Strict Standards: Non-static method feedlink::mark() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/index.php on line 115

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_SEEN() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 121

Strict Standards: Non-static method feedlink::STATE_NEW() should not be called statically in /home/jpnncom/dir/inc/cl_feedlink.php on line 122
Direktori Berita JPNN: News PortalJPNN.COM

Error fetching feed: MagpieRSS: Failed to parse RSS file. ([4] not well-formed (invalid token) at line 52, column 95)

Rekam Keponakan Saat Mandi, Pria Australia Ini Dipenjarakan 5 Tahun-JPNN.com

Seorang pria asal Australia Selatan yang diam-diam merekam keponakan perempuannya di kamar mandi, dan menggunakan gambar itu untuk membuat video seks sebelum memperkosanya, akhirnya dipenjarakan.

Pria berusia 67 tahun itu tak bisa disebut namanya untuk melindungi identitas sang keponakan, yang masih berusia 20an tahun.

Pengadilan Negeri mendengar bahwa pada tahun 2012 dan 2013, ketika dua orang itu masih tinggal dalam 1 atap, sang paman menyembunyikan kamera di kamar mandi dan merekam si keponakan yang sedang mandi, berada di toilet dan memakai baju.

Sang hakim menyebut bahwa pria itu mungkin telah mengalami kondisi "delusi obsesif" atas hubungannya dengan sang keponakan.
Sang hakim menyebut bahwa pria itu mungkin telah mengalami kondisi "delusi obsesif" atas hubungannya dengan sang keponakan.

Ia kemudian menciptakan 1.200 gambar tak bergerak, mengeditnya dengan menambahkan fitur gambar seperti baju dalam, dan menggunakan gambar itu untuk membuat video pendek berlatar musik pop dan rock.

Kejahatan itu terbongkar ketika polisi dipanggil setelah sang pria memerkosa keponakannya.

Polisi menangkap pria itu dan mencari video-video tersebut.

Juri persidangan menemukan, ayah tiga anak itu bersalah atas tuduhan pemerkosaan, dan ia kemudian mengaku bersalah atas 12 tuduhan merekam gambar secara tak senonoh.

Ia dipenjarakan selama lima tahun, dengan periode tanpa pembebasan bersyarat selama 2,5 tahun.

Hakim Jack Costello mengungkapkan, penjelasan pria itu, bahwa ia merasa berhak untuk merekam keponakannya, sungguh "fantastis".

"Anda merasa berhak untuk merekam keponakan anda secara tidak sopan karena Anda melakukannya agar ia kemudian bisa menunjukkan kepada pacarnya," kemuka sang hakim.

"Rencana Anda adalah menyimpan rekaman ini untuk rahasia pribadi Anda, tujuan anda dalam melakukannya sangat tak senonoh," tambahnya.

Ia mengatakan, sang keponakan berhak untuk mengharapkan pelayanan, bimbingan dan rasa hormat dari pamannya.

"Itu adalah invasi atas privasi yang tak berperasaan, dan merupakan pelanggaran seksual, membuat tuduhan ini lebih tercela," kata Hakim Costello.

Sang hakim menyebut bahwa pria itu mungkin telah mengalami kondisi "delusi obsesif" atas hubungannya dengan sang keponakan.

"Bagi sang perempuan, tak ada keinginan agar perasaan sang paman itu berbalas," katanya.

Ia melanjutkan, tuduhan itu terlalu serius untuk menangguhkan hukuman penjara selama lima tahun dan dua bulan, dengan masa non-pembebasan bersyarat selama dua tahun dan enam bulan.

Vonis itu terhitung sejak tanggal 30 Maret tahun ini.


[Link to media]
Pastikan Kesaksian Mary Jane Ditunda-JPNN.com

JAKARTA - Kejaksaan Agung memastikan terpidana mati narkotika Mary Jane Fiesta Veloso batal memberikan kesaksian lewat video conference dalam dugaan perdagangan orang yang tengah diusut otoritas Filipina.

Sedianya, Mary yang "lolos" sementara dari eksekusi mati itu dijadwalkan bersaksi 8 Mei 2015. Namun, sampai detik ini Kejagung belum menerima surat permintaan resmi dari otoritas Filipina sebagai dasar penyelenggaraan video conference.

Kapuspenkum Kejagung Tony Tribagus Spontana mengatakan, surat itu juga akan dijadikan dasar menyiapkan atau menyepakati siapa saja yang bisa hadir. Kemudian, bahasa apa yang akan digunakan saat video conference. Serta soal biaya yang harus ditanggung otoritas Filipina.

Karena belum ada surat, Tony memastikan rencana penyelenggaraan video conference permintaan keterangan MJ itu tidak akan dilaksanakan sesuai jadwal besok, Kamis (8/5) di Yogyakarta itu.

"Jadi, ditunda sampai semua surat menyurat secara resmi kita terima," katanya di Kejagung, Kamis (7/5).

Karenanya, kata Tony, sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan mendampingi Mary Jane. Begitu juga soal penyidik dari Filipina yang akan dihadirkan di Indonesia masih belum dipastikan.

Dia mengatakan, rencananya yang bisa hadir saat video conference itu akan dibatasi meski itu merupakan persidangan terbuka. Namun, mengingat status Mary merupakan terpidana mati di Indonesia yang tengah menunggu eksekusi, tentu tidak akan dibuka secara umum.

"Namun nanti dari otoritas setempat misalnya dari Kejati atau Puspenkum akan memberikan konferensi pers dari hasil video conference yang dilakukan terhadap Mary Jane," bebernya.  (boy/jpnn)


[Link to media]
Fuad Imron Pernah Mengeluh Sakit Jantung, Begitu Diperiksa ternyata...-JPNN.com

JAKARTA - Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron menyampaikan mengenai penyakit yang dideritanya pada saat menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (7/5). Penyakit yang diderita Fuad adalah vertigo, jantung, dan katarak.

Karena sakit yang dideritanya, Fuad meminta waktu untuk berobat dan dipindahkan lokasi penahananya. Saat ini, Ketua DPRD Bangkalan nonaktif itu ditahan di lantai 9 gedung KPK.

Ketua majelis hakim Much. Muklis sempat meminta keterangan dari jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai penyakit yang dideri‎ta Fuad. Jaksa KPK Pulung Rinandoro mengatakan, Fuad pernah menjalani perawatan.

"Kalau rawat inap sudah ada. Nanti hasil medis disampaikan mungkin oleh tim penasihat hukum," kata Pulung dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (7/5).

Pulung menyatakan, pada suatu malam, Fuad merasakan sakit jantung. Karena itu, KPK menghadirkan dokter untuk melakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa, ternyata Fuad tidak menderita penyakit jantung.

"Begitu kami hadirkan dokter yang sudah membawa alat semuanya, ternyata yang bersangkutan itu bukan jantung, hanya pikiran yang menyebabkan yang bersangkutan menjadi seperti itu," ucap Pulung.

Karena itu, Pulung menuturkan, jaksa penuntut umum keberatan apabila Fuad harus dipindah penahanannya. Pihaknya, akan menempatkan pengawas terhadap Fuad. Baik itu pengawalan dari aspek medis maupun pengamanan.

"Kalau kami pindahkan ke rutan yang lain misalkan Guntur, itu juga ada tahanan lain yang nantinya ada suatu keterkaitan dengan sidang yang sedang disidangkan dalam perkara ini," ujar Pulung.

Majelis hakim akan mempertimbangkan permintaan dari kubu Fuad. "Nanti segera dikeluarkan ‎penetapan dikabulkan atau tidak setelah mendengarkan dari penuntut umum dan permohonan penasihat hukum," ucap Muklis. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Fuad Amin Minta Pindah Lokasi Penahanan, Ini Alasannya-JPNN.com

JAKARTA - Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron meminta lokasi penahanan dirinya dipindah. Saat ini, Fuad ditahan di rumah tahanan yang berada di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Permintaan pindah lokasi penahanan ini disampaikannya saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

"Saya ingin konsentrasi mengenai sidang ini. Namun, karena penyakit saya, saya ini punya penyakit vertigo. Karena tahanan saya di ‎lantai 9 kemudian di samping itu saya punya penyakit jantung," kata Fuad dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (7/5).

Fuad menjelaskan, di lantai 9 terdapat tiga mesin besar untuk mengangkat lift. Begitu mesin nyala, maka di setiap sudut ruangan akan terdengar suara menggelegar. ‎Ini menyebabkan jantungnya berdebar.

"Kami punya penyakit jantung selalu berdebar. Saya merasa kalau ada gesekan dikit gedung ini, saya bisa jadi keripik," ucap Fuad.

Kemudian, Fuad menambahkan, karena berada di ketinggian, dia sering mengalami pusing dan mata berkunang-kunang. Ini imbas vertigo yang dideritanya. Selain itu, Fuad juga memiliki penyakit katarak.

"Mata yang kanan sudah dioperasi katarak‎, yang kiri belum dioperasi. Mohon waktu buat operasi katarak," ujar Fuad.

Fuad menyatakan, apabila tetap ditahan di lantai 9, maka dia tidak bisa konsentrasi menjalani proses persidangan. Padahal, dia ingin proses peradilan bisa berlangsung secara fair. "Sampai di mana kesalahan kami," kata Fuad.

Salah satu penasihat hukum Fuad, Rudy Alfonso ‎mengatakan, tim penasihat hukum sudah mengajukan surat terkait kesehatan dan pemindahan tempat penahanan. Surat itu akan disampaikan ke majelis hakim.

Sementara, Ketua majelis hakim Much. Muhlis menyatakan, keterangan Fuad sudah terangkum dalam permohonan penasihat hukum. Majelis hakim akan memberikan pertimbangan terkait permohonan itu. (gil/jpnn)
    

 


[Link to media]
Anak Buah Prabowo Dorong Jokowi Ganti Puan Maharani-JPNN.com

JAKARTA - Komisi VIII DPR menilai kinerja Menteri  Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, kurang mumpuni. Karenannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selayaknya mengevaluasi kinerja putri Megawati Soekarnoputri itu.

Diketahui, sebagai menko Puan membawahi kementerian yang jadi mitra kerja komisi VIII, antara lain Kementerian Agama, Kementerian Sosial, serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA).

"Bu Puan juga saya kira perlu dievaluasi ya. Dia sebagai koordinator harusnya bisa menggerakkan bawahannya membuat konsep yang mengggebrak, tapi ini malah tidak ada," kata Wakil ketua komisi VIII DPR dari Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid ,saat dihubungi di Jakarta, Kamis (7/5).

Anak buah Prabowo Subianto ini menilai Puan beruntung menduduki jabatan menko. Alasannya, sejumlah menteri yang dikoordinirnya sudah berkinerja baik, seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Untung saja menteri-menterinya sudah biasa bekerja kayak Menag dan Mensos. Coba lihat Menteri PPA, ya begitu jadinya hanya copas program saja jadinya," jelas Sodik.

Itupula yang membuat Sodik merekomendasikan kepada Presiden Jokowi me-reshuffle Yohana Yambise sebagai Menteri PPA. Kalau tidak Menteri PPA akan menjadi titik kelemahan dalam evaluasi pemerintahan Jokowi.(fat/jpnn)

 


[Link to media]
Genjot Tingkat Reproduksi, Ilmuwan Australia Teliti Pola Pergaulan Sapi-JPNN.com

Para peneliti di Queensland mencoba untuk mencari tahu apakah sapi bergaul dengan sesamanya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat reproduksi dalam industri daging sapi di Australia utara.

Profesor Dave Swain dari Universitas Queensland Sentral di Rockhampton memimpin penelitian yang menggunakan alat pelacakan untuk memantau perilaku sosial dan kelompok dari para ternak.

"Kami benar-benar berfokus pada kinerja reproduksi dan saya kira reproduksi adalah peristiwa yang sangat sosial. Ini melibatkan pertemuan sapi betina dan jantan, tapi kami juga mengeksplorasi hal-hal seperti perilaku induk sapi dan bagaimana sapi merawat anak-anaknya," jelasnya.

Para ilmuwan mencari cara untuk membuat teknologi ini lebih luas tersedia bagi para peternak.
Para ilmuwan mencari cara untuk membuat teknologi ini lebih luas tersedia bagi para peternak.

Profesor Dave mengatakan, tim peneliti "sangat bersemangat" oleh sejumlah hasil yang telah mereka dapatkan.

Ia telah menggunakan berbagai teknologi untuk memanfaatkan informasi tentang perilaku sosial di Pusat Penelitian Ternak Belmont, di utara Rockhampton, yang dimiliki oleh kelompok lobi pedesaan ‘AgForce’.

Ia mengatakan, industri susu telah menggunakan ukuran kinerja harian untuk meningkatkan produksi, tetapi industri daging sapi memiliki beberapa tantangan yang unik.

“Tujuan besarnya di sini adalah, kami ingin meningkatkan tingkat reproduksi pada industri daging sapi di wilayah utara, dan kami pikir, satu-satunya cara untuk benar-benar melakukannya adalah untuk mendapatkan informasi yang lebih baik tentang kondisi reproduksi harian mereka,” terang sang Profesor.

Kalung sosial teliti pola pergaulan sapi

Profesor Dave telah memasangkan -apa yang ia sebut sebagai- ‘kalung sosial’ ke para ternak, untuk melacak setiap pergerakan mereka. Kalung ini dapat menyimpan informasi selama beberapa minggu.

Ia mengatakan, salah satu temuan yang menarik adalah ketika sapi betina mengasuh anak, mereka cenderung menghabiskan waktu dengan induk sapi lainnya yang memiliki anak dengan usia yang sama.

"Ini sedikit seperti ketika Anda pergi ke ibu Anda dan kelompok balita lainnya- Anda berinteraksi dengan sekelompok ibu dan terus bersama dengan mereka semua melewati masa kanak-kanak putra Anda hingga melewati jenjang SMP dan SMA," umpamanya.

Ia mengatakan, kalung sosial tersebut adalah alat penelitian, tetapi ia bekerja untuk menciptakan teknologi yang lebih hemat biaya dan, dengan demikian, lebih banyak tersedia.

"Kami menggunakan beberapa teknologi berbasis lokasi, yang ditempelkan ke telinga. Kami mampu melacak hewan di sekitar lokasi dan mendapatkan masukan tiap 10 menit,” terang Prof. Dave.

Ia menambahkan, "Sekarang, sementara ini sedikit seperti GPS, alat ini sedikit berbeda dan menggunakan sinyal radio transmisi dan serangkaian antena untuk mendapatkan lokasi dan lebih hemat biaya dan praktis ketimbang kalung penelitian tadi."

Kalung dan alat lacak juga digunakan bersamaan dengan alat identifikasi frekuensi radio yang ditempel di telinga (RFID) yang merupakan bagian dari Sistem Identifikasi Ternak Nasional (NLIS) dan dikombinasikan dengan sistem penimbang berjalan.

"Ketika kami sudah mendapatkan pembaca RFID di titik yang berair, kami sebenarnya bisa menggunakan keterhubungan itu ketika mereka datang ke air, dan menggunakan perbedaan waktu di antara masing-masing hewan sebagai ukuran interaksi sosial," kemuka Profesor Dave.

Ia menyambung, "Tim kami sedang mencari produsen yang ingin mulai bekerja dengan universitas untuk menguji dan menyempurnakan sistem pengasuhan NLIS."


[Link to media]
Komjen Buwas: Siapa yang Ancam?-JPNN.com

JAKARTA -- Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso menegaskan, tidak ada intervensi dari siapapun dalam pengusutan kasus dugaan korupsi dan pencucian uang penjualan kondensat yang melibatkan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama dan SKK Migas.

Kasus ini diduga merugikan negara USD 156 juta atau sekitar Rp 2 triliun. "Siapa yang ancam? Tidak ada. Insyaallah, Insyaallah tidak ada," tegas pria yang karib disapa Buwas itu di Mabes Polri, Kamis (7/5).

Dia pun menegaskan, pengusutan kasus ini tetap berjalan. Bahkan, hari ini, Kamis (7/5), Bareskrim kembali melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. "Ada saksi, yang berkaitan dengan kasus ini," katanya.

Buwas pun memastikan penyidik masih mengevaluasi dokumen-dokumen hasil penggeledahan di PT TPPI dan SKK Migas, Senin (5/5) lalu.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Victor Edi Simanjuntak juga mengaku tak ada intervensi. Namun, ia membenarkan mendapatkan ancaman. "Itu ancaman-ancaman biasalah. Pasti penyidik-penyidik korupsi lain pun diancam juga," bebernya di Mabes Polri, Kamis (7/5).

Namun, Victor tak ciut nyali dengan ancaman yang diterima. Malah, tambah dia, ancaman itu membuat pihaknya akan mengungkap kasus-kasus yang lebih besar lagi. "Adrenalin saya tambah tinggi nih. Mau saya ungkap lagi yang besar-besar," tegas anak buah Buwas itu.

Dia pun memastikan tidak akan ada pengawalan khusus baik terhadap dirinya maupun penyidik. "Tidak ada. Kita percaya sama Tuhan. Kalau kita ada pengawal, nanti dia (pengancam) senang karena (menganggap) kita takut," beber Victor. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
Dana Kasus Kondensat Diduga Mengalir ke Banyak Pihak-JPNN.com

JAKARTA -- Bareskrim Mabes Polri menelusuri aliran dana dalam dugaan korupsi dan pencucian uang penjualan kondensat yang melibatkan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama dan SKK Migas yang diduga merugikan negara USD 156 juta.

Bareskrim pun meminta bantuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk melakukan penelusuran. "Nanti dilihat keseluruhan. Kita minta bantu PPATK dan PPATK siap memberikan itu," tegas Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, Kamis (7/5).

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Victor Edi Simanjuntak mengatakan, meski penelusuran sudah berjalan namun belum kelihatan siapa saja yang menerima.

"Tapi, kita sudah tahu rekeningnya keluar masuk, tanggalnya. Sekarang yang penting kita cari tahu ini ke siapa," kata Victor di Mabes Polri, Kamis (7/5).

Namun, Victor mengatakan, diduga ada dana yang mengalir untuk perorangan. "Kalau tahapan itu kan perorangan kan?" katanya.

Yang jelas, pihaknya menduga dana itu mengalir ke banyak pihak. Menurutnya, ada transaksi dalam bentuk dollar ke rupiah maupun sebaliknya.

"Pasti sangat banyak. Ini membutuhkan ketelitian untuk merekap. Kalau sudah terekap dengan baik nanti kita bicarakan," kata dia.

Yang jelas, lanjutnya, akan diupayakan ditelusuri aliran dana kemudian dilakukan pemblokiran. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
Minim Perda, Ahok: Pergub Saja Lebih Bagus-JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak mempermasalahkan minimnya Peraturan Daerah yang dihasilkan DPRD DKI Jakarta saat ini. ‎Bahkan, pria yang akrab disapa Ahok itu menyatakan, minimnya rancangan peraturan daerah yang disahkan menjadi Perda tidak akan menghambat pembangunan di Jakarta.

"Enggak juga (menghambat pembangunan). Tidak ada Perda lebih bagus, Pergub (Peraturan Gubernur) saja. Tidak apa-apa, lebih bagus Pergub saja," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (7/5).

Mantan Bupati Belitung Timur itu sudah mengajukan tiga raperda kepada DPRD ‎DKI Jakarta sejak April lalu. Namun sampai saat ini, ketiga raperda tersebut belum dibahas oleh DPRD DKI.

Adapun raperda yang disampaikan adalah raperda tentang Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil 2015-2035, raperda Kepariwisataan, dan raperda tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Sementara, ‎Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus pesimistis 17 raperda selesai tahun ini. Menurut dia, seharusnya sudah ada enam raperda yang dihasilkan sampai bulan ini.

"Saya pesimistis. Harusnya kan dari bulan Maret sampai sekarang ini sudah selesai enam (raperda). Sekarang aja jangankan enam, lembar pertama saja belum. Perda apa yang akan dihasilkan ketika semuanya dijalankan dengan terburu-buru?" ucap Bestari. 

Dia menjelaskan, dari 17 raperda, baru Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur terkait penggunaan anggaran DKI tahun 2014 yang dibahas. "Jadi tinggal 16 lagi. Ini sudah sembilan bulan lho. Kalau perempuan tuh sebentar lagi mau melahirkan," tandas Bestari.

Seperti diketahui, ada 16 raperda yang ditargetkan selesai dalam kurun waktu ‎tujuh bulan ke depan. Dari 16 raperda itu, enam merupakan revisi Perda. Sedangkan, 10 lainnya produk hukum baru. 

Enam revisi perda tersebut ialah revisi Perda Nomor 8 Tahun 1996 tentang Penyelenggaraan Reklamasi dan Rencana Tata Ruang Pantura, Perda Nomor 10 Tahun 1994 tentang Penyelenggaraan Beasiswa Daerah, Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang Sistem Kesehatan Daerah, Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan, Perda Nomor 17 tahun 2004 tentang Pengelolaan Barang Daerah, dan Perda Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaran Swasta.

Sementara 10 raperda baru tentang Perubahan APBD 2015, APBD 2016, Kepariwisataan dan Pelestarian Budaya Betawi, Ruang Bawah Tanah, BUMD, Kenyamanan Fasilitas Publik untuk Perempuan, RT dan RW, Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Provinsi DKI Jakarta, Keolahragaan dan Kepemudaan, dan Pemanfaatan Ruang Udara.‎ (gil/jpnn)


[Link to media]
Pria Tasmania Dipenjara Karena Pukuli Pencari Suaka-JPNN.com

Seorang pria berusia 35 tahun telah dikenai hukuman penjara 12 bulan setelah mengaku bersalah memukul seorang pencari suaka berusia 15 tahun di dalam bis di ibukota Tasmania, Hobart.

Raymond Michael Horton dihadapkan ke Pengadilan Magistrat Hobart hari Kamis (7/5/2015) demgan tuduhan pencurian selain juga pemukulan.

Di pengadilan diungkapkan bahwa Horton bersama pacarnya berulang kali memukui, dan menampar pencari suaka asal Afghanistan tersebut di tahun 2013.

Raymond Michael Horton mengatakan tidak ingat peristiwa pemukulan karena saat itu dalam keadaan mabuk. (ABC News)
Raymond Michael Horton mengatakan tidak ingat peristiwa pemukulan karena saat itu dalam keadaan mabuk. (ABC News)

 

Remaja tersebut baru di Australia dan berbicara dalam bahasa Persia dengan temannya di bis ketika Horton dan pacarnya mengeluarkan kata-kata kotor, dan meminta pencari suaka tersebut berbicara dalam bahasa Inggris sebelum memukulinya.

Magistrat Michael Hill mengatakan serangan itu berkelanjutan, dan mempermalukan remaja yang tidak dalam posisi untuk mempertahankan diri.

Horton pada awalnya menyatakan tidak bersalah dan mengatakan kepada polisi bahwa memang dia yang ada di rekaman CCTV namun dia tidak ingat kejadian sama sekali karena waktu itu dalam keadaan mabuk.

Pengacara Horton, Andrei Slicer mengatakan kliennya berasal dari keluarga tidak mampu, dan memiliki sejarah terkena depresi, kecemasan dan juga menggunakan obat-obatan terlarang.

Dalam sidang hari Kamis, Horton mengubah pernyataannya dengan mengatakan bersalah.

Magistrat Hill menjatuhkan hukuman penjara 12 bulan, dengan hukuman harus dijalankan sedikitnya 8 bulan.

Pacarnya Theresa Maree Hillier sebelumnya sudah dijatuhi hukuman penjara karena insiden tersebut.


[Link to media]
Kasus Kondensat, Pejabat SKK Migas Dicegah ke Luar Negeri-JPNN.com

JAKARTA -- Bareskrim Polri mencegah DH, oknum pejabat di SKK Migas, untuk bepergian ke luar negeri karena berstatus tersangka dugaan korupsi penjualan kondensat bagian negara oleh SKK Migas kepada PT Trans Pasific Petrochemical Indonesia.

Pencekalan itu supaya DH tidak meninggalkan Indonesia di tengah penyidikan yang dilakukan Bareskrim Polri.

"Sudah kita cekal DH sejak penetapan tersangka," tegas Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Victor Simanjuntak, Kamis (7/5).

Dia menyatakan, DH dicekal sejak Bareskrim menetapkannya sebagai tersangka dan menerbitkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan. "Begitu SPDP keluar, kita juga layangkan surat pencekalan," ungkap Victor lagi.

DH merupakan salah satu mantan deputi di Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Migas/BP Migas (sekarang SKK Migas). Dia diduga menyalahgunakan kewenangannya terkait penunjukan langsung TPPI sebagai penjual kondensat dari SKK Migas. Padahal, kata Victor, harusnya ada proses pelelangan bukan penunjukan langsung.

"Sebelum lelang ada panitia penilai.Nah ini panitia penilai belum ada, eh sudah ada penunjukan langsung," kata dia.

Dan lebih gawat lagi, Victor melanjutkan, pada  April 2009 sudah ada lifting dan penjualan, meski kontrak kerja itu baru dimulai Oktober 2009. (boy/jpnn)

 


[Link to media]
42 Kg Ganja Lolos X-Ray, Begini Cara Pelaku Kelabuhi Petugas-JPNN.com

SURABAYA - Para bandar narkotik semakin berani dan terbuka dalam mengirim narkoba meski dalam jumlah besar. Misalnya, yang terungkap di Pelabuhan Tanjung Perak kemarin (6/5). Bandar besar berupaya mengirimkan 42 kilogram ganja melalui kapal laut dari Surabaya ke Makassar. Ganja itu sudah naik ke kapal sebelum akhirnya terdeteksi petugas.

Pengungkapan itu berawal ketika petugas pelabuhan membuka gate yang menghubungkan dengan Kapal Motor Dobonsolo. Kapal tersebut memiliki rute Surabaya-Makassar-Maluku-Papua yang rencananya berangkat kemarin sore. Saat pintu dibuka, penumpang kapal mulai masuk. Kebanyakan membawa barang bawaan yang cukup banyak dan dibantu petugas porter.

Sekitar pukul 13.00, seorang petugas porter bernama Syaifuddin membawa masuk dua kardus besar ke dalam kapal. Seperti biasanya, barang tersebut diperiksa dengan menggunakan mesin X-ray.

Awalnya, petugas tidak mencurigai kardus yang dibawa petugas porter bernomor punggung 199 itu. Sebab, banyak penumpang yang juga membawa barang bawaan dalam jumlah banyak. Karena itu, ganja tersebut akhirnya lolos masuk ke dalam kapal. Syaifuddin kemudian meletakkan dua kardus itu di dek 5. Pemiliknya tidak mengikuti porter tersebut.

Petugas keamanan senior yang mengawasi X-ray dari jarak jauh penasaran dengan barang yang dibawa porter itu. Sebab, pada layar mesin pemindai, dua kardus tersebut berisi bungkusan berbentuk kotak dengan isi mirip rumput. Karena itu, petugas kemudian mengejar porter tersebut dan menanyai tempat dia meletakkan kardus itu.

Setelah ditemukan, petugas membukanya. Di dalam kardus tersebut, terdapat dua tas jinjing hitam ukuran besar. Ketika dibuka, petugas menemukan 42 lempeng ganja yang terbungkus lakban. Setiap lempeng berisi 1 kilogram ganja.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Polisi kemudian melacak si pemilik barang. Polisi dikerahkan untuk menyisir semua bagian kapal. Termasuk menutup semua akses yang bisa digunakan penumpang untuk turun dengan tidak melalui tangga.

Polisi akhirnya mendapatkan sejumlah petunjuk. Selain keterangan dari porter bernama Syaifuddin itu, ada rekaman CCTV di dalam gedung pelabuhan. Dalam rekaman yang didapat petugas, Syaifuddin diminta membawa kardus ke dalam kapal oleh seorang perempuan berkerudung hitam dengan kombinasi putih. 

Ketika kardus tersebut masuk mesin X-ray, perempuan itu malah berbalik arah lantaran melihat petugas keamanan dan polisi. Setelah petugas menjauh, perempuan tersebut kembali mengejar Syaifuddin dan mengatakan sesuatu. Setelah itu, keduanya berpisah. 

Berbekal rekaman itu, polisi dan petugas keamanan pelabuhan menyebar anggotanya di atas geladak kapal untuk melihat penumpang satu per satu. Petugas ingin mencocokkan gambar dan ciri-ciri yang didapat. 

Tidak hanya itu. Kompleks pelabuhan dan sekitarnya juga diperketat. Semua kendaraan yang keluar masuk diperiksa secara detail untuk mengantisipasi pemiliknya kabur.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Arnapi ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurut dia, barang tersebut akan dimasukkan ke dalam kapal. Dari temuan itu, polisi dan petugas pelabuhan masih mencari pemiliknya. "Beri kami waktu untuk melakukan pengembangan," katanya.

Polisi sudah melakukan penyelidikan. Salah satunya memeriksa rekaman CCTV. Termasuk menggeledah seluruh isi kapal untuk mencari pemilik berdasar ciri-ciri yang didapat dari rekaman CCTV. (eko/c6/oni)


[Link to media]
Menteri Yuddy: Tanggalkan Mental Priyayi-JPNN.com

MAKASSAR--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengajak pimpinan Pemerintah Kota Makassar, mulai walikota sampai lurah untuk selalu turun dan melihat langsung permasalahan yang dihadapi masyarakat, dan melakukan dialog.

Selain itu, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi agen perubahan, dan tetap menjadi perekat NKRI.
 
Hal itu dikatakan Yuddy saat bertatap  muka dengan Walikota dan jajaran ASN Kota Makassar, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Angin Mammiri, Rabu (6/5).

Dengan bertemu dan berdialog dengan masyarakat, setiap permasalahan yang mereka hadapi dapat langsung ditangani. Hal itu sejalan dengan komitmen pemerintahan Jokowi – JK, negara harus selalu hadir di tengah masyarakat.

“Kita harus membangun keharmonisan di tengah-tengah masyatakat,” ujar Yuddy dalam keterangan persnya, Rabu (6/5).
 
Dikatakan, melalui revolusi mental, aparatur negara harus melakukan perubahan drastis. Kalau sebelumnya selalu duduk di belakang meja, kini harus turun ke bawah. Kalau dulu selalu minta dilayani, kini harus mau melayani masyarakat. Sebab kehadiran birokrasi dalam suatu negara, pada hakikatnya memang untuk melayani masyarakat, bukan sebaliknya.
 
Menurut Yuddy, kehadiran pemerintah daerah dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi aparatur pemerintah daerah, terlebih Lurah dan Camat, merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Ini harus kita lakukan, tanggalkan mental priyayi, lepaskan ego sektor. Kita harus bergotong royong, bahu membahu dalam bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tegas Guru Besar FISIP Universitas Nasional Jakarta ini.
 
Lebih lanjut Yuddy mengatakan, Kota Makassar termasuk kota yang berkinerja baik dan tingkat penurunan angka kemiskinannya cukup signifikan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi cukup stabil, sehingga tidak sulit untuk menjadikan Makassar sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Hal ini dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di tanah air.
 
Beban itu bukan hanya ada di pundak Walikota dan Wakil Walikota, tetapi juga menjadi tanggung jawab dari segenap ASN Kota Makassar. Karena itu, Menteri Yuddy menekankan agar seluruh ASN berperan sebagai agen-agen perubahan, yang selalu berada di garis terdepan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi melalui revolusi mental. Tak lupa, Yuddy mengingatkan agar ASN selalu menjadi perekat NKRI. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Putra Makassar Jabat Dirjen Penyediaan Perumahan-JPNN.com

JAKARTA--Syarif Burhanuddin resmi menjabat Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan setelah dilantik Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Syarif Burhanuddin mengungkapkan, jabatan Dirjen Penyediaan Perumahan merupakan sebuah amanah dari negara yang harus dilaksanakan sebaik mungkin.

Pasalnya tanggung jawab instansi yang dipimpinnya sangatlah besar yakni bagaimana membantu masyarakat khususnya berpenghasilan rendah untuk memiliki serta menghuni rumah layak huni.

“Hingga saat ini di Indonesia masih banyak rumah tidak layak huni serta masyarakat yang belum memiliki rumah. Dua hal itu yang menjadi salah satu fokus pekerjaan pemerintah untuk menyediakan rumah yang layak bagi masyarakatnya,” ujarnya usai pelantikan di Kantor Kementerian PUPera, Rabu (6/5).

Menurut pria asal Makassar tersebut, Ditjen Penyediaan Perumahan akan berupaya agar semua hasil program pembangunan perumahan yang telah dibangun pemerintah selama ini bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan hunian.

Dia berharap di lapangan tidak lagi ditemui bangunan perumahan pemerintah seperti rumah tapak maupun rumah susun dibiarkan kosong dan tidak berpenghuni. (esy/jpnn)

 


[Link to media]
Sikap KPU Dinilai Sudah Tepat-JPNN.com

JAKARTA – Sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) memertahankan aturan tidak mengakui calon kepala daerah dari Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) jika belum ada putusan berkekuatan hukum tetap terkait dualisme kepengurusan atau belum ada islah, dinilai sudah tepat.

Aturan yang dituangkan dalam Peraturan KPU tentang Pencalonan Kepala Daerah tersebut juga dinilai telah sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“KPU sudah benar, bukan hanya memertahankan undang-undang, tapi juga menjaga kemandirian. Ini penting ya, KPU ini sedang menjaga kemandirian agar memberi contoh ke banyak pihak. Bahwa dalam proses pelaksanaan UU Pemilu itu dan melaksanakan proses pilkada, harus tidak mendapatkan intervensi siapapun,” ujar Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz, di Jakarta.

Ditekankan, sebagai penyelenggara, KPU harus benar-benar mandiri. Apalagi aturan yang disusun dalam pedoman pelaksanaan pilkada, telah sesuai dengan UU yang pada dasarnya dibuat oleh DPR.

Masykurudin menilai, anggota DPR sedang memermainkan hukum, jika sampai merevisi UU Nomor 8 Tahun 2015 hanya karena dalam PKPU diatur syarat parpol yang berkonflik baru dapat mengajukan pasangan calon jika telah mengantongi putusan hukum berkekuatan tetap.

“Itu sebenarnya justru anggota DPR sedang memermainkan hukum, jadi alat mainan untuk mengejar kekuasaan dalam konteks mereka mengikuti pencalonan. Masyarakat bisa menilai dalam membuat undang-undang DPR selama ini bukan untuk kepentingan publik, tapi kepentingan kelompok,” ujarnya.

Saat ditanya sejauh mana kemungkinan revisi dapat dilaksanakan mengingat pemungutan suara pilkada sudah harus digelar 9 Desember mendatang, Masykurudin mengatakan dapat saja terlaksana. Namun tidak akan maksimal. Alasannya, dari segi waktu sudah sangat mepet. Karena itu kalau dipaksakan, dikhawatirkan dapat memerburuk proses legislasi di antara anggota DPR sendiri.

“Tahun ini saja mereka enggak berhasil memenuhi target. Jadi ngapain mengurus undang-undang yang sudah ada. Mending mencanangkan yang baru. Itu kan target utama, tidak eloklah mereka membahas UU yang baru selesai dan meninggalkan undang-undang yang telah dicanangkan dari awal,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan PKPU soal pencalonan kepala daerah tidak akan berubah. Penyelenggara pemilu tetap menginginkan partai politik yang mengikuti Pilkada tidak sedang dalam sengketa kepengurusan. Aturan tersebut telah diputuskan dalam rapat pleno KPU. Bahwa kepengurusan parpol yang berhak mengajukan calon kepala daerah ialah yang terdaftar dalam surat keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhukham).

Jika kemudian ada partai yang bersengketa kepengurusan, maka yang diakomodasi berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap. Jika belum ada putusan pengadilan maka parpol harus menyatakan islah.

Saat ditanya bagaimana sekiranya belum ada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dan parpol tidak islah, Husni mengatakan hal tersebut tidak ada diatur dalam PKPU tentang Pencalonan Kepala Daerah. (gir/jpnn)
    

 


[Link to media]
KPU Australia Cabut Status Sex Party Sebagai Parpol-JPNN.com

Komisi Pemilihan Umum Australia (AEC) secara resmi mencabut status Australian Sex Party sebagai partai politik dengan alasan tidak memenuhi syarat jumlah keanggotaan minimal. Akibatnya, pengurus partai memobilisir anggotanya untuk memposting kartu tanda anggota di media sosial.

Sistem kepartaian di Australia mensyaratkan jumlah keanggotaan minimal. Syarat ini juga telah menyebabkan Partai Demokrat dicabut statusnya sebagai parpol.

Sex Party dibentuk tahun 2009 dan saat ini memiliki seorang wakil rakyat bernama Fiona Patten yang duduk di parlemen negara bagian Victoria di Melbourne.

Namun karena menurut KPU partai ini tidak lagi memiliki cukup anggota seperti disyaratkan, makanya dicabut statusnya sebagai parpol pada Senin (4/5/2015).

Seorang anggota Sex Party mengunggah foto KTA-nya ke media sosial.
Seorang anggota Sex Party mengunggah foto KTA-nya ke media sosial.

 

Dalam pengumuman resmi pihak KPU menyebutkan Sex Party gagal membuktikan memiliki minimal 500 orang pemegang kartu tanda anggota (KTA).

Menyusul pengumuman itu, sejumlah pengurus dan anggota Sex Party mendorong anggotanya untuk memposting foto mereka bersama KTA masing-masing ke media sosial.

Salah seorang pendiri Sex Party Robbie Swan menyatakan ada 6.000 orang yang mendaftarkan diri sejak pengumuman itu.

"Tanpa bermaksud mengkritik para pegawai KPU, tampaknya mereka ditekan untuk menerapkan cara menghitung keanggotaan partai politik," katanya kepada ABC.

Swan mengatakan sistem perhitungan keanggotaan parpol yang berlaku saat ini sangat merugikan partai-partai kecil.

"Bagi parpol besar tidak jadi masalah dengan menyewa pegawai untuk membuat daftar anggota partai beserta alamat lengkapnya sebagaimana diminta," katanya.

"Namun bagi parpol kecil hal itu sangat menyulitkan karena kami tidak punya dana untuk melacak keberadaan anggota kami," jelas Swan.


[Link to media]
Mendagri Ogah Ikuti Kemauan DPR Revisi UU Parpol dan Pilkada-JPNN.com

JAKARTA - Rencana DPR merevisi UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memasukan pasal baru tentang partai yang bersengketa kepengurusan, sepertinya tak akan mulus. Sebab, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ogah mengikuti kemauan DPR.

"Kami tidak ingin ya, karena pemerintah kan sudah mengikuti keinginan DPR untuk revisi, dan ini sudah baik. Jadi sampai detik ini saya sebagai Mendagri belum melihat itu perlu," kata Tjahjo saat dihubungi, Kamis (7/5).

DPR berencana merevisi kedua UU tersebut untuk mengakomodir rekomendasi Panja Pilkada Komisi II DPR agar dimasukan ke dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pencalonan kepala daerah dari partai politik.

Namun, KPU enggan menggunakan rekomendasi yang intinya meminta KPU mengacu putusan pengadilan terakhir bila parpol bersengketa di pengadilan tidak mendapat putusan inkrah dan tidak terjadi islah sebelum pendaftaran calon kepala daerah.

KPU beralasan rekomendasi itu bertentangan dengan UU Parpol. Nah, hasil rapat pimpinan DPR dengan KPU dan Mendagri pekan lalu, DPR menyodorkan opsi revisi UU supaya rekomendasi Panja Pilkada memiliki payung hukumnya.

Diakui Tjahjo, permintaan DPR ini juga belum dilaporkannya ke Presiden Joko Widodo. "Saya belum ada pembicaraan (dengan presiden), saya belum laporan," ujarnya.

"Karena sikap pemerintah menilai kalau ini dibuka kembali maka akan bisa menimbulkan kebingungan, tahapan proses Pilkada akan terganggu apalagi KPU sudah bikin aturan begitu detailnya," lanjut politikus PDI Perjuangan ini.

Mantan Anggota DPR ini juga mengaku sudah bicara dengan Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman dan mendapat penjelasan soal keinginan DPR. Tapi Tjahjo tidak karena belum ada jaminan dalam revisi nanti hanya akan memasukan tiga poin rekomendasi. 

"Siapa yang menjamin revisi itu 3 poin karena nyatanya (selama ini) kan bisa banyak," pungkasnya. (fat/jpnn)


[Link to media]
Etape Kedua ITdBI Diprediksi Sangat Ketat-JPNN.com

BANYUWANGI - Ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) memasuki etape kedua pada Kamis (7/5). Pada etape pertama kemarin (6/5), pebalap Hongkong King Lok Cheung (HKSI Pro Cycling Team) menguasai hari pertama balapan yang melintasi rute rolling sepanjang 167 km bersama pebalap Tunisia Raffa Chitoui (Skydive Dubai Pro Cycling Team). Keduanya membukukan catatan waktu 3 jam, 58 menit, dan 34 detik, hanya dibedakan sangat tipis sepersekian detik.

Nah, di etape kedua hari ini bakal menempuh jarak 147,7 kilometer. Para rider ini akan melintasi jalanan di kawasan sisi Selatan dan Barat Banyuwangi. Rute ini diawali dari RTH Maron Kecamatan Genteng dan finish di Taman Blambangan. Mereka akan melintasi rute yang berdekatan dengan sejumlah destinasi wisata dan alam pedesaan.

Chairman ITdBI Guntur Priambodo mengatakan, pada etape kedua, keseruan balapan masih akan terjadi. 

"Para pebalap akan bertarung habis-habisan di setiap etape dengan speed tinggi serta full power karena rute tahun ini Tour de Banyuwangi Ijen relatif lebih pendek. Beda dengan tahun lalu yang mengandalkan ketahanan karena rute yang panjang, tahun ini mereka pasti mengeluarkan strategi hajar-hajaran di setiap etape," ujar Guntur yang juga ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur.

Pemimpin sementara lomba, pebalap Hongkong King Lok Cheung (HKSI Pro Cycling Team), mengatakan, dirinya akan mengoptimalkan rute non-tanjakan pada etape kedua hari ini. 

“Cuaca di Banyuwangi sangat bagus dan tidak terlalu berbeda dengan Hongkong. Saya merasa nyaman dan itu membuat saya bisa benar-benar fokus pada performa saya,” kata King Lok yang hari ini akan mengenakan yellow jersey sebagai tanda pemimpin lomba.

Ditanya tentang peluangnya menuju gelar juara IBTdI 2015, King Lok tak ingin sesumbar. Dia menyadari selisih waktu dengan para pesaing di belakangnya masih bisa dikejar. 

Apalagi, mereka masih harus menghadapi queen stage alias etape penentu, yaitu etape ketiga mendaki Gunung Ijen pada Jumat (8/5). 

“Saya masih harus berhadapan dengan pebalap Perancis, Peter Pouly (Singha Infinite Cycling Team). Dia adalah climber murni, sedangkan saya sprinter. Saya akan memaksimalkan semua etape di mana saya berpeluang juara etape,” katanya.

Setelah menuntaskan etape kedua hingga sore hari nanti, besok (8/5), para rider akan bertarung di etape ketiga yang merupakan etape ”neraka” dengan jarak 123,5 kilometer. Para pebalap di etape ini akan memulai balapan start di kawasan laut di Kecamatan Muncar dan finish di Paltuding, kaki Gunung Ijen, yang berada di ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Mereka di etape ketiga ini bakal ”disiksa” tanjakan Ijen yang luar biasa menantang. Di lereng erek-erek Ijen, mereka akan beradu pancal dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Terakhir di etape empat, Sabtu (9/5), para pebalap akan kembali menempuh rute flat sepanjang 114,4 kilometer dengan rute dari RTH Kecamatan Wongsorejo dan finish di Taman Blambangan.

Pebalap Indonesia Bersaing Ketat

Sementara itu, persaingan di kategori pebalap Tanah Air tak kalah seru. Pebalap Pegasus Continental Cycling Team Robin Manulang berhasil menjadi pembalap Indonesia terbaik dengan mencatatkan waktu 3 jam 59 menit 26 detik pada etape pertama, kemarin (6/5). 

Dia dibuntuti Mat Nur (KFC Team) dan rekan setimnya, Fatahillah Abdullah, dengan selisih 24 detik.

Peraih medali emas SEA Games Myanmar 2013 tersebut pun berhak mengenakan red and white jersey alias jersey Merah Putih di etape kedua hari ini (7/5). 

“Persaingan di antara pebalap Indonesia cukup ketat. Di sini ada timnas Indonesia, pebalap tuan rumah (BRCC Banyuwangi), dan beberapa tim bagus lainnya. Selisih waktu yang lumayan bagus akan berusaha saya pertahankan,” kata Robin.

Pebalap Indonesia sendiri juga ikut mencuri juara di etape satu kemarin. Dia adalah Herwin Jaya dari BRCC Banyuwangi yang berhasil meraih polkadot jersey (raja tanjakan) karena unggul di jalur tanjakan. Dia memimpin di atas klasemen "King of Mountain" mengalahkan King Lok (Hong Kong) di posisi kedua dan Raffa Chitoui (Tunisia) di posisi ketiga.

“Balapan ini memang diikuti banyak pebalap asing. Tapi bukan berarti kami takut bersaing. Peluang selalu ada jika kita benar-benar sungguh-sungguh. Kami akan terus mengerahkan segala tenaga pada sisa etape,” kata Herwin. (eri/mas)


[Link to media]
Kemenlu Pusing dengan Pengakuan Cicih-JPNN.com

JAKARTA - Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Lalu Muhammad Iqbal menyatakan pemerintah saat ini masih berupaya beri perlindungan hukum untuk Cicih Binti Aing Tolib yang divonis hukuman mati di Uni Emirat Arab. Cicih  divonis sejak tahun 2013. Ia dituduh membunuh anak majikannya.

Hanya saja, kata Iqbal, perlindungan tersebut terkendala dengan pengakuan Cicih yang tidak konsisten.

"Awalnya  dia sudah mengakui membunuh, membentur-benturkan kepala, sekarang dia bilang tidak membunuh tapi tidak sengaja menjatuhkan bayi itu," ujar Iqbal melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis (7/5).

Menyangkut pengakuan Cicih itu, tim pembela yang disiapkan Kemlu RI masih akan melihat hasil visum terakhir.

Saat ini juga, kata Iqbal, perwakilan RI yang mendampingi Cicih sedang fokus mempersiapkan pengadilan kasasi pada 19 Mei mendatang. Iqbal berharap, pengadilan kasasi itu menghasilkan putusan positif untuk TKI Karawang, Jawa Barat tersebut.

Bila upaya itu gagal, ujarnya, pemerintah Indonesia siap melakukan intervensi diplomatik lebih tinggi. 

"Apakah mengirim surat ke Kepala Negara atau kunjungan pejabat tingkat tinggi," imbuhnya.

Selain upaya hukum, pemerintah Indonesia melalui perwakilan Kemlu juga sudah menghubungi keluarga korban untuk meminta pemaafan. Upaya itu dilakukan setelah perwakilan Kemlu memberikan bantuan kekonsuleran dan hukum kepada Cicih. 

Namun, permintaan maaf itu belum diterima. (flo/jpnn)


[Link to media]
Bareskrim Dalami Siapa Pemberi Perintah Pamen yang Diduga Terima Suap-JPNN.com

JAKARTA - Dugaan suap atau pemerasan yang menjerat oknum perwira menengah Polri berpangkat Ajun Komisaris Besar yang bertugas di Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dari bandar narkoba masih terus di dalami.

"Sekarang masih diperiksa oleh Propam. Sekarang masih berjalan. Tadi, saya baru dapat evaluasi dari Divisi Propam," kata  Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, Kamis (8/5).

Dia memastikan tidak hanya oknum pamen Polri saja yang diperiksa. Namun juga oknum yang diduga bandar narkoba, tetap diperiksa.

"Sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah kasus ini termasuk penyupan atau pemerasan. Ini masih didalami Propam," katanya. Namun, dia meyakinkan oknum-oknum yang terlibat akan ditindak tegas.

Saat ditanya siapa yang diduga memberi suap atau diperas itu, Budi enggan menjelasan. "Ini kan belum tahu katanya bandar, katanya pemakai, pengguna atau pengedar belum tahu. Kami masih harus terus dalami," katanya.

Yang jelas, kata Budi, kasus ini masih akan terus berkembang. Akan dilihat, kata Budi, siapa yang memberi perintah sang pamen bertugas saat itu. "Semua ada pertanggungjawabannya," kata Budi. Tapi, ia melanjutkan, semua akan terungkap nanti ketika hasil pemeriksaan Propam Polri tuntas. (boy/jpnn)


[Link to media]
5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Pertajam Daya Ingat-JPNN.com

Sejumlah ilmuwan di Australia menyimpulkan lima hal yang bisa dilakukan untuk mempertajam daya ingat otak. Lima hal ini juga bisa terus menjaga dan mengasah kemampuan otak.

Olahraga secara teratur

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan menujukkan olahraga secara teratur bisa meningkatkan daya ingat. Cobalah melakukan olahraga aerobik, yang sangat baik untuk mempertajam ingatan dan fungsi kognitif otak. Tak hanya itu, sebuah studi lainnya menunjukkan gabungan antara aktivitas fisik dengan melatih otak dalam menggunakan komputer bisa meningkatkan daya ingat episodik. Daya ingat episodik biasanya sering terganggu pada penderita alzheimer.

Perbanyak konsumsi ikan dan sayur

Minyak ikan mengandung lemak Omega-3 yang tinggi, dikenal dengan sebutan DHA dan EPA. Kandungan ini berkhasiat untuk mengoptimalkan fungsi otak. Tubuh manusia tidak menghasilkan terlalu banyak kandungan ini, karenanya perlu asupan makanan yang banyak mengandung lemak ini. Sayuran dan buah-buahan segar juga memiliki zat anti oksidan yang juga dapat meningkatkan fungsi saraf-saraf otak.

Bersosialisasi, Jangan Terlalu Banyak Khawatir

Jaga tingkat stress Anda lewat bersosialisasi bisa memperbaiki kemampuan otak. Belajar menari, bertemu orang-orang baru, atau bermain scrabble bisa membantu meningkatkan kapasitas bagian otak yang berbeda-beda. Memiliki keberagaman aktivitas setiap hari adalah bumbu kehidupan. Tak hanya itu, tapi juga menjadi apa yang dibutuhkan otak Anda. Kebahagiaan akan mempengaruhi juga pada kondisi fisik yang lebih sehat.

Miliki Tidur Berkualitas di Malam Hari

Penelitian menunjukkan lebih banyak tidur memainkan peran kunci dalam mengkonsolidasikan kenangan dengan pengetahuan baru. Karenanya, bisa membuat daya ingat lebih baik. Tahapan tidur yang berbeda memperkuat kenangan tertentu, yang juga membantu membuang informasi yang tidak relevan. Cara terbaik untuk menghafal, misalnya adalah dengan melakukannya sedikit demi sedikit, dibandingkan dihafal semalaman.

Mengingat dengan Metodi Loci

'

Metode Loci telah banyak digunakan oleh para peserta kompetisi menghafal dunia. Metode ini sebenarnya lebih menekankan kemampuan daya ingat otak dengan dihubungkan pada sebuah lokasi atau tempat. Misalnya, ketika kita menghafal daftar belanjaan, kita bisa mengasosiasikannya dengan rumah. Daftar belanjaan yang kita butuhkan diasosiasikan secara berurutan dari mulai pintu luar rumah hingga ke dapur. Misalnya apel, ada di bagian halaman depan, telur ada pintu, roti atau di meja tamu, dan seterusnya.


[Link to media]
Waduh...PT LI Tolak Putar Kompetisi, Malah Mau Bikin Turnamen-JPNN.com

JAKARTA - PT Liga Indonesia (LI) melawan dan menolak memutar kompetisi seperti yang diminta pemerintah pada 9 Mei. Operator ISL/QNB League itu malah menyiapkan turnamen untuk klub-klub yang juga menolak untuk mengikuti instruksi Kemenpora.

Turnamen diadakan, sebagai konsekuensi dibubarkannya kompetisi ISL 2015 oleh PSSI. Harapannya, kemarahan klub-klub karena kompetisi dihentikan oleh PSSI, bisa terobati.

Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena mengakui jika tawaran itu diberikan dalam rapat klub ISL dan PT LI di Parklane, Jakarta, Rabu (6/5).

"Tawaran kompetisi sengaja diberikan PT LI untuk mengisi kekosongan jadwal. Tapi kami harus memikirkan lagi," kata Rocky usai pertemuan, Kamis (7/5) dinihari.

Alasan Persipura belum mengiyakan tawaran tersebut karena ingin melihat jaminan apa yang diberikan PT LI. Apalagi, Persipura juga punya jadwal tanding di Piala AFC dan kontrak dengan sponsor.

"Belum ada kepastian soal turnamen-turnamen yang diusulkan itu. Keputusannya nunggu RUPS (rapat umum pemgang saham) luar biasa 12 Mei," tandasnya. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Ini Jimat yang Bikin LeBron James On Fire Lawan Bulls-JPNN.com

CLEVELAND - LeBron James tampil menggila saat membawa timnya, Cleveland Cavaliers menang atas Chicago Bulls di game kedua semifinal wilayah timur NBA, Kamis (7/5) pagi WIB.

Dalam game tersebut, James membukukan 33 poin dan mengantar Cavaliers unggul 106-91 dari Bulls. Ternyata performa apik King James di game ini punya resep khusus, ada jimatnya.

Itu adalah ikat kepala! Ya, setelah sekitar dua bulan tidak mengenakan ikat kepala NBA, James kembali memakai 'mahkota' yang terakhir dia pakai saat melawan Phoenix Suns di babak reguler 7 Maret lalu. Padahal sebelumya, sejak bermain basket di SMA, James selalu memakai ikat kepala.

James pernah mengatakan, dia memutuskan tidak lagi memakai headband itu karena ingin sama dengan rekan-rekannya, yang jarang memakai ikat kepala. Namun semua kembali berubah dengan mendadak.

"Saat itu (memutuskan) di loker saya, dan saya memutuskan untuk mencobanya. Sudah waktunya membuat comeback (memakai ikat kepala)". singkat James di ESPN, usai game. (adk/jpnn)


[Link to media]
Revisi UU Parpol dan Pilkada Akan Jadi Tertawaan Rakyat-JPNN.com

JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyatakan partainya belum menentukan sikap soal keinginan sejumlah pimpinan DPR merevisi UU Partai Politik dan UU Pilkada karena beberapa pertimbangan. Salah satunya, dia menganggap DPR akan menjadi bahan tertawaan rakyat.

"Pertama kalau dari konten tentu kami tunggu dulu. Apa yang mau menjadi RUU (revisi). Tapi kalau secara umum, ini akan jadi bahan tertawaan rakyat," ujar Arsul saat dihubungi Kamis (7/5).

Betapa tidak, tahun ini paripurna DPR telah menetapkan 36 RUU masuk dalam prioritas program legislasi nasional (Prolegnas). Namun belum ada satu pun yang dimulai pembahasannya. Sehingga akan aneh kalau tiba-tiba RUU yang tak masuk prolegnas malah didahulukan.

"Karena kerja legislasi lain yang sudah ditetapkan dalam RUU prolegnas saja belum ada dimulai. Kok tiba-tiba ada RUU yang katakanlah yang hanya menyangkut dua partai mau diprioritaskan," ulas Jubir DPP PPP DPR ini.

Dia juga mengingatkan bahwa dalam peraturan perundang-undangan, pengajuan RUU itu diatur dalam UU Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan. Di sana diatur, pengajuan RUU di luar prolegnas itu hanya dimungkinkan  kalau ada kepentingan nasional yang mendesak.

"Nah kalau UU pilkada mau diubah gara-gara Golkar dan PPP, itu bukan kepentingan nasional, hanya kepentingan Golkar dan kepentingan PPP. Walau tidak direvisi pun kan pilkada bisa berlangsung karena masih banyak partai," tegasnya.

Kalaupun revisi ini tetap dipaksakan, maka Arsul menilai harus ada jaminan selesai sebelum Juli karena pendaftaran calon sudah ditetapkan KPU tanggal 28-28 Juli 2015. Karenanya dia khawatir DPR akan semakin jadi bahan tertawaan rakyat.(fat/jpnn)


[Link to media]
Opsi Rp/Km, Ahok: Organda Sudah Diberi Opsi, Ada di Youtube-JPNN.com

JAKARTA - ‎Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya sudah menyampaikan opsi rupiah per kilometer kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI. Opsi ini disampaikan pada saat rapat dengan Organda. 

"Opsi rupiah per kilometer (Rp/Km), sudah kami sampaikan berapa kali dalam Youtube (situs berbagi video). Mereka datang rapat dengan saya," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (7/5).

Karena itu, Ahok bingung apabila Organda merasa tidak diberikan opsi Rp/Km. Pasalnya, dia menegaskan, hal itu sudah disampaikan dalam rapat tahun lalu. "Ini Organda yang mana? Organda juga enggak sama kompaknya. Saya sudah rapat dari tahun lalu kok," ‎ucapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur mengaku, sudah menyampaikan kepada Organda apabila ingin menolong warga bisa dilakukan dengan memberikan stimulus ekonomi berupa jaminan kesehatan, pendidikan, dan transportasi yang murah. Karenanya, Ahok menanyakan perihal kemungkinan menekan tarif Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway ‎ (APTB‎).

"Bisa enggak kalau harga naik bus itu, APTB itu Rp 7-8 ribu, bisa enggak ditekan Rp 3.500? Enggak mau, rugi dong dia," ujar suami Veronica Tan tersebut. 

Ahok mengaku, bisa menyediakan Rp 2 triliun untuk stimulus ekonomi ‎bagi warga DKI. "Saya mau bagi-bagi Rp 2 triliun nih buat yang mau naik bus. Kamu dari naik bus Rp 8 ribu bayarnya cuma Rp 3.500 saja. Kalau saya bisa membuat bus 24 jam tiap 10 atau 30 menit, kamu hanya bayar Rp 3.500. Itu ketolong berapa kamu," ucapnya.

Ahok menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI memiliki kemampuan untuk membeli bus. Namun, Pemprov DKI menghargai pengusaha bus yang sudah ada sejak lama di Jakarta. Karena itu, Ahok mengajak operator bus bergabung di bawah PT Transportasi Jakarta.

"Kalau saya nambah busnya lebih banyak, nanti kamu mati sendiri lho. Sebelum mati sendiri bayar sopir mahal, kamu ikut kami deh. Kamu beli bus bagus, nanti saya bayar Rp/Km. Kamu enggak usah mikirin ngetem, penumpang, depo, dan servis, kami yang atur. Kamu tahunya untung saja deh. Itu yang kami tawarkan," tandas Ahok. (gil/jpnn)


[Link to media]
LeBron James Ngamuk, Cavaliers Samakan Kedudukan dengan Bulls-JPNN.com

CLEVELAND - Cleveland Cavaliers tak mengulang kesalahan untuk kedua kali. Dalam game kedua semifinal wilayah timur NBA, Cavaliers menang atas Chicago Bulls dan membuat kedudukan menjadi 1-1 (format best of seven).

Pada pertandingan yang masih digelar di Quicken Loans Arena, Cleveland, Kamis (7/5) pagi tadi, Cavaliers langsung menggila di kuarter pertama. Mereka leading 5 bola, 28-18. Megabintang mereka, LeBron James sudah membukukan 14 poin di kuarter pertama ini.

Bulls mulai memperketat defense-nya di kuarter kedua dan menipiskan skor sementara menjadi 45-64. Di kuarter ketiga dan keempat, Bulls sesungguhnya leading per kuarter dengan 26-23 dan 20-19. Namun secara keseluruhan mereka kalah 91-106.

James menjadi bintang dengan mencetak 33 poin disusul Kyrie Irving dengan 21 angka. "Kami sadar harus bermain lebih menggedor melawan Bulls. Jadi saya harus agresif, bahkan saya merasa lebih agresif dari biasanya. Saya senang bisa membantu tim memenangkan game ini," ujar James di laman NBA, usai game.

Game ketiga akan pindah ke markas Bulls di United Center, Chicago, Sabtu (9/5) pagi WIB. (adk/jpnn) 


[Link to media]
Kasus Narkoba, Warga Australia Terancam Hukuman Mati di China-JPNN.com

Warga Australia Peter Gardner mulai menghadapi persidangan kasus narkoba di China, Kamis (7/5/2015), dengan kemungkinan ancaman hukuman mati.

Peter Gardner (25 tahun) ditangkap di Bandara Guangzhou pada November 2014 saat akan boarding ke Sydney. Di bagasi miliknya petugas menemukan 30 kg sabu-sabu.

Pria yang memegang kewarganegaraan ganda, Australia dan Selandia Baru ini ditangkap bersama teman wanitanya, Kalynda Davis, yang kemudian dibebaskan setelah ditahan selama beberapa pekan.

Media setempat di Guangzhou menyebutkan kasus ini merupakan penangkapan narkoba terbesar selama ini di bandara tersebut.

Menurut pengacara Peter, Craig Tucker, persidangan mungkin saja berlangsung cepat dan keputusan vonis belum bisa diketahui.

Namun jika merujuk kasus-kasus sebelumnya, vonis Peter Gardner bisa saja berupa hukuman mati.

Menurut aturan hukum di China, siapa saja yang tertangkap tangan memiliki 50 gram atau lebih heroin atau sabu-sabu, terancam maksimal hukuman mati.

Peter Gardner kini tercatat merupakan satu dari sejumlah warga Australia yang sedang menghadapi kasus narkoba di China.

Warga Adelaide bernama Anthony Bannister kini sedang menunggu vonis setelah disidangkan Oktober lalu.

Menurut pihak Komisi Kejahatan Australia (ACC) meningkatnya penyelundupan sabu-sabu ke Australia disebabkan iming-iming keuntungan besar karena harganya yang lebih mahal di negara ini.

Disebutkan harga pasaran sabu-sabu di China sekitar 99 dolar/gram sedangkan di Australia mencapai 624 dolar.

Sedangkan harga perkilonya bervariasi dan bisa mencapai 325 ribu dolar (sekitar Rp 3,2 miliar).

Dalam persidangan kasus narkoba bulan Maret lalu, Pengadilan Guangzhou menjatuhkan vonis mati bagi Gao Chaoneng karena terbukti menyelundup 28 kg sabu-sabu, sedikit di bawah jumlah yang disita dari Peter Gardner.

Menurut ketentuan di Propinsi Guangdong, pelaksanaan hukuman mati dijalankan dengan cara disuntik mati.

Sejauh ini Pemerintah Australia tidak berkomentar dalam kasus Peter Gardner ini karena ia saat itu bepergian dengan menggunakan paspor Selandia Baru.


[Link to media]
Jokowi Gembira Kumpul Bareng dengan Tokoh KIH-KMP-JPNN.com

JAKARTA - Presiden Joko Widodo tak dapat menyembunyikan kegembiraannya berkumpul bersama semua tokoh partai politik dari dua kubu, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP).

Momen itu didapatkan Jokowi saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Rakernas I Partai Amanat Nasional (PAN) 2015 di Balai Sudirman Jakarta, Rabu (6/5) malam.

Tokoh-tokoh partai politik KIH yang hadir dalam acara itu adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKB Muhaimi Iskandar, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua Umum PKPI Sutiyoso, dan Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella.

Sementara dari KMP tampak hadir Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tuan rumah), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Anis Matta, Ketua Umum PPP Hasil Muktamar Jakarta Djan Faridz, dan Ketua Umum Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie. Selain itu tampak hadir Ketua Partai Demokrat Syarief Hasan.

Saat hendak mengawali pidato sambutannya, Jokowi menyempatkan diri menghampiri Prabowo, Aburizal Bakrie dan Anis Matta.

“Kenapa tadi saya hampiri Prabowo Subianto, kenapa hampiri Aburizal Bakrie, karena pada malam ini saya berbahagia, karena yang namanya KIH dan KMP semuanya hadir bersama,” katanya, seperti dilansir dari situs setkab, Kamis (7/5).

Presiden menilai kehadiran tokoh-tokoh KIH dan KMP itu menunjukkan adanya kebersamaan, kerukunan, dan persatuan. Ia pun mengajak agar KIH dan KMP bersatu karena yang perlu dilawan saat ini adalah negara lain bukan sesama bangsa Indonesia.

“Sekarang kompetisinya bukan antarkota bukan antarmanusia, bukan antarprovinsi, tapi persaingannya adalah antarnegara. Kalau masih ribut sendiri di dalam negeri, ramai sendiri dalam negeri, padahal tantangan kita semakin berat,” ujar Jokowi. (adk/jpnn)


[Link to media]
Kuartal Kedua Properti Masih Tumbuh-JPNN.com

PADA kuartal kedua tahun ini, properti diproyeksi masih tumbuh. Untuk mendongkrak pertumbuhan, developer gencar menawarkan proyek baru. Apalagi, kini kondisi perekonomian nasional sedang lesu. Ditambah lagi, masyarakat cenderung berhati-hati membelanjakan uang.

Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi menyatakan, pelemahan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap sektor properti. Sebab, dari sisi investasi, properti masih menjanjikan. ''Hanya, mereka memiliki beberapa pertimbangan sebelum memutuskan membeli properti. Antara lain, pertimbangan lokasi dan latar belakang pengembang. Calon pembeli melihat di lokasi itu, sebelumnya ada proyek atau tidak,'' ujar dia kemarin (6/5).

Karena itu, dia optimistis pada kuartal kedua masih membukukan pertumbuhan sebagaimana capaian perusahaan pada kuartal pertama 2015. Apalagi, kondisi perekonomian berpotensi menguat pada tiga kuartal berikutnya kalau pemerintah merealisasikan paket proyek infrastruktur. Secara tidak langsung, proyek infrastruktur pemerintah bisa mengerek berbagai sektor. Menurut Sutandi, jika perekonomian kembali menguat, properti bakal melaju kencang.

''Sesuai dengan kondisi sekarang, kami tidak menaikkan harga terlalu tinggi. Proyeksi kami hingga akhir tahun, kenaikan harga maksimal sekitar 20 persen. Jadi, sebaiknya pembeli memanfaatkan momen seperti sekarang. Sebab, yang menguasai pasar adalah pembeli, bukan developer. Ditambah, ada kecenderungan bunga perbankan akan turun,'' papar Sutandi.

Untuk menangkap momen tersebut, Pakuwon terus merilis produk baru sebagai pengembangan proyek yang dimiliki. Dalam pameran Pakuwon Group Property Festival di Surabaya, ada tiga proyek baru yang ditawarkan.

Marketing Manager Pakuwon City Reinecke Bayu menyebutkan, tiga proyek itu adalah kavling di Windsor Hill Long Beach Pakuwon City, landed house di Grand Island Zimbali Costa Pakuwon City, dan beberapa produk di Grand Pakuwon di Margomulyo, Surabaya Barat.

''Kavling yang kami tawarkan di Long Beach merupakan tahap kedua. Sebelumnya, pada tahap pertama, terjual 40 kavling. Saat ini hanya 15 kavling yang kami tawarkan. Banyak keuntungan membeli kavling. Salah satunya, pembeli bisa mendesain bangunan sesuai dengan keinginan,'' ungkapnya.

Di Grand Pakuwon, lanjut dia, pada akhir tahun nanti 80 unit rumah diserahterimakan. Pakuwon optimistis tiga produk tersebut mampu mendongkrak target penjualan Rp 200 miliar. (res/c14/agm) 


[Link to media]
Si Seksi Lena Permatasari Siap Rilis Single Jomblo-JPNN.com

LENA Permatasari diam-diam sudah siap melempar single keempatnya bertajuk Jomblo. Menurut artis seksi runner up Indonesia Next Star 2010 itu, akhir Mei nanti single yang diproduksi Iztambul Managemen pimpinan Swajie itu siap dilempar ke pasaran

“Baru kemarin dikasih materi. Kisahnya tak jauh dari kehidupan sehari-hari. Seorang jomblo tak punya pasangan. Kalau malam minggu bingung, akhirnya pinjam pacar orang," tutur Lena, saat ditemui di sela rekaman di Studio C Pro, Kawasan Manggarai Selatan, Jakarta Selatan, Rabu (6/5) malam.

Single Jomblo mengusung genre yang digeluti Lena selama ini. "Masih di dangdut, tapi sekarang lebih ke Cha cha dut. Agak remix, ada housenya juga,” tutur gadis kelahiran Sukabumi 27 Mei 1987 berambut pirang ini.

Anak bontot dari 3 bersaudara ini optimistis single ini laku di pasaran. "Lagunya asik, musiknya enak. Dan tentunya harus berdoa dan berusaha," tandasnya. 

Sebelumnya, Lena Permatasari telah merilis tiga single yaitu Nggak Mau Lagi (2010), Lalat Ijo (2012) dan Dikiro Preman (2015) yang diproduksi juga oleh Iztambul Management.

"Aku berharap lagu ini bisa diterima masyarakat, bisa disenangi orang, tak hanya penggemar dangdut tapi untuk segala lapisan, pokoknya top markotop deh," kata Lena. (adk/jpnn)


[Link to media]
Menengok Kehidupan Minoritas Muslim di Pedalaman Australia-JPNN.com

Saban hari Jumat di Kota Ararat - 50an warga Muslim berkumpul di sebuah bangunan kecil dekat stasiun kereta. Demikianlah suasana ibadah mingguan umat Islam yang minoritas di kota pedalaman Victoria di luar Kota Melbourne.

Di bangunan kecil itu pula, organisasi masyarakat Muslim bernama Islamic Welfare Association sesekali bertemu dengan pihak Gereja Katolik setempat untuk kegiatan bersama.

Namun tak lama lagi, warga Muslim di kota berpenduduk 8000an jiwa itu, akan memiliki masjidnya sendiri. Hal itu karena Pemerintah Kota Ararat telah memberikan izin pembangunan, yang juga disetujui oleh pemuka agama lain di kota itu.

ABC menemui empat keluarga Muslim - yang sama seperti warga lainnya merasa bangga dengan Ararat dan sudah menganggap kota itu sebagai kampung halaman.

Keempat keluarga ini mengakui agama yang mereka anut itu seringkali disalahpahami oleh penduduk lainnya - seakan-akan mereka merupakan ancaman bagi masyarakat setempat.

Keluarga Anas Ghazal dan Kimberly Amatullah

Anas Ghazal dan istrinya Kimberly Amatullah, bersama anak mereka Sarah Ghazal, Malik Ghazal, Samerah Ghazal.
Anas Ghazal dan istrinya Kimberly Amatullah, bersama anak mereka Sarah Ghazal, Malik Ghazal, Samerah Ghazal.

Anas Ghazal adalah seorang dokter di RS Ararat. Pria kelahiran Suriah ini bertemu istirnya, Kimberly, saat wanita kelahiran Australia ini berkunjung Suriah untuk memperdalam pelajaran Alquran.

"Kami dikenalkan satu sama lain, saling mencintai, dan akhirnya saya melamar dia," kata Anas. "Kami menikah dan tinggal di Suriah selama dua tahun."

Kimberly sendiri memeluk Islam di usia 18 tahun, jauh sebelum ia bertemua Anas.

"Saat itu saya baru tamat SMA, dan mencari makna hidup saya," jelas Kimberly.

"Guru agama saya orang Suriah, jadi saya pergi ke sana untuk belajar agama dan merasakan kehidupan dalam budaya yang berbeda,' katanya.

Suami-istri ini pindah ke Ararat dari Kota Bendigo tiga bulan lalu, bersama tiga anak mereka. Kimberly kini sedang hamil anak keempat.

Kehidupan mereka sama belaka dengan pasangan keluarga muda lainnya - bekerja, antar-jemput anak ke sekolah, belanja, memasak dan kegiatan keluarga lainnya.

Mereka mengaku lebih rileks menjalani kehidupan di kota pedalaman ini dibandingkan dengan kota besar seperti Melbourne.

Namun tantangannya, tidak semua warga memiliki pemahaman yang luas mengenai perbedaan agama seperti pada umumnya warga di perkotaan.

Kimberley sendiri mengaku dalam 14 tahun terakhir sejak ia mengenakan jilbab, hanya tiga kali sepanjang yang ia ingat ia secara langsung mendapat komentar negatif dari orang lain.

 

Osman Kokcu

Osman Kokcu, pengurus organisasi masyarakat Muslim di Ararat.
Osman Kokcu, pengurus organisasi masyarakat Muslim di Ararat.

Pria kelahiran Turki, Osman Kokcu, sudah menetap di Australia selama 14 tahun - kini ia tinggal dan bekerja di rumah potong hewan di Ararat.

Istri dan anaknya harus tinggal di Melbourne karena alasan sekolah anaknya di sebuah SMA. "Saya bertemu mereka di akhir pekan," katanya.

Osman adalah pengurus Islamic Welfare Association di Ararat, yang bertujuan saling membantu di antara keluarga Muslim.

"Misalnya ada warga Muslim yang baru datang ke sini - kami turut membantu mencarikan rumah dan pekerjaan," kata Osman.

 

Keluarga Saqib Gondal dan Misbah Saqib

Misbah Saqib dan Saqib Gondal (kiri) bersama anak mereka Emaan Saqib dan Zayan Gondal serta saudara Misbah, Ahmad Raza.
Misbah Saqib dan Saqib Gondal (kiri) bersama anak mereka Emaan Saqib dan Zayan Gondal serta saudara Misbah, Ahmad Raza.

Pasangan suami istri Saqib dan Misbah memutuskan untuk meninggal kehidupan kota besar dan memilih tinggal di kota pedalaman.

Saqib adalah supir taksi di Ararat dan mengaku memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga dibanding saat tinggal di kota besar.

"Akhirnya kami bisa membeli rumah di sini, dengan harga cicilan yang lebih murah dibandingkan harga sewa rumah di Melbourne," ujarnya.

Keluarga ini memiliki dua orang anak. Dan sebagai supir taksi, Saqib merasakan langsung bagaimana berinteraksi dengan warga lainnya setiap saat.

"Penumpang langganan bahkan membuatkan barang-barang untuk anak kami. Ada yang membuatkan baju hangat, bahkan ada yang membuatkan selimut," tutur Saqib.

Sebaliknya, di saat perayaan Natal Saqib sibuk mengantarkan kartu ucapan kepada pelanggannya.

 

Keluarga Riaz Mohd dan Remandeep Kaur

Riaz Mohd, Remandeep Kaur dan bayi mereka Aleena.
Riaz Mohd, Remandeep Kaur dan bayi mereka Aleena.

Riaz dan Remandeep berasal dari kota yang sama di India - namun mereka tak dibolehkan menikah karena alasan perbedaan agama.

Mereka pun pindah ke Australia. Remandeep yang tadinya beragama Sikh kemudian memeluk Islam.

Pasangan ini datang ke Ararat empat tahun lalu demi memenuhi syarat visa mereka - yaitu harus tinggal di daerah pedalaman. Kini keduanya bekerja di rumah potong hewan di kota itu.

"Riaz bekerja sebagai pemotong hewan dan memastikan prosesnya secara halal sedangkan saya bekerja sebagai petugas pengawas daging," ujar Remandeep.

Remandeep mengaku diterima oleh warga sekitarnya dan karena itu menyatakan, "Saya mencintai Australia dan ingin menghabiskan hidup di negara ini".


[Link to media]
Indeks Keyakinan Konsumen Melemah-JPNN.com

JAKARTA - Keyakinan konsumen Indonesia kembali melemah. Hal tersebut tecermin pada hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI). 

''Meski masih ada di level optimistis (>100), indeks keyakinan konsumen (IKK) pada April turun sebesar 9,5 poin, yakni menjadi 107,4,'' ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta kemarin (6/5).

Dia mengungkapkan bahwa pelemahan IKK itu didorong penurunan dua komponen pembentuknya, yaitu indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini dan indeks ekspektasi konsumen (IEK) yang masing-masing turun sebesar 8,6 dan 10,3 poin daripada bulan sebelumnya. 

''Perlambatan kenaikan penghasilan konsumen dan penurunan ketersediaan lapangan kerja pada April 2015 ditengarai mendorong konsumen untuk menahan pembelian barang tahan lama. Contohnya, telepon seluler, televisi, lemari es, AC, mesin cuci, mobil, motor, dan lain-lain,'' ucapnya.

Optimistis konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang juga melemah ketimbang bulan sebelumnya. Indikasi tersebut tercermin dari IEK April 2015 yang menurun 10,3 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni menjadi 115,9.

Faktor utama yang membuat optimistis responden terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang melemah adalah perkiraan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi enam bulan mendatang, kemudian meningkatnya potensi tekanan kenaikan harga dan semakin ketatnya penyaluran kredit perbankan.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada Juli 2015 semakin meningkat sejalan dengan tingginya permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri. ''Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas,'' tuturnya.

Sementara itu, untuk kondisi pada enam bulan mendatang (Oktober 2015), responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan yang tidak setinggi bulan sebelumnya. Hal tersebut terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan enam bulan mendatang sebesar 127,5, yakni turun 9,4 poin dari indeks bulan sebelumnya. (dee/c20/tia) 


[Link to media]
Ini yang Dilakukan Para Adik HB X Setelah Dikeluarkannya Sabdaraja-JPNN.com

JOGJA - Tak lama setelah Raja Jogjakarta Hamengku Buwono X mengeluarkan sabdaraja, adik-adiknya seperti GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakraningrat, dan GBPH Condrodiningrat bersama adik-adik HB X lainnya yang tinggal di luar DIJ kemarin sore melakukan ziarah ke kompleks makam raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul. 

Menurut Gusti Prabu, sapaan akrab GBPH Prabukusumo, memang ada perubahan dari rencana semula yang akan berziarah Kamis hari ini. 

"Kami pikir sebelum bicara, keluarga lebih baik ziarah dulu. Nyuwun pangestu sambil nyuwunke pangapura Ngarso Dalem (HB X) atas kekhilafannya." 

Ketua KONI DIJ itu juga menyatakan belum tahu persis isi dawuhraja yang dibacakan HB X di Bangsal Sitihinggil. Gusti Prabu menyebut yang dilakukannya bersama saudara-saudara lainnya hanya sebagai upaya untuk menyelamatkan Keraton Jogja. 

"Kami tidak memiliki kepentingan apa pun. Hanya ingin menyelamatkan keraton," katanya. 

Ya, para pengaran itu menolak sabdaraja yang diantaranya salah satunya menobatkan putrinya, GKR Pembayun, sebagai putri mahkota dengan gelar GKR Mangkubumi. 

Artinya, Pembayun yang bergelar GKR Mangkubumi berhak menggantikan ayahnya duduk di takhta Kerajaan Jogja. Sebuah tradisi yang selama ratusan tahun tak pernah terjadi di Kerajaan Mataram sejak era Panembahan Senopati. (pra/laz/end/mas) 


[Link to media]
PDIP Siapkan Nama, Pramono Makin Kencang Didorong Masuk Istana-JPNN.com

JAKARTA - PDIP membuat terobosan di tengah kencangnya wacana perombakan kabinet (reshuffle) beberapa waktu terakhir. Selain mengadakan dialog langsung dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka yang dihadiri pengurus dewan pengurus pusat (DPP) dan 33 ketua dewan pimpinan daerah (DPD) dari seluruh Indonesia kemarin (6/5), ternyata partai berlambang banteng moncong putih itu menyiapkan kader terbaik yang bisa dipilih Jokowi di tengah reshuffle. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi Jokowi sejak dilantik sangat berat. Mulai celah fiskal yang sempit, konflik antarlembaga tinggi negara, hingga warisan utang yang cukup besar. 

"Kendala-kendala dalam hal percepatan infrastruktur juga masih besar," ujar Hasto setelah mendaftarkan kepengurusan baru PDIP di kantor Kemenkum HAM di Jakarta kemarin 

Presiden, lanjut Hasto, tentu akan memperbaiki kinerja kementerian yang dinilai tidak mampu memuaskan publik. Bisa dengan reshuffle kabinet, mempercepat agenda pemerintah, atau cara-cara lainnya yang dinilai tepat oleh presiden. 

Yang jelas, menurut Hasto, PDIP tidak pernah mendorong presiden untuk melakukan reshuffle. Itu sepenuhnya urusan presiden dan PDIP hanya mendukung yang dilakukan presiden.

Meski demikian, Hasto tidak membantah bahwa PDIP juga memberikan masukan kepada presiden. Tentu apabila presiden meminta. Termasuk apabila diminta menyiapkan calon menteri jika reshuffle jadi dilakukan. "Sebagai parpol, kami siapkan kader terbaik untuk mengisi jabatan," tambahnya.

Hingga saat ini, belum banyak nama yang muncul sebagai kandidat pengganti jika benar terjadi reshuffle untuk beberapa pos di kabinet. 

Nama-nama itu tentu sulit bisa lepas dari dinamika politik dalam beberapa waktu ke depan. Salah satu yang paling deras bergulir adalah mantan Sekjen DPP PDIP Pramono Anung. Isu soal mantan wakil ketua DPR itu akan didorong untuk bisa masuk ke lingkaran istana berembus sejak Kongres IV PDIP di Bali awal April 2015. (dyn/owi/byu/bay/c10/kim) 


[Link to media]
Sering Jajakan Perempuan Via Online, Nasib 2 Mucikari ini Jadi Begini-JPNN.com

SETELAH mengendus adanya praktik prostitusi online di Jember, pada Selasa malam (5/5) Polres Jember meringkus dua mucikari yang sering menjajakan perempuan kepada pria hidung belang secara online. Selain itu, polisi menangkap seorang perempuan belia yang diduga menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia).

Dua mucikari yang ditangkap tersebut bernama Junaidi alias Pleret, 43, warga Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, dan Syaifullah alias Bowo, 35, warga Dusun Gempal, Desa/Kecamatan Pakusari. Kedua pelaku diciduk polisi bersama sejumlah barang bukti seperti uang tunai dan tiga smartphone yang biasa digunakan melancarkan aksinya.

Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif menjelaskan, anggotanya menemukan akun media sosial yang ditengarai dimanfaatkan untuk menawarkan perempuan penghibur di internet. ''Setelah kami lacak, pelakunya mengarah pada dua orang ini. Sampai akhirnya, kami mengetahui pelaku berada di hotel. Akhirnya, kami lakukan penangkapan,'' tuturnya.

Menurut dia, perempuan berusia 17 tahun yang ditangkap bersama pelaku tersebut merupakan orang yang akan ditawarkan kepada pria hidung belang di media sosial. Berdasar hasil pemeriksaan sementara, perempuan belia itu diduga korban trafficking oleh kedua pelaku. ''Kami akan terus mengembangkan penyelidikan untuk menjerat pelaku lain. Terlebih bagi pelaku yang nekat menjual perempuan,'' ujar dia.

Polisi juga akan memproses dua mucikari yang menjual perempuan muda tersebut. ''Mucikarinya bisa diancam hukuman 15 tahun penjara,'' tegasnya. (jum/har/JPNN/c14/any) 


[Link to media]
Siswi SMP Dipaksa Pesta Miras, Teler, Lantas Digilir-JPNN.com

KENDAL - Seorang pemuda nelayan asal Desa Gebang Anom Kecamatan Rowosari, PW (20) terpaksa harus meringkuk di tahanan Polres Kendal untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dia telah menodai SK (13) salah seorang gadis warga Desa Kaliyoso Kecamatan Kangkung, yang  masih berstatus pelajar SMP ini.

Bermula, pada Selasa (5/5) sekitar pukul 19.30 WIB, korban di-SMS oleh pelaku untuk datang ke rumahnya di Desa Gebang Anom. Namun setelah sampai di rumahnya,  korban diajak ke rumah temannya untuk bermain bilyard. Tapi, sesampainya di tempat bilyard justru bola yang digunakan untuk bermain tidak ada.

Akhirnya korban oleh pelaku bersama temannya diajak ke sebuah tempat penggilingan padi. Di belakang tempat penggilingan padi, pelaku SMS dua orang teman yang lain disuruh untuk datang membawa minuman beralkohol.

Begitu kedua temannya datang sambil membawa miras, korban diminta ikut minum-minuman keras bersama oleh pelaku dan ketiga temannya yang lain.

Setelah korban terpengaruh minuman keras tersebut, dengan kondisi setengah sadar korban dipaksa para pelaku untuk melakukan hubungan badan.

"Saya memang SMS dia (Korban SK-Red) untuk datang bermain ke rumah. Sesampainya di rumah kemudian saya ajak keluar untuk bermain ke tempat bilyard. Lha dia sendiri juga mau kok dengan saya, apalagi dia sering dibawa para cowok lain," aku PW.

Ia mengatakan, saat akan bermain bilyard kondisi hujan. Kemudian korban dibawa ke tempat yang lain dan diajak minum bersama. "Dia (korban, red) sudah biasa juga minum-minuman keras, teman-teman saya banyak yang bilang begitu kok," imbuhnya.

Kasat Reskrim Polres Kendal Iptu Fiernando Ardiansyah mengatakan berkat adanya laporan dari orang tua korban, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Petugas juga melakukan penyitaan beberapa barang milik korban untuk dijadikan sebagai barang bukti. Diantaranya, satu buah baju lengan pendek motif kotak-kotak warna ungu putih, satu buah celana panjang jeans warna biru tua, satu buah BH warna hijau putih serta satu celana dalam warna putih.  

Para pelaku bakal dijerat pasal 81 dan atau 82 UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak atau pasal 285 KUHP dengan ancaman paling lama 15 tahun penjara. (via)

 


[Link to media]
Pangeran Harry Akan Bertemu Warga Sydney di Opera House-JPNN.com

Warga Sydney akan berkesempatan bertemu dengan salah seorang pewaris tahta kerajaan Inggris, Pangeran Harry dalam acara di Opera House hari Kamis (7/5/2015) dengan kunjungan Harry di Australia segera akan berakhir.

Harry yang dikenal dengan nama resmi Kapten Wales, akan ambil bagian dalam latihan militer di Sydney Harbour. Setelah itu dia akan bertemu dengan Menteri Utama New South Wales Mike Baird, dan kemudian mengunjungi Sydney Barat untuk bertemu dengan seorang tentara Inggris yang kehilagan kakinya ketika bertugas di TImur Tengah.

Acara di Opera House dimulai pukul 12:30. 

Pangeran Harry sudah berada di Australia sejak bulan April.
Pangeran Harry sudah berada di Australia sejak bulan April.

Warga biasa diundang untuk mengucapkan selamat jalan setelah Harry bergabung dengan militer Australia selama sebulan terakhir.

Setelah bertemu warga di Opera House, Harry kemudian akan berkunjung ke Macquarie University Clinic di  Macquarie Park, dimana Letnan Ali Spearing  asal Inggris sedang menjalani perawatan untuk mendapatkan kaki palsu setelah terluka di Afghanistan di tahun 2011.

Pangeran Harry sebelumnya sudah menghabiskan waktu bersama tim komando SAS di Perth, tentara dari kalangan aborigin di Kawasan Utara, dan Resimen 6 Udara di Sydney, selama kunjungannya di Australia.

Harry akan meninggalkan Australia dan menuju ke Selandia Baru hari Sabtu.


[Link to media]
Alamak! Oknum PNS Pesta Sabu dengan Istri Kedua-JPNN.com

CILACAP - Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara dari Kementrian Hukum dan HAM, digelandang ke Mapolres oleh jajaran Sat Narkoba Polres Cilacap.

Sug (48) ditangkap saat berada di rumah istri keduanya, yang juga merupakan pengguna sabu, Sup (43).

Keduanya tak bisa mengelak saat polisi masuk ke dalam rumah Sup di Jalan Teri, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan. Dari hasil pengeledahan, polisi menemukan barang bukti berupa dua paket sabu yang dibungkus tisu warna putih seberat 0,1 gram, beserta dua pipet kaca isi sisa sabu seberat 0,003 gram.

Tak hanya itu, polisi juga menemukan sebuah alat penghisap sabu atau bong di sebuah sudut rumah Supi, yang dibungkus dalam plastik kresek warna hitam. Dari hasil pemeriksaan, kedua tersangka mengaku memperoleh barang haram tersebut dari seseorang bernama Puryadi als Joss (43).

Dari penengkapan dan pengeledahan di rumah Puryadi di Jalan Kelinci Barat, Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, petugas menemukan sebuah bungkus bekas korek api yang di dalamnya berisi dua paket sabu seberat 1 gram. Petugas Sat Narkoba juga menyita sebuah handphone warna hitam yang diduga sebagai alat untuk transaksi narkoba.

Kasat Narkoba Polres Cilacap AKP Sumanto,SE mengatakan bahwa petugas masih mendalami jaringan penjualan sabu di wilayah Cilacap, termasuk di kalangan jaringan tersebut.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Cilacap untuk proses penyidikan. Ketiganya dijerat pasal 112 (1) dan atau pasal 114 ayat (1) UU RI No 35/2009, tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.(far)

 


[Link to media]
Sabda Raja Ditolak, Ini Kata Hamengku Buwono X-JPNN.com

MENANGGAPI penolakan keluarga atas sabdaraja yang dikeluarkannya, Raja Jogja Hamengku Buwono X akhirnya membuka suara. HB menyatakan tidak mempermasalahkan pihak-pihak yang tak sepakat dengan sabdaraja maupun dawuhraja yang dibacakannya. Dia juga menjanjikan minggu depan ada penjelasan resmi dari Keraton Jogja soal itu.

Ketika dikonfirmasi wartawan apakah benar dawuhraja Selasa lalu (5/5) menobatkan putri sulungnya, GKR Pembayun, sebagai putri mahkota dengan gelar GKR Mangkubumi, HB pun segera menjawab. "Wingi tahu gak (kemarin tahu tidak, Red)? Sudah tahu jangan tanya lagi," ujar HB di Kepatihan kemarin (6/5). 

Dalam kesempatan tersebut, HB belum mau menjelaskan isi lengkap sabdaraja maupun dawuhraja karena baru akan dije­laskan minggu depan. 

"Biar yang tidak setuju keluar dulu. Yang tidak setuju koar-koar dulu, minggu depan akan kami undang semua (media)," tambahnya.

Kemelut Keraton Jogjakarta tersebut berawal ketika HB X mengadakan pisowanan khusus yang dihadiri keluarga pada 30 April. Dalam kesempatan itu, HB mengeluarkan dawuhraja atau sabda raja. Isinya antara lain HB mencopot gelar khalifatullah yang artinya pemimpin agama. Gelar tersebut selama ini selalu dipakai para sultan dinasti Mataram itu. 

Tidak berhenti di situ, perlawanan adik-adik HB sangat keras atas dinobatkannya GKR Pembayun sebagai putri mahkota. Artinya, Pembayun yang bergelar GKR Mangkubumi berhak menggantikan ayahnya duduk di takhta Kerajaan Jogja. Sebuah tradisi yang selama ratusan tahun tak pernah terjadi di Kerajaan Mataram sejak era Panembahan Senopati. (pra/laz/end/mas) 


[Link to media]
Lumpur Menyembur, Tanah Ambles, Dinding Retak - Retak-JPNN.com

NGANJUK - Titik yang menyemburkan material lumpur mendadak muncul di pekarangan SMP Negeri 2 Gondang, Desa Sumberagung, Kecamatan Gondang. Sebenarnya, semburan terdeteksi sejak pekan lalu, namun belakangan muncul titik-titik baru. Tanah di sekitar sekolah pun perlahan turun hingga 70 cm. Beberapa dinding kelas juga diwarnai retakan. Semuanya diduga sebagai imbas semburan lumpur. 

Titik pertama diketahui berada di tengah sungai kecil di sisi barat sekolah. Pantauan di lokasi kemarin siang (6/5) menunjukkan, tumpukan material lumpur berwarna abu-abu terang itu sudah memenuhi seluruh badan sungai. Bahkan, sebagian mengalir ke utara mendekati tepi jalan raya Kecamatan Gondang-Rejoso. Tak pelak, setelah bubaran kegiatan ujian nasional (unas) di sekolah setempat, para guru dan warga sekitar pun gempar dan ramai-ramai mendatangi lokasi.

Titik semburan berjarak sekitar 10 meter dari bangunan ruang kelas keterampilan SMPN 2 Gondang, yang kemarin dijadikan ruangan khusus pengawas unas. Di dinding luar sisi barat ruangan, fondasi tanah tampak ambles sedalam sekitar 70 sentimeter. Muncul pula garis retakan memanjang sekitar 10 meter. Setiap hari kedalaman tanah ambles terus bertambah beberapa sentimeter. 

Peristiwa amblesnya tanah fondasi kelas itu terjadi hampir bersamaan dengan kemunculan semburan. "Dugaan kami, semburan lumpur itu yang memicu tanah ambles," kata Noor Cholis, kepala SMPN 2 Gondang, di lokasi semburan kemarin. Sampai sekitar pukul 13.00, material lumpur masih terus menyembur dari dalam tanah meskipun Noor menyebut sudah tidak sederas sehari sebelumnya. 

Pihak sekolah kemudian menyuruh salah seorang tukang kebun menyumbat titik sumber sekaligus mengukur kedalamannya. Saat dites dengan bambu sepanjang sekitar 6 meter, rupanya hampir seluruh batangnya tenggelam sedalam sekitar 5 meter. "Dari bawah terasa tekanan kuat sehingga kayu bambu memantul-mantul saat ditancapkan," jelas Noor.

Pada saat bersamaan, kemarin siang rupanya muncul titik semburan baru di sekitar titik semburan utama. Awalnya hanya muncul gelembung di genangan air, lalu semakin lama semakin besar. Setidaknya ada tiga titik baru yang tampak kemarin. Salah satunya berada tepat di balik dinding kelas.

Karena sampai kemarin material lumpur terus menyembur, Noor menyatakan bahwa dirinya dan warga sekolah mulai waswas. Apabila dalam jangka panjang semburan terus terjadi, dia khawatir lapisan tanah di bawah kompleks sekolah akan tergerus. Akibatnya, sejumlah bangunan gedung terancam rusak, bahkan roboh. "Karena itu, kami secepatnya melapor ke sejumlah pihak yang berwenang untuk sama-sama melakukan antisipasi," ujarnya.

Sekitar pukul 14.00, tim dari berbagai instansi datang secara beruntun ke lokasi setelah mendapat laporan. Mulai tim Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertambangan, dan Energi (Disperindagkoptamben) Nganjuk, lalu disusul tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk hingga aparat dari Polsek Gondang. Untuk mengamankan lokasi, garis polisi dipasang mengelilingi area semburan lumpur.

Soekonjono, kepala pelaksana harian BPBD Nganjuk, menduga material lumpur itu tidak mengandung minyak atau bahan mineral khusus lainnya. Namun berasal dari luberan sumur artesis bercampur lapisan-lapisan material di dalam tanah. "Bisa muncul di lokasi pengeboran sumur," ujarnya. (pas/JPNN/c9/any) 


[Link to media]
Mahasiswi PSK Saling Kenal, tak Gunakan Jasa Germo-JPNN.com

TASIK – Koordinator Komisi Pemerhati Anak dan Remaja (KPAR) Tasikmalaya Daniar Ridijati mengatakan, sebagian besar pekerja seks komersil (PSK) di Kota Tasikmalaya ternyata saling kenal. Mereka kerap saling kontak.

Mereka kerap saling kontak dan berkomunikasi,” ungkapnya  saat dihubungi Radar Tasikmalaya (grup JPNN), kemarin (6/5).

Para penjaja kenikmatan dengan cara haram yang mayoritas mahasiswi ini, kata dia, juga berjejaring. "Mereka menjadi pemuas hasrat pria karena diajak temannya, secara berantai," jelasnya.

Tipikal para PSK online di Tasik jarang menggunakan germo. Mereka cenderung “berkarir” secara individu. Dengan demikian, penghasilannya akan lebih besar karena tidak dibagi dengan sang agen. ”Jadi nggak ada pajak germo,” tuturnya.

Dalam wawancara terpisah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tasikmalaya dr H Ali Firdaus Spa Mkes mengatakan , PSK online dan para penggunanya berpotensi terkena penyakit kelamin dan menular.

“Penyakit ini tidak bisa dibendung kalau orang sudah melakukan penyimpangan seksual, kemungkinan besar dia akan terkena penyakit AIDS,” ujar dr H Ali saat diwawancara di Studio Radar TV tadi malam.

Di Tasikmalaya, kata dia, memang sudah ada klinik yang khusus menangani korban HIV/AIDS.  Dari sisi medis sendiri, secara kasat mata PSK online terlihat sehat, mungkin saja dia pembawa petaka.

“Saya berharap di Tasikmalaya kasus-kasus seperti ini harus bisa dibasmi dengan melakukan penanggulangan dan pencegahan,” harapnya.

Hubungan badan yang dilarang agama, kata dia, akan menjadi petaka. Bukan hanya untuk pelakunya tapi anak cucunya nanti.

”Kami terus berharap guru, pendidik dapat memberikan pencerahan pendidikan seksual. Jadi konotasi pendidikan seksual itu bukan jelek, tapi bagaiman kita memperlakukan perempuan, dan bagaimana berpacaran dengan cara baik, tidak melanggar norma agama,” ujarnya. (den/mg13)


[Link to media]
Tunjuk GKR Pembayung Jadi Putri Mahkota, Sabdaraja Jogja Ditentang-JPNN.com

JOGJA - Suasana Keraton Jogjakarta atau Ngayogyokarta semakin menghangat. Keputusan Raja Jogja yang juga Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono (HB) X yang salah satunya menobatkan putrinya, GKR Pembayun, sebagai putri mahkota dengan gelar GKR Mangkubumi mendapat perlawanan keras dari adik-adik HB X. 

Keputusan raja Jogja yang disebut sebagai sabdaraja dan dawuhraja itu ditolak saudara-saudaranya. 

Para pangeran yang menolak itu di antaranya GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakraningrat, dan GBPH Condrodiningrat, bersama adik-adik HB X lainnya yang tinggal di luar DIJ.

Kemelut Keraton Jogjakarta tersebut berawal ketika HB X mengadakan pisowanan khusus yang dihadiri keluarga pada 30 April. Dalam kesempatan itu, HB mengeluarkan dawuhraja atau sabda raja. Isinya antara lain HB mencopot gelar khalifatullah yang artinya pemimpin agama. Gelar tersebut selama ini selalu dipakai para sultan dinasti Mataram itu. 

Tidak berhenti di situ, perlawanan adik-adik HB sangat keras atas dinobatkannya GKR Pembayun sebagai putri mahkota. Artinya, Pembayun yang bergelar GKR Mangkubumi berhak menggantikan ayahnya duduk di takhta Kerajaan Jogja. Sebuah tradisi yang selama ratusan tahun tak pernah terjadi di Kerajaan Mataram sejak era Panembahan Senopati.

"Gusti Kanjeng Ratu Pembayun mendapat dawuhasma kalenggahan enggal (perintah nama kedudukan baru) menjadi Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram," ungkap Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat setelah menghadiri pisowanan di Bangsal Sitihinggil, Keraton Jogja, 5 Mei lalu. (pra/laz/end/mas) 


[Link to media]
Ssstt... Perwira Ini Diam-diam Bertemu Polwan, Saat Digerebek Celananya Ada Cairan-JPNN.com

CIREBON - Heboh. Pasangan bukan suami istri kepergok warga. Yang bikin warga terheran-heran, ternyata pasangan yang diduga mesum itu merupakan anggota Polres Cirebon. Sang pria sudah perwira dengan pangkat inspektur polisi satu (Iptu), sementara wanita berpangkat brigadir yang juga bersuamikan seorang polisi. Keduanya dipergoki warga berada di sebuah rumah di salah satu kompleks perumahan di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa malam (5/5). 

Setelah diamankan warga, keduanya digelandang ke Mapolsek Weru. Dari Mapolsek Weru, mereka dibawa ke Mapolres Cirebon. 

Di Mapolsek Weru, tadi malam, koran ini sempat bertemu Kasi Propam Polres Cirebon Ipda Ujang Syarifudin. Ujang pun mengatakan pihaknya akan mendalami kejadian itu. "Kami selidiki terlebih dahulu, belum bisa menentukan siapa yang bersalah. Butuh pendalaman," katanya singkat.

Lalu, bagaimana kejadian ini terungkap? Informasi yang berhasil dihimpun Radar menyebutkan sekitar pukul 21.30 sang pria datang ke rumah sang polwan dengan mengendarai mobil jenis Toyota Yaris. Mobil langsung masuk ke garasi rumah yang saat itu lampunya dalam keadaan dimatikan. 

Sekitar pukul 22.15, saksi mata berinisial IB, 28, mencurigai keberadaan sang perwira di rumah itu. Dia lantas menggedor pintu rumah. Merasa tak ada jawaban, IB pun semakin penasaran. Dia kemudian bersama warga lainnya mengepung rumah tersebut. 

Sekitar 10 menit kemudian sang perwira mencoba melarikan diri dengan melompati pagar rumah bagian belakang. Namun aksinya sudah keburu ketahuan warga dan lantas langsung diamankan. 

"Saat kami gedor pintu, tak ada jawaban. Selang 10 menit kami tunggu, tiba-tiba dari belakang pagar rumah kami lihat dia mau lompat pagar. Tapi setelah kami paksa, akhirnya menyerah dan keluar. Saat keluar di celana pendek dan ada cairannya. Terus kita panggil Polsek Weru dan mereka berdua digelandang menuju Mapolsek Weru," beber IB kepada Radar saat dijumpai di Mapolsek Weru.

Dari keterangan IB, sang polwan diketahui merupakan istri dari seorang perwira Polri yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Bandung. Selama sang suami di Bandung, sang polwan ini tinggal hanya dengan kedua orang anaknya yang masih kecil. (tim radar cirebon)


[Link to media]
Usai Hakim Ketok Palu, Begini Kalimat Lirih Fariz RM-JPNN.com

JAKARTA - Majelis hakim PN Jakarta Selatan, Rabu (6/5), menjatuhkan hukuman pidana penjara delapan bulan kepada musisi Fariz Rustam Munaf. Putusan tersebut lebih rendah daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang mencapai 10 bulan penjara.

Mendengar putusan itu, pelantun Sakura dan Barcelona itu tampak tegar. Dia menjalani masa tahanan di Lapas Cipinang sejak 7 Januari. Meski begitu, jika diberi kesempatan, dia memilih untuk rehabilitasi.

”Tidak apa-apa jika dihukum selama delapan bulan, tapi dalam bentuk rehabilitasi,” tutur pengacara pribadi Fariz, Hendra Heriansyah.

Hendra mengungkapkan, putusan tersebut tidak cukup adil karena sebelumnya Fariz tersangkut kasus yang sama dan dihukum penjara. Dalam undang-undang pun sudah diatur bahwa terpidana narkoba dihukum dalam bentuk rehabilitasi.

”Yang tahun 2007 waktu itu kan belum ada perundangannya,” terang Hendra, merujuk pada kasus sebelumnya yang berujung pada penjara.

Fariz sempat menceritakan kegalauannya kepada media. Dia mengungkapkan, hal yang paling dipikirkan adalah keluarga. ”Otomatis pemasukan untuk keluarga berkurang,” ucapnya lirih. Jika direhabilitasi, dia merasa masih bisa melakukan sesuatu untuk keluarganya.

Dia pun sedang berpikir untuk mengajukan banding. ”Bukan banding pengurangan masa tahanan, namun agar dapat dipindahkan ke tempat rehabilitasi,” tutur pengacara Fariz yang lainnya, M. Syafri Noer. Permintaan banding tersebut masih dipikirkan hingga enam hari ke depan.  (glo/c6/na)

 


[Link to media]
Pique Nilai Permainan Barcelona Sensasional-JPNN.com

BARCELONA- Barcelona kini tinggal selangkah lagi ke partai final Liga Champions. Itu terjadi setelah Barcelona menggunduli Bayern Muenchen dengan skor 3-0 pada leg pertama.

Kemenangan di Nou Camp, Kamis (7/5) dini hari WIB membuat Barcelona di atas angin. Barcelona bahkan tetap lolos ke final meski kalah dua gol pada leg kedua di kandang Muenchen.

“Saya pikir kami menunjukkan permainan sensasional. Kami juga sangat bagus dalam bertahan. Muenchen jarang mendapat shot on goal sepanjang 90 menit,” terang bek Barca, Gerard Pique di laman BBC.

Bagi mantan penggawa Manchester United itu, menggunduli tim sekelas Muenchen adalah hal yang luar biasa. Pasalnya, Muenchen selama ini memang dikenal sebagai tim yang sangat garang.

“Bisa mematikan shot on target tim seperti Muenchen adalah hal yang sensasional. Kami bisa memaksimalkan peluang kami. Kami juga mampu memaksimalkan kelemahan mereka,” tegas Pique. (jos/jpnn)

 


[Link to media]
Mulan: Aku Nyanyi tentang Jatuh Cinta, tak Berapa Lama Jatuh Cinta Beneran-JPNN.com

JAKARTA - Penyanyi bersuara seksi, Mulan Jameela, sedang sibuk menyiapkan lagu baru. Kalau biasanya menyanyikan lagu-lagu dengan irama nge-beat, kali ini dia bakal membawakan lagu bernuansa mellow.
 
Sebelumnya, Mulan memang jarang mau menyanyikan lagu bernada sedih. "Takut kalau nyanyi lagu mellow nanti kejadian beneran ke aku," tuturnya saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, kemarin (6/5).
 
Ibu tiga anak tersebut lantas mengungkapkan, biasanya lagu yang dibawakannya akan terjadi dalam hidupnya. "Misalnya, aku nyanyi tentang jatuh cinta. Tak berapa lama, aku jatuh cinta beneran," ungkap dia, lalu tersenyum malu-malu.
 
Ketakutan itulah yang membuat Mulan membangun tembok dalam dirinya untuk sedapat-dapatnya tidak menyanyikan lagu mellow. Namun, tembok tersebut akhirnya runtuh setelah Mulan mendengarkan lagu Trauma buatan Ade Govinda bersama sang suami, Ahmad Dhani.

Tiba-tiba, mantan teman duet Maia Estianty itu justru sangat ingin mendendangkan lagu tersebut.
 
Kekhawatiran justru muncul dari Dhani. "Yakin mau nyanyi lagu ini? Nggak takut kejadian beneran?" kata Mulan menirukan pernyataan sang suami.
 
Namun, keinginan untuk menyanyikan lagu itu ternyata lebih besar bila dibandingkan dengan ketakutannya. Melihat tekad Mulan yang kuat, Dhani pun setuju dan langsung menghubungi Ade.

"Padahal, biasanya Mas Dhani menilai lagu sangat kejam. Kalau jelek, dibilang jelek. Syukurnya, dia langsung setuju," jelas Mulan bahagia.
 
Memang, apa isi lagu tersebut sehingga Dhani sempat khawatir? Mulan bilang bahwa lagu itu bercerita tentang kekasih yang cukup lama bersama dan sudah saling mengerti. Tetapi, tiba-tiba salah satunya pergi tanpa alasan.

Akibatnya, si kekasih yang ditinggalkan trauma dengan cinta. Sayangnya, Mulan belum menyebut waktu dirilisnya lagu tersebut. 'Karena benar-benar baru dan belum siap," tandasnya. (glo/c14/na)


[Link to media]
Rumah Fuad Amin di Bali, Bangkalan, Surabaya, Jakarta, Ini Total Harganya-JPNN.com

JAKARTA - Praktek pencucian uang yang diduga dilakukan mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron juga ditemukan dalam bentuk pembelian kendaraan bermotor.

Lagi-lagi pembeliannya disamarkan dengan nama keluarga dan kolega Fuad.  Jumlah uang yang telah digelontorkan untuk pembelian mobil ataupun motor sebanyak Rp 9.392.200.000.

Uang yang tak kalah mencengangkan ditemukan untuk pembelian tanah dan bangunan, jumlahnya Rp 137.332.716.394. Rumah dan tanah yang dibeli Fuad tersebar dari Bali, Bangkalan, Surabaya, hingga Jakarta.

Angka-angka itu tertuang di dalam surat dakwaan untuk Amien, yang didapat Jawa Pos (induk JPNN). Fuad akan disidangkan di pengadilan tipikor, Jakarta, hari ini (7/5).
    
Koordinator Pengacara Fuad Amin, Firman Wijaya mengatakan dakwaan itu tak menutup kemungkinan terjadi kekeliruan.

"Seperti saat penyidikan kemarin. Ada sejumlah aset yang disita akhirnya dikembalikan. Itu kan menunjukan ketidakcermatan," jelasnya.
    
Informasi yang dihimpun Jawa Pos menyebutkan pendukung Fuad Amin rencananya akan hadir di Pengadilan Tipikor.  Beberapa diantaranya datang langsung dari Bangkalan menggunakan kaos-kaos bergambar Fuad dengan desain stensil, bertuliskan Save R. KH Fuad Amin.
    
Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan dakwaan telah disiapkan secara cermat dan teliti oleh para jaksa. Bahkan jaksa yang terlibat pun ada 11 orang. Salah satu diantaranya jaksa senior Pulung Rinandoro.
    
Mengenai keberatan kubu Fuad, Priharsa mengatakan hal itu harusnya disampaikan saat eksepsi. Termasuk keberatan yang selama ini disampaikan, mengenai pelaksanaan sidang di Jakarta.

"Kami punya pertimbangan kenapa sidang dilakukan di Jakarta. Ya karena ada rangkaian penerimaan uang yang terjadi di wilayah Pengadilan Tipikor Jakarta," terangnya.(gun)


[Link to media]
Istri Berharap Fariz RM Tidak di LP Cipinang, karena...-JPNN.com

JAKARTA - Musisi senior Fariz Rustam Munaf divonis hukuman pidana penjara delapan bulan, dalam sidang pembacaan putusan di PN Jakarta Selatan, Rabu (6/5).

Selama pembacaan putusan dan setelahnya, Fariz ditemani istri dan putra bungsunya, Syafergio Avia Difaputra.

Di sela-sela perbincangan, sang istri yang akrab disapa Oneng justru mengkhawatirkan kondisi Fariz. ”Kalau bisa, tidak (ditahan) di Cipinang,” harap dia.

Menurut dia, Lapas Cipinang adalah tempat semua pelaku kriminal dari berbagai kategori berkumpul. Lingkungan itu dipandang tidak kondusif untuk kesehatan suaminya.

Sebelum kembali ke dalam sel, Fariz sempat tersenyum dan melambaikan tangan. Bukan hanya kepada keluarga, tapi juga kepada anggota komunitas pencinta Fariz. Dia juga mencium Oneng dan Syafergio dengan hangat. (glo/c6/na)

 


[Link to media]
Wow! Pak Tua Ini Rogoh Rp 11 M untuk Premi Asuransi-JPNN.com

JAKARTA - Fuad Amin Imron akan menjalani persidangan di pengadilan tipikor Jakarta, hari ini (7/5). Dalam surat dakwaan jaksa yang didapat Jawa Pos (induk JPNN), disebutkan  selain uang tunai, aset mantan Bupati Bangkalan berupa premi asuransi.

Dalam dakwaan kedua dan ketiga, ada uang sebesar 11.209.854.559.37 yang pernah dibayarkan untuk keperluan asuransi. Mayoritas asuransi itu menggunakan nama anak-anak Fuad dari istri keduanya, Siti Masnuri.
    
Koordinator Pengacara Fuad Amin, Firman Wijaya mengatakan dakwaan itu tak menutup kemungkinan terjadi kekeliruan.

"Seperti saat penyidikan kemarin. Ada sejumlah aset yang disita akhirnya dikembalikan. Itu kan menunjukan ketidakcermatan," jelasnya.

Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan dakwaan telah disiapkan secara cermat dan teliti oleh para jaksa. Bahkan jaksa yang terlibat pun ada 11 orang. Salah satu diantaranya jaksa senior Pulung Rinandoro.
    
Mengenai keberatan kubu Fuad, Priharsa mengatakan hal itu harusnya disampaikan saat eksepsi. Termasuk keberatan yang selama ini disampaikan, mengenai pelaksanaan sidang di Jakarta.

"Kami punya pertimbangan kenapa sidang dilakukan di Jakarta. Ya karena ada rangkaian penerimaan uang yang terjadi di wilayah Pengadilan Tipikor Jakarta," terangnya.(gun)

 


[Link to media]
Cara Fuad Amin Menyamarkan Uang, Pegawai Bank yang Datang ke Rumahnya-JPNN.com

JAKARTA - Hari ini (7/5) Pengadilan Tipikor Jakarta dijadwalkan akan menyidangkan perkara Fuad Amin Imron.

Dalam surat dakwaan jaksa, terungkap fantastisnya pencucian uang yang dilakukan Fuad. Untuk membayar premi asuransi saja, Fuad mengucurkan uang Rp 11 Miliar.
    
Dari surat dakwaan yang didapat Jawa Pos (induk JPNN), Fuad dijerat dengan tiga dakwaan. Yang pertama, terkait penerimaan uang dari PT Media Karya Sentosa). Penerimaan itu dikategorikan saat Fuad masih menjabat sebagai Bupati Bangkalan dan setelah menjadi Ketua DPRD Bangkalan.
    
Dakwaan terkait pasal-pasal korupsi itu hanya 47 halaman dari total keseluruhan 203 halaman. Halaman lainnya menguraikan pasal pencucian uang (dakwaan kedua dan ketiga). Pada dakwaan kedua, jaksa KPK menjerat Fuad dengan pasal 3 UU No 8 / 2010.
    
Sedangkan pada dakwaan ketiga, KPK coba memperdalam pencucian uang Fuad sebelum tahun 2010. Sebab pasal yang digunakan pasal 3 ayat 1 huruf a dan c UU No 15 / 2002. Pada dakwaan kedua dan ketiga itu, jaksa menguraikan berbagai uang yang coba disamarkan Fuad. Salah satunya upaya menempatkan uang lewat sejumlah rekening.
    
Total uang dalam rekening yang ditemukan KPK berjumlah Rp 140.638.224.392,12 dan USD 510.246. Uang itu antara lain tersimpan dalam empat rekening atas nama Fuad dengan identitas berbeda. Antara lain, rekening dengan nama R. KH Fuad Amin, H. Fuad Amin, KH. Fuad Amin dan Fuad Amin.
      
"Nama dalam rekening bisa berbeda karena Fuad Amin mempunyai KTP dan SIM dengan nama yang berbeda pula," urai jaksa dalam dakwaan KPK.
      
Cara Fuad Amin menyamarkan uangnya lewat rekening atas nama orang lain cukup unik. Dia memanggil pegawai bank ke rumahnya. Di rumah itu ada orang yang KTP-nya siap dipinjam untuk membuka rekening baru.

Setelah memanfatkan identitas orang bersangkutan digunakan, buku tabungan dan ATM sepenuhnya dikuasai Fuad. Kebanyakan mereka yang namanya digunakan merupakan mantan ajudan dan kolega Fuad. (gun)

 


[Link to media]
Buron Penembak Anggota TNI Tidur di Gubuk sambil Peluk Senjata Laras Panjang-JPNN.com

BANDA ACEH - Tim gabungan dari pihak kepolisian Polda Aceh masih melakukan pengejaran terhadap tersangka penembak dua anggota Kodim 0103 Aceh Utara, Rabu (6/5).

Menurut informasi dihimpun Rakyat Aceh (grup JPNN), pihak kepolisian mengunakan senjata lengkap, menyisir kawasan Desa Lampuja, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar dan sekitarnya.

Hal itu dilakukan pihak polisi, setelah mendapatkan laporan dari Warga Desa Lampuja, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar melihat seorang pria bersenjata tidur di sebuah gubuk di desa mereka, Rabu sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Diduga kuat orang itu pria yang berhasil meloloskan diri dari sergapan pihak kepolisian. Sebab saat dilihat warga sedang memeluk senjata berlaras panjang.

"Pria itu awalnya dilihat oleh seorang warga, dia berada di gubuk masyarakat setempat. Warga itu ketakutan, karena sedirian, kemudian  memberitahu masyarakat lainnya, kami datang ramai-ramai ke gubuk itu. Setelah dilihat dari dekat, ia sudah tidak ada lagi di lokasi," sebut salah seorang warga tak mau disebutkan indetitasnya.

Kepada wartawan, warga yang mengaku melihat pria bersenjata api tersebut, pria tersebut tidur sambil memeluk senjata laras panjang. "Ada warga yang memberi salam tapi tidak dijawab. Kemudian kami lapor ke kepala desa dan setelah lapor kepihak kepolisian," katanya.

Kemudian aparat kembali menyisir persawahan Lampuja. Jarak Lampuja dengan Limpok tempat TB ditangkap sekitar empat kilometer.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Zulkifli yang ikut dalam pengejaran, mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat kondisi pria bersenjata diduga berinisial K alias Komeng tersebut sudah dalam keadaan lemah, karena diperkirakan kena tembak saat penyergapan di kawasan Cot Iri, Aceh Besar sebelum berhasil melarikan diri.

"Informasi dia sudah lemah, tapi tidak tahu juga dia benar-benar lemah atau pura-pura," jelas Zulkifli kepada wartawan.

Dia juga menyebutkan, pihaknya tetap melakukan pengejaran hingga berhasil menangkap pria bersenjata laras panjang itu. (ibi)


[Link to media]
Kena Garuk, Sejumlah WNA Goda Petugas dengan Uang, Ini Penampakan Mereka-JPNN.com

BATAM - Sebanyak 22 warga negara Tiongkok diamankan petugas imigrasi kelas I-A Batam, Kepulauan Riau.

Mereka diamankan saat berada di Perumahan Bukit Indah Sukajadi Nomor 79, Baloi, Batam, karena diduga telah melanggar aturan keimigrasian.

Di antara 22 orang itu, hanya delapan orang yang memiliki paspor. Mereka juga terindikasi mengendalikan judi online. Saat isi rumah mereka digeledah, petugas imigrasi mengamankan sejumlah alat elektronik. Mulai laptop, ponsel, server internet, hingga sejumlah kabel dan peralatan elektonik lainnya.

’’Kepentingan mereka belum diketahui. Mereka masih tertutup. Namun yang pasti, berdasar hasil penyelidikan sementara, yang punya paspor hanya delapan orang. Yang lain tidak bisa menunjukkan paspor atau dokumen keimigrasian lainnya,’’ kata Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Batam M. Rafli kemarin sore (6/5).

Penangkapan itu, terang dia, bermula dari laporan warga terkait dengan adanya warga negara asing (WNA) tersebut. Selain itu, sejak Senin (3/5), ucap dia, Direktorat Jenderal Keimigrasian menginstruksikan adanya operasi penertiban dokumen WNA. ’’Makanya, kami lakukan penggerebekan,’’ tuturnya.

Saat digerebek, para WNA tersebut berusaha menyuap petugas imigrasi dengan sejumlah uang. Namun, petugas tetap membawa mereka ke kantor imigrasi.

’’Untuk sementara, mereka kami tahan karena bermasalah dengan dokumen keimigrasian. Ada yang baru pertama datang ke Batam. Ada yang sudah berulang kali,’’ ujarnya.

Namun, kata dia, tidak tertutup kemungkinan, para WNA yang diamankan itu terlibat kasus kriminal. Karena itu, setelah melakukan penyelidikan mengenai dokumen imigrasi, pihak imigrasi akan berkoordinasi dengan kepolisian.

’’Yang kami takutkan, bisa jadi mereka komplotan pelaku kriminal. Sebab, beberapa waktu lalu, kami juga mendapati WNA yang membobol ATM, mengendalikan judi online, dan lain-lain,’’ ungkapnya.

Sebanyak 22 WNA tersebut diduga melanggar UU Nomor 6 Tahun 2011 pasal 71 tentang Keimigrasian dengan sanksi yang tertera pada pasal 75, yakni diberi tindakan administrasi dan pendeportasian. (eja/JPNN/c20/diq)


[Link to media]
Pura-Pura jadi Tukang Ojek, Eeh..Tahunya Makelar Wanita Online-JPNN.com

JEMBER - Praktik prostitusi online di Jember berhasil terungkap, Selasa malam (5/5). Itu setelah Polres Jember menangkap dua muncikari yang sudah sering menjajakan perempuan kepada pria hidung belang secara online.

Selain itu, polisi menangkap seorang perempuan belia yang diduga menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia).

Dua muncikari yang ditangkap tersebut bernama Junaidi alias Pleret, 43, warga Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, dan Syaifullah alias Bowo, 35, warga Dusun Gempal, Desa/Kecamatan Pakusari. Kedua pelaku diciduk polisi bersama sejumlah barang bukti seperti uang tunai dan tiga smartphone yang biasa digunakan melancarkan aksinya.

Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif menjelaskan, anggotanya beberapa hari lalu menemukan adanya akun media sosial yang ditengarai dimanfaatkan warga Jember untuk menawarkan perempuan penghibur di internet. "Setelah kami lacak, pelakunya mengarah pada dua orang ini. Sampai akhirnya, kami mengetahui pelaku berada di hotel. Akhirnya, kami lakukan penangkapan," katanya, seperti dilansir dari jawapos.com, Kamis (7/5).

Sabilul menjelaskan, perempuan berusia 17 tahun yang ditangkap bersama pelaku tersebut merupakan orang yang akan ditawarkan kepada pria hidung belang di media sosial. Berdasar hasil pemeriksaan sementara, perempuan belia itu diduga korban trafficking oleh kedua pelaku. 

"Kami akan terus mengembangkan penyelidikan untuk menjerat pelaku lain. Terlebih bagi pelaku yang nekat menjual perempuan. Sementara muncikarinya bisa diancam dengan hukuman 15 tahun penjara,’’ tandas mantan Kapolres Bondowoso itu.

Kepada petugas, Junaidi mengaku baru dua bulan menekuni bisnis esek-esek tersebut. Agar bisnis haramnya tidak dicurigai orang lain, pria berumur 43 tahun itu berpura-pura menjadi tukang ojek yang biasa mangkal di hotel. ’’Kalau ada yang pesan perempuan di hotel, baru saya langsung menghubungi kenalan yang biasa melayani,’’ ucapnya. 

Saat mendapatkan pelanggan, tersangka lantas menunjukkan gambar perempuan penghibur yang bisa dipesan. Tersangka Junaidi mengaku, dalam sekali memperoleh pelanggan, dirinya menerima komisi sekitar Rp 500 ribu sekali kencan. Padahal, setiap malam tersangka Junaidi mampu mendapat dua sampai tiga pelanggan. ’’Semalam saya bisa dapat Rp 1 juta–Rp 2 juta,’’ ungkapnya.

Tetapi, karena tidak bekerja sendiri, Junaidi membagi komisi tersebut dengan Syaifullah yang juga ditahan petugas. ’’Hasil semalam itu masih dibagi dengan Saiful,’’ kata dia yang dibenarkan tersangka Syaifullah.

Berdasar hasil penyelidikan sementara, duo muncikari itu memiliki ’’koleksi’’ 15 perempuan penghibur di handphone-nya. (jum/har/JPNN/c14/any)


[Link to media]
Neuer: Tak Ada Yang Tidak Mungkin-JPNN.com

BARCELONA- Ambisi Bayern Muenchen lolos ke final Liga Champions 2014/2015 sangat terjal. Pasalnya, Muenchen digunduli Barcelona dengan skor 0-3 pada leg pertama di Nou Camp, Kamis (7/5) WIB.

Artinya, tim berjuluk The Bavaria tersebut harus menang dengan skor empat gol tanpa balas untuk lolos ke final. Sanggupkah tim racikan Pep Guardiola itu melakukannya?

“Kami bisa melihat dalam pertandingan ini bahwa kami tak memiliki banyak peluang. Namun, tidak ada yang tak mungkin. Kami harus yakin,” terang kiper Muenchen, Manuel Neuer di laman BBC.

Muenchen pernah memiliki pengalaman ketika digasak Porto dengan skor 1-3 pada leg pertama babak perempat final lalu. Namun, Muenchen balik memukul Porto dengan skor 6-1 pada leg kedua.

“Kami melihat laga melawan Porto sebagai hal yang masih memungkinkan. Namun, kini kami menghadapi lawan yang berbeda,” tegas kiper timnas Jerman tersebut. (jos/jpnn)

 


[Link to media]
Akhirnya Messi Tunjukkan Siapa Bosnya kepada Neuer-JPNN.com

BARCELONA - Barcelona meraih kemenangan 3-0 atas Bayern Muenchen pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (7/5) dini hari. Dua dari tiga gol Barcelona dicetak oleh Lionel Messi. 

Sebelum duel dua klub raksasa ini, penjaga gawang Bayern Muenchen Manuel Neuer sempat sesumbar melontarkan pernyataan mengundang banyak perhatian publik sepak bola. 

"Ketika aku bertemu Messi di lapangan, aku akan menunjukkan kepada dia (Messi) siapa bosnya," ujar Manuel Neuer kala itu seperti dilansir beberapa media.

Rupanya penjaga gawang Timnas Jerman ini tidak bisa membuktikan ucapannya. Meski sekuat tenaga Neuer mengamankan gawangnya, The Messiah tetap berhasil membobolnya dua kali dengan gol cantik. Malah ditambah satu gol lagi dari aksi solo rekannya, Neymar.

Pernyataan Neuer itu pun direspons negatif oleh netizen usai laga seru pagi tadi. Para netizen menuliskan beragam komentar untuk menyindir Manuel Neuer. 

Misalnya saja pemilik akun @EurosportCom_EN menyindirnya dengan mentweet. "Neuer: It's crucial to show authority when we meet on the pitch and show Messi who's boss". 

Dalam postingan tersebut lengkap dengan video Messi mengenakan kaca mata hitam sebelum di wawancarai para wartawan. 

Kemudian @KICKTV memposting dalam akunnya, "In the end, it was Messi who showed Neuer who's boss". Dan masih banyak tweet netizen yang menghakimi Neuer yang tidak bisa membuktikan omongannya. 

Malah Messi sebaliknya yang membuktikan pada Neuer bahwa dialah bos di lapangan. Kehebatan Messi yang tak terbendung ini juga telah diakui pelatih Bayern Munchen Pep Guardiola sebelum laga. 

"Tidak ada sistem atau pelatih yang bisa menghentikan kehebatan Messi. Dia terlalu bagus,” terang Guardiola sebagaimana dilansir laman BBC. 

Messi hanya menanggapi kemenangan Barcelona tersebut seperti biasanya dengan rendah hati. Dalam akun facebooknya, ia menuliskan, "Good result, but we haven't achieved anything yet. Still 90 mins left, it'll be tough. Need to be ready." (ray/jpnn)


[Link to media]
Guru Adu Jotos di Sekolah, Murid dan Guru Perempuan Menangis-JPNN.com

SIMEULUE – Dua guru Sekolah Dasar Negeri 9 Desa Kuta Batu, Kecamatan Simeulue, inisial ME dan HA, adu jotos di depan anak didiknya.

Adu jotos dan saling kejar-kejaran di areal kompleks sekolah itu terjadi sekitar pukul 10:00 Wib, Selasa (5/5), saat sedang berlangsung proses jam belajar. Perkelahian dilerai sejumlah dewan guru lainnya. Insiden adu jotos itu membuat kocar kacir para murid dan sejumlah guru perempuan menangis.

Terkait dengan insiden adu jotos tersebut, dibenarkan Sekretaris Dinas Pendidkan Kabupaten Simeulue, Idris yang dihubungi Rakyat Aceh (Grup JPNN).

"Memang benar ada keributan antara sesama guru, dan sangat kita sesalkan. Kejadiaannya pada saat jam belajar apalagi di depan murid SD. Mereka segera dipanggil untuk diselesaikan," kata Idris. Dia memastikan, guru yang adu jotos akan diberikan sanksi setimpal.

Hal senada juga disampaikan Asfarudin, Kabid Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue, yang ditemui Rakyat Aceh terpisah, Rabu (6/5).

Menurutnya, berdasar hasil penelusuran sementara pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue, tidak ada perkelahian. HAF hanya menempeleng MED, karena dianggap ada kekeliruan perekapan administrasi  milik HAF.

Sejumlah sumber-sumber Rakyat Aceh, yang dihimpun dari warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi SD Negeri 9 Kuta Batu itu, mengakui kedua guru tersebut adu jotos dan saling kejar-kejaran di pekarangan sekolah.

"Mereka berteriak, saling kejar-kejaran di halaman sekolah, kami lihat ada murid dan guru perempuan yang menangis," kata seorang ibu rumah tangga, yang menyaksikan adegan tak terpuji itu, dan meminta namanya tidak ditulis, saat ditemui Rakyat Aceh.(ahi)

 


[Link to media]
Hatta Rajasa: Ini Kemenangan Sepak Bola Menyerang-JPNN.com

MANTAN Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa ikut memberi komentar atas kemenangan sensasional Barcelona atas Bayern Muenchen dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (7/5) dini hari.

Di akun twitter @hattarajasa menilai Barca pantas menjadi pemenang laga. "Ini kemenangan sepak bola menyerang. #MenungguSubuh," tulis Hatta, sesaat lalu.

Barcelona menang tiga gol tanpa balas. Berondongan gol ke gawang Bayern yang dijaga Manuel Neuer itu diciptakan Lionel Messi (menit 77 dan 80) dan Neymar (90).

".....minimnya serangan Munchen. Target itu hampir berhasil seblum Messi dan Neymar menghentikan penyelamatan hebat berkal-kali kiper Neuer..." tulis Hatta. (adk/jpnn)


[Link to media]
Gunduli Muenchen, Barca Malah Telan Rekor Buruk 9 Tahun-JPNN.com

BARCELONA- Barcelona memang sukses menekuk Bayern Muenchen dengan skor 3-0 (0-0) pada leg pertama semifinal Liga Champions 2014/2015 di Nou Camp, Kamis (7/5) dini hari WIB.

Namun, kemenangan itu juga menghadirkan noda bagi Barcelona. Dalam laga itu, Lionel Messi dkk hanya mampu menguasai permainan sebanyak 48 persen. Inilah kali pertama Barca menguasai bola kurang dari 50 persen dalam sembilan tahun terakhir.

Kali terakhir Barcelona menguasai permainan kurang dari 50 persen ialah saat menghadapi Werder Bremen pada Desember 2006 silam. Artinya, rekor buruk itu tercipta setelah melewati 96 laga.

Dalam laga kontra Muenchen, Barcelona mampu melepaskan delapan shots on target. Sementara, Muenchen yang diasuh Pep Guardiola hanya bisa melepaskan satu tendangan yang mengarah ke gawang.

Kemenangan itu membuat Barcelona kini di atas angin. Rival abadi Real Madrid itu hanya perlu bermain imbang pada leg kedua untuk lolos ke partai pemungkas. Sementara, Muenchen harus menang dengan margin empat gol. (jos/jpnn)

 

 

 

 

 


[Link to media]
Sedih, Pemain Asing: Kalau Kompetisi Dihentikan Bagaimana Kami Hidup-JPNN.com

TAK hanya pengurus klub dan pemain lokal yang geram dengan dihentikannya kompetisi QNB League (dulu ISL). Pemain asing asal Macedonia yang berseragam Semen Padang, Goran Gancev juga terkejut dan kecewa.

"Kami datang ke sini untuk bermain sepak bola. Kami hidup untuk sepak bola dan hidup bersama sepak bola. Kalau kompetisi dihentikan bagaimana kami hidup,” kata Goran seperti dilansir dari Padang Ekspres (Grup JPNN), Rabu (6/5)

Mantan pemain PSMS Medan 2012 dan Persebaya Surabaya 2013 ini mengharapkan adanya kesepakatan bersama untuk menghasilkan sebuah keputusan yang bijak, antara Kemenpora, PSSI dan PT Liga Indonesia.

"Kompetisi harus berlanjut dan Kemenpora, PT Liga dan PSSI harus duduk bersama untuk menyelesaikan masalah ini. Kompetisi itu berbeda, PT Liga harus independen,” ujarnya.

Terkait penghentian kompetisi ini, Goran meyakini akan berdampak kepada kebangkitan sepak bola Indonesia ke depannya. Sepakbola Indonesia akan sulit untuk bangkit jika telah mengalami kevakuman.

"Saya telah bermain sepak bola selama 15 tahun dan baru kali ini seperti ini. Menghentikan kompetisi itu tidak bisa begitu saja,” kata Goran.

Meskipun kompetisi berakhir, Goran akan tetap berada di Semen Padang. Karena dia dikontrak hingga tahun depan.  "Apapun itu, saya akan tetap di Semen Padang hingga kontrak berakhir dan menjalani latihan normal, mau bermain di luar atau di dalam itu tergantung dari klub Semen Padang,” pungkas Goran. (cr11/adk/jpnn)


[Link to media]
Duh, Mesranya Bradley Cooper dengan Mantan Ronaldo, Ini Fotonya-JPNN.com

AKTOR Hollywood Bradley Cooper dan model kondang asal Rusia Irina Shayk makin lengket bak prangko. Rumor kedekatan mereka mulai tercium media sebulan belakangan.

Bradley (40) dan Irina (29) sudah mulai sering tertangkap kamera asyik bermesraan. Terbaru, saat mereka pulang nonton pertunjukan di Broadway, Minggu (3/5)

Daily Mail, Rabu (6/5) pun 'mengulas' foto-foto yang menggambarkan kemesraan sejoli yang sama-sama baru putus ini.

Bradely dikabarkan sudah mengakhiri hubungan dengan model Burberry, Suki Waterhouse. Sementara siapa yang tak kenal Irina Shayk, model seksi mantan pesepakbola Cristiano Ronaldo.

"Mereka berjalan dan cukup banyak setiap kali mereka mendapat ke tempat di mana itu sangat gelap, mereka mulai berciuman dan semakin dekat. Mereka tampak seperti pasangan baru," kata seorang saksi di lama People.

Kemesraan Bradley dan Irina ini juga bukan yang pertama. Dalam sebuah acara selebriti yang digagas Rihana, Bradley dan Irina juga kedapatan sering mengumbar kemesraan. Namun hingga saat ini, Bradley dan Irina belum mau komentar soal hubungan mereka. (adk/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 5/7 9:37am. Terakhir update terdeteksi pada 5/7 7:48am.  skor: 1177