Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM
Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan-JPNN.com

Biji rami merupakan salah satu jenis makanan super karena kaya akan kandungan mineral dan vitamin esensial serta protein dan lemak. Biji rami memiliki kombinasi sempurna dari nutrisi yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat rami untuk kesehatan Anda, seperti dilansir laman Care2, Rabu (25/5).

1. Biji rami untuk mengobati penyakit jantung

Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh darah tersumbat atau menyempit. Hasilnya bisa serangan jantung, stroke atau angina.

American Heart Association mengatakan bahwa banyak kasus penyakit jantung disebabkan oleh penumpukan plak di arteri.

Alasan bahwa biji rami bisa mengobati penyakit jantung adalah karena mengandung jenis asam lemak yang disebut asam alfa-linolenat (ALA).

Universitas Maryland Medical Center (UMM) menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya ALA jarang terkena serangan jantung. Ada banyak cara biji rami bisa membantu untuk penyakit jantung, seperti dengan mengurangi hipertensi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membuat trombosit kurang lengket.

2. Biji rami untuk depresi dan kecemasan

Rendahnya tingkat asam lemak Omega 3 bisa menyebabkan depresi dan suplemen Omega 3 bisa meningkatkan mood, depresi dan kecemasan. Dan coba tebak makanan apa yang merupakan sumber yang baik dari Omega 3? Ya, biji rami!

Manfaat kesehatan mental rami tidak berhenti di situ saja. Biji rami juga kaya vitamin B6.

Tubuh Anda membutuhkan B6 untuk membuat serotonin yang pada gilirannya digunakan untuk mengatur suasana hati. Beberapa penelitian percaya bahwa rendahnya tingkat B6 mungkin menyebabkan depresi. Biji rami merupakan sumber yang baik dari B6.

3. Biji rami untuk jenis diabetes tipe 2

Diabetes tipe-2 adalah gangguan di mana orang mengalami kesulitan metabolisme glukosa. Biasanya, tubuh memproduksi insulin untuk membantu glukosa dari makanan menjadi energi.

Orang dengan diabetes tipe-2 mampu menghasilkan insulin namun tubuh mereka tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Untuk mencegah lonjakan berbahaya gula darah, orang-orang dengan diabetes harus sangat berhati-hati tentang berapa banyak gula yang mereka konsumsi.

Salah satu solusi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal mungkin ada di biji rami.
Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumis biji rami tanah setiap hari selama satu bulan memiliki efek positif pada kadar gula darah pada penderita diabetes dan bahkan mengurangi resistensi insulin.

Biji rami juga kaya serat yang membantu memperlambat pencernaan dan bisa meningkatkan diabetes tipe-2.(fny/jpnn)


[Link to media]
Indahnya Tinggal Bersama Keluarga Sebangsa-JPNN.com

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan lomba kompetensi siswa (LKS) SMK ke-24 tingkat nasional tahun ini. Bila sebelumnya para peserta diinapkan di hotel, mulai tahun ini mereka tinggal dan berbaur dengan warga.

Tercatat ada 234 rumah warga yang menjadi tempat tinggal sementara para peserta dan pendamping selama enam hari di Malang, Jawa Timur. Jumlahnya mencapai sekitar 2.500 orang peserta lomba termasuk pendamping.

MESYA MOHAMAD – Jawa Pos National Network (JPNN.com)

WAJAH‎ Nabila Fauziah, siswi SMKN 8 Jakarta begitu riang ketika dikunjungi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dengan lugasnya, siswi kelas XI ini menceritakan detil perasaannya mendapat keluarga baru.

Dia juga tak sungkan-sungkan menunjukkan kamar tidurnya yang oleh induk semangnya dibuat seperti tempat tidur kakak beradik. Tempat tidurnya sengaja dibuat bertingkat, atas bawah agar tidak serupa hotel yang twin bed dan terpisah.

Menurut Kepsek SMKN 12 Malang Lilik Sulistiyowati, ada ketentuan dari panitia LKS SMK tentang standar kamar dan rumah tinggal peserta. Tak heran bila rumah yang ditinggali peserta ini rata-rata di perumahan bagus dan luas.

Satu rumah menampung empat orang dari dua daerah berbeda. Rumah Ny. Sumarjono misalnya. Induk semang Nabila ini mendapatkan jatah peserta lomba dari Jakarta dan Jawa Tengah.

Perempuan berusia 58 tahun ini tinggal sendiri karena anak-anaknya sudah memiliki rumah masing-masing. Bahagia bukan kepalang ketika panitia LKS SMK menunjuk rumahnya sebagai rumah tinggal bagi peserta lomba sejak 23 Mei hingga 28 Mei.

“Senang sekali, rumah jadi ramai. Kemarin ada cucu saya, tapi sudah balik Surabaya karena ikut orang tuanya,” ujarnya.

Di rumahnya yang asri, Nabila bersama guru pendampingnya tinggal sekamar. Sedangkan k‎amar kedua ditempati rekannya dari Jateng.

Nabila mengaku baru kali pertama berpisah dengan kedua orangtuanya. Awalnya dia merasa home sick. Namun ketika bertemu induk semangnya (Ny Suma‎rjono) rasa kangen rumah berangsur hilang.

“Ibu di sini baik banget, semuanya sudah disiapin. Makanannya juga enak-enak. Suasana kayak rumah sendiri lah," ujar Nabila, yang mengikut lomba untuk kategori pameran

‎Diceritakan Lilik, awalnya panitia LKS SMK menginginkan peserta tinggal di rumah guru-guru. Lantaran rumah guru berukuran kecil dan tidak memenuhi standar, akhirnya Lilik berkoordinasi dengan ketua PKK. Bak gayung bersambut, ibu-ibu PKK antusias dan menawarkan rumahnya jadi rumah tinggal peserta.

Memang, ada kompensasi yang didapat dari setiap rumah tinggal. Namun Lilik mengklaim, warga Kota Malang yang terkenal ramah tidak mengejar materi semata. Mereka suka cita menerima peserta LKS SMK untuk menambah keluarga baru.

“Peserta di sini dianggap seperti keluarga. Benar kata pak menteri, ini bukan home stay tapi rumah keluarga sebangsa. Karena orang Malang bisa menampung orang Medan, Papua, Jateng, dan lain-lain,” papar Lilik.

Dia menambahkan, ada 39 peserta dari berbagai daerah yang tinggal di rumah warga, Jl Selat Sunda 3 Kelurahan Lesanpuro. Sedangkan siswa lainnya ditempatkan di lokasi lainnya.

Mendikbud saat melihat pelayanan tuan rumah kepada peserta LKS SMK merasa gembira. Dia tidak menyangka, warga Malang begitu welcome terhadap anak-anak daerah. Keinginan ayah empat putra/putri ini untuk memperkuat ikatan bangsa bisa terealisasi.

“Anak-anak bisa merasakan sebagai keluarga bangsa Indonesia. Minimal mereka mendapatkan teman baru dan maksimal keluarga baru. Ini tidak bisa mereka dapatkan kalau tinggal di hotel,” bebernya.

Dengan kedatangan ribuan peserta LKS SMK dari Sabang sampai Merauke, mendadak orang Malang punya teman berbagai daerah. Dengan cara ini pula‎ daerah-daerah kecil bisa menjadi tuan rumah untuk iven nasional karena peserta tidak lagi tinggal di hotel.

‎Kepada anak-anak SMK, Anies berpesan untuk membuat rekaman video durasi tiga menit tentang kesehariannya di rumah warga. Video ini nantinya dibuatkan blok khusus dan bagi yang garapannya bagus akan mendapatkan hadiah.

“Yang kurang bagus pun tetap mendapatkan penghargaan. Biar ini menjadi saksi bagaimana indahnya tinggal bersama keluarga sebangsa,” pungkas Anies.(esy/jpnn)


[Link to media]
Agresif, Go-Jek Ekspansi ke Samarinda-JPNN.com

SAMARINDA - Mulai kemarin (26/5), Go-Jek resmi beroperasi di Samarinda. Meski telah berjalan, manajemen menyatakan, perekrutan tenaga driver masih mereka buka sampai memenuhi kebutuhan.

Selain Samarinda, kemarin Go-Jek juga meresmikan operasionalnya di dua kota lain di Pulau Jawa. Yakni Malang dan Solo. Dengan begitu, kini 13 kota sudah menjadi sasaran ekspansi perusahaan yang berbasis di Jabodetabek itu.

“Salah satu misi Go-Jek adalah memberikan solusi berbasis teknologi untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kami ingin masyarakat di Samarinda, Solo, dan Malang juga dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan layanan kami,” ucap CEO Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim dalam keterangan resminya, Kamis (26/5) kemarin.

Nadiem mengungkapkan, selain memberi kemudahan, Go-Jek juga mengusung misi dukungannya terhadap ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor informal. Termasuk dengan memberdayakan para pengemudi ojek.

Di Samarinda, Go-Jek sementara hadir dengan tiga fiturnya saja. Yakni Go-Ride (layanan transportasi), Go-Send (layanan kurir atau pengiriman), dan Go-Shop (layanan belanja). Sementara layanan lainnya, seperti Go-Food dan Go-Massage, diupayakan menyusul segera.

Sejauh ini, kata dia, Go-Jek sudah bermitra dengan sekitar 200 ribu lebih pengendara ojek di Indonesia. Dan setelah sepuluh layanan yang tersedia sejauh ini, Go-Jek juga tengah menyiapkan layanan terbarunya, yakni Go-Pay, yang merupakan solusi pembayaran di era digital, sekaligus wujud kontribusi mendukung gerakan cashless society. (yuf/jos/jpnn)


[Link to media]
Waduh, 2019 Indonesia Jadi Importir Gas-JPNN.com

JAKARTA - Indonesia terancam mulai mengimpor gas pada 2019. Belum meratanya infrastruktur gas mengakibatkan produksi lebih banyak diekspor. Pada 2014 nilai ekspor yang dibukukan mencapai USD 17 miliar atau Rp 229 triliun.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja menyatakan, impor perlu dilakukan karena pemerintah makin agresif dalam membangun jaringan gas. Di sisi lain, produksi sudah terikat dengan kontrak ekspor. Selain itu, menurut neraca gas Indonesia 2014–2030, produksi diperkirakan menurun.

’’Pada 2019 kira-kira Indonesia mulai mengimpor. Saat kebutuhan naik, infrastruktur mulai terbangun, kami butuh gas tambahan,’’ jelasnya di konvensi ke-40 Indonesia Petroleum Association (IPA) di JCC Senayan kemarin (25/5).

Dalam neraca kementerian, pada 2019 Indonesia membutuhkan impor gas sampai 1.777 BBTUD (billion British thermal unit per day). Meski impor gas sudah di depan mata, Kementerian ESDM tidak mau sembarangan.

Wirat ingin, gas yang diproduksi terserap dalam negeri terlebih dulu. Apalagi, saat ini pemerintah makin gencar membangun jargas (jaringan gas). Selain itu, berbagai fasilitas seperti FSRU juga akan dibangun.

’’Di beberapa tempat segera dilakukan pembangunan. Ada pula terminal LNG,’’ katanya. Selain Lampung, ada Cilegon, Bali, dan beberapa tempat lain dalam timeline pembangunan. Dia memastikan, proyek-proyek tersebut berjalan karena sudah ditengok. (dim/jos/jpnn)

 


[Link to media]
Demand Rendah, Bank Sulit Salurkan KPR-JPNN.com

JAKARTA – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam menyatakan, pengurangan kewajiban uang muka kredit kepemilikan rumah (KPR) diyakini mampu mengurangi kesenjangan jumlah rumah terbangun dan kebutuhan rumah (backlog) di Indonesia.

Kebijakan itu juga memicu pengembang merilis unit-unit residensial baru. ’’Sebab, backlog sebenarnya merupakan opportunity,” katanya di Jakarta kemarin (25/5).

Bila ketentuan LTV dilonggarkan, perbankan dapat lebih leluasa untuk menyalurkan kredit KPR. Jika kewajiban uang muka diturunkan, diharapkan, lebih banyak masyarakat yang mengajukan permohonan KPR ke bank.

”Itu bagus untuk bank. Tinggal bagaimana kami me-manage risiko (kredit bermasalah, Red) yang ada,” ucapnya.

Selain melonggarkan aturan LTV, Asmawi melihat, ada kendala lain yang harus diatasi untuk mendorong pertumbuhan pembangunan perumahan. Terutama perizinan yang belum sinkron antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. ’’Jadi, (aturan LTV di sisi perbankan) dan (kemampuan penyediaan rumah oleh pengembang) itu harus berjalan beriringan. Enggak bisa sendiri-sendiri,” ungkapnya.

Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo mengaku, ada penurunan penyaluran KPR pada dua tahun terakhir. Penurunan terjadi saat BI mengetatkan aturan uang muka minimal (down payment) untuk KPR melalui kebijakan loan to value 70 persen bagi rumah pertama yang berukuran 70 meter ke atas.

Namun, pelemahan ekonomi domestik berakibat pada semakin melemahnya permintaan kredit perbankan. ”Kami melihat demand (kredit KPR) agak rendah. Perbankan akan kesulitan menyalurkan (porsi kredit KPR),” terangnya. (dee/jos/jpnn)

 


[Link to media]
Asyik, Pembiayaan Properti Dilonggarkan-JPNN.com

JAKARTA- Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, pelonggaran kebijakan pembiayaan properti itu tengah dalam pengakajian. Pembahasan perenggangan dimaksud terkait regulasi uang muka atau Loan to Value (LTV).

Pelenturan makro-prudensial itu ditujukan untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan. Maklum, pertumbuhan kredit sepanjang kuartal pertama tahun ini tergolong seret. ”Pelonggaran itu bisa LTV atau pembiayaan rumah kedua,” tukas Mirza.

BI bakal melonggarkan kebijakan pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR) bagi nasabah pemilik rumah pertama. Opsi lain, BI akan menaikkan batasan rasio pinjaman terhadap pendanaan (Loan to Funding Ratio/LFR).

Saat ini LFR bertengger di kisaran 78 persen. ”Tapi, masih dalam kajian. Belum bisa dibeber sekarang,” elak Mirza.

Medio tahun lalu, BI telah mengendurkan aturan LTV atas KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA). LTV untuk KPR maupun KPA konvensional menjadi sepuluh persen dan untuk pembiayaan berprinsip syariah lima persen. (far/jos/jpnn)

 


[Link to media]
Pertumbuhan Pembiayaan Danamon Syariah Tembus Rp 2,3 T-JPNN.com

JAKARTA- Danamon Syariah meraih The Most Profitable Sharia Unit untuk unit usaha syariah dengan kategori aset di atas Rp 1,5 triliun. Dalam ajang Islamic Finance Award yang diselenggarakan oleh KARIM Consulting Indonesia ini, Danamon Syariah berhasil mengungguli sejumlah pesaing.

”Dalam kondisi perekonomian yang menantang saat ini, kami bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh Danamon Syariah, yang tetap mampu menunjukkan performa kinerja yang positif,” ujar Danamon Syariah Business Head, Bambang Atmaji.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Perbankan Syariah Danamon, Herry Hykmanto menambahkan, selama tahun 2015, pertumbuhan pendanaan merupakan hal yang menjadi prioritas dalam menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan pembiayaan.

”Danamon Syariah mencatatkan pertumbuhan pembiayaan sebesar Rp 600 miliar selama 2015. Angka ini meningkat 27 persen secara setahunan (year-on-year) menjadi Rp 2,9 triliun dari periode sebelumnya sebesar Rp 2,3 triliun dengan kontribusi terbesar berasal dari sektor pembiayaan produktif,” kata Herry Hykmanto.

Pertumbuhan pembiayaan ini juga diiringi dengan kualitas pembiayaan yang terjaga, dengan nilai NPF di posisi 1,34 persen. Untuk pendanaan selama 2015, Danamon Syariah juga mencatat pertumbuhan yang kuat, di mana total pendanaan mencapai Rp 3,03 triliun atau meningkat 22 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. (dew/jos/jpnn)


[Link to media]
Pendaftaran CPNS Agustus, Kuota Dipangkas Separoh-JPNN.com

JAKARTA – Para peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih punya waktu untuk mempersiapkan diri.

Pendaftaran penerimaan CPNS tahun ini akan dibuka Agustus. Sebelumnya akan didahului dengan penetapan kuota masing-masing instansi psat dan daerah, yang akan dilakukan sekitar Juni-Juli.

Sementara, pelaksaan tes akan digelar sekitar September-Oktober 2016, dengan sistem computer assisted test (CAT).

Persaingan juga dipastikan ketat. Pasalnya, rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merekrut 151.042 CPNS yang akan mengisi 108 jenis jabatan, tidak mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebut, kemenkeu hanya menyetujui perekrutan sebanyak 81 ribuan CPNS. 

"Awalnya kami ajukan kebutuhan formasi 150 ribuan. Namun, yang sudah disetujui Kementerian Keuangan dan telah disiapkan anggarannya hanya 81 ribu," ujar Yuddy Chrisnandi di sela sebuah acara di Jakarta, kemarin (26/5).

Itu pun, dari 81 ribuan kursi yang diperbutkan itu, mayoritas sudah diplot untuk lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan yang diurus kemenkes, guru GTT yang berada dalam nauangan kemendikbud., dan aparat penegak hukum. 

"Yang prioritas tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum," ujarnya.

Sementara, untuk jalur pelamar umum hanya tersedia maksimal 15 ribu orang. Nah, untuk jalur umum ini pun, sebagian bakal diperuntukan bagi lulusan cumlaude dari PTN berakreditasi A.

"Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ‎yang tanpa tes," ujar Yuddy.

‎Dia mengakui, penerimaan CPNS tahun ini sangat ketat karena jumlah yang diterima sedikit. Yakni hanya untuk mengisi pos-pos jabatan yang sangat dibutuhkan.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja pernah menyampaikan, tahun ini hampir 600 instansi pusat dan daerah mengajukan kebutuhan pegawai baru. 

Hanya saja, dari usulan kebutuhan yang diajukan lewat e-formasi, setengahnya tidak memenuhi syarat. 

"Kami terpaksa menolak usulan tambahan formasi yang disampaikan instansi pusat dan daerah. Sebab, 50‎ persen usulannya bukan menempati jabatan prioritas (108 jabatan yang sudah ditetapkan, red)" kata Setiawan Wangsaatmadja.

Dia mengaku heran melihat usulan tambahan formasi yang diajukan didominasi tenaga administrasi. Padahal, KemenPAN-RB sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait pengadaan CPNS 2016. (sam/esy/jpnn)


[Link to media]
DPP Hanura Belum Pastikan Sodorkan Zulkifli Siregar-JPNN.com

JAKARTA – Para pengurus DPD Hanura Sumut tampaknya harus bersabar. Keinginan mereka mengusung Zulkifli Efendi Siregar untuk menjadi calon wakil gubernur Sumut, belum mendapat sinyal positif dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai pimpinan Wiranto itu.

Wakil Ketua Umum DPP Hanura, Nurdin Tampubolon, mengatakan, pihaknya sama sekali belum membahas soal nama yang akan dijagokan dalam bursa pengisian kursi Sumut 2.

“Kami belum memutuskan nama yang akan diusung. Bahkan kami juga belum melakukan pembahasan soal nama internal yang akan dijadikan calon,” ujar Nurdin kepada JPNN kemarin (26/5).

Ketua Fraksi Hanura DPR itu mengatakan, masih terlalu dini bicara soal pengisian kursi wagub Sumut. “Kan gubernurnya (Tengku Erry Nuradi, red) juga baru kemarin (Rabu, 25/5) dilantik, jadi masih perlu waktu,” imbuhnya lagi.

Lantas, kapan DPP membahas nama-nama yang akan diusung? Pria yang pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu memperkirakan, paling cepat bulan depan, Juni 2016.

Dia juga mengatakan, sejauh ini juga belum ada pembicaraan dengan DPP PKS, sebagai mitra koalisi saat mengusung pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi di pilkada Sumut 2013.

Bagaimana dengan nama Zulkifli Siregar? Dipancing lagi dengan pertanyaan demikian, Nurdin tetap menyatakan, DPP belum membahas nama.

“Belum ya, belum bicara orang per orang, belum bicara nama-nama,” kilahnya.

Pernyataan Nurdin menanggapi Sekretaris DPD Hanura Sumut, Landen Marbun, yang mengatakan pihaknya sudah serius mendukung Zulkifli Efendi Siregar untuk dapat menduduki kursi wagub Sumut.

“Selain Ketua Hanura Sumut, Pak Efendi juga ikut dalam tim pemenangan Gatot-Tengku Erry pada Pilgubsu 2013,“ujar Landen saat dihubungi, Rabu (25/5).

Dijelaskannya, proses pengusulan Zulkifli ke DPP Partai Hanura untuk meminta persetujuan, sebentar lagi akan dilakukan.

Dikatakan juga, DPC Hanura se-Sumut sudah solid menyampaikan dukungannya ke Zulkifli. (sam/jpnn)


[Link to media]
Dituntut Hukuman Mati, Empat Terdakwa: Tuhan, Selamatkan Jiwa Kami-JPNN.com

MEDAN – Empat terdakwa hanya bisa tertunduk lesu saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Medan, menuntut mereka dengan hukuman mati, Kamis (26/5) sore.

Mereka merupakan terdakwa kasus narkotika dengan jenis sabu seberat 270 kilogram. Masing-masing bernama Ayau  (40 tahun) warga Bengkalis, Riau; Daud alias Athiam (47 tahun) Bengkalis, Riau, pengusaha jasa pengiriman; Lukmansyah Bin Nasrul (36 tahun) warga Dumai Kota, petugas sekuriti; dan Jimmi Syahputra Bin Rusli (27 tahun) warga Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Jaksa menilai keempat terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan memiliki dan menguasahi narkotika golongan I dengan jumlah besar, yakni 270 kilogram. 

"Meminta kepada majelis hakim untuk menjatuhkan hukum mati terhadap keempat terdakwa," tegas JPU, Sindu Hutomo di hadapan majelis hakim diketuai oleh Asmar di ruang Cakra I di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

JPU menjerat empat terdakwa dijerat  dengan Pasal 114 jo Pasal 112 Ayat 2 jo Pasal 132 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara dan maksimal hukuman mati. 

Sedangkan, untuk Daud alias Athiam kembali dijerat dengan  Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Menyikapi putusan itu, keempat terdakwa mengajukan nota pembelaan (pledoi) yang disampaikan melalui kuasa hukum mereka, Nurwadi Aco. Pledoi disampaikan, kemarin, usai pembacaan tuntutan.

"Dengan judul pledoi Tuhan Selamatkan Jiwa Kami. Empat nyawa sedang dipertaruhkan," ungkapnya.

Didalam pledoi, Nurwadi Aco juga meminta kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk meringkus pemilik sabu seberat 270 kilogram tersebut. Jangan sampai keempat kliennya menjadi kambing hitam dalam kasus ini.

"Dengan anggaran besar, BNN harus menangkap pemilik barang-barang ini. BNN lebih banyak menangkap kurir ketimbang pemilik narkoba," tandasnya.

Di luar sidang, keempat terdakwa enggan memberikan komenter terkait tuntutan hukuman mati tersebut. 

Diketahui, Keempat terdakwa itu, ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Gudang Jade Citu Square Jalan Yos Sudarso km 11.5 Kelurahan Titipapan Kecamatan Medan Deli, Sumatera Utara, Sabtu, 17 Oktober 2015, lalu.

Barang haram tersebut, berasal dari Tiongkok masuk ke Dumai. Kemudian, menggunakan truk fuso dibawa ke Medan melalui jalan darat. Sedangkan, serbuk putih itu, milik Lau Lai alias Aan alias Jecky yang saat ini masuk dalam pencarian orang (DPO) BNN. 

Bila berhasil membawa sabu seberat 270 kilogram, keempat terdakwa akan mendapatkan upah sebesar Rp 300 juta.(gus)

 


[Link to media]
"Aku Tidak Akan Maling kalau Diberi Pekerjaan"-JPNN.com

PALI - Suhar (50), Warga Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel, tergolong sosok yang bandel.

Meski pernah merasakan dinginnya ubin penjara,  dia masih nekat mencuri minyak mentah kondesat yang mengalir pada line pipa milik PT Pertamina EP Pendopo Field.

Aksi tersangka bersama rekannya insiail A mencuri minyak mentah kepergok sekuriti PT Pertamina EP Pendopo Field. Saat itu pelaku berhasil kabur, tapi polisi cepat bergerak.

Ia ditangkap saat asyik nongkrong bersama warga di salah satu pondok di kampung III desanya, Rabu (25/5), pukul 12.00 WIB. Sedang A masih buron.

Di lokasi, petugas menemukan mobil Grand Max silver metalik BG 9956 DJ. Pada bak mobil itu, ada muatan minyak kondensat dalam 30 jeriken volume 30 liter atau sekitar 900 liter.

Dalam aksinya, tersangka dan rekannya memasang klem pada line pipa ukuran enam inci. Dengan selang sepanjang 200 meter, minyak dari pipa dialirkan ke jeriken. 

Kepada petugas, tersangka mengaku nekat mencuri minyak karena kecewa telah dibohongi perusahaan.

“Aku tidak akan maling kalau diberi pekerjaan. Dulu pernah dijanjikan, tapi sampai saat ini tidak ada kabar,” cetusnya.

Kapolsek Talang Ubi Kompol Janton Silaban SIK SH didampingi Kanit Reskrim Ipda Rusli SH mengungkapkan, penangkapan berawal dari kepergoknya aksi tersangka oleh sekuriti Pertamina di line pipa transfer di Talang Kampai, Desa Benuang. 

“Saat itu berhasil kabur, kemudian kami tangkap di desanya,” tukas Janton. Tersangka pernah ditangkap dengan kasus sama. (ebi/ce2/sam/jpnn)

 


[Link to media]
Oh, Gaya Pacaran ABG Sekarang...Ngamar-JPNN.com

GAYA berpacaran remaja zaman sekarang secara umum sangat memprihatinkan. Menjalin kasih sudah begitu akrab dengan urusan esek-esek. Fenomena ini berbeda jauh dengan perilaku remaja tempo dulu yang suka malu-malu dan takut melanggar norma-norma agama. 

Rusliadi, Sampit

Gaya pacaran ABG saat ini juga cenderung dua-duaan di tempat sepi atau gelap-gelapan. Mula-mula  mengekspresikan rasa sayangnya kepada pasangan dengan berciuman, namun tak butuh waktu lama terjadilah perbuatan terlarang.

Lebih ironisnya lagi, banyak pasangan ABG sekarang yang  menyewa kos-kosan, penginapan, hotel untuk sekedar melampiaskan birahi.

Bukan mengada-ada. Dalam beberapa kali razia, selalu saja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berhasil mengamankan puluhan pasangan kekasih yang masih berusia remaja sedang kedapatan di dalam kamar.

"Rata-rata pasangan terjaring dalam rajia, usianya masih remaja. Bahkan mereka mengaku pasangan kekasih," ungkap Kasatpol PP Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rihel, Kamis (26/5).

Rihel mengatakan, dengan ditemukan banyaknya pasangan berusia masih muda di dalam kamar, artinya gaya pacaran anak zaman sekarang jauh berbeda dengan pemuda zaman dulu.

Dikatakan Rihel, peran orangtua sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap pergaulan anaknya. Jangan sampai anak dibiarkan bergaul melanggar norma-norma agama.

Rihel menganggap, kecenderungan pacaran yang sampai melakukan hubungan terlarang sebelum nikah terjadi karena banyak waktu luang di antara mereka. Maka untuk itu, peran orangtua sangat diperlukan untuk mengawasi pergaulan si anak, terutama yang sudah pacaran. (*)

 


[Link to media]
Indonesia Terima Bantahan PM Turnbull Soal Pernyataan Kontroversial Barnaby Joyce-JPNN.com

Indonesia tampaknya menerima penjelasan Pemerintah Australia mengenai pernyataan kontrovesial Barnaby Joyce yang mengkaitkan antara larangan ternak hidup dengan penyelundupan manusia ke Australia, dengan mengatakan pernyataan dari dari PM Malcolm Turnbull dan Julie Bishop sudah 'jelas'.

Indonesia tampaknya telah menerima penjelasan Pemerintah tentang pernyataan kontroversial Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce yang menghubungkan larangan ekspor langsung dengan perdagangan penyelundupan manusia.

Pemerintah Australia menghabiskan hari ke-18 pada masa kampanye Pemilu Federal ini untuk berusaha membatasi dampak dari pernyataan Barnaby Joyce, terkait keputusan mantan pemerintah Buruh untuk menghentikan ekspor langsung ke Indonesia dengan kenaikan kedatangan pencari suaka. Perdana Menteri Malcolm Turnbull menolak komentar kontroversial itu dan Menteri Luar Negeri Julie Bishop kemudian menghubungi Pemerintah Indonesia untuk mengklarifikasi pernyataan Barnaby Joyce tersebut. Ditanya apakah menurut dia komentar itu akan merusak hubungan Australia dengan Indonesia, dia berkata: "Tidak akan." "Kami memiliki hubungan kerja yang sangat baik dengan Indonesia. Komentar Wakil Perdana Menteri telah diklarifikasi dan kami bekerja sangat erat dengan Indonesia, kami bekerja sama dengan mereka karena negara kita berdua berusaha untuk memberantas  perdagangan penyelundupan manusia," kata Bishop. Seorang juru bicara untuk Menlu Bishop mengatakan kepada ABC Ia "pihaknya telah berkomunikasi dengan Duta Besar Australia di Jakarta, dan secara langsung dengan Menteri Luar Negeri Indonesia". Dalam pernyataan singkatnya sore ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan komentar dari Perdana Menteri dan Julie Bishop sudah "jelas". PM Malcolm Turnbull dan wakil pemimpinnya, yang hadir berdampingan dalam kampanye di Rockhampton hari ini, berusaha sebaik mungkin untuk menghindar dari topik Barnaby Joyce yang menyalahkan kapal-kapal di Indonesia. Perdana Menteri menekankan bahwa "tidak ada kaitan antara  Pemerintah Indonesia dan penyelundupan manusia" dan memuji Presiden Joko Widodo sebagai "pemimpin inspirasional". "Satu-satunya titik yang saya ingin tekankan adalah bahwa kerjasama Kita dengan Indonesia dalam hal menghentikan penyelundupan orang sangat, sangat kuat," kata Turnbull. "Mereka memiliki komitmen yang sama seperti kita untuk menghentikan perdagangan penyelundupan manusia," Barnaby Joyce berulang kali berusaha untuk mengklarifikasi komentarnya, dan mengatakan Ia tidak mengatakan Indonesia mulai "mengirim orang-orang menyebrang(ke Australia)" ketika larangan ekspor diberlakukan pada tahun 2011. "Apa yang saya katakan adalah cukup jelas. kalau pada dasarnya kita sudah punya 14.000 orang yang datang melalui kapal. Dan 40.000 orang lainya datang setelah itu," katanya kepada wartawan. 

"Tapi Anda tidak bisa menyelesaikan masalah pendatang ilegal dengan menciptakan masalah yang lain, yakni melarang perdagangan ternak hidup,"

Tapi Pemimpin Oposisi,  Bill Shorten mengatakan kalau itu bukan penjelasan yang cukup baik. "Barnaby Joyce terlalu diberi kebebasan dan berbahaya. Dan apakah Turnbull serius meminta masyarakat Australia untuk memberikan suara mereka untuk Barnaby Joyce sebagai Wakil Perdana Menteri?" katanya saat berkampanye di Darwin. Mantan menteri luar negeri Indonesia, Marty Natalegawa, yang menjabat ketika larangan ekspor ternak hidup diberlakukan Australia pada tahun 2011, menyebut pernyataan Joyce "cacat secara mendasar" dan "terang-terangan palsu". "Yang paling mungkin, pernyataan ini mewakili subyek yang over-analisis.  Lebih buruk lagi, sangat mengejutkan jika menunjuk Pemerintah Indonesia telah menempatkan para pencari suaka yang tidak bersalah dalam perjalanan  yang membahayakan keselamatan dan nyawa mereka menuju suatu titik, "katanya dalam sebuah pernyataan.

 

Barnaby Joyce ikut dalam debat pemimpin regional yang diselenggarakan ABCdi Goulburn pada Rabu malam, dimana dia tampil dengan tokoh Partai Buruh, Joel Fitzgibbon dan Pemimpin Partai Hijau, Richard Di Natale.

Ketika ditanya mengenai isu ternak hidup, Joyce mengatakan Australia telah menjadi salah satu pemasok terbesar daging sapi ke Indonesia pada tahun 2011, ketika Pemerintahan Gillard memutuskan untuk menghentikan sementara ekspor hewan ternak hidup ke Indonesia menyusul program investgasi ABC, Four Corners menyelidiki kekejaman terhadap ternak sapi asal Australia yang dilakukan di Indonesia.


[Link to media]
Ini Gagasan Ekstrem Ahmad Dhani, Para Ulama Siap-siap Ya-JPNN.com

JAKARTA – Sebelum menggelar Konser Revolusi Pancasila, Musisi Ahmad Dhani didampingi aktivis HAM dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah sempat menggelar jumpa pers di Media Center DPR RI, Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5).

Ahmad Dhani menyoroti soal kehidupan berbangsa dan bernegara pasca Amandemen UUD 1945. Dhani ingin memberi perhatian pada aspek seni dan budaya bangsa. Termasuk membangkitkan lagi kebudayaan di Tanah seperti pakaian tradisional.

Gara-gara Ini, Mantan Menteri Era SBY Digugat Tiga Rekannya Sendiri-JPNN.com

JAKARTA - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Fahmi Idris digugat tiga rekannya sesama aktivis 1996, Abdul Latief, Pontjo Sutowo dan Jan Darmadi, terkait pengurangan saham di PT Kodel. Awalnya, Latief, Pontjo dan Jan punya saham 12 persen. Namun belakangan, saham Latief menjadi nol persen, Pontjo dan Jan masing-masing sisa 4,13 persen.

Pengacara ketiga pengusaha, Tito Hananta Kusuma mengatakan, sudah mengajukan surat permohonan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh perubahan anggaran dasar PT Kodel.

Menurut Tito, dalam suratnya itu ia mengungkapkan pengurangan saham dilakukan secara ilegal tanpa adanya rapat umum pemegang saham, persetujuan pemegang saham. Selain itu, juga tidak pernah ada pembayaran apa pun kepada kliennya.

“Kami memohon kepada Menkumham untuk memeriksa keanehan pengurangan saham yang dialami klien kami”, ujar Tito, Kamis (26/5).

Tiga pengusaha itu awalnya mensomasi Fahmi selaku Komisaris Utama PT Kodel dan Maher Algadri sebagai Direktur Utama PT Kodel 11 April 2016. Mereka mempertanyakan terjadinya pengurangan saham tersebut kepada PT Kodel.

Dirut PT Kodel menjawab somasi dengan menyatakan akan melakukan audit keuangan dan audit hukum. Namun, niat Maher terganjal setelah ia dipecat Fahmi pada 27 April 2016 dalam sebuah RUPS.

Maher melalui pengacaranya, Yusril Ihza Mahendra, sudah menjawab surat PT Kodel mempersoalkan dasar hukum RUPS.

Kemudian, Maher memberikan somasi kepada anak perusahaan PT Kodel, PT FMC Santana pada 25 Mei 2016. Somasi itu meminta perusahaan di bawah Kodel Grup untuk tidak melibatkan PT Kodel dalam pengambilan keputusan bisnis di anak perusahaan itu karena adanya sengketa kepemilikan saham PT Kodel.

Termasuk untuk tidak membagikan dividen kepada PT Kodel.(boy/jpnn)


[Link to media]
IDI Tolak Jadi Eksekutor Kebiri-JPNN.com

JAKARTA – Jaksa Agung M Prasetyo mendukung hukuman kebiri untuk pelaku pemerkosaan. "Ini sesuai permintaan presiden yang menginginkan terobosan untuk hukuman pada pemerkosa," katanya.

Soal eksekutor kebiri, dia mengatakan, jaksa akan meminta bantuan dokter. "Dokter yang akan melakukan itu," paparnya.

Namun, pelaksanaan hukuman tersebut harus dibahas terlebih dahulu. Dia menjelaskan, teknisnya perlu dilakukan secara matang. Dengan demikian, semuanya berjalan sesuai aturan. "Ya, kami siap saja," ujarnya.

Prasetyo menuturkan, semua jaksa yang menangani kasus pemerkosaan yang persyaratannya sesuai dengan hukuman kebiri harus menerapkan hukuman tersebut. "Tinggal nanti hakim yang menentukan," paparnya.

Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar menegaskan, Polri juga akan menerapkan hukuman kebiri tersebut bila menangani kasus pemerkosaan yang sudah masuk persyaratan mendapat hukuman itu. "Itu bagus kok, semuanya sudah dibahas," tuturnya.

Di sisi lain, dokter sepertinya masih gamang bila ditunjuk sebagai eksekutor. Mereka takut melanggar kode etik seorang dokter yang wajib menghormati kemanusiaan. Termasuk soal naluri seksual yang jadi kodrat manusia.

"Kami tidak bilang setuju atau tidak. Tapi, memang saat ini sebetulnya masih dalam pembahasan di dalam IDI (Ikatan dokter Indonesia, Red) karena masih ada penolakan," ujar Wakil Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih.

Lalu, bagaimana bila secara resmi IDI ditunjuk? Daeng mengatakan, pemerintah perlu membicarakan lebih lanjut dengan pihak profesi. Sebab, hingga kini pun dia tidak tahu teknis soal hukuman kebiri itu. IDI belum pernah diajak duduk bersama untuk merancang hal tersebut.

"Jadi, tidak tahu itu dilakukan berapa kali? Teknisnya bagaimana? Karena obat tidak mungkin bisa tahan sampai seumur hidup kan," paparnya.

Meski begitu, tebersit harapan agar pemerintah tidak menunjuk pihaknya. Sebab, Daeng justru menawarkan solusi untuk penunjukan eksekutor di lapangan. Dia mengatakan, penerapan hukuman itu bisa dilakukan seseorang yang disebut eksekutor tanpa menunjuk salah satu profesi medis.

Sebab, suntik kebiri itu bukan termasuk pelayanan medis. Tapi, sebuah hukuman.

Menurut Daeng, kepiawaian menyuntik bisa dipelajari. Dengan demikian, para eksekutor tersebut bisa dilatih sebelum resmi disematkan status eksekutor. "Karena ini bukan tindakan pelayanan medis, yang artinya tidak jadi domain dokter," paparnya.

Sementara itu, Mahkamah Agung (MA) masih menunggu perppu tersebut. "Kami belum membacanya. Belum mengetahui isinya," terang Juru Bicara (Jubir) MA Suhadi kemarin.

Jika nanti dalam perppu dan PP belum dijelaskan secara detail tentang hukuman bagi pelaku kejahatan seksual, MA bisa mengeluarkan peraturan MA.

Peraturan itu akan digunakan hakim dalam menyidangkan kasus kekerasan seksual sehingga tidak mengalami kesulitan dalam memutuskan perkara yang sekarang menjadi perhatian publik.

Sementara itu, tak semua menyambut positif diundangkannya perppu yang mengatur tentang hukuman tambahan kebiri. Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) termasuk yang menolak.

''Secara umum, kami menolak penggunaan kebiri dan hukuman mati sebagai pemberatan pidana,'' kata Direktur Eksekutif ICJR Supriyadi Widodo Eddyono dalam siaran persnya.

ICJR segera akan mempelajari isi perppu kebiri. Mereka akan memonitor pasal kebiri yang tercantum dalam perppu tersebut. Termasuk mempelajari hak-hak korban, apakah sudah diatur secara menyeluruh dalam perppu. (byu/gun/lum/idr/mia/c10/sof) 


[Link to media]
Alhamdulillah, Ultras Gresik-Perwakilan PS TNI Teken Perjanjian Damai-JPNN.com

GRESIK - Ultrasmania Gresik, Suporter Persegres akhirnya melakukan perjanjian damai dengan suporter dari PS TNI. 

Kedua kubu yang sempat terlibat kericuhan pada Minggu (22/5) lalu di Stadion Petrokimia Gresik tersebut menandatangani perjanjian damai. 

Kesepakatan perdamaian itu dilakukan di Mes Persegres, di kota Gresik, Kamis (26/5).

PS TNI diwakili oleh Udik Wijaya yang menjabat sebagai Media Officer dan Eko Harjianto yang didampingi Komandan Kodim Gresik, Letkol Arm Hendro Setyadi.

Udik menjelaskan kehadirannya bukan untuk melakukan klarifikasi atas bentrok suporter. 

"Tujuan utama kehadiran kami di sini adalah untuk memohon maaf atas kejadian kemarin. Kami memohon kebesaran hati teman-teman Ultras terutama bagi para korban untuk membuka pintu maaf bagi kami agar tak ada lagi permusuhan diantara Ultras Gresik dengan suporter PS TNI," katanya dilansir oleh Ultrasmania. 

Ultras melalui penasihatnya, Ludiono, menerima permintaan maaf dari perwakilan PS TNI. 

"Kami menerima permintaan maaf ini dan berharap kejadian serupa tak terulang," tandasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Rayakan Ultah di Gedung DPR, Ahmad Dhani Dapat Kejutan-JPNN.com

JAKARTA - Musikus Ahmad Dhani hari ini merayakan ulang tahunnya, yang ke-44. Perayaan ulang tahun kali ini dirasa spesial bagi Dhani. Sebab dirayakan di Gedung DPR/MPR bertepatan dengan konser Revolusi Pancasila.

Dhani tak sendiri, selain tampil bersama Dewa 19, dia juga memboyong artis di bawah naungannya. Di sela-sela konser, dia mendapatkan kejutan.

Yakni berupa kue ultah. Serta kehadiran tiga jagoannya, yakni Al, El, dan Dul juga terlihat hadir dalam acara itu.

Namun, tak tampak istri siri Dhani, Mulan Jameela di konser malam ini. Dhani memberikan alasan mengenai ketidakhadiran Mulan.

"‎Mbak Mulan udah mau lahiran," u‎ngkap Dhani. (gil/jpnn)


[Link to media]
Ini Pemain MU yang Diwaspadai Persib-JPNN.com

BANDUNG- Pelatih Persib Bandung Dejan Antonic mewaspadai sosok Erick Weeks Lewis jelang laga kontra Madura United (MU) yang digelar Sabtu (28/5).‎ Pemain asing MU itu, diakui memang menjadi amunisi untuk membongkar permainan Persib.

"Kami tahu dia bagus, tapi kami punya pemain yang lebih pintar dari dia. Kami yakin bisa menghentikannya," kata pelatih asal Serbia tersebut.

Sosok Erick memang ‎cukup berperan penting di MU. Selain mampu menjadi pengatur serangan, dia juga memiliki shooting dan rajin turun membantu pertahanan timnya.

"Kami menyiapkan cara mematikannya, juga pemain MU lainnya seperti Pablo(Rodriguez)," tegas Antonic. (dkk/jpnn)

 


[Link to media]
Duh..Pengusaha Cantik Tunggak Bayar Rumah Harga Miliaran-JPNN.com

SURABAYA—Pengadilan Negeri Surabaya menyita rumah mewah di kawasan perumahan elite Galaxi Bumi Permai, Surabaya, Kamis siang. Rumah milik seorang pengusaha bangunan itu disita karena sang pemilik menunggak pembayaran hingga Rp 1,4 miliar.

Pengusaha bangunan itu adalah Grace Kharismadji. Rumah warga perumahan Galaxi Bumi Permai Blok  I-3 Nomer 25 Surabaya itu sudah ada sejak 2010. Grace membeli rumah itu setelah memberikan uang muka sebesar Rp 250 juta. Namun, ternyata angsuran selanjutnya tidak dibayar. Total selama empat tahun Grace tidak bayar tunggakan.

Menurut Joko Subagyo, juru sita PN Surabaya, akhirnya dilakukan eksekusi setelah ada ketetapan pihak Pengadilan Negeri Surabaya. Eksekusi ini melibatkan tim juru sita bersama dengan petugas gabungan Polrestabes Surabaya dan Polsek Sukolilo. Eksekusi dilakukan setelah dibacakan amar putusan dari pengadilan negeri surabaya.

"Dalam eksekusi, pihak pemilik rumah Grace Kharismadji bersama dengan keluarganya telah mengeluarkan semua barang-barang untuk diangkut ke dalam truk," kata Joko.

Sementara itu pengacara PT A Raya pengembang perumahan, Suhar telah meminta pemilik rumah segera melunasi cicilan rumah yang telah menunggak hingga Rp 1,4 miliar. Sedangkan harga rumah mewah itu, sekarang mencapai Rp 4,3 miliar. (pul/flo/jpnn)

 


[Link to media]
Komentari Kantor Pertahanan Daerah, Pak Luhut Pengin Lihat Rencana Ryamizard-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Luhut Panjaitan menyatakan, ide Kementerian Pertahanan Ryamizard Ryacudu tentang pembentukan kantor pertahanan di daerah masih perlu dikaji. Menurutnya, jangan sampai keberadaan kantor pertahanan itu berbenturan dengan lembaga-lembaga yang sudah ada.

"Perlu dikaji. Nanti saya akan tanya bentuknya. Saya juga akan tanya bagaimana dengan kodam dan sebagainya," ujar Luhut di sela-sela pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepala Daerah Angkatan ke-2 2016, yang digelar Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP SDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (26/5).

Pensiunan TNI itu mengaku belum memperoleh informasi lebih lanjut terkait rencana pembentukan kantor pertahanan di daerah. Karenanya Luhut belum bisa berkomentar banyak.

"Nanti kita lihat. Saya belum lihat," ujarnya.

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Pertahanan  Brigjen TNI Djundan Eko Bintoro mengatakan, pembentukan kantor pertahanan di daerah bertujuan untuk memediasi pemerintah pusat dan daerah di bidang pertahanan. Sedangkan fungsinya adalah mengoordinasikan semua lembaga pertahanan di daerah.(gir/jpnn)


[Link to media]
Ini Saran Legenda Timnas untuk PSSI-JPNN.com

JAKARTA - Rudy Keltjes, mantan pemain timnas Indonesia di era 70-an ini dikabarkan menjadi salah satu anggota tim panel untuk menentukan calon pelatih tim nasional U-19 dan senior.

Namun, sampai malam ini Rudy mengaku tidak tahu menahu kalau Komite Teknis menunjuknya masuk dalam tim yang menominasikan nama calon pelatih timnas Indonesia tersebut.

"Belum ada saya dikasih tahu soal itu," ucapnya saat dihubungi, Kamis (26/5) malam.

Pelatih asal Surabaya itu menjelaskan, bahwa sejauh ini belum ada nama lagi yang layak menjadi pelatih Rimnas U-19 selain Fachri Husaini. Karena itu, dia pun hanya bisa memberikan saran untuk PSSI.

"Menurut saya, pelatih itu jangan hanya ditunjuk untuk satu even saja, tapi percayakan untuk dua sampai tiga even," terangnya.

Rudy menilai, satu even berhasil bukan jaminan pelatih itu bagus. Tapi, kalau sudah berhasil memenangkan dua Piala dari tiga even, atau bahkan memenangkan ketiganya, dia baru bisa disebut pelatih top.

"Ke depannya, PSSI harus berani memberikan kesempatan kepada pelatih untuk jangka panjang," saran eks pemain Timnas di era akhir 70-an dan awal 80-an itu. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Berapa Bayaran Ari Lasso? Ahmad Dhani Jawab Begini-JPNN.com

JAKARTA - Dewa 19 feat Ari Lasso turut meramaikan Konser Revolusi Pancasila yang diselenggarakan di Ruang Pustaloka, Gedung Nusantara IV, Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (26/5) malam.

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani membocorkan bayaran Ari Lasso untuk tampil dalam konser ini.

"‎Kayak Ari Lasso misalnya, dia enggak dibayar," kata Dhani di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Rupanya, khusus konser malam ini, sebagai seorang sahabat, Ari sengaja meluangkan waktunya untuk Dhani. Karena itu, dia sampai rela tak dibayar.

"Karena ini tanggal lahir saya, 26 Mei, pasti semua serba spesial. Ari Lasso juga sengaja mengosongkan waktunya hari ini," ungkap Dhani

Selain Ari, Konser Revolusi Pancasila juga dimeriahkan oleh Dewi Dewi, Virza, dan Alex Rudiat. "‎Ari Lasso doang yang enggak dibayar, yang lain dibayar murah," ucap Dhani. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Hakim Agung Minta Jokowi Terbitkan Perppu Penegakan Hukum-JPNN.com

JAKARTA - Hakim Agung Gayus Lumbuun mengharapkan Presiden Joko Widodo segera menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mengotasi goncangan hukum di tanah air. Menurutnya, proses penegakan hukum di lembaga peradilan di Indonesia akhir-akhir ini sedang mengalami kegoncangan yang luar biasa.

"Lembaga peradilan kita sedang mengalami turbulensi yang luar biasa. Saya menyarankan Presiden Joko Widodo secepatnya menerbitkan perpu," kata Gayus.

Bekas anggota DPR dari PDI Perjuangan itu menambahkan, perppu itu sebagai  sebagai salah satu upaya untuk membangun kembali kepercayaan pencari keadilan terhadap lembaga peradilan. Gayus menambahkan, jangan sampai Jokowi membiarkan persoalan yang ada berlarut.

"Kalau presiden terlambat mengeluarkan perppu apalagi bersikap membiarkan, ini sama saja menghancurkan kepercayaan rakyat kepada negara," pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Duel Antarkelompok di Malioboro, Seorang Meninggal di RS Sardjito-JPNN.com

JOGJA - Perkelahian berdarah antar-kelompok terjadi di Malioboro, Jogja, Kamis (26/5) dini hari. Insiden itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.
Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, perkelahian itu mulanya terjadi di simpang empat Mirota Kampus, Gondokusuman, yang berlanjut ke kawasan Malioboro.

Menurut versi rombongan mahasiswa salah satu kampus swasta di Yogyakarta, kejadian itu berawal ketika mereka yang berjumlah sebelas orang berkendara melintas dari jalan Kaliurang ke arah selatan menuju ke simpang empat Mirota Kampus.

Saksi bernama Desend Souhuwat (22) mengungkapkan, saat rombongan melintas, tiba-tiba di tengah perjalanan ada dua pria tak dikenal bersepeda motor jenis matic warna merah. Dua pria itu menyerang salah satu anggota rombongan yang bernama Jecksen Waruwu (27) asal Pulau Nias, Sumatera Utara.

Akibat serangan itu, Jecksen langsung terjatuh. Ia lantas dilarikan ke Rumah Sakit Bethesda untuk mendapat perawatan.

Sedangkan pelaku penyerangan langsung kabur ke arah Malioboro. Desend beserta dua orang rekannya lantas mengejar pelaku penyerangan.

"Tiga orang, termasuk saya mengejar pelaku sampai Malioboro. Tapi sesampainya di Malioboro teman saya terjatuh, mungkin karena panik juga," ujarnya.

Teman Desend yang terjatuh di Malioboro bernama Alfandi Bertran Mala. Saat Alfandi terjatuh, dua orang tak dikanal yang semula dikejar justru berbalik arah dan menyerang pengejarnya.

Saat itulah terjadi perkelahian antara dua kubu. "Kemudian satu orang kabur melarikan diri, satu orang tetap tinggal," tutur Desend.

Saksi lainnya, Aldrian Elisa Towe yang ikut dalam perkelahian itu mengalami luka sayat di punggungnya. Ia mengakui adanya perkelahian antara dua orang melawan tiga orang.

Dari informasi sementara yang dihimpun, seorang pria dari kelompok yang berbeda bernama Ian terluka dan meninggal setelah dilarikan ke Rumah Sakit Sardjito. Sedangkan teman korban yang bernama Fajar saat ini masih dimintai keterangan penyidik.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, AKP Akbar Bantilan mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus ini dengan meminta keterangan dari kedua belah pihak. ”Diduga ini adalah perkelahian antar kelompok," terangnya.(zal/jpg/ara/jpnn)


[Link to media]
Begini Sikap Gerindra Atas Perppu Perlindungan Anak-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani belum membaca secara keseluruhan Perppu tentang perlindungan anak yang baru saja diterbitkan Presiden Joko Widodo. Namun, anak buah Prabowo ini menyatakan setuju dengan Perppu itu.

"Terus terang, saya belum baca keseluruhannya. Tapi secara prinsip apa pun upaya pencegah kejahatan seksual terhadap anak oleh pemerintah kami setuju," kata Muzani di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (26/5).

Karena itu, Gerindra akan mempelajari Perppu tentang perlindungan anak tersebut, apakah dirasa perlu atau tidak. Selain itu, Fraksi Gerindra juga akan mendalami, apakah Perppu ini cukup efektif memberi jera. Termasuk sanksi hukuman mati.

"Apakah sesuai antara bentuk kejahatan dengan hukuman yang ditimpakan. Kami dalam waktu tiga bulan akan melakukan kajian untuk memberi persetujuan atau revisi terhadap Perppu ini," ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Provinsi Lampung I itu.

Muzani menambahkan, sebagai bukti kesungguhan dari pemerintah terhadap pencegahan kejahatan seksual di bawah umur, tak ada keraguan dari Gerindra. "Makanya kami ingin konekan dengan KUHP dan peraturan serta perundang-undangan terkait lainnya," pungkas Muzani.(fas/jpnn)


[Link to media]
Dewa 19 Feat Ari Lasso Panaskan Panggung Revolusi Pancasila-JPNN.com

JAKARTA – Dewa 19 feat Ari Lasso memanaskan panggung Konser Revolusi Pancasila yang diselenggarakan di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (26/5) malam. 

Penampilan Dewa 19 feat Ari Lasso dibuka dengan lagu Elang. Penonton yang sudah lama tidak melihat penampilan Dewa 19 dengan Ari sangat antusias. 

Para penonton mengabadikan penampilan Dewa 19 Feat Ari. Usai bernyanyi Elang, dari atas panggung, Ari sempat menyapa para hadirin yang menyaksikan penampilan mereka.

“Semoga semua yang hadir di sini sehat,” ‎kata Ari. 

Setelah itu, Dewa 19 feat Ari melanjutkan penampilan dengan menyanyikan lagu ‎Cukup Siti Nurbaya dan Aku Disini Untukmu. 

“Kita berkumpul di sini dalam rangka ultah sahabat saya dan memperingati hari lahir Pancasila,” ‎ucap Ari. 

Untuk diketahui, Dhani berulang tahun hari ini, Kamis (26/5). Mantan suami Maia Estianty itu kini berusia 44 tahun.(gil/jpnn)


[Link to media]
Ini Alasan Kristen Stewart Tak Bintangi Snow White and The Huntsman-JPNN.com

ARTIS Kristen Stewart akhirnya menjelaskan mengapa dia tidak mengambil bagian dalam sekuel Snow White and The Huntsman'. Rumor yang beredar, Kristen enggan ikut berperan karena hubungannya dengan sang sutradara, Rupert Sanders tengah bermasalah.

Karena itu, Kristen menolak untuk berperan dalam film Snow White and The Huntsman. Namun, kabar itu dibantah oleh Kristen. Pemeran film Twilight ini mengatakan, keputusan itu diambil karena dia tidak merasa tertarik.

Setelah membaca skrip film Snow White and The Huntsman, Kristen berubah pikiran. Bahkan, keputusannya itu sudah dia sampaikan kepada pihak Universal.

"Saya membaca beberapa skrip, namun tak satu pun yang menarik perhatian saya. Dan saya telah mengadakan pertemuan dengan Universal tentang hal itu," kata Kristen, seperti dilansir laman Vogue, Rabu (25/5). (fny/chi/jpnn)

 


[Link to media]
Kemenpar Gelar Festival Wonderful Indonesia di Viantiane-JPNN.com

LAOS - Pasar Asia Tenggara merupakan wisatawan yang seksi bagi Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Selain Singapura dan Malaysia, ada pasar ASEAN yang akan menjadi incaran Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu, yakni negara, Laos. Kemenpar akan menggelar Wonderful Indonesia Festival yang akan dilaksanakan di  Viantiane, Laos, 27 hingga 29 Mei mendatang. 

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana yang didampingi Asdep Pengembangan Pemasaran Pariwisata Wilayah Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani mengatakan bahwa festival itu akan dilaksanakan dengan dua metode. ”Di Laos nanti akan kami persembahkan Wonderful Indonesia dengan mengemas Pameran dan Cultural Night,” ujar Pitana.

Lebih lanjut Pitana menjelaskan, pameran akan dilaksanakan dari 27 hingga 29 Mei 2016 di Vientiane Center, sedangkan cultural night di Lao National Cultural Hall tanggal 29 Mei.

”Nanti akan ada peserta exhibition-nya adalah 40 UKM Indonesia, 10 UKM Lokal dan 17 Universitas dari Indonesia,” kata pria asal Bali ini. 
Bukan itu aja, masih kata Pitana, profil acara nantinya juga akan dikemas dan dipersembahkan kepada perwakilan berbagai embassy di Laos, expatriat yang ada di Vientiane dan orang lokal golongan menengah ke atas. 

”Kami targetkan 800 pengunjung setiap harinya. Selain itu, Wonderful Indonesia akan menghadirkan 10 pengisi acara, berupa pertunjukan seni musik Angklung dan Penari Tradisional,” jelas pria asal Bali itu. 

Untuk sensasi lokasi, pria yang hobi senyum itu memastikan bahwa paviliun Indonesia menempati posisi strategis di depan panggung dengan luas 4m x 6m. ”Yang lebih menarik adalah selama 27 hingga 29 Mei 2016 di Vientiane Centre, akan terdapat aktivasi Workshop Batik, Workshop Pahat Kayu dan Spa Treatment dari Bali. Kami akan perlihatkan bahwa betapa lengkap dan indahnya Indonesia,” kata Pitana sumringah.

Sekadar informasi, Indonesia, Laos  dan negara ASEAN lainnya Kamboja, Mynmar, dan Vietnam memiliki kesamaan nilai-nilai budaya dalam Budha. Indonesia bersama empat negara ASEAN tersebut telah menandatangani Deklarasi Borobudur, yang tela menghasilkan “Trail of Civilization of Buddhism in Performing Arts”.

Selama tiga tahun terakhir Indonesia menjadi tuan rumah untuk “Trail of Civilization of Buddhism in Performing Arts”, yang diselenggarakan di Candi Borobudur. Penyelenggaraan “Trail of Civilization of Buddhism in Performing Arts” tahun 2009, juga diselenggarakan di Indonesia, di Candi Borobudur, dengan tema “Tilakhana”.

Pemerintah Indonesia akan tetap memberikan bantuan kepada Pemerintah Laos dalam bidang ‘capacity building’. Pemerintah Indonesia juga terus berupaya untuk mengembangkan kerjasama dengan Laos, dengan memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan kepada pelajar dan pejabat Laos yang berkeinginan untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

Pemerintah Indonesia berharap agar hubungan bilateral dengan Pemerintah Laos dapat lebih ditingkatkan melalui pendekatan hubungan ‘people-to-people.

Menpar Arief Yahya menyebutkan strategi promosi Wonderful Indonesia memang melalui tiga hal, yang biasa disebut BAS. Branding, advertising, dan selling. Festival adalah bagian dari selling, selain fam trip dan sales mission yang selalu digelar oleh Kemenpar. "Ketiga strategi itu harus connect sampai menghasilkan wisman," jelas Arief Yahya.(jpnn)


[Link to media]
Pemeran Video Cabul Jadi Pengurus Golkar, Ini Kata Pak Luhut-JPNN.com

JAKARTA - Politikus senior Partai Golkar Luhut Binsar Panjaitan menanggapi informasi tentang masuknya nama Yahya Zaini, pemeran video mesum dengan biduanita Maria Eva ke dalam kepengurusan partai yang kini dipimpin Setya Novanto itu. Mantan wakil ketua dewan pertimbangan Golkar itu mengatakan, partainya harus bisa memilih figur yang bersih untuk duduk di kepengurusan.

"Setahu saya, Golkar itu tidak ingin ada nama-nama yang berkaitan dengan kriminal masuk dalam kepengurusan," ujar Luhut usai menjadi pembicara pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepala Daerah Angkatan ke-2 2016, yang digelar Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP SDM) Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri), Kamis (26/5).

Meski begitu Luhut menegaskan bahwa tanggung jawab memilih nama-nama kader untuk duduk di struktur kepengurusan Golkar berada di tangan Setya Novanto selaku ketua umum. Sedangkan Luhut mengaku tak berwenang menentukan kepengurusan.

“Ya nanti dilihat. Kan saya bukan ketua Golkar," ujar Luhut.

Sebelumnya diberitakan, nama Yahya Zaini masuk jajaran struktur DPP Golkar hasil musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Bali. Nama Yahya mencuat ketika sebagai anggota DPR periode 2004-2009 terlibat skandal video mesum dengan Maria Eva.(gir/jpnn)


[Link to media]
Pameran Busana Muslim Australia Digelar di Gedung Arsip Nasional Canberra-JPNN.com

Sebuah pameran yang menampilkan busana muslim di Australia digelar di Arsip Nasional di Canberra.

Pameran yang dilaksanakan oleh  Museum Seni Terapan dan Ilmu Pengetahuan Sydney ini menampilkan desain lokal yang memadukan estetika yang sopan dengan tren masa depan. Perancang busana Australia telah menjejakan diri di pasar internasional busana wanita yang menginginkan pakaian modis yang sesuai dengan ajaran Islam yang menganut paham kesopanan. Pasar global untuk busana muslim saat ini bernilai lebih dari $200 miliar dengan kebanyakan pelanggan dari Turki dan Indonesia. Kurator Glynis Jones mengatakan pakaian Muslim high-fashion adalah salah satu area yang tingkat pertumbuhannya sangat besar di industri fashion global. Dia mengatakan Muslim Australia yang mengadaptasi busana mereka untuk disesuaikan dengan ajaran mereka. "Pakaian yang mengungkapkan iman mereka, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi nuansa fashion dan tren," katanya. Rancangan pakaian muslim Australia yang ditampilkan dalam pameran ini meliputi segala sesuatu dari pakaian muslim mulai dari pakaian kasual hingga desain formal dan pakaian renang. Pameran ini juga menyoroti rancangan pakaian karya blogger busana muslim terkenal seperti Delina Darusman-Gala. Blogger fashion wanita ini berbagi gaya dan pikiran  secara online dan telah mendorong banyak anak muda Muslim Australia untuk mengekspresikan kepribadian mereka melalui pakaian mereka. Pengunjung yang datang ke acara memiliki kesempatan untuk menelusuri rancangan busana muslim di majalah busana muslim dan gambar mode street style serta melihat desain lokal secara rinci. Acara ini juga mengangkat profil beberapatokoh wanita Muslim Australia kenamaan, untuk mendapatkan pandangan mereka mengenai hidup, karir, iman dan fashion. Pameran yang diberi nama Faith Mode Fusion ini merupakan acara yang digelar di Gedung Arsip Nasional Australia hingga 4 September mendatang.

 


[Link to media]
Pansus DPR Papua Minta Freeport Penuhi Kewajiban Pajak-JPNN.com

JAKARTA – Panitia Khusus (Pansus) DPR Papua untuk PT Freeport Indonesia akan memaksimalkan tugasnya dalam mengusut pajak-pajak Freeport sebagai kewajibannya terhadap Provinsi Papua.

“Pansus Freeport yang dibentuk DPR Papua akan fokus menangani hal terkait penerimaan pajak tambang emas dan tembaga yang beroperasi di Mimika, Papua itu,” kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR Papua untuk PT Freeport Indonesia, Yan Permenas Mandenas kepada wartawan usai diterima Komisi XI DPR, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5).

Delegasi Pansus Freeport DPR Papua diterima anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Nasdem, Achmad Hatari.

Yan mengakui bahwa terkait pajak, cakupannya sangat luas karena tidak hanya ke Pemerintah Provinsi setempat saja, tapi juga bagian kepada kabupaten-kabupaten penghasil.

“Kami akan berupaya membuka ke publik, siapa sebenarnya dibalik pajak Freeport yang tidak disetor kepada Pemprov Papua, sesuai ketentuan perundang-undangan pajak apa yang menjadi hak daerah," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengungkap kesalahan Pemprov Papua selama ini, ketika setoran pajak Freeport tak maksimal, tapi diterima saja. Data 2007–2015 untuk pajak Freeport, total penerimaan pajak untuk Papua baik kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, tailing managemen sistem mencapai Rp 653 miliar.

“Ini kesalahan besar, di mana untuk pendapatan asli daerah itu Rp 653 miliar. Ini kategori masih sangat rendah, dari kewajiban yang seharusnya Freeport setor,” katanya.

Menurutnya, pajak kendaraan dan sebagainya, meningkat tak terlalu besar. Tahun 2007, pajak kendaraan Rp 4 miliar, 2008 Rp 5 miliar, 2009 Rp 6 miliar, 2010 Rp 7 miliar. Penerimaan land rent dan royalti Freeport untuk Papua dan kabupaten se-Papua, totalnya Rp 8,9 triliun. Provinsi Rp 2 triliun lebih, kabupaten/kota Rp 6,8 triliun lebih," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize mengatakan perlunya niat baik dari Freeport. Sebab katanya, lucu kalau Freeport menggungat pemerintah selaku pemberi izin untuk melakukan operasi tambang di wilayah NKRI, khusus di Papua.

“Lalu karena tidak membayar pajak, kemudian dia melakukan atau dia tidak mau bayar karena ada selisih-selisih lalu dia tidak mau melakukan gugatan atau somasi kepada hukum terhadap pemerintah," katanya.

Menurut Edoardus, Freeport harusnya melakukan kewajibannya untuk melakukan pembayaran Rp 2,7 triliun, dan tidak perlu dipersoalkan ke pengadilan Pajak atau apa.

“Itu tidak perlu. Dibayarkan saja. Yang dibayarkan ini kan tidak total dari puluhan tahun sudah beroperasi, itu kan tidak dibayar semua. Yang sekarang belum dibayar harusnya dibayarkan saja dulu, jangan dibuat masalah sampai menggunggat pemerintah," imbuhnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Serius Bahas Antisipasi Kericuhan Suporter Agar Tak Terulang-JPNN.com

JAKARTA - PT GTS, operator ISC, telah melakukan pertemuan dengan stadium security officer Nugroho Setyawan dan PSSI. Intinya, pertemuan itu untuk penanganan kelanjutan kasus kericuhan suporter di Gresik. 

"Pertemuan tadi tidak tentang Gresik saja, tapi ke depannya juga untuk koordinasi terkait penanganan lanjutan tentang penerapan stadium security secara keseluruhan. Tidak hanya masalah Gresik, tapi ke depannya seperti apa," kata Ratu Tisha Destria, Direktur Kompetisi dan Regulasi PT GTS usai pertemuan di kantor PSSI, Kamis (26/5) petang.

Meski demikian, pertemuan itu bukan untuk memutuskan apa sanksi yang akan diberikan. Pertemuan itu lebih kepada langkah antisipasi selanjutnya agar kericuhan serupa tak terulang.

Di sisi lain, sidang Komdis PT GTS menurut Tisha juga tak mungkin langsung diputuskan, saat ini. Pihaknya masih menggodok dan mempertimbangkan beberapa aspek.

"Sekarang ada sidang komdis yang masih berlangsung. Sidang ini, belum tentu langsung ada hasilnya juga," terangnya.

Tisha menyebut itu perlu kajian mendalam karena permasalahan kericuhan sejatinya juga melibatkan aspek filosofi, budaya, profil suporter. Kemudian, seperti apa pemahaman manajemen resiko yg diterapkan klub-klub seperti. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Pengacara Jessica: Kami Siap Meski Diperlakukan Tidak Adil-JPNN.com

JAKARTA - Pengacara Jessica Kumala Wongso, Hidayat Boestam menilai ada yang janggal pada penanganan kasus kliennya. Di mana hari ini berkas Jessica sudah dinyatakan lengkap atau P21. Menurut Hidayat, hal itu terlalu dipaksakan.

Sebab kata Hidayat, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya hingga saat ini belum memberikan berita acara pemeriksaan (BAP) Jessica. Meski begitu, tim penasehat hukum sudah siap membela Jessica di persidangan.

"Kami siap meski diperlakukan seperti itu. Jangan tanya kejanggalan pada saya," ujar Hidayat usai menjenguk Jessica di ruang tahanan Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (26/5).

Hidayat juga bingung mengapa penyidik belum memberikan salinan berkas perkara, yang merupakan hak Jessica, seperti tertuang pada Pasal 72 KUHAP.

"Saya tidak melihat barang bukti itu. Nanti saya dikasih lihat baru pada persidangan. Itu berarti saat dibacakan tuntutannya, kami hanya punya satu minggu memperlajarinya dan memberikan eksepsi," tutur Hidayat. (Mg4/jpnn)

 


[Link to media]
Dua Hari Penyidik KPK di Bengkulu, Nih Hasilnya...-JPNN.com

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas dalam mengembangkan penyidikan kasus suap kepada hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bengkulu. Selama dua hari sejak Rabu (25/5) hingga Kamis (26/5), penyidik di lembaga antirasuah itu menggeledah delapan lokasi di Bengkulu.

"Penyidik menggeledah delapan lokasi selama dua hari terkait kasus di Kepahiang," kata Juru Bicara KPK  Yuyuk Andriati Iskak, Kamis (26/5).

Dia menyebutkan, lokasi yang digeledah antara lain kantor Pengadilan Negeri Bengkulu, kantor PN Kepahiang, serta rumah Kepala PN Kepahiang Janner Purba dan rumah  hakim ad hoc Pengadilan Tipikor, Toton.

Selain itu, lokasi lain yang digeledah adalah kantor perpustakaan daerah Bengkul yang menjadi tempat Edi Santroni bekerja. KPK juga menggeledah rumah Edi, rumah tersangka Syafri Safii, serta kantor Korpri setempat.

"Saat ini penggeledahan masih berlangsung di lokasi kedelapan, yaitu kantor SS (Syafri Syafii)," kata dia.

Yuyuk menjelelaskan, dari hasil penggeledahan itu penyidik menyita uang, dokumen terkait pengurusan perkara dan bukti elektronik.

Seperti diketahui, KPK menetapkan lima tersangka hasil operasi tangkap tangan di Bengkulu, Senin (23/5). Mereka ialah Janner, Toton, panitera pengganti PN Bengkulu Badaruddin alias Billy, mantan Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu, Edi Santoni serta bekas Kepala Bagian Keuangan RSUD M Yunus, Safri Safei.(boy/jpnn)


[Link to media]
Soal Pelatih Timnas, PSSI Serahkan ke Orang-Orang Ini-JPNN.com

JAKARTA-Para pengurus PSSI kini sedang berusaha mencari pelatih untuk Timnas U-19. Ini setelah Fachri Husaini menolak tawaran menjadi pelatih tim itu. Federasi akhirnya menyerahkan masalah tersebut kepada Komite Teknis dan pengembangan.

"Soal Itu, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Teknis dan Pengembangan. Mereka akan rapat besok (Jumat, red) jam 3 sore," kata Azwan Karim, Sekjen PSSI, Kamis (26/5) di kantornya.

Komite teknis adalah tim panel yang memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam melatih. Anggotanya adalah Danurwindo, Rudy Keltjes, Sutan Harhara, Benny Dollo, dan Emral Abus.

"Mereka nanti akan menominasikan lima atau enam nama, untuk dipertimbangkan menjadi calon pelatih Timnas U-19 dan senior," ungkapnya. Dari situ akan ada tahapan interview. Kemudian, nama-nama yang terpilih bakal diserahkan ke Exco PSSI untuk ditentukan sebagai pelatih. (dkk/jpnn)

 


[Link to media]
Bomber Madrid Bilang Pengalaman akan Mengalahkan Atletico-JPNN.com

SPANYOL - Final Liga Champions akhir minggu ini akan mempertemukan dua tim dengan ambisi yang berbeda. Real Madrid ingin meraih gelar ke-11 sementara Atletico masih mencari trofi Liga Championsnya yang pertama. 

Melihat perbedaan jumlah gelar itu striker Real Madrid Cristiano Ronaldo melihat pengalaman memiliki peran penting dalam final nanti. Apalagi dua musim lalu Madrid sanggup mengalahkan Atletico di final Liga Champions di Lisbon. 

"Kami mungkin memiliki keuntungan dalam hal itu, namun itu bukan segalanya," ujar Ronaldo seperti dilansir dari laman ESPNFC.

"Kami memperkirakan pertandingan yang berbeda karena Atletico ingin menang. Namun kami siap menghadapinya."

"Kami ini tim yang lebih baik, lebih intens dan karena itu saya yakin kami akan menang.”(ray/jpnn)


[Link to media]
Sutan Bhatoegana Meringkuk 12 Tahun di Sukamiskin-JPNN.com

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana, ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/5).

Sutan menjalani pidana 12 tahun penjara karena terbukti menerima hadiah dari Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno USD 140 ribu dan dari Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini USD 200 ribu.

Tak hanya itu, Sutan juga terbukti menerima tanah dan bangunan seluas 1.194,38 meter persegi dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri Saleh Abdul Malik.

"Jaksa eksekutor pada KPK mengeksekusi terpidana Sutan Bhatoegana ke Lapas Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana 12 tahun penjara," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak.

Selain pidana 12 tahun, kata Yuyuk, politikus Partai Demokrat itu juga harus membayar denda Rp 500 juta, subsider delapan bulan kurungan.
"Serta uang pengganti Rp 50 juta dan USD 7.500 subsider satu tahun kurungan," katanya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung menolak kasasi Sutan pada April 2016. MA mengabulkan kasasi yang dimohonkan Jaksa Penuntut Umum KPK. Bahkan, hukuman Sutan diperberat dari 10 menjadi 12 tahun penjara. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
Ronaldo sudah Pede Tingkat Tinggi di Final Liga Champions-JPNN.com

SPANYOL - Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo mengungkapkan dirinya akan berada di puncak penampilan kala timnya menjalani final Liga Champions melawan Atletico akhir minggu ini. 

Sepanjang musim ini Ronaldo tampil fantastis terutama di paruh kedua musim. Ia berhasil menembus angka 50 gol di semua kompetisi di musim kelima secara beruntun.

Kebugaran Ronaldo sempat diragukan karena mengalami masalah otot dalam sesi latihan minggu lalu. Namun kepada media pada Selasa waktu setempat, striker timnas Portugal itu menyatakan kesiapannya menghadapi laga final di Milan.

"Saya merasa santai. Kami berlatih dengan baik, tentu kami akan siap," kata Ronaldo seperti dilansir dari laman ESPNFC.

"Kami mengakhiri La Liga dengan baik dan begitu juga dengan Liga Champions. Kami ingin kemenangan hari Sabtu nanti. Pertandingan ini hidup kami, saya yakin kami akan memenangkannya."

"Saya yakin di akhir minggu nanti saya akan berada di bentuk terbaik dan akan berkembang. Memang ada masalah kecil, namun itu normal dan kerap terjadi pada pemain lainnya di dalam tim," ujar dia.(ray/jpnn) 


[Link to media]
Dua Musisi Ini Kembali jadi Host Penghargaan Musik Country-JPNN.com

DUA penyanyi terkenal, Carrie Underwood dan Brad Paisley kembali dipercaya menjadi host dalam acara Country Music Association Awards yang ke-50. Ajang bergengsi itu akan digelar di Nashville, November mendatang.

Carrie dan Brad terhitung sudah sembilan kali dipercaya menjadi pembawa acara pada penganugerahan tahunan itu. Diberikan kesempatan tampil lagi, kedua penyanyi itu mengungkapkan perasaan mereka lewat media sosial.

“Begitu bersemangat ketika saya kembali untuk menjadi pembawa acara di Annual CMA Awards ke-50 bersama Brad Paisley,” kata Carrie dilansir dari Aceshowbiz, Kamis (26/5).

Hal sama juga dirasakan Brad, dia pun tak menyangka bakal dipercaya lagi menjadi host dalam acara itu.

“Tahun lalu, penyelenggara mempercayakannya pada saya untuk tampil di acara televisi nasional. Sekarang, saya bertanya-tanya, mengapa mereka membiarkan saya melakukan ini dengan Underwood,” kata Paisley lewat Instagram miliknya. (mg5/jpnn)

 


[Link to media]
Gagal Bebas, Jessica Histeris-JPNN.com

JAKARTA – Pupus sudah harapan Jessica Kumala Wongso untuk menghirup udara segar. Boro-boro keluar dari hotel prodeo. Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta justru menyatakan berkas perkara tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana itu telah lengkap alias P21, Kamis (26/5).

Perkara pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna segera disidangkan. Padahal, Jess -sapaan Jessica- akan bebas pada Sabtu (28/5) mendatang.

Tim kuasa hukum Jess, Hidayat Boestam mengatakan, saat dijenguk sang ibunda Imelda Wongso, kliennya itu langsung memeluknya erat. Pertemuan keduanya diwarnai isak tangis.

"Saya sempat bertemu Jes dan dia peluk saya kebetulan ada ibunya di situ. Ya nangis ya sedih dengan waktu yang sedikit lagi, tanggal 28 Mei bebas demi hukum. Ternyata P21," kata Boestam usai menjenguk Jess di ruang tahanan Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Jess sampai saat ini mengaku tidak melakukan pembunuhan pada Mirna seperti yang dituduhkan polisi. Boestam mengklaim, bahkan hingga saat ini, pihaknya belum melihat adanya barang bukti atau saksi yang menunjukkan Jess membunuh.

" Jes tidak bersalah, dia tidak membunuh temannya. Kan alat buktinya tidak melekat di dirinya. CCTV memang ada, tapi sampai sekarang kami belum lihat," ujarnya.

Sementara itu, mengenai agenda persidangan yang akan berlangsung pada pertengahan Juni mendatang, Boestam mengaku sudah siap. "Kami siap tempur di persidangan," tegasnya. (Mg4/jpnn)

 


[Link to media]
DPR: Bersihkan Hakim Agung Korup-JPNN.com

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan kalau eksekutif dan legislatif korupsi, negara hanya akan terhuyung-huyung. Tapi kalau yudikatif yang korup, ujar Arsul, sebuah negara harus dilikuidasi.

“Kalau eksekutif dan legislatif korup, negara akan terhuyung-huyung. Tapi kalau yudikatif korup maka negara bersangkutan harus dilikuidasi," kata Arsul, dalam Dialektika "Lembaga Peradilan Di Pusaran Korupsi” di Pressroom DPR, Senayan Jakarta, Kamis (26/5).

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengungkap sebuah hasil survei di Negara Ukraina tentang prilaku korupsi terhadap 10.270 hakimnya. Hasilnya, sekitar 70 persen dari 10.270 hakimnya korup. Apa yang dilakukan pemerintah? Sekitar 5 ribu hakim yang terindikasi bermasalah di tes dan rekrutmen ulang.

“Hasilnya mampu mewujudkan peradilan yang bersih dan kuat untuk menyelamatkan Ukraina dari korupsi peradilan. Indonesia, saya kira perlu melakukan hal yang sama," sarannya.

Selain itu, anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah X menyatakan fenomena mafia peradilan di Mahkamah Agung (MA) ibarat kentut. "Korupsi di MA itu ibarat kentut, tak terlihat, tapi baunya ke mana-mana," ungkap dia.

Karena itu, Arsul menantang MA untuk melakukan tindakan tegas terhadap para hakim yang terindikasi bermasalah secara hukum dengan cara mencopotnya.

“Mahkamah Kehormatan DPR sering pecat anggota DPR yang bermasalah hukum dan melanggar etika. Tapi yang namanya MA tak pernah pecat Hakim Agung yang terindikasi kuat bermasalah baik secara hukum maupun etika," tegasnya.

Bahkan, Arsul menegaskan, ada seorang Hakim Agung di MA yang terbukti makan bareng dengan pihak berperkara tidak dicopot.

“Sanksinya, untuk sementara waktu hanya pindah sebagai pimpinan kamar. Setelah itu balik lagi sebagai pimpinan kamar semula," pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
Pembunuh Wanita yang Mayatnya Ditimbun Batu Itu Bilang sudah Siap...-JPNN.com

BENGKULU - Ya, pelaku pembunuhan terhadap Marni, wanita kafe yang ditemukan tewas tanpa busana dan ditutupi dengan tumpukan batu di pinggir pantai Sulawangi, Tanjung Kemuning, Kaur, Bengkulu mengaku menyesal.

Setelah mengakui perbuatannya, kepada penyidik, Ya menuturkan usai membunuh korban, ia berniat melarikan diri. Ia pun menemui keluarganya di Kota Manna, Bengkulu. 

Sesampainya di Kota Manna, Ya mengurungkan niatnya kabur. Ia memilih untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dengan penuh penyesalan, Ya pun menceritakan perbuatannya itu kepada keluarganya. 

Tak lama kemudian, setelah dihubungai warga, Ya pun ditangkap dan ditahan di Mapolres BS.

“Saya sempat mau kabur, saya sangat menyesal telah membunuhnya, saya khilaf, karena itulah saya mengurungkan niat kabur dan sudah siap mempertanggungjawabkan perbuatan saya itu,” terang Ya.(369/jpnn)


[Link to media]
Doakan Dhani, El: Semoga Selalu Jadi Ayah Terbaik di Dunia-JPNN.com

JAKARTA – Musisi jempolan Ahmad Dhani merayakan pertambahan usianya, Kamis (26/4) hari ini. Pentolan band legendaris Dewa 19 tersebut kini sudah menginjak 44 tahun.

Layaknya ultah, Dhani juga mendapat ucapan dari orang-orang di sekelilingnya. Termasuk dari ketiga anaknya dari pernikahan dengan Maia Estianty yakni Al, El dan Dul.

El memberikan ucapan spesial lewat postingan di akun media sosial Instagram. mengunggah foto jadul dirinya tengah bersama Ahmad Dhani serta Al Ghazali dan Dul.

Ahmad Dhani tampak muda didampingi ketiga anaknya yang masih kecil kala itu. "Happy 44th birthday Ayah! Semoga selalu menjadi ayah yang terbaik di dunia dan selalu menjadi pribadi yang terbaik. Love you Dad," tulis El sebagai keterangan foto di akun @elelrumi, Kamis (26/5).

Seide dengan El, Al juga melakukan hal serupa. Dia mengunggah video kenangannya saat masih belia bersama sang ayah. Dalam video berdurasi kurang dari sepuluh detik itu terlihat Dhani masih gondrong. Dia duduk mengajari Al bernyanyi.

"Happy birthday Bos John (Ayah) Growing up, you taught me to laugh, I hope you laugh on your special day. GBU," tulis Al. (ded/jpg)

 

 

 

 

 


[Link to media]
Wapres Serahkan Penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016-JPNN.com

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5). 

Penyerahan dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, didampingi oleh Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Berbeda  dengan tahun lalu,  penyerahan penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan penyerahan BKN Award dalam rangkaian acara Rakornas Kepegawaian yang diselenggarakan BKN di Hotel Bidakara.

Untuk tahun lalu, penyerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan penutupan Musrenbang Nasional.

Penetapan Top 35 melalui Keputusan Menteri PANRB No. 99 Tahun 2016 tentang Penetapan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016. 

Yang telah seleksi dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016.  Top 35 ini terdiri dari 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, 5 kota, 3 BUMN/BUMD yang masuk dalam top 35 ini.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one innovation yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun.

“Kompetisi serupa juga digelar secara international oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA),” kata Diah Natalia seperti siaran pers Humas KemenPAN-RB.(fri/jpnn)  

Daftar Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016

KEMENTERIAN    
1.  Minerba On Map Indonesia (MOMI), Ditjen Minerba Kemenetrian ESDM

2. Publikasi Formasi jabatan Notaris secara Real Time    Dit Perdata Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM

3. Transparansi dan Realtime Data Penerimaan Negara melalui Aplikasi Monitoring Transaksi MPN G-2 (Dashboard MPN G-2)    Direktorat Sistem Perbendaharaan Kementerian keuangan

LEMBAGA    
4. Wajah Baru Website BPS se-Indonesia : Easy to Manage, Multi Devices, Dynamic Table, dan Multi View    - Direktorat Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS)

5. Panic Button On Hand Polres Malang Kota    Polres Malang Kota, Kepolisian RI

PROVINSI    
6. Kami Datang, Penglihatan Terang RS Mata Bali Mandara, Provinsi Bali

7. Pacar Binal (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) Implementasi Pelayanan Perizinan Perikanan pada Gerai Investasi UPT PTSP BPMD Provinsi Jawa Tengah, Studi Kasus di BPPT Kota Tegal UPT PTSP Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah

8. Under Water Restocking,  Peningkatan Potensi Sumberdaya Ikan melalui Penebaran Benih Ikan di Dasar laut    Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur

9. MLM Pasung “Cara Cepat Jawa Timur Bebas pasung”    RSUD Menur Provinsi Jawa Timur

10. Persalinan Lancar dan Nyaman dengan STIPUTS BRA (Stimulus Putting Susu Bra)    RSUD Saiful Anwar Malang, Provinsi Jawa Timur

11. Bravo Pala Indonesia Bermutu, Solusi  Menghilangkan Notifikasi Pala Indonesia   Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Pemprov Jawa Timur

12.  Ini lo Pak De, Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah    Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur

13. SILAM – SAT UPTD Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat, Dinas Kesehatan Porvinsi Sumatera Selatan

KABUPATEN    
14. Nyaman Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Di balik Kocokan Arisan Ibu  Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka

15. Pujasera (Pergunakan Jamban Sehat, Rakyat Aman)    UPTD Puskesmas Tampo, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi

16    Pembinaan dan Pelayanan Kesehatan pada Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam Melalui Team Mobile di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi    Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari

17. Kelola Sampah Hasilkan Berkah    Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bojonegoro
18. Pengemangan Klinik Konsultasi Agribisnis    Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Gunung Kidul

19. Si MIDUN Ke FASKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

20. Mengganti Beras Miskin (Menjadi Beras Daerah (Rasda) di Kabupaten Kulon Progo   -Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo

21. MBAK RITA (Tambak Direvitalisasi) Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara

22. NTAN SATU KATA - Dinas Peternakan Kabupaten Pemekasan

23. Jempol Mancep Layanan Cepat, Tepat, Tuntas tanpa Kertas    UPT Puskesmas Sumber Asih, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo

24. Matahari untuk Kaum Papa di Purbalingga - UPTD SMK Negeri 3 Kabupaten Purbalingga
25. Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu dan Bayi Lahir di Kabupaten Tangerang -   Dinas Kesehatan Kabupten Tangerang

26. Kemitraan Kelompok Tani Ternak dan Pusat Kesehatan Hewan pada Posyando Ternak Kahuripan Desa Pematang Nebak Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanggamus

27. INSTAGRAM (Instalasi Gawat Darurat Modern) - RSUD dr. Iskak Kabupatejn Tulungagung


KOTA    
28. Kebermanfaatan TPA Manggar Untuk Semua    UPTD TPA Sampah Manggar, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Balikpapan

29. FROM ZERO TO HERO : Membangun Generasi Cinta Sehat di Sekolah yang Siap Membangun Negeri, Tinjauan Program usaha esehatan Sekolah (UKS) di Puskesmas Talagabodas Kota Bandung    Dinas Kesehatan Kota Bandung

30. OMABA (Ojek Makanan Balita), Penanganan Gizi Buruk Melalui OMABA dan COOKING CENTER di UPT Puskesmas Riung bandung    UPT Puskesmas Riung, Dinas Kesehatan Kota Bandung

31.    Home Care (Pelayanan Kesehatan ke Rumah 24 Jam)    Dinas Kesehatan Kota Makassar
32. Pelayanan Antidiskriminasi    RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak BUMN/D    
33. Inovasi Pelayanan Prima Bandara    Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), PT Angkasa Pura I (Persero)

34. Transformasi Pelabuhan Pontianak Melalui Pembenahan Terminal Petikemas    Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak, PT Pelabuhan Indonesia II

35. Gapura Surya Nusantara : Pionir Modernisasi Terminal penumpang Kapal Laut    Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, PT Pelabuhan Indonesia III


[Link to media]
Peluang Striker Handal Ini Kembali ke Chelsea Terbuka Lebar-JPNN.com

INGGRIS - Striker Everton asal Belgia Romelu Lukaku mengungkapkankan keinginannya kembali ke Chelsea musim panas ini. Setelah tiga tahun bersama Everton, Lukaku merasa waktunya telah tiba untuk memulai sesuatu yang baru dengan klub yang lebih besar. 

Dilansir dari laman ESPNFC, sumber yang dekat dengan pemain 23 tahun itu mengungkapkan, sang pemain telah menentukan pilihannya untuk pindah ke klub yang lebih besar meski sepanjanng membela Everton ia memberi sumbangan 61 gol dalam 127 pertandingan. 

Namun prestasi Everton yang hanya mampu duduk di posisi 12 klasemen Premier League musim ini menjadi pertimbangan striker yang dibeli dari Chelsea pada 2014 itu. Sumber tersebut menyatakan, Lukaku yakin ia bisa mendapat kesempatan bermain secara reguler di bawah manajer baru Antonio Conte. 

Lukaku sebenarnya juga diminati oleh beberapa klub di Eropa termasuk Manchester United. Namun ia mengaku sebagai fans berat Chelsea dan ingin mengikuti perjalanan idolanya Didier Drogba sebagai legenda The Blues.

Sumber lain dalam klub Chelsea mengungkapkan, The Blues ingin mengembalikan mantan strikernya itu dan merasa energi Lukaku dapat menolong rezim Conte dan mengembalikan kejayaan Chelsea yang musim ini duduk di posisi 10 klasemen akhir.(ray/jpnn)


[Link to media]
Tinggal di Lingkungan Hijau Membantu Hidup Lebih Lama-JPNN.com

SEBUAH studi baru menunjukkan, tinggal di dekat lingkungan hijau bisa membuat umur Anda semakin panjang, karena meningkatkan kesehatan mental. Hal itu dikemukakan tim di Harvard School of Public Health.

Perempuan yang tinggal di daerah hijau, 34 persen mendapat resiko lebih rendah meninggal akibat penyakit pernafasan, daripada wanita yang tinggal di daerah perkotaan.

Sedangkan, perempuan yang hidup di tengah lingkungan hijau berpeluang 13 persen lebih rendah meninggal karena penyakit kanker.

"Kami terkejut mengetahui adanya hubungan kuat antara peningkatan paparan kehijauan dan tingkat kematian yang lebih rendah," kata peneliti, Peter James, seperti dilansir laman NBC, Rabu (25/5).

Beberapa studi menunjukkan, pohon dan tanaman hijau lainnya bisa membantu menyerap polusi udara berbahaya. Serta membantu mengurangi kebisingan yang mengganggu.

Memiliki taman atau kebun di dekat rumah, juga bisa mendorong Anda untuk berolahraga. Dan memiliki ruang hijau di luar bisa membantu Anda bersosialisasi dengan tetangga dan juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

"Paparan tinggi untuk kehijauan secara konsisten dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari depresi, kecemasan, dan stres. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa pemandangan alam mungkin memiliki manfaat psikologis langsung," ujar Peter. (fny/chi/jpnn)

 


[Link to media]
Nelayan Tradisional Marah, Kapal Jaring Sotong Disandera dan...-JPNN.com

LINGGA - Kemarahan nelayan tradisional di Desa Penaah, Kecamata Senayang, Lingga, Kepulauan Riau, terlampiaskan. para nelayan disana akhirnya menyandera kapal jaring sotong yang beroperasi di perairan tempat mereka sehari-hari menangkap ikan. 

Warga yang marah nyaris membakar kapal tersebut setelah meletakkan kayu bakar di atas kapal yang disandera. ”Untung aparat yang datang segera meredakan kemarahan masyarakat,” ujar salah satu nelayan di Penaah, ketika dimintai keterangan, seperti dikutip batampos (Jawa Pos Group), Rabu (25/5) pagi.

Masyarakat merasa sangat dirugikan dengan beroperasinya kapal berukuran lebih kurang 30 GT yang berasal dari luar Lingga itu. Mereka mengaku bulan ini, masuk musim sotong. Biasanya nelayan di Penaah dapat memanen sotong dari perairan tersebut.

Namun setelah masuknya kapal yang menurut warga berasal dari Tanjungbalai Asahan itu beroperasi di perairan mereka, bahkan sejumlah nelayan mengaku kembali dengan tangan hampa setelah melaut. Kapal jaring sotong itu tidak hanya menangkap sotong, mereka juga menangkap ikan.

”Bagaimana tidak marah, kapal itu sekali angkut puluhan ton baik sotong maupun ikan,” kata warga lainnya.

Kapal tersebut juga telah ditahan warga sejak dua hari lalu. Mereka mengancam akan membakar kapal jika kapal tersebut tidak keluar dari perairan tempat nelayan sekitar mencari ikan dan hasil laut lainnya. Terlebih warga mengatakan izin yang mereka kantongi untuk beroperasi di Laut Natuna.

Ketika di konfirmasi di tempat berbeda, Kapolres Lingga AKBP Muji Supriyadi mengatakan, kejadian tersebut telah diatasi dengan melakukan jumpa bersama yang dipmpin Camat Senayang. Menurut Muji kondisi itu terjadi karena kesalah pahaman antara kru kapal dan masyarakat setempat.

”Saya mendapat laporan dari anggota dan telah dapat diatasi,” ujar Muji.

Muji menjelaskan, laporan yang diterimanya, kapal tersebut mengantongi izin untuk beroperasi mencari ikan. Kapal itu menggunakan jaring sotong dan berasal dari Tanjungbalai Karimun. Alat tangkap mereka dan izin yang mereka kantongi tidak menjadi masalah.

Namun kasus ini, kata Muji, telah diredam sehingga tidak terjadi aksi anarkis yang menyebabkan kerugian dari kedua belah pihak. Muji juga menyarankan agar tidak melakukan tindakan yang merugikan apalagi melawan hukum. (wsa/jpnn)


[Link to media]
Rayi RAN Aja Suka Baca Alquran, Kamu Gimana?-JPNN.com

JAKARTA - ‎Sejumlah artis dan penyanyi Indonesia terlibat dalam kegiatan Quran Indonesia Project. Di antaranya adalah Rayi RAN, Adrian Maulana, dan Kunto Aji. Rayi terlibat dalam kegiatan itu karena diajak  Archie Wirija, inisiator Quran Indonesia Project. Ia mengaku, langsung tertarik dengan tawaran tersebut.

"Niatan bagus, diharapkan hasilnya bagus. Yakni mengasualkan baca Alquran," kata Rayi dalam acara peluncuran program #QIPmycontribution di kawasan Barito, Jakarta Selatan, Kamis (26/5).

Menurut Rayi, Alquran harus dijadikan pedoman hidup. Ia menyatakan, Alquran bisa memberikan jalan keluar pada saat mengalami permasalahan. "Gue ada masalah, buka Alquran. Baca ayat yang ada hubungan dengan masalah yang gue hadapin," ucap Rayi.

Rayi menjelaskan, Quran Indonesia Project memberikan kemudahan bagi masyarakat. Sebab, audio Quran Indonesia Project bisa didengar di mana saja. "Baca Alquran bisa di mana saja, dalam kondisi apa pun," ungkap imbuh Rayi. 

Quran Indonesia Project adalah proyek sosial nonkomersial yang diusung sejak 2015. Sejak dirilis, audio Quran Indonesia Project sudah didengar sebanyak 960 ribu kali. 

Kali ini, Quran Indonesia Project‎ mengundang publik untuk ikut serta melalui program #QIPmycontribution. Publik bisa berkontribusi untuk merekam pembacaan ayat-ayat Quran dan terjemahannya. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Parah! Perawat Rumah Sakit Ini Jual Sabu-sabu ke Pasien-JPNN.com

BATAM - Ada-ada saja memang ulah kerja sampingan perawat yang satu ini. Bukannya mengarahkan para pasien hidup sehat, tapi malah menjual sabu-sabu kepada pasien di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam.

Kegiatan haram Prima Parulian alias Ucok ini pun tercium polisi dan kini ia menjadi pesakitan.

Dalam sidang mendengar keterangan saksi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Frihesti Putri Gina menghadirkan dua saksi penangkap yakni, Afip Firmansyah dan Rio Ardian.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat, terdakwa sering transaksi narkoba dengan pemakai maupun pasien rumah sakit tempatnya bekerja,” ujar saksi Afip seperti dikutip batampos (Jawa Pos Group).

Menanggapi laporan tesebut, Afip melakukan penyamaran sebagai pembeli sabu ke terdakwa. “Terdakwa menyanggupi untuk mengantarkan barang sesuai pesanan di daerah Bengkong Jaya, yang tidak jauh dari tempat kos terdakwa,” terang Afip lagi.

Dengan mudahnya, saat terdakwa menunjukkan sabu yang hendak dijual ke polisi penyamar, terdakwa langsung ditangkap dan dimintai keterangan lebih lanjut.

“Melalui pengakuan terdakwa juga, kami melakukan penggeledahan di tempat kos terdakwa dan ditemukan sejumlah sabu lainnya yang sudah berbentuk paket dalam plastik bening berukuran kecil,” sambung saksi Rio menambahkan.

Ditotalkan, sebanyak 5,26 gram sabu menjadi barang bukti yang dibawa ke persidangan. “Dalam pemeriksaan penyidik, terdakwa juga mengaku telah sering melakukan jual-beli sabu ini, dan selalu menyediakan sabu sesuai pesanan,” tegas Rio.

Setelah mendengar pemaparan saksi, terdakwa membenarkan semua keterangan saksi-saksi tersebut. Selanjutnya, sidang terhadap terdakwa Prima Parulian Saragih alias Ucok kembali dijadwalkan pada pekan depan, masih dengan agenda mendengar keterangan saksi. (cr15/jpnn)


[Link to media]
Innaillahi, Ibunda Jennifer Aniston Meninggal Dunia-JPNN.com

KABAR duka datang dari artis hollywood, Jennifer Aniston. Ibunya, Nancy Dow meninggal dunia. Dikutip dari US Magazine, Kamis (26/5), Ibu Jennifer meninggal karena tak mampu melawan penyakit yang dideritanya.

Sebelumnya almarhum telah berjuang melawan penyakit yang dideritanya cukup lama. Nancy kabarnya menderita penyakit stroke sejak 2011 lalu.

"Saya mengumumkan meninggalnya ibu kami Nancy Dow. Ini tentu sangat menyedihkan bagi adik saya John T. Melick,” demikian pernyataan Jennifer Aniston melalui akun Twitter pribadinya.

Jennifer mengatakan ibunya sudah pergi dengan tenang dan damai. Sebelum berpulang ke sisi Tuhan, Nancy di kelilingi oleh keluarga dan sahabatnya.

"Dia berusia 79 tahun. Dia pergi dengan damai saat dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman. Kami meminta agar privasi keluarga kami dijaga karena kami masih berduka atas kehilangan ini," tutup tweet Jennifer. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Lihat Nih, Polisi Sita Senjata dari Dua Pengedar Sabu-sabu-JPNN.com

BENGKULU - Seorang pengedar narkoba berinisial RM, warga kelurahan Sukaraja, kecamatan Curup Timur, Bengkulu berhasil diciduk petugas, Kamis (26/5) dini hari. 

“RM memang sudah lama masuk dalam Target Operasi (TO) kita,” ujar Kasat Narkoba Polres Rejang Lebong, Ardiansyah seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group). 

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait keberadaan RM di wilayah kelurahan Talang Rimbo Baru, petugas pun langsung turun ke lapangan untuk menangkapnya.

“Alhasil saat digeledah, petugas mendapatkan 1 paket sabu-sabu ukuran sedang,” ujar Ardiansyah.

Dari hasil pengembangan di kediaman RM di Sukaraja, polisi menyita 10 paket sedang sabu-sabu dalam sebuah kotak di kamarnya. Tidak hanya itu, petugas juga menemukan timbangan sabu dan bong.

Lanjut Kasat, menurut RM, sabu – sabu diperoleh dari Ja warga Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup. Kemudian sekira pukul 05.00 wib, petugas langsung bergerak ke rumah Ja. Hanya saja petugas tidak menemukan sabu-sabu. Namun, petugas mendapatkan Air Soft Gun, alat Timbang dan Plastik Sabu.

“Sehingga saat ini Ja masih dimintai keterangannya sebagai saksi dalam kasus ini,” pungkas Ardiansyah.(ade/jpnn)


[Link to media]
Britney Spears Gandeng Rapper G-Eazy-JPNN.com

ARTIS Britney Spears bakal bekerjasama dengan musisi hip-hop, G-Eazy. Kerjasama itu untuk menggarap single terbarunya, Make Me (Oooh).

Lagu Make Me (Oooh) merupakan single perdana dari album kesembilan Britney Spears, yang rencananya akan dirilis pada akhir tahun.

Dikutip dari Digital Spy, Kamis (26/5), G-Eazy akan menambahkan nuansa musik hip-hop untuk single terbaru Britney. Tak hanya itu, keduanya juga akan tampil bersama di dalam video klip untuk lagu Make Me (Oooh).

Seharusnya, lagu Britney akan dirilis bulan ini. Namun, Britney akhirnya memutuskan menunda rilis single itu karena ada masalah teknis dalam pembuatannya. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Bak.. Buk.. Anak Bupati Pukul Kepala Dinas di Arena MTQ-JPNN.com

KUBU RAYA - Anak Bupati Kubu Raya Rusman Ali berinisial Nfl diduga memukul Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Ari Y Hadari, Selasa (24/5).

Pemukulan diduga berkaitan dengan proyek di dinas pimpinan Ari. Yang lebih memalukan, insiden terjadi saat pembukaan sebuah pameran di lokasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Jalan Arteri Supadio, Sungai Raya.

Ari dipukul bagian perut. Peristiwa tersebut disaksikan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selaku peserta pameran. Beberapa PNS Kabupaten Kubu Raya juga ikut menyaksikan.

Kejadian tersebut tidak berlarut karena Ari meninggalkan lokasi. Ketua Komisi II DPRD Kubu Raya Jauhari Jafar langsung angkat bicara. Menurutnya, kalau benar urusan proyek, mestinya diselesaikan dengan cara baik-baik.

“Kurang dewasa melakukan pemukulan di depan umum. Kalau ada masalah harusnya tidak main pukul. Mestinya ada pihak yang bisa memediasi, mencari jalan tengah,” kata Jauhari, Rabu (25/5).

Menurutnya, jika Nfl sudah melakukan pemukulan, seharusnya pihak korban melaporkan peristiwa memalukan itu ke pihak kepolisian. “Negara kita kan negara hukum. Jangan takut, kalau tidak salah. Apalagi yang dipukul adalah pejabat publik,” ujar Jauhari. (rk)

 

 


[Link to media]
Mungkinkah Jabatan Kapolri Boleh Diperpanjang? Beginilah Jawab Luhut-JPNN.com

JAKARTA - Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengaku belum berani berkomentar lebih jauh terkait pemberitaan seputar rencana penggantian Kapolri. Termasuk apakah benar akan ada perpanjangan masa dinas Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. 

Menurutnya, pemerintah baru bersedia memberi tanggapan, setelah Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri memberi usulan.

"Sampai nanti Wanjakti Polri ada usulan, baru kami analisa. Di sini juga ada Pak Mendagri sebagai Wakil Ketua Kompolnas. Jadi (setelah ada usulan,red) baru kami laporkan pada presiden," ujar Luhut di sela-sela pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepala Daerah Angkatan ke-2 2016, yang digelar di Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP SDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (26/5).

Menurut Luhut, sikap menunggu diambil karena memang demikianlah mekanisme yang ada. Meski begitu saat ditanya apakah memang dimungkinkan masa jabatan Badrodin diperpanjang, Luhut secara diplomatis menjawab bisa. 

"Ya semua bisa, opsi itu (perpanjangan masa dinas Kapolri,red) bisa, tapi tergantung presiden," ujar purnawirawan jenderal bintang tiga ini.(gir/jpnn)


[Link to media]
3 Pasangan Digerebek di Hotel, Hmmmm....-JPNN.com

SANGGGAU - Petugas gabungan Satpol PP, polisi, dan BNN Sanggau, Kalimantan Barat makin intensif melakukan razia jelang ramadan. Terbaru, mereka merazia sejumlah hotel, penginapan, dan kos-kosan, Rabu (25/5) dini hari.

Dari razia itu, petugas mengamankan 12 pelanggar. Tiga di antaranya merupakan pasangan selingkuh yang berhasil digerebek di hotel.

“Yang terjaring dalam kamar kami amankan tiga pasang. Tanpa identitas sebanyak enam orang,” kata Kasi Pemeriksaan dan Penyidikan Satpol PP Sanggau Wendi Ferinanda kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Wendi menambahkan, kegiatan operasi pekat itu juga sebagai upaya merealisasikan dan mendukung Sanggau Tertib. Ia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan razia serupa terutama menjelang puasa dan lebaran.

“Razia ini akan kami lakukan secara kontinu. Karena memang ini tugas kami,” tegas Wendi.

Dia juga mengimbau para orang tua selalu mengawasi pergaulan anak-anaknya di luar rumah.

“Mereka ini kan masih sangat labil. Dikhawatirkan mereka ini dipengaruhi para pelaku narkoba atau minum-minum keras,” pesannya. (kia)


[Link to media]
GMF AeroAsia-Sucofindo Jalin Kerjasama-JPNN.com

JAKARTA – PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF AeroAsia) bersama PT Sucofindo menjalin kerjasama strategis di beberapa bidang. Yakni bidang inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultasi, dan pelatihan.

Direktur Utama GMF AeroAsia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, kerja sama itu juga merupakan salah satu bentuk implementasi sinergi BUMN. Mengingat pihaknya membutuhkan mitra kerja untuk menyerap pangsa pasar.
 
"Biaya perawatan pesawat terbang di Indonesia baru bisa kami serap sebesar 30-40 persen, sisanya biaya perawatan tersebut diserap oleh negara terdekat yakni Singapore. Karena itu GMF AeroAsia membutuhkan mitra kerja strategis yang bisa menunjang capability and capacity kami untuk bisa menyerap seluruh pasar yang ada di Indonesia," papar Juliandra.

Nantinya kerja sama itu mencakup jasa kalibrasi, Non Destructive Test (NDT), dan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu. Namun, sambung Juliandra, tak menutup kemungkinan kerja sama ke depannya juga akan mencakup bisnis-bisnis strategis antar anak perusahaan yang terkait satu sama lain.

Untuk mempercepat ekpansi, GMF AeroAsia sudah mencanangkan menjadi Top Ten MROs in the world pada 2018. Selain itu, GMF AeroAsia berencana akan membangun satellite workshop di lima multibase besar. Yakni Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Medan. Serta menjajaki pengembangan bisnis di Indonesia Timur.

"Salah satu strategi ekspansi ini kami lakukan dengan menjalin kerjasama dengan mitra-mitra strategis untuk mempercepat ekspansi tersebut," katanya. (chi/jpnn)


[Link to media]
Danamon Layani Cash Management Happy Fresh-JPNN.com

JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjalin kerja sama  dengan PT ICart Group Indonesia (Happy Fresh Indonesia). Poin kerja sama ialah  memberikan solusi cash management yang dinamis dan terintegrasi.  

Happy Fresh Indonesia  merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan grocery shopping online yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Selama ini, HappyFresh terkendala dengan metode pembayaran shopping cash yang masih dilakukan secara tunai. 

Dengan menggunakan company debit card, proses monitoring dan pemberian limit transaksi secara realtime dapat terpantau dengan baik.

“Terima kasih kepada HappyFresh Indonesia  yang memberi kepercayaannya pada Danamon untuk mengelola solusi penerimaan dana dan solusi pembayaran shopping cash,” Direktur Danamon Michellina Triwardhany, Kamis (26/5)

Danamon berkomitmen memberikan solusi perbankan yang dinamis kepada para nasabah korporasi, termasuk di dalamnya industri e-commerce.

“Kerja sama dengan HappyFresh ini membuka kesempatan bagi Danamon untuk mengakuisisi sektor bisnis e-commerce secara menyeluruh,” lanjut Michellina.

 Di sisi lain, CTO & Co-Founder HappyFresh Fajar Budiprasetyo merespons positif upaya Danamon dalam mengutamakan solusi perbankan untuk menjawab kebutuhan nasabah.

“Ini penting bagi keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi iklim persaingan bisnis e-commerce ke depan,” ujar Fajar. (nas/jpg)


[Link to media]
Aktor Jhonny Deep Digugat Cerai-JPNN.com

ARTIS cantik, Amber Heard, dikabarkan telah mengajukan gugatan cerai kepada suaminya, Jhonny Depp, Rabu (26/5) kemarin. Gugatan itu diajukan ke Pengadilan Los Angeles setelah keduanya sempat ribut dan tak berhasil menemukan jalan keluar.

Dilansir dari Reuters, Kamis (26/5), pasangan yang telah menikah Februari tahun lalu itu, belum mau dikonfirmasi terkait gugatan cerai tersebut.

Begitupun dengan orang-orang terdekat Amber dan Deep. Hingga saat ini belum ada yang mau memberikan komentar. Amber Heard berpacaran setelah aktor Pirates of the Caribbean itu berpisah dengan istrinya, Prancis Vanessa Paradis.

Pertemuan pertama keduanya berjalan baik. Keduanya semakin akrab saat tampil bersama dalam film The Rum Diary pada 2011 silam. (mg5/jpnn)


[Link to media]
CATAT! Barang Ini Dilarang Masuk ke ShiverinG Ground-JPNN.com

Promotor acara, Hype Music Asia mengumumkan beberapa barang yang dilarang masuk ke arena ShiverinG Ground Festival, besok. Acara itu akan digelar besok,  (27/5) di Eco Park, Ancol, Jakarta.

Pertama, penonton dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam venue. Peraturan satu ini memang standar dilakukan dalam konser internasional. Mengingat promotor pasti memiliki sponsor dari makanan dan minuman. Kedua dilarang membawa rokok dan rokok elektrik dari luar. Khusus untuk peraturan itu sudah sangat jelas karena festival ini disponsori salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Para penonton juga dilarang membawa laser, tongsis, poster besar, dan kursi di venue festival. Ini juga sudah menjadi standar peraturan pertunjukan internasional karena menyangkut keamanan dan kenyamanan. Peraturan Shivering Ground yang lain adalah bahwa arena festival seluruhnya "Drugs Free Zone" alias kawasan Bebas Narkoba. (mg5/JPNN)


[Link to media]

Hasil penelusuran 5/26 8:12pm. Terakhir update terdeteksi pada 5/26 7:13pm.  skor: 970