delapan minggu terakhir dan bau lebih terasa sekarang," katanya.

"Baunya benar-benar mengerikan."

"Tingkat kebisingan sangat keras dan mereka bertengger di atas jalur pejalan kaki dan bisa ramai di siang hari."
"Saya punya tiga anak-anak dan ... aku saya tidak suka kelelawar jika mereka mengejar atau mengigit mereka.

"Rupanya pada saat ini banyak kelelawar sedang hamil sehingga tidak ada yang bisa dilakukan oleh pemerintah setempat. Mereka tapi masih memantaunya."

Pemerintah negara bagian Queensland baru-baru ini menginvestasikan $2.700.000 untuk dilakukan studi lebih lanjut soal kelelawar, yang juga disebut flying fox, di Queensland.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 12/09/2016 pukul 16:00 AEST dari artikel bahasa Inggrisnya, berikut ini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus


[Link to media]
Tumbal Kemenangan Besar Sriwijaya FC-JPNN.com

PALEMBANG – Srwijaya FC memang sukses menjalani super big match kontra Persib Bandung, Sabtu malam (10/9). 

Hanya saja,di kubu Laskar Wong Kito - julukan Sriwijaya FC- yang mampu menghajar Persib 3-0, harus rela kehilangan gelandang andalannya, Ichsan Kurniawan.

Pemain asal OKU Timur itu untuk beberapa pekan ke depan diperkirakan harus absen. 

Talenta asal Sumsel tersebut mendapat cedera engkel kiri setelah berbenturan dengan bek Persib, Yanto Basna menit 9. 

Pemain yang baru memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia Senior proyeksi AFF 2016 ini  sempat tergeletak, beberapa saat dan mendapat perawatan dari tim medis.  

Tak ingin mengambil resiko tinggi, gelandang PON Sumsel ini langsung digantikan Achmad Jufrianto menit ke 12.

"Kondisi Ichsan sekarang masih dalam perawatan. Memang ada benturan keras pada kaki kirinya, kita berharap kondisinya tidak terlalu parah," kata Asisten Pelatih Sriwijaya FC, Hartono Ruslan, seperti diberitakan Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group).

Ini jelas jadi kerugian besar bagi Laskar Wong Kito.

Mengingat usai menjalani laga kandang, Sriwijaya sudah harus bersiap untuk menjalani pekan ke 20 TSC A 2016, ke kandang pemuncak klasemen Madura United.

"Sementara jelas akan kita protec dulu, begitupun dengan kondisi Rizsky Dwi Ramadhana. Semoga bisa kembali pulih saat menghadapi Madura United nanti," tuturnya. (cj11/sam/jpnn)


[Link to media]
Yuuk, Nobar Warkop DKI Reborn Bareng Indro, Tora Sudiro, Vino, Abimana-JPNN.com

SETELAH roadshow keliling bioskop di Jakarta, hari ini (12/9), bertepatan hari raya Idul Adha 1437 H,  Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 menyapa penggemar di Bogor.

Bertempat di Platinum Cineplex, Cibinong Square, Kabupaten Bogor, Vino G Bastian, Tora Sudiro, dan Abimana Aryasatya serta the legend Warkop DKI, Indro menggelar nonton bareng dalam rangka promosi film teranyar tersebut.

"#melestarikanbukanmenggantikan #nontonramerame #warkopdkireborn #jangkrikboss," ajak Indro lewat postingan poster nobar Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss di Instagram.

Film yang diadaptasi dari film CHIPS milik trio Warkop DKI ini sudah menembus 1,2 Juta penonton dalam tiga hari. 

Diperkirakan jumlah penonton akan terus bertambah seiring gencarnya promosi film karya Anggy Umbara yang dilakukan Falcon Pictures.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan nobar Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bosss di Cibinong Square, bisa mendaftar dengan format pemesanan: Nama, Twitter/Instagram, Jumlah Tiket. 

Harga nobar ini cukup murah, hanya dengan membayar Rp 50.000 anda sudah mendapatkan paket nobar berupa tiket masuk, popcorn, dan pin nobar. (mg5/JPNN)


[Link to media]
Bupati Banyuasin Dikunjungi Ayah dan Istri-JPNN.com

JAKARTA -- Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan, Yan Anton Ferdian, merayakan Idul Adha di Rumah Tahanan Klas I Jakarta Timur cabang Komisi Pemberantasan Korupsi di Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta Selatan.

Bupati berusia 32 tahun ini dikunjungi ayahnya mantan Bupati Banyuasin, Amiruddin Inoed, dan istri Yan, Vinita Citra Karini. Sejumlah sanak keluarga juga terpantau hadir membesuk bupati muda tersangka suap ijon proyek Dinas Pendidikan Banyuasin dan dinas-dinas lainnya ini.

Selain Yan, keluarga anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti juga terpantau berkunjung. Salah satu anggota keluarga Yanti mengatakan, membawa makanan untuk mantan politikus PDI Perjuangan itu.

"Ini bawa ketupat dan sop buntut," ujar perempuan kerabat Yanti yang tak ingin menyebutkan namanya itu.

Yanti kini tengah menanti vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta dalam perkara suap anggaran Kemenpupera. Yanti dituntut enam tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan oleh jaksa penuntut umum KPK.

 Selain Yan dan Yanti, sejumlah tahanan KPK lain juga mendapat kunjungan keluarganya saat momen Iduladha ini. Misalnya, keluarga Panitera Pengadilan Jakarta Utara Rohadi, anggota Komisi V DPR Andi Taufan Tiro dan lainnya. 

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak mengatakan, komisi antirasuah memberikan waktu kunjungan pukul 10.00-12.000 untuk keluarga para tahanan. (Boy/jpnn)

 


[Link to media]
Astaga! Ayah Ini Kok Tega Sekali Gituin Putranya-JPNN.com

LAMPUNG - Sungguh bejat perbuatan ayah satu ini. Ia tega mencabuli putra kandungnya sendiri. Akibat perbuatan memalukan itu, Surono, 43, terpaksa berurusan dengan polisi.

Kini warga Dusun Sidodadi II, Desa Kemalo Abung Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara (Lampura) suudah bendekam di sel tahanan Polsek Abung Selatan.

Kasat Reskrim Polres Lampura, AKP Supriyanto Husin mengatakan kasus itu terungkap setelah korban menceritakan pencabulan itu kepada tetangganya, Mujiman.

“Tersangka Surono diamankan berdasarkan laporan AD (16), putra kandungnya yang mengaku telah dicabuli oleh tersangka,” kata AKP Supriyanto Husin, superit diberitakan Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini (12/9).

Dia mengatakan, pencabulan yang dilakukan tersangka dengan cara memasukkan (maaf) kemaluan AD ke mulutnya. Tersangka diduga mengidap penyimpangan seksual dan sering menciumi pipi korban.

“Aksi bejat tersangka sudah dilakukan sejak satu bulan ini. Kejadian terakhir terjadi beberapa jam sebelum tersangka ditangkap yakni pada pukul 08.00 WIB,” terangnya.

Korban juga kerap diancam dan dipukuli oleh tersangka jika tidak menuruti kemauannya. Sehingga korban mengadukan penyimpang seksual itu kepada tetangganya Mujiono.

“Mendapat aduan seperti itu, Mujiono mengajak korban melaporkan hal itu ke Kepala Desa dan Polsek Abung Selatan,” kata Supriyanto.

Tersangka akan dijerat dengan pasal 82 Undang Undang nomor 35/2014 tentang perlindung anak dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.”Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolsek Abung Selatan untuk penyidikan lebih lanjut,”pungkasnya. (rid/adi)


[Link to media]
Wah..PNS Purabaya Tergiur Jadi Pegawai Pusat-JPNN.com

SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya memastikan akan menyerahkan Terminal Purabaya ke pemerintah pusat. Namun, kini mulai muncul polemik baru, yakni status kepegawaian PNS di UPT tersebut.

Ada dua pilihan untuk mereka. Yaitu pemerintah pusat atau harus bertahan di pemkot. Untuk mengetahui kepastian itu, Dinas Perhubungan Kota Surabaya mulai melakukan penjajakan. Setidaknya ada 250 tenaga kerja di terminal tersebut. Dari jumlah itu, hanya 125 yang berstatus PNS.

''Hasilnya, sebagian besar memilih menjadi pegawai pusat,'' kata seorang narasumber di Terminal Purabaya.

Pemilihan itu bisa jadi karena pengaruh item penerimaan gaji. Ada empat item yang diberikan pemerintah pusat. Adapun pemerintah kota hanya tiga item. Tampaknya, PNS tertarik pada item yang lebih banyak.

Padahal, banyaknya komponen penerimaan tersebut tidak menjamin nominal yang diterima para pegawai tersebut lebih besar. Bisa jadi nominal untuk tiga item lebih besar dibandingkan yang empat item. Namun, banyak PNS UPT Purabaya yang memilih beralih sebagai pegawai pusat.

''Mungkin ada alasan lain bagi mereka yang memilih pegawai pusat,'' ucap pria yang sudah lima tahun bekerja di UPT Purabaya itu.

Plt Kepala UPT Terminal Purabaya Soesandi Ismawan menyatakan belum tahu hasil suvei tersebut. Dia hanya mengungkapkan, setiap PNS berhak memilih. Pihaknya tidak bisa memengaruhi. Kami hanya mengikuti aturan yang sudah ada.

 ''Aset diserahkan, sedangkan status kepegawaian bergantung pilihan,'' katanya.

Kini juga belum jelas kapan serah terima para pegawai tersebut dilakukan. ''Saya belum mendapat laporan apa pun terkait survei itu,'' tambahnya.

Persoalan aset dan dokumen tidak ada masalah. Tidak ada penambahan aset tahun ini. Pengerjaan di lapangan merupakan kebijakan pemerintah pusat. Yakni, revitalisasi yang dilaksanakan sejak 2010. UPT Terminal Purabaya hanya melaksanakan perawatan tanpa ada pengadaan.

Kepastian penyerahan Terminal Purabaya ke pemerintah pusat dipertegas Risma pada Jumat (9/9). Risma menanggapi pernyataan Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar. Dia mengatakan, pengalihan terminal tipe A harus berlangsung.

Ada beberapa kendala di lapangan. Salah satunya kerja sama bagi hasil antardaerah seperti yang terjadi di Terminal Purabaya.

Kebijakan tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pengambilalihan harus dilakukan dan selanjutnya bisa dikembalikan ke daerah. Namun, Risma memilih menyerahkan dan tidak akan memintanya kembali. (riq/c15/git/flo/jpnn)


[Link to media]
Kemenpora Minta Kongres PSSI di Jogja, Ini Alasannya-JPNN.com

JAKARTA – Polemik mengenai lokasi penyelenggaraan Kongres PSSI masih berlanjut.

Kota Makassar sepertinya belum pasti menjadi tuan rumah ajang pemilihan ketua umum PSSI, 17 Oktober mendatang. 

Pasalnya, pemerintah lewat Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) baru saja mengeluarkan surat keputusan dengan lebih memilih Jogjakarta sebagai venue perhelatan pertemuan akbar para anggota PSSI dari seluruh Indoensia itu. 

Ya, akhir pekan lalu (9/9) Menpora Imam Nahrawi mengirim surat kepada PSSI perihal rekomendasi izin penyelenggaraan kongres tersebut. 

Dan, dari total tiga poin dari surat dengan nomor S.2844/MENPORA/IX/2016 itu, poin kedua mendapat sorotan paling besar dari publik sepak bola tanah air. 

Sebab, dalam poin tersebut, Menpora menyatakan bahwa, pemerintah hanya bisa memberikan rekomendasi seandainya pelaksanaan kongres diselenggarakan di Jogjakarta. 

Dengan alasan, sebagai wujud reformasi PSSI untuk kembali ke titik nol mengingat Jogjakarta adalah tempat lahirnya PSSI.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot. S Dewa Broto membenarkan adanya surat yang juga ditujukan kepada Gubernur Jogja itu. 

Menurut dia, surat itu mereka terbitkan sebagai jawaban atas adanya surat pemohonan rekomendasi izin kongres dari PSSI. 

“Surat itu kami buat tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” kata Gatot, kemarin (11/9). 

Pernyataan Gatot tersebut sengaja untuk menepis wacana yang sedang berkembang luas terkait konstalasi pemiliihan ketua umum PSSI yang sedang meninggi saat ini. 

Memang, belakangan, beredar isu bahwa pemindahan kota penyelenggaraan kongres dari Makassar ke Jogjakarta itu hanya demi memenangkan salah satu kandidat berlatar belakang militer. 

Sebab, bila kongres dipaksakan berlangsung di Makassar, maka besar kemungkinan bisa dimenangkan oleh Erwin Aksa, salah satu pengusaha muda asal Makassar yang juga bertarung untuk merebut kursi nomor satu di PSSI. 

“Kami berharap tidak ada gesekan dengan keputusan ini di tingkat voters, meski kami tahu mereka akan terkejut dengan surat ini,” ucap Gatot.

Keputusan pemerintah yang lebih berat ke Jogjakarta itu langsung menuai resistensi dari PSM Makassar. 

Sumirlan, Ditektur PSM menilai bahwa ada diskriminasi daerah yang ditunjukan secara terang-terangan oleh pemerintah. 

“Saya mau tanya ke Menpora, apakah Makassar bukan termasuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, Red),” kecam Sumirlan. 

Pria yang juga mantan pemain PSM itu mengungkapkan bahwa, keputusan pemerintah memilih Jogja karena alasan kota kelahiran PSSI juga tidak bijak. 

“Sebab, kongres yang akan dihelat nanti adalah untuk membangun masa depan sepak bola tanah air, bukan untuk merayakan tahun kelahiran PSSI. Jadi, kami mohon pemerintah mengkaji ulang keputusan mereka itu,” terangnya. 

Di sisi lain, salah satu anggota Executive Committee PSSI, Diza Ali Rasyid mengatakan bahwa, mereka baru mengetahui surat keputusan Menpora itu lewat media. 

Tapi, kata dia, anggota Exco PSSI akan melakukan rapat secepatnya untuk membahas keputusan itu.

”Karena sebelumnya kami sudah putuskan kongres harus berlangsung di Makassar. Jadi, kalau ada perubahan pun, harus lewat mekanisme rapat,” kata Diza Ali. (ben/sam/jpnn)


[Link to media]
Polisi Bentuk Tim Khusus Pemburu Kawanan Gerandong Sadis-JPNN.com

MARTAPURA – Kawanan gerandong alias perampok terus meneror warga Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Sumsel.

Jajaran Polres OKU Timur (OKUT) pun dibuat pusing 

Polres yang dipimpin AKBP Audie S Latuheru itu, harus dibantu dari Polda Sumsel. 

Sebab belum ada satu pun gerandong sadis yang ditangkap. Padahal mereka sudah menembak mati beberapa warga, juga melukai warga lainnya termasuk polisi.

Dari 25 personel anggota tim khusus (timsus) yang ditugaskan memburu gerandong, 18 di antaranya anggota Polda Sumsel yang di-BKO-kan.  

“Mereka ini untuk mencari  pelaku-pelaku tindak kejahatan di OKU Timur.  Juga  warga yang memiliki senjata api akan  ditangkap juga,” tegas Kapolres OKUT, AKBP Audie S Latuheru.

Audie mengklaim, timsus yang dibentuk ini sudah diberikan kemampuan berupa pelatihan pengamanan barang bukti dan  mengamankan tersangka. 

“Jadi Timsus ini kita bentuk untuk  menjawab permasalahan  yang terjadi  belakangan ini di OKU  Timur,” terangnya.

Selain itu, sambung Audie, polsek-polsek juga diintensifkan melakukan rangkaian  patroli dan juga razia, di titik  yang dianggap rawan. 

“Kita  pressing habis para pelaku kejahatan ini, jadi saya harap pressing ini akan terasa kepada para pelaku kejahatan ini,” klaimnya.

Kepada masyarakat yang masih menyimpan atau memiliki senjata api, Audie mengimbau agar segera menyerahkannya kepada pihak kepolisian, sebelum terjaring razia dan patroli. 

“Jika tertangkap razia, pidana pasti menanti. Kita jerat UU Darurat,” tegasnya. (sal/air/ce1/sam/jpnn)


[Link to media]
3 Wanita Serang Mabes Polisi, 1 Pakai Pisau, 1 Bawa Bensin, Satunya Lagi...-JPNN.com

MOMBASA - Tiga wanita terpaksa ditembak mati polisi, ketika berusaha melakukan penyerangan di kantor pusat kepolisian Mombasa, Kenya, Minggu (11/9).

Menurut Kepala Polisi Mombasa, Peterson Maelo, ketiganya memasuki kantor polisi dan mengaku hendak melaporkan soal telepon mereka yang dicuri. 

"Dalam satu percobaan, satu di antara mereka melemparkan bom bensin, satu mengeluarkan pisau," ujar Maelo seperti dikutip dari AFP.

Satu wanita lagi, ternyata mengenakan sabuk peledak. Ketiganya ditembak mati saat berusaha melawan. "Tiga penyerang tewas, dan dua petugas polisi telah dilarikan ke rumah sakit," kata Maelo.

Api yang menjalar di kantor polisi tersebut kemudian berhasil dipadamkan dan untuk sementara kantor disegel untuk kebutuhan penyelidikan.

"Kami telah berhasil mengidentifikasi dua dari tiga tersangka teroris yang tewas di Mombasa," kata juru bicara polisi Charles Owino.

Mereka adalah Fatuma Omar dan Tasmin Yakub Abdullahi Farah, keduanya dari Mombasa. Polisi mengidentifikasi Farah sebagai pemimpinnya. Dalam aksi itu, Farah yang mengenakan sabuk peledak bunuh diri namun sebelum beraksi, dia ditembak jatuh dengan cepat oleh petugas.

Polisi juga sudah menggerebek rumah para pelaku dan menangkap setidaknya tiga kaki tangan pelaku. "Ini adalah terorisme, mereka punya misi," katanya. (mel/adk/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 12/10 6:49am. Terakhir update terdeteksi pada 9/13 4:55am.  skor: 963