Sunny Akui jadi Penyambung Lidah Pengembang ke Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Sunny Tanuwidjaja mengaku pernah menyampaikan keluhan para pengembang reklamasi Teluk Jakarta kepada Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selain itu, staf Ahok ini mengatakan, beberapa pengusaha dari paguyuban pengembang pernah menyampaikan masukan kepada gubernur melalui dirinya soal raperda reklamasi.

Dia tidak membantah pernah menggelar pertemuan dengan pengembang. Terutama ketika pembahasan raperda reklamasi tengah bergulir.

"Saat pembahasan Raperda mungkin bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali," kata Sunny saat bersaksi untuk mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan anak buahnya Trinanda Prihantoro di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/7).

Menurut Sunny, ketika diskusi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan stakeholder terjadi perbedaan pemikiran yang mendasar. Pemda, kata dia, pemikirannya lebih kepada sisi akademis. Ini mengingat, pemda menggaet konsultan yang kebanyakan dari akademisi. Sedangkan pengembang, lanjut Sunny, cara berpikirnya lebih kepada praktisi.

"Pengembang ingin memberi masukan. Tentu mereka tidak bisa memberikan masukan soal teknis langsung kepada gubernur. Mereka menyampaikan melalui saya," ujar Sunny.

Masukan yang diberikan, kata Sunny, seperti terkait posisi jalan antar pulau, cara menghitung luas pulau dan lainnya.

Sunny juga tidak membantah pernah mendengarkan keluhan pengembang soal tambahan kontribusi 15 persen untuk setiap jengkal tanah reklamasi.  Menurut dia, keluhan itu wajar. Sebab, pengembang beberapa kali memertanyakan beberapa perjanjian kerja sama tidak ada tambahan kontribusi. "Tapi serta merta gubernur memutuskan ada angka kontribusi ini," ujar Sunny.

Dia mengatakan, selain bertemu dengan paguyuban, ada pula beberapa pengembang yang pernah datang ke Balai Kota DKI Jakarta menyampaikan keluhannya. Terutama ketika pembahasan raperda reklamasi tengah dilakukan. (boy/jpnn)


[Link to media]
Jessica Iskandar: Jadi Ya Puas..-JPNN.com

JAKARTA - Artis Jessica Iskandar baru saja menyelesaikan liburannya ke Eropa bersama dengan anaknya, El Barack Alexander dan kakaknya, Erick Iskandar. Liburan itu berlangsung selama 17 hari. Jessica mengaku, menikmati liburan panjangnya ke Eropa.

"Dari hari pertama sampai hari terakhir liburan benar-benar ada di luar Indonesia, jadi ya puas," kata perempuan 28 tahun itu saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (25/7).

Beberapa tempat dikunjungi Jessica ketika berlibur ke Eropa. Ia mengaku, sudah mempersiapkan lima negara yang akan dituju ketika masih berada di Jakarta. Sementara, dua negara lainnya, ia datangi secara mendadak. 

"Jadi aku pertama sampai di Istanbul, ke Budapest, Vienna, Praha, Paris, Lyon, Jenewa, terus baru ke Paris lagi," tutur Jessica. 

Jessica ‎merasa sangat senang bisa mendapatkan liburan panjang. Pasalnya, ia sangat jarang mendapatkan waktu libur hingga mencapai belasan hari. 

"Jadinya benar-benar dimanfaatin," ungkap Jessica. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Mbak Puan Khawatirkan Kanibalisme Politik di Internal Partai-JPNN.com

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengharapkan partai-partai politik di tanah air bisa mengedepankan gotong royong kader ketimbang mengandalkan dana bantuan dari negara. Sebab, tak mungkin mengandalkan uang negara untuk menggembleng kader secara terus-menerus.

Berbicara pada seminar bertema Menata Ulang Dana Politik di Indonesia di gedung pusat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jakarta, Senin (25/7), Puan mengatakan, partai politik yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold pada Pemilu Legislatif 2014 lalu mendapat bantuan berdasarkan jumlah pemilih. Besarannya adalah Rp 108 per pemilih.

Mantan ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR itu menambahkan, dana bantuan itu untuk membeli air minum saja jelas tak mencukupi. “Bagaimana kita melakukan kaderisasi di partai politik dengan dana sebesar Rp 108 itu?” ujarnya.

Seminar itu juga menghadirkan pembicara lain. Yakni anggota BPK Rizal Djali, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Ketua Umum Golkar Setya Novanto.

Lebih lanjut Puan mengatakan, masyarakat memang berpandangan sinis pada cara parpol mencari uang dan mengelolanya. Menurutnya, hal itu tak terlepas dari kurang transparannya parpol dalam hal keuangan.

Parahnya, kata Puan, sistem pemilihan legislatif juga memaksa para kader yang menjadi calon wakil bersaing secara tidak sehat. Calon legislatif atau caleg dengan kekuatan finansial besar pun bisa mengalahkan calon lain yang sebenarnya lebih berkompeten dan memiliki kapasitas mumpuni.
 
“Ini mengakibatkan adanya kanibalisme politik di internal partai politik,” kata Puan sembari menambahkan, praktik itu terjadi pada pemilihan kursi legislatif tingkat pusat, provinsi atau pun kabupaten/kota.

Puan mengatakan, partai politik memang ditantang untuk bisa memecahkan persoalan dana. Tentu saja dengan cara-cara yang sesuai hukum.

Menurutnya, ada cara jitu untuk menghimpun dana parpol. Yakni melalui gotong royong. Sebab, efektivitas gotong royong tidak hanya untuk urusan partai, tapi juga lainnya.

“Kita harus mempunyai partai politik yang bebas dari kanibalisme semacam ini. Kita harus mau bergotong-royong, sekali lagi kita bergotong-royong, dalam membangun bangsa yang bersih,” katanya.

Sedangkan Rizal Djalil mengatakan, dana APBN untuk bantuan parpol memang minim. “Dengan dana itu, untuk bangun kantor saja tidak bisa,” kata bekas anggota DPR dari Partai Amanat Nasional itu.

Namun, rizal juga mengingatkan bahwa partai politik punya peran penting dalam demokrasi. Bahkan, katanya, Indonesia tak akan bisa memiliki presiden tanpa keberadaan partai politik.
 
“Presiden dan Wakil Presiden dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Tidak ada jalur independen,” katanya.(jpg/ara/jpnn)


[Link to media]
Ahok Tegaskan Reklamasi Perintah UU, Bukan Turun dari Langit-JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan reklamasi pantai utara Jakarta adalah perintah undang-undang (UU) dan sangat diperlukan untuk pengembangan kawasan wilayah utara Kota Jakarta.

Hal tersebut diungkap gubernur yang akrab disapa Ahok itu di Pengadilan Tipikor, saat memberikan keterangan sebagai saksi untuk terdakwa Ariesman Widjaja, Presiden Direktur Agung Podomoro Land (APL) di Jakarta, Senin (25/7).

Kepada Ketua Majelis Hakim Sumpeno saat sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Ahok mengungkapkan, pelaksanaan reklamasi pantai utara Jakarta memiliki dasar hukum yang kuat, yakni Keppres Nomor 52 Tahun 1995 tentang pengembangan pantai utara Jakarta.

"Dalam Keppres tersebut sudah diatur bentuk pulaunya," kata Ahok.

Soal reklamasi, menurut Ahok Pemprov DKI Jakarta memiliki kerjasama dengan PT APL menyangkut dua kerjasama pembangunan pulau. "Kami ada perjanjian kerja sama, ada dua pulau. Ada pulau Muara Wisesa dan Jaladri Kartika Paksi," jelasnya.

Atas perjanjian kerjasama pembangunan dua pulau tersebut imbuhnya, PT APL selaku pengembang dibebankan kewajiban CSR (corporate social responsibility) antara lain membangun rusun dan lain-lain.

"Proyek-proyek Pemprov DKI yang dikerjakan oleh Agung Podomoro, ada beberapa kewajiban seperti rusun, Jadi pengembang punya kewajiban untuk bangun rusun," katanya.

Selain itu, Ahok juga menyatakan punya diskresi menentukan angka kontribusi sebesar 15 persen tambahan untuk pengerjaan proyek reklamasi.

Kendati tidak merinci penegasannya, Ahok menekankan angka 15 persen yang diputuskannya tidak turun dari langit tetapi melalui kajian. "Bukan asal ngomong, namun dari hasil kajian," katanya.

Menurut Ahok, diskresi kontribusi tambahan 15 persen dilakukan untuk menghindari investor maupun pemda dari kerugian karena regulasi yang belum jelas. Jika kontribusi tambahan 15 persen diterapkan ujarnya, Pemda DKI berpotensi menerima pemasukan mencapai Rp 48 triliun. Namun pembahasan soal ketentuan tersebut selalu mentok di DPRD DKI Jakarta yang tak kunjung diketok hingga kini.

Ahok mengakui, diskresinya tersebut tidak menyenangkan pengembang yang sering menyampaikan keluhan kepada staf khususnya, Sunny Tanuwidjaja, namun Ahok menganggapnya enteng karena pihak pengembang tidak menyampaikannya secara langsung ketika bertemu.

"Saya bertemu Ariesman (eks Presdir PT APL), maupun ketemu bosnya, enggak ada yang keberatan. Malah Podomoro ini yang sudah bayar, Pak, sudah bangun, Pak. Makanya, saya juga kaget gitu, kalau mereka keberatan, harusnya dia tidak mau menyumbangkan," pungkas Ahok. (fas/jpnn)


[Link to media]
Eduard Tjong Mau Boyong Timnas U-19 ke Yogya-JPNN.com

DEPOK - Arsitek timnas U-19, Eduard Tjong berencana memboyong timnya melakoni pemusatan latihan di Yogyakarta. 

Timnas U-19 memang harus segera memantapkan tim. Pasalnya, mereka bakal segera berkompetisi di Piala AFF mulai 11-24 September 2016. Di ajang itu, Indonesia tergabung dalam grup sulit, yakni bersama Thailand, Laos, Myanmar, Australia, dan Kamboja. 

"Kami akan melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta. Di sana banyak uji coba seperti di Sleman, saya ingin mencari suasana penonton yang tinggi," tandas Eduard.

Tim Garuda Muda sendiri sudah melakukan latihan perdana di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Senin (25/7). Dari 40 pemain yang diseleksi, 36 di antaranya sudah hadir.

Beberapa laga uji coba sudah dirancang oleh juru taktik timnas U-19, Eduard Tjong. Mereka bakal melakoni laga uji coba melawan Pusat pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) pada 5 Agustus 2016.

"Kami akan tentukan 25 pemain yang akan perkuat timnas usai uji coba 3 dan 7 Agustus. Nantinya akan disaring pemain terbaik dalam beberapa laga itu," katanya. (ies/jpg/jpnn)


[Link to media]
SP3 Kebakaran Hutan di Riau, Mabes Polri Persilakan Jalur Praperadilan-JPNN.com

JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli mengklaim bahwa surat perintah penghentian penyidikan (SP3) sudah sesuai standar operasional prosedur terhadap pengusutan kasus pembakaran di Riau pada Juli 2015 silam.

 Diketahui, Polda Riau berhenti menyidiki 15 perusahaan yang dianggap bertanggungjawab atas kebakaran di Riau.

"Menurut hemat kami dari Mabes Polri, penghentian penyidikan itu adalah menjadi ranah kewenangan penyidik. Ketika pertama tidak ditemukannya unsur pidana, yang kedua tidak cukup alat bukti, dan yang ketiga dia bukan merupakan tindak pidana," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/7).

Menurut Boy, SP3 dilakukan setelah penyidik dan Kapolda Riau menggelar kasus ini bersama dengan Kejaksaan Tinggi Riau. Kedua instansi penegak hukum tersebut tidak melihat adanya unsur pidana berdasarkan barang bukti, keterangan saksi, dan alat petunjuk lainnya.

“Ada tahap juga konsultasi dengan pihak jaksa penuntut umum atau jaksa peneliti dari perkara tersebut. Jadi ini kan sudah berkaitan dengan kerja sama dalam wadah kriminal justice system. Jadi kalau dalam proses pembahasan itu ternyata tidak kuat pidananya, penyidik bisa dimungkinkan untuk menghentikannya," kata Boy.

Namun demikian, jika ada pihak yang dirugikan atau tidak terima dengan SP3 kasus tersebut, diharapkan menggugat keputusan itu.

“Ya kalau ingin menguji dari SP3 itu, kira-kira sah atau tidak menurut hukum, ada lembaga praperadilan dalam hukum acara pidana. Itu antara lain berkaitan dengan masalah SP3. itu salah tangkap juga bisa dipraperadilankan,” papar Boy. ‎(Mg4/jpnn)


 

 


[Link to media]
Jaksa Tuntaskan Penyidikan, La Nyalla Segera Duduk di Kursi Pesakitan-JPNN.com

JAKARTA - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur telah menuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi La Nyalla Mattalitti. Selanjutnya, tersangka korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur itu beserta berkasnya dilimpahkan ke jaksa penuntut  Kejaksaan Negeri Surabaya.  

Penyerahan berkas Nyalla dilakukan di Kejaksaan Agung, Senin (25/7). Artinya, tak lama lagi ketua umum PSSI itu akan segera diadili.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Maruli Hutagalung, pengadilan atas Nyalla akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta. Hal itu merujuk pada fatwa Mahakamah Agung (MA).

"Dari fatwa MA yang sudah ada, sidangnya di Jakarta di PN Tipikor Jakpus," kata Marulli di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (25/7).

Maruli menambahkan, dengan tuntasnya penyidikan atas Nyalla maka jaksa penuntut Kejari Surabaya akan menyusun surat dakwaan. Maruli berharap pada pekan depan proses persidangan atas Nyalla sudah bisa dimulai.

"Hari ini kami menyerahkan tahap dua ke Kejari Surabaya dan diusahakan minggu depan sudah kita limpahkan dari Kejari Surabaya ke PN Tipikor Jakpus," ucapnya.

Maruli juga mengatakan, Nyalla baru akan diadili untuk kasus korupsinya dulu. Sebab, Nyalla juga menjadi tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan masih di tahap penyidikan.

"Yang jelas penyidikannya masih berjalan. Apabila sudah selesai, maka akan kita tingkatkan ke penuntutan," tambah Marulli.

Sedangkan Nyalla tak mempermasalahkan lokasi persidangan. Ia berhadrap proses hukum atas perkaranya bisa segera selesai.

"Mudah-mudahan cepat selesai. Mau disidang di mana saja terserah. Saya ngikut. Yang penting ada kebenaran," ujarnya.(elf/JPG/jpnn)


[Link to media]
Lulusan Fakultas Kedokteran Banyak, Tapi Tidak Bisa Nyuntik-JPNN.com

SURABAYA – Dinas Kesehatan Jawa Timur mengapresiasi banyak daya serap dari fakultas kedokteran di kampus swasta. Hal itu bisa menjadi solusi pemenuhan kekurangan tenaga kesehatan di daerah. Namun, fakta tersebut juga menjadi tantangan tersendiri karena selama ini tidak sedikit lulusan FK yang kompetensinya rendah.

Berdasar data Dinas Kesehatan Jawa Timur, kini ada 13 FK di kampus-kampus yang tersebar di Jatim. Meski demikian, hal itu belum menjamin tercukupinya kebutuhan tenaga dokter di setiap wilayah.

Berdasar fakta di lapangan, mayoritas lulusan FK memilih bertahan di kota besar. Dampaknya, ada beberapa kota atau kabupaten yang surplus tenaga dokter.

Misalnya, di Surabaya yang surplus 3.789 dokter spesialis dan 129 dokter gigi. Hal serupa terjadi di Sidoarjo. Surplus dokter spesialis mencapai 433, 460 dokter umum, dan 149 dokter gigi.

''Tapi, di daerah lain, ada puskesmas yang tidak memiliki dokter umum,'' tutur Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Jatim One Widyawati.

Dia menuturkan, kesulitan dinas kesehatan untuk memeratakan dokter disebabkan proses pengangkatan. Contohnya, yang ditempatkan di puskesmas adalah dokter dengan status PNS. Lulusan FK di Jatim memang banyak. Namun, dinkes lagi-lagi tidak berwenang untuk langsung mengangkat dokter menjadi PNS.

''Kuota PNS itu ada di Menpan-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Red),'' jelas One.

Selain masalah penempatan dokter, Dinkes Jatim terkendala kompetensi lulusan yang tidak sama. One menuturkan, ada beberapa lulusan FK yang tidak memiliki kompetensi yang baik untuk merawat pasien.

''Di lapangan ada yang disuruh nyuntik saja tidak bisa. Malah ada juga yang takut pegang pasien,'' paparnya.

Kualitas lulusan 13 FK di Jatim akan diketahui ketika mengikuti uji kompetensi. Biasanya, ujian itu dilaksanakan dikti. Sayangnya, banyak lulusan FK dari kampus swasta yang tidak lolos uji kompetensi tersebut. Padahal, uji kompetensi dokter hanya dilakukan dengan ujian tulis. Bukan ujian praktik.

 ''Saya juga tidak tahu kenapa bisa demikian,'' katanya.

Alat kesehatan biasanya menjadi keluhan dokter ketika ditempatkan di daerah. Berbeda dengan di kota besar seperti Surabaya yang memiliki rumah sakit dengan alat kesehatan mumpuni. Untuk masalah tersebut, Dinkes Jatim hanya bisa membantu masalah keuangan. ''Caranya, daerah harus mengirimkan proposal,'' ucap One.

Untuk memecahkan persoalan pemerataan dokter di Jatim, Pemprov Jatim sebenarnya telah memiliki payung hukum. Yakni, Perda Nomor 7 Tahun 2014 dan Pergub Nomor 74 Tahun 2015 tentang Tenaga Kesehatan.

 ''Kami akan terus menyosialisasikan peraturan itu kepada FK dan rumah sakit pendidikan,'' tegas One. (lyn/c15/fat/flo/jpnn)


[Link to media]
Coming Soon! Bandara Internasional Cristiano Ronaldo-JPNN.com

LISBON - Madeira, sebuah pulau di Portugal begitu menghargai putra daerahnya, Cristiano Ronaldo.

Ya, wajar. Berkat prestasi gemerlap Ronaldo, Madeira menjadi daerah yang lebih dikenal.

Setelah membangun patung Ronaldo, museum dan hotel, pemerintah Madeira kini punya rencana baru.

Seperti dilansir dari Fox Soccer, pemerintah Madeira akan mengganti nama Bandara Internasional Madeira menjadi...Cristiano Ronaldo Airport. Rencana itu bahkan sudah diputuskan dalam sebuah pertemuan para pejabat pemerintah setempat. Kini hanya tinggal eksekusi saja, segera.

Rencana ini sudah terdengar sampai ke telinga Ronaldo. Di akun twitter @Cristiano, Ronaldo mengunggah foto dia sedang berada di dalam pesawat jet pribadi dan menulis...Thanks Madeira, dengan tanda jempol. (adk/jpnn)


[Link to media]
Sunny: Saya hanya Membantu Disuruh Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Sunny Tanuwidjaja mengaku sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sejak 2012. 

Kala itu Ahok masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia mengaku diminta Ahok secara lisan tanpa menggunakan surat keputusan (SK).

"Sejak Oktober 2012. Itu tidak ada SK. Hanya membantu, disuruh gubernur (Ahok)," kata Sunny saat bersaksi untuk mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dan anak buahnya Trinanda Prihantoro di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/7).

Dia mengatakan, saat itu gubernur dan wagub DKI Jakarta tidak boleh mengangkat staf ahli. Menurut Sunny, deputi gubernur lah yang menjadi staf ahli kala itu. Sunny juga menegaskan, selama menjadi staf tidak digani Ahok. Ia mengklaim tidak mau merepotkan Ahok.

"Saya tidak digaji dari Pak Gubernur. Kalau staf lain (ada 15 orang) digaji dari operasional gubernur," katanya.

Hakim Ketua Sumpeno menanyakan alasan Sunny yang mau bekerja tanpa digaji. Sunny menjawab gajinya tidak seberapa. Dia menjelaskan gaji staf gubernur perbulan berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. 

"Gajinya mungkin tidak seberapa dibanding dengan tempat kerja profesional. Jadi tidak apa-apa, jangan sampai merepotkan Pak Gubernur," kata Sunny.

Ia mengatakan, sudah mendapatkan gaji ditempatnya Rajawali Corporate di mana Sunny menjabat sebagai general manager.

Lebih jauh Sunny mengaku menjadi staf Ahok di bidang politik. Tugasnya memberikan update tentang perkembangan politik. Selain itu, diskusi terkait kebijakan politik yang akan diambil. Sunny juga mengklaim kerap mendampingi Ahok untuk bertemu kolega-kolega politiknya.

Hakim Sumpeno pun menanyakan apakah soal reklamasi teluk Jakarta juga di bidang politik? "Reklamasi bukan bidang politik," jawab Sunny.(boy/jpnn)


[Link to media]
Ketahuilah, Tujuh Efek jika Anda Ogah Bercinta-JPNN.com

BERCERAI, terlalu sibuk atau bahkan ketidakpuasan terhadap pasangan, menyebabkan seseorang jarang atau bahkan tidak pernah lagi “bercinta”. 

Dalam hubungan rumah tangga, “hubungan di ranjang” menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Penting untuk diketahui, bahwa berhenti "bercinta" ternyata berdampak pada  kesehatan tubuh, baik bagi wanita maupun pria. 

Berikut ini apa yang terjadi pada tubuh jika Anda berhenti bercinta, seperti dilansir laman Yourtango,Minggu (24/7).

1. Anda lebih sering sakit.

Sistem kekebalan tubuh kita semakin lemah ketika kita tidak mendapatkan apapun. Ingin menghindari demam dan flu? Lakukan lebih banyak bercinta.

2. Tingkat stres Anda meningkat.

Anda bisa lebih sering merasa cemas karena ada penurunan hormon baik yang dirilis. Kurang bercinta  sama dengan stres. 

3. Anda sulit untuk terangsang.

Pria bisa mulai menderita disfungsi ereksi, khususnya ejakulasi dini. 

4. Impian Anda berubah.

Anda mungkin mulai mengalami mimpi  bercinta atau bahkan orgasme saat tidur.

5. Anda kehilangan gairah untuk bercinta.

Libido Anda akan berbeda dari yang biasanya.

6. Anda mulai merasa jauh dari pasangan Anda.

Anda mungkin mulai merasa tidak aman tentang hubungan Anda dengan kekasih Anda. 

7. Dinding Ms. V Anda lebih lemah.

Bercinta bisa seperti latihan untuk melatih kegel Ms. V Anda. (fny/jpnn)


[Link to media]
Si Geboy Dibawa Kabur ABG, Sampai Kini Belum Kembali-JPNN.com

JAKARTA - Jajaran Polres Metro Jakarta Barat menangkap bocah laki-laki yang masih tergolong anak baru gede (ABG) berinisial MF. Pasalnya anak ingusan yang masih berusia 15 tahun itu membawa kabur AA alias Geboy (16), warga Pesing Gadok, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Herru Julianto mengatakan, sampai kini Geboy belum ditemukan. Polisi menduga Geboy masih dibawa Hasbi (16).

Sedangkan MF sudah ditangkap terlebih dulu di Jalan Bambu, Srengseng, Jakarta Barat, Minggu (24/7) malam.  "Penangkapan ini berawal dari laporan keluarga korban yang mengaku kehilangan anak perempuannya (Geboy) warga Pesing Gadok  sejak Jumat (22/7) lalu," ungkap Herru Julianto kepada wartawan, Senin (25/7).

Dari penyelidikan polisi, MF mengaku berkenalan dengan Geboy melalui obrolan di BlackBerry Messenger (BBM). Mereka lantas sepakat bertemu pada hari Jumat malam di Gang H Suhalim, Jalan Anggrek Cendrawasih, Palmerah.

Selanjutnya, MF mengajak remaja SMP itu pergi dengan sepeda motor ke tempat tongkrongannya di kawasan Srengseng. Di situlah MF bertemu Hasbi.

Selanjutnya, Hasbi mengajak Geboy pergi dan hingga kini tak diketahui keberadaannya. "MF mengaku tak tau ke mana mereka pergi lantaran belum mengenal dekat pelaku Hasbi," ujar Herru.

Hingga kini, Geboy sama sekali belum bisa dihubungi baik oleh orang tau maupun kerabatnya. Keluarga ‎Geboy kini tengah harap-harap cemas menanti kabar putrinya.

Polisi pun masih mengejar pelaku Hasbi. “Sementara MF sudah dijadikan tersangka dan dijerat pasal 332 KUHP (melarikan gadis di bawah umur, red) dengan ancaman kurungan lima tahun penjara," pungkas Herru.(elf/JPG/ara/jpnn)


[Link to media]
Kapok! Didampingi Keluarga, 6 Penista Agama Datangi DPRD Metro-JPNN.com

LAMPUNG - Enam pemuda pelaku penistaan agama Islam melalui media sosial facebook mendatangi DPRD Kota Metro, Bengkulu, Senin (25/7). 

Mereka yang melakukan pelecehan di Masjid Taqwa Kota Gajah Lampung Tengah, Bandarlampung tersebut datang didampingi keluarganya masing-masing. 

Mereka disambut Ketua DPRD Anna Morinda, Ketua MUI Kota Metro, sejumlah anggota DPRD Metro, serta Kepala Kesbang dan Politik Deddy Fryady Ramli. Demikian sebagaimana dikutip Radar Lampung (Jawa Pos Group) dari akun Facebook Protokol Kota Metro.

Dalam pertemuan tersebut, keluarga meminta maaf kepada umat Islam yang ada di Lampung dan khususnya Kota Metro. Yang mana saat menggunggah foto tersebut remaja itu menyebut beralamatkan di Kota Metro.

Di depan Ketua DPRD, ketua MUI, anggota DPRD, serta tokoh masyarakat mereka menanda tangani perjanjian disaksikan aparat Polres Metro untuk tidak mengulangi kembali perbuatannya.

Diketahui, informasi adanya kejadian tersebut diperoleh pada Jumat (22/7). Sejumlah foto melecehkan Islam diunggah oleh remaja dengan menggunakan akun Facebook atas nama Firman Abadi Prk pada Rabu 20 Huli 2016 dengan identitas Facebook beralamatkan di Metro.

Kasus tersebut telah menjadi bahan perbincangan khususnya oleh masyarakat Metro karena pengunggahan foto dilakukan di dalam Masjid yang diduga beralamatkan di Kota Metro.

Dari hasil penelusuran, akhirnya diketahui akun Facebook atas nama Firman Abadi Prk tersebut milik remaja berinisial FA, yang beralamatkan di Sritejo Kencono Kecamatan Kotagajah, Lampung Tengah.

Dalam pengakuannya, FA tidak merasa mengunggah foto-foto tersebut di akun Facebook miliknya. Dia pun menyatakan tidak mengetahui siapa yang mengunggah. Dia hanya membuka akun Facebook miliknya kemudian lupa untuk menutupnya dan meninggalkan memori card berisi foto tersebut. (ade/jpnn)


[Link to media]
Kawan Sukses jadi Perampok, Tergiur, Sekarang Rasain!-JPNN.com

JAMBI -  R (30) warga Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, dilumpuhkan aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jambi, Sabtu (23/7). R merupakan spesialis perampokan nasabah bank. 

Kapolresta Jambi, Kombes Pol Bernard Sibarani mengatakan, penangkapan tersangka  sekitar pukul 22.30 WIB. Tersangka terakhir beraksi di depan Mall Kapuk, Kecamatan Pasar Jambi.

"Tersangka diringkus Unit Buser Polresta di rumahnya di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Telanaipura. Dalam peringkusan itu. polisi terpaksa melumpuhkan kaki tersangka dengan timah panas, karena inging mencoba melawan petugas," kata Bernard, seperti diberitakan Jambi Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini (25/7).

Dijelaskan Bernard, komplotan pelaku berjumlah tiga orang.  Selain R yang diringkus Polresta Jambi, satu pelaku inisial (P) diringkus Polres Merangin. "Satu rekan mereka sekarang masih menjadi DPO," jelasnya.

Adapun modus para pelaku sambung Bernard, yakni dengan menebar paku di jalan. Ketika ban kendaraan kempes dan korban turun melihat kondisi kendaraan,  saat itulah para pelaku beraksi.

"Komplotan ini beda dengan kelompok yang ditangkap Polda Jambi beberapa waktu lalu," terangnya.

Pihak kepolisian juga masih melakukan pengembangan apakah komplotan ini juga yang beraksi menjambret tas nasabah Bank BTN, Kecamatan Jelutung. "Kemungkinan ada tapi masih kita kembangkan," tandasnya.    

Sementara itu, R kepada awak media mengaku bahwa dia sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan.  Namun karena terpengaruh rekannya, dia nekat merampok.

"Terpengaruh kawan, saya liat dia sukses dan saya tergiur. Rencannya mau bikin kebun," kata R.

Dijelaskanya, dari aksi terakhir yang dia lakukan bersama komplotannya, R mengaku mendapat bagian sebesar Rp 5 juta rupiah. "Uangnya dipakai untuk makan dan bayar hutang," punghkasnya.

Tersangka dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman di atas 5 tahun penjara. (cok/sam/jpnn) 


[Link to media]
Inilah Keterangan Ahok di Pengadilan Tipikor-JPNN.com

JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, dasar hukum pemberian izin pelaksanaan reklamasi pantai utara Jakarta kepada PT Agung Podomoro Land adalah Keputusan Presiden Nomor 52 tahun 1995.

Menurut Ahok, dalam Keppres itu disebutkan untuk mewujudkan fungsi pantai utara Jakarta sebagai kawasan unggulan, perlu penataan melalui upaya reklamasi.

"Iya (dasar hukum), pertama Keppres, kemudian surat Bappenas. Kalau Keppres itu sampai mengatur bentuk pulau dan jumlahnya," kata Ahok saat bersaksi untuk mantan Presiden Direktur PT APL Ariesman Widjaja dan anak buahnya Trinanda Prihantoro di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/7).

Menurut dia, pasal 4 Keppres 52 mengamanatkan wewenang dan tanggung jawab reklamasi pantura Jakarta ada pada gubernur.

Ia menjelaskan, setelah Keprres 52,  ada reklamasi pertama di pantura Jakarta oleh PT Manggala Karya Yudha pada 1997.

Namun, karena krisis moneter, reklamasi PT MKY berhenti. Pada 2010, kata Ahok, reklamasi dilanjutkan lagi. "Gubernur waktu itu memberikan izin prinsip untuk reklamasi. Itu membuat mereka melanjutkan kembali," kata Ahok.

Ahok juga mengatakan, ada beberapa pulau yang izinnya tidak melalui dirinya. Seperti Pulau N atau New Tanjung Priok punya Pelindo.

Ahok mengatakan, APL bukan yang pertama mengerjakan proyek reklamasi. Menurut dia. APL membeli izin perusahaan dari zaman Soeharto. "Mereka  bukan dapat pertama tapi mereka beli saham di jaman Soeharto," katanya.

Ahok mengatakan, ada tim tersendiri untuk mengatur 17 pulau reklamasi. "Istilahnya di darat mana untuk hotel, bisnis, yang di pulau begitu. Jadi ini yang belum diketok palu oleh DPRD," ujar dia. (boy/jpnn)


[Link to media]
Ini Starting Eleven Semen Padang vs Persib-JPNN.com

PADANG - Semen Padang dipastikan bisa kembali menampilkan Jandia Eka Putra dan Irsyad Maulana melawan Persib Bandung, di Stadion Agus Salim, Padang, Senin (25/7) malam.

Melihat kekuatan Kabau Sirah, laga memang dipastikan berjalan ketat. Kembalinya Jandia, bakal jadi jaminan kekuatan lini belakang Semen Padang.

Maung Bandung, juga bisa menampilkan seluruh pemainnya. Tapi, sedikit rotasi dilakukan oleh Djadjang untuk meningkatkan daya tahan timnya, dan memaksimalkan serangan balik. (dkk/jpnn)

Starting XI Semen Padang vs Persib

Semen Padang: Jandia Eka (pg) Novan Setya Sasongko, Handi Ramdhan, Cassio Fransisco, Hengki Ardiles, Riko Simanjuntak, Vendry Mofu, Paulo Diego, Irsyad Maulana, M Nur Iskandar, Marcel Silva Sacramento.

Persib: I Made Wirawan (pg);  Tony Sucipto, Jajang Sukmara,  Vladimir Vujovic,  Rudolof Yanto Basna;  Hariono, Kim Jeffey Kurniawan, Robertino Pugliara, David Laly, Zulham Zamrun;  Belencoso


[Link to media]
Sultan Hamid II Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional-JPNN.com

JAKARTA - Perjuangan memeroleh gelar pahlawan nasional untuk perancang Lambang Negara Elang Garuda Pancasila Sultan Hamid II alias Syarif Abdul Hamid Alkadrie masih berlanjut.

Pembina Yayasan Sultan Hamid II Syarif Max Jusuf Alkadrie beserta istri Ny Yetti Alkadrie menyerahkan dokumen berkas usulan calon pahlawan nasional atas nama Sultan Hamid II kepada Kementerian Sosial RI di Jakarta, Senin (25/7).

Penyerahan berkas ini dilakukan setelah keluar surat rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terkait pengajuan SH II sebagai pahlawan nasional.

Berkas diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengelolaan Tunjangan Keluarga Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan Kemensos Effendy Siahaan. Hadir pula Kepala Bidang Pengembangan dan Kelembagaan Sosial Dinsos Provinsi Kalbar Rimisius dan akademisi Universitas Tanjungpura Pontianak Turiman Fachturahman Nur.

Adapun berkas yang diserahkan yakni usulan calon pahlawan nasional Sultan Hamid II sebanyak 17 rangkap. Kemudian, biodata ahli waris 17 rangkap, 17 CD dokumen usulan, 10 CD film dokumenter lahirnya Lambang Negara, foto nama jalan Sultan Hamid II.

Kemudian dokumen foto pameran dan seminar nasional sejarah lambang negara rancangan SH II yang digelar tahun 2000-2006, buku-buku pendukung hasil riset terhadap SH II. Antara lain buku Sejarah Pameran dan Seminar Lambang Negara tahun 2000, biografi politik: Sultan Hamid II Sang Perancang Lambang Negara RI 2012.

Hasil riset dua tesis di Magister Hukum UI Jakarta dan investigasi jurnalistik. Kemudian "Sejarah yang Hilang", hasil riset: P Mahendra Kanisius Jakarta, 2014.

Mencari Telur Garuda, Nalar Jakarta, Nanang Hidayat, hasil riset tesis di ISI Yogyakarta 2008. Buku "Bung Hatta Menjawab, edisi Bahasa Indonesia dan Inggris, Gunung Agung, Jakarta, 1978, berisi pernyataan Muhammad Hatta, hal 108, 112. Buku Empat Pilar MPR RI 2013-berisi penegasan Sultan Hamid II perancang Lambang Negara halaman 182.

"Alhamdulillah semua berkas persyaratan sudah lengkap. Kini tinggal diproses untuk memeroleh gelar pahlawan nasional untuk Sultan Hamid II," kata Max Jusuf.

Ia menegaskan, rekomendasi dari Gubernur Kalbar Cornelis serta Wali Kota Pontianak Sutarmidji juga sudah dilampirkan dalam berkas-berkas tersebut.

Menurut Max, perjuangan meraih gelar pahlawan nasional ini sudah dilakukan sejak lama.  "Sultan Hamid II layak dijadikan Pahlawan Nasional karena jasa dan pengabdiannya begitu besar untuk bangsa Indonesia," tegas Max.

Turiman mengatakan, berkas yang diserahkan ini sudah sesuai persyaratan yang tercantum dalam buku yang diterbitkan Kemensos. "Alhamdulillah semua sudah sesuai dengan buku petunjuk persyaratan pengajuan gelar pahlawan nasional," kata Turiman.

Rimisius mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kemensos menerima berkas-berkas yang menjadi persyaratan tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih karena sudah diterima," katanya.

Effendi mengatakan, berkas yang diterima akan diverifikasi. Setelah itu baru dikirimkan ke Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP).

"Hasilnya nanti dilaporkan kepada Bu Menteri (Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, red)," kata dia.

Nantinya, Mensos akan merekomendasikan kepada Presiden Joko Widodo. Presiden akan meminta Dewan Gelar mengkaji. "Setelah itu baru dikembalikan lagi ke presiden," kata Effendy.

Seperti diketahui, dua hari setelah HUT ke-103 Sultan Hamid II, Gubernur Kalbar Kornelis menandatangani surat rekomendasi Pemprov Kalbar untuk pengajuan pengusulan Sultan Hamid sebagai Pahlawan Nasional.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak Sutarmidji juga sudah meneken rekomendasi serupa sebagai syarat pengajuan.(boy/jpnn)


[Link to media]
Produk Fashion Selebriti Ini Dibajak di Online Shop-JPNN.com

JAKARTA - Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia Daniel Mananta menyatakan, banyak tantangan yang dihadapi ketika berada di dunia kreatif terkait fashion. Namun, menurut dia, tantangan terbesarnya adalah pembajakan.

Pembajakan pun dialami oleh Daniel. Ia mengatakan, produk Damn! I Love Indonesia dibajak dan dijual di online shop. 

"Online banyak barang Damn! I Love Indonesia dijual bajakan di situ," kata Daniel dalam acara peluncuran The Big Start Indonesia di kawasan Thamrin, Jakarta, Senin (25/7).

Daniel sudah mencoba untuk melaporkan mengenai ‎pembajakan produk Damn! I Love Indonesia yang dijual di online shop. Sayangnya, permasalahan tersebut kembali terjadi. 

"Dilaporin kemudian hilang satu hari, namun muncul lagi dengan akun email yang berbeda. Itu permasalahan dari online shop yang enggak dikurasi. Itu meningkatkan pembajakan khususnya di fashion," ‎tutur Daniel. 

Menurut Daniel, Damn! I Love Indonesia sangat mudah untuk ditiru dan dijual dengan harga yang lebih murah.‎ "Damn! I Love Indonesia mudah banget orang printing, kemudian diijual dengan lebih murah, sebesar sepuluh persen di bawah harga ‎kami (produk asli Damn! I Love Indonesia)," ungkapnya. (gil/jpnn)


[Link to media]
Ahok Akui Ganjil-Genap Tak Signifikan Tekan Kemacetan-JPNN.com

JAKARTA - Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, akan melakukan uji coba kebijakan ganjil-genap sebagai pengganti sistem 3 in 1, Rabu (27/7) mendatang.

Uji coba akan dilaksanakan di semua ruas jalan protokol di Jakarta yang sebelumnya berlaku sistem 3 in 1, plus Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Meski sudah akan diujicoba, namun ‎Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, sistem ganjil genap plat kendaraan yang melintas bersifat sementara. Karena diyakini hanya‎ mampu mengatasi 20 persen dari kemacetan yang terjadi selama ini. 

Karena itu Pemprov DKI saat ini tengah menyiapkan sistem ‎Electronic Road Pricing (ERP)‎. Diperkirakan sistem ini dapat mengurangi hingga 80 persen kemacetan yang ada.

"Jadi nanti ‎setelah ERP terpasang, enggak ada lagi cerita ganjil genap. K‎alau pakai sistem ERP paling efektif kurangi jumlah kendaraan. B‎isa tekan sampai 80 persen juga, tergantung tarif. Kalau (ganjil genap) nggak bisa‎," ujar gubernur yang akrab disapa Ahok tersebut, Senin (25/7).

Karena itu Pemprov DKI kata Ahok, akan segera mempercepat pembangunan sistem ERP di sejumlah ruas jalan. ‎Salah satunya dengan terlebih dahulu menandatangani Peraturan Gubernur terkait sistem ERP, Senin ini. Baru kemudian proses lelang dilaksanakan. Sehingga diperkirakan sistem ERP dapat dilaksanakan enam bulan ke depan.

Menurut Ahok, dalam uji coba pembatasan kendaraan berplat ganjil-genap nantinya, belum dikenakan sanksi. Hanya bersifat teguran bagi masyarakat yang tidak mematuhinya. Tapi kalau ditemukan plat kendaraan palsu, aparat hukum dapat segera menindak. Karena hal tersebut masuk dalam ranah pidana.(gir/jpnn)


[Link to media]
Ahok Datangi Pengadilan Tipikor untuk Bersaksi di Sidang Suap Reklamasi-JPNN.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Ahok -sapaan akrabnya- dijadwalkan menjadi saksi dalam sidang perkara suap pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP).

Ahok dihadirkan sebagai saksi bagi dua terdakwa, yaitu mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL), Ariesman Widjaja dan Trinanda Prihantoro. Namun, Ahok yang tiba sekitar pukul 14.55 WIB itu enggan memberikan keterangan terkait kehadirannya. ‎

Mantan Bupati Belitung Timur itu memilih langsung masuk ke ruang tunggu sebelum memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/7). Hal itu kontras dengan kebiasaan Ahok yang biasanya lantang berbicara meladeni pertanyaan media.

Sebelum Ahok hadir, staf khususnya Sunny Tanuwidjaja telah hadir lebih awal. Sama seperti Ahok yang enggan bicara ke media, Sunny juga memilih memilih tutup mulut dan langsung masuk ke ruang tunggu.

Selain Ahok dan Sunny, dalam daftar saksi yang bakal dihadirkan dalam sidang Ariesman dan Trinanda ada nama Gerry Prasetya selaku ajudan Ketua Komisi D DPRD DKI M. Sanusi, Berliana Kurniawati, Catharine Lidya, Budi Setiawan dan Budi Nurwono.

Nama Ahok memang muncul dalam surat dakwaan Ariesman dan Trinanda. Dalam dakwaan disebutkan, Ahok telah mengeluarkan sejumlah izin prinsip serta izin pelaksanaan kepada para pengembang proyek reklamasi di pesisir Jakarta. Salah satunya kepada PT Muara Wisesa Samudera, anak usaha PT APL.

Dalam perkara ini, Ariesman didakwa menyuap M Sanusi sebesar Rp 2 miliar melalui anak buahnya, Trinanda Prihantoro. Tujuannya agar Sanusi mengakomodasi keinginan Ariesman selaku pemegang izin reklamasi terkait aturan kontribusi tambahan 15 persen dalam pembahasan Raperda RTRKSP. (put/jpg)


[Link to media]
Jambret Lagi Apes! Dapat HP, Tapi Ketinggalan Motor-JPNN.com

BALIKPAPAN – Polsek Balikpapan Utara berhasil meringkus Ambrosius alias AK alias Ardi bin Sah (22) di Jalan Gunung Traktor, Baru Ulu, Balikpapan Barat, Sabtu (23/7).

Ambrosius merupakan jambret yang merampas tas Revina di Jalan A Wahab Syahrani Telindung, Batu Ampar, Balikpapan Utara, Rabu (20/7). w

Kapolsek Balikpapan Utara AKP H Sarbini mengatakan, yang bersangkutan saar ini dikenai pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan. “Kami masih mengembangkan kasus ini, karena satu rekan tersangka masih buron, kami sudah kantongi ciri-ciri, nama dan identitasnya,” kata Sarbini kepada Balikpapan Pos, Minggu (24/7) kemarin.

Dia mengatakan, tersangka dibantu satu rekan yang masih buron. Tersangka nyaris dilumpuhkan salah satu saksi Rendra Tri Satria (16).

“Korban ini berencana berangkat ke Km 10, diboceng oleh Rendra. Di tengah perjalanan mereka dipepet dua tersangka. Korban dalam keadaan memegang handphone, handphone itulah yang menjadi sasaran tersangka,” lanjut Sarbini.

Atas laporan bernomor LP/K/ 226/VII/2016/P.Katim/Res Balikpapan/Polsek Bpp Utara, Polsek Balikpapan Utara kemudian bergerak mencari tersangka.

“Dia (tersangka, Red) meninggalkan. Ambrosius ini yang memetik, rekannya yang masih buron yang membonceng. Dalam kejadian itu, saksi Rendra sempat melawan pelaku jambret,” imbuhnya.

“Dia mengejar dengan motor, hingga berhasil menjegal ban belakang. Korban, saksi dan dua tersangka jatuh ke aspal. Nah, dari situ tersangka melarikan diri, motornya ditinggalkan,” kata Sarbini. (war)


[Link to media]
Tertinggal dari Rekan Satu Tim, Rosberg Tetap Percaya Diri-JPNN.com

HUNGARIA - Pembalap Mercedes, Nico Rosberg harus merelakan takhta pimpinan klasemen sementara ke rekan satu tim, Lewis Hamilton.

Hal tersebut terjadi setelah di GP Hungaria, Minggu (24/7), Rosberg harus mengakui keunggulan Hamilton yang berhasil menjadi juara di Sirkuit Hungaroring.

Rosberg yang sebelum GP Hungaria memimpin dengan selisih satu poin, kali ini harus tertinggal dengan perbedaan enam angka di bawah Hamilton. Meski begitu, pembalap asal Jerman tersebut tak terlalu memikirkannya.

"Persaingan kali ini sangat ketat. Ini adalah musim yang bagus, paling tidak sampai saat ini," kata Rosberg seperti dilansir Crash.

"Seperti yang selalu saya katakan, saya tidak menghitung poin, masih ada perjalanan panjang yang harus kami lalui dan semua masih mungkin terjadi," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Rosberg sedikit mengomentari jalannya balapan di Sirkuit Hungaroring. Rosberg menilai dirinya kehilangan fokus pada awal balapan.

"Saya hanya ingin fokus memenangi balapan, tapi hal itu tidak terjadi di GP Hungaria dan sayang sekali saya kehilangan hal itu di belokan pertama," ungkap Rosberg.

Pembalap berusia 31 tahun ini langsung menatap balapan selanjutnya. Terlebih, seri berikutnya akan digelar di tanah kelahirannya, Jerman.

"Sekarang saya harus fokus ke GP Jerman. Itu adalah balapan kandang bagi saya. Tak sabar untuk tampil di sana. Saya menyukai karakter Sirkuit Hockenheimring," pungkasnya. (zul/JPG/JPNN)


[Link to media]
Innalillahi...Mobil Terjebak Lumpur Banjir Pandeglang, Empat Tewas-JPNN.com

JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, telah terjadi banjir bandang yang melanda enam desa di Pandeglang, Banten, Minggu (27/7) kemarin, sekitar Pukul 21.00 WIB. Akibatnya, empat orang tewas.

‎Banjir bandang tersebut masing-masing melanda desa di Kecamatan Labuan. Yaitu Desa Teluk, Desa Cigondang, Desa Labuan dan Desa  Kalang Anyar. Kemudian Desa Sukajadi dan Desa Carita Kampung Cengkara, Kecamatan Carita.

"Pada saat kejadian beberapa mobil yang melintas di Jalan Raya Carita Labuan Km 9 Desa Sukajadi, Kecamatan Carita terjebak lumpur setinggi 50 cm. Empat penumpang mobil ditemukan meninggal dunia," ujar Sutopo, Senin (25/7).

Menurut Sutopo, korban meninggal ‎diduga keracunan gas monoksida (CO), akibat kendaraan tetap dihidupkan saat terjebak dalam longsor dalam waktu yang cukup lama. Korban ditemukan saat kendaraan masih dalam keadaan hidup. 

"Empat korban adalah satu keluarga yaitu Evi Lutfiah (41), Ahmad A. Yani (52), Syarifatul Ginayah (18), dan M. Fahri (6). Korban baru bisa dievakuasi sekitar Senin pagi setelah mengerahkan empat unit alat berat untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsor dari Gunung Asepan," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, banjir bandang terjadi di tengah hujan deras yang melanda Pandeglang pada Minggu malam. Akibatnya, terjadi longsor ‎ di perbukitan kemudian disusul  banjir bandang. Pada saat bersamaan air laut pasang. Sehingga banjir menggenangi permukiman setinggi 50-150 cm.(gir/jpnn)


[Link to media]
Pelapor Tagih Tindak Lanjut Dugaan Bupati Korupsi-JPNN.com

JAKARTA – Kasus dugaan korupsi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari terkait penerbitan izin usaha perkebunan kelapa sawit kembali bergulir. Sang pelapor Roosyan Umar dan jajarannya akan mendatangi Kejaksaan Agung.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara itu akan meminta penjelasan terkait laporannya. Sebab, lebih dari tiga tahun laporan itu mandek.

"Ada rencana, (laporan) itu kan sudah lama. (Kami sudah) menyurati sampai ke presiden, sudah dikirim ke mana-mana," ujar Umar dalam rilisnya Senin (25/7).

Umar menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti meminta Kejagung menelusuri dugaan korupsi Rita. Pasalnya, sudah ada putusan Pengadilan Tata Usaha yang menyatakan izin yang diterbitkan Bupati Kukar dua periode ini cacat hukum.

Dia pun meyakini dugaannya itu. Menurutnya, kini tinggal komitmen Korps Adhyaksa memberantas korupsi di Kukar. "Pasti minta tindak lanjuti, kan perkara sudah menang (di PTUN), tinggal pejabat hukumnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, pada 2013 lalu Kejagung telah menerima laporan ihwal dugaan korupsi dalam penerbitan izin usaha perkebunan kelapa sawit untuk PT Tunas Prima Sejahtera (TPS) atas nama Rita.

Perkebunan itu berada di Kecamatan Kembang Janggut dan Kecamatan Kenohan, Kutai. Laporan yang dilakukan Sena Sakti Law Office & Partners berdasarkan hasil penyelidikan tim gabungan dari Kementerian Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kepolisian dan Kejagung pada 2011.

Dari hasil penyelidikan tersebut ditemukan adanya indikasi tindak pidana kehutanan. Yakni penggunaan kawasan hutan produksi untuk perkebunan kelapa sawit seluas 3.600 hektare tanpa izin pelepasan dari Menteri Kehutanan.

Perkara ini juga sampai ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dalam putusannya pada 12 April 2012, Majelis Hakim PTUN pada 12 April 2012 mencabut SK Bupati Kartanegara No. 519/152/SDA/I/IX-2011 9 September 2011 dan surat-surat izin lokasi untuk PT TPS yang pernah diterbitkan.

Di area seluas 3.600 hektare itu, PT TPS selama ini beroperasi hanya bermodalkan Izin Lokasi Perkebunan dari Bupati Kartanegara yang dikeluarkan pada 18 September 2006.

Izin diperpanjang dua kali masing-masing pada 8 Agustus 2007 dan 27 Oktober 2008, dan terakhir dikukuhkan Rita. (jos/jpnn)


[Link to media]
13 Daerah Panutan Abaikan SE Menteri Yuddy-JPNN.com

‎JAKARTA--‎Sebanyak 13 dari 57 kabupaten/kota yang telah ditetapkan sebagai role model pelayanan publik belum menyerahkan laporan hasil pemantauan kehadiran aparatur sipil negara (ASN) pascacuti bersama Idulfitri ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Hal ini membuat Menteri Yuddy Chrisnandi gerah. Ia menegaskan, segera menindaklanjutinya karena role model seharusnya menjadi contoh bagi instansi lain.

Sesuai Surat MenPAN-RB No. B/2410/M.PAN-RB/06/2016 tertanggal 30 Juni 2016, setiap instansi pemerintah diminta melakukan pemantauan kehadiran aparatur negara pascacuti bersama dan libur Idul Fitri 1437 H. Hasil pantauan itu selanjutnya dikirimkan ke KemenPAN-RB melalui email.

Surat tersebut dikirimkan ke para menteri Kabinet Kerja, panglima TNI, Kapolri, jaksa agung, para kepala LPNK, para pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, para pimpinan Kesekretariatan LNS, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indoensia. “Langkah ini ditempuh sebagai upaya penegakan disiplin aparatur negara dan optimalisasi pelayanan publik,” ujar Menteri Yuddy di Jakarta, Senin (25/7).

Namun Yuddy merasa prihatin, karena hingga hari ini dari 57 kabupaten/kota yang dijadikan role model pelayanan publik, baru 44 yang telah mengirimkan laporannya. ‎

Diungkapkan, kabupaten/kota yang belum mengirimkan laporan dimaksud antara lain  Kabupaten Badung, Kota Medan, Kota Padang, Kota Bengkulu, Kota Pekanbaru, Kota Bandar Lampung, Kota Administrasi se-DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Tarakan, Kota Samarinda, Kota Palangkaraya, Kota Mataram, dan Kota Ambon. (esy/jpnn)


[Link to media]
Ultah ke-66, Ini Harapan Sederhana Widyawati-JPNN.com

ARTIS senior, Widyawati, tengah berbahagia karena baru saja merayakan hari kelahirannya yang ke-66.

Ia berharap di usia yang semakin senja ini senantiasa diberikan kesehatan agar bisa menjalankan berbagai aktivitas. Artis era 80-an ini mengaku tak terasa sudah menginjak usia 60-an.

"Jujur saya baru ngeh udah masuk usia 66, maunya sih tetep 50-an tapi ternyata sudah yang ke-66 tahun," candanya di sela silaturahmi Solidaritas Artis Indonesia di Cafe Safari, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/7).

Di ulang tahunnya kali ini, tak banyak yang diharapkan Widyawati, selain kesehatan dirinya. Sebab, tanpa kesehatan yang prima, segala aktivitas tidak bisa dilakukan secara maksimal. Baginya kesehatan merupakan kado spesial di setiap usianya bertambah

"Siapa yang tidak ingin berumur panjang. Oleh karena itu sehat adalah kunci utama. Karena dengan sehat kita bisa melakukan apa saja. Kalau kita punya keinginan banyak tapi enggak sehat kan sama aja," tambah aktris peraih Piala Citra sebagai Aktris Terbaik FFI 1987 ini. (mg5/jpnn)

 

 


[Link to media]
Terkait Masa Depan Manolas, Presiden AS Roma: Dia Tak Dijual!-JPNN.com

ROMA - Presiden AS Roma, James Pallotta, akhirnya angkat bicara terkait masa depan defender andalan Kostas Manolas. Dia menegaskan bahwa Manolas tak akan dijual. 

Seperti diketahui, Manolas tengah diminati banyak klub. Tiga raksasa Premier League yakni Chelsea, Manchester City, dan Manchester United antre untuk mendapatkan tanda tangannya. 

Tak ingin makin berkembang liar, Pallotta lantas memberikan pernyataan dan menegaskan Manolas tetap tinggal di Olimpico. 

"Manolas tak akan dijual. Kenapa dia tidak bisa bertahan? Manolas memiliki kontrak dan dia senang berada di sini," sebut Pallotta seperti dilansir Sky Sports Italia.

Roma sendiri sudah menjual dua pemain penting mereka yakni Adem Ljajic dan Miralem Pjanic. Presiden klub yang tinggal di Amerika Serikat tersebut tak mau lagi ada pemain yang meninggalkan Olimpico.  

"Justru kami akan memperkuat skuat. Jadi, kami tak akan menjual pemain kembali. Buat apa kami berencana membeli pemain baru tapi pemain lama yang notabene adalah pilar tim kami jual," tandas Pallotta. (epr/JPNN)


[Link to media]
Polri Siap Bantu PDRM Identifikasi WNI Korban Kapal Karam-JPNN.com

JAKARTA - Sebanyak delapan Warga Negara Indonesia (WNI) tewas dalam insiden kapal karam di Perairan Batu Layar Sungai Rengit, Bandar Penawar, Johor, Malaysia, Sabtu (23/7) pukul 23.00 waktu setempat. Sejauh ini, baru dua jenazah yang berhasil diidentifikasi.

Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri Kombes Anton Castilani menuturkan, pihaknya siap menurunkan tim untuk membantu DVI Polis Diraja Malaysia (PDRM) dalam proses identifikasi. Namun, hingga kini, DVI PDRM belum memberikan konfirmasi.

"Apabila diperintahkan, DVI Polri sudah menyiapkan tim kecil, terdiri dari satu dokter forensik, satu dokter gigi forensik, satu ahli DNA forensik, dan satu anggota Inafis," kata Anton saat dikonfirmasi, Senin (25/7).

Meski belum mendapatkan perintah untuk menurunkan Tim DVI Polri, tapi koordinasi dengan DVI PDRM masih bergulir. DVI PRDM meminta kepada DVI Polri untuk mengumpulkan data para korban yang tewas.

"Saat ini Tim Ante Mortem DVI Polri mengumpulkan data dari keluarga korban sesuai permintaan rekan-rekan DVI di Johor Baru," terang Anton.‎

Sebelumnya, kapal yang membawa 63 WNI diperkirakan mengalami mati mesin di perairan Batu Layar Sungai Rengit, Bandar Penawar, Johor, Malaysia pada ‎Sabtu sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Diduga kapal yang beroperasi secara tidak resmi itu, tidak bisa bertahan lantaran dihempas gelombang laut.

Sejauh ini, dari 63 penumpang kapal, sudah 34 orang ditemukan selamat dan delapan orang meninggal dunia. ‎Sehingga masih ada 21 orang lagi yang belum ditemukan.

Dari delapan jenazah, sudah tujuh orang yang diautopsi. Alhasil, dua orang berhasil diidentifikasi dan enam orang sisanya masih dalam proses.(Mg4/jpnn)


[Link to media]
Duuh..Latihan Perdana Garuda Jaya Makan Korban-JPNN.com

BOJONGSARI- Latihan perdana Timnas U-19 di lapangan pusat latihan usia muda PSSI, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Senin (25/7) pagi memang berjalan dengan ketat dan berat. Dalam sesi latihan yang baru berakhir pada pukul 11.00 WIB itu, satu pemain harus menepi dan dirawat karena cedera.

Pemain itu adalah eks penggawa U-19 pada era Indra Sjafri, Dimas Drajad. Meski mencetak satu gol dalam sesi latiha game, Dimas tak bisa menyelesaikan sesi tersebut hingga usai. Dia ditarik, karena pergelangan tangan kirinya keseleo dan bengkak.

"Tadi salah tumpuan. Kalau dibuat lari agak kerasa nyeri. Karena itu diminta keluar, biar bisa diobati dulu," katanya, di sela-sela perawatan.

Meski demikian, striker yang kini tergabung dengan PS TNI tersebut, meyakini cedera salah tumpuan itu tak akan lama bakal sembuh. 

Sebagai perawatan pertama, pergelangan Dimas langsung dibebat dengan es batu yang ditempelkan langsung ke pergelangannya menggunakan perekat. (dkk/jpnn) 


[Link to media]
Ada Kabar Eksekusi pada 30 Juli, Ini Persiapan Mabes Polri-JPNN.com

JAKARTA - Mabes Polri sudah menyiapkan satu regu tembak untuk melaksanakan eksekusi jilid III terhadap terpidana mati kasus narkoba. Hanya saja, Kejaksaan Agung (Kejagung) memang belum menentukan tanggal eksekusi yang rencananya akan digelar di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah.

"Regu tembak sudah siap. Tinggal jadwal dari JA (Jaksa Agung M Prasetyo, red)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/7).

Boy menegaskan, Polri hanya memberikan bantuan kepada Kejagung. Sedangkan  pelaksana eksekusinya tetap kejaksaan.

"Ketika tanggal diumumkan, kami siap laksanakan. Kami sudah 100 persen siap sebagai tim yang bantu eksekutor," tegas Boy.

Saat ditanya tentang jumlah personel yang disiapkan dan teknis pelaksanaan eksekusi, Boy enggan menjelaskannya. Yang penting, katanya, proses eksekusi berjalan tanpa gangguan.

“Tidak perlu disampaikan detail. Biarlah itu jadi informasi petugas. Petugas akan siapkan sebaik-baiknya pengawalan, eksekusi, dan lain-lain untuk proses penegakan hukum," pungkas Boy.

Berdasarkan informasi yang beredar, eksekusi akan digelar pada 30 Juli yang akan datang. Hanya saja, Mabes Polri masih menolak mengomentarinya.

"Tempat di mana saja. Kalau JA sudah umumkan, kami yang akan menyesuaikan," terang Boy.(mg4/jpnn)


[Link to media]
110 Komandan KRI Gelar Pertemuan, Tujuannya?-JPNN.com

SURABAYA - Asisten Operasi (Asops) Pangarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto memimpin Forum Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Forum Komandan KRI ini rutin digelar. Kali ini dilaksanakan di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya, Senin (25/7/2016).

Forum ini diikuti oleh 110 Perwira Korps Pelaut. Tujuannya untuk memberikan penyegaran kepada para Komandan Satuan (Dansat) dan Komandan Unsur di lingkungan Koarmatim.

Menurut Arsyad, forum ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan personel. Harapannya, kata dia, agar para anggota dibawah satuannya dapat menjalankan kedinasan sehari-hari dengan baik dan tidak menyimpang dari peraturan yang berlaku.

Selain itu, dalam forum ini Asops Pangarmatim menyampaikan bagaimana meminimalisasi terjadinya kecelakaan di laut. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kerja sama yang baik.

Selanjutnya, Kolonel Laut (P) Diyan Primana yang menjabat sebagai Kasubdis Peta Dishidros TNI AL menyampaikan paparan pertama tentang tugas dan fungsi Dishidros TNI AL dan sosialisasi penggunaan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) dan Peta Laut.

Dalam paparannya juga disampaikan tentang survey oseanografi di seluruh perairan Indonesia, menjamin keselamatan pelayaran dan menentukan garis pangkal, batas wilayah di Laut  Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), serta landas kontinen.

Selanjutnya, paparan kedua disampaikan oleh Mayor Laut (P) Anom Puji Hascaryo sebagai Komandan KRI Spica. Ia  memberikan pengenalan tentang kapal milik Dishidros TNI AL yaitu KRI Spica.

Menurutnya, KRI Spica mempunyai fungsi sebagai kapal survei. Selain itu dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI AL dalam operasi militer selain perang.

“Khususnya SAR (Search and Rescue) laut, bila terjadi kecelakaan di laut dan membutuhkan pendeteksian obyek-obyek tertentu di laut kedalaman,” katanya seperti dilansir dalam siaran pers Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.(fri/jpnn)


[Link to media]
Menunda Eksekusi Fredi Berarti Makin Banyak Anak Bangsa Mati-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Umum Gerakan Nasional Anti-Narkoba (Granat) Henry Yosodiningrat menyatakan, penundaan eksekusi mati atas Fredi Budiman hanya akan menambah jumlah orang yang tewas akibat narkoba. Karenanya anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu mendesak Jaksa Agung M Prasetyo segera mengeksekusi hukuman mati atas Fredi.

“Sehari membiarkan dia tidak dieksekusi, menunda sehari, sama dengan melakukan pembiaran terhadap Fredi Budiman untuk melakukan pembunuhan terhadap ribuan anak bangsa ini," kata Henry di gedung DPR Jakarta, Senin (25/7).

Mantan pengacara itu menambahkan, tidak ada alasan lagi untuk menunda eksekusi atas Fredi. Bahkan tarik ulur tentang waktu pelaksanaan eksekusi terhadap terpidana mati kasus narkoba justru memunculkan ketidakpastian.

"Tidak ada alasan‎ untuk tidak (mengeksekusi). Jangan sampai nanti citra atau kepercayaan publik terhadap institusi berkurang hanya karena Jaksa Agung tidak mengeksekusi Fredi Budiman," jelasnya.

Dia menambahkan, Fredi sudah tidak bisa lagi mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) atas vonis pengadilan untuknya. Karenanya bila gembong narkoba itu tidak juga dieksekusi mati, maka akan muncul pertanyaan publik.

"Kalau masih tidak juga, perlu kita pertanyakan. Yang mempertanyakan itu ribuan orang ke Kejaksaan Agung, termasuk saya," tandasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Ya Ampun, Area Masjid Jadi Tempat Ngelem dan Mabuk-JPNN.com

NUNUKAN – Polres Nunukan mendapati banyak anak muda yang menyalahgunakan kawasan Islamic Center Hidayatturahman, Kecamatan Nunukan Selatan, Kalimantan Utara.

Hal itu terkuak saat Polres Nunukan menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon), Sabtu (23/7). Selain razia di Jalan TVRI, Kelurahan Nunukan Timur, razia keliling yang dilakukan Patroli Motor (Patmor) juga dilakukan.

Kepala Bagian (Kabag) Operasi Polres Nunukan Kompol Untung Mulyono mengatakan, operasi cipkon rutin dilakukan dalam dua kali seminggu. Tujuannya jelas menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Sejumlah anak di bawah umur ditemukan di kawasan Islamic Center Hidayatturahman, Kecamatan Nunukan Selatan sedang melakukan pesta lem dan minuman keras (Miras).

“Masyarakat sekitar sering melaporkan daerah tersebut sering dimanfaatkan remaja untuk berbuat hal yang tidak seharusnya dilakukan, termasuk daerah depan Islamic center,” ujar Mulyono kepada Radar Nunukan, Minggu (24/7), kemarin.

Tepat di depan Islamic center ditemukan sejumlah anak yang sedang melakukan pesta lem juga minum tuak. Tujuh anak yang masih masih duduk di bangku sekolah ditemukan personel patmor.

Awalnya para bocah itu enggan mengakui sedang melakukan aksi tersebut. Setelah diperiksa ditemukan lem juga satu botol miras tradisional jenis tuak.

“Awalnya ngaku hanya duduk-duduk, setelah diperiksa ditemukan barang bukti. Ternyata barang buktinya itu sudah disembunyikan,” ungkap Mulyono. (raw/eza/jos/jpnn)


[Link to media]
Wartawan Olahraga Legendaris itu Tutup Usia-JPNN.com

Kholili Indro adalah sosok wartawan yang berhasil. Baik di kantor maupun pertemanan dengan narasumber. Selama bertugas, dia sangat dekat dengan banyak atlet. Kedekatan itu pula yang membuat mereka begitu kehilangan ketika Kholili tutup usia.

--- 

BUGIARSO, mantan petinju juara kelas superbantam PABA (Pan Asia Boxing Association), punya kenangan yang tidak bisa dilupakan dengan Kholili Indro. Pada awal 1990-an, belum banyak wartawan yang berkunjung ke Sasana Akas Probo­linggo, tempat bernaung Bugiarso. Namun, seingat Bugi, sapaan Bugiarso, Kholili termasuk yang sering menemuinya seusai latihan 

Tidak hanya menjalankan tugas sebagai wartawan, Kholili, di mata Bugi, adalah sosok yang juga bisa menjadi teman. "Orangnya menyenangkan dan enak diajak ngobrol. Saya sering minta bocoran calon lawan kepada Mas Kholili," kata Bugi kemarin (24/7). 

Kesan mendalam juga dirasakan Andrian Kaspari, mantan juara kelas bantam IBF (International Boxing Federation). Kholili adalah satu-satunya wartawan Indonesia yang mendampingi Andrian saat menantang juara dunia Tim Austin pada 30 Mei 1998 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Sayang, perjuangan Andrian merebut sabuk juara dunia kandas. Dia kalah TKO pada ronde ketiga. "Mas Kholili sering kasih motivasi kepada saya," kenangnya. 

Andrian pun mengingat pertemuan terakhir dengan Kholili sekitar empat bulan lalu. Mereka bertemu setelah salat Jumat di masjid dekat kediaman Kholili di kawasan Jambangan, Surabaya. "Saat bertemu, beliau masih tetap semangat meski terus menjalani kemoterapi," ungkap mantan petinju yang kini berusia 44 tahun itu.

Selain dekat dengan kalangan tinju, Pak KO -sapaan akrab Kholili di redaksi Jawa Pos- istimewa di mata komunitas sepak bola nasional. "Pembawaannya yang ramah dan murah senyum belum tergantikan. Dia tidak pernah berhenti memberitakan Persebaya. Tulisannya bisa memberikan energi ekstra saat spirit pemain sedang down karena kalah," kata Maura Hally, mantan pemain Persebaya Surabaya.

Subangkit yang juga mantan pemain Persebaya menyebut Kholili sebagai wartawan istimewa. Terutama dalam hal pendekatan kepada pemain. "Jawa Pos dan Kholili adalah satu kesatuan. Pembawaannya yang tenang membuat para pemain kalau diwawancarai selalu nyaman. Gaya tulisannya tidak ada duanya," kata pria yang kini menjadi pelatih Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) itu.

Sebagai wartawan olahraga, karir Kholili sudah lengkap. Selain menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya, Pak KO telah "berhaji" dari sisi wartawan olahraga. Yakni meliput langsung Piala Dunia 2002 di Korsel dan Jepang. Selain itu, bapak dua anak tersebut berpengalaman meliputevent-event besar olahraga. Di antaranya adalah Olimpiade Sydney 2000, Asian Games Qatar 2006, dan SEA Games Laos 2009.

Meski basic skill-nya adalah wartawan tulis, Kholili juga piawai menjadi jurnalis foto. Karya fotografinya tidak kalah dengan fotografer. Bahkan, dia beberapa kali mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah Piala Prapanca 1994 dari PWI Jatim. Ketika menjadi redaktur, penggemar klub Inggris Arsenal itu sering mengingatkan para wartawan olahraga Jawa Pos untuk selalu membawa kamera saat melakukan tugas peliputan. Kholili juga tidak segan berbagi ilmu fotografi kepada siapa saja.

Pada medio 2010, Kholili mengungkapkan kabar mengejutkan. Dia terserang kanker kelenjar getah bening. Penyakit ganas itu dengan cepat melucuti kekuatan pria kelahiran Desa Indrodelik, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, tersebut. Namun, Kholili tidak menyerah begitu saja. Di tengah perjuangannya menjalani kemoterapi, dia tetap bersemangat menunaikan tugas jurnalistik. Kholili dipercaya sebagai penanggung jawab rubrik sepak bola nasional di halaman Sportainment. 

Meski kondisinya terus menurun, semangat Kholili tidak pernah kendur. Dia tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Kebetulan, Pak KO adalah kru paling senior di kompartemenSportainment. Perbedaan usia yang cukup jauh dengan rekan kerja dan wartawan tidak membuat Kholili menjauh. Dia tetap dekat. Celetukan-celetukannya ketika mengomentari pertandingan bola di layar kaca begitu menyegarkan. Dia juga aktif memberikan ide saat berdiskusi di grup WhatsApp.

Suatu ketika, setelah menjalani kemo yang ke-35, Kholili berseloroh telah mengukir rekor. Sebab, tidak ada yang bertahan menjalani kemo sebanyak itu. Ya, Kholili memang sosok yang tangguh. Dia melakoni kemoterapi sampai lebih dari 40 kali. Dan Sabtu malam itu (23/7), Kholili akhirnya mengembuskan napas terakhir di RS Husada Utama Surabaya pada usia 53 tahun.

Kabar meninggalnya Kholili mengejutkan insan olahraga. "Sebagai pemain yang dibesarkan Jawa Pos, saya sangat terpukul atas meninggalnya Kholili. Dia adalah wartawan sekaligus kawan dekat saya," kata Mustaqim, mantan penyerang Persebaya dan timnas Indonesia. ''Kehilangan besar. Kholili adalah contoh wartawan yang bisa menjadi panutan bagi wartawan lain,'' ujar Subodro, mantan pelatih Green Force, julukan Persebaya.

"Mas Kholili adalah saksi dan peliput setia Petro sejak Liga Indonesia I. Dia juga yang memberi Petro gelar sebagai tim juara tanpa mahkota. Saya berduka sedalam-dalamnya," kata Widodo Cahyono Putro, eks penyerang Petrokimia Putra Gresik dan timnas yang kini menjadi pelatih Sriwijaya FC Palembang.

Tidak hanya menjadi wartawan yang menghasilkan karya-karya hebat, Kholili juga pribadi yang ramah dengan siapa pun. Termasuk dengan narasumber. Dondo Sugiarto, putra mantan promotor tinju (almarhum) Herry "Aseng" Sugiarto, sangat mengenal sosok Kholili. "Pak Kholili punya dokumentasi foto yang sangat lengkap soal petinju-petinju almarhum bapak," ucapnya.

Kenangan indah akan Kholili juga dirasakan Fifi Laksono, putri promotor legendaris mendiang Setijadi Laksono. Menurut Fifi, hampir tiap hari Kholili mengunjungi Sasana Sawunggaling. "Pak Kholili baik banget. Beliau tahu banyak tentang sejarah Sawunggaling. Terakhir aku masih kontak-kontakan dengan beliau lewat Facebook," kata Fifi. (dra/nes/io/c9/ca/JPNN/pda) 

 


[Link to media]
Beraaaat! Latihan Perdana Timnas U-19 Melelahkan-JPNN.com

DEPOK - Sesi latihan perdana Timnas U-19 di pusat latihan usia muda PSSI di Bojongsari, Depok, Senin (25/7) tampak sangat melelahkan. Itu karena ada beberapa materi berat yang harus dijalani oleh skuat Garuda Jaya. 

Dimulai pada pukul 07.30 WIB, sesi latihan dibuka secara maraton mulai tes kebugaran, kemudian beep test, dan langsung menjalani sesi game. Pemain dibagi menjadi tiga kelompok, dengan rompi kuning dan oranye. 

Mereka kemudian menjalani sesi game selama 20 menit, dimulai pada pukul 09.45 WIB. Satu gol berhasil diciptakan oleh Dimas Drajad. Mereka yang bermain game di babak pertama kemudian diistirahatkan ‎dan digantikan beberapa pemain lainnya pada babak kedua. 

Latihan perdana ini, baru selesai pada pukul 10.40 WIB. Pemain dijadwalkan menjalani latihan kembali pada sore nanti. Sesi latihan Timnas memang dilakukan dua kali sehari. 

"Memang latihannya seperti ini. Dibilang berat, ya memang lelah juga. Habis fisik, game, tapi memang harus begini," kata Awan Setho, penjaga gawang seleksi Timnas. (dkk/jpnn)


[Link to media]
WASPADA! Game Pokemon Go Dilengkapi Perangkat Intelijen-JPNN.com

SURABAYA - Aplikasi Game Pokemon Go kini menjadi perbincangan luas hampir semua kalangan. Permainan yang diarahkan untuk mencari monster Pokemon itu telah dirasakan dampak negatifnya. Pasalnya, permainan tersebut telah menimbulkan kerawanan. Bahkan sudah pada tahap membahayakan dan mengancam kedaulatan negara.

"Sudah banyak korban berjatuhan, dimana banyak orang mencari monster-monster secara real time tanpa memperhatikan faktor keamanan  seperti menyeberang jalan, lompat pagar, sungai, lari ke sana kemari hingga terjatuh, tertabrak, terjebur dan aksi nekad lainnya guna mendapatkan monster tersebut,” ujar Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, Senin (25/7) seperti dilansir dalam siaran pers Dispen Lantamal V.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Lantamal V ini menyampaikan bahwa dirinya tidak ingin terjadi sesuatu kepada anggota dan keluarga akibat game ini. Baik itu dengan dirinya sendiri apalagi karena membocorkan rahasia tentang Pangkalan militer yang merupakan tempat rahasia. “Itu yang perlu dipahami oleh segenap anggota Lantamal V,” tegas.

Menurutnya, perlu dipahami bahwa permainan yang diarahkan untuk mencari monster Pokemon dengan menggunakan metode argumen reality, memanfaatkan kamera ponsel yang terhubung dengan sistem GPS serta berbasis internet yang dapat mengirim data secara Real Time, untuk basis server berada di negara lain.

"Game Pokemon Go yang di release pada 6 Juli lalu ini, adalah permainan dengan dilengkapi perangkat intelijen yang sengaja diciptakan untuk merekonsiliasi data citra fisik valid untuk memetakan setiap sudut wilayah diaman para user mengaktifkannya,” katanya.

Untuk itu, pihaknya melarang seluruh prajurit maupun PNS di jajarannya untuk menggunakan aplikasi atau memainkan aplikasi Game Pokemon Go di areal Basis/Pangkalan Militer Angkatan Laut.

"Saya tekankan agar seluruh prajurit Lantamal V jangan menggunakan/memainkan Game Pokemon Go di kawasan militer TNI AL. Hal tersebut sesuai dengan Telegram KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) melarang personel TNI AL agar tidak menggunakan/memainkan game Pokomon Go di basis/kesatrian atau objek vitas TNI AL lainnya karena dapat menimbulkan kerawanan,” terangnya.(fri/jpnn)


[Link to media]
Si Ganteng Ini Sutradarai Sekaligus Main Film Batman-JPNN.com

WARNER Bros akhirnya mengonfirmasi, Ben Affleck akan membintangi sekaligus menyutradarai film Batman.

Dilansir laman Reuters, Minggu (24/7), tahun ini Warner Bros telah menyatakan kemungkinan Affleck akan menyutradarai film Batman.

Hal itu terungkap saat, moderator panel Conan O'Brien memperkenalkan "sutradara Batman, ialah Ben Affleck", sebelum ia ke atas panggung.

Kepala studio itu menyebut, Affleck sebagai salah satu sineas di dunia DC Comics, demikian seperti dilansir LA Times.

Affleck berperan sebagai Batman dalam film "Batman v Superman: Dawn of Justice" Maret lalu yang disutradarai Zack Snyder.

Sebelumnya, Affleck menjadi sutradara untuk pertama kalinya dalam film Gone Baby Gone pada 2007, kemudian ia membesut Argo, yang menjadi Film Terbaik di Oscar. (mg5/jpnn)

 


[Link to media]
Dua Hari Lagi, Nasib Rio Haryanto di F1 Bakal Jelas-JPNN.com

JAKARTA - Nasib driver Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto sedang berada di ujung tanduk. Masa depan Rio di ajang kebut-kebutan Formula 1 tinggal menunggu ketuk palu. 

Sesuai kontrak awal, balapan di GP Hungaria, Minggu (24/7) malam WIB menjadi pentas terakhir Rio. Keputusan final kabarnya akan diberitahu pihak Manor Racing pada Rabu (27/7).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro membenarkan, kiprah Rio akan ditentukan sebelum GP Jerman akhir pekan depan.

"Manor mengatakan Rabu ini dan kami harapkan semua sudah jelas sebelum balapan di Jerman, itu yang kami tunggu," kata Wianda pada acara nonton bareng Rio Haryanto - GP Hungaria, di Bright Cafe Pertamina, Jakarta, Minggu (24/7) malam.

Wianda juga menjelaskan bahwa Pertamina selaku sponsor utama Rio, telah mengirim surat resmi kepada Manor untuk meminta informasi terkait masa depan Rio.

"Manor meminta sampai Rabu besok karena saya bilang kami tidak mau dijawab secara lisan, Pertamina yang secara resmi mensponsori Rio berhak mendapatkan jawaban resmi," tegas Wianda. 

Rio sudah menjalani 11 seri setelah GP Hongaria. Namun, Rio terancam tidak melanjutkan ke seri GP Jerman dan seterusnya jika belum membayar sisa EUR 7 juta (sekitar Rp 100 miliar) kepada Manor. 

Sejauh ini, Rio sudah membayarkan EUR 8 juta, dengan rincian 5 juta dari Pertamina dan 3 juta dari keluarga dan manajemen. (ira/jpg/jpnn)


[Link to media]
Sheila Marcia Tutup Rapat Pintu Hatinya-JPNN.com

SHEILA Marcia sudah menutup rapat pintu hati untuk suaminya, Kiki Mirano. Sampai saat ini, Sheila tak ada niatan untuk hidup bersama lagi dengan pria yang dulu amat dicintainya itu.

Meski sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulang kesalahannya, Sheila enggan memberikan kesempatan lagi.

"Aku udah bilang sama dia, kalau untuk urusan anak, aku masih mau berbagi, tapi kalau diminta jadi istrinya lagi, aku nggak bisa," ucap Sheila belum lama ini.

Saat ini, wanita 27 tahun ini mengatakan hidupnya sudah lebih bahagia meski hanya bersama tiga anaknya. Sheila tak ingin mengulang kesalahan dengan kembali kepelukan suaminya.

"Udah nggak mau ingat-ingat masa itu lagi, terlalu sakit soalnya," tandas mantan pacar Roger Danuarta ini. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
Andre Schuerrle Menjadi Pembelian Terakhir Dortmund Musim Ini-JPNN.com

DORTMUND - CEO Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menegaskaan bahwa pihaknya tak akan membeli pemain baru lagi pada musim ini. Itu berarti Andre Schuerrle menjadi pembelian terakhir Dortmund jelang musim 2016-17. 

Menurut Watzke, Dortmund telah banyak membeli pemain baru selepas ditinggal tiga pemain bintangnya yakni Mats Hummels, Ilkay Guendogan, dan Henrikh Mkhitaryan. 

Sebanyak 8 pemain baru didatangkan ke Signal Iduna Park. Mereka adalah Ousmane Dembele, Emre Mor, Mikel Merino, Raphael Guerreiro, Marc Bartra, Sebastian Rode, Mario Gotze, dan Schuerrle. 

"Kami sangat aktif di bursa transfer dan saya tegaskan kami tak akan menambah pemain baru lagi," sebut Watzke kepada Bild am Sonntag

"Kami telah memiliki banyak pemain untuk saat ini," tegasnya. 

Saat ini kondisi finansial Dortmund memang cukup sehat. Meski begitu, dia tak tergoda untuk mendatangkan pemain anyar lagi meski itu pemain kunci yang mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions. 

"Investasi kami di sektor pemain sudah cukup. Kami harus menjaga kestabilan finansial klub," pungkas Watzke. (epr/JPNN) 


[Link to media]
Fadel Muhammad Siap jadi Tim Sukses Sandiaga Uno-JPNN.com

JAKARTA - Sandiaga Uno mendapat suntikan berharga jelang Pilkada DKI Jakarta 2017. Dukungan datang dari kader Partai Golkar, Fadel Muhammad, yang menawarkan diri menjadi tim sukses. 

Pernyataan mantan menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu II itu disampaikan pada halalbihalal Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) di Jakarta, Minggu (24/7) malam. 

Fadel mengatakan, sebagai mantan Gubernur Gorontalo, ia bangga ada putra Gorontalo yang akan maju di Pilkada DKI. "Sandi Uno Insya Allah jadi Gubernur DKI. Kalau sampai pada waktunya, kita ramai-ramai. Seluruh rakyat Gorontalo di Jakarta, kita buat tim untuk atur, bagaimana supaya Sandi Uno memenangkan Gubernur (Jakarta)," ujar Fadel Muhammad dalam pertemuan yang juga dihadiri Sandiaga Uno itu. 

"Nanti timnya, yang pimpin saya. Saya akan pimpin, kita atur,"katanya. 

Menurut Fadel, akan ada kebanggaan baru bahwa di Jakarta, tampil seorang anak muda, putra Gorontalo. "Saya kenal Sandi sudah lama," katanya. 

Sandi Uno merupakan putra Hank Uno, tokoh masyarakat Gorontalo yang telah lama berkiprah di Jakarta. 

Pada pertemuan itu, juga hadir Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio. 

Sandi Uno juga optimis bisa mengungguli Ahok pada Pilkada mendatang. Apalagi, kata Sandi, dari berbagai survei, sebagian besar masyarakat DKI menginginkan adanya pemimpin baru di Jakarta. 

"Tahun depan, mudah-mudahan di sini (gedung Smesco tempat halalbihalal), akan hadir lagi sebagai Gubernur DKI,"ujar Sandi optimis. (tro/jpg/jpnn)


[Link to media]
Stttt... Jokowi Minta Dibisiki Para Relawan-JPNN.com

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta bantuan kepada para relawannya. Ini terkait dengan kinerja pemerintah, baik di pusat maupun daerah.

Bantuan yang diminta oleh Jokowi kepada relawannya adalah melaporkan bila ada instansi atau kementerian yang perlu dibenahi. Selain itu, ia juga meminta dilaporkan mengenai kinerja pemerintah daerah.

"Kalau ada yang belum betul bisikan ke saya, kalau ada di instansi kementerian yang perlu dibenahi di sebelah mana bisikan ke saya, kalau ada daerah memerlukan bantuan tolong informasikan ke saya, karena mengawal perubahan ini kerja kita bersama," kata Jokowi dalam pidatonya saat Silaturahmi Nasional Pendukung Jokowi 2016 di Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta, Minggu (24/7) malam.

Menurut Jokowi, perubahan bisa dilakukan dengan kerja keras dan kerja nyata. "Dengan kerja keras dan kerja nyata yang kita lakukan, saya yakin bangsa ini bergerak maju untuk jadi bangsa pemenang," ucapnya.

Usai acara, mantan gubernur DKI Jakarta ini menyatakan, relawan sudah ada yang memberikan masukan kepada dirinya terkait dengan kinerja pemerintah pusat dan daerah.

"Masalah negeri ini banyak sekali dan menjadi tugas kita untuk menyelesaikan semua masalah itu," ungkap Jokowi. (gil/jpnn)

 


[Link to media]
Pekerjaan Anda Sudah Sesuai Zodiak? Silakan Cek Dulu-JPNN.com

Setiap manusia diyakini membawa sifat tertentu yang berdasarkan pada tanggal lahir. Nah, sifat itu tentu berpengaruh dalam dunia kerja. Jika sesuai dan sejalan dengan kepribadian, tentu pekerjaan yang digeluti akan terasa menyenangkan dan mampu mendatangkan pendapatan yang maksimal. Sebaliknya, jika tidak sesuai, bisa saja pekerjaan membuat seseorang menjadi lebih tersiksa. Alih-alih mendapatkan kebahagiaan, bisa jadi bekerja hanya untuk menjalani rutinitas hampa belaka.

Beberapa sifat manusia berdasarkan zodiaknya adalah :

Aquarius

Seseorang yang berzodiak ini adalah sosok yang mandiri, tegas, daya kreativitasnya tinggi, mampu menciptakan inovasi, dan dermawan. Berdasarkan sifat tersebut, pekerjaan yang cocok untuk orang berzodiak Aquarius adalah penulis, astronom, berkarir di dunia penerbangan dan teknologi komunikasi, serta di bidang militer.

 

Pisces

Sifat positif yang dimiliki Pisces adalah peduli, tidak egois, alim, rendah hati, dan memiliki insting seni yang tinggi. Nah pekerjaan yang cocok adalah perawat, dokter, sastrawan, serta pelukis.

 

Aries

Pemilik zodiak Aries adalah orang yang tegas, berwibawa, strong leadership, tidak suka basa-basi, penuh percaya diri dan jujur. Dengan sifat ini, pekerjaan yang cocok adalah berkarir di bidang pemerintahan, pertelevisian, arsitektur, institusi perhotelan dan pariwisata.

 

Taurus

Sosok Taurus adalah orang yang mudah bergaul dan bekerjasama dalam tim. Simpel, sabar, dan tidak emosional. Selain itu, Taurus juga memiliki sifat enerjik. Pekerjaan yang cocok adalah akuntan, desainer, bidang keuangan, dan pemasaran.

 

Gemini

Anda berzodiak Gemini? Itu tandanya Anda memiliki sifat optimis, cerdas, memiliki banyak akal, penuh semangat, dan spontanitas. Sayangnya, terkadang Anda sedikit egois. Pekerjaan yang cocok adalah guru, penerjemah, tour guide, arsitek, dan pemadam kebakaran.

 

Cancer

Sosok cancer adalah orang yang sangat melindungi, energik, baik hati, memiliki daya imajinasi tinggi, serta peduli dan teliti. Bidang pekerjaan yang sesuai adalah psikolog, pengusaha, pengacara, perawat, dan dosen.

 

Leo

Zodiak ini sudah lama dikenal sebagai zodiac yang tegas dan memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Sifat lain yang melekat adalah percaya diri, optimis, karismatik, dan memiliki semangat untuk maju. Pekerjaan yang cocok adalah menjadi seorang pengusaha dan CEO, dokter, arsitek, dan desainer.

 

Virgo

Memiliki lambang seorang perempuan, Virgo merupakan sosok yang teliti, intelektual, rapi, ceria, ramah, cerdas, kreatif, dan pekerja keras. Dengan segudang sifat positif itu, dia cocok berkarir sebagai akuntan, detektif, teknisi, editor, penulis, dan di bidang kuliner.

 

Libra

Pemilik zodiak Libra dikenal sebagai sosok yang ramah, mudah bersosialisasi, santap, diplomatik, dan terbuka. Pekerjaan yang cocok adalah bidang administrasi, pengacara, hakim, humas, diplomat, dan social workers.

 

Scorpio

Cerdas, banyak akal, ambisius, tekun, dan pantang menyerah adalah sebagian dari sifat zodiak ini. Oleh karena itu, mereka cocok berkarir di bidang yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan, polisi, fisikawan, dan lembaga survei.

 

Sagitarius

Mereka yang berzodiak ini adalah orang yang selalu berpikir positif, spiritual, etis, cekatan, dan berjiwa petualang. Yang cocok dilakoni sebagai pekerjaan adalah olahragawan, pemuka agama, jurnalis, perhotelan, dan tenaga IT

 

Capricorn

Sifat mendasar Capricorn adalah gigih, bertanggung jawab, logis, pragmatis, dan selalu ingin mencapai kesuksesan yang telah direncanakan. Pekerjaan yang cocok adalah ekonom, chef, konsultan, politisi, dan PR. (JPNN/pda)


[Link to media]
TEGAS! Prajurit TNI AL Dilarang Gunakan Aplikasi Game Pokemon Go-JPNN.com

SURABAYA - Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, secara tegas melarang seluruh personelnya baik prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal V memainkan atau menggunakan aplikasi Game Pokemon Go di areal Basis/Pangkalan Militer Angkatan Laut.

"Hal tersebut sesuai dengan Telegram KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) melarang personel TNI AL agar tidak menggunakan/memainkan game Pokomon Go di basis/kesatrian atau objek vitas TNI AL lainnya karena dapat menimbulkan kerawanan,” terang Danlantamal V melalui siaran persnya diterima Senin (25/7).

Larangan tersebut terkait maraknya penggunaan aplikasi Pokemon Go di kalangan masyarakat baik kalangan dewasa dari berbagai profesi maupun anak-anak.

Untuk itu, Rudy- sapaan akrab Danlantamal V ini- menekankan kepada seluruh komandan satuan, Kepala Dinas di jajarannya untuk memberikan pemahaman kepada anggota militer dan PNS di jajarannya masing-masing agar tidak menggunakan atau memainkan game Pokemon Go di lingkungan basis atau Kesatrian atau mess maupun obyek vital TNI atau TNI Angkatan Laut khususnya di wialyah Lantamal V ini.

Selain itu, Rudy juga mengimbau kapada para prajuritnya agar bijak dalam memberikan pemahaman kepada istri dan anak-anaknya di rumah untuk waspada dalam mengguanakan aplikasi game ini. Karena dampak negatif dari permainan ini yang bisa menimbukan kerawanan dan membahayakan dalam penggunaan game Pokemon Go.

"Sudah banyak korban berjatuhan, dimana banyak orang mencari monster-monster secara real time tanpa memperhatikan faktor keamanan  seperti menyebrang jalan, lompat pagar, sungai, lari kesana kemari hingga terjatuh, tertabrak, terjebur dan aksi nekad lainnya guna mendapatkan monster tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di ajaran Lantamal V ini menyampaikan bahwa dirinya tidak ingin terjadi sesuatu kepada anggota dan keluarga akibat game ini. Baik itu dengan dirinya sendiri apalagi karena membocorkan rahasia tentang Pangkalan militer yang merupakan tempat rahasia, itu yang perlu dipahami oleh segenap anggota Lantamal V.(fri/jpnn)


[Link to media]
Jakarta tak Aman Bagi Bandar, Narkoba Masuk Dari Sini-JPNN.com

PONTIANAK - Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Suhadi mengungkap fakta mengerikan. Dia mengatakan, Kalimantan Barat saat ini menjadi pemasok besar narkoba di Indonesia.

Pasalnya, Jakarta sudah tidak lagi dianggap aman bagi bandar besar. “Jadi pengiriman narkoba yang ditengarai melalui Guangzhou terbang langsung ke Malaysia. Kemudian masuk ke Indonesia melalui perbatasan darat dan laut Kalbar,” jelas Suhadi, Minggu (24/7) kemarin.

Suhadi mengatakan, Kapolda Kalbar mengaku kaget dengan peredaran narkoba di perbatasan Indonesia-Malaysia. Pasalnya belum genap dua bulan menjabat, sejak akhir Mei 2016, polisi sudah menggagalkan 50 kilogram narkoba jenis sabu-sabu.

Selain itu, ada pula ekstasi berbagai jenis sebanyak 40 ribu butir yang akan masuk melalui perbatasan.

“Kapolda menyampaikan hal tersebut saat melakukan video conference dengan para Kapolres, Sabtu (23/7). Di daerah perbatasan ini sangat rawan dengan transnational crime, yang pertama penyelundupan narkotika serta gula rafinasi dan daging,” ujar Suhadi.

Guna memperketat masuknya orang dan barang ilegal itu, Polda menambah kamera pengawas atau CCTV di setiap Polsek perbatasan. Seperti Entikong (Sanggau), Aruk (Sambas), Badau (Kapuas Hulu), Jagoi Babang (Bengkayang) dan Senaning (Sintang).

“CCTV ini nanti, terkoneksi langsung ke Polda Kalbar dan juga akan diteruskan hingga Mabes Polri,” jelas Suhadi. (epy/jos/jpnn)


[Link to media]
Sudah Tiga Hari, Pesawat Militer Itu Hilang Entah ke Mana-JPNN.com

CHENNAI - Pencarian besar-besaran untuk pesawat angkut militer India, AN-32 yang hilang sejak Jumat (29/7) pagi waktu setempat, masih terus dilakukan.

Memasuki hari keempat pencarian, citra satelit belum berhasil menangkap kemungkinan benda terkait pesawat itu mengambang di permukaan.

"Citra satelit kami gunakan untuk memberi beberapa petunjuk untuk kemungkinan benda mengambang. Namun tidak ada yang terlihat (ditangkap satelit). Kapal dan pesawat pencari sedang diintensifkan," kata sumber-sumber dari militer, seperti dikutip dari NDTV.

Burung Besi buatan Rusia itu hilang setelah lepas landas dari pangkalan udara militer di Chennai pada pukul 08.30, dan dijadwalkan mendarat di Port Blair sekitar pukul 11.30.

Pesawat angkut militer itu disebut membawa 29 orang, enam di antaranya awak pesawat. NDTV melaporkan, di antara penumpang pesawat terdapat juga delapan warga sipil, kemungkinan anggota keluarga dari anggota militer.

Pejabat AU dan AL India mengaku hingga kemarin, belum ada tanda-tanda dari rongsokan pesawat.

Sebanyak 18 kapal AL India, plus Coast Guard, kapal selam dan delapan pesawat seperti P-81, P-130 dan Dorniers terlibat dalam operasi besar-besaran ini.

Menteri Pertahanan Manohar Parrikar, yang berada di Chennai kemarin, ikut melakukan survei udara selama dua jam dari daerah operasi. 

"Saya sudah menginstruksikan untuk memperbanyak sumber daya untuk pencarian ini," katanya. (adk/jpnn)


[Link to media]
Ini Pilihan Karier Wayne Rooney Usai Pensiun-JPNN.com


MANCHESTER - Kapten Manchester United, Wayne Rooney, sudah menetapkan pilihan karier selepas dirinya gantung sepatu. Dia mengaku tak bisa lepas dari sepak bola dan ingin menjadi seorang manajer. 

"Saya ingin menjadi manajer ketika sudah berhenti bermain," jelas Rooney seperti dilansir Soccerway.

"Sepak bola adalah pekerjaan sepanjang hidup saya. Saat ini saya tengah mengikuti kursus kepelatihan dan ketika saya pensiun sebagai pemain, saya telah lulus juga dalam mengikuti kursus pelatih," imbuh Rooney. 

Saat ini penyerang berusia 30 tahun itu hampir menjalani 600 laga di Premier League. Rooney melakoni debut di kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris bersama Everton pada 2002 silam. 

Rooney berharap bisa mengikuti jejak para legenda Man Unite yang melanjutkan karier sebagai pelatih. Beberapa di antaranya adalah Steve Bruce, Roy Keane, Garry Neville, Bryan Robson, dan Mark Hughes. 

Menariknya, semuanya merupakan anak didik dari Sir Alex Ferguson, eks manajer Man United yang telah memutuskan berhenti dari kariernya sebagai manajer. (epr/JPNN) 


[Link to media]
Tampung Dana Repatriasi Rp 10 T, Ini Strategi Bank Syariah Mandiri-JPNN.com

JAKARTA – Bank Syariah Mandiri mendapat kehormatan sebagai satu-satunya unit usaha syariah penampung dana repatriasi tax amnesty. Anak usaha Bank Mandiri itu pun langsung mempersiapkan infrastruktur.

”Kami siap menampung hingga Rp 10 triliun. Kami bisa menawarkan keunggulan BSM sebagai bank syariah,” kata Dirut Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto kemarin (24/7).

Sejumlah wajib pajak, tutur Agus, menyatakan kesediaan untuk menempatkan dana repatriasi di sejumlah instrumen investasi yang tidak dimiliki bank konvensional.

Misalnya, mudharabah muqayyadah atau penempatan investasi di instrumen dengan akad mudharabah.  BSM juga bersinergi dengan Mandiri Investasi, Mandiri Sekuritas, AXA Mandiri, dan BNP Paribas untuk menyiapkan instrumen investasi yang tepat sesuai profil investasi wajib pajak.

Periode amnesti pajak yang hanya sembilan bulan membuat BSM berupaya memaksimalkan kantor-kantor cabangnya untuk melayani repatriasi dan setoran uang tebusan pajak.

Sebanyak 54 gerai Priority Banking BSM yang tersebar di Aceh, Batam, Medan, Pekanbaru, Pematang Siantar, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, dan Jakarta dijadikan touch point layanan amnesti pajak.

 ”Khususnya menerima dana repatriasi. Sementara itu, 525 kantor cabang dan kantor cabang pembantu BSM dapat menerima setoran tebusan,” ujar Agus.

BSM telah menandatangani kesediaan sebagai bank persepsi penerima dana repatriasi di Kementerian Keuangan pada Senin (18/7). Sebanyak 19 bank, 19 perusahaan efek (broker), dan 18 perusahaan manajemen investasi (MI) dinyatakan memenuhi syarat sebagai bank persepsi.

BSM merupakan satu-satunya bank syariah yang masuk Buku III dan memiliki satu di antara tiga persyaratan yang ditetapkan Kementerian Keuangan, yakni mengelola rekening dana nasabah. (dee/jos/jpnn)


[Link to media]
Zulkifli: Jika Memilih Politik Sebagai Profesi, Lakukan Sungguh-Sungguh-JPNN.com

PALU - Ketum PAN Zulkifli Hasan melantik sejumlah anggota pengurus DPW PAN Sulawesi Tengah untuk periode 2015-2020. Di hadapan pengurus baru, Zulkifli berpesan agar mereka tidak melupakan sumpah jabatannya.

"Saya harap saudara-saudaraku yang baru dilantik senantiasa menjalankan sumpahnya, yakni memperjuangkan amanah rakyat," ujar Zulkifli saat memimpin prosesi pelantikan di Hotel Mercure, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (24/7/2016).

Ada 742 kader PAN dari Kabupaten Poso, Sigi, Palu, Donggala, Toli-Toli, Morowali Utara, Tojo Una-Una, Morowali, Perigi Moutong, Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan dan Buol yang dilantik. 

Bahkan, mereka berjanji dan menyatakan siap untuk memegang amanah yang telah dipercayakan rakyat.

"Keadilan sosial, kesejahteraan bersama, memperbaiki yang belum baik dan meneruskan yang sudah baik. Cita-cita yang mulia itu diwariskan kepada kita. Berhasil atau tidak, terpulang kepada saudara," sambung Zulkifli.

Tak hanya itu, Ketua MPR tersebut juga berpesan agar para kader terus memelihara tali silaturahim, membangun jaringan politik dan menyerap aspirasi daerahnya untuk direalisasikan.

"Oleh karena itu kalau kita sudah memilih politik sebagai profesi kita, lakukan sungguh-sungguh dan benar. Gantungkan cita-cita saudara setinggi. Tidak ada yang tidak mungkin jika bekerja keras," tutup Zulkifli.

Pelantikan pengurus DPW PAN Palu dihadiri oleh Ketua POK PAN Yandri Susanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wasekjen PAN Ahmad Yohan, Ketua DPW PAN Sulawesi Tengah Oskar R Paudi, Wagub Sulawesi Tengah Sudarto dan tokoh lainnya. (jpnn)


[Link to media]
Kondisi Perekonomian Membaik, Tapi Belum Maksimal-JPNN.com

JAKARTA – Respons positif para pengusaha terhadap program pengampunan pajak membuat konfidensi pemerintah naik. Pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,3 persen atau melebihi target APBN-P 2016 sebesar 5,2 persen.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, perbaikan-perbaikan makro ekonomi mulai terlihat berkat sejumlah paket kebijakan. Dengan dorongan amnesti pajak, pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih berkualitas.

’’Saya kok melihat pertumbuhan ekonomi kita bisa mencapai target APBN-P sebesar 5,2 persen. Bahkan, melampaui, yakni 5,3 persen,’’ paparnya di Jakarta kemarin (24/7).

Mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut mengakui, terdapat upaya perbankan di Singapura untuk menahan laju keluarnya modal dari negara kota tersebut.

Caranya adalah menawarkan insentif berupa pembayaran uang tebusan pajak sebesar dua persen dari total aset. Syaratnya, wajib pajak cukup melakukan deklarasi dan tidak melakukan repatriasi dananya.

’’Tapi, insentif di tax amnesty sudah sangat besar. Jadi, itu (penjegalan repatriasi aset) tidak akan berhasil. Yang penting, masuknya instrumen penempatan investasi di sektor keuangan maupun investasi langsung dipermudah,’’ katanya.

Darmin menilai, kondisi perekonomian Indonesia saat ini terus membaik meski belum maksimal. Indikasinya, penyaluran kredit dan ekspor mulai merangkak naik meski masih menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

’’Penyaluran kredit dan ekspor masih turun, tapi sudah mulai naik. Misalnya, pertumbuhan kredit pada April delapan persen, lantas pada Mei mencapai 8,45 persen, dan pada Juni sebesar 8,9 persen,’’ urainya.

Perbaikan juga tampak dalam data penjualan mobil dan penjualan ritel. Awal tahun ini, kedua sektor itu mengalami perlambatan penjualan. Kini kondisinya mulai membaik. Karena itu, meski kondisi ekonomi dunia masih melambat, perekonomian Indonesia justru bertumbuh.

’’Situasi perekonomian kita sebetulnya akhir-akhir ini mulai (bertumbuh) setelah sedikit melambat pada beberapa kuartal. Mulai menggeliat kembali,’’ imbuh Darmin.

Pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi sampai 30 Juni 2016 mencapai lima persen. Artinya, pertumbuhan lebih tinggi jika dibandingkan dengan semester I tahun 2015 sebesar 4,7 persen.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015 mencapai 4,8 persen. Pertumbuhan ekonomi pada semester I lalu didukung kinerja pertumbuhan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang cukup baik.

Hal tersebut seiring dengan pembangunan infrastruktur, konsumsi rumah tangga, dan lembaga nonprofit rumah tangga. Pada semester II tahun 2016, pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan membaik. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2016 dapat lebih baik daripada tahun lalu. (ken/jos/jpnn)


[Link to media]
Tantri Kotak: Cium Kening Aku Dulu, Baru...-JPNN.com

TANTRI Kotak merasa bersyukur memiliki suami seperti Hatna Danarda. Setelah dikarunia putri pertama pada April lalu, perlakuan suaminya masih tetap sama kepada dirinya.

Ritual pulang kerja dengan memberikan kecupan, masih tetap ia lakukan sampai saat ini.  

"Kalau dia pulang, dia cium kening aku dulu, baru si kecil. Ternyata dia masih ingat sama aku, berarti aku nggak dicuekin," ujar Tantri belum lama ini.

Meski begitu, wanita 27 tahun ini rela bila nanti perhatian Arda lebih fokus kepada si kecil ketimbang dirinya lagi. Tantri pun merasa bakal melakukan hal yang sama.  

"Kalau itu nggak apa-apa deh, kalau dia lebih sayang anak. Kayak sekarang aja, apa-apa udah mikirin anak, prioritasnya udah bukan diri sendiri," tutur pelantun Pelan-Pelan Saja ini. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
Mengerikan..Wanita Diserang Harimau, Diseret Lalu Tewas-JPNN.com

BEIJING - Nasib malang menimpa seorang wanita, pengunjung taman satwa liar di Beijing Badaling Wildlife World Sabtu (23/7) kemarin.

Dari rekaman video yang sudah beredar luas, sang wanita keluar dari mobilnya, dan sepertinya terlibat pertengkaran dengan rekannya satu mobil. Saat adu mulut itu, tiba-tiba dia diserang harimau Siberia dari belakang, dan menyeretnya.

Serangan itu sontak membuat seorang pria dan seorang wanita keluar dari mobil mengejar harimau untuk membantu korban. Akibat serangan itu, wanita tersebut tewas dan tubuhnya dibawa oleh sang harimau

AP melansir, staf taman juga sudah berusaha menyelamatkan nyawa si wanita, namun sudah terlambat. 

Seorang juru bicara taman masih menolak untuk mengomentari serangan harimau itu. Dia hanya mengatakan kebun binatang akan ditutup selama dua hari karena perkiraan hujan lebat.

Beijing Badaling Wildlife World memang memungkinkan para pengunjung untuk masuk dengan mengendarai mobil mereka. Namun pihak taman sudah dengan tegas mengeluarkan larangan pengunjung untuk tidak sekali pun keluar dari kendaraannya. (adk/jpnn)


[Link to media]
Pemprov Banten Vaksinasi Ulang 1.002 Balita-JPNN.com

SERANG – Sejauh ini pemerintah pusat belum mengungkapkan data resmi terkait peredaran vaksin palsu di wilayah Provinsi Banten. Meski begitu, dinas kesehatan setempat tetap melakukan langkah antisipasi dengan melakukan vaksinasi ulang terhadap ribuan balita.

Kepala Dinkes Banten M Yanuar mengatakan, pendataan sedang dilakukan untuk melakukan vaksin ulang terhadap balita yang terindikasi mendapat vaksin palsu. “Yang sudah masuk ada sekira 1.002 balita, tapi itu masih terus berkembang,” katanya kepada Radar Banten, Sabtu (23/7).

Kata dia, data tesebut diperoleh dari posko yang dibuka di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan (Tangsel). Pihaknya akan melakukan verifikasi ulang terlebih dahulu terhadap balita yang bersangkutan sebelum divaksin ulang. “Itu kan hanya kekhawatiran saja yang membuat mereka mendaftarkan,” katanya. 

Kata dia, posko pendataan untuk Kota Tangerang ditempatkan di Puskemas Ciledug dan Rumah Sakit Mutiara Bunda, dan lima posko di Tangerang Selatan. Teknis pelaksanaan vaksin ulang, lanjutnya, akan dilakukan di rumah sakit atau puskesmas sesuai domisili balita yang terdata, pada awal Agustus. 

Pelaksanaan juga akan diawasi langsung oleh dinkes kabupaten/kota yang melibatkan dokter anak, Ikatan Dokter Indonesia, dan Perhimpunan Rumah sakit. “Kita akan libatkan beberapa pihak untuk meyakinkan orangtua, dan pemerintah yang siapkan vaksinnya,” kata Yanuar.

Ia mengaku, sejauh ini belum ada laporan dari dampak vaksin yang ada. Namun, untuk menjaga imunitas atau kekebalan pada bayi maka perlu dilakukan vaksin ulang. “Soal efek vaksin, kalau ke tubuh balita belum ada efek jeleknya, tapi karena ada kekhawatiran kalau tidak divaksin ulang balita tidak punya imunitas, kita ambil langkah ini,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengaku, sejak ramai ditemukan vaksin palsu, pihaknya lansung melakukan koordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang melakukan pengecekan rumah sakit. “Sampai distributor kita juga cek dengan harapan tidak terjadi. Kalaupun ada, akan kita tindak tegas,” katanya usai menghadiri halalbihalal dengan Menko Polhukam di Pendopo Gubernur Banten.

Airin mengatakan, sesuai dengan laporan yang disampaikan Kemenkes belum ada RS di Tangsel yang menggunakan vaksin palsu. “Sampai hari ini belum ada vaksin palsu. Soal jalurnya yang ilegal, tentu ada aturannya, nanti kita cek pada Dinkes. Kalau memang ditemukan, kan sudah ada regulasinya, tinggal kita tindak tegas saja,” katanya.

Selain meminta asistensi dari BPOM dan Dinkes Banten, Airin mengaku terus melakukan sosialisasi kepada untuk meredam gejolak masyarakat. “Kita punya kader posyandu 5 ribu orang yang kita dorong untuk meyakinkan masyarakat,” katanya. (mg04/air/dwi/dil/jpnn)


[Link to media]
Proporsional Tertutup Dekat dengan Politik Uang-JPNN.com

JAKARTA-Sistem pemilihan umum kembali jadi perdebatan hangat di parlemen. Wakil rakyat terbelah antara yang setuju mempertahankan sistem proposional terbuka seperti dua pemilihan sebelumnya, dengan mereka yang lebih memilih sistem tertutup.

Menurut Direktur Eksekutif Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Angraini, terlalu sering mengganti sistem pemilu akan berdampak negatif. Pasalnya, hal tersebut dipastikan membuat masyarakat bingung. "Kita jangan terburu-buru mengganti sistem pemilu. Sebab masyarakat sudah mulai terbiasa berinteraksi dan memilih calon," katanya kepada INDOPOS, Minggu (24/7).

Titi berpendapat, sistem terbuka membuat pemilih lebih bisa mengontrol calon. Selain itu, sistem terbuka juga mengurangi peran parpol dalam menyetir calon anggota legislatif. "Proporsional terbuka memberi ruang lebih dalam membatasi oligarki di partai politik," ujarnya.

Sebaliknya, lanjut Titi, sistem tertutup akan membuka pintu bagi politik transaksional antara calon dengan partai. Karenanya, Titi justru mengusulkan penguatan sistem proporsional terbuka.

"Yakni memperkokoh konsistensi penegak demokratisasi memastikan demokratisasi internal partai berjalan. Kalau sistem tertutup celah candidacy buying akan lebih mungkin terjadi antara calon dengan elite partai," ujarnya. 

Terpisah, pengamat politik UIN Jakarta Adi Prayitno menilai keinginan pemerintah untuk merevisi UU 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD, agar kembali sistem proposional tertutup tidak tepat. Sebab, skema kaderisasi partai politik masih compang-camping.

"Sistem proposional terbuka lebih oke, karena beberapa sebab. Pertama, membiarkan rakyat yang menentukan siapa yang menjadi wakil mereka di parlemen, bukan partai politik. Kedua, partai politik kita sejauh ini tak berfungsi dengan baik, rekruitmen dan kaderisasinya masih compang camping," ujar Adi.

Analis politik The Political Literacy Institute tersebut menambahkan, meski kedua sistem memiliki kekurangan dan kelebihan, namun sistem proposional terbuka akan memberikan kesempatan yang luas bagi rakyat. "Dalam konteks demokrasi elektoral, rakyat sebagai rajanya, bukan partai politik," ujarnya. (dli/dil/jpnn)


[Link to media]
Djanur: Menang di Timur, Harus Menang di Barat-JPNN.com

PADANG - Performa Persib Bandung terus menanjak setelah kembali dilatih oleh Djadjang Nurdjaman. 

Terakhir, tim dengan julukan Maung Bandung itu sukses menggasak tuan rumah Persipura Jayapura dengan skor telak 2-0 di pertandingan pekan ke-11 Torabika Soccer Championship (TSC). 

Nah, hasil serupa pun menjadi target Atep Rizal dan kawan-kawan ketika dijamu oleh tuan rumah Semen Padang FC malam nanti. Ya, mencuri tiga poin di Stadion H. Agus Salim (tayangan langsung SCTV Pukul 19.00 Wib) adalah ambisi besar Persib. 

“Karena sudah bisa menang di timur, kami juga harus bisa menang di barat,” kata Djanur—sapaan akrab Djajang Nurdjaman. 

Pernyataan Djanur tersebut merujuk kepada kesuksesan mereka meraih poin penuh di Stadion Mandala Jayapura, yang sekaligus menjadi stadion paling timur untuk wilayah Indonesia di kompetisi untuk tim-tim kasta tertinggi tanah air ini. Sementara Seman Padang adalah manifestasi dari tim paling barat wilayah Indonesia. 

Memang, sah-sah saja pelatih asal Majalengka, Jawa Barat ini mengusung misi tinggi tersebut. Sebab, materi pemain yang saat ini dia boyong ke Padang itu, adalah mereka yang baru saja menghentikan rekor buruk Persib yang tidak pernah menang selama bertandang ke Stadion Mandala dalam delapan musim terakhir. 

Djanur pun telah menegaskan bahwa dia tidak akan melakukan banyak perombakan dalam tim. Bermain menyerang dengan formasi 4-3-3, Djanur akan mempercayakan Sergio Van Dijk, Zulham Zamrun dan Tantan sebagai trisula di lini depan. Selain mereka, sang super sub Samsul Arif juga sudah dipersiapkan. 

Gelandang serang asal Argentina, Robertino Pugliara yang sudah mulai setel dengan Harion dan Kim Jeffrey Kurniawan tetap akan didapuk sebagai jenderal lapangan di lini tengah. 

Nah, untuk sektor pertahanan, Vladimir Vujovic, Yanto Basna, Tony Sucipto dan Jajang Sukmara masih menjadi pilihan. Tapi, Djanur menyebutkan semua masih bisa berubah.

”Karena penentuan akhir beberapa jam sebelum pertandingan,” tegas pria yang baru menekuni ilmu kepelatihan di Italia itu. 

Meski begitu, Semen Padang juga memiliki statistik bagus selama menjalani pertandingan kandang. Dari lima kali menjamu lawan selama musim ini, Kabau Sirah—julukan Semen Padang—selalu meraih poin penuh. Bahkan, dari lima kemenangan itu, tiga di antaranya adalah tim-tim besar tanah air, seperti Persipura Jayapura, PSM Makassar dan Sriwijaya FC.

Nah, apakah rekor bagus tersebut masih bisa dipertahankan, atau akhirnya juga patah di tangan Persib? Nil Maizar, pelatih Semen Padang mengungkapkan, mereka sudah memiliki strategi khusus untuk meredam penggawa Persib yang sedang berada dalam kepercayaan diri tinggi itu. 

“Kami akan terus berusaha untuk menjaga rekor bagus ini. Semua pemain pun sudah siap fight,” ucapnya. (ben) 

Perkiraan Pemain 

Semen Padang (4-4-1-1): 33- Rivki Mokodompit (pg), 2-Novan Setya Sasongko, 89-Cassio Fransisco, 4-Handi Ramdhan, 11-Hengki Ardiles: 20-Riko Simanjuntak, 10-Vendry Mofu, 44-Mekan Nasyrov, 88-Irsyad Maulana; 17-Muhammad Iskandar; 8-Marcel Silva Sacramento

Pelatih : Nil Maizar

Persib Bandung (4-3-3): 78- I Made Wirawan (pg), 6-Tony Sucipto, 18-Jajang Sukmara, 3-Vladimir Vujovic, 31-Rudolof Yanto Basna; 24-Hariono, 23- Kim Jeffrey, 10- Robertino Pugliara: 82-Tantan, 54-Zulham Zamrun, 33-Sergio Van Dijk

Pelatih : Djadjang Nurdjaman 

Stadion : H. Agus Salim, Padang

Live        : SCTV Pukul 19.00 Wib 

Wasit     : Iwan Sukoco (Malang)


[Link to media]
Saham Menguat, Rupiah tak Banyak Bergerak-JPNN.com

JAKARTA – Arus beli investor asing (capital inflow) ke pasar saham yang begitu deras, menjadi modal indeks harga saham gabungan (IHSG) berbalik menguat di awal pekan. 

Bursa saham Amerika Serikat (AS) yang juga positif akhir pekan lalu diharapkan menjadi tambahan daya apresiasi.

Pada akhir pekan lalu, IHSG ditutup melemah 19,722 poin (0,378 persen) ke level 5.197,251. Investor asing melakukan penjualan bersih Rp 230,8 miliar. Meski begitu, sepanjang pekan lalu, secara kumulatif investor asing membukukan pembelian bersih Rp 1,97 triliun. 

Secara year to date sejak awal tahun sampai akhir pekan lalu pembelian bersih asing mencapai Rp 21,65 triliun.

’’Kami yakin pergerakan IHSG melanjutkan penguatan pasca pullback akhir pekan lalu,’’ kata Head of Research NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada kemarin (24/7). 

Meski begitu, potensi terjadinya aksi ambil untung (profit taking) tetap ada sehingga investor perlu waspada. Awal pekan IHSG diperkirakan bergerak di rentang support 5.165–5.181 dan resistance 5.224–5.248.

Di AS Wall Street menghijau akhir pekan lalu setelah indeks Dow Jones menguat 0,29 persen, indeks Nasdaq meroket 6,32 persen, dan indeks S&P 500 menanjak 0,46 persen. 

’’Bursa saham AS kembali menyentuh level tertinggi terbaru seiring adanya sentimen positif. Bursa AS menguat ditopang saham-saham blue chips seperti IBM, Apple, dan lainnya seperti Honeywell,’’ tuturnya.

Sementara itu, nilai tukar yen bergerak menguat setelah ekspektasi pelaku pasar soal stimulus Bank of Japan (BoJ) mereda. Nilai tukar rupiah sendiri sempat tertekan USD, meski tidak signifikan. 

Akhir pekan lalu rupiah bertengger di level Rp 13.102 per USD (kurs tengah BI). Penetapan BI rate di level 6,5 persen dinilai belum direspons para pelaku pasar sehingga rupiah tidak banyak bergerak.

’’Masih ada kecenderungan pelemahan euro, pound sterling, dan yen membuat rupiah kembali tertekan. Adanya sentimen BI rate itu diharapkan menopang laju rupiah,’’ terangnya. (gen/c5/oki)


[Link to media]
Unik! Pasangan Kanada-Filipina Menikah dengan Adat Dayak-JPNN.com

ARUT SELATAN- Sebuah pernikahan unik terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (23/7).

Pasangan suami istri asal Kanada Birute Galdikas dan Bohap menikahkan sang anak Federick dengan Darlene Rabena menggunakan adat dayak. Rabena merupakan wanita asal Filipina.

Ribuan warga dan 54 tamu dari keluarga mempelai hadir dalam acara pernikahan yang dimulai pukul 10.00 WIB. Acara diawali dengan prosesi adat potong pantan Dayak Kaharingan.

Setelah itu dilanjutkan hiburan dari Sanggar Sahaluan dengan menampilkan tari pedalaman, kemudian bedaun (memakan makanan khas Dayak lomang dan penganan).

Sekitar pukul 15.00 WIB, pengantin diarak dari kediaman menuju balai adat yakni Rumah Betang Pasir Panjang. Pengantin mengelilingi bangunan tersebut sebanyak tiga kali sebelum memasukinya.

Galdikas mengatakan, pernikahan secara adat Dayak sudah jarang dilaksanakan. "Kemungkinan banyak yang agama Hindu Kaharingan, tapi sudah banyak yang masuk ke agama lain. Tidak seperti di Bali yang agama Hindu-nya sangat kuat sekali," ujar ahli primatologi ini, Sabtu (23/7

Menurut warga asing yang meneliti orangutan di Tanjung Puting sejak 1970-an ini, adat daerah harus dipertahankan agar tidak hilang.

"Tidak hanya di Kobar, tapi dimana saja. Seperti di Jawa, wayang kulit dan wayang orang sekarang sudah kurang," kata aktivis pelestarian alam dan penulis buku tentang orangutan ini.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Panjang Tamel mengatakan, acara pernikahan adat Dayak Kaharingan ini bisa langsung dinikmati turis mancanegara. Hajatan ini juga menyatukan beberapa tradisi pedalaman dan Dayak Pasir Panjang.

Mulai dari seni bela diri dan menari yang dipadukan Dayak Tomun. Juga ada acara bedaun yang merupakan istilah dari hidangan tradisional yang dikerjakan berhari-hari kemudian dihidangkan untuk disantap bersama.

"Yang terakhir acara inti yaitu arakan, untuk memberitahukan kepada orang banyak bahwa ada yang menikah," terangnya.

Acara akan ditutup pada malam harinya dengan acara ikat tongan, mengikat dengan gelang sebagai penerimaan mempelai sebagai keluarga. Kemudian berlanjut dengan pesta adat Dayak dengan menghidangkan berbagai makanan khas dan minuman tuak. (jok/yit/yuz/jos/jpnn)


[Link to media]
Demokrat Gelontorkan Rp 450 Juta untuk Keluarga Korban Brexit-JPNN.com

CIBINONG-Partai Demokrat memberi santunan kepada keluarga korban tewas tragedi Brexit. Termasuk dua orang warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Warga Kabupaten Bogor yang tewas, yakni Susyani (36) dan Suharyati (52). Keluarga masing-masing korban mendapat Rp 30 juta dari partai pimpinan Susilo Bambang Yudhyono tersebut.

“Kami turut bela sungkawa. Partai Demokrat memberikan santunan kepada 12 pemudik yang meninggal saat arus mudik lebaran 2016 di jalur Brexit, termasuk di Kabupaten Bogor,” ujar Ketua Divisi Informasi DPP Partai Demokrat, Imelda kepada Radar Bogor usai memberi santunan kepada keluarga Susyani di Cibinong, Jumat (22/7).   

Dibeberkannya, dana santunan tersebut berasal dari pengurus hingga kader Demokrat di seluruh Indonesia. Keseluruhan santunan untuk 12 pemudik yang meninggal adalah Rp 450 juta. “Saat ini sudah delapan yang disantuni, tinggal 4 lagi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, anggota Fraksi Demokrat DPR RI Anton S. Suratto menyesalkan tragedi Brexit yang menyebabkan korban jiwa. Menurutnya, musibah ini harus jadi peringatan bagi pemerintah dan tak boleh terulang lagi.

Melalui kadernya di Komisi V DPR RI, Partai Demokrat juga telah mengirimkan surat peringatan kepada pemerintah. Selain itu, Komisi V juga sudah memanggil Kementerian Perhubungan dan lainnya.

“Sudah dipanggil (Kementerian Perhubungan), kami mohon kejadian ini yang pertama dan terakhir. Jangan dibiarkan,” ujar dia. (ded/dil/jpnn)


[Link to media]
Makin Panas! Tutup Ribuan Sekolah, Bekuk Keponakan Gulen-JPNN.com

ISTANBUL – Langkah pembersihan unsur-unsur pendukung kudeta semakin menjadi-jadi di Turki. 

Sebanyak 1.043 sekolah swasta tidak bisa beroperasi. Begitu pula 15 universitas, 35 lembaga kesehatan, 19 serikat perdagangan, dan 1.229 lembaga amal yang dituding memiliki keterlibatan dengan Fethullah Gulen. 

Gulen yang dituding oleh Pemerintah Turki sebagai dalang di balik kudeta gagal pada 15 Juli itu memang memiliki banyak pendukung utama di jaringan institusi pendidikan. Pada Sabtu (23/7) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan dekrit yang memerintahkan penutupan tersebut. 

Rencananya, pemerintah juga mengangkat 20 ribu guru baru yang akan mengajar di sekolah-sekolah negeri. Sebelumnya, Pemerintah Turki telah mencabut sertifikat mengajar hampir seluruh guru di negara itu.

Dekrit tersebut merupakan yang pertama dikeluarkan Erdogan pasca menetapkan status darurat negara pada Rabu malam (20/7). Dalam dekrit tersebut, disebutkan bahwa masa penahanan orang yang sudah ditangkap juga akan diperpanjang. Yakni, dari 4 hari menjadi 30 hari. Tujuannya, memberikan waktu kepada petugas untuk melakukan investigasi secara menyeluruh. Pemerintah Turki pun menangkap dan memecat lebih dari 60 ribu orang.

Pemerintah Turki kini juga mulai menahan keluarga dan orang-orang terdekat Gulen. Mereka berhasil menahan keponakannya yang bernama Muhammad Sait Gulen. Dia ditahan saat sedang berada di dekat Kota Erzurum. 

Dia akan dibawa ke Ankara untuk diinterogasi. Kantor berita Anadolu melaporkan bahwa dia kemungkinan ditahan dengan tudingan menjadi anggota organisasi teroris. Sejak kudeta tersebut berlangsung, itu adalah kali pertama ada anggota keluarga Gulen yang ditahan. 

Ajudan senior Gulen ikut merasakan hal serupa. Pria yang disebut bernama Hails Hanci tersebut ditangkap saat berada di Provinsi Trabzon. Pemerintah Turki menyebut Hanci sebagai tangan kanan Gulen. 

Dialah yang selama ini bertanggung jawab mengalirkan dana kepada Gulen. Otoritas yang berwenang dalam penangkapan itu mengungkapkan bahwa Hanci memasuki Turki dua hari sebelum kudeta berlangsung. 

Menantu Akin Ozturk, yaitu Letkol Hasan Karakus, juga ditahan di Ankara. Ozturk adalah mantan kepala angkatan udara Turki yang sudah ditahan sehari setelah kudeta.

Karakus dituding mengebom komando pasukan khusus di Ankara saat kudeta tersebut terjadi dan mengakibatkan 42 polisi tewas. Seorang pilot perempuan bernama Kerime Kurmas pun ditangkap di wilayah Yalova karena dituding terlibat dalam kudeta itu. 

Dia dituding menerbangkan pesawat jet tempur F-16 saat kudeta tersebut terjadi. Beberapa media lokal menyebut Kurmas sebagai satu-satunya pilot tempur perempuan di Turki. Dua pilot laki-laki yang menjadi rekannya sudah ditangkap lebih dulu. 

’’Saat ini orang-orang yang terlibat dalam kudeta dan masih buron tinggal sedikit,’’ ujar Perdana Menteri  (PM) Turki Binali Yildirim. Dia menegaskan bahwa status darurat di Turki hanya akan berlangsung selama tiga bulan. Namun, jika dibutuhkan, status itu bisa diperpanjang. 

Pemerintah Turki juga berencana membubarkan pasukan pengamanan presiden (paspampres). Sebab, banyak di antara anggota paspampres tersebut yang dituding terlibat dalam kudeta itu. Total, ada sekitar 300 anggota paspampres yang sudah ditangkap. ’’Kami memutuskan bahwa tidak akan ada lagi unit penjaga di area (kepresidenan) tersebut,’’ terang Ylidirim. 

Rencananya, Erdogan juga melakukan pertemuan dengan Dewan Tertinggi Militer (YAS) Turki pada 28 Juli. Itu lebih cepat dari jadwal biasanya setiap Agustus. 

Majunya jadwal tersebut menunjukkan bahwa Erdogan ingin memastikan pasukan militer benar-benar diisi oleh orang-orang yang mendukungnya. (AFP/Reuters/CNN/sha/c20/kim)


[Link to media]
Rekor Baru..Keliling Dunia Cuma 11 Hari, Menegangkan!-JPNN.com

PETUALANG asal Rusia Fedor Konyukhov, Sabtu (23/7) kemarin, mengakhiri perjalanan, atau lebih tepat, penerbangannya mengelilingi dunia.

Konyukhov terbang dengan menggunakan balon udara dengan rute dari Australia ke atas Selandia Baru, melintasi Samudera Pasifik, Amerika Selatan, Tanjung Harapan dan Samudera Selatan, sejak 12 Juli lalu.

Perjalanan sekitar 34.823 kilometer ini memecahkan rekor untuk penerbangan mengelilingi dunia tercepat dengan balon udara. Rekor sebelumnya dibuat oleh almarhum petualang Amerika Serikat Steve Fossett, yang pada tahun 2002 menjadi orang pertama yang terbang solo di seluruh dunia dengan balon selama 13 hari.

Fedor Konyukhov

Sementara Konyukhov dengan balon ketinggian 56 m itu, melalui rute itu dalam 11 hari dan enam jam.

Koordinator penerbangannya, John Wallington mengatakan bahwa Konyukhov telah terbang dengan balon hampir persis di atas titik awalnya. "Rekor telah pecah, tak ada keraguan. Dia terbang di atas bidang yang sama yang tempat dia lepas landas," kata Wallington seperti dikutip dari AFP.

Perjalanan Konyukhov ini menegangkan. Meskipun balon udara dilengkapi dengan instrumen canggih, Konyukhov juga sempat kesulitan hingga menggunakan masker oksigen saat melayang di ketinggian yang lebih tinggi.

Dia juga harus berhadapan dengan suhu yang sangat dingin, yang sewaktu-waktu mencapai minus 35 derajat Celsius dan harus berurusan dengan lapisan es tebal yang menyelimuti gondola.

Dalam perjalanannya, Konyukhov juga sempat melintas dengan jarak pandang nol alias buta, ketika mendekati pantai Amerika Selatan saat malam tiba. Dia menemui salju dan es kristal saat ia terbang. Parahnya, turbulensi menyebabkan silinder propana saling menghancurkan satu sama lain.

Konyukhov, sebelumnya telah menaklukkan kutub utara dan selatan dalam sebuah penerbangan solo. Pria berusia 64 tahun ini juga sudah keliling dunia dengan perahu.

"Dia hanya berpikir itu akan menjadi hal yang benar-benar baik untuk dilakukan. Memecahkan rekor mungkin sebuah bonus yang bagus buat dia, namun tujuannya hanya untuk terbang di seluruh dunia," ujar Wallington. (adk/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 7/25 1:55pm. Terakhir update terdeteksi pada 7/25 1:55pm.  skor: 956