Mensos: Sekarang Bandar Narkoba Sasar Anak PAUD dan TK-JPNN.com

BONDOWOSO- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahaya peredaran narkoba yang sudah menyentuh anak-anak di Indonesia. Bukan sekadar usia sekolah, sampai Taman Kanak-Kanak (TK) pun disasar.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk antisipatif dan tidak mudah membeli jajanan yang terindikasi bisa menimbulkan ketagihan. Apalagi, sampai menerima jajanan yang ditawarkan dengan gratis.

"Sekarang yang disasar anak PAUD dan TK. Rupanya seperti permen, harganya murah. Sekali dua kali bahkan diberikan gratis, tapi setelah itu dipaksa membeli, karena sudah ketagihan," tuturnya dalam deklarasi Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) dan ikrar Pemuda Santri Bondowoso anti-narkoba, di Tangsil Wetan, Bondowoso, Sabtu (27/8) sore.

Efek domino dari jajanan berupa permen yang dikonsumsi oleh anak TK dan usia dini ini menurutnya cukup berbahaya. Sebab, bisa merusak mental generasi penerus bangsa.

"Kalau sudah ketagihan, nanti anak-anak akan dipaksa mencuri untuk membeli. Efeknya, anak-anak akan melakukan kriminalitas usia dini, mau jadi apa nanti generasi penerus bangsa ini," tuturnya.

Karena itu, dia mengajak lahirnya Baanar tidak awu-awu atau hanya sekadar ada dan deklarasi. Tapi, efek gerakannya harus bisa menyentuh lapisan paling terkecil. 

"Setelah deklarasi tidak diam, tapi ikut bergerak, menyelematkan generasi bangsa dari peredaran narkoba," tandasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Imbang Lawan Arema, Djanur Tetap Senang-JPNN.com

BANDUNG- Kesempatan menang Persib Bandung saat menjamu ‎Arema Cronus di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (27/8) sore terbuang percuma. Hasil imbang 0-0, menurut pelatih Djadjang Nurdjaman membuat targetnya gagal tercapai.

"Kami sudah berjuang maksimal, tapi hasilnya memang seperti itu. Hasil imbang jelas sebuah kerugian, karena harusnya kami bisa meraih tiga poin karena ini partai kandang," ucapnya usai laga.

Djadjang menyebut, Permainan Persib sejatinya cukup bagus dan mampu konsisten menekan gawang Singo Edan serta menciptakan peluang. Tapi, sayang tidak ada gol tercipta ‎sampai laga selesai, andai ada satu gol saja tercipta, Djadjang yakin timnya bisa membuat perbedaan.

‎"Secara permainan tidak terlalu kecewa. Karena kami memiliki banyak peluang. Seperti peluang pertama dari Atep. Seandainya dari peluang tersebut langsung terjadi gol, hasilnya tak seperti ini,‎" Tandasnya.

Hasil ini menjadikan Persib untuk sementara ada di posisi enam klasemen sementara ISC A 2016 dengan 27 poin‎. Sementara, Arema Cronus tak beranjak di posisi runner up dengan 32 poin. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Tiga Wanita ini Berperan Dalam Hidup Marcell Siahaan-JPNN.com

PENYANYI Marcell Siahaan terlibat dalam acara The Hits Maker, yang merupakan rangkaian Indonesia Woman Expo. Acara ini akan berlangsung pada 17 September 2016.

Dalam The Hits Maker, Marcell akan menyanyikan lagu ciptaan Dian Pramana Poetra, Oddie Agam, dan James F. Sundah.

Marcell menyatakan, sudah mendengarkan lagu mereka semenjak duduk di bangku sekolah. Pasalnya, ibunya merupakan penggemar berat para komposer sekaligus penyanyi tersebut.

Pelantun lagu Peri Cintaku ini menyatakan, perempuan sangat berperan dalam kariernya. Oleh sebab itu, ia merasa senang dan bangga bisa bernyanyi untuk para perempuan.

"Kami bernyanyi bukan untuk mereka, tapi tentang mereka. Saya bangga bernyanyi buat perempuan karena banyak perempuan yang membantu karier saya, yakni istri, mantan istri, dan ibu. Banyak lelaki sukses di belakangnya ada perempuan," tutur Marcell.

Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan The Hits Maker. Pasalnya, acara itu bisa menambah referensi bagi anak-anak muda.

"Tahu Indonesia punya komposer hebat dan karya mereka bisa dibawakan lagi," kata Marcell saat konferensi pers di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Jumat (26/8) kemarin. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Penyebab Putri Komeng Meninggal? Ronal Surapradja: Mohon Maaf...-JPNN.com

PENYIAR Ronal Surapradja membenarkan anak bungsu Komeng, Cantika Alhayu Aldi (Caca) meninggal dunia. Kabar tersebut ia dapatkan sekitar maghrib.

Sebagai orang tua, pria berambut ikal ini bisa merasakan kesedihan yang dirasakan Komeng.

"Saya sih sebagai orang tua bisa ikut merasakan kesedihan Komeng," kata Ronal saat ditemui di Gala Premiere Ini Kisah Tiga Dara di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Sabtu (27/8) malam.

Pria kelahiran Bandung ini menyatakan, beberapa teman akan melayat ke rumah Komeng malam ini. Ia sendiri akan hadir ke sana besok pada saat pemakaman.

"Rencananya dimakamkan di samping makam ibunya Komeng yang baru meninggal beberapa saat lalu," ucap Ronal.

Meski begitu, Ronal mengaku tidak tahu sakit yang diderita oleh Caca. "Sampai hari ini di WhatsApp group belum ada yang tahu karena apa. Mohon maaf saya juga enggak tahu," ungkapnya. (gil/jpnn)


[Link to media]
Jangan Lupa, 3-6 September Ada Festival Takabonerate di Selayar-JPNN.com

MAKASSAR - Kekayaan Bahari Indonesia tidak ada habisnya memesona para wisatawan mancanegara. Kali ini, resonansinya akan terasa di Pulau Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), 3-6 September mendatang.  

”Berbagai atraksi budaya serta turnamen bahari kami gelar di Festival Pesona Bahari Takabonerate. Silahkan datang dan nikmati ke keindahan alamnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan, Jufri Rahman.  

Menurut Jufri, para penjelajah laut Indonesia dan pecinta wisata bahari akan menikmati alam serta budaya Takabonerate. Selain itu, Festival Pesona Bahari Takabonerate juga bisa bertemu dengan para peserta Sail Indonesia yang berlayar dari Darwin, Australia.

”Takabonerate Island Expedition 6 merupakan salah satu dari tiga kegiatan internasional yang digelar Pemda Kepulauan Selayar dalam program Explore South Sulawesi selama tujuh tahun terakhir. Namanya kita sebut Festival Pesona Bahari Takabonerate,” katanya.

Jufri memaparkan, kegiatan yang paling dinanti dalam festival itu adalah kompetisi fotografi bertaraf internasional yang tahun ini melombakan dua kategori besar, yakni fotografi bawah alam dan fotografi wisata alam budaya Selayar. Sampai sejauh ini terdata 50 orang peserta dari berbagai komunitas dalam dan luar negeri akan berpartisipasi.

”Selain kompetisi fotografi, diselenggarakan juga pagelaran budaya dan kesenian rakyat, famtrip kawasan Taman Nasional Takabonerate, lomba foto, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Kami jamin Pesona Indonesia akan terus terlihat di acara kami ini,” ujar Jufri.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun ikut mengucapkan selamat dan sukses atas rencana penyelenggaraan Festival Pesona Bahari Takabonerate. Menurutnya, wisata bahari dengan sentuhan budaya atau culture akan membuat Kepulauan Selayar semakin populer di negeri ini.

"Selamat berfestival! Salam Pesona Indonesia!" ujar Arief.

Seperti diketahui, Festival Pesona Bahari Takabonerate terus diadakan karena sukses meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 25 persen. Agenda tersebut menjadi program Pemda Kepulauan Selayar dalam rangka mendorong peningkatan jumlah wisatawan di “Bumi Tanadoang”, julukan Kepulauan Selayar, serta dijadikan kegiatan pra-event Sail Takabonerate yang berlangsung pada 2017 mendatang.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Selayar, Kadhafi mengatakan, rangkaian kegiatan, pertunjukan seni dan budaya Kepulauan Selayar, underwater exhibition, atraksi permainan rakyat, pameran dan acara hiburan lainnya diselenggarakan di beberapa titik.

Acara tahunan ini akan terpusat di kawasan Taman Nasional Takabonerate, sebuah gugusan pulau-pulau yang terdapat pada wilayah administratif Selayar. Dari kota Benteng, ibu kota Kepulauan Selayar, Takabonerate dapat ditempuh dengan perjalanan selama 6 jam menggunakan kapal laut.

“Kegiatan memberi makan anak hiu yang berada diperairan dangkal di Taman Nasional Takabonerate akan menjadi atraksi yang unik pada kegiatan itu,” ujar Kadhafi.

Selain di kawasan Taman Nasional Takabonerate, rangkaian Festival Pesona Takabonerate akan dilangsungkan di Kota Benteng. Pada penyelenggaraan tahun ini, atraksi budaya dan kesenian rakyat seperti biasa akan dipertontonkan kepada para pengunjung.

Salah satu pertunjukan yang sangat khas adalah manca pa’dang (atraksi pedang), seni bela diri memadukan gerakan silat dan keterampilan memainkan pedang. Kesenian tradisional lainnya antara lain battik-battik, bela diri kontaw, tari boda dan tari lambo.

Sementara itu, panggung hiburan yang selalu hadir pada agenda tahunan tersebut, kali ini akan mengadirkan artis ajang KDI dan beberapa artis lokal Sulsel. Kegiatan lainnya adalah kunjungan ke beberapa peninggalan sejarah, seperti jangkar raksasa, Gong Nekara, masjid tua Gantaran Lalang Bata dan tempat-tempat bersejarah lainnya.

Taman Nasional Takabonerate adalah taman laut terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luasnya sekira 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km persegi.

Untuk sampai ke Selayar dan Takabonerate dari luar Sulawesi bisa menggunakan  penerbangan dari Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Ada tiga maskapai penerbangan yang beroperasi dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara H Aeropala Selayar, yaitu Aviastar Airlines, Wings Air dan Express Air.

Apabila menaiki bus umum, dari Bandara Sultan Hasanuddin bisa mengambil taksi menuju Terminal Bus Mallengkeri menuju Benteng (Selayar) melewati Pelabuhan Bira di Bulukumba. Di Kota Benteng masih melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Pattumbukan menggunakan mobil sewa dengan lama perjalanan 1,5 jam.(adv/jpnn)

 


[Link to media]
Situs e-KTP Palsu Muncul, Ini Reaksi Mendagri-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merasa perlu memberi klarifikasi terkait munculnya informasi secara viral tentang situs untuk mengecek validitas kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)  yang beralamat di https://ektp.cektkp.com. Menurutnya, tidak ada situs layanan pemerintahan yang berdomain dengan akhiran com.

Cahyo mengatakan, link yang muncul di https://ektp.cektkp.com bukan mengarah ke database Direktorat Jenderal Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. “Karena ketika menggunakan dotcom berarti link tersebut bukan dari pemerintah," ujar Tjahjo sebagaimana dikutip JawaPos.Com, Sabtu (27/8/2016).

Mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, Kemendagri sedang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memblokir situs palsu itu. “Karena meresahkan masyarakat," katanya.

Sebelumnya beredar di jejaring sosial pesan berisikan agar masyarakat melakukan pendataan dalam mengurus e-KTP. Pesan itu beredar secara viral seiring kebijakan pemerintah yang menetapkan masa berlaku KTP biasa hanya sampai 30 September mendatang.

Artinya, mulai 1 Oktober 2016 hanya e-KTP yang diakui. Karenanya, pemerintah pun meminta masyarakat segera menguru e-KTP.(cr2/JPG/ara/jpnn)


Berikut ini pesan yang beredar secara viral:

Breaking news: Mendagri minta masyarakat segera mengurus rekam e-KTP, karena akan ditutup 30 September, bagi yang belum terdata rekam e-KTP, data yang lama semua akan dihapus sehingga nanti susah dalam pengurusan bank, BPJS, SIM/STNK dan lain-lain. Tolong dishare ke teman-teman lain yang belum tahu.

Monggo yang mau mengecek KTP, sudah online belum KTP kalian tinggal ketik nomor KTP terus klik cek ke https://ektp.cektkp.com/.


[Link to media]
Innalillahi Wainnaillahi Rojiun...Putri Komedian Komeng Meninggal Dunia-JPNN.com

KABAR duka datang dari pelawak Alfiansyah alias Komeng. Putri Komeng yang bernama Cantika Alhayu Aldi meninggal dunia. 

Kabar meninggalnya putri Komeng yang karib disapa Caca disampaikan oleh Maman Suherman dalam akun Twitter miliknya @maman1965 pada Sabtu (27/8). 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah Caca (Putri Bang Komeng ). Semoga diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT," tulis Maman. 

Maman juga menyampaikan bahwa Caca akan dimakamkan besok pagi. Rencananya, pemakaman bakal dilakukan di Citeureup. 

"Almarhumah Caca, putri Bang Komeng, akan dimakamkan esok pagi di Citeureup, Bogor, di dekat makam almarhumah ibunda Bang Komeng," ungkap Maman. (gil/jpnn)


[Link to media]
Si Cantik Ini Abadikan Proses Kelahiran Anak Pertama Chua-JPNN.com

AKTRIS Ayudia Bing Slamet mengabadikan proses kelahiran Raja Sabdasakha Putra Firmansyah, yang merupakan anak pertama Chua Kotak dan Firmansyah Mahidin Putra. Raja lahir di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Kamis (25/8) lalu.

Chua mengatakan, Ayudia memang menawarkan diri untuk mengabadikan kelahiran anak pertamanya dengan foto. Tawaran tersebut langsung diiyakan oleh Chua dan suami.

Chua dan suami menerima tawaran tersebut karena Ayudia sebelumnya memotret kelahiran anak Tya Ariestya. Hasilnya pun sangat bagus. "Karena enggak semua fotografer bisa mengabadikan proses kelahiran," kata Chua dalam konferensi pers di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (27/8). 

Chua menyatakan, Ayudia sangat antusias dengan proses kelahiran. Bagi Ayudia, sambung Chua, kelahiran adalah proses sakral yang tidak bisa terulang. "Dia ingin mengabadikan momen tersebut," ucap bassist Kotak ini. (gil/jpnn)‎


[Link to media]
Main di Hadapan Bobotoh, Persib Tak Mampu Tundukkan Arema-JPNN.com

BANDUNG-Arema Cronus sukses menahan imbang Persib Bandung 0-0 dalam laga lanjutan ISC A di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (27/8) petang. Pelatih Milomir Seslija menyambut positif hasil ini.

Dalam laga yang berlangsung ketat itu, Arema Cronus ternyata tampil tak terlalu défensif. Meski demikian, koordinasi lini pertahanan Singo Edan, layak diapresiasi.

Bukan hanya rapi dan disiplin, Hamka Hamzah dkk juga bisa melakukan antisipasi sejak lini tengah. Serangan dan alur bola Maung Bandung, mampu dihentikan dan lini depan mereka pun menjadi tumpul.

"Hari ini kami bermain dengan baik. Kami bisa menghentikan Persib yang terus menekan. Hasil ini sesuai dengan yang kami inginkan," ungkapnya usai laga.

Hasil ini membuat Arema menambah satu poin, menjadi 32. Target mereka untuk terus menempel Madura United di klasemen setidaknya sejauh ini tercapai. MU memimpin klasemen sementara dengan 34 poin. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Karena Ibu Sri Mulyani, Guru Bakal Sering Berurusan dengan Debt Collector-JPNN.com

JAKARTA--Kebijakan Menteri Kuangan Sri Mulyani untuk menahan dana tunjangan profesi guru (TPG) sebesar Rp 23,3 triliun tentu saja dikecam para guru.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia Muhammad Ramli Rahim‎, menahan tunjangan profesionalisme guru ini akan berdampak luar biasa terhadap kondisi pendidikan Indonesia.

"Ini sangat mengejutkan para guru. Pemerintah dengan alasan keuangan negara sedang paceklik, akhirnya mengorbankan para guru," kata Ramli, Sabtu (27/8).

Ia menyebutkan, beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah menurunnya semangat guru mendidik bangsa dan ini akan berimplikasi pada Indonesia 20-30 tahun yang akan datang.

‎"Pembelajaran akan ditinggalkan oleh guru, mengapa? Karena guru akan sibuk memperjuangkan haknya, karena guru akan sibuk menghadapi debt collector, karena guru akan sibuk mencari pendapatan tambahan untuk menutup lubang kebutuhan keuangan yang ditahan Ibu Sri Mulyani," paparnya.

‎Diklat UKG yang sudah dipersiapkan lanjut Ramli, akan kacau balau. Sebab guru-guru berpikir, buat apa ikut diklat UKG jika pemerintah seenaknya mencabut tunjangan mereka.

‎Lebih lanjut dikatakan Ramli, jika pembelajaran tidak berjalan maksimal, tawuran akan semakin banyak karena siswa tak lagi terlayani dengan baik.‎

Selain itu kualitas input guru akan kembali kacau, guru kembali akan menjadi profesi yang tak diminati sehingga yang memilih FKIP adalah mereka yang gagal masuk kedokteran, tak lulus di fakultas teknik dan tak tembus di fakultas hukum maupun ekonomi.

"Untuk itu, Ibu Sri Mulyani yang juga pernah jadi dosen agar berpikir ulang menahan tunjangan profesi guru, jika pun harus dilakukan, berikan penjelasan lebih rinci dan jelas, mengapa niat itu disampaikan," ucapnya.

Jika terjadi kesulitan uang negara, menurut Ramli, ada baiknya mengurangi gaji pejabat, anggota DPR dan DPRD.

Begitu juga mobil-mobil dinas pejabat yang mewah itu lebih baik dijual agar tidak boros BBM.

"Ibu Sri, jika benar akan mencabut tunjangan profesionalisme guru tanpa alasan yang rinci dan jelas. Tunggulah gerakan guru Indonesia," tegasnya. (esy/jpnn)


[Link to media]
Perusahaan Penunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan Harus Ditertibkan-JPNN.com

JAKARTA - Jumlah perusahaan penunggak iuran BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur ternyata cukup banyak yakni mencapai 10 ribu perusahaan. Hal ini menimbulkan reaksi keras dari BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini ditegaskan Abdul Latief selaku Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan saat menjadi narasumber pada kegiatan rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Masyarakat Peduli BPJS (MP BPJS) se-Jawa Timur, Sabtu (27/8) di Hotel Oval Surabaya.

Menurut Abdul Latief, perusahaan penunggak iuran BPJS ketenagakerjaan tersebut harus ditertibkan dan harus segera dilakukan penegakkan hukum untuk mendapatkan kembali hak-hak para pekerjanya. Karena, dengan memenuhi kewajiban perusahaan itu, hak-hak perlindungan dasar pekerja kembali dipulihkan.  

BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan pihak kejaksaan guna menindak perusahaan yang tidak tertib itu. Sebab program BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari empat jenis yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun merupakan amanat konstitusi yang tercantum dalam UU BPJS.

Langkah pertama tentu BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh perusahaan untuk taat pada UU BPJS.

"Jika masih membandel maka perlu penegakan hukum melalui perdata maupun pidana,” ujar Abdul Latief.

Dalam forum yang sama, Kornas MP BPJS, Hery Susanto mengatakan jajaran pengurus Korwil MP BPJS di Jawa Timur harus turut mendukung langkah penegakan hukum yang dilakukan BPJS ketenagakerjaan.

“Perlu mendukung untuk menertibkan perusahaan penunggak iuran BPJS ketenagakerjaan bagi para pekerjanya itu,” ujar Hery Susanto.

Untuk itu, kata Hery, MP BPJS berharap pemerintah dari pusat dan daerah melakukan penguatan peran dan fungsi BPJS ketenagakerjaan yakni mem-back up peningkatan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan khususnya bagi pekerja formal dengan 4 program jamsos BPJS ketenagakerjaan serta 2 program pokok yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pekerja informal.

"BPJS ketenagakerjaan mesti di-back up penuh dalam penegakan hukum terhadap perusahaan yang melanggar UU BPJS,” ujar Hery Susanto.(fri/jpnn)


[Link to media]
Hujan Disertai Angin Kencang, Sejumlah Titik di Jakarta Tergenang-JPNN.com

JAKARTA - Hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya, Sabtu (27/8) sore. Akibatnya sejumlah titik di wilayah ibu kota negara tergenang air.

Hujan disertai angin kencang sempat membasahi ibu kota sejak siang hingga sore. Berdasarkan pantauan JPNN, di Jalan Fatmawati arah Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan, air menggenangi beberapa titik lokasi. Bahkan, setelah simpang tiga Jalan Cipete Raya menuju sebelum traffic light, jalanan tidak bisa dilalui.

Petugas keamanan sebuah gedung mengingatkan pengendara untuk memutar balik kendaraan karena jalanan tidak bisa dilalui. "Putar balik, putar balik. Banjir, Bang," katanya sekitar pukul 17.30 sore.

Akibatnya, kendaraan berputar balik menuju arah Jalan Cipete Raya. Kemacetan tidak terhindarkan.

Pengendara sepeda motor yang awalnya berteduh menambah panjang kemacetan. Belum lagi kendaraan roda empat.

Pun demikian di Jalan Pangeran Antasari, beberapa titik tergenang air. Jalan Lenteng Agung, Jalan Kebayoran Lama, Jalan Kemang Raya Jaksel tidak luput dari genangan air.(boy/jpnn)
   


[Link to media]
Masuk Daerah Terlarang, KKP Pulangkan 15 Nelayan Sumut dari Malaysia-JPNN.com

JAKARTA – Pemerintah, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Luar Negeri berhasil memulangkan 15 nelayan asal Sumatera Utara dari Malaysia.

 

Sekretaris Jenderal KKP, Sjarief Widjaja mengatakan, pemulangan 15 nelayan ini merupakan hasil koordinasi dan kerja sama yang intensif, antara Direktorat Jenderal dengan Konsulat Jenderal RI di Penang Malaysia.

“Melalui koordinasi dan kerja sama yang baik dengan instansi terkait, akhirnya 15 nelayan Indonesia berhasil dipulangkan dari Malaysia. Setelah menjalani proses hukum yang berlaku di Malaysia, nelayan-nelayan tersebut berhasil dipulangkan melalui Bandara Kualanamu Medan pada 27 Agustus 2016," ujar Sjarief.

Sjarief menjelaskan, nelayan yang dipulangkan ini merupakan nelayan dari Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka ditangkap aparat Malaysia karena diduga melakukan kegiatan penangkapan ikan di perairan lokasi mereka.

Adapun nelayan yang dipulangkan yaitu Eko (21), Edi (26), Samsul Bahri (40), Adnan (49), Rahmat (39), Saiful (36), Ridwan (36), Indra (34), Rahmat (29), Ayar (34), Kikip (36), Didit (26), Harun (34), Naser, dan Zemi (27).

"Program pemulangan nelayan merupakan salah satu bentuk nyata pemerintah dalam melaksanakan perlindungan nelayan. Ini sesuai mandat Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 15 Tahun 2011, tentang Perlindungan Nelayan," tandasnya. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
DBD Merajalela, Pasien Dirawat di Lorong Rumah Sakit-JPNN.com

BONTANG - Beberapa pasien demam berdarah dengue (DBD) terpaksa dirawat di lorong lantai empat Ruang Cempaka, RSUD Taman Husada, Bontang. Ini terjadi karena membeludaknya anak-anak yang terjangkit penyakit mematikan itu.

Menurut data dari rumah sakit, kapasitasnya ruang anak hanya 31 tempat tidur. Sementara jumlah pasien mencapai 39 anak. Kabid Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Taman Husada Bahaudin mengaku terpaksa menambah tempat tidur di selasar.

“Hal ini (perawatan di lorong, Red) terjadi mulai Rabu (24/8). Pasien DBD terus berdatangan,” tuturnya, Jumat (26/8).

Sebenarnya, ada tiga pasien yang pulang. Tapi beberapa jam kemudian, datang lagi sembilan pasien. “Jadi terpaksa kita tambah tempat tidur, namun dengan pelayanan yang sama,” jelas Bahaudin.

Untuk data terbaru pasien yang positif DBD, Bahaudin mengaku belum bisa memberikan keterangan. Pasalnya, hasil pengecekan darah belum keluar semua

Sejauh ini, manajemen memprioritaskan pasien yang memang sudah positif DBD dan membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

Untuk kebutuhan darah, manajemen sudah berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bontang. PMI kata Bahaudin memastikan stok darah mencukupi, walaupun masih membutuhkan pendonor.

Sejak Januari hingga 25 Agustus, RSUD Taman Husada merilis jumlah pasien DBD sebanyak 118 orang. Untuk yang meninggal terdapat delapan orang. Namun lima di antaranya terjadi pada Agustus. (mga/ica/aya)


[Link to media]
Ini Arti dari Nama Putra Pertama Pasangan Chua Kotak dan Firmansyah-JPNN.com

PASANGAN Chua Kotak dan Firmansyah Mahidin Putra mendapatkan putra pertama bernama Raja Sabdasakha Putra Firmansyah yang lahir pada Kamis (25/8). Mereka berdua memiliki alasan memberikan nama tersebut.

"Kenapa namanya panjang dan depannya Raja. Raja itu kan pemimpin. Raja Sabdasakha adalah pemimpin yang murah hati, dermawan," kata Firmansyah saat konferensi pers di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (27/8).

Putra pertama Chua dan Firmansyah lahir pada pukul 06.42 WIB dengan berat 3,46 kilogram dan panjang 51 sentimeter. Chua mengatakan, anaknya tidak rewel ketika lahir.

"Banyak yang bilang kalau anak bayi pas lahir biasanya teriaknya kenceng. Rewelnya kalau mau minum doang," ucap Chua.

Chua mengaku, baru bisa mengenalkan anaknya sekarang karena ia harus beristirahat total usai operasi. "Soalnya abis operasi aku enggak boleh jalan selama 24 jam. Ini akhirnya baru bisa memperkenalkan bayi kami," ungkap Chua.(gil/jpnn)


[Link to media]
Maling Ini Namanya Adi Naga, Nih Fotonya, Mirip Naga Nggak?-JPNN.com

SAMARINDA – Tim Opsnal Unit Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda sukses menciduk Rusdi Afandi alias Adi Naga. Adi merupakan spesialias curanmor yang sudah masuk daftar pencarian orang.

Polisi meringkus Adi Naga berdasarkan pengakuan dua tersangka curanmor yang sudah lebih dulu dibekuk. Yakni Rahmat Rojali dan Ali Wardana. Nyanyian Rojali dan Ali membuat Adi terseret.

Ia pun diburu polisi karena terlibat empat kasus curanmor jenis matic yaitu dua unit Honda Scoopy dan Honda Beat. "Adi juga terlibat penggelapan dua unit motor yakni Yamaha Mio Soul dan Yamaha Jupiter MX," beber Kasubnit Opsnal Ipda Kawan, Jumat (26/8).

Selama dalam pelarian, Adi membawa motor curian itu ke sana kemari. "Modus curanmor yang dilakukan Adi Naga, Rojali dan Ali yakni dengan mengincar motor yang kebetulan kunci kontaknya tertinggal," terang Kawan.

Selain mengincar motor dengan kunci kontak tertinggal, Adi juga melakukan perusakan pada setang motor apabila dalam keadaan terkunci. "Kalau motornya terkunci, maka setangnya langsung dipatahkan," ujar Kawan.

Polisi masih mendalami adanya pelaku curanmor lain yang merupakan komplotan Adi. “Atau komplotan dari kawanan pelaku curanmor lainnya yang masih berkeliaran," tandasnya. (oke/upi)


[Link to media]
Sebelum Ke Motocross MXGP, Wali Kota Ini Lihat Bekas Kamar Bung Karno-JPNN.com

PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah bersama para pengagum Bung Karno, mengunjungi tempat pengasingan Presiden RI pertama itu di Pesanggrahan Menumbing, Muntok, Bangka Barat, di Provinsi Bangka Belitung.

Kunjungan ini dilakukan menjelang ajang motocross paling bergengsi di dunia, MXGP tahun 2017. "Pangkalpinang memang sudah didaulat untuk menjadi tuan rumah MXGP tahun 2017 hingga 2019 mendatang," kata Irwansyah, dalam rilisnya, Sabtu (27/8).

Event bergengsi dunia tersebut, ujarnya, akan dioptimalisasi sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia, khususnya Bangka Belitung.

"Ada banyak alternatif wisata bagi pengunjung yang nonton MXGP nanti, salah satunya Pesanggrahan Menumbing ini," kata Wali Kota termuda di Indonesia itu.

Dia jelaskan, lokasi pengasingan Bung Karno cukup terpencil yakni di ketinggian 445 meter di atas permukaan laut dan tak ada kehidupan di sekitarnya.

Suasana terasa begitu sunyi saat memasuki gerbang kawasan Bukit Menumbing. "Tidak ada kendaraan lain yang melintas, karena jalanan sempit dan hanya muat untuk satu mobil. Di kanan kiri jalan sepanjang empat kilometer itu hanya terlihat hutan yang hijau lebat," ungkapnya.

Di Pesanggrahan yang berbentuk benteng itu, Irwansyah dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Bangka Barat Markus, Kadis Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Bangka Barat Rozali. Suasana terasa begitu sejuk di kawasan yang merupakan ujung Pulau Bangka itu.

Mereka melihat bekas kamar yang digunakan Bung Karno saat diasingkan pada tahun 1948-1949. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk Sang Proklamator dan para pahlawan yang pernah diasingkan di Pesanggrahan itu antara lain Bung Hatta, Ali Sastroamidjojo, M Roem dan  Pringgodigdo.

Di Pesanggrahan banyak foto aktifitas para pahlawan itu selama diasingkan. Sebagian besar kegiatan para pemimpin bangsa tersebut berupa rapat, pertemuan dan diskusi.

Irwansyah dan Markus kemudian berbincang hangat di salah satu ruangan di dalam Pesanggrahan. Berbagai permasalahan didiskusikan, dari hal-hal ringan hingga perkembangan daerah yang mereka pimpin.

"Kota Muntok ini sudah diresmikan sebagai Kota Pusaka, artinya, kota yang masih kuat sejarahnya," kata Markus.

Pesanggrahan Menumbing ini jaraknya sekitar 12 km dari Kota Muntok atau 130 km dari Kota Pangkalpinang.

Di Muntok juga ada tempat pengasingan Bung Karno, yang disebut Pesanggrahan Muntok atau Wisma Ranggam. Sebab menurut pengelola setempat, Sutejo, kala itu Bung Karno tidak tahan dengan hawa dingin Menumbing, sehingga pihak Belanda memindahkannya ke Muntok.

"Di Muntok ada juga Rumah Mayor, Kelenteng Kung Fuk Miau yang berdampingan dengan Masjid Jami' dan Museum Timah. Itulah wisata sejarah andalan Kota Muntok,” imbuh Sutejo.(fas/jpnn)


[Link to media]
Modus Baru Peredaran Narkoba, Pelakunya Wanita Lho-JPNN.com

BALIKPAPAN – Dua perempuan berinisial MD (31) dan NB (35) dibekuk jajaran petugas Satuan Reskoba Polres Balikpapan di kawasan Gunung Pipa, Selasa (23/8) lalu.

Keduanya tertangkap tangan saat tengah mengambil sebuah bungkusan mencurigakan di tong sampah sekitar masjid di Gunung Pipa.

Dengan berboncengan sepeda motor, mereka mengambil sebuah bungkusan berisi nasi kuning yang di dalamnya terselip barang bukti berupa 2,12 gram sabu-sabu di kemasan plastik klip.

Modus yang digunakan para tersangka terbilang baru dan tak lazim. Mereka menyembunyikan barang bukti berupa sabu-sabu di dalam nasi kuning untuk menyamarkan transaksi.

MD mengaku dihubungi seseorang melalui telepon dan diminta mengantarkan paket sabu-sabu tersebut. Tersangka kemudian mengajak NB melakukan aksinya. Tersangka mengaku tak mengenal orang yang memberinya tugas.

Dia mengatakan, semua perintah didapatkan melalui telepon dan pembayaran ditransfer. “Sudah tiga kali transaksi, ini yang ketiga. Semua uangnya dikirim lewat transfer, Rp 150 ribu sekali antar,” kata dia di Polres Balikpapan, Jumat (26/8).

Paur Subbag Humas Iptu Suharto menjelaskan, kepolisian akan terus berusaha memberantas peredaran narkotika. Kepolisian juga berusaha mengungkap modus-modus baru peredaran barang haram tersebut.

“Ini modus baru yang mereka gunakan dengan bungkus nasi kuning dan diletakkan di tempat sampah, selanjutnya diantar ke pemesan. Polres Balikpapan membuktikan, kami akan terus membongkar jaringan narkotika dalam bentuk apa pun,” papar Suharto. (bp-21/war/k1)


[Link to media]
Penyebaran Narkoba Sampai Ke Anak TK, Ini Pesan Ibu Menteri-JPNN.com

‎BONDOWOSO - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahaya peredaran narkoba yang sudah menyentuh anak-anak di Indonesia. Bukan sekadar usia sekolah, sampai Taman Kanak-Kanak (TK) pun jadi sasaran barang haram itu.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk antisipasi dan tidak mudah membeli jajanan yang terindikasi bisa menimbulkan ketagihan. Apalagi, sampai menerima jajanan yang ditawarkan dengan gratis.

“Sekarang yang disasar anak PAUD dan TK. Rupanya seperti permen, harganya murah. Sekali dua kali bahkan diberikan gratis, tapi setelah itu dipaksa membeli, karena sudah ketagihan,” tuturnya dalam deklarasi Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) dan ikrar Pemuda Santri Bondowoso anti-narkoba, di Tangsil Wetan, Bondowoso, Sabtu (27/8) sore.

Efek domino dari jajanan berupa permen yang dikonsumsi oleh anak TK dan usia dini ini, menurutnya cukup berbahaya. Sebab, bisa merusak mental generasi penerus bangsa.

"Kalau sudah ketagihan, nanti anak-anak akan dipaksa mencuri untuk membeli. Efeknya, anak-anak akan melakukan kriminalitas usia dini, mau jadi apa nanti generasi penerus bangsa ini," tuturnya.

Karena itu, dia mengajak lahirnya Baanar tidak awu-awu atau hanya sekadar ada dan deklarasi. Tapi, efek gerakannya harus bisa menyentuh lapisan paling terkecil.

"Setelah deklarasi tidak diam, tapi ikut bergerak, menyelamatkan generasi bangsa dari peredaran narkoba," tandasnya.(dkk/jpnn)


[Link to media]
PP Rokok Sudah Adopsi Ketentuan Konvensi Pengendalian Tembakau-JPNN.com

JAKARTA - Pemerintah memastikan beberapa ketentuan dalam Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) atau Konvensi Pengendalian Tembakau sudah diadopsi dan dimasukkan ke dalam aturan yang berlaku di tanah air. Buktinya adalah keberadaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Kepala Sub Direktorat Industri Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian Setyati Endang Nusantiri mengatakan, aturan yang lebih dikenal dengan sebutan PP Rokok itu memang memuat ketentuan dalam FCTC. “Itu sudah sesuai bunyinya dengan FCTC," katanya dalam diskusi bertema Harga Rokok Naik untuk Siapa? di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8).

Ia menjelaskan, PP 109/2012 sudah mengatur soal tempat larangan merokok, perlindungan anak dari bahaya rokok, hingga masalah impor dan peredaran produk berbahan tembakau. Hanya saja, katanya, memang ada pihak yang keberatan atas ketentuan yang tertuang dalam PP 109/2012.

"Itu sudah terkandung semua di PP 109. Memang ada beberapa (pihak) yang kontra," jelasnya.

Selain itu, kata dia, Kemenperin juga sudah mengeluarkan sejumlah aturan terkait rokok. Misalnya, aturan soal cara pengujian tar dan nikotin serta pendaftaran mesin pelinting.  "Itu kunci agar tidak ada rokok illegal suapa setiap industri harus gunakan registrasi mesin," katanya.

Karenanya mesin pelinting yang tidak diregistrasi tidak boleh digunakan untuk produksi. "Dan produksi itu disebut ilegal," tegasnya seraya menambahkan, proses pendaftaran ulang mesin pelinting dilakukan setiap lima.(boy/jpnn)


[Link to media]
Tunjangan Profesi Guru Dipangkas, Demokrat: Langkah Tepat-JPNN.com

JAKARTA – Rencana Kementerian Keuangan memangkas tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,4 triliun dalam APBN-P 2016 mendapat dukungan dari Partai Demokrat.

Wakil Ketua Partai Demokrat Syarief Hasan terang-terangan setuju dengan langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani memangkas anggaran itu. Pasalnya, Presiden Joko Widodo selalu meminta pemerintah menghemat pengeluaran negara.

"Anggaran negara harus diselamatkan dan efisiensi dan pemotongan anggaran itu saya pikir salah satu cara dan itu saya pikir langkah yang tepat," ujar Syarief di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (27/8).

Anggota Komisi I DPR RI tersebut berharap, sisa anggaran yang dipangkas bisa dialokasikan ke sektor lain. Khususnya dalam bidang kesejahteraan rakyat.

"Yang penting adalah keberpihakan kepada rakyat itu yang lebih utama, kesejahteraan bagi rakyat, kemiskinan harus betul-betul dilakukan agar jangan sampai terjadi kemiskinan makin bertambah," ujarnya.

Sebelumnya, Sri telah mengumumkan bahwa pemangkasan ini merupakan bagian dari penghematan transfer ke daerah sebesar Rp 70,1 triliun. Menurut Sri, pemotongan dilakukan menyesuaikan dengan data jumlah guru di lapangan. Pasalnya, total guru yang berhak menerima tunjangan profesi tak sesuai dengan jumlah saat penganggaran.

Karena target penerimaan negara meleset, pemerintah memangkas belanja Rp 137,6 triliun. Pemangkasan terdiri atas penghematan belanja pusat Rp 64,7 triliun, dan transfer ke daerah serta dana desa (Rp 72,9 triliun). (cr2)


[Link to media]
Lebih Dekat dengan Pencipta Mukidi, Tokoh Lucu yang Sedang Hits-JPNN.com

JAKARTA – Anda sering mendapat broadcast cerita lucu tentang Mukidi? Jika iya, Anda tak sendirian. Cerita lucu mengenai tokoh fiksi bernama Mukidi memang sedang hits beberapa waktu terakhir.

By the way, siapa sih yang menciptakan tokoh itu? Perkenalkan, dia adalah Soetantyo Moechlas. Dia mengambil nama Mukidi dari salah satu adegan dalam film Warkop DKI.

"Iseng saja pakai nama itu. Saya inget kata-kata yang diucapkan Dono (Warkop), Mukidi," kata Soetantyo saat dihubungi Jawa Pos, Jumat kemarin (26/8).

Penciptaan karakter Mukidi sebenarnya sudah lama, sekitar 90-an silam. Saat itu Pak Yoyo, sapaan Soetantyo, sering mengirim cerita lucu ke program Ida Krisna Show di Radio Prambors.

Nah, Mukidi adalah karakter dalam banyolan tersebut. Mukidi dikisahkan berasal dari Cilacap. Dia orang biasa dan mudah akrab dengan siapa saja. Mukidi punya karier biasa-biasa saja.

Dia punya istri bernama Markonah serta dua anak, Mukirin dan Mukiran. Juga sahabat bernama Wakijan. Kisah Mukidi telah dibukukan Pak Yoyo pada 2010. Dia menerbitkan secara independen sebanyak 40-50 ribu eksemplar.

"Sekarang sudah habis, belum cetak ulang. Takitung-itung, mahal e," ujarnya dengan logat Jawa yang kental.

Pak Yoyo sebenarnya tak berniat mengomersialkan banyolannya. Dia rutin membuat cerita lucu sebagai pemanis saat presentasi. "Saat menjadi product manager, saya banyak mempresentasikan obat. Sebagai ice breaker, saya selipkan banyolan," jelasnya.

Kisah-kisah Mukidi rutin dibagi ke media internal di perusahaan tempat Pak Yoyo bekerja. Selama ini orang banyak mengenal Pak Yoyo sebagai Mukidi. "Kalau di kantor, masjid, atau pertemuan keluarga, saya ya dipanggilnya Pak Mukidi," ujar pria kelahiran 7 Februari 1954 itu.

Produktivitas Pak Yoyo membuat banyolan tak berhenti meskipun dirinya belum berniat membuat buku lagi. Sebagai gantinya, dia kerap membagi karya-karyanya lewat media sosial.

"Saya lebih sering update di Facebook. Soalnya lupa password blog itu," kelakarnya. Blog itu pun dibuatkan temannya yang bernama Ria Indah Sari.

Pak Yoyo memang lihai membuat banyolan. Ketika diminta Jawa Pos membuat cerita Mukidi versi koran, dia langsung tanggap. Dalam hitungan detik, Pak Yoyo sudah bisa membuat rangkaian cerita kocaknya. Begini hasilnya...

Markonah pulang ke rumah melihat Mukidi, suaminya, serius membaca koran. Markonah pun merasa cemburu.

Markonah: Mas, andaikata aku sebagai istri seperti koran yang kamu pegang.

Mukidi: Iya, Dik. Aku juga berharap begitu. Tiap hari ganti yang baru.

Markonah: $&@!@!! (gun/c9/ca)


[Link to media]
Menpar Arief Yahya Ajak Pengusaha Tiongkok Garap Potensi Pariwisata Indonesia-JPNN.com

JAKARTA – Atmosfer Agustusan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 masih terasa. Nuansa Agustusan bahkan terasa di Shanghai, Tiongkok.

Sedikitnya 250 pengusaha dari Indonesia dan mitranya di Tiongkok memaknai perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan mengundang Menteri Pariwisata Arief Yahya, 26-27 Agutus 2016. Mereka berdiskusi dan membangun business opportunity di sektor pariwisata Indonesia yang ibarat kuncup bunga tak lama lagi bakal merekah indah berwarna-warni.

Arief mengatakan, masa depan destinasi pariwisata dunia dan industri kreatif ada di Indonesia. Untuk kekayaan alam dan budaya, katanya, Indonesia adalah rajanya.

“Nature-nya, tidak perlu bertegang nadi untuk berdebat. Silakan lihat dan buktikan sendiri dari ujung Sabang di NAD (Nangroe Aceh Darussalam) sampai Raja Ampat Papua Barat, destinasi kami selalu masuk dalam Top 20 dunia oleh lembaga pemeringkat mana pun,” ujar Arief Grand Hyatt Shanghai, Jin Mao Tower, Jumat (26/8).

Soal kulutur, Indonesia juga jawaranya. Data yang dipetik Menpar Arief Yahya menunjukkan mayoritas atau 60 persen wisatawan mancanegara (wisman) terbang ke Indonesia karena ingin menikmati sentuhan kultur.

Sedangkan yang 35 persen karena faktor nature atau alam, baik wisata bahari yang meliputi coastal zone, underwater zone, sea zone, maupun non-bahari seperti gunung, hutan, danau, geopark, dan lainnya. “Kami berdiskusi soal peluang untuk berinsvestasi di bidang pariwisata di Indonesia,” kata Arief.

Momentum itu sekaligus untuk memperingati 67 tahun hubungan diplomatik RI-RRT. Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar, Vincensus Jemadu mengatakan, Menpar Arif akan akan hadir sebagai nara sumber di INACHAM atau Indonesia Chamber of Commerce di Tiongkok.

INACHAM yang berdiri 13 April 2015 lalu di Beijing, merupakan satu-satunya kamar dagang resmi Indonesia di RRT. “INACHAM terdiri dari dari beberapa komisi yang mencerminkan visi dan misi organisasi, untuk menjadi wadah kegiatan ekonomi, social, budaya, masyarakat Indonesia, terbuka untuk pebisnis maupun professional dan bebas dari kepentingan politik,” ujar Vincensus.

Dari 250 orang itu ada 80-an pengusaha lokal yang selama ini bermitra dengan pengusaha Indonesia. Namun, tidak semua bergerak di bidang pariwisata. Ada juga tour and travel dan beberapa media di sana.

“Kami mengusung tema Investment Opportunity in Indonesia. Dalam pertemuan tersebut akan dipaparkan Perkembangan pariwisata di Indonesia, termasuk sepuluh Bali Baru,” ujarnya.

Menpar Arief Yahya juga diagendakan akan bertemu dengan Huawei Center untuk menjajaki kerja sama informasi teknologi (IT) pendukung destinasi pariwisata di tanah air. Dalam membangun ekosistem pariwisata di tanah air, salah satu hal yang sedang dilakukan Kemenpar secara masif  adalah mengundang investor untuk menanamkan modal ke bisnis pariwisata di Indonesia. Menteri Arief Yahya pun melakukan road show dari satu negara ke negara lain yang berpotensi.

Di Seoul Korea Selatan, belum lama, tiga dari enam pengusaha besar yang bertemu Arief sudah dipastikan bakal menanamkan modal ke Indonesia. Salah satunya adalah investor yang akan masuk ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Lesung, dengan investasi tahap awal USD 500 juta atau Rp 6,5 triliun.

Perjalanan pria peraih Marketeer Of The Year 2013 itu juga akan diisi  visit dan meeting dengan Huawei Innovation Center di Shanghai. Pertemuan itu juga melibatkan INACHAM.

Vincensus berharap pertemuan itu bisa membuka peluang kerja sama bisnis sekaligus transfer teknologi dengan para pengusaha di tanah air. Menurutnya, visit dan meeting dengan pelaku industri di Shanghai sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan brand Wonderful Indonesia kepada pelaku usaha di negara itu.

Apalagi Tiongkok merupakan salah satu negara fokus pasar wisata utama yang paling potensial, dengan 120 juta outbound traveler tahun 2015 lalu. "Wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia tahun lalu mencapai 1.141.330 orang, tidak sampai satu persen dari outbound China," katanya.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata di bawah komando Arief Yahya menargetkan jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1.700.000 orang. Untuk itu, pembangunan berbagai infrastruktur pendukung pun terus digenjot.

Salah satunya adalah menggenjot infrastruktur kawasan ekonomi khusus yang sebagian di antaranya mengkhususkan diri di bidang pariwisata. D iantaranya Danau Toba di Sumut, Tanjung Kelayang di Babel, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Lama di DKI Jakarta, Borobudur di Jateng, Bromo-Tengger-Semeru di Jatim, Mandalika di Lombok, Labuan Bajo di NTT, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara.(adv/jpnn)

 


[Link to media]
Chua Kotak Melahirkan, Kok Suaminya Mual-Mual?-JPNN.com

SUAMI Chua Kotak, Firmansyah Mahidin Putra sempat merasakan panik ketika melihat proses persalinan istrinya. Bahkan, Firmansyah merasa mual saat mengetahui persalinan dilakukan dengan metode caesar

"Proses persalinan dibilang caesar mual-mual saya. Awalnya doang panik," kata Firmansyah dalam konferensi pers di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (27/8).

Firmansyah merasakan panik karena ia belum pernah dioperasi sebelumnya. Oleh sebab itu, Firmansyah membayangkan sakitnya ketika dioperasi.

"Bingung, lihat istri sakit walau dibius enggak bisa bantuin. Awalnya panik, tapi pada saat proses caesar di dalam ruangan suasananya nyaman," ucap Firmansyah.

Menurut Firmansyah, ia pertama kali masuk ke ruangan operasi ketika istrinya melahirkan anak pertama. "Kebetulan yang benar-benar masuk ke ruang operasi momen pertama buat saya. Anak baru mau lahir, jadi campur aduk buat saya," ungkapnya. (gil/jpnn)


[Link to media]
Bacalah, Kritikan Terbaru SBY untuk Jokowi-JPNN.com

JAKARTA – Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengkritik pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Salah satu yang menjadi sorotan SBY ialah pembangunan.

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat itu, saat ini pemerintah hanya lebih fokus membangun infrastruktur di darat. Sedangkan pembangunan di udara dan laut tidak diprioritaskan.

"Kereta api penting memang, jalan penting. Tetapi ingat juga, laut dan udara juga diperlukan. Pelabuhan dan bandara harus lebih banyak lagi. Migas lepas pantai jangan lupa jadi penerimaan negara. Renewable energy, perikanan jangan salah kelola ikan," ujar SBY saat menyampaikan orasi ilmiahnya dalam wisuda Universitas Al-Azhar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

SBY berpesan kepada pemerintahan Jokowi-JK untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur di udara dan di laut. Pasalnya, sambung SBY, Indonesia memiliki kekayaan laut, namun akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan.

"Karena kita tidak pernah berpikir apalagi memberdayakan sumber daya di lautan, maka kita merugi. Karena tak kita kelola dan tidak kita berdayakan, hampir pasti pembangunan tak seimbang dan  akan pincang," pungkasnya. (cr2)


[Link to media]
Biaya Interkoneksi Rp 204 per Menit, Operator Masih Untung-JPNN.com

JPNN.com JAKARTA - Sekretaris Jenderal Indonesia Telecommunications Users Group (IDTUG), M Jumadi mengatakan revisi biaya interkoneksi dari Rp 251 menjadi Rp 204 per menitnya sudah rasional. 

Alasannya, biaya percakapan lewat telepon yang beda operator memang sudah lama tidak turun dan juga menguntungkan masyarakat. 

“Juga membuat pelanggan telekomunikasi Indonesia bisa merasakan biaya voice yang lebih murah,” kata Jumadi dalam keterangan persnya, Sabtu (27/8).

Menurut Jumadi, yang harus diperhatikan dalam kebijakan soal interkoneksi adalah masyarakat yang berhak mendapatkan tarif lebih murah sepanjang tidak merugikan penyedia layanan telekomunikasi. 

Dengan tarif Rp 204 per menit, operator tidak akan dirugikan. Alasannya, laporan tahunan operator ARPM (Average Revenue Per Minute) beberapa operator masih di bawah tarif yang sudah ditentukan oleh pemerintah sehingga penurunan tarif interkoneksi masih menguntungkan. 

“Jika disebutkan ada salah satu operator dirugikan dalam penurunan ini, menurut saya tidak logis,” katanya. 

Seperti diketahui, Kementerian Kominfo mengeluarkan Surat Edaran No.115/M.Kominfo/PI.0204.08/2016. Surat tersebut berisi rencana penurunan biaya interkoneksi yang baru akan diberlakukan pada 1 September 2016. 

Untuk saat ini, tarif dasar interkoneksi percakapan Rp 251 per menit dan. Sementara tarif dasar layanan SMS Rp 23 per SMS. Kemenkominfo sendiri berencana menurunkan 26 persen. (jpg)


[Link to media]
Nia Daniati pun Menangis...-JPNN.com

JAKARTA - Kepergian Eddy Silitonga untuk selama-lamanya membuat Nia Daniati dilanda kesedihan. Nia pun menyempatkan diri datang ke makam Eddy di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Sabtu (27/8).

Pelantun tembang-tembang lawas itu mengenakan baju putih. Nia diberi kesempatan oleh keluarga almarhum Eddy untuk menabur bunga di atas makam.

"Kepada rekan artis, termasuk Mbak Nia Daniati kami persilakan untuk menaburkan bunga sebagai penghormatan terakhir," ujar salah satu keluarga Eddy melalui pengeras suara.

Nia tampak sedih mengenang almarhum. Sesekali ia mengusap air mata karena kehilangan penyanyi yang berjaya di era 80-an itu.

Selain Nia, politikus PDI Perjuangan Effendy Simbolon juga diberi kesempatan menaburkan bunga. Pemakaman diiringi hujan deras yang mengguyur TPU Kampung Kandang. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Mereka Hidup di Indonesia, Tapi Andalkan Kebutuhan dari Malaysia-JPNN.com

SEBATIK – Pemerintah harus lebih memerhatikan kehidupan warga di Sebatik, Kalimantan Utara. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok maupun bahan bakar minyak dan elpiji.

Kebutuhan pokok masyarakat di pulau yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan itu sebagian besar masih didatangkan dari Tawau, Malaysia. Namun, produk dalam negeri juga sudah mulai banyak yang masuk ke Pulau Sebatik.

Salah satu warga Sungai Nyamuk Firda mengaku bisa saja tak mengandalkan pasokan dari Malaysia. Namun, pasokan yang terbatas dari dalam negeri membuatnya harus mengandalkan produk dari Malaysia.

"Apalagi jarak Sebatik ke Tawau itu cuma 15 menit. Lebih gampang datangkan barang," tuturnya, Jumat (26/8).

Firda mengatakan, meski sudah masuk ke Sebatik sejak awal diluncurkan, pasokan gas elpiji tiga kilogram belum memenuhi kebutuhan masyarakat. Alhasil, gas dari Malaysia menjadi pilihan warga meski didatangkan secara ilegal.

"Pasokan elpiji sebenarnya sudah ada lama, tapi dalam sehari saja paling sudah habis. Sementara pengirimannya tidak setiap hari," sebutnya.

Di sisi lain, Saleh, sopir angkutan di Sebatik mengeluhkan tentang pasokan BBM. Sama halnya dengan gas elpiji, pasokan BBM ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sangat minim.

"SPBU di sini cepat sekali tutup karena cepat habis juga. Misal, hari ini datang, besoknya biasanya sudah habis. Makanya, banyak beredar BBM dari Malaysia secara tidak resmi. Karena pasokan dari dalam negeri saja kurang," katanya.

Ia berharap, pemerintah bisa mengatasi masalah perekonomian di daerah perbatasan. "Baik jumlah maupun intensitas pengirimannya harus ditambah," ujarnya. (rus/fen/jos/jpnn)


[Link to media]
Biaya Interkoneksi Turun, Pelanggan Jadi Bebas Memilih Operator-JPNN.com

JPNN.com JAKARTA - Perdebatan penurunan biaya interkoneksi terus bergulir. Wacana penurunan sebesar 26 persen yang rencananya akan diberlakukan 1 September 2016 itu mengundang pro dan kontra. 

Bagi sebagian operator, penurunan biaya interkoneksi merugikan karena tidak sebanding dengan dana investasi yang dikeluarkan. Namun pelanggan mendukung rencana yang digulirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap menguntungkan. 

Salah satu elemen yang meundukung turunnya biaya interkoneksi adalah Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Papua. Ketua Lisuma Papua, Filep Ireuw mengatakan biaya interkoneksi yang terjangkau harusnya menjadi prioritas pemerintah karena perintah Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. 

“Ini sangat baik karena sangat meringankan biaya telekomumikasi untuk masyarakat khususnya kami yang di Indonesia Timur,” kata Filep dalam keterangan persnya kepada JPNN.com, Sabtu (27/8).

Sesuai dengan asas dan tujuan UU No 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi Pasal 3 yaitu Telekomunikasi diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, mendukung kehidupan  ekonomi dan kegiatan pemerintahan, serta meningkatkan hubungan antarbangsa. 

“Kami melihat di Indonesia Timur tidak ada pilihan untuk masyarakat memilih alternatif pilihan untuk operator lain, kami iri dengan masyarakat Jawa yang bisa merasakan biaya telepon yang murah dan terjangkau,” katanya. 

Dengan adanya penurunan biaya interkoneksi, Filep meyakini akan ada pilihan yang variatif bagi pelanggan untuk memilih operator. 

Seperti diketahui, Kementerian Kominfo mengeluarkan Surat Edaran No.115/M.Kominfo/PI.0204.08/2016. Surat tersebut berisi rencana penurunan biaya interkoneksi yang baru akan diberlakukan pada 1 September 2016. 

Untuk saat ini, tarif dasar interkoneksi percakapan Rp 251 per menit dan. Sementara tarif dasar layanan SMS Rp 23 per SMS. Kemenkominfo sendiri berencana menurunkan 26 persen. (jpg)


[Link to media]
Personel TNI dan Angkatan Laut AS Gelar Aksi Bersih di Pantai Padang-JPNN.com

PADANG - Sekitar 1.500 personel TNI, US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) bersama dengan berbagai unsur lainnya, melakukan aksi bersih-bersih Pantai Padang. Aksi dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Pacific Partnership 2016, dimulai titik kumpul di Monumen Merpati Perdamaian, Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Sumatera Barat, kemarin (26/8).

Komandan Satgas Latma Pacific Partnership 2016 Kolonel Laut (K/W) drg. Nora Lelyana, MH.Kes, yang memimpin kegiatan “Padang Beach Clean Up” atau pembersihan pantai Padang, mengatakan kegiatan pembersihan pantai melibatkan berbagai personel. Di antaranya US Navy, TNI AD Batalyon 133 YS, TNI AL Lantamal II Padang, TNI AU Lanud Padang, Brimob/Polri Polda Sumbar, Polisi Pamong Praja, Pemuda Panca Marga dan Pemuda Pancasila, AMPI, FKPPI, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pariwisata, Basarnas, Resimen Mahasiswa Maharuyung, gabungan pelajar sekolah dari Dinas Pendidikan Kota Padang, dan masyarakat setempat.

“Kalian merupakan orang-orang yang diberikan kemenangan, karena dapat hadir dan berdiri di Pantai Mauro Lasak Padang dalam rangka membersihkan berbagai jenis sampah yang berada di pinggiran pantai ini. Kalau kalian tidak menang, mungkin tidak berada di sini dan kita diberikan kemenangan oleh Allah SWT untuk dapat membersihkan Pantai Padang ini,” ujar Kolonel Laut (K/W) drg. Nora Lelyana.

Menurut dokter Nora, bahwasanya kita patut bersyukur dan berbangga, karena kita menjadi bagian dari Latma Pacific Partnership 2016 yang melibatkan 7 (tujuh) negara yaitu  Amerika Serikat, Kanada, New Zealand, Korea, Jepang, Australia dan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, dokter Nora menyampaikan bahwa foto-foto kegiatan ini akan disebar ke seluruh dunia, dan kita tunjukkan bahwa kita bekerja dengan ikhlas, dan bekerja bersama TNI, Polri, dimana masyarakat bersatu untuk membersihkan Kota Padang ini, kita tunjukkan masyarakat Padang kepada dunia.

“Ini baru pertama kali di dunia bahwa pembersihan pantai dilakukan oleh 1.500 orang pada Latma Pacific Partnership 2016,” katanya.
 
“Saya atas nama Dansatgas Latma Pacific Partnership 2016 (Indonesia-Amerika) dan didukung negara-negara sahabat mengucapkan terima kasih atas keikhlasan Bapak, Ibu, Saudara-Saudari dan adik-adik tersayang sekalian. Semoga apa yang kita lakukan ini, dan pasti yakin semuanya sudah tercatat oleh Allah SWT sebagai Amal Ibadah,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Kadispotmar Lantamal II Padang Letkol Laut (PM) Dodi selaku Koordinator Penyelenggara Pembersihan Pantai, mengatakan peserta dibagi menjadi enam kelompok dan sektor.

Kelompok Satu  terdiri dari US Navy, TNI AD dan AL dengan sasaran pembersihan di sektor Monumen Merpati Perdamaian Pantai Muaro Lasak. Sedangkan Kelompok Kedua yaitu gabungan pelajar sekolah dari Dinas Pendidikan Kota Padang di sektor Pantai Cimpago. Kelompok Ketiga, meliputi Polisi Pamong Praja, Pemuda Panca Marga dan Pemuda Pancasila Kota Padang di sektor pantai Purus.
 
Untuk Kelompok Empat, TNI AU Padang, AMPI, dan Bela Negara membersihkan di sektor Parak Karambia. Kelompok Lima, terdiri dari FKPPI, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Dinas Kebersihan dan Pariwisata membersihkan sektor Muaro Padang.

Kelompok Enam, terdiri dari Polri, Basarnas, Resimen Mahasiswa Maharuyung dan masyarakat serta Staf Kecamatan Padang Barat membersihkan di bekas Taman Ria.
 
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Mission Comander Captain Navy Tom William, Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Komando Armada Kawasan Barat Kolonel Laut (PM) Widhy Sutejo selaku Wadansatgas Pacific Partnership 2016, Danlanud Padang Kolonel Pnb I Putu Gede Suartika, Polri Polda Padang dan masyarakat serta unsur Pemerintahan Kota Padang.(fri/jpnn)


[Link to media]
Astaga....Tenda Pemakaman Almarhum Eddy Silitonga Roboh-JPNN.com

JAKARTA - Hujan lebat yang melanda Jakarta Selatan, berimbas pada prosesi pemakaman almarhum Eddy Silitonga.

Usai jenazah dimakamkan di tengah lebatnya hujan yang mengguyur TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (27/8), tenda yang menutupi liang lahat tiba-tiba roboh diterpa hujan lebat.

Robohnya tenda ini disebabkan karena terpal tidak kuat menahan air yang menggenang di atas tenda.

"Astaga..alamak!! Tenda robuh minggir dulu," kata salah satu keluarga almarhum Eddy panik.

Sebelumnya, saat jenazah hendak dimakamkan langit sudah begitu mendung di sekitar TPU. Hingga jenazah dikebumikan hujan deras turun dan membuat para pelayat basah kuyup terkena tampias air hujan.

Saat ini pemakaman sudah dilaksanakan dan para pelayat masih berteduh di sekitar TPU Kampung Kandang. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Harap Tenang, Simak Penjelasan Kemendikbud Soal TPG Ini-JPNN.com

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana memangkas tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,4 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, para guru tidak perlu khawatir dengan pengurangan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG). Pasalnya, kata dia, tunjangan profesi bagi guru yang berhak tidak terpengaruh.

Dijelaskannya, pengurangan anggaran tunjangan profesi guru yang dimaksud adalah mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap pada tahun 2016. "Tunjangan profesi guru tahun 2016 tetap dijamin akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, karena pengurangan anggaran Rp 23,3 triliun sebagaimana disampaikan menteri keuangan tidak akan mengurangi hak guru penerima tunjangan profesi guru, namun hanya mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap," ujar Sumarna dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (26/8).

Pengurangan anggaran tersebut merupakan usulan Kemendikbud yang disampaikan melalui surat nomor 33130/A.A1.1/PR/2016 Kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang Permohonan Penghentian Penyaluran Tunjangan Profesi Guru dan Tambahan Penghasilan Guru Tahun Anggaran 2016 bagi sebagian daerah.

"Surat tersebut disampaikan ke Kemenkeu berdasarkan hasil rekonsiliasi yang telah dilakukan pada bulan Mei 2016 antara Kemendikbud, Kemenkeu, dan Pemda. Jumlah guru PNSD yang menerima SK Tunjangan Profesi sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-undangan sekitar 90 persen sehingga ada kemungkinan dana tidak akan terserap," katanya.

Lebih lanjut Pranata menjelaskan beberapa faktor penyebab pengurangan anggaran, antara lain guru pemilik sertifikat profesi yang telah pensiun, mutasi, promosi, tidak dapat memenuhi beban mengajar 24 jam, dan tidak linier dengan sertifikat pendidiknya. (cr2/JPG)


[Link to media]
Baroto: Mahkamah Partai Belum Bisa Selesaikan Konflik Parpol-JPNN.com

JPNN.com JAKARTA - Kepala Subdit Parpol di Kemenkumham, Baroto, berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang terbuka promosi doktor yang digelar di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Sabtu (27/8). 

Baroto mengambil desertasi tentang persoalan konflik partai politik sesuai dengan dunia yang digelutinya. Ia merupakan akademisi sekaligus praktisi yang mendedikasikannya dirinya untuk peningkatan demokrasi yang berkualitas melalui pembinaan parpol yang kuat, disiplin, taat konstitusi, dan berpihak terhadap rakyat.

Sebagai birokrat, dia selalu bersentuhan dengan persoalan konflik partai dengan berbagai latar belakang persoalan yang terjadi akhir-akhir ini. 

“Semoga menjadi kontribusi penting untuk menyelesaikan konflik dan perpecahan internal partai yang sering melanda parpol-parpol di Tanah Air,” kata Baroto. 

Ujian doktor ini berlangsung di Universitas Trisakti, Sabtu (27/8) pada pukul 10.00 WIB. Bertindak sebagai sebagai promotor, Prof Dr Abdullah Sulaiman, SH, MH dan co promotor Prof Dr Eriyantouw Wahid, SH, MH.

Setidaknya, ada empat poin penting dalam desertasi Baroto. Pertama, konstruksi hukum dan implementasi penyelesaian sengketa internal parpol dipengaruhi politik hukum yang ada, baik masa sebelum reformasi maupun sesudah reformasi.

Kedua, pada masa sebelum reformasi parpol lebih kuat difungsikan sebagai alat penguasa sehingga dalam peraturan perundangan tidak diatur mekanisme penyelesaian internal. Sangat rentan potensi intervensi dan campur tangan penguasa.

Ketiga, pada era setelah reformasi mekanisme penyelesaian diatur dengan jelas. Pengaturan dalam perundang-undangan mengalami perkembangan yang pada awalnya secara musyawarah mufakat, kemudian melalui peradilan sampai yang terakhir munculnya lembaga mahkamah partai.

Dan keempat, permasalahan penyelesaian sengketa internal parpol saat ini lebih disebabkan beberapa faktor antara lain regulasi yang masih kurang tegas dan multitafsir, penguatan kelembagaan partai itu sendiri dan jurisdiksi lembaga peradilan yang menangani konflik partai.

“Selain itu lahirnya lembaga mahkamah partai secara internal belum maksimal mampu melahirkan putusan yang dihormati para pihak dan mampu menyelesaikan persoalan,” katanya. (jpg/jpnn)


[Link to media]
Menteri Basuki Optimistis Daya Beli Masyarakat Atas Rumah Tetap Ada-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan pemerintah telah mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi ke-13. Paket ini menurutnya fokus menghilangkan, menggabungkan dan mempercepat proses perizinan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Ini akan memotong 70 persen biaya perizinan dan diharapkan mendorong pencapaian target Program Satu Juta Rumah," kata Basuki, dalam rilisnya, Sabtu (27/8).

Selain itu, lanjutnya, untuk perizinan lebih singkat yang tadinya lebih dari 700 hari kini menjadi 44 hari.

Terkait adanya sejumlah pihak di daerah yang menolak adanya perampingan perizinan, Basuki menjelaskan, bahwa untuk masing-masing kebijakan mulai dari satu hingga 13 sudah dibentuk pokja-pokja yang bertugas memonitor dan mengawal implementasi dari paket kebijakan itu.

"Pokja-pokja tersebut nantinya yang akan memecahkan masalah yang diadukannya," jelas Basuki.

Menurutnya, untuk harga rumah MBR sekarang ini masing-masing wilayah berbeda, antara kisaran Rp 144 juta sampai Rp 180 juta. Dengan adanya kemudahan perizinan program KPR subsidi dan bantuan uang muka dari pemerintah, Basuki optimis daya beli masyarakat membeli rumah tetap ada.

"Ini terbukti pada saat ada pameran properti di JCC Expo terjadu transaksi sebesar Rp 5,3 trilun dari target Rp 4,1 triliun yang dilakukan oleh salah satu bank milik negara. Jadi saya kira dengan paket ekonomi tersebut serta bantuan uang muka, daya beli masyarakat terhadap rumah tetap ada," pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Catat, Negara Kantongi Pemasukan 70 Persen dari Setiap Batang Rokok-JPNN.com

JAKARTA - Rokok sampai saat ini masih memberi kontribusi signifikan bagi pendapatan negara. Bahkan daari setiap batang rokok yang terjual ke konsumen, 70 persennya menjadi pemasukan negara.

Kepala Sub Direktorat Industri Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian Setyati Endang Nusantiri mengatakan, setiap batang rokok dikenai cukai, pajak daerah dan panaj pertambangan nilai (PPN). Pajak daerah dari rokok mencapai 10 persen, dedang PPN 8,7 persen.

"Satu batang rokok memberikan 70 persen kepada negara. Terdiri atas cukai, PPN dan pajak daerah," kata Setyati dalam diskusi bertema Harga Rokok Naik untuk Siapa? di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8).

Sedangkan 30 persen sisanya, kata Seytati, masuk ke industri. Dia memerinci, dari 30 persen itu 20 persen di antaranya untuk membiayai tenaga kerja dan sebagainya. "Sedangkan sepuluh persen masuk kantong kebutuhan," tegas Setyati.

Lebih lanjut Setyati mengatakan, saat ini pemerintah juga menetapkan tarif bea masuk industri hasil tembakau untuk cerutu kretek dan rokok putih sebesar 40 persen. "Ini supaya tidak ada impor hasil industri tembakau," katanya.

Karenanya, industri rokok mengalami penurunan signifikan. Menurut dia, jumlah industri rokok pada 2010 tercatat mencapai 2600 unit. Namun, jumlah itu turun menjadi 600 unit pada 2016. Kebanyakan yang berkurang ialah industri kecil dan menengah.(boy/jpnn)

 


[Link to media]
Afgan Rossa Jadian? Begini Komentar Ivan Gunawan-JPNN.com

IVAN Gunawan, berkomentar mengenai kedekatan Rossa dan Afgan. Banyak yang menduga Afgan-Rossa tengah berpacaran.

Lalu apa pendapat Ivan?

Sebagai mantan pacar, desainer kondang ini mengaku tak keberatan jika Afgan dengan Rossa jadian.

"Aku sih setuju-setuju aja, dia (Rossa) sama siapa aja, aku setuju," tutur Ivan belum lama ini.

Mengenai kebenaran kabar itu, pria bertubuh tambun ini tak memberikan jawaban pasti. Ia hanya meminta kabar itu dikonfirmasi langsung kepada Rossa ataupun Afgan. "Tanya sendiri aja sama mereka," ucap Ivan.

Terpenting, pria itu bisa membuat nyaman dan bahagia. Terlebih, ada anak dalam kehidupan Rossa.

"Apalagi dia kan udah punya anak ya, jadi harus juga bisa nikahin keluarganya juga," tandas Ivan. (chi/jpnn)


[Link to media]
SBY Anggap Konsep Maritim Jokowi-JK Masih Sebatas Retorika-JPNN.com

JAKARTA - Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkritik konsep poros maritim yang didengung-dengungkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Pasalnya, SBY mengaku tak melihat gebrakan nyata dari pemerintahan saat ini dalam menguatkan sektor maritim.

"Saya sering mendengar kita ini bangsa maritim, negara kepulauan. Tapi yang saya dengar yang, saya ikuti sebatas retorika," ujar SBY saat menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda XV Universitas Al Azhar Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Mantan menteri koordinator politik, sosial dan keamanan itu mengatakan, sampai saat ini program pembangunan pemerintahan Jokowi-JK masih berfokus untuk infrastruktur darat. Sedangkan penguatan dan pembangunan di bidang maritim masih belum terlihat.

"Selama ini kita heavy daratan. Kita ingin seimbang. Dua-duanya penting tak boleh pincang," tegasnya.

Karenanya SBY berpesan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK untuk lebih memperhatikan penguatan dan pembangunan di bidang maritim. Sebab lautan adalah masa depan bangsa.

"Mindset kita, cara pandang kita harus diubah tak hanya retokria tapi harus diimplementasikan," ucap ketua Umum Partai Demokrat ini.(cr2/JPG)
 


[Link to media]
Ini Sanksi dari BPOM Bagi Pembuat Mie Bikini-JPNN.com

BANDUNG – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung memberi sanksi administratif kepada pembuat kudapan dengan merek Bihun Kekinian (Bikini), RP. Sanksi ini dimaksudkan sebagai pembelajaran agar hal serupa tak terulang lagi

”RP mengaku tidak ada unsur kesengajaan darinya untuk membuat snack Bikini ini,” kata Kepala BBPOM Kota Bandung Abdul Rahim kepada wartawan di Kantor BBPOM, Jalan Pasteur Kecamatan  Cicendo, Kota Bandung, Jumat (26/8).

Soal penamaan dan kemasan, lanjut dia, RP mengaku untuk menarik para konsumen saja. Berdasarkan hasil dari pemeriksaan terhadap pembuat makanan ringan tersebut dan 10 orang saksi, petugas pun tidak menemukan unsur kesengajaan untuk meresahkan masyarakat.

”Pelaku dan semua saksi yang diperiksa kooperatif selama pemeriksaan dan memberikan keterangan,” ujar Abdul. 

RP pun telah membuat surat pernyataan untuk menyerahkan semua produk bahkan hingga ke bahan bakunya ke BPOM. Dalam waktu dekat mkanan ringan yang menjadi pembicaraan masyarakat itu akan dimusnahkan. 

Terpisah RP mengaku, dirinya tidak sengaja membuat kemasan mie tersebut. RP nyampaikan permohonan maaf pada semua pihak yang resah karena peredaran makanan ringan miliknya. Ia pun berjanji tidak akan mengulanginya dan akan belajar tentang undang-undang yang berlaku. 

”Saya mohon maaf kepada masyarakat dan juga saya ucapkan terima kasih kepada BBPOM yang sudah memberikan pengetahuan kepada saya,” pungkasnya. (dn/nit)


[Link to media]
Tat Twan Asi Jadi Spirit Baru Sanur Village Festival 2016-JPNN.com

BALI – Selalu ada tokoh di balik layar yang sangat kuat dalam sebuah kisah sukses. Kesuksesan Sanur Village Festival (SVF) 2016 yang digelar di Maisonettee Area Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali 24-28 Agustus 2018 juga ada arsiteknya.

Mau tahu? Siapa lagi kalau bukan Ida Bagus Gede Sidharta Putra, Chairman of SVF 2016.

Dia pula yang selama 11 tahun mengawal dan menjadi motor penggerak  SVF sejak tragedi bom Bali 2005. “Kami membuat festival ini untuk mengangkat kembali pariwisata Sanur, Bali dan Indonesia yang saat itu hancur oleh bom,” ungkap Ida Bagus Gede Sidharta Putra.

Kala itu semua industri pariwisata di Bali mati suri. Tidak banyak wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus)  yang berkunjung ke Bali.

Dampak ledakan itu sangat besar, dan lama. Iklim berbisnis di pariwisata ikut terkena getahnya, pendapatan masyarakat juga terus merosot. Semua pihak prihatin dan harus menerima nasib sial.

Karenanya Gede menginisiasi SVF. “Festival yang dilakukan dengan kebersamaan ini pelan-pelan bisa mengangkat kembali keberadaan kita,” kata dia yang juga pemilik Griya Santrian itu.

Dari waktu ke waktu, festival ini terus disempurnakan. Dia berterima kasih kepada Walikota Denpasar kala itu, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang kini menjadi menteri koperasi dan UKM.

Gede juga sangat terbantu karena kini selama dua penyelenggaraan SVF disupport Kementerian Pariwisata. Kementerian yang kini dipimpin Arief Yahya itu benar-benar mendukung kesuksesan SVF.

“Pak Menpar Arief Yahya ini sangat peduli dengan Sanur Village Festival ini. Sudah dua tahun berturut-turut membuka festival ini. Luar biasa! Terima kasih,” jelas Gede.

Kini, popularitas Sanur Village Festival 2016 semakin ngetop. Volume peserta SVF 2016 yang bertema Tat Twam Asi itu juga semakin banyak dan variatif.

“Semakin besar, semakin banyak pengunjungnya. Sanur yang semula event lokal, sekarang sudah bisa mempromosikan Denpasar, dan Wonderful Indonesia. Tentu dengan digital media yang semakin borderless, tidak berbatas oleh waktu dan ruang lagi,” kata dia.

Gede menambahkan, tema Tat Twam Asi adalah buah pikirnya untuk memberi label festival tahun 2016 ini. Setiap tahun temanya berubah dan terus disesuaikan dengan perkembangan aktual.

Tat Twam Asi merupakan dari bahasa Sansekerta. Artinya: kamu adalah aku, aku adalah kamu.

Apa makna di balik kata-kata itu? “Kami ingin saling menghormati, saling memiliki, saling menghargai, saling menjaga, agar Sanur tetap bersih, lestari, rukun, tenang dan nyaman. Kita memiliki Sanur, dan Sanur juga memiliki kita. Dalam suasana seperti itu, dari Sanur ini akan melahirkan kreativitas yang tiada henti,” jelas IB Gede Sidharta penuh semangat.

Tahun ini, menurut dia, SVF lebih banyak mengagendakan kegiatan sport tourism di Sanur. Ada sekitar 20 event selama festival yang sudah dimulai sejak 14 Agustus itu.

Sebagai tahun sport tourism, maka dia menggandeng perusahaan aplikasi dari Hong Kong untuk mempromosikan I Discover yang berisi tentang jalur sepeda, jalur jalan kaki atau jalur trekking di kawasan Sanur. Mereka tidak sekadar berolahraga sepeda di Sanur, tetapi ada kunjugan ke beberapa heritage site yang ada di sana.

Kegiatan yang sudah dirancang dan dipublikasikan antara lain Sanur Golf Tournament, Environmental Care, Under Water Festival, Fishing Contest, Sanur Kite Festival, Sport Competition, Bali International Triathlon, Phono Competition, Fun Beach Games, Sanur Creative Expo, Food Festival, Jazz Festival dan Yoga.

“Triathlon yang sudah kami buat ada 1.800-an peserta. Lalu belum lama juga ada Inter Hash dengan 6.000 peserta. Bukan hanya Sanur yang hidup, tetapi Bali juga semakin hidup,” ungkapnya.

Sementara Rainier H Dauly, pebisnis yang bergerak di hospitality, entertainment, dan investment juga menyambut gembira terselenggaranya Sanur Village Festival 2016 ini. Rainer yang juga pemilik The Oasis Lagoon di Sanur, Bali itu optimistis perkembangan pariwisata Indonesia akan terus maju dan berkembang.

“Saya melihat dan merasakan festival ini semakin memperkuat Sanur sebagai community based tourism,” kata Rainier yang lulusan UI Jakarta itu.

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra juga men-support kegiatan ini sejak 11 tahun lalu guna mendorong iklim pariwisata yang menjadi kekuatan Bali. Dia mengapresiasi Yayasan Pembangunan Sanur yang dipimpin oleh IB Gede Sidharta Putra karena telah membuat SVF semakin dikenal di seluruh dunia.

“IB Gede Sidharta itu orangnya kecil, tapi ide-idenya besar!” kata Rai Mantra.

Banyak tokoh yang juga hadir dalam momentum pembukaan festival itu. Termasuk anggota DPR RI  Ida Bagus Putu Sukarta. Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Hermawan Kertajaya, Ibu Bintang Puspayoga, Wali kota dan pimpinan DPRD Kota Denpasar, beberapa bupati di Bali, para konsul jenderal negara lain, Bali Tourism Board, pengurus PHRI, serta para pelaku bisnis pariwisata di sana. Suasananya sangat kompak, kekeluargaan, nyaman dan damai.  

Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji konsistensi pelaksanaan SVF. Menurutnyam SVF merupakan sebuah rangkaian event yang semuanya tergarap secara profesional dengan tingkat hospitality yang sangat detail dan berselera.

“Inilah yang harus ditularkan ke banyak destinasi baru di tanah air. Saya sering menyampaikan ke banyak daerah, contohlah Sanur yang sukses menggarap community based dan bergerak cepat dengan digital," ujar Arief Yahya.(adv/jpnn)

 


[Link to media]
Bu Susi: Kalau BUMN gak Bergerak, Sangat Disayangkan-JPNN.com

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyambut baik Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016, tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, dibutuhkan sinergi dari berbagai stakeholder untuk mempercepat langkah demi tercapainya Inpres tersebut.

"Sesuai arahan pak presiden, ini sangat memerlukan kerja sama seluruh stakeholder. Jadi di sini KKP tidak bisa bekerja sendirian. BUMN punya tugas di situ," ucap Susi, Jumat (26/8) kemarin.

Dalam rapat, Susi juga meminta kepada jajaran pejabat eselon I KKP, agar bisa menginvetarisir kembali BUMN mana saja yang terkait dalam sektor kelautan dan perikanan.

"Semua BUMN diinventaris lagi, mana saja yang berkaitan dengan kita. Dari situ kita melihat sebuah tugas sebagai pejabat negara dan Anda (para dirut BUMN) sebagai pengawalnya," tutur Susi.

Impor ikan yang menurun, kata Susi, harusnya mampu memberi gambaran kepada BUMN sektor perikanan untuk mengambil peluang membangkitkan gairah ekonomi perikanan nasional.

"Saya ingin BUMN dari perikanan mengambil opportunity ini. Pertama menjadi penyokong daripada gerakan pertumbuhan ekonomi. Hasil dari perikanan tangkap luar biasa. Jadi di sini saya melihat, kalau BUMN sektor perikanan tidak bergerak sangat disayangkan," tandas Susi. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
DAU Ditahan Kemenkeu, Pemkot Cilegon Kelabakan-JPNN.com

CILEGON – Pemkot Cilegon bakal menghentikan sejumlah kegiatan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selama empat bulan ke depan. Langkah ini terpaksa dilakukan Pemkot Cilegon sebagai buntut ditahannya Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 87,76 miliar oleh pemerintah pusat .

Kemarin, Jumat (26/8), jajaran Pemkot terdiri Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) menggelar rapat terbatas. Rapat tersebut untuk mencari solusi atas terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK/.07/2016 tentang Penundaan Penyaluran sebagian DAU 2016. 

Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Pengembangan Wilayah (Prasbangwil) Bappeda Cilegon Sabri Mahyudin mengatakan, berdasarkan hasil rapat, Pemkot bakal menghentikan sejumlah kegiatan. “Kegiatan yang tidak terlalu penting bakal disetop. Antara lain kegiatan workshop, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang memang tidak terlalu penting,” katanya kepada Radar Banten. 

Sabri menjelaskan, selain menghentikan kegiatan seremonial. solusi yang disepakati antara Bappeda, DPPKD, Plt Sekda dan wali kota Cilegon adalah melakukan efisiensi belanja pegawai dan efisiensi lelang. “Ke depan bisa jadi kegiatan akan jarang digelar oleh SKPD,” jelas Sabri. 

Kabid Pembiayaan DPPKD Kota Cilegon Ade Nasruddin menambahkan, nilai DAU untuk tahun anggaran 2016 sudah dipatok sebesar Rp 600 miliar. “Dari jumlah itu, sebanyak Rp 87,76 miliar ditunda pencairannya oleh pusat. Oleh sebab itu, Pemkot bakal melakukan efisiensi belaja pegawai dan lelang,” terangnya. 

Plt Sekda Cilegon Ratu Ati Marliati menjamin, penangguhan DAU tidak akan berimbas terhadap gaji para pegawai Pemkot Cilegon. “Insya Allah para pegawai yang ada di sini tetap mendapatkan gaji,” kata Ati yang berupaya meyakinkan para PNS. 

Ati menjelaskan, tidak hanya gaji pegawai yang tetap akan berjalan, sejumlah program yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), juga tetap akan berjalan. “Penundaan DAU tidak akan berimbas terhadap program yang sudah direncanakan,” jelas Ati yang juga kepala Bappeda Cilegon. 

Ati meyakini, penundaan DAU tidak akan lama. Pihaknya juga tidak akan tinggal diam dan akan langsung mendatangi Kemenkeu di Jakarta untuk mengklarifikasi program pembangunan di Cilegon. “Sebenarnya program-program di Cilegon kan sudah berjalan,” ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Tb Iman Ariyadi juga mengaku akan secepatnya melayangkan surat keberatan terkait ditangguhkannya DAU Cilegon. “Kami akan mengklarifikasi bahwa sejumlah program kegiatan sudah mulai berjalan. Jadi tidak benar jika serapan anggaran kami dianggap rendah,” tegas Iman. 

Iman menjelaskan, pihaknya sudah siap melakukan efisiensi belanja pegawai dan efisiensi lelang. “Kegiatan yang tidak penting lebih baik ditangguhkan dulu. Jika nanti DAU sudah bisa turun, baru bisa dilaksanakan kembali. Oleh sebab itu, kita berupaya agar penjelasan kita bisa diterima oleh Kemenkeu,” jelas Iman. 

Wali Kota berharap, apabila efisiensi belanja pegawai sudah dilakukan bisa menutupi kekurangan anggaran. “Begitu juga dengan efisiensi lelang. Lelang itu kan dilakukan secara terbuka. Nah, nanti kan ada selisihnya. Selisihnya itu nanti bisa kita gunakan untuk gaji pegawai. Dari dua pos itu kita lakukan agar program dan gaji pegawai tetap berjalan,” tandasnya. (mg08/ibm/dil/jpnn)


[Link to media]
Konflik Usakti Libatkan Preman, Komnas HAM Turun Tangan-JPNN.com

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memberi atensi pada persoalan internal di Universitas Trisakti (Usakti). Penggunaan kekerasan dengan adanya keterlibatan para preman dalam sengketa internal di Usakti mendapat sorotan dari Komnas HAM.

Jumat (26/8), komisioner Komnas HAM Nur Kholis meninjau kampus Universitas Trisakti di Grogol, Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu Nur Kholis berdialog dengan para pimpinan Usakti dan mahasiswa, serta melihat beberapa barang bukti terkait kericuhan beberapa waktu lalu karena ada ratusan preman masuk kampus universitas swasta tersebut.

Nur Kholis mengatakan, sebenarnya persoalan Usakti menjadi urusan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) yang kini dipimpin Muhammad Nasir. Namun, kata Nurkholis, kini ada kecenderungan bahwa M Nasir memihak salah satu kubu yang bersengketa di Usakti.

Karenanya, Komnas HAM justru masuk ke Usakti karena diundang oleh Kementerian Hukum dan HAM. “Kenapa Kemenkumham yang mengundang, dan bukannya Menristek, Karena kami menilai posisi Menristek saat ini cenderung mendukung salah satu pihak,” ujar Nur Kholis.

Karenanya Nur Kholis mengharapkan Menristekdikti M Nasir agar tidak berpihak dulu. “Sehingga kami mohon kelegowoan kepada Pak Menteri agar Komnas Ham dan Kumham yang membantu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya tanggung jawab Pak Menteri Dikti ini,” ujar komisioner Komnas HAM peraih gelar master dari Sung Kong Hoe University, Korea Selatan itu.

Lebih lanjut Nur Kholis mengatakan, Komnas HAM sudah berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk memediasi persoalan Usakti. Nantinya akan ada pertemuan antar-piihak yang bersengketa di Usakti, dengan melibatkan Komnas HAM dan Menkumham Yasonna Laoly.  “Tinggal menyesuaikan waktunya Pak Menkumham saja,” ujarnya.(rmo/jpnn)

 


[Link to media]
Ini Lonceng Kematian Bagi Buruh Rokok-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi mengatakan, buruh tembakau dan rokok harus dilindungi.

Pasalnya, mereka banyak yang menjadi korban kebijakan. Salah satu komponen yang merenggut hak petani ialah impor tembakau.

"Angka impor 60 persen merupakan komponen dan tatanan merusak hak petani tembakau," kata dia saat diskusi 'Harga Rokok Naik untuk Siapa?' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8).

Dia menambahkan, tembakau impor masih mendominasi produksi rokok di Indonesia. "Sebanyak 60 persen dari produksi miliaran barang rokok pertahun ditopang dengan tembakau impor," ujar Tulus.

Berdasarkan data yang ada 10 tahun terakhir, produksi rokok nasional terus mengalami peningkatan. Terlebih, kebanyakan industri rokok gugur bukan karena regulasi pemerintah.

"Tapi karena tidak bisa bersaing, industri kecil tergulung. Adanya mekanisasi industri rokok besar yang mengalihkan tenaga buruh dengan mesin, mengapa ini tidak dilarang pemerintah?" sesalnya.

Dia mengatakan, satu mesin bisa menggantikan 900 buruh rokok. Tentunya, orang atau perusahaan pasti akan menggunakan mesin.

"Ini yang harus dilarang. Apakah RUU Pertembakauan melarang itu? Melarang impor tembakau atau tidak?" kata dia.

Buruh manusia hanya akan tersisa empat persen saja.

"Ini lonceng kematian buruh rokok, bukan karena kenaikan cukai atau pengendalian, tapi karena adanya konversi dari manuia menjadi mesin," tandas Tulus. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
YLKI: Hentikan Impor Tembakau!!-JPNN.com

JAKARTA - Pemerintah diminta menghentikan impor tembakau. Hal itu dipinta Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi.

Sebab saat ini kata Tulus, miliaran barang rokok yang diproduksi di Indonesia, 60 persennya tembakau impor.

Penghentian impor ini diyakinu akan melindungi petani tembakau Indonesia.

"Petani harus dilindungi. Harusnya hentikan impor tembakau," kata Tulus saat diskusi 'Harga Rokok Naik untuk Siapa?' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8).

Menurut Tulus, angka impor 60 persen merupakan komponen dan tatanan merusak hak petani tembakau.  Menurut dia, dominannya impor tembakau sudah merusak. Bukan masalah aturan di tingkat level atau nasional.

"Yang merusak adalah impor tembakau," tegasnya.

Ia mengatakan, lebih tragis lagi ialah pihak luar negeri yang diuntungkan dengan impor tembakau.

"Datangkan tembakau impor, diporduksi di sini, keuntungan di ekspor ke luar lalu penyakitnya ditinggal di sini," sesal Tulus. (boy/jpnn)


[Link to media]
Braaak! Kapal Polisi Tabrak Perahu Kawanan Perompak-JPNN.com

SURABAYA -- Ditpolair Polda Jatim berhasil mengakhiri petualangan Hari Susanto, 20; Fathur Rozzi, 20; dan Agus Turiantoro, 36 sebagai trio perompak di Selat Madura. Kemarin ketiganya berhasil diringkus di sekitar perairan Gresik. Penangkapan berlangsung dramatis. Polisi terpaksa menabrak perahu pelaku. Sebab, ketiga pelaku berusaha kabur saat hendak ditangkap.

Penangkapan ketiganya berawal dari laporan yang masuk mengenai adanya perompakan di perairan Jawa Timur. Ciri-cirinya, tiga perompak menggunakan perahu motor kecil. Mereka tidak segan menggunakan senjata tajam untuk mengancam korban.

Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan patroli rutin Ditpolair Polda Jatim. Nah, kemarin pagi tim patroli menemukan perahu dengan tiga orang sebagaimana yang disebutkan dalam laporan di perairan Gresik. Satu kapal Ditpolair Polda Jatim langsung melakukan pengecekan.

Namun, saat akan didekati dan diminta berhenti, perahu motor kecil bewarna putih itu justru mempercepat lajunya. Tiga orang di perahu motor tersebut juga terlihat membuang beberapa barang yang belakangan diketahui sebagai kaleng-kaleng cat ke laut.

 Berdasar hasil penyelidikan, kaleng-kaleng cat tersebut merupakan barang curian yang baru diambil dari sebuah kapal kargo di sekitar perairan Surabaya.

Polisi air segera bertindak. Bahkan, mereka juga melepaskan tembakan peringatan. Kejar-kejaran pun terjadi. Kapal ditpolair lebih cepat dan mudah menyusul perahu motor milik perompak. Namun, trio perompak tidak menyerah begitu saja.

Selain mengancam dengan senjata, mereka berusaha mengarah ke perairan dangkal. Ketiga pelaku asal Tajungan, Madura, tersebut tahu bahwa kapal polisi tidak bisa bergerak di perairan dangkal.

Polisi memahami tujuan pelaku. Karena itu, mereka segera mengambil langkah antisipasi. Brak! Kapal dengan nomor KPX-1013 itu menabrak perahu motor perompak. Hari, Fathur, dan Agus pun jatuh ke laut.

Kapal milik TNI-AL yang sedang beroperasi di perairan tersebut juga sempat membantu. Ketiga perompak lantas diamankan dan digiring ke Markas Ditpolair Polda Jatim.

Kasat Rolda Ditpolair Polda Jatim AKBP Heru Prasetyo mengatakan, tiga perompak tersebut jadi target operasi sejak lama. Mereka kerap menodong dengan menggunakan senjata tajam. Ketiga perompak ditakuti awak kapal kargo yang beroperasi di perairan Surabaya dan sekitarnya.

Dari hasil pemeriksaan, dua di antara tiga pelaku merupakan residivis. Yakni, Agus dan Hari. Keduanya pernah ditangkap anggota Ditpolair Polda Jatim pada 2010 dalam kasus perompakan kontainer berisi sepatu karet proyek.

Heru menambahkan, aksi terakhir yang dilakukan ketiga pelaku berlangsung pada Ramadan lalu. Saat itu pelaku menggondol antena radar milik kapal Hai Makmur. ''Kami masih menyelidiki lagi apakah ada korban lain atau tidak,'' katanya.

Heru mengatakan, pihaknya akan mengembangkan penangkapan tersebut hingga ke penadah barang hasil curian. Dugaan awal, tiga perompak itu memiliki penadah tetap yang sudah siap membeli barang hasil kejahatan. (rid/c15/fal/flo/jpnn)


[Link to media]
PDIP Posisikan Ahok Jadi Cawagub, Jubir Pemenangan: Itu Merendahkan-JPNN.com

JAKARTA - Konstelasi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Februari 2017 benar-benar memanas. Basuki Tjahaja Purnama yang karib dipanggil Ahok diposisikan sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta oleh PDIP.

Padahal, sebagai calon petahana, Ahok sudah mendapat dukungan dari beberapa partai untuk menjadi Cagub. Sudah ada tiga partai politik mendukung Ahok maju jadi cagub, yakni; Hanura, Nasdem, dan Golkar.

Meski begitu, dukungan tiga parpol tidak membuat PDIP tertarik akan mengusuk Ahok. Tawaran saat ini, PDIP mau mendukung jika Ahok jadi calon wakil gubernur, bukan calon gubernur. 

Tawaran tersebut disampaikan beberapa kader PDIP. Selain Ketua DPP PDI-P Andreas Hugo Pareira ada juga Arteria Dahlan. Kader tersebut menginginkan bertukar posisi. 

Djarot Saiful Hidayat yang merupakan kader PDIP dan menjabat sebagai wakil gubernur DKI menjadi cagub sedangkan Ahok sebagai wakilnya. 

Pernyataan ini mendapat reaksi dari Jubir Tim Pemenangan Ahok, Raja Juli Antoni. Ia menilai bahwa tawaran oleh kader PDIP sudah merendahkan, terutama pada partai yang sudah mendeklarasikan Ahok sebagai cagub. 

"Pernyataan Ahok jadi Cawagub bukan Cagub itu merendahkan Ahok dan parpol-parpol pengusung Ahok. Kalau tidak suka tidak perlu merendahkan bukan?" kata Toni -sapaan akrab Raja Juli Antoni- saat dihubungi Sabtu, (27/8).

Toni mengatakan, pernyataan Andreas Pareira dan kader PDIP lainnya karena dilandasi ketidaksukaan kepada Ahok. Kata dia, omongan itu tidak mewakili sikap PDIP secara kelembagaan tapi sebatas pribadi. 

“Itu bukan pernyataan resmi dari PDIP. Kalau yang resmi kami sudah mendengar sendiri Sekjend PDIP Hasto Kristiyanto yang menyatakan pasangan Ahok-Djarot adalah opsi yang pertama,” katanya. 

Sejauh ini, Toni masih percaya bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menjatuhkan pilihannya kepada Ahok karena kesesuain ideologis. 

“Ibu Megawati mempunyai intuisi dan kearifan politik yang kuat memilih cagub yang berpihak pada rakyat,” ucapnya. 

Sebagai Gubernur DKI, Ahok sebenarnya meneruskan program-program Jokowi dengan pemberdayaan wong cilik yang menjadi basis PDIP, seperti program Kartu Jakata Pintar dan Kartu Jakarta Sehat. Hasil survei SMRC mengindikasikan bahwa 81 persen  wong cilik, pemilih PDIP Jakarta, mendukung Ahok untuk menjadi gubernur lima tahun mendatang. 

"Tentu Ibu Megawati paham benar aspirasi pemilih PDIP di grassroots,” katanya. 

Toni lantas berharap kepada kader PDIP yang tidak suka Ahok bisa menahan diri dan menjaga kesantunan politik yang selama ini mejadi ciri khas politik Ibu Megawati. (jpg)


[Link to media]
Merokok Mengancam Generasi, Nih Penjelasan Profesor dari UI-JPNN.com

JAKARTA – Merokok banyak memberikan efek negatif terhadap kesehatan.  Perokok mudah terkena penyakit stroke, jantung, diabetes dan lainnya. Bahkan, selain kesehatan, merokok juga menimbulkan banyak masalah di bidang sosial.

Hal ini diungkapkan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Anhari Achadi saat diskusi Harga Rokok Naik untuk Siapa? di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8). Menurut Anhari, sebenarnya Indonesia punya bonus jumlah demografi yang besar.

Nah, kalau ke depan bisa melahirkan generasi yang produktif dan sehat, itu akan sangat menguntungkan untuk pembangunan bangsa. “Kita harap kita akan untung bonus demografi, penduduk produktif, mereka sehat, tidak sakit-sakitan dan tidak membutuhkan biaya untuk penyakitnya,” kata Anhari.

Ia mengatakan, sudah banyak penelitian tentang bahaya rokok. Misalnya, bayi dalam kandungan bisa terahir cacat karena terpapar asap rokok.  Kemudian, bayi yang terpapar asap rokok setelah lahir bisa intelijensi bisa rendah, terutama pada pemahaman matematika.

“Banyak penyakit yang disebabkan karena rokok. Ini akan mengurangi kemampuan berproduksi dengan baik ke depan,” kata Anhari.

Lebih jauh dia mengatakan, menaikan cukai dan harga harga jual rokok bisa menjadi instrumen utama dalam mengendalikan penjualan rokok. Namun, katanya, perlu disadari juga bahwa kenaikan cukai dan harga tokpk tidak bisa serta-merta menyebabkan orang berhenti merokok.

Perokok yang sudah kecanduan tetap merokok. Dengan demikian, kata dia,  dalam jangka waktu tertentu pemasukan cukai tetap tinggi.

 Hanya saja, lanjutnya, yang diharapkan adalah pada masa depan yakni generasi muda tidak merokok. “Kita bicara 30 tahun hingga 40 tahun yang akan datang,” kata dia.

Anhari menambahkan, selama ini ada kesalahan informasi bahwa pabril rokok akan tutup jika pemerintah meratifikasi Konvensi Pengendalian Tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC), serta menaikkan cukai dan harga rokok.  Sebab,  katanya, filosofi FCTC adalah untuk kepentingan jangka panjang.

“Itu kesalahan informasi, yang mungkin memang sengaja disampaikan pihak tertentu agar pengambil keputusan ragu-ragu,” katanya.(boy/jpnn)


[Link to media]
Panglima TNI: Krisis Energi, Pangan dan Air Akan Picu Konflik Dunia-JPNN.com

SENTUL - Pertambahan populasi penduduk dunia dari masa ke masa semakin cepat, setelah 2011 untuk menambah satu miliar hanya butuh enam tahun, sebelumnya diperlukan puluhan bahkan ratusan tahun. Sehingga pada tahun 2017, diprediksi terdapat delapan miliar penduduk dunia.

Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan Kuliah Umum di hadapan 490 Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pertahanan, PMPP IPSC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/8).

“Teori Maltus mengatakan bahwasanya pertambahan penduduk meningkat seperti deret ukur, sedangkan ketersediaan pangan meningkat ibarat deret hitung. Apabila garis pertambahan penduduk dengan garis ketersediaan pangan bersinggungan di suatu titik, maka disitulah terjadinya titik kritis,” jelas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Menurut penelitian, populasi ideal penduduk dunia sekitar 3-4 miliar untuk dapat hidup dengan layak, realitasnya saat ini setiap 2,1 detik satu bayi meninggal atau sekitar 15 juta bayi meninggal setiap tahunnya karena kemiskinan, kelaparan dan kesehatan buruk. Itu artinya penduduk dunia sudah overload.

“Bila populasi penduduk tidak bisa diimbangi dengan ketersediaan pangan, maka akan memicu krisis. Inilah ancaman yang akan dihadapi penduduk dunia," ungkap Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menjelaskan bahwa, konfik yang terjadi di Irak, Iran, Libya, Kuwait, Mesir, Suriah, Yaman, Sudan dan Ukraina, semuanya sebagai negara penghasil energi.

“Saya bisa simpulkan bahwa konflik atau perang di dunia, 70 persen berlatar belakang energi,” ujarnya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memprediksi bahwa, konflik di waktu mendatang dari aspek latar belakang dan lokasinya akan mengalami perubahan. Hal ini dipicu, karena energi fosil diprediksi pada 2043 akan habis dan hanya bisa digantikan dengan energi alternatif (energi hayati) yang bisa hidup sepanjang tahun hanya di wilayah Ekuator yaitu Amerika Latin, Afrika Tengah dan Asia Tenggara termasuk di dalamnya Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menjelaskan bahwa sekitar 80 % penduduk dunia yang berada di luar Ekuator, kedepan akan merasakan krisis hebat dan mengalami dua krisis, yaitu krisis energi dan pangan.

“Pangan awalnya hanya untuk makan, kedepan pangan dibagi dua untuk makan dan energi, sehingga nantinya penduduk diluar Ekuator akan berbondong-bondong ke wilayah Ekuator untuk mencari pangan, energi dan air,” katanya.

Menurut Jenderal Gatot, inilah pembuktian teori pergeseran latar belakang dan tempat konflik. Awalnya konfik berlatar belakang energi berubah menjadi latar belakang energi, pangan dan air (ekonomi), tempatnya konflik bergeser dari wilayah Arab Spring ke wilayah Ekuator termasuk Indonesia.

“Ancaman inilah yang harus disadari oleh kita semua,” ucap Panglima TNI seperti siaran pers Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G.(fri/jpnn)


[Link to media]
Pemakaman Molor, Karangan Bunga Sudah Berdatangan di Makam Eddy Silitonga-JPNN.com

PEMAKAMAN penyanyi senior Eddy Silitonga akan dilakukan hari ini, Sabtu (27/8).

Sejumlah persiapan sudah dilakukan di lokasi pemakaman TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Bertempat di Blok Kristen AA1, tenda dan kursi sudah dipasang dan ditata rapi oleh pengelola makam.

Dari pantauan JPNN.com di lapangan, puluhan karangan bunga juga sudah berdatangan di samping lokasi makam.

Menurut rencana pemakaman akan dimulai pukul 10.00 WIB, namun hingga pukul 12.30 WIB, rombongan jenazah belum tiba di lokasi pemakaman.

Hingga saat ini lokasi pemakaman Eddy Silitonga masih sepi. Belum ada kegiatan yang menunjukkan rombongan jenazah akan tiba. (mg5/jpnn)

 


[Link to media]
Begini Cara Marcel Siahaan Jaga Suara-JPNN.com

SUARA sangat penting bagi penyanyi. Oleh sebab itu, para penyanyi akan melakukan berbagai cara agar suaranya tetap terjaga.

Penyanyi Marcel Siahaan memiliki cara sendiri untuk menjaga suaranya. Salah satunya adalah dengan tidak bicara menjelang manggung.

"Kalau vokalis itu harus suaranya tetap terjaga. Biasanya ada puasa ngomong sih jelang konser," kata Marcell di Rossi Musik, Jakarta, Jumat (26/8).

Selain itu, Marcel juga rajin mengonsumsi buah-buahan. Pelantun Semusim ini pun selalu minum air putih begitu mau tampil.

"Saya selalu makan buah, enggak pernah lolos. Istirahat sejam, makan buah," ucap Marcell.(gil/jpnn)


[Link to media]
Kemdikbud Pastikan Pengurangan Anggaran Tunjangan Profesi tak Hilangkan Hak Guru-JPNN.com

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pengurangan anggaran  Tunjangan Profesi Guru (TPG) Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), tidak mengurangi tunjangan profesi bagi guru yang berhak menerima tunjangan. Pengurangan anggaran tunjangan profesi guru yang dimaksud adalah mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap pada tahun 2016.

“TPG PNSD tahun 2016 tetap dijamin akan dibayarkan sesuai ketentuan perundang-undangan, karena pengurangan anggaran Rp 23,3 triliun sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan tidak akan mengurangi hak guru penerima TPG, namun hanya mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata dalam siaran persnya, Sabtu (27/8).

Dirjen GTK menambahkan, pengurangan anggaran tersebut merupakan usulan Kemendikbud yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal melalui surat nomor 33130/A.A1.1/PR/2016 kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang Permohonan Penghentian Penyaluran Tunjangan Profesi Guru dan Tambahan Penghasilan Guru Tahun Anggaran 2016 bagi sebagian daerah.

“Surat tersebut disampaikan ke Kemenkeu berdasarkan hasil rekonsiliasi yang telah dilakukan pada bulan Mei 2016 antara Kemendikbud, Kemenkeu, dan Pemda. Jumlah guru PNSD yang menerima SK Tunjangan Profesi sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-undangan sekitar 90 persen sehingga ada kemungkinan dana tidak akan terserap,” ujar Dirjen GTK yang lebih dekat disapa Pranata.

Lebih lanjut Pranata menjelaskan beberapa faktor penyebab pengurangan anggaran, antara lain guru pemilik sertifikat profesi yang telah pensiun, mutasi, promosi, tidak dapat memenuhi beban mengajar 24 jam, dan tidak linier dengan sertifikat pendidiknya.

Untuk pembayaran TPG PNSD termin ketiga tahun 2016 (Juli sampai dengan September) akan dibayarkan sekitar bulan Oktober oleh Pemda.

“Tunjangan profesi dan insentif bagi guru non PNS aman. Pembayarannya akan dilakukan oleh Ditjen GTK ke rekening masing-masing guru sesuai dengan ketentuan,” pungkas Pranata.(esy/jpnn)


[Link to media]
Pluit City Beri Edukasi Kesehatan Anak-anak di Muara Angke-JPNN.com

JAKARTA - Pluit City, yang bernaung di bawah Yayasan Agung Podomoro Land (YAPL) melakukan kegiatan CSR. Kegiatan itu dilakukan melalui edukasi kesehatan anak kepada siswa di SDN 03 dan 05 Pluit, Jakarta Utara.

Kegiatan yang diikuti sekitar 400 siswa kelas 5 dan 6 di Muara Angke ini mengajarkan anak-anak agar terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Kami secara rutin menyalurkan dana CSR kepada warga Muara Angke yang bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Kali ini, bentuk CSR kami berupa edukasi tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Assistant Vice President Public Relations Pluit City Pramono.

Menurut Pramono, sebelumnya telah banyak CSR yang telah disalurkan bagi masyarakat Muara Angke. Seperti pemberian jaring penangkap ikan untuk membantu keseharian nelayan.

Kemudian, beasiswa pendidikan perguruan tinggi dan pesantren, pembangunan rumah ibadah, serta sarana rumah pintar untuk pendidikan anak-anak nelayan.
Ke depan rencananya masih banyak program CSR bagi masyarakat Muara Angke yang akan terus disalurkan.

“Ini bagian kedekatan dan keberadaan kami di Muara Angke," kata Pramono.

Untuk acara edukasi kesehatan dan kebersihan ini, Pluit City bekerja sama dengan dokter dan beberapa perwakilan dari Universitas Atmajaya.

Materi yang diberikan seputar kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan sebagainya. (chi/jpnn)


[Link to media]
Beli Tanah Lebih Murah Dari Harga Permen, Jababeka Diduga Melanggar Aturan-JPNN.com

JAKARTA - Konflik antara masyarakat Kabupaten Morotai, Maluku Utara dengan anak Perusahaan PT Jababeka terus memanas. Pasalnya, PT Jababeka Morotai (PT JM) diduga melanggar peraturan dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Peraturan yang diduga dilanggar yakni Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk kepentingan umum dan surat keputusan Bupati Morotai No 593.3/74.b/PM/2014.

Menurut tokoh adat Morotai, Abdullah, berdasarkan surat keputusan bupati, wilayah yang masuk pusat ekonomi dan jalan protokol itu harganya mencapai Rp 122.338 jika sudah sertifikat dan Rp 114.000 belum sertifikat.

Sedangkan daerah yang di luar pusat ekonomi dan protokol rata-rata harganya dari Rp 6000 sampai Rp. 15.800. Tetapi, PT Jababeka Morotai mengatasnamakan utusan dari pemerintah pusat kepada masyarakat alhasil terjadi penipuan dan pemborongan dengan teknis intimidasi. "Mereka tidak mengindahkan aturan itu,” kata Abdullah seperti siaran persnya, Sabtu (27/8).

Warga pemilik lahan di Kabupaten Pulau Morotai dipaksa menjual lahannya jauh dibawah harga pasaran yakni 500 perak per meter. "Cuma di Morotai harga tanah lebih murah dari peniti dan permen," ungkap Abdullah.

Karena itu, Abdullah dan ratusan warga lainnya meminta keadilan kepada pemerintah daerah dan pusat untuk menangani masalah tersebut. Dia khawatir jika permasalahan ini tidak dibereskan berpotensi menimbulkan konflik horizontal.

"Saya khawatir timbul kerusuhan karena kemarin saja sudah melakukan demo besar-besaran di Morotai, jika tidak diindahkan tambah panas," pintanya.

Kuasa hukum masyarakat Morotai dari Bintang Mulia dan Rekan, Yun Ermanto mengatakan, nilai ganti rugi yang diberikan oleh PT JM tidak sesuai dengan dan nilainya sangat kecil, patut diduga telah terjadi penyimpangan hukum karena hanya memberikan ganti rugi sebesar 500 perak permeter persegi.

"Sangat jelas tidak sesuai dengan pasal 2 jo pasal 9 UU nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum," jelasnya.

Berdasarkan UU No 2 Tahun 2012, pemberian ganti rugi terhadap tanah milik warga mengacu pasal 9 yakni pada pemberian ganti rugi kerugian dengan layak dan adil. "Harga 500 perak itu tidak layak dan tidak adil. Masa harga tanah lebih murah dari tukang parkir (pak ogah)," katanya.

Dengan mengacu dari fakta-fakta, Yun yang datang ke 7 desa untuk melakukan pencerahan hukum ke masyarakat menduga telah terjadi penyelewengan hukum yang dilakukan oleh pihak PT JM yang mengakibatkan kerugian bagi masyarakat Morotai dan terhalangnya proses pembangunan program pemerintah kawasan ekonomi khusu di pulau Morotai.

"Makanya masyarakat meminta kepada kita untuk memperjuangkan hak-haknya dan siap melepas tanahnya seluas 10100 hektar."

Menanggapi tuduhan itu, kuasa hukum PT JM, Usman Nuzuly mengatakan kliennya murni perusahaan swasta bukan instansi atau lembaga publik. Oleh karenanya tidak mengacu pada ketentuan UU No 2 Tahun 2012 dan keputusan Bupati Morotai. "Ini murni bisnis to bisnis," katanya.

Diapun mengiyakan jika pembebasan lahan dengan harga 500 perak. "Pembebasan tanah dengan harga jual-beli/pembebasan rata-rata Rp 500 tanpa memperhitungkan tanam tumbuh di atasnya," akunya.

Bahkan dia mengklaim, harga 500 perak merupakan harga terbaik yang ditawarkan PT JM. "Proses jual beli dan penetapan harga sepenuhnya dilakukan sesuai dengan prinsip umum jual beli," tandasnya.(fri/jpnn)


[Link to media]
Duh...Raisa Mengalami Kesulitan-JPNN.com

JAKARTA - Raisa Andriana mengaku mengalami kesulitan mempersiapkan diri terlibat dalam konser 3 Dekade Cinta Chrisye yang bakal digelar di Teater Jakarta, TIM, Cikini, Jakarta, Minggu (28/8). Pasalnya, ia harus menyanyikan lagu penyanyi cowok. 

"Misalnya penyanyi cewek bawain lagu penyanyi cowok pasti ada kesulitan range dan feel beda," kata Raisa di Rossi Musik, Jakarta, Jumat (26/8).

Dalam penampilannya di konser 3 Dekade Cinta Chrisye, Raisa bakal membawakan dua lagu, yakni Hura Hura dan Mungkinkah. 

"Hura Hura secara lirik bukan lagu yang biasa aku bawain, jadi aku memaknainya harus beda," ucapnya. 

Setelah menjalani latihan, Raisa berharap bisa mengatasi kesulitan dalam menyanyikan lagu Chrisye yang harus ia bawakan. Lagu-lagu Chrisye, sambung dia, juga enak untuk dibawakan.

"Karena lagunya enak-enak, jadinya Insya Allah enak dinyanyikan," ungkap Raisa. (gil/jpnn) ‎


[Link to media]
PAN Cemas dengan Gebrakan Ketua DPR-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay cemas dengan gebrakan Ketua DPR Ade Komarudin.

Ketua para wakil rakyat yang akrab disapa Akom itu kabarnya mewacanakan sekolah parlemen. Nah, Saleh khawatir, ide Akom itu bakal tumpang-tindih dengan pendidikan politik di internal partai.

"Setiap partai politik memiliki ideologi dan garis perjuangan masing-masing. Kalau itu nanti diseragamkan, kan bisa tumpang-tindih," kata Saleh, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (26/8).

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Utara II ini, andai standarisasi legislator yang menjadi alasan dibentuknya sekolah parlemen, maka harus dirumuskan terlebih dahulu ukuran-ukurannya.

"Termasuk dalam hal legislasi, masing-masing partai punya pandangan sendiri-sendiri. Sepertinya agak sulit merumuskan standar baku bagi semua parpol," imbuh anggota Komisi IX DPR RI ini.

Rumusan standarisasi sekolah parlemen ujarnya, tidak boleh serta-merta menggantikan sekolah kader partai politik yang saat ini sudah berjalan. "PAN sudah punya sekolah kader politik jauh hari sebelum gagasan ini digulirkan," ungkapnya. (fas/jpnn)


[Link to media]
Setiap Datang, Bocah Itu Selalu Dibawa ke Lantai Dua, Astaga.. Dasar Bejat-JPNN.com

PEKANBARU - Seorang ibu berinisial Rj, 23, mendatangi Polresta Pekanbaru, Kamis (25/8) siang. Kedatangannya hari itu ingin melaporkan Tn, 23, karena mencabuli anak gadisnya. 

Bejatnya, pelaku melakukan aksi tersebut telah berulang kali sejak tahun 2015 lalu. Korban berusia 8 tahun selalu menemani orang tuanya pergi beribadah di salah satu gereja di jalan Kereta Api Kecamatan Bukit Raya sejak tahun lalu. 

Sementara itu pelaku sendiri bekerja sebagai pelayan gereja bersama orangtua korban di gereja tersebut.

“Setiap datang ke gereja, pelaku membawa korban ke lantai dua. Di sanalah korban dicabuli pelaku. Kasus ini terungkap setelah korban melapor ke ibunya," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Arianto SIK, seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (26/8).

Untuk memuluskan aksinya, pelaku selalu mengiming-imingi korban dengan uang. Setelah melepaskan nafsu bejatnya, pelaku memberikan uang agar korban tidak menceritakan kepada orang tuanya.

"Hasil keterangan sementara ini, pelaku telah menjalankan aksinya sebanyak 10 kali. Dan itu berlangsung selama korban beribadah, sementara itu korban telah menjalani visum guna memperkuat alat bukti. Jika sudah lengkap, pelaku segera kita bekuk," tutup Kasat.(def)


[Link to media]
Ketua MPR Ajak Nasyiatul Aisyiah Bangun Karakter Generasi Muda-JPNN.com

JOGJA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak Nasyiatul Aisyiah (NA) ikut berperan dalam membangun karakter generasi muda, terutama dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

Ini disampaikan Zulkifli ketika menghadiri Muktamar XIII NA di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat (26/8) sore. Ketua lembaga tinggi negara itu menekankan pentingnya kerjasama sosialisasi empat pilar antara MPR dengan NA.

Sebab, kata Zulkifli, saat ini generasi muda banyak yang mulai mengesampingkan nilai-nilai luhur bangsa. Sehingga banyak yang tidak memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Generasi Z sudah dekat dengan IT, perkembangan dunia ada dalam genggaman sehingga tidak penting lagi nusantara dan nilai-nilainya. Ini kan berbahaya," kata Zul di depan peserta Muktamar NA.

Ia juga memyampaikan bahwa berdasarkan survei Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), apabila hal ini terus dibiarkan maka 50 tahun mendatang nilai-nilai tentang ke-Indonesia-an akan dianggap tidak penting.

"Karena itu saya ajak membangun karakter anak muda kita dengan membangun nilai-nilai kebangsaan kita. Saya kira itu manfaatnya sangat besar untuk bangsa dan negara," kata Zul.

Mantan Menteri Kehutanan RI itu juga mengingatkan agar seluruh kader NA mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi era demokrasi bebas ini. Paling tidak ada dua nilai penting yang harus dikuasai, yakni ilmu pengetahuan dan kewirausahaan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri.

Hadir dalam acara ini hadir Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah Norma Sari, Rektor UMY Bambang Cipto dan anggota DPR RI Dessy Ratnasari. 

Muktamar yang berlangsung hingga Minggu (28/8), diikuti oleh seribuan peserta perwakilan dari Pimpinan Cabang, Pimpinan Daerah dan seluruh Pimpinan Wilayah dari 24.(fat/jpnn)


[Link to media]
Gerindra: Nusron Digaji buat Urus TKI, Bukan Pilkada DKI-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Arif Poyuono geram mendengar kabar nama Nusron Wahid muncul sebagai pimpinan tim pemenangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk Pilkada DKI Jakarta.

Menurut Arif, Nusron sepantasnya mengundurkan diri dari jabatan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Jika tak juga mengundurkan diri, menurut Arif, Presiden Joko Widodo layak memecat Nusron.

"Pak Joko Widodo harus segera memecat Nusron. Karena dia digaji negara sebagai Kepala BNP2TKI itu untuk ngurus TKI bukan untuk ngurus Pilkada DKI Jakarta," tegasnya.

Arif mengingatkan, masalah jaminan perlindungan TKI yang bekerja di luar negeri masih banyak luput dari pemerintah, terutama di negara Arab Saudi dan Malaysia.

"Kalau sudah begini yang ada nanti kinerja BNP2TKI tidak optimal dan yang akan jadi korban adalah para TKI karena Nusron menjadi tidak konsentrasi terhadap pekerjaannya mengurus TKI luar negeri," ujarnya. (wid/rmol/jpnn)


[Link to media]
Penerima Suap Perkara Saipul Jamil Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi-JPNN.com

JAKARTA - Jerat hukum untuk Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi yang kini menjadi tersangka suap bertambah lagi. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Rohadi sebagai tersangka penerima gratifikasi.

Rohadi menjadi tersangka gratifikasi berdasarkan hasil pengembangan penyidikan KPK atas kasus dugaan suap terkait penanganan perkara artis Saipul Jamil di PN Jakut. "Penyidik telah menetapkan R, panitera pengganti PN Jakarta Utara sebagai tersangka dugaan gratifikasi," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha dalam keterangan pers di kantornya, Jumat (26/8).

Rohadi diduga telah menerima hadiah atau janji yang berkaitan dengan jabatannya sebagai panitera. Bukan hanya saat Rohadi menjadi panitera di PN Jakut, tapi juga saat bertugas di PN Bekasi, Jawa Barat.

"Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan untuk menggerakkan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya," tutur dia.

Priharsa menjelaskan, pemberian gratifikasi diduga terkait pengurusan sejumlah perkara di Mahkamah Agung. "Tersangka R disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 atau Pasal 12 huruf B jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana," ujar Priharsa.

Sebelumnya, KPK menetapkan Rohadi sebagai tersangka terkait dugaan suap penanganan perkara di PN Jakut. Rohadi ditangkap usai menerima uang suap Rp 250 juta dari dua pengacara Saipul Jamil, yakni Kasman Sangaji dan Berthanatalia.

Suap itu diduga agar majelis hakim PN Jakut memberikan vonis bebas atas perkara pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan Saipul Jamil. Kasman, Bertha dan kakak Saipul yang bernama Samsul Hidayat juga menjadi tersangka pemberi suap.(put/jpg)


[Link to media]
Sosok Chrisye di Mata Raisa-JPNN.com

PENYANYI Raisa Andriana mengatakan sangat antusias dan tersanjung karena dipercaya menjadi salah satu di antara lima penampil dalam konser 3 Dekade Cinta Chrisye.

Apalagi, menurut dia, Chrisye merupakan influence terbesar bagi musikus Indonesia.

Menurut Raisa, influence dari Chrisye tidak sekadar untuk dirinya dan musikus yang seangkatan dengannya. Tetapi juga bagi musikus senior.

"(Karya Chrisye) itu timeless dan dia salah satu influence terbesar musisi-musisi Indonesia. Even senior yang jauh di atas aku sangat terinfluence sama Om Chrisye," kata Raisa di Rossi Musik, Jakarta, Jumat (26/8).

Pelantun lagu Kali Kedua ini menyatakan, sewaktu kecil dirinya tidak terlalu familiar dengan lagu Chrisye. Namun, seiring bertambahnya usia, ia makin mengetahui lagu Chrisye. Ditambah juga, Raisa kerap mengisi acara dan membawakan lagu Chrisye.

"Mungkin awalnya tahu hits-hits besarnya aja, cuma sekarang makin lama, makin tahu," ucap Raisa. (gil/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 8/27 4:57pm. Terakhir update terdeteksi pada 8/27 4:57pm.  skor: 950