Teror Bom di Bandara Sepinggan
BALIKPAPAN - Aktivitas Bandara Internasional Sepinggan sempat digemparkan teror bom, Senin (27/10). Namun dua hari kemudian, pelaku teror akhirnya ditangkap Subdit Jatanras Ditkrimum Polda Kaltim, di bandara terbesar di Kaltim itu, Rabu (29/10) malam. Pelakunya diketahui Indra Setiawan (24), sekuriti bandara. Ia mengirimkan pesan singkat atau SMS, berisi telah menanam 10 mortir di seluruh titik area bandara ke rekan kerjanya, Sahrul. Bom tersebut akan diledakkan secara bersamaan. Kontan Sahrul panik dan mengadukan ke petugas terkait di bandara hingga ke Polda Kaltim turun mem-backup Polres Balikpapan. Pasalnya, Indra mengirim SMS serupa berulang kali. Soal teror bom ini dibenarkan Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Kaltim Kombes Pol Eka Yudha Satriawan. Sudah kami amankan yang bersangkutan. Motifnya kami selidiki. Teror bom melalui SMS tersebut juga tidak benar, anggota sudah mengecek, ucapnya ditemui di kantornya Kamis (30/10). Menurut Eka, teror tersebut sengaja ditutup rapat-rapat. Ini untuk mencegah kepanikan masyarakat yang beraktivitas di bandara. Untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut, pelaku teror Indra Setiawan diboyong ke Polres Balikpapan. Sudah dilimpahkan ke Polres, mengenai motifnya masih kami gali, urai Eka. Kejadian serupa pernah dialami Fandi dan Masdin pada 7 Oktober. Keduanya tak menyangka keisengannya menulis kata bernada ancaman membuat temannya harus berurusan dengan pihak kepolisian. Tidak hanya itu, Masdin (24), teman Fandi, juga gagal pulang kampung, akibat keisengannya. Penyebabnya, barang bawaan Masdin terdapat tulisan, awas bom. Awalnya tidak ada masalah dengan keberangkatan Masdin. Sebulan di Samarinda, dia ingin pulang ke Palu, Sulawesi Tengah. Tiba di Bandara Sepinggan, barang Masdin dimasukkan ke bagasi. Masalah terjadi ketika petugas yang hendak memasukkan barangnya ke pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 858 tujuan Palu, menemukan sebuah kotak bekas air mineral yang di kedua sisinya terdapat tulisan ancaman. Setelah ditelusuri, kotak tersebut merupakan milik Masdin. Padahal kotak tersebut berisi ikan asin dan baju untuk oleh-oleh. (aim/rom/k14)
Penahanan Tukang Tusuk Sate Penghina Jokowi Ditangguhkan
JAKARTA - Penyidik Mabes Polri akhirnya membebaskan Muhammad Arsyad, buruh sate yang ditetepkan sebagai tersangka penghinaan Presiden Joko Widodo. Kepastian mengenai penangguhan penahanan dismapaikan langsung tim penyidik kepada Mursida, ibu Muhammad Arsyad, usai menjenguk ke tahanan Bareskrim Mabes Polri. Ibu ke dalam sekarang, anak ibu, kita mau kasih (pulangkan) hari ini, ungkap salah satu penyidik di Mabes Polri Jakarta, Jumat (31/10). Mursida merasa senang dengan kabar tersebut. Dia pun langsung masuk kembali ke ruang Bareskrim Polri bersama penyidik dan didampingi kuasa hukumnya. Sebelumnya, tadi pagi Wakil Ketua DPR Fadli Zon menjenguk Muhammad Aryad. Fadli meminta Kapolri tidak menahannya, dan menyatakan bersedia menjadi jaminan. (rmo/jpnn)
Akhir Desember, Krisis Listrik di Sumut Ditargetkan Beres
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkap penyebab krisis listrik yang terjadi di Sumatera Utara, Medan. Menurutnya, krisis tersebut terjadi lantaran adanya pembangkit listrik sebesar 180 Mw, yang tengah disita Kejaksaan. Ternyata ada satu persoalan yang paling utama. Ada satu pembangkit tenaga listrik yang sudah cukup lama disita kejaksaan. Sampai sekarang masih terkatung-katung padahal itu yang sangat membantu kota Medan, ungkap Rini di kantornya, Jakarta, Jumat (31/10). Sembari mengatasi persoalan listrik yang tengah disita tersebut, PLN bakal mengambil dari pembangkit listrik milik PT Inalum. Solusi tersebut terjadi saat pihaknya menggelar rapat dengan Menko Perekonomian dan Presiden RI Joko Widodo. Saat rapat itulah Rini diingatkan agar PLN untuk sementara waktu memanfaatkan listrik dari PT Inalum. Pagi hari, rapat Menko Perekonomian dengan pak presiden (Jokowi), kami diingatkan bahwa ada listrik yang tersedia di PT Inalum. Jadi sorenya kami rapat dengan PT Inalum dengan PLN, akhirnya memang dalam dua bulan ini kami harapkan ada tambahan 210 Mw yang dapat dialirkan dari Inalum, bebernya. Dengan penambahan daya listrik sebesar 210 MW, diharapkan akhir tahun ini krisis listrik di Sumut segera tuntas. Sebetulnya sudah dialirkan 90 MWsekarang, jadi nanti akan dapat tambahan 210 MW. Insya Allah pada akhir tahun Sumut sudah mendapatkan listrik yang mereka harapkan, harap mantan Menteri Perindustrian ini. (chi/jpnn)
Luna Anggap Pacar Baru Lebih Ganteng ketimbang Ariel
PRESENTER acara musik Dahsyat, Luna Maya mulai terbuka mengenai hubungan asmaranya dengan Reino Barack. Luna bahkan secara terbuka membandingkan Reino dengan Ariel NOAH. Luna memang masih sering merasa kesal saat ditanya tentang hubungannya dengan Ariel yang kandas. Namun, secara terbuka Luna menyebut Reino lebih ganteng ketimbang Ariel. Lebih ganteng sekarang dong dibandingkan yang lain, kata Luna saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (31/10). Tak hanya soal ketampanan, Luna juga menyebut karakter pacar barunya sebagai hal yang patut dibanggakan. Pasalnya, kehadiran Reino membawa banyak hal positif dalam hidup Luna. Dia juga memberi inspirasi dan membuat aku jadi lebih baik. Dia memberikan aku banyak hal positif, papar Luna.(Mg1/jpnn)
Listrik di Sumut Mati Nyala, Jokowi Panggil Rini Soemarno
JAKARTA - Curahan hati masyarakat korban meletusnya Gunung Sinabung, Sumatera Utara (Sumut) pada Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan baru-baru ini, nampaknya membuahkan hasil. Selain mengeluh minim mendapatkan bantuan, pada Jokowi, mereka juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan listrik di Medan. Presiden tak tinggal diam. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno pun akhrinya dipanggil ke Istana Negara untuk menuntaskan krisis listrik di Sumut. Memang yang paling utama yang kami bicarakan dengan presiden adalah persoalan kekurangan listrik di Sumut itu salah satunya. Kami dipanggil oleh bapak presiden terkait mati hidupnya listrik di Sumut dan bagaimana itu bisa secepatnya diperbaiki, papar Rini di kantornya, Jumat (31/10). Untuk itu Rini akan terus berkoordinasi dengan PLN agar krisis di Sumut cepat tertangani, sehingga masyarakat di sana tak perlu khawatir lagi dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Selama ini kita memang sudah mendengar listrik mati nyala, mati nyala di Sumut. Kami diskusikan dan setelah itu kami rapat dengan PLN, jadi kita masih akan terus temui PLN, katanya. (chi/jpnn)
Pellegrini Pusing, Silva Cedera Lutut, Toure Cedera Paha
MANCHESTER - Juru Taktik Manchester City, Manuel Pellegrini pusing tujuh keliling jelang bentrok derbi melawan Manchester United, Minggu (2/11) nanti. Dua pilar tim, David Silva dan Yaya Toure dilaporkan cedera. David (Silva) memiliki masalah di ligamen. Mungkin dia akan keluar sekitar tiga atau empat minggu, jadi dia tidak mungkin tersedia untuk derbi. Ini memusingkan saya. Dia adalah pemain yang sangat penting. Namun demikian kami harus mencari pemain yang tepat menggantikan perannya di tim, ujar Pellegrini seperti dilansir dari The Telegraph, Jumat (31/10). Silva memang tertatih-tatih keluar dari lapangan saat City ditekuk Newcastle United dalam ajang Capital One Cup, tengah pekan ini. Usai ditangani tim medis, gelandang berkebangsaan Spanyol itu divonis cedera lutut. Selain kontra MU, Silva juga diperkirakan absen saat City melakoni laga penting di Liga Champions melawan CSKA Moskow dan Bayern Muenchen. Selain Silva, masalah yang didapatkan Yaya Toure juga menambah pening kepala Pellegrini. Yaya disebut tidak fit menghadapi Manchester United. Gelandang asal Pantai Gading itu didera cedera pangkal paha ringan, juga didapat saat melawan Newcastle. Yaya (Toure) memiliki masalah kecil di pahanya. Kami akan melihat perkembangannya besok. Saya berharap dia bisa fit untuk derbi. Itu adalah pertandingan penting, pungkas Pellegrini. (adk/jpnn)
Menikah Dua Tahun Lagi, Luna Maya Punya Konsep Tersendiri
SALAH satu presenter acara musik DahSyat, Luna Maya tengah berbunga-bunga karena memiliki pacar baru, Reino Barack. Disinggung soal menikah, Luna menargetkan dua tahun lagi. Angka itu tepat untuk pasangan yang serius, kata Luna ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (31/10). Perempuan yang berusia 31 tahun ini tak ingin buru-buru membawa Reino ke jenjang pernikahan. Sebab, menurutnya pengenalan mendalam sebelum menikah itu perlu. Tak hanya itu, ia jug memiliki konsep sendiri dalam pernikahannya nanti. Namun, ia tak ingin banyak berkomentar mengenai hal itu. Yang pasti, seperti yang sudah dilakukan beberapa artis, tanah suci Mekkah memang tempat terbaik untuk melangsungkan pernikahan. Tapi ia akan berkunjung ke sana nanti setelah menikah dengan tujuan yang sama, ibadah. Tanah Suci, Makkah buat ibadah. Aku punya konsep tersendiri untuk pernikahan, papar Luna. (mg1/jpnn)
Novanto Mengaku Tak Berencana Bangun Gedung DPR Baru
JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto menepis anggapan yang menyebutnya bakal menggulirkan lagi rencana pembangunan gedung baru bagi para wakil rakyat. Menurutnya, sampai sekarang belum ada pembicaraan di DPR tentang hal itu. Belum ada rencana, ujar Novanto singkat di gedung DPR, Jakarta, Jumat (31/10). Meski begitu, Novanto tidak menutup kemungkinan wacana kontroversial itu bangkit lagi. Pasalnya, DPR saat ini memang tengah menghadapi masalah terkait ruangan kerja. Politikus Golkar itu menjelaskan, sekarang jumlah tenaga ahli anggota dewan telah ditambah menjadi lima orang. Karena itu, wajar jika kebutuhan untuk ruang kerja yang lebih luas muncul. Meski begitu, tambah Novanto, solusi bagi masalah tersebut tidak harus membangun gedung baru. Pimpinan DPR pun akan berupaya mencari jalan keluar lain tanpa harus membangun gedung baru. Kita inventarisir dulu, tentu kita akan evaluasi bagaimana masalah ruangan-ruangan yang ada. Kalau nggak cukup, bagaimana jalan keluarnya, pungkasnya.(dil/jpnn)
Priyo Khawatir Golkar Makin Kecil Jika Salah Pilih Ketum
BANDUNG - Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengajak rekan-rekannya separtai agar jangan sampai salah memilih figur ketua umum pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar yang akan diselenggarakan tahun depan. Menurutnya, kesalahan memilih figur ketua umum akan membuat partai yang kini dipimpin Aburizal Bakrie itu semakin terperosok. Ajakan itu disampaikan Priyo saat bersilaturahmi dengan Ketua DPD I dan II Golkar se-Jawa Barat, di Hotel Grand Aquila, Bandung, Jumat (31/10). Menurutnya, hasil Pemilu Legislatif 2014 lalu telah menjadi bencana bagi Golkar karena bukan hanya merosot dari jumlah perolehan kursi, tetapi juga gagal mengusung calon presiden sendiri. Untuk pertama kalinya dalam pilpres, Partai Golkar secara resmi gagal mengusung calon presiden sendiri, katanya. Karenanya, lanjut Priyo, kondisi itu menjadi peringatan bagi seluruh kader partainya agar jangan sampai pada masa-masa mendatang partai yang menjadi jawara Pemilu 2004 itu makin terperosok. Priyo pun memberikan wanti-wanti kepada kader Golkar pemilik suara di munas untuk hati-hati memilih figur calon ketua umum. Kalau kita tidak hati-hati, Golkar bisa turun kelas dari partai gajah menjadi partai papan menengah, atau bahkan lebih kecil lagi, tegasnya. Priyo yang pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan, Golkar selama ini dikenal sebagai partai besar dan selalu berada di papan atas dalam hal perolehan suara pemilu. Namun, tantangan yang dihadapi Golkar semakin berat. Terlebih, pada 2019 nanti pemilu legislatif dan pemilu presiden akan digelar serentak. Karenanya, Priyo ingin Pemilu 2019 menjadi momen bagi Golkar untuk bangkit dengan kekuatan kader-kader muda. Golkar butuh figur yang fresh dan energik, memiliki bakat memimpin, yang mampu membawa Golkar bangkit di Pemilu 2019, papar salah satu calon Ketua Umum Golkar itu. Sebelumnya, tujuh calon ketua umum Golkar berkumpul di Jakarta untuk membuat pernyataan sikap. Tujuh kandidat ketua umum itu adalah Priyo, Airlangga Hartarto, Agung Laksono, Agus Gumiwang Kartasasmita, MS Hidayat, Hajriyanto Y Tohari dan Zainudin Amali. Dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tanjung, pertemuan 7 calon ketua umum menghasilkan kesepakatan bersama. Tanpa kehadiran Aburizal Bakrie, ketujuh kandidat Ketua Umum Golkar itu membuat pernyataan bersama agar Munas Golkar mendatang berlangsung demokratis, jujur, adil, terbuka dan bebas dari intimidasi.(jpnn)
Rahayu Sarawati Kesulitan Berperan dalam Film Terbarunya
WAJAH Rahayu Sarawati kembali muncul dalam layar lebar setelah sukses dalam peran Senja di film Merah Putih yang diputar setiap hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Rahayu kembali dalam film kolosal berjudul Gunung Emas Almayer. Menjalani proses yang sangat obyektif, detail, dan panjang dalam casting yang dilakukan oleh U Wei sebagai sutradara, sangat menantang saya untuk bermain total dalam film ini, kata Rahayu saat ditemui di Tea Addict, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Di sini (film Gunung Emas Almayer) sastranya tinggi sekali. Peran ini paling sulit karena setting yang digunakan tahun 1830 jadi sempat bingung mau baca bukunya. Karena kalau membaca buku pun, sang sutradara mengubah sedikit karakter perempuan-perempuannya. Walaupun diubah tapi tak menghilangkan benang merah pada film ini, tambah Rahayu. Dari tantangan yang dirasakannya, Rahayu mengaku bangga bisa ikut dalam produksi film tersebut. Pasalnya, lawan main Rahayu adalah beberapa aktor terbaik dari berbagai negara. Kehormatan luar biasa bisa mewakili Indonesia bermain dengan aktor luar yang tidak main-main, papar Rahayu yang pernah mendapat penghargaan Aktris Terbaik pada Festival Film Internasional Bali 2009. Rahayu yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 berperan sebagai Taminah. Seorang perempuan yang menjadi saksi mata atas pengkhianatan yang terjadi dalam kehidupan Almayer. Film ini menjadi sangat layak ditonton masyarakat Indonesia karena menampilkan potret kehidupan sehari-hari seorang manusia dalam mengejar ambisinya. (mg1/jpnn)
Mike Tyson jadi Korban Pelecehan Seksual saat Berusia 7 Tahun
MASA lalu kelam dialami mantan juara dunia tinju, Mike Tyson. Saat berusia tujuh tahun, Tyson pernah diculik orang asing dan kemudian menjadi korban pelecehan seksual saat dia tinggal di Brooklyn. Kisah ini dia ungkap dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio, SiriusXMs Opie Radio, Rabu (29/10), dan dilansir aceshowbiz, Jumat (31/10). Dia menyambar saya dari jalanan. Saat itu saya masih seorang anak kecil ... (dia) laki-laki tua, kenang Tyson. Emosi Tyson saat wawancara tersebut terkesan sedikit berbeda dengan image mantan petinju berjuluk Si Leher Beton selama ini. Dia menggangu saya...saya mengalami...pelecehan seksual. Saya kemudian melarikan diri, dan saya tak pernah melihatnya lagi, tuturnya. Tragedi itu disebut Tyson tak pernah dia ceritakan sebelumnya. Saat disinggung apakah kenangan buruk itu mempengaruhi kehidupannya, Tyson mengaku tak yakin. Saya tidak tahu apakah itu mempengaruhi hidup saya. Saya tidak selalu ingat, tapi mungkin saya cepat keluar. Saya tidak malu, tandasnya. (adk/jpnn)
DPR Rencanakan Panggil Dua Menko Jokowi
JAKARTA - DPR berencana memanggil Menteri Koordinator Kemaritiman (Menkomaritim) Indroyono Soesilo dalam waktu dekat. Langkah ini dilakukan agar dewan bisa mengenal lebih jauh tentang kementerian baru tersebut. Ini kementerian nomenklatur baru, belum memiliki kantor dan anggaran. Kami ingin dengar dari Pak Indroyono seperti apa (Kemenkomaritim), kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (31/10). Menurutnya, DPR perlu mengetahui apa saja tugas dan fungsi Kemenkomaritim serta kementerian-kementerian yang ada di bawah lingkup kerjanya. Sehingga, dewan bisa menentukan komisi yang tepat sebagai mitra kerja. Dengan alasan yang sama, DPR juga berencana mengundang Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Budaya Puan Maharani. Menurut Fahri, Puan perlu menjelaskan perbedaan antara kementerian yang dipimpinnya dengan Kemenkokesra. Saya kan wakil ketua bidang kesra, apa perlu saya ganti juga jadi bidang pembangunan manusia dan budaya, jelas Fahri. (dil/jpnn)
Yusril Sarankan Jokowi Ajak Ketum Parpol Bicara Hati ke Hati
JAKARTA - Mantan Menteri Hukum dan Perundang-undangan, Yusril Ihza Mahendra mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak proaktif untuk mengatasi kisruh di DPR RI karena terbelah oleh persaingan antara kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Yusril beralasan, munculnya DPR tandingan tidak hanya menggangu kinerja parlemen, tetapi juga berdampak pada penyelenggaraan negara. Menurut Yusril, Presiden Joko Widodo punya gezag atau kewibawaan untuk mengumpulkan para ketua umum partai politik. Harapannya, dari pertemuan yang diinisiasi presiden itu maka kisruh di DPR yang berdampat luas itu bisa segera diakhiri. Saya sarankan agar Presiden Jokowi turun tangan menggunakan kewibawaannya untuk membantu mengatasi krisis di DPR. Caranya, presiden mengundang ketua-ketua partai yang fraksinya berseberangan di DPR dan mengajak untuk mencari jalan keluar dari krisis, kata Yusril melalui pesan BlackBerry ke JPNN, Jumat (31/10). Lebih lanjut Yusril mengatakan, Jokowi bisa menggunakan pengaruh dan kewibawaannya untuk mengundang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Susilo Bambang Yudhoyono SBY dan ketua umum partai lainnya. Untuk bicara hari hati ke hati. Kalau semua ketua partai ini sudah bicara, berembuk dan menyepakati jalan keluarnya, mereka wajib menkomunikasikannya dengan anak buahnya di DPR, cetus Yusril. Guru besar ilmu tata negara itupun meyakini bahwa ketika persoalan bisa dituntaskan pada level ketua umum parpol, maka kisruh pembagian jatah pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan di DPR dapat diatasi dengan kompromi. Kalau para ketua sudah kompromi, saya yakin anak buah di DPR dapat dikendalikan dan ditenteramkan, sehingga krisis di DPR dapat diakhiri, tegasnya. Lantas mengapa harus Jokowi yang turun tangan? Tidak ada yang punya kewibawaan yang lebih besar untuk mengundang para ketua partai itu kecuali seorang presiden. Ini ujian besar bagi Jokowi, bahwa presiden bukan sekedar kepala eksekutif, tetapi di mata rakyat adalah bapak bangsa, tandas Yusril.(ara/jpnn)
Rela Jahit Mulut di Depan KPK untuk Menuntut Perkembangan Kasus Bupati
JAKARTA - Lima orang yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Kampar atau GERAK melakukan aksi jahit mulut di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (31/10). Aksi tersebut dilakukan karena mereka menganggap tidak ada perkembangan terkait kasus-kasus yang melibatkan Bupati Kampar Jefri Noer. Kami mau sampaikan kasus-kasus Bupati Kampar Jefri Noer. Kasusnya sudah bertahun-tahun ditangani Kejati Riau, kata Koordinator lapangan GERAK, Anton di KPK, Jakarta, Jumat (31/10). Menurut Anton, ada beberapa kasus yang melibatkan Jefri. Di antaranya, kasus Program Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) Kubang Raya. Selain itu, pengadaan baju koko senilai Rp 4 miliar. Pengadaan baju koko tidak melalui proses lelang. Baju itu dibeli saat masa dia kampanye sebagai calon bupati. Setelah dia jadi bupati, pengadaan itu dianggarkan ke anggaran Pemda. Berarti ada penyelewengan, ujar Anton. Kemudian, sambung Anton, Jefri juga terlibat dalam persoalan alih fungsi hutan. Yang terakhir, Anton meminta kelanjutan penanganan kasus penganiayaan yang dilakukan istri bupati, Eva Yuliana. Anton menyatakan, aksi yang mereka lakukan adalah bentuk ketidakpercayaan atas kinerja aparat penegak hukum di Kampar. Aksi jahit mulut ini karena kita sudah capek ngomong. Percuma aja kita ngomong hasilnya juga enggak ada. Mending kita aksi jahit mulut, diam, tandasnya. (gil/jpnn)
Berharap Tidak Ada Moratorium Pemekaran
JAKARTA--Visi Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk melakukan efisiensi anggaran di semua lini mendapat dukungan dari kalangan politisi. Hanya saja, sejumlah politisi di daerah khawatir jika upaya efisiensi juga dilakukan dengan moratorium pemekaran. Kalau pemerintahan Jokowi-JK mau melakukan efisiensi anggaran, kami sangat mendukung. Tapi kalau caranya moratorium tanpa pandang bulu kami tidak setuju, kata Roem Kono dan Elnino, dua politisi asal Gorontalo yang dihubungi terpisah, Jumat (31/10). Yang paling ditolak Elnino jika pemerintahan baru ini memberlakukan moratorium pemekaran. Pasalnya, menurutnya, menghambat pembentukan daerah otonom baru justru menimbulkan biaya tinggi. Dia mencontohkan beberapa wilayah di Gorontalo yang jarak tempuhnya ke kabupaten/kota sangat jauh sehingga menyusahkan masyarakat. Itu sebabnya, beberapa kabupaten pun minta dimekarkan agar lebih efisen. Kalau lihat wilayah Bolio Huto, Panipi, dan Gorontalo Barat, itu tiga wilayah yang akses ke instansi layanan publiknya sangat jauh. Jika pemekaran juga akan dimoratoriumkan pemerintah, sudah pasti masyarakat di wilayah tersebut mengalami biaya ekonomi tinggi, terangnya. Kalau sudah begitu, lanjut politisi Gerindra ini, moratorium tidak menghemat anggaran malah menimbulkan beban bagi masyarakat. Tapi kami berharap, pemerintahan Jokowi-JK tidak akan melakukan moratorium pemekaran, ujarnya. Senada itu Roem Kono mengatakan, efisiensi anggaran tidak harus selalu diikuti dengan moratorium. Tapi dia lebih menyoroti moratoriumk pembangunan gedung perkantoran di seluruh indonesia. Sebab di daerah-daerah otonom baru, masih banyak yang kantornya sewa. Tidak ada pembangunan kantor baru ya tidak apa-apa, tapi itu diberlakukan bagi yang sudah punya. Kalau belum punya, apa tidak dibolehkan bangun. Apa mereka harus menyewa gedung terus? tutur politisi Golkar ini. Baik Elnino maupun Roem menyoroti keberadaan puskesmas di tanah air yang belum layak. Padahal puskesmas memegang peranan penting dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Kalau di daerah yang tidak ada puskemasnya, apa tidak perlu dibangun gedung? Kan tidak boleh begitu juga. Jadi kebijakan moratorium jangan disapurata, pungkas Roem. (esy/jpnn)
Fahri Ingatkan Manuver KIH Bakal Hambat Jokowi Wujudkan Visi
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengingatkan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bahwa manuver membentuk DPR tandingan bakal berdampak terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Fahri, akan sulit bagi KIH untuk mendukung program-program Jokowi jika DPR dalam kondisi terpecah. Fahri mencontohkan visi kemaritiman yang diusung Jokowi. Politikus PKS itu menyebut visi maritim Jokowi itu sangat layak untuk didukung oleh DPR. Saya pribadi anggap ini ide revolusioner, tapi tanpa persatuan tidak akan bisa mewujudkan ide itu, kata Fahri saat konferensi pers di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10). Fahri mengatakan, selama ini pembangunan selalu terfokus di darat. Namun ternyata, hasilnya tidak maksimal. Karena itu, visi kemaritiman Jokowi bisa jadi pemecahan bagi masalah Indonesia. Lebih lanjut Fahri yang juga Wasekjen PKS itu menegaskan, pimpinan DPR telah menunjukan itikad baik untuk mendukung pemerintahan. Mulai dari pelantikan presiden, sampai pembentukan kementerian baru tidak pernah dipersulit. Karenanya, kekhawatiran DPR ingin menjegal pemerintah sangat tidak beralasan. Ini negara, jangan main-main. Mari kita fokus berbicara dukung Jokowi-JK, pungkasnya.(dil/jpnn)
...
Facebook Milik Pegawai Pemko Tampilkan Profil Bugil
TANJUNGPINANG - Rabu (29/10) malam lalu, warga Kota Tanjungpinang dibuat heboh oleh akun Facebook milik salah satu pegawai dinas sosial dan tenaga kerja di Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang berinisial NF. Pasalnya, di akun Facebook itu FN tampil dalam foto tanpa busana. Pada akun itu terlihat ada tiga foto FN dalam posisi tanpa busana. Setelah foto-foto itu diunggah, puluhan komentar langsung muncul di wall Facebook milik NF. Ya AllahEngkau maha mengetahui bahwasanya saudaraku ini adalah wanita sholeha. Ampunkanlah ia, jauhkan ia dari segala fitnah. Sesungguhnya, Engkau Maha Pelindung kami, begitulah komentar seorang teman dari akun Facebook NF itu seperti dikutip Batam Pos. Beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 21.30 WIB, akun tersebut sudah diblokir. Akibatnya, akun NF tidak bisa diakses lagi. Kecurigaan yang muncul, akun Facebbok milik NF telah dibajak orang lain. Saya kaget melihat akun teman saya itu, mukanya mirip dia (NF) tapi kita tidak tahu kebenarannya, kata Agus, warga Jalan Pramuka yang berteman dengan NF di Facebook. Kepala Dinas Sosial dan tenaga Kerja, Surjadi mengakui punya anak buah bernama NF. Hanya saja, Surjadi tidak bersedia menyebut nama asli pegawainya itu. Benar itu akun Facebook pegawai saya, tapi yang bersangkutan mengatakan itu bukan foto dirinya. Karena sudah dua minggu Facebook-nya di-hacked. Kasihan dia difitnah, citra dirinya tercoreng oleh pihak yang tak bertangung jawab. Pihak keluarganya akan melapor ini ke polisi, pungkas Surjadi.(jpnn)
Priyo tak Ingin Golkar Turun Kelas
JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menegaskan bahwa partainya harus menang di pemilihan umum jika tidak ingin turun kelas. Karenanya, Calon Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan jangan sampai kader-kader partai berlogo pohon beringin itu salah memilih pimpinan yang tak bisa memenangkan pemilu lagi. Ini yang harus kita sadari sebagai pimpinan Partai Golkar dari pusat hingga daerah, kata Priyo saat bersilaturahim dengan ketua DPD I dan ketua DPD II se-Jawa Barat, di Bandung, Jumat (31/10). Priyo menyampaikan hal tersebut karena dalam tiga pemilu terakhir kursi Golkar di DPR RI terus menurun. Bahkan, kata Priyo, hasil Pemilu 2014 adalah bencana paling memukul mental kader Golkar. Hal ini karena perolehan kursi Golkar di DPR RI turun tajam menjadi 91. Dan untuk pertama kalinya dalam Pilpres, Partai Golkar secara resmi gagal mengusung calon presiden sendiri, kata Priyo. Menurutnya, kondisi seperti ini merupakan warning yang harus diwaspadai seluruh jajaran partai. Dia menegaskan, jika kondisi ini terulang lagi maka Golkar dikhawatirkan akan turun kelas. Kalau kita tidak hati-hati, Golkar bisa turun kelas dari partai gajah menjadi partai papan menengah, atau bahkan lebih kecil lagi, kata bekas Wakil Ketua DPR RI ini. Karenanya, Priyo menyatakan, Golkar membutuhkan pemimpin yang bisa mengembalikan kejayaannya. Golkar butuh figur yang fresh dan enerjik yang memiliki bakat memimpin, yang mampu membawa Golkar bangkit di Pemilu 2019, ungkapnya. Tantangan Golkar di Pemilu 2019, menurut Priyo. sangat berat. Pada Pemilu 2014, pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) akan dilakukan secara serentak. Dengan pemilu serentak pilpres dan pileg maka figur pimpinan parpol akan menjadi salah satu kunci keberhasilan. Silaturahim Ketua-Ketua DPD Golkar Jawa Barat dengan Priyo Budi Santoso berlangsung di hotel Grand Aquila, Bandung. Pertemuan ini dihadiri oleh 27 ketua-ketua DPD, serta ormas pendiri dan didirikan. Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Jabar MQ Iswara mengatakan DPD-DPD di Jabar ingin mengetahui visi dan misi yang disampaikan oleh calon Ketua Umum Partai Golkar Priyo Budi Santoso. Biar lebih kenal. Kan istilahnya tak kenal maka tak sayang, cetus Iswara ketika memperkenalkan Priyo Budi kepada seluruh pimpinan DPD II Jabar yang hadir. Persaingan menuju ketua umum Partai Golkar kembali menghangat. Pada Kamis (30/10), Tujuh calon ketum, yaitu Agung Laksono, Priyo Budi Santoso, Erlangga Hartarto, Agus Gumiwang, MS Hidayat, Hajriyanto Tohari, Zainudin Amali membuat pernyataan bersama. Dalam acara yang dihadiri Akbar Tandjung itu, mereka meminta agar Munas Golkar yang demokratis, jujur, adil, terbuka. Termasuk meminta agar tidak boleh ada tekanan untuk mendukung satu kandidat yang disertai intimidasi (ancaman) sanksi atau pemecatan. (boy/jpnn)
Nama Boleh Kabinet Kerja, Semangat Tetap Harus Trisakti
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Herdi Sahrazad berharap Kabinet Kerja bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap mengusung semangat Trisakti. Menurut Herdi, semangat kerja kabinet lebih penting ketimbang sekadar nama. Berbicara dalam diskusi di DPD RI, Jumat (31/10) Herdi mengatakan, semangat Trisakti itu penting karena Presiden Jokowi saat kampanye pemilu presiden lalu selalu gembar-gembor soal revolusi mental. Landasannya harus Trisakti karena revolusi mental harus disesuaikan dengan kepribadian bangsa, katanya. Herdi justru melihat komposisi Kabinet Kerja belum mencerminkan semangat Trisakti. Sebab, ada etnis tertentu di Kabinet Kerja yang dominan dalam sisi jumlah. Trisakti itu mencakup Sabang sampai Merauke setara dengan London hingga Taheran. Luas sekali. Kesadaran itu yang belum terlihat dalam kabinet kerja, ungkap Herdi. Ditambahkannya, pada pilpres lalu duet Jokowi-Jusuf Kalla menang 70 persen di kawasan timur Indonesia. Namun, justru perwakilan dari timur Indonesia tidak mendapat peran lebih besar dalam proses pengambil keputusan. Karenanya Herdi mengatakan, wajar saja bila kini ada protes kawasan timur Indonesia yang tidak mendapat porsi cukup dalam kabinet. Makanya, reshuffle (kocok ulang kabinet, red) nantinya harus menjawab semua tuntutan tersebut, ujarnya.(fas/jpnn)
Bela Arsyad, Fadli Zon Dinilai Bermotif Politis
JAKARTA - Kasus yang menimpa Muhammad Arsyad (MA) alias Imen, dinilai sebuah kelalaian negara dalam memberikan pemahaman hukum. Demikian dikemukakan Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indoesia (PBHI Jakarta), Poltak Agustinus Sinaga, dalam pesan elektroniknya, Jumat (31/10). Munculnya kasus MA ini lebih pada ketidakfahaman masyarakat dan warga negara terhadap dinamika hukum, khususnya masyarakat kecil dan miskin, ungkapnya. Poltak menilai, kasus MA menjadi santapan politik karena melibatkan Joko Widodo dan Megawati sebagai korban. Apalagi kemudian Wakil Ketua DPR Fadli Zon terlihat mulai ambil bagian, meminta penangguhan penahanan terhadap MA ke Mabes Polri. Munculnya Wakil Ketua DPR kita tengarai bermuatan politis, yang seolah-olah dibalut faktor belaskasihan dan kemanusian, yang membuat kasus ini cepat merebak dan menjadi sorotan banyak pihak, katanya. Poltak mengherankan kehadiran Fadli Zon yang tiba-tiba hadir dan peduli terhadap MA yang berprofesi sebagai tukang tusuk sate. Selama ini Fadli Zon kemana? Bukankah banyak kasus masyarakat kecil yang harus dibela? katanya. (gir/jpnn)
Bentuk DPR Tandingan, KIH Yakin Bisa Bantu Pemerintah
JAKARTA - Fraksi-fraksi di DPR RI yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tetap dengan sikap politik mereka untuk menyatakan mosi tak percaya pada pimpinan DPR RI di bawah kepemimpinan Setya Novanto. Bahkan, hari ini (31/10) KIH yang membentuk DPR tandingan menggelar paripurna sendiri dengan agenda mengesahkan pimpinan sementara dan membentuk alat kelengkapan dewan (AKD). Namun, sejumlah kalangan justru menganggap manuver koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu justru sebagai blunder. Sebab, DPR versi koalisi yang terdiri dari PDIP, PKB, Hanura, PPP dan NasDem itu diyakini tak akan bisa bekerja karena hanya menjadi tandingan bagi pimpinan DPR kubu Koalisi Merah Putih (KMP) yang sudah diakui pemerintah. Meski demikian, anggota Fraksi PKB DPR RI, Ida Fauziah yang ditunjuk sebagai ketua sementara di DPR RI versi KIH justru meyakini akan mampu bekerja sebagaimana mestinya. Kami juga bekerja, kami hari Senin akan rapat konsultasi mengundang fraksi-fraksi, ujar Ida di Jumat (31/10). Ida menegaskan, KIH tetap ingin melibatkan fraksi-fraksi di KMP. Termasuk dalam pengisian pimpinan komisi dan AKD yang akan dilakukan KIH. Sebelum proses pemilihan komisi-komisi kami mengajak semua fraksi dan kami ingin prinsip proporsional dengan cara musyawarah mufakat dan penempatannya secara proporsional. Itu bagi kami keniscayaan karena proses politik di DPR harus dilakukan secara demokratis, tegasnya. Apakah pimpinan DPR versi KIH akan melakukan konsultasi ke Presiden Joko Widodo? Ida mengaku belum mendapat mandat untuk melakukannya. Kami tidak mendapat mandat itu. Tapi sementara kami akan melakukan rapat konsultasi pimpinan fraksi untuk melakukan langkah ke depan, tandasnya.(fat/jpnn)
Pimpinan Dewan hanya Pentingkan Kelompok
JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan, mosi tidak percaya Koalisi Indonesia Hebat (KIH) kepada pimpinan DPR dikarenakan pimpinan dewan tidak bisa mengayomi dan memimpin seluruh anggota. Menurutnya, mereka lebih menonjolkan diri sebagai pimpinan kelompok sehingga di dalam menanggapi saran dan pendapat yang datangnya dari anggota yang bukan dari kelompoknya tidak diperhatikan. Ketua DPW Nasdem Kalbar ini mencontohkan, saat paripurna beberapa waktu lalu, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan sudah tunjuk tangan berkali-kali untuk mengajukan interupsi. Tapi, kata dia, pimpinan sengaja tidak melihat dan malah mengajukan pertanyaan kepada audiens yang tidak relevan terhadap keputusan yang diketok palu. Seharusnya terlebih dahulu ditanya kepada PPP karena yang diminta persetujuan menyangkut anggota fraksinya. Dalih saya sudah tanya dua kali itu betul hanya untuk mencari pembenaran, tapi sudah menzalimi pihak lain, kata Syarif, Jumat (31/10). Dia pun mengatakan, pembentukan alat kelengkapan dewan yang dilakukan batal demi hukum. Sebab, syarat pembentukan AKD harus dihadiri setengah lebih dari jumlah keseluruhan fraksi. Tapi, ternyata dengan lima fraksi tetap jalan terus. Pembentukannya ini ilegal dan menghalalkan segala cara untuk mendapat jabatan sehingga mengabaikan aturan aturan yang ada, ungkapnya. Karena itu, Syarif menilai tindakan yang dilakukan pimpinan tidak lagi mengedepankan nilai-nilai jati diri sebagai bangsa yang mempunyai ideolgi Pancasila. (boy/jpnn)
Kemenkumham Bentuk Tim Investigasi Usut Kasus Eks Wali Kota Bekasi
JAKARTA - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, Giri Purbadi menyatakan, sudah ada tim investigasi yang dibentuk untuk mengusut peristiwa keluarnya mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad yang ditahan di Lembaga Permasyarakatan Sukamiskin, Bandung. Namun, Giri menyatakan belum ada hasil dari investigasi itu. Masih berjalan, masih proses, ujarnya saat dihubungi, Jumat (31/10). Sebelumnya, Sirra Prayuna yang pernah menjadi kuasa hukum Mochtar membenarkan bahwa mantan kliennya keluar dari tempat tahanannya di Lapas Sukamiskin, Bandung pada Senin 27 Oktober 2014. Sirra bahkan bertemu dengan Mochtar di sebuah tempat makan di Jl. Ampera, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, Mochtar sempat menanyakan mengenai Pembebasan Bersyarat. Dia juga menyampaikan tengah mencari kompos untuk taman di lapas. Mochtar bisa keluar tahanan karena sedang melakukan asimilasi. Menurut Giri, Mochtar bisa pergi ke Jakarta pada saat asimilasi kemungkinan dikarenakan kurangnya pengawasan. Proses investigasi menyebabkan asimilasi Mochtar dicabut sementara sampai semua data terkumpul. Asimilasi bisa dicabut jika terbukti benar, ujar Giri. Dia menyatakan pegawai yang membantunya keluar juga bisa dikenakan sanksi. Giri menyatakan hasil investigasi akan diserahkan secepatnya kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. Secepatnya, begitu lengkap langsung dilaporkan, ucapnya. Giri menambahkan tindakan Mochtar bisa mempengaruhi terkait pembebasan bersyaratnya. Ya jelas, mempengaruhi penilaian, tandasnya.(gil/jpnn)
Kapolres Perintahkan Tembak di Tempat untuk Pelaku Kejahatan
BATAM - Kapolresta Barelang, AKBP Asep Safrudin semakin geram dengan pelaku perampokan, jambret dan kejahatan lainnya di wilayah Kota Batam. Ia pun mengintruksikan seluruh jajarannya untuk menembak pelaku kejahatan yang kedapatan tengah beraksi. Hal itu disampaikan Asep menyusul aksi perampokan terhadpa toko emas dan pembobolan mobil milik seorang nasabah bank, belum lama ini. Saya izinkan anggota untuk tembak di tempat, ujar Asep seperti dikutip Batam Pos. Menurut Asep, sejak perampokan toko emas Emarald di SP Plaza terjadi, jajaran reserse, intel dan shabara Polresta Barelang sudah diterjunkan ke lapangan dan dilengkapi senjata. Hal itu dilakukan untuk membekuk pelaku kriminal yang semakin membuat miris. Reserse dan intel turun dengan pistol dan berpakaian sipil, shabara patroli menggunakan motor dengan dilengkapi senjata laras panjang. Ini tidak main-main lagi, tegas Asep.(jpnn)
Mayoritas PNS Ditjen PMD Dimutasi ke Kementerian Baru
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, menegaskan, sejumlah peran, kebijakan hingga pegawai yang ada di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), sebagian besar akan diserahkan ke Kementerian Desa, Percepatan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Langkah tersebut dilakukan setelah melarang perekrutan pegawai baru hingga membangun gedung di kementerian yang baru. Hal-hal yang ada sangkut pautnya dengan pemberdayaan dan penguatan desa oleh kemendagri, tetap ikut di Kemendagri. Tapi 75 persen yang di PMD, kita serahkan ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, katanya di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (31/10). Kemendagri kata Tjahjo, sebelumnya juga telah melakukan analisa terkait permasalahan yang dihadapi pedesaan selama ini. Dan hasilnya, juga telah diserahkan ke Sekretariat Negara pada Kamis (30/10) petang. Analisanya telah kita serahkan ke Setneg sore kemarin. Karena Senin (3/11) harus ada Peraturan Presiden (tentang struktur organisasi baru,red). Jadi ini kita lakukan karena yang sudah ada tidak boleh menambah baru. Kalau bisa dipindah, ya dipindah. Misalnya untuk Kemenko Kemaritiman juga, itu kalau di kementerian lain ada yang berbau kemaritiman, bisa ditarik menjadi staf di kemenko kemaritiman. Tidak boleh membangun gedung baru juga, jadi yang ada dioptimalkan, katanya.(gir/jpnn)
Ahok Ingin Ada Orang KPK di Inspektorat DKI
JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempatkan orang di Inspektorat DKI. Dengan demikian, KPK bisa mengawasi semua kegiatan yang terjadi di Pemprov DKI. Kita pengin orang KPK kita taruh di inspektoratnya DKI, biar bisa memonitor semua kegiatan di DKI, kata Ahok di KPK, Jakarta, Jumat (31/10). Dalam rangka pencegahan korupsi pula, Ahok akan menggandeng Ombudsman Republik Indonesia. Kita berharap tahun depan DKI itu betul-betul ada satu sistem untuk mencegah korupsi, ucap Ahok. Namun, KPK ternyata tak bisa memenuhi permintaan Ahok. KPK tidak bisa secara fisik menempatkan pegawai khusus di situ, ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi.(gil/jpnn)
Adian Napitupulu Khawatir Menteri ESDM Khianati Jokowi
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Adian Napitupulu mengaku kecewa dengan keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Sudirman Said sebagai Menteri ESDM. Pasalnya, Sudirman sempat bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang saat ini bersebrangan dengan pemerintah. Setelah diangkat menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said mati-matian mengatakan bahwa dirinya bukan kader PKS tapi fakta bahwa tahun 2004 dia diangkat menjadi dewan pakar PKS tidak bisa dipungkiri, ujar Adian dalam siaran persnya, Jumat (31/10). Komitmen memberantas mafia migas yang dilontarkan Sudirman usai dilantik perlu dipertanyakan. Saat ini Sudirman Said mengaku siap memberantas Mafia Migas, tetapi kenapa itu baru ia sampaikan sekarang padahal ia pernah menjabat sebagai pejabat di Pertamina yang mengurus impor minyak. Kita tahu bahwa ketergantungan pada impor minyak memberi keuntungan besar bagi para mafia yang bermain diselisih harga jual dan beli minyak, tegasnya. Lebih lanjut Adian menilai program Trisakti yang dijalankan Jokowi tidak akan berjaan mulus jika kabinetnya diisi oleh pihak yang tidak memiliki komitmen. Masihkah kita berharap Sudirman Said yang mantan dewan pakar PKS itu akan memperjuangkan program-program Trisakti Jokowi yang tertuang dalam Nawa Cita? ujarnya. Bantahan Sudirman yang menyatakan bukan merupakan kader PKS justru membuat Adian makin pesimis. Hal ini dikarena banyak bukti pemberitaan pada masa lalu yang mencantumkan nama Sudirman sebagai salah satu anggota dewan pakar PKS. Kalau engkau bisa mengkhianati (menyangkal) masa lalumu, maka engkau sangat bisa mengkhianati hal-hal lain, termasuk mengkhianati Jokowi, tegasnya. Sebelumnya Wakil Sekjen PKS Mahfudz Siddiq membantah Sudirman sebagai kader partainya. Menurutnya Sudirman tidak pernah ada dalam stuktur partai. Sudirman Said tidak pernah tercatat sebagai anggota PKS. Tapi memang beberapa kali hadir dalam diskusi-diskusi internal kita, kata Mahfudz. (dem/RMOL)
Edinson Cavani Kian Betah di PSG
PARIS - Keinginan klub-klub besar Eropa memboyong Edinson Cavani harus dikubur dalam-dalam. Pasalnya, bomber garang asal Uruguay itu mengaku masih betah membela Paris Saint Germain. Hal itu tak lepas dari peran yang diberikan pelatih Laurent Blanc pada Cavani. Musim ini, Cavani kerap diplot sebagai penyerang utama di lini depan tim berjuluk Le Parisien tersebut. Total, Cavania sudah melesakkan tujuh gol dari 14 laga di semua ajang. Musim ini semuanya berjalan baik-baik saja. Saya berada di Paris. Ini adalah kota yang indah dan para suporter terus mendukung saya, terang Cavani sebagaimana dilansir laman LEquipe, Jumat (31/10). Kondisi ini berbeda dibandingkan musim lalu. Saat itu, Cavani mengaku jengah karena hanya ditempatkan sebagai pelayan Zlatan Ibrahimovic. Tak heran, Cavani sempat dikait-kaitkan dengan Arsenal. Saya menyampaikan rasa frustrasi saya. Namun, hal itu tak berarti bahwa saya memiliki hubungan yang buruk dengan pihak lain. Kini kami sudah menemukan solusi, tegas mantan penggawa Napoli itu. (jos/jpnn)
Demonstran Desak KPK Nonaktifkan BW
JAKARTA - Puluhan orang yang tergabung dalam Laskar Pemuda Anti Korupsi (LAPAK) menggelar unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (31/10). Dalam aksi itu mereka mendesak KPK memeriksa dan menonaktifkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Mereka menduga pimpinan yang akrab disapa BW itu terlibat dalam sengketa Pilkada Kota Waringin Barat. Kami meminta Presiden dan DPR menonaktifkan, bahkan memberhentikan Bambang Widjojanto sebagai pimpinan KPK. Dai terlibat perkara Pilkada Kota Waringin Barat 2011 di Mahkamah Konstitusi sebagaimana pengakuan Akil Mochtar (mantan Ketua MK), ujar Koordinator Aksi Yovi Deviansyah di lokasi aksi, Jumat (31/10). Dalam orasinya, Yovi meminta BW mengundurkan diri. Tujuannya agar penyelidikan dan penyidikan KPK atas perkara Pilkada Kota Waringin Barat dapat berjalan lancar dan independen. Selain itu, lanjut Yovi, KPK tidak boleh melibatkan Bambang untuk mengambil keputusan dalam setiap perkara yang ditangani sampai proses penyidikan dan penyelidikan Pilkada Kota Waringin Barat ditetapkan oleh Pimpinan KPK lainnya. Menurut Yovi, dugaan keterlibatan BW dalam sengketa Pilkada Kota Waringin Barat terungkap dari pernyataan Akil. Kata dia, Akil pernah mengatakan, bahwa BW merupakan kuasa hukum salah satu calon bupati perkara Pilkada Kota Waringin Barat yang bersengketa di MK. Akil, kata Yovi, menyebut bah Bambang punya peranan penting dalam beberapa kasus sengketa pilkada di MK. Salah satunya Pilkada Kota Waringin Barat tersebut. Kala itu BW meminta Akil yang merupakan Ketua Panel dalam kasus sengketa Pilkada Kota Waringin Barat untuk membantu agar kliennya bisa memenangkan sengketa, ujar Yovi. Bahkan, lanjut Yovi, BW juga meminta Akil untuk mengumpulkan DPR dalam rangka pemenangan dirinya menempati posisi strategis di KPK. Pernyataan Akil itu tidak boleh dianggap sebagai coletahan kosong belaka. Apalagi Akil telah menyeret kepala-kepala daerah dalam kasus suap sengketa pilkada, ujar Yovi. Selain sengketa Pilkada Kota Waringin Barat, lanjut Yovi, BW juga berpotensi terlibat kasus-kasus lainnya. Di antaranya, dugaan surat palsu dalam kasus sengketa Universitas Trisakti. Sebab, BW adalah salah kuasa hukum yang terlibat dalam kasus itu. Yang lain adalah dugaan keterlibatan BW dalam kasus skandal bailout Bank Century. BW juga adalah kuasa hukum Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menggelontorkan dana sebesar Rp 6,7 triliun. (mas/jpnn)
Eric Vergne Pede Dipertahankan Toro Rosso
LONDON - Jean Eric Vergne percaya diri bakal dipertahankan Toro Rosso pada balapan Formula 1 musim 2015 mendatang. Meski tak tampil impresif musim ini, Vergne yakin tidak akan didepak. Alasannya, Daniil Kvyat yang menjadi tandemnya saat ini dikabarkan bakal membela Red Bull musim mendatang. Dengan begitu, satu slot di tim Toro Rosso dipastikan bakal lowong. Saya pikir ada potensi bagus. Saya memiliki hubungan yang baik dengan tim. Saya juga juga sudah menunjukkan kinerja bagus dalam keadaan yang sulit, terang Vergne di laman Sky Sports, Jumat (31/10). Sebelumnya, posisi Vergne sempat di ujung tanduk setelah Toro Rosso dikabarkan bakal mengiat Max Verstappen. Tapi, hengkangnya Kvyat bakal membuat line up Toro Rosso lemah. Sayangnya musim ini saya banyak gagal finish dan mengalami beberapa masalah teknis. Hal itu membuat saya tak bisa menunjukkan potensi terbaik, tegas pembalap asal Prancis itu. (jos/jpnn)
Gamawan Ingatkan Tjahjo Cermat soal Pemekaran
JAKARTA - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyarankan penerusnya di Kemendagri, Tjahjo Kumolo cermat dalam kebijakan pemekaran daerah. Gamawan menuturkan, Tjahjo sebagai mendagri perlu memedomani Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Pak Menteri baru nantinya bisa memedomani itu ketika semangat pemekaran terus berjalan. Sehingga tidak terlalu mudah untuk mekar. Pemekaran kalau tidak diatur justru menggerus dana ke daerah begitu besar, kata Gamawan di Jakarta, Jumat (31/10). Gamawan juga menyarankan Tjahjo agar memantapkan penyelenggaraan otonomi daerah dengan mengedepankan pemahaman bahwa daerah merupakan sub-ordinasi dari sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Artinya, lanjut Gamawan, ketika ada kewenangan pusat yang didelegasikan ke daerah maka harus ada pertanggung-jawabannya. Kalau delegasi, kewenangannya harus dipertanggungajwabkan. Ini yang sebenarnya kita masukkan dalam UU Nomor 23 tahun 2014 kemarin. Sehingga dengan begitu mudah-mudahan penyelenggara otda tetap dalam sistem NKRI, katanya. Gamawan juga menyerahkan perkembangan tentang pembentukan layanan perizinan satu atap ke Tjahjo. Kita baru 91 persen pelayanan satu pintu. Padahal harusnya 100 persen. Di samping itu yang 91 persen juga belum utuh 100 persen jenis-jenis perizinannya. Ada yang baru 20 persen, atau baru 50 persen. Bahkan kecenderungan izin-izin yang mempunyai uang, masih dipegang kepala daerah. Ini sudah masuk, katanya. Menurut Gamawan, Mendagri ke depan perlu mendorong pemerintah daerah memercepat proses perizinan. Sehingga peluang lapangan pekerjaan semakin terbuka luas. Untuk bisnis semestinya 16 hari. Sudah ada keputusan lima menteri, 16 hari itu harus dipatuhi. Daya saing rendah karena perizinan terlalu lama. Inilah yang kita potong dari yang dulunya 70 hari, kini kalau 16 hari saja ditaati pasti daya saing kita lebih baik lagi, katanya. Sementara itu saat ditanya terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 2015, Gamawan berharap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota tidak dipersoalkan. Langkah ini dinilai perlu sehingga KPU tidak ragu-ragu dalam memersiapkan pilkada di 188 daerah di tahun 2015. Saya harap DPR dapat memberikan dukungannya, kata Gamawan.(gir/jpnn)
Menag Minta DPR Beri Contoh Baik pada Publik
JAKARTA - Kisruh di parlemen ikut disoroti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pernah duduk di Senayan membuat Lukman merasa perlu mengingatkan kembali wakil rakyat bahwa kebersamaan penting karena membawa nama rakyat untuk duduk di parlemen. Kita semua harus memiliki kesadaran tinggi bahwa kebersamaan itu sangat penting. Ini suatu keniscayaan, sesuatu yang mutlak yang harus ada pada kesadaran pemimpin negeri ini. Maka, termasuk di parlemen dan pemerintahan, kebersamaan ini harus segera dibangun, kata Lukman di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat, (31/10). Ditanya soal DPR tandingan yang dibentuk Koalisi Indonesia Hebat (KIH), Lukman enggan mengomentarinya lebih jauh. Ia menganggap hal itu terjadi karena suasana yang masih hangat, sisa-sisa dari proses Pemilu Saya merasa itu karena suasananya masih hangat ya. Saya harap mudah-mudahan ini segera cair. Mungkin dalam 2-3 hari ke depan, lanjut Lukman. Menurut Lukman selama ini tradisi di parlemen, baik itu MPR, DPR, adalah proposionalitas. Oleh karena itu kebersamaan dibangun dengan memberikan hak kepada pihak yang ada secara proporsional. Proposionalitas, kata dia, harusnya diingat oleh para wakil rakyat. Terutama yang sudah pernah menjadi anggota dewan di periode sebelumnya. Jadi bagi yang memiliki kursi lebih besar, maka memiliki hak lebih besar untuk posisi-posisi tertentu terutama untuk alat kelengkapan. Ini bukan bearti yang kecil tidak mendapatkan sama sekali, kata Lukman. Lukman mengungkapkan untuk menyelesaikan permasalahan di DPR, pemerintah tak perlu turut serta di dalamnya. Saya berharap parlemen sendiri yang bisa menyelesaikannya, teman-teman pimpinan di DPR. Saya optimis mereka bisa menyelesaikan dengan bijak, tandas Lukman. (flo/jpnn)
NU Akan Bahas Hukum Aborsi Kandungan Akibat Perkosaan
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar musyawarah nasional (Munas) alim ulama dan konferensi besar (Konbes) selama 1 - 2 November 2014. Salah satu agenda bahasan NU dalam forum itu adalah terkait hukum aborsi karena kedaruratan medis dan akibat perkosaan. Staf ahli Ketua Umum PBNU, Samsul Hadi Karim di Jakarta, Jumat (31/10) mengatakan, pembahasan hukum aborsi itu sebagai respon atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi. Salah satu pasal di dalam peraturan itu adalah memerbolehkan aborsi karena kondisi darurat secara medis dan akibat perkosaan. Alasan yang mendasari aborsi itulah yang akan dibedah oleh para alim ulama NU. Terkait isu aborsi karena kedaruratan medis dan akibat perkosaan, bagaimana Islam menghukuminya, itu akan dibahas di komisi bahtsul masail (pembahasan masalah-masalah) Munas dan Konbes NU 2014, kata Samsul di Jakarta, Jumat (31/10). Lebih lanjut Samsul mengatakan, terbitnya PP Nomor 61 tahun 2014 yang melegalkan aborsi memang memicu polemik di masyarakat. Di sini NU hadir untuk bersama-sama mencari solusi atas keresahan tersebut, tambahnya. Pembahasan mengenai hukum aborsi karena kedaruratan medis dan akibat perkosaan yang dilakukan NU akan menggunakan pendekatan ilmu fiqih. Beberapa kitab klasik akan menjadi rujukan dalam pembahasan tersebut, antara lain Tuhfatul Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Bughyatul Mustarsyidin, Hasyiyah Raddul Muhtar, dan Al Fiqhul Islami Wa Adillatuhuu.(fas/jpnn)
Ini Alamat Layanan Aduan KemenPAN-RB
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi mengajak masyarakat untuk berani melaporkan jika ada instansi yang melakukan pelanggaran. Apakah itu berkaitan dengan rekutmen CPNS, penempatan pejabat, pelayanan publik, dan lain-lain. Jangan takut untuk melaporkan bila menemukan kejadian janggal di masyarakat. Misalnya layanan publik instansi A kurang bagus atau banyak punglinya, silakan laporkan ke kami, kata Yuddy, Jumat (31/10). Dijelaskannya, KemenPAN-RB telah membuka layanan pengaduan melalui media center yang berbasis teknologi. Dengan teknologi informasi, masyarakat dapat melakukan pengaduan secara online melalui aplikasi pengaduan kita (SIDUTA), pada www.siduta.menpan.go.id. Bagi yang senang menggunakan email, dapat menyampaikan pengaduannya melalui halomenpan@menpan.go.id. Masyarakat juga dapat mengadu melalui SMS ke nomor 0812 8869 4333. Ini merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat, seperti arahan Bapak Presiden Jokowi, imbuh Yuddy. Selain itu, pengaduan juga dapat melalui telepon ke nomor 021 217 246 374 atau 021 7398381 ext. 2236. Bagi yang ingin datang langsung, pengaduan juga dilayani di Media Center KemenAN-RB, Jl Jenderal Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan. (esy/jpnn)
Barca Dibilang Tua, Ini Pembelaan Zubizarreta
BARCELONA - Direktur Sepakbola Barcelona, Andoni Zubizarreta tak mau ambil pusing dengan polemik usia rata-rata yang menimpa tim berjuluk Blaugrana tersebut. Bagi Zubizarreta, polemik mengenai usia adalah hal yang sudah lama dialami Barcelona. Karena itu, Zubizarreta memilih bersikap santai. Sebagaimana diketahui, usia rata-rata Barcelona ketika bersua Real Madrid akhir pekan lalu memang menjadi perdebatan. Saat itu, Barcelona menurunkan komposisi pemain dengan usia rata-rata 28,7 tahun. Tujuh pemain starter bahkan sudah berusia lebih dari 30 tahun. Itu adalah isu yang temporer karena jika kami memainkan pemain seperti Ter Stegen, Bartra, Sergi Roberto dan Rafinha, usia rata-rata para pemain akan turun, terang Zubizarreta di laman AS, Jumat (31/10). Zubizarreta menambahkan, publik seharusnya tak menilai Barcelona hanya dari satu pertandingan. Pasalnya, Barcelona juga memiliki banyak pemain lain untuk diturunkan di pertandingan selanjutnya. Kami memiliki pemain dengan kelompok usia berbeda. Kami membangun tim untuk satu musim penuh, bukan hanya satu pertandingan, tegas Zubizarreta.(jos/jpnn)
Mau Ternak Kodok atau Cecak, Jokowi Tetap Presiden RI
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Oesman Sapta Odang (OSO) bingung dengan munculnya berbagai tuntutan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja menjadi presiden dalam hitungan hari. Saya bingung, orang kayak Jokowi baru lima hari jadi presiden sudah dituntut macam-macam, kata OSO, dalam diskusi Kabinet Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah, di press room DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (31/10). Memang, sebagai presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, ujar OSO, Jokowi boleh saja dikritik. Ada pro dan kontra, itu biasa di negara demokrasi. Tapi presiden itu punya hak prerogatif. Dia mau ternak kodok, cecak, ya suka-suka dia karena dia sudah (Presiden) terpilih Indonesia, tegas senator asal Provinsi Kalimantan Barat itu. Soal kekecewaan sejumlah provinsi di kawasan Indonesia timur lantaran putra-putrinya tidak masuk dalam kabinet, OSO mengaku yang paling kecewa. Pulau Kalimantan itu ada empat provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 14 juta jiwa. Saya paling kecewa sebab Kalimantan itu terbesar kontribusinya terhadap NKRI. Namun saya terima kenyataan itu. Tapi jangan terus-terusan seperti ini, harapnya. Lagi pula ujar OSO, sebagai Presiden RI Jokowi sudah menyatakan setelah enam bulan, kabinet ini dievaluasi. Siapa tahu itu pintu masuk bagi putra-putri terbaik kawasan timur Indonesia untuk masuk di kabinet. Kita pegang saja janjinya itu, pungkas OSO. (fas/jpnn)
Mestinya Bentuk DPR Bayangan, Bukan Tandingan
JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPD RI La Ode Ida menilai langkah Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR RI tandingan tidak tepat. Seharusnya, kata dia, KIH yang dimotori PDI Perjuangan itu membentuk DPR bayangan. Barangkali yang bisa dilakukan oleh KIH adalah pimpinan DPR bayangan (shadow parliament leadership) sebagai wadah koordinasi internal KIH di Parlemen. Hal itu akan sangat kontruktif ketimbang menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tak punya landasan hukum (DPR tandingan), kata dia kepada redaksi, Jumat (31/10). Menurut La Ode, terbelahnya DPR yang ditandai pembentukan DPR tandingan oleh KIH seharusnya menjadi bagian dari proses penciptaan pemerintahan yang baik. Seharusnya pihak KIH tidak perlu membuat pimpinan DPR tandingan. Biarkan proses bagi peran terus berjalan, katanya. Jelas dia, di barisan eksekutif sudah dikuasai oleh KIH, sementara di pimpinan dikuasai KMP. Kondisi itu jelasnya sangat ideal. Mengapa? Karena agenda dan implementasi kebijakan di pihak eksekutif akan diawasi secara baik oleh parlemen, termasuk di dalamnya terkait dengan janji-janji kampanye presiden dan wapres Jokowi-JK. Pada saat yang sama, lanju La Ode, di internal DPR sendiri, akan sangat dinamis karena akan terjadi saling monitor perilaku sehingga benar-benar akan terwujud kerja anggota parlemen yang profesional. Pihak pemerintah pun akan memiliki posisi strategis untuk memastikan proses pengambilan kebijakan di parlemen akan begitu sehat dan rasional, wujud dari konsep check and balances. Kecuali itu, pembentukan pimpinan DPR tandingan, tegas La Ode, hanya akan ciptakan citra negatif bagi pihak KIH. La Ode menambahkan, pimpinan DPR dan AKD tandingan versi KIH sudah pasti tanpa dasar hukum, karena pimpinan DPR sudah dilantik oleh pihak Mahkamah Agung untuk masa kerja lima tahun. Masyarakat juga akan menilai pihak KIH menghambat pemerintahan Jokowi-JK, mengingat proses pengambilan kebijakan meniscyakan adanya kerja DPR yang efektif, tandasnya. (rus/RMOL)
Ahok Ingin Didampingi Perempuan Ini
JAKARTA - Plt Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok menginginkan kursi wakil gubernur diisi mantan Deputi Gubernur Bidang Lingkungan dan Tata Ruang DKI, Sarwo Handayani. Hari ini Sarwo Handayani dikukuhkan sebagai salah satu Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI. Ahok dalam pidatonya terang-terangan menghendaki Sarwo Handayani jadi pendampingnya, jika dia nanti naik posisi menjadi gubernur difenitif. Kalau pengisian wagub di tangan saya, saya akan menunjuk Bu Yani (Sarwo Handayani) jadi wagub, katanya di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (31/10). Ahok menjelaskan, merekrut birokrat sebagai wagub adalah untuk memberi penghargaan kepada PNS yang telah mengabdi dan bekerja dengan baik. Ini sekaligus janji untuk tidak merekrut orang dari luar dan memberi penghargaan bagi orang dalam, ungkapnya. Sarwo Handayani sendiri sangat berterima kasih karena diberi kesempatan menjabat sebagai Anggota TGUPP DKI. Saya berterima kasih, dikasih kesempatan untuk berbakti di DKI. Berarti buat amal, menjalankan tugas amanah, katanya. Sarwo Handayani akan memasuki masa pensiun pertanggal 1 November 2014. Sebelumnya ia sudah pernah mendapatkan perpanjangan masa jabatan sebagai PNS. Karena dinilai menguasai tata ruang, Raperda, Reklamasi dan proyek NCICD, maka Yani ditempatkan sebagai anggota TGUPP yang dijabat oleh non-PNS. (rus/RMOL)
Juventus Hanya Target Perempat Final Liga Champions
TURIN - Juventus ternyata tak cukup percaya diri berjibaku di Liga Champions. Buktinya, tim berjuluk Si Nyonya Tua itu tak berani menargetkan juara di Liga Champions musim ini. Hal itu diungkapkan sang kapten Gianluigi Buffon. Menurut kiper berusia 36 tahun itu, Juventus tak memiliki kepercayaan diri yang sama ketika berjibaku di Serie A dan Liga Champions. Di Liga Champions, kami harus bisa minimal ke perempat final. Sementara, di Serie A, kami harus memetik Scudetto lagi, terang Buffon sebagaimana dilansir laman Football Italia, Jumat (31/10). Perjalanan Juventus di Liga Champions musim ini memang tak terlalu bagus. Rival abadi Inter Milan dan AC Milan itu sudah menelan dua kekalahan di fase grup. Di Liga Champions, saya pikir hanya tentang masalah kepercayaan diri. Sederhana saja. Kami tak memiliki kepercayaan diri yang sama dengan yang kami miliki di Italia, tegas Buffon. (jos/jpnn)
Daftar Tunggu Haji Makin Panjang, Calon Jemaah Berharap Panjang Umur
DEPOK - Semakin panjangnya daftar tunggu haji, membuat calon jemaah waswas. Mereka khawatir sebelum bisa menunaikan Rukun Islam ke-5 itu, umur tidak lagi panjang atau kesehatan sudah tak memungkinkan. Di Kota Depok, Jawa Barat, daftar tunggu haji sudah sampai tahun 2029. Itu pun jika mendaftar tahun ini. Pasalnya, sampai saat ini calon jemaah yang sudah terdaftar sekitar 18 ribu orang. Kalau mendaftar tahun ini, masa tunggunya 15 tahun. Soalnya sekarang masih ada pengurangan kouta jamaah haji, sebut salah seorang petugas pendaftaran haji dan umroh Kantor Kementerian Agama di Depok, yang enggan menyebutkan namanya, Jumat (31/10). Dia menyebutkan, setiap harinya sekitar 40 calon jemaah mendaftar haji. Hal inilah yang membuat jumlah calon jemaah terus bertambah. Panjangnya daftar tunggu haji meresahkan beberapa calon jemaah yang baru mendaftar. Seperti diutarakan Idawari. Perempuan berusia 55 tahun ini gundah karena harus menunggu 15 tahun. Kalau 15 tahun lagi, saya sudah sepuh sekali. Apa saya masih sehat dan masih ada umur (panjang umur) ya, ujarnya. Oleh petugas dijelaskan, kalau pembagunan di Mekkah sudah selesai kemungkinan besar kuota haji Indonesia akan bertambah, sehingga daftar tunggu tidak panjang lagi. Tenang saja bu, kalau memang mau dipanggil Allah ke tanah suci lebih cepat, Insya Allah tidak sampai 15 tahun sudah bisa ke Baitullah, tandasnya. (esy/jpnn)
Anas Sebut DPR Tandingan Justru Gerus Citra Jokowi-JK
JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan, pimpinan DPR tandingan yang dibentuk Koalisi Indonesia Hebat (KIH) malah akan menjatuhkan citra mereka. Hal itu diungkapkannya dalam secarik kertas yang dituliskannya dari rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi. Kertas berisi pandangan Anas tersebut diserahkan kepada wartawan melalui kuasa hukumnya Handika Honggowongso. Pimpinan DPR tandingan adalah pilihan politik yang sulit dipahami dan malah bisa memerosotkan citra politik KIH, tulis Anas, Jumat (31/10). Menurut Anas, istilah tandingan sulit dipisahkan dari citra lemah, kalah, dan gagap. Membuat pimpinan DPR tandingan, sambung dia, juga mempengaruhi citra pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Boleh jadi ini bisa menggerus citra dan deposit politik pemerintahan Jokowi-JK, ujar Anas. Anas pun mendukung langkah Pramono Anung yang tidak mau menjadi Ketua DPR tandingan. Kalau mau berarti ada sesuatu yang luar biasa. Tidak ada nilai politik adiluhung dalam kursi Ketua DPR tandingan, ucapnya. Lebih lanjut Anas menyatakan KIH dan Koalisi Merah Putih harus duduk bersama untuk membicarakan mengenai masa depan DPR. Yang terbaik adalah mencari jalan untuk duduk bersama kembali antara KMP dan KIH untuk membicarakan masa depan pengelolaan DPR yang mencerminkan semangat Demokrasi Pancasila dan Indonesia yang majemuk, tandasnya. (gil/jpnn)
Bekas Politikus Hanura Desak TNI Tangkap Anggota DPR Tandingan
JAKARTA - Mantan Ketua DPP Partai Hanura, Fuad Bawazier minta TNI menangkap seluruh anggota DPR tandingan. Kenapa TNI yang harus menangkap? Menurut Fuad tindakan membentuk DPR tandingan itu sudah makar. Jadi jangan polisi yang tangkap anggota DPR tandingan itu. Harus TNI, karena secara bersama-sama sudah melakukan makar. Tangkap dan penjarakan, kata Fuad, dalam diskusi, di press room DPD, komplek Parlemen, senayan Jakarta, Jumat (31/10). DPR, lanjutnya, adalah lembaga Negara. Kalau lembaga negara yang diolok-olok, maka ini akan membahayakan Negara. Kalau PWI atau Kadin ada tandingannya, menurut mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto itu, tidak masalah. Tapi lembaga Negara jangan jadi main-mainan lah. Sekali lagi saya tegaskan, tangkap dan penjarakan anggota DPR tandingan itu dan proses menurut hukum, pungkasnya.(fas/jpnn)
Kehadiran Erick Thohir Dianggap Bagus untuk Liga Italia
MILAN - Presiden Liga Serie A, Maurizio Beretta memberikan dukungan pada owner Inter Milan, Erick Thohir. Beretta meminta semua pihak lebih menghormati pengusaha muda asal Indonesia itu. Sebagaimana diketahui, kehadiran Erick memang mendapat sambutan kurang menyenangkan di Seri A. Erick dianggap tak akan banyak membantu perkembangan sepakbola Italia. Namun, Beretta tak sependapat dengan hal itu. Saya pikir, kehadiran pengusaha internasional seperti Erick Thohir adalah hal bagus untuk sepakbola Italia, terang Beretta sebagaimana dilansir laman Football Italia, Jumat (31/10). Beretta meminta semua insan sepakbola Italia meniru Premier League. Seperti diketahui, beberapa klub besar di Premier League memang sudah dikuasai pengusaha dari luar Inggris. Erick membawa kombinasi dalam pengalaman administrasi dan manajerial. Pada akhirnya, saya yakin bahwa Erick sebagai pengusaha dan personal layak mendapat rasa hormat, tegas Beretta. (jos/jpnn)
Istri Pemain AC Milan Minta Jatah sama Inzaghi
MILAN - Istri dari striker AC Milan Giampaolo Pazzini, Silvia Slitti, kesal suaminya tercinta tak lagi mendapatkan jatah main ideal dari sang pelatih tim Filippo Inzaghi. Musim ini Pazzini lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan AC Milan. Sejauh ini, dia baru empat kali mendapat kesempatan dalam sembilan laga Milan. Itupun sebagai pemain pengganti. Terakhir, Pazzini masuk menggantikan Fernando Torres saat AC Milan duel dengan Cagliari yang berakhir dengan skor imbang 1-1. Musim ini, Milan memang memiliki cukup banyak amunisi di lini depannya. Selain Torres dan Pazzini, ada juga Jeremy Menez, Stephan El Shaarawy, dan MBaye Niang. Namun, kesempatan bermain lebih banyak diberikan pada El Shaarawy, Menez dan Torres. Lewat akun instagramnya dan kemudian dilansir juga leh Football Italia, Jumat (31/10), Silvia menumpahkan kejengkelan kepada Inzaghi. Silvia meminta Inzaghi mau memberikan jatah bermain lebih untuk suaminya. Beri kesempatan. Seseorang harus diberi banyak kesempatan untuk bisa meyakinkan orang lain. Ini baik untuk menunjukkan kualitasnya, simpul Silvia. (adk/jpnn)
Simeone Minta Atletico Lupakan Sukses Musim Lalu
MADRID - Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone meminta anak asuhnya melupakan sukses yang diraih musim lalu. Pasalnya, Atletico kini masih terpaku di urutan kelima klasemen sementara. Sebagaimana diketahui, Atletico musim lalu memang tampil impresif dengan menjuarai La Liga. Selain itu, tim berjuluk Los Rojiblancos tersebut juga berhasil melaju ke final Liga Champions. Yang terbaik adalah melupakan raihan musim lalu dan fokus dengan situasi yang kami hadapi saat ini. Kami menghadapi Real Madrid, Barceloma, Valencia dan Sevilla, terang Simeone di laman AS, Jumat (31/10). Persaingan La Liga musim ini memang lebih ketat dibandingkan tahun lalu. Saat ini, Sevilla dan Valencia tampil trengginas dengan menduduki posisi kedua dan keempat klasemen sementara. Setelah melupakan musim lalu, kita lihat saja apa yang akan terjadi. Kami harus terus menang untuk memastikan kami bisa bersaing di papan atas, tegas pelatih asal Argentina itu. (jos/jpnn)
Montolivo Segera Latihan Bareng Milan
MILAN - Penantian panjang AC Milan untuk menggunakan tenaga Riccardo Montolivo bakal segera berakhir. Pasalnya, cedera tulang tibia yang dialami Montolivo menunjukkan progres menggembirakan. Hal itu diketahui setelah Milan menemui Profesor Herbert Schoenhuber dan Riccardo Accetta sebagai pihak yang mengoperasi Montolivo. Menurut Schoenhuber dan Accetta, kondisi Montolivo kian membaik. AC Milan ingin memberi tahukan bahwa Montolivo berjumpa Schoenhuber dan Accetta yang mengoperasinya pada 2 Juni lalu. Hasilnya positif, demikian pernyataan resmi Milan di laman Milan Channel, Jumat (31/10). Sebagaimana diketahui, Montolivo memang mengalami cedera tulang tibia para ketika membela Italia berjibaku kontra Republik Irlandia pada laga uji coba, sebelum Piala Dunia 2014 lalu. Cedera tulang tibia itu sudah sembuh. Montolivo kini akan menjalani persiapan dasar sebelum bergabung dengan rekan-rekannya di latihan resmi, tambah pernyataan resmi Milan. (jos/jpnn)
Kembangkan BUMN, Rini Ajak Dahlan Iskan Bertukar Pikiran
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memuji Dahlan Iskan saat memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (31/10). Jauh sebelum menjadi menteri, Rini mengenal Dahlan sebagai wartawan senior, yang goresan tangannya tak perlu diragukan lagi. Saya kenal lama, Pak Dahlan wartawan sangat profesional yang sekarang jadi pengusaha profesional. Saya ikut jejak beliau, dalam beberapa kesempatan. Saya akan bertukar pikiran dengan Pak Dahlan dalam mengembangkan BUMN, ujar Rini. Mantan Menteri Perindustrian ini juga berjanji bakal meneruskan program kerja yang sudah dijalankan Dahlan selama tiga tahun terakhir. Sadar mempunyai tugas yang berat lantaran membawahi sekitar 130 perusahaan pelat merah, Rini optimistis bisa menjalankan tugasnya dengan baik selama lima tahun ke depan. Saya akan meneruskan kerja Pak Dahlan yang sudah ditanamkan di BUMN selama tiga tahun. Saya optimis dapat terus membangun BUMN menjadi transparan untuk keperluan masyarkat, sehingga BUMN betul-betul menjadi agen pembangunan, serunya. Di hadapan ratusan direksi yang hadir, Rini mengharapkan kerjasama dari semua belah pihak untuk memajukan BUMN menjadi lebih baik. Mohon doa bersama bekerja keras bagaimana memajukan BUMN dan bersama dengan masyarakat dan semua pihak, pungkas Rini. (chi/jpnn)
Megawati Tunjuk Hasto jadi Plt Sekjen PDIP
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri akhirnya menunjuk pengganti Tjahjo Kumolo di posisi sekretaris jenderal partai pemenang Pemilu 2014 itu. Megawati telah memilih Hasto Kristiyanto menjadi pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDI Perjuangan menggantikan Tjahjo yang harus fokus pada jabatan barunya sebagai menteri dalam negeri. Kabar penunjukan Hasto sebagai Plt Sekjen PDI Perjuangan itu disampaikan oleh Tjahjo di Jakarta, Jumat (31/10). Ibu Ketua Umum menetapkan Wakil SekjenPDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebagai pejabat sekjen, ujar Tjahjo. Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, dirinya telah berkonsultasi dengan Megawati seusai Presiden Joko Widodo melantik Kabinet Kerja pada Senin (17/10) lalu. Selanjutnya, sehari pasca-pelantikan Kabinet Kerja, Tjahjo mengajukan surat pengunduran diri dari posisi sebelumnya sebagai Sekjen PDIP ke Megawati. Tjahjo menegaskan, sesuai hasil Kongres PDIP 2010 maka keputusan tentang personel DPP menjadi kewenangan Megawati. Personalia DPP dipilih dan dilantik oleh Ibu Ketua Umum (Megawati, red). Lalu tanggal 28 kemarin saya mengajukan surat resmi pengunduran sebagai anggota DPR kepada Ibu Megawati, ketua fraksi dan partai dapat segera menetapkan PAW (pergantian antar-waktu, red) pengganti saya, ujar Tjahjo yang sebelumnya tercatat sebagai anggota DPR 2014-2019 itu. Sedangkan keputusan penunjukan Hasto sebagai Plt Sekjen PDI Perjuangan diputuskan Megawati dalam rapat pleno DPP yang digelar Kamis (30/10). Agenda pleno itu adalah menyetujui penonaktifan Tjahjo dari kepengurusan DPP PDIP, sekaligus menunjuk Hasto sebagai Plt Sekjen PDI Perjuangan. Jadi pennjabat sekjen sampai kongres mendatang, pungkas Tjahjo.(ara/jpnn)
Susi Ingin Ubah Peraturan Menteri Sebanyak-Banyaknya
JAKARTA - Di awal masa kerjanya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan akan merubah sejumlah peraturan menteri di pemerintahan sebelumnya. Menurutnya, rencananya itu didukung oleh Presiden RI Joko Widodo. Saya mau ubah peraturan menteri dulu, banyak-banyak. Tadi Bapak bilang, boleh. Semua boleh diubah demi lebih baik, ujar Susi usai bertemu Presiden di kantor Kepresidenan RI, kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat, (31/10). Contohnya, kata dia, PP maupun peraturan menteri terkait bongkar muat kapal laut. Selain itu, ujar Susi, ia akan meminta Menko Kemaritiman mengubah tarif perkapalan dan izin tangkap. Namun, Susi belum merinci secara jelas substansi peraturan-peraturan yang akan diubahnya tersebut. Belum tahu lagi yang lain, soalnya belum dibaca, kata Susi. (flo/jpnn)
Baru Beberapa Hari jadi Menteri, Susi Sudah Dipuji
JAKARTA - World Wildlife Fund (WWF) Indonesia memberikan apresiasi dan dukungan atas langkah-langkah yang telah dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dalam beberapa hari menjadi menteri. Sebagai organisasi konservasi lingkungan dengan misi mewujudkan hubungan yang harmonis antara manusia dan alam, WWF-Indonesia berpandangan bahwa kebijakan yang diambil Menteri Susi Pudjiastuti hingga saat ini selaras dengan prinsip-prinsip perikanan berkelanjutan. Prinsip perikanan berkelanjutan mengedepankan praktik perikanan yang ramah lingkungan, memperhatikan keberlanjutan stok ikan, dan menerapkan pengelolaan perikanan yang berbasis ekosistem, kata Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Arnold Sitompul dalam keterangannya, Jumat (31/10). Pemberantasan illegal fishing, moratorium izin baru kapal penangkap ikan, pelarangan penebangan bakau dan penggunaan bahan kimia untuk tambak budidaya, serta pelarangan penangkapan dan perdagangan ikan bertelur merupakan unsur-unsur terkait perikanan berkelanjutan. Demikian juga dengan pengaturan pembatasan eksploitasi sumber daya ikan atau yang dikenal sebagai harvest control rule hingga rencana penghapusan subsidi BBM yang dialihkan ke kesejahteraan nelayan. Namun, pada praktiknya masih sering ditemukan nelayan atau pengusaha perikanan yang tidak mengikuti kaidah-kaidah perikanan berkelanjutan, seperti penangkapan ikan menggunakan bahan peledak, obat bius dan tidak dilakukannya pencatatan dan pelaporan hasil tangkapan. Praktik-praktik tersebut secara umum dikategorikan sebagai aktivitas Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IUU Fishing). FAO dalam laporan tahun 2014 menyebutkan estimasi kasar jumlah ikan yang diperoleh dari IUU Fishing dapat mencapai hingga 11-26 juta ton setiap tahunnya yang nilainya diperkirakan sebesar 10-23 miliar dolar AS. Di Indonesia, kegiatan IUU Fishing berkontribusi signifikan pada terjadinya overfishing saat ini. Analisa dari data statistik perikanan tangkap Indonesia dan FAO, diperkirakan Indonesia mengalami kelebihan tangkap sebesar 430 ribu ton per tahun, 30 persen dari hasil total tangkapan tersebut diperkirakan berasal dari kegiatan IUU Fishing. Mengacu pada rencana Menteri Susi Pudjiastuti untuk meningkatkan nilai tangkapan hingga Rp 5-6 triliun, WWF-Indonesia berpandangan pemberantasan IUU Fishing berpotensi meningkatkan pendapatan produksi perikanan Indonesia secara signifikan, namun belum cukup untuk mencapai target. Indonesia perlu meningkatkan kualitas hasil tangkapan ikan, bukan meningkatkan jumlah tangkapan, karena saat ini tangkapan ikan sudah berlebih, tambah Arnold. Menurutnya, peningkatan kualitas bisa dilakukan diantaranya melalui skema peningkatan pengolahan paska tangkap (post harvest processing) dan sertifikasi ekolabel. Melalui upaya peningkatan kualitas perikanan tangkap, jumlah kapal yang beroperasi dan biaya yang dikeluarkan dapat dikurangi, sehingga keuntungan bisnis menjadi lebih besar. Manajer Perbaikan Perikanan Tangkap dan Budidaya WWF-Indonesia, Abdullah Habibi menambahkan, langkah selanjutnya untuk mendorong produksi perikanan yang berkelanjutan adalah dengan meningkatkan akurasi dan transparansi pencatatan hasil tangkapan ikan. Pencatatan yang akurat dan transparan akan membantu pemerintah dalam mendata keuntungan dari sektor perikanan dan mencegah penyelewengan, termasuk mengidentifikasi adanya tendensi pelaku usaha merekayasa laporan untuk menghindari pajak, ungkapnya. WWF-Indonesia juga mendukung gagasan Menteri Susi Pudjiastuti untuk memasukkan business sense dalam kebijakan perikanan nasional, khususnya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) sumber daya. Praktik perikanan berkelanjutan adalah kunci mewujudkan bisnis perikanan yang berkelanjutan pula. Business sense dalam kebijakan perikanan nasional harus dapat melihat praktik-praktik berkelanjutan sebagai bentuk investasi jangka panjang yang akan menjamin keberlanjutan bisnis itu sendiri, tandas Habibi sambil mengatakan WWF-Indonesia siap mendukung dan mengawal kebijakan perikanan yang berkelanjutan. (rus/RMOL)
Clippers Beri Thunder 2 Kekalahan Beruntun
LOS ANGELES - Oklahoma City Thunder kembali menelan kekalahan di NBA 2014/2015. Kali ini, Russell Westbrook dkk ditekuk tuan rumah Los Angeles Clippers dengan skor tipis 90-93 di Staples Center, Jumat (31/10) WIB. Dalam laga itu, para pemain Thunder terlihat kesulitan membendung manuver pasukan Clippers. Westbrook dkk tak mampu menahan gempuran Clippers yang dimotori Blake Griffin. Griffin memang langsung tampil hot di laga perdana itu dengan koleksi 23 angka, tujuh rebound dan tiga assist. Selain Griffin, Chris Paul juga tampil impresif dengan torehan 22 angka. Sementara, di kubu Thunder, Perry Jones tampil one man show dengan torehan 32 angka dan tujuh rebound. Serge Ibaka yang digadang-gadang bisa menjadi monster poin hanya mengemas 17 angka dan tujuh rebound. Bagi Thunder, ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun yang mereka alami. Sebelumnya, Westbrook dkk juga dipaksa mengakui ketangguhan Portland Trail Blazers. (jos/jpnn)
Kursi Pimpinan Dianggap Penting sebagai Modal Pemilu 2019
JAKARTA - Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan TB Hasanuddin menegaskan bahwa pembentukan pimpinan dan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR tandingan versi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bukanlah semata-mata karena haus kekuasaan. Menurutnya, inisiatif ini datang karena KIH menilai format AKD versi Koalisi Merah Putih (KMP) kurang proporsional. Kami menilai ini kurang proporsional, jadi bukan karena ada rasa tidak puas atau ambisi ingin jadi pimpinan, kata Hasanuddin di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (31/10). Sebenarnya jelas Hasanuddin, dirinya sudah bersyukur dengan berhasil menjadi anggota DPR lagi seperti sekarang ini. Saya sudah sangat bersyukur dengan jabatan saya saat ini. Hanya saja kami (PDI-P) ingin menang lagi di tahun 2019 nanti dan itu perlu modal politik, salah satu dari modal politik itu ya posisi pimpinan ini, tandasnya. (rus/RMOL)
Cavaliers Tumbang di Laga Perdana
CLEVEAND - Cleveland Cavaliers mengawali NBA 2014/2015 dengan buruk. LeBron James dkk dipaksa mengakui ketangguhan New York Knicks dengan skor 95-90 di Quicken Loans Arena, Jumat (31/10) WIB. Kekalahan itu memberi cacat bagi comeback LeBron ke Cavaliers. Sebagaimana diketahui, LeBron memang pernah membela Cavaliers sebelum hengkang ke Miami Heat. Dalam laga itu, LeBron menyumbangkan 17 poin, lima rebound dan empat assist. LeBron kalah bersinar dengan Kyrie Irving dan Kevin Love yang masing-masing mencetak 22 dan 19 angka. Saya tak menekan dengan baik. Saya tak melakukan manuver cukup bagus di dalam lapangan, terang LeBron setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman ESPN. Di kubu Knicks, Carmelo Anthony masih menjadi top performer dengan koleksi 25 poin dan enam assist. Iman Shumpert dan Jason Smith masing-masing menambah 12 poin. (jos/jpnn)
Ahok Resmi Copot Dua Kadis
JAKARTA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Manggas Rudi Siahaan resmi dipecat dari jabatannya. Manggas tak sendirian, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Endang Widjajanti juga dicopot dari jabatannya oleh Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Jumat (31/10). Selain mencopot dua orang di jabatan tersebut, Aho-, sapaan akrabnya- juga melantik lima pejabat eselon II. Ahok melantik mantan Wakil Dinas PU DKI Agus Priyono yang diangkat sebagai Kepala Dinas PU DKI menggantikan Manggas Rudi Siahaan. Selain itu Ahok juga melantik Walikota Kota Jakarta Utara sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH-KLN) Heru Budi Hartono sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI menggantikan Endang Widjajanti. Sementara itu posisi Kepala Biro KDH-KLN diserahkan kepada Muhammad Mawardi. Kemudian Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) diisi oleh Nur Syamsu Hidayat. Dan terakhir, Ketua ULP DKI I Gede Dewa Sony dilantik sebagai Kepala Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Daerah. (mel/RMOL)
Sambangi KPK, Ahok Diskusi Soal Dharma Jaya
JAKARTA - Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (31/10). Tujuan kedatangannya adalah mendiskusikan soal PD Dharma Jaya. Dharma Jaya merupakan BUMD pengolahan daging sapi yang sempat terancam pailit. Diskusi soal Dharma Jaya, perdagangan sapi, kata Ahok di KPK, Jakarta, Jumat (31/10). Ia datang sekitar pukul 13.35 WIB. Badan Pemeriksa Keuangan DKI menemukan potensi penyalahgunaan anggaran dalam BUMD itu. Ada 14 temuan dengan 32 rekomendasi dari Laporan Hasil Pemeriksaan pengelolaan keuangan PD Dharma Jaya. Indikasi kerugian negara dari pemeriksaan buku tahun 2010/2011 senilai Rp 4,9 miliar. BUMD itu sempat menjadi sorotan pada tahun 2013 yang lalu karena nihilnya setoran yang masuk ke Penerimaan Asli Daerah DKI. Semasa kepemimpinan Joko Widodo, sempat direncanakan untuk menutup BUMD itu akibat tingginya dugaan tindak pidana korupsi. (gil/jpnn)
Sibuk, Jokowi Batal Shalat Jumat Bareng Imam Besar Masjidil Haram
JAKARTA--Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membatalkan rencana untuk melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, bersama Imam Besar Masjidil Haram, Sheikh Abdurrahman As-Sudais, Jumat (31/10). Pembatalan tersebut karena kesibukannya hari ini. Namun demikian, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin tetap menerima kehadiran Sheikh Abdurrahman As-Sudais itu di ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta. Selanjutnya, Presiden Jokowi melaksanakan shalat Jumat di Masjid Baiturrahim, di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta. Adapun Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin menuju Masjid Istiqlal untuk melaksanakan solat Jumat bersama Sheikh Abdurrahman As-Sudais. Selain menerima Imam Besar Masjidil Haram, jadwal Presiden Jokowi pada Jumat (31/10) ini adalah menerima Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menerima Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pusjiastuti, dan pada sore nanti akan menerima Wakil Presiden Angola Manuel Domingos Vicente. (flo/jpnn)
Garam Tak Selalu jadi Penyebab Tekanan Darah Tinggi
GARAM selalu disebut-sebut dapat mempengaruhi tekanan darah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bahkan garam diklaim sebagai pemicu utama risiko timbulnya hipertensi. Benarkah ? Tidak sepenuhnya benar karena sebuah studi baru menemukan bahwa konsumsi garam yang mengandung natrium tidak terkait dengan tekanan darah tinggi. Dikenal sebagai silent killer tekanan darah tinggi jarang memiliki gejala yang jelas. Sekitar 30 persen orang di Inggris mengalami hipertensi, namun banyak yang tidak menyadari akan hal itu. Sementara itu di AS, 67 juta orang dewasa (31 persen) menderita kondisi tersebut. Para ilmuwan menganalisis data dari 8.670 orang dewasa Prancis dan menyimpulkan asumsi bahwa garam menyebabkan tekanan darah tinggi adalah berlebihan. Para peneliti menemukan bahwa sebenarnya faktor gaya hidup lainnya termasuk konsumsi alkohol, usia dan yang paling penting indeks massa tubuh (BMI) semua sangat terkait dengan peningkatan tekanan darah. Menghentikan kenaikan berat badan harus menjadi target pertama pada populasi umum untuk melawan epidemi hipertensi, kata para peneliti, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (31/10). Untuk menghindari hipertensi, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. (fny/jpnn)
Fadli Zon Upayakan Penangguhan Penahanan Penghina Jokowi
JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jumat (31/10). Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu datang untuk memantau proses hukum Muhammad Arsyad alias Imen, tersangka yang ditahan karena dugaan penghinaan terhadap Joko Widodo, Presiden RI saat ini dan Megawati Soekarnoputri - Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden RI kelima. Fadli tak datang sendirian. Orang dekat Prabowo Subianto ini datang bersama keluarga Muhammad Arsyad, yang merupakan buruh tusuk sate di sebuah rumah makan itu. Fadli mengaku datang untuk memastikan bahwa hukum ditegakkan seadil-adilnya. Karenanya, dia meminta persoalan ini jangan dipersulit. Jangan ada kriminalisasi terhadap wong cilik. Kami ingin meneliti dan mengkaji jangan sampai hukum tajam ke bawah tumpul ke atas, kata Fadli di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (30/10). Dia mengingatkan, jangan sampai kasus ini justru menjadi bagian dari politisasi terhadap hukum. Banyak kasus bully lain tapi saya harap tidak pandang bulu, ungkapnya. Tak sampai di situ, Fadli juga mengaku pihaknya akan menyiapkan pengacara untuk membela Arsyad, supaya bisa mendapatkan penangguhan penahanan. Sebelum ke Bareskrim, Fadli sempat mendatangi kediaman Arsyad, di Ciracas, Jakarta Timur. Kedatangan Fadli bermaksud menyampaikan rasa prihatin terhadap Arsyad dan keluarganya. Di Bareskrim, Ibunda Arsyad, Mursidah, 48, juga akan menemui anaknya lagi. Setelah anaknya dikabarkan depresi dan dilarikan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jaktim, sang ibu belum bisa menemui Arsyad. (boy/jpnn)
Paripurna DPR Tandingan Sudah Tetapkan AKD
JAKARTA - Setelah menyampaikan mosi tak percaya atas kepemimpinan DPR RI, Sidang Paripurna Tandingan yang diselenggarakan oleh fraksi-fraksi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dipimpin Ketua DPR sementara dari fraksi PKB, Ida Fauziah, langsung membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) versi mereka. Ida yang ditemui usai memimpin rapat, Jumat (31/10), mengatakan sejauh ini baru 5 fraksi di DPR yang menyerahkan daftar nama anggota mereka untuk mengisi AKD, di antaranya FPDI Perjuangan, KPB, Nasdem, Hanura dan PPP. Kita sudah menetapkan AKD, ada 5 fraksi yang mengusulkan nama-nama yang duduk di AKD, kata Ida. Dalam Sidang Paripurna tersebut, lanjutnya, pimpinan juga memutuskan masih menunggu fraksi-fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), seperti Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS, untuk menyerahkan daftar nama anggota mereka untuk mengisi AKD. Kita menunggu usulan dari fraksi lain. Kami bersepakat hari Senin mengadakan rapat konsultasi dengan fraksi-fraksi agar proses pemilihan pimpinan di AKD mengedepankan musyawarah dan mufakat, jelasnya. (fat/jpnn)

Hasil penelusuran 10/31 10:58pm. Terakhir update terdeteksi pada 10/31 10:58pm.  skor: 1269