Warning: feed is broken, but ignoring its end seemed to work.

Hari Ini, 79.607 Peserta Tes CPNS
PALEMBANG - Sebanyak 79.607 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) se-Sumsel, hari ini, mengikuti tes. Berdasar pendidikan, peserta SMA-D1 sebanyak 745 orang. Pendidikan DII-DIII ada 28.190 dan DIV, S1, dan S2 sebanyak 50.672 orang. Mereka akan memperebutkan sekitar 6.000-an formasi yang disediakan 15 kabupaten/kota dan provinsi.Peserta tes CPNS provinsi berjumlah 2.044 orang, Palembang (7.980), Muba (3.648), Muara Enim (8.121), OKU (3.808), OKUT (3.884), OKUS (2.341), Pagar Alam (4.694), Prabumulih (8.853), Mura (4.114), Lubuk Linggau (2.296), Ogan Ilir (11.200), Banyuasin (8.803), Empat Lawang (3.142) dan OKI (4.679). “Yang penting belajar dan berusaha agar bisa lulus ke tes selanjutnya,” ungkap Kepala Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri, Zainuddin Nawawi, kemarin.Dikatakannya, seluruh soal tes CPNS tahun ini telah dikirim ke masing-masing daerah dengan pengawalan ketat pihak kepolisian. “Insyaallah tidak ada masalah. Kita juga tempatkan sejumlah saksi di masing-masing daerah untuk memastikan tidak ada joki dan kebocoran soal,” bebernya. Rencananya, pengumuman hasil tes akademik ini akan diumumkan 14 November mendatang.
Fenomena Perkosaan & Pelecehan Seksual di Dunia Selebriti
Kasus perkosaan yang menimpa pemain belia Yuniza Umirtuningsih seolah membuka sisi gelap dunia selebritis, bahwa untuk membuka jalan sukses, seorang artis kadang terpaksa harus mendapat pelecehan – kadang secara seksual - sutradara, produser, bahkan oleh sesama pemain.Malang benar nasib pesinetron pendatang baru, Yuniza Umirtuningsih. Berniat untuk melakukan pekerjaan secara professional, Yun malah ketiban sial. Pendukung sinetron Safa dan Marwah ini tadinya hanya ingin mengambil scene di lokasi syuting yang terletak di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Namun ternyata, di perjalanan, Yun justru mendapat perlakuan tak bermoral dari dua orang kru yang kebetulan mengantarnya dalam satu mobil.Peristiwa tercela itu terjadi pada Senin (2/11) malam lalu. Gadis berusia 22 tahun tersebut diperkosa secara bergiliran di dalam sebuah mobil Xenia warna silver bernomor polisi B 7648 VJ. Tak hanya diperkosa, seorang pelaku juga mengambil ponsel Yun. Merasa dilecehkan dan diperlakukan secara bejad, Yun langsung melaporkan kejadian itu kepada Kepolisian Sektor Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Eksotisnya Danau Kerinci
Pernahkan anda jalan-jalan ke Danau Kerinci ? Danau Kerici merupakan Danau Kedua terbesar di Sumatra. Keindahannya selalu dikaitkan dengan legenda-legenda yang ada di Kabupaten Kerinci, disamping keindahan eksekotis lainnya.Selain dihiasi jejeran Gunung Raya, kita juga dapat menikmati keindahan danau Kerinci di atas Tanjung Hatta. Mengapa disebut Tanjung Hatta, lantaran Tanjung ini sendiri diresmikan oleh Proklamator RI Bung Hatta. Saat ini Tanjung ini tidak terawat baik. Bila sore hari maka kita akan melihat keindahan sun set dari atas tanjung yang dihiasi riak danau. Lokasi tanjung ini terletak di Desa Sangaran Agung Kecamatan Danau Kerinci, jarak dari Kota Sungaipenuh sekitar 18 KM.Bila ingin merasa hembusan angin sepoi maka kita bisa langsung menuju lokasi pesangrahan. Jarak antara pesangrahan dengan Tanjung Hatta sekitar 1 KM, disini kita bisa langsung berhadapan dengan luasnya danau Kerinci nan indah ditemani jajanan jagung bakar yang lezat. Tanjung ini memiliki nilai sejarah, pada tahun 1953 Wakil Presiden pertama RI mengunjungi Kerinci dan menyempatkan menanam Beringin di tanjung ini.
Busana Tanpa Jahit, dengan Batik Modern
Pada malam Grand Final pemilihan Wajah Sumeks beberapa waktu lalu di Grand Ballroom Hotel Aryaduta, Mir Senen tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menampilkan hasil rancangannya. Dengan konsep busana tanpa jahit, Mir Senen menampilkan lilitan kain batik yang dipadu selaras dengan busana kreasinya.Pada malam itu berbagai model busana ditampilkan, dari long dress sampai mini dress untuk para finalis wanita, dan kemeja elegan untuk para finalis pria. Kreasi lilitan dan warna dari jenis batik yang dipakai memberikan sentuhan modern style. Sehingga batik yang selama ini dianggap formal dan oldies tersamarkan dengan baik. Untuk warna, batik jenis Palembang Arab (Paci’an) yang mendominasi, memberikan sinar warna yang beragam. Sehingga kemonotonan warna pada batik lagi-lagi terhindarkan.
Pressing Belum Kelihatan
(0) Persimuba v Sriwijaya (7)PALEMBANG-Sriwijaya FC sudah biasa ujicoba dengan tim-tim level bawah. Musim 2008 lalu, tim berjuluk Laskar Wong Kito sudah melakoninya. Diantaranya menang 5-0 atas Persime Muara Enim (21/4/2008), 4-0 atas Persila Lahat (22/5/2008), dan 9-1 atas Bangka Karya Taruna (24/5/2008).Kemarin (7/11) di stadion Serasan Sekate (Sekayu), skuadra asuhan Rahmad Darmawan kembali ujicoba dengan tim kasta bawah (divisi III), Persimuba Muba. Hasilnya, menang telak 7-0. Keith Kayamba dan Rahmat ‘Poci’Rivai mencetak hattrick. Kayamba dimenit ke-6’, 53’, dan 60’. Sementara Poci menit ke-13’, 15’, dan 64’. Satu lagi diciptakan Ambrizal menit ke-80’.Tak ada yang membanggakan atas kemenangan tersebut. Toh, diprediksi dari sudut manapun, pengoleksi 3 tropi kampiun sudah pasti menang besar. Bahkan coach Rahmad Darmawan sendiri tidak puas dengan apa yang ditunjukkan anak-anak asuhnya.“Pressing-nya belum kelihatan. Bahkan, dari segi penempatan posisi pemain, belum sesuai dengan yang saya harapkan,” ungkap Rahmad.
Besok Tes, Soal Cadangan hanya 5 Persen
PALEMBANG – Soal tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi 12 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, kemarin (6/11), mulai didistribusikan. Soal-soal tersebut diangkut dengan enam mobil PT Pos Indonesia. Satu mobil dikawal ketat 2-3 anggota kepolisian plus anggota tim supervisi yang berangkat dengan mobil khusus. “Besok (hari ini, red), kita distribusikan soal untuk Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin dan Provinsi Sumsel,” ungkap Zainuddin Nawawi, kepala PPJK (Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan) Unsri selaku pihak ketiga yang menyelenggarakan proses rekruitmen CPNS se-Sumsel. Menurut Zainuddin, satu kotak berisi dua kardus. Dalam satu kotak kardus terdiri dari 10 amplop. Masing-masing amplop ada 20 soal. Bersama dengan soal-soal itu, PPJK telah menyiapkan soal cadangan. “Jumlahnya sekitar 5 persen. Jadi, misalnya soal untuk satu daerah masuk dalam 2,5 kotak kardus maka kita bulatkan menjadi 3 kotak kardus sebagai cadangan. Di sinilah dituntut pengawasan jeli dari pengawas dan keamanan,” bebernya. Ia mengingatkan, soal harus tetap disimpan di kantor kepolisian setempat atau kantor bupati/wali kota hingga jelang pelaksanaan tes. Tujuannya mencegah soal tersebut bocor sebelum ujian dimulai.
Sanksi Internal, Kapolda Keluarkan Instruksi
PALEMBANG – Aksi provokatif anggota Satbrimob Polda Sumsel Angkatan 2007, ”Evan Brimob” alias Bripda A Evans T, di situs jejaring sosial Facebook (FB) benar-benar berbuntut luas. Para facebookers terus menyerbunya di dua buah grup, ada yang empati namun banyak yang mencaci dan antipati. Sampai-sampai Mabes Polri juga meminta maaf pada masyarakat Indonesia. Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto juga turun tangan. Ia langsung mengeluarkan instruksi tegas kepada jajarannya. Dalam perintah berbentuk telegram rahasia (TR), Kapolda minta seluruh anggota di jajaran Polda Sumsel untuk tidak mengeluarkan statement yang dapat memperkeruh suasana saat ini. “Itu perintah langsung Pak Kapolri,” ujar Kapolda Hasyim didampingi Wakapolda Brigjen Achmad Ismail, usai salat Jumat bersama di Masjid Mapolda Sumsel, kemarin (6/11).Sensasi yang dilakukan Evan Brimob adalah memasang status di Facebooknya yang berbunyi: Polri gak butuh masyarakat, tapi masyarakat yg butuh Polri. Maju terus kepolisian Indonesia, telan hidup2 cicak kecil.. . Tulisan Rabu malam (4/11) itu, menjadi masalah lantaran saat ini tengah terjadi seteru antara KPK yang diistilahkan “cicak” dengan kepolisian “buaya”.
Tambah Teman, Hilang Stres
Gabung Komunitas Hash House Harriers MetropolisHash pada dasarnya olahraga lari lintas alam. Penciptanya, sekelompok perwira Inggris yang bertugas di Malaysia sekitar tahun 1983 sebagai upaya “pemanasan” sebelum mengunjungi kedai favorit mereka The Hash House. Belakangan, hash menjadi olahraga sendiri yang digandrungi.Di Palembang contohnya. Ada beberapa perkumpulan olahraga hash. Sebut saja kelompok Triguna Hash House Harriers (Triguna HHH), Palembang HHH (PHHH) dan lainnya. Berikut, wawancara wartawan Sumatera Ekspres, Erwanto, Martha Hendratmo, Reiza Pahlevi dengan lima orang hasher metropolis.
Angkat Bicara soal Perkosaan Pesinetron Safa dan Marwah
Kasus perkosaan yang menimpa pesinetron pendatang baru, Yuniza Umirtuningsih menyeret nama Nikita Willy. Disebut-sebut Yuniza adalah adik kandung Nikita. Namun, melalui akun Twitter miliknya, Nikita membantah keras kabar tersebut. Dia menampik jika Yuniza adalah adiknya. Jangan asal ngomong dong semuanya !!! Adik ?? Yang diperkosa itu figuran bukan adik saya makasih, tulis Nikita, Kamis (5/11) lalu. Ya Allah.. That's very funny gossip adik aku aja masih kecil kok bisa diperkosa !haahahaah faktanya : figuran dari sebuah sinetron yang diperkosa, lanjut bintang SAFA DAN MARWAH ini.Lebih lanjut, Niki mengonfirmasi jika pelaku mengaku-ngaku sebagai kru SAFA DAN MARWAH, padahal mereka bukan kru sinetron tersebut. Jadi ada figuran sinetron di-call dua crew ke Puncak tapi ternyata gak ada shooting dan diperkosa. Dia ngaku-ngaku crew SAFA MARWAH sebenernya gak !thx tambah Nikita.
Tiga Kali ”Melayani”, Baru Dilepaskan
Pelayan Kafe Disekap, Dianiaya Secara EstafetPALEMBANG – Dianiaya secara estafet dan disekap oleh mantan pacarnya, membuat seorang karyawati kafe bernama Fitriani alias Dora (23), sampai mengalami memar-memar dan lebam di beberapa bagian tubuhnya. Mantan pacarnya yang berinisial Jk (26), baru melepaskan Dora setelah dilayaninya berhubungan intim sebanyak tiga kali.Begitulah pengakuan awal Dora, janda beranak dua warga Jl Perintis Kemerdekaan, Lr Pasundan, Kecamatan IT II, saat melapor ke Poltabes Palembang, kemarin (6/11). Bagian bawah lengan tangan kanannya tampak masih lebam, yang diakuinya akibat ditendang dan diinjak-injak Jk. Bahkan kepalanya masih terasa pusing dan telinganya berdengung, akibat dipukuli. Diceritakannya, dia dan Jk memang sempat pacaran selama dua tahun. Namun empat hari terakhir, dia memutuskan hubungannya dengan Jk. Senin (2/11) malam, Dora bertemu Hengky, pelanggan di kafe Orbit tempatnya bekerja. Lalu mereka check in ke Penginapan Naskah (MM), di Jl Kolonel H Barlian, Kecamatan Sukarami. ”Aku baru kenal Hengky malem itulah, tapi dio memang sering minum di Kafe Orbit,” urai Dora.
Sensasi ”Evan Brimob” Sulut Amarah
PALEMBANG - Nama ”Evan Brimob” alias Bripda A Evans T mendadak jadi terkenal di situs jejaring sosial alias Facebook (FB). Selebriti baru di dunia maya itu, dihujat puluhan ribu orang dari pelbagai pejuru Tanah Air. Apa pasal? Bagi Evan mungkin sepele dan ia tidak berpikir dampaknya. Pria yang bertugas di satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel itu, menuliskan sebuah pesan dinding di FB-nya berbunyi, ”Polri gak butuh masyarakat tapi masyarakat yg butuh Polri. Maju terus kepolisian Indonesia, telan hidup2 cicak kecil.” Tulisan Rabu malam (4/11) yang dilansir dari akun jejaring sosial paling populer di Indonesia itu, terkesan arogan. Apalagi, pascapemutaran rekaman penyadapan yang diduga berisi rekayasa kriminalisasi lembaga antikorupsi melalui kriminalisasi pimpinan KPK dalam sidang uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa 3 November, membuat seluruh mata memandang “sinis” dua lembaga, yakni kepolisian dan Kejagung.Ironisnya, dua komentar yang muncul pertama, tiga menit dari tulisan dinding FB Evan, justru menyetujui status tersebut. Hardy Liber’s menulis “Yupz betul banget tu boz...”. Lalu, Ganda Pratama Leonidal berkomentar,” Btl mas..Polri tdk spt artis yg bth dkungan dr msy...tp msy yg bth polri. Jika msy d tndak olh anggota krena ksalahany, dy malah caci maki hbs2an. Cb gliran dy yg kna masalah, jambret la, pngniayan la, pzt mrengek2 minta tlg dg penuh hrap..Taiklah mereka. Munafik.”
Tuntut Kejelasan Trayek
PALEMBANG – Sekitar 300 mahasiswa bersama para sopir dan kernet bus angkutan mahasiswa Universitas Sriwijaya, kemarin (5/11), menggelar aksi damai ke kantor Gubernur. Mereka tergabung dalam Aliansi Perjuangan Transportasi (APT) datang mengendarai 60-an bus.Apa yang dituntut? Tak lain, kejelasan trayek angkutan khusus mahasiswa tersebut. Pasalnya, sejak tiga minggu terakhir, bus angkutan mahasiswa ini tidak diperbolehkan melewati Ampera. “Padahal, dalam perjanjian tahun 2006 lalu telah disepakati bahwa di bawah pukul 12.00 WIB, bus angkutan mahasiswa dari Palembang ke Inderalaya masih boleh melewati Jl Jenderal Sudirman,” jelas Presma Unsri Febriansyah diamini para sopir yang tergabung dalam Serikat Buruh Transportasi dan Angkutan (SBTA) Palembang.Menurut Febri, rute angkutan khusus bus mahasiswa yang disepakati dengan pemprov ada dua jalur. Untuk keberangkatan dari Palembang ke kampus Unsri Inderalaya, sebelum pukul 12.00 WIB, bus-bus tersebut bisa ngetem (menunggu penumpang mahasiswa) di Cinde dan seputaran Jl Jenderal Sudirman. Kemudian meluncur ke Inderalaya melalui Kertapati-Inderalaya-Kampus Unsri. Nah, pulangnya dari Inderalaya-Musi II, Bukit Besar-Simpang Polda-Jenderal Sudirman.
Berhias Lampion
Umat Tridarma Rayakan HUT Dewi Kwan Im PALEMBANG – Kelenteng Dewi Kwan Im atau Soei Goiat Kiong di Kelurahan 9/10 Ulu sepanjang hari kemarin (5/11), terlihat semarak. Ratusan lampion merah dipasang. Sementara, warga terus berdatangan dari pagi hingga malam hari. Setidaknya, tak kurang dari lima ribu penganut ajaran Tridarma dari pelbagai daerah di Sumsel berkumpul di kelenteng tua di pinggir Sungai Musi itu. Menurut Ketua Kelenteng Dewi Kwan Im, Akhe, umat yang datang dalam rangka memperingati ulang tahun bertapanya Dewa Kwan Im setiap tanggal 19 bulan 9 penanggalan Imlek.“Tahun ini tak ada acara khusus. Umat Tridarma yang datang hanya sembahyang dan doa. Mereka percaya dengan perayaan ini segala keinginan bakal dipenuhi sang dewi pengasih (Dewi Kwan Im, red),” kata Akhe di sela-sela acara peringatan, kepada koran ini. Akhe, yang didampingi Wakil Ketua Kelenteng Dewi Kwan Im, Candra Husin menjelaskan, rangkaian perayaan HUT bertapanya Dewi Kwan Im dimulai sejak pukul 00.00 WIB Kamis (5/11). Diawali dengan membakar lilin dan sujud di depan altar Dewi Kwan Im.
Artis Sinetron Belia Diperkosa Kru Film
Artis sinetron belia pendatang baru, Senin (2/11) malam, diperkosa oleh dua kru film di lokasi syuting di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Seorang pelakunya sudah tertangkap. Pelaku lainnya masih buron.Korban yang berinisial YU mengadukan peristiwa itu ke Kepolisian Sektor Cisarua. Laporan langsung ditanggapi polisi dengan membekuk seorang pelaku bernama Zuhelmy alias Helmy. Sedangkan pelaku lainnya bernama Zaly masih melarikan diri dan dalam pengejaran.Pemerkosaan dilakukan saat korban akan melakukan syuting. Secara bergilir, korban diperkosa di dalam sebuah mobil Xenia warna silver bernomor polisi B 7648 VJ. Belum cukup memerkosa, seorang pelaku mengambil ponsel korban.Selain tersangka, polisi juga meringkus barang bukti mobil untuk memerkosa. Kini kasus tersebut tengah dikembangkan polisi. Korban sudah menjalani visum di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor.
Pembawa Sabu, Diduga Komplotan Pelaku Curas
PALEMBANG – Heriansyah (32), warga Jl Maysabara, Lr Orion, RT 36/11, Kelurahan Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning, dan M Edwin (39), warga Jl Angkatan 66, Lr Cendana, RT 20, Kelurahan Talang Aman, Kecamatan Kemuning, ditangkap aparat Unit Reskrim Polsek IT II Palembang. Sebab kedua pengendara sepeda motor itu, kedapatan membawa satu paket sabu-sabu (SS).Kedua tersangka ditangkap di kawasan Jl Aligathmir, Kecamatan IT II, Palembang, Selasa (3/11) sekitar pukul 17.15 WIB. Uniknya, kedua tersangka mengaku dipaksa membeli SS seharga Rp100 ribu tersebut, oleh penjualnya. ”Kami tidak kenal dengan orang yang menawarkan sabu-sabu itu. Bahkan kami sempat menolak tapi dia (orang tak dikenal, red) terus menawarkan sabu-sabu itu,” aku tersangka Edwin, diamini tersangka Heriansyah.Untuk tersangka Edwin, dia diduga anggota komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di showroom mobil Honda Km 8, Kecamatan AAL, beberapa waktu lalu. Tapi ketika dikonfirmasinya, dia membatahnya. ”Saya tidak terlibat melakukan pencurian tersebut (di showroom mobil Honda). Waktu itu salah seorang pelakunya menginap di rumah aku, dan malamnya aku dipaksa untuk ikut bersama mereka,” aku tersangka Edwin.
Hindari Jebakan Bareskrim, Bibit-Chandra Puasa Komentar
JAKARTA - Sikap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, berubah setelah penahanannya ditangguhkan Mabes Polri. Bila sebelum ditahan keduanya murah komentar, kemarin keduanya tidak bersedia memberikan keterangan pada wartawan.Dalam keterangan pers usai sidang uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi, Bibit dan Chandra hadir dalam keterangan pers bersama para pengacaranya. Namun, keduanya tidak bersedia berbicara selama jumpa pers. Seluruh pernyataan dan jawaban pertanyaan wartawan dijawab oleh Luhut Pangaribuan dan Bambang Widjojanto.Luhut mengakui, diamnya Bibit dan Chandra memang disengaja untuk menghindari jebakan penyidik Bareskrim Mabes Polri. Sebelumnya, penyidik menahan keduanya karena dinilai terlalu banyak bicara pada media sehingga mengganggu penyidikan. Kehadiran Bibit dan Chandra dalam keterangan pers adalah bentuk apresiasi atas dukungan masyarakat dan semua pihak pada keduanya.Bambang Widjojanto menambahkan, tim kuasa hukum Chandra-Bibit khawatir kalau keduanya kembali berbicara ke publik, Polri akan kembali memaksakan penahanan seperti sebelumnya. “Mereka (Bibit dan Chandra) khawatir nanti akan terjadi lagi penahanan, karena alasan penahanan sebelumnya adalah karena berbicara kepada saudara (wartawan, red). Maka hari ini Pak Bibit dan Pak Chandra tidak akan bicara apa pun, kecuali hanya tersenyum,” terang Luhut.Dalam keterangan pers itu, pengacara Bibit-Chandra meminta agar seluruh nama pejabat dan penyidik Polri serta Kejaksaan Agung yang tersadar tengah berkomunikasi merekayasa kasus hukum terhadap Bibit dan Chandra dinonaktifkan, karena dikhawatirkan tidak bisa objektif dalam melakukan pemeriksaan perkara.
Pingsan, Jemaah Babel Dirawat
PALEMBANG – Diduga kelelahan setelah melakukan perjalanan via jetfoil selama kurang lebih empat jam, seorang jemaah Kloter 10 asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Tarmizi Abdul Rahman (65), terpaksa dirawat di Paviliun Jasmine Kelas I, Kamar 3, RSMH. Sebelumnya, jemaah yang tinggal di Desa Ketap Baru, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Babel itu, sempat tak sadarkan diri sesampainya di halaman Asrama Haji Km 9.Belum dapat dipastikan apa penyebab Tarmizi pingsan dan harus menjalani perawatan. Hanya, pantauan Sumatera Ekspres tadi malam, kondisi kesehatannya berangsur membaik, meski wajahnya masih tampak pucat. “Kalau saya terserah dokter, Dek. Mau berangkat besok (hari ini, red) atau nyusul. Tapi pastinya lebih baik mengutamakan sehat dulu baru berangkat, ketimbang kalau dipaksakan nanti malah akan menyusahkan di sana,” kata Tarmizi di RSMH tadi malam. Tarmizi yang tergabung dalam kloter 10 dan berangkat bersama istri tercinta Emiliani Abdul Khalik, jadwalnya terbang ke tanah suci hari ini. “Biarlah kalau memang tak memungkinkan berangkat. Saya mintakan istri saya berangkat duluan. Nanti kalau kondisi saya membaik, pasti juga akan berangkat walaupun masuk di gelombang kedua,” tuturnya didampingi keponakannya bernama Usman.
BKD Sumsel Terima Pengaduan
Polisi-Pol PP Kawal Distribusi Soal PALEMBANG – Hari H pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Sumatera Selatan tanggal 8 November, tinggal tiga hari lagi. Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri selaku pihak ketiga yang dipercaya melakukan seleksi, tengah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Salah satunya, koordinasi dengan pihak kepolisian.Kepala PPJK Unsri Zainuddin Nawawi mengatakan, kemarin (4/11) pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran Polda Sumsel. “Kita minta bantuan personel untuk pengawalan distribusi soal. Alhamdulillah, kita dibantu 27 orang personel polisi,” bebernya. Dari Poltabes Palembang pun membantu 10 personel untuk pengamanan.KHusus Pemkot Palembang, informasinya akan mengerahkan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). “Info dari kepala BKD-nya begitu. Kita sendiri sangat berterima kasih atas upaya itu,” kata Zainuddin. Selain itu, PPJK tengah menyusun jadwal distribusi soal. Pastinya, pada 6 November (H-2), PPJK menyalurkan soal ke-12 kabupaten/kota yang jaraknya jauh dari Palembang. Tanggal 7 November, baru distribusi ke Palembang, Ogan Ilir dan Banyuasin plus soal tes CPNS provinsi.
Ketemu Anang, Nyanyikan ‘Separuh Jiwaku Pergi’
Kerinduan Krisdayanti untuk bertemu buah hatinya terbayar sudah. Selasa (3/11) malam lalu, KD akhirnya bisa bertemu dengan kedua buah hatinya, Titania Aurel Hermansyah dan Azriel Akbar Hermansyah di Ruko Studio Anang, Radio Dalam. Meski demikian suasana pertemuan antara ibu dan anak itu memang terlihat berbeda. KD terlihat masih sulit untuk mengambil hati anak-anaknya.Suasana kaku dan terasa begitu berbeda ini cukup wajar lantaran perselingkuhan yang konon dilakukan KD di hadapan kedua buah hatinya. Hal ini juga yang konon membuat Auriel dan Azriel membenci ibunda mereka. Namun dalam pertemuan hal itu tampaknya perlahan mulai terkikis. Auriel dengan tegas mengatakan bahwa dirinya sudah tak lagi membenci ‘Miminya’. Ketika ditanya apakah masih marah atau dendam sama KD, Auriel menjawab singkat, “gak kok.” Pun ketika ditanya apakah senang ketemu ibunya, Auriel menjawab, “senang kok.” “Aku dan Auriel juga Azriel udah janjian kok mau ketemu, ya nak? Alhamdulillah sekarang kita bisa kumpul.
Perampok Nyamar Jadi Petugas PLN
Kuras Rumah Pentolan Densus 88/AT Mabes PolriPALEMBANG – Dua perampok yang menyamar jadi petugas PLN ini, tak pandang bulu lagi siapa korbannya. Mereka menguras sejumlah perhiasan emas dari rumah orang tua Kombes Pol Tito Karnavian, yaitu Achmad Saleh (70), yang berada di Jl Kapten A Rivai, Lr Sambu, No 36, RT 02/01, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang. Setelah menghipnotis pembantu rumah tangga (PRT) di rumah tersebut.Padahal Kombes Pol Tito Karnavian, merupakan perwira menengah (pamen) yang menjadi pentolan di Densus 88 Anti-Teror (AT) Mabes Polri. Informasinya, lulusan Akpol tahun 1987 itu, terakhir menjabat sebagai kepala Sub-Detasemen Penindakan Densus 88 Mabes Polri. Kasus-kasus besar yang ditanganinya penggerebekan yang menewaskan dua teroris paling dicari di Indonesia, Dr Azhari dan Noordin M Top. Namun, Kadensus 88 Mabes Polri Brigjen Pol Saud Usman Nasution, tidak mengiyakan dan tidak pula membantah perihal jabatan Kombes Pol Tito Karnavian di Densus 88 Mabes Polri, ketika dikonfirmasi via ponselnya tadi malam. ”Iya, dia memang orang Densus.
Lebih Besar dan Mewah dari Titanic
Telan Dana Rp12,38 T, Tarif Rp20,32 juta per OrangKORSOER - Warga Inggris yang tinggal di sepanjang pantai selatan negeri itu akan berkesempatan menyaksikan pemandangan istimewa hari ini. Yaitu, melintasnya “Titanic” baru, Oasis of the Seas. Kapal pesiar seharga GBP 800 juta (Rp12,38 triliun) itu dijadwalkan berlabuh di Inggris hari ini untuk menurunkan para pekerja yang terlibat dalam pembuatannya di dok STX Finlandia. Kapal yang besarnya lima kali lipat dibandingkan Titanic dan tiga kali lipat dibandingkan pemegang rekor kapal pesiar terbesar dan termewah, Queen of Elizabeth, tersebut dalam perjalanan menuju Florida. Kapal setinggi 360 meter itu diagendakan tiba di Florida 20 November mendatang untuk kemudian diperkenalkan secara resmi ke publik. Pihak STX sempat khawatir ketika kapal tersebut melintas di bawah jembatan Great Belt yang berada di atas perairan Laut Baltik, Denmark, Jumat lalu (30/10). Namun, kekhawatiran itu tidak terbukti. Oasis of the Seas melaju mulus kendati jarak puncak kapal dengan bagian bawah jembatan hanya 60 sentimeter. ‘’Untuk berjaga-jaga, lalu lintas di sekitar jembatan dihentikan selama 15 menit ketika kapal melintas, Joergen Brand, juru bicara Angkatan Laut Denmark, seperti dikutip Daily Mail.
Ibu Kota Dipenuhi “Cicak”
JAKARTA - Unjuk rasa besar-besaran yang mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mewarnai ibu kota, kemarin. Mereka mengecam kriminalisasi dan penahanan terhadap dua pimpinan KPK Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Riyanto.Unjuk rasa berlangsung di beberapa lokasi. Sejak pagi sejumlah elemen mahasiswa dan beberapa tokoh sudah memberikan dukungan kepada KPK. Mereka di antaranya, bekas Senator Marwan Batubara, mantan Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wahid, Adhie M Masardi, mantan anggota DPR Ali Mochtar Ngabalin. Mereka mengeluarkan pernyataan sikap mendukung lembaga yang tengah diguncang masalah itu.Sejumlah aktivis mahasiswa dari Komunitas Mahasiswa Jakarta Raya (KM Raya) sampai nekat bermalam di depan gedung KPK. Mereka mendirikan tenda sebagai tanda protes keprihatinan langkah polisi. Di tenda itu, 16 mahasiswa beraksi mogok makan. “Kami akan terus berada di sini sampai ada kejelasan status yang melegakan,” kata Rifki Arlian, Humas KM Raya. Di bundaran Hotel Indonesia (HI), ratusan orang juga berunjuk rasa mengecam kriminalisasi pimpinan KPK yang kini menuai polemik itu. Mereka adalah para aktivis antikorupsi yang selama ini getol membela KPK.
Ramai-Ramai Tes Kesehatan
Deadline Pengiriman Balasan 5 November PALEMBANG – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dan kejaksaan tinggi seluruh provinsi, tahun ini menerima 1.383 calon pegawai negeri sipil (CPNS). Khusus Kejati Sumsel membuka pendaftaran bagi pelamar yang memiliki KTP di wilayah Sumsel. Kualifikasi pendidikannya S-1 Hukum, D-3 Komputer, D-3 Ekonomi, D-3 Administrasi, dan D-3 Sekretaris. Nah, selain menerima pelamar dari Sumsel untuk kualifikasi tersebut, Kejati juga menerima pendaftaran S-1 Akuntansi dan S-1 Komputer bagi pelamar dari 10 provinsi di Sumatera. Yakni dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan sendiri, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. Saat ini, pelamar CPNS Kejaksaan masuk tahap wawancara dan tes kesehatan. Pantauan koran ini kemarin, puluhan pelamar CPNS Kejaksaan dari D-3 terlihat melakukan tes kesehatan di RSMH Palembang. “Memang benar, yang tes kesehatan hari ini (kemarin) untuk pelamar D-3. Sedang yang S-1 sedang tahapan wawancara,” ungkap Kasi Penkum Kejati, Apandi SH, tadi malam.Bagaimana dengan tes CPNS se-Sumsel? Tes kesehatan ternyata menjadi hal yang wajib dilakukan. Salah satunya tes bebas narkoba. Kepala BKD Sumsel, Drs Muzakir MM mengatakan, para CPNS yang akan diterima nantinya harus bebas dari pengaruh narkoba. “Makanya, kita ada tes kesehatan, salah satunya untuk memastikan bebas dari narkoba.”
Malam Ini, Miliknya Anak Kampus
PALEMBANG – Suasana baru dalam pagelaran musik di kota pempek ini, bisa Anda saksikan pukul 19.30 WIB malam ini (Selasa, 3/11) di Grand Ballroom Hotel Aryaduta. Di sana, Sampurna untuk Indonesia mempersembahkan Musicademia 2009 “Bagimu Pahlawan”.Konser musik simfonik tersebut didukung oleh Deteksi Production, Twilite Orchestra yang dipimpin Addie MS dan artis pendukung lainnya. Sebut saja, ada Afgan, Lea Simanjuntak, dan Tenor Nasional Cristhoper Abimanyu. Benar-benar beda lho!“Sudah 9 kali kita gelar konser serupa. Tujuannya, lebih memasyarakatkan musik simfonik ke pada masyarakat kampus. Tahun ini, Universitas Sriwijaya dengan Paduan Suara Mahasiswa ‘Belisario Choir’ ikut mengisi acara bersama Twilite Orchestra,” tukas Addie MS saat jumpa pers di Hotel Aryaduta kemarin (2/11).Dikatakan, untuk menggelar konser orkestra tidaklah gampang. Perlu persiapan, fasilitas serta biaya yang besar. Apalagi, konsernya digelar di luar Jakarta. “Sebagai bayangan, konser di Jakarta saja sudah sangat merepotkan, apalagi kalau digelar di luar.”
Gara-gara Wartawan,Hubungannya dengan Windy Renggang
Tampaknya, lama-lama Anang Hermansyah jengah menjadi topik pemberitaan. Kemarin (2/11) siang, mantan suami Krisdayanti ini bersikap kurang ramah. Dia mengancam membanting kamera wartawan. Saat Anang keluar dari rukonya di Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan, sudah banyak wartawan di sana. Kebanyakan adalah wartawan tayangan infotainment. Semula Anang dengan baik meminta pewarta tidak menyalakan kamera dan mengambil gambarnya. Tolong jangan diambil gambarnya ya, kata Anang memohon. Namun wartawan tetap merekam Anang yang hendak naik mobil. Tampaknya, Anang hendak menjemput anaknya pulang sekolah. Lantaran permintaan tidak dituruti, Anang mendadak emosi. Jangan tengil lho ya. Dari mana sih elo? Gue banting nih, ketus Anang sambil jarinya menunjuk ke kamera. Usai mengancam, Anang langsung naik mobil Jeep bernopol B 183 YM.
Jembatan Putus, 7 Korban Masuk RS
LUBUKLINGGAU - Jembatan gantung yang menghubungkan antara Kelurahan Batu Urip dan Kelurahan Batu Urip Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, sekitar pukul 12.45 WIB, kemarin (1/11), putus. Penyebabnya, tali atau kawat sling bagian kiri putus karena tak mampu menopang beban ratusan warga yang tengah gotong royong memperbaiki jembatan. Peristiwa tersebut menyebabkan ratusan warga yang berada di tengah jembatan tercebur ke sungai sedalam 1,5 meter. Ada juga yang selamat setelah bergantungan pada kawat sling sisi kanan. Dalam kejadian itu, enam warga Kelurahan Batu Urip Taba dilarikan ke RS Siti Aisyah. Mereka adalah Aji Remas (55), Muhammad (50), Nawi (49), Zaini (35), Bidin (43), dan Erdiansi (25). Dari keenam korban, hanya Zaini yang menderita luka cukup parah dengan luka robek di bawah ketiak kanan. Lainnya, menderita nyeri punggung dan luka gores.Informasi yang dihimpun koran ini di lokasi kejadian, sebetulnya ada satu korban lain yakni Ujang Rodeng (48), warga Kelurahan Batu Urip.
100 Hari Fokus Kriminalitas
PALEMBANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Drs H Hasyim Irianto SH segera menginventarisir kasus konvensional khususnya tindakan kriminalitas di Sumsel. “Saya memang baru pertama kali menginjakkan kaki di Sumsel dan baru pertama bertugas di Sumsel. Saya segera beradaptasi dengan cepat. Kemudian dalam 100 hari ke depan, saya berjanji menyelesaikan kasus tindak kriminalitas di wilayah ini,” ujar Hasyim kepada wartawan di ruang VVIP Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Minggu sore (1/11).Kasus mencolok di Sumsel mulai dari pembunuhan, tindak pidana konvensional seperti curat, curas, premanisme, dan narkoba. “Semua itu, masih menjadi sasaran utama saya. Prioritas dari segi kualitas dan kuantitas penanganan kasus yang ada.”
2.245 Peserta Perebutkan 57 Kuota
PALEMBANG – Sekitar 2.245 peserta mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel dan Lampung di GOR, Kampus POM IX Palembang, kemarin. Pelaksanaan ujian berlangsung selama dua setengah jam hingga pukul 11.30 WIB.Dari jumlah tersebut, khusus peserta tes KPUD Sumsel sebanyak 1.153 orang. Masing-masing, S-1 Hukum berjumlah 259, S-1 Ekonomi (534), S-1 FISIP (68), S-1 Komputer (93), D-3 Komputer (141), D-3 Humas (12), dan D-3 Ekonomi (46). “Mereka akan memperebutkan kuota 27 CPNS yang dialokasikan pusat untuk Sumsel,” ungkap HM Anhar Zulkifli, ketua panitia pelaksana seleksi, kemarin (1/11).Nantinya, peserta tes yang lulus CPNS akan ditempatkan di KPUD Sumsel dan KPUD kabupaten/kota. Di antaranya OKI, OI, Empat Lawang, Mura, Banyuasin, Muba, dan Palembang. “Rata-rata, tiap kabupaten 3 orang, Empat Lawang jatahnya 4 orang,” tuturnya.
Warna Apa nih...
PALEMBANG – Ajang uji kreativitas anak dapat dilakukan dengan beragam lomba. Salah satunya, seperti apa yang dilakukan oleh Indomilk bersama Paltv dalam acara Paltv kids Show 2009 fun day di atrium Palembang Indah Mall (PIM) kemarin (01/11). Di sana, ada lomba menggambar dan mewarnai, fashion show, marching band, modern dance, games seru, dan bazar Indomilk. Saat lomba mewarnai bagi TK dan playgroup se-Kota Palembang, tak sedikit peserta kebingungan. Mereka berburu dengan waktu yang terasa demikian cepat. “Warna apa lagi nih...,” kata seorang bocah sambil melirik teman di sampingnya. Ada juga yang menggaruk kepala. Setelah itu, baru memoles-moles kreasinya dengan warna yang ia sukai. Karen Watanabe (5), seorang peserta dari TK Xaverius 1 mengatakan, mewarnai merupakan salah satu hobinya. Dengan adanya lomba tersebut ia dapat memunculkan kreativitas yang dimilikinya. “Ikut lomba mewarnai karena hobi mewarnai,” tukas Karen yang kerap mendapat juara.
Rumor Glenn Terserang HIV,malah Tampil Bareng Striptis!
Setelah menyandang status janda untuk kedua kalinya, Dewi Sandra kian berani tampil seksi dengan busana mini di sebuah acara Helloween Party yang digelar di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (30 /10) lalu.Helloween Party adalah sebuah acara adopsi budaya Barat yang kental dengan suasana seram, menakutkan dan ghotik. Biasanya pada acara tersebut para pengunjung acara akan berdandan seram bagai seorang tokoh hantu yang menyeramkan. Namun lain halnya dengan Dewi Sandra yang tampil dalam balutan seksi dan ditemani dengan para penari striptis. Pada acara tersebut Dewi juga tampil meliuk-liuk di sebuah tiang ditemani oleh seorang penari sexy sembari membawakan sebuah lagu miliknya. Menariknya busana berwarna putih yang dikenakan Dewi begitu mini dan terbuka. Hingga ada beberapa bagian tubuh Dewi yang terlihat menantang.
ATM BCA Nyaris Digondol Perampok
Berisi Uang Cash Rp460 Juta Pelaku Sudah Diidentifikasi, Diduga Dua OrangPALEMBANG - Pembobolan terhadap Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kembali terjadi di metropolis. Tetapi kali ini, kawanan perampok yang beraksi menyatroni ATM Bank Central Asia (BCA) di Jl Torpedo, Kompleks YPP, RT 09, RW 03, Kecamatan Kemuning, Palembang, kemarin (31/10) gagal. Mereka hanya “sukses” merusak mesin, tanpa berhasil mengambil uang di dalamnya senilai Rp460 juta.”Ya, memang ada ATM kita yang dibobol maling. Tetapi mereka tidak berhasil mengambil uangnya. Hanya merusak mesin dan pintu ATM-nya,” kata Kepala BCA Palembang, Fatmahadi, saat dihubungi kemarin (31/10).Diduga, perampok yang hendak menggasak ATM yang terletak melekat dengan Toko Simpang Tiga yang berisi uang tunai Rp460 juta tersebut melakukan aksinya sekitar pukul 04.05 WIB. Mereka gagal, karena hari yang sudah menjelang pagi. ”Masih diselidiki pihak kepolisian. Mengenai kerugian, belum kami taksir. Paling hanya renovasi pintu, karena mesin kami asuransikan,” ujar Fatmahadi.
Pemerintah Khawatir Demo Besar
Pegawai KPK ResahJAKARTA - Kiprah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penegakan hukum di Tanah Air benar-benar di ujung tanduk. Konflik tak berujung yang mengakibatkan penahanan dua pimpinan non-aktif Bibit Samad Rianto dan Chandra Marta Hamzah membikin sebagian besar pegawai KPK resah. Mereka sempat terpikir mogok massal, karena para pimpinan tak berani mengambil keputusan tegas menjaga kewibawaan lembaga itu.Keresahan itu ditambah dengan rencana Polri menyelidiki soal beredarnya transkip rekaman yang diduga berisi rekayasa kasus Chandra-Bibit. Sebab, bisa saja para pegawai KPK yang terkait dengan penyadapan bisa diseret-seret.Seorang sumber yang dekat dengan pejabat KPK mengungkapkan, keresahan akibat konflik itu terus merayap di kalangan karyawan. Mereka amat menunggu ketegasan sikap pimpinan.Dia menceritakan, saat Polri memutuskan penahanan Bibit dan Chandra, seluruh pejabat struktural berkumpul menghadap lima pimpinan. Mereka mendesak agar ada keputusan. “Kalau tak bersikap, mereka dan lima pimpinan harus mengundurkan diri malam itu juga,” ungkap sumber itu menirukan sikap para pejabat struktural.
HM Mukshin, ayahanda Teh Ninih,“Ninih Sempat Ingin Pisah”
Ada fakta menarik yang diungkapkan oleh HM Mukshin (70) ayahanda Ninih Mutmainah atau akrab disapa Teh Ninih, istri pertama Abdullah Gymnastiar atau A’a Gym. Mukhsin yang juga pengasuh Pesantren Kalangsari, Cijulang, membenarkan putri keduanya itu pernah keceplosan ingin berpisah.Kabar keretakan rumahtangga A’a Gym bergulir makin seru. A’a Gym sendiri sudah membantah kabar keretakan tersebut. Selain A’a Gym, yang juga menepis isu Ninih minta cerai adalah sang ayah, HM Mukhsin (70). Kabar dari mana itu? Setahu saya, sekarang keluarga mereka baik-baik saja. Kalau Ninih berniat demikian, akan saya larang dengan keras. Tidak boleh, ujar Mukhsin berulang kali, ketika dihubungi di rumahnya di Cijulang, Ciamis Selatan (Jabar), Namun Mukhsin yang juga pengasuh Pesantren Kalangsari, Cijulang, membenarkan putri keduanya (dari 5 bersaudara) itu sempat keceplosan ingin berpisah. Tepatnya saat Ninih mengabari Aa Gym sudah menikah lagi.
Melirik Kasus Penculikan Anak di Metropolis
Korban Eksploitasi Ekonomi dan SeksTerik matahari, debu beterbangan, ditambah polusi udara knalpot kendaraan tak menyurutkan semangat segelintir anak berkeliaran di simpang jalan. Dengan setelan pakaian kusut, plus wajah memelas mereka sibuk menadahkan tangan, meminta belas kasihan dari satu pengemudi ke pengemudi lain. Dibalik aktivitas mereka, tak seluruhnya memilih kehidupan di jalan atas kemauan sendiri. Ada juga korban penculikan, di eksploitasi oknum tak bertanggung jawab untuk dijadikan mesin pencetak uang, bahkan digunakan sebagai pemuas kebutuhan seks. Seperti halnya kasus penculikan siswa SMP di metropolis terungkap belum lama ini. Yang bisa dijadikan perhatian bagi orang tua, terus memantau aktivitas anaknya agar terhindar dari korban penculikan. Adalah Kr (14), pelajar kelas VII SMP Swasta di Kertapati yang sempat merasakan kerasnya hidup di jalanan. Anak kelima, pasangan Misnawati dan Kasim, warga Jl Ki Merogan, Kelurahan Kemas Rindu, Kecamatan Kertapati, diculik oleh sepupunya sendiri, Kemas Muhammad Ma'at alias Heri (22) warga Kampung Baru, Palembang, sejak Minggu (18/10).
Produsen Siapkan Konsep Hybrid dan Kendaraan Hemat Energi
Ajang Tokyo Motor Show 2009Tokyo Motor Show (TMS) 2009 tidak seramai dua tahun lalu karena beberapa produsen mobil absen mengikuti ajang pameran bergengsi ini. Penyebabnya, sejumlah produsen utama dunia dari Eropa, Amerika Serikat (AS), dan Korea Selatan tidak ikut berpartisipasi. The Big Three AS, yakni Ford, General Motors (GM), dan Chrysler, tidak ikut dalam ajang pameran otomotif dua tahunan tersebut. Demikian juga pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.Sedang dari Eropa hanya diwakili dua produsen. Yakni perusahaan Jerman Alpina Burkard Bovensiepen dan merek mobil sport asal Inggris Lotus. Mereka menjadi wakil dari luar Jepang dalam TMS. Tragisnya, Raja Diesel asal Jepang, Isuzu juga memilih absen. Ketua Panitia TMS 2009 Toyokazu Ishida mengakui, resesi ekonomi menjadi alasan turunnya minat sejumlah pabrikan otomotif.
Berharap Muncul Banyak Komunitas Antikorupsi
PALEMBANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kampanye di pusat keramaian, bertajuk Kampanye Mall2mall. Gelaran KPK kali ini adalah di Palembang Trade Center (PTC), Palembang. Acara untuk meningkatkan perhatian terhadap upaya pemberantasan korupsi dan menumbuhkan sikap antikorupsi, ini dimulai kemarin (30/10). Melalui kampanye ini, diharapkan masyarakat Palembang lebih peka akan bahaya korupsi yang ada di sekitarnya. Kepekaan ini nantinya bisa memacu masyarakat Palembang untuk menolak perbuatan koruptif dan bisa meningkatkan pera serta dan menggalang kekuatan dalam memberantas korupsi. Dari sini diharapkan bisa muncul komunitas antikorupsi dari masyarakat. Dan pada akhirnya, akan muncul kawasan-kawasan bebas korupsi di tingkat lokal. Kampanye Mall2mall ini berlangsung selama tiga hari, KPK mendirikan sebuah stan (booth) berukuran 200 m2 di tengah-tengah Palembang Trade Center (PTC). Di stan itu, KPK akan membagikan berbagai jenis perangkat sosialisasi antikorupsi seperti buku saku antikorupsi, stiker antikorupsi, leaflet antikorupsi, paket ular tangga, tas antikorupsi, dan lainnya secara cuma-cuma.
1.296 Jemaah Sumsel Tiba di Medinah
Bahan Bakar Garuda Bocor, Jemaah Padang Tertunda Sehari MEDINAH – Sampai dengan kemarin (30/10) sebanyak 1.296 orang jemaah calon haji (JCH) embarkasi Palembang telah tiba di Medinah. Mereka dengan khusyuk melaksanakan ibadah salat arbain. Jumlah tersebut belum termasuk 322 orang dan petugas Kloter 5 yang baru diberangkatkan kemarin.Sebelum masuk Kota Medinah, mereka kebanyakan mengeluh dengan lamanya proses pemeriksaan dokumen keimigrasian saat tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Pasalnya waktu pemeriksaan memakan waktu antara 4-6 jam. “Setiap jemaah diharuskan menjalani pemeriksaan mulai sidik jari, foto wajah tiga sisi, serta pemeriksaan dokumen keimigrasian lain yang kalau dirata-ratakan lamanya mencapai 10 menit setiap jemaah,” ungkap Ketua KBIH Al-Huda, KH Mudaris yang tergabung di Kloter 2 kepada koran ini kemarin.Menurut H Mudaris, secara keseluruhan, khususnya jemaah Kloter 2 embarkasi Palembang saat ini dalam kondisi sehat. Meski ada beberapa orang jemaah yang menderita flu ringan karena mesti menyesuaikan dengan kondisi cuaca setempat.
Para Pelaku Seni Tradisional Metropolis
Kostum ala Kerajaan, Cerita Modern Ada banyak kesenian tradisional di Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang. Sebagai sebuah potensi yang lahir dari sistem sosial dan budaya lokal, ke depan perlu dimanfaatkan secara maksimal lho. Terutama terkait fungsinya, baik untuk kepentingan pembangunan masyarakat maupun daerah. Nah, di antara kesenian tradisional yang masih bertahan dan eksis sampai sekarang adalah dulmuluk kontemporer Srijadul (Sriwijaya Dulmuluk). Diretas pertama kali oleh Dr Zulkhair Ali SpPD KGH, kini anggotanya puluhan dokter dan mahasiswa.Tampilannya juga beda dengan kesenian tradisional lain. Lebih modern dan gaul. Pendek kata, cerita yang dibawakan mengambil topik yang lagi hangat diperbincangkan. Meski demikian, kesan tradisional tetap dipertahankan lewat pakaian saat tampil. Berikut wawancara wartawan koran ini, Martha Hendratmo dengan empat pemainnya. Mereka dr Melania Djalili (Mela), dr Nadia Karimah Amalia (Nadia), Andre Saputra, dan Azwar Zulmi.
Jennifer Dunn Dijebak!
Kasus narkoba yang menimpa artis cantik Jennifer Dunn masih diproses di Polda Metro Jaya. Sampai sejauh ini, masih belum ada perkembangan terbaru. Kasus masih dalam pengembangan kronologis seperti yang tertera di BAP. Begitu juga mengenai keterlibatan Vicky Nitinegoro di kasus ini. Kuasa hukum Jennifer belum bisa memberikan jawaban yang lugas. Saya belum tahu, silakan tanya saja sama penyidik, karena kita hanya menangani dari Jennifer. Kalau dari yang lainnya kita nggak menangani, kata salah satu pengacara Jennifer bernama Zul di depan Direktorat Narkoba, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (30/10).Dikatakan Zul, perkembangan kliennya memang tidak terlalu signifikan. Tapi ada indikasi yang mungkin bisa membantu kliennya dalam hal kepemilikan barang bukti yaitu 7 butir ekstasi dan satu strip narkoba jenis Happy V. Jennifer bisa jadi tidak bersalah dan hanya korban dari jebakan temannya sendiri.
TKS Kelurahan Dibunuh Teman
Diduga Buntut Proyek PerumahanPALEMBANG – Tenaga kerja sukarela (TKS) Kantor Lurah Kenten Laut, Gur Iriankam (44), tewas di ujung pisau temannya sendiri, Edi Handoko alias Edi Kodok (38). Penyebab pembunuhan itu, diduga imbas dari masalah proyek pembangunan perumahan yang sedang berjalan. Tersangka kesal lantaran tak dilibatkan dalam proyek tersebut, serta buntut dari belum diperbaikinya lapangan voli yang rusak akibat dilewati alat berat untuk meratakan tanah proyek perumahan tersebut.Insiden berdarah itu terjadi di lingkungan tempat tinggal tersangka dan korban, di Kompleks Azhar, Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Kamis (29/10) sekitar pukul 21.00 WIB. Korban diketahui tinggal di Blok AM No 6, RT 23/6, sedangkan tersangka di Blok AI 1 No 3, RT 23/6. Sementara korban tewas dalam perjalanan dibawa ke RSMH Palembang, dengan luka tusuk satu liang di dada kirinya.
Hadirkan Pujian hingga Tangis
Sukses Premiere This Is It LOS ANGELES - Premiere film Michael Jackson This Is It di Regal Cinema, Los Angeles, kemarin (28/10) mendapat respons luar biasa dari para penggemar. Di dalam gedung bioskop, para penonton serasa sedang menyaksikan sebuah pertunjukan musik dari sang mega bintang yang meninggal pada 25 Juni lalu itu. Mereka bertepuk tangan dan berteriak. Bahkan, tak sedikit yang meneteskan air mata. Film yang diedarkan oleh Sony Pictures tersebut berisi potongan dari 120 jam latihan Jackson untuk konser maraton This Is It di O2 Arena London. Konser tersebut tak pernah terwujud karena maut menjemput Jackson lebih dulu. “Dia (Michael Jackson, red) terlihat baik. Suaranya sangat terjaga,” kata Jessica Childs (21), calon penari yang melihat premiere tersebut, sebagaimana dikutip Associated Press.Empat saudara Jackson, yaitu Jermaine, Marlon, Tito, dan Jackie, hadir dalam premiere tersebut. Mereka menyatakan semakin cinta dan bangga terhadap sosok pemilik album Thriller tersebut. “Sangat menakjubkan melihat dia melakukan hal itu,” kata Jackie. “Melihat penampilannya, air mata saya menetes. Saya sangat mencintainya. Karena itu, saya selalu menyimpan ini dalam saku saya,” lanjut dia, lantas menunjukkan gantungan kunci berupa sarung tangan putih khas aksesori Jackson.
Miranda Bersaksi untuk Empat Tersangka
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menunaikan janjinya dalam penuntasan kasus bagi-bagi traveler cheque untuk sejumlah anggota DPR. Lembaga antikorupsi itu kemarin memeriksa mantan deputi gubernur senior Bank Indonesia (BI) Miranda Swaray Goeltom.Miranda sampai di Gedung KPK sekitar pukul 13.30. Dia mengendarai sedan Toyota Crown B 1253 Y. Namun, Miranda sama sekali tak mengeluarkan keterangan atas pemanggilannya itu. Miranda yang kemarin mengenakan setelan baju batik terus saja berlalu dari kepungan wartawan sambil memasuki Gedung KPK.Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengungkapkan, mantan petinggi bank sentral itu diperiksa sebagai saksi. “Kami meminta keterangan sebagai saksi untuk empat tersangka,” jelasnya. Yang pasti, saat ini, KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus itu. Yakni Endin AJ Soefihara, Udju Djuhaeri, Dhudie Makmun Murad dan Hamka Yandhu. Keempatnya kini masih melenggang bebas. Mereka disangka menerima traveler cheque beberapa saat setelah Miranda memenangi pemilihan pejabat bank sentral itu di parlemen. Kasus itu berkembang dari laporan bekas legislator Agus Condro.
Tes Emosi hingga Tanggung Jawab
PALEMBANG - Sebanyak 365 orang mengikuti tes seleksi untuk menjadi sopir dan pramugara Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi di auditorium RRI kemarin (28/10). Selama jalannya tes, tak sedikit para peserta terlihat menggaruk kepala dan mengerenyitkan dahinya.Tidak jelas, apakah itu petanda mereka tidak dapat menjawab atau benar-benar kepalanya gatal dan puyeng. Yang jelas, para peserta tes tersebut usianya rata-rata 25 tahun ke atas.Romi (25), seorang peserta ujian yang melamar posisi pramugara mengaku tertarik bukan karena pekerjaan yang menggiurkan atau menjanjikan. Cuma mau cari pengalaman, Mas. Karena belum pernah kerja di sin BRT Trans Musi, kata warga Angkatan 66 Sekip Ujung itu kepada koran ini kemarin. Padahal, dia sendiri telah bekerja di Francise Bakery bagian produksi. Bagaimana dengan soal tes? Singkat ia menjawab, ”Sulit.” Hanya, ia berharap dapat lolos dan bisa menjadi pramugara. “Saya benar-benar menginginkannya, Mas,” katanya lagi.Sri Agustini, juri sekaligus psikolog mengatakan, yang mengikuti tes sebanyak 365 orang. Namun, karena kapasitas auditorium terbatas, oleh panitia tes ujian dilaksanakan dua hari, 29-30 Oktober.
Pasha “Ungu”Hasil Visum, Seret 5 Tahun Penjara
Kasus perseteruan Pasha dengan sang mantan istri, Okie Agustina kini tampaknya semakin pelik. Jika sebelumnya Pasha dijerat dengan pasal 352 KUHP tentang penganiayaan ringan lantaran telah memukul Okie, kini pasal tersebut digantikan dengan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Hal itu diungkapkan pengacara Okie, Januar A Saputra seusai mendampingi Okie ke Polresta Bogor untuk melengkapi BAP (Berkas Acara Pemeriksaan). Menurut Januar, atas instruksi dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor, Okie diminta mengubah pasal yang dicantumkan dalam BAP. Ada perubahan pasal, yaitu dari 352 KUHP tentang penganiayaan ringan, menjadi pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat. Juga ditambahkan pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan, beber Januar dihubungi kemarin (28/10) Dalam pasal 352, tersangka bisa dijerat 3 bulan penjara. Sementara dalam pasal 351, jika korban menderita luka berat, tersangka diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara. Okie melakukan perubahan pasal karena merujuk pada hasil visum.
Perampok Bersenpi Dimassa, Diduga Sindikat Curanmor
PALEMBANG – Baru beberapa minggu tinggal di Kota Palembang, setidaknya Ibrahim Kholili (25), warga Dusun III, Cempaka, Kabupaten OKU Timur (OKUT) sudah dua kali melakukan perampokan bersenjata api (senpi) di wilayah Kecamatan IB II Palembang. Beruntung sepak terjangnya cepat terhenti, setelah dirinya ditangkap massa dan diamankan aparat Polsek IB II Palembang.Tepatnya saat tersangka membawa kabur sepeda motor hasil rampasannya, yang tiba-tiba mati mendadak. Dari tersangka, aparat Polsek IB II pimpinan AKP Tri Sumarsih menyita barang bukti (BB) berupa sepucuk senpi rakitan beserta satu butir peluru jenis Roger Mini berdiameter 5,56 mm, obeng, gunting dan pisau carter dari dalam tasnya.”Barang-barang yang diamankan dari tersangka itu, digunakannya untuk mengancam korban agar mudah merampas sepeda motor milik korbannya,” terang Kapoltabes Palembang Kombes Pol Drs Luki Hermawan MSi, melalui Kapolsek IB II AKP Tri Sumarsih, didampingi Kanit Reskrim Ipda Edi Asmari. Diduga pula, tersangka termasuk anggota sindikat pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Palembang, yang selalu menggunakan senpi dalam aksinya. Maka itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Poltabes Palembang.
Siapkan Koordinasi Regu Tembak
Rencana Eksekusi Jurit dan SuryadiJAKARTA - Kejaksaan Agung masih meneliti dua dari lima terpidana mati yang sudah inkrach (berkekuatan hukum tetap) untuk dieksekusi dalam waktu 100 hari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Prosedur yang harus dilalui setelah memastikan tiga nama untuk dieksekusi adalah meminta Polri menyiapkan regu tembak, dan memberitahu pihak Lapas Nusakambangan. Tiga nama yang sudah disebut Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kamal Sofyan Nasution ialah Meirika Pranola, Jurit bin Abdullah, dan Suryadi Swabuana alias Kumis. Namun dari tiga terpidana mati itu, Kejagung baru memastikan nama Meirika. Jurit dan Suryadi masuk dalam daftar lima terpidana mati yang sudah dinyatakan inkrach dari 72 nama yang ngantre menghadapi eksekusi. Berbeda dengan Ibrahim, rekan Jurit, upaya hukumnya berupa grasi kedua yang dilayangkan ke presiden belum ada perkembangan. “Kami masih merampungkan datanya. Utamanya yang masih diteliti ialah apakah masih ada upaya hukum lagi dari terpidana atau keluarganya setelah PK dan grasi ditolak.
Banyak Berkas Ditolak
PPJK Turunkan Tim SupervisiPALEMBANG – Pengumuman penerimaan CPNS telah mencantumkan item persyaratan bagi pelamar. Hanya, faktanya tak sedikit berkas lamaran dikembalikan oleh BKD. Jumlah tiap daerah bervariasi, ada yang puluhan, tapi ada pula sampai ratusan berkas. Kepala Pusat Penyelenggara Jasa Ketenagakerjaan (PPJK) Unsri Zainuddin Nawawi mengungkapkan hal itu saat mengecek penerimaan CPNS di kabupaten/kota, kemarin. “Dari beberapa daerah, masih banyak berkas pelamar CPNS yang ditolak dan dikembalikan kepada pelamar,” bebernya. Menurut dia, penyebabnya, ada yang usia sudah melebihi syarat, izasah tidak dilegalisir, gunakan ijazah sementara, salah formasi, hingga menggunakan akta IV. “Saran kita, akan lebih baik kalau pelamar meneliti kembali kelengkapan syarat melamar CPNS tahun ini sesuai yang diminta masing-masing daerah. Sebab bisa jadi kelirunya di BKD. Seperti legalisir oleh pembantu dekan I itu, sama saja dengan legalisir pembantu akademik. Dekan I itu ya membidangi akademik,” cetusnya. alam PP No 11 tahun 2002, tambah dia, syarat yang diperlukan dalam penerimaan CPNS hanya pasfoto, fotokopi ijazah legalisir dan lamaran. Artinya, tidak perlu kartu kuning (AK I), SKCK, materai Rp6.000, bebas narkoba dan syarat lainnya yang memberatkan. “Aturannya sih memang begitu.
Belok Kiri Tak Boleh Langsung
Melanggar? Denda Rp250 Ribu PALEMBANG – Keluarnya undang-undang (UU) baru tentang lalu lintas dan angkutan jalan membuat polemik sendiri bagi pengemudi kendaraan. Pasalnya, ke depan khusus persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok ke kiri. Isi UU No 22 tahun 2009 pasal 112 tentang Belokan dan Simpangan ayat 3 itu, ada pengecualian. Boleh belok langsung jika ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas. “UU No 22 ini sebagai pengganti UU No.14 tahun 1992,” ujar Agus Supriyanto ATD SE, MM, Kabid Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota Palembang, kemarin (26/10). Dalam UU No 14, memperbolehkan belok kiri langsung di persimpangan. Pendek kata, kalau tidak ada rambu bisa langsung belok kiri, kecuali ada lampu tambahan tidak boleh belok kiri langsung.“Nah, sekarang UU baru kebalikannya. Namun, intinya untuk lebih menegaskan kepada pengemudi pengendara,” bebernya lagi.
Natalie Sarah:Duh, Mobilnya Raib Digondol Teman
Natalie Sarah sedang sial. Niat ingin meraih untung dengan menyewakan mobil Toyota Avanza, malah ditipu. Mobil tersebut raib digondol teman yang menyewa.Bintang sinetron itu menyewakan mobil kepada temannya yang bernama Dina dengan jangka waktu lima bulan. Awalnya, pembayaran berjalan lancar. Namun, mulai di bulan keempat, pembayaran uang sewa macet. Terakhir dia bayar full di bulan ketiga. Di bulan keempat bayar hanya separuh. Saya terakhir menelepon dia lima hari lalu. Dia bilang mau lunasi dan over kredit mobilnya. Tapi sekarang raib entah ke mana, beber Natalie di lokasi syuting di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, kemarin (27/10).Tidak ingin mobilnya lenyap, Natali mendatangi kediaman Dina di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Namun, rumah itu digembok dan hasilnya nihil.
Disita 1.721 Keping VCD dan CD Bajakan
PAGARALAM – Setelah sekian lama maraknya peredaran VCD dan CD bajakan yang dijual bebas di Kota Pagaralam, akhirnya mendapat respons jajaran Polres Pagaralam. Kemarin, digelar razia di sejumlah lapak pedagang VCD dan CD bajakan di Pasar Dempo Permai, Kecamatan Pagaralam Utara, dan Pasar Agrobisnis Terminal Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan.Razia dipimpin Kanit Pidum Polres Pagaralam Aiptu Sutrisno, berlangsung satu jam, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. ”Dalam razia ini berhasil diamankan 1.721 keping baik CD maupun VCD. Razia ini untuk menekan peredaran VCD dan CD bajakan di Pagaralam,” kata Kapolres Pagaralam AKBP K A Sholeh, melalui Kasat Reskrim AKP Syahril SH, didampingi Kanit Pidum Aiptu Sutrisno.Selain menyita barang bukti (BB) VCD dan CD bajakan tersebut, polisi juga memeriksa pedagangnya. Terkait dari mana dia mendapatkan VCD dan CD bajakan yang diperdagangkannya itu.
Polisi Sita 6 Mobil Bodong
Satu Pelaku Ditangkap, Otak Pelaku BuronKAYUAGUNG – Jajaran Satuan Reskrim Polres OKI, dalam sepekan ini berhasil menyita 6 unit mobil bodong yang seliweran di wilayah hukumnya. Mobil tersebut memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan bukti pemilikan kendaraan bermotor (BPKB), namun asli tapi palsu (aspal). Seluruhnya berpelat nomor Jakarta, pelat B. Masing-masing Toyota Avanza tahun 2006 bernopol B 8068 WH; Toyota Kijang Kapsul tahun 2003 bernopol B 2949 XX; Toyota Avanza warna silver tahun 2008 bernopol B 1572 BFL; Suzuki Carry pick up warna biru tahun 2007 bernopol B 9075 IK, Mitsubishi Kuda bernopol B 7244 JN; dan Toyota Kijang tahun bernopol 1997 B 1706 TJ.Selain mengamankan 6 unit mobil bodong itu, satu anggota sindikat mobil bodong itu juga berhasil diringkus. Dengan tersangka Budi Utomo (43) warga Desa Jaya Bakti, Unit IV, Blok A, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI. ”Otak pelaku dari sindikat itu, masih dalam pengejaran. Berinisial DA warga Desa Surya Adi, Kecamatan Mesuji, OKI,” beber Kapolres OKI AKBP Cok Bagus Ary Yudayasa SIk, didampingi Kasat Reskrim AKP Doni S Sembiring SIk.
Jurit – Suryadi Masuk Daftar Eksekusi
Bersama Meirika dari Tangerang JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan akan mengeksekusi tiga dari lima terpidana mati yang sudah dinyatakan inkrach (berkekuatan hukum tetap). Seorang yang sudah dipastikan ialah Meirika Pranola, terpidana mati asal Tangerang, Banten. Dia terjerat kasus penyelundupan heroin seberat 3,5 kilogram. Dua lagi yang masuk daftar eksekusi ialah Jurit bin Abdullah, terpidana mati asal Palembang, Sumatera Selatan, dalam kasus pembunuhan berencana plus mutilasi. Terakhir, Suryadi, terpidana mati asal Semarang, Jawa Tengah, yang divonis mati karena kasus pembunuhan di Palembang. Sudah pasti satu, Meirika Pranola. Itu sudah inkrach. Empat lagi yang masuk daftar, antara lain Jurit bin Abdullah yang dari Palembang. Sekarang tim kami sedang meneliti datanya di Kejati Sumsel, kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum), Kamal Sofyan Nasution kepada Sumatera Ekspres di Jakarta, kemarin (26/10). Nama-nama yang diteliti masuk dalam daftar 72 terpidana mati. Mereka berada di lapas superketat Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Dua orang lagi masih kami pastikan, penting dilakukan penelitian secara cermat, karena ini menyangkut nyawa. Namun nama Ibrahim temannya Jurit itu belum inkrach, upaya hukum lanjutannya belum turun dari presiden, bebernya.
Baru Fondasi, Satu Halte Rp56 Juta
PALEMBANG – Pemerintah kota ini segera merealisasikan proyek Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi guna mengatasi persoalan transportasi yang makin krusial dan padat. Saat ini, Pemkot melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai membangun prasarana BRT Trans Musi berupa halte sepanjang koridor pertama Terminal Sako-Palembang Indah Mall (PIM).Nantinya, di sana akan ada 35 halte ukuran 6x2 meter per halte. Estimasi anggaran Rp56 juta per unit halte. “Tahap awal ini kita sedang membangun fondasi halte Trans Musi di lima titik. Yakni, satu titik di simpang Celentang, dua titik masing-masing di dekat SMP-SMA Kusuma Bangsa dan kompleks Perumahan Kedamaian,” ungkap Agus Supriyanto, kabid Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota kepada wartawan, kematin. Kata Agus, konstruksi yang dibangun semi knock down. Dalam hal ini dirancang dari tiang baja dengan empat kaki. Kemudian, kaki-kakinya dicor dan dibaut.Setelah fondasi rampung, lanjut Agus, pengerjaan pindah ke jalan lain. Yang jelas, mulai dari jalan Residean Abdul Rozak, R Sukamto, Basuki Rahmat, Demang Lebar Daun, Unsri, hingga ke Pasar Gubah, dan terminal akhir PIM.
Warga Mulai Rasakan Manfaat
KASUS dugaan korupsi pembebasan hutan mangrove, areal Pelabuhan Internasional Tanjung Api-Api (TAA) sepertinya berimbas pada pelaksanaan proyek di lapangan. Apalagi, Chandra Antonio Tan, dirut PT Chandratex—perusahaan pemenang tender—kini mendekam di penjara. Praktis, proyek pengerjaan jalan sepanjang 72 kilometer terhenti.Pantauan Sumatera Ekspres, akses jalan menuju kawasan TAA itu baru 60 kilometer (dari simpang TAA Palembang) yang diaspal. Sedangkan, 9 km lainnya masih berupa tanah merah plus batu koral. Lalu, 3 km lagi masih berupa tanah merah, tepatnya di Desa Marga Sungsang. Akses jalan yang terhenti pembangunannya sekitar 5 km lagi menuju Pelabuhan TAA. “Nggak tau kapan akan mulai pembangunan jalan menuju Pelabuhan TAA,” ujar Aliman, warga setempat yang lokasi rumahnya persis berada di ujung jalan menuju Pelabuhan TAA yang terhenti, kemarin (26/10).Aliman menyayangkan jika megaproyek TAA terhenti. “Lihat sendiri, Mas, bangunan sudah kayak gini. Pasti negara rugilah,” tuturnya dengan mimik muka serius. Ia menambahkan, meskipun belum kelar dibangun, namun akses jalan menuju TAA sudah mendatangkan manfaat bagi warga.
Lebih Dekat dengan Komunitas Black Metal Palembang
Benarkah Mereka Para Pemuja Setan?Di Palembang musik black metal sudah berkembang pesat. Sejak 1998 bermunculannya scene-scene musik yang sering dicap sebagai satanic music alias musik setan ini. Dulu ada nama Blackers Majesty Independet, dan ada pula Palembang Darkness Soldier yang kurang lebih diisi oleh 15 band Black Metal. Apakah mereka benar-benar pemuja setan? Ataukah ini sekedar ideologi bermusik?Sejarah Black Metal sendiri awalnya berasal dari Eropa, tepatnya Norwegia dan Inggris. Dikatakan oleh Adhe Ghoibdeath, vokalis ìKantong Simayitî, band beraliran black metal yang masih eksis di Palembang, sejarah black metal diawali oleh band Venom pada tahun 1982 lewat album berjudul Black Metal, lalu diikuti oleh band-band seperti Bathory, Mayhem, Mercyfull Fate, Hellhammer, Celtic Forst. Semua band ini ter-Influence dari Venom. Kantong Simayit sendiri juga aktif menyokong dan mengkoordinir pergerakan Metal Scene Bumi Sriwijaya. Mengklaim diri sebagai anggota Palembang Darkness Soldier, mereka berhubungan dengan para penganut black metal lainnya di seluruh penjuru dunia, untuk mengibarkan bendera Black Metal Palembang. Menurut Adhe, sejak awal kemunculan di Norwegia, aliran ini memang dicap kontroversial, karena menyimbolkan bentuk pemberontakan terhadap ajaran baru yang masuk ke negara tersebut. Pengusung aliran Black Metal Norwegia - yang rata-rata keturunan Bangsa Viking- tidak bisa menerima adanya ajaran baru agama Kristen (anti Kristus) yang masuk ke negara tersebut. ìMereka lebih menyukai kebudayaan lama milik nenek moyang mereka yang lebih dekat dengan klenik, satanik dan mistis lainnya,î ujar Adhe. Karena sifatnya yang anti agama, genre Black Metal ini lebih dominan di level undergorund. Tak seperti genre lain, seperti pop atau rock, yang bisa bermain di level lebih gemerlap, para penganut Black Metal hanya bisa bermain di sudut-sudut gelap dan minoritas. Toh demikian aliran ini cukup tumbuh subur, termasuk di Indonesia. ìAda kekhasan masyarakat Indonesia yang membuat musik ini bisa diterima, yakni budaya mistis dan klenik yang tumbuh subur di Indonesia. Makanya musik Black Metal bisa tumbuh di negara ini meski tetap bersifat underground,î kata Adhe. Dari sinilah mencuat sisi kreatif dari sebagaian komunitas musik di Indonesia. Mereka menggabungkan unsur-unsur kebudayaan lama tadi dengan dunia musik. Di Palembang sendiri musik metal sudah berkembang dengan cukup cepat, terbukti dari bermunculannya scene-scene metal di Palembang. Sejak tahun 1998 yang dulu dikenal dengan Blackers Majesty Independet, dan ada pula Palembang Darkness Soldier yang kurang lebih diisi oleh 15 band Black Metal. Namun sekarang, yang eksis hanya tinggal tiga nama, yakni Kantong Simayit, Malam Satu Suro, dan Curse of Satan. Apakah mereka yang tergabung dalam Band-band ini sama seperti band pengusung Black Metal di Norwegia? Menurut Adhe, para penganut black metal sudah pasti menyukai apa-apa yang terkait dengan Black Metal. ìBlack metal adalah sebuah ideologi musik,î katanya. Warna vokal, musik dan dandanan black metal pun menjadi karakter dari kesehariannya. Namun soal pemujaan setan yang seperti dilakukan oleh band-band Black Metal asal Norwegia sana, Adhe menampik. Ia mengatakan komunitas black metal Palembang, mengetahui sejarah dan akar musik black metal. Namun tidak ideologi teologis, seperti pemuja setan. ìSekali lagi, ini hanya ideologi bermusik, bukan ideologi agama. Kita tetap menghidupkan genre black metal ini, dengan catatan kita tidak menyembah setan ataupun mempraktekkan ajaran satanik tersebut,î jelas Adhe Meski demikian Adhe mengaku tudingan semacam ini susah dihapus, apalagi ketika perform, banyak sekali aksi-aksi menyeramkan dipertontonkan di atas panggung. Mulai dari dandanannya yang serba gelap dan seram, hingga ke ritual balck metal seperti meminum darah dari seekor hewan (burung, ayam dan sebagainya). ìTapi sekali lagi ini hanya perform panggung. Untuk lebih menarik dan yang pasti menghidupkan nuansa black metal,î katanya. Hal senada diungkapkan Alam James, personil ëMalam Satu Suro.í Ketika band dengan genre apap pun harus total. Termasuk anak-anak black metal. ìMemang menyeramkan dan perlu mental. Kesannya brutal, namun ini sekali lagi adalah perform panggung. Ketika kita kembali ke rumah tidak ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari,î ungkapnya. Riki Dracula, personil Curse of Satan punya pendapat serupa. Ia mengajak masyarakat untuk lebih berbicara soal musiknya, jangan melulu melihat seram dan mistisnya. ìBanyak faktor yang membuat kita menyukai genre ini, dan mungkin saja ada salah satu band-band Black Metal di Indonesia atau pun di Palembang yang benar-benar memuja setan, tapi yang pasti bukan band ini,î terangnya. Menurut Riki, lirik-lirik black metal lebih banyak bercerita tentang kegelapan yang diramu unsur religi, peperangan, paham satanic sosial, budaya dan kengerian, yang mereka temukan sehari-hari, dengan ekstrem. ìLirik kita lebih banyak kritikan soal kemunafikan, kekejaman, kecurangan, tidak saja dari segi agama, namun juga dari seluruh aspek seperti pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat .Tentunya dengan cara black metal,î tukasnya cadas. Di Palembang saat ini genre black metal sudah sangat meluas. Terlihat dari beberapa even yang diadakan di kampus-kampus atau acara yang diadakan secara kolektif oleh komunitas-komunitas indie, band-band metal Palembang selalu diundang. ìJangan melihat kita secara picik. Namun lihatlah kita dari sisi kreativitas musik. Ini hanya ideologi musik, bukan ideologi agama,î katanya. (mg40)
Rumor Menikah di Argentina Bulan November
Julia Perez Gaston CastanoBulan depan, artis Julia Perez berencana terbang ke Argentina - tanah air Gaston Castano, kekasih pelantun Belah Duren itu. Rumornya, Jupe akan nikah di negara beribu kota Buenos Aires itu. Namun Jupe membantah hal tersebut. Katanya, kepergiannya ke Argentina sama sekali tidak ada kaitannya dengan itu. Ini murni soal bisnis bola. Nikah gampang. Mikir bisnis dulu, jelasnya saat disambangi di lapangan bola Rasuna Sahid, Sabtu (24/10) lalu. Jupe mengaku keberangkatannya ke Argentina karena akan membuka sekolah bola yang dinamai Champions Soccer School yang ber–base camp di Rasuna Sahid itu baru akan dibuka pada tanggal 8 November. Ini adalah bisnis bola pertama yang bener-bener aku terjuni. Bukan soal hubungan cinta, katanya.Tapi secara eksplisit Jupe tak menampik kalau bisnis sekolah bola ini merupakan bagian dari persiapan untuk masa depan. Dan itu diamini juga oleh Gaston.Menurut Gaston di sekolah sepak bola Champions Soccer School akan menerima siswa dari umur 6-16 tahun yang akan dibagi dalam kategori umur masing-masing. Untuk menjalani kurikulum, Jupe dan Gaston akan dibantu oleh Alfredo dan Pablo yang kesemuanya berasal dari Amerika Latin.
Dompet Peduli Sumbar Dibangun Sekolah
PT Pos Kirim Logistik Bantuan Pembaca Sumeks Group PALEMBANG - Bantuan uang dari pembaca Sumatera Ekspres (Sumeks) Group untuk korban gempa Padang Sumatera Barat (Sumbar) rencananya bakal dipergunakan untuk membangun fasilitas pendidikan. Dompet Peduli Sumbar yang dibuka sejak tragedi yang menimpa saudara kita di Padang dan sekitarnya itu diperkirakan akan terkumpul Rp1 miliar lebih. Sebelumnya, tim Sumatera Ekspres akan melakukan survei. Dalam waktu dekat kita akan melakuklan survei ke Sumbar. Rencananya, uang bantuan akan dipergunakan untuk membangun gedung sekolah atau fasilitas sosial lain yang benar-benar dibutuhkan masyarakat setempat, ungkap pimpinan perusahaan Sumatera Ekspres, H Subki Sarnawi, kemarin (25/10). Sampai kemarin dana Dompet Peduli Sumbar, per tanggal 25 Oktober, melalui Sumatera Ekspres sudah mencapai Rp429.899.337. Dana ini bakal digabung dengan grup koran ini, di antaranya Prabumulih Pos, Enim Ekspres, Linggau Pos, Pagarlam Pos, Lahat Pos, OKUT Pos, Baturaja Pos, Palembang Pos, Bengkulu Ekspres, Radar Lampung, Jambi Ekspres, serta Radar Banten. Jadi targetnya, terkumpul dana Rp1 miliar lebih. Oleh sebab itu, secara lugas Subki mempersilakan bagi para dermawan yang peduli sesama untuk terus menyumbangkan bantuannya. Dompet Peduli Sumbar masih terus dibuka hingga target dana tercukupi. “Mungkin baru akan ditutup minggu kedua November nanti.
SPIRIT BANGKIT
2 Liverpool v Man United 0LIVERPOOL - Catatan empat kekalahan beruntun Liverpool akhirnya terhenti di Anfield, tadi malam (25/10). Liverpool mengakhirinya setelah mengalahkan rival utama, Manchester United, dengan skor 2-0 (0-0) dalam big match pekan kesepuluh Premier League.Liverpool yang sudah enam kali kalah di berbagai ajang musim ini sejatinya kurang difavoritkan ketika harus menghadapi United. Sebab, tim tamu tengah dalam performa meyakinkan dengan sepuluh kemenangan dan hanya sekali kalah dalam 11 laga terakhirnya.The Reds, julukan Liverpool, juga tampil minus Steven Gerrard tadi malam. Sebaliknya, United tampil lengkap termasuk Wayne Rooney yang turun sebagai starter. Alhasil, Setan Merah, julukan United, lebih mendominasi penguasaan bola.Tapi, The Reds yang bermain sangat disiplin berhasil meredam serangan United dan kerap mengandalkan counter attack. Hasilnya terealisasi pada menit ke-65 ketika bola sodoran Yossi Benayoun dituntaskan Fernando Torres. Gol itu merupakan koleksi kesembilan Torres di Premier League musim ini sekaligus menempatkan bomber 25 tahun Spanyol itu di puncak daftar pencetak gol terbanyak.Gol itu direspons United dengan bermain lebih agresif dan terbuka. Laga pun berjalan lebih menarik. Setan Merah tetap tak mengendurkan tekanan sekalipun Nemanja Vidic dikartu merah pada menit ke-89 karena melanggar Dirk Kuyt.
Kesadaran Minum Susu Rendah
PALEMBANG – Arti penting minum susu bagi anak-anak Indonesia boleh dibilang masih kurang. Bahkan, paling rendah dibandingkan dengan negara-negara Asia lain. Padahal, susu memiliki keunggulan yang tidak dapat digantikan dengan makanan bergizi lainnya, baik dari kandungan kalsium, protein, dan lemak yang lebih mudah diserap tubuh.Setidaknya, hal itu yang ditekankan Prof Dr Ir Ali Khomson MS, guru besar pangan dan gizi IPB dalam acara “Temu Akbar Posyandu Tumbuh Aktif Tanggap” di tenis indoor kompleks Lumban Tirta Sabtu lalu. Hadir, seribu ibu dan balita serta para kader posyandu.Menurut Ali, berdasarkan Organisasi Pangan Dunia (FAO) masyarakat Indonesia mengonsumsi rata-rata 9 liter susu per tahun per kapita. “Tertinggal jauh dibandingkan dengan Malaysia dengan rata-rata 25,4 liter per tahun per kapita. Singapura 32 liter per tahun per kapita, dan Vietnam 10,7 liter,” bebernya. Tren peningkatan konsumsi sendiri, tambah dia, berjalan lambat dari tahun ke tahun. Bila 1970 masyarakat hanya mengonsumsi 1,28 kg per kapita per tahun, tahun 2000 meningkat 6,50 kg per kapita per tahun. “Jadi, selama 30 tahun tersebut hanya meningkat 4,68 kg,” tukasnya.Lebih jauh dia mengungkapkan, tahun 2002 ada 1,4 juta balita Indonesia yang tak memiliki asupan gizi yang baik. Mereka dinyatakan kehilangan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.
Emma Waroka:Rumahnya Diubrak-abrik Mantan Suami
Artis Emma Waroka kini tengah galau. Sebab kehidupannya setelah bercerai dari sang suami, Lee Hawkins, dia kerap diteror. Terakhir, rumah Emma didatangi Lee dan mengacak-acak seisi rumah.Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 15 Oktober lalu di kediaman Emma di Jalan Denpasar Raya, Blok D2, No 27B, Ciputat, Tangerang, Banten. Saat kejadian memang Emma sedang tak berada di rumah. Namun, Lee sempat ditemui teman Emma, Vonny yang indekos di rumah tersebut.Setelah masuk ke dalam rumah, Lee bersama delapan orang temannya kemudian mengubrak-abrik kamar dan mengancam Vonny sambil membawa sejumlah barang berharga seperti komputer, meja kantor dan AC. Saya merasa ketenangan hidup saya diganggu dan hidup saya terancam setelah kejadian itu, kata Emma saat jumpa pers di Restoran Nyam-Nyam, Kalibata, Jakarta Selatan, kemarin (25/10).Usai kejadian tersebut, Emma langsung melapor ke Polsek Ciputat malam setelah kejadian. Emma berharap aparat kepolisian bisa menindak perilaku kesewenang-wenangan yang dilakukan Lee tersebut. Saya harap saya mendapat keadilan yang seadil-adilnya, harap Emma. Emma mengaku khawatir atas kejadian tersebut. Namun, hingga kini presenter acara di televisi itu mengaku tak tahu apa alasan Lee mengacak-acak rumahnya.

Hasil penelusuran 7/26 10:05am. Terakhir update terdeteksi pada 11/8 2:05pm.  skor: 471