Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM

Strict Standards: Non-static method feedlink::all() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 197

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
68 Persen Responden Tak Setuju Jokowi Dicap Presiden Boneka

JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Cyrus Network menunjukkan mayoritas publik menganggap Kabinet Kerja yang disusun Presiden Joko Widodo dipengaruhi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

"83 persen Megawati punya pengaruh terhadap Jokowi dalam menentukan kabinet," ujar Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi saat memaparkan survei "Pemerintahan Jokowi-JK" di Jakarta Selatan, Minggu (21/12).

Namun demikian kata Hasan, hasil survei lembaganya juga menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat masih menilai positif dan wajar adanya pengaruh Megawati terhadap Jokowi tersebut. Publik menganggap Jokowi bukanlah presiden boneka.

"Sebanyak 68 persen responden menyatakan tidak setuju jika dikatakan Jokowi adalah presiden boneka. Yang setuju Jokowi presiden boneka hanya 21.8 persen, sisanya 10.2 persen menyatakan tidak tahu," beber Hasan.

Survei Cyrus Network kali ini dilakukan pada 1 hingga 7 Desember dengan jumlah 1.220 orang responden dan dilakukan di 33 provinsi secara nasional.

Survei dilakukan lembaga survei yang dekat dengan nama Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago ini dengan metode wawancara tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3.1 persen. (rmo/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Cover Head Custom: Cukup Modal Bodi Bekas

Makin banyak saja, motor jenis sport maupun bebek jantan, yang identik dengan cover head, meluncur di pasaran tampil lebih atraktif. Terlebih lagi, desain cover head juga muda dijahili, sehubungan dengan penggunaan fiber, untuk mengupgrade tampilannya.
    
Seperti halnya Ali modifikator Cak Cuk Air Brush, yang punya work shop di kawasan Jl. Kedung Mangu, Surabaya, Jawa Timur. Berbahan dasar cover head Satria F, Ali merombak tampilan cover head berdesain naga.
    
Sipnya, kreasin yang dilakukan Ali tak memakai bahan fiber. "Kalau itu sudah kuno dan semua bisa, " kata modifikator ramah ini.

"Sekarang saya coba pakai bahan bodi bekas yang tak terpakai. Jadi, awal mula pengerjaan, saya sket lebih dulu wajah naga dengan konsep tiga dimensi. Bagian mana yang harus perlu dicoak dan bagian mana yang harus timbul," lanjutnya.
    
Setelah itu, sket yang dibuat tadi terapkan pada potongan plastik. "Dan potongan-potongan bodi yang akan disambung ini, kadang juga perlu dibentuk melengkung ada juga yang bisa dipakai bentuk rata, "urai Ali.  
    
Sebagai proses finishingnya, cukup pakai solder terutama dibagian sambungan. Tapi misalkan hasil lelehan antar plastik sebagai proses penyatuan tadi tetap kasar, bisa dipoles pakai dempul. "Dan terpenting, untuk membuatnya harus pandai berimajinasi menentukan pola, "pasti Ali. (Fajar/JPNN)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Schalke Ikat Huntelaar Hingga 2017

SCHALKE - Pengabdian Klaas Jan Huntelaar pada Schalke bertambah panjang. Pasalnya, penyerang asal Belanda itu bersedia menanda tangani perpanjangan kontrak yang disodorkan manajemen Schalke.

Dengan kesepakatan anyar berdurasi dua tahun itu, Huntelaar akan membela Schalke hingga musim 2017 mendatang. Sebelumnya, kontrak Huntelaar akan habis pada akhir musim nanti.

“Klaas Jan Huntelaar sudah memperpanjang kontraknya dengan Schalke 04 hingga 2017,” demikian bunyi pernyataan resmi Schalke sebagaimana dilansir laman klub, Minggu (21/12).

Schalke memang ngotot memperpanjang kontrak setelah melihat performa impresif yang ditunjukkan Huntelaar. Musim ini, penyerang berusia 31 tahun itu berhasil menyumbangkan tujuh gol dalam 15 laga.

Selain itu, Huntelaar juga membawa Schalke melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2014/2015. Total, mantan penggawa AC Milan itu sudah mencetak tiga gol selama fase grup. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Karir Nadal Diprediksi tak Sepanjang Federer

LONDON - Legenda tenis putra dunia Jim Courier menyampaikan pendapat tentang karir Rafael Nadal dan Roger Federer. Menurut mantan petenis peringkat pertama dunia itu, Nadal tak akan bisa menyamai karir Federer.

Courier merujuk pada catatan Federer yang saat ini sudah berusia 33 tahun. Dengan usia yang sudah termasuk senja itu. Federer masih bisa bersaing dengan para petenis yang lebih muda.

“Saya pikir, sangat mudah untuk memprediksi bahwa Nadal tak akan mempunyai karir seperti yang Federer nikmati saat ini,” terang Courier sebagaimana dilansir laman Tennis Week, Minggu (21/12).

Kedua petenis itu saat ini memang masih menjadi rival sengit. Federer yang kini mengumpulkan 17 gelar juara level Grand Slam berhasil mengungguli tiga trofi atas Nadal.

“Kredit tersendiri atas kondisi fisik Federer serta pelatih yang menginginkannya bermain saat dirinya masih kecil. Federer masih memiliki daya tarung yang hebat sejauh ini,” tegas Courier. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Dari 34 Menteri, Susi Paling Menarik Perhatian

JAKARTA - Dari 34 menteri Kabinet Kerja, hanya empat diantaranya yang dikenal dan mendapatkan perhatian publik. Meski begitu, tidak semua menteri yang sebelumnya tak dikenal dianggap berkinerja tidak baik.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi saat memaparkan survei terbaru lembaganya di Jakarta, Minggu (21/12).

Hasan membeberkan dari 35 persen responden yang memberikan penilaian, sebagian besar menganggap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai menteri paling menjanjikan dilihat dari dari sisi kinerja. "Hanya 6 persen responden yang meragukan kinerjanya. Padahal namanya baru dikenal menjelang pelantikan sebagai menteri," kata Hasan. 

Sementara menteri yang mendapatkan perhatian terbanyak kedua, yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, sebanyak 22 persen.

Selain itu, dua menteri lainnya yang cukup mendapat perhatian dari publik adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 1 hingga 7 Desember dengan 1.220 orang responden di 33 provinsi. Survei dilakukan melalui cara tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of error plus minus 3.1 persen. (rmo/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Duet Bareng Alonso, Ini Kata Button

LONDON- Jenson Button menyampaikan pendapatnya setelah resmi berduet dengan Fernando Alonso untuk tim McLaren. Menurut Button, berkolaborasi dengan Alonso bakal memberikan banyak keuntungan.

Pasalnya, Alonso memiliki pengalaman panjang di balapan jet darat itu. Selain itu, Alonso juga mempunyai mental pemenang setelah mendapat trofi juara dunia pada musim 2005 dan 2006 silam.

“Membalap bersama Alonso berarti banyak bagi saya. Saya pikir, kita semua sudah tahu apa yang diraihnya di balapan F1. Buka hanya kecepatan, namun juga bagaimana dia bekerja untuk tim,” terang Button di laman Carscoops, Minggu (21/12).

Bergabungnya Alonso membuat McLaren kini memiliki duet Batman-Batman alias tim dengan dua pembalap juara. Pasalnya, Button juga pernah menjadi juara dunia pada musim 2009 silam.

“Kami sudah saling mengetahui sejak musim 2001. Membalap bersama Alonso akan menjadi tantangan besar. Namun, saya tak sabar untuk memulainya,” tegas pembalap asal Inggris itu. (jos/jpnn) 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Tony Abbott Kocok Ulang Susunan Menteri

Perdana Menteri Tony Abbott mengumumkan  reshufle atau perubahan yang cukup besar dalam susunan kabinetnya seiring dengan keputusannya untuk mengatur ulang dan memfokuskan pemerintahannya tahun depan.

 

Menteri Pertahanan  David Johnston, salah satu menteri yang direshufle Abbott.

Salah satu menteri dalam jajaran kabinet PM Tony Abbott yang masuk dalam kocok ulang atau reshufle adalahScott Morrison, menteri yang sebelumnya menjabat Menteri Imigrasi ini digeser menjadi Menteri Sosial dengan kewenangan yang diperluas karena kementeriannya sekarang ikut mengurus isu kesejahteraan, keluarga, penitipan anak dan skema cuti orang tua yang dibayar.

Sementara posisi lamanya akan diisi oleh Peter Dutton yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Kesehatan.   Posisi Menteri Kesehatan akan dipromosikan kepada Sussan Ley, yang menjadikannya sebagai wanita kedua dalam jajaran kabinet Abbott.

Dalam reshufle ini, PM Tony Abbott memberhentikan David Johnston dari Menteri Pertahanan dan posisinya digantikan oleh Kevin Andrew.

Josh Frydenberg juga dipromosikan sebagai Sektertaris Menteri Keuangan.

Abbott mengatakan dirinya menggunakan pengunduran diri Sekretaris Menteri Keuangan, Arthur Sinodinos untuk melakukan perubahan signifikan.

"Ini merupakan kesempatan penting untuk mengatur ulang dan memfokuskan kembali pemerintahannya agar bisa mengedepankan dan memusatkan  masalah ekonomi Australia pada tahun depan, dengan tujuan itu saya menempatkan Scott Morrison sebagai tokoh kritis untuk mengurus Kementerian domestik," katanya.

Abbott  juga mengatakan perubahan ini akan menempatkan pekerjaan dan keluarga sebagai agenda utama dalam pemerintahannya tahun 2015 mendatang.

Perubahan lainya dalam reshufel ini adalah, Steve Ciobo akan menggantikan Brett Mason sebagai Sekretaris Parlemen di Kementerian Luar Negeri dan Abbott juga akan menunjuk 3 wakil frontbenchnya yang baru.

Mantan Menteri Keuangan Australia Barat,  Christian Porter akan menjadi Sekretaris Parlemen yang baru untuk Perdana Menteri, sementara Kelly O'Dwyer Sekretaris Parlemen untuk Bendahara dan Karen Andrews menjadi Sekretaris Parlemen untuk Menteri Industri Ian Macfarlane, yang kementeriannya kini juga didaulat mengurus masalah Ilmu Pengetahuan.

 

Sains sebelumnya dipecah kepengurusannya di Kementerian Industri dan Kementerian Pendidikan dan Abbott sejak lama mengatakan Senator MacFarlane tidak perlu mengurus Sains.

Namun hari ini Perdana Menteri Abbott mengatakan 'terkadang akan membantu jika kita memasukkan isu ini dalam Kementerian Industri,"

"Saya telah memutuskan untuk menyampaikannya sendiri keputusan yang menurut saya sudah sangat jelas bagi semua orang, MacFarlene sebagai Menteri Industri dan Sains."

Abbott mengaku dirinya merasa puas dengan reshufle kabinet ini yang telah meningkatkan jumlah perwakilan perempuan di kabinetnya.

"Saya sangat bahagia kalau saat ini ada wanita kedua dalam kabinet ini, Saya juga bahagia ada dua Sekretaris Parlemen yang baru dijabat oleh perempuan," katanya.

"Namun pada akhirnya, seluruh penunjukan baru ini adalah berdasarkan prestasi, dan jumlah perwakilan perempuan di kabinet meningkat, saya percaya diri akan ada lebih banyak wanita yang akan menduduki jabatan di kementerian,"

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
OJK-LJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyelenggarakan Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada  20-21 Desember 2014.

Pihak Panitia melalui keterangan pers yang diterima JPNN, menjelaskan, kegiatan ini sebagai rangkaian acara Peluncuran Layanan Keuangan Mikro di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Pasar Keuangan Rakyat merupakan salah satu bentuk implementasi Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia, yaitu Edukasi dan Kampanye Nasional Literasi Keuangan.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik 2013, Produk Domestik Bruto (PDB) per Kapita selama periode 10 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Namun, peningkatan pendapatan masyarakat tersebut belum diikuti oleh pola pengelolaan keuangan yang baik. Dari Data Badan Pusat Statistik, keinginan masyarakat untuk menabung akibat peningkatan pendapatan (marginal propensity to save) selama periode 2003-2012 cendrung menurun. Sebaliknya dalam periode yang sama keinginan masyarakat untuk konsumsi (marginal propensity to consume) cenderung meningkat.

Oleh karena itu, Pasar Keuangan Rakyat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan termasuk untuk lebih mengenal dan memahami kebutuhan utama, sekunder, dan kebutuhan masa datang sehingga tercipta masyarakat yang cerdas keuangan.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan OJK 2013, tingkat pengetahuan keuangan(literasi keuangan) sebesar 21,84% atau baru sekitar seperlima penduduk Indonesia yang memiliki kategori well literate.

Sedangkan tingkat inklusi keuangan sebesar 59,74%, yang notabene masih didominasi oleh penggunaan produk dan jasa keuangan sektor Perbankan sebesar 57,28%, diikuti Asuransi 11,81%, Pembiayaan 6,33%, Pegadaian 5,04%, Dana Pensiun 1,53% dan Pasar Modal 0,11%.

Sebagai upaya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, OJK bersama LJK menyelenggarakan kegiatan Pasar Keuangan Rakyat.

Kegiatan ini bertujuan untuk, pertama, meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan memperkenalkan industri jasa keuangan beserta produk dan jasa keuangan, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah.

Kedua, memperluas akses masyarakat (financial inclusion) terhadap lembaga jasa keuangan maupun dalam menggunakan produk dan jasa keuangan. Ketiga, mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Keempat, mendukung terciptanya masyarakat cerdas keuangan melalui pengenalan literasi keuangan sejak dini.

Pasar Keuangan Rakyat diselenggarakan oleh OJK dan diikuti oleh 244 pelaku usaha jasa keuangan dari 6 industri jasa keuangan dan lembaga/asosiasi, yang terdiri dari 70 Bank, 61 Perusahaan Asuransi, 52 Perusahaan Sekuritas termasuk Manajer Investasi, 40 Perusahaan Pembiayaan, 1 Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Pegadaian, dan 19 Lembaga lainnya (Otoritas, Asosiasi industri jasa keuangan, dan lainnya).

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi keuangan, memperoleh informasi mengenai sektor jasa keuangan, produk dan layanannya, serta menyediakan berbagai produk dan jasa keuangan kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai kegiatan menarik dan edukatif yang dapat dijumpai, yaitu, pertama, edukasi keuangan, antara lain Warung Iboe Tjerdas, Warung Tematik UMKM, Pojok Wirausaha, Pojok Periksa Dompet, Simulasi Produk Keuangan, Talkshow Keuangan, dan Zona Binaan LJK

Kedua, konsultasi dan pameran produk dan jasa keuangan mikro, Laku Pandai, layanan keuangan mikro, layanan digital, SiMOLEK, mobil layanan keuangan.

Ketiga, transaksi keuangan, antara lain penandatanganan perjanjian Kredit mikro dan penjualan berbagai produk dan jasa keuangan yang bersifat low cost dengan diskon yang menarik. Keempat,  lomba, arena bermain anak, pertunjukan musik, dan zona Icip-Icip.

Target pengunjung dalam kegiatan ini sekitar  20.000 orang yang dapat berasal dari Karyawan Lembaga Jasa Keuangan, Konsumen keuangan, guru, mahasiswa, Pelajar, ibu rumah tangga, pelaku UMKM, nelayan, petani, regulator, kalangan media, dan komunitas lainnya. (ris/jpnn)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
TNI Tenggelamkan 2 Kapal Ikan Berbendera PNG di Ambon

AMBON - Pemerintah kembali berupaya menunjukkan keseriusannya dalam mengamankan perairan Indonesia. Usai menenggelamkan 3 kapal asing berbendera Vietnam di Pulau Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) beberapa waktu lalu, kini dua kapal asing lainnya dibuat tak berdaya, Minggu (21/12).

Dua kapal yang dimaksud dalam KIA Century 4 dan KIA Century 7. Dua-duanya berbendera Papua New Guinea yang terbukti mencuri ikan di perairan Arafura. Penenggelaman dilakukan oleh awak Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, di perairan Teluk Ambon, sekitar pukul 10.30 WIT, Minggu (21/12).

"(Penenggelaman kapal) dibakar dengan diledakkan, sama saja seperti yang sebelum-sebelumnya,” kata Kadispen Lantamal IX Ambon Mayor Laut Eko Budimansyah, di Ambon, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, siang ini.

Meski kedua kapal yang ditenggelamkan itu berbendera PNG, namun kapal yang masing-masing mencuri 200 ton dan 43 ton ikan campur itu memiliki awal kapal berkewarganegaraan Thailand dan Kamboja. 

KIA Century 4 dinakhodai Thanapom Pamnisti dengan membawa 55 orang Anak Buah Kapal (ABK), masing-masing 28 orang berkebangsaan Thailand, dan 17 orang berkebangsaan Kamboja. Sementara KIA Century 7 dinakhodari oleh Thong Ma Lapho, dengan membawa 17 ABK berkewarganegaraan Thailand.

Penenggelaman dua kapal pencuri ikan ini disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agus Sutoto, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Arie H. Sembiring, Wakapuspen TNI Laksma FX Agus Susilo, Kadispenal Laksma Mahanan Simorangkir, dan juga Danlantamal IX Laksma TNI Aru Sukmono. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Laverty Ingin Belajar dari Hayden

LONDON - Eugene Laverty menyambut balapan MotoGP 2015 dengan kepercayaan diri tinggi. Berduet dengan Nicky Hayden di Drive M7 Aspar membuat Laverty tak keder berjibaku di balapan kuda besi itu.

Sebagaimana diketahui, Hayden memang merupakan salah satu pembalap top di arena MotoHP. Pria asal Amerika Serikat itu pernah melenggang ke podium juara dunia musim 2006 silam.

“Nicky Hayden sudah menjadi pembalap MotoGP untuk waktu yang lama. Saya yakin, saya bisa belajar banyak dari Nicky Hayden,” terang Laverty sebagaimana dilansir laman MCN, Minggu (21/12).

Meski begitu, Laverty tak mau mematok target muluk-muluk. Pembalap berusia 28 tahun itu hanya ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya pada balapan musim baru mendatang.

“Yang pertama tentu saja akan sangat bagus jika bisa bersaing dengan pembalap dari kelas terbuka. Pada beberapa sirkuit, saya ingin bersaing dengan tim dari kelas pabrikan,” tegas Laverty. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ikutan Pesta Sabu, Sekretaris Fraksi PPP Dijebloskan ke Sel

PALANGKA RAYA – Sekretaris Fraksi PPP DPRD Kapuas Darwandie ternyata ‘tak mau kalah’ dengan ketua fraksinya. Meski dalam kasus yang berbeda, dia kini ikut merasakan dinginnya jeruji besi ruang tahanan Polda Kalteng.

Penahanan Darwandie itu buntut "nyanyian" Eddy Fahriansyah (EF) yang menyebutkan sejumlah rekannya anggota DPRD Kapuas ikut pesta sabu bersama dirinya beberapa hari lalu sebelum ditangkap, membuat satu persatu koleganya diseret ke dalam pusaran penyalahgunaan narkoba. Hingga akhirnya Darwandie ditangkap satuan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng.

Darwandie ditangkap Polisi di kediamannya, Jalan Seroja Gang III, Sabtu (22/12) dini hari sekira pukul 02.30 WIB. Dari informasi yang dihimpun Kalteng Pos (Grup JPNN.com), Darwandie ditangkap polisi setelah pulang dari Banjarmasin. Kabar penangkapan Darwandie dibenarkan sejumlah tetangga Darwandie yang menyaksikan penangkapan itu.

"Benar, Pak Darwandi ditangkap polisi. Saya menyaksikan sendiri. Saat penangkapan juga disaksikan pak RT," kata tetangga Darwandie, sambil wanti-wanti agar namanya jangan disebutkan, Minggu (21/12).

Dia mengungkapkan, ada sekitar enam polisi yang menangkap politikus senior PPP tersebut. Penangkapan Darwandie membuat istrinya histeris. Selain Darwandie, sebelumnya Ketua Fraksi PPP Tommy juga ditahan Polda Kalteng atas keterlibatannya dalam kasus suap RAPBD Kapuas 2015. Selain sebagai Sekretaris Fraksi PPP, Darwandie juga menjabat sebagai Seketaris DPC PPP Kalteng.

Diberitakan sebelumnya, selain menangkap Darwandie, kemarin (20/12) polisi berhasil menangkap penyuplai barang haram itu. Penangkapan barang haram itu, setelah pengedar berinisial A mengirim SMS kepada Darwandie bahwa ada barang (sabu). Polisi yang sudah menyita HP Darwandie langsung merespons pesan singkat itu dan meminta Ys mengirim sabu itu ke kantor DPRD Kapuas. (baca: Kantor DPRD Kapuas Diduga jadi Tempat Transaksi Narkoba)

Pengembangan kasus narkoba ini kemungkinan besar tidak hanya berhenti di Darwandie. Karena informasi yang dihimpun di lapangan, setidaknya tiga orang anggota DPRD Kapuas lainnya juga diduga ikut terlibat. Bahkan hasil tes urine-nya juga menyatakan positif mengandung narkoba. (art/nto/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Milan Ukir Imbang Tanpa Gol Setelah 41 Laga

MILAN- AC Milan membukukan catatan unik setelah bermain imbang melawan AS Roma dengan skor 0-0 pada pekan ke-16 Serie A 2014/2015 di Stadion Olimpico, Minggu (21/12) dini hari WIB.

Itu adalah hasil imbang tanpa gol pertama yang dibukukan Milan dalam 41 laga Serie A. Kali terakhir Milan bermain dengan skor kaca mata ialah saat melawan Chievo pada November 2013 lalu.

“Saya senang dengan hasil ini, terutama setelah kami hanya bermain dengan sepuluh pemain,” terang pelatih Milan, Filippo Inzaghi sebagaimana dilansir laman Sky Italia, Minggu (21/12).

Pria yang karib disapa Pippo itu memuji kekuatan mental yang ditunjukkan anak asuhnya. Bermain dengan sepuluh pemain di kandang Roma tentu bukan hal yang mudah bagi tim manapun.

“Sebelum kartu merah itu, saya pikir Milan menguasai jalannya pertandingan. Jika Anda tak datang ke sini dengan hati baja, Anda akan kalah saat melawan Roma,” tegas Inzaghi. (jos/jpnn)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Suarez Ternyata tak Terobsesi Mencetak Gol

BARCELONA - Luis Suarez ternyata tak terlalu mementingkan catatan individunya bersama Barcelona. Penyerang asal Uruguay itu lebih mementingkan kemenangan tim dibanding statistik pribadi.

Hal itu diungkapkan setelah Suarez membantu Barcelona menekuk Cordoba dengan skor 5-0 pada pekan ke-16 La Liga 2014/2015 di Nou Camp, Minggu (21/12) dini hari WIB. Saat itu, Suarez berhasil mencetak satu gol yang merupakan lesakan perdananya di La Liga.

“Saya seorang striker dan harus mencetak gol. Namun, saya membantu tim memetik kemenangan. Jadi, saya tak terobsesi dengan gol. Kemenangan tim adalah hal paling penting,” terang Suarez di laman Marca, Minggu (21/12).

Gol itu menjadi hal yang sangat dinantikan Suarez. Pasalnya, mantan bomber Liverpool itu harus menunggu hingga delapan pertandingan untuk bisa mencetak gol di La Liga 2014/2015.

“Kami harus berjuang untuk mendapatkan gelar juara. Mencetak gol memang selalu penting. Namun, dengan dukungan semua pihak, kami tahu hal menyenangkan akan datang,” tegas Suarez. (jos/jpnn)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Aldridge Bawa Blazers Rebut Kemenangan Ke-22

NEW ORLEANS - LaMarcus Aldridge kian menunjukkan peran vitalnya bagi Portland Trail Blazers di NBA 2014/2015. Terbaru, Aldridge menunjukkannya ketika Blazers menggilas New Orleans Pelicans dengan skor 114-88 di Smoothie King Center, Minggu (21/12) WIB.

Dalam laga itu, Aldridge berhasil membukukan double double dengan 27 angka dan 12 rebound. Total, Aldridge sudah mencetak 58 poin dan 28 rebound hanya dalam dua pertandingan terakhir.

Selain Aldridge, guard Damian Lillard juga layak diacungi jempol setelah mendonasikan 17 angka dan tujuh assist. Berkat performa impresif keduanya, Blazers sukses memetik 22 kemenangan dalam 28 laga.

“Saya tak tahu jika terkejut adalah kata yang tepat karena saya tahu kami bisa melakukannya. Saya senang dengan energi yang keluar dari para pemain,” terang pelatih Blazers, Terry Stotts di laman ESPN.

Di kubu Pelicans, Austin Rivers berhasil menjadi top performer setelah mencetak 21 poin. Ryan Anderson menambah 16 poin serta lima rebound untuk Pelicans. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Kena Infeksi Pernafasan, Muhammad Ali Dilarikan ke Rumah Sakit

NEW YORK - Legenda hidup tinju dunia, Muhammad Ali dilarikan ke sebuah rumah sakit yang hinga kini masih dirahasiakan lokasinya, pada hari Sabtu (20/12) waktu Amerika Serikat. 

Pria berusia 72 tahun itu didiagnosa menderita infeksi saluran pernafasan alias pneumonia. Juru bicara Ali, Bob Gunnell mengungkapkan bahwa mantan juara dunia kelas berat itu kini dirawat oleh tim dokter yang juga menangani penyakit parkinson-nya. "Ia kini dalam kondisi stabil," kata Gunnell melalui keterangan pers seperti dilansir dari CNN, Minggu (21/12).

Gunnell enggan mengungkapkan lebih jauh mengenai kondisi Ali dengan alasan permintaan keluarga. Namun ia mengkonfirmasi bahwa Ali diperkirakan tidak lama menjalani perawatan di rumah sakit. "Saat ini keluarga Muhammad Ali dengan penuh rasa hormat meminta privasi," tutupnya.

Ali terlahir dengan nama Cassius Clay pada tanggal 17 Januari 1942 di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Pada usia 18 tahun ia sudah menyadang gelar juara olimpiade. Empat tahun kemudian ia menjadi juara dunia kelas berat.

Di puncak karirnya, pria yang dianggap banyak orang sebagai petinju terhebat yang pernah ada ini memutuskan memeluk agama Islam. Untuk menandai perubahan agama tersebut ia berganti nama menjadi Muhammad Ali. Ali menggantung sarung tinjunya pada tahun 1981 karena penyakit parkinson yang dideritanya. (dil/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Iseng, Pria Berpakaian Santa Tanam Bom Pipa di Tempat Sampah

Kepolisian Victoria mengamankan dua alat peledak buatan yang diyakini dibuat oleh sekelompok orang yang menggunakan pakaian Santa di Kota Bendigo, Victoria. Kedua bom buatan itu telah dinon-aktifkan oleh pasukan penjinak bom. Kepolisian Victoria memastikan bom buatan tersebut tidak terkait dengan terorisme hanya tindakan lelucon iseng yang membahayakan.

 

Temuan ini berawal dari laporan masyarakat di Hargreaves St, Bendigo, setelah salah satu bom itu meledak dan membuat tong sampah hancur terbakar di luar sebuah gedung perpustakaan sekitar pukul 03.00 dini hari.  Tim penjinak bom juga menemukan alat peledak ketiga - yang digambarkan sebagai bom pipa yang telah dimodifikasi didalam sebuah wadah atau kontainer di Chancery Lane, Bendigo pada sekitar 2:30 dini hari Minggu (21/12). Tim penjinak bom dari kepolisian Victoria menggunakan robot untuk menonaktifkan bom pipa itu. Juru bicara Kepolisian Victoria mengatakan unit penjinak bom telah membersihkan tempat kejadian. Seorang ahli kimia dikirimkan untuk menyelidiki kebakaran di lokasi kejadian. Seorang pria berusia 24 tahun dari Maiden Gully menyerahkan diri kepada polisi pada Minggu sore.  Pria ini merupakan salah satu dari sekelompok orang yang berpakaian Santa pada Sabtu malam di lokasi ditemukan bahan peledak. Sebelumnya, salah satu petugas dari Kepolisian Victoria, Steve Rainy mengatakan petugas berusaha untuk berbicara dengan kelompok tersebut. "Kami sangat ini berbicara dengan sekelompok anak muda yang berpakaian Santa dan mengunjungi sejumlah tempat tadi malam, dan terlihat berada di sekitar kawasan Jalan Hargreaves pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari,"kata Sersan Rainy.said. "Mereka tentunya adalah orang yang hendak kami mintai keterangab untuk membantu penyelidikan kami," Tidak ada warga yang terluka dalam insiden ledakan tersebut, yang oleh polisi dipastikan berasal dari alat peledak buatan. "Salah satu alat peledak kami temukan dalam kondisi belum diledakan bentuknya seperti pipa kecil dengan benang di kedua ujungnya, mungkin panjangnya tiga atau empat inci, terbuat dari produk yang mudah didapatkan di kota, "kata Sersan Rainy. Dia menambahkan bahwa bom yang kemungkinan tindakan kebodohan daripada terorisme. "Kami pikir itu adalah busur yang sangat panjang untuk menarik apapun aspek terorisme dari apa yang kami temukan di sini hari ini, selain pembangunan perangkat dan apa itu dan bagaimana hal itu dilakukan tampaknya lebih kebodohan dari beberapa tujuan maksud dengan penyebab, "dia mengatakan. Dia menambahkan bom itu tampaknya lebih merupakan aksi bodoh saja bukan terorisme. "Sejauh daru yang kami temukan dan selidiki, Insiden ini jauh dari kemungkinan merupakan bagian dari tujuan tindakan terorisme, selain itu alat peledak itu juga terbuat dari alat yang sederhana. jadi tampaknya ini lebih merupakan tindakan bodoh saja dari seseorang yang mencoba membuat lelucon," katanya. "Ini hanya kebodohan yang benar-benar kelewatan, apalagi di saat orang hendak bersiap merayakan Natal," "Anda pasti heran, mengapa ada orang yang terlintas dipikirannya untuk membuat lelucon iseng pada Sabtu malam dengan menggunakan alat peledak semacam ini, tidak peduli mereka anak-anak atau bukan," "Potensi kerusakan terhadap bangunan maupun bahaya yang ditimbulkan dari tindakan mereka ini sangat mengerikan," 

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Klopp: Pemain Dortmund Idiot

DORTMUND - Kesabaran Jurgen Klopp benar-benar habis. Kekalahan demi kekalahan yang diterima Borussia Dortmund di Bundesliga 2014/2015 membuat Klopp akhirnya mengeluarkan kata-kata kasar.

Klopp menilai, para pemain Dortmund bermain dengan bodoh setelah ditekuk Werder Bremen dengan skor 1-2 pada pekan ke-17 Bundesliga 2014/2015 di Weserstadion, Minggu (21/12) dini hari WIB.

“Semua kritikan yang kami terima kini menjadi nyata. Kami berdiri di sini seperti orang idiot. Ini semua adalah kesalahan kami,” terang Klopp sebagaimana dilansir laman Sky Sports, Minggu (21/12).

Kekalahan itu membuat Dortmund makin sulit lepas dari jerat degradasi. Rival abadi Bayern Muenchen itu kini terpaku di posisi ke-17 klasemen sementara dengan koleksi 15 poin.

“Hal bagusnya adalah sepakbola berakhir untuk 2014 ini. Kini kami punya waktu tiga pekan untuk mempersiapkan diri. Kami akan memperbaiki apa yang sudah kami lakukan,” tegas Klopp. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
BNP2TKI Gerak Cepat Memproses Pemulangan TKI Ilegal

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid mengutus Deputi Perlindungan Lisna Pulungan ke Mesir untuk upaya pemulangan TKI ilegal atau nonprosedural. Langkah ini diambil sebagai respons dari instruksi Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungannya, Lisna sempat hadir dalam acara peringatan hari migrant international yang dihelat Garda TKI Mesir di kawasan Hayyul Asyir, pusat pemukiman WNI di Kota Kairo, Jumat (19/12). "Kami memanfaatkan momen itu untuk membahas agenda inti upaya perlindungan TKI Mesir yang dilaksanakan oleh KBRI Mesir," ujar Lisna dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (21/12).

Dalam pertemuan itu juga hadir Kepala Protkons KBRI serta perwakilan TKI dan aktivis TKI. Pertemuan tersebut juga langsung membahas proses keberangkatan TKI secara nonprosedural yang dilakukan oleh PJTKI dan oknum perseorangan. Para TKI yang didominasi oleh TKW juga diberikan kesempatan mengeluarkan keluhannya.

Kehadiran pihak pemerintah dalam acara ini mendapat sambutan positif dari banyak pihak, termasuk Dewan Pembina Garda TKI Mesir, Edi Yusuf Chaniago. "Ini patut diapresiasi (kehadiran BNP2TKI). Ada upaya nyata dalam perlindungan WNI khususnya TKI di Mesir," tandasnya.

Dari Direktur Pelayanan Pengaduan BNP2TKI, Muhammad Syafri juga berjanji akan menidaklanjuti laporan pihak KBRI Mesir terkait Human Trafficking. "Kami akan terus berkoordinasi dengan Polri untuk menghentikan dan menindak para pelaku Human Trafficking," ujarnya.

Adapun pihak KBRI dalam kesempatan tersebut memberikan informasi tentang prosedur kepulangan ke tanah air bagi TKI yang tidak memiliki dokumen, dan mengimbau kepada seluruh TKI di Mesir agar segera mengisi formulir lapor diri. "Sehingga keberadaan TKI di Mesir dapat diketahui jumlahnya secara pasti serta menegaskan bahwa Mesir bukan negara penempatan TKI," kata Kepala Protkons KBRI di Mesir, Nugroho Yuwono Aribhimo.

Koordinator Luar Negeri Garda TKI di Mesir, Muhammad Ghazali Sirajang juga menyatakan kesiapan untuk bekerjasama dan mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi. "Pendataan jumlah TKI nonprosedural terus dikoordinasikan dengan pihak KBRI, sehingga target pemulangan secara bertahap bisa terealisasi," singkatnya.

Seperti disampaikan Nusron Wahid sebelumnya, ada sekitar 1,8 juta TKI ilegal yang tersebar di berbagai negara, mereka tidak memiliki dokumen kontrak, paspor, bahkan visa kerja. Sesuai arahan Presiden Jokowi, sidang kabinet memutuskan semua buruh nonprosedural akan difasilitasi oleh negara untuk dipulangkan dan selanjutnya mereka akan dibina dan dibukakan akses modal untuk membuka usaha. "Adapun bagi TKI nonprosedural yang masih ingin bekerja di negara tersebut, akan dilakukan pemutihan jika memungkinkan," kata Nusron. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Tak Ada Aguero, Silva pun Jadi

MANCHESTER - Manchester City dianggap bakal mengalami kesulitan besar mengarungi festive period sepanjang Desember ini. Pasalnya, tim berjuluk The Citizens itu kehilangan para strikernya.

Namun, anggapan itu mentah setelah City menekuk Crystal Palace dengan skor 3-0 pada pekan ke-17 Premier League 2014/2015 di Etihad Stadium, Sabtu (20/12) malam WIB. Tanpa Sergio Aguero, David Silva menjadi pahlawan setelah mencetak dua gol.

“Tim ini bukan hanya Aguero. Silva juga menunjukkan peran yang sama. Ada beberapa pemain hebat yang bisa membuat perbedaan,” terang pelatih City, Manuel Pellegrini di laman resmi klub, Minggu (21/12).

Meski begitu, kemenangan tersebut tak dipetik dengan mudah. The Citizens baru menggebrak di babak kedua setelah sempat bermain tanpa gol pada paruh pertama pertandingan.

“Saya selalu percaya diri karena kami bermain sangat baik di babak pertama. Kami menunjukkan kesabaran dan menciptakan ruang. Tim ini tak bergantung pada satu pemain,” tegas Pellegrini. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Diimbangi MU, Pelatih Villa Kecam Wasit

LONDON - Kritikan kembali melayang pada wasit Premier League. Kali ini giliran wasit Lee Mason yang menjadi bulan-bulanan setelah mengusir penyerang Aston Villa, Gabriel Agbonlahor saat bersua Manchester United di Villa Park, Sabtu (20/12) malam WIB.

Saat itu, Agbonlahor terlihat kontak fisik dengan winger MU, Ashley Young saat laga memasuki menit ke-65. Kubu Villa langsung mengecam keputusan Mason yang dianggap tidak tepat.

“Dari tempat saya berdiri, itu bukanlah kartu merah. Benar-benar tak layak dihukum kartu merah. Apalagi pemain MU bilang Young justru yang melanggar Agbonlahor,” terang pelatih Villa, Paul Lambert di laman Sky Sport, Minggu (21/12).

Gara-gara kartu merah itu, Villa terlihat kesulitan menggempur pertahanan MU. Berkat hasil imbang itu, Villa kini masih terdampar di posisi ke-12 setelah mengumpulkan 20 angka dari 17 laga.

“Namun, saya bangga dengan tim ini serta bagaimana cara mereka bermain. Dengan tujuh pemain yang harus absen, ini adalah sebuah hasil yang bagus,” tegas Lambert. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Van Gaal Sebut MU Bukan Kandidat Juara Lagi

MANCHESTER - Louis Van Gaal hanya tertunduk lesu setelah Manchester United ditahan imbang Aston Villa dengan skor 1-1 pada pekan ke-17 di Villa Park, Sabtu (20/12) malam WIB.

Hasil itu dianggap bisa memengaruhi peluang MU merebut gelar juara Premier League musim ini. Pasalnya, Manchester City berhasil menumbangkan Crystal Palace tiga gol tanpa balas.

“Ketika Anda ingin menjadi bagian dalam perburuan gelar, Anda harus memenangkan pertandingan ini. Apakah hasil ini memperberat peluang (juara) kami? Ya. Itulah yang saya maksudkan,” terang Van Gaal di laman Sky Sports, Minggu (21/12).

Hasil imbang itu membuat MU masih terpaku di posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 32 poin. Namun, tim berjuluk Setan Merah itu kini tertinggal tujuh angka dari Manchester City.

“Saya melihat City pada babak pertama melawan Crystal Palace. Mereka kerepotan di babak pertama. Namun, pada akhirnya mereka bisa menang 3-0. Itulah bedanya,” tegas Van Gaal. (jos/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
MRT Ngotot Minta Tambahan Modal Rp 4,6 Triliun

GAMBIR – Pembangunan mass rapid transit (MRT) terus menguras APBD DKI Jakarta. Tahun depan, PT MRT Jakarta selaku pelaksana proyek meminta tambahan modal Rp 4,6 triliun. Meski dipersoalkan DPRD karena nilainya terlalu tinggi, PT MRT ngotot jalan terus. Mereka menegaskan, dana sebesar itu sesuai dengan kebutuhan.

Permintaan anggaran Rp 4,6 triliun tersebut masuk dalam pos penyertaan modal pemerintah (PMP) dalam RAPBD 2015. Jumlah itu lebih kecil daripada PMP tahun ini yang mencapai Rp 5,1 triliun. PT MRT Jakarta menganggap PMP yang diajukan ke pemprov masuk akal. Sebab, dana tersebut akan dipakai untuk modal kerja selama masa konstruksi, pengadaan lahan bangunan, dan pembelian kantor kedutaan besar Inggris.

"Kami akan menjelaskan secara detail kepada dewan mengenai rencana pemakaian dana itu,” ujar Dirut PT MRT Jakarta Dono Boestami kepada Jawa Pos, Sabtu (20/12).

Selain itu, kalangan DPRD DKI memang mempersoalkan PMP untuk badan usaha milik daerah (BUMD). Delapan BUMD tersebut akan mendapatkan suntikan modal. Totalnya Rp 11,3 triliun. Namun, hanya PT MRT yang mendapat jatah terbesar. Yakni, Rp 4,6 triliun. Kalangan dewan pun menganggap dana tersebut tidak realistis. Karena itu, pembahasan RAPBD 2015 tidak kunjung tuntas.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi pun mempertanyakan langkah eksekutif yang tetap ngotot dengan besaran PMP untuk BUMD. Selain itu, pihak BUMD yang diundang dewan belum bisa menjelaskan secara detail mengenai penggunaan dana tersebut.

"Kalau itu (besaran PMP) hanya akal-akalan mereka, ya kami nggak bisa ngasih sebanyak yang diminta," ujarnya.

Meski demikian, Dono belum mengetahui jika salah penyebab molornya pengesahan RAPBD 2015 adalah PMP. Dia juga belum dipanggil dewan untuk menjelaskan hal tersebut. Dia menegaskan siap mendatangi DPRD agar permintaan anggaran yang diajukan tidak disalahartikan. Alasannya, anggaran itu cukup jelas dan bisa dilihat publik. Sebab, proyek MRT hingga kini masih berlangsung.

’’Hal tersebut bisa dilihat sendiri dari progresnya,’’ katanya.

Sementara itu, BUMD lain, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), juga menyatakan siap dipanggil DPRD. Mereka meminta tambahan PMP Rp 550 miliar. Angka tersebut berasal dari konsep dan perencanaan yang jelas. Dia mengatakan, permintaan itu telah dibicarakan dengan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Saya bertemu (dengan dewan) dua kali. Kalau memang belum cukup menjelaskan soal itu, kami akan datang dengan senang hati," kata Dirut PT Jakpro Budi Karya.

Tahun ini Jakpro telah digerojok PMP senilai Rp 500 miliar. Dana sebesar itu dipakai untuk membebaskan lahan yang akan ditempati rumah susun alias flat. Tetapi, dana Rp 550 miliar yang diajukan untuk PMP tahun depan akan digunakan untuk berbagai macam program. Antara lain, men-support program ketahanan energi milik pemprov dengan membangun pembangkit listrik tenaga gas, mempercepat pembangunan jalan tol Tanjung Priok Jakarta Utara, dan menyediakan lahan untuk flat.

"Jadi, dana tersebut tidak digunakan untuk main-main," tegasnya.

Terkait dengan sikap dewan yang mencurigai dana tersebut akan didepositokan ke bank, Budi menilai hal itu disebabkan kurang koordinasi saja. Dia memaklumi sikap dewan. Sebab, mereka memiliki tugas pengawasan. Dia menilai politisi Kebon Sirih memiliki wewenang untuk mengkritisi dan mengetahui lebih detail anggaran yang dikeluarkan pemprov. Termasuk, dana PMP BUMD.

"Apalagi anggota dewan kan banyak orang-orang baru. Jadi, koordinasi mungkin harus ditingkatkan lagi," katanya. (fai/co2/oni)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Jokowi Diminta Hentikan Kebijakan Diskriminatif Pusat di NTT

JAKARTA - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diharapkan jadi momentum perbaikan penegakan hukum di wilayah tersebut. Pasalnya, kegagalan pemerintah pusat dan daerah dalam bidang penegakan hukum telah menempatkan NTT sebagai provinsi dengan berbagai predikat negatif sebagai provinsi termiskin, terkorup, terbanyak kasus trafficking dan terbesar ke-5 di Indonesia sebagai daerah peredaran narkoba.

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mengatakan masyarakat NTT perlu menuntut perhatian khusus dari Presiden Jokowi untuk membangun dan membenahi polisi, jaksa dan hakim-hakim di NTT. Menurut dia, persoalan human trafficking dan korupsi di NTT merajalela karena adanya keterlibatan oknum angota kepolisian di lingkungan Polda NTT dan Jakarta.

"Saatnya Presiden Jokowi menghentikan segala kebijakan diskriminatif dari pusat selama ini yang berakibat rusaknya hukum dan penegakan hukum di NTT. Pola penegakkan hukum dan pola distribusi aparat penegak hukum yang salah dari pemerintah pusat ditempatkan di NTT harus dihentikan. Jangan lagi jadikan jatah NTT pejabat yang sedang bermasalah. Hapus istilah pejabat nakal sebelum dipecat di NTT-kan dulu," kata Petrus dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Minggu (21/12).

Kasus hukum di NTT yang tidak berpihak kepada Nawa Cita yang mesti disorot Jokowi, kata Petrus, antara lain kasus Ruddy Soik. Saat ini dia mendekam dalam tahanan Polda NTT terkait dengan sikapnya yang secara kesatria mengungkap bahkan melapor secara terbuka bahwa ada oknum di Polda NTT menjadi backing mafia human trafficking yang telah memakan korban puluhan ribu wanita NTT.

Selain itu, lanjut dia, kasus yang juga perlu disorot Jokowi adalah kasus kematian Paulus Usnaat. Paulus diduga tewas akibat dibunuh ketika berada dalam tahanan Polsek Nunpene di Kabupaten TTS pada tahun 2008. Namun sayangnya hingga sekarang polisi dan jaksa tidak mampu menemukan seluruh pelakunya, sehingga perkaranya masih macet di Polda NTT.

Kasus lainnya adalah kasus pembunuhan seorang anggota Polda NTT Brigpol Obaja Namfok dua tahun yang lalu, hingga sekarang Polda NTT belum menemukan pelakunya.

"Kasus tambang di NTT juga. Di mana masyarakat menolak kehadiran tambang di NTT, namun pihak kepolisian selalu memihak pengusaha manakala rakyat melakukan aksi menolak tambang," tandas Petrus.(dem/rmol/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Waspadai Nyeri Punggung Bawah

KEBIASAAN duduk tidak benar dapat memicu masalah nyeri punggung bawah (low back pain). Penyebabnya ialah aktivitas pekerjaan yang monoton ataupun postur tubuh yang tidak baik seperti kegemukan dan bungkuk.

Keluhan nyeri punggung belakang ini berada di urutan kedua setelah nyeri kepala. Tetapi, banyak orang yang menyepelekan rasa nyeri tersebut. Padahal itu bisa merupakan indikasi dari masalah serius lainnya.

“Nyeri ini bisa saja terjadi pada pria dan perempuan, baik muda maupun lanjut usia (lansia). Kebanyakan dialami pada usia produktif 19-45 tahun,” ujar dr Eveline SpBS saat mengisi Health Talkshow gelaran Siloam Hospitals Balikpapan dilansir Kaltim Post (Grup JPNN.com).

Lebih lanjut ia membagi ke dalam dua golongan, yakni nyeri punggung bawah dengan penyebab tidak spesifik dan spesifik. Nyeri punggung bawah dengan penyebab tidak spesifik sering kali ditimbulkan oleh postur tubuh yang jelek seperti kegemukan dan bungkuk, kurang berolahraga, atau kekakuan otot. Kondisi ini, menurut Eveline, masih bisa diperbaiki dengan memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, rajin berolahraga atau melakukan fisioterapi.

Sedangkan, nyeri punggung bawah dengan penyebab spesifik seperti akibat trauma, infeksi, tumor, kelainan bawaan maupun degeneratif membutuhkan penanganan lebih lanjut. Namun, yang perlu diwaspadai adalah apabila frekuensi nyeri meningkat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti kerap terbangun ketika tidur, nyeri ketika bergerak, adanya kesemutan atau mati rasa pada tungkai, kelemahan tungkai, rasa kesemutan atau mati rasa di kemaluan, hingga gangguan pada buang air kecil maupun besar.

“Bila didapatkan keluhan-keluhan tersebut segera kunjungi dokter. Karena keterlambatan penanganan dapat menyebabkan kecacatan menetap,” ujarnya.

“Fungsi saraf tulang belakang ialah motorik (gerakan), sensorik (rasa), dan otonom (fungsi buang air kecil dan besar). Kalau ada gangguan pada salah satu apalagi ketiganya berarti sesuatu telah terjadi. Ini berbahaya dan perlu diwaspadai,” ucapnya.

Sebelum mengarah kepada tindakan medis, maka dokter perlu mencari riwayat keluhan si pasien dan melakukan pemeriksaan fisik dan jika perlu melakukan screening awal dengan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) tulang belakang. Terapi yang diberikan juga bergantung pada keluhan dan penyebab nyeri punggung, mulai obat-obatan, fisioterapi, injeksi daerah tulang belakang, dan bila perlu operasi. (*/yin/tom/k14)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Kantor DPRD Kapuas Diduga jadi Tempat Transaksi Narkoba

PALANGKA RAYA - Kabar negatif terus menerpa DPRD Kabupaten Kapuas. Setelah kasus suap melalui operasi tangkap tangan yang dilakukan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, kini muncul lagi kasus baru.

Bahkan, pihak Polda Kalteng secara maraton melakukan pengembangaan dugaan penyalahgunaan Narkoba yang melilit tersangka dugaan suap anggota DPRD Kapuas, Edy Fahriansyah (EF). Bermodal "nyanyian", pihak kepolisian bergerak cepat mengusut orang-orang yang terlibat dalam penyalahgunaan barang haram tersebut.

Sumber Kalteng Pos (Grup JPNN.com) menyebutkan, dua tersangka selaku penyuplai barang haram itu telah dibekuk polisi. Mereka adalah A dan Y. Yang cukup mencengangkan, kedua pengedar itu dibekuk polisi di salah satu ruangan fraksi DPRD Kapuas, Sabtu (21/12) sore.

Penangkapan kedua pengedar itu berawal dari penyitaan HP anggota DPRD Kapuas yang diguga nyabu bersama EF. Saat itu, pengedar A mengirim pesan singkat ke nomor HP milik kolega EF itu.

"Bos, ini ada barang," kata sumber Kalteng Pos menirukan isi SMS A.

Polisi yang membalas SMS tersebut, dengan meminta A mengantar barang haram itu.

"A didampingi Y mengantar sabu itu ke kantor DPRD Kapuas. Setelah itu keduanya langsung diamankan," beber dia.

Informasinya, dari tangan penyuplai itu polisi berhasil menyita tiga paket sabu. Selain itu, beberapa rekan EF anggota DPRD Kapuas juga dinyatakan positif narkoba dan digiring ke Mapolda Kalteng.

"Saya prihatin, kantor DPRD Kapuas yang terhormat menjadi tempat transaksi narkoba," tandasnya. (art/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Budi Rahardjo, IT-Preneur di Balik Domain .id

Nama Budi Rahardjo (52), mungkin tidak ngetop. Namun, di dunia IT, dia adalah ’’selebriti’’. Domain .id eksis di Indonesia berkat lulusan Manitoba University, Winnipeg, Kanada, tersebut.

Laporan Mochamad Salsabyl Adn, Bandung

DANDANANNYA nyentrik. Kemeja putih berdasi biru plus celana jins dan sepatu hiking hijau. Pakaian yang dikenakan Budi itu seolah tidak mencerminkan bahwa dia adalah seorang dosen yang lazimnya berdandan rapi dan necis.

"Saya sebenarnya tidak suka pakai kemeja. Ini terpaksa dandan seperti ini karena nanti siang harus jadi penguji sidang mahasiswa S-3. Biasanya saya lebih suka pakai kaus," kata Budi Rahardjo membuka perbincangan dengan Jawa Pos yang menemuinya di Gedung Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung (ITB) pekan lalu.

Dari penampilannya, sepintas Budi tampak bukan dosen. Kalaupun dosen, mungkin orang menilai dia bukan dosen yang hebat. Namun, rekam jejak Budi menyatakan hal yang sebaliknya. Dia adalah lulusan terbaik Jurusan Teknik Elektro ITB pada 1986.

Predikat itu mengantarkan dia mendapat beasiswa negara untuk belajar di Manitoba University, Winnipeg, Kanada. Di sana, dia mengambil jurusan electro biomedical engineering. Pendidikannya berlanjut ke program PhD dengan jurusan mikroelektronika.

"Saya berada di Kanada sekitar 11 tahun. Kembali ke Indonesia untuk memenuhi kewajiban masa abdi selama lima tahun pada Agustus 1997,’’ kenang Budi.

Meski berangkat ke Kanada untuk menimba ilmu sebagai dosen, Budi punya ambisi lain saat pulang. ’’Mimpi saya adalah menerapkan ilmu mikroelektro untuk menciptakan chip dari Indonesia,’’ tandasnya.

Namun, kondisi tidak mendukung perjuangan Budi mewujudkan impian tersebut. Indonesia sedang mengalami krisis moneter hebat ketika itu. Iklim di tanah air juga tidak mendukung pengembangan teknologi informasi. ’’Alhasil, ilmu yang saya miliki hanya menjadi teori yang diajarkan dalam kelas. Waktu itu, tak ada yang membutuhkan ilmu formal verification (ilmu mendesain chip),’’ jelasnya.

Sebulan di Indonesia, Budi mendapat kabar kurang enak. Sekitar akhir September 1997, dia menerima kabar bahwa domain level tertinggi milik Indonesia, yakni .id (baca: dot id), bakal diserahkan kembali ke lembaga Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

"Waktu itu, yang mengelola (domain .id) Pak Samik (Rahmat M. Samik Ibrahim, dosen Universitas Indonesia). Dia mengaku tak mau lagi mengurus domain itu karena bertentangan dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia),’’ ungkap Budi.

Kondisi tersebut menggegerkan dunia maya Indonesia. Tidak ada yang mau mengurusi domain itu. Termasuk perusahaan besar seperti Indosat maupun Lintasarta. ’’Saya pikir, sayang kalau itu dikembalikan ke IANA. Saya pun menyodorkan diri untuk mengurusnya,’’ kata orang asli Jogjakarta itu.

Setelah resmi menjadi perwakilan di Indonesia, Budi pun berusaha membentuk sistem domain .id. Namun, dia tidak memilih mendirikan perusahaan. Pengelolaan tersebut dikerjakan melalui komunitas tanpa bayaran sepeser pun.

"Waktu itu, pemerintah belum menganggap masalah penting. Jadi, saya hanya bisa kasih upah ke orang-orang yang membantu saya sesekali saja. Sebab, .id ini kan banyak kategorinya. Baik .co.id maupun .ac.id punya standar yang berbeda,’’ jelasnya.

Setelah menetapkan sistem domain dengan baik, muncul masalah baru. Salah satunya, keamanan internet di Indonesia. Budi mengungkapkan, banyak orang yang mengeluh saat komputernya diserang virus atau di-hack.

"Kalau sudah begitu, mereka pasti mencari siapa yang mengelola domain. Akhirnya, keluhan sampai ke saya. Saya pikir, ini perlu badan lain yang khusus menangani soal IT security. Akhirnya, saya membentuk ID-CERT (Indonesia Computer Emergency Response Team) pada 1998,’’ tambah dia.

Seiring berjalannya waktu, Budi melihat banyak ceruk pasar di industri teknologi informasi tanah air yang belum terlayani. Mulai usaha web hosting, web design, tenaga kerja IT, hingga konsultan IT untuk perusahaan. Berusaha menggarap pasar itu, dia mendirikan sedikitnya 10 perusahaan pada 2000. Namun, karena strategi yang tidak baik, banyak yang akhirnya kolaps.

"Saya mendirikan perusahaan itu bukan semata karena peluang bisnis. Tapi, penasaran saja, kok layanan ini tidak ada di Indonesia. Akhirnya, saya buat apa yang belum ada. Bahkan, saya pernah mendirikan PJTKI khusus tenaga IT untuk kebutuhan luar negeri. Supaya mereka bisa berkembang di sana. Tapi, karena orang Indonesia banyak yang manja, dua minggu sudah minta pulang. Gagal lagi usaha saya,’’ terangnya.

Saat ini, perusahaan Budi yang masih berjalan tinggal dua. Yakni, perusahaan konsultan IT Indo Cisc dan perusahaan penyedia music digital Insan Music Store.

Namun, kegagalan usaha Budi justru membuat banyak investor yang mengajak kerja sama. ’’Mereka ngajak karena merasa sudah tahu komitmen saya. Tapi, saya tidak mau karena banyak yang harus saya kerjakan,’’ terangnya.

Pada 2005, Budi memutuskan untuk melepaskan hak pengelolaan domain Indonesia. Sebab, dia merasa ingin lebih berfokus ke dunia IT security. Lucunya, keputusan itu pun kembali membuat ribut dunia IT Indonesia.

"Ributnya bukan karena tak ada yang mau mengelola. Justru sebaliknya. Pemerintah, swasta, dan individu berebut hak untuk mengelola domain itu. Sebab, pemegang domain memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Akhirnya, saya serahkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan mereka membentuk badan pengelola sendiri,’’ jelasnya.

Berkiprah sebagai aktivis IT di Indonesia tidak berarti tidak punya konsekuensi. Hal tersebut diakui Budi membuat ambisinya untuk mengejar karir di kampus mengecil. Selama 19 tahun berkarir di ITB, statusnya tidak berubah, tetap menjadi pengajar di kelompok keilmuan teknik komputer.

"Kalau saya ditanya kapan jadi profesor, saya selalu bilang moal jiganah mah (sepertinya tidak akan jadi). Biasanya teman-teman langsung memarahi saya. Saya memang belum mau jadi guru besar. Saya bukan orang yang mau repot-repot melamar untuk posisi itu. Apalagi administrasi saya sebagai dosen memang berantakan,’’ ujarnya.

Menurut pria yang berhenti dari PNS pada 2003 itu, menjadi profesor mempunyai tanggung jawab yang besar. Ditambah, status tersebut bakal mempersulit geraknya sebagai aktivis IT sekaligus IT-preneur di Indonesia. Karena itu, dia lebih memilih menjadi pengajar biasa dan berkonsentrasi membimbing mahasiswa.

’’Setiap acara car free day, saya masih turun membagikan selebaran tentang toko musik digital saya di jalan. Sering juga dikejar dan diusir satpol PP. Kalau jadi profesor, mungkin saya tidak bisa melakukan hal-hal seperti itu,’’ tuturnya.

Pakar IT Johar Alam menilai, Budi berhasil meletakkan dan menata domain Indonesia menjadi salah satu domain yang mempromosikan identitas Indonesia di dunia. Namun, pengelolaannya belum menyentuh sektor bisnis yang menguntungkan.

"Kalau dari kacamata kami (aktivis IT), Pak Budi sama sekali tidak gagal. Terutama soal pengelolaan domain Indonesia. Dia bahkan sukses melindungi kekayaan negara dari tangan swasta dan asing. Saat dalam pengelolaan Pak Budi, pendaftaran domain .co.id hanya membayar Rp 150 ribu seumur hidup, sedangkan pendaftaran domain organisasi gratis," ungkapnya.

Hal itu berbeda dengan sistem yang berlaku saat ini. Menurut Johar, domain .id sekarang bisa dibeli siapa pun untuk kepentingan apa pun. Hal tersebut diakui bisa menghilangkan identitas domain sebagai kepemilikan negara. ’’Sekarang, memang banyak pemasukan dari pengelolaan domain. Untuk mendaftar saja, biayanya mencapai Rp 5 juta per tahun. Tapi, satu orang di Singapura bisa beli ratusan domain .id tanpa alasan jelas,’’ terangnya.

Menurut dia, hal tersebut bisa sangat berbahaya. Johar menjelaskan, ada beberapa domain negara yang saat ini diperdagangkan bebas di dunia. Misalnya, .ly milik Libya. Domain tersebut akhirnya digunakan untuk sekadar jalan pintas di internet. ’’Saat Pak Budi mengelola, saya bisa bilang domain Indonesia sama terhormatnya dengan domain .uk milik Inggris atau .sg milik Singapura,’’ terangnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan domain .id saat dikelola Budi termasuk tertinggi. Selama sembilan tahun, situs berdomain .id telah tumbuh sepuluh kali lipat dari 3 ribu ke 30 ribu. Artinya, ada 29 ribu lembaga di Indonesia yang membuat situs dengan domain .id.

"Sekarang, meskipun ada ratusan ribu domain, kita tidak tahu apakah itu semua lembaga dari Indonesia atau dari luar,’’ tandasnya. (*/c5/ari)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Pengamat Nilai Konflik Golkar tak Bisa Diselesaikan Lewat Meja Hijau

JAKARTA - Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin menilai, konflik di tubuh Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lebih terkait perselisihan kepengurusan. Karena itu tidak bisa diselesaikan melalui pengadilan.

Alasannya, beber Said, sesuai pasal 32 ayat 5 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik (UU Parpol), diatur kekhususan perselisihan parpol yang berkenaan dengan kepengurusan.

"Pasal itu bilang bahwa khusus perselisihan kepengurusan penyelesaiannya hanya bisa dilakukan di internal parpol melalui Mahkamah Partai. Putusan dari Mahkamah partai sifatnya final dan mengikat," kata Said, Minggu (21/12).

Namun untuk perselisihan lain yang terjadi di internal parpol, kata Said, memang masih dapat dibawa ke pengadilan manakala pihak yang bersengketa tidak puas terhadap Putusan Mahkamah Partai. Rujukannya pasal 33 UU Parpol. Misalnya soal pemecatan anggota, penyalahgunaan wewenang, pertanggungjawaban keuangan, dan seterusnya.

"Pasal 33 membuka ruang penyelesaian perselisihan partai politik di pengadilan negeri, termasuk kasasi ke mahkamah agung jika di internal parpol tidak bisa diselesaikan secara internal. Tapi khusus perselisihan kepengurusan, pasal itu tidak bisa diberlakukan," katanya.

Menurut Said, sebelum UU Parpol tahun 2008 direvisi, perselisihan kepengurusan memang dimungkinkan dibawa ke pengadilan jika tidak bisa diselesaikan di internal parpol. Tetapi setelah UU Parpol direvisi pada 2011 lalu, ketentuan tersebut diubah.

"Pascarevisi, UU Parpol meminta kepada partai politik membentuk Mahkamah Partai. Fungsinya untuk menyelesaikan segala bentuk perselisihan di internal parpol. Jadi fungsi mahkamah partai itu menyerupai fungsi pengadilan juga," katanya.

Said menilai khusus perselisihan kepengurusan hanya bisa diselesaikan di internal parpol, agar partai dapat mengatur dan mengurus sendiri organisasinya secara mandiri sebagaimana ketentuan pasal 12 huruf b UU Parpol.

"Ada juga pasal 15 ayat 1 UU Parpol yang menegaskan kedaulatan parpol berada di tangan para anggotanya. Kemandirian dan kedaulatan parpol itu ukurannya ada di kepengurusan partai politik. Kalau muncul perselisihan kepengurusan, maka internal parpol itu sendiri yang menyelesaikannya melalui mahkamah partai," katanya.

Apalagi kewenangan mahkamah partai menyelesaikan perselisihan kepengurusan tidak hanya diberikan oleh AD/ART partai, tetapi diberikan oleh undang-undang yang kedudukannya lebih tinggi dari AD/ART parpol.(gir/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Kemenag Target Cetak 5 Ribu Doktor

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2015 mulai mengirim 1.000 dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia untuk meraih gelar doktor baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ini merupakan bagian dari beasiswa program doktor untuk semua dosen.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, pengiriman dosen ini dilakukan secara bertahap. Setiap tahun 1.000 dosen sampai mencapai 5.000 dosen untuk waktu lima tahun. Mereka yang akan mendapatkan beasiswa ini akan mengikuti proses seleksi.

"Karenanya, kita akan melakukan pemetaan terlebih dahulu, di setiap perguruan tinggi terkait kebutuhan doktor untuk bidang apa saja, setelah itu dibuat standarnya," kata Kamaruddin dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Minggu (21/12).

Dia memaparkan setiap PTKI akan didata berapa jumlah dosen, dan dosen yang sudah meraih gelar doktor berapa, termasuk ada berapa jurusan di PTKI tersebut sehingga dapat diketahui kebutuhan jumlah doktor.

Menurut dia, beasiswa ini semuanya ditanggung Kemenag. Namun, Kamaruddin belum mengetahui rincian dana yang akan dikeluarkan Kemenag untuk setiap tahunnya untuk 1.000 doktor, baik yang belajar di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Soal dana ini standarnya sama yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan untuk mereka yang belajar di dalam negeri, dan juga ada standarnya untuk mereka yang belajar di  luar negeri," terang Kamaruddin.

Dia menjelaskan target dari pengiriman program doktor ini untuk menjadikan PTKI bermutu dan berkualitas dan "go international",

"Pemberian beasiswa doktor berlaku untuk semua bidang studi, baik agama maupun umum. Kita kirim mereka berbagai perguruan tinggi kelas dunia, juga termasuk di dalam negeri," jelas Kamaruddin.(dem/rmol/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Usulkan Dana KJP Siswa Sekolah Swasta Lebih Besar

MAMPANG – Pemprov DKI Jakarta berencana memberikan dana bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) kepada siswa sekolah swasta lebih besar daripada negeri. Usul itu sebesar Rp 700 ribu. Rencananya bantuan tersebut diberikan pada 2015. Sekolah swasta menyambut baik rencana pemberian bantuan itu.

Kepala SMK Kharismawita Syahroni mengatakan, sekolahnya setuju dengan usul tersebut. Sebab, selama ini sebagian besar siswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah.

”Ini sangat membantu sekolah,” katanya kepada Jawa Pos beberapa waktu lalu.

Menurut Syahroni, biaya operasional pendidikan kerap terganggu. Sebab, terkadang ada siswa yang membayar biaya sekolah tidak tepat waktu. Alasannya, orang tua tidak memiliki uang. Padahal, biaya SPP di sekolahnya Rp 175 ribu. Jumlah itu lebih rendah bila dibandingkan dengan sekolah lain. Ketika sekolah ingin menambah Rp 25 ribu, siswa terbebani.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) DKI Jakarta Lasro Marbun menjelaskan, usul pemberian bantuan KJP ke siswa sekolah swasta yang mencapai Rp 700 ribu tersebut masih dikaji. Pihaknya harus memaparkan dan mendapat persetujuan dari gubernur.

”Pimpinan setuju, ya kami lanjutkan,” jelas dia.

Menurut Lasro, anggaran KJP pada 2015 mencapai Rp 2 triliun untuk sekolah negeri dan swasta. Sekolah dasar Rp 300 ribu, sekolah menengah pertama (sekitar Rp 350 ribu), dan sekolah menengah atas (sekitar Rp 500 ribu). Dia menambahkan, besar KJP untuk sekolah swasta lebih besar. Sebab, dana itu berfungsi untuk SPP sekolah dan kebutuhan personal.

Agar kebijakan tersebut tepat sasaran, dispendik akan benar-benar mengawal pelaksanaan kebijakan itu. Caranya, memperketat persyaratan dan melibatkan sekolah secara penuh. Yakni, sekolah menentukan siswa-siswa yang mendapat KJP. ”Rencananya guru diberi tunjangan kinerja daerah (TKD) progresif,” tutur Lasro.

Upaya itu, terang dia, dilakukan agar kepala sekolah tidak lagi menyalahgunakan dana bantuan operasional pendidikan (BOP). (puj/co1/ind)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Bek Lazio Sesumbar Siap Kalahkan Inter

ROBERTO Mancini punya alasan kuat menurunkan Rodrigo Palacio saat melawan Lazio dini hari nanti WIB. Sebab, dari delapan kali melawan rival sekota AS Roma tersebut, penyerang asal Argentina itu berhasil mencetak enam gol.

Total jumlah gol itu dia cetak di dua klub berbeda. Yang pertama, pada kurun 2009 sampai 2012 ketika dia masih berbaju Genoa. Saat itu, Palacio mencetak empat gol. Sementara, saat berbaju Inter, dia berhasil mencetak dua gol dalam satu pertandingan.

Statistik memperlihatkan, Palacio banyak mencetak gol ke gawang Lazio di babak kedua. Empat gol yang  di antaranya dilesakkan pemain yang turut membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014 itu di atas menit ke-50.

Osvaldo pun berharap, agar Palacio berada di line up untuk memberikan jaminan di lini depan Inter. Kekhawatiran akan ketajaman Palacio itu juga ditunjukkan situs Lalaziosiamonoi.

"Palacio dan Mancini siap Mengguncang Lazio," demikian bunyi salah satu berita di situs tersebut.

Tapi, bek Lazio Dusan Basta menegaskan dia dan rekan-rekan tak gentar dengan catatan ketajaman Palacio tiap kali menghadapi Lazio tersebut. Basta menegaskan Lazio siap mempermalukan Inter di depan pendukung mereka sendiri.

"Melawan Inter memang tidak mudah, tapi kami siap mengambil tiga angka," ujarnya seperti dikutip Football Italia. (aam/ttg)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ingatkan Hatta Rajasa Segera Demisioner sebagai Ketum PAN

JAKARTA - Masa tugas Hatta Rajasa sebagai ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) tinggal hitungan hari. Kader senior PAN DKI Jakarta, Sugiyanto menyebutkan, terhitung sejak 10 Januari 2015 nanti, Hatta telah demisioner sehingga tidak lagi berhak mengatasnamakan dirinya sebagai ketua umum PAN.

"Kongres terakhir yang menetapkan Hatta Rajasa sebagai ketua umum dilaksanakan 10 Januari 2010. Jadi Hatta sudah tidak berhak lagi mengatasnamakan dirinya sebagai Ketum PAN 10 Januari 2015," kata Sugiyanto dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Minggu (21/12).

Jika kongres digelar Maret 2015, maka itu berarti masa jabatan Hatta sebagai ketum PAN lebih lama dari yang seharusnya. Dia mengatakan, tidak ada aturan dalam PAN yang menyebut ketua umum, tak terkecuali Hatta Rajasa, bisa memperpanjang masa jabataannya sendiri.

Seharusnya kongres PAN diadakan sebelum batas berakhirnya masa jabatan Hatta, yakni tanggal 10 Januari 2015. Karena waktunya sudah mepet tidak mungkin kongres digelar pada tanggal tersebut.
 
"Harusnya panitia kongres sudah terbentuk sebelum tanggal tersebut. Setelah itu, panitia kongres yang mengambilalih semua preses politik di PAN. Kongres PAN yang digelar Maret bukti kegagalan Hatta dalam menjalankan amanat kongres sebelumnya," tandasnya.(dem/rmol/jpnn)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ambisi Menang Telak Lagi

LIVERPOOL - Tidak mudah mengalahkan Arsenal. Apalagi dengan skor besar. Namun, Liverpool melakukannya musim lalu. The Reds --- julukan Liverpool -- menggebuk Arsenal dengan skor telak 5-1 di Anfield. Hasil itu menghentikan rekor tidak pernah menang Liverpool atas Arsenal di kandang sendiri sejak musim 2008.

Pertanyaannya, mampukah Liverpool mengulang sukses itu malam ini? Tuan rumah butuh menang untuk mendongkrak motivasi paska kekalahan 0-3 di kandang Manchester United. Setelah gagal menang dalam tiga laga, Liverpool akhirnya kembali ke trek positif usai membekap Bournemouth dengan skor 1-3 pada perempat final Piala Liga Inggris (17/2).

Memang, Bournemouth "hanyalah" tim dari Championship, alias kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Tetapi, tetap saja kemenangan adalah hal yang sangat berharga. Apalagi victory tersebut membuat Steven Gerrard dkk melaju ke semifinal.

Manajer Liverpool Brendan Rodgers tampaknya akan terus menggunakan formasi 3-4-3. Tiga pemain di lini depan akan ditempati oleh Raheem Sterling, Adam Lallana, dan Philippe Coutinho.  

"Jika Anda melihat tim ini saat melawan Bournemouth, Anda akan melihat kalau kami memiliki kecepatan di lini tengah," ucap Rodgers sebagaimana dilansir The Guardian.

"Skema ini akan membuat Anda bisa melakukan pressing dengan baik. Artinya, Anda akan menjadi lebih agresif dan memberikan lebih banyak peluang mencetak gol jika kami bisa memenangi posisi bola," imbuh pelatih berusia 41 tahun tersebut.  

Rodgers sendiri terlihat rileks setelah kemenangan itu. Padahal, paska kekalahan melawan United, santer rumor yang mengatakan bahwa dia akan dipecat. Hasil buruk di Old Trafford merupakan salah satu titik nadir karena sebelumnya Liverpool gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions.

Secara umum, catatan Liverpool melawan Arsenal tidak mengesankan. Dalam 14 pertandingan terakhir, tim asal Merseyside tersebut hanya menang dua kali. Tetapi, rekor tersebut seolah dilupakan karena kemenangan 5-1 di Anfield musim lalu. Masih jelas terbayang dalam benak Rodgers keganasan timnya yang mencetak empat gol hanya dalam tempo 20 menit.

"Arsenal adalah tim papan atas dengan barisan pemain yang luar biasa. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami. Namun, memori musim lalu diakui menambah motivasi bagi kami," katanya.

The Reds tidak akan diperkuat striker Mario Balotelli. Pemain asal Italia tersebut diskorsing satu petandingan plus denda 25 ribu euro atau sekitar Rp 318 juta karena memposting gambar yang menjurus pada rasisme di akun Instagram-nya bulan lalu.  

Selain Balotelli, bek tengah Dejan Lovren dan full back kanan Glen Johnson (keduanya cedera kunci paha) juga diragukan tampil. Begitu juga dengan Joe Allen yang masih tidak fit. Sementara itu, Daniel Sturridge masih juga belum bisa tampil karena masih berkutat dengan cedera paha.

Di sisi lain, performa Arsenal juga naik turun. Setelah kalah 2-3 melawan Stoke, The Gunners bangkit dengan kemenangan back-to-back 4-1 melawan Galatasaray di matchday terakhir penyisihan grup Liga Champions dan Newcastle United di Premier League.

Arsenal kehilangan besar di lini tengah menyusul absennya Aaron Ramsey yang menderita cedera hamstring. Sedangkan Jack Wilshere dan Mesut Oezil masih belum bisa bermain karena cedera engkel dan lutut. Begitu juga dengan Theo Walcott yang masih berkutat dengan permasalahan pada kunci pahanya. Tumbangnya Rambo -- julukan Ramsey -- membuat Manajer Arsenal Arsene Wenger benar-benar panik. Pelatih asal Prancis itu menganggap Arsenal masuk dalam periode yang menakutkan.

"Pemain kami banyak yang bertumbangan. Sampai-sampai ada anggapan bahwa udara dingin Inggris gampang membuat pemain cedera. Kami memasuki masa panik dan kami berusaha untuk melewatinya sekarang melawan Liverpool," kata Wenger kepada The Independent. (nur/ca)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Adegan Paling Susah saat Melamar Asmara

JAKARTA -Setahun Handi Morgan Winata atau Morgan Oey (24) keluar dari boyband yang membesarkan namanya, SM*SH. Dia memutuskan untuk bersolo karir dan serius berakting. Kini keputusan itu mulai membuahkan hasil.

Setelah tidak lagi bergabung dengan SM*SH, Morgan bermain dalam beberapa judul sinetron. Di antaranya, Surat Kecil untuk Tuhan The Series, My Lovely Brother, dan Kau Yang Berasal dari Bintang. Dia sengaja langsung menekuni akting. Sebab, memang sejak dulu pria kelahiran Singkawang, 25 Mei 1990, tersebut mengincarnya.

Tahun ini Morgan berkesempatan main film berjudul Assalamualaikum Beijing. Dalam film yang dirilis 30 Desember mendatang itu, dia berperan sebagai Zhongwen, laki-laki asal Tiongkok yang berprofesi tour guide.

"Ini tantangan baru karena saya tidak fasih berbahasa Mandarin. Saya hanya diberi waktu empat hari untuk belajar. Untungnya, Papa Sastra (manajer, Red) membantu. Beliau kan bisa bahasa Mandarin," tuturnya saat ditemui Jawa Pos (induk JPNN.com) di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (16/12).

Dalam film produksi Maxima Pictures tersebut, Morgan beradu akting dengan Revalina S. Temat, Laudya Cynthia Bella, Ibnu Jamil, Dedy Mahendra Desta, dan Jajang C. Noer. Pengalaman pertamanya main film itu memberikan banyak pelajaran. Tentu pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk menghadapi proyek selanjutnya.

"Deg-degan. Saya merasa bangga bisa terlibat dalam proyek film serius. Orang-orang di balik layarnya juga serius. Mas Guntur Soeharjanto (sutradara) mengoreksi akting saya. Banyak banget ilmu yang saya dapat,’’ ujarnya.

Menurut laki-laki yang dulu bercita-cita menjadi pilot itu, adegan yang paling susah dilakukan adalah saat Zhongwen melamar Asmara (Revalina).

"Waktu mau take, Mas Guntur memberikan saya ruang untuk sendiri dulu. Dialog saya panjang banget. Saya disuruh meresapi itu,’’ ungkap dia.

Mahasiswi Jurusan IT Universitas Bina Nusantara tersebut menuai hoki. Sekali main film, dia langsung melakoni syuting ke luar negeri.

"Impian terwujud gitu. Soalnya, dari dulu aku pengin ke Beijing. Eh, kesampaian,’’ lanjutnya.

Selain kerja, Morgan nyambi jalan-jalan. Dia mengunjungi Great Wall, Temple of Heaven, dan Forbidden City. ’’Sekaligus mendalami peran. Kan peran saya tour guide,’’ ucapnya, lantas tersenyum. (yas/c14/jan)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Cabuli Anak Kandung, Ancam Bunuh Istri dan Pembantu

SEMARANG - Perbuatan Setiabudi Purwatan (57) sungguh bejat. Warga Jalan Truntum Raya, Tlogosari Pedurungan, Semarang itu mencabuli anak kandungnya, KS dan juga pembantunya. Bahkan, Setiabudi juga mengancam istrinya akan dibunuh. Perlakuan bejat itu diungkap Elly Kurniawati (46), istrinya sendiri dan mantan pembantu rumah tangganya, saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, kemarin.

"Perbuatan (cabul) dilakukan sejak tahun 2007 sampai 2014. Saya diancam dibunuh, kalau bercerita kepada orang lain," ungkap Elly dilansir Jateng Pos (Grup JPNN.com).

Selain putrinya, kata Elly, terdakwa juga telah mengancam pembantunya agar tidak bercerita kepada orang lain. Modus terdakwa selalu mengancam dengan dibunuh untuk menakut-nakuti.

Saat ini, KS berumur 16 tahun, ia pernah menjadi siswi dari salah satu SMA swasta di Kota Semarang. Korban akhirnya putus sekolah karena takut. Ayahnya mencabuli di rumahnya sendiri Jalan Truntum Raya, Tlogosari. Kasus ini terbongkar, setelah Elly akhirnya memberanikan diri melaporkan ke Polrestabes Semarang setelah sempat diculik terdakwa. Elly juga sempat dijebloskan ke Rumah Perawatan Jiwa Puri Saras, Jalan Sompok, Semarang, oleh terdakwa.

Saksi lain, Jasminah, mantan pembantunya, menceritakan jika terdakwa secara terang-terangan mencabuli korban. Ia sendiri beberapa kali melihat langsung.

"Saat saya sedang ngepel lantai saya pernah lihat. Tidak satu kali," tutur Jasminah kepada Majelis Hakim yang dipimpin oleh Avia Uchriana.

Seringnya melihat perlakuan bejat majikannya kepada putrinya sendiri itu membuat Jasminah merasa jijik sekaligus takut. Ia akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di rumah tersebut.

"(Dia) Melakukannya di kamar," imbuhnya.

Atas keterangan saksi, terdakwa Setiabudi menyanggahnya. Ia sebut para saksi telah berbohong. Sementara kuasa hukum korban, Arum, menjelaskan, akibat perbuatan terdakwa, korban tidak berani sekolah dan akhirnya keluar. Korban selalu diancam hendak dibunuh jika berani cerita soal perbuatan cabul ayah kandung kepada dirinya sendiri itu.

"Korban disetubuhi terdakwa sejak kelas 5 SD hingga kelas 1 SMA," ucapnya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang Andita Rizkianto menjerat Setyabudi dengan Pasal 81 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 23/ 2002 tentang Perlindungan Anak junto pasal 64 KUHP. (ris/saf/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Persiba Tawari Tiga Pemain Asing Ini Gabung

BALIKPAPAN - Perlahan, Persiba Balikpapan mulai menemukan komposisi pemain proyeksi pengisi skuat menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2015. Untuk itu, setelah menjalani seleksi beberapa hari terakhir, manajemen tim Kota Minyak mulai menunjukkan pergerakan dengan menyodorkan klausul kontrak kepada sejumlah pemain. Kemarin, manajemen mengaku telah menyerahkan berkas kontrak kepada tiga pemain, yakni Antonio Teles, Basri Lohi, dan Stevanus Bungaran.

"Teles menjadi pemain asing pertama yang kami sodori kontrak," jelas Manajer Persiba, Faisal Husyin.

Menunjukkan penampilan konsisten selama mengikuti tahap seleksi tim, mereka disebut pantas mengisi skuat Pangeran Biru pada kompetisi musim depan. Meski demikian, dirinya belum bisa memastikan statusnya selama belum ada kesepakatan dari pemain bersangkutan.

"Kita lihat saja nanti siapa kiranya yang akan resmi dikontrak," tuturnya.

Selain ketiga pemain tersebut, Faisal mengaku tim pelatih masih perlu waktu untuk memantau kualitas mereka sebelum disodori kontrak. Termasuk Michele Di Piedi yang belakangan disebut punya peluang besar untuk bergabung.

"Kami masih memantau kualitasnya hingga beberapa hari ke depan sebelum resmi dikontrak," jelasnya.

Sebelumnya, manajemen sudah resmi merekrut enam pemain lokal, seperti Rizal Lestaluhu, Valentino Telaubun, Bayu Pradana, Johan Juansyah, Solehuddin, dan I Made Wirahadi.

"Khusus mereka sudah ada deal. Sudah ada kesepakatan harga dengan manajemen. Sisanya masih menunggu," beber Faisal.

Dirinya mengatakan, kini tim masih membutuhkan sosok pemain depan dan belakang berkualitas.

"Sisi tengah mungkin sudah lumayan terisi. Tinggal pemain lokal untuk posisi depan dan belakang," tutupnya. (ede*/ndy/k15)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Pikap Terbakar, Tubuh Anis Terpanggang

BONTANG - Nasib nahas dialami Anis. Tubuhnya terbakar saat sedang memperbaiki pikap miliknya, Sabtu (20/12) pagi sekitar pukul 09.30 di halaman bengkel las Jalan Habibon Kelurahan Tanjung Laut. Sekitar 90 persen tubuhnya mengalami luka bakar.

Informasi yang dihimpun Bontang Pos (Grup JPNN.com), saat itu korban hendak pergi berbelanja di sekitar Pasar Rawa Indah. Namun, dalam perjalanan pompa bensinnya mengalami masalah. Alhasil, dia pun singgah di bengkel las milik temannya untuk memperbaiki mobilnya. Dia pun memperbaiki pompa yang letaknya di dalam ruang kemudi seorang diri.

Nahas, tiba-tiba saja muncul percikan api yang menyambar pompa bensin. Dalam waktu sekejap, api langsung membakar ruang kemudi. Kobaran api semakin membesar. Bapak lima anak itu pun tak sempat keluar dan terjebak di dalam ruang kemudi. Dia berusaha melarikan diri. Namun, pintu mobil tidak bisa dibuka. Warga sekitar yang panik pun tak mampu berbuat apa-apa. Mereka memilih menyelamatkan mobilnya masing-masing yang berdekatan dengan mobil korban. Beberapa di antara mereka berlari mengambil mesin pompa air untuk menyemprot mobil yang terbakar.

Beberapa saat kemudian, korban berhasil keluar dari mobil yang terbakar dan berlari ke halaman bengkel. Melihat ada parit, korban yang tubuhnya dijilati api langsung berlari dan terjun ke kubangan air. Akhirnya, api yang menyambar tubuh korban langsung padam.

Di sisi lain, warga sekitar berusaha memadamkan api yang membakar mobil dengan mesin pompa air. Beberapa menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Anis yang kondisinya lemas pun langsung dilarikan ke RS Amalia untuk mendapat perawatan intensif.

“Saya tidak tahu tiba-tiba api muncul. Saya coba keluar tapi pintunya terkunci. Kemudian saya dobrak dan akhirnya bisa keluar,” kata Anis sembari merintih menahan luka bakar yang menghanguskan tubuhnya. Ia kini dirawat di RS Amalia.(gun/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Napi Bertato Black Angel Tewas Gantung Diri

PAKJO - Diduga mengalami tekanan alias depresi, karena terlilit utang, M. Teguh (20), ditemukan tewas gantung diri. Pria bertato Black Angel di dadanya ini, ditemukan tergantung menggunakan ikat pinggang kulit di kamar tahanan Blok C Lapas Anak Klas IIA Pakjo Palembang.

Terpidana kasus curas dan kepemilikan senpi, yang divonis 3 tahun penjara ini, pertama kali ditemukan teman sekamarnya, Jumat (19/12), pukul 06.00 WIB. Sontak teman sekamarnya kaget, sebelum melaporkan ke Petugas Lapas, dan Andikpas lainnya, untuk dievakuasi polisi.

Belum dapat dipastikan penyebab kematiannya, bahkan polisi masih melakukan penyelidikan intensif. Namun, dugaan sementara, Teguh memang tewas gantung diri. Meskipun demikian, semuanya masih menunggu hasil visum dari rumah sakit, apakah ada tanda-tanda kekerasan atau murni gantung diri.

"Tadi ada petugas Lapas Anak melapor ke kita,” terang Kapolsekta IB I Kompol Dwi.

Usai dievakuasi dari sel tahanan, jenazah Teguh langsung dibawa ke kamar mayat RSMH Palembang, guna dilakukan visum. Setelah itu, rencananya jenazah akan dibawa ke rumah duka, di Jalan Simpang Reban Gajah, Desa Terlangu, Kabupaten Banyuasin, untuk dikebumikan.

Kepala Lapas Anak Pakjo Faedhoni mengungkapkan, diduga korban melakukan aksi gantung diri, sekitar pukul 03.00 WIB. Waktu itu memang kondisi sudah sepi, lantaran penghuni sel sudah tidur.

"Belum tahu motifnya apa. Tapi dugaan sementara, karena terbelit utang," ujarnya.

Bahkan, dikatakan Faedhoni, korban sebenarnya merupakan tahanan Rutan Pakjo. Lantaran kapasitasnya sudah penuh, korban dipindahkan ke Lapas anak Pakjo.

"Untuk masalah utang tadi, kami masih mintai keterangan dengan teman-teman satu selnya," jelasnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sumsel Subiyantoro. Bahkan pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke polisi, untuk proses hukum selanjutnya.

Saimi (37), ayah kandung Teguh mengatakan, tidak ada firasat yang ditunjukkan Teguh, kalau ia mau bunuh diri. Pasalnya, sehari sebelum ditemukan tewas, Teguh sempat minta sejumlah uang kepadanya, untuk kebutuhan sehari-hari disel.

"Mana ada orang mau bunuh diri, minta uang," ungkapnya sembari menitikkan air mata.

Dikatakan Saimi, ia menerima kabar dari petugas lapas untuk segera mendatangi lapas. Saat itu, Saimi tidak tahu anaknya telah tewas, karena petugas lapas belum memberitahunya.

"Saya ihklas kalau memang ini sudah jalannya," tukasnya.(vot/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Penutupan Bandara Ternate Berlanjut

TERNATE - Aktivitas vulkanik di Gunung Gamalama belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Gunung Gamalama dua kali mengeluarkan abu vulkanik. Gunung setinggi 1.715 meter yang kali terakhir meletus pada 2003 tersebut kemarin dua kali mengeluarkan abu vulkanik.

Semburan abu vulkanik pertama kali terjadi pukul 15.40 dan kedua pukul 18.34 WIT. Akibatnya sebagian Kota Ternate kembali diselimuti abu vulkanik.

Kepala Pos Pantauan Gunung Api Gamalama Darno Lamane mengatakan, semburan abu vulkanik terjadi disertai bunyi gemuruh kecil.  Hembusan asap diikuti abu vulkanik tebal berwarna kelabu kehitaman setinggi 1.000 meter terbawa angin ke arah timur dengan amplitudo maksimal 0,5 hingga 99 milimeter.

"Arah angin sering berubah-ubah membuat hembusan asap yang disertai abu vulkanik terkadang tak bisa diprediksi arahnya," kata Darno.

Berdasarkan pengamatan Malut Post (Jawa Pos Group), sebagian Kota Ternate, Maluku Utara, terkena abu vulkanik. Namun demikian, aktivitas masyarakat berjalan seperti biasanya. Warga yang keluar rumah terpaksa menggunakan masker. Setiap sore warga menyiram halaman dan jalan di depan rumah mereka.

Sementara itu, Bandara Sultan Baabullah, Ternate, sampai kemarin masih ditutup. Abu tebal terlihat memenuhi kawasan bandara termasuk runway. Satu pesawat milik Sriwijaya Air terlihat di apron. Belum ada upaya pembersihan bandara. Belum diketahui kapan bandara beroperasi normal.

Karena itu sebagian warga yang ingin ke luar daerah dengan menggunakan pesawat terpaksa menyeberang ke Pulau Halmahera. Salah satu bandara alternatif adalah Bandara Kuabang, Kao,  Kabupaten Halmahera Utara.

Namun bandara ini hanya bisa melayani pesawat yang menggunakan baling-baling. Ada satu rute keluar daerah, yakni Kao-Manado dengan maskapai Wings Air yang menggunakan pesawat jenis ATR-200.

Kepala Bandara Kuabang Anwar Hamid mengatakan, pasca erupsi Gamalama, Wings Air menambahkan frekuensi penerbangannya ke Manado dari satu kali menjadi dua kali sehari.

"Kita belum bisa melayani pesawat jet, karena panjang runway hanya 1.800 meter dengan lebar 20 meter serta tebal landasan hanya 20 centimeter," katanya.

Tahun 2015 akan dilakukan penebalan landasan menjadi 27,5 centimeter sehingga bisa didarati pesawat jet. (tr-06/sir/onk/JPNN)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Sang Ibu Tersangka Pembunuhan 7 Anaknya

CAIRNS - Polisi Australia bergerak cepat dalam mengusut tragedi berdarah di Kota Cairns, Negara Bagian Queensland, Jumat pagi (19/12).

Kemarin (20/12) aparat menahan ibu dari tujuh korban tewas sekaligus bibi seorang korban tewas lain. Kini perempuan 37 tahun itu menjalani interogasi sambil memulihkan diri di rumah sakit.

"Ibu dari beberapa korban dalam insiden ini telah kami amankan. Dia menjadi tersangka tunggal," kata Kepala Detektif Kepolisian Bruno Asnicar.

Dia menambahkan, saat ini tersangka menjalani perawatan kesehatan di Cairns Base Hospital. Sebab, dia menderita beberapa luka tusuk di tubuh bagian atas. Jumat pagi lalu, dia ditemukan tidak sadar di dalam rumah yang berisi delapan mayat bocah.

Asnicar menyatakan, kondisi tersangka mulai membaik. "Dia sudah mulai sadar dan stabil," ujarnya.

Kepolisian Queensland, menurut dia, mulai melakukan interogasi awal. Meski masih lemah, tersangka bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Tetapi, polisi belum bisa mengorek keterangan dari tersangka tentang luka tusuk yang dia derita, apakah luka itu dia bikin sendiri atau tidak.

Sejauh ini, polisi baru menyita barang bukti berupa pisau dapur yang mereka temukan di rumah pelaku. Para detektif juga berusaha menggali informasi dari para tetangga atau saksi yang mengaku mendengar keributan pada Kamis malam (18/12). Kabarnya, pelaku terdengar berteriak-teriak sambil menyebut-nyebut nama Tuhan.

Kepolisian Queensland merilis keterangan resmi tentang para korban kemarin. Dalam dokumen tertulisnya, polisi menyebut empat korban tewas berjenis kelamin perempuan. Mereka masing-masing berusia 2, 11, 12, dan 14 tahun.

Sementara itu, empat korban tewas yang lain berjenis kelamin laki-laki. Mereka masing-masing berusia lima, enam, delapan, dan sembilan tahun.

"Pihak berwajib sengaja merahasiakan nama para korban untuk menghargai adat masyarakat setempat," terang jubir Kepolisian Queensland.

Di Cairns yang sebagian besar penduduknya adalah aborigin, masyarakat menghindari penyebutan nama mayat. Menurut keyakinan mereka, menyebutkan nama orang yang sudah meninggal merupakan sesuatu yang tidak sopan.

Untuk kepentingan penyelidikan, Kepolisian Queensland bekerja sama dengan komunitas Torres Strait Islander. Kabarnya, seluruh korban tewas dan pelaku merupakan bagian dari komunitas tersebut. Tujuh korban, kecuali satu orang di antaranya yang berusia 14 tahun, tercatat sebagai anak pelaku.

Sementara itu, bocah perempuan yang juga tewas di rumah tersebut merupakan keponakan pelaku.

Tragedi yang mengguncang Cairns itu menjalarkan duka ke seantero Australia. Apalagi, seluruh korban dan pelaku adalah keluarga.

"Pembunuhan ini terjadi di kawasan yang sangat biasa. Ada banyak orang baik dan anak-anak di wilayah ini. Tragedi ini membuat semua orang shock," papar Asnicar. Tetapi, dia mengimbau seluruh masyarakat tetap tenang. Polisi juga berjanji memberikan perlindungan 24 jam.

Kemarin sebuah monumen sederhana didirikan di sebuah taman yang tidak jauh dari lokasi pembunuhan. Masyarakat setempat bergantian membawa bunga, lilin, atau boneka teddy bear ke lokasi tersebut.

"Kami seperti baru saja menjadi korban ledakan bom. Semua orang berduka," kata Pedro Stephen, salah seorang petinggi di Dewan Torres Shire.

Perdana Menteri Tony Abbott pun mengungkapkan dukacita atas tragedi tersebut. Dia meminta polisi mengusut insiden itu dengan serius. Aparat juga harus menginformasikan setiap perkembangan yang terjadi dalam penyelidikan. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian tetap merasa aman. (AP/AFP/hep/c23/ami)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Arifin Panigoro Lepas Tangan

JAKARTA - Para penggawa Persebaya Surabaya 1927 yang gajinya belum dilunasi oleh manajemen, harus siap-siap gigit jari. Pasalnya, Arifin Panigoro selaku ketua konsorsium Indonesian Premier League (IPL) baru saja menyatakan bahwa setiap tunggakan yang ada di tim dengan julukan Green Force itu tidak lagi menjadi  bagian dari tanggung jawabnya.

"Saya ini kan hanya pihak penyumbang, bukan pemilik. Dan, toh selama ini saya juga tidak dapat apa-apa dari sana," ujar Arifin Panigoro kepada Jawa Pos (induk JPNN.com) setelah meresmikan Meleber Sport Olympic Center miliknya di Cianjur, Jawa Barat, siang kemarin (20/12).

"Jangan di bolak balik dong, mana yang hanya membantu, dan mana yang harus bertanggung jawab penuh atas nasib klub," timpalnya.

Salah satu pengusaha sukses tanah air itu lantas menambahkan bahwa, awalnya dia ingin memperbaiki sistem sepak bola tanah air pada 2010 lalu. Saat itu, PSSI di bawah kuasa Nurdin Halid memang sedang semerawut dan miskin prestasi. Saat akan memulai perubahan tersebut, Arifin lantas menggandeng Persebaya dan mengembuskan nafas revolusi sepak bola Indonesia dari Kota Pahlawan.

Namun, semangat perubahan yang diusung oleh Arifin itu kandas di tengah jalan. Imbasnya, kompetisi IPL yang digagas oleh Arifin pun terhenti di tengah jalan. Dan, mayoritas klub-klub anggota IPL pun memilih bubar dengan menunggak gaji pemain dan pelatih dalam kurun waktu berbulan bulan. Salah satunya adalah Green Force yang menunggak gaji pemain mereka sebanyak delapan bulan.

Belakangan, Arifin mengungkapkan bahwa semua pihak yang dulu melakukan perjuangan secara bersama-sama tersebut sedianya tidak membebankan masalah ke satu pihak semata.

"Intinya kan kami sama-sama berjuang, kalau kemudian hari ada masalah, itu harus ditanggung secara bersama sama juga kan," ujar pengusaha asal Jawa Barat berusia 69 tahun itu.

Pernyataan Arifin tersebut langsung menuai reaksi dari pelatih dan pemain Persebaya. Mantan pelatih Persebaya, Fabio Oliveira mengatakan bahwa, Arifin tidak boleh lari dari tanggung jawab.

"Bagaimanapun Persebaya berada di bawah konsorsium, dan di situ ada Pak Arifin dan anak buahnya," ujar pelatih asal Brasil itu.

Oliveira lantas mengungkapkan bahwa, masalah keuangan yang saat itu terjadi bukan hanya terkait nasib pemain, tapi juga istri dan anak mereka.

"Sampai kapanpun tunggakan gaji kami adalah bagian dari tanggung jawab konsorsium. Apalagi, akhir tahun lalu, Pak Arifin sendiri yang menyatakan bahwa dia yang akan melunasi semua tunggakan Persebaya," keluhnya.

Selain Oliveira, mantan gelandang Persebaya M Taufiq juga mengeluhkan hal yang sama.

"Kami akan terus menuntut agar semua gaji pemain dan pelatih harus bisa terbayarkan," ujar pemain yang baru saja sukses membawa Persib Bandung juara Indonesia Super League (ISL) tersebut. (dik/ko/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Inginkan Islah Tanpa Persyaratan Mengikat

PALANGKA RAYA - Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie atau Ical menuai dukungan dari Kalteng. Ketua DPD Partai Golkar Kalteng H Abdul Razak meyakinkan bahwa pihaknya mendukung kepemimpinan Ical. Bahkan ia meyakinkan, Golkar Kalteng bersama 14 DPD kabupaten/kota solid mendukung kepengurusan Golkar hasil Munas Bali.

“Bagi yang membangkang atau ada pengurus yang mendukung kepemimpinan hasil munas Ancol, yaitu Agung Laksono, maka saksinya adalah pemecatan. Ini hasil keputusan Munas Bali, yang membangkang ya harus mau menerima konsekuensinya,” tegasnya.

Sebenarnya, imbuh Abdul Razak, para pengurus DPD I maupun II menginginkan islah antara dua kubu Ical dan Agung Laksono. Menurutnya, Islah adalah jalan terbaik untuk menyelamatkan partai dari perpecahan.

"Kami sangat mengharapkan islah tanpa ada persyaratan yang mengikat,” kata Abdul Razak diamini Ketua Golkar Palangka Raya H Rusliansyah.

Jika islah buntu, maka jalan satu-satunya melalui jalur hukum. “Keputusan hukum apapun hasilnya, harus kita hormati. Kami tetap optimistis dan yakin, jika hasil Munas Bali adalah sah bakal menang jika sengketa ini diselesaikan lewat pengadilan,” pungkasnya.(al/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Kubu Ical Klaim Golkar tak Akan Tumbang

JAKARTA - Bendahara Umum Partai Golkar versi Munas Bali, Bambang Soesatyo curiga dengan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI). LSI menyebut Beringin akan terpuruk dan terancam menjadi partai gurem kalau penyelesaian pertikaian tidak melalui islah.

"Kami tidak mau menuduh survei itu pesanan atau bukan. Tapi saya curiga kok survei itu lebih menekankan pada islah, bukan kepada penyelesaian hukum di pengadilan biar terbuka semua. Mana munas yang memenuhi aturan dan mendapat dukungan DPD I dan DPD II se-Indonesia? Mana munas yang seada-adanya," ujar Bamsoet dilansir Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com), Minggu (21/12).

Dalam survei yang dirilis dua hari lalu, LSI mengklaim elektabilitas Golkar sangat rendah bila konflik dibiarkan berlarut-larut. Golkar hanya 'kapal karam' jika kubu Agung dan Ical tak jua islah. Kesimpulan demikian, sebut Bamsoet, hanya bisa-bisanya LSI.

"Kami santai dan tidak gentar. Percayalah, Beringin tidak akan tumbang mesti diserang dari delapan penjuru angin. Akarnya terlampau kuat dan sudah teruji," katanya.

Menurut Bamsoet, yang terjadi pada Golkar saat ini belum ada apa-apanya dibanding saat awal reformasi. Ketika itu banyak kantor Golkar dibakar, para kader diburu bahkan ditelanjangi, dihina dan dicaci maki. Demo tak henti-henti di mana-mana menuntut pembubaran Partai Golkar. Namun Golkar tidak terpuruk bahkan ketika itu Golkar malah berhasil memenangkan pemilu.  

"Jadi, kalau ada yang bilang Golkar bakal karam kalau tidak segera islah, menurut saya itu hanya upaya menakut-nakuti. Saya tidak tahu maksudnya apa mengingat Pemilu masih lima tahun lagi. Orang Betawi bilang, Belanda masih jauh," imbuhnya.

Sebenarnya, kata dia, masalah utama di Golkar saat ini tidak berat. Hanya soal perbedaan ambisi di antara para elitnya saja. Sementara di akar rumput diyakini Bamsoet tidak terpengaruh sama sekali. Publik bahkan menilai, terbelah duanya Golkar saat ini karena ada elit di kubu Agung Laksono yang masih bermimpi jadi menteri di Kabinet Kerja. Terbukti, kubu Agung hasil Munas Ancol begitu ngotot dengan argumentasi yang kadang terdengar lucu, agar Golkar kembali menjadi pendukung pemerintah dan keluar dari KMP.

"Sementara kubu lainnya bersikukuh agar Golkar tetap di luar pemerintahan dan menjadi penyeimbang. Para elit kubu ini lebih berpikir jauh ke depan dan tidak perduli dengan kursi menteri. Mereka meyakini, dengan di luar pemerintahan, Golkar justru lebih memiliki masa depan seperti jalan yang pernah ditempuh PDIP saat menjadi oposisi selama 10 tahun," tandasnya.(dem/rmol/jpnn)

 

 

 

 

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
DKI Siaga Banjir 10 Januari Nanti

GAMBIR – Selamat datang banjir! Bencana yang menjadi langganan itu diprediksi melanda Ibu Kota Jakarta pada awal 2015. Sebagai antisipasi, Pemprov DKI segera menetapkan status siaga banjir pada 10 Januari mendatang.

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan tinggi terjadi selama lima bulan. Yakni, sejak November 2014 hingga Maret 2015. Prediksi tersebut membuat pemprov melakukan langkah antisipasi.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menuturkan, ada tiga hal yang perlu dikoordinasikan.

"Yakni, sebelum, saat, dan setelah banjir mau ngapain. Jadi, jangan mengantisipasi ketika banjir saja," katanya Jumat (19/12).

Djarot pun mengklaim Jakarta siap menghadapi musim banjir. Hal-hal teknis terkait dengan penanganan banjir telah dikoordinasikan di lapangan. Sebab, menurut dia, sebenarnya pemprov sejak jauh hari telah membuat langkah antisipasi. Antara lain, normalisasi sungai dan waduk, perbaikan saluran air, serta peninggian jalan.

"Waktu kami tidak panjang. Kami harus bekerja ekstrakeras agar prediksi terburuk dapat diminimalkan," ungkap mantan Wali Kota Blitar tersebut.

Selain itu, persiapan siaga banjir di ranah teknis cukup matang. Misalnya, penyediaan peralatan evakuasi, tempat penampungan sementara bagi pengungsi, dan dapur umum. Pihaknya pun telah menginstruksi pejabat daerah agar menyelesaikannya sebelum banjir terjadi. Bahkan, Djarot akan menetapkan status siaga banjir lebih cepat, yakni pada 10 Januari. Hal itu diiringi dengan gerakan bersih-bersih lingkungan di seluruh wilayah di DKI.

"Saya meminta setiap hari Jumat dan Minggu diadakan kerja bakti, termasuk membersihkan saluran air," terangnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tri Budiarto menjelaskan, ada 125 kelurahan di seluruh Jakarta yang terkena dampak banjir selama 2014. Untuk menghadapi bencana tahunan tersebut, Tri telah menyiapkan langkah teknis menjelang masa siaga banjir pada Januari.

"Dengan demikian, saat masa tanggap darurat, semuanya sudah siap dijalankan," ujarnya Sabtu (20/12).(del/co2/ilo)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
KPK Hanya Tangani Milik Foke

JAKARTA - Sejumlah laporan rekening gendut mantan dan kepala daerah aktif ternyata tak semuanya ditindaklanjuti KPK. Lembaga antirasuah itu hanya mendalami rekening mencurigakan milik mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo alias Foke.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengatakan pihaknya hanya menindaklanjuti rekening yang terkait Fauzi Bowo. "Foke yang kita dalami, yang lain ditangani kejaksaan. Kita baru pendalaman belum ke penyelidikan," ujar pejabat asal Jakarta itu.

KPK masih mempelajari laporan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) dan mendalami asal muasal rekening gendut milik Foke. "Kalau memang perlu kami akan panggil untuk mengetahui bagaimana proses uang itu dan pertanggungjawabannya bagaimana," kata Adnan.

Menurut Adnan, Foke berhak mengklaim rekeningnya tidak ada masalah. Namun laporan PPATK tentu tidak bisa didiamkan oleh KPK. Oleh karena itu, pendalaman terkait perusahaan dan upaya penyamaran dana tengah dilakukan.

Sebelumya PPATK memang mengirimkan data rekening gendut sejumlah mantan dan kepala daerah aktif ke penegak hukum. Kejaksaan Agung mendapatkan tugas paling banyak untuk menelusuri sejumlah rekening gendut kepala daerah.

Pengusutan rekening gendut oleh KPK dan Kejaksaan tampaknya mulai membawa ketakutan di kalangan DPR. Salah satunya yang mempermasalahkan hal tersebut ialah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.  Dia menyebut upaya itu menerabas privasi dari sejumlah pejabat.

Politisi PKS itu mengatakan memeriksa orang dari besarnya jumlah rekening yang dimiliki itu belum bisa dijadikan landasan orang tersebut bersalah. Sebab, uang yang dimiliki orang tersebut belum tentu dari hasil korupsi.

Dia mencontohkan seorang politisi. Menurut dia, seorang politisi kadang juga menjadi pengusaha. Pasalnya seorang politisi tidak dilarang untuk berbisnis. "Sehingga selain mendapatkan gaji dari dewan, dia juga mendapatkan uang dari bisnisnya," terangnya.

Lanjut Fahri, seharusnya Kejaksaan dan KPK fokus dalam perbaikan kinerjanya. Dia mencontohkan kejaksaan agung yang memiliki jaksa sebanyak 23 ribu namun sampai kini kinerjanya masih buruk. "Harusnya mereka perbaiki kinerja penegakan hukum dari Sabang sampai Merauke," paparnya.

Fahri pantas panas dingin dengan penelusuran rekening gendut sejumlah kepala daerah. Pasalnya namanya juga pernah disebut dalam sidang korupsi kasus Hambalang. Fahri disebut pernah menerima uang dari mantan bendahara umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin.

Hal tersebut terungkap ketika mantan anak buah Nazaruddin, Yulianis bersaksi dalam persidangan Anas Urbaningrum. Yulianis mengatakan perusahaannya pernah mengucurkan dana sebesar USD 25 ribu pada Fahri. (gun/aph)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Waspada, Lupus Kemungkinan Besar Aktif saat Hamil

SEBAGIAN besar penderita lupus adalah perempuan. Meski lupus tidak menular, ibu hamil (bumil) patut mengenali penyakit kelainan fungsi kekebalan tubuh ini. Lupus merupakan penyakit yang sulit ditebak kapan aktif menyerang tubuh. Lupus bisa menyerang anak bayi atau baru muncul di usia dewasa.

Ibu hamil (bumil) yang sudah didiagnosis sebelum hamil mengidap penyakit ini harus lebih waspada. Sebab kemungkinan penyakit ini aktif saat hamil sangat besar. Persentasenya 40-60 persen  kemungkinan. Seperti dituturkan dr Tedy Teguh Satriadi SpOG.

“Meskipun penderita lupus sudah mendapatkan kortikosteroid (hormon) dosis tinggi tidak akan menjamin bahwa penyakit ini tidak akan aktif saat hamil,” ujarnya dilansir Kaltim Post (Grup JPNN.com).

Bila lupus aktif saat hamil, lanjutnya, bisa membahayakan bagi kesehatan ibu dan janin. Tapi bumil bisa melahirkan janin dengan sehat. Artinya, ibu maupun bayi bisa selamat.

“Itu jika bumil dengan penyakit lupus yang sudah terkontrol dan penyakitnya dalam keadaan tidak aktif,” tuturnya.

Menurut dr Tedy, ada beberapa faktor yang dapat mengaktifkan penyakit ini. Yaitu seringnya kulit terpapar langsung dengan sinar matahari. Orang dengan bakat lupus, penyakit akan aktif ketika dia stres berat.  Selain itu, aktivitas merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena lupus.

Lebih lanjut Tedy menjelaskan, penyakit lupus adalah gangguan, ketika antibodi yang seharusnya berfungsi menyerang sumber penyakit malah berbalik menyerang jaringan tubuh. Lupus dapat menyerang organ seperti kulit, persendian, ginjal, otak, jantung, paru-paru, dan darah.

Bumil dengan lupus dapat menimbulkan keguguran atau bayi lahir kurang bulan. Juga dapat menimbulkan kematian janin dalam rahim, terjadinya pre-eklamsia dan eklamsi serta pertumbuhan janin terhambat.

“Sebaiknya penderita lupus harus mempersiapkan kehamilan secara matang (berkonsultasi) dengan dokter. Jika terlanjur hamil, penderita harus rutin memeriksakan kehamilan secara ketat dengan melibatkan beberapa dokter,” tutur pria berkacamata ini.
 
Keberhasilan kehamilan pada penderita lupus, dikatakan dr Tedy sangat bergantung saat yang tepat memulai kehamilan. Pemantauan aktivitas penyakit.(*/en/her/jpnn)

 


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Atletico Bilbao vs Atletico Madrid: Incar Kado Akhir Tahun

BILBAO - Atletico Madrid siap untuk membawa pulang tiga poin dari kandang Atletico Bilbao, San Memes, dini hari nanti. Mereka tak mau membuang kesempatan untuk meraih tiga poin sebagai kado akhir tahun.

Kekalahan 0-1 dari villareal (14/12) dan imbang 2-2 dengan CE L"Hospitalet (18/12) membuat Simeone kurang puas. Dua hasil itu, melengkapi hasil tanpa kemenangan di tiga pertandingan beruntun setelah bermain imbang dengan Juventus (9/12) lalu.

Semangat untuk menutup tahun 2014 dengan hasil positif dilontarkan oleh sang pelatih, Diego Simeone. Dia ingin menutup tahun dengan hasil yang bagus, dan kemudian melanjutkan dengan hasil positif di 2015.

"Rasa yang luar biasa, jika kami bisa mengakhiri musim ini dengan kemenangan. Saya juga berharap bisa memulai tahun depan dengan cara yang sama," katanya seperti dilansir itv

Harapan pelatih asal Argentina itu agar timnya mampu meraih kemenangan juga dibebankan khusus kepada striker pengganti Mario mandzukic, Raul Jimenez. Dia menyebut striker yang dipasangnya di laga besok, tak kalah dengan Mandzukic..

"Mari berharap dia merespon harapan ini dan berhasil tampil lebih baik," tandasnya.

Borja Vigueroa, striker Bilbao juga tak kalah bersemangat menghadapi Los Rojiblancos. Striker 27 tahun itu terlecut bisa tampil lebih cepat untuk bisa menembus garis pertahanan Bilbao.

"kami memang agak lambat. Atletico bagus di belakang, dan kami harus tampil lebih untuk bisa melewati garis pertahanan mereka," tuturnya.

Dalam laga ini, kubu tuan rumah dipastikan tak tampil dengan kekuatan inti karena Andoni Iraola dan Xabier Etxeita masih cedera. Sementara itu,  akumulai kartu harus diterima oleh Aymeric Laporte dan Ander Iturraspe.

Atletico bukan berarti tanpa masalah. Mereka juga timpang karena tiga pemain Arda Turan, Christian Ansaldi, dan Alessio Cerci kondisinya masih fifty-fifty . Koke dan Mandzukic dipastikan tak tampil karena hukuman akumulasi kartu. (aam)

Atletico Bilbao (4-2-3-1)
1-GorkaIraizoz (gk)
24-Balenziaga, 4- Aymeric Laporte, 6-Mikel Jose, 10-Oscar Marcos,
17-Rico, 8-Ander Itturaspe
19 Iker Muniain, 21-Borja Viguera, 29-Unai Lopez
20-Aritz Aduriz

Atletico Madrid (4-4-2)
1-Moya
3-Guilherme Siqueira, 2-Diego Godin, 23-Miranda, 20-Juanfran
21-Rodriguez, 5-Tiago, 14-Gabi, 7-Antoine Griezman,
8-Raul Garcia, 11-Raul Jimenez


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Mayat Bertato Tazix Masih Misterius

TASIK – Mayat pria muda bertato BDK TAZIX sampai Sabtu  (20/12) masih misterius. Polsek Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat masih berusaha mengungkap identitas pemuda yang dibuang di perkebunan teh Cigalontang dua hari lalu itu.

Kapolsek Cigalontang AKP Idan Wahyudin menurunkan tim untuk menyekidiki kasus dugaan pembunuhan itu. Kini tim yang dipimpinnya itu masih bekerja menyelidikinya.

“Masalah pembunuhan ini masih dalam tahap penyelidikan,” ujar Idan saat dihubungi Radar Tasikmalaya (Grup JPNN.com).

Sampai kemarin, Polsek Cigalontang belum menemukan pembuang dan pembunuh pria yang diduga berusia sekitar 25 tahun tersebut. Pun dengan tersangka pembunuh pria bertubuh kurus, bertato mawar di dada sampai pusar ini.  

Mayat pemuda yang dibuang dua pria pengendara motor Supra merah itu masih terbujur kaku di Kamar Mayat RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. Menurut Yuri, penjaga kamar mayat, belum ada warga yang mengakui jasad pemuda tersebut. Pihaknya pun tak memiliki data atau identitas si pemuda bercelana jins biru dongker dan berkemeja itu.

Lalu bagaimana dengan visum jenazah tersebut? Kata Yuri, visum terhadap jenazah pria berambut lurus itu sudah dilakukan. Namun, untuk pengotopsian jenazah tersebut belum dilaksanakan mengingat identitasnya masih buram.

Autopsi memang penting untuk mengetahui penyebab pria tersebut tewas karena sampai kemarin belum ada data detil penyebab pemuda itu tewas.

Sebelumnya diberitakan Radar (20/12) AKP Idan mengatakan dua karyawan perkebunan PT Gunung Satria, Yoyo Sutaryo dan Aan Sambas mengaku melihat mayat pria berkemeja lengan panjang itu dibuang dua pria ke tebing sedalam 15 meter. Sebelum dibuang, pria tanpa identitas itu dibawa dua pria itu menggunakan satu motor. Mayat itu disimpan di tengah. Adapun dua orang itu duduk di depan (sebagai pengendara) dan di belakang mayat.

“Jadi pakai motor dirempet tiga, mereka (saksi) tidak tahu kalau yang di tengahnya itu sudah meninggal,” ungkap Idan Jumat (19/12).

Catatan Radar, kasus penemuan mayat di wilayah hukum Polres Tasikmalaya dalam dua bulan terakhir sudah dua kali terjadi. Pertama sesosok mayat bertato ditemukan dalam karung di Pantai Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Minggu (30/11) pukul sembilan pagi. Mayat pria sekitar 40 tahun tersebut memiliki ciri-ciri bertubuh besar, berkepala botak dan mempunyai tato bergambar macan di lengan kanan.

Kapolsek Cikalong AKP Didin mengatakan mayat bertubuh besar tersebut ditemukan nelayan yang akan melaut. Waktu itu mayat ditemukan dengan posisi di dalam karung dari kepala hingga pinggang. ”Jadi dengan posisi terbalik,” ungkapnya saat dihubungi Radar kala itu.

Terkait penemuan mayat, Radar telah melakukan reportase bahwa sejak Januari-November 2013, sebanyak 32 mayat ditemukan di Kota Tasik, Kabupaten Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis. (mg12/mam)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Anggap Aneh Survei yang Sebut Golkar Terpuruk Kalau Tak Islah

JAKARTA - Politikus Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengaku heran dengan hasil survei sebuah lembaga yang menilai jika pertikaian dua kubu di partai beringin tidak diselesaikan lewat islah, maka Golkar akan terpuruk dan terancam menjadi partai gurem.

"Kami tidak mau menuduh survei itu pesanan atau bukan. Tapi saya curiga kok survei lebih menekankan pada islah. Bukan kepada penyelesaian hukum di pengadilan," katanya dalam pesan elektronik, Minggu (21/12).

Padahal jika diselesaikan lewat pengadilan, semua permasalahan, katanya, akan menjadi terbuka. Mana Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang memenuhi aturan dan mendapat dukungan DPD I dan DPD II se-Indonesia, dan mana yang seada-adanya.

"Terkait hasil survei, menurut saya itu hanya bisa-bisanya lembaga survei saja. Kami santai dan tidak gentar. Percayalah, Beringin tidak akan tumbang mesti diserang dari delapan penjuru angin," katanya.

Akar Partai Beringin menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini, terlampau kuat dan sudah teruji. Bahkan ia menilai apa yang terjadi hari-hari ini pada Golkar, belum ada apa-apanya saat awal reformasi.

Ketika itu, banyak kantor Golkar dibakar, para kader diburu bahkan ditelanjangi, dihina dan dicaci maki. Aksi demonstrasi tak henti-henti menuntut pembubaran Partai Golkar.

"Lalu, apakah Golkar terpuruk? Tidak. Golkar malah berhasil memenangkan pemilu ketika itu. Jadi kalau ada yang bilang Golkar bakal karam kalau tak segera islah, menurut saya hanya upaya menakut-nakuti saja. Saya tidak tahu maksudnya apa, mengingat pemilu masih lima tahun lagi. Orang Betawi bilang, Belanda masih jauh," katanya.

Menurut Bamsoet, tantangan yang dihadapi partainya saat ini tidak berat. Hanya soal perbedaan ambisi di antara para elitnya saja. Sementara di akar rumput, kondisi tersebut tidak berpengaruh sama sekali.

"Publik bahkan menilai, terbelah duanya Golkar saat ini karena ada elit partai yang masih bermimpi jadi menteri. Dan itu tercermin dari salah satu kubu yang begitu ngotot dengan argumentasi yang kadang terdengar lucu, agar Golkar kembali menjadi pendukung pemerintah dan keluar dari KMP," katanya.

Sementara kubu lain, bersikukuh agar Golkar tetap di luar pemerintahan dan menjadi penyeimbang. Para elit di kubu ini menurut Bamsoet, lebih berpikir jauh ke  depan dan tidak perduli dengan kursi menteri.

Mereka meyakini, dengan di luar pemerintahan, Golkar justru lebih memiliki masa depan seperti jalan yang pernah ditempuh PDI Perjuangan saat menjadi oposisi selama 10 tahun.(gir/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Honda CB-100 1980: Japanese Indian Classic

Selalu menggali inovasi modif, udah pasti jadi ciri khas kaum hypercrea asal Padang Panjang, Sumatera Barat berplakat Luckyto Airbrush. Salah satu maskot yang tak boleh dipandang sebelah mata adalah sesosok kustom roundtank bike berbasis CB-100 kebanggaan Taufik.

"Aku kustom bergaya Indian Classic dengan inovasi suspensi kustom," lugas Taufik kepada Tabloid Ototrend (Jawa Pos Group).
    
Hanya mengusung dapur pacu CB only, gawangan rangka dirangkai dari padu-padan pipa gas tubular yang back bonenya menaungi unit empang bensin gantungnya. Tak hanya main frame, triangle frame buritan, fork serta setangnya juga dirangkai hand made, juga dari bahan pipa gas tubular yang diperklasik pancangan mono spring seat jarahan jok sepeda kumbang.
    
Begitu inovatif, meski terkesan rigid/hard tail frame, ternyata Taufik mengkreasi suspensi berkonstrusi ungkit inspirasi suspensi unitrack. "Sebiji monosok aku pasang tegak di buritan tangki, ditekan sepasang plat yang diungkit triangle swing arm," paparnya.

Tak mau kalah, suspensi depan juga dikreatifi berkonstruksi earles fork replika fork BMW R62 era '68. "Tutup aksi, over all sosoknya aku brush motif Indian dengan bulu serta ukiran klasik yang menancap lapis body warna coklat kalemnya," puas Taufik. (tito/rob/jpnn)

Spek Kustom :
FORK : Custom Earles Fork, MONOSOK : Satria, PELEK : DID 18 & 21 Inch, BAN : Pirelli, HEAD LAMP : Vespa Aftermarket, BUILDER : Luckyto Airbrush


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Kisah Dramatis Evakuasi Korban Longsor Banjarnegara

BANJARNEGARA - Evakuasi jenazah korban longsor Dusun Jemblung Desa Sampang  Kecamatan Karangkobar berlangsung dramatis. Saat hujan kian lebat dan kabut sudah mulai turun menutup pandangan mata, Sabtu (20/12) tepat pukul 13.30 tiba-tiba terdengar berita melalui radio Lettu Kristiyanto melaporkan kepada Dansatgas Kopassus Mayor Inf, Wahyu Yuniartoto. 

Dalam laporan itu, warga telah menemukan dua jenazah yang lokasinya 10 kilometer dari lokasi longsor. Korban ditemukan berada di seberang Sungai Ambal yang berarus yang deras dan sangat keruh.

Serentak Dansatgas memerintahkan Tim 1 yang dipimpin Lettu Kristiyanto merapat ke jalan dan dalam waktu kurang dari dua menit sudah terkumpul 12 personel yang memiliki kualifikasi Selam Militer dan Pendaki Serbu. Setelah itu dilakukan briefing singkat mengenai tugas yang akan mereka emban dan perlengkapan yang harus dibawa. 

Setelah perlengkapan yang dibutuhkan seperti peralatan selam dan mountenering sudah disiapkan, Satgas bergerak dengan menggunakan satu unit Defender, satu unit Haglund dan satu unit Kendaraan SAR UNS menyusuri Sungai Ambal sejauh 10 kilometer, Medan yang sangat terjal dan hujan yang mengguyur deras membuat tim membutuhkan waktu 30 menit sampai ke lokasi. 

Penyusuran terhenti ketika dalam perjalanan tim dihadang jurang yang sangat curam mencapai kemiringan 60 derajat dengan kedalaman jurang mencapai 50 meter. Dansatgas lalu memerintahkan Lettu Kristiyanto sebagai Dantim untuk menambatkan tali untuk menuruni jurang. "Tujuannya untuk memastikan posisi jenazah," ungkap Dansatgas Kopassus, Wahyu Yuniartoto, seperti diberitakan Radar Banyumas (Grup JPNN), Sabtu (20/12).

Enam personel yang dipimpin Sertu Reza segera menuruni jurang menggunakan teknik rappeling, lalu diikuti oleh anggota yang lain khususnya mereka yang akan mendapat tugas penyeberangan sungai. 

Sesampainya di lokasi, tim kembali melakukan briefing singkat dan orientasi medan. Dari briefing ini, ditunjuk Serda Buntoyo sebagai perenang rintis untuk masuk ke dalam sungai sekaligus menambatkan tali di tepi jauh sungai yang memiliki lebar hingga 70 meter. Suasana saat itu sangat dramatis. Arus Sungai Ambal yang sangat deras menggulung badan Serda Buntoyo hingga timbul dan tenggelam berkali-kali.  

Akhirnya tugas penyeberangan berhasil dilakukan meskipun Serda Buntoyo harus mengalami cidera lengan karena tergores bebatuan sungai. Lukanya harus harus dijahit sebanyak tujuh jahitan. Tantangan alam yang berat tidak menyurutkan tekad tim Kopassus. Tugas harus segera dituntaskan dan mereka berketad harus berhasil mengangkat dua jenazah di seberang sungai.

Setelah Serda Buntoyo berhasil menambatkan tali, satu-persatu anggota Satgas berhasil melintasi sungai. Hingga akhirnya empat orang berhasil mencapai tepi. Lalu tugas selanjutnya adalah mengangkat satu persatu jenazah ke dalam kantong. 

Proses evakuasi jenazah pertama berlangsung sangat pelik. Pasalnya beratnya mencapai lebih dari 80 kilogram. Karena evakuasi berlangsung dengan cara diluncurkan menggunakan tali, jenazah tersebut harus diangkat dan dinaikkan ke pohon. Kesulitan dialami, sebab kondisi jalan dan pohon sangat licin sehingga sangat menghambat langkah yang dilakukan oleh tim. Setelah berjuang keras, tim berhasil mengangkat jenazah tersebut ke atas pohon.

Segera setelah itu, cincin carabiner dipasang dan tali dikencangkan. Lalu jenazah diluncurkan menyeberangi Sungai Ambal sejauh 75 meter dan melewati jurang sedalam 50 meter. Jenazah diterima oleh tim di seberang sungai. Lalu jenazah diangkat ke atas cara ditarik oleh anggota yang berada di atas. 

Setelah jenazah pertama berhasil dievakuasi, lalu giliran jenazah kedua. Namun proses evakuasi kali ini berlangsung lebih mudah, sebab jenazah kedua jauh lebih ringan dibandingkan jenazah pertama. Proses evakuasi yang penuh perjuangan ini juga disaksikan oleh Aparat Kepolisian Resort Banjarnegara, Relawan Basarnas dan juga warga setempat. (drn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ditahan Milan Tanpa Gol, Garcia: Roma Miskin Kreativitas

ROMA - AS Roma gagal mendekatkan diri dengan pemuncak klasemen sementara Serie A, Juventus. Hal ini terjadi menyusul hasil imbang tanpa gol yang didapat Roma saat menjamu AC Milan di Stadion Olimpico, Minggu (21/12) dini hari.

"Saya menganggap ini langkah mundur dan dua poin turun. Kami bahkan miskin peluang untuk mencetak gol, mungkin kita tidak punya cukup kesempatan dan kurang kreativitas tanpa Miralem Pjanic," ujar pelatih AS Roma, Rudi Garcia seperti dilansir dari Football Italia, Minggu (21/12).

AS Roma bahkan masih tak mampu menembus pertahanan Milan, meski tim tamu bermain dengan 10 pemain sejak menit 70, menyusul akumulasi dua kartu kuning yang diterima Pablo Armero.

"Di tengah miskinnya kreativitas kami di laga ini, kami juga harus menghadapi permainan ultra-defensif Milan. Kiper mereka (Diego Lopez) juga bermain baik malam ini," tutur Garcia. 

Dengan hasil ini, AS Roma masih berada di peringkat kedua dengan 36 poin dari 16 laga, selish 3 poin dengan Juventus di puncak. Sementara AC Milan di posisi 7, dengan 25 angka dari 16 pertandingan. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Madrid Ukir Sejarah jadi Juara Piala Dunia Antarklub

MARRAKECH - Real Madrid sukses menaklukkan dunia usai memastikan diri menjadi juara FIFA Club World Cup 2014 yang digelar di Maroko. Dalam laga final di La Grande Stade, Marrakech. Madrid mengalahkan San Lorenzo dengan skor 2-0.

Juara EUFA Champions League ini mencatatkan golnya di masing-masing babak. Sergio Ramos mengemas gol pembuka pada menit 37. Sementara Gareth Bale menambah keunggulan tim di menit 57.

Dari statistik pertandigan yang dilansir FIFA, Real Madrid mendominasi laga dengan 63 persen berbanding 37 persen milik San Lorenzo. Dari sisi attempts (upaya ke gawang), Real juga sedikit lebih unggul. Jika San Lorenzo mencatatkan 4 shots on goal, maka Real Madrid punya 10 shots on goal. 

Dengan keberhasilan ini Real Madrid mengukir sejarah untuk pertama kalinya menjadi juara Piala Dunia Antarklub, sejak ajang digelar tahun 2000. Selain itu, rentetan kemenangan tim bertambah menjadi 22 kemenangan di semua pertandingan kompetitif, yang merupakan rekor baru buat klub Spanyol.

Sementara itu, Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti juga menorehkan tinta emas, mencatat sejarah sebagai pelatih pertama dalam sejarah Real yang mempersembahkan empat gelar dalam satu musim, Copa del Rey, Liga Champions, dan Piala Super Eropa, dan juara Piala Dunia Antarklub. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ternate Siaga Banjir Lahar Dingin Selama Sebulan

TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara meningkatkan kewaspadaan menyusul erupsi Gunung Gamalama. Untuk tanggap darurat, Pemkot menetapkan dimulai sejak 18 Desember hingga 1 Januari. 

"Sementara untuk status siaga banjir lahar dingin selama sebulan, mulai 18 Desember hingga 18 Januari," ujar Wakil Walikota Ternate, Arifin Djafar seperti dilansir dari Malut Post (Grup JPNN), Sabtu (20/12).

Dari data Pemkot Ternate, saat ini abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama pada Kamis (18/12) malam dan Jumat (19/12) petang sudah menumpuk di lereng gunung yang berketinggian 1.715 meter dari permukaan laut itu.

Jika hujan deras turun kawasan Gunung Gamalama maka tumpukan abu vulkanik tersebut akan terbawa arus ke wilayah Kota Ternate melalui puluhan kali yang melintas di permukiman warga, yang tidak tertutup kemungkinan berubah menjadi banjir lahar dingin.

Pemkot juga telah menyiapkan 15 titik untuk pengungsian warga jika terjadi banjir lahar dingin tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Ternate Utara, Ternate Tengah dan Ternate Selatan.

Pada erupsi Gunung Gamalama tahun 2012 sempat menimbulkan bajir lahar dingin mengakibatkan belasan warga tewas terbawa arus bajir lahar dingin dan ratusan rumah warga yang berada di bantaran kali mengalami rusak berat dan ringan. 

Hingga kini, dari keterangan Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama menyebutkan bahwa aktivitas vulkanik gunung itu masih menunjukkan peningkatan, sehingga statusnya tetap siaga. 

Diketahui, Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang ada di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 - 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m. (tr-07/fai/adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Banjir di Bandung Lebih Dahsyat dari 2010

BANDUNG - Ribuan rumah di Baleendah dan sekitarnya, Kabupaten Bandung masih terendam banjir hingga Sabtu (20/12) malam. Keselamatan ribuan jiwa penduduknya pun terancam. Mereka diungsikan ke GOR, masjid terdekat dan ke sejumlah tempat lain yang dianggap aman dan lebih tinggi. 

Rumah warga terendam hingga mencapai atap rumah. Ketinggian air rata-rata mencapai 2,5 meter. Banjir tahun ini lebih parah dan lebih dahsyat jika dibanding 2010, sampai mengakibatkan seorang tewas.

Kepala Seksi Trantib Kelurahan Baleendah Jembar Suhardiman menjelaskan, data sementara laporan yang diterima dari ketua RW, sebanyak 298 kepala keluarga (KK) dan 5.703 jiwa menjadi korban. Jumlahnya diprediksi bertambah terlihat dari para pengungsi terus berdatangan. Apalagi, jika hujan deras terus turun, membuat debet air semakin meningkat. "Sementara GOR sudah penuh oleh pengungsi," kata Jembar, seperti dikutip dari Bandung Ekspres (Grup JPNN), Sabtu (20/12).

Saat ini, kata dia, para pengungsi membutuhkan sembako, selimut dan perlengkapan bayi. Meski, bantuan berupa apapun untuk korban banjir akan diterima. Kemudian, para pengungsi terdiri atas anak-anak, ibu-ibu dan ada yang baru melahirkan, juga ibu hamil. Berasal dari RW 9, 17, 19, 20 dan 28. "Para pengungsi sudah mulai terserang penyakit demam sedikitnya ada 20 orang," jelasnya.

Jembar membandingkan, jika dilihat dari banjir yang terjadi pada 2010 debet air dengan yang sekarang hampir sama. Namun, jika hujan terus mengguyur, banjir kali ini akan semakin parah dibanding tahun 2010.

Dikatakan parah, menurut Jembar, sebab Sungai Citarum masih mengalami pendangkalan. Pengerukan juga tidak efektif karena dibuang ke samping sungai. Padahal, seharusnya dibuang ke tempat lebih jauh agar tanah sisa pengerukan tidak turun lagi ke sungai.

Sementara itu, Ketua RW 20 Kelurahan Baleendah Jaja menegaskan, banjir tahun ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. "Yah, banjir sekarang lebih parah dari tahun 2010," ucapnya.
Menurut Jaja, penyebab parahnya banjir karena terjadi pedangkalan Sungai Citarum yang sangat cepat. Walau tahun kemarin ada pengerukan, tapi belum menunjukkan hasil maksimal. Faktor penyebab lain, banyaknya berdiri perumahan-perumahan yang dulunya menjadi resapan air sekarang diurug. 

"Itu mungkin menurut analisa saya kenpa banjir sekarang lebih besar dari tahun kemarin," ungkapnya. "Penderitaan banjir kian terasa ditambah kurangnya perhatian dari pemerintah kecamatan. Camatnya juga tidak turun ke lapangan," keluhnya.
    
Jaja mengungkapkan, evakuasi warga sejak kemarin malam dan siang kemarin (20/12) berjalan lancar. Meskipun, masih ada warga yang bertahan di rumahnya. "Kebetulan mereka punya rumah berlantai dua," ujarnya.
Diakui salah seorang warga RW 20 Baleendah Mimin,55, kondisi rumahnya terendam banjir hingga atap rumah. Air begitu cepat masuk ke rumah sehingga tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Dia hanya bisa menyelamatkan anak cucunya.

Menurut Mimin, banjir dulu tidak separah dengan banjir tahun sekarang. Padahal, turun hujan masih permulaan. Banyak warga yang terjebak banjir. Termasuk adiknya, belum bisa dievakuasi ke tempat pengungsian karena lokasinya berada di dalam gang. Dengan begitu, perahu pengangkut tidak bisa masuk. 

"Ketua RW-nya saja sampai ngungsi ke rumah adiknya di Kecamatan Arjasari. Sebab, rumah ikut terendam sampai atap," ujar Nenek yang sudah memiliki cucu 8 ini. 

Ketua Tagana Kecamatan Baleendah Asep menyebut, banjir kali ini mencakup empat wilayah. Yakni, dua desa dan dua kelurahan. Yakni, Kelurahan Baleendah, Kelurahan Andir, Desa Makalasari dan Desa Bojongmalaka.

Menurut dia, banjir diakibatkan hujan deras terus menerus dan merata yang airnya mengarah ke muara Sungai Citarum. Salah satunya dari anak-anak Sungai Cisangkuy yang bermuara ke Sungai Citarum. "Dampaknya air meluap tidak tertampung sehingga air mengalir masuk ke rumah milik pemukiman warga," ucap Asep.

Dia memprediksi, pada Januari 2015 banjir akan lebih parah. Pasalnya, tahun baru hujan pasti terus mengguyur, sehingga warga harus lebih meningkatkan kewaspadaannya. (mg16/hen)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Ribuan Rumah Terendam Banjir, Camat Malah Berlibur

BANDUNG - Korban banjir dan Pimpinan DPRD dari Fraksi PDIP Kabupaten Bandung, kecewa terhadap Camat Baleendah Aep Muslim, yang mereka klaim pergi berlibur bersama stafnya ke Pangandaraan Sabtu (20/12) pagi. 

Sebab, itu dilakukan di saat wilayahnya diterjang musibah banjir, hingga merendam ribuan rumah. "Saya sangat menyesalkan camat yang berlibur di saat warganya kebanjiran," ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Henhen Asep Suhendar, seperti dilansir dari Bandung Ekspres (Grup JPNN), Sabtu (20/12).

Padahal, kata dia, bantuan makanan dan evakuasi korban banjirpun belum maksimal. "Saya minta pihak Pemda segera tanggapi darurat banjir yang dialami ini," ujarnya.

Hingga sabtu sore banjir di tiga wilayah Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang, semakin meluas dan meninggi. Ketinggian hingga mencapai empat meter, hingga merendam genteng rumah warga Cieunteung dan Andir. Akibat banjir semakin meluas dan meluap wargapun mulai berbondong-bondong mengungsi.

Senada, Ketua RW 09 Kampung Cieunteung Jaja mengaku, kecewa karena bantuan makanan dan minuman untuk korban banjir tak kunjung tiba. Kekecewaan Jaja bertambah saat mengetahui Camat Aep malah berlibur ke Pangandaran. Petugas Tagana Kecamatan pun membenarkan keberangkatan camat dengan stafnya untuk liburan. 

Saat wartawan Soreang Ekspres (Group Bandung Ekspres) menemui Camat Baleendah Aep Ahmad Muslim, dia tidak ada di kantor. Ketika mencoba menghubungi via telepon genggam, tidak berhasil mendapat jawaban tentang rencana penanganan korban banjir. "Ini nomor HP si ibu jangan menghubungi ke sini ya," katanya singkat. (mg14/mg16/hen)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Bukittinggi Resmi jadi Kota Perjuangan

BUKITTINGGI - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan agar Kota Bukittinggi di Sumatera Barat disebut sebagai Kota Perjuangan. Bukan tanpa alasan, sebab Kota Perjuangan sangat sesuai dengan karakter masyarakat dan sejarah Kota Bukittinggi. 

"Di kota inilah lahir Proklamator Bung Hatta, salah seorang founding fathers, pejuang dan tokoh bangsa yang gigih mempertahankan kedaulatan RI," kata Fadli Zon, Sabtu (20/12).

Fadli mengatakan, Bukittinggi juga pernah menjadi Ibukota Pemerintah Darurat Republik Indonesia (1949-1949). Di kota ini, perjuangan eksistensi RI dipertaruhkan melalui PDRI dan peristiwa bersejarah lainnya.

Rekam jejak perjuangan mempertahankan eksistensi RI di Kota Bukittinggi juga terlihat pada peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih ada. Sebut saja misalnya benteng Fort de Kock dan Jam Gadang, Lubang Jepang, Rumah Kelahiran Bung Hatta dan Istana Bung Hatta, Tugu Imam Bonjol, Tugu Perlawanan Rakjat Menetang Kolonialisme Belanda 15 Djuni 1908, Tugu Pahlawan Tak Dikenal dan Tugu Polwan.

"Juga ada Tugu Kenangan bagi Tentara Peladjar Jang Telah Gugur, dan Tugu Pendidikan Opsir Divisi X Banteng Sumatera Tengah," tandas Fadli.

Secara resmi, pada Jumat kemarin (19/12), bertepatan dengan upacara Peringatan Hari Bela Negara 2014 di Lapangan Wirabraja, Kota Bukittinggi, akhirnya Kota Bukittinggi dicanangkan sebagai Kota Perjuangan. Upacara ini diikuti jajaran TNI, Polri, korps veteran, keluarga pejuang, DHD 45, Korpri, mahasiswa dan pelajar.

Dalam sambutannya, Walikota Bukittinggi H. Ismet Amzis juga menyampaikan terima kasih kepada Fadli Zon yang telah mengusulkan dan menggagas Kota Bukittinggi menjadi Kota Perjuangan. (rmo/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Antar Thailand Juara Piala AFF, Kiatisuk: Ini Sempurna dan Indah

KUALA LUMPUR - Thailand mengakhiri paceklik gelar AFF Suzuki Cup selama 12 tahun, setelah gol telat dari Charyl Chappuis dan Chanathip Songkrasin memberikan mereka kemenangan dramatis 4-3 secara agregat atas Malaysia, dalam leg kedua final di Stadion Nasional Bukit Jalil, Sabtu (20/12) malam.

Tertinggal 2-0 dari leg pertama di Bangkok, Malaysia memang tampil habis-habisan di kandangnya sendiri. Skuat Harimau Malaya bahkan bisa unggul 3-0 hingga menit 81. Jika skor itu bertahan, otomatis Malaysia lah yang juara dengan agregat 3-2. Namun, Thailand membuktikan mereka punya mental yang lebih pas untuk menjadi Raja Sepakbola di Asia Tenggara.

Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang mengaku sangat bangga dengan keberhasilan timnya. Mantan pemain yang juga sukses mengantar Thailand menjadi juara Piala AFF pada 2002 itu tak bisa menyembunyikan suka citanya.

"Saya tidak bisa mempercayai apa yang terjadi hari ini. Tadi adalah laga yang sangat menarik, ini sempurna dan indah,” kata pelatih berusia 41 tahun yang juga biasa disapa Zico itu di situs resmi turnamen, usai penyerahan piala.

Kiatisuk mengatakan, semua pujian sudah sepantasnya diberikan kepada semua pemain yang tak kenal lelah dan juga tak kenal takut dengan gemuruh teror sekitar 90.000 penonton tuan rumah.

"Saya tahu akan sulit melawan 90. 000 fans namun saya katakan kepada para pemain untuk pulang saja jika mereka hanya ingin bermain untuk hasil imbang 0-0. Malaysia kemudian mencetak tiga gol dan membuat pertandingan menjadi sulit tapi saya bangga dengan tim saya. Anda tahu apa yang sudah mereka kerjakan," pungkas Kiatisuk.

Sementara pelatih Malaysia, Dollah Salleh tetap memberikan apresiasi kepada timnya. "Selamat kepada para pemain saya, mereka tampil baik dan kami hampir mendapatkan piala. Tapi kebugaran kami tidak terlalu bagus dan kami menjadi runtuh. Kami melakukan kesalahan namun inilah sepakbola," ujarnya. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Polres Gunungkidul Batasi Permohonan SIM

WONOSARI –  Polres Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta belum lama ini menerima kiriman mesin baru pencetak fisik surat izin mengemudi (SIM). Pengoperasian mesin baru itu lebih rumit sehingga membutuhkan proses cukup lama. Alhasil, Satlantas Polres Gunungkidul terpaksa membatasi jumlah permohonan SIM karena khawatir pelayanan untuk masyarakat tidak berjalan dengan baik.

Menurut Bintara Urusan (Baur) SIM Polres Gunungkidul, Aiptu Slamet, mesin baru pencetak SIM itu Senin (15/12) lalu. Berbeda dengan mesin lama, peralatan itu memang lebih canggih.

Namun, ada kendala pada pengoperasian mesin itu. ”Nah, ini kendalanya. Proses identifikasi dan verifikasi tidak lagi menggunakan dua jari namun sepuluh jari sekaligus. Jadi waktu perekaman sidik jari sekarang membutuhkan waktu lama,” kata Slamet seperti dikutip Radar Jogja.

Oleh karenanya, Polres Gunungkidul berinisiatif membatasi jumlah pemohon SIM. Kalau tidak, fungsi kecepatan pelayanan dari kepolisian tidak berjalan dengan maksimal.

Sebagai contoh, pernah pembuatan SUM berakhir hingga pukul 00.00 akibat tidak adanya pembatasan jumlah pemohon. Terang saja, baik petugas maupun masyarakat menjadi tidak nyaman. ”Kalau dulu kan tidak ada pembatasan pemohon SIM, tapi sekarang dibatasi supaya semua enak,” terangnya.

Sedangkan Bendahara Penerima (Benma) SIM Polres Gunungkidul, Aipda Sumarna mengatakan, lambannya pencetakan SIM juga berlangsung di seluruh DIY. ”Untuk daerah Sleman saja yang mendapatkan dua mesin baru produksi SIM, juga mengalami hal serupa. Proses produksi SIM juga hingga malam hari,” terangnya.(gun/ila/ong/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Suarez Butuh 570 Menit Cetak Gol Pertama di La Liga

BARCELONA - Barcelona sukses membungkus tiga poin saat menjamu Cordoba di Camp Nou, Sabtu (20/12) malam. Tak tanggung-tanggung, Raksasa Catalan itu melumat tamunya dengan skor 5-0.

Pedro Rodriguez mencetak gol pembuka di menit kedua. Luis Suarez menggandakan keunggulan pada menit 53. Gerard Pique kemudian menyumbang sebiji gol di menit 80. Lionel Messi akhirnya menutup pesta Barcelona dengan brace-nya masing-masing di menit 82 dan 90.

Nah, dari lima gol tersebut, gol kedua adalah yang istimewa. Gol dari Suarez itu adalah yang pertama dicetak striker berjebangsaan Uruguay itu di La Liga. Dicatat dari pusat statistik Opta, Suarez butuh 8 laga atau 570 menit untuk membukukan gol pertamanya. Sebelumnya, Suarez memang sudah menyumbang dua gol buat Barcelona, namun itu baru dia dulang di ajang Liga Champions.

"Saya senang bisa mencetak gol, namun yang terpenting adalah tiga poin tim. Saya sadar tugas saya sebagai seorang striker adalah untuk mencetak gol, tapi saya ada di sini untuk membantu tim meraih kemenangan. Saya tetap tenang dan tidak terlalu terobsesi," singkat Suarez, seperti dilansir dari Marca, usai pertandingan. (adk/jpnn)


[Link to media]

Strict Standards: Non-static method feedlink::stateStr() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/output.php on line 199
Hasil TKD CPNS Banten Diumumkan Pekan Depan

JAKARTA - Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2014 terus menggenjot pengolahan hasil tes kompetensi dasar (TKD). Meski sebagian besar pengolahan hasil TKD sudah diselesaikan Panselnas, namun masih ada daerah yang belum tuntas.

Salah satu daerah yang hasil tesnya belum diselesaikan adalah Provinsi Banten. Menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, hasil TKD Provinsi Banten akan diserahkan Panselnas pekan depan.

"Nilai TKD-nya masih diselesaikan analisanya oleh Panselnas. Mungkin pekan depan, pengumuman hasil TKD Banten sudah bisa dilaksanakan," kata Setiawan kepada JPNN, Sabtu (20/12).

Menurutnya, hasil TKD yang akan diserahkan Panselnas berisi nilai seluruh peserta berdasarkan pemeringkatan.  Misalnya, jika pesertanya 1000 orang, maka yang diserahkan adalah rangking satu sampai 1000, baik yang memenuhi passing grade maupun tidak.

"Nantinya panitia daerah tinggal mengumumkan kelulusan berdasarkan ranking saja. Rangking ini tidak boleh diutak-atik daerah karena datanya juga ada di kita," terang Setiawan yang juga wakil ketua Panselnas itu.

Begitu daerah menerima hasil TKD, pemda diminta secepatnya mengumumkan kelulusan CPNS. Sebab, setelah pengumuman maka peserta yang lulus harus melakukan pemberkasan NIP ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Nantinya setelah mendapatkan hasil TKD, Provinsi Banten tidak perlu melakukan tes kompetensi bidang lagi. Ini sesuai permintaan Pak Menteri untuk efisiensi anggaran dan menghindari manipulasi datanya," tandasnya.(esy/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 12/21 11:48am. Terakhir update terdeteksi pada 12/21 9:31am.  skor: 1273