Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Ini Suasana Lapas Kerobokan Jelang Pemindahan Duo Bali Nine-JPNN.com

DENPASAR - Lapas Kerobokan mulai Rabu malam (25/2) hingga subuh mulai makin ramai ditunggui awak media. Pukul 22.45 Wita, mobil patroli sempat keluar dari lapas.
 
Penolakan gugatan dua terpidana mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran oleh PTUN pada Selasa (24/2) ternyata tidak membuat pemindahan mereka dipercepat. Dikabarkan, gugatan yang diajukan hanyalah strategi penundaan eksekusi, namun kandas.
 
Isu kedua terpidana akan dipindahkan pada malam hari membuat lapas tidak pernah sepi pengunjung, bahkan pukul 03.00. Lapas selalu ramai oleh awak media lokal, nasional, maupun mancanegara yang tidak mau melewatkan peristiwa tersebut.    
 
Matahari mulai terbit saat beberapa petugas lapas berdatangan. Suasana di sekitar lapas juga mulai ramai saat pukul 09.00. Seperti biasa, keluarga kedua terpidana mati terlihat datang untuk membesuk.

Demikian juga pengacara keduanya, yaitu Julie McMahon. Dia datang pukul 15.00 dan keluar sekitar pukul 17.00 tanpa mengeluarkan pernyataan apa pun. (dre/ras/wid/yes/c10/end)

 


[Link to media]
Singkirkan Gladbach, Sevilla Jaga Asa Pertahankan Juara-JPNN.com

MUENCHEN- Sevilla masih menjaga asa mempertahankan gelar juara Liga Europa 2014/2015. Pasalnya, tim besutan Unai Emery itu saat ini sudah melangkah ke babak 16 besar.

Tiket itu diraih setelah Sevilla sukses menumbangkan tuan rumah Borussia Muenchengladbach dengan skor 3-2 (2-2) pada leg kedua babak 32 besar di Borussia-Park, Jumat (27/2) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Sevilla sukses mengungguli Gladbach dengan agregat 4-2. Kemenangan Sevilla dibuka lewat gol yang dijaringkan Carlos Bacca saat laga baru berlangsung delapan menit.

Tapi, Gladbach sukses menyamakan kedudukan melalui Granit Xhaka sebelas menit berselang. Sevilla kembali unggul setelah Vitolo mencetak gol pada menit ke-26.

Namun, Gladbach lagi-lagi menyamakan kedudukan melalui lesakan Thorgan Hazard tiga menit berselang. Kemenangan Sevilla ditentukan lewat gol kedua Vitolo sesaat sebelum laga usai. (jos/jpnn)


[Link to media]
Sukhoi Bermanuver di Langit Gianyar, Terkait Duo Bali Nine?-JPNN.com

DENPASAR - Manuver pesawat tempur kebanggaan TNI-AU jenis Sukhoi yang terbang rendah di langit Kota Gianyar, benar-benar membuat geger warga.

Sebab, sedikitnya enam kali pesawat tempur buatan Rusia itu mengitari langit Kota Gianyar siang kemarin, sekitar pukul 11.00.
 
Pantauan di kantor bupati Gianyar menunjukkan, suara menggelegar pesawat itu saat pertama melintas tidak membuat para pegawai ngeh.

Meski, mereka bertanya-tanya asal suara tersebut. Namun, ketika pesawat itu melintas untuk kali kedua dengan posisi lebih rendah, barulah para pegawai yang sebelumnya ada di dalam gedung perkantoran bupati Gianyar berhamburan keluar.
 
Berselang beberapa menit, dua pesawat itu pun kembali melintas. Kali ini melesat dari utara. Sukhoi tersebut juga melintas sangat rendah dari timur. Tidak hanya melintas, pesawat berputar dan langsung melesat ke atas.
 
Manuver pesawat tersebut pun memunculkan isu bahwa latihan itu dilaksanakan untuk mempersiapkan pemindahan terpidana mati duo Bali Nine.

Namun, hingga sekarang belum ada kepastian bahwa Sukhoi tersebutlah yang akan mengawal pemindahan duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, ke Nusakambangan. (dre/ras/wid/yes/c10/end)


[Link to media]
Lesus Ngamuk, Puluhan Rumah Porak Poranda-JPNN.com

NGAWI - Bencana alam terus melanda Ngawi. Setelah banjir pekan lalu, kemarin (26/2) angin puting beliung mengamuk di wilayah Kecamatan Ngawi dan Geneng. Akibatnya, sekitar 42 rumah rusak berat dan ringan. Bangunan mahal GOR Bung Hatta di Jalan Ir Soekarno juga menjadi korban. 

Atap galvalum tersingkap sehingga pergelaran turnamen bola basket Bupati Ngawi Cup 2015 dihentikan sementara. Saking kencangnya angin yang datang sekitar pukul 16.00 tersebut, atap galvalum terbawa angin dan jatuh menimpa Kijang Innova rombongan tim basket asal Bojonegoro. 

Camat Geneng Yuanto menjelaskan, puting beliung menerjang dua desa di wilayahnya, yakni Kersoharjo dan Klitik. Laporan yang diterimanya menyebut 37 rumah rusak. Kebanyakan yang rusak teras dan atap rumah tersingkap. ''Ada enam pohon trembesi yang tumbang sehingga membuat jalur kabupaten antara Klitik-Kendung-Kwadungan tersendat,'' ungkapnya. 

Pihaknya sampai kemarin malam masih mendata. Termasuk menghitung jumlah kerugian yang ditimbulkan. Tim dari ke­camatan dan desa saat ini bergotong royong membersihkan dahan pohon yang menutup jalan agar arus lalu lintas kembali lancar. Selain itu, mereka melakukan finalisasi jumlah pasti kerugian dan kerusakan karena bencana alam tersebut. 

Sukarno, warga Dusun Kedungrejo, Kecamatan Geneng, menyatakan, kejadian angin puting beliung terjadi sekitar pukul 16.00. Ketika itu dia berada di ruang tamu, sedangkan Puji Astuti, istrinya, memasak di dapur. Saat itu turun hujan disertai angin. Dia merasakan tiupan angin semakin kencang sehingga membuat rumah bagian belakang seakan-akan bergoncang. Istrinya pun memilih berlari ke kamar mandi. 

Sejurus kemudian, angin menyapu rumahnya. ''Anginnya kencang sekali. Mendadak bruak, rumah rata dengan tanah. Istri saya sempat terjebak reruntuhan, tapi alhamdulillah selamat,'' ujarnya. 

Angin juga menghentikan proses penghitungan suara Pilkades Mangunharjo, Kecamatan Ngawi. Tenda acara roboh. Spontan warga yang menyaksikan proses perhitungan suara langsung semburat menyelamatkan diri. Penghitungan suara tersebut diskors selama 30 menit. Kotak suara langsung diamankan polisi dan hansip. ''Situasinya menjadi tidak karu-karuan, tapi tidak ada korban jiwa dalam insiden itu,'' jelas Camat Ngawi Subandono.

Dia menyatakan langsung memindahkan penghitungan sementara ke ruangan aula balai desa. Meski begitu, empasan angin ribut semakin terasa sehingga air masuk ke aula balai desa. Warga di dalam ruangan tersebut pun basah kuyup karena tampias. ''Namun, penghitungan suara berlanjut dan dimenangkan Pak Purwanto, jago baru,'' ungkapnya. 

Menurut dia, terjangan angin puting beliung di wilayahnya hanya menerjang Desa Mangunharjo dan Desa Beran. Di Desa Beran, lanjut dia, satu rumah tertimpa pohon jati. Angin kencang juga merusak GOR Bung Hatta dan sejumlah papan reklame di depan Pasar Beran. ''Informasi sementara yang saya terima begitu. Saat ini kami masih mendata,'' terangnya. (odi/pra/brm/ota/JPNN/c23/any)


[Link to media]
Fiorentina Singkirkan Tottenham Dari Liga Europa-JPNN.com

FIRENZE- Fiorentina berhasil melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2014/2015. Tiket itu diraih setelah Fiorentina sukses menekuk Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 (0-0) pada leg kedua babak 32 besar di Artemio Franchi, Jumat (27/2) dini hari WIB.

Tampil di depan pendukung sendiri membuat Fiorentina bermain kesetanan. Tim racikan Vincenzo Montella itu terus saja menggempur pertahanan tim tamu. Namun, tidak ada gol yang tercipta pada babak pertama.

Kebuntuan baru pecah ketika Mario Gomez mencetak gol saat babak kedua berlangsung sembilan menit. Saat itu, Gomez sukses memaksimalkan umpan matang Milan Badelj.

Unggul satu gol tak membuat Fiorentina puas. Gomez dkk terus menyerang. Fiorentina akhirnya menggandakan keunggulan melalui donasi Mohamed Salah pada menit ke-71.

Kemenangan itu menjadikan Fiorentina berhasil mengungguli Tottenham dengan agregat 3-1. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1 pada leg pertama lalu. (jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Siapkan Pintu Rahasia untuk Duo Bali Nine-JPNN.com

DENPASAR -  Bandara I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali, sudah menyiapkan pintu rahasia bagi dua terpidana mati Bali Nine yang akan diterbangkan dari Kerobokan ke Nusakambangan. Yakni, Andrew Chan, 31, dan Myuran Sukumaran, 33.

Mereka akan digiring dengan pengawalan ketat saat masuk bandara dan naik pesawat yang akan ditumpangi.

Bahkan, 5 jam sebelum mereka sampai Bandara, kawasan tersebut disterilkan agar para penumpang pesawat lain tidak mengetahui keberangkatan keduanya.
 
Menurut petugas di bandara yang tak mau disebutkan namanya, dua terpidana mati tersebut tidak akan masuk melalui jalur keberangkatan domestik ataupun internasional.
 
"Pintu masuk untuk mereka sudah disiapkan. Di sini ada sekitar tiga pintu masuk. Itu di luar pintu keberangkatan internasional dan domestik karena sangat tidak mungkin dong," ujar sumber di lingkungan bandara Kamis pagi (26/2).
 
"Dari beberapa pintu itu, diduga kuat, terpidana mati akan dibawa melalui pintu base ops," tambahnya.
 
Terkait informasi tersebut, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Penerbang Sugihartha belum bisa dikonfirmasi karena tidak merespons ketika berkali-kali dihubungi wartawan via telepon.
 
Pemindahan Andrew Chan dan Myuran Sukumaran diperkirakan menggunakan jalur udara dengan dikawal tiga pesawat tempur Sukhoi yang sejak beberapa hari lalu parkir di Pangkalan Udara Ngurah Rai.

Namun, hingga tadi malam, pihak bandara masih menunggu kepastian dari Kejaksaan Tinggi Bali. (dre/ras/wid/yes/c10/end)


[Link to media]
Lovren Gagal Penalti, Liverpool Tersingkir-JPNN.com

ISTANBUL- Liverpool dipastikan gagal merengkuh gelar juara Liga Europa 2014/2015. Digadang-gadang bakal menjadi juara, langkah Liverpool malah terjungkal di babak 32 besar.

Itu terjadi setelah Liverpool dipaksa mengakui ketangguhan Besiktas melalui adu penalti dengan agregat 5-6 pada leg kedua babak 32 besar di Ataturk Olympic Stadium, Jumat (27/2) dini hari WIB.

Besiktas mampu mencetak gol di waktu normal melalui Tolgay Arslan pada menit ke-73. Arslan harus berterima kasih pada Demba Ba yang berhasil memberikan assist matang.

Tak ada gol yang tercipta hingga waktu normal berakhir. Laga pun dilanjutkan dengan extra time. Namun, kedua tim tetap tak mampu menambah gol selama babak perpanjangan.

Laga harus diakhiri dengan penalti. Semua pemain Besiktas sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Petaka bagi Liverpool terjadi setelah Dejan Lovren sebagai eksekutor terakhir gagal menunaikan tugasnya. (jos/jpnn)


[Link to media]
Menang Tipis, Inter Melaju ke 16 Besar-JPNN.com

MILAN- Inter Milan berhasil menempatkan kakinya di babak 16 besar Liga Europa 2014/2015. Itu terjadi setelah Inter menekuk Glasgow Celtic dengan skor 1-0 (0-0) pada leg kedua di San Siro, Jumat (27/2) dini hari WIB.

Namun, kemenangan Inter tak dipetik dengan mudah. Meski bermain di kandang sendiri, tim berjuluk I Nerazzurri itu selalu kesulitan menembus solidnya pertahanan Celtic.

Inter dan Celtic sama-sama tak bisa mencetak gol di babak pertama. Kedua tim langsung meningkatkan serangan di babak kedua. Tapi, Inter dan Celtic tetap saja kesulitan mencetak gol.

Kebuntuan akhirnya pecah setelah Fredy Guarin menjebol gawang Celtic dua menit sebelum laga berakhir. Saat itu, Guarin berhasil memaksimalkan umpan matang Davide Santon.

Kemenangan itu membuat Inter berhasil mengungguli Celtic dengan agregat 4-3. Sebelumnya, Inter mampu bermain imbang di kandang Celtic dengan skor 3-3 pada leg pertama lalu. (jos/jpnn)


[Link to media]
Alonso Absen di Tes F1 Terakhir-JPNN.com

LONDON- McLaren dipastikan tak akan menggunakan tenaga Fernando Alonso dalam tes terakhir balapan Formula 1 di Barcelona akhir pekan ini. Itu terjadi setelah Alonso harus menjalani istirahat usai mengalami kecelakaan.

Saat ini, Alonso memang dianggap belum fit untuk adu kebut di atas lintasan. Sebagai gantinya, McLaren akan menurunkan Kevin Magnussen untuk menggantikan pembalap asal Spanyol itu.

“Setelah mengalami insiden di Barcelona pekan lalu, kami memberi tahukan bahwa Fernando Alonso sudah keluar dari rumah sakit. Dia kembali ke keluarganya,” terang pernyataan resmi McLaren.

Sebagaimana diketahui, Alonso mengalami cedera pada uji coba sebelumnya. Saat itu, McLaren menjadikan angin sebagai biang keladi kecelakaan yang dialami Alonso. Untungnya, Alonso tak mengalami cedera fatal.

“Dia akan menjadi penonton dalam tes musim dingin terakhir. Kevin Magnussen yang selama ini menjadi pembalap cadangan akan menggantikan posisi Alonso,” tambah pernyataan resmi McLaren. (jos/jpnn)

 

 

 

 


[Link to media]
Erick Thohir Sindir Dukungan Suporter Inter-JPNN.com

MILAN- Erick Thohir melayangkan sindiran terhadap dukungan yang diberikan para suporter Inter Milan pada Andrea Ranocchia dkk. Erick meminta para Interisti lebih militan saat memberikan dukungan.

Pengusaha muda asal Indonesia itu berharap, para suporter menjadikan Stadion San Siro sebagai rumah kedua. Dengan begitu, para pemain Inter bakal semakin trengginas saat bertanding.

“Jika kami ingin menjadi tim hebat, kami harus mendapatkan dukungan baik saat momen bagus ataupun buruk. Penting agar San Siro menjadi rumah kami,” terang Erick di laman Football Italia.

Erick juga membicarakan peluang Inter menjadi sepuluh besar tim  terbaik dunia. Itu memang target yang ingin dicapai Inter. Namun, semuanya tak bisa diraih dengan instan.

“Saya masih berpikir Inter harus berada di sepuluh besar tim hebat di dunia. Namun, semua itu membutuhkan waktu. Inter harus dibangun bersama-sama,” tegas Erick. (jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Wahh.. Legenda Arsenal Sebut Ozil dkk tak Profesional-JPNN.com

LONDON- Arsenal banjir kecaman setelah ditekuk AS Monaco dengan skor 1-3 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2014/2015 di Emirates Stadium, Kamis (26/2) dini hari WIB.

Tak tanggung-tanggung, kecaman datang dari Martin Keown yang merupakan legenda Arsenal. Keown terang-terangan mengkritik permainan yang ditunjukkan Mesut Ozil dkk.

“Tim tak sepenuhnya profesional. Mereka harus lebih profesional dan menghilangkan emosi,” terang Keown setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman Radio 5.

Kekalahan itu membuat kans Arsenal melaju ke babak perempat final semakin berat. Arsenal dituntut menang tiga gol tanpa balas di kandang Monaco jika ingin merebut tiket delapan besar.

“Wenger sudah menjalankan tugasnya. Dia sudah memberikan kemampuannya 100 persen untuk tim. Namun, secara emosional mereka memang jatuh dalam pertandingan,” tegas Keown. (jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Andrea Pirlo Terancam Absen Sebulan-JPNN.com

TURIN- Jajaran pelatih Juventus kini tengah dibikin cemas dengan kondisi fisik sang playmaker andalan Andrea Pirlo. Pasalnya, gelandang timnas Italia itu saat ini tengah dihantam cedera betis.

Cedera itu menimpa ketika Pirlo membantu Juventus menumbangkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2014/2015, Rabu (25/2).

Laman Tuttosport menulis, Pirlo mengalami cedera seperti yang dialaminya pada masa lalu. Kabarnya, mantan penggawa Inter Milan itu bakal absen selama sebulan ke depan.

“Dia mengalami masalah dengan betisnya. Kami akan melakukan evaluasi tentang kondisinya. Saya berharap cederanya tak serius,” terang pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Jika Pirlo absen, Juventus tentu akan mengalami kerugian besar. Pasalnya, Juventus sudah ditunggu dua lawan tangguh sebulan ke depan. Selain menghadapi Dortmund, Juve juga mesti berjibaku kontra AS Roma. (jos/jpnn)

 

 

 


[Link to media]
Dua Hal Ini Bikin Arsenal Keok Lawan Monaco-JPNN.com

LONDON- Arsene Wenger membeberkan alasan kekalahan Arsenal ketika ditekuk AS Monaco dengan skor 1-3 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2014/2015.

Menurut Wenger, ada dua hal yang membuat anak asuhnya keluar lapangan dengan kepala tertunduk dalam laga yang dilangsungkan di Emirates Stadium, Kamis (26/2) dini hari WIB.

“Kami punya dua hal yang salah: kami punya peluang tapi tak bisa memaksimalkannya. Selain itu, kami juga melakukan blunder secara bertahan karena terlalu terbuka atas gol kedua dan ketiga,” terang Wenger di laman Sky Sports.

Dalam laga itu, Arsenal memang memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Di antaranya ialah peluang sangat matang yang dimiliki Danny Welbeck serta Olivier Giroud di babak pertama.

“Kami menguasai pertandingan dengan cukup baik. Namun, dengan tendangan pertama, mereka bisa menciptakan gol. Semuanya akhirnya berjalan bagus untuk mereka,” tegas Wenger. (jos/jpnn)

 


[Link to media]
Force India Beberkan Mobil Baru-JPNN.com

LONDON- Force India akhirnya membeberkan mobil baru yang akan dipakai pada balapan Formula 1 musim 2015. Mobil bernama VJM08 itu menurut rencana akan dipakai dalam uji coba di Barcelona akhir pekan nanti.

Sebelumnya, Force India memang enggan menggunakan mobil baru yang dipakai di balapan jet darat. Kabarnya, Force India tengah mengalami masalah dengan suppliers.

Force India juga memutuskan absen dalam uji coba di Jerez. Selain itu, Force India juga memilih menggunakan mobil yang dipakai pada 2014 saat berlaga di uji coba di Barcelona akhir pekan lalu.

Saat itu, Force India mampu melahap 304 lap. Kini, publik tak akan lagi bertanya-tanya tentang mobil baru yang bakal dipakai dalam latihan terakhir di Barcelona.

“VJM08 akan tiba di Barcelona pada Jumat pagi. Kami ingin bersaing pada Jumat. Mobil kami juga akan membalap sebanyak mungkin lap,” terang Chief Operating Officer Force India, Otmar Szafnauer di laman Sky Sports. (jos/jpnn)

 

 

 

 


[Link to media]
Miris! Tak Punya Uang, Parma Wajibkan Pemain Nyuci Baju Sendiri-JPNN.com

MILAN- Krisis keuangan yang dialami Parma kian menyedihkan. Bukan hanya tak mampu membayar gaji para pemain, Parma juga tidak bisa menyediakan fasilitas laundry.

Alhasil, para pemain harus menyuci baju sendiri di rumah masing-masing. Padahal, sebelumnya para pemain Parma dikabarkan sudah tak menerima gaji selama enam bulan.

“Itulah kabar hari ini. Mulai besok dan seterusnya, tidak akan ada lagi fasilitas laundry. Kami akan membawa pulang baju ke rumah untuk dicuci,” terang kapten Parma, Alessandro Lucarelli di laman Sky Sports.

Itu merupakan derita berkepanjangan yang dialami Parma. Selain tak mampu menyediakan fasilitas laundry dan membayar gaji pemain, Parma juga bakal kehilangan beberapa barang penting.

Salah satunya ialah kursi pelatih Roberto Donadoni yang bakal dilelang. Selain itu, furnitur di ruang ganti tim berjuluk Gialloblu tersebut juga akan dilelang. (jos/jpnn)


[Link to media]
Simeone Sebut Kekalahan Atas Leverkusen Sangat Aneh-JPNN.com

MADRID- Diego Simeone kecewa berat setelah Atletico Madrid ditumbangkan Bayer Leverkusen dengan skor 0-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2014/2015.

Pasalnya, anak asuhnya sebenarnya memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol. Sayangnya, Diego Godin dkk tetap tak bisa memaksimalkan peluang dalam laga di BayArena, Kamis (26/2) dini hari WIB.

“Kami tak bisa mengatasi tekanan. Mereka memenangkan pertandingan pada babak kedua. Ini adalah pertandingan yang aneh,” terang Simeone sebagaimana dilansir laman Football Espana.

Atletico juga menelan kerugian ganda setelah kekalahan itu. Tim berjuluk Los Rojiblancos itu bakal kehilangan Godin dan Tiago di leg kedua. Selain itu, Guilherme Siqueira dan Saul Niguez juga mengalami cedera.

“Leverkusen bermain dengan sangat baik. Mereka menekan dengan sangat baik. Mereka juga bisa merebut bola dengan cepat. Tim ini terbiasa untuk menang,” tegas Simeone. (jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Gawat! 58 Ribu Guru Terancam Tak Boleh Mengajar-JPNN.com

MEDAN - Nasib para guru yang belum mengecap gelar sarjana, terancam. Jika pada tahun ini belum juga mengantongi ijazah S1 atau D4, guru bersangkutan tak diperbolehkan mengajar.

"Jika pada batas ketentuan yang telah ditetapkan tersebut ternyata masih ada juga guru belum S1, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi tak bisa mengajar atau posisinya diturunkan menjadi pegawai administrasi atau non-guru lainnya," beber Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan Sumut, Suwardi kepada wartawan, Kamis (26/2).

Menurut Suwardi, ketentuan itu berlaku sesuai Undang-Undang Nomor 15/2005 tentang Guru dan Dosen yang mewajibkan guru boleh mengajar jika sudah sarjana S1. Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Sumut hingga akhir 2014, guru yang belum memenuhi kualifikasi S1 atau Akta IV sebanyak 58.973 guru dari total 179.534 guru.

Suwardi merinci guru yang belum S1 untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK) 1.915, SD 48.749, SMP 5.557, SMPLB 126, SMA 1.133 dan SMK 1.493 guru. Sedangkan guru yang sudah berkualifikasi S1 sebanyak 120.581 orang.

Menyikapi permasalahan itu, Disdik Sumut menargetkan setiap tahun ada ribuan guru yang menyelesaikan kuliah dan bergelar sarjana.

"Target kita selesai 2018, dengan rincian 10 ribu yang kita sekolahkan itu untuk SD sebanyak 6.500 guru, SMP 2.000 guru, SMA 500 guru, dan TK/PAUD 750 guru," ungkapnya seraya menyebutkan pemerintah Provinsi Sumut sudah memberikan bantuan pendidikan kepada sekitar 16 ribu guru sejak 2005.

Dia menambahkan, guru yang menempuh pendidikan di Universitas Terbuka sejak 2005-2010 melalui anggaran Pemprov Sumut dari tingkatan D2 ke S1 sebanyak 7.842 orang, dan SLTA ke S1 sebanyak 1.301.

Sedangkan guru yang dikuliahkan di Unimed pada 2009 sebanyak 8.110 orang, namun menyusut pada 2010 menjadi 7.327 orang.

Terpisah Sekretaris Gabungan Pendidik Tenaga Kependidikan Sumut Abdul Latif mengaku, prihatin dengan kualifikasi guru di Sumut.

Menurutnya tidak tuntasnya program peningkatan kualifikasi ini karena pemerintah juga tidak serius dalam menyediakan anggarannya bagi guru. Sementara jika mengharapkan individu guru tidak semuanya mampu. "Guru SD disuruh kuliah lagi dari mana uangnya? Gajinya sudah habis untuk makan," ucapnya. (prn/ram)


[Link to media]
Mumpung Stasiun Sepi, Pasangan Ini Asyik Indehoi-JPNN.com

SEORANG pria dan wanita di sebuah stasiun bawah tanah di Berlin, Jerman ini seolah bermuka tembok. Tanpa malu dan canggung, mereka berhubungan seks di Stasiun Schoenleinstrasse pada pagi hari yang masih sepi.

Terang saja ulah mesum yang seolah tak kenal tempat itu membuat geger. Seorang penumpang kereta bawah tanah yang kebetulan tengah berada di stasiun lantas merekam ulah cabul itu dengan kamera di telepon genggam.

Selanjutnya, video itu menyebar Live Leak. Merujuk pada rekaman yang beredar, seorang pria bertuksedo terlihat mengayunkan pinggulnya ke depan dan belakang, sementara sang perempuan membungkuk.

Yang lebih gila, pasangan mesum itu tetap saja asyik mengumbar syahwat meski jadi tontonan banyak orang dan direkam. Alih-alih segera menghentikan aksinya, keduanya justru mengacungkan jari tengah ke arah penumpang yang merekam dengan kamera di telepon seluler.

Dari pakaian yang dikenakan, pasangan itu sepertinya baru saja menghadiri sebuah acara sosial pada malam sebelumnya. Sebab, si pria masih mengenakan tuksedo dan si wanita juga mengenakan gaun resmi.

Namun demikian, ulah cabul itu sepertinya tak akan membuat mereka berurusan dengan hukum. Sebab, kepolisian Jerman menyatakan tak akan menyelidiki kasus itu karena tidak ada pihak yang mengadukannya.

Kini justru identitas pasangan mesum itu membuat penasaran. Media di Jerman bahkan menyediakan iming-iming imbalan bagi pihak yang mengetahui identitas pasangan cabul itu.(mirror/ara/jpnn


[Link to media]
Sistem Hankam 2015-2019 Dikhawatirkan Menyamai Gaya Orba-JPNN.com

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigay, menduga Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Strategi Pembangunan Pertahanan dan Keamanan Pemerintah 2015-2019, akan memunculkan sistem otoritarianisme dan militeristik seperti masa orde baru.

Pasalnya, dalam Perpres diatur salah satu strategi Hankam Indonesia, membentuk "sistem pertahanan dan keamanan integratif". Kemudian untuk mewujudkannya, pemerintah juga akan membentuk Badan Pertahanan dan Keamanan Nasional dan di wilayah juga akan membentuk Komando Wilayah Hamkam.

"Badan ini juga menangani persoalan keamanan insani (human security) yang merupakan pekerjaan polisional dan pekerjaan sipil. Misalnya keamanan atas sandang, pangan dan papan yang selama ini dikerjakan oleh lembaga-lembaga sipil melalui kementerian," katanya, Kamis (26/2).

Untuk itu, Pigay mengimbau agar kebijakan tersebut perlu dijadikan diskursus nasional, guna menemukan terget pemerintah sebenarnya. Demikian pula seluruh akademisi, pengamat dan juga sipil society, perlu mengkritisi secara profesional, imparsial, objektif dan transparan.

Imbauan dinilai penting, mengingat kebijakan dikhawatirkan akan mempengaruhi sistem demokrasi Indonesia ke depan. Kebijakan yang hadir di tengah memanasnya konflik institusional antara KPK dan Polri, tingginya dinamika politik partai politik, parlemen dan lembaga kepresidenan yang tidak menentu. Serta tingginya opini tentang hukuman mati.

"Pemisahan secara tegas antara pertahanan (external security) dan keamanan (internal order) adalah bentuk distribusi secara tegas sebagai wujud negara demokrasi dan demi tegaknya kedigdayaan sipil. Sebagaimana ciri negara modern," katanya. (gir/jpnn)


[Link to media]
Kehidupan Keluarga Gadis Cantik yang Dihamili Ayah Tiri Memprihatinkan-JPNN.com

BALIKPAPAN - Ketua RT 22 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara Slamat membantah bahwa Johny Ratte (43) tersangka kasus pencabulan terhadap anak tiri sendiri adalah warganya.

Slamat yang ditemui di kantor Kelurahan Karang Joang mengatakan, Johny beserta keluarganya hanya pendatang sebagai tamu yang bekerja di kebun milik orang lain.

“Dia tidak terdaftar sebagai warga saya, selama saya menjabat sebagai ketua RT tidak pernah melapor dia. Sebenarnya dia tinggal di Semoi,” ungkap Slamat didampingi Lurah Karang Joang Muhammad Subli, dilansir Balikpapan Pos (Grup JPNN.com), Kamis (26/2).

Keluarga yang selalu tertutup dan jauh dari perkampungan membuat keluarga ini semakin tidak terpantau oleh ketua RT serta warga sekitar. Slamat mengatakan keluarga Johny tersebut terkadang hanya datang dan pergi saja.

“Tidak pernah juga dia ikut kegiatan di kampung, paling kita lihat saat dia akan pulang ke Semoi atau mau ke pasar, karena pasti keluar nunggu angkot di jalan,” bebernya.

Ketua RT 22 bersama Lurah Karang Joang juga langsung mendatangi rumah korban untuk mendengar langsung dari korban beserta pengakuan ibu korban DV (20).

Mengakses rumah korban cukup menguras tenaga, jaraknya cukup jauh. Tidak memungkinkan dilalui kendaraan roda empat, hanya ada jalan setapak. Bila hujan, sepeda motor saja tidak mampu melintas.

Rombongan kemarin harus berjalan kaki sekitar satu kilometer lebih untuk mencapai rumah korban yang berada di tengah perkebunan.

“Kami sudah mendengarkan apa yang disampaikan korban beserta ibunya. Kami juga melihat kehidupan mereka sangat memprihatinkan dan sangat tidak mampu,” kata Subli.

Untuk selanjutnya Slamat akan berkoordinasi dengan warga setempat beserta kelurahan untuk membantu kehidupan korban beserta keluarganya, agar bisa hidup dengan layak, tidak seperti saat ini. (pri/war/jpnn)


[Link to media]
Dihukum Cambuk, Tiba-tiba Melawan Algojo dengan Jurus Harimau-JPNN.com

SIGLI - Empat  tersangka kasus perjudian dicambuk di halaman Mesjid Alfalah Sigli, Kamis (26/2), sekira pukul14.00 wib. Namun, saat dicambuk keenam kalinya, salah satu terdakwa Syukri Bin Ibrahim tiba-tiba emosi dan mengejar algojo dengan jurus harimau.  
 
"Melihat perlawan seperti itu, petugas dari Satpol PP/WH pun langsung mengejar pelaku dan membekuknya kembali. Kemudian kami periksa kembali kesehatannya oleh tim medis," kata Kasi Perdata Dan Tata Usaha Negara Kejari Sigli Muhammad ABD.SH kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), kamis (26/2).
 
Ia menjelaskan, mereka dihukum sesuai dengan perbuatannya dan sudah dikurung 18 - 33 hari. Sedangkan berapa kali pencambukan dikurangi dengan berapa hari masa tahanan.
 
"Eksekusi terpaksa dilakukan, Kamis kemarin,  karena  tidak bisa ditunda lagi sebab berakhirnya masa tahanan. Jika dicambuk hari Jum'at seperti lazimnya pecambukan tentu saja sudah melanggar aturan,"ungkapnya.
 
Keempat terdakwa itu dihukum karena telah melanggar Qanun No 13 tahun 2003 tentang maisir/judi.  Yakni Syukri Bin Ibrahim (47), warga Gampong Dayah Teungoh Tijue Sigli, kasus maisir dan dihukum 10 kali cambuk. Karena terdakwa sudah ditahan 25 hari maka hukuman cambuk dikurangi 1 kali sehingga hanya menerima hukuman cambuk 9 kali.  

Junaidi Bin Maddan (30), warga Gampong Lhok Me Kecamatan Sakti kasus maisir dan dihukum empat kali cambuk.

Andi Kausa Bin Muharam (30), warga Gampong Barat Pidie, hukuman cambuk empat kali. Adriansyah Bin Abdurrani (30), warga Gampong masjid Utue Pidie dicambuk enam kali. (Mir)


[Link to media]
Hayom Rumbaka Lolos ke Perempat Final German Open-JPNN.com

JAKARTA - Wakil tunggal putra Indonesia di turnamen bulu tangkis German Open Grand Prix Gold, Dionysius Hayom Rumbaka, menunjukkan kelasnya. Dia berhasil menembus perempat final setelah menang mudah atas Lucas Corvee (Prancis) dengan 21-11 dan 21-12.

Menurut Hayom, performanya memang sedang bagus dan dibantu sang lawan yang levelnya masih di bawah dia. Karena itu, pertandingan terasa sangat mudah.

"Permainan tadi cukup mudah dilewati. Lawan juga levelnya masih di bawah saya. Jadi tidak ada masalah," terang Hayom kepada situs PBSI.

Hayom tak kesulitan menaklukkan Lucas karena dia sendiri banyak melakukan kesalahan mendasar. Jangankan menyerang Hayom, menegembalikan pukulan Hayom saja dia kesulitan.

Di perempat final, lawan yang akan dihadapi Hayom adalah antara Hans-Kristian Vittinghus (Denmark) atau Goh Soon Huat (Malaysia). Laga baru digelar pada Jumat (27/2) dini hari waktu Indonesia.

"Dua-duanya harus diwaspadai, ketemu Vittinghus saya belum pernah menang, sementara ketemu Goh ramai pasti di lapangannya. Tapi saya yakin sekarang, sudah beda. Fokusnya, saya ambil satu per satu dulu," tegasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Anak Buah Mbak Tutut Laporkan MNC ke BEI-JPNN.com

JAKARTA - Direksi PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) melaporkan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) ke otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait tindakan MNC yang mengklaim memiliki TPI dan dianggap telah melanggar prinsip keterbukaan di pasar modal sebagaimana diatur dalam UU Pasar Modal.

Hal itu disampaikan Sekretaris Perusahaan PT CTPI, Melki Laka Lena melalui siaran persnya usai pertemuan dengan otoritas BEI yang diwakili oleh Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen, di Kantor BEI, Jakarta, Kamis (26/2).

Menurut Melki, tindakan MNC mengklaim kepemilikan PT CTPI merupakan pelanggaran terhadap Pasal 78 UU Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, dimana setiap prospektus dilarang memuat keterangan yang tidak benar tentang fakta material atau tidak memuat keterangan yang benar tentang fakta material yang diperlukan.
 
“Tadi kami melaporkan ke BEI soal adanya putusan hukum PK Mahkamah Agung yang menguatkan bahwa TPI adalah milik kami (Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut, Red.). Kami juga membawa putusan BANI sekaligus pembatalan putusan BANI yang saat ini sedang berproses di PN Jakpus,” kata Melki.

Akibat tindakan MNC tersebut, kata Melki, tidak saja merugikan pihak Siti Hardiyanti Rukmana sebagai pemilik sah, tetapi juga masyarakat luas terutama mereka yang membeli saham MNC.

Kepada BEI, mereka juga menyampaikan bahwa PT CTPI saat ini sedang berkoordinasi dengan beberapa kementerian terkait. Di antaranya Kementerian Informasi dan Informatika soal teknis penyiaran dan soal legalitas formal yang sudah dikukuhkan oleh Dirjen AHU Kemenkumham.

“Mereka (BEI) menyimak betul atas laporan kami ini. BEI akan meneruskan pertanyaan-pertanyaan dalam laporan kami ini untuk dikirim dan segera dijawab oleh pihak yang bersangkutan dalam hal ini PT MNC,” ujarnya.

Melki menambahkan, pihak BEI mengatakan bahwa jika PT MNC tidak memberikan informasi yang benar dan dalam waktu dua hari setelah surat dari BEI dilayangkan ke PT MNC, maka saham MNC bisa di-suspend atau diberhentikan perdagangannya oleh otoritas bursa efek.

“Kita tunggu saja apa hasilnya nanti. Kami meyakini bahwa BEI akan mengikuti aturan hukum yang berlaku di Indonesia,” tandasnya.

MNC adalah perusahaan publik yang sahamnya telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tanggal 22 Juni 2007 dengan kode saham MNCN. Selama ini MNC selalu mengklaim memiliki 3 TV Free-To-Air (FTA )–RCTI, MNCTV dan GlobalTV. Masalah kemudian timbul ketika MNCTV oleh MNC dianggap nama udara yang tidak sah dari PT CTPI yang jelas bukan milik MNC, melainkan milik Ny Siti Hardiyanti Rukmana.

Fakta jika PT CTPI adalah milik Ny Siti Hardiyanti Rukmana dan bukan milik MNC semakin diperkuat dengan putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 238 PK/Pdt/2014 yang memperkuat Putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 862 K/Pdt/2013.(fat/jpnn)


[Link to media]
Ini Alasan Polri Ngotot Garap Kasus Novel Baswedan-JPNN.com

JAKARTA - Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri, Irjen Ronny Franky Sompie menegaskan pengusutan dugaan penganiayaan tersangka penyidik KPK Novel Baswedan, bukan dimaksudkan untuk menghalangi lembaga antirasuah itu dalam memberangus korupsi.

"Itu yang paling penting," tegas Ronny di Mabes Polri, Kamis (26/2).

Mantan Kapolwiltabes Surabaya ini menjelaskan, kasus itu ditangani karena pelapor dari pihak korban yang ditembak masih menuntut hak asasinya. "Polisi hanya memberikan pelayanan agar hak asasi korban di Bengkulu bisa terlayani," papar jenderal bintang dua yang berpengalaman di reserse itu.

Apalagi, lanjut dia, kasus ini tahun depan sudah kedaluwarsa. Kalau dibiarkan, kata Ronny, maka tidak akan bisa diproses lagi.

Dia mengatakan, proses penyidikan dan pemanggilan Novel, itu tujuannya untuk melengkapi proses penyelidikan dan pembuktian.

Ronny mengaku tidak tahu apakah ketidakhadiran Novel itu karena instruksi dari pimpinan KPK. "Tanya sama Plt (Ketua) KPK," tegasnya. (boy/jpnn)


[Link to media]
Relawan Jokowi Minta AS dan BW Tidak Bermanuver-JPNN.com

JAKARTA - Sejumlah organisasi Relawan Jokowi yang tergabung dalam Gerakan Trisakti Nusantara, yaitu Laskar Rakyat Jokowi (LRJ), Aliansi Nasionalis Nahdliyin (ANN) dan Sahabat Nusantara (SN), meminta agar pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Abraham Samad (AS) dan Bambang Widjojanto (BW) tidak melakukan manuver-manuver.

"Sebagai pimpinan KPK nonaktif, sebaiknya AS dan BW mengikuti proses hukum atas kasus yang disangkakan dengan gentleman. Tidak perlu melakukan manuver-manuver yang menggiring opini publik kalau mereka adalah korban kriminalisasi," kata Ketua Umum LRJ, Riano Oscha, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/2).

Soal terbukti atau tidaknya sangkaan terhadap AS dan BW lanjut Riano, biar nanti pengadilan yang memutuskan. "Jadi AS dan BW jangan banyak bermanuver dan berdalih agar tidak sampai diperiksa oleh pihak Bareskrim Mabes Polri," ujar Riano.

Ketua Umum SN, Giat Wahyudi, menambahkan, manuver-manuver AS dan BW yang tidak mau diperiksa oleh pihak kepolisian, itu sama saja mengeruhkan suasana yang mulai kondusif.

"AS dan BW harusnya bisa menjaga suasana yang sudah kondusif. Bukannya malah mengeruhkan situasi. Karena Presiden Jokowi sendiri sudah melakukan langkah-langkah produktif guna menghentikan perdebatan panjang terkait KPK dan Polri," tegas Giat.

Menurut Giat, jika saja bukan langkah tersebut yang diambil Presiden Jokowi dalam menangani konflik KPK dan Polri, tentunya situasi negara Indonesia bisa lain. "Langkah yang diambil Presiden Jokowi nyatanya mampu meredam gejolak di masayarakat, dan itu harus dihargai oleh semua pihak,” tegas Giat.

Sementara Ketua ANN, Marihot Siahaan, bisa memaklumi langkah Presiden Jokowi yang tidak menjalankan kewajibannya melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. "Secara konstitusi, Presiden Jokowi seharusnya memang melantik Komjen BG sebagai Kapolri. Karena sudah disetujui oleh DPR,” kata Marihot.

Namun di sisi lain, sambung Marihot, dirinya juga menerima dasar pemikiran yang dikemukakan Presiden Jokowi atas langkahnya tidak jadi melantik Komjen BG menjadi Kapolri. "Presiden melakukan itu semata-mata untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," pungkas Marihot. (fas/jpnn)


[Link to media]
Dua Fraksi DPR Dorong Bentuk Pansus Beras-JPNN.com

JAKARTA - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) dan Fraksi Partai Persatuan Pembagunan (FPPP) DPR mewacanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) DPR untuk menginvestigasi kenaikan harga beras yang selalu terjadi pada akhir Februari atau menjelang panen raya gabah.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi IV DPR dari FKB Daniel Djohan dan Sarmuji Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PPP dalam diskusi "Harga Beras Melambung, Siapa yang Bermain?", di press room DPR, Gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (26/2).

"Melambungnya harga beras menjelang akhir Februari di setiap tahunnya selalu saja terjadi. Bahkan untuk tahun 2015 kenaikkan harga beras mencapai 30 persen. Di sisi lain, pemerintah mengklaim stok beras nasional mencukupi, sebagaimana yang dinyatakan Presiden Joko Widodo, usai blusukan ke gudang Bulog, Kelapa Gading kemarin," kata Daniel Djohan.

Dua fakta itu lanjutnya, sangat bertolak belakang, sementara rakyat di semua daerah menjerit karena harga beras semakin tidak terkendali.

"Sepertinya ada tangan-tangan tertentu memainkan harga beras untuk memaksa pemerintah membuka keran impor," tegasnya.

Indikasinya kata anggota DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Barat itu, beberapa hari belakangan ramai pemberitaan bahwa Thailand bersedia memasok beras Indonesia dengan harga Rp 4 ribu per kilogram.

"Tapi itu tidak boleh terjadi karena DPR sudah melarang pemerintah impor beras. Untuk mengatasi permainan harga beras, FKPB justru mendorong DPR buat Pansus," tegasnya.

Sementara Sarmuji menambahkan, melambungnya harga beras tidak bisa dilepaskan dari peran spekulan dan kartel di bidang beras yang terasa terlalu kuat.

"Spekulan dan praktik kartel bisa eksis karena mereka memang bisa memainkan harga menjelang panen raya untuk mengosongkan gudangnya," ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur itu.

Untuk menghentikan permainan harga spekulan dan kartel ini, Sarmuji mendorong DPR untuk segera membentuk Pansus beras.

"Hanya melalui Pansus, DPR bisa melakukan investigasi kepada semua pihak yang terkait dengan beras," pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Merasa Dibohongi, Puluhan Sopir Truk Sampah Unjuk Rasa-JPNN.com

PALU - Puluhan sopir armada sampah beserta ratusan petugas kebersihan lainnya menggelar unjuk rasa menuntut realisasi uang pengganti pembelian bahan bakar minyak (BBM) seperti yang telah dijanjikan.

Mereka merasa dibohongi Sekretaris DKP Kota Palu, Abd. Rahman Intang karena janji tidak pernah ditepati. Dalam demo tersebut, mereka juga meminta agar pejabat tersebut dicopot.

Selain itu, mereka juga meminta agar sistem pemberian kupon yang dicetuskan oleh Abd. Rahman dihentikan dan meminta dikembalikan ke sistem sebelumnya. Sebab sistem pemberian kupon BBM yang digunakan sekarang dinilai justru hanya merugikan mereka.

Selama aksi berlangsung, Abd. Rahman tak menampakkan batang hidungnya meski diharapkan hadir dan melakukan klarifikasi. Sebagai gantinya, Asisten II Setkot Palu Ansar Setiadi menemui para sopir dan petugas kebersihan.

Dalam pertemuan itu dirinya berjanji akan segera memanggil Kepala DKP Kota Palu Drs Sumardi dan Sekretaris DKP Abd. Rahman agar segera menyelesaikan persoalan ini. Termasuk permintaan untuk mengubah sistem kebijakan kupon.

”Pegang saja kata-kata saya,” ujar Ansar menenangkan demonstran.

Sementara itu, dalam aksi tersebut salah seorag sopir armada mengungkapkan akibat penggunaan sistem kupon, dirinya harus rela mengeluarkan uang pribadinya untuk membeli BBM saat mengangkut sampah. Menurutnya, sebelum sistem kupon diberlakukan, hal seperti itu tidak pernah terjadi. Selain itu, anteran selalu saja terjadi saat akan melakukan pengisian solar.

"Mana sudah janji Sekdis itu, tolong ganti rugi uang kami,” ujar pendemo.

Dia mengatakan jika dalam satu atau dua hari ini, keinginan mereka tidak dikabulkan, demon lebih besar  akan digelar.

”Kami sangat menghargai pemerintah, tapi tolong hargai juga keringat kami yang sudah keluar. Meskipun pekerjaan kami hina, tapi janganlah kami dipandang sebelah mata,” pintanya.(cr4/jpnn)


[Link to media]
Menteri Susi Hanya Mau Makan Tahu Tempe di Pangandaran-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mencoba mengangkat gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi kekayaan alam di tanah air, tanpa bahan-bahan pengawet.

Menurutnya cara tersebut juga bisa dipakai oleh para nelayan maupun pengusaha di Indonesia untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.

"Ini yang juga harus kita perhitungkan. Ke depan kita harus mengarah kepada new lifestyle, mencari formula baru, more to organik," ujar Susi di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (26/2).

Menteri bersuara berat ini lantas mencontohkan hal yang sederhana, terkait gaya hidupnya. Susi ternyata ogah mengkonsumsi makanan tahu tempe bila berada di Jakarta. Namun, makanan tersebut akan langsung dilahapnya jika berada di Pangandaran.

Dengan kembali ke alam dan tanpa menggunakan bahan pengawet, masyarakat akan cenderung memilih bahan pangan yang sehat, meski lokasinya jauh.

"Saya kalau makan tahu tempe di Jakarta nggak mau. Saya lebih suka makan tempe tahu di Pangandaran, karena di Pangandaran kedelainya kecil-kecil. Saya rasa itu (kedelai kecil-kecil) lebih sehat," pikirnya. (chi/jpnn)


[Link to media]
Pemain Bola di Indonesia Jangan Ragu Laporkan Tunggakan Gaji-JPNN.com

KEBOBROKAN pengelola klub di Indonesia yang sewenang-wenang dan menunggak gaji pemain, tak bisa didiamkan. Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) menyarankan pemain tak takut dan melaporkannya.

Salah satu kasus yang menjadi perhatian APPI saat ini adalah kesewenang-wenangan manajemen Arema Cronus terhadap mantan pemainnya, Munhar. Pemain yang saat ini merumput di Persebaya itu, masih ditunggak gaji tiga bulan oleh tim kebanggaan Aremania tersebut.

"Saya bukan hanya mendukung Munhar, tapi juga mengajak pemain yang lain kalau punya ada kasus seperti Munhar ya bicara saja. Karena itu kasus perdata, jadi tidak usah terlalu takut," kata General Manager APPI, Valentino Simanjuntak, Kamis (26/2) malam.

Sebelumnya, masalah Munhar mengemuka setelah dia mengaku jika belum digaji via Twitter pribadinya @Munhar_53. Tapi kenyataannya pemain lain sudah dilunasi gajinya.

Pernyataan itu membuat CEO Arema Iwan Budianto panas. Alhasil, dia menyebut niat membayarkan gaji Munhar dibatalkan karena sikapnya yang lebih memilih untuk mengunggah masalah ini di media sosial.

Iwan juga menyebut alasan Munhar minim kontribusi dan jarang tampil untuk Arema. Selain hanya sekali jadi starter, Munhar juga disebut merugikan tim karena melakukan blunder.

"Gaji tetap harus dibayar, karena sesuai kontrak. Apalagi soal kontribusi atau blunder, Kalau tidak diperjanjikan dalam kontrak, ya tidak bisa begitu," ungkap Valen. (dkk/jpnn)

 


[Link to media]
Inilah Salah Satu Anggaran Siluman yang Dimaksud Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ‎menanggapi soal dirinya yang dikatakan tidak memiliki sopan santun oleh anggota DPRD DKI Jakarta. Ia menilai orang yang memiliki etika adalah tidak mencuri uang rakyat.

Sebelumnya, juru bicara Fraksi Demokrat-PAN DPRD DKI Jakarta, Ahmad Nawawi ‎menyatakan Ahok memiliki sifat arogansi, angkuh, sombong, dan tidak mengenal sopan santun. 

Hal ini ditunjukan Ahok di hadapan publik dan selalu melecehkan anggota legislatif.‎

"Saya bilang yang menurut saya etika itu orang yang tidak mencuri uang rakyat," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (26/2).

Ahok mengungkapkan hal itu seolah menyindir tindakan DPRD DKI Jakarta. Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan bahwa ada anggaran siluman yang diajukan DPRD DKI Jakarta.

Salah satunya adalah untuk pengadaan UPS buat sekolah yang nilainya mencapai Rp 6 miliar.

"Menurut saya kalau Anda beli UPS buat sekolah hampir Rp 6 miliar itu tidak beretika, sekalipun Anda amat santun berbicara. Menurut saya seperti itu. Orang mencuri uang rakyat untuk sekolah, UPS," ucap Ahok. 

Ahok pun memberikan data mengenai mark up Dinas Pendidikan untuk pengadaan UPS tahun 2014 untuk sekolah kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Dengan begitu, bisa dikroscek ke kepala sekolah yang bersangkutan.

"Kalian cek ke kepala sekolah. Ini kan dari SMA, tanya emang betul sekolah butuh UPS begitu canggih," tandasnya. ‎(gil/jpnn)

Daftar Rekapitulasi Pengadaan UPS pada Suku Dinas Pendidikan Tinggi Kota Administrasi Jakarta Barat Tahun Anggaran 2014:

1. PT Vito Mandiri Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMK 45 senilai Rp 5.822.608.000

2. Wiyata Agri Satwa Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 42 senilai Rp 5.833.448.500

3. PT Dinamika Airufindo Persada Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 35 senilai Rp 5.832.750.000

4. PT Debitindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN‎ 17 senilai Rp 5.831.408.000

5. PT Hamparan Anugerah Sentosa Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 13 senilai Rp 5.831.408.000

6. Lumban Ambar Berbakti Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 11 senilai Rp 5.794. 822.000

7. CV Air Putih Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 9 senilai Rp 5.830.044.000

8. Bentina Agung Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 112 senilai Rp 5.831.760.000

9. CV Padang Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 101senilai Rp 5.831.760.000

10. ‎PT Multi Langgeng Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 96 senilai Rp 5.833.410.000

11. ‎CV Artha Prima Indah Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 94 senilai Rp 5.832.035.000

12. PT Tinada Kuta Dairi Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 85 senilai Rp 5.830.880.000

13. ‎PT Tavia Belva Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 84 senilai Rp 5.833.520.000

14. ‎PT Greace Solusindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 78 senilai Rp 5.826.810.000

15. PT Astrasea Pasirindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 65 Rp 5.833.311.000

16. PT Elisa Mitra Inovatif Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 57 senilai Rp 5.830.858.000

17. ‎CV Wisanggeni Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 56 senilai Rp 5.829.967.000

18. CV Tunjang Langit Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 33 senilai Rp 5.832.618.000

19. ‎PT Paramitra Multi Prakasa Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 23 senilai Rp 5.834.290.000

20. CV Parameswara Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 19 senilai Rp 5.832.200.000

21. ‎PT Aurel Duta Sarana Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 17 senilai Rp 5.832.805.000

22. CV Anugrah Mandiri Jaya Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 16 senilai Rp 5.831.034.000

23. PT Barkanatas Dharma Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 2 senilai Rp 5.837.337.550

24. Anugrah Cipta Karya Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 60 senilai Rp 5.833.300.000

25. ‎CV Bukit Terpadu Utama Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 53 senilai Rp 5.833.289.000

Sehingga totalnya Rp 145.763.712.050

Rekapitulasi Lelang UPS Pendidikan Menengah Jakarta Pusat

1.‎ CV Bintang Mulia Wisesa Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 27 senilai Rp 5.831.375.000

2. ‎CV Sinar Bunbunan Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 25 senilai Rp 5.819.484.000

3. ‎CV Widya Karya Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 24 senilai Rp 5.825.380.000

4. ‎PT Viento Lavende Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 20 senilai Rp 5.834.950.000

5. PT Frislianmar Masyur MandiriPengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 10 senilai Rp 5.832.530.000

6. ‎Mitra Jaya Perkasa Abadi Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 7 senilai Rp 5.837.832.000

7. ‎CV Wisanggeni Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 5 senilai Rp 5.829.967.000

8. ‎PT Aurel Duta Sarana Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 4 senilai Rp 5.832.805.000

9. ‎CV Parameswara Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMAN 1 senilai Rp 5.832.200.000

10. CV Air Putih Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) SMKN 44 senilai Rp 5.830.044.000

11. PT Barkanatas Dharma Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 16 senilai Rp 5.837.337.550

12. ‎PT Dearma Pindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 14 senilai Rp 5.839.174.000

13. CV Permata Padi Purnama Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 3 senilai Rp 5.830.000.000

14. PT Hamparan Anugerah SentosaPengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 39 senilai Rp 5.831.408.000

15. ‎CV Padang Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 1 Rp 5.831.760.000

16. ‎PT Manggala Apulindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 34 senilai Rp 5.833.960.000

17. ‎PT Karunia Lautan Semesta Alam Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 31 senilai Rp 5.835.170.000

18. ‎CV Tunjang Langit Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 27 senilai Rp 5.832.618.000

19. ‎PT Putri Tonggi Mandiri Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 21 senilai Rp 5.832.530.000

20. ‎PT Putri Tonggi Mandiri Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMKN 19 senilai Rp 5.834.510.000

21. ‎CV Anugerah Indah Mahakarya Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 77 senilai Rp 5.832.827.000

22. ‎PT Ladita Berdua Karya Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 68 senilai Rp 5.833.058.000

23. PT Astrasea Pasirindo Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 35 senilai Rp 5.833.311.000

24. ‎PT Berlian Kencana Sejahtera Pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS)‎ SMAN 30 senilai Rp 5.831.870.000


[Link to media]
Garuda Angkut 63 Penumpang Mendarat Darurat di Kupang-JPNN.com

KUPANG - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 460 nyaris celaka. Seharusnya, pesawat yang terbang dari Denpasar, Bali ini, terlebih dahulu mendarat di bandara Tambolaka. Namun, akibat kerusakan pada sistem power steering, pilot memutuskan melanjutkan penerbangan ke Kupang.

Pendaratan darutan pun berhasil dilakukan di Bandara El Tari, sekira pukul 15.45 Wita, Kamis (26/2). Pesawat yang tidak dapat berbelok, akhirnya ditarik mobil Bandara Bettles (BTT) ke apron parking stand 5. Setelah penumpang diturunkan, perbaikan langsung dilakukan tim teknik Garuda.

Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Indrata mengatakan, pesawat tersebut mengangkut 63 penumpang, termasuk pilot, copilot, First Officer (FO), tiga pramugari, dan seorang bayi.

"Harusnya pesawat mendarat dulu di Tambolaka, namun karena di sana tidak ada teknisi, sehingga pilot putuskan mendarat di Kupang," imbuhnya.

Walaupun proses perbaikan tak lama, Indrata memastikan penerbangan baru akan dilakukan pada hari ini, Jumat (27/2).

"Paling lambat besok (hari ini, Red.), baru pesawat bisa terbang ke Tambolaka. Soal hak-hak penumpang  menjadi tanggung jawab Garuda," katanya.

Pihak Garuda belum berhasil dikonfirmasi mengenai kejadian ini. Timor Ekspress (Grup JPNN.com) telah mencoba mendatangi kantor maskapai plat merah ini di Bandara El Tari, namun ditutup.(joo/jpnn)

 


[Link to media]
Politikus PDIP Dukung Jokowi Setop Kirim TKW ke Luar Negeri-JPNN.com

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan melarang perempuan bekerja di luar negeri sebagai pembantu rumah tangga.

Anggota Komisi VIII DPR, Itet Tridjajati Sumarijanto mengatakan, sebaiknya pemerintah mengirim Tenaga Kerja Indonesia yang memiliki skill, bukan PRT yang selama ini kerap kali menjadi sumber masalah dan merendahkan martabat bangsa.

Menurut Itet, para pembantu yang bekerja di Timur Tengah memang hidup berkecukupan. Namun, kata dia, tidak sedikit para pembantu tersebut dikurung di rumah dan kalau mereka membuat kesalahan langsung disiksa.

”Mereka tidak mau kalau disuruh kembali lagi. Sebaik-baiknya majikan, mereka tetap dipaksa bekerja keras di luar normal jam kerja,” ujar Itet di Jakarta, Kamis (26/2).

Itet menyontohkan dampak pengiriman tenaga kerja perempuan tersebut secara psikologis sangat berat. Menurutnya, kesuksesan materi yang mereka dapatkan di luar negeri tidak sebanding dengan penderitaan psikologis yang harus ditanggung.

”Saya sudah pergi ke pelosok-pelosok Indonesia, akibat dari pengiriman tenaga kerja ke luar negeri membuat kehidupan rumah tanggap mereka menjadi berantakan,” papar Itet.

Lebih lanjut Itet menilai kebijakan Presiden Jokowi itu bukannya membatasi hak konstitusi setiap warga Negara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Setiap warga negara memang berhak mendapatkan pekerjaan.

"Namun kalau dinilai dan ditimbang dari fakta dan realita yang ada, maka jelas kebijakan presiden melarang PRT bekerja ke luar negeri adalah keputusan yang bijaksana,” ungkap politikus PDIP itu.

Dia pun mendorong agar para menteri di Kabinet Kerja segera merespon kebijakan Presiden Jokowi tersebut.

”Para menteri harus bergegas dan berlomba menciptakan lapangan kerja di Indonesia,” imbuh anak buah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.(boy/jpnn)


[Link to media]
Ahok Dianggap Tidak Punya Sopan Santun-JPNN.com

JAKARTA - Juru bicara Fraksi Demokrat-PAN DPRD DKI Jakarta, Ahmad Nawawi ‎menilai, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama tidak mengenal sopan santun. Hal itu disampaikan Ahmad pada saat menyampaikan pandangan Fraksi Demokrat-PAN.

"Sifat arogansi, angkuh, sombong, tidak mengenal sopan santun dipertunjukkan saudara gubernur di hadapan publik dan selalu melecehkan anggota legislatif," kata Ahmad dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD ‎DKI Jakarta, Kamis (26/2).

Hal itulah yang memembuat Fraksi Demokrat-PAN menyetujui hak angket DPRD Jakarta untuk Ahok. ‎Bahkan, dia berharap fraksi lainnya mempunyai sikap yang sama.

"Bukan hanya Fraksi Demokrat-PAN, kami ingin seluruhnya secara bulat menyetujui hak angket DPRD Jakarta terkait pelanggaran yang diduga dilakukan Gubernur DKI Jakarta," ucap Ahmad.

Ahmad berharap keputusan Paripurna bisa segera ditindaklanjuti. "Mudah-mudahan selesai Paripurna ini tidak berhenti, tapi langsung ditindaklanjuti," tegas Ahmad. (gil/jpnn)


[Link to media]
Main Film, The Virgin Girang 6 Lagunya Dijadikan Soundtrack-JPNN.com

BAGAI tertimpa durian runtuh, band duo The Virgin yang merilis album kedua bertajuk 'Positive Negative' Februari 2014 lalu langsung mendapatkan tawaran untuk bermain di layar lebar. Tak tanggung-tanggung, ternyata saat menyelesaikan syuting selama sepuluh hari, enam lagu di album terbarunya dijadikan soundtrack film 'Kok Putusin Gue?' yang juga dibintangi oleh Mita dan Dara.

"Beruntung banget, di film terbaru soundtracknya itu lagu kita semua, total enam lagu. Jadi promonya bisa sekalian kan," kisah Mita saat mengunjungi kantor Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (26/2).

Album 'Positive Negative' memiliki sebelas lagu  'Make Me Sick', 'Sedetik', 'Cinta Gila', 'Cinta Terlarang', 'Bungkam', 'Egois', 'Cuma Kamu', 'Di Sini', 'Lagu Cinta', 'Positive Negative', dan 'Sama di Mata Tuhan'. Enam lagu di antaranya berhasil menjadi soundrack film teranyar keduanya.

"Untuk judul-judulnya aku belum tahu tapi yang pasti enam lagu dan lagu 'Sedetik' sudah pasti dipakai," ungkap Mita.

Pemilihan soundtrack tak semata-mata karena The Virgin merupakan pemain yang juga sukses bermusik.

"Kenapa lagu kita juga yang dipakai karena memang dari segi cerita dan lirik ada kesamaan," papar Dara.

Film 'Kok, Putusin Gue?' digarap leh sutradara M. Harmoko dengan menggaet beberapa bintang seperti band duo The Virgin, Steven William, dan Igor Saykoji. Film tersebut diangkat dari novel laris manis yang bejudul sama dan akan rilis pada Maret 2015 mendatang.(mg1/jpnn)


[Link to media]
?Wow..Banyak Banget Aturan yang Dituduhkan Dilanggar Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Anggota Fraksi Hanura DPRD DKI Jakarta, Fahmi Zulfikar Hasibuan menyatakan 106 anggota DPRD DKI Jakarta menandatangani hak angket yang diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Alasan pengajuan hak angket terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI 2015.

Ahok dianggap telah melakukan pelanggaran serius karena tidak mengirimkan Raperda APBD DKI 2015 yang menjadi usulan bersama Dewan dan Pemerintah Provinsi DKI dalam Sidang Paripurna

"Sehubungan dengan pelanggaran serius dari gubernur terkait Raperda APBD 2015 yang diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri bukan usulan bersama. Kami anggap gubernur melakukan contemp of parliament," kata Fahmi dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD Jakarta, Kamis (26/2).

Dewan menilai Ahok terindikasi melakukan pelanggaran hukum. Mantan Bupati Belitung Timur itu dianggap melanggar Undang-undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR/DPR/DPD/DPRD.

Selain itu, Ahok dinilai melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, PP Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD, ‎Peraturan Mendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Mendagri Nomor 37 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2015, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.02/2006 tentang Tata Cara Penyampaian Informasi Keuangan Daerah.

"‎Kami mengusulkan hak angket DPRD DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta tentang Rancangan APBD 2015 kepada Menteri Dalam Negeri yang patut diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, etika norma dan perilaku kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta," tandas Fahmi. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Kamadjaja Logistic Siap Operasikan K-Log Park Cibitung-JPNN.com

JAKARTA - PT Kamadjaja Logistics akan memulai mengoperasikan Kawasan K-Log Park di Cibitung, Jawa Barat, pada 26 Maret mendatang.

K-Log Park Cibitung dibangun oleh perusahaan  logistik terbesar  penyedia  end-to-end solution  untuk total supply chain di Indonesia itu, dengan nilai investasi lebih Rp 500 miliar.

Chief Executive Officer (CEO) PT Kamadjaja Logistics, Ivan Kamadjaja optimistis, K-Log Park Cibitung  dapat memainkan peran strategis sebagai  Integrated Logistics Hub, yang mampu menyinergikan serta meningkatkan mutu layanan logistik di Tanah Air.

“Kami  menyediakan jaringan supply chain  kompetitif dan paling lengkap di Indonesia untuk mempermudah  customer  dan principal Kamadjaja Logistics  menjalankan roda bisnisnya,” kata Ivan di Jakarta,  Kamis (26/2).

Dijelaskan, Kawasan K-Log Park Cibitung yang berdiri  di atas lahan seluas 180.000 meter per segi adalah kompleks logistik terpadu dan terbesar di Indonesia, yang  menyediakan solusi logistik terlengkap, mulai dari warehousing & distribution, domestic & international freight forwarding, land transport, container yard, toll manufacturing and value added service di bawah satu atap.

Ivan mengatakan, sebelumnya PT Kamadjaja Logistics telah membangun fasilitas serupa yaitu K-Log Park  Medan  (Sumatera Utara) dan K-Log Park Surabaya (Jawa Timur). Selain itu, PT Kamadjaja Logistics juga memiliki  22 distribution center  yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dipastikan, pihaknya tetap konsisten berkontribusi positif bagi perekonomian nasional. "Kami terus berinovasi untuk menghadirkan solusi aman, nyaman, dan efisien bagi kelancaran sistem logistik,” jelas Ivan.

Dia optimistis, kehadiran K-Log Park  Cibitung akan dapat menekan  sistem  supply chain  yang panjang menjadi one stop logistics solutions di bawah satu atap. Selain itu, kata Ivan,   keberadaan K-Log Park Cibitung juga dapat menekan mahalnya biaya logistik di Indonesia yang berada pada kisaran 22 persen hingga 27 persen.

“Kita harus tekan seefisien mungkin melalui proses inovasi sehingga akan tercipta biaya logistik yang kompetitif,” jelas dia.

Dijelaskan,  lokasi  K-Log Park Cibitung sangat strategis dan  dapat diakses melalui 3 jalan tol, yaitu  JORR-1, JORR-2, dan Cikampek, sehingga  jarak dari Pelabuhan Tanjung Priok makin ekonomis.

Disebutkan, secara keseluruhan segmentasi pergudangan, transportasi dan kurir, diperkirakan akan memberikan kontribusi 3,5 persen hingga 4 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia yakin target itu tercapai. "Apalagi pemerintah begitu gencar membangun infrastruktur yang membutuhkan ketersediaan sarana logistik andal,” pungkasnya. (rl/jpnn)

 


[Link to media]
Dua Bulan, DKPP Pecat Lima Orang-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)  Jimly Asshiddiqie, mengatakan, pihaknya telah menerima 28 pengaduaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu, sepanjang tahun 2015 hingga per tanggal 24 Februari. Semua pengaduan merupakan sisa-sisa perkara di Pemilu Legislatif 2014 lalu.

Dari total 28 pengaduan, setelah diverifikasi materil, ada 24 perkara yang masuk kategori dismissal (tidak memenuhi unsur kode etik). Sedangkan sisanya, sebanyak empat perkara masuk kategori laik sidang.

“Jadi jumlah perkara yang disidang selama tahun 2015, ada tujuh perkara. Empat perkara yang masuk 2015 dan tiga perkara lain merupakan pengaduan yang masuk di akhir tahun 2014. Jumlah teradu yang disidangkan sebanyak 28 orang,” katanya, Kamis (26/2).

Menurut Jimly, hasil pemeriksaan dari 28 penyelenggara Pemilu yang disidangkan, DKPP memutuskan 14 orang direhabilitasi dan 14 orang terbukti melanggar kode etik.

Dari jumlah penyelenggara Pemilu yang melanggar kode etik, sebanyak sembilan orang diberi sanksi berupa peringatan tertulis dan lima orang dijatuhkan sanksi pemberhentian tetap.

“Jadi bila diprosentase jumlahnya fifty-fifty antara yang direhabilatasi dengan yang diberikan sanksi,” katanya.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
Ih Ngeri, Lulung Bilang Allah Akan Azab Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Lulung Abraham Lunggana menilai, kinerja 100 hari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama tidak bagus. Dia menilai sikap pria yang akrab disapa Ahok itu arogan, termasuk terhadap para PNS di Pemprov DKI.

"Jelek udah. Pusing tuh PNS di bawah dia tiga bulan sekali dievaluasi, apa kagak gemetaran itu orang. ‎Kerjanya tidak konsentrasi, terus dikatain bajingan pula, bagaimana keluarganya, anak bininya. Bagaimana kami punya anak, punya mantu dikatain, enak aja dia," kata Lulung di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (26/2).

Lulung menjelaskan Ahok banyak membuat pencitraan. Tapi, pencitraannya tersebut dilakukan untuk menjelek-jelekan pihak DPRD DKI Jakarta. "Dia buat pencitraan dengan mukulin kita," ujarnya.

Karena itu, Lulung menyatakan tinggal Allah yang akan memberikan azab kepada ‎mantan Bupati Belitung Timur itu. "Entar jawabannya tinggal tunggu waktu, Allah yang akan azab dia (Ahok)," tandasnya. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Dukungan Bonek untuk BOPI dan Tim 9-JPNN.com

KANTOR Kemenpora didatangi rombongan suporter beratribut hijau, Kamis (26/2) sore. Kelompok yang menamakan Arek Bonek Persebaya 1927 tersebut menolak rilis verifikasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Menurut salah satu pentolan Bonek 1927, Andi Peci, kedatangan mereka ke Jakarta karena menilai ada salah pemahaman soal pengelola Persebaya. Dalam rilis verifikasi BOPI yang menyatakan bahwa PT. Mitra Muda Inti Berlian yang menaungi klub peserta ISL 2015, Persebaya.

"Kami menolak rilis verifikasi BOPI yang menyatakan bahwa PT. Mitra Muda Inti Berlian yang menaungi Persebaya Surabaya, dan BOPI harus mengembalikan hak-hak hukum dengan menetapkan PT Persebaya Indonesia sebagai pemilik asli kesebelasan atau klub Persebaya Surabaya," katanya dalam orasi.

Memang, saat dualisme PSSI terjadi, Persebaya juga sempat terbelah. Persebaya 1927 tampil di Indonesia Premier League (IPL), dan Persebaya yang tampil di Divisi Utama PT LI.

Akibat perpecahan itu, kelompok suporter Bonek pun terbelah. Namun, sebagian besar suporter memilih mendukung Persebaya 1927. Hanya sebagian kecil yang memberikan dukungan ke Persebaya yang saat ini tampil di ISL. Selain menolak hasil verifikasi, Arek Bonek Persebaya 1927 juga memberikan dukungan atas tindakan Menpora yang membentuk Tim Sembilan.

"Kami juga berharap tugas dan kewenangan BOPI dimaksimalkan, demi kemajuan sepakbola Indonesia," tegasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Lewat 28 Februari, Pusat yang Umumkan Kelulusan CPNS-JPNN.com

JAKARTA--Batas waktu yang diberikan bagi pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk mengumumkan kelulusan CPNS tinggal dua hari lagi.

Jika sampai tenggat waktu yang ditetapkan belum juga mengumumkan, kewenangan itu akan diambil alih pusat.

"Kalau sampai 28 Februari, PPK belum mengumumkannya, terpaksa kami ambil alih pengumumannya. Panselnas akan mengumumkannya lewat website mulai 1 Maret," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi di kantornya, Kamis (26/2).

Dijelaskannya, kebijakan tersebut diambil lantaran merugikan masyarakat. KemenPAN-RB juga tidak ingin masyarakat jadi apriori dengan seleksi CPNS.

"Sekali lagi saya tegaskan, keterlambatan pengumuman bukan karena Panselnas, tapi daerah sendiri yang menahannya. Bahkan ada daerah yang sampai datang ke sini minta diubah hasilnya karena anak kepala daerah tidak lulus tes. Permintaan ini saya tolak karena hasil yang ada tidak boleh diutak-atik," ungkapnya.

Sampai saat ini masih sekitar 40 instansi belum mengumumkan hasik TKD. Selain itu masih ada juga pemda yang belum mengambil hasil TKD-nya di Panselnas. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Yuddy Ajak Honorer K2 Ramai-ramai Cari yang Bodong-JPNN.com

JAKARTA--Ratusan ribu honorer kategori dua (K2) yang tidak lulus tes diminta mulai menyiapkan diri untuk menghadapi tes CPNS. Nantinya, hanya yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) yang bisa diangkat CPNS.

"Ini tesnya masih beberapa bulan lagi, jadi masih ada waktu. Bagi teman-teman honorer K2 gunakan waktu untuk belajar," saran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dalam dialog dengan honorer K2 di kantornya, Jakarta, Kamis (26/2).

Dia memastikan, tidak ada jual beli kursi CPNS. Sebab semuanya menggunakan sistem yang transparan.

"Kalau ada yang nawarin satu kursi sekian puluh juta, itu tidak benar. Jika di lapangan ada yang berani jualan kursi CPNS, silakan laporkan ke saya disertai bukti otentik akan kami tindaklanjuti," tegasnya.

Mengenai informasi adanya honorer K2 yang sudah mengantongi NIP dan SK CPNS ternyata bodong, Yuddy menyatakan, akan menganulir asalkan bukti-buktinya akurat.

"Ayo honorer K2 berlomba-lomba mencari temannya yang bodong biar peluang menjadi CPNS juga makin terbuka," imbuhnya. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Ini Alasan Si Ngeri-ngeri Sedap Ajukan Gugatan Praperadilan-JPNN.com

JAKARTA - Tersangka kasus dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013, Sutan Bathoegana, segera mendaftarkan gugatan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (27/2).

Menurut Kuasa Hukumnya Eggi Sudjana, gugatan dilakukan setelah patut diduga proses penetapan Sutan sebagai tersangka hingga kemudian ditahan, melangggar aturan.

"Pada KUHAP Pasal 51, diatur ketentuan harus diberitahu hal-hal apa yang disangkakan. Tapi hingga saat ini Sutan mengaku tidak pernah diberitahu," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (26/2).

Karena itu menurut Eggy, atas ketentuan yang diatur Pasal 63, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002, tentang KPK, Sutan memiliki hak untuk melakukan gugatan.

"Sutan katakan tidak diberitahu, bahkan ada upaya-upaya dari KPK seperti pembohongan dan pengalihan dari kasus sebenarnya. Sutan sangat kaget jadi tersangka dalam APBN 2013 Kementerian ESDM," ujarnya.

Menurut Eggy, sejak awal Sutan dipanggil KPK, hanya dimintai keterangan terkait dugaan adanya permintaan Tunjangan Hari Raya (THR) Komisi VII DPR ke SKK Migas. Atas dugaan tersebut, Sutan berkali-kali telah membantahnya.

Anehnya lagi, pria yang mempopulerkan kalimat "ngeri-ngeri sedap" itu justru kemudian ditetapkan jadi TSK dugaan tindak pidana korupsi meneriima hadiah atau janji penetapan APBNP 2013 Kementerian ESDM.

"Aturan hukum mengatakan tak boleh ditetapkan sekehendak hati. Sampai ditetapkan TSK dan ditahan, beliau juga tak pernah dijelaskan dua alat bukti," katanya.(gir/jpnn)

 


[Link to media]
Ini Agenda KTT Asia Afrika yang Bikin Ridwan Kamil Nervous-JPNN.com

BOGOR - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sangat antusias mempersiapkan kotanya menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika. Di tengah persiapan itu, Ridwan mengaku ia sebenarnya cukup khawatir dengan rencana para kepala negara yang akan berjalan kaki untuk salat Jumat bersama saat hari H nanti.

"Lebih nervous lagi karena akan ada acara jalan kaki para kepala negara dari Hotel Haufman ke Gedung Merdeka, dari Gedung Merdeka ke Masjid Raya, karena ada salat Jumat," ujar pria yang akrab disapa Emil itu usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Kamis (26/2).  

Ridwan mengkhawatirkan keamanan para kepala negara tersebut. Meski demikian, untuk mengantisipasinya, ia mengaku akan meliburkan warga Kota Bandung saat penyelenggaraan acara.

"Makanya diliburkan karena faktor VIP security, jadi agak berat," sambung Ridwan.

Ridwan mengungkapkan, telah berdiskusi dengan presiden agar ada dukungan penuh pemerintahan pusat terkait penyelenggaraan acara tersebut. Untuk kegiatan itu, kata Ridwan, Bandung membutuhkan dana sekitar Rp. 20 miliar. Dana sebesar Rp 10 miliar sebagian telah digunakan untuk persiapan kegiatan.

"Kebanyakan untuk infrastruktur. Memperbaiki jalan, karena ada rute yang harus dilewati, jalur pedestrian. Masjid Agung juga harus direnovasi," tegas Ridwan. (flo/jpnn)


[Link to media]
Hatta Berpeluang Ubah Tradisi PAN-JPNN.com

JAKARTA - Peneliti Cyrus Network, Hasan Hasbi menyatakan Hatta Rajasa berpeluang merubah tradisi ketua umum satu periode di Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi dua periode.

Ini disampaikan Hasbi melihat hasil sensus Center for Strategic and Internasional Studies (CSIS), yang menyatakan dukungan DPC terhadap Hatta Rajasa lebih tinggi dibanding dukungan ke Zulkifli Hasan, yang akan bertarung di Kongres ke IV PAN di Bali, akhir bulan ini.

"Kemungkinan besar dengan dukungan terhadap Hatta, PAN akan merubah tradisinya, dari satu periode jadi dua periode. Tapi ini masih bisa berubah, apalagi ada DPW/DPC yang belum tergarap oleh dua kandidat," kata Hasbi di kantor CSIS, Jakarta, Kamis (26/2).

Terpisah, Ketua DPP PAN, Tjatur Satpo Edy menyatakan adanya sensus CSIS tersebut menguatkan peluang Hatta Rajasa kembali memimpin PAN.

"Hasil survei CSIS itu semakin menjelaskan dan memperkuat peluang Pak Hatta kembali menjadi ketua umum PAN," kata Tjatur.

Dia juga yakin, perolehan suara untuk Hatta dalam kongres nanti akan jauh lebih tinggi dari hasil sensus CSIS. Sebab, selama ini Hatta mampu menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan para kader di daerah.

"Saya yakin, jumlahnya lebih tinggi dari 42,77 persen (hasil sensus CSIS) untuk Hatta Rajasa. Pemilih Pak Hatta adalah pemilih loyal, tidak karena sesuatu dan lain hal," tandas Ketua Fraksi PAN DPR ini.(fat/jpnn)


[Link to media]
Video Panas Mirip Dengannya Beredar, Kemana Chelsea Islan?-JPNN.com

MENJADI seorang artis kerap diterpa isu tak sedap. Hal inilah yang sedang terjadi pada bintang film 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' dan 'Dibalik98', Chelsea Islan.

Baru-baru ini beredar video bugil mirip dara kelahiran 2 Juni 1995 tersebut. Dalam video berdurasi 15 detik ini nampak seorang wanita cantik yang melempar kaos putih yang dikenakannya sambil menoleh ke arah kamera. Aksinya itu langsung menampilkan tubuh polos wanita mirip Chelsea.

Sayangnya, hingga kini pemilik nama lengkap Chelsea Elizabeth Islan belum bisa dikonfirmasi mengenai video tersebut. Saat JPNN.com mencoba menghubungi nomor telepon Chelsea sudah tak aktif.

Tak hanya sulit dihubungi, Chelsea pun seakan menghilang dari layar kaca, padahal sebelumnya ia selalu terlihat sedang mempromosikan beberapa filmnya. Begitu pula saat menghubungi sang manajer, Syifa, beberapa kali telepon dimatikan seolah enggan memberi penjelasan pasti.

Aktris blasteran Amerika Serikat ini memang sedang laris di dunia entertain. Awal karir Chelsea di dunia hiburan tanah air sebenarnya dimulai melalui film Refrain bersama Maudy Ayunda dan berhasil mencuri perhatian hingga menjadi beberapa model video klip dan membintangi film layar lebar terbaru. (mg1/jpnn)


[Link to media]
Garuda Jaya Kembali Permalukan Persib U-21-JPNN.com

TIMNAS U-19 kembali beruji coba melawan Persib Bandung U-21, Kamis (26/2) petang. Bermain di lapangan sintetis progresif, Bandung, Timnas U-19 kembali unggul 3-1 atas tuan rumah. Kekalahan ini adalah kali kedua, setelah sehari sebelumnya, (25/2), keduanya juga beruji coba dengan kemenangan Timnas U-19 dengan skor 2-0.

Dalam laga waktu normal tersebut, Timnas U-19 terlihat lebih dominan dibanding laga Rabu (25/2). Layaknya telah memahami karakter Persib U-21, pasukan Garuda Jaya mampu tampil konsisten.

Hasilnya, pada menit ke-16, Rifat M mampu melakukan serangan dari sisi kiri untuk kemudian melepaskan umpan. Dimas Drajat berhasil berduel sebelum akhirnya mencetak gol. Keunggulan 1-0 Timnas bertahan sampai turun minum.

Timnas U-19 yang tampil dengan komposisi pemain berbeda dibanding laga Rabu, mengendurkan serangan di awal-awal babak kedua. Ini membuat Persib U-21 berhasil balik menguasai permainan dan terus menekan.

Hasilnya, saat laga memasuki menit ke-69, tendangan jarak jauh M. Jeffri sukses mengoyak gawang Timnas sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Namun, keunggulan fisik Timnas U-19 benar-benar terlihat saat laga memasuki sepuluh menit akhir. Konsentrasi pemain Persib yang menurun berhasil dimanfaatkan Justin Steven pada menit ke- 82, tanpa terkawal dia sukses mengecoh penjaga gawang Yusron Dikry.

Selanjutnya, Sahrul Akmal menutup gol skuat Garuda Jaya setelah menceploskan bola pada menit ke-89. Skor 3-1 tak berubah sampai laga usai. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Kurangi Porsi Investasi Deposito, Taspen Lirik 3 Sektor Ini-JPNN.com

JAKARTA - PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) di tahun 2015 akan mengurangi porsi investasi, yang berasal dari deposito dan surat utang negara (SUN). Sebagai gantinya, perseroan saat ini tengah mengkaji melakukan di luar dari deposito dan SUN.

"Investasi dalam penempatan deposito dan SUN tidak diharapkan menjadi sumber investasi Taspen. Ke depan kita sedang melakukan kajian untuk investasi di luar deposito dan SUN," ujar Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di kantornya, Jakarta, Kamis (26/2).

Upaya tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga. Sebab, pihaknya memperkirakan timbal balik hasil dari investasi deposito dan SUN ke depan bakal mengalami penurunan.

"Posisi tahun kemarin tergoda deposito. Ke depan kami perkirakan ini akan turun, makanya kami menjaga untuk itu," jelasnya.

Setidaknya, lanjut Iqbal, Taspen akan mengalihkan ke tiga sektor lain, seperti sektor infrastruktur, properti dan pembiayaan.

"Saat ini itu sudah berjalan, nanti kita lihat hasilnya seperti apa," tukas mantan bos PT Bank Tabungan Negara (BTN) ini.(chi/jpnn)


[Link to media]
Dituntut Mundur oleh Nelayan, Menteri Susi Cuek-JPNN.com

JAKARTA- Posisi Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan memang tak pernah tenang. Bos maskapai Susi Air itu terus saja digoyang seiring kebijakan tegas yang diterapkannya.

Terbaru, ribuan nelayan berdemi di depan Gedung Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (26/2). Para nelayan itu bahkan mendesak Susi meninggalkan kursinya sebagai menteri di Kabinet Kerja.

Desakan itu muncul karena Susi dengan tegas menerapkan Permen Nomor 2 Tahun 2015 mengenai pelarangan menggunakan alat tangkap cantrang. Pasalnya, Permen itu ternyata dirasa merugikan oleh para nelayan.

"Ya nggak apa-apa silakan saja (minta dirinya mundur)," terang Susi.

Susi tetap ngotot bakal menerapkan Permen tersebut. Menurutnya, pelarangan penggunaan cantrang tidak akan dicabut. Apalagi, pihaknya juga sudah memberikan solusi pada para nelayan.

"Nggak bisa (Permen 2 dicabut), kan di seluruh Indonesia tidak semua pakai cantrang. Kan saya sudah buat dua lembar itu tempo hari, pelajari dari situ. (Solusinya), kan mereka sudah dapat," tegas Susi. (chi/jpnn)

 

 

 


[Link to media]
Kongres PAN, ?Pertarungan? SBY Lawan Amien Rais?-JPNN.com

JAKARTA - Kongres ke IV Partai Amanat Nasional (PAN) di Bali akhir bulan ini bisa dianggap bukan saja pertarungan antara Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, tapi juga “perang” antara Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Amien Rais.

Anggapan itu disampaikan Departemen politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte, karena dia menilai hubungan besan antara SBY-Hatta akan berpengaruh terhadap keterpilihan Hatta dalam Kongres PAN. 

Di sisi lain, dukungan Amien Rais terhadap Zulkifli Hasan juga menjadi pertimbangan bagi pemilik suara dalam menentukan pilihannya. "Yang menang itu SBY atau Amien Rais?," kata Philips saat konferensi pers hasil sensus peta dukungan terhadap Hatta dan Zulkifli Hasan di Jakarta, Kamis (26/2).

Namun, anggapan Philips itu dibantah oleh politikus PAN, Bima Arya, yang hadir sebagai pembicara dalam acara itu. Wali Kota Bogor itu menegaskan bahwa Hatta selama ini membangun infrastruktur partai yang dipimpinnya secara independen.

"Tidak ada pengaruh sama sekali SBY ke Bang Hatta. Bang Hatta membangun infrastruktur politiknya secara independen," tegas Bima. (fat/jpnn)


[Link to media]
Mulai 1 Maret 2015, Biaya Airport Tax Menyatu dengan Tiket-JPNN.com

JAKARTA - Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI No. KP/12/2015 Jo KP/59/2015, mengenai ketentuan pembayaran 'Passenger Service Charge' (PSC) tiket.

PT Garuda Indonesia mulai 1 Maret 2015 akan mulai menyatukan biaya PSC atau pajak bandara dalam tiket pesawat ke seluruh rute tujuan penumpang.

"Mulai 1 Maret 2015, seluruh penumpang yang terbang ke seluruh destinasi Garuda Indonesia, baik di domestik maupun internasional, tidak perlu lagi membayar PSC di bandara karena sudah jadi satu bersama tiket," ujar VP Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto dalam siaran persnya, Kamis (26/2).

Bagi penumpang yang membeli tiket jauh hari sebelumnya, prosedur pembayaran PSC dapat dilakukan di bandara ketika proses check-in. Sedangkan bagi penumpang yang melakukan city check-in, pembayaran PSC dapat dilakukan di ticketing office tersebut.

"Bagi penumpang yang melakukan web check-in, pembayaran PSC dilakukan di boarding gate ketika akan naik pesawat," jelas dia.

Pelaksanaan pengutipan biaya PSC pada tiket ini bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I & II dan International Air Transport Association (IATA). Implementasi PSC pada tiket tersebut telah sesuai dengan standar IATA. Ketentuan tersebut berlaku untuk semua maskapai yang terbang dari dan ke Indonesia.

Dengan ketentuan tersebut, maka penumpang nantinya tidak perlu lagi melakukan pembayaran PSC pada saat melakukan check-in di bandara. (chi/jpnn)


[Link to media]
Waketum dan Sekjen PAN Bisa Pengaruhi Peta Dukungan-JPNN.com

JAKARTA - Jelang pelaksanaan kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Bali yang akan dibuka pada 28 Februari nanti, persaingan dua nama calon ketua umum, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli hasan semakin ketat. Bahkan, tingkat dukungan antara incumben dan penantang itu bisa dibilang imbang.

Hal itu diketahui dari hasil sensus nasional yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) bersama Cyrus Network terhadap para pimpinan PAN di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se Indonesia. Sensus itu dilakukan selama  16-19 Februari 2015.

Peneliti Departemen Politik CSIS, Arya Fernandes mengatakan sensus itu dilakukan untuk mengetahui peta dukungan terhadap dua kandidat calon terkuat dan yang berpeluang memenangi kontestasi dalam kongres PAN nanti. Menurutnya, hampir dipastikan calon ketua umum yang maju hanya Hatta dan Zulkifli.

"Menuju kongres 2015, ada dua kandidat yang bertarung. Kecil kemungkinan muncul kandidat lain selain Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Peta dukungan ini bersifat sementara, bisa saja berubah," kata Arya dalam konferensi pers bertajuk "Siapa Ketua Umum PAN 2015-2020 & Apa Pekerjaan Rumah Mereka? di Jakarta Pusat, Kamis (26/2).

Arya menjelaskan, Hatta dan Zulkifli punya dukungan yang sama-sama kuat dari pengurus partai di tingkat provinsi, yakni 38,24 persen. Sedangkan dukungan untuk nama lain adalah 5,88 persen. Sisanya, ada 9,71 persen pengurus PAN di daerah belum menjawab.

Namun, dari sensus itu terlihat Hatta sedikit unggul berdasarkan tingkat dukungan dari pengurus PAN kabupaten/kota. Hatta mengantongi 42,77 persen, sedangkan Zukkifli  38,64 persen.

Namun, ada pula dukungan untuk nama lain di kalangan muda PAN. Misalnya, Dradjad H Wibowo yang kini menjadi wakil ketua umum PAN mendapat 2,27 persen dukungan. Sedangkan Sekjen PAN Taufik Kurniawan mengantongi 0,62 persen dan Ketua DPP PAN Viva Yoga Mauladi meraih 0,41 persen.

Arya justru menyebut munculnya nama-nama itu menarik karena bisa menentukan pemenang pemilihan ketua umum. “Tapi Mas Dradjad dan Taufik Kurniawan juga menarik, apakah mendukung Pak Hatta atau ke Pak Zulkifli.  Saya kira orang-orang ini juga bisa memengaruhi peta dukungan," jelasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Dirjen Pajak Siap Temui Klub-klub ISL-JPNN.com

PERMASALAHAN laporan pembayaran pajak adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam verifikasi klub ISL dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Untuk memperjelas tata kelola perpajakan klub, BOPI akan mempertemukan klub ISL dengan Dirjen Pajak.

Inisiatif itu dikemukakan oleh BOPI usai mendapatkan surat dari Direktorat Jenderal Pajak. Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dirjen Pajak Wahyu Tumakaka dalam suratnya  menjelaskan panjang lebar menyangkut kewajiban perpajakan yang harus diketahui oleh sebuah klub profesional. Tidak hanya sebatas Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, tapi juga PPh Pasal 23 dan PPh Pasal 4 ayat (2).

"Ternyata, banyak hal yang saya rasa selama ini mungkin juga tak disadari oleh para pengelola klub. kami sendiri pun rasanya akan kesulitan jika ditanya klub soal detailnya," kata Sekjen BOPI, Heru Nugroho.

Untuk itu, BOPI berencana menyiapkan sebuah forum untuk mempertemukan Dirjen Pajak dengan para pengelola klub ISL agar hal-hal yang belum jelas bisa dituntaskan.

"Tapi tentunya ini tergantung klub-klub sendiri apakah mereka sudah cukup paham kewajibannya atau masih merasa perlu penjelasan dari Dirjen Pajak," tegasnya.

Wahyu Tumakaka juga mengiyakan hal itu. Dalam suratnya, dia menyatakan siap menjadwalkan dan mengatur waktu untuk pertemuan yang lebih substansial dengan semua pengurus dan anggota Liga Indonesia.

"Keterbukaan Dirjen Pajak ini perlu kita apresiasi dan kita manfaatkan dengan baik untuk meningkatkan standar pengelolaan klub sepak bola profesional di Indonesia," tandasnya. (dkk/jpp)


[Link to media]
Baru Nikah Sehari, Istri Langsung Minta Cerai-JPNN.com

BALIKPAPAN - Retno, bukan nama samarannya menggugat cerai suami yang baru menikahinya sehari, ke Pengadilan Agama Balikpapan.

Alasannya, saat malam pertama, dia tidak mau berhubungan badan dengan suaminya tetapi dipaksa oleh suaminya.

Karena tidak terima dengan gugatan dari Retno. Suaminya pun meminta banding. Namun, ditolak karena Retno sudah tidak menginginkan suaminya lagi. Sempat ada ribut antarkeluarga, namun bisa dilerai. Proses perceraian pun berlangsung tertutup.

Humas Pengadilan Agama Klas 1A Balikpapan, Muslim, kepada JPNN, Kamis (26/2) membenarkan kejadian tersebut. Meski telah ada mediasi, si istri tetap bersikukuh ingin meminta cerai. Dia membenarkan jika usia pernikahan keduanya terlampau singkat.

“Kalau sudah salah satu pasangan tidak mau damai, perkara tetap dilanjutkan ke hakim untuk dilanjutkan,” tuturnya. (jpnn)


[Link to media]
Perusahaan Es di Anambas Ramai-ramai Ajukan Tutup, Ada Apa?-JPNN.com

ANAMBAS - Sejumlah perusahaan es di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) ramai-ramai mengajukan tutup ke pemerintahan setempat. Penyebabnya adalah pengusaha tidak sanggup lagi membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan harga industri.

"Pengusaha mengaku tidak kuat membeli solar industri untuk energi listrik penggerak mesin. Akibatnya, biaya produksi tidak seimbang dengan hasil yang didapatkan," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar, kemarin.

Perusahaan es yang ada di Temburun, contohnya. Perusahaan tersebut sudah mengajukan tutup. Sementara itu, perusahaan es yang ada di Antang juga demikian. Meski masih produksi namun jumlahnya terbatas hanya sekitar 20 ton per hari.

“Perusahaan es yang ada di Antang masih berjalan karena disubsidi oleh provinsi. Itupun jumlah produksinya terbatas yakni 20 ton per hari. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan nelayan lokal saja 20 ton itu tidak cukup," ungkapnya.

Ironisnya, lanjut Yunizar, produksi tersebut juga masih tergantung dengan anggaran yang ada. "Jika anggaran yang ada masih cukup, maka bisa produksi, tapi jika tidak cukup, maka tidak bisa produksi,” beber Yunizar.

Menurutnya, biaya produksi bisa lebih irit jika dikelola dengan mesin PLN karena diperhitungkan biaya produksinya lebih murah.

“Perusahaan juga sudah mengajukan travo sendiri kepada pihak PLN tapi tidak terpenuhi karena kekuatan listrik juga tidak mampu,” ungkapnya lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Yunizar, pihaknya telah membicarakan masalah ini kepada pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Namun belum ada solusi yang tepat.

Yunizar mengakui pada saat dikelola oleh pusat memang pabrik es besar. Karena pabrik es besar, banyak nelayan dari luar daerah datang ke Antang untuk membeli es tapi sekarang tidak ada lagi.

“Dulu besar karena murni biaya produksinya disubsidi pemerintah dari BBM hingga tenaga kerjanya. Mungkin karena dulu banyak kapal dari luar daerah yang membeli es, jadi disubsidi," ujarnya.

"Tapi sekarang sudah tidak ada lagi kapal yang masuk ke Antang, jadi tidak lagi disubsidi. Mungkin kapal-kapal itu ngedrop ikan di daerah yang ada pabrik pengalengan ikan,” tambahnya.

Salah seorang warga Antang Desa Tarempa Timur, Syukrillah, mengatakan, pabrik es yang ada di Antang tersebut memang masih produksi namun dibatasi yakni 20 ton per hari. 20 ton tersebut dibagi kepada nelayan yang sudah memesan es. Menurutnya, 20 ton perhari tesrebut kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nelayan lokal. Kadang nelayan lokal membeli es dari warga jika tidak kebagian es dari pabrik itu.

“Kadang kalau tidak beroperasi ada juga nelayan yang membeli es dari warga,” ungkapnya lagi. (jpnn)


[Link to media]
Pimpinan KPK Larang Novel Penuhi Panggilan Bareskrim-JPNN.com

JAKARTA - Bareskrim Polri sedianya pada hari ini (26/2) memeriksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Mantan polisi itu mestinya diperiksa sebagai tersangka kasus penganiayaan saat bertugas di Bengkulu.

Namun, Novel tak memenuhi panggilan Bareskrim. Alasannya karena dilarang oleh pimpinan KPK. "Kemarin ada instruksi dari pimpinan KPK (Novel) tidak usah datang," ujar M Isnur selaku kuasa hukum Novel di Jakarta, Kamis (26/2).

Hanya saja, Isnur mengaku belum tahu alasan pimpinan KPK memerintahkan Novel tak memenuhi panggilan Bareskrim Polri.  "Saya kurang tahu alasannya," tegasnya.

Namun, mengacu pada dari pernyataan Plt Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki, ada kesan bahwa pengusutan kasus Novel bakal mengganggu ketenangan di komisi antirasuah itu. "Yang kami tangkap dari statement pak Ruki, ini mengganggu ketenangan KPK dalam memberantas korupsi," paparnya.(boy/jpnn)

 


[Link to media]
Usai Dipermalukan Monaco, Bek Arsenal Diserang Suporter-JPNN.com

SUDAH jatuh, tertimpa tangga. Aduh, begitulah kira-kira nasib bek raksasa Arsenal asal Jerman, Per Mertesacker. 

Tak lama setelah Arsenal kalah, atau lebih tegasnya dipermalukan Monaco 1-3 dalam leg pertama 16 Besar Liga Champions, di Emirates Stadium, Kamis (26/2) dini hari, Mertesacker diserang suporter lewat media twitter.

Mertesacker yang dalam laga itu dipercaya menjadi kapten tim, menjadi korban kemarahan fans setia Arsenal yang tak bisa menerima timnya kalah dengan mudah. 

Dilansir dari Metro, Kamis (26/2), bek berusia 30 tahun itu dianggap menjadi biang keladi terjadinya dua gol Monaco. Gol pertama tim tamu yang diciptakan Geoffrey Kondogbia, dianggap terjadi karena Mertesacker kurang cepat bereaksi sehingga bola tembakan Kondogbia berbelok arah mengecoh kiper Arsenal.

Gol kedua Monaco yang diciptakan Dimitar Berbatov, juga dianggap blunder Mertesacker. Dia dicap terlalu berani maju lebih ke tengah (depan) untuk memungkinkan memungkinkan Anthony Martial memberikan umpan kepada Berbatov yang kemudian dengan tenang mengirimkan bola ke dalam gawang The Gunners.

"Dapatkah seseorang, tolong, menjelaskan apa yang coba dilakukan Mertesacker," kicau Ian McGarry di @garbosj, dengan upload cuplikan blunder Mertesacker pada gol pertama. (adk/jpnn)


[Link to media]
Akhirnya, Si Ngeri-Ngeri Sedap Ikut Ajukan Praperadilan-JPNN.com

JAKARTA - ‎Mantan Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana yang menjadi tersangka kasus dugaan gratifikasi dalam penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Kementerian ESDM, akhirnya ikut mengajukan permohonan praperadilan. 

Sebelumnya, mantan Menteri Agama Suryadharma Ali dan mantan Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi SDM Mabes Polri Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan sudah mengajukan praperadilan. 

Bahkan, permohonan praperadilan yang diajukan Budi Gunawan sudah dikabulkan oleh hakim Sarpin Rizaldi. Imbasnya, penetapan tersangka Budi Gunawan oleh KPK batal.

"Iya (mengajukan permohonan praperadilan). Nanti lebih lengkapnya press conference jam 17.00 WIB," kata pengacara Sutan, Razman Arief Nasution saat dihubungi, ‎Kamis (26/2).

Razman mengaku menjadi salah satu kuasa hukum Sutan Si Ngeri-Ngeri Sedap itu untuk permohonan praperadilan. Ia akan didampingi oleh Eggi Sudjana‎. "Saya kuasa hukum. Selain saya ada juga Pak Eggi," tandas Razman.

Seperti diketahui, KPK menetapkan Sutan sebagai tersangka pada 14 Mei 2014. Sutan disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Ia ditahan pada Senin (2/2) lalu. ‎(gil/jpnn)


[Link to media]
Hukuman Mati untuk Pengedar Narkoba Sesuai Syariat Islam-JPNN.com

BOGOR - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyatakan dukungannya atas ketegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menolak pemberian grasi kepada terpidana mati kasus narkoba. Kiai Said megungkapkan hal itu usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, (26/2).

"Kalau itu NU di belakang beliau, terutama penolakan permohonan grasi dari napi narkoba yang sudah divonis hukuman mati. NU di belakang presiden," ujar Said.

Menurutnya, langkah pemerintah untuk menolak grasi napi kasus narkoba adalah tindakan yang tepat. Sebab, sesuai ajaran agama Islam, seorang pembuat dan pengedar narkoba justru tidak layak hidup.

"Kalau ini dibiarkan korbannya justru ratusan juta orang terutama kaum muda. Alquran sendiri menegaskan begitu, barang siapa yang menghancurkan tatanan kehidupan di muka bumi ini maka hukumnya harus dibunuh. Tidak layak diberi kesempatan hidup," tegasnya.

Kiai Said menambahkan, narkoba telah mengakibat kerugian yang besar untuk bangsa. Karenanya, tak perlu ada rasa kemanusiaan untuk mafia narkoba.

"Orang bikin pabrik sabu-sabu, apa niatnya?apa niatnya itu. Akan menghancurkan bangsa ini. Daripada miliki kemanusiaan untuk 64 orang napi narkoba lebih baik kita bela kemanusiaan 250 juta masyarakat," tandasnya.

Said juga mengaku senang karena presiden tidak terpengaruh dengan tekanan-tekanan dari negara asal narapidana mati kasus narkoba. Sebab, para kepala negara lain yang protes sebenarnya tengah terdesak oleh kepentingan politik di negaranya masing-masing.

"Kata beliau di Australia perdana menterinya (Tony Abbott, red) rating politiknya lagi down. Mengalami tekanan. Supaya dia bisa terdongkrak lagi makanya sikapnya keras. Bahkan di Brasil (Presiden Dilma Rousseff, red) kata presiden didemo," sambungnya.(nat/jpnn)


[Link to media]
Horee! Yuddy Janjikan Honorer Tua Prioritas Diangkat CPNS-JPNN.com

JAKARTA--Kabar gembira bagi honorer kategori dua (K2). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi berjanji akan memprioritaskan honorer K2 berusia di atas 35 tahun dalam pengangkatan CPNS tahun ini. Hanya saja proses pengangkatannya harus tetap melalui jalur tes.

"Sesuai amanat UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pengangkatan CPNS harus melalui tes. Nah untuk honorer K2 di atas 35 tahun akan kita prioritaskan dalam tes CPNS," kata Yuddy dalam dialog dengan honorer K2, di kantornya, Jakarta, Kamis (26/2).

Agar peluang honorer K2 tua masuk CPNS menjadi lebih besar, menurut Yuddy, akan diberikan afirmasi yang dilihat dari masa kerja atau masa pengabdian.

"Kalau sebelumnya kebijakan saya memprioritaskan honorer K2 usia 35 tahun ke bawah menjadi CPNS, sekarang saya balik prioritas 35 tahun ke atas. Kesempatan ini saya harapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," ucapnya.

Diapun meminta honorer K2 tidak melakukan aksi demo lagi. Pemerintah akan tetap merumuskan kebijakan penyelesaian honorer K2.

"Saya harapkan masalah K2 ini bisa terselesaikan tahun ini. Tapi harus diingat, tidak semua keinginan K2 diterima. Tidak juga aturan pemerintah 100 persen dijalankan. Jadi kita di sini ada win-win solution-lah," tandasnya. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Pemain Garuda Muda Harus Cepat Saling Memahami-JPNN.com

TIMNAS U-23 dijadwalkan menjalani latihan selama enam hari sebelum berangkat uji coba ke Vietnam 9 Maret nanti. Fokus tim pelatih dalam masa enam hari itu untuk mematangkan strategi permainan.

Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso menjelaskan, jika dirinya melihat beberapa pemain ada yang belum paham dengan karakter satu sama lain. Itu terlihat saat terakhir, skuat Garuda Muda beruji coba dengan Malaysia U-23 pada 17 Februari lalu.

"Memang ada banyak pemain yang gabungnya belum lama di TC sebelumnya. Makanya, sebelum ke Vietnam saya ingin pemain semakin matang dan paham satu sama lain. Langsung fokus ke strategi kita," katanya.

Mengusung formasi 4-2-3-1, Aji memang bermain mengandalkan bola-bola pendek cepat. Karena itu, mobilitas pemain Timnas U-23 dituntut sangat tinggi untuk memaksimalkan strategi yang dimainkan.

Saat menyerang, kunci dalam strategi Aji, adalah pergerakan tanpa bola pemain, harus mengimbangi built up serangan dari lini belakang ke depan. Sebaliknya, saat bertahan, pemain dituntut agresif, tidak hanya berkubang menunggu lawan, tapi mampu melakukan pressing untuk menutup ruang gerak lawan.

"Saya berharap adaptasinya cepat, pemain juga cepat menangkap strategi yang diterapkan," tegasnya.(dkk/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 2/26 10:51pm. Terakhir update terdeteksi pada 2/26 10:10pm.  skor: 1232