Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Rodgers Tuntut Mignolet Tampil Oke

LIVERPOOL- Brendan Rodgers memberikan warning pada kiper Liverpool, Simon Mignolet. Pelatih asal Irlandia Utara itu meminta Mignolet segera tampil impresif bersama Liverpool.

Selama ini, penampilan Mignolet memang kerap menuai cibiran karena sering melakukan blunder. Terbaru, Mignolet melakukan kesalahan fatal ketika Liverpool ditahan imbang Lugodorets dengan skor 2-2 di Liga Champions 2014/2015.

Sebagai kiper, Anda harus bisa menghapus kesalahan itu. Gol merupakan hal mengecewakan bagi tim. Namun, kami harus menjaga kepercayaan dirinya tetap tinggi, terang Rodgers di Guardian, Kamis (27/11).

Warning Rodgers bakal terlihat ketika Liverpool menjamu Stoke City pada pekan ke-13 Premier League 2014/2015 di Anfield, Sabtu (29/11). Liverpool kini tengah memburu kemenangan pertama sepanjang November ini.

Hingga kini, Liverpool hanya bisa membukukan dua clean sheet dalam 19 pertandingan yang sudah dijalani. Kali terakhir clean sheet itu terjadi ketika Liverpool bersua Hull City pada 25 Oktober silam. (jos/jpnn)

Pollycarpus, Terpidana Kasus Munir Segera Hirup Udara Bebas

JAKARTA - Pollycarpus Budihari Prijanto, akan menghirup udara bebas sesaat lagi. Terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Indonesia, Munir Said Thalib (Cak Munir), itu mendapat pembebasan bersyarat terhitung Jumat (28/11).

Pollycarpus divonis sebagai eksekutor pembunuhan Munir Said Thalib pada 7 September 2004. Munir diracun saat dalam perjalanan dengan pesawat Garuda rute Jakarta-Singapura-Amsterdam. Tokoh aktivis yang sederhana itu wafat di Belanda.

Polly mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani delapan tahun masa hukuman dari vonis 14 tahun penjara. Vonis 14 tahun penjara itu diputuskan Mahkamah Agung (MA) setelah Pollycarpus mengajukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap kasus yang membelitnya pada tahun lalu.

Kini, ia mendapat surat pembebasan bersyarat dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pollycarpus selama ini ditahan sejak Juni 2008, di Lapas Sukamiskin Bandung. Hingga tengah hari tadi, suasana masih ramai terutama oleh para wartawan yang menanti momen pembebasannya. Seharusnya, Polly sudah bebas sejak tadi.

Terlihat aparat kepolisian berjaga, namun petugas polisi tidak mengaku bahwa keberadaannya untuk mengamankan pembebasan Polly.

Polly sempat divonis 20 tahun penjara potong masa tahanan oleh Mahkamah Agung pada Januari 2008. Dia menghuni LP Kelas I Sukamiskin, Bandung, sejak Mei 2008, setelah dua tahun sebelumnya menghuni Lapas Cipinang.

Namun, tahun lalu, MA mengabulkan permohonan peninjauan kembali Pollycarpus. Putusan PK mengubah hukuman buat Polly dari 20 tahun menjadi 14 tahun penjara.

Dia telah menerima remisi sedikitnya dua kali dalam tiap tahun. Dari catatan beberapa media, Polly sudah sebelas kali menerima remisi dengan total potongan masa tahanan 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan. (rmo/jpnn)

Impor Minyak Sonangol Diduga Cuma Kedok

JAKARTA - Pengamat ekonomi-politik dari Indonesia for Global Justice, Hendrajit mengatakan kerja sama impor minyak dari Sonangol EP yang didengungkan Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri BUMN Rini Soemarno semakin memperjelas adanya JK-connection.

Pasalnya, kerjasama Pertamina dan Sonangol yang awalnya disebut akan memberi low price 15 persen lebih rendah dari harga pasar minyak dunia, belakangan tidak terwujud.

Sonangol dilaporkan mengirim surat konfirmasi pada 20 November 2014 yang berjudul Counter To The Proposed Contractual Volume 2015 yang menyatakan, tidak memastikan ada diskon USD 15 perbarel dan memastikan tetap mengacu harga normal minyak dunia.

Diskon USD15/bbl intinya bukan di angka, ada satu kesepakatan yang justru melibatkan komprador Tiongkok di Indonesia, Surya Paloh. Ini juga berkaitan dengan Menteri BUMN dalam JK connection, ujar Hendrajit kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (29/11).

Sebenarnya, Hendrajit melanjutkan, ketika deal dengan Angola otomatis negeri ini juga telah deal dengan komprador Tiongkok. Jangan terkecoh dengan angkanya, tapi modusnya. Ini modus mereka, paparnya.

Hendrajit mengatakan Sonangol merupakan kongsi lama Surya Paloh. Pada 2009, Surya Energi dapat pinjaman modal dari China Sonangol International Holding Ltd. Anak usaha Sonangol EP tersebut menyuntikkan dana USD 200 juta ke Surya Energi untuk menggarap Blok Cepu.

Surya Energi sendiri adalah pemilik 75 persen saham PT Asri Darma Sejahtera. Sementara 25 persen saham perusahaan ini dikuasai oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Terpisah politikus Partai Golkar Mukhamad Misbakhun juga meminta pemerintah mengkaji ulang kerjasama tersebut. Menurutnya banyak negara yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan Angola.

G to G (goverment to goverment) ke timur tengah kan banyak, dari Iran banyak, kenapa kemudian gak tanya ke negara lain seperti Afrika selain Senangol. Kenapa harus dari Angola, ujarnya di Jakarta, Sabtu (28/11).

Misbakhun meminta Presiden Joko Widodo untuk transparan dalam menjalin kerjasama dengan Angola. Termasuk menyangkut pihak-pihak yang menghubungkan pembelian minyak tersebut.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, kerjasama antara pemerintah dan Senangol tersebut merupakan hasil sodoran Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh. Surya lantas mengajukan nama Sam Pa pengusaha Tiongkok yang memiliki saham 70 persen di China Sonangol.

Itu juga GtoG, seperti apa. Kalau GtoG kan harus pemerintah Angola dengan Indonesia. Operator lapangannya siapa, harus dibuka juga, ujarnya. (boy/dil/jpnn)

Masjid Agung Dibom saat Salat Jumat, Ratusan Tewas

SEDIKITNYA 120 orang tewas dan 270 lainnya mengalami luka-luka dalam serangan di sebuah masjid di Nigeria, Jumat (28/11).

Insiden yang terjadi di Masjid Agung Kano itu terjadi saat salat Jumat berlangsung.

Masjid ini terletak di istana Emir (penguasa) Kano, Muhammad Sanusi II, ulama kedua Muslim paling senior di Nigeria, yang pekan lalu mendesak warga sipil untuk mengangkat senjata melawan Boko Haram.

Juru bicara Kepolisian Nasional Nigeria, Emmanuel Ojukwu, kepada AFP, mengungkapkan penyerang terdiri dari dua pengebom bunuh diri dan beberapa pria bersenjata.

Dua pengebom meledakkan diri secara berurutan, kemudian pria bersenjata menembaki mereka (jamaah salat Jumat) yang berusaha melarikan diri, kata Ojukwu.

Ia menambahkan, massa yang marah kemudian menangkap empat pria bersenjata dan membakarnya hingga tewas. (rmo/jpnn)

Bawang Putih Naik Rp 1000, Bawang Merah Turun 3000

DEPOK - Harga bawang putih beberapa hari terakhir di pasar trandisional mengalami kenaikan meski tipis yakni Rp 1000 per kilo. Saat ini harga jualnya Rp 12.500 per kilo.

Sedangkan harga bawang merah mengalami penurunan sebesar Rp 3000. Jika sebelumnya dijual Rp 17 ribu per kilo, sekarang Rp 14 ribu.

Menurut Mpok Yati, pedagang bawang merah dan putih di Pasar Kemiri, Depok, penurunan harga bawang merah karena pasokannya banyak. Bawang putih juga pasokannya cukup, namun oleh pedagang dinaikkan Rp 1000.

Menurut suplier bawang merah, stoknya banyak. Kan aneh ya, saudara saya di Brebes bilang mereka gagal panen karena musim hujan. Mungkin ini bawang impor ya karena rasanya beda dengan bawang Brebes, tutur perempuan berperawakan sedang ini.

Turunnya harga bawang merah ini membuat para ibu rumah tangga gembira. Sebab masakan akan tambah enak rasanya kalau dibanyakin bawang merahnya.

Mumpung lagi turun, saya beli banyak sekalian. Bawang merah kan awet, jadi bisa buat stok di rumah, kata Gita, ibu satu putra ini tersenyum simpul. (esy/jpnn)

Siemens Rayakan HUT Pabrik Cilegon yang Ke-25

CILEGON - Di usianya yang sudah 25 tahun, Pabrik Siemens Cilegon berjanji akan terus meningkatkan produktivitas dalam industri manufaktur lokal di tanah air. Pabrik Siemens Cilegon memproduksi kondensator besar dan bagian komponen lain yang siap dipasang pada turbin gas serta uap.

Pada tahun 2007 silam, kondensator terbesar di dunia untuk pembangkit listrik di Finlandia diciptakan di pabrik ini. Perakitan komponen yang kompleks dan berkualitas tinggi tersebut dapat terwujud dengan adanya para pekerja yang andal. Untuk menghasilkan tenaga kerja yang mumpuni, Pabrik Siemens Cilegon akan mengadakan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Pusat pelatihan yang baru diresmikan ini rencananya sudah beroperasi mulai tanggal 1 Desember 2014 mendatang. Fasilitas tersebut didukung sebuah konsep pelatihan komprehensif dan terencana dalam bidang keahlian seperti bidang permesinan, LEAN production, dan manajemen proyek untuk mengembangkan keterampilan tenaga kerja, sehingga mampu memberi nilai tambah bagi industri manufaktur Indonesia.

Pabrik Siemens Cilegon memanfaatkan momen perayaan ulang tahun ke-25 ini untuk peresmian Pusat Pelatihan Teknologi Pengelasan dan Uji Non-Destruktif (Welding Technology and Non-Destructive Test Training Center). tutur Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia, Josef Winter, Jumat (28/11).

Komitmen Siemens dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia ini bukanlah hal baru. Tahun lalu, Siemens Indonesia telah menyumbangkan peralatan pelatihan untuk Laboratorium Kelistrikan dan Bengkel Mekanik milik Krakatau di Cilegon, Banten. Kerjasama dengan perguruan tinggi itu hingga kini masih terus terpelihara.

Pabrik Siemens Cilegon memfasilitasi program magang dan pelatihan mahasiswa Politeknik Krakatau. Bahkan, pengerjaan pesanan bagian komponen kecil turbin uap pun sudah dipercayakan dalam kerjasama dengan Politeknik Krakatau.

Investasi jangka panjang Siemens ditanamkan di berbagai area strategis seperti permesinan dan kompetensi pekerja. Hal tersebut, merupakan peran kunci Pabrik Cilegon untuk memproduksi dan memasok kondensator besar serta bagian komponen lain untuk turbin gas dan uap ke seluruh dunia.

Saat ini, Pabrik Siemens Cilegon sedang mengerjakan Turbin Zero, sebuah kondensator tubrin uap untuk sebuah proyek berskala international di Arab Saudi. Sedangkan untuk pasar domestik, dirakit empat unit turbin uap berkapasitas 8,5 MW untuk Proyek PLN di Timika, Papua.

Pabrik Siemens Cilegon juga akan memperluas portofolio produknya dengan pembuatan turbin uap kecil untuk mendukung program peningkatan daya listrik pemerintah Indonesia. (mg2/jpnn)

Jokowi Ingin Pertamina jadi Perusahaan Energi Terbesar di Asia

JAKARTA - Penunjukan Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama Pertamina oleh pemerintah mengundang beragam tanggapan. Mayoritas, berbagai kalangan meragukan mantan bos Semen Indonesia itu sukses memimpin Perusahaan Berminyak berprestasi dan menjauh dari konflik kepentingan.

Namun usai hujan kritikan buat Dwi, termasuk aksi penolakan warga di Rembang, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo kembali memberikan dukungan.

Pertamina adalah BUMN terbesar di Indonesia, perusahaan yang awalnya didirikan pada masa Pemerintahan Bung Karno pada tahun 1957 dengan nama PT Permina (Perusahaan Minyak Negara). Impian terbesar Bung Karno saat itu menjadikan Permina sebagai Perusahaan Minyak Terbesar di Asia bahkan menjadi pemain besar di dunia, tulis Jokowi membuka curahan dukungannya di laman facebooknya, sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (29/11).

Jokowi menuliskan, impian Bung Karno itu akhirnya kandas karena perkembangan politik pada saat itu yang tak lepas dari dialektika dan dinamika geopolitik internasional.

Lika liku sejarah Pertamina sendiri seolah serupa dengan sejarah bangsa ini, ada masa jatuhnya, ada masa bangunnya. Kini Pertamina menjadi perusahaan terbaik dunia ke-122 dari 500 perusahaan besar dunia, tentunya kita ingin lebih dari itu, tandasnya.

Jokowi menilai, dengan sumber daya manusia Indonesia yang sudah kampiun cerdasnya, dengan mengembangkan inovasi-inovasi baru, maka Pertamina harus ngebut untuk menjadi perusahaan minyak terbesar di Asia, setidak-tidaknya di Asia Tenggara.

Penunjukkan Bapak Dwi Sutjipto sebagai Dirut Pertamina melalui Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno, tentunya mengandung harapan besar membawa Pertamina bukan hanya revitalisasi atas manajemen yang runtut, tapi juga bagaimana membawa Pertamina meloncat jauh ke depan menjadi Perusahaan energi terbesar di Asia, pangkas Jokowi. (adk/jpnn)

Mourinho Sewot Chelsea Dihubungkan dengan Messi

LONDON - Arsitek Tim Chelsea, Jose Mourinho membantah rumor ketertarikan timnya terhadap superstar Barcelona Lionel Messi, saat menggelar konferensi pers jelang laga tandang ke markas Sunderland, Minggu (30/11).

Jelas itu tdak benar, tegas Mourinho, seperti dikutip dari Marca, Sabtu (29/11)

Pelatih berkebangsaan Portugal itu juga heran dengan pemberitaan media yang berani mengkaitkan Messi dengan Chelsea.

Dunia media berubah begitu banyak, namun dunia sepakbola juga berubah. Dan saya pikir, pada saat ini, itu sangat mudah, sangat mudah untuk memiliki berita yang tak benar, tandasnya.

Mou mengatakan, dalam industri sepakbola saat ini sangat mudah membuat berita bahkan tanpa harus mengkonfirmasi atas rumor yang beredar.

Namun jelas (soal Messi) itu tidak benar. Jelas itu tidak benar, tegasnya. (adk/jpnn)

Fadli Zon Sesalkan Larangan Menteri Rapat Dengan DPR

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon masih menyayangkan larangan para menteri Kabinet Kerja untuk menghadiri rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Larangan itu diklaim pihak eksekutif dikeluarkan karena melihat tidak kondusifnya suasana parlemen setelah perseteruan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP).

Soal larangan menteri ke DPR itu tidak boleh, kata Fadli dalam diskusi Wajah Politik Kita di Cikini, Jakarta, Sabtu (29/11).

Pria yang juga menjadi Wakil Ketua DPR itu menambahkan DPR memiliki hak mengundang para menteri untuk mengikuti rapat dengan anggota dewan.

Itu hak DPR mengundang dan minta penjelasan. Itu dijamin (undang-undang), ucap Fadli.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo melarang menteri dan jajarannya untuk menghadiri undangan rapat dari DPR. Perintah ini dituangkan dalam surat edaran bernomor SE-12/Seskab/XI/2014 bertanggal 4 November 2014.

Surat tersebut ditandatangani Seskab Andi Widjajanto dan ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan, Kepala BIN, dan Plt Jaksa Agung.

Andi membenarkan adanya surat edaran tersebut. Menurut dia, surat itu akan berlaku sampai revisi Undang-Undang MD3 selesai dibahas DPR. (gil/jpnn)

Obama: Saya Mencintai Meryl Streep

BARACK Obama ternyata bukan sekadar presiden Amerika Serikat. Ia sepertinya juga presiden dari fans klub Meryl Streep. Demikian kutipan berita dari Vanity Fair, saat sang presiden mempersembahkan medali Presidential Medal of Freedom bagi sang artis peraih Oscar itu beberapa hari yang lalu.

Saya mencintai Meryl Streep. Suaminya tahu saya cinta padanya. Michelle tahu saya cinta padanya. Mereka tak bisa mencegahnya, kata Obama di Gedung Putih saat memberikan medali penghargaan tertinggi bagi warga sipil AS.

Obama memuji habis sang artis. Dia telah melakukan segalanya untuk bidangnya, puji Obama. Dia bahkan menyanyi lagu ABBA, kata Obama lagi mengacu ke film Mamma Mia! yang dibintangi Meryl Streep pada 2008.

Selain Meryl Streep, penerima Presidential Medal of Freedom tahun ini adalah musisi Stevie Wonder, Ethel Kennedy, janda Senator Robert F. Kennedy dan jurnalis kawakan Tom Brokaw. Meryl Streep sering disebut sebagai salah satu artis terbaik sepanjang masa. Ia sudah mengoleksi tiga piala Oscar berkat aktingnya di Kramer Vs Kramer, Sophies Choice, dan The Iron Lady.

Streep, wanita berdarah Jerman, Swiss dan Inggris berusia 65 tahun ini merupakan putri pasangan eksekutif perusahaan farmasi, Harry William Streep, Jr., dan bintang iklan sekaligus mantan editor bidang seni, Mary Wolf Wilkinson.

Di kehidupan pribadi, Streep adalah sosok perempuan yang selalu bersikap santai dan perhatian. Adapun Streep pernah bertunangan dengan aktor film The Godfather (1974), John Cazale. Sayangnya hubungan asmara tersebut harus kandas ketika Cazale meninggal karena kanker pada Maret 1978.

Beberapa bulan kemudian Streep menikah dengan seorang pemahat, Don Gummer, pada 15 September 1978. Dari pernikahan yang kini telah berusia 31 tahun tersebut mereka dikarunai empat anak yakni Mamie Gummer, Henry Wolfe, Grace Gummer dan Louisa Jacobson.(rmo/jpnn)

Fadli Zon Sarankan Jokowi Siapkan Skema Reshuffle Kabinet

JAKARTA - Presiden Joko Widodo disarankan untuk mempersiapkan skema reshuffle terhadap jajaran menteri di Kabinet Kerja. Hal ini penting untuk memastikan menteri yang benar-benar bekerja atau sekadar pencitraan.

Presiden sebaiknya memiliki rencana reshuffle dalam tiga hingga enam bulan, kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dalam diskusi Wajah Politik Kita di Cikini, Jakarta, Sabtu (29/11).

Fadli mencontohkan sosok Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang pernah diberitakan melompati pagar ketika melakukan inspeksi mendadak di tempat penampungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal. Menurutnya, Hanif harus lebih fokus agar TKI bisa mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, Fadli juga mencontohkan dari sisi Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. Dia menyatakan, Menhan harus bisa mencari cara untuk mengatasi persoalan antara TNI-Polri.

Kalau prioritasnya tidak tahu apa yang mau diselesaikan, akhirnya pencitraan saja, tandas Fadli. (gil/jpnn)

Hattrick Vela Beri Kemenangan Pertama buat Moyes

SAN SEBASTIAN - Sosok Carlos Vela sepertinya bakal sulit dilupakan David Moyes. Gara-gara striker berkebangsaan Meksiko itu, Moyes mendapatkan kemenangan pertamanya sebagai pelatih Real Sociedad.

Dalam laga kontra, Elche di Stadion Anoeta, San Sebastian, Sabtu (29/11) dini hari, Vela layak mendapat bintang. Hattrick-nya membuat Sociedad menang 3-0.

Mantan bomber Arsenal itu membuka keran gol di menit ketiga lewat sebuah heading terukut. Gol kedua kemudian dibukukan pada menit ke-31. Vela menyambut umpan panjang dari Xabi Prieto, dibayangi dua bek lawan dia masih menang sprint. Saat menghadapi antisipasi kiper tamu, Vela masih tenang. Satu pergerakan membuat dia punya ruang melepaskan tembakan kuat dari kaki kirinya. Dan, gol! Skor 2-0 hingga turun minum.

Vela mencatatkan gol ketiganya di menit 53 dengan bantuan defleksi kaki bek lawan. Moyes pantas senang, sebab dalam dua laga awalnya, dia meraup empat poin hasil sekali imbang dan sekali menang. (adk/jpnn)

Tahun Depan, Dilarang Merokok di Beijing

BEIJING - Perokok di Beijing bakal terkekang. Pemerintah setempat akan mengeluarkan larangan merokok di dalam gedung yang merupakan ruang publik

Dalam sebuah laporan media pemerintah yang dilansir BBC, Sabtu (29/11), kebijakan larangan merokok ini juga akan berimbas kuat terhadap iklan promosi rokok. Menyusul kebijakan itu, ikaln rokok tidak boleh lagi terpampang di transportasi publik, film, majalah bahkan di koran.

Dalam sebuah pendataan baru-baru ini, jumlah perokok di Tiongkok mencapai 300 juta orang. Sebelumnya, upaya untuk melarang kebiasaan merokok berakhir dengan kegagalan.

Peraturan larangan merokok akan mulai diterapkan pada Juni tahun depan, dimulai di ibukota Tiongkok (Beijing), ujar pernyataan pemerintah.

Nantinya, pelan namun pasti kebijakan ini akan diterapkan di seluruh negara yang berpenduduk lebih kurang 1,3 trilliun jiwa tersebut. Dalam usulan peraturan itu, merokok akan dilarang di bis, tempat kerja atau di ruang terbuka yang berada di dekat gedung sekolah atau rumah sakit.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Tiongkok sudah menerbitkan aturan larangan merokok di ruang publik seperti hotel dan restoran pada 2011. (adk/jpnn)

Pengamat Prediksi Menkumham Tolak Pendaftaran Djan Faridz

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM diprediksi tidak akan mengeluarkan surat keputusan terkait susunan kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang didaftarkan kubu Djan Faridz.

Sebab, penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tanggal 6 November 2014 terhadap perkara nomor 217/G/2014/PTUN-JKT yang diajukan Suryadharma Ali dan Gojali Harahap, justru menyebabkan PPP pimpinan Djan Faridz tidak punya kekuatan hukum.

Dalam amar penetapan nomor 3, disebutkan bahwa tergugat (Menkumham) dilarang menerbitkan surat-surat keputusan TUN yang baru mengenai hal yang sama, sampai dengan adanya islah diantara par elite PPP yang bersengketa.

Menurut pengamat hukum tata negara Refly Harun, PTUN memerintahkan Menkumham untuk menunda pelaksanaan SK kubu Romahurmuziy. Namun, kata Refly, semua keputusan berada di tangan Menkumham, apakah mau mencabut atau tidak.

Dia mengatakan, kalau Menkumham mencabut SK tersebut maka PPP terjadi kekosongan kepengurusan. Kalau Menkumham tidak mau mencabut maka Rommy yang sah jadi ketum PPP. Prediksi saya Menkumham tidak akan mencabut SK tersebut atas nama kepastian hukum, kata Refly Harun dalam keterangan yang diterima.

Oleh sebab itu, Refly menyatakan langkah yang dilakukan Djan Faridz tidak sah karena keputusan kepengurusan PPP sudah didapatkan oleh PPP kubu Rommy.

Karena masih dalam sengketa di PTUN, maka Menkumham tidak boleh mengesahkan pengajuan kepengurusan Djan Faridz.

Jangan sampai Menkumhan mengesahkan kepengurusan Djan Faridz, kecuali nanti gugatan mereka diterima PTUN dan berkekuatan hukum tetap. Untuk sementara ini sebelum Menkumham mencabut SK Rommy, maka ketum PPP yang sah adalah Rommy, papar Refly. (boy/jpnn)

Menkumham Minta Agung Cs Tuntaskan Masalah di Internal Partai

BOGOR - Menkumham Yasonna Laoly menyatakan, pihaknya telah menjawab surat yang dikirimkan oleh Ketua Presidium Penyelamat Partai Golkar Agung Laksono terkait masalah internal partai itu. Dalam hal ini, kata dia, kementerian hanya menyarankan Golkar menyelesaikan masalah di internalnya sendiri.

Saya sudah kasih arahan dan akan dibawa ke Golkar. Intinya, kita menyerahkan mekanisme penyelesaiannya ke partai sesuai dengan AD/ART, ujar Yasonna di Bogor, Jumat malam, (28/11).

Menurut Menkumham, kasus Golkar berbeda dengan PPP. Di partai berlambang kakbah itu kasus diajukan setelah ada muktamar. Sedang Golkar belum mengadakan Munas.

Dalam hal ini Yasonna menegaskan bahwa bukan berarti kementeriannya menolak surat yang diajukan Agung. Pemerintah, kata dia, mempersilakan Agung cs menyelesaikan di internalnya terlebih dahulu.

Golkar kan partai besar, mereka punya pengalaman yang panjang lah dalam menyelesaikan konflik-konflik seperti ini. Kami tidak mau intervensi lebih dalam, sambung Yasonna.

Saat ini, tutur Yasonna, kementeriannya menunggu hasil Munas Golkar terlebih dahulu. Pihaknya, tutur Yasonna, tidak bisa sembarangan memutuskan nasib masalah internal parpol.

Pertentangan kan pasti ada, tidak ada yang sempurna, sama dengan PPP. Tapi kalau sudah memenuhi AD/ART sah, tidak ada ketentuan perundang-undangan yang dilanggar yah itu kuncinya, kita pasti pada azas kepastian hukum supaya nanti kita tidak dituduh berpihak, tandas Yasonna. (flo/jpnn)

Said Aqil Bakal Dikukuhkan sebagai Profesor Tasawuf

SURABAYA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, hari ini Sabtu (29/11), dikukuhkan sebagai Guru Besar (profesor) di bidang ilmu tasawuf di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur.

Pak Said akan dikukuhkan sebagai Profesor ke 47 di lingkungan UIN Sunan Ampel, kata Rektor UIN Sunan Ampel, Surabaya, Abdul Ala di Surabaya.

Ala menyebutkan, prosesi pengukuhan akan dilangsungkan dalam sidang senat terbuka yang dihadiri oleh seluruh anggota senat UIN Sunan Ampel. Untuk profesor di bidang tasawuf, Pak Said ini menjadi orang ke delapan di Indonesia, tambahnya.

Dalam pengukuhan sebagai guru besar ini Kiai Said akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Tasawuf sebagai Revolusi Spiritual dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Tentang pilihan makalahnya, Kiai yang menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 di Arab Saudi tersebut menjelaskan, tasawuf memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era globalisasi saat ini.

Jika dulu masyarakat melihat materi hanya sebagai pelengkap, saat ini tidak. Masyarakat di era globalisasi ini lebih materialistik karena materi dunia telah mempengaruhi pola berfikirnya, urai Kiai Said.

Melalui pemikiran tasawuf sebagai revolusi spiritual ini, Kiai Said berharap mampu mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat. Sebelum semua ini kebablasan, saya ingin menawarkan pemikiran tasawuf sebagai revolusi spiritual, tuntasnya.

Prosesi pengukuhan guru besar ini akan dilangsungkan di Auditorium Kampus UIN Sunan Ampel, Surabaya, dengan total tamu undangan mencapai 1000 orang. Di antara tamu undangan tersebut adalah menteri di Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi - JK, antara lain M. Nasir, Marwan Jafar, Khofifah Indar Parawansa, dan Imam Nahrawi.

Acara ini juga akan dihadiri mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, serta sejumlah pejabat tinggi negara, tokoh nasional, dan perwakilan kelompok usaha. (fat/jpnn)

Usulkan BKKBN Jadi Badan Khusus

BOGOR - Undang UndangNomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang disahkan pada 26 September 2014 lalu memberikan harapan baru bagi petugas dan penyuluh klapangan eluarga berencana (PLKB). Pasalnya, UU itu mengatur tunjangan bagi penyuluh KB yang selama ini hanya diatur dengan peraturan presiden (perpres).

Namun demikian, para PLKB yang berada di bawah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perlu diperkuat lagi. Caranya adalah dengan menguatkan posisi BKKBN.

Menurut anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, penguatan BKKBN harus dilakukan jika ingin ada perubahan penuh. Karena sebagai badan yang mengurusi kependudukan secara nasional, peran BKKBN sangat penting. Apalagi BKKBN memiliki sistem pendataan sistem by name by address, kata Rieke melalui keterangan pers pada wartawan, Sabtu, (29/11).

Dengan sistem tersebut, lanjut Rieke, BKKBN memiliki basis data yang lebih akurat, sehingga pemerintah memiliki rujukan yang lebih baik dalam mendata keluarga yang mampu atau tidak mampu. Sementara selama ini persepsi publik terhadap BKKBN hanya masalah kontrasepsi saja.

Sesungguhnya peran BKKBN tidak hanya itu saja. BKKBN memiliki sistem pendataan by name by address, dengan sistem tersebut harusnya pemerintah dengan BKKBN segera mendefinisikan keluarga dari miskin dan keluarga sejahtera, sambung Rieke.

Karenanya, politikus PDIP itu mendukung penguatan BKKBN sekaligus memperjuangkan nasib PLKB agar menjadi PNS. Pasalnya, dari 23 ribu anggota PLKB, hanya 16 ribu yang sudah berstatus PNS.

Rieke menuturkan, masih banyak PLKB yang digaji di bawah UMK. Sementara kerja mereka harus harus masuk ke desa-desa, bahkan harus ada yang nyeberang pulau, tutur Rieke.(flo/jpnn)

Ahok Minta Harga Tiket Masuk Ancol Dikaji Ulang

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyayangkan sikap pengelola tempat hiburan Taman Impian Jaya Ancol yang menaikkan harga jual tiket masuk.

Menurutnya, kebijakan itu harus dikaji mendalam lantaran PT. Pembangunan Jaya Ancol selaku pengelola merupakan badan usaha milik pemerintah daerah.

Soal itu harus dikaji lagi. Bagaimanapun juga Ancol itu BUMD DKI, kata Ahok kepada wartawan di Gedung Balai Kota, Jumat (28/11).

Rencananya, Pemprov DKI akan kembali memberikan suntikan dana berupa penyertaan modal pemerintah (PMP) sebesar Rp 500 miliar tahun 2015 nanti.

Kebijakan menaikkan harga tiket masuk juga patut dipertanyakan, mengingat di tahun 2014 ini Ancol telah memperoleh PMP sebesar Rp 130 miliar.

Diketahui, saat ini tiket masuk Ancol sebesar Rp 25 ribu per orang. Sementara, untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 20 ribu, dan roda dua Rp 15 ribu. (rmo/jpnn)

Thierry Henry Ingin Pulang ke Arsenal

LONDON - Thierry Henry ingin kembali ke Arsenal. Pemain berkebangsaan Prancis yang sudah menjadi legenda di tim berjuluk The Gunners itu mengatakan, ingin membantu Arsenal meraih gelar Liga Champions.

Namun, rencana Henry kembali ini bukan lagi sebagai pemain. Saya belum mengambil keputusan atau ingin cepat berspekulasi. Namun jika saya pensiun (sebagai pemain) nanti, saya ingin membantu Arsenal mendapatkan gelar Liga Champions yang tidak saya berikan ketika saya menjadi pemain di sana, ucap Henry seperti dilansir LEquipe, Sabtu (29/11).

Pemain berusia 37 tahun itu kini masih terikat kontrak dengan Red Bulls New York hingga Januari nanti. Satu hal yang pasti, saya akan tetap tinggal di sepakbola, untuk menjadi pelatih atau konsultan, ujarnya.

Hingga saat ini, Henry adalah pemegang rekor pencetak gol terbanyak untuk Arsenal. Saya masih ingin membantu klub saya. Ya Arsenal klub saya, pungkasnya. (adk/jpnn)

Van Gaal Tidak Jamin Satu Tempat buat Persie

MANCHESTER - Juru Strategi Manchester United, Louis Van Gaal memberi peringatan kepada Robin Van Persie. Ditegaskan Van Gaal, tidak ada jaminan buat Persie selalu mendapat tempat di starting eleven meskipun pemain Belanda itu fit.

Mantan bintang Arsenal itu memang berjuang mendapatkan satu posisi di lini depan MU, menyusul persaingan dengan striker pinjaman, Radamel Falcao. Sementara satu tempat lain di lini depan, bisa dipastikan untuk Wayne Rooney.

Setiap pemain harus berjuang mendapatkan tempat di tim. Belum ada jaminan buat dia (Persie) mendapat tempat, ujar Van Gaal, seperti dilansir Sports Mole, Sabtu (29/11).

Pekan ini, MU akan menjamu Hull City di Old Trafford, Sabtu (29/11) malam. Hingga pekan ke-12 Premier League, tim Setan Merah duduk di peringkat 4 klasemen.

Di dalam tim ada persaingan, juga kebutuhan tim. Jadi kewajiban semua pemain untuk melakukan tugasnya, pungkas Van Gaal. (adk/jpnn)

Susi Terus Menangis...

SIMALUNGUN - Muhammad Arif Hermawan (17) dan Agus Prianto (21) dipukul di bagian kepala hingga tersungkur. Lalu, Agus diseret sejauh dua meter. Esok paginya, Arif dan Agus ditemukan warga tergeletak di pinggir jalan. Agus sekarat, sementara Arif sudah tak bernyawa.
------------
SAWALUDDIN- SIMALUNGUN
------------
Jumat (28/11) pagi, beberapa personel Polres Simalungun tampak sibuk kesana-kemari. Mereka hendak mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menggelar rekonstruksi. Warga tampak berangsur-angsur memenuhi halaman Mapolres Simalungun di Pamatangraya.

Dan, sekira pukul 10.00 WIB, puluhan warga, polisi, jaksa serta tersangka dan korban pembantaian tampak berkumpul di halaman Mapolres, pertanda akan dimulainya rekonstruksi pembantaian yang menewaskan Muhammad Arif Hermawan. Mendung pagi itu terasa menyatu dengan suasana duka saat digelarnya rekonstruksi.

Sejak rekonstruksi dimulai, Susi Sujiyanti (16), kekasih almarhum Arif, paling menarik perhatian. Dia terus merekam dengan telepon genggamnya, bagaimana pacarnya dibunuh. Selama merekam, air matanya tak henti bercucuran.

Tampak beberapa kali dia mengusap air mata yang membasahi pipinya menggunakan hijab yang ia kenakan. Tampak kesedihan mendalam pada wajah Susi.

Susi yang ditanyai Metro Siantar (Grup JPNN) mengaku bahwa ia sangat ingin mengetahui bagaimana proses terjadinya pembunuhan kekasihnya tersebut. Dia mengaku sangat menyayangi Arif.

Aku sayang sama dia, Bang. Ini untuk kenang-kenangan, katanya.

Susi mengaku, setelah Arif meninggal, ia sering memimpikan Arif dan terus terbayang wajah Arif. Bahkan, untuk melepas rasa rindu terhadap pacarnya tersebut, ia rela datang dari rumahnya di Bukit V, Bosar Maligas, ke rumah Arif yang berada di Huta Setia Tawar, Nagori Maligas Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja.

Aku datang sebulan dua kali, kadang lebih. Aku biasanya datang diantar kawanku, katanya seraya mengusap air matanya.

Sebelum rekonstruksi, Susi bersama Sulastri (50), ibu Arif, dan keluarga Agus datang dengan menumpang mobil. Setelah sampai Polres Simalungun, Sulastri dipertemukan dengan pembunuh anaknya, Frans Spela Sialalahi (21).

Seketika wanita ini histeris sambil memukuli Frans yang duduk di kursi plastik ruang periksa Polres Simalungun sembari berteriak.

Kenapa kau tega matikan anakku. Kau harus mati. Dimana hatimu, Frans, tega kali kau, teriak Sulastri.

Namun, petugas kepolisian langsung menariknya. Saat itu, Frans tidak ada mengucapkan sepatah katapun. Ia hanya tertunduk dengan tangan diborgol.

Sulastri yang ditemui di luar ruangan penyidik berharap agar Frans dihukum mati. Kalau bisa dihukum mati. Dia sudah membunuh anakku, pintanya.

Selama menyaksikan rekonstruksi pembunuhan tersebut, raut wajah Sulastri tampak kesal dan sedih. Sesekali ia mengusap air matanya dengan hijab hitam yang ia kenakan.

Kenapalah dia tega seperti itu sama anakku, katanya berulang kali.

Dalam rekonstruksi, ada dua versi yang digelar, yakni versi Frans yang mengatakan bahwa dia melakukannya seorang diri dan versi Agus (korban selamat) yang menyatakan bahwa Frans melakukan pembantaian bersama dua rekannya.

Dalam rekonstruksi versi Agus, mereka memerankan 10 adegan, dimulai saat Arif menjemput Agus di rumah pacarnya Nuraini alias Indah. Selanjutnya, Agus membonceng Arif pulang ke rumah menggunakan sepedamotor Suzuki Smash tanpa plat milik Agus.

Sekira pukul 00.10 WIB saat melintas di Huta Silau Kidir, Nagori Talang Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja, Arif melihat Frans di salah satu gubuk tua, bersama seorang temannya yang diketahui bernama Adul dan melihat satu unit sepedamotor RX King. Kemudian, Arif memberitahukannya kepada Agus yang mengendarai sepedamotor.

Namun, keduanya tetap melanjutkan perjalanannya dan mereka mengetahui bahwa Frans mengejar mereka dengan mengendarai sepedamotor RX King. Frans dibonceng oleh temannya Adul.

Saat itu, keduanya berhasil mendahului sepedamotor Agus dan menghadangnya. Begitu dihadang, Frans turun dari sepedamotor dan saat itu Agus melihat Frans membawa aspak besi dan sebuah balok.

Saat mereka dikejar Frans, Agus sempat melihat satu unit sepedamotor Supra X 125 keluar dari areal perkebunan kelapa sawit dan berhenti di belakang mereka.

Saat Frans turun dari sepedamotor, Frans sempat mengatakan, Mintalah kreta-mu Gus, bentar aja. Namun Agus mengatakan, Nggak lah. Mau pinjam kreta-ku, ya aku pulangnya kayak mana? ucap Agus.

Kemudian Frans langsung memukul kepala Agus menggunakan aspak sebanyak dua kali hingga Agus terjatuh. Selanjutnya, Frans mengikat leher Agus dengan tali dan menyeretnya sejauh dua meter ke bawah pohon kakao. Setelah itu, Agus tidak sadarkan diri dan tidak mengetahui apa yang terjadi terhadap Arif.

Sementara, versi Frans menampilkan 17 adegan. Berawal pada Kamis (4/9), ia berangkat dari Siantar menuju Merek, Kabupaten Karo, untuk menemui temannya bernama Samuel Tambunan. Dan, pada Jumat (5/9) keduanya berangkat ke kampung Frans.

Pada Sabtu (6/9) sekira pukul 22.00 WIB, Frans dan Samuel duduk di salah satu kolam yang sudah kering sembari menunggu orang yang melintas. Mereka berniat mencuri sepedamotor yang melintas dari jalan tersebut. Saat itu, ada satu unit sepedamotor melintas yang ditumpangi pria dewasa berboncengan dengan seorang wanita. Saat itu, Frans sempat bertanya kepada Samuel apakah ia berani memukul.

Kau berani mukul nggak? Dan Samuel menjawab, Kalau mukul aku nggak berani, kau ajalah yang mukul, kata Samuel.

Selanjutnya, Frans meninggalkan Samuel dan ia berjalan sekitar 1 kilometer. Di sana, ia menunggu di bawah pohon kakao milik warga. Mengetahu bahwa Agus akan melintas, ia mengambil dua buah papan dan satu buah besi aspak dan meletakkannya di badan jalan dengan tujuan agar Agus memperlambat laju kendaraanya.

Selanjutnya, Frans mengambil satu buah broti yang diambilnya dari areal persawahan di sekitar lokasi kejadian yang sudah disiapkan Frans seminggu sebelum kejadian. Minggu (7/9) sekira pukul 00.10 WIB, Agus dan Arif melintas dan saat itu Frans sudah menunggu di bawah pohon kakao yang hanya berjarak sekitar 1,5 meter dari jalan umum.

Saat sepedamotor korban melintasi papan yang dipasang, Frans langsung memukulkan broti ke kepala Arif sebanyak satu kali, setelah itu Arif terjatuh ke sebelah kiri dengan posisi telungkup.

Saat Agus hendak melihat ke belakang, Frans juga mengayunkan broti yang ia pegang ke kepala Agus hingga membuat Agus terjatuh, begitu juga dengan sepedamotor yang mereka tumpangi.

Saat itu Frans melihat Arif hendak berdiri dan kembalimemukulkan kayu tersebut ke kepala Arif sebanyak dua kali. Begitu juga dengan Agus, kepalanya juga dipukul sebanyak dua kali dan kemudian ia mencari handphone milik Arif dan tidak menemukannya.

Saat itu ia melihat handphone Nokia tipe 1600 yang terletak di tanah dan kemudian Frans mengambil sepedamotor serta membawa broti dan membuangnya ke sungai yang berjarak sekitar 4 kilometer dari lokasi kejadian.

Rekonstruksi tersebut juga dihadiri Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Simalungun Pahala Erik Sitanggang. Pahala mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa menentukan versi mana yang akan mereka gunakan.

Kita masih menerima SPDP (Surat Perintah DimulainyaPenyidikan) saja. Kalau sudah tahap satu baru bisa kita mengambil langkah, katanya.

Sementara, Kanit Jatanras Polres Simalungun Ipda Arwanda mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan korban dan tersangka untuk memastikan kejadian tersebut serta mencari petunjuk lainnya.

Kita masih lakukan pemeriksaan lanjutan, baik korban dan tersangka, ucapnya.

Mengenai keberadaan Adul, pihaknya sudah mencari keberadaanya. Dan benar bahwa tak jauh dari nagori korban, ada seorang pria bernama Adul dan saat dicari ke alamat dimaksud, Adul sudah tidak berada di kediamannya sehingga pihaknya menetapkan Adul sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Maka, kita masih mencari orang yang namanya terlibat dalam perkara ini. Sementara, tersangka Frans dikenakan pasal 340 Subs 339 atau pasal 365 ayat (3) dan 170 ayat (2) ke-2e dan 3e atau pasal 351 ayat (2) dan (3) KUHPindana atau pasal 80 ayat (3) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman seumur hidup, jelasnya. (***)

Menkopolhukam Pertanyakan Rencana Hamas Buka Perwakilan di Indonesia

BOGOR - Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengaku belum mendapat laporan maupun informasi mengenai rencana perwakilan Hamas, Palestina yang ingin membuka perwakilan di Indonesia.

Niat itu sudah disampaikan saat perwakilan Hamas dan ke Indonesia dan mengunjungi DPR RI. Saya belum tahu soal itu, belum ada laporan ke saya tentang hal tersebut, ujar Tedjo di Bogor, Jabar, Jumat, (28/11).

Meski belum mengetahui rencana itu, Menkopolhukam tetap mempertanyakan keinginan Hamas tersebut. Pasalnya, kata dia, perwakilan Palestina sudah berada di Indonesia melalui Kedutaan Besar Palestina.

Di sini kan udah ada perwakilan Palestina. Saya enggak tahu kan, nanti kalau ada perwakilan macam-macam di sini ndak karuan juga kan. Palestina udah di sini, kenapa enggak Palestina aja, tandas Edhy. (flo/jpnn)

Soal Pinjaman Uang Rp 7,5 M, Sutan: No Comment

JAKARTA - Mantan Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana enggan mengomentari mengenai pinjaman uang Rp 7,5 miliar dari pengusaha pemilik mall. Pengusaha itu merupakan teman salah satu pendiri Partai Demokrat Vence Rumangkang.

Waduh saya no comment aja lah, kata Sutan kepada JPNN.com, Sabtu dinihari (29/11).

Politikus yang terkenal dengan istilah ngeri-ngeri sedap ini menyerahkan soal itu kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Biarkan aja KPK bekerja dengan baik agar semua nanti bisa clear dengan cepat, ucap Sutan.

Soal pinjaman uang Rp 7,5 miliar diungkap Vence ketika menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (28/11). Dia menjadi saksi untuk Sutan dalam kasus dugaan korupsi berupa penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan Tahun 2013 di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Vence mengatakan peminjaman dilakukan pada 2008. Sutan, ujar dia, belum mengembalikan uang pinjaman itu. Bahkan, Vence sempat menagih Sutan.

Menurut Vence, Sutan akan mengembalikan uang pinjaman itu dengan cara menjual rumah. Namun, hal itu tidak terealisasi. Karena, kata Vence, rumah Sutan sudah disita KPK. (gil/jpnn)

Perkuat Kehadiran Negara dalam Perlindungan TKI

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid pada Jumat (28/11) malam tadi terlihat di Terminal 2D, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Jelang pergantian hari tadi malam, Nusron menjemput 36 TKI yang dipulangkan dari Suriah.

Menurut Nusron, para TKI itu direpatriasi karena adanya konflik di Suriah. Dari 36 TKI itu, 34 di antaranya berasal dari Jawa Barat, sedangkan dua lainnya dri Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nusron menuturkan, para TKI repatariasi itu setibanya di tanah air langsung tenggelam dalam isak tangis. Para TKI ini dipulangkan karena kondisi konflik berkepanjangan dan membahayakan keselamatan TKI dan WNI lainnya di sana, katanya dalam keterangannya ke media, Sabtu (29/11).

Nusron menambahkan, upaya repatriasi para TKI dari Suriah itu dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri. Karenanya, Menlu Retno L. Marsudi tadi malam juga berada di Bandara Soetta untuk menjemput 36 TKI yang direpatriasi itu.

Nusron pun menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Kemlu merepariasi para TKI dari negara yang sedang berkonflik. Ini bukti bahwa negara hadir dalam memberikan perlindungan dan rasa aman kepada warga negara. Terlebih TKI yang memang layak untuk dibantu, ujar mantan anggota DPR RI asal Golkar itu.

Nusron menegaskan, kini ada pekerjaan rumah yang juga dihadapi dengan pulangnya para TKI. Yakni memberdayakan para eks TKI.

Pria yang juga dikenal sebagai Ketua Umum GP Ansor itu menambahkan, BNP2TKI akan menyiapkan program pelatihan wirausaha bagi para mantan TKI.

Mereka harus berdaya bisa berusaha di sini dengan mandiri, supaya lebih sejahtera. BNP2TKIjuga akan memfasilitasi klaim asuransi bagi mereka yang belum mendapatkan gaji secara utuh, pungkasnya.(ara/jpnn)

Mendagri Minta Malaysia Bercermin

BOGOR - Sindiran media massa Malaysia terhadap Presiden Joko Widodo dengan kebijakannya menenggelamkan kapal asing disoroti banyak pihak. Presiden dianggap angkuh terhadap negara-negara tetangga.

Namun Mendagri Tjahjo Kumolo yang juga orang dekat Jokowi menyatakan, dibanding menyindir Jokowi, Negeri Jiran itu sebaliknya berkaca terhadap berbagai hal yang terjadi di negaranya sendiri.

Kami kalau sampai ada negara sahabat yang mengomentari itu, dia harusnya bercermin. Toh kapal-kapal dia banyak yang masuk ke wilayah Indonesia. Kenapa dia marah. Sebagai Mendagri saya wajib mengingatkan, kita kan boleh tegas, kata Tjahjo di Bogor, Jabar, Jumat, (28/11).

Presiden dianggap tidak memperhatikan hubungan baik dengan Malaysia atas rencana penenggelaman kapal tersebut. Namun, Tjahjo mengganggap itu hak Presiden untuk menentukan kebijakan dalam negeri. Apalagi itu menyangkut kedaulatan negara.

Itu menyangkut kedaulatan, harga diri dan kehormatan negara, untuk mengamankan wilayah, mempertahankan SDAnya. Selama ini kapal asing seenaknya saja mengambil milik Indonesia, tandas Tjahjo. (flo/jpnn)

Cekcok Tuntas karena Salsa

GERAK salsa memang cocok dilakukan berpasang-pasangan. Iramanya membuat hubungan makin manis. Tengok saja pengalaman Komunitas Salsa Surabaya.

Gerak salsa memang cocok dilakukan berpasang-pasangan. Iramanya membuat hubungan makin manis. Tengok saja pengalaman Komunitas Salsa Surabaya.

* * *

Pemandangan itu tersaji di salah satu ruang kafe di Jalan Ngagel. Beberapa pasang manusia menari mengikuti irama lagu khas salsa nan rancak. Bak sejoli-sejoli dimabuk cinta, mereka, anggota Komunitas Salsa Surabaya, beraksi di ruangan tersebut.

Tentunya, pasangan tersebut terdiri atas laki-laki dan perempuan. Keduanya berhadapan dengan tangan saling menggenggam. Gerakan kaki mereka rapi mengikuti alunan musik. Sesekali tangan sang lelaki mengarah ke atas. Itu pertanda pasangan perempuan harus berputar dan kembali berhadapan.

Variasi gerakan tarian asal Cuba itu enak ditonton. Tidak jarang, beberapa tamu di Caf De Oak, yang semula asal nimbrung, ikut bergabung dengan komunitas tersebut. Kami sangat terbuka, ujar Yus Santos, senior di komunitas itu.

Siapa pun boleh bergabung. Banyak anggota komunitas itu yang memulai dari nol dan akhirnya mahir. Bukan modal kursus, tapi karena aktif ikut di komunitas tersebut.

Yus mengatakan, Komunitas Salsa memang bukan lembaga kursus. Dia lebih senang disebut komunitas keakraban. Sebab, di komunitas tersebut, unsur kekerabatan sangat tinggi. Semua saling mengenal pribadi masing-masing. Dari keakraban itu, terbentuk gerakan serasi setiap pasangan, ujarnya.

Memang banyak komunitas tari di Surabaya. Namun, Yus yang mengaku sudah malang-melintang di banyak komunitas merasakan keakraban ketika masuk komunitas salsa. Ada feel yang membuat dia nyaman ketika berada di komunitas tersebut.

Bukan hanya antaranggota komunitas. Tapi, juga kepada pasangan sah di komunitas tersebut. Karena itu, setiap kumpul banyak anggota yang mengajak istri atau suaminya. Mereka sangat terbuka dan cepat akrab.

Keakraban itu tidak hanya di internal komunitas salsa. Dengan sesama penghobi salsa di luar Surabaya, mereka juga akrab. Misalnya, ketika Yus berada di Jogjakarta. Melalui akun Facebook-nya, Yus menulis status Ada teman salsa di Jogjakarta? Tidak lama muncul tanggapan dari penghobi salsa di kota tersebut. Mereka mempersilakan mampir dan menyambut dengan baik. Padahal, Yus belum pernah bertemu sama sekali dengan mereka.

Bisa jadi, sambung Yus, keakraban itu muncul dari asal-usul tari tersebut. Salsa merupakan tradisi para budak yang menghibur diri pada malam. Mereka menari dengan sesama kaumnya berpasang-pasangan. Iramanya pun didominasi musik akapela. Karena merasa senasib, tarian ini lebih menekankan perasaan antar-pasangan, imbuhnya.

Arga Nuswantoro, anggota komunitas salsa lainnya, menceritakan, komunitas tersebut berdiri pada akhir Januari 2012. Pencetus pertama adalah Freddy Pangke. Dia kerap ke luar negeri. Banyak tarian salsa yang dilihatnya, ucapnya.

Bersama dua rekan lainnya, Joyce Sidarta dan Daniela, pria yang berprofesi sebagai pengusaha itu mulai merintis komunitas tersebut. Kebetulan, Daniela merupakan mahasiswa pertukaran asal Colombia. Dia sangat mahir mempraktikkan gerakan-gerakan salsa.

Awalnya, mereka kongko-kongko di Hotel Sheraton. Anggota yang ikut lima orang. Perlahan jumlah anggota bertambah dan kini lebih dari 10 pasang. Sampai saat ini terus bertambah, imbuh Arga.

Keakraban dan kekompakan dalam gerakan salsa kerap memunculkan keunikan tersendiri. Pasangan yang sedang cekcok bisa akur lagi dengan bersalsa ria. Itu terbukti Senin lalu (17/11).

Ada sejoli yang bersemangat bersalsa. Sang pria beberapa kali memutar tubuh pasangannya. Begitu juga pasangan yang kala itu menggunakan high heels. Dia berputar sambil sesekali berbicara dengan pria tersebut.

Yus menjelaskan, mereka sedang berselisih paham. Fenomena itu biasa di komunitas salsa. Sebagian di antara mereka menjadikan salsa sebagai sarana untuk akur lagi. Biasanya, tarian mereka malah lebih hot. Selanjutnya, tari berangsur perlahan dan berakhir dalam keakraban lagi. Itu uniknya, kata dia.

Salsa bukan hanya tarian. Ada unsur lain yang kadang tidak terpikirkan. Unsur lain itu bisa berupa pengendalian emosi atau berkaitan dengan fisik.

Memang banyaknya gerakan salsa memicu keluarnya keringat dari dalam tubuh. Wajar jika banyak yang bersalsa ria hanya untuk menurunkan berat badan. Awalnya berniat seperti itu, selanjutnya ketagihan, ujar pria yang juga motivator itu.

Membahas masalah fisik, Yus mewanti-wanti perempuan yang sedang hamil. Utamanya yang usia kandungannya di atas empat bulan. Gerakan kaki dan penggunaan high heels dianggap membahayakan perempuan yang mengandung.

Karena itu, Yus mengimbau anggota yang sedang hamil untuk beristirahat sejenak. Tapi, bukan berarti tidak boleh ikut bergabung di komunitas itu. Mereka diharapkan datang untuk menjalin keakraban, ungkap dia. (riq/c6/c11/dos)

Melihat Mumi Alami di Kampung Wolondopo, Kabupaten Ende, NTT

BUKAN hanya keindahan alam yang tersaji di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Para pencinta wisata sejarah juga bisa melihat secara langsung mumi Kaki More di Kampung Wolondopo, Kabupaten Ende. Mumi itu terbentuk secara alami.
-------------
Laporan THORIQ SHOLIKHUL KARIM, Ende
------------
Tak sulit mencari lokasi penyimpanan mumi Kaki More di Ende. Banyak warga yang tahu tempatnya.

Begitu pula halnya ketika Jawa Pos pekan lalu ke Ende untuk membuat liputan wisata alternatif. Sopir mobil rental yang ditanya soal mumi berusia lebih dari satu abad itu langsung menyatakan kesanggupannya untuk mengantar hingga tujuan.

Lokasinya berada di Kampung Wolondopo, Kabupaten Ende, NTT. Agak di pinggiran kota, namun masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Memang tempatnya terletak di kampung yang berada di perbukitan sehingga jalannya agak naik. Dari rumah juru kunci mumi, yakni Paulus Modho, masih sekitar 1 km.

Setiap pengunjung yang akan melihat mumi diwajibkan menemui dan meminta izin kepada sang juru kunci lebih dulu.

Sebab, tidak sembarang orang bisa memasuki tempat penyimpanan mumi itu tanpa izin juru kunci. Untuk masuk, harus ada upacara lebih dulu. Nanti saya yang memimpin, ujar Paulus kepada Jawa Pos yang menemui di rumahnya.

Mumi tersebut disimpan di sebuah rumah-rumahan berukuran 2 x 1,5 meter. Lokasinya berada di antara rumah-rumah penduduk. Rumah panggung itu berdinding papan dan beratap sirap. Bila tak ada pengunjung, posisinya selalu tertutup rapat.

Maka, begitu rombongan Jawa Pos sampai di lokasi, Paulus langsung melakukan ritual membuka rumah. Dia berdiri di depan pintu sejenak, lalu mengucapkan salam dengan logat Ende Lio.

Setelah mengucap salam, Paulus yang juga cucu Kaki More memasukkan kunci ke lubangnya. Beberapa kali kunci diputar, tapi tidak berhasil. Bahkan sampai sekuat tenaga. Paulus lalu berhenti sejenak.

Dia kemudian mengucap salam kembali kepada Kaki More. Selang beberapa saat, Paulus memutar kunci hingga terdengar suara klik. Syukurlah, pintu mau terbuka, katanya lega.

Begitu pintu terbuka, terlihatlah peti berukuran kecil, sekitar 150 x 50 cm. Peti itu ditutupi terpal dan dilapisi kain batik di atasnya.

Di depan peti terdapat beberapa benda yang biasa dipakai untuk upacara membuka peti. Antara lain beberapa batang rokok yang dijajar dan botol kecil berisi arak lokal. Ini sesaji yang selalu diminta Kaki More sebelum menerima tamu, ucap Paulus.

Sesaji itu kemudian diambil dan dibuang Paulus, lalu diganti dengan yang baru. Dia meletakkan lagi 12 batang rokok filter di depan peti dan dua botol arak baru. Juga ada sirih yang diserakkan di sekitarnya.***

Munas Golkar Undang Semua Bos Parpol Kecuali Romi

JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar yang akan dilaksanakan pada 30 November nanti di Bali telah mengundang sejumlah pimpinan partai, baik yang ada di kubu Koalisi Merah Putih (KMP) maupun Koalisi Indonesia Hebat.

Namun khusus untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ternyata yang diundang adalah Djan Faridz selaku ketua umum versi Muktamar Sahid dan bukan Romahurmuziy selaku ketua versi Muktamar Surabaya yang telah diakui oleh Menkumham.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, dipilihnya Djan Faridz karena dinilai yang paling jelas. Ya Djan Faridz yang jelas saja, katanya di DPR RI, Jumat (28/11).

Idrus menambahkan, panitia Munas IX Golkar juga turut mengundang mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar, yang sekaligus Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Namun, panitia belum memutuskan mengundang Presiden Joko Widodo.

Presiden hingga saat ini belum. Semua kita undang, seluruh pimpinan partai. PDI Perjuangan ya Bu Mega, dari NasDem Bang Surya, dari PKB Muhaimin, semua kita undang, terangnya.

Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romi mengaku tak ambil pusing tidak diundang Munas Golkar itu.

Bang Idrus itu teman saya. Tapi namanya juga pengundang, terserah saja siapa yang diundang, katanya ketika dikonfirmasi, kemarin.

Romi yakin Idrus belum mendapatkan pemahaman yang utuh tetang DPP PPP yang sah.

Lha wong jelas yang di Jakarta baru daftar, yang di Surabaya sudah ada keputusan, siapapun bisa menilai. Insya Allah nanti kalau sudah saya jelaskan, Bang Idrus akan berubah, tutur Romi singkat. (dli)

Tedjo Edhy Geram Media Malaysia Sindir Presiden

BOGOR - Kebijakan Presiden Joko Widodo yang meminta penenggelaman kapal asing pelaku illegal fishing menuai pro dan kontra di kalangan negara tetangga. Salah satunya Malaysia. Media massa Malaysia belakangan menyebut kebijakan itu menunjukkan keangkuhan Presiden Jokowi.

Menjawab pemberitaan miring terhadap Presiden tersebut, Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno pun ikut gerah. Ia menyatakan Indonesia berhak memiliki aturan sendiri untuk menjaga kekayaan alamnya.

Presiden Jokowi bukan angkuh tapi tegas. Kenapa orang kita digantung di sana, siapa yang angkuh sekarang. Media malaysia mengatakan kita angkuh, lalu kenapa orang kita dihukum mati di sana? Berbuat kesalahan di sini kok enggak boleh ditenggelamkan, kata Tedjo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, (28/11).

Menkopolhukam menegaskan Indonesia punya dasar hukum yang jelas untuk melakukan tindakan atas pelanggaran di wilayah laut tanah air. Kapal asing yang nakal, kata dia, dapat ditenggelamkan jika terbukti melanggar, tidak memiliki surat izin, melanggar fishing ground dan pura-pura memakai bendera Indonesia tetapi berawak warga negara asing.

Ini negara kita, jangan diatur orang asing. Jangan mikir ke dirinya sendri, mereka boleh melakukan sesuatu ke warga kita lalu kenapa kita enggak boleh. Mereka juga obok-obok kekayaan laut kita. Kita harus tegas. Kapal-kapal kita dibakar oleh Australia aja kita introspeksi kok, tandas Tedjo. (flo/jpnn)

PDIP Ancam Cabut Dukungan ke Ahok

JAKPUS - Keputusan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang tidak memilih Ketua DPD PDIP DKI Boy Bernadi Sadikin sebagai wakil gubernur (Wagub) mendapat reaksi keras. Jajaran pengurus DPD PDIP DKI langsung merapatkan barisan untuk melawan Ahok. Bahkan, mereka mengancam mencabut dukungan kepada Ahok.

Wakil Sekretaris DPD PDIP Jakarta Denny Iskandar mengungkapkan, jika Ahok bersikeras tidak memilih Boy sebagai Wagub DKI, bisa dipastikan dia akan mempunyai musuh baru di DPRD DKI. Kami bisa menjadi ancaman besar di DPRD. Sebab, kami memiliki kursi paling banyak, 28 kursi, tegasnya kepada Jawa Pos di DPRD DKI Jumat (28/11).

Denny mengingatkan, Boy mendapat dukungan dari seluruh pengurus PDIP, mulai ranting sampai DPD. Bahkan, DPP pun merekomendasikan nama Boy Bernadi Sadikin. Jika Ahok menafikan dukungan tersebut, seluruh kader PDIP bakal terluka.

Jangan pernah melukai banteng (PDIP, Red). Kalau itu dilakukan Ahok, penarikan dukungan politik terhadapnya pasti disetujui DPP, ucap dia.

Partainya, kata Denny, sangat memahami bahwa Perppu 1/ 2014 memberikan kewenangan kepada Ahok untuk memilih wakilnya. Namun, dia meminta Ahok tidak melupakan sejarah. Bagaimanapun, lanjut dia, PDIP adalah partai yang mengantarkan Ahok menjadi Wagub pada 2012.

Sementara itu, sejumlah pentolan Koalisi Merah Putih (KMP) DKI memiliki sikap berbeda terkait dengan kursi Wagub. Ketua Presidium KMP Jakarta Muhamad Taufik mendesak Ahok konsisten menerapkan Perppu 1/2014. Sesuai perppu itu, pemilihan Wagub menjadi wewenang Ahok. Partai mana pun tidak boleh menekan Ahok, ikuti aturan saja, tegasnya.

Taufik menuturkan, kursi Wagub bukan jatah parpol tertentu. Semua orang berkesempatan menjadi Wagub jika dipilih Ahok. Bahkan, wartawan pun boleh asalkan bisa membuat Ahok nyaman membangun DKI, ujar pria yang juga wakil ketua DPRD DKI itu.

Pernyataan berbeda diungkapkan Bendahara KMP DKI Triwisaksana. Dia terang-terangan mendukung Boy menjadi Wagub. Dia yakin putra mantan Gubernur DKI Ali Sadikin itu bisa membantu membenahi Jakarta. Apalagi Boy pernah menjabat wakil ketua DPRD.

Boy sangat mengerti peta politik di Jakarta. Dia bisa menjembatani dewan dengan eksekutif, bebernya.

Ancaman PDIP tersebut ditanggapi enteng oleh Ahok. Dia tidak mempersoalkan seandainya kader-kader PDIP di DPRD memusuhinya karena tidak memilih Boy. Menurut Ahok, setiap pilihan politik pasti memicu risiko politik. Namun, dia menegaskan bahwa sosok Wagub yang dipilihnya sesuai dengan kebutuhan Jakarta.

Ahok juga mengatakan bahwa hubungannya dengan Boy hingga saat ini baik-baik saja. Karena itu, dia meragukan ancaman PDIP. Saya nggak bilang Pak Boy itu nggak baik lho. Dia baik. Cuma, kalau ada yang terbaik, kenapa nggak pilih yang terbaik itu, tegas dia di balai kota kemarin.

Ahok menyatakan telah menyerahkan tiga nama calon Wagub kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Di antara tiga nama tersebut, ternyata tidak ada nama Boy. Mereka adalah Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUP2) Sarwo Handayni, mantan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, dan mantan Wali Kota Blitar Djarot Saeful Hidayat.

Dia meminta pertimbangan kepada Megawati karena putri presiden pertama RI itu dianggapnya sebagai orang tuanya dalam dunia perpolitikan. Ibarat orang mau nikah, emak (Megawati) harus tau dan merestui, setuju yang mana (di antara tiga nama itu), kata Ahok.

Setelah Megawati menentukan pilihan, Ahok akan menyerahkan nama tersebut kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk disahkan sebagai Wagub.

Menurut informasi yang diterima Ahok, Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perppu 1/2014 diterbitkan kemarin. Karena itu, nama yang direstui Megawati akan diserahkannya pada Selasa (2/12). Namun, hingga kemarin Ahok belum menerima jawaban dari Megawati soal nama Wagub yang direstui.

Meski begitu, Ahok tidak terlalu khawatir. Sebab, batas penyerahan nama calon Wagub ke Kemendagri adalah 5 Desember. Dia berharap Megawati memilih orang yang terbaik. Dari dulu saya konsisten dengan orang-orang ini (Sarwo, Bambang, dan Djarot), Ibu Mega tahu itu kok, ujarnya.

Menurut Ahok, Megawati tidak mempersoalkan meski dia tidak mengusulkan nama Boy sebagai Wagub. Ibu (Megawati) ngerti saya kok, nggak masalah (tidak pilih Boy), tegas dia.

Sebelumnya, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah juga sudah mengeluarkan pernyataan keras. Dia memastikan bahwa PDIP telah menunjuk Boy Sadikin sebagai pendamping Ahok.

Dia mengatakan, jika Ahok ngotot menolak pilihan PDIP, maka sama halnya membuat kecewa partai banteng mulut putih itu.

Jika tidak mengakomodir Boy sebagai wagub, dia (Ahok) menimbulkan masalah politik yang serius dengan Fraksi PDIP di DKI Jakarta, ujar Ahmad Basarah.

Dikatakan, Boy merupakan pilihan PDIP karena dianggap sebagai sosok yang tepat mendampingi Ahok. Karena itu, ditegaskan lagi, Ahok menyakiti hati keluarga besar PDIP jika sampai menolak Boy.

Ahmad Basarah juga tidak menampik kemungkinan partainya mencabut dukungan ke Ahok jika dia menolak nama Boy yang diusulkan PDIP.

Tidak menutup kemungkinan dukungan politik kepada Ahok di DPRD DKI Jakarta akan kami cabut, ujar Basarah.

Dia pun mengingatkan Ahok bahwa terpilihnya dia menjadi wagub DKI dan selanjutnya naik posisi menjadi gubernur, karena peran besar PDIP.Ahok diingatkan agar tidak melupakan hal itu.(riz/fai/co1/oni/dwi/sam/jpnn)

Sales Mobil Mewah Melambat

NUSA DUA - Penjualan mobil mewah sedikit melambat pada 2014. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penjualan mobil kelas premium itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Di antaranya, 2014 merupakan tahun politik, kurs rupiah yang terus melemah, serta berkaitan dengan pajak kendaraan.

Namun, Oktober lalu penjualan kami sudah masuk paling tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, kata Menurut Deputy Director Corporate Communication and External Affair Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Elvera N. Makki di sela media gathering di Nusa Dua, Bali.

Dia optimistis, pada November dan Desember penjualan akan melampaui tahun sebelumnya.

Soal persaingan di pasar mobil mewah, Manager Product Management MBI Yudi Lesmana menyatakan, pihaknya punya pasar berbeda. Yakni kalangan eksekutif, premium, dan konvensional yang loyal.

Sedangkan mobil mewah lain seperti supercar memiliki pasar sendiri. Mobil premium tetap tumbuh sesuai karakteristik pasar Indonesia, tegasnya.

Untuk segmen kendaraan niaga, MBI sudah melakukan perakitan dan karoseri di Indonesia. Bila penjualan meningkat, terbuka kemungkinan memproduksi di Indonesia.

Hal itu menguntungkan karena bisa menekan pajak, tegas Director of Sales Commercial Vehicle MBI Olaf Petersen saat memperkenalkan bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dan Springter 315 CDI.

Deputy Director Bus and Van Sales MBI Adri Budiman mengatakan, potensi pasar Indonesia cerah. Bahkan, kenaikan harga BBM tidak banyak berpengaruh.

Untuk segmen bawah memang sulit. Namun untuk segmen atas tidak ada masalah. Sebab, kenaikan BBM disertai kenaikan harga karcis, ujarnya. (nda/oki)

Buah-Sayuran Impor Makin Marak

JAKARTA - Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir 2015 bisa menjadi peluang sekaligus bencana bagi sektor pertanian khususnya hortikultura. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran dari negara tetangga akan lebih banyak masuk ke pasar Indonesia.

MEA bisa menjadi bencana karena, sebelum diberlakukannya pasar bebas ASEAN saja sudah banyak produk hortikultura dari mancanegara yang masuk dari mulai ritel modern hingga ke pasar-pasar tradisonal. Apalagi kalau nanti tidak ada hambatan tarif sama sekali, pasti makin banyak yang masuk, ujar Ketua Umum Asosiasi Eksportir Sayur dan Buah Indonesia (AESBI), Hasan Johnny Widjaja di Kementerian Perdagangan kemarin (28/11)

Beberapa produk hortikultura dari negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam yang turut menikmati pasar Indonesia antara lain jeruk, pir, apel, wortel, durian, mangga, lengkeng, bawang putih, bawang merah, hingga cabai.

Persaingan antara produk holtikultura lokal dengan produk holtikultura impor selama ini cukup sengit di pasaran. Karena beberapa harganya jauh lebih murah dibanding produk dalam negeri, ungkap Hasan.

Dia menambahkan, penduduk Indonesia yang cukup besar diantara negara-negara ASEAN menjadi pasar yag seksi bagi negara produsen hortikultura. Dengan begitu bisa dipastikan akan banyak produk holtikultura dari Thailand, Vietnam atau negara-negara ASEAN lain yang akan masuk ke Indonesia di era pasar bebas MEA.

Jumlah penduduk Indonesia yang paling banyak di ASEAN, itu pasar empuk bagi mereka, lanjutnya.

Namun MEA juga bisa menjadi peluang bagi Indonesia karena era itu membuka jalan bagi Indonesia untuk memasarkan produk hortikultura yang bersaing ke negara lain, dengan begitu pasarnya tidak terbatas di lingkup domestik tapi juga regional.

Indonesia masih mengandalkan ekspor manggis, mangga arumanis, mangga gedong gincu, salak, nanas dalam bentuk kalengan, dan pisang. Alpukat dan sirsak juga potensial, tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim mengatakan, masuknya buah impor tidak perlu terlalu dikhawatirkan sebab buah lokal masih mendominasi pasar domestik. Buah impor dari berbagai jenis hanya mengisi sekitar 5-7 persen pasar dalam negeri.

Belum terlalu banyak jadi tidak usah khawatir. Lidah orang Indonesia juga masih suka buah-buahan lokal yang memang enak, tukasnya.

Namun di era MEA 2015 nanti, Kementan siap meningkatkan daya saing produk hortikultura nasional seperti buah-buahan dan sayur. Dengan begitu pangsa pasar produk holtikultura lokal tidak tergerus masuknya holtikultura asing.

Salah satunya dengan teknologi budidaya yang baik mulai dari bibit, pengolahan lahan, pupuk hingga panen.Tidak ada yang bisa dilakukan menghadapi MEA kecuali meningkatkan daya saing, jelasnya. (wir)

Merah Putih Bekuk Vietnam 4-0

JAKARTA - Indonesia masih terlalu tangguh buat Vietnam. Dalam lanjutan kejuaraan bulu tangkis beregu Axiata Cup Kemarin (28/11) di Sports Mall Kelapa Gading, Merah Putih mencukur Vietnam dengan skor 4-0.

Kemenangan telak kemarin juga melegakan setelah Kamis (27/11) lalu, Indonesia tertahan dengan skor 2-2 oleh Asia All Stars.

Di tunggal putra, Simon Santoso menjadi pembuka kemenangan Indonesia. Bertemu dengan Nguyen Hoang Nam, Simon hanya butuh waktu 30 menit untuk menang 21-11,21-8.

Partai kedua, yakni tunggal putri tim pemain muda, Hana Ramadhini memberikan keunggulan 2-0 buat Indonesia. Hana menjinakkan Dinh Thi Phuong Hong dengan skor 21-8, 21-12.

Lalu di partai ketiga, ganda putra M.Ahsan/Markis Kido tanpa banyak kesulitan menundukkan Bao Minh/Huynh Nguyen Khang dengan 21-11, 21-15. Lantas di laga keempat, ganda campuran Riky Widianto/Richi Puspita Dili berhasil menang 21-15,21-6 atas Dao Manh Thang/Pham Nhu Thao.

Kemenangan kemarin cukup menggembirakan manajer Indonesia di Axiata Cup ini Aryana Miranat. Koh Ar, sapan Aryana Miranat, menyebutkan Vietnam yang Kamis (27/11) lalu sempat mencuri satu dari empat partai dari Malaysia, ternyata gagal melakukan hal serupa kepada Indonesia.

Dengan materi pemain yang kita miliki, diatas kertas memang kita lebih unggul. Jadi hasil ini tentu sudah sesuai prediksi, Koh Ar usai pertandingan kemarin.

Di sisi lain, pemain tunggal putri Hana Ramadhini mengatakan pengalaman turun di Axiata Cup kemarin cukup bikin deg-degan. Apalagi ini adalah kali pertama baginya bermain beregu di tanah air.

Sebelum bertanding tadi sempat tegang sekali. Bebannya memang selalu ada. Tapi tadi mencoba bermain sebaik mungkin saja, ujar atlet adal PB Mutiara Bandung itu.

Sementara itu, hari ini (29/11) Indonesia akan berhadapan dengan salah satu tim kuat, Malaysia. Meski tanpa Lee Chong Wei, tim bulu tangkis Negeri Jiran itu harus tetap diwaspadai.

Dalam kacamata pemain ganda putra, M.Ahsan tak ada yang perlu di takuti dari tim Malaysia. Meski Malaysia adalah tim yang mengalahkan Indonesia di semifinal Piala Thomas lalu, pemain PB Djarum itu meminta rekan-rekannya tetap santai.

Kami tidak akan menganggap enteng lawan. Namun tidak lantas menakuti secara berlebihan menganggap lawan tak terkalahkan. Kuncinya kita harus tetap waspada, dan yang jelas kami harus lebih mempersiapkan diri, tutur Ahsan. (dra)

Indra Sjafri: Saya Belum Putuskan

SURABAYA - Masa depan Indra Sjafri, mantan pelatih timnas U-19 jelang bergulirnya ISL musim 2015 tak kunjung menemukan titik temu.

Sejumlah klub yang dikaitkan dengan pelatih asli Sumatera Barat itu hingga kini masih sebatas komunikasi lisan dan belum ada kesepakatan hitam diatas putih.

Salah satu klub yang cukup berhasrat untuk mendatangkan Indra adalah Persela Lamongan. Saat dikonfirmasi Jawa Pos kemarin (28/11), Indra membenarkan bahwa dirinya pernah dihubungi manajemen Persela.

Tetapi Indra menampik kalau sudah ada kesepakatan dengan klub berjuluk Laskar Joko Samudro tersebut.

Ada komunikasi dengan Persela. Tetapi mereka hanya sebatas sounding kabar dan menanyakan saya sudah melatih dimana, katanya.

Pelatih yang dikenal publik setelah mengantarkan timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 di Sidoarjo 2013 lalu itu mengungkapkan bahwa dirinya akan menanggapi klub yang berminat dengan dirinya.

Indra menegaskan bahwa dirinya saat ini masih menikmati posisinya yang belum menangani klub. Kekosongan ini diisi dia dengan melakukan scouting talent ke daerah-daerah seluruh Indonesia seperti yang ditunjukkannya kala membentuk timnas U-19 lalu.

Saya tidak nganggur, banyak pekerjaan termasuk melakukan scouting pemain di daerah, lanjutnya. Sistem blusukan seperti itu dilakukannya untuk mencari pemain potensial untuk mengisi akademi sepak bola miliknya yang akan dilaunching tahun depan.

Namun, diakhir tahun ini, Indra menegaskan akan ada keputusan terkait masa depan. Terkait menangani klub ISL atau memilih mengembangkan akademinya sendiri.

Saya masih memikirkan masak-masak semua tawarn, demi menemukan keputusan terbaik, tegasnya.

Saat ini, Indra sendiri berada di Malang untuk melakukan coaching clinic untuk beberapa pelatih dan pemain di sana.

Saya kemarin (Rabu, Red) di Alor, sekarang (kemarin, Red) di Malang untuk coaching clinic. Rencananya besok (hari ini, Red) manajemen Persela mau ketemu saya, tegasnya.

Sementara itu, Yunan Achmadi, Manajer Persela, menyatakan bahwa pihaknya memang berniat mendatangkan Indra ke stadion Surajaya, Lamongan. Kami ingin meningkatkan daya jual dan menarik animo masyarakat pendukung Persela musim depan, timpalnya. (nap)

Tjahjo Ingatkan Ahok soal Asal Usul

BOGOR - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan hingga saat ini Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama belum mengajukan nama calon wakil gubernurnya. Basuki yang akrab disapa Ahok itu disebut menolak nama Boy Sadikin yang disodorkan PDI Perjuangan.

Tjahjo yang berasal dari partai tersebut mengaku enggan mengomentari sikap Ahok tersebut. Saya tidak dapat beropini. Tapi terserahlah. Sikap Kemendagri? Kami kan menunggu laporan, tapi yang saya dengar partai mengusulkan Boy, sekarang kita serahkan pada mekanisme internal partai PDIP dengan Pak Basuki sendiri, kata Tjahjo di Bogor, Jawa Barat, Jumat, (28/11).

Meski demikian, Mendagri tetap mengingatkan bahwa Ahok seharusnya tetap beretika secara politik. Di mana ia perlu mengingat bahwa untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta, ia disokong oleh parpol. Oleh karena itu, Mendagri yang juga mantan politikus PDI Perjuangan itu terkesan menyayangkan sikap Ahok yang menolak Boy Sadikin.

Soal dia mengatakan sekarang dirinya tidak berpartai, tapi harus ingat, dia jadi gubernur karena partai, itu lho, kalau sekarang dia menolak wakil nya dari partai, ya silahkan anda simpulkan sendiri harusnya bagaimana, kata Tjahjo.

Sebagai Mendagri, Tjahjo menyatakan terpenting wakil yang akan dipilih Ahok mendapat dukungan dari masyarakat DKI Jakarta. (flo/jpnn)

Sony Rilis Kamera Canggih Alpha A7 II

SONY merilis kamera Alpha A7 II yang dilengkapi dengan sensor full frame pertama yang dilengkapi dengan 5-axis optical image stabilization (OIS) dan didukung oleh fitur image stabilization tercanggih saat ini.

Fitur canggih tersebut akan mencegah hasil jepretan kamera Sony Alpha A7 II ini tidak blur atau kabur dalam kondisi terguncang atau bergerak.

Seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (29/11), kamera ini memiliki lensa zoom FE 28-70mm f / 3.5-f / 5.6 OSS. Tak hanya itu, Sony Alpha A7 II ini juga diklaim sebagai kamera full frame terkecil dan paling ringan saat ini. Meski berukuran kecil, kemampuan kamera Alpha A7 II tak bisa dipandang sebelah mata.

Kehadiran sistem fitur 5 axis optical image stabilization membuat Sony mengklaim bahwa kamera Alpha A7 II ini mampu menetralkan tangan yang bergerak saat memotret hingga 4,5 stop.

Sony Alpha A7 II ini hadir dengan sensor full frame dengan resolusi 24,3 megapiksel yang didukung oleh kemampuan 117 poin phase dtection AF.

Selain untuk mengambil gambar, kamera Sony Alpha A7 II bisa digunakan untuk video dengan fitur yang sama. Kamera Sony Alpha A7 II baru tersedia di Jepang, namun pada bulan Desember mendatang kamera tersebut sudah bisa dibeli di Amerika Serikat. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 20 juta. (mg2/jpnn)

Hajar Filipina, Vietnam Juara Grup A

HANOI - Vietnam berhasil mengunci puncak klasemen Grup A Piala AFF 2014. Itu terjadi setelah Vietnam berhasil menekuk Filipina dengan skor 3-1 (1-0) di My Dinh Stadium, Jumat (28/11) malam WIB.

Vietnam membuka keunggulan lewat gol yang dijaringkan Thinh Ngo Hoang ketika pertandingan baru berlangsung sembilan menit. Skor bertahan hingga babak pertama berakhir.

Vietnam yang butuh kemenangan terus meningkatkan serangan di babak keda. Hasilnya, Vu Minh Tuan mampu menggandakan keunggulan saat babak kedua baru berlangsung enam menit.

Vietnam kian di atas angin setelah Pham Thanh Luong mencetak gol tujuh menit berselang. Filipina mencetak gol hiburan lewat gol yang dicetak Paul Mulders pada menit ke-60.

Kemenangan itu membuat Vietnam menduduki puncak klasemen dengan koleksi tujuh angka. Sementara, Filipina tetap lolos ke semifinal dengan status runner up setelah mengemas enam poin. (jos/jpnn)

Ditantang Fadli Zon, Ini Jawaban Mendagri

BOGOR - Mendagri Tjahjo Kumolo tak ingin gegabah menjawab pernyataan anggota DPR Fadli Zon yang memintanya mengklarifikasi pada publik bahwa server e-KTP berada di Indonesia yaitu di Kalibata dan Batam, bukan di luar negeri. Tjahjo menyatakan itu hak parlemen untuk memberikan pendapat.

Ya silakan, itu hak DPR memberikan pengawasan. Kalau Pak Fadli Zon mau sidak, itu hak beliau dalam fungsi pengawasan. Kami senang, kami terimakasih, mendapatkan saran kritik, ujar Tjahjo di Bogor, Jawa Barat, Jumat, (28/11).

Tjahjo menyatakan tetap pada pendiriannya dan menunggu hasil penyidikan di KPK terkait kasus e-KTP. Saran dari parlemen, kata dia, akan tetap dijadikan bahan masukan. Namun, ia meyakini KPK memiliki fakta-fakta bahwa kasus tersebut bisa terungkap.

Kalau memang pimpinan DPR mengatakan tidak ada masalah, kenapa KPK sampai melakukan berbagai penggeledahan, menetapkan orang-orang kami sebagai tersangka, berarti kan ada masalah. Ya dong, fair dong. Biar KPK yang menyelesaikannya, tegas Mendagri.

Sebelumnya diberitakan, Fadli Zon menyindir Tjahjo yang dianggap tak tahu menahu soal keberadaan server e-KTP. Bahkan, kata Fadli, server juga ada yang berada di kantor Kemendagri. Namun, politikus Partai Gerindra itu menduga, Tjahjo tidak memahami hal tersebut sehingga menyebut server berada di Tiongkok dan Prancis. (flo/jpnn)

Meski Menang, Indonesia Tetap Gagal

HANOI - Timnas Indonesia gagal mewujudkan ambisi lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014. Meski mampu menekuk Laos dengan skor 5-1 (2-1), Indonesia harus puas duduk di posisi ketiga klasemen akhir Grup A.

Dalam laga yang digeber di Hang Day Stadion, Jumat (28/11) malam WIB, Indonesia membuka keunggulan melalui sepakan keras Evan Dimas Darmono pada menit ke-28.

Ramdani Lestaluhu mampu menggandakan keunggulan Indonesia lewat golnya pada menit ke-20. Indonesia sempat bermain dengan sepuluh pemain setelah Supardi Nasir diusir pada menit ke-27.

Laos bisa menipiskan ketinggalan melalui eksekusi penalti Khampheng Sayavutthi semenit berselang. Namun, Pasukan Garuda mampu tampil trengginas pada paruh kedua laga.

Ramdhani mencetak gol kedua pada menit ke-50. Zulham Zamrun membuat Indonesia semakin tak terkejar lewat golnya pada menit ke-82. Kemenangan Indonesia ditutup lewat gol bunuh diri Ketsada Souksavanh tujuh menit berselang. (jos/jpnn)

Inggris Batasi Imigran Uni Eropa

LONDON - Inggris memperketat aturan imigrasi. Khususnya bagi para pendatang dari negara-negara Uni Eropa (UE). Jumat (28/11) Perdana Menteri (PM) David Cameron mengumumkan kebijakan baru imigrasi yang berpotensi memantik konflik dengan anggota UE tersebut. Tetapi, publik Inggris menyambut baik kebijakan itu.

Dalam pidatonya, pemimpin 48 tahun tersebut menyatakan bahwa Inggris bakal membatasi arus kedatangan imigran dari negara-negara anggota UE. Selama ini, sesuai dengan kesepakatan bersama, penduduk dari negara-negara anggota UE bebas keluar-masuk ke wilayah sesama negara anggota dan mencari kerja di sana.

Tetapi, dalam waktu dekat, Negeri Ratu Elizabeth itu akan menyetop kelonggaran tersebut. Imigran dari Eropa harus meninggalkan Inggris jika tidak mendapat pekerjaan setelah tinggal di sini selama enam bulan, tegas Cameron.

Selain itu, pemerintahannya tidak akan memberikan berbagai tunjangan kepada imigran dan keluarganya sebelum mereka menetap selama empat tahun. Sebab, tunjangan-tunjangan tersebut sering salah sasaran.

Berbagai tunjangan untuk imigran itu juga sering memantik protes publik Inggris. Sebab, tunjangan perumahan dan pajak justru membuat imigran betah tinggal di Negeri Ratu Elizabeth II tersebut. Pemerintah tidak akan lagi memberikan tunjangan kepada anak-anak imigran yang tidak tinggal di Inggris, papar Ketua Partai Konservatif tersebut.

Cameron mengungkapkan, kebijakan barunya tentang imigrasi itu merupakan jawaban atas keresahan publik Inggris terhadap arus kedatangan imigran yang makin deras. Saat ini jumlah imigran yang tinggal di Inggris tercatat mencapai 260 ribu orang. Tahun lalu angka tersebut masih berada di kisaran 182 ribu orang. Data menunjukkan, 45 ribu imigran Inggris adalah penduduk UE.

Tidak bisa disangkal bahwa paket kebijakan baru ini akan berdampak pada penyesuaian kesepakatan (dengan UE). Tapi, saya yakin kita bisa mendiskusikan semua itu, jelas Cameron. Dia sadar kebijakan tersebut bakal memantik kritik pedas dari negara-negara anggota UE yang lain. Sebab, sebelumnya Jerman memperingatkan Inggris tentang kebijakan tersebut.

Menjelang pemilu Inggris 2015, tensi politik di dalam negeri memang meningkat. Isu imigrasi menjadi senjata andalan oposisi untuk menyerang pemerintahan Cameron. Itu dikarenakan kebijakan imigrasi Inggris tidak populer. Partai Kemerdekaan Inggris Raya (UKIP) bahkan menyarankan pemerintah meninggalkan keanggotaannya di UE. Sebab, kesepakatan imigrasi UE justru membuat Inggris tidak nyaman.

Sejauh ini, Cameron masih memilih bertahan dalam UE. Namun, Inggris akan tetap mengutamakan kepentingan dalam negeri di atas kepentingan UE, khususnya terkait dengan kebijakan imigrasi. Jika sikap kita ini tidak didengarkan dan kita tidak bisa mempertahankan hubungan baik dengan UE, saya tidak akan diam saja, tandasnya Cameron.

Sebagai anggota UE, Inggris terikat pada kesepakatan bersama yang disebut freedom of movement. Berdasar kesepakatan itu, Inggris harus mempersilakan warga dari negara anggota UE masuk dan bekerja di wilayahnya sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Saya sudah mengatakan bahwa Inggris keberatan. Keberatan itu pun masuk akal. Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak mendengar kami, tegasnya. (AP/AFP/BBC/hep/c19/ami)

Ada Skenario Pecah Belah Parpol KMP

JAKARTA - Aroma skenario memecah belah partai-partai oposisi oleh pemerintah makin menguat. Kecurigaan itu diungkapkan oleh Politisi Demokrat Farhan Effendy. Dia mengaku khawatir dengan langkah politik yang diduga ujungnya akan membentuk pemerintahan otoriter.

Hal tersebut terlihat dari pecahnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan yang saat ini dengan munculnya kisruh di Partai Golkar. Saya mencurigai ada semacam operasi memecah semua parpol yang sedang beroposisi. Jika ini benar, saya kira fenomena politik dan kekuasaan ini sudah mengarah pada lonceng kematian demokrasi, ujar Farhan di Gedung DPR, Senayan.

Sikap itu, menurut Farhan, bisa mengakibatkan kemunduran demokrasi, jika cara-cara ini dijadikan strategi politik pemerintah dalam menciptakan situasi politik yang diinginkannya. Tanda-tanda lampu kuning bagi demokrasi sudah menyala, dan hal ini tentu akan direspon secara kritis oleh rakyat, ujarnya.

Watak-watak otoriter, lanjut Farhan, juga mulai terlihat muncul. Hal itu terlihat dari kebijakan dan langkah menteri-menterinya yang menjurus kepada upaya mematikan demokrasi. Belum selesai kontroversi kebijakan Menkumham terhadap kericuhan dan perpecahan PPP, kini Menkopolhukam membuat statement yang tidak waras, yakni melarang Golkar melakukan munas di Bali, tegasnya.

Gejala ini, kata Farhan, adalah kecenderungan para pejabat dan penguasa yang suka menggunakan kekuasaanya untuk tampil menindas, mengebiri dan mengarahkan semua unsur masyarakat sesuai dengan kehendak dan kepentingannya.

Apalagi latar belakang presiden dan ara menterinya kebanyakan bukan pejuang demokrasi dan pembela rakyat. Mereka kurang paham dan sensitif dalam memaknai keberadaan demokrasi, ujar Sekretaris DPP Partai Demokrat ini. (dms)

Penghulu Terima "Amplop" Diancam Pidana

JAKARTA - Kementerian Agama tak lagi segan memberikan sanksi pidana bagi para petugas pencatat nikah (PPN) atau penghulu yang terbukti nakal. Yakni para penghulu yang diketahui menerima uang jasa dari keluarga calon pengantin.

Inspektur Jenderal Kementerian Agama, M Jasin mengatakan gratifikasi yang terjadi di kalangan penghulu terus menjadi persoalan serius. Tindak gratifikasi itu tidak dapat ditoleransi. Perlu penindakan yang efektif diberlakukan bagi penghulu nakal.

Aturan dan sanksinya sudah disiapkan. Peraturan pemerintahnya sudah ada, Peraturan Menteri Agama juga ada. Jadi sudah jelas sanksinya, ujar M Jasin kepada Indopos (Grup JPNN), di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (29/11).

Dia menyebut, PP No. 48 Tahun 2014 tentang Tarif atas Jasa PNBP sudah berlaku. Diperjelas pula melalui PMA No 24 Tahun 2014 tentang Pengelolaan PNBP atas Biaya Nikah dan Rujuk di luar Kantor Urusan Agama. Seluruh aturan itu mengatur terkait hak yang diterima penghulu.

Menurutnya regulasi itu harus terus disosialisasikan. Masyarakat perlu mengetahui persis mengenai biaya nikah yang dikenakan. Termasuk perihal lain yang diperlukan dalam peristiwa nikah. Masyarakat harus sadar tidak boleh lagi memberikan uang amplop pada penghulu. Cukup sekali biaya saja, tegasnya.

Itu pun, lanjut M Jasin hanya dikenakan bagi pernikahan yang dilakukan di luar kantor KUA. Dengan biaya nikah yang telah diatur sesuai PP No 48 Tahun 2014 sebesar Rp. 600 ribu. Uang tersebut disetorkan melalui bank.

Dengan regulasi tersebut, dia memastikan tugas penghulu yang melakukan kegiatan di luar jam kerja telah mendapat perhatian pemerintah. Melalui pemberian uang transport dan uang jasa profesi yang dilegalkan. Artinya kan tidak ada lagi alasan bagi penghulu menerima uang nikah di luar. Karena negara telah memberikannya secara terukur, paparnya.

Direktur Urais Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muchtar Ali menambahkan pembayaran honor penghulu nikah sudah dapat dicairkan. Setelah terbitnya surat edaran Dirjen Bimas Islam terkait pembayaran honor bagi Petugas Pencatat Nikah.

Surat edaran tersebut diajukan melalui Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) ditingkat kabupaten dan kota. Sehingga biaya nikah yang sudah disetorkan calon pengatin melalui bank dapat segera dikucurkan bagi hak penghulu.

Jadi memang sudah tidak ada lagi pungutan apapun pernikahan. Cukup bayar Rp 600 ribu bagi calon pengantin, imbuhnya. (rko)

Kasus HAM Belum jadi Prioritas Jokowi

BOGOR - Penuntasan sejumlah kasus HAM masa lalu belum akan selesai dalam waktu dekat. Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan, selain sejumlah berkas perkara masih harus diperbaiki, Presiden Joko Widodo dalam arahannya juga belum menjadikan kasus HAM sebagai prioritas penuntasan hukum.

Saat pertemuan dengan agenda pengarahan presiden kepada para kepala kejaksaan tinggi (kajati) seluruh Indonesia, kemarin, jaksa agung sempat menyinggung tentang progres penanganan tujuh kasus HAM dalam paparan awalnya. Kasus-kasunya adalah penghilangan aktivis secara paksa 1998, kerusuhan Mei 1998, Talangsari, Wasior dan Wamena, Trisakti, Semanggi I dan II, serta penembakan misterius.

Beliau (Presiden Jokowi) sudah mengatakan tadi, fokus kita belum ke sana. Itu juga tidak mudah dong. Saksi-saksinya, pelakunya sebenarnya siapa, itu harus dicari. Kita mau nya gitu, tapi menangani perkara hukum kan tidak bisa grusa-grusu, kata Prasetyo usai pertemuan di Istana Bogor, Jumat (28/11).

Meski demikian, dia menambahkan kalau belum dijadikannya penanganan kasus HAM sebagai fokus itu bukan berarti presiden menganggap hal tersebut belum urgen.

Tapi ada tahapan-tahapannya, ini kan tadi begitu banyak garapan yang kami sampaikan, imbuh mantan jaksa agung muda tindak pidana umum (jampidum) tersebut.

Presiden Jokowi juga mengakui kalau penanganan kasus HAM belum menjadi prioritas utama. Dari tiga prioritas kasus yang dia sebut, penangananan HAM ada di urutan berikutnya setelah korupsi dan narkoba. Belum, nanti kan tiap 3-4 bulan akan ada pertemuan, kata presiden. (flo/jpnn)

Firman Utina Isyaratkan Pensiun dari Timnas

HANOI - Penampilan cemerlang pemain muda seperti Evan Dimas Darmono, Ramdani Lestaluhu, dan Manahati Lestusen saat Indonesia mencukur Laos 5-1, Jumat (28/11), membuat para pemain senior mulai tahu diri.

Mereka mengucapkan, lebih baik tim nasional ke depan diisi oleh para pemain muda yang berpotensi dari pada pemain-peman senior yang sudah dimakan usia. Itu agar regenerasi terus berjalan dan tidak sampai mati.

Seusai laga melawan Laos, kapten tim nasional Indonesia, Firman Utina adalah salah satu yang mengatakan itu saat dimintai komentarnya mengenai hal tersebut. Dia malah langsung berani berkata bahwa kariernya di timnas sudah cukup.

Pemain Persib Bandung itu mengatakan bahwa para pemain muda sudah menunjukkan bukti di laga melawan Laos kemarin. Teman-teman yang lebih muda sudah siap. Lebih baik mereka saja yang lebih banyak diberi waktu sekarang. Kita lihat saja nanti. Tapi nampaknya saya sudah cukup, jelas pemain 33 tahun itu sambil bergegas ke bis timnas.

Lain Firman, lain halnya Christian Gonzales. Pemain yang menjadi pemain tertua di skuat timnas merah putih itu menyatakan bahwa dirinya akan berusaha selalu menjaga kondisi selama dirinya masih menjadi seorang pesepak bola professional.

Selama masih bisa lari saya akan terus latihan, jelasnya. Setelah ini, saya fokus untuk menjaga kondisi untuk bermain bagi klub saya. Jika timnas masih membutuhkan, tentu saya siap, jelas pemain berusia 39 tahun itu. (irr)

Komding Ringankan Dua Putusan Komdis

JAKARTA-Komisi banding PSSI selesai menggelar sidang banding atas dua kasus yang diajukan pada pekan lalu. Hasilnya, Komisi yang diketuai oleh M Firdaus itu, menerima banding dari dua kasus tersebut.

Kasus pertama, adalah banding dari anggota Panpel Persipura Jayapura, Yafet sibe dan Stevy Lopulala. Sebelumnya, keduanya, dihukum larangan beraktivitas di sepak bola seumur hidup setelag terlibat insiden pencekikan terhdap pemain Arema Cronus.

Kami terima bandingnya, karena dia bukan pelaku aktif dalam insiden tersebut, kata Juru bicara Komding, Alfred Simanjuntak, tadi malam.

Dengan banding yang diterima, hukuman kedua orang tersebut berubah menjadi masa percobaan selama satu tahaun. Artinya, jika berulang dilakukan perbuatan mencekik pemain Arema Cronus dalam setahun ke depan, maka hukuman larangan aktivitas seumur hidup itu berlaku.

Kasus kedua adalah protes di partai final Piala Pertiwi, Oktober lalu. Dimana, tim papua I dianggap menggunakan pemain tidak sah sehingga disanksi seluruhnya. Karena merasa tidak tahu, sang pealtih Robby maruanaya melakukan banding.

Kami sudah menggali keterangan dan pelatih baru masuk setelah manajemendan tim terbentuk, jadi dia tidak terlibat dalam kasus ini karena tidak tahu menahu, cetus Albert.

Robby sebelumnya disanksi larangan beraktivitas di sepak bola selama satu tahun plus 25 juta denda. Dengan putusan itu, dia bebas dari sanksi tersebut. Hanya, ada syaratnya karena Komding memberi hukuman masa percobaan, jika sampai terlibat di tim yang kembali memainkan pemain tidak sah selama setahun ke depan, maka sanksi itu berlaku.

Saat disinggung kasus sepak bola gajah, Albert memastikan jika pihaknya belum menerima berkas banding dari PSS Sleman maupun PSIS Semarang. Andai sudah menerima, lanjut dia, pasti tadi malam, kasus tersebut juga akan dibahas oleh dia dan tiga anggota Komding lainnya.

Kami tunggu sampai Senin (8/12). Jika belum masuk, maka itu dipastikan tidak bsai dibanding. Karena sudah melebihi batas toleransi masa pengajuan banding, ungkapnya.

Masa pengajuan banding terhitung 14 hari setelah keputusan Komdis keluar. Karena berkas belum juga sampai ke klub, maka ada waktu tambahan untuk pemain dan ofisial dari PSS dan PSIS untuk melakukan banding. (aam)

Soal Raker dengan Pemerintah, DPD Lebih Maju Ketimbang DPR

BOGOR - Perseteruan antara Koalisi Indonesia Hebat dengan Koalisi Merah Putih (KMP) di DPR RI seolah menjadi berkah tersendiri bagi Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sebab, DPD justru sudah bisa menggelar rapat kerja dengan para menteri di Kabinet Kerja. Sementara DPR justru belum sekalipun menggelar raker dengan menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Wakil Ketua DPD, Farouk Muhammad menyatakan, tidak ada rekayasa dari lembaga tinggi negara tempat para senator itu untuk menghadirkan para menteri guna rapat kerja. Menurutnya, kehadiran para menteri dalam rapat kerja merupakan wujud penghormatan pemerintah atas undangan dari DPD.

Tak ada rekayasa, DPD bisa menghadirkan menteri. Semua karena program yang sudah terjadwal, kata Farouk dalam acara temu wartawan untuk memaparkan Penyusunan Program Legislasi Nasional dan RUU Usulan DPD di Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/11).

Farouk menjelaskan, setelah pembentukan semua alat kelengkapan di DPR tuntas maka para senator pun langsung bekerja dan menggelar rapat dengan beberapa kementerian yang menjadi mitranya. Sudah 17 menteri hadir memenuhi undangan raker di DPR. Artinya itu sudah hampir separuh menteri telah memenuhi undangan DPD, katanya.


Bahkan pada Rabu (26/11) ada tiga menteri hadir pada rapat kerja ke DPD. Antusiasme menteri menggelar raker dengan DPD juga bisa dilihat. Misalnya, saat DPD menggelar raker dengan Mendagri Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

Saya pikir rakernya cuma dua atau tiga jam. Ternyata sampai enam atau tujuh jam. Saya tak menyangka juga pemerintah seantusias itu, ucapnya.

Karenanya Farouk tak heran bila DPD justru dianggap lebih baik ketimbang DPR. Meski demikian, lanjut Farouk, DPD tidak boleh terbuai hanya pada penilaian positif. Pasalnya, DPD dilahirkan untuk mengemban amanat rakyat selama 5 tahun.

Tentunya tidak produktif jika penilaian positif itu hanya pada awal-awal masa tugas DPD, terutama ketika DPR sebagai partner di parlemen masih terbelit masalah, katanya.(fas/jpnn)

Susahnya Meniti Karir Internasional

PENYANYI Agnes Monica yang kini dikenal dengan sebutan panggung Agnez Mo akhirnya kembali ke tanah air. Setelah menjalani promo melelahkan di Amerika Serikat untuk single internasional pertamanya, Coke Bottle.

Menurutnya, tidak mudah untuk memulai karir di AS. Apalagi untuk tetap mempertahankan karir musiknya di pusat industri musik dunia.

This is really not a sprint! This is a marathon. And it is difficult, it is hard. Its supposed to be difficult, ungkap Agnes di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, kemarin.

Meski sulit, namun Agnes melaluinya dengan penuh semangat. Karena dia sadar bahwa mencapai level internasional sudah menjadi cita-citanya sejak lama.

Dan ketika akhirnya tercapai, Agnes tidak mau membuang kesempatan itu sia-sia. Justru karena susahnya itu makanya saya belajar untuk menghargai proses. Then i learned how to appreciate the outcome of it, the result, ucapnya penuh semangat.

Dengan apa yang dia raih saat ini, Agnes pun sadar tidak mudah untuk mempertahankan karirnya itu. Ada banyak pesaing yang sudah mengintai dan siap untuk menjatuhkan.

Apa yang saya dapat sekarang bukan hanya kepercayaan atau faktor keberuntungan. Tetapi bagaimana, saya berusaha sekuat tenaga menetapkan rencana dan selalu fokus, yakinnya.

Karena sadar akan hal itu, Agnes pun mencoba selalu belajar. Belajar dari yang lebih hebat dari dirinya.

Read more, watch more, learn, study. Take language courses, take any courses that elevate your skill, papar penyanyi kelahiran Jakarta, 1 Juli 1986 itu.

Bahkan untuk mempertahankan kemampunya di dunia musik, Agnes mengaku masih tetap belajar. Bahkan pendidikan tersebut mulai diseriusinya kembali sejak tiga tahun yang lalu.

Saya tidak pernah berhenti untuk belajar menyanyi, tukasnya. (ash)

Banjir Sudah Muncul, Warga Kota Manado Galau

MANADO - Curah hujan yang tinggi di Kota Manado, kemarin, menyebabkan beberapa daerah di Manado terserang banjir .

Dari pantuan, Kelurahan Singkil Wenang, Paal II, Sario, Tuminting dan Banjer merupakan langganan banjur, hingga membuat warga mengeluh.

Menurut Marthen Golonda, warga Kelurahan Tuminting mengatakan bahwa pemerintah harus melihat kekurangan yang ada di Manado.

Kami setiap turun hujan pasti selalu was-was. Karena takut banjir. Pemerintah jangan tutup mata, kami sangat tersiksa karena drainase dal saluran yang buruk. Kan banyak penyakit bisa terjangkit kepada masyarakat, keluhnya.

Senada, Marsye Tulung, warga dekat taman budaya mengeluhkan, setiap hujan pasti terjadi genangan air. Kan selain meresahkan, kejadian tersebut dapat berakibat fatal, seperti kecelakaan dan lain sebagainya, singkatnya.

Sementara itu, Pengamat Lingkungan, Wiske Rotinsulu, mengatakan buruknya drainase dan saluran di Manado dapat mengakibatkan banjir .

Apalagi, pasca bencana, banyak drainase yang rusak dan tertutup lumpur serta sampah. Pemerintah seharusnya berperan aktif dalam hal ini. Sebab, untuk menanggulangi bencana alam berupa banjir, revitalisasi dan pengerjaan drainase harus secepatnya dilaksanakan, tuturnya.

Lanjutnya, mengatasi hal tersebut, warga juga dituntut aktif. Misalnya camat, lurah dan kepala lingkungan di daerah masing-masing menggelar kerja bakti masal, untuk membersihkan selokan-selokan. Ini kan bagus juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir, bebernya saat dihubungi via ponsel, tadi malam.

Terpisah, Kabid Perkotaan Dinas PU Manado Peter Alexander Eman mengatakan, sementara ini pihaknya terus melakukan pembenahan drainase dan saluran-saluran.

Dan diharpakan bagi masyarakat untuk ikut berperan merawat drainase dan saluran air. Minimal dengan jangan buang sampah sembarangan. Karena itu penyebab utama tersumbatnya drainase dan saluran tersebut, tegasnya. (ctr-04/ian)

Bursa Cawagub Memanas, Dukung Boy Dampingi Ahok

BURSA calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta untuk mendampingi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mulai memanas. Berbagai persepsi dan penilaian bermunculan seiring dengan momentum Ahok akan menyerahkan sejumlah nama calon yang akan diusulkan ke presiden.

Namun menjelang Ahok menentukan figur cawagub, terjadi peningkatan eskalasi politik. Sebab nama-nama yang dimunculkan Ahok tidak sesuai dengan harapan kalangan politisi.

Kendatipun pengusulan nama calon wakil gubernur merupakan hak gubernur, namun kalangan politisi di Kebon Sirih lebih condong mendukung figur Boy Bernadi Sadikin ketimbang Sarwo Handayani.

Bahkan sejumlah anggota dan pimpinan DPRD DKI Jakarta secara terang-terangan mengungkapkan dukungan ke salah satu calon.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana mengatakan, semestinya Ahok menjatuhkan pilihan untuk calon wakil gubernur kepada Boy Bernadi Sadikin. Hal itu diyakini bisa menciptakan harmonisasi bagi semua pihak.

Menurut politisi asal PKS itu, figur Boy Sadikin bisa membantu Ahok membenahi birokrasi. Terlebih lagi Boy pernah menjabat wakil ketua DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014.

Pastinya dia (Boy) sangat mengerti peta politik di Jakarta. Bisa menjembatanii dewan dengan eksekutif, kata Triwisaksana, kemarin (28/11).

Meski demikian, sambung pria yang akrab disapa Sani, jika merujuk ke pasal 168 ayat 1 poin C Perppu, maka Jakarta bisa mempunyai 2 orang wakil gubernur. Suatu provinsi dengan jumlah penduduk di atas 3-10 juta jiwa dapat memiliki 2 orang wakil gubernur.

Tapi terserah Basuki saja, yang penting dia confident dengan pilihannya. Jangan terpengaruh kanan-kiri, tandas dia.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menegaskan, Boy Sadikin figur yang paling sederhana di antara nama-nama calon wagub yang sering disebut-sebut belakangan ini. Bahkan Boy diyakini mampu memahami seluruh persoalan yang dialami Jakarta.

Sedangkan dari sisi internal PDI Perjuangan di Jakarta, konbtribusi Boy sangat menonjol. Di saat kepemimpinannya, partai berlambang banteng di DKI berhasil merebut 3 kemenangan sekaligus. Yakni pilkada, pemilu legislatif, dan pilpres.

Kontribusi dari sosok Boy terhadap partai sudah kelihatan. Artinya tidak terlalu berlebihan juga ketika partai memberikan hadiah, misalnya seperti itu. Partai sudah menyodorkan Boy sebagai calon gubernur, itu segala sisi sudah di hitung oleh partai, tutur Gembong.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemdagri) Djohermansyah Johan mengatakan, penyusunan verbal Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, telah rampung.

Kini draft tersebut sudah di tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Bila tak ada halangan, PP tersebut ditandatangani oleh presiden. PPnya sudah ada. Rencananya hari ini ditandatangani Presiden, kata Djohermansyah.

Dengan ditandatanganinya PP tersebut, maka kemdagri bisa merekomendasikan mekanisme pemilihan atau pengisian jabatan wakil gubernur DKI Jakarta. Sehingga Gubernur DKI Jakarta memiliki landasan hukum yang kuat dalam memilih pendampingnya.

Sehingga tidak ada lagi keraguan sedikit pun dari pihak DPRD untuk menerima rekomendasi tersebut karena sudah ada PP. Namun Djohermansyah mengaku, belum mengetahui secara garis besar dari isi PP tersebut. (wok)

Ngunduh Mantu Raffi-Gigi Juga Disiarkan Live

PASANGAN selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina belum selesai membuat heboh dengan rangkaian pernikahan yang berbiaya fantastis dan ditampilkan live melalui dua stasiun televisi.

Kini, giliran rencana acara ngunduh mantu dalam ritual adat Jawa yang juga bakal disiarkan Live, Desember mendatang.

Harinya sih belum tahu kapan. Tapi, bulannya sudah pasti Desember, ujar Amy Qanita, ibunda Raffi Ahmad di Studio AD, TB Simatupang, Jakarta Selatan, kemarin.

Seakan tidak mau kalah dengan proses akad nikah dan resepesi di Bali, ritual pindah rumah bagi seseorang yang telah memiliki keluarga tersebut akan disiarkan secara live di beberapa stasiun televisi. Sepertinya iya, ucapnya singkat.

Namun, Amy menegaskan, pesta tersebut tidak dikemas semegah seperti pesta sebelumnya. Dalam pesta itu hanya ada beberapa undangan yang akan hadir, diantaranya mereka yang tidak bisa menghadiri akad nikah dan resepsi yang dilakukan putranya di Bali.

Enggak lah, lebih ke keluarga saja. Teman-teman dan keluarga di Bandung yang belum diundang, akan diundang, katanya.

Mengigat rumah orang tua Raffi terlalu kecil, ritual itu pun tidak dilakukan dengan menyewa sebuah gedung. Nggak di rumah, yang pasti ditempat lain. Di gedung sepertinya, karena rumah saya terlalu kecil, akunya blak-blakan.

Karena Raffi berasal dari Sunda dan Gigi dari Jawa, konsep acara ngunduh mantu akan dipadukan dengan dua adat itu. Pastinya kita gunakan secara adat. Nanti ada adat Jawa dan Sunda, jelasnya

Kedua keluarga pun telah menyepakatinya, termasuk menantunya Gigi. Semua kesepakatan bersama. Gigi juga nggak keberatan, tegasnya.

Mengenai posisi tempat tinggal Raffi-Gigi sekarang, Amy mengakui bahwa keduanya tidak tinggal bersamanya. Raffi masih tinggal di apartemen. Gigi nggak dibolehkan pergi dulu dari ibunya, jelasnya.

Amy pun mengaku sepi sejak Raffi-Gigi menikah. Suasananya sih yang beda. Dulu masih bisa ngumpul, melihat Raffi di rumah. Sekarang cuman telepon, kalau moment ketemu paling di lokasi syuting, ceritanya.

Meski begitu, Amy tidak mempermasalahkan. Menurutnya itu hak keduanya, karena mereka kini sudah membina rumah tangga.

Yang penting Gigi cepat kasih momongan, Bukan saya saja, Gigi juga sudah pingin sekali. Mudah-mudahan cepat dikasih, tutupnya. (ash)

Ayah Berkelahi dengan Pemerkosa Anaknya

PAGUAT - Aksi pencabulan kembali terjadi di Kecamatan Paguat, Gorontalo. Kali ini salah seorang peranggang PS alias Pengki (20) warga Desa Bilungala, Kecamatan Bone Pantai yang mencabuli Bunga (Samaran) yang masih berusia 14 tahun.

Informasi yang berhasil dirangkum awak Gorontalo Post (Grup JPNN), kejadian tersebut terjadi pada Minggu (23/11). Awalnya sekitar pukul 08.00 Wita, orang tua bunga pada saat itu pergi ke kebun. Pada saat itu, yang berada di rumah tinggallah Bunga sendiri.

Tiba-tiba saja, Pengki datang ke rumah Bunga yang terletak di Desa Molamahu, Kecamatan Paguat. Pada saat berada di rumah Bunga, Pengki menemukan Bunga pada saat itu sementara menyapu di dalam rumah.

Saat bertemu dengan Bunga, Pengki berkehendak menyampaikan sesuatu dan menarik tangan bunga ke dalam kamar. Suasana yang sunyi itu pun dimanfaatkan Pengki untuk melancarkan aksi bejatnya.

Pada saat berada di dalam kamar, tiba-tiba saja tubuh Bunga didorong hingga jatuh keatas tempat tidur. Perlakuan Pengki itu pun mendapatkan perlawanan dari Bunga. Namun apa daya, tubuh kekar Pengki langsung berada tepat diatas Bunga.

Upaya demi upaya yang dilakukan oleh Bunga pun sia-sia. Bahkan mulut Bunga ditutup oleh Pengki dengan tangannya, karena Bunga pada saat itu hendak meminta pertolongan kepada masyarakat lain.

Tak berselang lama, ayah Bunga tiba-tiba saja pulang dan memergoki Pengki yang pada saat itu sedang berada di dalam kamar bersama Bunga. Melihat anaknya hendak dicabuli, ayah Bunga pun langsung menarik Pengki.

Perkelahian pun tak bisa dihindari antara Pengki dan ayah Bunga. Namun ketika terkena bogem mentah, Pengki pun mengambil langkah seribu untuk mengamankan diri.

Kejadian itu pun secepatnya dilaporkan oleh ayah korban kepada aparat penegak hukum. Pihak satuan reskrim Polsek Paguat langsung melakukan pencarian terhadap Pengki dan menemukannya bersembunyi di Desa Maleo.

Kapolsek Paguat, AKP Muchtar I Pakaya menjelaskan, tersangka telah ditahan, dijerat dengan UU tentang perlindungan anak.

Saat ini kami sedang melengkapi berkas perkara. Jika sudah lengkap, maka akan secepatnya akan kami limpahkan ke Kejaksaan Negeri, pungkasnya. (kif)

Personel TNI Terjaring Operasi Zebra Tetap Ditindak

GUNUNGPUYUH - Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Diki Budiman yang baru serah terima jabatan dengan kapolres sebelumnya AKBP Hari Santoso belum lama ini, langsung memantau operasi zebra di Tugu Kota Paris Jalan Akhmad Sanusi Kota Sukabumi, kemarin (28/11).

Berdasarkan hasil pantauannya, jumlah pengendara yang terkena tilang disinyalir meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kepada wartawan Diki mengatakan, hingga hari ketiga operasi zebra kemarin, ada kenaikan jumlah pengendara yang terkena razia sekitar 30 persen, dibanding 2013. Berdasarkan catatan Satlantas Polres Sukabumi Kota, sekitar 600 pengendara terkena razia yang mayoritas merupakan pengendara roda dua.

Hingga hari ini, jumlahnya pengendara yang terkena razia mengalami peningkatan, ujar mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Jabar ini.

Diki menambahkan, mayoritas warga terkena tilang lantaran tidak menggunakan helm. Padahal, hal tersebut menurutnya penting untuk mencegah dampak serius kecelakaan lalu lintas.

Mereka yang terkena tilang langsung diproses, selanjutnya penanganan dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kota Sukabumi, imbuhnya.

Lebih lanjut Diki mengatakan, dalam operasi zebra kali ini kepolisian mendapat bantuan sejumlah personel dari Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) Sukabumi. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penanganan terhadap anggota TNI yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Itu khusus untuk pelanggar dari anggota TNI, kata dia.

Sementara itu, Dandim 0607, Letkol (Arm) Saripudin yang juga hadir di lokasi operasi zebra mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapati anggota TNI yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Jika ada, pihaknya akan melakukan tindakan disiplin administratif. Tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, paparnya. (mvi/d)

6.200 Ton Daging Ayam untuk Natal

MANADO - Daging ayam tetap jadi primadona saat hari raya besar keagamaan. Lihat saja untuk natal tahun ini, Sulut butuh 6.200 ton daging ayam. Kebutuhan ini melonjak 3 kali lipat, di mana pada keadaan normal kebutuhan per bulan hanya sebesar 1.500 ton.

Kepala Disperindag melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Hanny Wajong mengungkap, tiap tahun kebutuhan daging ayam di Sulut saat natal memang melonjak. Bahkan, lebih besar dari permintaan saat Hari Raya Idul Fitri.

Dikatakannya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tersedia stok sebanyak 7.280 ton. Jadi memang kelihatan bahwa saat ini persediaan dalam keadaan surplus, kata Wajong.

Pun bila nantinya terjadi kondisi di luar dugaan seperti kekurangan stok, pihaknya akan mengatur strategi dengan menyuplai stok dari luar daerah. Biasanya dari Jawa dan Sulteng, ucap Wajong.

Untuk menjamin kesehatan ayam pihaknya terus berupaya memantau ke pasar-pasar tradisional yang ada di kota Manado.

Dengan distributor juga telah diadakan pertemuan. Karena stok aman jadi kami telah menegaskan untuk jangan lagi menaikkan harga sepihak, cetusnya.

Wajong sendiri berharap agar konsumen tetap cerdas memilih produk-produk yang layak konsumsi.

Sementara berdasarkan pantauan di beberapa pasar tradisional harga daging ayam masih terbilang normal yakni Rp26.000 perkilo.Stok masih dalam keadaan aman. Permintaan juga belum melonjak, ujar beberapa pedagang saat ditemui kemarin pagi.(MP)

Empat Siswi SMK Ikut Pesta Miras, Tiga Berhasil Kabur

MANADO - Tujuh siswa diciduk petugas Polsek Wanea karena kedapatan pesta minuman keras (Miras) dan ehabond di Jalan Tonsawang, Nomor 6, Kelurahan Karombasan Utara, Kecamatan Wanea, Jumat (28/11), sekira pukul 15.10 Wita.

Yakni, enam siswa SMP N 4 Manado, SL alias Sefa (16), MM alias Meyi (14), IT alias Inki (14), AL alias Alo (14), MW alias Marsel (13), ES alias Eli (13); serta satu siswi SMK N 1 Manado, IR alias Intan (15).

Menurut ALo, mereka disuruh membeli Miras dan ehabond oleh tiga siswi SMK N 1, yakni FR alias Fefna (15), RU alias Rudia (16), dan LI alias Lia (16).

Waktu itu kami berada di warung depan sekolah sambil menunggu hujan berhenti. Kemudian tiga cewek SMK memanggil kami untuk ke tempat kos mereka,┬Łtuturnya saat ditemui di Polsek Wanea.

Senada, menurut Sefa, tiga siswi SMK N1 tersebut berhasil melarikan diri sebelum polisi datang. Mereka sudah lari sebelum polisi menangkap kami, tambahnya.

Sementara itu, Kepala SPKT Polsek Wanea Aiptu S Pangulimang mengatakan, penangkapan ini berdasarkan laporan warga.

Kami sementara melakukan penyelidikan dan kami akan memberikan pelajaran terhadap para siswa tersebut, singkatnya. (tr-07/ian)

Tolak Dites Lagi, Minta Prioritaskan Honorer K2 Tua

JAKARTA - Forum Honorer Indonesia ( FHI ) menolak kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi yang akan menggelar tes lagi bagi para honorer kategori dua (K2) yang gagal tes CPNS November 2013.

Ketua Dewan Pembina FHI, Hasbi, mengatakan, mestinya pemerintah belajar dari kasus tes CPNS dari honorer K2 sebelumnya, yang terbukti banyak honorer bodong malah lolos seleksi.

Seharusnya pemerintah tidak mengulangi kesalahan dalam carut marutnya proses seleksi honorer K2 yang lalu di mana sampai hari ini menyisakan masalah, ujar Hasbi kepada JPNN kemarin (28/11).

Alasan lain, kebijakan Yuddy Chrisnandi bakal menabrak PP Nomor 56 Tahun 2012 yang mengamanatkan hanya satu kali dilakukantes secara nasional bagi honorer.

Selain itu juga pemborosan anggaran negara untuk membiayai tes tenaga honorer disaat pemerintah tengah melakukan penghematan di semua lini, imbuh Sekjen FHI Eko Imam Suryanto.

FHI meminta pemerintah mengangkat honorer K2 menjadi CPNS dengan pertimbangan keadilan dan kemanusiaan. Yakni pengangkatan tenaga honorer berdasarkan masa kerja, usia dan diangkat secara bertahap.

Jika pemerintah melaksanakan tes lagi maka tidak akan meyelesaikan permasalahan tetapi justru memperpanjang dan membuat masalah baru karena kompleksnya permasalahan tenaga honorer, ujar Eko.

Diberitakan sebelumnya, Yuddy Chrisnandi mengaku tengah merancang skema penanganan honorer K2 yang tidak lulus tes. Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan menggelar tes lagi. Hanya honorer K2 yang lolos tes yang bisa diangkat menjadi CPNS.

Meski belum memastikan metodenya seperti apa, namun Yuddy sudah mengisyaratkan hanya honorer K2 yang lulus tes bisa diangkat CPNS. Bagi yang tidak lulus, bisa diangkat namun melalui tes CPNS lagi.

Sedang kita rumuskan dan saya pelajari mekanisme rekruitmen pegawai sesuai dengan aturan UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang jelas, bagi honorer yang tidak lulus harus tes lagi untuk bisa jadi CPNS, tegas Yuddy kepada sejumlah honorer yang tergabung dalam Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) di Kantor KemenPAN-RB, Kamis (27/11).

Mengenai data verifikasi dan validasi honorer K2 yang sudah dimintakan ke daerah, lanjut Yuddy, akan dijadikan dasar untuk nama-nama yang bisa ikut tes CPNS.

Sedangkan honorer K2 yang bila dalam tes nanti tidak lulus juga, Yuddy menyerahkannya kepada masing-masing pemda. Apakah akan tetap dipekerjakan atau diberhentikan namun mendapatkan kompensasi.

Kalau sudah beberapa kali tes selalu gagal dan usianya sudah lanjut ya pemdalah yang ngurus. Kan pemda yang angkat mereka, kata Yuddy. (sam/jpnn)

Dibekuk di Bandara Soetta Kemungkinan Jaringan Asahan

JAKARTA - Pengamanan di Bandara Kualanamu kebobolan. Anggota sindikat pengedar sabu berinsial MBR, 26, berhasil terbang dari Kualanamu dengan menumpang Lion Air ke Jakarta, Rabu (26/11).

Hanya saja, petugas Avsev Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengendus koper milik salah satu penumpang saat melewati X-Ray. Setelah dibuka, koper berisi sabu seberat 1,3 kilogram dalam 10 kantong plastik. Barang haram senilai miliaran itu disembunyikan dalam bungkus teh China.

Aparat Polres Bandara Soetta pun menggelandang MBR dan istrinya N, 24, kaget dan langsung pingsan. Rencananya, pasangan yang baru menikah ini akan berbulan madu di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terkait kasus ini, Juru Bicara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto meyakini, pelaku merupakan bagian dari jaringan internasional yang melibatkan anggotanya di Tanjung Balai Asahan.

Saya kira itu barang dari Malaysia, yang dikirim melalui Tanjung Balai Asahan, ujar Sumirat kepada JPNN kemarin (28/11).

Dikatakan, wilayah Sumut, khususnya Tanjung Balai Asahan, masih menjadi pintu masuk utama narkoba dari Malaysia. Seperti kita tahu, bulan lalu kita tangkap beberapa anggota jaringan Tanjung Balai Asahan itu. Dan sebelumnya lagi, ada orang Jakarta yang mengambil barang dari sana (Tanjung Balai Asahan, red), yang merupakan kiriman dari Jakarta, ulas Sumirat.

Terkait bobolnya X-Ray di Bandara Kualanamu, Sumirat tidak berani berspekulasi. Hanya saja, lanjutnya, ada kalanya petugas di bandara keberangkatan sudah mencium adanya barang haram itu dan lantas berkoordinasi dengan petugas di bandara tujuan agar dilakukan penangkapan.

Kita pernah melakukan cara itu, lolos di Entikong, lantas kita sergap saat di bandara tujuan. Itu strategi saja, kata Sumirat.

Berdasarkan keterangan Kasat Narkoba Polres Bandara Soetta Kompol Guntur M Thariq, pasangan MBR dan N itu hanya transit saja di Bandara Soetta, dengan tujuan ke Balikpapan.

Saat melintas X-Ray koper patut dicurigai sehingga petugas melakukan pemeriksaan secara mendalam dan teliti, kata Guntur. Setelah pihaknya memastikan barang bawaan itu narkotika berdasarkan hasil uji lab, tersangka MBR dan istrinya langsung diamankan.

Mengetahui suami membawa barang terlarang, kata Guntur, begitu digelendang ke Polres Bandara Soetta untuk dimintai keterangan istrinya berinisial N langsung pingsan. Karena syok, istrinya sempat mendapatkan perawatan di kantor kesehatan Terminal 1, kata Guntur kepada Indopos (Grup JPNN).

Wakasat Narkoba Polres Bandara Soetta AKP Subekti menambahkan dari hasil pemeriksaan kepergian pasangan ini ke Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk merayakan bulan madu.

Suaminya sengaja tidak menceritakan kepada istrinya membawa barang terlarang jenis narkoba. Sabu itu dibawa dari Medan tujuan Balikpapan atas perintah rekannya berinisial ABG. Barang itu diterima dari pria berinisial Y yang merupakan kaki tangan ABG di Medan, ucap Subekti.

Menurut Subekti, perkenalan ABG dengan MBR sendiri saat masih bekerja pada perusahaan tambang minyak di Kalimantan Barat. Namun beberapa tahun terakhir, MBR sudah tidak bekerja lagi. Baru beberapa bulan ini keduanya berkomunikasi.

MBR dijanjikan oleh ABG mendapat pekerjaan baru di Balikpapan. Lalu ABG menyuru MBR datang ke Balipapan dengan membawa titipan sabu tersebut, jelas Subekti.

Subekti menjelaskan, MBR tidak mendapat upah atas aksinya menyelundupkan sabu dari Medan menuju Balikpapan. Upah yang didapat MBR hanya janji akan dipekerjakan di perusahaan tambang batubara di Balikpapan.

Tersangka MBR dijerat dijerat Pasal 114 ayat (2) subside Pasal 112 ayat (2) junto 132 (1) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman pidana mati. Sedangkan istri tersangka dibebaskan karena tidak terbukti terlibat. Istri tersangka kami bebaskan karena tidak terlibat dalam kasus tersebut, ujarnya.

Sementera MBR sendiri membantah mengetahui isi paket tersebut. Menurutnya, dirinya hendak ke Balikpapan karena dijanjikan pekerjaan oleh ABG. Paket dibenarkan oleh MBR merupakan titipan ABG yang minta dibawa ke Balikpapan.

Saat bertemu dengan Y yang merupakan pesuruh ABG, MBR mengaku sempat mempertanyakan apa isi paket tersebut dan dijelaskan paket gula yang dikirimkan untuk teman-teman di Balikpapan.

Saya baru menikah dan rencananya berbulan madu ke Balikpapan sambil mencari pekerjaan. Saya dijanjikan pekerjaan di perusahaan Tambang Batubara di Balikpapan oleh ABG, pungkasnya. (sam/jpnn)

Sudah Ada 38 Wanita Diperkosa

MANADO - Manado semakin tak nyaman. Selain tingginya kasus penganiayaan dan pembunuhan, kasus pemerkosaan juga makin marak. Pasalnya, hingga triwulan ketiga tahun ini, ada sekira 38 kasus.

Kasubag Humas Polresta AKP Johny Kolondam menegaskan, pihaknya serius menangani laporan masyarakat, terutama terkait laporan kasus pemerkosaan.

Para tersangka pasti diproses hukum, sesuai apa yang harus mereka pertanggungjawabkan, katanya saat ditemui di Mapolresta, kemarin.

Ditambahkan, untuk menekan kasus yang banyak merusak masa depan generasi muda tersebut, dibutuhkan peran serta dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pengawasan ekstra dari orang tua. Sebab, pemerkosaan atau pencabulan banyak menimpa anak di bawah umur.

Kami terus bekerja maksimal untuk melindungi dan menjaga anggota masyarakat. Jadi, harus ada pengawasan dari orang tua, keluarga, maupun lingkungan sekitar, pungkas Kolondam.

Menurut Devi Sondakh, pengamat hukum dari Unsrat, harus ada langkah serius dari penegak hukum untuk menekan kasus pemerkosaan. Pencegahan harus dilakukan lebih serius. Dalam penegakkan hukum, sanksinya pun harus bisa menimbulkan efek jera bagi pelau, ungkapnya. (MP)

Baru Sebulan Istri Meninggal, Suami Gantung Diri

BANJARMASIN - Masrukiah (55) tak kuasa menahan tangisnya setelah mengetahui M Ridho alias Edo (20), putra keduanya mengakhiri hidup dengan cara gantung diri di ruang belakang rumah di Jalan Padat Karya Komplek Herlina Blok Batu Jambrut 3 no 82, Banjarmasin Utara, kemarin (28/11) pagi.

Tersiarnya kabar tersebut membuat warga yang tidak jauh dari kediaman korban berdatangan ingin menyaksikan jasad Edo yang baru ditinggal istrinya wafat satu bulan lalu. Yang menemukan Edo gantung diri Marhamah (21), putri pertamanya.

Ia mengaku tidak percaya dengan kabar dari Marhamah bahwa Edo ditemukan tewas gantung diri dengan sehelai sarung berwarna ungu.

Sebelum ia berangkat Edo terlihat membikin secangkir teh dan duduk di tengah rumah, kemudian ia berangkat ke Puskesmas.

Saya lagi di Puskesmas bawa adiknya Edo berobat. Sebelum berangkat saya berangkat ke Puskesmas, Edo baru bangun dari tidur, tiba-tiba dikabarkan meninggal gantung diri, kata Masrukiah.

Diceritakan, semenjak ditinggal istrinya wafat, tingkah laku Edo sedikit ada perubahan. Dia lebih tertutup dan selalu murung. Sedangkan untuk masalah keluarga tidak ada sama sekali.

Sudah satu bulan istrinya wafat karena sakit dan belum sempat punya anak, kata Masrukiah.

Masrukiah mengaku, tiga hari yang lalu ia sempat mendapatkan mimpi. Namun mimpi itu tidak buruk, tapi sangat menjijikan. Saya bermimpi kotoran manusia menempel di hidung, sangat bau. Dalam mimpi itu saya mau muntah. Ternyata mimpi mungkin menandakan musibah ini, ujarnya.

Hudari (43), warga sekitar rumah korban, mengatakan sosok Edo memang orangnya pendiam dan tidak banyak bicara. Tapi apabila acara warga seperti perkawinan, ia selalu ikut membantu dan berbaur.

Namun tambah, Hudari, semenjak ditinggal istri ini dia terlihat banyak perubahan, dia sering menunggangi sepeda keliling komplek.

Kapolsek Banjarmasin Utara AKP Fahmi Ansyori melalui Kanit Reskrim AKP Ismad Wahyudi mengatakan bahwa pihak keluarga sepakat menolak agar jasad korban dilakukan visum ke rumah sakit.

Keluarga korban mengikhlaskan kematiannya karena murni musibah dan keluarganya siap memberikan pernyataan secara tertulis yang kita pinta, jelas Ismad.(lan)

Dibekuk, Aniaya Mantan Istri karena Cemburu

MUARATEBO - Berakhir sudah pelarian Didi (37), pelaku penganiayaan terhadap Jubaidah (42), seorang ibu rumah tangga (IRT) warga Desa Tambak Sari, Kecamatan Tengah Ilir.

Pelaku ditangkap, Kamis (27/11), di Sumatera Selatan oleh tim gabungan Polsek Tengah Ilir dengan Polres Tebo, setelah melarikan diri selama lima hari.

Kapolres Tebo, AKBP Satriya Husada melalui Kapolsek Tengah Ilir, Iptu Sarehat, membenarkan adanya penangkapan pelaku penganiayaan terahdap Jubaidah seorang IRT. Pelaku berhasil ditangkap di Sumsel setelah kabur berhari-hari, terangnya kemarin.

Dijelaskannya, usai menerima Laporan Polisi Nomor :LP/B-23/XI/2014/Jambi/Res Tebo/ Sek Tengah Ilir Tanggal 22 Nov 2014. Jajaran Polsek Tengah Ilir langsung melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan pelaku dengan dibantu personel Polres Tebo.

Hasil penyelidikan, pelaku melarikan diri ke arah Palembang melalui Sungai Bahar. Mengetahui informasi tersebut, Reskrim Polsek Tengah Ilir yang dipimpin Bripka Parlin Simanjuntak langsung melakukan pengejaran ke Sungai Bahar dengan berkoordinasi dengan Polsek Sungai Bahar, Muarojambi. Namun, pelaku sudah terlebih dahulu melarikan diri ke Bayung Lincir, Sumatera Selatan.

Petugas pun tak tinggal diam dan langsung mengejar ke Sumsel. Akhirnya, dengan bantuan Polsek Bayung Lincir, Musi Banyuasin, pada Kamis (27/11), sekitar pukul 19.10 WIB, pelaku ditangkap tanpa perlawanan, terang Kapolsek Tengah Ilir, Iptu Sarehat.

Setelah ditangkap, Sarehat mengatakan, pelaku langsung dibawa ke Polsek Tengah Ilir untuk proses hukum lebih lanjut. Pemeriksaan sementara, selain menganiaya korban karena cemburu, pelaku juga merampas HP korban.

Pelaku diketahui merupakan mantan suami siri korban, selain menganiaya pelaku juga melakukan tindakan yang melanggar pasal 365 KUHP, jelas Kapolsek.

Sarehat menambahkan, kini pelaku beserta barang bukti (BB) berupa karung yang bersimpah darah, sendal, pisau dan topi korban diamankan di Polsek Tengah Ilir untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku akan dijerat Pasal 365 ayat 2 ke (4) KUHP Subsider Pasal 351 ayat 2 KUHP dengan ancaman penjara 10 tahun, tandasnya.

Seperti diberitakan, Jubaidah (42) korban penganiayaan yang diduga dilakukan oleh mantan suaminya kali pertama ditemukan oleh seorang warga yang tengah melintas. Saat ditemukan, Jubaidah dalam kondisi bersimbah darah dengan di bagian leher terluka akibat ditusuk dengan senjata tajam.

Iya, korban ditemukan oleh warga dalam kondisi luka pada bagian leher dan bersimpah darah setelah dianiaya oleh seseorang. Usai ditemukan, korban langsung dilarikan ke RSUD Tebo untuk menjalani perawatan intensif, terang Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP. Ridwan Hutagao.

Hasil keterangan sementara Lanjut Kasat, tindakan kekerasan yang dialami oleh Jubaidah dilakukan oleh mantan suaminya sendiri. Namun, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan untuk memastikan siapa pelakunya.

Aksi penganiayaan tersebut, terjadi pada pukul 16.30 WIB di pinggir jalan lintas Desa Rantau Api, Kecamatan Tengah Ilir, ungkap Kasat.

Kasat menambahkan, setelah melakukan penganiayaan, pelaku langsung melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor jenis Vega R. Mengenai motif, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. (bee/ira)

Dewan Pertanyakan Pembelian Kapal Ikan

JAMBI - Anggota DPRD Provinsi Jambi turut mempertanyakan anggaran pembelian dua unit kapal tangkap ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Ar Syahbandar mengaku kaget proyek kapal di DKP bermasalah. Selama ini, DKP tak pernah melaporkan rencana pembelian kapal itu ke DPRD. Tak pernah dikasih laporan. Kita juga kaget ada informasi itu, bebernya, kemarin (28/11).

Ia mengaku tak tahu persis seperti proses penganggaran kapal itu sehingga bisa lolos. Selama dibanggarkan, Syahbandar mengaku tak tahu persis ada anggaran itu.

Dia heran, proyek kapal gagal di tahun 2013 tapi dianggarkan kembali di 2014. Nanti kita cek. Kok anggarannya bisa lolos, tegasnya.

Ia akan segera mendiskusikan masalah ini dengan komisi terkait. DKP dimintanya bisa menjelaskan kasus itu ke dewan. Agar tak ada salah persepsi dan dugaan buruk. Kita juga tak ingin APBD diselewengkan, katanya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jambi Syahirsah mengaku belum mengetahui adanya kasus pembelian kapal di DKP. Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan hearing dengan DKP untuk meminta penjelasan.

Untuk diketahui, pengadaan dua unit Kapal perikanan 30 GT dan alat tangkap di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi diduga bermasalah. Proyek senilai Rp 3,5 M itu telah diaudit oleh BPK tanggal 3 April dan ditemukan adanya indikasi melawan hukum.

Terdapat item pekerjaan yang tidak dilaksanakan atau tidak ada barangnya, dan ini namanya dugaan manipulasi dan korupsi oleh Penyedia Barang/Jasa sebesar Rp 733 juta.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Jambi Saipudin membantah adanya perbuatan korupsi dalam proyek itu. Ia mempersilakan aparat untuk membuktikannya. Ia mengaku, proyek pengadaan kapal pada tahun 2013 itu memang ada tapi tak selesai. Sehingga tak dibayar. Menurutnya, DKP baru membayar sebesar 47 persen saja.

Diakui, dari 47 persen itu daerah masih terhutang dengan kontraktor senilai Rp 700 juta. Karena kontraktor harus membayar denda karena keterlambatan, maka hutang mereka tinggal Rp 400 juta. Itu yang saat ini dalam proses pembayaran, ujarnya.

Saipudin mengatakan, proyek ini murni kesalahan pihak kontraktor. Mereka tak bisa mengerjakan proyek ini tepat waktu. Diakuinya pula, pihak kontraktor sempat meminta tambah waktu. DKP menyanggupi melalui mekanisme adendum. Namun proyek tetap saja tak bisa selesai tepat waktu.

Di tahun berikutnya, 2014, pengadaan kapal itu kembali dianggarkan. Anggaran yang dikucurkan senilai Rp 2,8 M atau selisih Rp 700 juta dari anggaran tahun sebelumnya.

Saipudin mengakui itu. Ia mengatakan dua unit kapal senilai Rp 2,8 M itu sudah tiba di Jambi. Bahkan sudah pernah berlayar satu kali. Diakuinya kapal ini tengah dalam proses pemeliharaan. Informasi menyebutkan kapal tersebut tak sesuai spek.(mui/nas)

Hasil penelusuran 11/29 9:26am. Terakhir update terdeteksi pada 11/29 9:26am.  skor: 1274