Ingat! Besok Pengumuman Hasil SBM PTN-JPNN.com

SURABAYA –Pengumuman hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) akan dikeluarkan besok (28/6). Karena itu jumlah pendaftar jalur mandiri di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) diprediksi melonjak.

Meski saat ini pendaftar jalur mandiri terbilang masih sepi. Wakil Rektor 1 ITS Heru Setiawan menyatakan, calon pendaftar jalur mandiri biasanya lebih dulu melihat pengumuman SBM PTN.

''Kalau mereka tidak lolos di jalur itu, ya biasanya langsung ancang-ancang mendaftar ke jalur mandiri,'' tuturnya.

Hingga kini, pendaftar jalur mandiri di ITS berkisar 2.200 orang. Jumlah itu masih jauh di bawah total pendaftar jalur serupa tahun lalu yang mencapai 13 ribu orang.

Di ITS, jalur mandiri terbagi atas program kemitraan dan mandiri (PKM). Untuk penilaiannya, ITS menggunakan hasil ujian SBM PTN 2016.

 ''Kecuali program studi desain produk dan industri (despro). Prodi desain produk dan industri seleksinya akan didasarkan pada skor yang diperoleh pada tes Umdesain 2016,'' papar Heru.

Dia menjelaskan, sistem penilaian berdasar skor SBM PTN dianggap cukup. Menurut Heru, dengan menggunakan scoring pada SBM PTN, tingkat validitasnya tinggi. Sebab, mereka mengerjakan serangkaian tes dan merupakan hasil mandiri. Selain itu, penilaian berdasar skor SBM PTN menjadi solusi untuk calon mahasiswa yang tidak lolos saat jalur SBM PTN.

 ''Padahal, nilainya ternyata mencukupi di ITS, tetapi tidak di kampus lain. Biasanya kan PTN standarnya beda-beda,'' kata Heru.

Dia mencontohkan, jika siswa mendaftar di ITB jurusan teknik arsitektur jalur SBM PTN, nilainya tidak mencukupi karena standarnya tinggi. Namun, di ITS, bisa saja dia lolos karena menurut kampus nilainya telah mencukupi.

Sementara itu, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Moh. Nasih mengatakan, semua camaba boleh mengikuti pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PPMB) jalur mandiri. Baik camaba yang sudah ikut SBM PTN maupun yang tidak. Sebab, penentuan PPMB jalur mandiri berdasar hasil tes yang rencananya dilangsungkan pada 24 Juli.

''Nantinya ada tes potensi akademik dan tes prestasi akademik,'' kata Nasih.

Dia menambahkan, materi untuk tes potensi akademik meliputi kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Tes prestasi akademik berdasar kategori masing-masing. Yakni, IPA dan IPS.

''Untuk kategori campuran, peserta akan mengerjakan IPA terlebih dulu, lalu IPS,'' jelas Nasih. (ara/rst/c15/fal/flo/jpnn)

 


[Link to media]
Lihat nih, Pencuri Menangis Menyembah Korbannya di Masjid-JPNN.com

BATAM – Rifki, 25, yang mengaku warga Jakarta diamankan jamaah setelah tertangkap tangan mencuri dua unit ponsel milik Salim, petugas masjid At-Taubah di Bengkong Indah Atas, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (26/6) sore.

Rifki nekat mengambil ponsel milik Salim lantaran butuh uang untuk pulang ke kampung halamannya di Jakarta.

Penangkapan Rifki terbilang unik. Bermula saat ia hendak menjual ponsel hasil curiannya kepada muazin masjid Al-Fitrah Tiban Koperasi.

“Dari siang tadi dia sudah disini (mesjid). Saya juga memperhatikan gerak geriknya. Kecurigaan saya itu makin bertambah waktu orang salat. Waktu orang salat dia malah ke toilet. Selesai orang salat baru dia keluar,” ungkap muazin masjid Al-Fitrah, Jufri, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Setelah Jufri dan warga lainnya selesai mengerjakan salat, pelaku pun kemudian menemui Jufri. Awalnya menawarkan salah satu handphone hasil curiannya.

“Dia nawarkan ponsel nokia sama saya seharga 40 ribu. Uang itu katanya untuk beli pulsa,” kata Jufri.

Sepakat dengan harga ponsel tersebut, kemudian pelaku kembali menawarkan ponsel merek Lenovo hasil curian lainnya dengan seharga Rp 500 ribu.

“Dia nawarkan lagi hape Lenovo itu. Dia awalnya minta harga 500 ribu. Kemudian saya tawar 400 ribu dan akhirnya dia mau,” kata Jufri lagi.

Sepakat dengan harga kedua ponsel tersebut, Jufri pun kemudian melakukan pengecekan terhadap ponsel merek Lenovo yang akan dijual pelaku.

“Saat saya cek itu saya temukan foto teman saya (Salim). Setelah itu saya langsung nelpon salim dan menanyakan apakah hapenya hilang. Saat saya tanya ternyata benar, handphone dia hilang dua hari yang lalu,” ujarnya lagi.

Setelah mendapatkan kepastian bahwa handphone tersebut milik temannya semasa kuliah di IPSI. Jufri pun menunda pembayaran kepada pelaku sembari menunggu temannya datang dan menghubungi warga sekitar.

Warga yang mendapatkan kabar dari Jufri langsung mendatangi masjid Al-Fitrah untuk mengamankan pelaku dan menelepon polisi.

Sebelum polisi datang, pelaku sempat meminta maaf dan menangis sejadi-jadinya di hadapan sejumlah warga.

“Maaf kan saya pak. Saya mohon pak, saya janji gak akan ngulanginya lagi,” ungkap pelaku sambil menangis.

Sementara itu, Salim yang merupakan korban dalam aksi pencurian ini mengungkapkan pencurian ini berawal dari pelaku yang menumpang hidup di tempatnya bekerja sebagai muazin di masjid At-Taubah, Bengkong.

“Awalnya dia datang ke tempat saya dan mengaku telah kehilangan tasnya. Makanya, saya beri dia tumpangan untuk tinggal bersama saya,” ungkap Salim saat ditemui di TKP penangkapan pelaku.

Bersama Salim, pelaku sempat tinggal selama seminggu yang seluruh biayanya hidupnya ditanggung oleh Salim. Bahkan Salim juga meminjamkan uangnya sebesar Rp 700 ribu untuk biaya kepulangan pelaku ke Jakarta.

“Dia pinjam uang, katanya mau pulang ke Jakarta. Pas dia pergi itu, rupanya hape saya juga dibawa sama dia,” ujarnya.

Karena diduga mudik hanya modus, pelaku tetap diserahkan ke polisi. (egi/ray/jpnn)


[Link to media]
Teaser Star Wars Tersebar di Dunia Maya-JPNN.com

ENAM foto baru dari film Star Wars Anthology: Rogue One tampil ke tengah publik. Foto-foto itu tersebar melalui akun Twitter entertainment weekly, @EW.

Dari enam foto yang disebar, pencinta film diharap bisa lebih dekat dengan beberapa karakter utama, seperti stormtroopers dari Galactic Empire dan Chirrut Imwe.

Foto pertama memperlihatkan Trooper Death yang berjas hitam di tengah-tengah bara api. Chirrut Imwe (Donnie Yen) ditampilkan dalam foto berikutnya dengan senjata jenis baru di punggung.

Menurut laporan Aceshowbiz, Senin (27/6), terlihat pula Kapten Kasianus Andor (Diego Luna) dalam pertempuran di pantai bersama beberapa tentara pemberontak.

Baze Malbus (Jiang Wen) mengambil posisi saat bertarung di depan puing-puing X-Wing. Terakhir, ada keterangan soal karakter Mon Mothma yang berperan sebagai Genevieve O'Reilly. 

Seperti diketahui, Film Star Wars Anthology: Rogue One menceritakan kisah seorang prajurit yang memberontak. Dia kemudian mendapat tantangan terbesar ketika Mon Mothma memberinya misi untuk mencari tahu rencana Death Star.

Film yang disutradari Gareth Edwards ini rencananya akan rilis 16 Desember 2016. (mg5/jpnn)


[Link to media]
Ngeriii, Ini Akibat Pakai Headset Terlalu Lama-JPNN.com

SURABAYA – Bagi Anda para pecinta musik, kini harus berhati-hati jika memanfaatkan headset. Alat ini memang dibutuhkan saat ingin sendiri mendengarkan musik. Namun, bila dilakukan secara berlebihan, hal itu bisa memicu gangguan pendengaran. Namanya trauma akustik.

Dokter spesialis telinga RSUD dr Soetomo dr Nyilo Purnami SpTHT-KL(K) mengungkapkan, trauma akustik adalah cedera pada sistem pendengaran di telinga dalam. Penyebabnya adalah paparan suara yang sangat keras.

"Pakai headset pun ada aturannya," ujarnya.

Menurut dia, mendengarkan suara musik dengan headset sebaiknya memperhatikan tiga hal. Mulai durasi, intensitas, hingga frekuensi. Intensitas atau volume suara maksimal 60 persen saja.

Selain itu, waktunya paling lama sejam. Lebih dari itu, risiko trauma akustik makin tinggi. Contohnya ketika membiarkan headset menempel di telinga sampai berjam-jam. Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang terkena trauma akustik. Yang pertama, terdengar suara mendenging setelah terpapar suara.

Selanjutnya, ada penurunan pendengaran. Tanda itu disertai vertigo dan pandangan yang berputar. Tidak jarang yang sampai muntah-muntah dan harus opname di rumah sakit.

"Intinya, jangan disepelekan. Tanda awal telinga mendenging itu bukan lagi karena dirasani orang," kata Nyilo.

Alumnus FK Unair itu menyebutkan, trauma akustik menyerang telinga bagian dalam. Letaknya dekat sekali dengan organ yang mengatur keseimbangan. Karena itu, pada mereka yang terkena, ada tanda-tanda kehilangan keseimbangan.

Menurut dia, organ telinga sangat canggih, tapi juga sangat rentan. Bentuknya kecil dan strukturnya halus. Saat suara bising masuk, telinga langsung mengeluarkan sistem perlindungan supaya masalah tidak sampai diteruskan ke saraf pusat di otak.

"Bagian telinga yang kena gangguan itu bisa sampai putus," ucapnya.

Menurut Nyilo, langkah terbaik adalah pencegahan. Saat melakukan kegiatan yang berpotensi mengganggu pendengaran, sebaiknya gunakan pelindung telinga. Ada beberapa bentuk pelindung telinga. Ada yang mirip sumpelan di kuping atau headphone.

"Kalau suka mendengarkan musik, jangan terlalu keras," ucapnya.

Namun, jika sudah muncul tanda gangguan pendengaran, sebaiknya segera ke rumah sakit. Untuk tahap awal, dokter akan memberikan obat anti-inflamasi.

Tujuan pengobatan adalah melindungi telinga dari kerusakan yang lebih lanjut. Misalnya jika diperlukan tindakan perbaikan gendang telinga dan tulang pendengaran. Kalau penanganan telat, kerusakan akan berat dan sulit diperbaiki.

"Kalau segera diatasi, akan membaik. Jika tidak, berpotensi terjadi ketulian," tutur Nyilo.

Gangguan pendengaran memang bisa bersifat permanen dan sulit kembali meski dengan pengobatan. Dia mencontohkan, ada seorang pasien trauma akustik yang mengalami tuli mendadak. Ada juga pasien yang terpapar loudspeaker saat menghadiri acara. (nir/c11/git/flo/jpnn)


[Link to media]
Jenderal Gatot Bicara soal Peluang TNI Masuk ke Filipina-JPNN.com

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengharapkan pemerintah Filipina memberi izin militer Indonesia memasuki wilayah Filipina, guna membebaskan tujuh anak buah kapal (ABK) TB Charles. 

Harapan ini terlontar dari mulut Gatot, mengingat Filipina baru saja memiliki presiden baru, yakni Rodrigo Duterte.

"Masalah masuk atau tidaknya kami akan upayakan (kepada presiden yang baru)," kata Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (27/6). 

Namun demikian, kata Gatot, butuh waktu panjang bagi Filipina untuk mengubah undang-undang yang mengatur bahwa militer asing tidak diperbolehkan masuk di negeri yang memiliki ibu kota Manila itu.

Gatot menambahkan, pemerintah Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Filipina, dan selalu mendapat respons cukup positif.

"Tunggu pelantikan Rodrigo 30 Juni mendatang, demi memastikan langkah apa yang akan ditempuh Indonesia nanti. Intinya Filipina sangat terbuka," katanya. (mg4/jpnn)


[Link to media]
Maaf, KPU Tak Bisa Awasi Keuangan Teman Ahok-JPNN.com

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, pihaknya tidak bisa turut campur masalah keuangan relawan pendukung Basuki Tjahaja Purnama, Teman Ahok.

Pasalnya, tidak ada aturan mengenai itu dalam Undang-Undang Pilkada hasil revisi mau pun UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Kami enggak mengatur itu (keuangan relawan,red) sebetulnya, yang kami atur kan tim kampanye resmi setiap kandidat. Mau berasal dari perorangan atau partai, setiap kandidat punya tim kampanye dan setiap kandidat punya dana kampanye," ujar Arief, Senin (27/6).

Menurut Arief, aturan itu hanya mengharuskan calon atau tim kampanye membuat laporan dana kampanye. Bukan mengatur pendanaan dana tim relawan seperti Teman Ahok.

"Yang pertama laporan awal dana kampanye, kemudian laporan penerimaan dana kampanye. Lalu terakhir laporan penerimaan dan pengunaan dana kampanye. Kami mengontrolnya lewat itu saja dengan menggunakan undang-undang yang sekarang," ujar Arief.

Menurut mantan Komisioner KPU Jawa Timur ini, pihaknya baru bisa mengawasi keuangan tim relawan, jika nantinya undang-undang yang ada direvisi. Namun sampai saat ini belum ada wacana itu.

Selain keuangan tim relawan, KPU kata Arief juga belum bisa mengawasi keuangan para bakal calon, termasuk Basuki Tjahaja Purnama. Pasalnya, mekanisme undang-undang baru berlaku ketika pasangan calon sudah ditetapkan.

"Kami enggak bisa ikut masuk sebelum seseorang itu terikat dengan KPU. Sekarang belum ada seorang pun terikat dengan KPU. Nanti begitu mereka daftar dan dinyatakan memenuhi syarat dan di drop sama KPU. Maka sejak itu dia terikat dengan ketentuan KPU," ujar Arief.(gir/jpnn)


[Link to media]
Beasiswa Bisnis Bagi Warga Indonesia di Australia-JPNN.com

Entrepreneur atau pebisnis asal Indonesia dan warga Tanah Air yang terlibat dalam perusahaan start-up kini berkesempatan untuk mengenyam pendidikan singkat di Australia. Beasiswa ini diharapkan mampu meningkatkan kerjasama dua negara dalam bidang ekonomi.

Pemerintah Australia melalui beasiswa Australia Award memberi kesempatan pada warga Indonesia untuk mengikuti kursus singkat dengan peminatan bisnis.

Kursus ini meliputi dua bidang topik yakni, (1) Taking business to the next level (Membawa bisnis ke jenjang berikutnya) yang ditujukan bagi para pendiri/pemilik, manajer ataupun penyelia bisnis start-up asal Indonesia; kemudian (2) International Business Readiness for Women in Global Business: Focus on Food Production and Processing (Kesiapan Bisnis Internasional bagi Perempuan di Bisnis Global: Fokus pada Produksi dan Pemrosesan Makanan) yang ditujukan bagi para perempuan yang menjadi pemilik usaha makanan dan minuman, manajer ataupun penyelia bisnis makanan dan minuman asal Indonesia.

Lindawati Kwa Lindawati Kwa, penerima beasiswa kursus singkat di Australia tahun 2015.

Supplied; Australia Awards

Menurut Atase Pers Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Laura Kemp, kursus ini tak hanya merespon tujuan Pemerintah Indonesia dalam menciptakan komunitas start-up yang maju, tapi juga untuk berbagi pengalaman dan keahlian Australia dengan para pebisnis muda Indonesia.

?Kursus ini didesain untuk mendukung program strategis Kementerian UKM Indonesia dalam meremajakan pasar tradisional ke pasar online dan menghasilkan lebih banyak modal bagi perusahaan start-up Indonesia,? jelasnya kepada Nurina Savitri dari Australia Plus.

Laura menambahkan, ?Pemerintah Australia dan Indonesia tengah mencari cara untuk meningkatkan ikatan bisnis, termasuk melalui Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.?

Sebagai bagian dari beasiswa ini, seluruh partisipan akan mengembangkan dan mengimplementasikan sebuah proyek. Mereka kemudian akan mempresentasikan proposal proyek mereka sebelum kursus dimulai dan lantas mengembangkan proyek tersebut lebih jauh selama kursus berlangsung. Dan terakhir, mereka juga diminta untuk menampilkan proyek yang telah diimplementasikan setelah kursus selesai.

?Beasiswa ini punya beberapa tujuan pembelajaran, termasuk memahami cara mengembangkan rencana bisnis dan pemasaran untuk membangun bisnis yang berkelanjutan; memahami cara memperbaiki proposal investasi untuk menarik investor secara lebih efektif; mengidentifikasi cara menghubungkan bisnis dengan peluang pasar,? terang Laura Kemp.

?Selain itu, ini juga diadakan untuk memberdayakan jaringan bisnis yang sudah ada dan mengetahui cara untuk mengatasi pesaing dan menganalisa produk,? sambung diplomat perempuan ini.

Saiful Bari Saiful Bari, salah satu alumnus program beasiswa kursus singkat di Australia 2015.

Supplied; Australia Awards

Warga Indonesia yang tertarik untuk memperoleh beasiswa yang ditangguh penuh oleh Pemerintah Australia ini bisa mengakses situs Australia Award.

Tentu saja, ada persyaratan teknis yang mengikuti tawaran kursus singkat gratis ini, di antaranya keharusan pelamar sebagai pendiri atau manajer dari perusahaan start-up berbasis teknologi yang telah beroperasi selama lebih dari satu tahun (tapi kurang dari 3 tahun), dan siap untuk mengikuti kursus di Australia selama 2-15 September 2016.

Diterbitkan: 20:15 WIB 27/06/2016 oleh Nurina Savitri. 


[Link to media]
Demi Jilbab Traveler Si Ganteng Kerja Keras Lakukan Dua Hal Ini-JPNN.com

JAKARTA - Aktor Morgan Oey membintangi film Jilbab Traveler Love Sparks In Korea. Ia mengaku, sangat puas dengan film tersebut. 

"Itu hasil kerja keras kami. Apalagi saya manjangin rambut delapan bulan," kata Morgan di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta, Senin (27/6).

Pria 26 tahun itu juga harus belajar bahasa Korea. Sebab, dalam film itu, ia memerankan tokoh Hyun Geun, seorang pria Korea. 

"Lumayan intensif selama tiga minggu," ucap Morgan. 

Morgan berharap agar film yang dirilis 5 Juli mendatang bisa dinikmati oleh penikmat film Indonesia. "Ini semua hasil kerja keras kami untuk masyarakat Indonesia. Ini film yang whole package," ungkapnya. 

Film Jilbab Traveler Love Sparks In Korea diadaptasi dari novel Asma Nadia. Film yang juga mengambil latar di Korea ini disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan diproduksi Rapi Film. (gil/jpnn)


[Link to media]
Soal Teman Ahok, Hadar: Nanti Kami Dikira Ingin Menjatuhkan-JPNN.com

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan, idealnya aturan terkait tim relawan bakal calon kepala daerah seperti Teman Ahok, diatur dalam undang-undang. Sehingga penyelenggara dapat lebih baik mengawasi terkait aktivitas yang dilakukan. 

"Jadi idealnya, ke depan dituangkan saja dalam undang-undang. Kalau kami mengatur mundur, saya kira akan ada protes, itu kerepotan juga kan kami," ujar Hadar, Senin (27/6).

Menurut Hadar, pihaknya tidak bisa mengawasi aktivitas relawan Teman Ahok saat ini, karena belum masuk tahapan pendaftaran pasangan calon. 
Selain itu, pengawasan juga baru dapat dilakukan apabila Teman Ahok nantinya dimasukkan secara resmi sebagai bagian dari pendukung Ahok maju dalam pilkada. 

"Kami bisa berperan ketika mereka datang (mendaftarkan pencalonan Ahok lewat jalur perseorangan,red) ke KPUD DKI Jakarta 3-7 Agustus mendatang. Jadi kalau kami didorong inisiatif melakukan ini sekarang, tidak kuat. Nanti kami dikira ingin menjatuhkan mereka. nanti dikira mencari-cari jadinya," ujar Hadar.

Hadar menilai, aturan terkait relawan penting dimasukkan dalam UU Pilkada, karena upaya-upaya seperti yang dilakukan Teman Ahok, tidak bisa dipisahkan dengan upaya paslon menggalang dukungan untuk maju lewat jalur perseorangan.  

"Jadi saya kira baik diatur, jadi mereka juga buat kegiatan ya harus terdaftar dan juga bisa ada hubungan, jangan lepas-lepas begitu," ujar Hadar.

Hadar menilai aktivitas relawan penting diatur, karena ada pelibatan masyarakat yang cukup besar di dalamnya. Selain itu juga ada dana publik yang mungkin dikumpulkan.

"Jadi harus ada transparansi dan ada keadilan antara paslon satu dengan lainnya. Dengan diatur akan terlihat perbandingannya, kalau sekarang hanya analisis sendiri," ujar Hadar.(gir/jpnn)


[Link to media]
7 WNI Disandera, Panglima TNI: Lihat Tanggal 30 Nanti..-JPNN.com

JAKARTA - Pemerintah tengah melakukan upaya pembebasan terhadap tujuh anak buah kapal (ABK) TB Charles yang diduga disandera kelompok militan Abu Sayyaf di Jolo, Filipina Selatan. 

Namun, upaya tersebut menemukan batu sandungan, lantaran Filipina dalam masa transisi di pemerintahannya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pemerintah sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Filipina. Namun, komunikasi tersebut belum bisa dipastikan apakah akan dilaksanakan. Sebab, Filipina sendiri baru menyelesaikan pemilihan presidennya.

"Ini masih menteri pertahanan yang lama sama calon Menhan Filipina yang baru. Lihat tanggal 30 nanti baru benar-benar menhan yang terpilih yang bisa kita pegang (kata-katanya)," kata Gatot di Mabes TNI, Jakarta, Senin (27/6).

Meski begitu, Gatot mengklaim, pemerintah Filipina membuka lebar segala masukan dari Indonesia terkait pembebasan sandera. Bahkan, Indonesia setiap hari melakukan rapat koordinasi dengan Filipina.

"Hari ini masih dilakukan pertemuan. Jadi tahapannya pertama kepada menlu. Sudah dilanjutkan dengan menteri pertahanan. Jika menhan sudah, baru SOP pada kami TNI. Tapi intinya Filipina sangat terbuka," jelas Gatot. (mg4/jpnn)


[Link to media]
Kak Seto Minta Pemalsu Vaksin Dihukum Mati-JPNN.com

JAKARTA - Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Seto Mulyadi meminta pelaku pemalsuan vaksin yang berhasil diungkap Bareskrim Polri, dihukum maksimal layaknya kasus penyalahgunaan narkoba.

"Itu pelanggaran hak anak yang sangat 'ini' sekali. Jadi hukuman maksimal lah. Artinya, apapun yang merupakan pelanggaran kepada anak dan membahayakan anak, maka mohon dikenakan hukuman yang paling maksimal," kata Kak Seto di gedung DPR Jakarta, Senin (27/6).

Pihaknya juga menilai dalam kasus ini, para pelaku telah bermain-main dengan masa depan anak bangsa, terutama kesehatan mereka.

"Kami mohon. Kita semua pasti geram terhadap hal ini. Kok tega-teganya untuk mendapatkan keuntungan bersikap seperti itu. Apalagi ini pelakunya suami istri," tegasnya.

Kak Seto menginginkan persoalan ini tidak menjadi preseden yang kembali terjadi ke depan. Terkait hukuman bagi pelakunya, karena kasus ini mengorbankan anak seperti halnya narkoba, pelecehan seksual, maka bisa dihukum mati.

"Kita bandingkan saja dengan narkoba, narkoba kan merusak kehidupan anak, generasi muda. Kalau itu (vaksin palsu) juga, saya rasa kalau narkoba bisa hukuman mati, kenapa ini tidak? Jadi mohon, jangan jadikan anak-anak bahan permainan," pungkasnya.(fat/jpnn)


[Link to media]
Inilah Terobosan Baru Korlantas Polri sesuai Imbauan Jokowi-JPNN.com

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan layanan sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) dengan dua loket untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di Lampung, Senin (27/6). Sistem itu lebih singkat ketimbang sebelumnya yang menghakan pembayar pajak kendaraan bermotor melewati empat loket.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto, langkah itu sebagai tindak lanjut imbauan Presiden Joko Widodo agar layanan bagi pembayar pajak kendaraan bermotor dipermudah. Karenanya sistem dua loket itu bisa memangkas kerumitan yang biasa dialami pembayar pajak kendaraan bermotor.

"Peresmian samsat dua loket ini merupakan tindak lanjut dari imbauan presiden untuk memudahkan sistem pembayaran pajak guna mengejar target pajak. Sehingga pelayanan satu atap namun juga tidak banyak loket, menghindari masyarakat mengalami kerumitan dalam pengurusannya," ujar Agung saat dihubungi di sela-sela peresmian samsat dua loket di Lampung, Senin (27/6).

Agung memilih Lampung karena kepolisian daerah setempat sudah siap dari sisi sarana maupun prasarananya. Lokasinya di Samsat Raja Basa, Lampung, Senin (27/6) pagi.

Menurut Agung, pembukaan dua loket samsat itu merupakan upaya mewujudkan layanan terbaik bagi publik. "Ini merupakan terobosan inovasi pelayanan prima Polri dalam melayani masyarakat agar mudah, cepat, dan transparan," ucap Agung.

Selain itu, Korlantas Polri juga menerapkan komputerisasi dan sistem barcode dalam layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Dengan demikian data sistem pengarsipan akan tersimpan secara komputerisasi atau digital," ujar Agung.(mg4/jpnn)


[Link to media]
Teman Ahok...Perhatikan Penjelasan Komisioner KPU Ini-JPNN.com

JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama maupun tim relawannya yang tergabung dalam Teman Ahok, memang belum terikat dengan Undang-Undang Pilkada. 

Terutama terkait langkah pengumpulan dana dari masyarakat yang dilakukan, sebagai dukungan bagi pencalonan gubernur yang akrab disapa Ahok tersebut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta. 

Namun begitu, Ahok maupun Teman Ahok kata Komisioner KPU Arief Budiman, tetap terikat undang-undang terkait aktivitas yang dilakukan. 

Paling tidak undang-undang yang mengatur pengumpulan dana dari publik, maupun undang-undang terkait ketertiban dan keamanan. 

"Jadi terikat dengan undang-undang lain. Kalau dengan UU Pilkada, baru terikat setelah mereka mendaftar. Itu kan ada rekening dana kampanye. Rekening dana kampanye itu kan harus dicantumkan rekening awal dana kampanye," ujar Arief, Senin (27/6).

Saat ditanya bagaimana sekiranya Ahok maupun Teman Ahok tak melaporkan dana yang dikumpulkan sebelum penetapan pasangan calon, KPU, kata Arief, juga tetap tak bisa berbuat banyak. 

"Kalau mereka mau menjadikan itu sebagai rekening awal dana kampanye dan dimasukan, ya kami catat sebagai rekening awal dana kampanye. Tapi kalau enggak mereka masukkan, kami juga enggak bisa ngapa-ngapain," ujar Arief.

Meski begitu, kata Komisioner KPU Jawa Timur ini, public tentu akan menilai dan menentukan sikap, kalau memang benar ada pengumpulan dana bagi kegiatan kampanye, tapi tidak dilaporkan. 

"Publik kan melihat, kalau dana itu digunakan sebagai kegiatan kampanye, maka harus dimasukkan. Kewenangan KPU hanya untuk ngecek, monitoring, mencatat, membuat laporannya terkait dana kampanye. Bukan dengan dana yang lain-lain," ujar Arief.(gir/jpnn)


[Link to media]
Fahri Hamzah: Sempurna! Ahok Lecehkan Parpol-JPNN.com

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai perilaku Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam persiapannya maju di pilkada serentak 2017 mendatang sudah melecehkan partai politik. Pasalnya, Ahok sempat menyepelekan parpol karena ia akan maju dengan jalur independen.

"Dalam kasus Ahok menuju pilkada DKI Jakarta, sempurna pelecehannya terhadap partai politik," kata Fahri, di sela-sela buka puasa bersama wartawan, di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (27/6).

Namun, setelah mengalami masalah pengumpulan dukungan KTP, menurutnya, Ahok kembali bersikap baik pada parpol. Ini dianggapnya telah menunjukkan sikap Ahok yang melecehkan parpol.


"Saat ada tanda-tanda dukungan kopian yang sudah dia peroleh akan bermasalah, dia langsung mendekatkan diri dan memuji partai politik. Ahok telah menggunakan partai politik untuk kepentingan pribadinya," ungkap Fahri.

Sayangnya, ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, tidak satu pun di antara partai politik yang merasa dilecehkan.

 "Enak-enak saja tuh, sebagian partai politik bahkan mendukung Ahok lagi," pungkasnya.(fas/jpnn)


[Link to media]
4 Brimob Ajudan Nurhadi Mangkir Lagi, DPR: Bisa Dituduh Menghalangi-JPNN.com

JAKARTA - Empat anggota Brimob Polri ajudan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi belum memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Empat anggota Brimob itu ialah Brigadir Ari Kuswanto, Dwianto Budiawan, Fauzi Hadi Nugroho, dan Ipda Andi Yulianto.

Sedianya, anak buah Kapolri Jenderal Badrodin Haiti ini diperiksa sebagai saksi suap pendaftaran peninjauan kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Mereka yang diketahui berada di Poso, Sulawesi Tengah, bergabung dalam Operasi Tinombala penumpasan teroris, itu sudah dua kali mangkir. 

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman menyatakan, ketidakhadiran para anggota Polri itu tentu memiliki alasan. "Mungkin ada alasannya apa," ujar Benny di kantor KPK, Senin (27/6). 

Namun, Benny menyayangkan mereka tidak memenuhi panggilan resmi penyidik komisi antirasuah. "Kalau tidak datang kan bisa dituduh menghalang-halangi," tegasnya. 

Lantas apakah perlu memanggil pimpinan Polri terkait persoalan ini, Benny menjawab diplomatis. "Ada aturannya semua," ujar politikus Partai Demokrat ini. (boy/jpnn)


[Link to media]
PSG: Terima Kasih, Laurent Blanc-JPNN.com

PARIS - Klub raksasa dari Prancis, Paris Saint-Germain resmi mengumumkan pemecatan Laurent Blanc dari kursi pelatih.

Di situs resminya, Senin (27/6), PSG memutuskan untuk melakukan perubahan besar, terutama di kursi kepelatihan.

Selain Blanc, yang sudah mengabdi bersama PSG selama tiga musim, klub juga memberhentikan asisten pelatih Jean-Louis Gasset dan pelatih fisik Philippe Lambert.
 
"Klub memutuskan untuk menuju ke arah baru. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Lauren Blanc atas pekerjaannya selama tiga tahun ini," kata Chairman and CEO PSG, Nasser Al-Khelaifi.

Bersama Blanc, PSG sebenarnya menjadi raja, namun hanya di kompetisi lokal. Klub menginginkan lebih, Champions League. "Kami berharap, dia mendapatkan yang terbaik untuk masa depannya," imbuh Khelaifi.

Nama bos Sevilla, Unai Emery beredar kencang bakal berlabuh menggantikan kursi panas yang ditinggal Blanc. (adk/jpnn)


[Link to media]
Baru H-12 Tiga Pelabuhan Ini Alami Lonjakan Penumpang-JPNN.com

JAKARTA – Tiga pelabuhan dilaporkan mengalami lonjakan penumpang pada H-12 mudik Lebaran 2016, dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Tual dan Pelabuhan Pontianak.

"Lonjakan penumpang itu berdasarkan laporan harian yang diterima Posko Angkutan Laut Lebaran 2016 pada Sabtu (25/6) pukul 18:01 WIB sampai (26/6)pukul 06:00 WIB," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo dalam siaran persnya.

Jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun sebanyak 3.610 atau naik 612,03 persen, dibanding 2015 yang hanya berjumlah 507 penumpang. Sementara penumpang di Pelabuhan Tual sebanyak 1.010, naik 402,49 persen dibanding 2015, yang berjumlah 201 penumpang.

Sedangkan Pelabuhan Pontianak mengalami lonjakan penumpang sebanyak 1.101, naik 269,46 persen dibanding periode yang sama pada 2015, yang hanya 298 penumpang.

Selain itu, dari hasil pemantauan melalui CCTV terhadap 18 pelabuhan yang dipantau secara acak dan real time, secara umum dilaporkan belum ada lonjakan penumpang.

"Tidak terdapat penumpang di pelabuhan yang tidak terangkut oleh kapal penumpang, yang beroperasi pada pelabuhan itu," ucap Hemi.

Hemi menambahkan, pemantauan terhadap 52 Pelabuhan di Indonesia merupakan bagian dari langkah antisipatif Kementerian Perhubungan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi telah berjalan dengan baik. (chi/jpnn)

 


[Link to media]
Penumpang Naik ke Atap, Kereta Pesanan Bangladesh Didesain Khusus-JPNN.com

JAKARTA - Kereta buatan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA), telah beroperasi di jalur Bangladesh, Sabtu (25/6) kemarin. Bangladesh menjadi salah satu negara yang menjadi pelanggan Inka.

Senior Manager Humas PT Inka, M Colik menjelaskan, perseroan mendesain khusus KA tersebut, sesuai permintaan dari Bangladesh. Di mana, KA yang diberinama Sonar Bangla Express itu didesain secara kokoh.

"Secara model, kereta yang diekspor ke Bangladesh ini sedikit berbeda dengan yang beroperasi di Indonesia saat ini. Sesuai dengan karakteristik masyarakat Bangladesh, yang masih memiliki tradisi naik penumpang hingga ke atap kereta. Maka unsur utama dari kereta tersebut adalah kekokohan rangka dan body," ujar Colik dalam siaran persnya, Minggu (26/6).

Di Bangladesh, Sonar Bangla Express ini menempuh rute Kota Dhaka ke Citagong. Peresmian kereta buatan Inka dilakukan langsung oleh Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed.

Colik mengatakan, Inka terus meningkatkan ekspansi bisnisnya ke beberapa negara, baik di Asia ataupun di Timur Tengah.

"Selain sudah memasok Bangladesh, Inka tengah menjadikan Vietnam, Srilanka dan Mesir sebagai target eskpor gerbong kereta selanjutnya," tandas Colik. (chi/jpnn)‎ ‎

 


[Link to media]
Jerman Pilih Italia Atau Spanyol, Ini Jawaban Loew-JPNN.com

LILLE - Timnas Jerman bakal menunggu pemenang antara Italia kontra Spanyol pada perempat final Euro 2016. Saat ditanya tim mana yang dipilih, pelatih Joachim Loew memberikan jawaban diplomatis.

Jerman dipastikan bakal menghadapi salah satu dari dua tim yang menghentikan langkahnya dalam dua edisi terakhir Euro. Kendati demikian, Loew tak ambil pusing dan malah berkelakar.

"Tidak (khawatir) karena saya tidur dengan nyenyak. Kedua tim merupakan favorit juara di sini," ungkap Loew pascalaga.

"Italia memiliki pertahanan yang sangat kuat dan bagus dalam menyerang," puji dia. "Sementara Spanyol punya sektor penyerangan terbaik dalam beberapa tahun terakhir," lanjut Loew.

Pelatih flamboyan ini menambahkan meski diisi para muka baru, Spanyol disebutnya tetaplah sebuah kekuatan besar. Sementara Italia diuntungkan dengan diistirahatkannya beberapa pemain inti pada laga pamungkas grup melawan Rep. Irlandia.

Jerman sendiri lolos ke perempat final setelah menang 3-0 atas Slovakia. Gol Jerome Boateng dan Mario Gomez pada paruh pertama disempurnakan lesakkan Julian Draxler di babak kedua. (feb/JPNN)


[Link to media]
Kartu ATM Nyangkut, Dibantuin, Eh? Saldo Jadi Nol Rupiah-JPNN.com

PEKANBARU - Kejahatan modus kartu ATM nyangkut di mesin kembali menelan korban. Kali ini korbannya Siti Marni, 34, warga Tampan, Pekanbaru, Riau, Jumat (24/6). Uang di tabungannya terkuras Rp 20 juta.

Awalnya, korban hendak mengambil uang di ATM BRI jalan Cipta Karya Kecamatan Tampan. Setibanya di sana, ia langsung memasukkan kartu ATM-nya ke mesin.

“Kartu ATM saya nyangkut di mesin. Tiba-tiba datang seorang pria katanya mau bantu. Tapi setelah dicoba tak bisa juga. Kemudian dia kembalikan kartu ATM ke aku,” ujarnya seperti dikutip dari Riau Pos (Jawa Pos Group), Minggu (26/6).

“Aku baru sadar setelah keesokan harinya menerima laporan sms banking. Dalam SMS itu melaporkan terjadi transaksi transfer sebesar Rp 20 juta. Padahal saya pegang ATM. Setelah saya cek ternyata kartu sudah ditukar pelaku. Semua duit tabungan ludes,” tutur korban kepada petugas SPK Polresta Pekanbaru. 

Wakasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Arry Prasetyo, membenarkan kejadian tersebut dan sudah menerima laporan korban.

"Kita masih melakukan penyelidikan, beberapa orang saksi telah kita mintai keterangan bersamaan dengan korban. Kita juga akan memeriksa rekaman mesin ATM guna mencari pelaku," tutup Wakasat. (def/ray/jpnn)


[Link to media]
Pesta Gol ke Gawang Hungaria, Belgia Temui Wales di 8 Besar-JPNN.com

TOULOUSE - Belgia memastikan selembar tiket perempat final Piala Eropa 2016 usai mengubur mimpi tim kejutan, Hungaria.

Dalam laga 16 Besar di Stadium de Toulouse, Toulouse, Senin (27/6) dini hari WIB, Belgia menang 4-0.

Keran gol dari negara ranking kedua FIFA (di bawah Argentina, per 2 Juni 2016) itu, lahir di awal babak pertama, tepatnya pada menit ke-10 lewat sundulan Toby Alderweireld.

Sementara gol kedua dicetak oleh Michy Batshuayi, setelah menerima umpan tarik cantik dari Eden Hazard di menit ke-78. Batshuayi, si pemain yang membela klub Olympique de Marseille ini sendiri baru masuk lapangan pada menit 76, menggantikan Romelu Lukaku.

Hanya dua menit usai gol kedua, Belgia kembali merobek gawang Hungaria. Lewat serangan kilat menakutkan, Hazard menyelesaikan penetrasi-nya lewat sebuah sepakan keras kaki kanan. Mendatar...akurat...tak dapat dijangkau kiper Gabor Kiraly. 3-0.

Pesta gol Belgia akhirnya ditutup oleh Yannick Ferreira-Carrasco pada menit 91.

Meski kalah telak, penampilan Hungaria sesungguhnya tak jelek. Sejumlah peluang mereka dapatkan, sayang finishing tak memuaskan, Hanya cukup merepotkan kiper Thibaut Courtois.

Dengan hasil ini, di perempat final Belgia akan berhadapan dengan Wales. (adk/jpnn)


[Link to media]
Oalah! BP Batam Kok Jawabnya Begini soal Maraknya Daging Impor Ilegal-JPNN.com

BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengaku tak mengetahui adanya daging sapi ilegal di pasaran Batam. 

"Kalau masalah ilegal, BP Batam tidak tahu, karena kewenangan kami hanya memberi izin impor," kata Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Tri Novianto, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Ia kemudian menjelaskan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2012 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batam Pasal 2 Ayat 1, maka pengawasan barang masuk ke daerah non-pabean seperti Batam berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

"Kami hanya izin, kalau pengawasan coba tanya sama Bea Cukai Batam," jelasnya.

Novi mengibaratkan, BP Batam itu sebagai penjual karcis bioskop, dan Bea Cukai sebagai pemeriksa karcis. "Dan jika ada penonton gelap yang bisa masuk, coba tanya ke Bea Cukai," katanya.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (Kabid P2) Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam, Akhiyat Mujayin, membantah adanya daging ilegal di Batam. Dia mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan ketat di tiga pelabuhan resmi yang merupakan pintu masuk daging impor, yakni di Batuampar, Sengkuang, dan Kabil.

"Tiga pelabuhan ini sudah dilakukan pengawasan. Di Batuampar dan Kabil bersih, sedangkan di Sengkuang pelabuhan rakyat itu sudah kita tutup," ujar Mujayin, kemarin.

Dia menambahkan potensi masuknya daging ilegal hanya bisa melalui pelabuhan Batuampar. Karena di pelabuhan tersebut memiliki slot river. Sedangkan di beberapa pelabuhan rakyat lainnya hanya melakukan pengiriman ke luar Batam.

"Jadi tidak mungkin daging ilegal itu bisa masuk ke Batam. Itu hanya pengalihan dari pesaing dengan memakai corong KPPU," terangnya.

Menurut dia, peredaran daging ilegal di pasaran Batam sulit dibuktikan. Karena Batam merupakan kawasan bebas pajak.

"Pembuktian yang mana daging ilegal dan tidak itu sulit. Dari mana dasarnya mereka (KPPU) menyebutkan ada daging ilegal beredar," tegasnya.

Mujayin menerangkan pihaknya selalu mengawasi dan melakukan pengecekan ke tiga perusahan daging di Batam. Tiga perusahaan itu, PT Kharisma Karya Kartika, dan Batam Frozen Food. Mereka mendapat izin resmi untuk mengimpor daging sapi dari Australia dan New Zealand. 

"Kita langsung melakukan pengecekan ke gudang mereka. Kalau ada apa-apa mereka (pengusaha) akan lapor ke kita," katanya lagi.

Mujayin menduga jika terbukti adanya peredaran daging ilegal di Batam dengan melalui jalur masuk antar pulau. "Kalau adapun pasti melalui pulau-pulau masuknya," pungkasnya.(bp/ray/jpnn)


[Link to media]
Kembali Cetak Rekor Kemenangan, Sinyal Jerman Juara Euro 2016?-JPNN.com

LILLE - Kemenangan 3-0 timnas Jerman atas Slovakia pada 16-besar Euro 2016 mengguratkan rekor tersendiri. Usut punya usut, ada sebuah pertanda menarik di balik torehan emas tersebut.

Jerman menyamai rekor kemenangan terbesar sepanjang keikutsertaan pada putaran final Euro. Menariknya, dua rekor sebelumnya diciptakan saat berhasil keluar sebagai juara, yakni 1972 dan 1996.

Tercatat hanya sekali Der Panzer tak menorehkan rekor kemenangan saat menjadi juara. Itu terjadi ketika Euro 1980 di Italia.

Pada laga di Stade Pierre Mauroy, Der Panzer membuka keunggulan lewat gol Jerome Boateng. Mario Gomez menambah keunggulan jelang turun minum. Kemenangan Jerman akhirnya disegel sepakan voli Julian Draxler di babak kedua. (feb/JPNN)

  • Ini merupakan kemenangan terbesar Jerman di Euro (3-0 vs Uni Soviet pada 1972 dan 3-0 vs Rusia pada tahun 1996).
  • Jerman tak kebobolan di masing-masing lima pertandingan terakhir di turnamen besar (Piala Dunia & Euro).
  • Pencetak gol pertama Jerman, Boateng mencatatkan namanya di papan skor untuk kali pertama dalam 63 pertandingan internasional.
  • Mesut Oezil adalah pemain Jerman pertama yang gagal mengeksekusi penalti di fase gugur Euro sejak Uli Hoeness di 1976.
  • Gomez mencetak 5 gol dalam 6 pertandingan terakhirnya di Euro.
  • Dia juga menyamai torehan Juergen Klinsmann untuk rekor gol terbanyak di Euro bersama Jerman (5)
  • Draxler adalah pemain Jerman pertama yang cetak gol dan assist dalam pertandingan Euro sejak Philipp Lahm pada tahun 2008 (v Turki).
  • Draxler telah mencetak gol pertamanya untuk Jerman dalam 1.121 hari.
  • Jerman sudah mendapatkan 17 penalti di Piala Dunia/Euro dan gagal tiga kali: Hoeness (Piala Dunia 1974), Lukas Podolski (Piala Dunia 2010), Oezil (Euro 2016)

[Link to media]
Susahnya Masuk Sekolah Negeri di Daerah Ini-JPNN.com

BATAM - Orang tua murid mulai kesal dengan tindakan pungli oknum dari sekolah negeri di kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Pasalnya untuk bisa lulus, mereka diminta uang pelicin dengan alasan uang tersebut akan digunakan untuk biaya bina lingkungan membuka lahan dengan tujuan bangun ruang kelas baru.

"Ya, kami diminta uang sebesar Rp 1,75 juta agar bisa masuk ke SMPN 12. Katanya untuk bangun ruang kelas baru," ujar salah seorang wali murid, Surya Pardi, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group), Sabtu (25/6).

Pada awalnya anak Surya mendapatkan jatah masuk SMPN 12 lewat jatah bina lingkungan dari Komite Sekolah yang bekerjasama dengan RT RW setempat. Pada saat pendaftaran ulang nanti, ia diminta membawa surat keterangan hasil ujian (SKHU), akte, dan nomor pendaftaran.

"Saya juga diminta membawa uang Rp 1,75 juta untuk membuka lahan. Namun, ketika saya buka lahan apa, tak dijelaskan lebih jauh lagi," jelasnya.

Surya menjadi curiga karena pada dasarnya jika ada pembangunan di sekolah negeri merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan Kota Batam. "Komite mengatakan uang tersebut merupakan kesepatakan antara komite dan RT RW dan wajib diikuti oleh saya yang kedapatan jatah bina lingkungan," jelasnya lagi.

Kepala Sekolah SMPN 12, Zurnelis yang dikonfirmasi memberikan jawaban yang tidak jelas. Ia mengaku tidak tahu mengenai uang bina lingkungan tersebut.

"Mungkin itu hasil kesepakatan komite dan RT RW setempat. Kami dari pihak sekolah tak tahu mengenai hal tersebut," ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan warga Kecamatan Batuaji dan Sagulung. Orang tua murid protes setelah anaknya tak diterima dan sebagian keberatan dengan besarnya biaya masuk sekolah yang harus dibayar.

Orangtua yang anaknya tidak lolos dalam test PPDB tersebut menilai tidak adil sebab mereka yang rumahnya dekat dengan komplek sekolah tetap anaknya tak diterima baik PPDB reguler ataupun bina lingkungan. 

"Anak-anak dari luar malah banyak yang lolos, sementara nilai tak jauh beda, sama-sama di atas standar atau bahkan ada yang lebih dari anak-anak yang lolos itu," keluh Wahyudin, orangtua murid yang anaknya tak diterima di SMPN 47, Simpang Basecamp, Marina, Sabtu (25/6).

Wahyudin dan sejumlah orangtua siswa lainnya sangat kecewa dengan tak terakomodirnya anak-anak mereka di sekolah negeri. "Bagaimana tak kecewa, SMPN 47 ini satu-satunya sekolah yang dekat di sini. Mau ke sekolah swasta tak mampu kami pak. Biaya masuk saja bisa sampai Rp 5 - 6 juta," katanya.

Wahyudin mengaku kebingungan saat ini sebab anaknya kemungkinan tak bisa menikmati layanan pendidikan murah di SMPN. "Makin menderita kami pak, mau tak mau anak ini harus disekolahkan di sekolah swasta," katanya.

Senada disampaikan sejumlah orangtua yang mendaftarkan anaknya di SMAN 5 Batam di Sagulung. Akibat tidak terakomodirnya sebagian anak yang berada di sekitar komplek sekolah, orangtua kebingunan mencari sekolah yang pas untuk anak- anak mereka. 

"Padahal sudah sangat berharap diterima karena sekolah negeri dan dekat rumah, tapi ternyata tak diterima," kata Noni, salah satu orangtua calon siswa.

Yang membuat Noni kecewa, anak-anak lain dari luar lingkungan sekolah itu banyak yang diterima meskipun nilai dan kriteria penilaian tak jauh berbeda. "Mungkin orang-orang itu punya pegangan, makanya anak mereka diterima. Saya sama sekali tak ada hanya berharap hasil test murni untuk anak saya ini," kata Noni.

Sementara itu sebagian orangtua yang anaknya diterima di sekolah negeri, juga mengeluhkan biaya masuk yang dianggap cukup mahal. "Senang anak diterima, tapi lihat daftar biaya masuk ini, keberatan juga," kata Imran orangtua siswa lainnya di SMPN 47.

Untuk SMPN 47 sendiri dari total 160 siswa yang diterima secara on line, orangtua siswa baru harus membayar uang sebesar  Rp 1.270.000 dengan perincian untuk uang seragam Rp 915.000 dan perlengkapan sekolah lainnya Rp 355.000. Biaya masuk sekolah tersebut harus dilunasi saat pendaftaran ulang nanti.

Sementara SMAN 5 Batam, total siswa yang diterima sebanyak 205 siswa. Mereka yang diterima diwajibkan membayar lima stel pakain seragam Rp 1.130.000 dan map raport Rp 80.000. (leo/eja/ray/jpnn)


[Link to media]
TNI AL Kerja Sama dengan Tiga Bank Nasional-JPNN.com

JAKARTA - TNI Angkatan Laut melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan tiga Bank Nasional. Yaitu Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Penandangan kerja sama tersebut berlangsung di Gedung Jalapuspita, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (26/6).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan Prihatmoko selaku perwakilan TNI AL melaksanakan penandatangan PKS. Sedangkan tiga bank mitra TNI AL saat melaksanakan penandatangan masing-masing diwakili oleh Direktur Retail Bank Mandiri Bapak Tardi, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Ibu Adi Sulistyowati, dan Direktur Bisnis Kelembagaan Bank BRI  Bapak Kuswiyoto.

Penandatangan PKS ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi. Hadir pula dalam acara ini, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring, Dirut Bank Mandiri, Dirut Bank BNI, Dirut Bank BRI, para pejabat utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), para Pangkotama TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal  serta tamu undangan lainnya.

Kerja sama TNI AL dengan tiga bank ini terkait ruang lingkup penyediaan jasa pelayanan pembayaran gaji/payroll anggota personel TNI AL di seluruh Indonesia melalui rekening perorangan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Perjanjian tersebut berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang.
Laksamana Ade Supandi mengatakan kerja sama antara TNI AL dengan ketiga bank tersebut telah berlangsung lama.

“Kami berharap antara pihak TNI AL dengan perbankan dapat saling membantu dan kerja sama ini dapat terus berlangsung,” ujar Ade Supandi.

Kegiatan yang digelar di tengah bulan suci Ramadan tahun 2016 ini, ditutup dengan kegiatan Buka Puasa Bersama antara jajaran TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Laksamana TNI Ade Supandi bersama dengan para pejabat di lingkungan Bank Mandiri, BRI dan BNI.(fri/jpnn)


[Link to media]
Top! Tim Tinju Daerah Ini Lanjut TC ke Vietnam-JPNN.com

BATAM - Rombongan petinju Kepri yang dipimpin pelatih tinju, Erzon kembali melanjutkan training center untuk persiapan menuju PON 2016 mendatang. 

Setelah melakoni Training Center (TC) selama tiga minggu sejak 5 Juni lalu di Thailand, kini rombongan tersebut langsung bertolak ke Vietnam.

“Kita akan langsung berangkat ke Vietnam," ujar Erzon kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (25/6). 

Selama tiga minggu TC di Vietnam, ia tetap akan menggeber latihan anak didiknya ini dengan melakoni beberapa latih tanding atau sparring dengan petinju-petinju kuat Vietnam. 

"Saya akan cari lawan tanding sebanyak mungkin," kata Erzon lagi.

Di PON 2016, tim tinju Kepri diperkuat Jonelyn Ebusca Erzon di kelas putri 54 kg, Octavian Siagian di kelas putri 54 kg, Emzee Louis Bangun di kelas putra 52 kg, Sandyarto Deno Feroja di kelas putra 69 kg dan Jannes Siregar di kelas putra 75 kg. 

Sebelumnya, selama TC di Thailand itu, Jonelyn dkk telah melahap latihan yang diberikan pelatih Erzon dengan menggelar enam kali latih tanding untuk tiap-tiap petinjunya. 

"Saya puas dengan penampilan anak-anak saat melakoni latih tanding dengan petinju-petinju Thailand," papar pemilik sasana tinju Wira Boxing Tiban ini.

Erzon berharap dengan pengalaman anak asuhnya saat berhadapan dengan petinju-petinju Thailand bisa berguna saat melawan petinju-petinju Vietnam. 

"Semoga nanti ada perkembangan dan peningkatan yang diperlihatkan anak-anak dan bisa lebih baik lagi dibanding saat melawan petinju-petinju Thailand," pungkasnya. (cr16/ray/jpnn)


[Link to media]
Slovakia Sedih Tapi Bangga Disingkirkan Jerman-JPNN.com

LILLE - Senyum kecil terlihat pada sosok gelandang Slovakia, Marek Hamsik pascalaga di Stade Pierre Mauroy (26/6). Meski timnya disingkirkan Jerman pada 16-besar Euro 2016, Hamsik menyimpan sedikit kebanggaan.

Slovakia memang kalah 0-3 dari sang juara Piala Dunia 2014 itu. Namun, lolos dari grup yang diisi tim macam Inggris, Wales, dan Rusia jadi berkah tersendiri untuk Hamsik dkk.

"Sulit bagi kami (untuk menang). Padahal kami menunjukkan performa sempurna lawan juara dunia. Sedih memang, tetapi melihat apa yang sudah dilakukan, kami bangga akan diri sendiri dan bahagia dengan yang sudah diraih," ungkap Hamsik pascalaga.

"Kami akan bangkit. Jerman memang hampir menguasai jalannya satu pertandingan dan memaksa kami mengandalkan serangan baik. Kami punya peluang bagus di babak pertama, tetapi akhirnya menyedihkan," tutup dia.

Gol pertama oleh Jerome Boateng saat laga baru berjalan delapan menit memang sedikit meruntuhkan mentalitas Slovakia. Belum lagi beberapa saat setelahnya, mendapat hukuman penalti meski gagal dieksekusi Mesut Oezil. (feb/JPNN)


[Link to media]
9 Ton Daging Sapi asal India Marak Beredar di Daerah Ini-JPNN.com

BATAM - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Batam menyebut ada sekitar 10 ton daging sapi ilegal beredar di pasar Batam. Namun menurut BC Batam, informasi ini hanya isu yang disebarkan demi kepentingan bisnis.

Kasi Karantina Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Batam, Azhari, juga membantah adanya daging sapi ilegal di Batam. Menurut dia, semua daging sapi beku yang beredar di Batam merupakan daging legal yang dipasok dari Selandia Baru dan Australia.

"Pemerintah melalui kementrian, hanya membolehkan mengimpor dari dua negara itu," kata Azhari, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Ia mengatakan bahwa pemilihan dua tempat tersebut, karena daging sapinya bebas dari penyakit mulut, kuku dan sapi gila. "Di sana terbebas dari segala penyakit," ujarnya.

Dia juga mengecam pernyataan KPPU Batam tentang keberadaan daging sapi ilegal itu. Menurutnya, isu tersebut sangat meresahkan masyarakat. "Apalagi ini bulan Ramadan," ucapnya.

Sementara Kasi Pengawasan dan Penindakan BKP Kelas I Batam, Ibrahim, juga membantah pernyataan KPPU itu. Menurut dia, semua daging beku yang beredar di Batam legal. 

"Cuma daging dari Nez Zealand dan Australia. Tak ada dari negara lain," katanya, Jumat (24/6). 

Dia juga mengkritisi penjelasan KPPU Batam yang menyebut setiap hari ada 10 ton daging ilegal beredar di pasar Batam. Menurutnya, angka tersebut terlalu banyak.

"Kalau benar begitu, berarti setiap hari satu keluarga makan 1 Kg daging sapi. Saya rasa KPPU harus kroscek lagi data tersebut," ungkapnya. 

Ibrahim mengungkapkan daging beku impor yang masuk ke Batam melalui pelabuhan resmi sebanyak sekali seminggu. Dan semuanya dipasok oleh tiga importir resmi. "Satu minggu itu bisa diimpor satu hingga dua kontainer. Satu kontainernya isinya sekitar 22-24 ton," ujarnya. 

Namun dia tak membantah adanya kemungkinan daging ilegal masuk melalui pelabuhan tak resmi. Sebab di Batam terdapat puluhan pelabuhan tikus yang tak bisa dipantau setiap saat.

"Tak mungkin kami awasi semuanya, dan kami juga sering melakukan razia. Kadang itu juga sudah bocor, mereka pindah ke tempat lain," ungkapnya.

Ketua Komisi II DPRD Kota Batam, Yudi Kurnain mengaku mendukung dibuka impor daging sapi. Sehingga kebutuhan daging sapi masyarakat Batam bisa terpenuhi. Namun di sisi lain pemerintah juga harus memastikan izin dan kelegalan daging tersebut.

"Dari awal-awal kita kan suarakan agar kran impor daging dibuka. Tapi tentunya harus legal dan resmi," ujar Yudi, kemarin.

Terkait pernyataan (KPPU) Kantor Perwakilan Batam yang menyatakan setiap hari ada 10 ton daging sapi ilegal masuk ke Batam, politikus PAN berambut gondrong itu mengaku perlu adanya bukti dan data yang kuat.

"Kalau memang ada kita harus buktikan, dari mana asal daging tersebut. Yang ngasih izin siapa. Apa mereka terlibat juga diperiksa. Yang penting ada data dan bukti," sebutnya.

Termasuk pengawasan Bea dan Cukai Batam juga harus dipertanyakan. Jika benar ada daging ilegal masuk ke Batam, Yudi justru curiga ada keterlibatan oknum aparat. "Jangan nanti ada oknum yang bermain dan memanfaatkan kondisi harga daging saat ini," beber Yudi.

Terpisah, Kabag Humas Pemko Batam Ardi Winata menjelaskan pendistribusian daging sapi ke Batam dilakukan dari dua jalur. Jalur lokal untuk daging sapi segar dan jalur impor untuk daging sapi beku.

"Untuk daging segar diawasi Pemko Batam. Batam juga memiliki tiga distributor daging impor atau beku," kata Ardi, kemarin.

Dikatakannya, setiap hari, Pemko Batam menyiapkan satu ton daging segar dari dua atau tiga ekor sapi hidup, sementara untuk daging sapi beku tersedia 0,7 ton setiap harinya. Sehingga setiap harinya, hanya ada 1,7 ton daging yang dipasok pemerintah. Sementara kebutuhan daging sapi di Batam mencapai 10,5 ton per hari.

Pengawasan masuknya daging impor ke Batam juga dilakukan dengan pengecekan manifes. Menurutnya, selama in jumlah daging yang masuk sesuai dengan kuota yang telah ditentukan pemerintah pusat yakni 190 ton per tahunnya. 

Atas dugaan peredaran daging ilegal di Batam, pihaknya mengaku akan meningkatkan pengawasan di pasaran. Yang biasanya dilakukan sebulan sekali, akan ditingkatkan sebulan dua kali. Pihaknya juga akan langsung mengecek ke tiga perusahaan distributor daging tersebut

"Kalau daging impor itu sudah dibuka, kita tak bisa melihat perbedaannya. Namun atas informasi peredaran daging ilegal, kita akan melakukan pengawasan rutin lebih dari biasanya," pungkas Ardi. (leo/rng/ska/she/ray/jpnn)


[Link to media]
Panglima TNI: Jangan Ragu untuk Beramal-JPNN.com

MAKASSAR - Alunan Salawat Badar dan senyum ceria anggota TNI-Polri menyambut kedatangan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan rombongan saat melaksanakan Safari Ramadan 1437 H/2016 M, di lapangan Markas Kodam VII/Wrb Makassar, Sabtu malam (25/6). Acara tersebut merupakan ajang untuk bersilaturahmi.

Pada acara tersebut hadir Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Gubernur Sulsel Syahrul Yassin Limpo, Gubernur Sulselbar Adnan Saleh, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Anton Charlian, dan Kapolda Sulselbar Brigjen Pol Lukman Wahyu. Hadir pula tokoh masyarakat, tokoh agama dan ribuan prajurit TNI-Polri.

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengimbau kepada para prajurit dan keluarganya untuk selalu bersyukur atas apa saja yang telah diperolehnya.
 
Ia memberikan sebuah contoh kisah yang patut dijadikan tauladan dalam bersyukur yaitu seorang dermawan yang memberi sedekah hanya dengan sepuluh ribu, namun memperoleh balasan dari pengemis berupa ucapan terimakasih dan bermacam-macam doa, seperti doa diberikan tambahan rejeki, doa kesehatan dan doa panjang umur.

Oleh karena itu, menurutnya, bersyukur bisa diwujudkan dalam bentuk beramal. “Jangan ragu untuk beramal,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

“Karena dengan amal tersebut menjadi tabungan yang dapat mendampingi kita di akhirat,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Panglima mengatakan sangat mudah untuk menjadi seseorang yang bahagia di bulan Ramadan ini. Caranya, kata dia, melalui bersyukur setiap saat.

“Syukur adalah ciri orang bahagia,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Di penghujung acara silaturahmi, Panglima TNI menyampaikan terima kasih kepada ribuan anak yatim yang hadir pada acara tersebut sekaligus minta saling mendoakan.

“Selamat belajar dan sukses ya, doakan juga TNI tetap dekat dengan rakyat dan berhasil dalam jalankan tugas,” demikian pinta Jenderal Gatot.(fri/jpnn)


[Link to media]
Bombardir Hungaria, Belgia Unggul Satu Gol di Babak Pertama-JPNN.com

TOULOUSE - Belgia tampil ganas dalam babak pertama laga 16 Besar melawan Hungaria, di Stadium de Toulouse, Toulouse, Senin (27/6), dini hari WIB.

Pasukan racikan Marc Wilmots itu tampil agresif dari semua lini. Full-back yang dihuni Thomas Meunier dan Jan Vertonghen tampil apik sering membantu serangan.

Dari tengah, Kevin De Bruyne bermain lugas. Dari sayap, Eden Hazard dan Dries Mertens juga menakutkan.

Sejak awal, Belgia langsung menekan. Tak perlu waktu lama, gol didulang pada menit ke-10. Gol ini berawal dari set piece tendangan bebas yang diambil sempurna oleh De Bruyne. Sundulan dari Toby Alderweireld, tak mampu dibendung kiper Hungaria, Gabo Kiraly.

Usai gol tersebut, Hungaria mencoba bangkit, namun Belgia juga tak mengurangi intensitas serangan.

Kiraly, satu-satunya kiper yang memakai celana panjang di Euro 2016 ini, tercatat cukup repot di 1 x 45 menit pertama ini. ESPN mencatat, penjaga gawang gaek itu melakukan tujuh kali penyelamatan.

Keganasan Belgia juga dicatat ESPN. Untuk urusan shots (on goal), Belgia melakukannya sebanyak 16 (8), sementara Hungaria 6 (2).

Hingga wasit Milorad Mazic (Serbia) meniup peluit tanda jeda, skor bertahan 1-0 untuk Belgia. (adk/jpnn)


[Link to media]
Ronaldo Itu Sangat Menghormati Messi, Mau Bukti? Klik Nih...-JPNN.com

ITALIA - Banyak pertanyaan mengenai hubungan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya selalu bersaing secara pribadi dan di tingkat klub. Namun tak banyak kisah tentang hubungan keduanya di luar persaingan menjadi yang terbaik. 

Mantan pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengungkapkan, saat ia menangani Los Blancos banyak yang bertanya padanya bagaimana tanggapan Ronaldo tentang Messi. Ancelotti mengungkapkan, timnya tak menghabiskan hari membicarakan Messi.

Meski tak terlalu pusing dengan bintang Barcelona itu, Ancelotti mengaku Ronaldo menghormati pesaingnya itu.

"Dia sangat menghormatinya. Saya pikir mereka saling membutuhkan," kata Ancelotti seperti dilansir dari laman ESPNFC.

"Mereka saling mendorong agar semakin tinggi, terus mencetak rekor gol baru," ujar Ancelotti. 

Secara khusus Ancelotti memuji mantan pemainnya itu. Ia kagum dengan perkembangan Ronaldo sejak dibeli Manchester United di tahun 2003.

"Ia memainkan turnamen internasional pertamanya pada 2004. Dua belas tahun setelah itu ia masih bintang terbesar di Eropa. Itu mengagumkan."(ray/jpnn)

 


[Link to media]
Ternyata Ronaldo Pemain yang Asyik Ditangani-JPNN.com

ITALIA - Mantan manajer Real Madrid Carlo Ancelotti menggambarkan Cristiano Ronaldo sebagai seorang pemimpin dan pribadi yang peduli dengan timnya. Menurut Ancelotti publik keliru menilai Ronaldo selama berlangsungnya Piala Eropa kali ini.

Ronaldo menjadi sorotan karena sikapnya yang arogan selama penyisihan grup Euro kali ini. Ia bahkan tidak ramah saat melempar mic reporter ke danau menjelang laga melawan Kroasia. 

Namun, Ancelotti yang menangani Ronaldo selama dua musim di Madrid menyampaikan pendapat yang berbeda dalam kolomnya di Daily Telegraph.

"Anda melihat Cristiano Ronaldo yang berbeda saat anda menanganinya di dalam tim," tulis Ancelotti seperti dilansir dari laman ESPNFC.

"Seluruh dunia terobsesi dengan citranya, atau caranya merayakan gol, atau bagaimana ia bereaksi saat keadaan berjalan tak sesuai rencana," ujar Ancelotti.

Menurut manajer baru Bayern Munich itu, ia melihat Ronaldo sebagai pria yang ingin melakukan yang terbaik. Setelah bersama selama dua musim, Ancelotti melihat Ronaldo sebagi pemain yang peduli pada timnya.

"Ia suka bersama rekan-rekan setimnya setelah pertandingan dan membicarakan apa yang telah terjadi, apa yang berlangsung dengan baik atau yang berjalan tak sesuai rencana," kata Ancelotti.(ray/jpnn)

 


[Link to media]
Tambak tak Produktif, Diubah Jadi Lahan Wisata-JPNN.com

BALIKPAPAN - Banyak pelaku usaha tambak di Teritip, Balikpapan melepas lahan mereka kepada investor. Pasalnya, banyak tambak yang sudah tidak produktif lagi.

Nantinya, tambak yang luasnya puluhan hektare ditangani pengusaha properti perumahan PT Karingau Mega Borneo Bisri Mustofa. Tambak akan dijadikan areal Kaltim Park.

“Sejauh ini kami terus mengurus proses administrasi izin pendukungnya baik melalui BPMP2T Kota Balikpapan,” terang Bisri di laman Balikpapan Pos, Minggu (26/6).

Bisri berharap, Pemerintah Kota Balikpapan melalui BPMP2T Kota Balikpapan dapat mempercepat proses perizinannya. “Dengan adanya sarana Kaltim Park di Balikpapan Timur banyak menyerap tenaga kerja warga lokal di Timur,” tegasnya.

Kaltim Park dinilai dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bahkan investor pengembang Kaltim Park didatangkan langsung dari luar negeri.

“Apalagi kawasan Kaltim Park merupakan lahan eks tambak yang tidak produktif. Daripada lahan menganggur lebih baik dialih fungsikan menjadi sarana wisata,” tegas Bisri. (aji/ono/jos/jpnn)


[Link to media]
Kalahkan Slovakia, Jerman: Biarkan Orang Lain Menilai-JPNN.com

LILLE - Timnas Jerman menunjukkan superioritasnya pada Euro 2016 setelah menggasak Slovakia tiga gol tanpa balas pada babak 16-besar (26/6). Bintang kemenangan Der Panzer, Julian Draxler memilih enggan jemawa dan meminta orang lain dalam menilai performanya.

Draxler yang absen pada laga sebelumnya, sukses mencetak gol pamungkas sekaligus sumbangan assist untuk Jerman. Pemain berusia 22 tahun itu juga mengungkapkan faktor penentu di balik penampilan impresifnya.

"Saya senang bisa tampil apik dan memberikan kontribusi bagi tim. Sulit untuk menyebut laga tadi adalah yang terbaik atau kedua teratas bagi saya bersama timnas Jerman. Biarkan orang lain yang menilai," bilang Draxler pascalaga.

Menurutnya, Jerman diisi para pemain dengan kualitas hampir setara di setiap lini. Draxler mengaku sosok pelatih Joachim Loew berperan besar dalam perkembangan performanya.

"Dalam sesi dengan pelatih, dia meminta saya untuk berduel satu lawan satu. Dia memberikan kepercayaan diri dan membuat saya merasa seperti pemain bagus," pungkasnya.

Kemenangan 3-0 Jerman jadi modal berharga di Euro 2016 ini. Pasalnya di perempat final, calon lawan Der Panzer bukanlah tim sembarangan, antara Spanyol atau Italia. (feb/JPNN)


[Link to media]
Abdul Kadir Meninggal Misterius di Lapas-JPNN.com

BANJARMASIN – Tahanan bernama Abdul Kadir meninggal di Lembaga Pemasyarakatan Teluk Dalam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (25/6) kemarin.

Dia meninggal secara mendadak.  Belum diketahui penyebab Abdul meninggal. Kadiv Pas Kemenkum Ham Harun membenarkan bahwa ada tahanan yang meninggal.

“Satu orang tahanan PN Banjarmasin atas nama Abdul Kadir SH alias Kadir warga Jalan Pembangunan RT 4 Rantau Kiwa, Tapin Utara, Kabupaten Tapin,” ujarnya pada Radar Banjarmasin, Minggu (26/6).

Menurut Harun, untuk mengetahui penyebab meninggalnya tahanan harus dilakukan autopsi. Tapi, menurut dokter, Abdul diduga meninggal saat dibawa dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Kadir merupakan pemakai narkoba yang cukup lama dan pernah menjalani rehabilitasi. Pengalaman selama ini, biasanya pengguna narkoba sampai meninggal di dalam penjara, biasanya karena sakit jantung koroner atau stroke.

“Karena menurut Harun, dari pemeriksaan sementara tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan terhadap almarhum,”  katanya. (gmp/ema/jos/jpnn)


[Link to media]
Meski di-Bully, Pemain Berdarah Batak jadi Starter Belgia Lawan Hungaria-JPNN.com

TOULOUSE - Salah satu kandidat juara Euro 2016, Belgia bakal melakoni laga 16 Besar-nya di Stadium de Toulouse, Toulouse, Senin (27/6), mulai pukul 02.00 WIB.

Sebagai runner up Grup E, pasukan racikan Marc Wilmots ini akan ditantang tim penuh kejutan, juara Grup F, Hungaria.

Romelu Lukaku masih menjadi andalan Wilmots di lini depan. Bomber Everton itu akan ditemani Eden Hazard dan Dries Mertens. Sementara di lini tengah, meski diserang netizen gara-gara pamer bungkus rokok dalam sebuah video, Radja Nainggolan tetap menjadi andalan. 

Pemain berdarah Batak itu akan mengisi pos dua gelandang bertahan bersama Axel Witsel.

Sedangkan Hungaria tak melakukan perubahan skuat terbaiknya. Kiper gaek Gabor Kiraly masih dipasang, juga Balazs Dzsudzsak yang sudah membukukan dua gol. (adk/jpnn)

Starting XI Hungaria vs Belgia

Hungaria: Kiraly; Lang, Juhasz, Guzmics, Kadar; Gera, Nagy; Lovrencsics, Kleinheisler, Dzsudzsak; Szalai

Belgia: Courtois, Meunier, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan, De Bruyne; Mertens, Hazard, Lukaku 


[Link to media]
Waduh, Tunggakan Raskin Masih Banyak Banget-JPNN.com

TANJUNG SELOR – Jumlah tunggakan pembayaran beras miskin (raskin) atau beras sejahtera  (rastra) di Provinsi Kaltara ternyata cukup besar. Pada semester I tahun 2016, tunggakan mencapai Rp 1,7 miliar.

Jumlah tunggakan itu adalah akumulasi yang terjadi dari seluruh kabupaten/kota di Kaltara selama ini. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Biro Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara Hasan Basri.

Menurutnya, tunggakan itu berdampak pada sejumlah rumah tangga sasaran (RTS) atau titik distribusi alami dalam realisasi raskin atau rasta tersebut. Karena itu, pihaknya juga telah berkoordinasi ke Perum Bulog Kaltara untuk bersama-sama mengatasi tunggakan tersebut.

“Paling tidak harga tebus raskin (HTR) ini tak lagi mengalami masalah di lapangan,” kata Hasan di laman Radar Tarakan, Minggu (26/6).

Ia berpendapat, di Provinsi Kaltara hanya Kabupaten Bulungan yang memiliki kebijakan untuk melakukan subsidi raskin tersebut sehingga tidak pernah mengalami hambatan atau tunggakan.

“Sedangkan daerah lain kecuali Kabupaten Malinau, HTR ini masih dibebankan ke pemerintah setempat. Jadi daerah tak laksanakan program subsidi HTR itu, dan belum bisa menerapkan penyaluran subsidi ke titik distribusi dan titik pembagiannya,” jelas dia. (san/asa/jos/jpnn)


[Link to media]
Hari Baik Prancis dan Daftar Rekor Vs Rep. Irlandia-JPNN.com

LYON - Minggu ternyata jadi hari baik untuk timnas Prancis. Tak hanya itu, beragam rekor tercipta pascalaga Les Bleus kontra Rep. Irlandia pada 16-besar Euro 2016 di Stade de Lyon (26/6).

Selain secara tim, rekor juga ditorehkan pahlawan tim, Antoine Griezmann. Pemain asal klub Atletico Madrid itu mencetak dua gol kemenangan 2-1 Prancis.

Kendati demikian, bukan berarti The Boys In Green -julukan Rep. Irlandia tak memberikan kesan manis. Berikut daftar rekor pada laga Prancis versus Rep. Irlandia seperti dilansir Opta dan sumber lainnya. (feb/JPNN)

  • Prancis berhasil tak terkalahkan dalam 7 laga Euro yang dimainkan pada hari Minggu.
  • Les Bleus sukses comeback dari ketinggalan di Euro untuk pertama kali sejak 2004 saat melawan Inggris.
  • Prancis mengamankan kemenangan perdana di fase knock-out Euro sejak menang atas Italia pada final Euro 2000.
  • 11 gol terakhir Prancis di laga kompetitif lahir pada babak kedua. Termasuk dua gol melawan Rep. Irlandia.
  • Griezmann menjadi pemain pertama Prancis yang mencetak tiga gol dalam satu putaran final Euro sejak Zinedine Zidane pada 2004.
  • Griezmann mencetak dua gol sundulan di Euro 2016, terbanyak di antara pemain lain.
  • 225 detik adalah jarak antara gol pertama dengan gol kedua Griezmann.
  • Prancis kebobolan penalti tercepat di Euro sejak 1980 (2 detik).
  • Penalti Robbie Brady pada 1 menit dan 58 detik adalah rekor tercepat dalam sejarah Euro.
  • Prancis tak terkalahkan dalam 16 laga di turnamen akbar yang dimainkan di rumah sendiri. Menang 14 dan seri 2 kali.
  • Shane Duffy adalah penggawa pertama Rep. Irlandia yang dikartu merah  di turnamen akbar sejak Keith Andrews saat melawan Italia pada Euro 2012.
  • Robbie Brady menjadi pemain pertama Rep. Irlandia yang mencetak gol dalam dua laga beruntun di putaran final Euro.
  • Brady juga merupakan pemain pertama Rep. Irlandia yang mencetak lebih dari satu gol pada turnamen mayor sejak Robbie Keane pada Piala Dunia 2002.

[Link to media]
Usai Ambil THR, Mandor Terlindas Pikap-JPNN.com

PALANGKA RAYA – Toha terpaksa harus dilarikan ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Pasalnya, mandor di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT BGA itu mengalami luka parah setelah kaki kanannya terlindas ban mobil, Minggu (26/5).

Peristiwa itu terjadi saat Toha bersama istri dan anaknya yang mengendarai sepeda motor dari Desa Pundu. Keduanya usai mengirimkan uang THR yang diperoleh dari perusahaan tempat Toha bekerja.

“Motor kami diserempet mobil pembawa air minum kemasan galon,” kata sang istri saat berada di RSUD Doris Sylvanus, Minggu (26/6).

Sedangkan mobil yang terlibat kecelakaan dengan Toha awalnya tidak ada iktikad baik untuk menolong korban. Namun, karena desakan dari beberapa warga yang menyaksikan, sopir mobil itu akhirnya mengalah.

Dia akhirnya menurunkan galon air minum untuk mengangkut korban menuju klinik terdekat guna mendapatkan pertolongan. (nue/nto/jos/jpnn)


[Link to media]
Reaksi Keras Sriwijaya FC terhadap Ancaman Menpora-JPNN.com

PALEMBANG – Kerusuhan saat laga Sriwijaya FC kontra Persija Jakarta di SUGBK, JUmat (24/6) malam, memantik reaksi keras Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. 

Menteri asal PKB itu mengancam akan menghentikan Kompetisi Indonesia Soccer Chamionship (ISC)

Manajemen Sriwijaya FC bereaksi atas ancaman dihentikannya ISC yang sudah berjalan 8 laga itu.

Bagi klub berjuluk Laskar Wong Kito, alasan Menpora mengancam mencabut kompetisi yang sudah berjalan cukup tidak etis.

"Seharusnya, bagaimana memikirkan cara untuk menghentikan suporter yang selalu membuat rusuh, bukan kompetisinya yang di hentikan," terang asisten Manajer Sriwijaya FC Muchendi Marzahrehki, kemarin (26/6).

Pilihan untuk langsung mencabut, jalannya kompetisi yang sudah berjalan jelas pilihan yang kurang tepat. Mengingat kerusuhan yang terjadi dipertandingan Sriwijaya FC kontra Persija Jakarta (24/6) lalu, hanya dilakukan segelintir oknum suporter.

"Kerusuhan juga bukan dilakukan oleh seluruh suporter klub, tetapi hanya beberapa oknum saja. Kita melihat, masih ada banyak klub dan suporter yang sehat ingin berkompetisi ditanah air," ujarnya.

"Kita semua tahu, dan cukup hafal dengan para suporter yang membuat onar, itu yang harus diantisipasi kedepan. Bisa dengan cara meningkatkan pengamanan atau partai usiran, antisipasi ini bisa dibilang lebih baik," tambahnya.

Jika langsung memberi sanksi mencabut kompetisi, sambung Muchendi, justru akan lebih banyak kerugian yang akan diterima seluruh klub. Bukan hanya dari segi material klub, tetapi juga pisikologis pemain itu sendiri.

"Karena itu kita berharap kompetisi tidak dihentikan, karena sepakbola Indonesia sudah mulai bangkit. Dan ini hiburan masyarakat banyak. Ada banyak pemain yang mengggantungkan hidupnya dari sepakbola itu sendiri," tukasnya. (cj11/ion/sam/jpnn)


[Link to media]
Lumat Slovakia 3 Gol Tanpa Balas, Jerman ke Perempat Final-JPNN.com

LILLE - Timnas Jerman melaju mulus ke perempat final Euro 2016. Pada laga 16-besar di Stade Pierre Mauroy, Minggu (26/6) malam WIB, Der Panzer tampil perkasa dengan melumat Slovakia tiga gol tanpa balas!

Menekan sejak awal, Jerman sudah unggul pada menit kedelapan. Tembakan keras Boateng hasil sepak pojok Toni Kroos gagal diadang kiper Slovakia, Matus Kozakic.

Der Panzer nyaris menambah keunggulannya menit ke-14. Pelanggaran Martin Skrtel terhadap Gomez membuat wasit menunjuk titik putih.

Akan tetapi, Kozakic kali ini tampil brilian dengan menyelamatkan gawangnya dari sepakan penalti Mesut Oezil. Sayangnya Slovakia belum bisa lepas dari tekanan Der Panzer.

Beberapa kali usaha Kroos, Oezil, dan Julian Draxler mengancam barisan pertahanan Slovakia. Wakil grup B itu baru mendapat peluang menit ke-41 lewat aksi Juraj Kucka yang masih bisa diantisipasi Manuel Neuer.

Jerman akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 jelang bubaran lewat gol Gomez. Umpan silang mendatar Draxler dikonversi menjadi gol lewat sontekan, tepatnya menit ke-43.

Pada awal paruh kedua, Slovakia mencoba memperkecil ketertinggalan. Namun, dua peluang Kucka dan Marek Hamsik belum membahayakan gawang yang dijaga Neuer.

Malah Jerman yang semakin menjauh. Menit ke-63, Draxler mencetak gol ketiga Der Panzer pada laga ini lewat tendangan voli indah yang berawal dari sepak pojok. Jerman unggul 3-0.

Dua pencetak gol, Boateng dan Draxler akhirnya ditarik keluar untuk memberikan kesempatan pada Benedikt Hoewedes dan Lukas Podolski menit ke-72. Terbukti penguasaan bola tetap jadi milik Der Panzer.

Slovakia bukannya tanpa usaha. Menurunkan pemain semisal Kornel Salata dan Stanislav Sestak, anak asuh Jan Kozak ini tetap harus menelan pil pahit.

Hingga akhir pertandingan, Oezil dkk mempertahankan keunggulan 3-0 sekaligus mengantar Slovakia angkat koper. Di perempat final, Jerman menunggu pemenang antara Italia versus Spanyol. (feb/JPNN)

SUSUNAN PEMAIN JERMAN vs SLOVAKIA
Jerman (4-2-3-1): 1-Neuer; 21-Kimmich, 17-Boateng (4-Hoewedes 72'), 5-Hummels, 3-Hector; 6-Khedira (7-Schweinsteiger 76'), 18-Kroos; 8-Oezil, 13-Mueller, 11-Draxler (10-Podolski 72'); 23-Gomez.
Pelatih: Joachim Loew

Slovakia (4-3-3): 23-Kozacik; 2-Pekarik, 3-Skrtel, 4-Durica, 5-Gyoember (16-Salata 84'); 13-Hrosovsky, 14-Skriniar, 17-Hamsik; 19-Kucka, 21-Duris (9-Sestak 64'), 7-Weiss (6-Gregus 46').
Pelatih: Jan Kozak


[Link to media]
Harus Atur Calon Berkualitas tak Terjegal Biaya Tinggi-JPNN.com

BANDUNG – Pemilu untuk memilih presiden dan pemilihan anggota legislative (pileg) pada 2019 mendatang yang dilakukan secara bersamaan, diharapkan dapat mengatasi kejenuhan masyarakat melakukan pencoblosan. Harapannya, pilpres dan pileg berbarengan dapat mendorong peningkatan jumlah pemilih.

Pengamat Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Muhammad Iqbal mengatakan, pilpres dan pileg serentak selain bisa menghemat biaya, diyakini juga bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

"Menggerus kejenuhan pemilih perlu diikuti dengan edukasi politik yang terus menerus guna meningkatkan kesadaran politik di masyarakat," katanya saat menggelar Diskusi Kebangsaan yang digelar HIMA Elektro di Kampus UPI Bandung, akhir pekan lalu.

Iqbal mengungkapkan, UU Pemilu diharapkan tak hanya sebatas mengatur hal teknis penyelenaggaraan pemilu. Namun, harus juga mengatur bagaimana pendidikan politik serta peningkatan kualitas calon legislatif dilakukan partai politik peserta pemilu.

"Jadi, sasaranya bukan hanya menghemat anggaran dan efektivitas waktu tapi juga meningkatkan kualitas caleg," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Anggota Komisi V DPRD Jabar Youmanis Untung. Dia berharap, Revisi UU Pemilu, yang nantinya disimplifikasi menjadi satu yakni UU Penyelenggaraan Pemilu, jangan hanya berkutat pada masalah teknis saja.

Namun yang terpenting ke depan tahapan dan mekanisme pemilu memungkinkan agar calon terbaik bisa muncul tanpa terjegal faktor non teknis.

"Biaya pemilu selama ini sangat besar, juga bagi para calon. Sehingga banyak potensi pemimpin yang berkualitas tidak bisa muncul karena terjegal biaya tinggi," jelas Untung.

Menurutnya, dengan kondisi tersebut maka para pemilik uang saja yang bisa menembus tahapan pemilu. Sedangkan potensi pemimpin potensial tidak bisa muncul karena untuk menjadi anggota legislatf harus memiliki modal yang besar.

"Banyak orang berpotensi karena tidak punya uang hanya bisa jadi tim sukses saja," tegas Untung.

Presiden Mahasiswa Telkom University (Tel-U) Aidil A Pananrang juga mendukung simplifikasi UU Penyelenggaraan Pemilu, sebagai payung hukum pilpres dan pileg dilakukan bersamaan.

"kan banyak keuntungannya, lebih hemat biaya dan efektif. Dan harus terus dikawal dan dibarengi edukasi politik masyarakat sehingga pemilu di Indonesia bisa lebih baik lagi," pungkasnya. 

Diketahui, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri  (Ditjen Polpum Kemendagri) mulai menyiapkan draf simplifikasi RUU penyelenggaraan pemilu.

Simplifikasi ini merupakan penyederhaaan tiga undang-undang, yakni UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, UU tentang Penyelenggara Pemilu, dan UU tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Anggota Tim Perumus draf simplifikasi RUU penyelenggaraan pemilu, Djohermansyah Djohan menjelaskan, penyatuan tiga UU dimaksud berdasar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan agar penyelenggaraan pilpres dilakukan bersamaan dengan pileg. Karenanya, aturan penyelenggaraan pemilu dijadikan satu.

“Aturannya disatukan saja, karena itu pemerintah menyiapkan draf simplifikasi RUU penyelenggaraan pemilu,” terang Djohermansyah. (dn/sam/jpnn)


[Link to media]
Duh...Hanya Sedikit yang Daftar ke PPP-JPNN.com

BANDARLAMPUNG -  DPW PPP Lampung sudah menutup masa pendaftaran penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Balon Wakil Bupati untuk pilkada serentak pada 2017 mendatang. 

Ketua Tim Pilkada PPP Lampung P Azazie STGD menyebut beberapa nama yang sudah mendaftar antara lain untuk Lampung Barat yakni Edy Pai, untuk Pringsewu adalah Ririn Koswantari.

Sementara untuk Tulang Bawang petahana Hanan A Rozak dan untuk Tulangbawang Barat, Umar Ahmad. 

”Ya enggak masalah pendaftarnya sedikit. Karena kita ini kan rata-rata koalisi,” ujarnya ketika dihubungi kemarin.

Sedang untuk Kabupaten Mesuji tidak dilakukan penjaringan bakal calon kada karena di sana PPP tidak memiliki kursi di legislatif. ”Setelah ini akan kita koordinasikan dulu ke DPP,” kata dia. 

Sementara untuk Pringsewu, sudah ada kesepakatan koalisi  dengan Golkar untuk mengusung kader partai beringin, Ririn Kuswantari. Demikian juga untuk Lampung Barat, telah ada kesepakatan koalisi PPP-Golkar-Nasdem dan Gerindra mengusung Edy Irawan Arif dan kader PPP Ulul Azmi Soltiansa.

”Untuk Ririn sendiri wakilnya ya kita kuasakan akan mencari sendiri. Karena kita memang koalisi kan,” kata dia. 

Tahap selanjutnya, Wakil Ketua Umum DPD Petir Lampung ini mengatakan, akan dilakukan fit and proper test yang dilakukan di DPP PPP. (abd/sam/jpnn)


[Link to media]
Griezmann Ungkap Pidato Ruang Ganti Kunci Kemenangan Prancis-JPNN.com

LYON - Bintang kemenangan 2-1 Prancis atas Rep. Irlandia, Antoine Griezmann mengungkapkan kunci kemenangan timnya. Tertinggal pada babak pertama 16-besar Euro 2016 di Stade de Lyon (26/6), suasana ruang ganti membuat Les Bleus bangkit di interval selanjutnya.

Menurut Griezmann, pelatih Didier Deschamps memberikan pidato yang menggugah semangat rekan setimnya. Alhasil, Les Bleus sukses membalikkan kedudukan dan melaju ke perempat final.

"Kami tak bermain baik pada babak pertama dan pelatih serta pemain berbicara banyak hal di ruang ganti. Kami bermain untuk Prancis dan harus memberikan segalanya karena ada fans yang selalu berada di belakang tim," ungkap Griezmann pascalaga.

Di sisi lain, Griezmann menyatakan laga alot seakan jadi hal lumrah baginya musim ini. Dia mengaku telah banyak menjalani pertandingan yang menegangkan hingga akhir bersama klubnya, Atletico Madrid.

"Saya bermain untuk pelatih dan tim. Dimanapun saya ditempatkan baik kiri, kanan, atau di kotak penalti, saya akan memberikan segalanya. Namun bermain lebih ke depan membuat segalanya lebih mudah," tutup Griezmann. (feb/JPNN)


[Link to media]
Hari Pertama PSB Online, Jaringan Lelet Pendaftar Menumpuk-JPNN.com

PADANG – Masalah teknis muncul di pertama Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online di SMP, SMA dan SMK Negeri di Padang.

Pendaftar mengeluhkan leletnya jaringan untuk meng-entry data dan sedikitnya loket pendaftaran. Pihak sekolah diduga tidak menjalankan instruksi yang telah diberikan Dinas Pendidikan, karena sebelumnya sudah diminta untuk mengantisipasi hal-hal seperti di atas. 

Yarni, 45, orangtua siswa mengeluhkan sedikitnya loket pendaftaran. Menurut dia, seharusnya panitia menambah beberapa loket pendaftaran sehingga pendaftar tidak menumpuk. 

Sementara itu, di SMPN 18 Padang  yang berlokasi di Balaibaru, pendaftar membeludak. Sejumlah loket terlihat ramai orangtua calon siswa yang mengantarkan anaknya mendaftar. 

Namun  komputer yang digunakan untuk meng-entry dan mencetak data loading-nya lambat sehingga orangtua dan calon peserta didik menumpuk di loket pengambilan hasil pendaftaran PSB Online.

Kepala SMPN 18 Nazir mengakui proses memasukkan data sangat lambat. Hal itu terjadi karena jaringan yang lelet sehingga pendaftar menumpuk.

”Lama menunggu akhirnya orangtua beserta anaknya banyak yang menumpuk di loket pengambilan hasil pendaftaran PSB Online,” katanya.

Dia menambahkan, daya tampung untuk SMPN 18 ada 6 kelas, masing-masing kelas berjumlah 36 orang dengan total semuanya 216 orang. 

”Ada beberapa siswa yang tinggal kelas, itu akan kita kurangi nanti. Selain itu ada  yang masuk melalui jalur inklusi dan jalur prestasi sehingga siswa yang diterima melalui online sekitar 204 orang,” jelasnya.

Kepala UPT P2 Dapodik dan TI Dinas Pendidikan Kota Padang, Syuhadi mengatakan, saat monitoring pelaksanaan PSB Online pada hari pertama di sejumlah sekolah, ada beberapa masalah yang ditemukan. 

Pertama, tidak maksimalnya loket yang tersedia untuk pendaftaran calon peserta didik sehingga calon peserta didik menumpuk di satu loket saja. 

Menurutnya, hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman kepala sekolah, padahal telah disosialisasikan sebelumnya melalui panitia PSB.

”Jika loket untuk pendaftaran kurang, maka jumlah loketnya ditambah agar calon peserta didik tidak menumpuk. Sebaiknya dibedakan loket untuk laki-laki dan untuk perempuan, sehingga pelayanan dapat dilakukan semaksimal mungkin dan calon peserta didik tidak terlalu banyak menumpuk pada satu loket,” jelasnya.

Kedua, komputer dan printer loadingnya lama. Padahal sudah diimbau memanfaatkan peralatan yang dalam kondisi baik, sehingga dalam antrean bekerja maksimal dan tidak lelet.

”Komputer yang loading-nya lama atau lelet, harus diantisipasi oleh pihak sekolah dengan cara mengganti dengan komputer yang lain atau menginstal dengan komputer yang lain. Kemudian, jaringannya harus dicek, operasi sistem harus diinstal ulang,” katanya.

Dia menambahkan, sampai pukul 13.45 kemarin, pendaftar yang terbanyak yaitu untuk  SMA yaitu SMA 13 Padang dengan jumlah pendaftar 213 orang. Sedangkan untuk SMP yang terbanyak pendaftarnya yaitu SMP 20 Padang, berjumlah 266 orang dan untuk SMK yaitu SMK 6 yakni 246 orang.

Sementara, Pada hari pertama PSB Online SMAN 3 Padang dibuat pusing oleh ulah hacker (peretas, red). Pasalnya, web SMAN 3 Padang diretas, sehingga siswa yang akan mendaftar butuh informasi tentang sekolah tidak dapat melihat profil sekolah tersebut.

Kepala SMAN 3 Padang, Ramadhan Syah menuturkan,  web SMAN 3 diretas dari hari Jumat (24/6). 

“Web sekolah tidak bisa dibuka lagi, sementara kita butuh informasi-informasi seperti dari pusat perlu informasi tentang SMAN 3, karena SMAN 3 baru saja menandatangani MoU dengan Dirjen pembinaan SMA di Jakarta sebagai sekolah rujukan, sementara web tidak bisa dibuka lagi. Tapi sudah dilakukan upaya untuk memulihkan seperti biasa,” katanya.

Konten yang ada di dalam web yaitu tentang profil sekolah. Segala hal terkait dengan prestasi dan data-data siswa baru yang masuk melalui mandiri.

”Untuk data siswa online tidak ada di dalam web tetapi berada pada web Dinas Pendidikan kota Padang,” imbuhnya. (w/sam/jpnn)


[Link to media]
Dana Pengawasan Dicicil, Bawaslu Teriak-JPNN.com

TERNATE – Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara dan Panwas setempat, telah meneken Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran pengawasan pilkada sebesar Rp 4,5 miliar, Jumat (24/6).

Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Malut masih mempersoalkan anggaran tersebut.

Pasalnya, anggaran Rp 4,5 miliar tersebut diberikan Pemkab Halteng tidak diberikan sekaligus, melainkan secara cicil dalam tiga tahap. Menurut Bawaslu, selain melemahkan proses pengawasan, juga mengganggu tahapan pilkada.

“Karena dari sisi pertanggungjawaban, Panwas harus melakukan tiga kali pertanggungjawaban kepada Pemkab dan Bawaslu,” kata Sekretaris Bawaslu Irwan M. Saleh, Minggu (26/6).

Yang lebih mencemaskan lagi, pencairan tahap tiga di APBD Induk 2017, yang menuruttnya tidak masuk akal. “Yang krusial adalah pencairan tahap tiga, mana mungkin itu bisa terjadi kalau pilkada tahun depan dijadwalkan pada Februari 2017,” tandasnya.

Karena itu, ia meminta Pemkab dan Panwas untuk mengkaji ulang pencairan anggaran tersebut. “Pemkab dalam hal ini harus mau menerima usulan Panwas. Kita (Bawaslu,red) menginginkan anggaran tersebut dicairkan tahun ini,” ujarnya.

Sebab, lanjut dia, jika permintaan tersebut tidak diindahkan maka proses tahapan Pilkada Halteng akan dibawa ke rapat evaluasi tingkat tinggi. 

“Yang di dalamnya ada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Bawaslu RI dan Bawaslu provinsi. Bukan tidak mungkin tahapan atau Pilkada Halteng bisa ditunda,” katanya.(cr-06/jfr/sam/jpnn)


[Link to media]
Ini Kenapa Sandiaga Pilihan Paling Pas untuk Gerindra-JPNN.com

JAKARTA - Partai Gerindra dalam waktu tak terlalu lama lagi akan mengumumkan calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Partai pimpinan Prabowo Subianto itu punya tiga pilihan kandidat hasil penjaringan calon, yakni Sandiaga Uno, Sjafrie Sjamsoedin dan Yusril Ihza Mahendra.

"Habis lebaran mungkin. Mudah-mudahan sebelum bulan Agustus sudah keluar," ujar Ketua Tim Penjaringan‎ Bakal Calon Gubernur (Balongub) DPD Gerindra DKI Syarif, Minggu (26/6).

Menurut Syarif, keputusan mengenai calon gubernur sepenuhnya berada di tangan DPP Gerindra. Namun dipastikan keputusan tersebut tidak akan menyimpang dari hasil penjaringan yang telah dilakukan pihak DPD Gerindra DKI.

Dari tiga kandidat hasil penjaringan, Syarif menilai Sandiaga Uno memiliki peluang paling besar untuk menang. Pasalnya, wakil ketua dewan pembina Partai Gerindra itu adalah kandidat yang paling aktif menyapa dan menyerap warga Jakarta hingga ke pelosok-pelosok pemukiman padat.

"Sejauh ini melihat upayanya‎, saya rasa Sandiaga yang akan ditetapkan partai untuk maju di Pilkada nanti. Karena, dia memang pantas diberi kesempatan untuk maju. ‎Calon yang lain gak terlalu kelihatan aktifnya ya. Saya lihat hanya Sandiaga yang aktif ke masyarakat," terang sekretaris Komisi A DPRD DKI ini.

Syarif pribadi mengaku kagum dengan kerja keras Sandiaga dalam melakukan sosialisasi. Menurutnya, hal tersebut pasti akan jadi pertimbangan DPP Gerindra dalam menentukan calon gubernur nanti.

"Dia (Sandiaga) sempat cerita sama saya mengenai berbagai kegiatan sosialisasinya. Bahkan, dia berniat untuk semakin gencar dalam mensosialisasikan diri. Dari target awal 180 titik wilayah di Jakarta, menjadi 267‎ titik. Bagaimanapun dari upaya tersebut jadi pertimbangan dan penilaian partai kan," ujar Syarif. (dil/jpnn)


[Link to media]
Gol Menit Awal dan Akhir Babak Pertama, Jerman 2-0 Slovakia-JPNN.com

LILLE - Timnas Jerman unggul 2-0 atas Slovakia pada babak pertama laga 16-besar Euro 2016 di Stade Pierre Mauroy, Minggu (26/6) malam WIB. Dua gol masing-masing dari Jerome Boateng dan Mario Gomez buat Der Panzer di atas angin.

Menekan sejak awal, Jerman sudah unggul pada menit kedelapan. Tembakan keras Boateng hasil sepak pojok Toni Kroos gagal diadang kiper Slovakia, Matus Kozakic.

Der Panzer nyaris menambah keunggulannya menit ke-14. Pelanggaran Martin Skrtel terhadap Gomez membuat wasit menunjuk titik putih.

Akan tetapi, Kozakic kali ini tampil brilian dengan menyelamatkan gawangnya dari sepakan penalti Mesut Oezil. Sayangnya Slovakia belum bisa lepas dari tekanan Der Panzer.

Beberapa kali usaha Kroos, Oezil, dan Julian Draxler mengancam barisan pertahanan Slovakia. Wakil grup B itu baru mendapat peluang menit ke-41 lewat aksi Juraj Kucka yang masih bisa diantisipasi Manuel Neuer.

Jerman akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 jelang bubaran lewat gol Gomez. Umpan silang mendatar Draxler dikonversi menjadi gol lewat sontekan, tepatnya menit ke-43. (feb/JPNN)


[Link to media]
Kasihan, Warga di Daerah Ini Tak Nikmati BBM Bersubsidi-JPNN.com

TANJUNG SELOR – Bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih sebatas mimpi bagi warga Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.  

Hingga kini, warga yang berada di wilayah berbatasan dengan Sarawak, Malaysia, itu sudah terbiasa dengan harga premium yang mahal. Premium paling murah mencapai Rp 15 ribu per liter.

“Bahkan kami pernah beli Rp 35 ribu (per liter),” ujar Robert Andrias sebagaimana dilansir laman Bulungan Post (JPNN Group), Sabtu (25/6) kemarin.

Mahalnya harga di daerah tersebut karena warga setempat harus menempuh perjalanan yang jauh untuk membeli BBM. Yaitu ke Long Bagun, Kabupaten Mahakam Hulu, Kalimantan Timur yang jaraknya sekitar 310 kilometer.

Itu pun warga Long Nawang harus merogoh kocek yang dalam. Untuk satu drum premium dengan kapasitas 200 liter, misalnya, ditebus dengan harga paling murah Rp 3 juta.

Alternatif lain, warga membeli BBM di wilayah Malaysia yang jarak tempuhnya hanya sekitar 20 kilometer dari Long Nawang. Tapi, harganya pun mahal. Satu drum isi 200 liter dihargai RM 900 atau Rp 3.150.000 (kurs RM 1 = Rp 3.500). (fen/jos/jpnn)


[Link to media]
Hebat! BNN Ungkap 1015 Kasus Narkoba-JPNN.com

JAKARTA -- Badan Narkotika Nasional (BNN) sejak Januari 2015 hingga Juni 2016 berhasil mengungkap 1015 kasus dari 72 jaringan sindikat narkoba. BNN juga mengamankan 1681 tersangka. 

"Baik yang ditangani BNN pusat maupun BNN provinsi," kata Kepala BNN Komisaris Jenderal Budi Waseso saat peringatan Hari Antinarkotika Indonesia 2016 di Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (26/6). 

Sebanyak 2,8 ton sabu, 707.864 butir ekstasi, 41, ton ganja dan 69 hektar lahan ganja disita BNN. Tak cuma itu, BNN juga berhasil merampas Rp 142.058.158.337 aset yang berasal dari pencuian uang perkara narkotika milik para bandar. 

Peringatan HANI 2016 ini dihadiri Presiden Joko Widodo serta jajaran kementerian terkait. Jokowi menegaskan untuk perang melawan narkoba. Dia mengajak, semua elemen masyarakat sama-sama memerangi kejahatan luar biasa ini. 

"Semua elemen masyarakat harus ikut memerangi narkoba, baik lembaga hukum, LSM dan masyarakat," kata Jokowi dalam sambutannya di acara itu. 

HANI 2016 mengusung tema "Listen First : Listening to Children and Youth is The First Step to Help Them Grow Healthy and Safe" (Dengarkan Dulu: Mendengarkan Suara Hati Anak-anak dan Remaja adalah Langkah Awal untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat dan Aman). (boy/jpnn)

 

 


[Link to media]
YLKI: Mudik Gratis Harus Diatur!!-JPNN.com

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyoroti mudik gratis, yang diselenggarakan oleh beberapa perusahaan maupun instansi. Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi meminta agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur mudik gratis secara ketat.

Tujuannya agar tidak merugikan konsumen pemudik gratis. Sebab, selama ini mudik gratis kerap tidak dibarengi dengan fasilitas asuransi jiwa.

"Pemudik gratis harus diberikan asuransi. Jangan mentang-mentang gratis tidak diberikan asuransi. Sekadar contoh, mudik gratis oleh Jasa Rahardja pemudik diberikan asuransi bahkan berlaku sampai tiga hari. Pertanyaannya, apakah penyelenggara mudik gratis lain mengasuransikannya?," ujar Tulus.

Selain mengasuransikan penyelenggara mudik gratis, juga diwajibkan bertanggung jawab memberikan kompensasi dan ganti rugi. Jika diperjalanan terjadi sesuatu yang fatal bagi pemudik, lakalantas.

"Penyelenggara mudik gratis jangan hanya memberikan layanan mudik saat mudiknya saja, tetapi juga saat arus balik mustinya difasilitasi juga. Sebab faktanya banyak pemudik gratis yang saat arus balik justru terlantar, karena tidak mendapatkan akses angkutan umum," papar Tulus. (chi/jpnn)


[Link to media]
Nasib Inggris setelah Referendum Putuskan Berpisah dengan Uni Eropa-JPNN.com

LONDON - Kubu British Exit alias Brexit tak sabar untuk segera cabut dari Uni Eropa setelah memenangi referendum. Setelah UE mendesak Perdana Menteri (PM) David Cameron segera menetapkan tanggal ’’perceraian’’, Boris Johnson langsung bertindak.

Mantan wali kota London itu siap membentuk pemerintahan baru. Ketika mengumumkan pengunduran diri setelah hasil referendum tidak berpihak kepadanya, Cameron menyebut awal Oktober sebagai tanggal resmi dirinya meninggalkan Downing Street 10.

Sebagai ketua Partai Konservatif, dia perlu melakukan pertemuan internal dengan partainya untuk menunjuk pengganti. Proses pergantian ketua partai sekaligus kepala pemerintahan Inggris itu kira-kira membutuhkan waktu empat bulan.

Bagi Cameron, empat bulan adalah waktu yang singkat. Sebab, begitu banyak urusan yang harus diselesaikan sebelum Oktober. Di antaranya, pergolakan politik dan dampak perekonomian.

Agenda paling mendesak adalah merangkul Skotlandia yang sudah ancang-ancang hendak menggelar lagi referendum kemerdekaan. Itu disebabkan arti UE bagi Skotlandia jauh lebih penting daripada Inggris di sisi perekonomian.

Ancaman Skotlandia dan gonjang-ganjing perekonomian itu jelas membuat Cameron sibuk. Tapi, UE tidak mau tahu urusan tersebut. Organisasi terbesar Eropa itu mendesak pemimpin 49 tahun tersebut bisa berunding dengan UE secepatnya.

Tidak perlu menunggu sampai PM baru terpilih. Tidak perlu menunggu sampai Oktober. Sebab, ketidakpastian nasib UE pasca-Brexit tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

’’Saya tidak tahu mengapa pemerintah Inggris butuh waktu sampai Oktober untuk memutuskan tanggal ’perceraian’ dengan Brussel (UE),’’ kata Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dalam wawancara dengan media Jerman, ARD, Jumat malam (24/6) waktu setempat.

Dia menambahkan, ’’perceraian’’ Inggris dan UE bukanlah sebuah perpisahan baik-baik. Sebab, UE tidak menghendakinya. Kendati demikian, Juncker menuntut Inggris segera menyelesaikan urusannya dengan UE.

Caranya, segera menggelar pertemuan dengan UE dan menetapkan tanggal pasti ’’perceraian’’. Sesuai dengan aturan yang berlaku di blok 28 negara Eropa itu, Inggris punya waktu dua tahun untuk benar-benar meninggalkan UE.

Sebab, akan begitu banyak kesepakatan yang harus disesuaikan dengan status baru Inggris. ’’Lebih cepat lebih baik,’’ tutur Juncker.

Setelah Cameron bertemu dengan UE, kedua pihak akan bisa langsung melakukan penyesuaian dengan status baru mereka. Maka, segala hal yang berhubungan dengan kerja sama dagang, kerja sama pertahanan dan keamanan, serta hukum juga akan berubah.

Yang jelas, negara-negara UE tidak akan bisa sebebas dulu lagi keluar masuk Inggris. Demikian pula sebaliknya. Senada dengan US, Boris Johnson berharap bisa segera membentuk pemerintahan transisi yang disebut sebagai pemerintahan Brexit.

Kemarin (25/6) hal pertama yang dia lakukan adalah merangkul warga yang tidak ikut memberikan suara dalam referendum. Yang terpenting, menurut dia, adalah persatuan. Apa pun aspirasi mereka, kini faktanya Inggris menghendaki hengkang dari UE.

’’Bagi mereka yang khawatir dengan hasil referendum, saya ingin mengatakan bahwa Brexit tidak membuat Inggris terpecah-pecah atau menjadi tidak terlalu Eropa lagi,’’ papar mantan Wali Kota London tersebut.

Sebagai bagian dari Benua Biru, Johnson mengatakan bahwa Inggris tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari Eropa. Sampai kapan pun, menurut dia, Inggris bakal selalu menjadi bagian dari Eropa.

Tanpa ada yang mendaulatnya, Johnson menobatkan sendiri dirinya sebagai pemimpin pemerintahan Brexit. Dia mengaku siap memimpin Brexit Government. ’’Michael Gove akan menjadi menteri hukum dalam kabinet saya,’’ kata Johnson.

Para pengamat politik Inggris menganggap persekutuan Johnson dan Gove itu sebagai bentuk perlawanan terhadap Cameron. Sebab, sebelumnya, tiga politikus separtai itu selalu berteman baik. (AFP/Reuters/BBC/hep/c19/any)


[Link to media]
Masih Panas, The Jak Batalkan Semua Agenda-JPNN.com

JAKARTA- Kericuhan suporter dalam laga Persija Jakarta ‎kontra Sriwijaya FC di SUGBK, Jumat (24/6) malam lalu, membuat kegiatan The Jakmania hari ini batal.

Menurut Ketua Umum The Jakmania, Richard Ahmad Supriyanto, Minggu (26/6) sore nanti sejatinya ada acara buka bersama suporter fanatik Macan Kemayoran. 

Namun, imbas kejadian pada kericuhan suporter dalam laga ISC A tersebut, pihaknya memilih menunda acara buka bersama sampai batas waktu yang tak ditentukan.

"Iya batal bro.. tapi masih dimungkinkan digelar di lain hari, yang pasti tidak jadi hari ini," katanya, Minggu siang.

‎Richard menambahkan, alasan kondisi yang masih panas dan masih belum sepenuhnya tenang, membuatnya memilih mengambil langkah preventif.

"Situasinya masih belum kondusif, itu alasan pembatalan bukber nanti," tandasnya.

Sebelumnya, kericuhan terjadi saat laga masih berlangsung dan Persija tertinggal 0-1. Keributan yang awalnya di dalam Stadion, berlanjut di luar sampai akhirnya ada polisi yang menjadi korban dan kritis sampai saat ini. (dkk/jpnn)


[Link to media]
Jokowi: Hajar Mereka! Dorrr Mereka!-JPNN.com

JAKARTA—Presiden Joko Widodo tidak main-main memberantas narkoba di masa pemerintahannya. Dia meminta penegak hukum dan Badan Narkotika Nasional (BNN) semakin tegas menindak para pelaku. Terutama pengedar narkoba.

“Saya tegaskan sekali lagi pada seluruh kapolda, jajaran polda, polres, polsek semuanya. Kejar mereka! tangkap mereka! hajar mereka! hantam mereka! kalau uu memperbolehkan dor mereka,” tegas Jokowi, sapaan Presiden saat menghadiri peringatan hari Antinarkoba di lapangan parkir Jalan Cengkeh, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (26/6).

Jokowi kembali mengingatkan publik bahwa bahaya narkoba sudah memasuki tahap darurat di Indonesia.

Menurutnya, berdasarkan catatan 2015, angka prevalensi penggunaan narkoba mencapai 5,1 juta orang. Sementara itu, angka kematian akibat narkoba 40-50 orang per hari. Kebanyakan korbannya adalah generasi muda.

“Para pengedar narkoba terus bergerak dan menemukan cara cara baru untuk mengelabui kita mengelabui aparat hukum kita. Semua itu harus dihentikan. Harus dilawan,” pungkasnya. (flo/jpnn)


[Link to media]
Yang Mau Mudik Gratis Silakan Diklik, Ada 12 Info Nih-JPNN.com

JAKARTA - Bagi Anda yang tak ingin kelelahan saat pulang kampung, bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis. Beberapa perusahaan maupun instansi pemerintah mengadakan acara mudik gratis, sehingga Anda tak perlu repot membawa kendaraan sendiri.

Berikut informasi penyelenggara Mudik Gratis 2016:

1. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Jurusan: Surabaya, Blitar, Pati, Wonosari, Wonogiri. Lokasi pemberangkatan Ring Road Senayan Parkir Timur Senayan, pada 28 Juni 2016 Pukul 07.00 WIB. Armada bus sebanyak 105.

2. PT Jasa Raharja. Jurusan: Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung, pada 29 dan 30 Juni 2016. Lokasi pemberangkatan: Parkir Timur GBK Senayan. Jumlah armada sebanyak 435 bus.

3. PT Indofood. Jurusan: Garut, Tasikmalaya dan Bogor. Lokasi pemberangkatan PRJ Kemayoran, pada 30 Juni 2016. Jumlah armada 40 bus.

4. PT Astra Honda Motor. Jurusan: Yogyakarta dan Semarang. Lokasi pemberangkatan Gudang Bulog, pada 30 Juni 2016 pukul 11.00 WIB. Jumlah armada 54 bus dan 20 truk angkut SPM. Berangkat pada 1 Juli 2016 pukul 06.00 WIB, Lokasi pemberangkatan PT Astra Honda Motor, dengan rincian 24 Bus ke Yogyakarta dan 16 bus ke Semarang.

5. Kantor Perwakilan Jawa Tengah. Jurusan Jawa Tengah. Lokasi pemberangkatan TMII, pada 30 Juni 2016. Jumlah armada 398 bus.

6. PT Sido Muncul. Jurusan: Bandung, Bogor, Cibinong, Cikampek, Kuningan dan Tegal, berangkat pada 1 Juli 2016. Armada yang disiapkan 227 dan 180. Lokasi pemberangkatan Musium Purna Bhakti TMII.

7. PT Pertamina. Jurusan: Jawa Tengah, Jawa Timur dan Palembang. Lokasi pemberangkatan Parkir Utara Senayan, pada 1 Juli 2016 pukul 09.00 WIB. Armada yang disiapkan 75 bus.

8. PT Wahana Makmur Sejati. Jurusan: Solo Jateng. Lokasi pemberangkatan di Polda Metro Jaya, 1 Juli 2016, pukul 10.00 WIB. Armada 30 bus.

9. PT Bank Negara Indonesia (BNI). Jurusan: Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogya, Solo, Lampung, Malang, Lampung, Padang, Palembang. Lokasi pemberangkatan Parkir Timur Senayan, pada 1 Juli 2016. Armada yang disiapkan 80 bus.

10. PT Carrefour Indonesia. Jurusan: Surabaya. Lokasi pemberangkatan Carrefour Lebak Bulus, pada 1-3 Juli 2016, pukul 08.00 WIB.

11. PT Telkomsel. Jurusan: Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lokasi pemberangkatan Plaza Utara Senayan, pada 3 Juli 2016. Armada 50 bus dan 95 mobil penumpang.

12. Kementerian Perhubungan. Jurusan: Jawa Tengah. Lokasi pemberangkatan TMII, pada 1 dan 2 Juli 2016. Jumlah kendaraan motor yang diangkut gratis sebanyak 1.302 dengan jumlah 76.997 orang penumpang. (chi/jpnn)


[Link to media]
Pentaskan Wayang, Kemendagri Pilih Cerita Konspirasi Elite Berebut Kursi-JPNN.com

JAKARTA - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo mengatakan, pagelaran wayang kulit yang digelar Sabtu (25/6) malam hingga Minggu (26/6) dini hari, bagian pelestarian budaya. 

“Wayangan ini merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno. Pagelaran juga sebagai upaya melestarikan budaya, bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air," ujar Soedarmo, Sabtu malam.

Menurut Soedarmo, pagelaran juga sejalan dengan visi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Yakni mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

"Lakon yang diangkat, Gandamana Luweng. Artinya, elite berkonspirasi, berebut kursi. Ide cerita Sudjadi, dilakonkan Dalang Ki H Manteb Soedharsono mengungkap kisah mengenai harta, tahta dan wanita dalam kisah klasik Ki Ageng Mangir," ujar Soedarmo.

Ki Ageng Mangir merupakan pemberontak Kerajaan Mataram Abad 17. Dikalahkan akibat siasat Penembahan Senopati yang menggunakan puterinya sendiri, Retno Pembayun untuk meluluh-lantahkan hati Ki Ageng Mangir. Sehingga bersedia menyerah dan terbunuh.

“Persoalan dunia ini tak pernah lepas dari tiga hal yakni, harta, tahta dan wanita. Ketiganya menyatu dalam peradaban manusia. Banyak cerita diciptakan sebagai pengingat. Meski berbeda versi, format dan bahasa, namun motif, cara dan modelnya nyaris serupa,” ujar Soedarmo.(gir/jpnn)


[Link to media]
Waduh..Lapangan Parkir Sarinah Berubah Jadi Pasar Ikan-JPNN.com

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pasar murah di pelataran parkir pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (26/6). Kegiatan ini menyasar warga ibu kota yang tengah berolah raga di kawasan Car Free Day.

Lapangan parkir Sarinah yang mendadak berubah jadi pasar ikan itu dipenuhi warga yang ingin membeli ikan dengan harga miring. Mulai dari ikan kembung, tongkol dan layang dijual dengan harga Rp 10 ribu per lima ekor. Sementara tuna dan bawal dilepas dengan harga Rp 25 ribu per tiga ekor.

"Jadi kami ingin memenuhi kebutuhan warga akan ikan selama bulan Ramadan yang meningkat. Kalau untuk harga, silakan buktikan saja, yang pasti kita lebih murah," ucap Dirjen Penguatan Daya Saing Produk KKP, Nilanto Perbowo di lokasi.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bagian dari kampanye makan ikan yang tengah digenjot KKP. Nilanto mengatakan, ikan adalah sumber protein yang sangat berguna disaat meroketnya harga daging seperti sekarang.

"Harga daging kan naik. Sedangkan kebutuhan hewani masyarakat, harus dipenuhi. Nah jadi dengan ikan, bisa menjadi solusinya. Lihat saja 1 kilogram daging kan sudah diatas Rp 100 ribu. Kalau dengan harga segitu, bisa mendapatkan 3 kilogram ikan," ungkap Nilanto.

Apresiasi pun disampaikan warga terhadap kegiatan kementerian pimpinan Menteri Susi Pudjiastuti. Banyak di antara mereka yang tadinya hanya ingin berolah raga di area CFD, akhirnya malah belanja ikan. "Kayaknya enggak cukup kalau beli dua, mau beli lagi. Abis murah. Dan kita jadi lebih hemat, enggak perlu makan daging," ucap salah seorang warga, Yanti.

Meski begitu, ada juga beberapa yang merasa terganggu dengan kehadiran pasar murah. Bau amis dari ikan dagangan pihak KKP menjadi penyebabnya.

"Yah kita kan mau olah raga sambil menghirup udara segar, eh malah dapatnya bau amis," ujar Taufik, warga Karet Tengsin, Jakarta Pusat di lokasi. (dil/jpnn)


[Link to media]
Oknum Desersi TNI Diduga Jadi Penadah-JPNN.com

KETAPANG- Fakta baru terungkap dalam sidang pemeriksaan saksi kasus pencurian tandan buah sawit (TBS) milik PT HKK Timur di Ketapang oleh Marasyah.

Ambar, seorang oknum Desersi TNI (meninggalkan tugas kedinasan) diduga sebagai pertolongan jahat (480 KUHP). Sebab, dia menyediakan transportasi pengangkut hasil curian itu.

Dalam persidangan yang berlangsung di PN Ketapang, Kamis 23 Juni 2016 lalu, terdakwa Marasyah juga mengaku sebagai pemilik TBS curian itu kepada Ambar, sehingga terjalin kerja sama antarkeduanya.

Amistan, saksi dalam persidangan yang juga merupakan anggota Sub Detasemen Polisi Militer (Den POM) VI/4-5 Ketapang mengatakan, fakta-fakta baru yang disampaikan dalam keterangan saksinya itu, merupakan hasil interogasi yang dilakukannya terhadap Ambar.

“Ambar mengaku bahwa dia adalah penyedia truk. Sedangkan yang mengaku pemilik buah sawit curian adalah Marasyah,” kata Amistan yang dikutip dari rilis yang diterima Harian Rakyat Kalbar, Sabtu (25/6) siang.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Makmurin Kusumastuti, Amistan mengatakan, dirinya turut melakukan serah terima Ambar antara Polres Ketapang dan Sub Den POM VI/4-5 Ketapang.

Bahkan, dia juga turut melakukan penyerahan Ambar ke POM Kodam XII Tanjungpura di Pontianak.

Selain itu, lanjut Amistan, dirinya juga turut mengawal Ambar saat melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP), dilakukan bersama Polres Ketapang dan Disbun Ketapang.

Pada saat melakukan pengecekan TKP itulah, Amistan melakukan interogasi terhadap Ambar. Amistan melanjutkan, dari hasil interogasi, didapatkan bahwa Ambar tidak hanya mengenal Marasyah.

Namun juga saling berkomunikasi secara intensif. Hubungan keduanya terungkap, setelah pihak POM melakukan penyitaan terhadap beberapa barang bukti milik Ambar. Di antaranya dompet dan telepon genggam.

“Di dalam handphone milik Ambar, terdapat SMS dan log call yang intensif antara Ambar dan Marasyah. Salah satu SMS-nya, Maras meminta Ambar menyediakan truk karena, TBS sudah siap,” kata Amistan. (oxa/jos/jpnn)


[Link to media]
Sambut Lebaran, Jemaat Gereja ini Bagi Sembako Murah-JPNN.com

Raut wajah Nur Khasanah berseri-seri. Tak memperdulikan beratnya barang yang dia angkat, warga Pradah itu tetap bersemangat. Bersama 500an warga lainnya, Nur mendapatkan kesempatan untuk berbelanja dengan harga murah, di halaman parkir Gereja GBI Altar Filadelfia.

Siang itu, gereja yang terletak di kompleks Ruko Surya Inti Permata, jalan HR Muhammad Surabaya tersebut memang tengah mengadakan bakti sosial. Bertajuk Kasih Melintas Batas, jemaat mereka urunan untuk membeli sembako dalam jumlah banyak, yang kemudian disubsidi agar bisa ditebus dengan harga murah oleh warga sekitar.

”Tidak ada niat lain selain untuk membantu saudara kami yang muslim untuk menghadapi lebaran. Karena menjelang hari raya seperti ini kan harga kebutuhan pokok makin meningkat,” kata panitia acara dr Tiddy.

Lebih dari 500 paket sembako disiapkan. Isinya mulai dari beras 3 kg, minyak goreng 2 liter, biskuit, sirup, mie goreng, hingga krupuk. Untuk mendapatkan semua barang itu, warga hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu. ”Kalau harga normalnya tentu hampir tiga kali lipat,” katanya.

Menurut pendeta GBI Altar Filadelfia, Freddy Gideon, acara yang dikoordinatori oleh Women Filadelfia itu bertujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas beragama. ”Karena dengan saling mengasihi dan menghormati, hidup akan terasa jauh lebih indah,” jelasnya.

Kegiatan sosial itu sendiri bukan yang pertama diselenggarakan. Hampir 18 tahun berdiri, hampir selama itu pula, mereka selalu melakukan momen sosial mendekati perayaan hari keagamaan lain. (jpnn/pda)


[Link to media]
Polisi Minta Pohon di Pinggir Jalan Ditebangi-JPNN.com

PONTIANAK-  Sat Lantas Polresta Pontianak menaruh perhatian serius terhadap tewasnya pengendara sepeda motor yang tertimpa pohon akasia di Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu (22/6).

Sat Lantas Polresta Pontianak menemui Pemkab Kubu Raya dan berkoordinasi dengan dinas terkait agar pohon besar dan tinggi yang berumur tua segera ditebang.

“Kecelakaan di Adi Sucipto, Kubu Raya itu, menjadi catatan evaluasi kami. Di mana faktor cuaca dan pohon akasia tua itu adalah penyebab kecelakaan lalu-lintas,” kata Kompol Wahyu Jati Wibowo, Kasat Lantas Polresta Pontianak, Sabtu (25/6).

Tidak hanya Pemkab Kubu Raya, Kompol Wahyu juga membahas pohon tua ini dengan Pemkot Pontianak. “Kami minta agar pohon-pohon tua yang ada di pinggir jalan untuk ditebang,” ungkapnya.

Dia juga meminta pemerintah memperhatikan kondisi pepohoan tua di jalanan. Masyarakat diimbau berhati-hati dan waspada. “Cuaca ekstrem saat ini, berupa angin kencang yang disertai hujan, pengendara harus berhati-hati,” pinta Wahyu. (rk/jos/jpnn)


[Link to media]

Hasil penelusuran 6/27 2:44pm. Terakhir update terdeteksi pada 6/27 2:44pm.  skor: 958