Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Cuma untuk Beginian, Roro Fitria Rela Keluarkan Ratusan Juta-JPNN.com

RORO Fitria tidak hanya dikenal senang mengoleksi mobil mewah dan batu mulia. Untuk urusan gigi, pemilik rekening miliaran rupiah ini tidak segan-segan mengeluarkan duit ratusan juga.

Seperti yang dilakukannya baru-baru ini, Roro melakukan veener gigi. Dana yang dikeluarkan cukup fantastis sebesar Rp 150 juta. Namun bagi artis cantik dan seksi ini, angka Rp 150 juta tidak sebanding dengan kepuasannya mendapatkan gigi yang bagus.

"Seperti layaknya manusia, gigi juga butuh rumah. Ini agar tidak ada karang gigi dan lubang. Nah, makanya gigi Roro dikasi rumah (veener) biar aman," ujarnya, Sabtu (6/2).

‎Bagi Roro, untuk kesehatan dan perawatan kecantikan, mengeluarkan uang ratusan juta rupiah tidak jadi masalah. Dia pun memamerkan body seksinya serta giginya yang diveener dan tampak putih bersinar. "Bagus kan gigi Roro, gak sia-sia loh bayar Rp 150 juta," ucapnya. (esy/jpnn)


[Link to media]
Diterpa Gosip Cinta Sejenis, Indra Bekti dan Istri Makin Mesra-JPNN.com

JAKARTA – Gosip cinta sejenis yang menimpa Indra Bekti ternyata tak memengaruhi biduk rumah tangganya dengan sang istri Adilla Jelita. Keduanya malah terlihat makin mesra.

Setidaknya itu yang terlihat saat mereka mengisi sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta, Kamis (4/2) lalu. Adila mengaku terus memberikan dukungan pada aktor serbabisa itu.

"Aku kirim pesan, 'ayah hari ini jangan lupa shalawat, doa, istiqfar'," kata Adilla sebagaimana dilansir laman Jawa Pos.Com, Jumat (5/2).

Meski hanya pesan singkat, Indra mengaku sangat bahagia. Menurut Indra, dukungan Adilla membuat biduk rumah tangganya makin kompak. Indra pun bersyukur memiliki istri seperti Adilla.

"Kami justru makin kuat dan makin solid. Hikmahnya bisa dekat lagi dengan Tuhan dan keluarga juga,” ucap Indra. (ded/jos/jpnn)


[Link to media]
Elly Sugigi: Yangggg, Sini Dong.....-JPNN.com

PASANGAN Elly Sugigi dan Ferry Anggara makin lengket. Apalagi keduanya dipertemukan dalam sinetron yang sama. 

Di sela-sela syuting, Ferry tak segan-segan memijit Elly yang tengah berbadan dua. Elly pun tampak sangat manja kepada suami berondongnya itu.

"Yangggg, sini dong, kakiku pegel. Dipijit apah, kok malah ngobrol ajah," ujar Elly dengan manja, Sabtu (6/1).

Mendengar panggilan Elly, Ferry pun dengan sigap langsung mendekati ibu dua anak itu. Dengan hati-hati, Ferry memijit istrinya sampai sang komedian itu tertidur. 

"Selalu begitu kalau saya pijit pasti tidur. Kasihan juga, lagi hamil masih tetap bekerja. Makanya banyak tugas mpok‎ Elly saya yang handle. Pokoe saya ingin jadi suami siaga deh," ungkap Ferry. (esy/jpnn)


[Link to media]
KPUD Kalteng: Pasangan Sohib Unggul 3,04 Persen-JPNN.com

PALANGKA RAYA – Rapat pleno pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) telah selesai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Tengah (Kalteng) di Hotel Aqurius, Sabtu (6/2/2016).

Perolehan suara nomor urut 1, Sugianto Sabran-Habib Ismail (Sohib) 518.895 (51.52 persen), lebih unggul dari nomor urut 2, Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar (Wibawa) 488.218 (48.48 persen).

“Alhamdulilah kami lebih unggul dari pasangan nomor urut 2 dengan selisih suara 30.677 serta terpaut 3.04 persen,” ujar Sugianto Sabran di DPP Partai Golkar, Palangka Raya, Sabtu (6/2/2016).

Perolehan suara masing-masing pasangan kabupaten/kota: Katingan 1. 26.724 2. 33.652; 2. Gunung Mas 1. 9.649, 2. 35,655; 3. P. Raya  1. 43.562, 2. 62.196; 4. Seruyan 1. 39.773 2. 25.081; Kotim 1. 100.896, 2. 63.767; Kobar 1. 59.551, 2. 42.600; Lamandau 1. 18.351, 2. 16.240.

Selain itu, Sukamara  1. 11.080. 2. 8.238; Bartim 1.19.588. 2. 28.160; Barsel 1. 31.417. 2. 30.302; Barut  1. 29.810. 2. 24.872; Mura  1. 17.717. 2. 33.356; Kapuas 1. 81.316.2. 58.408; serta Pulpis 1. 29.441. 2. 25.651. 

Keunggulan ini, lanjut Sugianto, merupakan kemenangan rakyat Kalteng semuanya. Sudah selayaknya menatap masa depan yang lebih baik dalam banyak hal.

“Keunggulan ini bukan millik pasangan nomor urut 1, Sobib. Tapi hakikatknya merupakan kemenangan rakyat Kalteng semua baik yang mendukung ataupun yang tidak,” tandasnya.

Selain itu, sudah saatnya Kalteng bangkit dan bersama-sama untuk membangun dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mengatasi kemiskinan secara signifikan.

“Hingga saat ini, permasalahan yang pelik adalah penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi warga Kalteng dan mengatasi kemiskinan secara signifikan,” ucapnya. 

Terbukanya lapangan kerja dengan seluas-luasnya, bisa dipastikan kesejahteaan bisa terwujud dan meningkat. Namun hal itu tidak bisa dilaksanakan sendirian tapi perlu dukungan semua pihak terkait.

“Untuk membangun dan mewujudkan kesejahteraan Kalteng diperlukan keterlibtan semua pihak, termasuk dari pasangan yang pernah bersaing,” katanya.(dkk/jpnn)


[Link to media]
Tumbangkan City di Manchester, Leicester Makin Tak Terkejar-JPNN.com

MANCHESTER - Leicester City semakin mengukuhkan diri di puncak klasemen sementara Premier League. Bertandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium, Sabtu (6/2) malam, Leicester menang 3-1.

Gol pertama tim tamu tercipta di menit ke-3 lewat sontekan Robert Huth, menerima umpan dari Riyad Mahrez. Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Leicester kembali mencetak gol cepat, kali ini lewat Mahrez di menit 48, usai menerima umpan Ngolo Kante.

Huth mencetak gol keduanya di menit usai menerima assits dari Christian Fuchs di menit 60.

City baru mendapatkan gol hiburan pada menit 87, lewat donasi Sergio Aguero.

Dengan kemenangan ini, Leicester City memimpin klasemen dengan 53 poin dari 25 pekan liga. Sementara City berada di peringkat kedua dengan 47 poin. (jos/jpnn)  


[Link to media]
Senator Maluku: Bahaya DPR Tanpa Kontrol-JPNN.com

LOMBOK – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Profesor John Pieris menyatakan amandemen kelima UUD 1945 merupakan sebuah keniscayaan untuk membangun sebuah sistem pengawasan terhadap seluruh lembaga negara dan cabang-cabang kekuasaan negara lainnya.

Hal tersebut dikatakan John Pieris dalam diskusi "Lebih Dekat Bersama DPD RI” bersama jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan sejumlah wartawan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/2).

“Kalau tidak dilakukan amandemen kelima terhadap UUD 45, rusak check and balanced dalam sistem ketatanegaraan Indonesia," kata John Pieris.

Sementara undang-undang, lanjut senator asal Provinsi Maluku ini, menegaskan bahwa tidak boleh satu pun lembaga negara dan cabang-cabang kekuasaan yang lolos dari sistem pengawasan.

“Kalau sekarang, DPR RI kondisinya tidak ada lembaga yang mengawasinya. DPR tanpa kontrol, itu bahaya,” pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Partai Komunis Tiongkok Sebar Angpao Online-JPNN.com

BEIJING – Partai Komunis Tiongkok membagikan angpao untuk warga pada perayaan Imlek 2016. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 300 ribu yuan atau setara Rp 618 juta.

Warga yang ingin mendapatkan angpao itu tak perlu antre. Mereka bisa mendapatkannya lewat sistem online. Partai Komunis Tiongkok menggandeng Alibaba dan Tencent untuk memuluskan acara itu.

Uang keberuntungan itu dibagi tiga untuk bisa diunduh di Alipay selama tiga hari, sejak Kamis (4/2). Alipay adalah layanan pembayaran online yang dikelola Alibaba.

Nantinya, netizen harus mendapat kalimat yang bakal dipakai sebagai password. Kalimat itu bisa dilihat di akun departemen organisasi Partai Komunis. Akun tersebut dikelola kantor berita Xinhua di situs WeChat. Itulah layanan pesan instan milik Tencent.

Kalimat sandi untuk Kamis adalah Selama Kita Tekun, Mimpi Akan Menjadi Nyata. Kemarin (5/2) sandinya bertulisan: Kamu Akan Mendapatkan Hasil dari Apa yang Kamu Kerjakan. Dua-duanya merupakan penggalan pidato Tahun Baru 2016 Presiden Tiongkok Xi Jinping.

“Semua usaha yang kalian lakukan dihargai dua kali lipat pada 2016,” tulis departemen organisasi Partai Komunis di akun WeChat mereka seperti dilansir AFP, Jumat (5/2) kemarin. (sha/jos/jpnn)

 


[Link to media]
YLBHI: Novel Kena, KPK Bisa Dibubarkan-JPNN.com

JAKARTA - Kasus yang menjerat Novel Baswedan dianggap merupakan salah satu bentuk usaha melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab, Novel adalah salah satu penyidik KPK yang kerap membongkar kasus besar.

Salah satu kasus yang Novel usut adalah simulator kemudi yang menyeret bekas Kepala Korlantas Polri Djoko Susilo yang saat itu menjadi Gubernur Akademi Kepolisian.

"Jika dia (Novel) kena, maka KPK bisa dibubarkan juga," kata Direktur Bagian Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (6/2). "Kasus Novel ini harus dipandang bukan kasus dia secara personal, dari segi momentum," lanjut Julius.

Ia yakin, Novel tidak melakukan kesalahan apapun pada kasus itu. "Jelas ini pengusiran, dia benar," ungkap Julius.

Novel dijerat sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan hingga menimbulkan kematian saat berdinas di Polrestra Bengkulu.

Perkara Novel saat ini berada di tangan Kejaksaan Negeri Bengkulu bahkan sempat dilimpahkan ke pengadilan. Pimpinan KPK menyatakan bahwa perkara Novel saat ini ditarik oleh pihak Kejaksaan. (gil/jpnn)


[Link to media]
Tidur 8 Jam Bantu Ingat Wajah dan Nama-JPNN.com

LONDON – Tidur malam yang berkualitas tak hanya bagus untuk kesehatan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory, tidur malam yang bagus juga bisa membuat seseorang ingat nama dan wajah baru.

Para peneliti menunjukkan 20 foto wajah dengan pencocokan nama ke-14 relawan berusia 20an tahun. Dua belas jam kemudian, peserta diperlihatkan foto-foto lagi dan bertanya apakah wajah dan nama yang ditunjukkan itu cocok.

Tes dilakukan dua kalisetelah peserta tidur selama delapan jam. Tes juga dilakukan sekali dengan periode kegiatan normal. Setelah tidur, peserta yang menjawab pertanyaan dengan benar mencapai 12 persen.

"Kami menemukan bahwa ketika peserta diberikan kesempatan untuk tidur malam selama delapan jam, kemampuan mereka untuk mengidentifikasi nama yang terkait dengan wajah secara benar meningkat," jelas penulis studi Dr. Jeanne Duffy seperti dilansir laman Health, Selasa (2/2). (fny/jos/jpnn)


[Link to media]
Tessy Malu Kalau Ingat Ini-JPNN.com

SEBELAS bulan lalu, Tessy, komedian serbabisa itu ditangkap aparat kepolisian karena kedapatan mengonsumsi narkoba. Saat itu Tessy mencoba bunuh diri dengan meminum cairan pembersih kloset. Beruntung nyawanya berhasil diselamatkan. 

Sekarang Tessy sudah berhasil melepaskan diri dari dunia narkoba. Hanya saja, kalau mengingat kejadian tersebut, pengoleksi batu akik ini mengaku malu bukan kepalang.

"Saya malu sekali kalau inget pernah coba bunuh diri," kata Tessy, Sabtu (6/1).

Dia mengaku, saat itu yang ada di pikirannya adalah ketakutan-ketakutan. Takut dijauhi keluarga, sahabat serta masyarakat.

"Alhamdulillah ketakutan saya itu tidak terbukti. Saat masih di panti rehabilitasi, saya tetap dikunjungi sahabat-sahabat baik dari Srimulat maupun luar S‎rimulat," tandasnya.

Bila mengingat‎ masa lalunya yang kelam, membuat komedian yang selalu kebagian peran gemulai ini menangis dan menyesal. (esy/‎jpnn)


[Link to media]
Korea Utara Segera Luncurkan Roket ke Luar Angkasa-JPNN.com

TOKYO – Ketegangan dengan Korea Selatan tak menyurutkan ambisi luar angkasa Korea Selatan. Hal itu terlihat dari foto satelit Amerika Serikat, Jumat (5/2) kemarin.

Foto itu memperlihatkan peningkatan aktivotas di pusat kendali antariksa Korut. Negara pimpinan Kim Jong Un tersebut tampaknya sudah mulai mengisikan bahan bakar roket.

”Korut akan menuntaskan persiapan peluncuran (roket) dalam hitungan hari,” kata seorang pejabat Departemen Pertahanan AS alias Pentagon kepada Asahi Shimbun sebagaimana dilansir Reuters.

Sejak Kamis (4/2), foto-foto satelit menunjukkan banyaknya orang dan peralatan di sekitar landasan pacu Sohae. Sebuah tangki bahan bakar juga terlihat di pusat kendali antariksa di sisi barat laut Korut tersebut.

Pyongyang memang sudah mengumumkan rencananya untuk kembali meluncurkan roket ke angkasa luar. Ketika itu, pemerintahan Kim Jong-un menyatakan bahwa jadwal peluncuran masih belum pasti.

Tapi, peluncuran bakal terjadi bulan ini, yakni tanggal 8 sampai 25. Roket itu diduga akan meluncur pada hari ulang tahun mendiang ayah Jong-un, Kim Jong-il pada 16 Februari. (hep/jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Tara Basro dan Sepenggal Lirik Tiga Dara-JPNN.com

JAKARTA –  Setelah bermain film drama, horor, bahkan action, impian Tara Basro bermain drama musikal terwujud. 

”Dari dulu sudah pengin. Ketemu Bang Joko (Anwar) pun karena saya ikut audisi Onrop! Musikal, tapi belum berhasil,” kata bintang film A Copy of Mind (2015) itu.

Saat ini dia sedang menjalani persiapan untuk film musikal yang digarap sutradara Nia Dinata tersebut. Judulnya Tiga Dara. Persiapan pun sudah mulai dilakukan pemilik nama lengkap Andi Mutiara Pertiwi Basro itu. Latihan vokal menjadi agenda rutin Tara. 

Saat ditanya mengenai detail proyek barunya tersebut, peraih Piala Citra 2015 Tara Basro itu masih pelit bicara. Namun, sang sutradara Nia Dinata cukup banyak membagi informasi mengenai proyek itu melalui media sosial Instagram miliknya. 

Akun Instagram resmi Tiga Dara @inikisahtigadara pun sempat mengunggah aksi Tara mengolah vokal. Dalam video 15 detik, Tara membawakan sepenggal lirik lagu Tiga Dara yang diciptakan Saiful Basri.

Tara akan beradu akting dengan penyanyi Shanty Paredes dan model Tatyana Akman. Selain mereka, turut terlibat aktor Rio Dewanto dan Reuben Elishama. (and/c10/ayi/sam/jpnn)


[Link to media]
Revisi UU KPK Bisa jadi Bola Liar-JPNN.com

JAKARTA - Mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua menilai, revisi Undang-undang KPK tidak tepat dilakukan saat ini. 

"Momentumnya tidak tepat, di DPR jadi bola liar," kata Abdullah dalam diskusi '‎Senjakala KPK?' di Cikini, Jakarta, Sabtu (6/2).

‎Abdullah menyatakan, pemerintah sepakat untuk melakukan revisi terhadap empat poin di UU KPK. Di antaranya menyangkut kewenangan penyadapan yang harus seizin Dewan Pengawas, kewenangan menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan, pembentukan Dewan Pengawas, serta penyelidik dan penyidik independen. 

Meski demikian, tetap tidak ada jaminan hal itu tidak akan menjadi bola liar yang akan merembet ke mana-mana.

Sementara, Direktur Bantuan Hukum YLBHI Julius Ibrani menyoroti tiga poin terkait usulan revisi UU KPK. ‎Pertama, revisi KPK selalu ahistoris. Kedua, berdasarkan itikad buruk. Terakhir, untuk mengebiri pemberantasan korupsi.

Julius mengakui, KPK tidak sempurna. Kekurangan itu perlu diperbaiki. "Namun, tidak menyasar undang-undang," ungkapnya. (gil/jpnn)


[Link to media]
Ahsan/Hendra Sendirian Panasi Mesin di Thailand-JPNN.com

JAKARTA – Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bakal memanasi mesin di Thailand Masters di Stadion Nimibutr, Bangkok 8-13 Februari. Mereka merupakan satu-satunya wakil Indonesia di kualifikasi Piala Thomas dan Uber yang tampil di event itu.

Sebelumnya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Ade Yusuf/Wahyu Nayaka juga disiapkan untuk turun di Bangkok. Tetapi, hasil evaluasi di Syed Modi India, membuktikan bahwa Angga/Ricky butuh persiapan lebih matang.

Sedangkan Ade/Wahyu dipastikan untuk ditarik dari event karena Ade sedang mengalami sakit. Selain mereka, Hanna Ramadini juga dipastikan keluar dari event bertaraf Grand Prix Gold tersebut. Sebab, Hanna menggantikan peran Gregoria Mariska di Tim Uber nantinya.

Ajang tersebut merupakan turnamen pertama buat Ahsan/Hendra di awal tahun ini. Sebab, mereka sudah absen di Malaysia Masters dan Syed Modi Badminton International Championship India. Ini karena Ahsan menjalani ibadah umrah pada awal 2016 lalu.

Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra pelatnas mengaku sudah menyiapkan agenda tersebut buat mereka. “Saya berharap Ahsan/Hendra bisa langsung tune in di event pertama mereka awal tahun ini,” kata Herry IP, Jumat (5/2) kemarin. (nap/jos/jpnn)


[Link to media]
HK Realtindo Bangun 700 unit Rumah di Depok-JPNN.com

DEPOK – HK Realtindo, anak usaha PT Hutama Karya melakukan groundbreaking proyek pembangunan, Cendana Regency at H City. Kali ini HK Realtindo membidik Sawangan, Depok, sebagai salah satu lokasi kawasan residensial.

Direktur Komersial HK Realtindo Hendy Pagar Alam menilai proyek anyarnya tersebut terletak sangat strategis di selatan Jakarta dengan akses dua ruas tol, yaitu Depok-Antasari dan tol Cinere-Jagorawi.

Jubir KemenPAN-RB: Pengangkatan Honorer K2 Terganjal UU ASN-JPNN.com

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menjelaskan mengapa honorer K2 tidak bisa diangkat CPNS. Hal ini terkait adanya UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berakhirnya masa berlaku PP Nomor 56 Tahun 2012 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil.

“Secara jelas dan tegas UU ASN tidak memberikan ruang bagi rekruitmen dan pengangkatan CPNS secara langsung atau otomatis. Penerimaan CPNS harus melalui seleksi terlebih dahulu,” ujar Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman dalam keterangan persnya, Sabtu (6/2).

Lebih jauh, Herman yang juga jubir KemenPAN-RB ini mengungkapkan‎, pada Pasal 58 ayat (3), tercantum jelas bahwa  pengadaan PNS dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, masa percobaan, dan pengangkatan menjadi PNS. Hal ini diperkuat Pasal 61 bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS setelah memenuhi persyaratan.‎

Dalam Undang-Undang tersebut di Pasal 62 ayat 2  juga  dinyatakan proses seleksi dilakukan tiga tahap yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang. Selain Undang-Undang, PP 56/2012 Tentang Perubahan Atas PP 48/2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil juga memberikan batasan-batasan yang jelas.

PP itu menyebutkan tenaga honorer K2 dapat diangkat setelah mengikuti TKD dan Tes Kemampuan Bidang (TKB). PP Itu juga menegaskan, tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jumlah dan kualifikasi formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014.

“Artinya, gelombang pengangkatan tenaga honorer K2 selesai setelah pengangkatan CPNS pada 2014 serta seiring dengan berakhirnya masa berlaku PP 56/2012 pada Desember 2014," pungkas Herman.‎(esy/jpnn)


[Link to media]
Jokowi Bakal Lantik 7 Gubernur Bersamaan Jumat Depan-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menerbitkan telegram kepada para seluruh gubernur. Isinya adalah jadwal pelantikan para gubernur terpilih hasil pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015.

Melalui telegram rahasia mendagri bernomor 005/389/SJ tanggal 5 Februari 2016, Tjahjo menginformasikan bahwa pelantikan gubernur-wakil gubernur dari tujuh provinsi akan digelar pada 12 Februari yang akan datang di Istana Negara. Gubernur yang akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo adahal hasil pilkada di Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimatan Selatan, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

“Pelantikannya Jumat tanggal 12 Februari 2016 jam 10.00. Langsung dilantik di Istana Negara,” ujar Tjahjo melalui layanan pesan singkat, Sabtu (6/2).

Tjahjo pun memerintahkan kepada para penjabat gubernur di tujuh provinsi itu untuk mempersiapkan hal-hal terkait pelantikan. “Termasuk mengoordinasikan para tamu undangan,” tuturnya.

Berdasarkan telegram itu, undangan yang akan diboyong ke istana antara lain ketua DPRD provinsi, sekretaris daerah provinsi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta ketua KPU dan Bawaslu provinsi

Selain itu, untuk pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih yang akan dilantik juga diperkenankan membawa keluarga. Hanya saja, jumlahnya dibatasi. “Masing-masing tiga orang saja,” tegasnya.

Dalam telegram itu juga tertulis instruksi tentang pelantikan para bupati/wali kota terpilih. Tjahjo menginstruksikan para gubernur agar melantik bupati/wali kota terpilih secara bersamaan.

“Gubernur agar melantik bupati/wali kota secara serentak pada 17 Februari 2016. Pelantikannya di ibu kota provinsi masing-masing,” pintanya. (ara/jpg/jpnn)


[Link to media]
Hasto Jamin Jago PDIP di Simalungun Bakal Manjakan Petani dan Buruh-JPNN.com

JAKARTA - PDI Perjuangan terus membujuk warga di Simalungun, Sumatera Utara untuk memilih pasangan Tumpak Siregar dan ‎Irwansyah Damanik pada pemilihan kepala daerah yang akan digelar pada 10 Februari mendatang.

Menurut Sekretaris Jendeal PDIP, Hasto Kristiyanto, kemenangan calon dari partainya di Simalungun akan mempercepat pembangunan di kabupaten yang beribu kota di Raya itu.

Demi kemenangan Tumpak-Irwansyah, Hasto pun beberapa kali bolak-balik Jakarta-Medan untuk memanaskan mesin partainya di Simalungun. Hari ini (6/2), orang dekat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu berada di Kota Pematangsiantar untuk konsolidasi pemenangan pilkada Simalungun.

Sebagaimana siaran pers DPP PDIP, Hasto menyatakan bahwa Simalungun punya peran penting dalam menyediakan pasokan pangan. "Daerah ini adalah lumbung pangan, penghasil hortikultura dan perkebunan yang sangat penting untuk kedaulatan pangan," ujarnya.

Karenanya, kata Hasto, duet Tumpak-Irwansyah yang sudah digembleng di sekolah partai buatan PDIP akan menggenjot program-program prorakyat. Salah satunya adalah program untuk memperkuat Simalungun sebagai daerah pertanian.

Hasto mengatakan, Tumpak-Irwansyah akan memanjakan petani di Simalungun jika kelak terpilih. "Kami akan memastikan bahwa  petani di Simalungun mendapatkan dukungan modal bertani, pupuk dan alat pertanian," tegasnya.

Selain itu, PDIP juga sudah wanti-wanti kepada Tumpak-Irwansyah agar peduli dengan kesejahteraan buruh di daerah perkebunan Simalungun. Menurutnya, buruh perkebunan juga berhak memiliki upah dan hunian layak.

“Anak-anak buruh harus mendapatkan dukungan agar bisa belajar hingga jenjang tertinggi untuk mengangkat harkat hidupnya. Jangan sampai dari kakek sampai cucunya semua jadi buruh kebun,” tegasnya.

Namun, yang juga tak kalah penting adalah pengembangan kawasan Danau Toba. Menurutnya, pemerintahan Presiden Joko Widodo bakal menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Menurutnya, kebijakan itu akan sangat menguntungkan Simalungun. Sebab, bergeraknya wisata di Danau Toba akan membuat perekonomian Simalungun semakin menggeliat.

“Maka Simalungun harus bisa mengambil keuntungan terbesar. Akan ada lapangan kerja baru bagi warga Simalungun sehingga menekan angka pengangguran," ucapnya.

Karenaya Hasto juga mengharapkan pemilih di Simalungun tidak mudah terbujuk oleh iming-iming politik uang. Sebab, katanya, jangan sampai harapan untuk perubahan akhirnya terkubur karena memilih kepala daerah yang hanya mengandalkan kekuatan uang. “Oleh karena itu, agar masyarakat Simalungun pintar-pintar memilih calon pemimpin,” pintanya.(ara/JPNN)


[Link to media]
Waspadalah, Mojokerto Dihantui Longsor dan Banjir-JPNN.com

MOJOKERTO – Hujan deras dengan intensitas tinggi menjadi ancaman bagi warga Mojokerto Raya. Sebab, banjir yang lebih besar dibandingkan 21 Januari lalu diprediksi akan terjadi.

Saat itu, sebelas desa di dua kecamatan wilayah Kabupaten dan dua kelurahan di wilayah Kota Mojokerto terendam air hingga setinggi 1,5 meter. Tak hanya itu, labilnya kontur tanah di kawasan pegunungan Pacet dan Trawas terhadap retakan hingga mengakibatkan longsor dan banjir.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Juanda Surabaya, curah hujan tinggi akan terus menggelayut di langit Kota dan Kabupaten Mojokerto hingga akhir bulan ini.

Dari hasil pantauan sementara, hujan yang mengguyur di sebagian besar wilayah Mojokerto Raya sejak siang hingga malam kemarin mengakibatkan genangan di sejumlah titik.

Terpantau hingga pukul 20.00, di sepanjang Jalan R.A. Basuni tepatnya di Dusun Sooko, Daleman dan Mengelo Desa/Kecamatan Sooko ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa.

Genangan air juga telah memasuki rumah warga di tiga dusun tersebut. Tanto Suhariyadi, kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto mengakui, ancaman longsor dan banjir bandang itu berdasarkan informasi yang ia terima dari prakiraan cuaca BMKG Juanda Surabaya.

“Intensitas dan curah hujan sejak awal bulan hingga kahir bulan ini diprediksi yang tertinggi untuk musim hujan tahun 2016,” kata Tanto. (far/abi/jos/jpnn)


[Link to media]
Pekan Depan, BPK Datangi Kemenpora dan KOI, Ada Apa?-JPNN.com

JAKARTA – Dugaan adanya kejanggalan dalam penggunaan anggaran sosialisasi Asian Games 2018 pada Desember 2015 lalu dijawab oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Wakil Ketua KOI, Muddai Maddang menyebut, masalah adanya kejanggalan sudah direspon secara administratif.

Muddai menuturkan, Ketua Umum KOI Erick Thohir tak ingin masalah anggaran sosialisasi ini berlarut-larut. Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan surat kepada BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

“Intinya surat itu minta pendampingan pekerjaan yang sudah dilaksanakan supaya tidak keliru,” katanya saat ditemui, Sabtu (6/2).

Terkait hasil rapat dengan Komisi X DPR RI, Muddai mengakui bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) siap bergerak. Rencananya, pekan depan BPK akan mendatangi Kemenpora dan Panitia Asian Games, Inasgoc, untuk melakukan audit keuangan.

“Mereka akan melakukan penyelidikan dengan tujuan tertentu,” terangnya.

Permasalahan anggaran sosialisasi Asian Games pada Desember 2015 adalah keluarnya dana Rp 61 miliar. Dana itu untuk sosialisasi di 6 kota. Namun, pada kenyataannya, sosialisasi dengan anggaran bermiliar-miliar rupiah itu dipertanyakan Komisi X.

Menurut Muddai, anggaran Rp 61 M itu tidak habis seluruhnya. Saat ini masih ada sisa Rp 37 M.

“Memang masih ada pekerjaan yang belum dibayar lunas, kalau sekarang sekitar Rp 37 M, setelah dibayarkan nanti mungkin ada sisa antara Rp 15 M sampai Rp 19 M-lah,” tandasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Uang Pas-pasan, Massa Honorer K2 Siap Berangkat ke Ibukota-JPNN.com

JAKARTA - Ratusan ribu honorer kategori dua (K2) terus memperjuangkan nasibnya agar bisa diangkat menjadi CPNS. Aksi unjuk rasa besar-besaran akan digelar 10 Februari di depan Istana Presiden.

Dengan uang pas-pasan, para honorer dari daerah akan berangkat ke ibukota negara.

"Ya semua pasti sudah tahu, honorer K2 dapat uang dari mana sih. Tapi kami percaya, doa orang yang terdzolimi didengar Allah SWT. Keinginan berjihad tidak hanya disuarakan segelintir orang saja, tapi seluruhnya yang merasa honorer K2," tegas Ketua Tim Investigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti alias Itong kepada JPNN, Sabtu (6/2).

Menurut Itong, seluruh honorer K2 sakit hati dengan sikap MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi yang dinilai selalu mempermainkan nasib mereka lewat janji-janjinya.

"Kami sudah tidak percaya lagi dengan MenPAN-RB yang ganteng ini, bahkan kawan-kawan di daerah sudah banyak yang didukung langsung oleh kepala daerahnya masing-masing," terangnya.

Dia menyebut, sejumlah kepala daerah akan ikut berorasi pada aksi unjuk rasa yang mereka sebut sebagai jihad akbar itu. (esy/jpnn)


[Link to media]
JK: Yusril Itu Ibarat Tukang Cukur-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui kehebatan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra. Bahkan di masa transisi menjelang reformasi, Yusril termasuk salah seorang yang memikirkan pelaksanaan transisi sehingga pemerintahan dari Soeharto dapat berpindah ke tangan BJ Habibie secara baik, tetap konstitusional dan menghindari masalah.

Meski ahli hukum, bahkan seorang koruptor juga bisa dibela, tapi saat menghadapi masalah, dia juga perlu bantuan.

"Yusril ibarat seorang tukang cukur. Tidak bisa mencukur sendiri rambutnya. Maka saya jadi saksi meringankan (untuk Yusril dalam kasus dugaan korupsi sistem administrasi badan hukum)," ujar JK pada peluncuran tujuh buku Yusril, Sabtu (6/2).

Uniknya, setelah bersaksi membela Yusril selama tiga jam, perkara tersebut kata JK langsung di SP3‎.

"Saya bela walau bukan ahli hukum. Jadi itulah, kami ganti-gantian. Kalau sekarang free, waktu saya bela juga bela free," ujarnya disambut sorak sorai ratusan undangan.

JK menyambut baik buah pemikiran Yusril yang kini dituangkan lewat tujuh buku. Karena pemikiran harus menjadi bagian yang dibagikan kepada generasi selanjutnya.

"Pemikiran ini banyak, karena Yusril punya banyak peran dan keahlian. Baik yang resmi maupun tak resmi. Seperti main film Laksamana Cheng Ho," ujar JK. (gir/jpnn)


[Link to media]
Prancis Larang Supermarket Buang Makanan Sisa-JPNN.com

PARIS – Pemerintah Prancis membuat peraturan yang bersejarah. Mereka melarang supermarket membuang makanan sisa mulai Rabu (3/2) waktu setempat. Supermarket yang ada di Prancis harus meneken kesepakatan tentang donasi makanan.

Dalam pemungutan suara, legislasi yang lahir dari petisi Arash Derambarsh itu mendapatkan dukungan penuh Senat Prancis. Kini, aturan yang berisi larangan itu berlaku bagi seluruh supermarket dengan luas area mencapai 400 meter persegi.           

”Kami menyambut baik kebijakan tersebut,” terang manajemen Carrefour, jaringan supermarket terbesar di Negeri Menara Eiffel tersebut sebagaimana dilansir laman Guardian.

Untuk mendukung penerapan aturan tersebut, Carrefour bekerja sama dengan sejumlah yayasan. Setelah itu, akan menyalurkan makanan sisa dari Carrefour kepada yang membutuhkan.

Selain lembaga amal, supermarket-supermarket di Prancis juga disarankan untuk mendonasikan makanan sisa mereka melalui bank-bank makanan. Tiap tahun, yayasan amal dan bank makanan mendistribusikan makanan kepada jutaan penduduk Prancis. Terutama, mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan dan tidak mampu membeli makanan. (hep/jos/jpnn)


[Link to media]
Susah Sinyal, Plt Bupati Lombok Barat Curhat ke Menteri Infokom-JPNN.com

LOMBOK BARAT - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan daerahnya masuk 10 besar daerah tujuan wisata halal dunia. Posisi tersebut menurut Fauzan mengalahkan sejumlah negara Islam yang juga memiliki daerah tujuan wisata halal.

Hal tersebut dikatakan Fauzan Khalid, saat menerima kedatangan Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad bersama Menteri Informasi dan Informasi Rudiantara serta wartawan, di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/2).

"Tapi, sebagai tuan rumah, kami sering diprotes pengunjung karena terlalu banyak kawasan wisata di Lombok Barat yang blank spot sehingga komunikasi turis melalui telepon genggam terputus dengan dunia luar. Sinyal tidak ada Pak Menteri," kata Fauzan Khalik.

Fakta ini kata Fauzan perlu disampaikan dengan harapan masalah tersebut bisa diatasi karena daerah tak punya kewenangan untuk mengatur pemerataan infrastruktur komunikasi ini.

Selain itu, Fauzan menyatakaan gembira atas kedatangan ratusan wartawan dari Jakarta dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Lombok.

"Kehadiran jurnalis sangat membantu promosi aset wisata di Lombok Barat. Karena itu kami merasa bangga atas kehadiran wartawan di sini," pungkasnya. (fas/jpnn)


[Link to media]
Begini Pesan Generasi Muda Golkar Jelang Munaslub-JPNN.com

JAKARTA – Pasca terbitnya SK Menkunham yang memperpanjang kepengurusan Partai Golkar hasil Munas Riau selama 6 bulan masih terdapat perbedaan cara pandang dan tindakan menuju Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Menurut Inisiator Generasi Muda Partai Golkar, Melki Laka Lena, SK Menkunham mensyaratkan proses menuju munas harus rekonsiliatif, demokratis dan berkeadilan serta sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar. Tugas DPP Partai Golkar yang diperpanjang 6 bulan ini untuk menyiapkan Munas dan bukan melakukan konsolidasi seperti Musda Tingkat I dan II.

“SK Menkumham ini mestinya mengembalikan kepengurusan pusat sampai daerah tingkat II sejak terbitnya SK Menkumham terakhir yang mengesahkan DPP PG Munas Riau 2012 hingga jelang Pilpres 2014 lalu. Kalau kepengurusan DPP Partai Golkar sudah mulai rapat perdana, mestinya DPD I dan II sudah mulai rapat juga mengundang semua pihak kembali bersama menuju Munas,” kata Melki Laka Lena, Sabtu (6/2).

Untuk menjalankan SK Menkumham, menurut Melki, sebaiknya proses organisasi dimulai dari Munas. Selanjutnya dilakukan Musda tingkat II dan Tingkat I. Penyatuan kedua kubu sudah terjadi tapi masih rapuh sehingga proses top down lebih tepat dalam situasi saat ini.

Menurutnya, sesuai pesan SK Menkumham maka semua pemecatan baik di level kepengurusan atau jabatan publik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dikembalikan lagi pada posisi awalnya. Semua kader dipulihkan lagi dan basis DPP Partai Golkar Munas Riau menjadi acuan.

“Hasil Munas Ancol dan Munas Bali yang sudah melahirkan pengurus DPD I dan II semuanya dikembalikan lagi seperti saat awal sebelum Pilpres 2014,” tegas Melki Laka Lena.

Melki juga mengatakan pemberlakuan SK Menkumham DPP Partai Golkar Hasil Munas Riau harus berlaku tegak lurus dari pusat sampai daerah. Peserta yang hadir di Munas apabila Ketua DPD I atau II ada masalah hukum atau lainnya bisa menyesuaikan sesuai AD/ART dan PO Partai Golkar di mana bisa ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua satu tingkat di atasnya untuk menjalankan kepengurusan dan tidak boleh rangkap jabatan yang sama lebih dari satu.

Sesuai AD/ART, kata Melki, semua pihak harus kembali ke tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi). Domain Munas adalah ranah bidang organisasi dan kaderisasi serta Waketum yang membidangi hal tersebut.

Dalam rangka persiapan Munas, hal tersebut harus mulai berjalan. Kepanitiaan Munas diatur sesuai aturan main tersebut.

Menurutnya, pengurus DPP Partai Golkar yang jadi panitia Munas harus kompeten dan bisa diterima semua pihak. Selain itu, peserta Munas juga harus memenuhi aturan main partai Golkar berbasis kepengurusan Munas Riau.

Ia mengingatkan proses menuju Munas masih menyisakan potensi masalah yang harus dikelola dengan baik. Pemulihan posisi kader yang dipecat dari jabatan partai, publik atau sebagai anggota Partai Golkar, pelantikan pengurus hasil Musda berbasis DPP Partai Golkar Munas Bali dan masalah lainnya hari ini masih terjadi, misalnya di Lampung, Kalimantan Tengah dan NTB. 

Seharusnya, kata Melki semua pihak melakukan kegiatan pertai berbasis SK Menkunham yang meletakkan dasar dan orientasi perpanjangan DPP Partai Golkar Munas Riau semata-mata untuk menyiapkan dan melaksanakan Munas. Semua tahapan dan langkah menuju Munas harus diputuskan dalam rapat pleno DPP Partai Golkar serta mencerminkan semangat rekonsiliasi, demokratis dan berkeadilan sesuai AD ART Partai Golkar.

“Langkah apapun yang dilakukan di luar pesan SK Menkumham berpotensi menggagalkan rekonsiliasi yang mulai mekar,” kata Melki Laka Lena.(fri/jpnn)


[Link to media]
Demo Honorer K2, Tiap Daerah Kirim 10 Orang Siap Mati-JPNN.com

JAKARTA - Puluhan ribu honorer K2 dipastikan akan melakukan jihad akbar pada 10-12 Februari mendatang. Disebut jihad, menurut Ketua Tim Investigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti, lantaran di setiap kabupaten/kota telah menyiapkan 10 orang yang siap mati dan berada di garda terdepan.

"Sudah pasti aparat pasti akan melakukan berbagai upaya untuk membuat kami mundur. Kami pastikan tidak akan mundur sebelum ada kebijakan yang berpihak kepada honorer K2. Itu sebabnya ada pasukan berani mati yang siap ditembak atau diinjak-injak aparat kepolisian," beber Itong, panggilan akrabnya, kepada JP‎NN, Sabtu (6/2).

Dia menambahkan, FHK2I akan meminta doa restu serta dukungan kepada beberapa lembaga, antara lain Menteri Agama, PP Muhammadiyah, PB NU, MUI, Wali Gereja Indonesia, dan PHDI.

"Restu dan dukungan kami butuhkan dari ulama dan wali gereja‎ karena kawan-kawan seluruh Indonesia sudah menyatakan siap mati dalam jihad akbar," tuturnya.

Menurut Itong, harapan seluruh honorer K2 hanya satu, Presiden Jokowi bisa memberikan diskresi, mengangkat 440 ribu honorer K2 menjadi CPNS. Pasalnya, para honorer ini nasibnya selalu dipermainkan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. (esy/jpnn)


[Link to media]
Todong Teman Pakai Jari, Berhasil Sikat Hp dan Uang, nih Mukanya-JPNN.com

PALEMBANG – Kelakuan Ahmad (29) kebangetan. Lantaran hobi judi online tapi kehabisan uang, dia menodong temannya sendiri. Aksi itu dilakukan tersangka saat berboncengan dengan korban. 

Dalam posisi, dibonceng tersangka menusuk punggung korban menggunakan jarinya layaknya obeng.

Aksi penodongan itu di kawasan Sekip Madang, Kamis Malam (28/1). Saat itu tersangka warga JL Mayor Salim Batu Bara, Lrg Kebun Semai, RT 11/04, Kecamatan Kemuning meminta korban Ribut Santoso untuk mengantarnya ke rumah. 

Dengan menaiki motor, saat melintas di lokasi kejadian korban yang duduk dibelakang meminta hanphone korban dan handphone. 

“Bukan pake obeng aku tuh, pake jari memang kuku aku tajam. Yang kuambil hanphone Samsung sama duit 50 ribu,” ujar tersangka saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolsek Kemuning, Jumat (5/2).

Setelah mengambil hanphone dan uang korban, tersangka pun kabur. Tersangka diciduk polisi di kediamannya, Kamis (4/2) sekitar pukul 22.00 WIB, setelah aparat Polsekta Kemuning mendapatkan laporan.

“Duit korban kupake untuk makan- makan sama main poker online,” ungkap tersangka yang ternyata pernah menggelapan motor temannya sebanyak tiga kali yang laporannya ada di Polsek Kemuning, Ilir Barat (IB) I, dan Polresta. “Kalau gelapkan motor sudah diganti rugi galo. Motor kawan aku dewek itu tuh,” tambah tersangka  

Kapolsek Kemuning Palembang AKP Handoko Sanjaya didampingi Kanit reskrim Ipda Firman mengatakan, selain terkait kasus pencurian dengan kekerasan (curas), tersangka ternyata pernah terlibat kasus penggelapan motor. 

“Saat ini untuk kasus penggelapannya akan kami koordinasikan dahulu dengan polsek lainnya. Tersangka dijerat pasal 365 KUHP dan akan kita proses," pungkas Handoko.(gti/sam/jpnn)


[Link to media]
Seperti Ini Persiapan ASDP Jelang Libur Imlek-JPNN.com

JAKARTA - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang jelang libur Imlek. Lonjakan itu diperkirakan mencapai 6-8 persen.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Tommy L Kaunang mengatakan, pihaknya akan menerapkan pola operasi layanan kapal seperti saat lebaran. Meski prediksi trafik penumpang dan kendaraan tidak terlalu signifikan, namun perseroan tetap mengantisipasi semaksimal mungkin.

"Kami serius, karena tidak ingin kecolongan seperti kasus angkutan Natal dan Tahun Baru lalu, di mana terjadi kemacetan panjang mulai dari akses tol hingga ke dalam pelabuhan," ujar Tommy dalam siaran persnya, Sabtu (6/2).

Selain itu, ASDP juga menyiagakan kapal berukuran besar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem, seperti peringatan yang diberikan oleh BMKG. Terlebih di Peabuhan Merak kondisi curah hujan dalam beberapa hari ini cukup tinggi.

"Terkait cuaca buruk, ASDP telah mengantisipasinya dengan menyiapkan tug boat untuk membantu kapal ketika sulit sandar atau keluar dermaga," kata Tommy. (chi/jpnn)

 

 


[Link to media]
Jalin Hubungan Asmara dengan Istri Orang, Oknum Polisi Akhirnya Disel-JPNN.com

TERNATE – Seorang oknum polisi Polres Ternate berpangkat Brigpol berinisial RH dilaporkan ke Propam pada Rabu (3/2) dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Malut, Kamis (4/2) lalu. RH dilaporkan FS alias Daus, karena diduga menjalin hubungan asmara dengan istrinya, JW.

Kepada Malut Post (Grup JPNN), Daus mengisahkan dirinya mencurigai hubungan perselingkuhan istrinya bersama oknum polisi Polres Ternate sejak akhir tahun 2015. Dari kecurigaan tersebut, pria yang tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Pulau Morotai tersebut meminta salah satu temannya yang berada di Ternate untuk mencari tahu kahidupan asmara JW (istrinya) di Kota Ternate.

Daus mengakui, meski selama tiga tahun ia tidak pernah lagi tinggal satu atap bersama istrinya tersebut namun hubungan mereka masih tetap resmi sebagai pasangan suami istri yang sah. Sebab, menurut dia, keduanya belum dinyatakan cerai oleh pengadilan agama.

Setelah dilakukan pengintaian terhadap istrinya, Daus akhirnya mendapat kabar tak sedap dari mata-matanya di Ternate. Laporan dari temannya menyatakan bahwa istrinya sering berduaan bersama pria lain yang tidak lain adalah RH atau oknum polisi Polres Ternate tersebut.

Mengetahui informasi tersebut, Daus langsung datang ke Ternate untuk memastikan informasi yang didapat dari mata-matanya itu. Setelah melakukan pengintaian dari luar rumah istrinya sampai aktivitas keseharian istrinya, Daus kemudian mendapat kenyataan pahit. Dia melihat dan menemukan istrinya sedang berduaan bersama oknum polisi tersebut.

Tidak hanya itu, Daus juga mengakui telah beberapa kali menemukan istrinya berduaan bersama RH di rumah RH di lingkungan Falajawa II, Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan dan juga di rumah istrinya di lingkungan Ngidi, Kelurahan Kampung Makassar Barat.

Setelah berhasil mengantongi alat bukti berupa foto mesra kedua pasangan cinta terlarang tersebut dari hasil penelusurannya, Daus kemudian mendatangi Mapolda Malut.

“Saya yakin, saat itu hanya mereka berdua di dalam rumah. Sebab istri saya pernah bilang kalau tiga anak kami pergi sekolah di Sofifi dan mertua saya pasti ikut juga ke Sofifi. Dan, setelah itu saya langsung lapor ke Polda, dan tidak lama Propam Polda Malut langsung menuju rumah itu,” kisah Daus.

Dirinya mengatakan laporan tersebut sudah diterima pihak Polda Malut dengan tanda terima laporan pengaduan Nomor SPTL/16/II/2016/Yanduan, dan diterima oleh petugas Propam Polda Malut, Brigpol Tri Saputra. Sedangkan di unit PPA dengan nomor SPTL/07/II/2016/SPKT, laporan tersebut diterima kepala SPKT Polda Malut, Payanmas III, Iptu Jhon Uniplaita.

Laporan pengaduan perselingkuhan tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar.

Menurut Hendri laporan pengaduan Daus telah diterima oleh pihak Polda Malut dan laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti.

“Suami JW telah lapor ke Propam dan Propam sudah menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan pemeriksaan terhadap oknum polisi tersebut. Dan laporan di PPA juga sudah diterima terkait dengan perzinahan atau perselingkuhan antara istrinya dengan oknum polisi itu,” kata Hendry, Jumat (5/2) kemarin.

Hendry menjelaskan, laporan yang dimasukan Daus ke Propam tersebut terkait disiplin anggota Polri dan hal itu akan diproses di Propam, sedangkan laporan yang dimasukan ke unit PPA tersebut menyangkut perzinahan atau tindak pidana. “Semua laporan itu masih dalam proses,” tutur Hedri.

Terpisah, Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Zulkarnain mengatakan kasus tersebut tetap diproses hingga mendapat kebenaran.

“Kalau sudah lapor berarti kita tunggu hasil prosesnya saja,” terang Kapolda Malut.

Dikatakan soal perzinahan, dia meminta pihak penyidik agar betul-betul mendapatkan bukti yang lengkap, apakah sudah pernah dilakukan perzinahan atau belum.

“Penyidik harus mampu mengungkap, misalnya ditemukan air mani dan chek golongan darahnya atau ada bukti ilmiah lainnya supaya bisa terungkap. Kalau hakim tidak diyakini dengan bukti-bukti itu, maka yang bersangkutan bisa dinyatakan bebas,” pungkasnya.(tr-04/jfr/fri/jpnn)


[Link to media]
PKB Tawarkan 5 Agenda Politik, Termasuk Tinjau Ulang DPD-JPNN.com

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menawarkan lima agenda politik yang patut dipertimbangkan guna memastikan terciptanya sistem politik kenegaraan yang efektif di Indonesia.

Pertama, menata kembali lembaga pemusyawaratan/perwakilan terutama terkait keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Menurut Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar, peran lembaga tersebut selama ini tanggung dan tidak efektif. Karena itu penting ditinjau ulang.

"‎‎Peninjauan ulang harus bermuara pada pilihan tegas. Penguatan peran DPD atau dikembalikan lagi sebagai perwakilan golongan yang lebih mencerminkan karakteristik ke-Indonesiaan," ujar Muhaimin pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB, Sabtu (6/2).

Muhaimin juga mengatakan, ‎konsistensi proses penyederhanaan sistem pemilihan kepala daerah perlu dikawal keberlanjutannya, sambil memastikan sistem pilkada semakin baik, tidak boros sumber daya dan menghasilkan kepemimpinan politik yang berkualitas.

"Kemudian, perkuat sistem presidensial, mengingat Indonesia telah memilih sistem kepemimpinan nasional berdasar azas presidensial," ujarnya.

Untuk melaksanakan hal ini, Muhaimin menilai dapat dilakukan dengan pemenuhan ambang batas presidensial treshold, agar posisi ‎presiden terpilih hasil pemilu memiliki bargaining position yang kuat. Sebab memeroleh dukungan maksimal di parlemen. "Hal lain, ‎penting menjaga penyederhanaan sekaligus penguatan partai politik," ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin ini, pengendalian jumlah partai politik melalui regulasi yang ada, perlu dipertahankan. Agar dinamika politik dapat terkelola dengan lebih mudah, sambil pada saat yang sama partai-partai politik terus diberdayakan.

"Dukungan pemberdayaan partai politik melalui bantuan parpol agar terus ditingkatkan secara signifikan. Partai politik sebagai pilar demokrasi maha penting tidak boleh tergantung dan dipenjara oleh kekuatan pemodal," katanya.

Poin kelima, Cak Imin menilai perlu diperjuangkan arsitektur baru pemerintahan daerah. Desentralisasi berbagai urusan pemerintahan katanya, harus terus dijaga konsistensinya dengan memastikan kabupaten/kota merupakan tingkatan pemerintahan yang paling diandalkan.

"Karena itu, otonomi kabupaten/kota harus dikawal dan diberdayakan. Kegagalan otonomi daerah selama ini lebih merupakan kegagalan sistem pengendalian pemerintah pusat. Yang harus dilakukan adalah pengembangan sistem pengendalian pemerintah pusat," ujar Muhaimin. (gir/jpnn)


[Link to media]
Mengenang 83 Tahun Perebutan Kapal Perang Belanda De Seven Provincien-JPNN.com

Tanggal 4 Februari adalah tanggal terjadinya tragedi perebutan kapal perang Belanda, De Seven Provincien. Pemimpin pasukannya Marthin M. Paradja, pria asal Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk memperingati peristiwa itu, puluhan warga asal Sabu di Jakarta, nyekar dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, tempat Paradja dimakamkan.

FERDY TALOK, Jakarta

Kebanyakan masyarakat Provinsi NTT tidak begitu mengenal pahlawan nasional, salah satunya Martijn M. Paradja. Walau tidak dikenal, negara tetap mengakui perjuangannya, dalam melawan penjajah Belanda, dan hingga tewas bersama 20 rekan lainnya di Laut Jawa. Siapa gerangan Martijn M. Paradja?

Perjuangan memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda, menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tak terhitung nilainya. Patriotisme dan keinginan bebas dari penjajah menjadi modal bersama menentang kolonialisme Belanda. Walau dengan kemampuan dan peralatan seadanya, pahlawan Indonesia, mampu memerdekan negara Indonesia tercinta pada 17 Agustus 1945 silam.

Dalam perjuangan itu, seluruh rakyat Indonesia, termasuk NTT yang merasa senasib dan sepenanggungan, angkat senjata demi membebaskan negara ini. Salah satu pejuang dan pahlawan nasional yang turut ambil bagian yakni Martijn Marseha Paradja.

Pejuang asal Sabu Raijua itu, tercatat dalam sejarah bangsa yang lebih dikenal sebagai pejuang Kapal Tudjuh (De Seven Provincien). Untuk mengenang dan menapaktilasi perjuangan seorang Martijn Paradja, Kamis (4/2) Keluarga Besar Sabu diaspora Jakarta, dipimpin Imanuel Gunung Toebe dan Peter A. Rohi serta sejumlah keluarga terkait lainnya, nyekar dan menabur bunga di pusara 21 pahlawan Kapal Tudjuh, termasuk Martijn Paradja.

Pantauan media ini, kedatangan keluarga Sabu, NTT, diawali dengan penghormatan terhadap seluruh Pahlawan Nasional yang berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Usai penghormatan terhadap 9.071 pahlawan, dilanjutkan dengan nyekar di makam Martijn Paradja dan rekan-rekanya.

Sebanyak 20-an warga Sabu dan keluarga Kawilarang, mengawali dengan doa, dan dilanjutkan dengan penuturan sejumlah catatan sejarah pahlawan nasional itu dan diakhiri dengan tabur bunga.

Wartawan Senior dan pemerhati Sejarah asal  NTT, Peter A. Rohi dalam penuturannya mengatakan, pidato Bung Karno di Surabaya, pasca keluar dari Penjara Sukamiskin tahun 1932, membakar jiwa nasionalis pemuda-pemuda pribumi yang menjadi anggota Marine Belanda.

Kebangkitan nasionalisme para marine pribumi, mendapatkan momentum ketika beberapa bulan kemudian, setelah Pemerintah Hindia Belanda mengumumkan penurunan gaji para pelaut.

Demontrasi dilakukan di Surabaya untuk memprotes rencana pemerintah Belanda itu. Larangan demonstrasi dilanggar dan tak dapat dihentikan. Emblem Merah Putih bergambar Soekarno dan yel yel revolusi dikumandangkan.

Pada 3 Februari 1933, katanya, seorang Marine, Julian Henderik (Ludji He) memimpin teman-teman di sebuah gedung bioskop di Ulehle, Kotaradja (Banda Aceh), dengan izin melakukan halal bihalal, usai Idul Fitri 29 Januari. Tapi pada acara itu, mereka membahas taktik perebutan kapal.

Dalam rapat kedua yang lebih rahasia, yang dihadiri suku-suku seperti Madura, Bugis Makassar, Pelembang, Padang, Ambon dan Sunda Kecil.

Jermias Kawilarang diminta mengomandani kapal perang itu, sementara pemimpin pergerakan diserahkan kepada Martijn M. Paradja.(timor express/fri/jpnn)


[Link to media]
Intip Nih, Sifat Pasangan Berdasar Inisial Nama (3)-JPNN.com

R.Nah, dari semua inisial, huruf R inilah yang paling romantis. Tentu ingat akan aksi Romeo dong saat memperjuangkan cintanya pada Juliet. Baginya, pasangan adalah segala-galanya. Tak heran jika kemudian dia senang memanjakan pasangannya. Walau kadang terkesan dipaksakan

S. Mereka yang berinisial S adalah sosok yang mampu menunjukkan dengan action, apa itu kasih sayang. Jadi tidak sekadar ngomong doang.

T. Suka menyendiri kala menghadapi pasangan. Tak jarang hal itu membuat senewen pasangannya karena merasa tak dianggap. Tapi, jangan buru-buru menyalahkan, itu memang sudah sifatnya kok. Terima saja.

U. Pemilik inisial U adalah sosok yang bersahaja dan menerima apapun kondisi pasangannya. Dia tidak terlalu banyak menuntut. Karena dia menyadari kondisi setiap manusia tidak ada yang sempurna

V. Baik hati, royal, namun kerap “meninggikan” sesuatu yang dia miliki. Sosok berinisial V ini juga tipe pekerja keras lho

W. Gigih memperjuangkan apa yang sudah dia inginkan, termasuk pada pasangannya. Tak heran kalau pasangannya selalu merasa nyaman dan dinomorsatukan

X. Sifat yang sangat melekat pada sosok berinisial X adalah mudah bosan. Jadi jika pasanganmu berinisial ini, pintar-pintarlah menjalani hubungan. Sebisa mungkin jangan menjalani ala kadarnya saja.

Y. Minta perhatian, pasti akan diberi. Minta kasih saya, tentu juga akan diberi. Tapi, begitu dia minta, bisa tidak bisa kamu juga harus memberi ya.

Z. Mereka yang berinisial Z adalah sosok humoris yang bisa menceriakan perjalanan hubungan cinta. Baginya kebahagiaan bukanlah terletak pada materi, namun kebersamaan. (pda)

 


[Link to media]
JK: Yusril Sering Pulang Malam, Nggak Tahu ke Mana-JPNN.com

JAKARTA - Kedekatan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bukan setahun dua tahun. Namun telah bertahun-tahun, sehingga tak heran banyak cerita menarik yang terukir ‎menjadi kenangan indah. 

Contohnya di era pemerintahan Abdurahman Wahid, keduanya sama-sama menjabat sebagai menteri. JK menjabat sebagai menteri perdagangan, sementara Yusril sebagai menteri kehakiman.

"Kami sama-sama sebagai menteri di zaman Gus Dur, walaupun saya yang duluan dipecat. Kemudian beliau menyusul," ujar JK dalam sambutannya pada peluncuran tujuh buku Yusril di ulang tahunnya yang ke 60, Sabtu (6/2).

Kemudian di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, JK yang ketika itu menjabat sebagai wakil presiden mengatakan, Yusril akhirnya diangkat menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). 

Saat itu kata JK, setiap hari Yusril selalu terlihat membawa-bawa map kemana pun berada. Isinya, berkas-berkas yang hendak ditandatangani presiden.

"Jadi tak boleh tanda tangan tanpa lewat Yusril. ‎ Semua itu baik keputusan presiden atau yang lain-lain aman dari sisi hukum. Makanya beliau kadang pulangnya tengah malam. Tapi saya enggak tahu ke mana dia," ujar JK berseloroh.

Ucapan wakil presiden tersebut langsung disambut tawa meriah para undangan. Bahkan ‎JK juga ikut tertawa sembari meralat ucapannya. 

"Dia ngantor sampai tengah malam, saya saksinya. Takutnya (ketika itu) bilang lembur ‎padahal kantor di hari Sabtu kan libur. Tapi enggak apa-apa, dia memang ngantor, saya saksinya," ujar Kalla.

Kalla berharap di usia ke 60, Yusril dapat lebih baik lagi dalam berkarya. Namun menurutnya, tidak tepat kalau Yusril dijuluki sebagai Natsir muda. Karena tidak ada seorang follower yang bisa berhasil lebih baik dari tokoh yang disebut diikutinya.

"Saya tak setuju dijuluki Natsir muda, karena tak ada follower yang bisa menang. Buktinya tak bisa kembali membawa kembali ke Masyumi‎," ujar JK. (gir/jpnn)


[Link to media]
Saat Polisi dan Satpol PP Menangis Bersama Warga-JPNN.com

BITUNG - Eksekusi 400 bangunan di lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Sulawesi Utara, berlangsung ricuh. Warga yang mengatasnamakan Manembo-nembo Sagerat Tanjung Merah (Masata) sempat melawan polisi dan atpol PP. Namun, mereka akhirnya pasrah rumah semipermanen itu dibongkar alat berat. Namun saat pembongkaran itu, polisi dan satpol PP sempat menangis bersama warga.

Menurut informasi yang diperoleh, warga sudah bersiap menyambut rencana penggusuran. Strategi mereka sudah diatur. Perempuan dan anak-anak berdiri di barisan paling depan. Merekalah yang akan menghadang aparat dan alat berat.

Anak-anak yang masih berseragam sekolah memegang tuntutan warga yang ditulis di kertas. Para orang tua kompak menggunakan pita merah putih yang diikatkan di kepala. Ratusan warga sudah berbaris rapi di jalan untuk menghadang aparat.

Pukul 07.30 aparat mulai bergerak. Aparat dan warga mulai berhadap-hadapan. Awalnya, aparat mengarahkan warga agar tidak melawan. Warga diminta kooperatif, namun tidak ditanggapi. Situasi pun mulai memanas. Warga dan aparat mulai saling dorong.

Namun, jumlah warga tidak sebanding dengan jumlah aparat gabungan yang lebih dari 1.500 personel. Ditambah alat berat berupa buldoser dan ekskavator, warga tetap nekat. Ada yang menghadang alat berat, berbaring di tanah, sampai bergelantungan di ekskavator.

Negosiasi kembali dilakukan. Polisi dan petugas satpol PP sempat terlihat menangis bersama warga yang rumahnya akan digusur. 

Akhirnya, masyarakat mulai sadar bahwa lahan seluas 92,6 hektare yang mereka tempati merupakan milik negara yang akan diperuntukkan bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

''Kami memohon izin kepada aparat dan pemerintah agar kami saja yang membongkar sendiri rumah kami,'' ungkap Rohiya, warga setempat. 

Koordinator tim eksekusi Benny Lontoh menjelaskan, pemerintah tetap pada kebijakannya. Yakni, tidak memberikan ganti rugi. Namun, pemerintah sudah menyiapkan flat. (gre/JPG/c15/diq) 


[Link to media]
Yusril Luncurkan 7 Buku Sekaligus? di Ulang Tahun ke-60-JPNN.com

JAKARTA -  Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra meluncurkan tujuh buku sekaligus di hari ulang tahunnya yang ke-60.

Buku-buku tersebut merupakan buah pikiran yang disusun secara rapi dalam berbagai tulisan, bahan seminar dan berbagai hasil wawancara sejak tahun 1990 sampai 2015. Antara lain, empat jilid buku diberi judul "Ensiklopedia Pemikiran Yusril Ihza Mahendra". 

Kemudian, "Modernisme dan Fundamentalisme Dalam Politik Islam". Pemikiran dalam buku ini sebelumnya pernah diajukan sebagai disertasi untuk memeroleh gelar doktor of philosophy tahun 1990 lalu.

"Tulisan yang saya kerjakan dalam kurun waktu 25 tahun, sesungguhnya saya kerjakan bukanlah dalam ruang yang hampa. Saya melakukan refleksi terhadap berbagai peristiwa konkret yang terjadi dalam masyarakat," ujar Yusril, Sabtu (6/2).

Di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Yusril mengatakan, seorang politisi haruslah memiliki minat intelektual yang besar, agar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa secara cerdas, tepat dan efektif. Hal tersebut kata Yusril, dikemukakan gurunya Prof Syed Naquib al Attas. 

"Beliau mengatakan, tanpa itu semua bekerja menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa bisa salah sasaran. Yakni bukan menyelesaikan masalah, namun menciptakan masalah baru uang makin rumit bagi bangsa," kata Yusril.

Selain itu, Yusril juga mengutip kata-kata Buya Hamka, bahwa kalau bekerja sekadar bekerja, maka monyet pun bekerja. Karena itu apa yang diinginkan menurutnya, harus dilakukan dengan kerja keras disertai motivasi tinggi. Namun dilandasi oleh sebuah kerangka pemikiran yang jelas ke mana arah suatu kebijakan.(gir/jpnn)‎


[Link to media]
Kisah Mertua "Nenek Sihir" Suka Menyiksa Cucu Sendiri-JPNN.com

TERNYATA tidak semua nenek senang mendapatkan cucu. Buktinya mertua Karin, 32, sebut saja Maya bukannya senang menimang cucunya yang baru berusia 1,5 tahun. Tapi, justru menyiksanya layaknya seorang yang mengalami gangguan kejiwaan. Tak mau anaknya jadi korban kelakuan sang mertua, akhirnya Karin mengajukan cerai ke Pengadilan Agama Surabaya.

Karin tidak tega melihat putra tunggalnya disia-siakan oleh sang mertua. Bagaimana tidak, balum genap dua tahun, tapi si kecil sudah sering mengalami siksaan fisik dari sang mertua. 

Mulai dari dibekap mulutnya ketika menangis, hingga badannya dicubiti sang nenek sampai membiru dan gosong-gosong. 

"Lha mbah macam apa begitu? Saya nggak tenang kalau ninggalin anak di rumah mertua," ucap Karin. Dia pun menyebut mertuanya bak nenek sihir yang jahat.  

Ini lantaran Karin dan suaminya, Donwori, 42, memang tinggal serumah dengan mertuanya, Maya, 63, di sebuah rumah mewah di kawasan Mayjend Sungkono. 

Karin dan Donwori kebetulan bekerja dan baru pulang ke rumah pada malam hari. Sehingga, anak semata wayangnya dititipkan ke ibu mertua saat keduanya bekerja. Ayah mertua Karin sudah meninggal.

Namun hampir setiap sore sepulang kerja, Karin maupun Donwori kerap menemukan hal yang aneh dengan buah hatinya. 

Bahkan saat pulang, dia masih mendapati anaknya tersebut menangis kesakitan karena tubuhnya lebam dan membiru. Rupanya, anak itu menangis seharian tanpa ada upaya Maya untuk membujuk atau menghentikannya.

Saat ditanyakan ke mertua, Karin sering mendapatkan jawaban bohong. Yang katanya jatuh ke lantai lah, atau kadang kebentur botol dotnya. “Semula saya percaya saja, tapi lambat laun kok banyak bohongnya karena anakku sering kedapatan menangis sendirian,” tuturnya. 

Apalagi menurut keterangan tetangga, anaknya menangis tak berhenti-henti karena memang dibiarkan oleh neneknya. “Katanya tetangga seperti itu. Lha saya juga sering menemukan mertuaku diam saja kalau anakku menangis. Berarti kan klop,” ujarnya

Karin mengaku sempat mengadukan masalah ini ke Donwori. Namun bukannya mendapat dukungan, justru Karin kena damprat sang suami lantaran dikira menjelek-jelekkan ibu mertuanya itu. 

Bahkan, Donwori malah ganti memarahi Karin. Bahkan, Donwori menyarankan Karin berhenti bekerja saja sebagai pegawai bank kalau memang tidak percaya ibunya menjaga buah hati mereka. 

Tapi Karin tetap menolak. Karena menurutnya yang salah bukan dirinya. Melainkan ibu mertua. Karena itu, Karin pun memberikan pilihan kepada Donwori kalau tidak mau mengingatkan ibunya lebih baik dirinya yang pergi dari rumah demi keselamatan anaknya. 

"Saya malah dikatai menantu durhaka. Padahal, saksinya itu banyak para tetangga. Kok saya yang malah diomel-omeli," imbuhnya. 

Karin mengaku tidak peduli. Lebih baik dia pisah dari suaminya daripada anaknya diasuh oleh nenek yang punya kelainan suka menyiksa anak kecil. Toh, suaminya lebih memilih ibunya daripada dirinya dan keselamatan anaknya. "Ya mungkin dia masih belum ikhlas anaknya punya istri dan anak," pungkasnya. (*/jay)


[Link to media]
Hiii, Serangan Ala Vampir Terjadi di Kota Ini-JPNN.com

Rentetan peristiwa tak biasa terjadi di kota Napier, Selandia Baru belum lama ini. Pasalnya, di tengah kehidupan masyarakatnya yang tenang, ada beberapa serangan gigitan ala vampir yang terjadi. Tapi tentu, yang melakukannya adalah manusia.

Kepolisian setempat tengah menyelidiki serangkaian kasus tersebut. Kejadian pertama terekam awal pekan lalu saat polisi mendapatkan laporan seorang wanita menggigit seorang pria dengan sangat keras. Bahkan hingga melukai pembuluh arterinya.

Kejadian kedua berlangsung tak begitu lama dari kejadian pertama, dimana ada perkelahian di sebuah pub lokal. Bukan perkelahian biasa, sebab ada juga seorang wanita yang menggigit leher pria yang menjadi lawannya. Pria itu harus rela kehilangan banyak darah dan dibawa ke rumah sakit dengan kondisi sangat serius.

Selang beberapa hari, peristiwa penggigitan leher ala vampir juga terjadi lagi.

Tak heran, karena banyaknya peristiwa tak biasa itu, sempat beredar rumor vampir sedang berada di kota tersebut. Apalagi itu ditambah dengan orang lokal yang tak mengenal para pelaku penggigitan itu.

”Kami belum pernah bertemu dengan orang-orang itu sebelumnya. Mereka pasti bukan penduduk lokal,” kata Chris Sullivan, salah satu penduduk seperti dilansir Metro.co.uk. (pda)


[Link to media]
Pemerintah Abai Pembinaan Usia Muda-JPNN.com

JAKARTA – Diskusi memaksimalkan potensi sepak bola Indonesia menuju era sepak bola Industri di media center Kemenpora, Jumat (5/2) berlangsung meriah. Dalam diskusi ini, Kemenpora mendapatkan banyak masukan.

Menurut Anton Sanjoyo, salah satu narasumber dan pengamat sepak bola nasional, pemerintah harusnya menyorot pembinaan usia muda dan dini.

“Pemerintah abai dengan pembinaan usia muda. Padahal, sepak bola pembinaan adalah tanggung jawab pemerintah," katanya dalam diskusi tersebut.

Selama ini, turnamen usia muda yang digelar seperti Piala Kemenpora U-14, memang tak menghasilkan output yang benar. Proses turnamennya pun diam-diam, tiba-tiba mencapai putaran final. Ibarat kegiatan, hanya sekadar ada dan memanfaatkan anggaran.

Narasumber lainnya, Yusuf Arifin memandang dari sudut berbeda. Pria yang biasa disapa Dalipin ini mengaku tak begitu mengikuti sepak bola nasional. Dia lebih banyak menghabiskan waktu di Inggris sehingga sangat paham dengan tata kelola sepak bola di Inggris.

Dia menyorot kebijakan sepak bola Indonesia dibandingkan dengan sepak bola Inggris.  Pria yang sempat bekerja dengan klub Manchester City itu menilai pemerintah tak peduli dengan sepak bola nasional.

Asumsinya, pemerintah Inggris mengelola hingga 80 persen urusan sepak bola. "Persoalan sepak bola yang dikelola oleh pemerintah hanya 10 hingga 20 persen saja," terangnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Chris John Bilang Daud Terlalu Terbuka-JPNN.com

JAKARTA- Kemenangan juara kelas ringan WBO Asia Pasifik, Daud Yordan, di atas ring dari petinju Jepang, Yoshitaka Kato, Jumat (5/2) malam terasa spesial. 

Pasalnya, hasil positif Daud juga disaksikan oleh legenda tinju Indonesia, Chris John. Petinju berjuluk The Dragon tersebut, memuji keberhasilan Daud meskipun hanya meraih kemenangan teknis.

"Ini hasil yang luar biasa. Bagus untuk Daud ke depan. Saya ucapkan selamat," katanya usai laga.

Meski demikian, Chris John memberikan masukan kepada Daud untuk bisa lebih improve dalam pertarungan. Dia melihat juniornya tersebut sempat keteteran dan kesulitan menembus pertahanan lawan.

Itu membuat strategi yang diminta untuk dijalankan, tak berjalan maksimal. Alhasil, Daud pun terpancing dan sempat beberapa kali lengah.

"Ya tadi saya lihat Daud sempat terlalu terbuka, saat pukul kiri. Akibatnya dia kena pukul masuk beberapa kali," tandasnya.

Melawan Kato, lanjut Chris, Daud harusnya bisa sedikit jaga jarak, tidak main terlalu dekat. Itu bisa membuat dia kena sundul oleh lawan yang berusaha sedikit curang.

"Dia fighter, tapi bolehlah sedikit berubah, untuk jadi bagian taktik dan strategi. Ini jadi pembelajaran dan evaluasi bagi Daud ke depan," tegas Chris. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Dua Jurus Yusril buat Lawan Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Niat pengacara kondang Profesor Yusril Ihza Mahendra untuk maju dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017 sudah bulat. 

Kini Yusril mengaku sedang menempuh dua cara agar bisa duduk sebagai calon, yang akan melawan Basuki T Purnama alias Ahok.

Ditemui di sela-sela syukuran ulang tahunnya ke 60 tahun di hotel Bidakara Jakarta, Sabtu (6/2), Yusril tak gentar meski Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpinnya tak masuk 10 besar. Sebab, selain lewat partai politik, ia juga menyiapkan jalur independen.

"Tidak masalah (partai kecil). Kami galang dukungan untuk mendapatkan sejuta tanda tangan. Sampai hari ini suara partai-partai bersaing, jadi tidak ada kekuatan yang signifikan. Insya Allah bisa," ujar Yusril.

Saat ditanya kepastian maju independen atau melalui parpol, ia menjawab dua-duanya karena cara itu dimungkinkan oleh sistem demokrasi yang dianut bangsa ini.

"Tapi lebuh dulu akan digarap dukungan partai dan sedang dikerjakan. Teman-teman juga negosiasi dengan partai-partai. Jadi dua cara itu akan ditempuh," tegas mantan Menteri Kehakiman itu. (fat/jpnn)


[Link to media]
Ini Dampak Jika Anak Terlambat Bicara-JPNN.com

Jangan anggap sepele jika anak terlambat bicara. Sebab, dampaknya tidak kecil. Anak yang mengalami keterlambatan bicara bisa terganggu kecerdasannya. Mengapa bisa demikian? Periode emas anak dimulai usia 0 (nol) bulan sampai dua tahun. Periode ini  merupakan periode sensitif. Apapun rangsangan yang diterima oleh anak akan cepat dicernanya.

Anak yang terlambat bicara akan mengalami keterlambatan pada  kemampuan perkembangan dasar seperti motorik kasar, motorik halus, sosial dan  kemandirian. ”Sampai akhirnya kepandaiannya juga terpengaruh sehingga anak akan menjadi bodoh,” kata dr Mira Irmawati SpA (K), Staf  Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Ada tiga faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan bicara. Pertama, telinga tidak dapat mendengar (tuli). Kedua saraf pendengaran yang ada di otak tidak dapat berfungsi dan ketiga kurangnya stimulasi dalam bentuk mengajak bicara dengan anak.

Dari tiga faktor tersebut sebanyak 10-15 persen keterlambatan bicara pada anak disebabkan oleh faktor nomor satu dan dua. Sedangkan sekitar 90% penyebab keterlambatan bicara pada anak disebabkan oleh faktor nomor tiga.

”Banyak ibu hamil yang rajin kontrol ke dokter. Bahkan dia juga sudah memilih rumah sakit untk bersalin. Tapi yang sering dilupakan setelah lahir, stimulasi apa yang mau diberikan kepada anaknya,” ujar Mira.

Kebersamaan

Yang parah, banyak ibu yang memberikannya gadget. Alasannya agar komunikasi bisa lebih praktis. Padahal gadget akan membuat kualitas dan frekuensi komunikasi antara anak dengan orang tua menjadi berkurang. Ini juga bisa menyebabkan anak mengalami keterlambatan bicara.

Sebenarnya yang dibutuhkan oleh seorang anak bukan gadget mainan yang mahal. Tapi yang mereka perlukan adalah bermain bersama orang tua.

Misalnya, pada saat anak melakukan kegiatan mencoret-coret, ia mengiginkan dikomentari oleh orang tuanya. Atau ketika anak melakukan sesuatu, ia ingin dipuji oleh orang tuanya. Bisa juga ketika anak meminta suatu barang yang diinginkanya, ada yang mengambilkan.

Selain itu yang menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan bicara adalah orang tua banyak memberikan tontonan televisi kepada anaknya.

Terlebih tayangan televisi yang diberikan kepada anak tidak sesuai dengan usianya. Contoh, anak usia antara satu sampai dua tahun diberi tontonan film berbahasa Inggris seperti High Five atau film kartun dengan gaya berbicaranya yang cepat seperti Ipin dan Upin.

Menurut Mira, tayangan yang seperti itu hanya akan membuat anak kebingungan. Pada akhirnya ini juga akan mengganggu kecerdasan anak. ”Anak membutuhkan pengulangan kata serta kasih sayang, dan itu hanya dapat diberikan oleh orang tua. Sementara televisi sifatnya pasif,” papar Mira.

Jangan Ditunda

Perlu diketahui, kemampuan bicara anak mengikuti bertambahnya usian. Pada umur satu tahun kemampuan bicaranya 25% dari orang dewasa. Dia hanya dapat mengucapkan satu hingga 5 kata.

Umur dua tahun kemampuan berbicaranya 50% dari orang dewasa, yang mampu mengucapkan dua kata yang berkaitan, seperti ’ayo pergi, ’ayo tidur’, mama papa dan lain-lain.

Umur 3 tahun kemampuan bicaranya 75% dari orang dewasa, dia dapat satu kalimat tapi belum lengkap. Umur 4 tahun kemampuan bicaranya 100% dari orang dewasa, sehingga dia dapat berbicara seperti orang dewasa.

Bila anak usia tiga bulan belum babbling (mengoceh). Maka orangtua harus curiga ada kemungkinan anaknya mengalami keterlambatan bicara. Jangan ditunda, segera bawa anak ke pusat layanan kesehatan.

Mira mengingatkan, kemampuan setiap orang berbeda-beda. Kalau periode sensitif anak bisa dikejar tidak masalah. Tapi jika periode sensitif tersebut tidak bisa dikejar. Maka biaya yang dikeluarkan orang tua untuk mengejar ketertinggalan tersebut sangat besar.  ”Anak juga mengalami kerugian, di mana kepintarannya tertinggal jauh dengan anak yang lainnya,” terang Mira. (nyata/pda)


[Link to media]
Di Depan JK, Yusril Tantang Ahok Satu Lawan Satu-JPNN.com

JAKARTA - Profesor Yusril Ihza Mahendra percaya diri bertarung dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017 mendatang. Bahkan, dia sudah mengirim tantangan kepada Ahok, sapaan Gubernur DKI Basuki T Purnama.

"Insya Allah, kalau sudah didukung tentu saya siap. Pertarungan satu lawan satu saya kira akan sangat menarik. Paling tidak persis seperti Pilpres antara Prabowo dengan Jokowi," kata Yusril, di sela-sela syukuran ulang tahunnya ke-60 di hotel Bidakara Jakarta, Sabtu (6/2).

Hadir dalam acara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Ketua MPR Zulkifli Hasan, mantan Ketua MK Jimmly Asshiddiqie dan Hamdan Zoelva, mantan Menkumham Amir Syamsuddin serta para tamu dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Jepang.

Kabar Yusril akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang sudah tersiar sekitar sepekan terakhir. Namanya muncul di tengah-tengah suksesi Ahok memimpin Jakarta kedua kalinya.

Pilkada DKI diprediksi akan menarik dan ramai. Pasalnya, kursi pemimpin Ibukota tidak hanya diincar warga DKI seperti mantan Menpora Adhiyaksa Dault dan Sandiaga Uno, tapi juga dari luar Jakarta.

Nama-nama yang sedang diincar partai-partai besar seperti Gerindra, Golkar dan PAN, antara lain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya. Belum lagi Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya yang mungkin diusung PDIP. (fat/jpnn)


[Link to media]
Saat Sun Go Kong Beraksi di Mal-JPNN.com

SURABAYA – Siapa yang tidak kenal Sun Go Kong? Kisah manusia monyet lincah yang tengah mencari kitab suci itu begitu familiar di kalangan anak-anak. Nah, bersama sahabatnya si Babi Ti Pat Kay, Wu Jing, dan Biksu Tong, Go Kong mulai kemarin siap menemui para penggemar di Supermal Pakuwon Indah Surabaya.

Tentu yang datang bukanlah karakter asli, melainkan tim akrobatik Teng Fei dari Shenzen, Tiongkok yang berubah wujud menjadi sosok tersebut. Kehebatan mereka berakrobat sungguh menarik perhatian. Bertajuk the Monkey King Journey, gelaran itu memadukan unsur seni bela diri dan opera.

”Mereka kami datangkan langsung dari Tiongkok untuk menghibur masyarakat Surabaya yang akan merayakan imlek,” kata promotions manager Supermal Pakuwon Indah, Yeni Chang.

Ratusan anak-anak yang menyaksikan show kemarin dibuat terperangah dan lantas bertepuk tangan saat Li Teng yang memerankan Sun Go Kong menampilkan gerakan-gerakan sulit. Sementara itu, penampilan Zhang Jin Hao yang baru berumur 10 tahun berhasil membuat gemas ibu-ibu pengunjung Supermal. 

Pertunjukan dimulai Selasa hingga Jumat setiap pukul 16.00. Show di atrium Supermal itu berlangsung hingga 14 Februari.
Untuk menghidupkan suasana Imlek dan latar belakang kisah Kera Sakti, Supermal mendirikan panggung utama yang menyerupai Kuil Chong Seng di Provinsi Yunan, Tiongkok. 

Pernik-pernik khas Imlek seperti lampion, bambu, mei hwa, dan aneka ornamen bertema monyet api juga bertebaran di sekitar panggung utama. Jajaran tenant yang menjajakan aneka kertas angpao cantik, hiasan rumah, dan cheongsam menambah kemeriahan Imlek di Supermal. (ila/c6/noe/pda) 


[Link to media]
Gara-gara Pelipis Bocor, Keinginan Daud Yordan Ditunda 4 Bulan-JPNN.com

JAKARTA - Kemenangan angka (technical) juara kelas ringan WBO Asia Pasifik, Daud Yordan atas petinju Jepang, Yoshitaka Kato, di Balai Sarbini, Jakarta Jumat (5/2) malam, menyisakan problem tersendiri buat Daud.

Ya, di laga itu, pelipis kiri Daud bocor. Akibatnya, petinju Indonesia berusia 28 tahun itu harus menunda keinginannya untuk segera naik ring lagi.

Menurut promotor Daud, Raja Sapta Oktohari, idealnya Daud harus istirahat panjang. Minimal empat bulan jeda agar kondisinya pulih dan luka di pelipis kirinya membaik.

"Saya harus melihat kondisinya. Jangan dipaksakan, nanti lukanya kebuka lagi. Saya maunya itu luka pulih 100 persen dulu," tegasnya saat ditemui usai duel.

Menurut Okto, luka Daud baru bisa sembuh antara tiga bulan. Jika ambil opsi tiga bulan naik ring, maka kemungkinan luka itu sobek kembali saat masa persiapan terbuka, karena ada sesi sparring.

"Kalau harus cepat bertanding, juga mengkhawatirkan. Lawannya selanjutnya pasti lebih berat, kalau belum seratus persen, kesundul dikit juga sobek lagi," tegas Okto.

Dengan perkiraan empat bulan paling cepat naik ring, maka kemungkinan ayah satu anak tersebut bertarung kembali baru dilakukan pada Juni mendatang. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Bawa Ganja, Kalung Polri dan Senpi, DP Ditangkap Polisi-JPNN.com

BANDUNG - Petualangan DP (33) berakhir. Tersangka pemakai dan pengedar ganja ini ditangkap Polda Jabar di Jalan Raya Jatinangor, Jumat (5/2).

Untuk sementara, DP diamankan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta. Tak hanya penggunaan narkoba jenis ganja, DP juga membawa beberapa atribut kepolisian. Salah satunya, pistol jenis power automatic buatan Belgia.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Sulistyo Pudjo Hartono mengungkapkan, pelaku bakal dijerat UUD Narkotika No.35 Tahun 2009, tentang narkotika dan UUD Darurat No.12 Tahun 51 tentang senjata api dan bahan peledak. 

"Di saat penyergapan, lanjut Pudjo, tersangka hanya menggunakan kalung Polri. Sisanya, atribut ditemukan di dalam tas yang ada di dalam mobil agent travel yang dia kendarai," kata Pudjo seperti dikutip dari Radar Bandung, Sabtu (6/2).

Pudjo masih belum bisa mengungkap asal muasal pistol yang dimiliki DP. "Pistol ini bukan buatan pabrikan, tapi sangat persis dengan asli. Bahkan bisa digunakan, kami sudah mencoba dan masih terus diselidiki," ucapnya. (cr2/adk/jpnn)


[Link to media]
Nama Jokowi Terseret dalam Sidang Kasus UPS-JPNN.com

JAKARTA - Kasus penyimpangan APBD-P Provinsi DKI Jakarta tahun 2014 bisa menjadi bola liar dan berpotensi memicu kegaduhan. 

Kesaksian Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Kamis (4/2), dalam perkara korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS), sempat menyebut nama Presiden Jokowi, yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Ahok sempat menyatakan Jokowi yang menandatangani Peraturan Daerah APBD-P 2014 nomor 19 tahun 2014," kata Ketua The President Watch, Nova Andika, Sabtu (6/2).

Meski di akhir persidangan, saat menyerahkan alat bukti di hadapan Hakim Tipikor, Ahok meralat ucapannya, penilaian publik bisa beragam. "Penyebutan itu di depan persidangan Tipikor lho, jadi tidak main-main, bukan hal sepele," katanya.

Dalam kasus UPS ini, Bareskrim Polri telah menetapkan empat tersangka yaitu Alex Usman, Zaenal Soleman, Fahmi Zulfikar dan M Firmansyah. Ada indikasi kerugian negara akibat mark up atau pengelembungan dana pengadaan UPS hingga Rp 50 miliar.

"Meski Ahok meralat pernyataannya tentang keterlibatan Jokowi, hakim bisa meminta keterangan Jokowi karena saat itu posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Majelis hakim Pengadilan Tipikor bisa saja menghadirkan Jokowi untuk dimintai keterangannya," imbuh Nova. (fas/jpnn)


[Link to media]
Bekas Anak Buah SBY Pimpin NasDem Jawa Barat-JPNN.com

BANDUNG - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Barat punya nakhoda baru. Politisi nasional, Saan Mustopa dipercaya menggantikan Eka Santosa.

Saan merupakan anggota DPR RI dua periode saat masih menjabat di DPP Demokrat, partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saan mengaku, sebelum resmi berbaju NasDem, dirinya sudah cukup lama mengikuti kegiatan partai besutan Surya Paloh itu. 

Tidak hanya mengunjungi NasDem di Jabar, Saan menyebutkan dia sudah sering hadir mengikuti agenda NasDem di Jawa Timur. "Keputusan berbaju NasDem semakin kuat setelah saya diusung di Pilkada Kabupaten Karawang kemarin. Saya semakin siap di NasDem," ujarnya seperti dikutip dari Radar Bandung, Sabtu (6/2).

Saan mengaku, dirinya memiliki tugas besar saat mengemban Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jabar ini. Selain meningkatkan soliditas partai, pihaknya pun diharapkan mampu meraih hasil sukses pada setiap ajang demokrasi yang akan diikuti. Mulai dari pemilihan kepala daerah 2017, 2018, hingga pemilihan legislatif dan presiden 2019.

"Apalagi Jabar ini strategis, barometer perpolitikan di tanah air. Nah, untuk pileg 2019, setiap dapil ditargetkan meraih kursi, itu untuk DPR RI dan DPRD Jabar. Bahkan, untuk dapil yang saat ini sudah meraih kursi, dilipatgandakan targetnya. Jadi yang asalnya satu, jadi dua kursi," bebernya.

Saan menegaskan, NasDem Jabar mengincar posisi pemenang pada Pileg 2019 di Jabar. "Setidaknya masuk tiga besar," kata Saan. (agp/adk/jpnn)


[Link to media]
B.J.Habibie: Saya Tidak Mau Kalah sama Jerman-JPNN.com

PRESIDEN Ke-3 RI B.J. Habibie selalu menekankan bahwa sumber daya manusia merupakan kunci kemajuan bangsa. 

Habibie sejak lama selalu mendorong diri sendiri sekeras-kerasnya untuk bisa menguasai ilmu pengetahuan di bidangnya. Dia tidak mau kalah oleh bangsa asing.

Kadang upaya tersebut menimbulkan efek samping. Misalnya, saat diberi tahu Dubes pada Desember 1993. Kala itu dia akan ditemui Dirut Pertamina Ibnu Sutowo. Namun, Habibie kebingungan. Tokoh asal Parepare, Sulsel, tersebut pun bertanya balik karena tidak kenal. Bahkan, dia menyebut ketika itu tidak paham apa itu Pertamina. 

Menurut dia, ketidaktahuannya tersebut bukan karena sombong, melainkan lebih pada tidak memiliki waktu. 

’’Saya tidak mau kalah sama Jerman. Jadi, tiap detik saya baca mengenai ilmu pengetahuan di bidang saya,’’ ujarnya saat berbicara di hadapan sejumlah kader Partai Golkar belum lama ini.

Karena itu, hingga saat ini, dia tetap bersemangat dan terus belajar. ’’Walaupun saya enam bulan lagi usianya 80 tahun, tapi jiwa juangnya tidak pernah pudar,’’ tegasnya.

Sebab, dia selalu yakin bahwa masa depan suatu bangsa di mana pun harus mengandalkan SDM yang terbarukan. (byu/c10/end)


[Link to media]
Kisah Istri Yang Dijual Suami Jadi PSK-JPNN.com

BANDAR LAMPUNG – Apes benar nasib IY. Wanita 22 tahun itu dijual sang suami BS sebagai pekerja seks komersil (PSK) di panti pijat plus-plus berkedok salon di Bandar Lampung.

IYA mengatakan, sang suami merupakan sopir angkot. Setahun terakhir, BS memberikan pekerjaan pada IY sebagai pemijat di panti pijat plus-plus. Di tempat itu, IY harus melayani syahwat pria hidung belang.

Sikap keterlaluan BS tak berhenti sampai di situ. Uang yang dibayarkan para tamu tak diberikan semuanya pada IY. Padahal, tiap kali kencan IY mendapat bayaran sebesar Rp 200 ribu-Rp 500 ribu.

"Hasilnya itu selalu dipotong untuk keperluan angkotnya," ujar IY sebagaimana dilansir dari Radar Lampung (Jawa Pos Group), Jumat (5/2). (nan/jos/jpnn)


[Link to media]
Distrik Trikora: Tak Ada Listrik, Tertutup Kabut, tapi Ada Bule Belanda-JPNN.com

DARI 40 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Jayawijaya, Trikora merupakan distrik terjauh dari Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Saking jauhnya, distrik yang berada di kaki Puncak Trikora (merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia/4.751 meter dari permukaan laut) itu merupakan satu-satunya distrik di Kabupaten Jayawijaya yang belum bisa dijangkau melalui jalan darat. Masih sangat terisolir.

Ahmad Buendy Ginting, Cenderawasih Pos

Satu-satunya sarana transportasi yang dapat digunakan untuk menjangkau distrik ini yaitu helikopter. Berbeda dengan distrik lain di Kabupaten Jayawijaya yang bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil seperti jenis Pilatus dan Karavan, Distrik Trikora belum bisa di-darati pesawat. 

Pasalnya dari 6 kampung yang ada di distrik yang berpenduduk sekitar 3062 jiwa ini, belum ada satu pun lapangan terbang. Untuk menjangkau Distrik Trikora, juga harus tergantung dengan kondisi cuaca dan waktu yang paling tepat untuk mengunjungi distrik ini yaitu pada pagi hari. Sebab menjelang siang sekitar pukul 11.00, wilayah Distrik Trikora sudah tertutup kabut sehingga tidak dapat lagi ditembus.

Dari Wamena ibukota Kabupaten Jayawijawa, penerbangan menggunakan helikopter membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Seperti saat Cenderawasih Pos mengikuti kunjungan kerja Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua, Kamis (4/2) kemarin, sekitar pukul 07.00 WIT.

Kunjungan ini dilakukan untuk mengecek kebenaran informasi tentang adanya wabah pertusis di Distrik Trikora seperti yang terjadi di Distrik Mbua Kabupaten Lanny Jaya. Selain itu, Wabup Jhon Banua juga ingin melihat langsung kondisi warga yang ada di Distrik Trikora serta menjemput tim dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya yang sudah satu bulan bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga di 6 kampung. 

Dua helikopter yang digunakan menuju Distrik Trikora harus melewati celah-celah gunung yang menjulang tinggi. Dalam perjalanan menuju Kampung Lembah Kora, Distrik Trikora yang akan dikunjungi, pemandangan salju abadi di Puncak Trikora bisa terlihat dengan jelas. 

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit, helikopter yang ditumpangi Wabup Jhon Banua dan Cenderawasih Pos mendarat dengan selamat. Tidak lama kemudian menyusul helikopter yang digunakan Kepala Distrik Trikora, Petrus Kibi yang membawa bantuan bahan makanan. 

Kedatangan rombongan Wabup Jhon Banua disambut sejumlah warga kampung. Tidak ada penyambutan seperti yang lazim dilakukan warga saat pejabat melakukan kunjungan. Pasalnya, sampai saat ini belum ada sarana komunikasi di distrik tersebut sehingga warga maupun aparat kampung setempat tidak mengetahui adanya kunjungan Wabup Jhon Banua.

Selain belum terjangkau sarana komunikasi, Distrik Trikora juga belum tersentuh dengan penerangan listrik. Hal ini yang membuat masyarakat di distrik ini benar-benar terisolir.

Meskipun terisolir dan tanpa adanya sarana komunikasi maupun listrik, namun di antara warga yang menyambut kedatangan rombongan terlihat sejumlah warga negara asing. 

Informasi yang diperoleh Cenderawasih Pos, warga negara asing tersebut berasal dari Belanda. Mereka terdiri dari 2 kepala keluarga yang masing-masing keluarga memiliki tiga orang anak. 

WNA Belanda ini menurut warga setempat sudah enam tahun menetap di Distrik Trikora untuk belajar bahasa daerah masyarakat di Distrik Trikora dan membuat tulisan tentang keseharian warga setempat.

Dari pantauan Cenderawasih Pos, kedua keluarga asal Belanda ini tidak canggung berbaur dan bercengkerama dengan warga. Bahkan anak-anak mereka juga terlihat asyik bermain dengan warga setempat. Bahkan anak-anak tersebut juga tidak risih menggendong balita yang tidak mengenakan pakaian. 

Kondisi topografi di Distrik Trikora memang sangat berat. Wilayahnya terdiri dari daerah pegunungan yang tinggi dan lembah yang sangat curam. Enam kampung yang ada di distrik ini juga dipisahkan oleh perbukitan. Masyarakat yang ingin berkunjung ke kampung lainnya, biasanya menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam berjalan kaki untuk bisa sampai di tujuan.

Topografi yang berat dan sulitnya transportasi menuju Distrik Trikora mengakibatkan distrik ini sangat jarang dikunjungi pejabat pemerintah. Hal ini diakui Kadistrik Trikora, Petrus Kibi yang merupakan putra asli Distrik Trikora. 

Sebagai putra asli Distrik Trikora, Petrus Kibi yang masih tinggal di honai berharap ada kunjungan rutin dari pejabat termasuk petugas kesehatan. “Tim medis harus bisa lebih rutin ke sini. Kami sangat berharap, setiap kampung ada petugas kesehatan dan tidak hanya terfokus di distrik saja,” ucapnya saat berbincang dengan Cenderawasih Pos. 

Masyarakat Distrik Trikora menurutnya memiliki kerinduan yang sangat besar untuk bisa terbebas dari keterisolasian sehingga mereka pun bisa maju seperti warga Indonesia lainnya. 

Petrus mengatakan, sarana dan prasarana di Distrik Trikora sangat terbatas. Selain belum ada sarana komunikasi, listrik dan lapangan terbang, Pemerintah Distrik Trikora juga belum memiliki kantor. “Distrik lainnya sudah punya kantor, tetapi kami di sini belum dan sampai saat ini saya sebagai kepala distrik masih tinggal di honai,” tuturnya. 

Oleh sebab itu, Petrus berharap pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Jayawijaya bisa melihat Distrik Trikora dan membuat program yang bisa membebaskan wilayah ini dari keterisolasian. 

“Kami di sini juga adalah warga negara Indonesia yang juga memiliki hak yang sama untuk diperhatikan dan ingin maju sama dengan saudara-saudara kami yang lain,” katanya. (ahmad buendy ginting/adk/jpnn)


[Link to media]
Hal Lain yang Menggembirakan-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, kondisi perekonomian sepanjang 2015 memang berat dan penuh tantangan.

Namun, Indonesia bisa melalui dengan cukup baik. ''Yang paling penting, pertumbuhan 2015 itu bottom out (titik paling rendah), jadi ke depan lebih baik,'' sebutnya, kemarin.

Hal menggembirakan lain, kata Sofyan, adalah sentimen positif yang makin kuat menempel di benak investor bahwa iklim investasi di Indonesia terus membaik.

Dia menyebut, deregulasi, perbaikan layanan perizinan, hingga insentif yang dikemas dalam paket kebijakan ekonomi, sudah mulai dirasakan manfaatnya.

''Sekarang, optimisme investor sangat tinggi,'' ujarnya. (owi/ken/sam/jpnn)


[Link to media]
Bintang Muenchen Mabuk-Mabukan-JPNN.com

MUENCHEN – Internal Bayern Muenchen sedang diterpa gosip miring. Itu terjadi setelah sang gelandang Arturo Vidal dikabarkan mabuk-mabukan saat Muenchen latihan di Qatar beberapa waktu lalu.

Laman SportBild menulis, Vidal kedapatan bersenang-senang selama di Qatar. Selepas berlatih, eks penggawa Juventus ini disebut-sebut pelesiran di sejumlah tempat hiburan.

Namun, wakil kapten Bayern Manuel Neuer memberikan pembelaan kepada Vidal. Neur menyebut kabar tersebut hanya isapan jempol belaka. "Jelas tak ada kaitannya sama sekali dengan performa tim. Kami tetap solid," ujar dia.

Mantan penjaga gawang Schalke itu mengaku tak terpengaruh soal desas-desus perangai Vidal. Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah tim meraih hasil maksimal di setiap laga.

"Sebesar apa pun tekanan dari luar, kekompakan kami di ruang ganti semakin solid. Mereka yang menjelekan kami cuma iri akan keberhasilan Munchen," pungkas dia. (mam/jos/jpnn)  


[Link to media]
Ryan D?Masiv Habiskan Miliaran Demi Hal Ini-JPNN.com

JAKARTA – Vokalis band D'Masiv Rian rela menghabiskan uang miliaran untuk memenuhi hobinya mengoleksi piringan hitam alias vinyl. Saat ini, dia sudah memiliki ribuan koleksi.

"Ya, sekitar semiliaran. Soalnya banyaknya lebih dari ribuan," kata Rian  saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (5/2).

Pencipta lagu Jangan Menyerah itu mengaku gemar mengoleksi vinyl dari lagu-lagu klasik. Beberapa di antaranya yakni The Beatles, Morrissey, Iwan Fals, Chrisye, Koes Plus, Dara Puspita dan lainnya.

Tentu tidak mudah mendapatkan barang-barang lama tersebut. Menurut Rian, butuh usaha mencari piringan hitam yang diinginkannya.

Tak sedikit penjual dan kolektor yang menjual barangnya pada Rian dengan harga mahal. "Gue pernah beli satunya Rp 6 juta," ucap Rian santai. (ded/jos/jpnn)


[Link to media]
Kabar Menyenangkan: Ekonomi Tahun Ini Mulai Cerah-JPNN.com

JAKARTA – Perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam empat tahun terakhir, diprediksi sudah mencapai titik nadir. Ekonomi Indonesia pun diproyeksi bakal masuk periode rebound atau naik kembali.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, tanda-tanda pembalikan arah ekonomi dari perlambatan menjadi percepatan, sebenarnya sudah mulai terlihat sejak triwulan III 2015 yang mencapai 4,74 persen, naik tipis dibanding kinerja triwulan II 2015 yang sebesar 4,66 persen. 

''Waktu itu masih sama-samar, baru sekarang kita yakin ekonomi benar-benar rebound,'' ujarnya kepada Jawa Pos saat ditemui di Kantor Presiden kemarin (5/2).

Menurut Darmin, realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan IV yang mencapai 5,04 persen merupakan sinyal kuat yang mengakhiri periode muram perlambatan ekonomi Indonesia. 

Apalagi, setelah pada triwulan I - III selalu tumbuh di bawah 5 persen, maka triwulan IV menjadi momentum bagi perekonomian Indonesia untuk kembali mengejar level di atas 5 persen. 

''Artinya, kita bisa optimistis kalau 2016 bakal lebih cerah,'' katanya. Sebagai gambaran, dalam APBN 2016, pemerintah menargetkan ekonomi mampu tumbuh 5,3 persen.

Darmin mengakui, secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi 2015 yang di level 4,79 persen, masih tipis di bawah target pemerintah 4,8 persen. Namun, dengan banyaknya tekanan eksternal maupun internal sepanjang 2015 lalu, realisasi tersebut patut disyukuri. ''Yaa not bad (lumayan, Red) lah, melesetnya kan sedikit sekali,'' ucapnya.

Menurut Darmin, realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2015 yang di atas 5 persen ditopang oleh beberapa faktor. Selain membaiknya belanja modal dan belanja barang pemerintah, dorongan juga berasal dari kinerja investasi atau penanaman modal tetap bruto (PMTB). ''Ini menunjukkan upaya perbaikan iklim investasi berhasil,'' ujarnya.

Untuk memanfaatkan momentum rebound, kata Darmin, pemerintah akan terus mendorong investasi melalui berbagai paket kebijakan ekonomi yang tengah disiapkan. 

Selain itu, belanja pemerintah juga akan didorong sejak awal tahun. Hal itu sudah mulai dijalankan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta beberapa kementerian lain yang sudah memulai proyek pada Januari. "Supaya (rebound) ini bisa diteruskan di triwulan I (2016),'' katanya. (owi/ken)


[Link to media]
Premium Rp 5 Ribuan per Liter jika...-JPNN.com

JAKARTA – Harga dua jenis BBM sudah diturunkan. Pertamax dari Rp 8.350 menjadi Rp 8.150 per liter dan pertalite yang sebelumnya Rp 7.800 sekarang Rp 7.600 per liter. 

Bagaimana dengan harga premium ke depan? Dirjen Migas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja belum bisa memastikan. 

Yang jelas, keputusan untuk mereview harga tiap tiga bulan tidak akan diubah. Namun, dia mengakui kalau harga minyak terus turun, potensi penurunan harga premium terbuka lebar.

’’Kalau harga saat ini turun, tiga bulan ke depan kita akan turun,’’ jelasnya. Seandainya pemerintah menerapkan perubahan harga secara harian, maka Wirat menyebut premium saat ini dibanderol Rp 5 ribuan. 

Namun, sistem review tiga bulanan membuat pemerintah harus menghitung dalam rentang lebih lama. (dim/sam/jpnn)

Jenis         Harga Lama     Harga Baru

Pertalite    Rp 7.800        Rp 7.600

Pertamax    Rp 8.350        Rp 8.150

Konsumsi bulanan

Jenis        Konsumsi bulanan

Pertalite    10,4 juta KL

Pertamax     31 juta KL 

Premium     130 juta KL

Sumber: Pertamina


[Link to media]
Harga Minyak Mentah Sudah Turun Segini-JPNN.com

JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru meminta pemerintah segera mengkaji kebijakan untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya, harga minyak mentah di pasaran internasional sudah semakin anjlok. Karena itu, sudah semestinya masyarakat di dalam negeri bisa ikut merasakannya.

Mengutip data dari Kementerian ESDM, Falah mengatakan bahwa harga minyak mentah Indonesia (ICP) pada Januari 2016 sebesar USD 27,49 per barel, atau turun USD 7,98 dibandingkan Desember 2015 yang mencapai USD 35,47 per barel. “Ketika harga sudah segitu maka pemerintah harus menyesuaikan dan menurunkan harga di pasaran,” ujarnya di Jakarta, Jumat (5/2).

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan, pemerintah bakal dipersoalkan jika tetap mempertahankan harga BBM ketika minyak mentah di pasar internasional anjlok. “Kalau enggak begitu pasti akan muncul pertanyaan kenapa harga minyak dunia sudah turun tetapi BBM tidak turun," tuturnya.

Merujuk pada Peraturan Menteri ESDM, maka evaluasi atas harga BBM bersubsidi baru dilakukan pada awal April yang akan datang. “Misalkan harga minyak dunia di level USD 30 per barel, tentunya (evaluasi, red) paling tidak April,” tegasnya. (ara/jos/jpnn)

 

 


[Link to media]
Kapan Harga Premium Turun Lagi?-JPNN.com

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM jenis pertamax dari Rp 8.350 menjadi Rp 8.150 per liter dan pertalite yang sebelumnya Rp 7.800 sekarang Rp 7.600 per liter. Harga baru berlaku sejak Jumat (5/2).

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, berdasarkan perkembangan harga memang sudah saatnya ada nilai baru terhadap dua bahan bakar itu. 

Namun, dia juga tidak mau menyebut kalau peluang premium akan turun. ’’Untuk premium sudah dinyatakan waktu evaluasinya 3 bulan,’’ katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan soal pertalite, saat ini penggunanya sudah mencapai 12 persen dari konsumsi premium nasional. 

Padahal, produk dengan oktan 90 itu baru berada di 2.138 SPBU. Sampai saat ini, total pengguna hariannya mencapai 3.400 kilo liter (KL) per hari.

’’Meski terus naik, bukan berarti Pertamina akan menghilangkan premium,’’ terangnya. Contoh yang lebih detil, Wianda menyebut di Jakarta. Penjualan di Ibu Kota melalui 265 SPBU dan setiap bulannya terjual 10,4 juta KL. 

Meningkatnya penggunaan pertalite, disebutnya menjadi tanda bahwa masyarakat makin paham soal BBM berkualitas.

BUMN energi itu memang ingin agar masyarakat beralih ke pertalite. Namun, produk yang baru diluncurkan pada Juni 2015 itu tidak diposisikan sebagai pengganti premium. Wianda menyebut, Pertamina ingin masyarakat pindah sendiri setelah mengetahui kualitasnya. (dim/sam/jpnn)

Jenis         Harga Lama     Harga Baru

Pertalite    Rp 7.800        Rp 7.600

Pertamax    Rp 8.350        Rp 8.150

Konsumsi bulanan

Jenis        Konsumsi bulanan

Pertalite    10,4 juta KL

Pertamax     31 juta KL 

Premium     130 juta KL

Sumber: Pertamina


[Link to media]
Wah, Model Cantik ini Tolak Bercinta dengan Personel One Direction-JPNN.com

AMERIKA--Model yang baru naik daun, Kendall Jenner menolak bercinta dengan personel One Direction,  Harry Styles. Jenner menolak bercinta sampai Styles bisa benar-benar berkomitmen dengannya.


Menurut orang dalam, bintang Keeping Up with the Kardashians tersebut menuntut Styles harus bisa membuktikan 100 persen berkomitmen sepenuhnya. Sementara itu, informasi dari majalah Life & Style, model berusia 20 tahun itu ingin Styles menjadi pacar yang setia.

" Dia mengatakan bahwa dia tidak akan menjadi wanita lain di atas tempat tidur Harry. Jadi dia tidak akan bercinta dengan Harry sampai ia bisa membuktikan komitmennya," kata sumber yang dekat dengan Jenner, seperti dilansir laman Aceshowbiz.


Jika Styles membuat satu kesalahan saja maka Jenner tidak akan ragu mendepaknya.(fny/jpnn).


[Link to media]
Inilah Harga Baru Dua Jenis BBM-JPNN.com

JAKARTA - Harga minyak dunia yang merosot tajam direspon PT Pertamina (Persero) dengan menurunkan harga dua bahan bakar minyak (BBM). Yakni, pertamax dari Rp 8.350 menjadi Rp 8.150 per liter dan pertalite yang sebelumnya Rp 7.800 sekarang Rp 7.600 per liter. Harga baru berlaku sejak Jumat (5/2).

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang saat dihubungi Jawa Pos mengatakan, harga baru berdasarkan rata-rata hitungan komponen dalam sebulan ini. Meliputi fluktuasi harga minyak dan juga nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). ’’Tapi, harganya kami evaluasi tiap dua minggu sekali,’’ katanya.

Berdasarkan chart harga minyak dari Nasdaq, selama sebulan ini harga minyak memang cenderung turun. Meski, beberapa kali rebound dengan nilai kenaikan yang tidak setajam penurunan. Jika pada awal Januari harga minyak dunia sempat USD 37 per barel, kemarin turun ke USD 31,61 per barel.

Meski demikian, direksi yang akrab disapa Abe itu belum bisa mengatakan apakah penurunan itu juga terjadi pada premium. Seperti diketahui, harga BBM dengan nilai oktan 88 itu akan ditentukan pada akhir Maret. Harga baru, direncanakan mulai berlaku pada 1 April.

’’Itu murni kebijakan pemerintah,’’ jawabnya. Dia meyakinkan kalau pemerintah bakal memberikan harga yang terbaik. Abe lantas mencontohkan saat harga minyak sempat memiliki kecenderungan naik. Namun, sampai periode tertentu pemerintah juga tidak gegabah dengan langsung menaikkan harga BBM.

Selain bahan bakar dari Pertamina, SPBU milik Shell juga memberikan respon yang sama atas merosotnya harga minyak dunia. Shell terlebih dahulu menurunkan produknya dengan rentan Rp 100 sampai Rp 300. Seperti Super yang menjadi Rp 8.250 per liter, V-power Rp 9.250 per liter, dan Diesel Rp 8.900per liter. (dim)

Jenis         Harga Lama     Harga Baru

Pertalite    Rp 7.800        Rp 7.600

Pertamax    Rp 8.350        Rp 8.150

Konsumsi bulanan

Jenis        Konsumsi bulanan

Pertalite    10,4 juta KL

Pertamax     31 juta KL 

Premium     130 juta KL

Sumber: Pertamina


[Link to media]
Ketika Titi Kamal Pilih jadi Istri Simpanan-JPNN.com

JAKARTA - Aktris Titi Kamal bermain dalam film Demi Cinta. Istri Christian Sugiono itu mengaku, mendapat tantangan baru ketika bermain dalam film itu. Di film Demi Cinta, Titi menjadi seorang istri mafia yang memiliki karakter agak tertekan dan misterius. Tak tanggung-tanggung ia berperan menjadi seorang istri simpanan.

"Ada sebuah situasi di mana dia (peran istri simpanan) harus merahasiakan sesuatu," kata Titi saat ditemui di MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (5/2).

Selain itu, Titi harus mengubah penampilannya. Ia membandingkannya dengan perannya sebagai Maura dalam film Ada Apa Dengan Cinta?. Ketika berperan sebagai Maura, sosok yang ditampilkan lebih ceria dan tidak ada beban. Namun dalam film ini, Titi harus meninggalkan karakter imut dan ceria.

 "Kalau‎ di sini aku lebih tertekan, misterius, lebih dewasa," ungkap perempuan kelahiran Jakarta, 7 Desember 1981 itu. (gil/jpnn)

 


[Link to media]

Hasil penelusuran 2/6 3:14pm. Terakhir update terdeteksi pada 2/6 3:14pm.  skor: 1012